Stress dan alergi sperma – Vitri

Berikut ini adalah pengalaman Vitri dalam berobat menangani ketidaksuburan. Terima kasih Vitri atas sharingnya.

Hi temen2 semuanya. salam kenal yah. Sebenarnya udah lama pengen nimbrung, baru sekarang deh keturutan.

Aku dah merit 2 tahun, pertama2 berobat ke rs hermina, disuruh cek hormon prolaktin, lh, fsh, cek sperma suami. Hasilnya aku dibilang stress, kebanyakan mikir, krn hormon prolaktinku 25. kata dokter klo pengen hamil hormon prolaktin harus dibwh 20. trus aku dikasih obat parlodel 2,5mg 2×1/2 n glucophage 500mg 2×1/2. tapi aku cuman turun sedikit 25.

Oya sebelumnya aku fisioterapi dulu 10 hari, dgn sebelumnya disuntik gentamerk, krn katanya aku ada infeksi.

Kembali ke prolaktin tadi, terus terang aku orgnya gampang banget stress, smua aku pikirin. Nah dari situ aku dinasehati sama dokterku spy gak gampang stress. N akhirnya aku coba nurutin nasehat dokter, setelah 1 bln aku disuruh cek hormon prolaktin lg, ternyata hormonku dah turun d 11. Alhamdulillah, aku seneng bgt, ternyata stres itu gak baik buat calon ibu hamil.

Trus selama 6 bln aku terus berobat, dikasih penyubur, dll, tp blum berhasil hamil. Akhirnya aku pengen ganti dokter. Aku sekarang lg berobat di klinik yasmin, RSCM dg dokter Muharam, SPOG (K). Disana aku disuruh cek TORCH-ACA,HSG,N SATU LAGI cek ASA (KIBRIK 1 – 4) sdg suami cek analisa sperma
lengkap.

Setelah menunggu 1 minggu semua hasilnya bagus, hanya aku ada IgG Rubella, yah gpp lah asal bukan IgM ya. Dan satu lagi ternyata aku alergi sperma, aku dibilang punya Antibody antisperma yg cukup tinggi. Semua sperma suamiku yg masuk ketubuhku dibasmi sama antibodiku sendiri, hiks sedih bgt..tp ternyata aku gak sendiri. Banyak kasus kyak aku, meskipun ilmu ini baru thn 2001 ditemukan di indonesia, tp aku bersyukur ditemukan penyebab knapa aku blum hamil.

Oya aku sekarang lg terapi PLI (paternal leukocyte immunization). Aku disuntik sel darah putih suami. Aku baru suntk 1 kali. Krn ASA ku tinggi diperkirakan aku suntik 7 kali. Tergantung apa aku nurutin semua pantangan makananan apa gak? Aku sekarang berharap ASA ku normal sehingga bs hamil.

Kata dokter andrologiku, tiap org ASA nya beda makin tinggi makin lama terapinya. Tp ada yg udah berhasil hamil setlah 3 kali terapi PLI, mgkn dia ASAnya gak tinggi kali ya…Oya indikasi PLI itu untuk keguguran berulang, janin tdk berkembang, atau penolakan janin yg berada ditubuh isteri sendiri. Sedih yaa..

Buat teman2 smua tetap semangat n smoga usaha kalian cpt membuahkan hasil.
Smoga informasi ini berguna yaa.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (23 votes, average: 3.48 out of 5)
Loading...

190 thoughts on “Stress dan alergi sperma – Vitri

  1. retno

    Hi Vitri..lam kenal.Sama aku jg dah berobat kemana2 sampe yg terakhir program BT trus abortus(sempet hamil 2 bln)krn janin tdk berkembang.Insya Alloh nanti mo coba lagi kata dokter nunggu 3 siklus haid..moga2 berhasil yah.
    Ok deh Vitri..tetep semangat ya..keep the faith!

  2. rima

    hi..lam kenal,aku juga udah lama nih, udah 5th mrd,belum juga, udah insem 11x dan pernah bt juga,tapi memang Tuhan punya rencana yaa??oh iya vitri, aku juga udah pernah PLI s/d 6x tapi juga belum hamil dan udah normal, aku akhirnya pindah dokter ke RSAB Harkit, udah dilaparaskopi,kayanya dokter nyaranin insem, doa’in yach…

    utk. retno..lam kenal..tetap semangat yuks kita…

  3. vitri

    hi retno…slm kenal. Moga2 BT yg kedua ini berhasil yahh.. oya retno BT dimana, apakah sama dgn BT 1?dgn dokter siapa? Aku sebenernya tertarik ikut program BT, tp kt dokter andrologiku ditunda dl , mengingat ASA (Antibody anti spermaku) tinggi. Beliau blg kemungkinan berhasilnya kecil.Klopun bhsl takutnya kguguran. Tp yg bwt aku bingung, kenapa ya retno gak semua dokter ahli kandungan merekomendasikan pasiennya utk cek ASA?? ada yg pro dan ada yg gak. Moga2 lancar ya program BT keduanya…

  4. therez

    hi vitri. setuju, stres emang gak baik buat calon ibu.. ak jg prnah prolaktin 25, tp bs turun ndiri pas gak stres.. tapi kdg stresnya dateng sndiri n susah ngilanginnya ya..
    BTW, ak rada bingung dgn indikasi PLI yg km blg. emang ASA tgg bs bikin ggn pkemb janin? bukannya yg ditolak cuma spermanya aja? jd klo telur+sperm udah dibuahin di luar (dgn IVF), harusnya ASA tdk pngaruh lg dong. km baca dimana ttg indikasi PLI?

  5. therez

    hi retno, lam kenal. I feel sorry to hear your story.. keep fighting ya.. yg berikutnya pasti berhasil, OK.. amin..

  6. vitri

    hi therez… aku baca di brosur dari klinik Sayyidah tempat aku PLI. Disitu tertulis jelas bahwa indikasi PLI atau suntik lekosit suami merupakan salah satu terapi bagi pasangan dgn keadaan:
    1. Infertil (mandul) walaupun pemeriksaan istri tdk diketemukan kelainan dan analisa sperma baik.
    2. Keguguran berulang yg mana tidak diketahui penyebab lain.
    3. janin tidak berkembang yg disebabkan penyakit autoimun shg aliran darah kejanin dari ibu mengalami hambatan.

    Sperma dan janin didlm kandungan merupakan benda asing (antigen) bagi istri/ibu. Dalam keadaan normal, sistem imun kita dapat membedakan antigen tubuh sendiri dari antigen asing, karena tubuh mempunyai toleransi terhadap self antigen. Tetapi pengalaman klinis menunjukkan bahwa adakalanya timbul reaksi autoimunitas.
    Reaksi autoimiunitas adalah reaksi sistem imun terhadap antigen sel jaringan sendiri.
    Nah, untuk melindungi janin dan menginduksikan pertumbuhan plasenta pd trimester I, tubuh istri akan membentuk “Blocking Antibody”. Makin tinggi kadar “Blocking Antibody”, semakin baik bagi janin utk berkembang. Sedang pd keadaan tertentu,pbtkn “Blocking antibody” sangat rendah, shg menyebabkan keguguran, cacat janin, atau janin tdk berkembang, karena:
    1. Berkurangnya perlindungan janin pd Trim I
    2. Tdk berkembangnya plasenta
    3. Penolakan tubuh istri thdp unsur suami yaitu sperma dan janin didlm kandungan istri.
    jadi yg sudah berhasil hamil dan melahirkan dgn sempurna, berarti dia memiliki blocking antibody yg tinggi.

    PLI dpt menginduksikan terbentuknya “Blocking Antibody” yg dpt menekan pembentukan antibody anti sperma lebih awal, spesifik dan selektif krn tdk menurunkan sistem imun tubuh secara keseluruhan, hanya ASA nya saja.

    sumber :
    1.http://harnawatiaj.wordpress.com/2008/03/09/teori-autoimunitas/
    2.brosur PLI – Klinik Sayyidah

    sebagai tambahan, gak semua dokter kandungan setuju dgn terapi PLI ini.

  7. Olip

    tuk mb Retno…salam kenal, mbak BT 1 di Harkit ya? kayaknya qt hampir bersamaan programnya waktu itu, mbak kapan mulai yg ke-2? apa yg ke-2 ini fresh or thaw??

  8. therez

    Vitri..
    Ini ada penelitian th 2002 di majalah American Journal of Reproductive Immunology, bjudul ‘Value of Antisperm Antibodies in Women with a History of Recurrent Abortion.’
    Pnelitn-nya mlibatk 2 kel wanita. Kel1 wanita dgn abortus b’ulang, kel2 wanita hamil normal, lalu kedua kel diband-kan kadar ASA-nya. Kesimp pnelitn ini tnyt ASA TIDAK mmegang peranan penting thd abortus berulang.
    Sumber: http://www3.interscience.wiley.com/
    Sorry ya Vit, ini sih skedar masukan aja. Mngkin inilah sebabnya tdk semua DSOG setuju dg PLI.
    Aku jg tny DSOGku, ktnya PLI itu msh kontroversi, bnyk yg blm tbukti, ada yg sdh PLI sampai ASAnya normal tp ttp tdk bhasil. Ktnya jg hsl yg normal itu dlm 1 thn akan naik lagi. Klau mau IVF, tdk prlu tes ASA krn sperm akan disuntikkan ke telur (metode ICSI) shg ASA tdk pngaruh.
    Buat Vitri yg sdg PLI n Rima yg sdh PLI, tetap lanjutkan perjoangan ya..

  9. therez

    Buat Olip..
    Kt DSOG ku, jgn2 kamu PCO (PolyCystic Ovary). Pd PCO telur srg tdk seragam, kbanyakan kecil2, jd bkemb tdk barengan jg. PCO ada terapinya kok. Udah tny DSOG kamu ttg PCO?

  10. titi

    hi therez, aq setuju juga dengan pendapatmu alergi sperma kalau ikutan BT tidak ada pengaruhanya karena dengan metode ICSI sperma juga udah dicuci kalau telurnya terlalu tebalpun sekrang bisa di laser hatching.

  11. olip

    to therez
    dokterku bilang sensitivitas telurku berbeda2 saat di rangsang pake gonal jd ada yg cepat&lambat malah salah satu dokter sedikit mencurigaiku kl nyuntiknya salah/dosis nya ga sesuai yg ditentukan, ok trims ya Therez, btw terapinya bgmn? apa pernah dibahas dlm diskusi sebelumnya?

  12. elizabeth erfina

    Dear fitri,

    Pertama2 salam kenal dulu buat Fitri,nama saya elizabeth erfina,saya menikah sudah 2 tahun,tapi belum hamil juga,untuk cek seperti kamu ( prolaktin,ACA dll ) itu kita langsung ke DSOG or gimana,soalnya kemarin suami saya udah analisa sperma lengkap,ternyata hasilnya kurang bagus,jadi dokter androloginya nganjurin insem,aku jg udh pernah HSG hasil bagus,trus terapi yang di panasin,oh ya hasil usg ku aku PCO. Bisa kasih aku masukkan ? Thanks before yach..atas bantuannya…
    Salam
    Fina

  13. itha

    hai Vitri;Therez;Olip..apa kbar..ikut share boleh ngak… kalo aku pikir dari kaitan semuanya soal ASA/kekebalan antibody sperma dengan IVF menurutku therez n vitri bener semua.
    Dengan ASA yg tinggi :
    1. Beberapa pasien susah untuk bisa hamil krn antibody thdp sperma suami
    2. Pasien yg hamil normalpun jika ASA nya tinggi beresiko terjadi keguguran di trisemester 1-3 karena tdk adanya sirkulasi darah yg lancar menuju ke rahim, untuk menghidupi janin tsb terutama 1-3 bulan
    3. Untuk IVF sebenernya ada kaitan juga dengan tes ASA kok, setelah ET, embrio akan susah nempel di rahim kemungkinan dikarenakan ASA nya tinggi ( jika ASA tinggi berarti kekentalan darah pasien tsb juga tinggi) shng sirkulasi darah tdk lancar ke rahim shng sebabkan keguguran.
    Saya sudah pernah tanyakan ke dr.patologi dan konsul ke SPOG, kalo kita mau waspada lebh baik tes ke laboratorium aja uji tes darah INR dan agregasi darah dan sebaiknya dpt dikonsultasikan selanjutnya jika memang kekentalan darah kita tinggi.
    O ya, kalo aku pernah baca sih kekentalan darah bia tinggi krn keturunan dan juga krn polusi, tdk olahraga dan stres juga.
    Sori ya aku cuma nambahin aja nich, kalo ada kurang2 koreksi aja ya..trims

  14. retno

    Hai Olip n Rima..kayaknya kt sama2 BT di harkit ya.Rima..ya ampun kamu dah insem 11x n bt jg ya, moga2 kali ini berhasil ya bu..
    Rencana nanti bt2 kalo gak desember ya januari..aku bt 2 ini fresh lagi abis yg kmrn gak ada embrio sisa trus rencana pengen di harkit lg(sama klinik melati)..abis gimana ya disana udah ada recordnya sih.Jadi selama nunggu ini aku ikut akupuntur aja.

  15. retno

    Hai Vitri n Therez…kmrn juga waktu bt 1 aku gak pake periksa PLI dan ASA.Dokter kmrn pake ICSI.Kata dokter abortus jg bisa terjadi krn kromosom yg jelek entah dari sperma /sel telur.
    Moga2 usaha kita semua berhasil ya..gbu!

  16. Velia

    Dear Elizabeth,

    Hi. Salam kenal. Untuk analisa lengkap biasanya kita datang ke dokter kandungan/klinik fertilitas trus minta aja surat pengantar untuk analisa lab lengkap (Torch, ACA+kekentalan darah). Aku recommend JWCC (Jakarta Women and Children Clinic)- dr AndiHudo no di Prapanca. Tapi untuk periksa antibodi terhadap sperma (ASA), coba ketemu dgn Androlog, di JWCC juga ada, namanya dr.Tribowo.
    Aku juga didiagnosa PCO oleh dokter jadi harus induksi ovulasi. Kalau ga berhasil baru insem dan IVF. Kalau kondisi sperma suami ga bagus, biasanya dr sarankan insem atau malah langsung IVF.

  17. vitri

    Dear elizabeth
    klo mau cek hormon prolakrin, TORCH-ACA bs minta pengantar dari dokter kandungan.Yg dipanasin itu sama kyak aku namanya fisioterapi, diharapkan peredarah darah di rahim lancar,
    n dibarengin suntik antibiotik berspektrum luas biar antibiotiknya msk n beredar ngikutin aliran darah ke rahim yg dipanasin td dimana disitu tdp infeksi. Tp klo mau cek ASA bs diklinik andrologi dgn pengantar dokter kandungan jg, tp yg pro PLI ya. Klo aku cek ASA di klinik imunologi dan kesehatan reproduksi SAYYIDAH duren sawit,dgn dokter Indra G Mansur, spAnd. bs jg di Sam Marie, Budhi jaya. N gak semua dokter andrologi pro PLI jg.

    Hi Therez, thx yah infonya..
    Memang masalah ASA ini msh kontroversi, ini udah aku buktiin sendiri. Aku dah 3 kali ganti dokter kandungan gak ada satupun yg merekomendasikan pemeriksaan ASA. Baru setelah di SPOG yg terakhir ini (untungnya dia pro PLI), aku disuruh cek itu semua. Jd ttg kepercayaan ASA tergantung pribadi kita masing2, apakah percaya ato tidak. Aku menghargai pendapat therez. Mgkn buat teman2 yg msh blum jelas, serching aja di google dgn keyword “paternal leukosit immunization”.
    Ttg ada yg sudah terapi PLI tp dia blum hamil jg, itu mgkn jg terjadi. Kan byk faktor lain yg menyebabkan kta infertil, selain ASA yg tinggi itu.
    Tp byk jg loh yg udah berhasil hamil setelah terapi PLI. Temanku di wedding.com sudah menikah hampir 10 th, setelah diterapi PLI alhamdulillah istrinya skrg hamil jalan 4 bln. Jd meskipun ada yg belon berhasil, tetap ada jg yg udah berhasil kn?
    Klo dari logika aku ya, yg namanya alergi sperma itu,sperma dianggab benda asing oleh antibody istri, shg ketika masuk dia dimusnahkan . Toh klopun tetap terjadi pembuahan jg, tetap aja kan, dari pembuahan/embrio itu ada unsur suami yg dianggap benda asing oleh si istri?

    Buat retno
    Klo yg terjadi udah kelainan kromosom, udh susah diobatinnya. Krn kromosom tiap individu itu ibarat “blueprint” nya umat manusia. Perlu pemeriksaan lab lebih lanjut. Aku sendiri blum pernah cek, krn aku belum pernah hamil n keguguran.

  18. vitri

    hi itha, lam kenal..
    btw klo itha sendiri udah pernah cek ASA (antibody anti sperm) blum? Udah pernah ikutan BT?

  19. itha

    hai Vitri…, aku pernah ikut Bt di harkit thn 2005, walau hormon dan ASA ku normal pada saat itu, aku gagal walau sempet positif juga selama 4 minggu, katanya aku stress tapi banyak faktor kok selain itu. Sekrgng aku sdh masuk program bt-2 di rs family, memang banyak SPOG dan androlog yg yang tidak terlalu mempermasalhkan soal ASA, tapi ada baiknya kalo kita mengusulkan sendiri pemeriksaan ASA tsb terutama sebelum BT dimulai.
    kamu sendiri masih terapi PLI yah, rasanya gimana sih di suntik sel darah putih itu vit? semoga lancar ya terapinya dan cepat hamil

  20. vitri

    hi itha..
    iya nih, aku masih terapi PLI, kmaren baru suntik yg kedua. Tp dokter yg ini injeksinya terlalu cpt, alhasil agak sakit n masih nongol. Injeksinya subcutan alias dibawah kulit. Suntiknya sih gak lama, tp proses pemisahan leukosit dgn cairan plasmanya sendiri makan wkt 1,5 jam. Jd dulu BT 1 sempat positif ya.. moga2 BT yang kedua ini sukses ya..

  21. therez

    Hi Vitri..
    Spt kata Rhonda Brynes di “The secret”, kalo kita percaya n always feel good about everything, apa yg kita harapkan akan terwujud.
    So, just keep the spirit up, pray and believe that the universe will figure out how it manifest.. ok.
    Manusia boleh berteori, dokter2 Obsgin boleh berkontroversi, semua tergantung yang di Atas kan..
    Apapun teorinya, minumnya teh botol sostro.. halah..

  22. itha

    hi Therez tks koreksinya, memang untuk ACA dan ASA, jika positif/ tinggi hasil akhirnya membuat keguguran, tapi cara kerjanya berbeda…
    Kalau ACA karena gangguan pada darah dan menganggu aliran darah ke janin..sedangkan ASA akan menganggap bagian dari janin benda asing yang mungkin berbahaya bagi tubuh, jadi di lawan dan dilemahkan, sehingga mengalami keguguran….

  23. itha

    hi therez tks koreksinya, memang mengenai ACA dan ASA kalo positif/tinggi hasil akhirnya membuat keguguran, tapi cara kerjanya berbeda…
    Kalau ACA karena gangguan pada darah dan menganggu aliran darah ke janin..sedangkan ASA akan menganggap bagian dari janin benda asing yang mungkin berbahaya bagi tubuh, jadi di lawan dan dilemahkan, sehingga mengalami keguguran..
    tks alot

  24. vitri

    hi therez
    tul bgt deh… manusia berusaha n bdoa, tp Tuhan yg menentukan. So, kta sama2 berjuang yahh…

  25. vitri

    hi rima, pa kbrnya? jgn patah semangat ya.. moga2 tuhan mendengar doa2 kta yg belum dikaruniai keturunan. moga2 gak lama lg kamu hamil ya, aku jg dah ngebet bgt. Kmu PLI dimana?

  26. vie

    Hii,,hii,,
    salam kenal ya buat smuanya?
    bener bgt tuh apa kata Therez, seusaha apapun manusia tetap Tuhan yang menentukan, sudah saatnya atau blm,,
    aku mo tanya memang cek ASA n ACA diperlukan ya sblm BT? karna dr-ku kok gak menyuruh aku cek itu y? kmrn saya hanya cek torch,rubella,hiv,hepatitis n suami disuruh cek sperma, hepatitis n hiv.
    waduuu, jadi bingung ne,,,hehe

  27. elizabeth erfina

    Hi..hi..

    Selamat pagi semuanya..apa kabar,bener juga kata Terez mqt mns berusaha tetap Tuhan yang nentuin…Oh yach u/ test ACA,ASA,hormon itu perlu waktu berapa lama hasilnya yach,testnya harus pagi hari yach…Tq
    Regards

  28. vitri

    hi vie.. Spt kata itha, klo ACA itu utk liat kekentalan darah kita. Cuman aku gak terlalu ngerti, klo ACA (Anti Cardiolipin)nya tinggi apa terapinya? Klo ASA emang gak semua SPOG nyuruh pasiennya periksa, msh kontroversial… emang vie lg program BT ya.

    Hi elizabeth.
    kira2 3 hari. Klo test ASA harus brg suami, coz diliat apakah serum darah kta n sperma suami tjd penggumpalan/aglutinasi apa tdk. Sekalian deh suami cek sperma lengkap.
    Dah gitu, klo diketahui titer antibody anti spermanya tinggi, kita gak bs lgs PLI, krn kta uji respon makanan dulu. Makanan yg dianggap alergi , hrs kta hindari selama program PLI. Trus suami jg kudu diperiksa TPHA, HbSAg, VDRL, HIV, HAV, CMV, n Rubella. Klo hasil pemeriksaan suami td bagus/negatip, baru deh bs lanjut ke program PLI.
    Oya elizabeth, wkt aku merit 1 thn lebih, aku jg gak disuruh cek2 spt itu, kecuali hormon prolaktin, LH, FSH. Baru deh pas pindah ke dokter kandungan yg khusus nanganin infertilitas aku disuruh cek ini itu.

  29. vitri

    oya elizabeth, klo cek hormon siy sebaiknya pagi, krn kta blum byk aktifitas, tubuh msh fit, n seger. Klo ACA n ASA kyaknya kapan aja deh.

  30. itha

    hi vitri & Elizabeth……cuma nambahin aja..kalo ACA tinggi ( melebihi batas) biasanya dokter anjurkan u/ tes darah lagi ( agregasi darah, waktu pembekuan dan INR) Nah kalo mmg hasilnya positif darahnya cenderung kental, maksudnya sel2 darah nya mudah u/ menjadi bekuan2 darah lebih baik kita konsul ke dokter u/ diberi pengencer darah/aspilet atau semacamnya. ACA tinggi yang saya tahu karena genetika dan kurang gerak/ olahraga n makanannya kurang sehat.

    @ Hi Elizabeth, kalo menrt ku sih kalo kita menikah minimal 1-2 thn blm juga ada anak mending di cek aja semua, pasti nanti ada manfaatnya kok. kita bisa lebih siap dalam menanti buah hati kita.

  31. feni

    hi.. all, saya bekas pasien di JWCC dengan dr andi hudono dan dr Tri Bowo dan akhirnya BT di Spore via JWCC, dan gagal..
    menurut saya sih, jangan pernah langsung bayi tabung dulu mendingan cek yg lain dulu, ASA ataupun ACA..
    kalo sudah BT , harganya sudah mahal, sakitnya luar biasa, toh mendingan periksa yg lain2 dulu..kadang2 ketemu dokter yg spesialis BT langsung disuruh BT , mungkin untungnya lebih besar.
    Setelah saya cek antibodi, rupanya tinggi jg di 16 ribuan, yang lucunya kalo di JWCC saya selalu tanya apa perlu cek antibodi ga? katanya ga usah.., membingungkan yah…
    saya sekarang sudah PLI 3 kali dengan dr indra g mansyur, buat info aja, artis rieke dyah pitaloka jg uda hamil ama dr indra ,
    buat temen2 , PLI itu gampang, murah dan efisien sekali dibanding dengan BT yg mahal plus sakit lagi..

  32. elizabeth erfina

    Hii…hi…apa kabar semuanya,thanks atas masukannya,aku mau tanya dr andi hudono itu gmn orgnya,baik? soale aku dapet beberapa informasi kt nya orgnya kurang friendly trus klo kita konsul ke dia buru2,aku rencananya mau ganti DSOG ku yang lama ke dia..gitu…thanks

  33. vie

    Hi Vitri,
    iya nech aku lagi ikutan BT, tapi aku gak disuruh cek ACA or ASA, aku ikutan BT setelah laparaskopi jadi aku gak dapet mens lagi, krn stlh suntik tapros 3bln terus lgs lanjut ke program BT. mungkin beda2 kali ya?

  34. vitri

    hi feni, kmu gak terlalu tinggi antibodynya, aku tinggi bgt sampe 1:65536 kira2 bakalan lama nih PLI nya.. Btw udh evaluasi kibrik blum? oya feni dah merit brp taon?

  35. vitri

    hi vie.. Moga2 program BT kmu berhasil yahh… Biar caranya beda, moga2 kta semua sama2 berhasil hamil ya..

  36. Idas

    To all teman teman,betul yang dianjurkan feni itu cek dulu aja semua mulai dari antibody,Aca,Asa dll.karena kan lebih baik kita tau kondisi badan kita selengkapnya,dari pada sesudah Bt gagal baru kita cek kembali keadaan tubuh kita.kalau gagal kan kita juga yang palng terpukul,bukan dokter yang menanganinya.jadi ada baiknya kita ambil langkah proaktif dari pada dokternya,ya walaupun biayanya jadi naik sedikit.dan tentunya doa jalan terus .bisa hamil urusan Tuhan tp jalan terbaik harus kita jalani,oke Teman teman mari kita sama berjuang dan tetap semangat,tak ada jalan yang buntu selagi kita berusaha.

  37. vie

    Hi Vitri,
    iya deh gak usah dianggap pusing aja ya, anggap aja mang caranya beda2, yg penting percaya aja ma Drnya n Tuhan,,hehe
    semoga kita semua bisa berhasil ya,,,amiin

  38. yuika

    Punten… Ikut share ya Vitri…

    Buat yang ga punya kesempatan PLI atau gagal dengan PLI, mungkin emang faktor ketidaksuburannya multifaktor. Untuk yg berhasil dengan PLI mungkin bila tidak ada faktor lain lagi.. Semua faktor kan musti diperbaiki. Kalo udah multifaktor, terpaksa BT deh..Kebetulan aku BT walaupun dengan ASA yang tinggi, tetap nempel/nidasi kok. Faktorku infeksi berulang, ASA, suami oligoastenoteratospermia (katanya masalah terato itu yang sulit karena cenderung gagal dengan inseminasi biasa –> better ICSI) dan varikokel (jadi hasil analisis sperma tidak stabil). Selain itu kalo dr Bambang USG aku suka diduga kista endometriosis dan mioma tapi keduanya tdk diapa2kan. Kalaupun PLI berhasil tetap harus dibantu toh kualitas sperma bukan yang tidak bermasalah. Pertimbangan lain tidak PLI karena merasa umur (30 th) semakin jalan terus (makin tua tingkat keberhasilan juga makin menurun). Kalo gagal kan jadi dua kali buang (biaya + waktu). Aku juga tidak mempermasalahkan faktor infeksi, kista endometriosis, ataupun mioma. Saking udah kebanyakan faktor penyulit tapi juga ga jelas2 amat, mau diterapi satu2 juga belum tentu kebenarannya. Akhirnya kami memutuskan ikut IVF.

    Mohon maaf karena tidak menunjukkan literatur. Sangat menarik diskusi pro-kontra PLI di sini, sampai sudah pada mengeluarkan acuan dari jurnal2 dan hasil penelitian. Mungkin sudah ada, tapi kalo belum, komporin dong sama dokternya supaya ada paparan hasil pelayanan keberhasilan PLI selama ini yang dipublikasi (original data milik sendiri maksudnya…)

    Aku setuju ama Idas, kalo mau cek emang baiknya lengkap. Kita emang perlu proaktif tapi juga tidak perlu menyalahkan SpOGnya kalo ada yang terlupa tidak diperiksa atau sedikit beda pendapat antara satu dg lainnya.

    Tapi aku juga setuju ama Vie… percayakan aja ama dokter dan Yang Di Atas. Just enjoy the proses (whatever it is)… Eventhough belum berhasil di masalah ingin punya anak ini… masih byk masalah lain di dunia apalagi di negara kita yang perlu dibenahi..He2..(nah lho… maksudnya???)…

  39. feni

    hi.. vitri, saya merid uda 3 tahun, umur saya 29 tahun, suami 33 tahun, pertama saya jg ga percaya dengan antibodi, trus ambil jalan cepat untuk BT, coba cari dr yg paling ok di jakarta dan direkomen dengan dr andi hudono, toh akhirnya gagal, bukannya salahin dokter ya, semua kan sudah ada jalanNya.., tapi kadang2 kita mesti lihat ada jalan lain mungkin dengan alternatif.
    minggu kemarin saya baru ketemu dengan adiknya temen saya, rupanya dia jg suda BT di indo dan Spore dan gagal pula , akhirnya di cek anti bodi , setelah diturunin akhirnya hamil, sekarang anaknya sudah 2 semuanya dengan normal..
    saya sharing ama temen2 nih, bagi yg sudah pernah gagal BT jangan bersedih, mungkin bisa aja antibodi tinggi, badan seseorang kan pasti beda ama yg lain, ada yg BT langsung berhasil, ada pula yg gagal dan dokter jg tidak pernah tau penyebab gagalnya,

  40. feni

    hi.. elizabeth, kamu sudah pernah kesana yah? menrut saya sih dokternya pintar, cuma kadang2 kita ditarik waktunya jd biar lama , sekali pergi aja sudah habis hampir sejt, belum lagi cek hormon dll, sebenarnya saya pasien dia dari kemayoran disana habis 6 bulan ga ada perkembangan, trus ke klinik dia dan lebih diladenin sih, mahal mbok..
    dokter androloginya jg tri bowo, saya tidak begitu sreg, sperma suami pernah dicek , katanya astheno dan teratozoo, setelah dicek di rs YPK, Spore, semuanya normal, kadang2 membingungkan..

  41. novita

    hai..itha semoga sukses yha program btnya,emg qta hrs proaktif sama dokternya biar puas dan merasa tenang ngejalaninnya,kl dah sukses kbr2i yha…

  42. vitri

    hi yuika.. jadi kmu udah coba program BT meski dgn multifaktor td? Kamu bilang tetap nempel/nidasi, bagaimana statusnya sekarang?

    Hi Feni, selama kmu PLI, kmu barengin dg terapi kondom gak?

    Buat semua temen-temen, sy stuju dengan Feni n Idas klo masih ragu dengan hasil pemeriksaan tertentu, gak ada salahnya kita coba cek semua faktor yg kita tau sekarang (ACA, ASA, dll) semoga berhasil yaa….

  43. feni

    hi.. vitri.., waktu PLI pertama sempat lupa pake kondom, tapi cuma sekali sih, heehee..uda nafsu sih jd lupa.., minggu depan mau cek evaluasi selama PLI 3 kali, kalo sudah turun mesti kebut krn setahun lagi antibodinya naik lagi, kata dokter coba normal dulu satu atau dua siklus, abis itu baru insem, ..

  44. vitri

    hi feni.. kmu pli dimana? udah gak di JWCC lg ya? Skrg dgn SPOG siapa? Moga2 dah turun byk yah ASA nya n berhasil hamil..aku jg, kmaren baru pli ke 2. kulit bekas tempat yg disuntik agak berubah warna jd gelap, feni sama gak?

  45. olip

    hi all..baca sindo hari (halaman internasional), di India banyak bermunculan klinik bayi tabung murah -/+ Rp.44 jt, banyak yg menyediakan donor telur, bagi pendonor di beri imbalan Rp.7jt an…silahkan buka web sindo tgl 23 Okt

  46. DWI

    Hay smuanya blh ya iktn nimbrung?mungkin kita2 punya permasalahan yg sama krn pd intinya tujuan kita adalah keturunan.aq udh nikah selama 10 bln tp blm juga dikasih tanda2 kehamilan,sedih jg sh tp jjr aku jd ngeri kalau dengar crt vitri dan tmn2 yg laen,yg udh prksa ACA,ASA DLL.bnr2 gigih perjuangannya,krn saat ini aku baru dipanasi(fisioterapi)aja,blm disarankan olh dokter untuk periksa yang laen2 itu aja aku udh bnr2 sibuk klr msk rmhskt. temen2 sembary kt berusaha jgn lp dibarengi dgn doa,krn kt hny bs brsh ALLAH YG menentukan,amin dong biar sdkt rileks hehe siapa tau bln dpn kt bs hml serempak,krn dngr doa kt,dan iba lht kegigihan usaha kt slma ini.SESUAI DGN SAPDA(QS AL~ANBIYA:89)ROBBA LAA TADZARNII FARDAW WA ANTA KHOIRUL WAARITSIIN.YA TUHANKU,Jananlah ENGKAU Membiarkan aku hidup seorang diri,dan ENGKAU lah waris yg paling baik”amin.ok ttp semangat.

  47. feni

    hi. vitri, saya PLI di rs Budhi jaya dengan dr indra, besok mau konsultasi lagi ama dr indra sekalian evaluasi 3 kali PLI, sekarang sih belum ada dokter SPOG, mau coba normal dulu aja kalo ASA nya uda turun, waktu PLI warna kulit sih memang sama agak gelap mungkin bekas suntikan.
    vitri, kamu uda tes Food Response belum? itu jg penting lo,biasanya setiap pagi saya selalu minum susu kacang, rupanya yg bikin antibodi tinggi susu kacang tanpa disadari, yah kalo emang masih murah coba tes aja..

  48. vitri

    hi dwi..salam kenal yah…. dulu aku wkt merit 1 tahun jg udah berobat ke spog, sampe akhirnya ketauan aku ada alergi sperma di thn ke 2. Moga2 kmu sehat2 aja ya.. n kta smua cpt hamil..amin

    hi feni
    aku jg udah test food (hehe kyak mau cari catering aja). hasilnya aku alergi susu sapi,coklat,kacang kedelei,dll. padahal aku tiap pagi minum susu coklat. Oya, moga2 evaluasi kibrik kmu, hasilnya dah turun banyak ya, n sukses hamil..amin

  49. feni

    hi vit, hasil evaluasinya uda keluar ni, hasinya ga ada penurunan sama sekali, dokter aja bingung sendiri katanya dalam 7 tahun terakhir cuma ada 7 atau 8 orang yg tidak ada penurunan..hiks .., saya disuruh infus yg ada obatnya untuk turunin antibodinya,
    Waktu kecil saya selalu minum vitamin2 sampe yg dari amrik sampe obat cina. mungkin itu yg bikin antibodi saya tinggi sekali , contohnya aja saudara saya yg serumah kena cacar air, tapi saya ga kena padahal uda ditempelin terus, mungkin sharing bisa berguna yg lain. semoga sukses

  50. vitri

    hi feni.. aku ikut sedih deh dengernya.. Kok bisa ya, ga turun sama sekali, kamu bener2 jalanin pantangan makan kamu gak?
    Oya, kmu jarang sakit ya? sama aku jg dari kecil jarang sakit, minum antibiotik aja hampir gak pernah. kata dokter indra klo jarang sakit,antibodinya tinggi termasuk ASA nya. Aku evaluasinya hari sabtu ini, tp pas masa subur, jd pengen aku mundurin 5 hari kedepan, alias hari kamisnya. Moga2 kmu berhasil ya dgn infusnya.

  51. nurul

    slm kenal mb vitri n tmn2 seperjuangan yg lain..oh ya saat ini sy jg lg mau ikut BT dklinik yasmin sm dr.muharram.sblmx sy sm dr.santi.problem sy telurx kecil2 gula darah agak tinggi sempat ada infeksi rahim.stlh treatment blm hamil jg akhirnya kami ptskan utk lgsg BT.udah priksa hormon ternyata LH tinggi 6.3 positip ACA jg tp heranx kok sy ga dkasih obat2an hormon ya cm dkash obat untuk ACA aja.tgl 24 bln ini sy dsuruh balik lgsg suntik2 gitu..padahal kan mslh hormon dan ACA sy blm tuntas.terus terang sy agak bingung jgn2 dktrx slh.klo ada yg bs ngasih masukan sy ucapkan trima kasih…

  52. vitri

    hi nurul lam kenal yah… aku dulu jg pasiennya dr santi, trus pindah ke dr muharram. Tp aku gak langsung ikut bayi tabung? Kmu dah coba inseminasi buatan blum? maaf ya nurul,Klo masalah hormon aku kurang paham.. kenapa nurul gak tanya lgs ke dr nya, kenapa masalah hormon kmu tdk ada penanganannya gitu? Setauku baik dr santi or dr muharram klo kta gak nanya beliau gak ngejelasin, jd kta yg hrs aktip..Aku aja klo mo ktemu dr muharram buat daftar dulu dirmh, apa aja yg mau ditanya. goodluck yah nurul

  53. sari

    salam kenal buat semua…senang bisa ada web ini shg bisa sharing dengan komunitasnya..oya saya butuh sekali informasi.saya sudah 6 tahun menikah dan suami mengidap varikokel.sudah operasi tapi kemajuan sampai saat inibelum kelihatan.adakah teman2 yang kondisinya sama kemudian mencoba bayi tabung ? dan bagaimana hasilnya.dokter SPOg dan andrologi kami memenag menyarankan tuk bayi tabung mengingat usia kami tidak muda lagi.tidak disarankan insem karena insem butuh banyak sekali sperma.sedangkan jika varikokel jumlah sperma sudah sangat berkurang.please….terimakasih dan senang bisa membaca blog ini

  54. feni

    hi..vitri, Akhirnya Saya Hamil….., saya uda hamil 6 minggu , padahal desember ini saya mau berlibur dulu , jadi saya batalin semuanya.., ini bener2 adalah pemberian Tuhan..
    saya rasa temen2 perlu tau , ANTIBODI itu jg termasuk penyebab gagalnya kehamilan , itu jg terlepas dari ga ada endo, mium, valikokel, dll,
    Bagi temen2 yg sudah pernah gagal Bayi Tabung, saran saya coba cek Antibodi, saya sendiri jg sudah pernah BT di spore..dan gagal.
    vitri, gimana keadaan kamu? Sudah berapa kali suntik? Kalo sudah 3 kali suntik kamu coba ML aja, biasanya hari 12, 15, 18 setelah mens.
    Diforum ini saya ingin berterima kasih ama Dr. Indra G Mansyur

  55. Olip

    Jeng Feni….selamat atas kehamilannya, jadi hamil spontan ya??? moga lancar mpe lahiran….doain aq ketularan jg yah

    Jeng Sari…ada sedikit artikel ttg Varikokel di majalah dokter kita edisi nopember, moga manfaat ya…

  56. Linda

    salam kenal untuk teman teman semua ,
    nama saya Linda , saya tertarik tentang topik diskusi tentang ASA karena saya udah merit 6 tahun belum hamil juga undah insem berkali kali tapi memang saya dari kecil jarang sakit dan sangat sulit ketularan penyakit dari orang lain jangan jangan ASA saya tinggi , saya mau nanya cek ASA ke lab langsung boleh ngak tanpa melalui Dr SPOG ? biaya nya kira kira berapa ? mahal ngak ?

  57. elizabeth erfina

    Dear Linda…
    Salam kenal juga saya fina,awal des 2008 kemarin kau juga test aca,asa dan torch,sebelumnya kau dapat surat pengantar dari DSOG,dia yang centangin tasnya yang mana aja,aku test di prodia kelapa gading total biayanya 1.928.000 dan hasilnya bagus gak ada masalah,aku rencana mau insem tapi aku tunda dl dech,karena aku lagi ganti DSOG nich,dan sekarang lagi periksa hormon ( di RS Mitra Kemayoran tgl 15 des ini kontrol lagi + hasil hormonnya )…
    Ok dech…good luck bt kamu yach…
    Salam..

  58. feni

    hi.. linda, mendingan kamu cek ama dr indra langsung aja..tel ypk mandiri 3909725, kayaknya kalo cek ASA ga semua RS bisa, abis itu jg test food jg, kalo ga salah harganya ga sampe 2 jt, masih lebih murah deh daripada bayi tabung…mudah2an sukses deh..salam..
    oiya.. buat olip, thx yah..smoga nular deh ke kamu biar cepat hamil…saya hamilnya jd spontan padahal Ml nya cuma sekali lo.., kadang2 kita jg mesti pasrah ama Tuhan, jangan stress, hidup sehat,..mudah2an sukses deh.. salam..

  59. itha

    hi sari’lam kenal..
    kamu ngak perlu kuatir walau suami verikokel tetap bisa ikut bayi tabung.Sekarang sdh bisa dilakukan pengambilan sperma muda/spermatozoa dari testis (PESA) jika nanti mmg tdk ditemukan sperma samasekali.
    Suamiku jg verikokel, dan mnrt dr.androlog ngak perlu operasi kok cukup minum trental saja setiap hari untuk melebarkan pembuluh darah dan tentunya makan makanan yg sehat u/ kesehatan testis.
    Alhamdulilah walau sedikit sperma suami kemarin dpt membuahi 13 telur ,walaupun kami belum juga berhasil untuk BT yg ke-2x nya, kami tetap mau coba lagi. Semoga sari lancar n berhasil ya.

  60. Linda

    terima kasih atas infonya untuk Fina dan Feni , kalo diMedan kira kira ada teman teman yang tahu saranin ke dokter mana untuk test asa soalnya saya tinggal di Medan, salam

  61. vitri

    halo feni… selamat yah dah berhasil hamil.. btw kamu kemaren sempet dikasih infus gak sama dokter indranya? hehe kamu ML cuma sekali yahh, tp berhasil, horee..btw kamu ML dihari kebrp mens? sekarang konsul ke spog siapa n dimana? sekali lg selamat ya smoga lancar sampe ngelahirin.amin

    klo aku kan kemaren asa di 65rban, kemaren pas evaluasi dah turun di 8ribuan. aku emang ketat bgt sama pantangan itu. Trus langsung PLI ke 4 deh.. moga2 aku jg nyusul kamu yah.. Oya aku ada miom 2 cm tp dah ke 4 dokter semuanya blg gak masalah.. Oya feni kmu kan dah berhasil hamil, kmu tetep pli atau infus gak? Kmaren kt dokter indra klo dah berhasil hamil tp asa masih tinggi tetep hrs pli utk mencegah keguguran. Goodluck yah jeng feni.

  62. vitri

    hi linda nanti aku tanyain ke dr Indra G Mansur, spand ya. Apakah ada cabangnya di medan. Aku ke dokter 2 minggu lg niy.

  63. elizabeth erfina

    Hi…Vitri…
    Sorry aku salah,aku cm test aca and torch di prodia itu.
    Test itu aku sama dsog yg lama skrg aku dah ganti dsog per awal des kmrn,krn dsog yg lama krg komunikatif,tp skrg aku lg bingung nich tgl 3 des kmrn aku m,kok smp hr ini aku msh flek pink gt..ada yg ngalamin spt aku gak yach…share donk…:-)oh yach aku lg test hormon,hr senin ini aku br ke dsog ku krn skrg dia lg cuti…aku smp stress mikirin knp yach…..
    Salam

  64. vitri

    hi fina.. sebelumnya kmu pernah ngalamin hal spt itu gak ‘keluar bercak’? aku siy blum pernah ngalamin, cuma wkt aku mo merit aku mens cuma 3 hari, sakit bgt perutnya. Gak biasanya. Ternyata pas aku tanyain ke spog ku ktnya aku stres pranikah, hehe. Alhamdulillah setelah nikah mens ku lancar. Coba kmu liat lg klo lebih dari 2 minggu gak ilang kmu konsul aja ke spog.smoga gak ada masalah ya

  65. elizabeth erfina

    Hi…Vitri…
    Kalo aku sblm married mens nya lancar,mala setelah married kacau,fleknya itu kalo kita seka ama tisue,ada tapi gak smp kena cd gitu..iya nich hr senin ini aku kontrol ke dsog lg + ambil hasil test hrmonnya,bingung dech…susah yach ternyata mau punya baby…:-(
    Oh yach kamu tinggal di mana Vit,skrg lg berobat di rs mn and ma dsog siapa? Thanks yach…smoga kamu juga cepat hamil yachh…aku doain..
    Salam..

  66. novita

    dear all..kalau sudah pernah hamil dan punya anak seperti aku perlu nggak yha tes aca,asa,prolaktin..soalnya dulu kan hamil gampang banget, skrg dah berth2 susah hamilnya, apa kondisi aca asa bisa berubah meski dulu tidak ada masalah?

  67. vitri

    hi fina
    aku tinggal di daerah kalimalang jaktim. wah klo gitu kmu hrs cpt tanyakan ke spog kamu. au berobat di klinik yasmin rscm dg dr muharram,spog. PLI di klinik sayyidah jaktim. goodluck yah fina..btw kmu cek hormon reproduksi ya, all fsh,lh,dll. Moga2 hasilnya bagus ya

  68. vitri

    hi novita
    Pemeriksaan ASA bukan cuma utk pasangan yg sulit hamil krn faktor alergi sperma. Tp pasangan yang telah memiliki satu anak tp utk mendapatkan anak yg kedua susah bgt. Ada kasus orgtua yg telah memiliki anak 1, tp setelah anak 1 usia 7 thn mereka tetep blum mendptkan anak ke2. Setelah dicek ternyata kadar ASA nya tinggi. Dulu wkt awal2 pernikahan mungkin kadar ASA nya blum tinggi, sehingga berhasil hamil krn tubuh isteri gak pernah terpapar protein sperma sebelumnya. Setelah jalan beberapa tahun, baru deh mulai meningkat, karena tubuh sering terpapar protein sperma yg dianggab benda asing. begitu jeng novita

  69. emmy

    dear allz,

    mau tanya untuk test food kalau antibodi tinggi dimana ya? aku dah jalanin 3x suntikan (1 paket) dan disarankan nggak boleh makan seafood dulu? apakah hanya itu? nah, kalau ada yang tahu dimana aq bisa test food, kabar-kabari ya …. tengkiu

  70. fina

    Hi…Vitri…
    Iya nich hari Senin ini aku baru ke dsog ku + bawa hasil test hormonnya,yach test fh,fsh,prolactin,estradiol dan apa yach 1 lg aku lupa. Iya nich aku stress bgt mikirin kenapa aku kaya gini yach….:-(
    Aku cb sama dsog ku yg baru ini dl dech,klo gak cocok nanti aku baru ganti,sama yg baru ini baru 2x pertemuan…yach smoga hasilnya bagus dan tidak apa2,tks yach Vit…
    Oh yach nanti klo km dah berhasil hamil kabar2i yach…aku doain kamu berhasil hamil yach…Good luck for you and GBU..
    Salam…

  71. vitri

    hi emmy.. kmu PLI dimana? Masak gak disuruh test food dl yahh. Biasanya dr. Indra selalu menganjurkan sebelum PLI pertama test food dl. Dl aku test food n PLI di klinik Sayyidah. Bisa jg di RS Budhi Jaya, Klinik Sam Marie.Aku aja baru tau klo alergi kedelai dan turunannya (tempe, tahu, kecap), ayam, bandeng, seafood, tomat, wortel. Aneh ya, padahal aku klo mkn semua itu gak pernah ngerasain alergi spt gatal,dll.

  72. AsTri

    To Vitri…
    Salam kenal ya nama ku Astri, aq mau sharing nih.. aq dah hampir 6 tahun nikah belum punya anak, aq juga ada rencana bayi tabung, tapi waktu aq d test TORCH aq … continued in this post.

  73. elizabeth erfina

    Hi…Vitri
    Apa kbr gmn sekarang ada perkembangan apa pada dirimu…
    Kemarin aku udah ke dsog ku dan ternyata hormon prolaktin ku tinggi 51,29 LH dan FSH beda dikit doank dan aku masih pco gitu..dan harus minum obat u/ 1 bln ke depan. Iya nich moga2 kita bisa hamil tanpa ada proses yang panjang lagi…
    Salam,

  74. vitri

    hi fina
    aku dulu hormon prolaktinku 26, tp sekarang turun sendiri jd 11 setelah berusaha gak stres. Hehe..
    ntar sabtu ini aku masih PLI lg niy. Iya kita saling mendoakan ya. GBU

  75. elizabeth erfina

    Hi Vitri…
    Kamu dulu prolaktin 26 itu tinggi gak sich,normalnya berapa yach,kapan itu aku buka diinternet normalnya 29 bener gak yach…KAmu tinggal berapa kali PLI lagi..prosesnya gimana PLI itu dan sakit gak,kalo boleh tahu sekali PLI itu mahal gak…..
    Tks atas informasinya yach…good luck and GBU too..

  76. vitri

    hi fina
    nilai normalnya sampe 35. Tp gak usah khawatir, klo fina gak stres ntar jg turun sendiri. Soale dah aku buktiin sendiri, dikasih obat buat nurunin hormon prolaktin tp cuma turun satu, ee.. gak disangka setelah aku gak stres lg turun jd 11. Kt spog ku yang dulu, klo mau cpt hamil hormon prolaktin hrs dibwh 20.

    Sekali PLI 800rb, n sakit bgt krn subcutan alias dibawah kulit. Trus bekasnya aku pasti gatel2, tp gak bole digaruk,huhu tersiksa..

    Prosesnya sperma suami digabung darahku, kmd dicampur n diputar/ centrifugasi prosesnya 1,5 jam. Kmd diliat terjadi penggumpalan apa gak?
    begitu jeng fina

  77. jenny

    dear feni
    selamat atas kehamilannya ya! mau nanya nih, kayaknya mirip ama pertanyaan Vitri sih hehe
    tempo hari disaranin ama dr Indra utk infus apa sdh dijalani ?apa sakit jg spt PLI? apa itu infus yg namanya Imunoglobulin? kalo sdh hml begini apa msh perlu infus2 lagi ya? kan denger2 infus tsb lumayan mahal

  78. feni

    hi..jenny
    watu disuruh infus , saya langsung infus namanya gramaras, sekarang sih uda ga infus, tapi disuruh PLI lagi, harganya gramaras mahal sih 7 juta rupiah uda termasuk semua, sekarang jenny lagi ikut program apa? hari itu sih dr indra pernah tawarin minum obat untuk turunin antibodi , tapi saya ga mau takut jadi gampang sakit.
    ok sukses yah..

  79. feni

    hi..vitri.
    Saya ML di hari 15 setelah mens dan cuma sekali aja lo..abis itu 7 hari kemudian saya infus gramaras dan sekarang dokter Spog Tjien Ronnie di Rs family. mudah2an ASA vitri cepat turun dan berhasil hamil ya..
    vit, dr indra saranin infus gramaras ga?kalo mau lebih cepat infus aja tapi harganya lebih mahal aja sih, coba konsul aja ama bliau.
    sukses ya..

  80. vitri

    hi feni
    aku gak disuruh infus sama dr indra. Abis kmaren turun lumayan byk, ntar klo eveluasi ke-2 turunnya dikit mgkn aku disuruh infus spt dirimu. wah hebat ya, cuma ml sekali lgs jd. tokcer, hehehe…

  81. feni

    hi vitri, hari senin kemarin saya baru PLI pertama setelah hamil nih, sebenarnya uda malas sih tapi yah ikutin aja deh, sekarang dr indra rame sekali lo , di YPK dan Budhi Jaya pada rame, dipromosi ama vitri nih..
    Kata bliau sih PLI nya cuma 3 kali aja sih tapi saya jg mesti diambil darah untuk cek kandungannya, mungkin minggu ini mau ambil darah..kabarin yah kalo turunnya banyak..salam.

  82. vitri

    hi feni.. gimana rasanya hamil? hehe ngiler, jd kepengen..
    iya tuh dr indra seharusnya ngasih pli gratis ya buat aku, hehe. Kmaren aku baru PLI ke 5. udah kebal gak sakit lg. Tp besok malamnya guatelll bgt pas lg tidur. Taunya pas pagi bangun tidur banyak bekas garukan disekitar bekas suntikan.
    Jd feni umur kandungannya brp minggu? Moga2 sehat2 aja ya…

  83. itha

    hi Vitri..pa kabr..km masih suntik2 Pli ya….aku mau tanya dikit dong…kalo misalnya ASA kita tinggi apa mesti lewat PLI ya? apakah ada cara lain seperti pengaturan manual tanggal2 untuk ML nya..kayaknya aku pernah denger deh vit, kalo kita bisa turunkan ASA dengan cara mengatur jadwal ML sehingga kita tdk sering2 ML.apa bener gitu?
    O ya soal tes ASA dan proses PLI apakah dpt dilakukan di satu RS aja…mnrt km bagusnya cek ASA dimana ya vit…tkx banyak ya

  84. vitri

    halo itha..
    Disamping dgn PLI aku jg ngatur jadwal ML dgn sistem kalender. Klo ML bukan pada waktu masa subur, suami pake kondom biar tubuh aku yg alergi sperma gak terpapar terus2an sm sperma, otomatis diharapkan ASA turun jg.Tp klo lg masa subur, gak pake kondom. Disamping itu ttg test food (test alergi makanan), jg bisa membantu kinerja PLI agar lebih efektif. Kenapa? karena klo kita makan makanan yg alergi kan tubuh kita bereaksi alias melawan zat asing (dari makanan alergi) td.
    Jadi pd intinya kita hrs tau apa saja yg membuat diri kita alergi n klo kita sdh tau kita hrs menghindar..
    oya itha, klo ini menurutku lho, aku belum pernah dengar dari dokternya langsung, mungkin bisa juga gak PLI asal kita tau makanan apa saja yg menyebabkan kita alergi n satu lg tubuh jgn terlalu sering terpapar sperma (diluar masa subur). PLI hanya mempercepat penurunan ASA. Karena ada lho yg langsung merit lgs hamil, tp punya anak ke 2 susah bgt.Ternyata ASA nya tinggi. Nah dari situ bs diliat kan, klo ibu td sebelumnya gak pernah terpapar sperma n sperma berhasil membuahi ovum (ASA ibu td belum terlalu tinggi, tp seiring waktu makin lama makin tinggi), shg sulit punya anak ke 2.
    Klo aku emang ada turunan alergi dari keluarga.
    Jg antibodi tubuhku yg terlalu kuat, sampai2 jd hipersensitif alias ada sedikit kuman or virus lgs dibantai. Posifnya sih aku jd gak gampang sakit, negatifnya ASA ku jg ikutan naik, jd sperma yg masuk ikutan ditolak.

  85. vitri

    Klo aku cek ASA, test food, PLI, evaluasi PLI semuanya di klinik infertilitas n reproduksi Sayyidah. Klo di RS Budhi Jaya, Klinik Sam Marie, RS Permata Cibubur mgkn jg bisa. Tp pusatnya di Sayyidah sih.

  86. itha

    Vitri, trims semua infonya…o ya kalo dipikir2 aku juga jarang bgt sakit…temnku/ suami flu, aku jarang ketularan flu..heran juga nih..atau krn aku minum jus tiap hari jd dayatahan ku meningkat ya…ngomong2 suami kamu spermanya ngak ada masalah ya, trus rencana km sebenrnya mau hamil normal or ikut BT. Kalo aku masalah ada di suami krn sperma dibawah normal jd tetep ngak bs hamil alami. Setelah kupikir2 tadinya aku masih berharap bs hamil alami dgn ikut PLI ini..tp kemungkinanya kecil bgt. Aku sedikit kuatir ttg ASA itu krn BT yang ke-2 kemarin gagal juga krn janin ngak nempel.

  87. vitri

    Hi itha, klo suamiku jumlah n bentuknya normal, tp ada infeksi, jd sama dokter dikasih vitamin n antibiotik aja.
    Aku siy pengennya normal, tp klo ASA dah turun n blum hamil jg aku pengen coba inseminasi buatan dulu, siapa tau berhasil. Oya itha kamu cek ASA dimana? apakah atas rekomendasi spog kmu wkt di harkit atau kemauan sendiri. Dulu wkt cek ASA kamu gimana prosesnya apa sama kyak aku?

  88. feni

    hi..vitri
    sekarang sudah hamil 10 minggu nih, tapi sekarang lagi susah BAB nih, katanya sih normal mesti banyak makan buah dan minum air yg buanyak..
    vitri, jangan patah semangat yah coba trus PLI atau infus, krn suami saya jg ada infeksi tapi kata dr indra ga apa2 , cuma suami trus disuruh makan buah2an yang banyak, malahan suami pernah didiagnosa ama dr tri bowo teratozoospermia dan asthenotozoospermia, ribet yah, dan yg bingungnya cek di dr indra ga apa2..

  89. feni

    hi itha salam kenal..
    kayaknya pengalaman saya mirip banget , pernah BT dan gagal, kayaknya ga salah coba PLI deh, coba cek dulu aja antibodi spermanya tinggi ga,jangan dengerin satu dokter aja, lagian PLI kan murah dibanding BT. Pokoknya jangan menyerah yah daan harus coba ke dr indra yah, saya tunggu yah berita bagusnya…

  90. jenny

    hi, feni
    aku jg skrg lg PLI yg ke 2, krn ASA ga terlalu tinggi. cuma kata dr Indra, nanti kalo semisalnya hamil disuruh tes drh, kalo mmg hsl krg bagus, dianjurin infus immunoglubulin. Kok kamu disuruh PLI lagi ya, bkn infus tsb ya? apa bedanya ya, Fen?

  91. Vanilla Addict

    Hi semuanya.. salam kenal yaaaa…. Obgyn ku Dr. Otamar & Adrolog Suami ku Dr. Indra G. Mansur, aku married udh setahun, udh check darah, Diatermi 6X & hidro juga.. sperm suami ku juga bagus… cuma mslhnya bermasalah di ACA tp yg paling bermasalah sih ASA yg tinggi.. lumayan looohh 1:2048 .. anjuran PLI 3X.. tapi sblm nya mau FRT & MFRT dulu di Sayyidah… mau tanya dooong… kalo lgs minta obat infus “Gramaras” yg harganya ampun DJ kira2 langsung normal ngga ya??… & ada yg berhasil nurunin ngga?? & tentunya berhasil hamil??… ditunggu loohh share nya…

  92. vitri

    hi feni.. thx ya supportnya, aku sabtu ini PLI yang ke 6. dulu suamiku jg pernah tes sperma di salah satu RS swasta, hasilnya dibilang kurang bagus, sampe cek 2 kali di RS yang sama. Trus dokter di RS tersebut curiga, karena semua pria yg cek di lab RS tsb hasil analisa spermanya kurang lebih sama (jelek). Kemudian dokter tsb menganjurkan pemeriksaan di tempat lain, alhamdulillah sudah 3 kali cek, hasilnya memuaskan.Oya feni gimana hasil tes anti PH serine nya?

  93. feni

    hi itha..iya nih, saya bingung jg mesti PLI lagi ga..kata orang sih kalo sudah lewat 3 bulan semestinya sih uda ga apa2, minggu depan sih sudah harus PLI ke 2 lagi. saya sih disuruh cek darah dan kayaknya besok mau cek darah..ntr hasilnya saya kabarin ya..semoga cepat hamil yah, ingat jangan stress..

    hi vanilla, menurut saya sih mendingan test FRT dan MFRT jadi tau makanan apa yg bikin naik ataupun yg lain, kalo sudah tau kan bisa membantu ASAnya turun. oiya hari itu sehabis infus Gramaras, saya ga cek lagi turun atau ga, abisnya keburu hamil. Dr indra kan anjurin minum obat untuk turunin antibodi atau infus , saya pilih infus aja takutnya minum obat jd semua turun dan jadi cepat sakit cuma mahal aja…lebih baik konsul aja dengan dr indra aja. kalo PLI 3 kali bisa turun yah mending PLI aja..sukses yah

  94. Vanilla Addict

    Feni… aku belom sempet FRT & MFRT karena ada tugas luar kota …. so mo di fokusin awal bulan depan aja… sekalian mo PLI…. btw ada YM ID ngga Fen??.. biar enak gituh ngobrolnya…..

  95. Leeza

    Hi all..aku mau sharing jg nih..aku udah 4 thn nikah, di thn kedua aku hamil eh keguguran 5 minggu..trus sampe skrg blm hamil jg..aku jg sempet stres bgt jdnya sel telurnya kdg2 ada kdg2 ga ada..tp stlh diterapi hormon tiap bulan alhamdulillah ada terus sel telurnya..tp kan blm hamil jg..jdnya ke dr andrologi deh..aku br tes alergi sperma hr kamis 15 jan blm ada hasilnya..aku mau nanya nih..kalo antara PLI 1 dgn PLI 2 dst jedanya gmana ya?? ikutan siklus mens ato engga ya??..thanks ya kl ada yg bs kasih infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *