Salam dari Therez

Hi all, salam kenal! Sy Therez, 33 th, 5 th nikah, anak masih ‘indent’, belum ‘ready stock’ (hehe, kok kayak mobil..). Biarin ah, biar tetap optimis..

Sy punya endometriosis stadium 2. Itu ketahuan setelah berkali2 ganti dokter (sampai udah punya list panjaaang deh). Stl 3 bln terapi tapros, sy insem di Yasmin RSCM tp belum berhasil.

Abis itu sy nyoba2 pijit refleksi di sinshe. Stl 6 bln blm ada hasil, (sebel banget, udah sakitnya minta ampun..) akhirnya sy ke dr taufik di BIC. Dari USG+ HSG trnyata endometr-nya udah jadi kista di ovarium kiri 3 cm, n ada perlengketan di ovari kanan. Suamiku juga ada pergerakan sperma lemah.

Akhirnya sama dr Taufik dianjurin bayi tabung. Aku masih ragu2 kapan mulai bayi tabung. Alasannya banyak, mungkin karena kebanyakan baca http://www.endometriosis.com. Tapi itu lah kejelekan sy, kebanyakan baca jadi kebanyakan ragunya juga. Alhasil sering pindah2 dokter and sering lupa sama ‘chief of the doctors’ yang ada di atas…

Jadi kali ini saya udah niat gak mau pindah2 dokter lagi sampai dokternya nyerah dengan kecerewetan saya.. hehe..

Anyway, sy baca website ini udah lama, ikutan nangis n ketawa bareng temen2 di sini, tapi baru skrg berani ikutan nimbrung..
Buat semua moms and moms-to-be (Mb Yenni, mulia, felice, dian, dll yg gak kesebut), congrats all.. I’m so happy for u all.. N buat semua yang masih usaha di sini, salut n smangat buat semua.. (especially buat mb Merry n Cynthia.. U’re my super hero girls..keep fighting!)

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.33 out of 5)
Loading...

304 thoughts on “Salam dari Therez

  1. mery

    Hai Therez…tetap semangat ya.. Mudah2an kamu juga dah mantap mutusin mau BT kapan dan dimana..Semua temen2 yang ada web ini juga sama berjuang terus, tidak menyerah walaupun pernah gagal, karena kegagalan adalah jalan menuju keberhasilan. Dan juga harus tetap yakin bahwa Tuhan tidak akan pernah memberikan cobaan diluar kemampuan kita. So keep fighting, yakin aja pasti bisa berhasil…Semoga sukses ya Therez…GBU

  2. vie

    hai Therez, salam kenal ya..
    saya juga sama kaya kamu “penganut” endometriosis n punya list yang sangaaaat panjang di dokter, berhubung gak percaya dengan 1 dokter…hehe
    saya sudah menjalani laparaskopi 2x, yang p’1 awal tahun 2007 di Rs.Pluit, pada saat itu stadium 3, dan terdapat 3 endo, 2dikanan dan 1 disebelah kiri tapi untungnya rahim dan tuba dalam keadaan baik. fiuuuh.. hehe setelah L/O aku disuntik zoladex selama 3bln, tapi ternyata haid-ku baru muncul setelah 6bln kemudian dan dokter menyarankan aku untuk segera hamil supaya endo-nya diharapkan bisa hilang dengan hamil. akhirnya akhir tahun 2007 saya menikah, setelah 6bln menikah, bukannya hamil yang didapat malah endo yang muncul lagi, sedih banget rasanya waktu itu…harus disuntik tapros lagi, kapan aku hamilnya pikirku saat itu.
    akhirnya laparaskopi yang ke2 di Rs.Bunda, dan endoku udah stadium 4 dan jenisnya sangat aktif sekali. benar2 hancur rasanya mendengar smua itu. sehingga kata dokternya aku harus bayi tabung, karena kalo insem pun percuma sangat kecil kemungkinannya, walopun “tetep” kata dokter rahim n tubaku baik2 saja.tapi karna jenis endoku benar2 aktif,aku harus cepat hamil. makanya aku n suamiku memutuskan untuk melakukan bayi tabung, krn segala macam usaha udah aku coba dari alternatif jamu, pijet2 smuanya blm ada hasil, jadi aku pikir, mungkin dengan BT aku n suami bisa memiliki keturunan n endoku bisa sembuh. doakan aku ya, supaya program BT-ku yang akan dimulai pd tgl 6 okt ini bisa berhasil.amien..
    buat Therez, semoga gak ragu2 lagi dalam mutusin ikut BT or ga..GBU ya…

  3. Mulia

    Hi Therez…. semoga kamu jg segera berhasil yach utk programnya & segera dpt baby yg udah ditunggu2…. GBU friend….

  4. therez

    hai semua..
    @ Merry..
    Yess.. kita pasti berhasil! Go.. go.. go..!!
    @ Mulia
    thanks ya, masukan2nya slalu berguna buat kita2 yg msh berjoang… Slamat n semoga semua bakal lancar buat Mulia n si buah hati..
    @ Vie
    hai “sodara seperguruan”.. hehe.. endometriosis ini emang benda laknat ya.. segala cara ditempuh, tetep aja dia ngotot bercokol. Vie yang sabar yah, aku pasti doain BT nya langsung berhasil…
    @ semua aja…
    Sorry sebelumnya buat semua “penganut perguruan endometriosis”. Aku pingin share sedikit tentang apa yang sdh kubaca tentang endometriosis. inilah yang bikin aku ragu kapan mulai BT.. Buat Vie yang udah mau BT, jangan jadi ragu lho say, anggep aja ini selingan n gak perlu dipikirin.. justru aku yang harusnya dapet masukan biar gak ragu lagi..

    Jadi dari yang kubaca, endometriosis adl jaringan mukosa rahim yang tumbuh di luar rahim. Bahaya si jaringan nakal ini adalah terbentuknya perlengketan di tuba yang alhasil menghambat pertemuan sperma n sel telur. Logikanya sih hal ini bisa ditangkal dgn BT. tapi ternyata penelitian menyatakan keberhasilan BT pada pasien endo berkisar 1/3 kali pasien BT lainnya. Penelitian menemukan bahwa si endo ini juga menghambat perlekatan embrio di rahim, karena hambatan pembentukan enzim yang berfungsi melekatkan embrio ke rahim. Dikatakan juga kalau pemberian GnRH agonis (tapros) selama 3-6 bulan bisa meningkatkan keberhasilan BT hingga 4 x lipat. ini khusus buat ps endo lho..
    tapi skali lagi, hai sodara sperjoangan, tetaplah optimis.. aku kutip kalimat di website itu:”In one Australian study involving 3895 women with endometriosis, 54% of the women who tried to become pregnant did not succeed in the first 12 months of trying. However, 70% of them ended up having at least one child”
    Jadi.. kita harus tetap usaha, guys.. Of course semuanya kuasa Yang DiAtas..
    Mohon maaf klo nulisnya kebanyakan or kesannya belagu.. sama sekali gak maksud gitu.. cuma mo sharing aja, soale hal inilah yang bikin aku ragu BT. payahnya aku ini kebanyakan nyari info sih.. aku sendiri sampai nyesel bacanya, padahal sebelum aku baca ini aku udah mau BT bulan Okt di BIC. skrg mngkn aku mo tny dokternya lagi ttg perlunya suntik tapros dulu sblm BT.
    Ditunggu comment-nya ya guys..

  5. mery

    Hai Therez dan Vie kita sama2 penderita endo. But Therez dan Vie selama tuba masih paten kemungkinan hamil normal masih tetap ada, so jangan putus asa utk mencoba normal, berdoa terus semoga Tuhan mengabulkan supaya cepat2 hamil. Jgn sampai spt aku ketika semuanya terlambat,kedua tuba sampai hrs dibuang, bbrp organ spt ovarium kiri dan kanan dibuang sebagian, sigmoid colon dan pouch of douglas terkubur dlm perlengketan, dan sebagian usus terkena perlengketan. Kalau uda itu yg terjadi cuma BT satu2 nya harapan hamil dgn chance kebrhasilan yg lebih kecil dari biasanya..
    Oh ya Therez aku jg uda coba dgn metode ultra long protokol yaitu dgn pemberian suntikan tapros selama 3 bulan sebelum BT, hasilnya msh biochemical pregnancy, embrio cuma nempel sbntar dan lepas lagi.
    Oh ya Vie semoga langsung berhasil pada BT pertama ini ya. Utk Therez, apapun keputusannya semoga itu yg terbaik..GBU

  6. olip

    Hai semua, kt dokter di harkit Yan Irsal: endometriosis bisa sembuh bila tinggal di daerah yg bebas dr polusi udara spt Swiss, sodaranya beliau yg uda divonis ga bs hamil normal di Indonesia & divonis hrs batab, eh pas pindah Swiss malah hamil normal, kt belio salah satu penyebabnya polusi udara!!!

  7. itha

    hai Olip..salam kenal
    nambahin aja…. selain polusi udara juga krn style/ gaya hidup , makanan n tingkat stres jg mempengaruhi terutama wanita pekerja.

  8. olip

    yoi benar Itha, aq jg kena endo dulu dokterku di malang bilang grade 1 tapi pas priksa di harkit katanya gradenya uda parah / lebih dari 1, dua tuba tersumbat jadi emang disarankan batab, pas bulan juli’08 aq ikut batab di harkit, tp belum berhasil, moga kita semua diberi kekuatan&ketabahan untuk menghadapi semua ini, amiin

  9. itha

    hi olip…
    sabar ya olip…. mgkn blm saat nya kita hamil ya… kita hanya bisa berusaha dan pasrah ya. aku jg pernah BT di harkit 2005 dgn tim dokter yag lama. 14 hari setelah positif sayangnya aku gagal jadi sekng ,au coba lagi nih.
    kapan kamu mau coba lagi…o ya km ada simpanan embrio ngak?

  10. vie

    Hai Therez n Merry…
    thanks ya buat info, support n doanya… bener2 berarti bgt buat aku…
    sebenarnya info yang Therez n Merry bilang, aku udah denger ttg keberhasilan BT buat “penganut” endo sangat kecil n “penganut” endo tetap bisa hamil normal. karena temenku ada yang udah 3x BT tapi tetep gagal karna dia “penganut” endo n sodara temenku yang “penganut” endo juga bisa hamil normal, malah udah punya anak 2. Jadi menurutku, kita sebagai manusia hanya bisa berusaha semaximal mungkin dan yakin akan apa yang sudah menjadi keputusan kita n slalu berpikir +, selanjutnya biar Tuhan yang mengatur. Tadinya aku juga banyak ragunya, semuanya dimulai dengan pertanyaan “apakah begini-apakah begitu” hehe tapi aku pikir, kenapa aku tidak mencoba dulu program BT, kalo itu “mungkin” sudah menjadi jalan yang Tuhan gariskan untukku mempunyai keturunan. karna sudah banyak juga teman2 kita yang berhasil dlm program BT.
    semoga info ini bisa membantu Therez dalam mengambil keputusan y…buat Merry, jangan pnah putus asa y…u’re my hero..

  11. therez

    @ Vie..
    Wuih, kata2mu bener2 kena di aku. Jadi mantep harus coba bayi tabung. Skrg aku lg suntik endrolin (tapros), bln dpn kt dokter mau dilihat responsnya. Trus kapan BT-nya tgantung respons kista endometrnya. Pokoknya aku harus usaha dulu coba BT ini, We never know what’s God plan for us, but we know for sure that God is always be with us..
    Vie bentar lagi ET ya? Aduh, jadi ikutan deg-degan.. Moga lancar yah.. Jangan stres ya, mending nonton film2 lucu aja deh. Aku dari skrg udah koleksi DVD film2 lucu lho.. hihi, blom tau kapan BT-nya, malah pilem duluan yang disiapin..

  12. therez

    @ Olip n Itha..
    Thanks ya infonya. Aku baca makanan tinggi lemak juga bisa bikin endomet. Temen Olip sembuh di Swiss krn bebas polusi? Wah, kapan2 aku ke swiss deh, heheh, kayaknya mahalan ke swiss drpd BTnya deh.. BTW, ayo Lip, coba lagi. Pasti yang berikutnya berhasil deh!
    Itha klo gak salah ikut BT di Family ya? Gmn kbrnya, smg berhasil ya..

  13. vie

    Hi..Hi…
    aku seneng banget dech, kalo kamu udah yakin sama keputusan kamu..yang penting kita slalu mau berusaha ya..n yakin tentunya..haha
    oya Therez, rencananya mo BT dimana? trus kamu blm pernah Laparaskopi y, buat buang endonya?
    dalam waktu dekat ini(6 okt) aku baru mo mulai synarel (semprotan melalui hidung) ini awal “perjalanan” dari BT-ku, setelah -+10 hari synarel baru cek lagi ke Dr, kalo sudah memungkinkan baru mulai “acara” suntik-menyuntik setelah -+2 minggu suntik baru OPU n 2/3 hari kemudian baru ET, jadi ETnya mungin baru akhir okt…”perjalananku” masih cukup panjang buat sampai ke tahap ET. hehe
    tapi dari sekarang aku jg udah siapin buku, dvd, dll deh yang bisa membantu hati n pikiran jadi tenang,,hehe kaya yang kamu bilang..hehe karna kata org2 keberhasilan BT juga dibantu dari pikiran n hati kita…
    n jujur aku juga deg2an takut gagal tapi aku slalu berusaha masukin hal2 yang bisa buat aku tenang n b’pikir +, hehe tar kalo kamu udah mo BT kbr2i aku y…

  14. therez

    Hi Vie,
    Aku laparask Nov th lalu hslnya endo yg cuma spt bercak2 aja. Pas itu endonya dibersihin (dibakar) n dikasih tapros 3bl. Stl itu aku lanjut insem tapi blm brhasil. Nah,salahnya aku pake acara down n mogok ke dokter 6 bl. Agt kmarin aku di USG tnyata endonya balik lagi, malah udah jd kista segede 3 cm. Ngeri ya, serasa piara herder di perut, dibiarin malah mengganas. Makanya skrg aku kapok aksi mogok, mending ikutin saran dokter aja deh. Tp ak gak niat op dulu, krn ku baca n kt dokter jg, p’angkatn endo bisa bikin jaringan telur ikut t’angkat.
    Oya, ak renc BT di Bunda, protokolnya sama kok sm Vie. Eh, pernah baca buku/nontonDVD “the secret”-nya Rhonda Brynes? Bagus banget buat bpikiran +.

  15. mery

    Hai Vie..iya bener nih kata Therez buku The Secret bagus banget, help kita positive thinking.Mudah2an programnya lancar ya Vie, semoga berhasil ok..GBU

  16. mery

    Hi Therez, iya nih soal op endo, kalau kistanya masih 3 cm emang sebaiknya jangan op dulu, dengan terapi suntik spt yg Therez jalani skrg mudah2an kistanya bs mengecil dan jaringan endo juga ikut mati. GBU

  17. vie

    Hai Therez,
    bener de kata kamu, qta kaya piara herder ganas…hehe semenjak aku laparaskopi tahun 2006, aku rutin ke dr 2bln sekali, tapi entah bagaimana tiba2 pas awal tahun kemarin kistanya udah ada 2(kanan-kiri), mgkn dr yang dulu kurang teliti kali ya..harusnya ketauan kan pas usg walopun masih kecil. makanya sekarang aku pindah ke bunda. kamu di Bunda sama dr siapa?
    tq y buat info bukunya,bsk aku mo cari d di Gramedia, hehe

  18. Maya

    Dear all,
    Salam kenal semuanya, aku mulai masuk n cari2 info ttng bayi tabung di situs ini baru aja 1bln yg lalu, setelah aku memutuskan u program bayi tabung dng Dr.Auky di Sby. waaaahhhh, cerita2nya bikin aku semangat n sekaligus takut juga ya. tapi mungkin memang ini yg harus aku hadapi, yg penting buat aku berusaha semaksimal mungkin u bisa hamil.
    Aku menikah sudah 5th, umur’ku 30th dan suamiku 32th.Bln september lalu aku periksa dng Dr.Auky, dan aku di vonis ada endometriosis sebesar 1,5 cm. Dan disarankan untuk Bayi tabung. Aku kaget banget karena selama 2th periksa di dr.Hardjono Rs.Omni Medical, si endometriosis itu gak pernah nongol. tanpa pikir panjang, kami berdua langsung memutuskan u bayi tabung. sama Dr. Auky aku di bawain obat yg di suntikkan ke perut ( di bawah udel ) nama obatnya Suprefact, suntikan u menahan agar endometriosis tdk berkembang. dari tgl 1okt aku dah mulai suntik sampai tgl 12 aku berangkat ke Sby u melakukan rangkaian proses program bayi tabung. Kata dr.Auky pengangkatan ovum dilakukan tgl 20. Wuiiiihhhh udah dekat nih, minta doanya ya teman2!
    Setelah aku baca pengalaman teman2 yg kasusnya sama dng aku, jadi agak bingung nih, karena teman2 yg pny endo sepertinya agak lebih ribet proses bayi tabungnya, rata2 harus melakukan penyedotan/operasi sedot endo. Kok aku gak disarankan u di sedot ya? aku minta saran semua teman2 ya, thks!

  19. olip

    hai Itha…
    aq ga ada simpanan embrio, sebenarnya aq pas USG telurnya banyak hanya setelah distimulasi berkembangnya ga bareng, ada yg cepat mateng ada yg lambat banget, jd yg mateng2 duluan dikorbanin alias ga dipake (sedih bgt), nunggu yg lain berkembang dulu, pas OPU dapet 6 , trus yg jd embrio 2, ini pengen bgt ikut lg tp masi ketir ketir, btw umurku 32 nikah da 6 th, oh iya pas simulasi ET susah banget kata pak dokternya jalannya hrs dibersihkan dulu&selain itu endometriumku terlalu tebal kayak org hamil jd hrs di kuret dikit,Itha dulu bgmn pengalamannya di harkit? skrg mo ikut dmana??

  20. olip

    tuk Itha:
    aq pas OPU dpt 6, padahal telurnya lebih dr 15, kt dokt telurku perkembangannya beda2, ada cpt besar ada yg malas, nah banyak telur yg matang yg terpaksa dikorbankan krn terlalu cpt matang(sedih banget), yg jadi embrio 2,uda kepake semua, jd hrs start dr awal lg cm mau ikut lg masi ketir2 hehe, Itha uda mulai suntik2 lg??

  21. itha

    *OLIP*
    hai olip, aku dah mulai suntik2 nih dari tgl 3 kemarin program di RS family, o ya aku usia 33 menikah 6 thn.aku baru dengr case kamu ini, kok bisa ya telur matengnya beda2 memangnya pas km suntik suprefact n gonal berapa lama?

  22. olip

    aq jg heran kl baca pengalaman temen2 kayaknya telur dipantau terus & dosis suprefact & gonal menyesuaikan(bisa -/+), kalo aq dokt da tau ada telur yg berkembang dg cepat (ada yg baru suntik gonal 2 hr ukuran langsung berkembang 18×18 ada yg masih 7×7 ada yg 4×4) tp dosis yg dikasi tetep sama, makanya aq jg kurang mengerti penjelasan dokter terlalu umum/kurang spesifik, prosedur sama aja suprefact 21 hr 0.5ml, suprefact 10 hr 0.25ml+gonal 150 selama 9 hr, kalo aq liat gambar contoh dr dokternya emang seharusnya besarnya telor seragam,
    Itha di Family biaya pake sistem paket ya? kl bole tau berapa? oh iya Itha aq minta tolong ditanyakan ke dokter di Family ttg kasusku ya, btw semoga lancar2 aja suntiknya sampe ET nanti

  23. therez

    Hi olip.. aku juga baru denger kalau telur ada yg mateng gak barengan.. jgn2 dosis gonalnya kurang. yah, diambil positifnya aja deh lip. mungkin bisa jadi pengalaman buat BT berikutnya. nti aku coba tanya2 dokterku juga yah..

  24. therez

    Hi Itha.. udah mule suntik2 yah.. hati2 ntar disangka narkoba lho. hihi.. Good luck yah. semoga bertelor yang banyak.. mudahan mateng2 semua n nanti pada mau nempel kuat2 didalem.. kasih semangat buat telor2 itu ya.. Go Go GO eggs..

  25. therez

    hi Olip.. hehe, gue sih kayaknya msh lama IVFnya, soale lihat respon kista tersayang ini dulu. klo mengecil dgn th Endrolin, baru renc kapan fresh cyclenya.
    Kt DSOG ku, jgn2 kamu PCO (PolyCystic Ovary). Udah tanya doktermu ttg kmungkinan km PCO?

  26. vie

    Hi..hi Therez… aku blm suntik2 nech, baru mulai synarel, jadi belom bertelor..hehe tq ya buat supportnya, gmn terapi endo kamu? semoga mengecil y atau bahkan menghilang d tu “herder”, hehe. aku juga di Bunda tapi sama Dr. Ivan. oya aku udah beli bukunya lohh, tapi blm sempat dibaca,,hehe. doain aku ya…karna bnr2an deg2an nech..hehe

  27. therez

    Hi Olip.
    Ini aku ringkas dikit dari yg kubaca + dari kata temenku yg dr obsgin..
    PCO=polycystic ovary=indung telur yg menghasilkan telur yang banyak tapi kecil2. penyebabnya bs genetik, mak tgg karbohidrat/gula, or stres. gejala bs timbul/tdak, mis: kelebihan berat, haid gak teratur, tumbuh bulu brlebihan,dll.
    obat tgantung kparahan, ada yg sjenis obat DM (peny kencing manis) or lgs induksi ovulasi (spt gonal, tp dosis lbh tgg).
    Lip, blom tentu loh Olip kena PCO. Tny aja dulu ke dr obsgin-nya. pas USG ketemu ovarium yg bsr (>9cm)+ folikel >10 telur gak? n prnah cek testosteron gak?

  28. therez

    Hi Vie..
    Herdernya blm ketauan gedenya ni. skrg aku lg pantangin indomie,MSG, pengawet dll, yg ktnya nge-gendutin ntu herder..
    Wah, OK bgt deh bukunya. “The secret” by Rhonda Brynes, best seller interntl+ sdh difilmkn. Intinya dia ngajarin “the law of attraction”, bhw kita bisa menarik segala yg kita harapkan dlm hidup. Ringkasnya, kita diajarin sll brsyukur, feel good, positive thinking, n BELIEVE THAT U’LL HAVE IT. Just trust that the universe will figure out how it manifest..
    OK deh, klo gitu selamat semprot2 ya.. hihi..

  29. Uly

    teman2, salam kenal, namaku uly, aku sdh pernah share pengalaman di website ini judulnya “pengalaman hamil diluar kandungan” .. udah 3bln ini aku sdg tidak melakukan tindakan apa2 utk mencoba .. aku ga pernah konsul apa2 lagi ke dktr, paling skrg yg aku coba adalh menghitung waktu subur aja ..

    tau niy, kok rasanya jadi kurang bersemangat lagi .. bingung mst berbuat apa .. bulan depan aku rencananya mau SHSS di dr. azen salim rspi, shss itu utk membuka sumbatan, cara kerja nya kurang lebih sama dng HSG cuma tidak menimbulkan efek dari x-ray, krn dpantau melalui alat USG. harus nya bulan ini tapi aku lg kehilangan semangat jadi nunggu bulan depan krn SHSS dilakukan di hari ke 10 – 12 stlh haid.

    baca komen teman2, semangatku muncul lagi .. mdh2an kita semua bisa mendapatkan apa yg sudah kita perjuangkan yah …

    GOD bless you all ..

  30. olip

    to therez:
    waktu ikut batab cuma tes : FSH,LH,prolactin,estradiol, kalo testosteron belum pernah di cek, kl ovarium itu=rahim bukan?? (maap kadang bingung istilah) kl iya emang waktu USG ketebalan rahim uda kayak org hamil trus jg ditemukan folikel lebih dr 10, kata dokter dikiranya aq salah nyuntik gonal or cairannya keluar lg (nyuntiknya kurang nekan), kutunggu jawabannya, thanks a lot

    + lagi ttg endometriosis: lap endometrium yg meluruh krn tdk ada pembuahan,nah mestinya meluruh keluar tp ini ta tentu arah jdnya nempel kemana2 trus penyebabnya bisa karna AKTIFITAS BERLEBIHAN, pas aq cocokin ama diriku kok pas, aq dl kl lg haid masi suka lari2 & main basket nah munkin dr situ awal endometriosis terbentuk, moga bermanfaat

  31. vie

    Hi Therez,
    iya tuh indomie,msg,bahkan ayam KFC katanya juga bisa gendutin si herder, kalo temanku blg malah org2 kaya qta (penganut endo) kudu makan beras merah segala, daging juga ga boleh bnyk2, bnyk bgt ya pantangannya, tapi kalo aku tanya ke dr, smuanya pada blg makanan ga ada pengaruhnya ama endo, bingung kan? hehe
    iya kata suamiku, bukunya bagus, malah dia yg udah baca duluan..hehe

  32. vie

    dear Uly,
    jangan patah semangat doong, kalo diri kita sendiri aja udah gak “bergairah” siapa lagi yang bisa membantu..karna diri kita sendirilah yang sebenarnya bisa membuat kita mencapai apa yang kita mau. apapun yang terjadi dengan kita (baik/buruknya) pasti sudah menjadi “yang terbaik” untuk kita krn Tuhan tidak akan memberikan kita cobaan yang kita gak mampu melaluinya.
    tetap semangat ya n jangan pernah menyerah…

  33. therez

    Hi Uli.. Untung yah ada Web ini, jd qta bs sharing n slg mnguatkan..
    Gue jg prnah kok hilang semangat, mutung n mogok periksa b’bulan2. Feels like the whole world is unfair to me.
    Trus g mikir, gak ada untungnya gue bmuram durja. Life’s still go on. Syukur kita masih dikasih hidup, syukur kita masih punya suami+ keluarga yg ngedukung, syukur kita masih dikasih kesempatan mencoba.. n masih bnyk syukur2 yg lain..
    So, now I just try my best to keep on fighting n believing.
    Kayak kata slh 1 anggt web ini, usaha pny anak ini kayak naik roller coster. Up and down, n we’ll never know what’s around the corner.
    So Uli, “down” sih wajar, tapi ayo dong “up” lagi..
    Kita sama2 berjoang yah..

  34. therez

    Hi Olip..
    Ooo.. Tnyata Olip ini atlit basket yah..hehe..
    Ovarium itu tempat produksi telur, adanya di kanan-kiri rahim, dia dihubungkan ke rahim via tuba. Folikel itu calon telur yg ada di ovarium.
    Nah, dicurigai PCO kalo bentuk kedua ovarium itu mbesar n berisi telur/folikel yg bnyk tp kecil2.
    Rahim yg tebal blm tentu PCO.
    Ok Olip, smg bguna.. salam buat Popeye.. hihii…

  35. therez

    Hi Vie..
    ‘Tul.. Tetap semangat n jangan pernah menyerah…(kayak pilem Laskar Pelangi)..
    SEMANGAAAATTTTT….!!!
    (Cuman.. gak bole makan daging n ayam KFC? hiks..:)

  36. vie

    Wah, wah, salut de buat Therez, kayanya pengetahuan kamu cukup banyak ya, buat masalah perempuan, hehe boleh ne, kalo aku ga ngerti nanya2 ke kamu…hehe
    bukannya gak boleh makan daging n ayam kfc, tapi gak boleh makan terlalu banyak/sering. jadi jangan sedih yeee, hehe

  37. therez

    Aku ini dokter.. heee.. akhirnya ngaku juga..
    6 tahun sekolah dokter umum + 4 tahun ambil spesialis anak.
    So, my life is dedicated to children but I haven’t got any of them..
    Ironis ya..
    Tp aku bukan SpOG, jd maklum ya klo gak semua prtanyaan bisa kujawab.
    Klo udah pada punya anak n mo nanya soal anak, baru lah kujawab banyak2.. itupun jangan di web ini ya.. nti “bayitabung.com” ganti jadi “bayiku.com” deh.. hehe, sorry mbak momod Yenny..

  38. vie

    Waaah, pantes aja kamu tauu bgt ama soal kesehatan,, praktek dimana? tar kalo aku udah berhasil punya anak aku ke ibu dokter satu ini aja de,,hehe
    oya tadi aku habis dari dr n telorku baru ada 3, dikit y? makanya besok mulai start gonal lgs 300, selama 4 hari stlh itu dicek lagi.
    hm,, emang jalan dari Tuhan suka membingungkan y? banyak orang2 gugur2in kandungannya, sdgkan kita2 yang ngebet bgt punya anak, susah bgt dapetnya…
    ga papalah yang penting tetap CHiayo…hehe

  39. therez

    Hi vie,
    Ya ‘tul.. Jalan Tuhan memang membingungkan.. Mungkin jg Tuhan mbikin aku jadi spesialis anak walau susah punya anak, supaya bisa ngeliat anak2 terus tiap hari, jadi bisa terhibur.. hmmm..
    BTW Vie, telornya 3 kan baru awal.. gak pa pa kok, nanti pasti bisa banyak klo udah gonalnya 300U.
    SEMANGAAAATTT !!!!!

  40. vie

    Hi Therez,
    sebenarnya ketemu anak2 kecil mang menyenangkan, walopun bkn anak sendiri, tapi kalo ngeliat tingkah mereka, kayanya bisa buat qta ketawa. hehe
    kemaren sblm ikutan program BT, aku juga kerja di linkungan anak2, n skrg udah gak…sedih n kangen juga si, tapi demi…berusaha buat punya anak ndiri ya gpp d..hehe
    aku udah mulai suntik2 loh, gak sakiit loh ternyata..
    iya nech,kudu tetap SEMANGAAAT, Semoga qta smua bisa berhasil ya, mendapatkan baby,,hehe

  41. Ayu

    Hi therez, kenalan dong, aku ayu, mo nanya ya, knapa kamu gak ikut BT di Yasmin aja? apa pertimbangan kamu untuk ikut BT di BIC? Soalnya aku baru gagal ni ikut BT di YAsmin ma dr budi, tapi kalo prosedurnya sih gak ada yang salah dari dokternya, malah bagus banget menurutku. Aku ikut fresh & thaw cyle belum berhasil semua….. mungkin belum waktunya kali yaaa. Aku juga “penganut” endo nihhh…. sekarang masih ada kista endo di ovarium kiri 2 cm, tapi sekarang aku masih belum berani ke dokter utk usg lagi. aku juga bingung mau ngapain? sambil nabung ngumpulin doku lagi, baiknya ngapain ya biar endo ga makin gede?

  42. Mulia

    Dear ibu Dr.Therez SpA… saya mo tanya2 soal kesehatan bayi, boleh ngak sih? Pertanyaannya dikirim email apa? Kalo bisa sih pengennya konsul lgsg nih bawa Wayne yach spy afdol gitu dech. 🙂 Oiya di catatan medik riwayat kelahiran wayne ada ditulis nilai apgar 9/9, itu artinya apa sih? Soalnya saya ngak ngerti & dktr jg ngak ada jelasin. Thx b4.

  43. Lia

    Hai kak mul, selamet ya…Kalo boleh aku mau ngsh tau arti skor APGARnya, karna kebetulan aku juga di psikologi belajar soal anak2,hehe…Tes APGAR itu adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui kesehatan bayi. Angka 9 berarti baby Wyne lahir dalam keadaan yang sehat dan prima.

    Buat ci therez, maaf kalo melangkahi, mungkin jawaban aku masih kurang tepat. Silakan bu dokter…hehe…

  44. therez

    Vie.. emang suntik ndiri gak sakit kok.. di”suntik” suami juga gak sakit kan..hmmmm.. enak malah.. heheheh.. 😉

  45. therez

    Hi Ayu.. welcome to the club.. prtimbangan ikut BT di BIC sih hasil survey kecil2an di bbrp temen SpOG. Tp sbnernya mnrtku sama aja sih mo ikut dmn aja.
    Yu, aku jg sempet ngulur2 kontrol endoku, eeeh trnyta prkembnya cpt bgt. dari yg cm bercak2, dlm 6 bl dah kista3cm. so, mending kontrol d. SpOG bisa kasih GnRHa (tapros/endrolin/suprefact,dll) buat ngecilin kista.
    Yg bisa kita buat? Duh, penelitian ttg penyebab endo aja smpe skrg jg blm jls. Makanan tgg lemak, MSG, polusi,dll. Rasanya intinya pola hidup sehat aja deh. (aku ndiri blm bisa total njalanin,.. susah bo..huhuhu)

  46. therez

    Dear mama Wayne..
    Bole2 aja kok konsul.. ke therezdaton@yahoo.com aja..
    YAk..100 buat ibu Lia SPsi..
    Apgar mmg tes pada bayi baru lahir di menit I dan ke-5. (9/9= menit I nilai 9, menit ke-5 nilai jg 9). Nilai trtinggi sbnarnya 10, artinya dr prnapasan, jantung, reflex dlm bts normal. Tp diatas 8 pun sdh dianggap normal.
    So, pasti Wayne sehat banget ya.. Ntar klo udah gede mesti dicritain gimana prjoangan mamanya..
    Skali lagi slamat ya Mulia, n minta doanya terus buat kita2 yaaaa…

  47. olip

    hi all..buat pengetahun jeng jeng aja:
    baca sindo hari ini(halaman internasional), di India banyak bermunculan klinik bayi tabung murah -/+ Rp.44 jt, banyak yg menyediakan donor telur, bagi pendonor di beri imbalan Rp.7jt an…, ada yg bersedia meminjamkan rahimnya, dll, silahkan buka web sindo tgl 23 Okt 2008

  48. therez

    Hi Fenny.. Aku ini bukan spesials kbidanan, tp dktr anak yg blum beranak.. hehe..
    Jd soal byi tbng aku pun msih prlu blajr bnyk, soale aku br mo mulai prgrm sktr jan/feb (lg nunggu respon kista endo yg msh diterapi).
    Tp klao Fenny tnya soal nyeri stl ET, mgkin aku bs jawab.
    Ada 3 kmungkinan Fen. Prtama, mungkin akibat rangsangan di rahim. Kan prosesnya pakai kateter yg dimasukkan smp dalam n bs jadi merangsang bag dalam rahim unt bkontraksi.
    Kdua, ada kmngkinan tanda2 hiperstimulasi.Tanda2nya selain perut kembung, badan bengkak, BAK sedikt, n bs sampai sesak/pusing2.
    K3, hati2 ada kmungk infeksi. Tp yg ini biasanya ada td2 lain, mis demam, kemerahan di perut, keputihan, dll.
    So, untuk pastinya mending Fenny tanya ke dokternya ya. Mudahan sih cuma krn rangsangan. Atau malah jangan2 rangsangan embrio yang mulai tumbuh di rahim.. aminnn.. semoga ya fen, pasti kudoain berhasil deh..
    Ditunggu kabarnya ya..

  49. Fenny

    thks ya therez, td pagi aku br aja ke dokter lagi, tanya soal perutku itu, katanya sama seperti yang Therez bilang, itu namanya hiperstimulasi, karena adanya pembesaran indung telor atau karena peningkatan hormon, ga masalah, selama ga sampai sesak napas. hari ini aku jadwal suntik penguat rahim yang ke dua dan ambil darah. next week baru cek urine nya..mudah2an positif ya..dah pengen banget deh ngerasain jadi ibu hamil seperti gimana …he.he..mudah2an therez juga berhasil ya..never give up..karena Tuhan itu maha kasih dan tahu apa yang terbaik buat kita.

  50. therez

    Buat Olip n jeng2 lain..
    Mnarik jg tuh BT di India.. Ntar pulangnya kita bisa jago nari2 di tiang.. hihi..
    Skdar share, aku jg prnah baca di slh 1 majalah kdokteran. Skrg lg dikembangin metode BT murah, sktr Rp 20 jt/siklus! Tp baru tahap penelitian. Katanya sih peneltian ini mmg ditujukan buat neg2 bkemb.
    Duh, mudahan hasil penelitiannya cpet launching ya…

  51. therez

    Vie.. Gmn kbr telur2nya.. udah banyak kan? Kpn OPUnya nih.. ditgg kbrnya yah..
    Kmrn aku baru USG. Tnyt kista endoku berespons dgn terapi endrolinnya.. thanks God.. Mengecilnya dikit sih, dari 3cm jd 2,5 cm. Tapi itupun sdh memberi angin segar bagi jiwaku yg gersang ini.. halah bahasaku..
    Bln dpn mo dilihat lagi kistanya. Klo mengecil 1/2 cm lagi baru mo mulai cyclenya. Kt dr, gak usah samp hilang sama skl, soale yg penting mengecil. Trus ntar pas OPU bisa skalian disedot.
    Doain herdernya pergi ya.. hehe..

  52. Lia

    Halo kakak2ku semuanya, aku ikutan lagi dong. Aku udah ketinggalan jauh nih n nggak ada lagi yg mau bahas tntg mslh2 psikologis,hehe….Wah slmt ya ci therez, mudah2an lancar trus. Mgkn karna positif thinking n banyak nonton film2 lucu ya, makanya ada kemajuan,hehe…Aku doain mudah2an lancar terus n cepet brhsl ya, tetep positif thinking n jangan patah smangat,hehe…

  53. therez

    Tq ya Lia. iya ngkali ya, gara2 nonton film2 lucu n baca buku2 bagus. eh aku jg dah baca Laskar pelangi. sama bagus sm filmnya, apalagi yg bagian ke-2+3 triloginya. pesannya cocok buat yg lg bayi tabung: JANGAN PERNAH MENYERAH !
    Kabar baik 1 lagi, kmrn aku iseng cek ACA-ku, trnyata negatif lho.. wah senangnya.. padahal 2 th lalu ACA-ku positif terus2an, ampe hopeless ngobatinnya..

  54. Lia

    Btw, apa itu ACA? Apa artinya kalo negatif? nggak mudeng,hehe…bagus deh, aku juga seneng banget neh dengernya, jadi banyak kemajuan,hehe…tetap smangat ya…

  55. therez

    ACA ini Anti Cardiolipin Antibody. Adanya makluk ini mbikin darah kita kental, akibatnya predaran drh di rahim jg krg bagus. Ujung2nya janin jd susah nempel deh..
    Aku jg gak tahu knp tiba2 ACAku bs negatif. Pdhl dulu brobat2 samp jutek gak sembuh2. Aku udah gak minum2 obat pengencer darah samp kira2 1 tahun.
    Kmrn iseng ngecek ACA, soale kan kupikir skalian nunggu program BTnya biar bisa minum obat pengencer darah dulu. eeehh..Tnyt negatif, jd skrg tenang2 aja nunggu mens lg unt lanjutan programnya.
    Yap, pasang chanel positive terus di kepala ya friends…

  56. therez

    Buat para pembaca or calon pembaca The Secret.. Buku ini bagus banget buat kita yang mo program.
    Aku kutip dikit kata2nya ya..
    “Putuskan saat ini juga apa yang anda inginkan. PERCAYA bahwa anda akan mendapatkannya, PERCAYA bahwa anda pantas untuk mendapatkannya. Pejamkan mata anda dan bayangkan Anda telah mendapatnya. Rasakan perasaan bahwa anda sudah mendapatkannya. Lalu ingatlah akan apa yang telah Anda dapatkan. Bersyukur atas apa yang sudah anda terima. Lalu jalankanlah hari2 Anda dan lepaskan segala pikiran pada semesta. BELIEVE THE UNIVERSE WILL FIGURE OUT HOW IT MANIFEST.”
    Hmmm… Aku jg lagi brusaha njalaninnya nih.. Any comments?

  57. retno

    Hai Therez..kata2nya bagus loh bisa buat motivator kita yg mo program bt.Emang sih kita hrs positif thingking suatu saat kita pasti akan dpt yg kita inginkan..cuma tinggal tunggu waktu aja kali yaaaa..
    Btw kalo gw mo tes ACA dimana ya apa di prodia bisa n brp biayanya..anyway thanks!

  58. Iva

    Hi Therez,pa kabar?

    Oh kamu dl ada ACA ya? kamu selama ini minum obat apa?
    Aku sebenernya agak bingung n gak ngerti masalah ACA ini,kemaren wkt fresh cycle ku gagal,aku bilang ke dr.Indra apa aku perlu test ACA,jgn2 embrio ogah nempel krn ACA ini,tp menurut dr.Indra gak perlu katanya test ACA dilakukan kalo kita udh pernah hamil tp selalu mengalami keguguran terus,nah kasusku kan aku emang belum pernah hamil sama sekali..jadi aku cuma dikasih obat ASCARDIA 80mg buat ngencerin/ngelancarin peredaran darah,aku minum udh 1.5bln ini
    Yg aku bingungin dl th 2005 aku pernah uji kibrik sama dr.indra mansur dan hasilnya tinggi bgt alhasil aku disuruh PLI 7x (kalo gak salah ya,lupa udh lama sih) tp aku langsung cari 2nd opinion ke prof.nukman muluk n’ dr.indra anwar jg..dua2nya bilang kalo uji kibrik ini teori yg udh lama sekali ditinggalin alias udh kadarluarsa bgt deh,udh gak ada yg make lagi, di Indonesia katanya yg make cuma 1org aja yaitu dr.Indra mansur itu..so,aku batal PLI deh
    Therez,aku mau nanya nih ACA ma ASA tinggi(yg harus PLI) itu sama gak sih..trus aku minum ASCARDIA gak pa2 ya kan aku gak tauk hasil ACAku gmn?

    Oya syukur deh kalo ACAmu dah negatif..aku jadi pengen beli buku The Secret nih buat ntar nemenin hari2ku setelah ET..hehe..
    Thx alt ya dr.Therez..GBU

  59. therez

    Hi Iva.. Emang soal ACA& ASA suka mbingungin. Aku jg stl browsing+ tanya temen2 obsgyn-ku baru rada ngerti.. Hehe, makslum, namanya jg dokter anak, di dunia anak2 gak ada tuh ACA-ASA dll..
    Jadi ACA & ASA itu sama2 antibodi, yaitu suatu zat yg bredar dlm darah. Efeknya beda2.
    ACA mbuat darah lbh kental dr normal. Efeknya bs mbuat keguguran, krn janin susah mndapat makanan dr darah krn darahnya kental. Efek ke2, yaitu mengakibatkn kesulitan pnempelan janin. Teorinya gini.. ibaratnya rahim itu sawah, kan perlu diberi air, nah krn darah kental jd ‘pengairan sawah’-nya jg gak bagus.
    Nah, buat yg infertil, obatnya emang cuma pengencer darah alias ASCARDIA. Obat ini relatif aman n gak ada efek samp walau dipakai jangka panjang. Makanya mngkn dokternya Iva ‘potong kompas’ langsung kasih obatnya tanpa periksa dulu, krn toh obatnya bakal itu.
    Dulu pun aku dapet ascardia n kontrol b’bulan2 ke dr hematolog. yg dicek bulanan mmg bkn ACA-nya, tp pemantau kekentalan drh lain (fibrinogen, PT,aPTT, dll). Tp stl b’bulan2 capek periksa, aku stop sndiri kontrol+minum obatnya. Stl 1 tahunnan n mo mulai program BT ini baru aku cek ulang ACAnya aja, tnyt dah negatif tanpa minum obat apapun. Emang katanya sih ACA itu tgantung kondisi badan. Penyebabnya samp skrg gak ketahuan, tp diduga (lagi2) krn stres.
    Soal ASA? Yg aku denger jg sama dgn yg Iva denger. Udah jarang banget dokter yg menganut teori ini. Ini krn bnyak penelitian n survey yg mbuktikan tdk ada pengaruh ASA thd kehamilan. Apalagi buat yg mo BT, kan sprma disuntikkan ke dlm telur, trus ditumbuhin jd embrio di luar badan, jd gak kena pngaruh antibodi yg bredar di bdn kita. Klo udah di-ET, antibodi gak akan mnjangkau or menolak embrio, krn ASA itu antibodi antisperma, bukan anti embrio. Dokter obsginku jg meyakinkan klo gak usah pusingin soal ASA.
    Tp klo ngomong gini ke yg penganut ASA, biasanya sih ada aja sanggahannya. Jd intinya tgantung keyakinan masing2. Toh pada akhirnya apapun teorinya, minumnya teh botol sosro.. oops.. maksudnya apapun teorinya, yang DiAtas yang menentukan..
    Buat Retno, ACA bisa dicek di Prodia, gak pake puasa, hasilnya 1 hari, harga skrt 500rb-an.

  60. therez

    Hi TS Icha.. Aku jg pingin tuh akupuntur, cuma blm sempet2 aja. Akupuntur emang udah tbukti mningktkan kberhasilan IVF. mau dong telpnya, ntar imil2an ya..

  61. Iva

    Hi Therez,thx bgt ya penjelasannya..aku skg jd lebih ngerti neh..hehe..
    Oya therez mau nanya lagi boleh ya? (aduh sori ya nanya mulu..hihi..)
    Kalo peredaran darah gak lancar/darah kental gt bener gak sih tanda2nya di badan kita suka ada lebam2 biru kalo kata orang tua zaman dl kayak digigit setan..wuih,serem amat yak??hehe..
    soalnya kemaren wkt aku akupuntur,dr akupunturku ngomong gt..bener gak ya?seingatku,aku emang sering bgt biru2 sejak gadis malah..

    Ok Therez,thx ya sebelumnya..

  62. retno

    Hai Iva..sama thn 2005 dulu aku pernah uji kibrik di YPK (kmrn iseng bongkar2 file periksa dokter)ternyata emang ASAku tinggi dan hrs PLI 3x.Dulu konsulnya ama dr Yulianto di rs mitra tp dia jg diem aja gak nyuruh periksa.Apa mungkin krn sebab ini ya kmrn program btnya gagal.
    Eh aku jg suka biru2 di badan apalagi kalo kecapean, waktu suntik2 pertama dulu biru, trus waktu akpntur juga biru2 tp gpp kata dokter entaran jg hilang.

    Ok deh..smoga sukses yah..cu!

  63. therez

    Hi Iva..
    klo sering biru2 itu hubnya sama jaringan pembuluh darah yang agak rapuh. gejalanya emang sering gampang biru klo kepentok or ketusuk ringan. gak pa pa kok, sama kayak orang yang kulitnya sensitif aja. gak ada hubnya sama kekentalan darah, or kegigit setan.. hiiiiiyyy serem banget mbayangin digigit setan yah.. (digigit drakula lebih serem lagi kale.. kikikik..)

  64. therez

    Hi retno.. ah, kan udah dibahas di atas, ASA itu tidak terbukti sebagai penyebab kegagalan bayi tabung..
    Penelitiannya ada tuh. 2 kelomp ibu hamil dibandingin. yang satu kelompok ASAnya positif, yang kel 2 ASAnya negatif. ternyata angka kegagalan bayi tabungnya sama aja tuh. jadi gak usah pikirin deh soal ASA. (wah, tapi klo comment ini dibaca para penganut ASA, bisa2 aku ditimpukin nih.. hihi..)
    aku sih lebih percaya dgn teori yg sudah terbukti dari penelitian ilmiah skala luas aja, dibanding pengalaman 1 per 1 orang. klo “si ini or si anu brhasil stl PLI”, itu sih sama dengn “si ini brhasil stl minum daun jambu or si anu brhasil stl makan bawang” ,bla bla bla.. itu namanya pengamatan empiris, bukan ilmiah. huh kesannya sok banget ya, tapi itulah pendapatku, terserah yg lain.
    tapi lagi2 semua trgantung kyakinan. bisa aja krn keyakinannya kuat slm mnjalanin PLI, akhirnya pikiran positif itulah yg mendatangkan kehamilan. Bisa aja kan.. semua tergantung alam semesta..
    so retno, I’m really sorry about your last experience. tapi aku yakin, retno pasti udah semangat lagi njalanin yg berikut, n bisa nglupain yang lalu. Yang kemarin itu bukan gagal tapi ‘belum berhasil’.. yg berikut pasti berhasil.. amin..
    ok d, good luck ya ret..

  65. therez

    LASER HATCHING, dah pernah ada yg denger? Teknik ini adalah upaya memperbesar kemungkinan keberhasilan bayi tabung. Caranya menipiskan sebagian ‘kulit’ embrio sebelum ditransfer ke rahim. Tujuannya biar gampang nempel gitu…
    Aku baca adanya di Sing. ada yg prnah dngr di Indo? Oya, aku prnah baca commentnya Ayu, katanya di Yasmin bisa yg assisted hatching ya? itu sih di BIC jg bisa, soalnya sama2 ditipisin, tapi yg ini secara mekanik, bukan pakai laser.
    Aku tanya2, katanya cuma buat yang pernah BT tapi blm brhasil krn kesulitan penempelan.
    ada gak ya lem buat nempelin janin.. hehe..

  66. novita

    mb therez..slm kenal..aq mau nanya nih..kan dikasih lutenyl sama dr Indra spy mens,eh stlh 4 hari obat habis kok mens gak keluar2 yha,pdhl kl diksh cycloprogynova 4 hari lsg keluar,knapa yha mb,pdhl stlh mens dah lsg bt jd gak sabar nih mbak..

  67. therez

    Novita, cypro-progin mmg obat hormon yg bs lgs mbuat mens. lutenyl agak lain kerjanya. bs sih ujung2nya bikin mens, cm mungkin agak lama. aku gak tahu alasan pmberian lutenyl oleh dr indra,mungkin ada alasan lain, bkn cm spy novita mens.
    Sabar deh nov, or cb aja laporan ke dr indranya. emang dia gak kasih no hp?

  68. novita

    dear therez,iyha emang aku susah mens kl gak diberi obat hormon, ktnya hormonku low normal semua, mknya disisa telur2ku yg tinggal dikit aku mau berjuang utk ikut bt, kt dokter sih ini lsg progesteron jd tinggal meluruhkan mensnya..kl cyprogynova ada estradiolnya juga,apa mungkin krn estradiolku rendah jd tetep aja gak bisa mens yha???

  69. therez

    Nov, progesteron emang mmbantu mluruhkan mens. Mens itu diluruhkan dari jaringan dalam rahim yang namanya endometrium. Nah, endometrium itu harus tebel dulu spy bisa meluruh. Spy bisa tebel perlu keseimb hormon lainnya spt estradiol yg di cyproprogin. Sorry, emang Novita umur brp?

  70. therez

    Buat Olip + Lisa +Mulia yg punya pengalaman batuk2 sml proses BT..
    Sorry, kayaknya aku baca obrolan temen2 di slh 1 posting tp lupa dmn, jd ku comment disini aja ya..
    Batuk selama hamil/ proses BT bs krn hormonal, bs jg infeksi kuman. Jd klo tanda radangnya jelas dulu baru dikasih antibiot. Antibiot kan ada kelas2nya, namanya Pregnancy safety index, jd tenang aja klopun dpt antib pasti udah dipilih yg plg aman.
    Obat batuk yg aman buat hamil or proses hamil paling yg mngandung pengencer dahak aja, mis OBH.
    Oya, nama obat yg mirip2 Mulia punya itu RHINATIOL PROMETAZIN.

  71. novita

    @thereZ@ aku 33 th gejala fsh tinggi ampe 18 pernah 22 jg,aku udah punya anak usia 8th,wkt conceived dl cpt bgt cuma 1bl kosong skrg kok jd diminishing ovarian response,what happen with my body yha???pernah ditolak aucky gara2 kasus td..skrg di bic ama dr Indra krn beliau lbh optimis,aku dah down duluan kl dokternya gak respon…skrg mau lsg bt aja krn udah pernah gagal insem and dah 5th ngg..skrg lagi rajin minum suplemen and akupuntur..yg terakhir ngg menses nih untuk mulai program..

  72. eka

    hi mb therez..salam kenal yah bu dokter… aku tertarik sama tes kibrik yg mb therez blg, coz aku jg pernah cek kibrik hasilnya aku hrs PLI. Yg aku mo tanya, kira2 ada gak yg udah berhasil hamil (lewat BT or normal )dgn kondisi ASA yg tinggi?
    “Penelitiannya ada… 2 kelomp ibu hamil dibandingin. yang satu kelompok ASAnya positif, yang kel 2 ASAnya negatif. ternyata angka kegagalan bayi tabungnya sama aja. Tp bgmn dgn tingkat keberhasilannya? matur nuwun

  73. therez

    Hi Eka, welcome to the club.. Penelit yg aku critain itu mmg ditujukn unt mbandingkan tingkat kegagalan, krn adanya isyu ASA tinggi mningkatkn kegagalan BT. klo tngkt kebrhasilnnya sih sama aja spt tingk kberhasilan BT rata2, yaitu 30%.
    TTg pengalaman BT dgn ASA+, ini aku kutip commentnya Yuika, slh satu aggt web ini yg brhasil BT (cb tny2 orangnya di postingan Yuika di katgri Berhasil Hamil):
    “Buat teman2 yang masih ragu untuk BT karena masalah antibodi sperma. Ga perlu ragu lagi karena saya juga ada masalah antibodi sperma, tapi fresh cycle bisa nempel dan sekarang juga sedang hamil pada thaw yang ketiga… “

  74. therez

    Hi Novita.. hmm.. kita samaan lho 33th.. tp aku belum seberuntung kamu yg udah punya 1 anak.. yah, mudahan program ini brhasil.. kamu jg ya, biar si kakak cepet punya dede..
    Setahuku diminish ovarian respons gitu bisa ditangani kok dgn BT. tp mmg dosis gonalnya mungkin prlu lbh gede. bisa sampai 750 UI, tgt respon telurnya.
    kenapa body bisa men-diminish ova respon-nya, yg ini aku gak bisa jawab,.. mmg hny yg di ATAS yg tahu,. Yg jelas mmg kasusnya jarang tjd di bwh umur 35 th.
    yah.. mudahan si jeng Mensy cepet nongol ya, biar Novita bisa cpt mulai programnya..

  75. Novita

    Dear therez dan tmn2 lain yg kasusnya sama ama aku,kmrn aq nekat konsul ke dr indra di bic,knapa kok blm mens?pdhl lutenyl dah hbs 7hr yg lalu jwbnx krn estrogenku rendah jd kira2 mgg dpn br mens meski endometriumku kt dokter sdh tebal. Therez kt dr indra stlh mens hr kedua aq cm disuruh minum sheropene aja hr ke 5 br disuntik gonal itupun ktx cm 150 aja krn u kasusku dirangsang bnykpun telurku segitu2 aja krn udah bwan tubuhku so namanya semi natural ivf,jd biayanya 50% lbh murah dr ivf biasa,stlh itu opu dan et seperti biasa,u kasusku kt dokter lbh cpt ivf lbh bgs krn kualitas telur u wanita yg umurnya dibwh 35 lbh baik meski jumlahnya dikit dibanding yg jumlahnya bnyk tp sudah berumur tp yha yg bgs lg kalo masih muda telurnya bnyk he2..btw therez seumuran aq juga yha,kl mslh kepuasan memang deh manusia itu nggak pernah ada puasnya,aq aja kl dah ditinggal suami kerja,anak fullday school udah lonely some..timbul pikiran knapa yha kok gak hamil2 lg jdnya mlh kurang bersyukur sama Tuhan, mknya aq skrg coba ikhtiar dan bersabar aja,oia semoga ibu dokter Therez sukses dlm menjlnkan semua program btny yha,semangat..

  76. therez

    Hi novita.. ya, serophene mmg obat minum yg mirip gonal,buat mrangsang telur. Syukurlah umur kita masih berkans tinggi unt keberhasilan BT. segalanya emang patut disyukuri kan..
    Blajar brsyukur itu mmg susah-susah-gampang.. aku kadng suka nangis2 sndiri ngrasa lonely kayak Novita. rasanya kok punya anak susah beneeerrr.. tapi klo dpikir2, banyak hal yang bisa disyukuri kok. suami, keluarga, kerjaan, dll.. Tmasuk ksempatan ikut BT ini ..
    Novita jg syukur kan kata dokter biar telur dikit tapi kans berhasil BT masih gede..
    OK.. good luck ye…

  77. vie

    Hi Therez… apa khabar? seneng bgt denger herder kamu dah mengecil, selamat ya, semoga lancar2 aja semuanya…
    udah lamaaa bgt gak gabung di web ini, kangen bgt d…krn kmrn2 ini aku banyakan tidur, abisnya bawaannya ngantuk mulu…mumpung jadi ratu, semuanya serba dilayanin…jadi hawa malesnya nongol…hehe
    sekarang aku sedang masa2 penantian…tgl 12 bsk jawabannya…doain ya
    oya aku opu tgl 27 okt n yang berhasil diambil cuma 4 (dari 6 telur, dqt bgt ya) tapi yang berhasil terbuahi cuma 3 dgn hasil good, oya pas opu aku baru sadar hampir 2jam, hampir aja disuntik supaya bgn, tapi pas obatnya lagi diambil di apoteknya, suamiku bisikin aku suru cepat bgn kalo gak mo bgn tar disuntik lagi loh…e ternyata berhasil n aku lgs sadar, alhasil obatnya dibalikin…hehe n et-nya tgl 30 okt kmrn, 3hari kmdian disuruh periksa e2 n disuntik, tapi karna hasil e2-ku diatas 600 n dianggap stabil ama dr-nya jadi disuruh suntiknya (pregnil) pada hari ke 5 setelah et, itupun disuruh sore hari (jam 18.00). selama ini aku gak ada keluhan apa2 si, cuma terkadang perutnya berasa panas or berasa kaya dicubit2 kecil n jadi suka pipis , normal gak ya? selama nunggu hasil ini, aku cuma pasrah aja, gak terlalu mikirin juga c, aku cuma yakinin ke diriku sendiri, apapun hasilnya nanti, itulah yang terbaik untuk aku saat ini…
    doain aku ya…

    @Itha apa kbr? udah sampe mana proses BTnya…

  78. vie

    Hi Therez…
    sorry ada yang kelupaan…
    aku mo tanya, sebenarnya e2 (estradiol) itu apa ya? karna aku tanya ke org prodia, katanya e2 itu gak ada patokannya karna setiap org beda2, bener g c? karna aku baca dari pengalaman Zahra, e2 dia 1000 lebih dinyatakan udah drop bgt, sdgkan e2 ku diatas 600 (aku lupa e2 ku, angka pastinya brp, yg pasti dari sblm opu n et e2 ku sekitar 600an)masih dianggap stabil…bingung d kalo jadi orang awam kaya aku yang gak ngeti ttg medis…hehe tq ya Ther…

  79. Iva

    Dear Therez,jumpa lagi..hehe..

    Spt biasa aku mau nanya lagi neh,boleh dong..hehe..
    Kemaren ini aku diminta sama dr.akupunturku untuk tes darah INR katanya untuk ngeliat darahku kental or enggak? hasilnya nilainya 1.32 yg menurut dtr ku itu termasuk kental (nilai normalnya 2 s/d 2,5)
    Emang INR itu apa sih Therez? maksudku emang bisa jadi rujukan kalo aku emang mengalami kekentalan darah? trus kalo tes ACA itu apa dites INRnya jg? (maklum bener nih kata Vie,org awam susah gak ngerti ttg medis..hehe..)

    Thx bgt loh Therez (punten ya nanya mulu nih aku..hehe..)

  80. Lia

    Hai ci vie,baru nongol lagi…emank uda lumayan lama ya nggak comment di web…Lagi menghitung hari dong ya buat tau hasilnya, tinggal 2 hari lagi. Semoga positif ya, kalo bisa kembar sekaligus,hehe…Ditunggu lho kabar selanjutnya,hehe…

  81. vie

    Hi Iva…
    tq ya buat doanya…
    Iva uda program BT or baru mau? mang susah ya, kalo qta gak ngerti ttg medis, yang ada jadi ingung ndiri…hehe

  82. vie

    Hi Lia, iya nech udah lama bgt, kena sindrom males ama keasyikan maen wii, hehehe hbsnya cuma di kamar mulu si…
    iya ne lagi ngitungin hari mulu makanya jadi suka nyanyi lagu KD yang menghitung hari…hihihi tq ya buat doanya…semoga besok hasilnya menyenangkan de…amiiin

  83. itha

    hai Vie…
    kalo dipikir2 km barengan ama velia lho..due datenya..cm krn velia kena ohss parah kemarin n opname dah hampir 4 harian dan walau dah di infus albumin berkali2 tetep kembung aja,dokter langsng tes darah dan bener velia dinyatakan positif.
    terakhir dia sms aku hcgnya 169..termasuk tinggi yah..duh kita ikut seneng….ya semoga aja kita ketularan yah vie..

    Sukses buat kamu yah besok….terima raportnya..hehhe

  84. mery

    Hi Vie, seneng banget denger proses BT kamu lancar semuanya. Semoga hari ini juga terima kabar baik dari kamu…Sukses ya Vie, semoga berhasill. Ntar kabarin loh..GBU

  85. mery

    Dear Itha, seneng banget denger kabar Velia berhasil hamil dan bhcgnya juga tinggi, semoga aja kembar yah. Dan Itha juga semoga ketularan Velia..Good Luck ya ta.GBU

  86. therez

    Vie.. estradiol itu hormon cewek yg srg dicek unt lihat fungsi reproduksi. Kadarnya beda2, tgantung kita lagi dalem tahap apa. Mis pas mens <50, pas bertelur naik bs samp 2000, trus pas ovulasi (keluarnya telor) bs drop ke-100-an, trus bs naik lg pas pkemb janin n btahan stabil samp mlahirkan. Nnnnah.. mangkanya dokter blg e2 Vie stabil, sapa tahu tanda2 jadi nih….
    wah Vie, skrg kan dah tgl 12 neh.. buruan kabarin hslnya yaaa..

  87. therez

    Iva, INR itu interntl Normal ratio, biasa dipakai unt lihat kekentalan drh sampai sbatas mana. Bs jg unt evaluasi hsl terapi. Nah, klo ACA itu diceknya awal aja, unt lihat “biang keladi” pnybab si darah jd kental.
    So, mestinya sih Iva dicek ACAnya dulu, klo emang pos, baru deh lihat INR (keparahannya) sampai semana.. INR 1,2 mnrtku gak tinggi kok, kan normalnya 2…

  88. eka

    hi therez boleh gak nanya..
    tanda masa subur itu kan salah satunya keluar lendir kental panjang. Nah aku kan td pagi keluar, itu tanda telorku matang/lepas? jd sebaiknya “campur” pas sebelum keluar lendir td atau setelah keluar alias malamnya?
    tengkyu ya dr therez

  89. Lia

    ….INVITATION…
    Hai all….Untuk lebih mempererat hubungan pertemanan n dukungan, skaligus biar bisa share bareng, hari sabtu ini tanggal 15/11/2008 ada acara ketemuan di Mal Taman Anggrek, Jak-bar jam 11. Di sana bakal ada beberapa anggota web bayi tabung, ada mulia, imel, alida, herny, dll (termasuk lia donk,hehe…). So, temen2 yang laen, ayo ikutan gabung juga…For info or confirmation hub lia (florent_imut@yahoo.co.id)atau mulia ya…ditunggu lho kabarnya, sblm hari H ya….Thank’s….

  90. vie

    Hai Therez, Merry, Itha, Iva, Lia…
    Aku haamiiilll, hasil test urinku positif…test hcgku 678,1 n kata drnya kemungkinan kembar tapi aku baru usg 2 minggu lagi…doain ya supaya semuanya berjalan lancar… bener2 merinding pas dengernya…suamiku teriak2 tanpa sadar di Rs.Bunda, n qta berdua bener2 terharu ngedengernya…semoga kebahagiaanku ini nular ya ke kalian semua..amiin

  91. Imel

    Hai Vie…
    Selamat ya… Wow itu tinggi banget nilai bhcg kamu.. Bisa kembar tiga tuh. Seneng banget aku dengernya, semoga berlanjut terus sampai melahirkan yaa… amiin. O iya kamu di Bunda sama dokter siapa?

  92. itha

    hai vie…
    aku dah nungu2 kabar kamu dari kemarin…SELAMET yah Vie…kita ikut seneng banget denger berita kamu ini..
    Bt yang pertama dan langsung berhasil kembar lagi…
    sekali lagi SELAMet ya….akhirnya kamu bisa berhasil hamil yah dengan perjuangan…..
    semoga nular ke aku yah..soalnya aku jg cemas2 nih…mau tanya dong vie, kamu stelah ET kerasa apa di bawah perut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *