Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Mulia

Berikut ini adalah pengalaman Mulia dalam menjalani program bayi tabung. Pengalaman sebelumnya dapat dilihat di link ini. Terima kasih Mulia atas sharingnya…

Saya menjalani thaw cycle pada Januari 2008 (setelah fresh cycle gagal karena dua janin tidak berkembang sehingga harus dilakukan kuretase) :

Beberapa hal yang saya lakukan terlebih dahulu 3 bulan sebelum menjalankan thaw cycle adalah makan folic acid 5 mg sehari satu tablet, minum susu segelas setiap hari (yg saya minum sich susu kalsium), akupuntur 2x seminggu, detoks selama 3 hari dan dilanjutkan diet dengan minuman organic.  Hasilnya berat badan jadi turun 9 kg dalam waktu 2 bulan. (Berat badan saya naik hampir 10kg selama menjalankan program fresh cycle awal Juni’07 sampai saya hamil selama 8 minggu, kemudian dikuret dan dilanjutkan makan ayam arak setiap hari sampai 3 minggu.  Wah rasanya badan semuanya berlemak, jadi cepat lelah dan nafas juga gampang sesak) .

Pada tgl 16 Jan’08 (hari ke 12 mens) adalah jadwal pertama saya jumpa dokter untuk USG, lalu dokter memutuskan oke untuk langsung menjalankan penanaman frozen embrio, jadi sore hari saya disuntik ovidrel.
Kemudian tgl 17 Jan’08 sore hari saya dijadwalkan USG lagi untuk dilihat apakah sudah terjadi ovulasi. Akhirnya dokter memutuskan embrio transfer dilakukan pada tgl 20 Jan’08 (hari ke 16 mens).  Intinya proses thaw cycle saya sangat praktis & simple banget…
Padahal sebelumnya saya sudah tanya2 dulu kepada pasien2 lain yang pernah thaw katanya sebelum ET ulang biasanya akan diberikan dulu suntikan selama sebulan & makan obat progynova.  Mungkin seperti yang pernah Yenni bilang kalau treatment tergantung dari kondisi masing2.

Setelah ET, saya juga tidak merasakan sakit bangeeettt seperti ET pada fresh cycle jadinya agak enjoy & badan juga rasanya lebih relax.  Selama menunggu waktu untuk tes darah, setiap hari saya hanya di apartemen aja karena masih ada papa saya yang menemani dan papa saya juga yang pergi2 beli makanan.  Maklum abis ET diusahakan ngak naik turun lift dan ngak pergi kemana2juga.

Tgl 31 Jan’08 saya tes darah dan hasilnya saya positif hamil….. Wuah rasanya senang banget dapat hamil lagi.  Selanjutnya saya hanya dikasih obat hormone Cyclogest 2x sehari dan folic acid 5 mg 2x sehari.

Dua minggu kemudian saya dijadwalkan USG dan terlihat ada satu embrio yang berkembang dan menempel di rahim saya. Satu minggu kemudian saya di USG lagi untuk melihat apakah embrio tetap berkembang baik dan sudah ada jantungnya.  Di usia kehamilan 7 minggu saya sempat mengalami flek2 coklat gitu, trus oleh dokter diberikan suntikan Hormofort 250 mg x 2 ampul. Hal ini sempat membuat saya stress karena saya takut dan trauma dengan kejadian di kehamilan pertama karena janin tidak berkembang, tapi untung ada Mery yang memberikan saya support melalui sms supaya saya tetap positive thinking.  Thanks a lot yach Mer…

Sejak kehamilan minggu ke 6 saya udah merasakan mual & muntah2 tapi bukan morning sickness, melainkan nite sickness karena biasanya jam 1 atau 2 malam hari.
Sampai sekarang saya juga masih mengalami sickness yang mengakibatkan syaraf mata terasa sakit dan mata agak sedikit bengkak (kata dokter kandungan di Jakarta, mungkin tekanan bola mata yang naik karena pengaruh hormon kehamilan).  Suami saya yang sangat khawatir dengan keadaan & kondisi kesehatan saya walaupun dia merasa senang karena saya sudah berhasil hamil kembali.  Saya sendiri punya motivasi untuk program bayi tabung adalah untuk memberikan anak kepada suami saya karena dia adalah seorang yang paling mengerti dan menyayangi saya dengan kondisi saya yg seperti apapun.

Walaupun sekarang kehamilan saya dikatakan dokter dalam keadaan baik, tapi saya merasakan perjalanan masih panjang sampai waktunya melahirkan.  Semoga saya dapat melaluinya dengan baik2 saja.

At last, thanks untuk:

  • Suami saya yang selalu support saya & Papa saya yg sudah menemani saya selama proses ET.
  • Dr.Ng Peng Wah yang memberikan saya harapan baik dgn mengatakan bahwa tidak perlu khawatir karena dia yakin kalau saya dapat hamil lagi.
  • Yenni, yg dgn membuat web bayi-tabung.com sangat bermanfaat untuk sharing pengalaman dgn teman2 yg lain sehingga menambah pengetahuan tentang ivf dan sebagai sarana menambah semangat dalam menjalani program bayi tabung.
Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (21 votes, average: 3.10 out of 5)
Loading...

328 thoughts on “Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Mulia

  1. imel

    Hi Mulia.. Selamat ya kamu dah berhasil hamil lg, semoga berjalan lancar terus ampe lahir yaa..
    Aku boleh minta alamat apartemen kamu yg di Penang dong? Jaraknya ke RS jauh gak sih? Kira2 brp lama ya aku hrs tinggal di Penang klo mulai dari fresh cycle?
    Aku BT yang pertama di RS Bunda gagal, so aku pengen coba diluar krn klo nyoba disitu lg kyknya udh gak mood deh…
    tks yaa

  2. Mulia

    Thanks yach imel buat doanya…
    Kalo mo mulai fresh cycle disana khan pertama jumpa dokter hari ke3 mens (kamu & suami) krn kalo kamu mau cepat prgm, jd lgsg ambil darah tes hormon. Kalo semua hormon udah ok, biasanya disuruh bawa plg obat suprefact yg mulai suntik hr ke22 mens (boleh suntik di indonesia, jadi tinggal di penang cuma beberapa hari aja). Sampe waktu mens lagi hari ke1 telp ke klinik buat dpt jdwl mulai datang ke Penang, jd mesti tinggal agak lama krn sampe ovum pick-up dan embrio transfer (kira2 tinggal 2bulan kalo mo tngu sampe usg liat jantung bayi). Btw, kalo hormon & rahim kamu ngak ada masalah, atau cuma masalah sperma suami aja yg kurang bgs, kata dokternya itu lebih gampang berhasilnya.

    Tinggal di apartemennya dekat banget koq ama RS. Trus kalo prgm di penang yg saya suka sich harganya murah dengan tingkat keberhasilan yg cukup tinggi (ini pendapat dokter Jkt yg skrg handle saya utk lanjutan kehamilan saya). Buat alamat dan contact person apartemen, boleh japri aja ke mulia_halim@yahoo.com, soalnya ngak enak ntar dikira iklan lagi…. atau email kamu apa biar nanti saya info lebih lanjut dech. Kalo boleh tau kamu tinggal di Jakarta yach? Soalnya sekarang enak kalo mo berobat ke penang krn udah ada pesawat langsung Jkt-Penang dgn AirAsia, jd ngak usah transit lagi di Kuala Lumpur. Lebih hemat waktu & biaya.

    Tetap semangat yach dan banyak2 doa dech…:-)

  3. mery

    Hi Mulia, senang sekali baca sharing kamu lagi di web ini. Syukurlah kehamilan kamu kali ini lancar lancar aja, uda 3 bulan kan usia kandungannya? Kalo uda lewat 3 bulan pertama rasanya uda agak plong ya… Sy doain mudah2an lancar terus dan sukses sampe melahirkan ya…
    Mudah2an sy jg bisa nyusul kamu. Btw kamu ga balek ke Penang lagi kan?

  4. Mulia

    Mer, iya nich baru skrg bisa share lg soale sampe skrg msh sickness, jd badan rasanya lemas pdhl udah mo lewatin trisemester I yach…

    Terakhir jumpa Dr.Ng sich dibilang kalo udah periksa ama dktr di Jkt dan hasilnya udah ok, ngak usah balik ke penang lg, cuma kalo ada rencana melahirkan di penang jd mesti balik periksa 1x waktu usia kehamilan 5bln/6bln. Tp kalo mo lahiran di Jkt, stlh bayi lahir diminta telp ke klinik aja buat informasi dan catatan data hospital aja sich….

    Btw, dari info yg saya tau katanya kalo ivf di tempat yg Mery rencana ivf skrg di medan, stlh ET ama dktr nya diharuskan pake pampers jd ngak boleh turun dari ranjang sama sekali. Katanya kalo dulu mulai dari ET s/d tes Bhcg (2mg), tp dengar2 skrg sich cuma disrh 3hr aja. Coba dech ntar kalo ke dktr nya lagi, skln tny apa benar spt itu?

    Moga2 Mery stlh sntk tapros terakhir, segera dpt mulai prgm ivf & lgsg berhasil yg di fresh cycle. Seperti yg Mery blg tetap positive thinking aja… 🙂

  5. Nena

    Halo..senang rasax melihat ada yg berhasil by tbg. Btw..suami kita hrs ikut ya?dan harus tinggal brp lama sang suami, mengingat pekerjaanx jarang bisa cuti lama.trms

  6. Mulia

    Hi Nena, kalo suami sich cuma ikut waktu periksa pertama jumpa dokter aja karena untuk cek sperma. Udah gitu nanti waktu udah mulai program dan mau ovum pick-up biasanya suami baru disuruh datang lagi karena harus standby untuk ambil sperma yg akan di ICSI dgn sel telur. Berarti kalo udah embrio transfer pada prinsipnya suami ngak perlu tungguin lagi, jadi cuma tinggal beberapa hari aja waktu diperlukan sperma untuk proses ivf nya.

    Itu berdasarkan pengalaman saya sich, moga2 bisa membantu informasinya.

  7. imel

    Hi Mulia..
    Aku dah setahun ini tinggal di Jkt, sebelumnya di Pekanbaru, Riau. Aku kyknya kalo jd ke Penang via Riau deh krn pasporku keluaran Riau, jd kalo ke Penang (malaysia) or Sing bebas viskal, gak tau deh kalo dari Jkt apa berlaku gitu jg gak yaa…

    Mulia, kata dokter secara medis sih aku gak ada masalah, cuma kualitas sperma suamiku yg sgt jelek krn ada varikokel. Jd secara normal sgt kecil kemungkinan utk hml. Aku skrg 30th, dah hampir 4th merried tp blm pernah hml. O ya, apa pemeriksaan2 yg telah dilakukan di Jkt bisa buat referensi di Penang or aku hrs lakukan pemeriksaan dari awal lg? N kalo boleh tau umur kamu skrg brp Mul?
    Emailku : jil_oney@yahoo.com
    Tks bgt yaa atas infonya…

  8. Mulia

    Imel, kalo paspor keluaran mana pun trus berangkat lewat airport jakarta kayaknya sich tetap kena biaya fiskal Rp1jt dech….

    Pemeriksaan yg Jkt kgk usah bawa krn nanti disana dokter jg USG lg koq, trus utk tes darah periksa hormon jg harus diulang krn hrs update pd wkt kpn imel mo mulai program. Just info utk pemeriksaan hormon yg disuruh dokter LH,FSH,T3,T4,Estradiol (5 item) kalo periksa di lab RS penang harganya sktr Rp400.000,- tapi dulu saya periksanya di lab di Jkt hrg thn lalu Rp.995.000,-.

    Trus suami saya jg udah operasi varikokel (6thn yg lalu) krn waktu itu kami berobat dgn salah satu androlog di Jkt disarankan operasi spy saya dpt hamil secara alami (tp ngak pernah berhasil tuh…) dan suami saya jg diberikan obat2 racikan androlog tsb selama 1thn tanpa tahu apa isi kandungan dari dua jenis obat2an itu.. Karena diberitahu oleh dr.Cheng (Thomson – SIN) kalo tdk boleh makan obat tanpa tau merek & jenis obat apa yg diksh oleh dktr, yach udah kami stop berobat di androlog tsb. Ternyata kami udah jadi korban penipuan nich (maklum dech emang lg musim malpraktek khan). Saya sendiri secara pribadi jg udah cape rasanya berobat & prgm ama dktr2 di Jkt krn ngak pernah ada hasilnya, yg ada cuma cape2 antri tunggu dktr, trus diksh makan obat ini, obat itu, inseminasi jg gagal…. wah pokoknya udah keluar biaya banyak tp kgk ada hasilnya sama sekali dech… jadi sedih aja bawaannya. Tp wkt saya pilih berobat di penang ini, stlh operasi myom trus prgm ivf dgn 2x ET dan saya jg 2x positif hamil, jd yach lumayanlah buat ngobatin kekecewaan selama ini… 🙂 Taon ini umur saya 32thn udah married 7thn. Trus ada pasien ivf dari medan (yg saya kenal di penang) udah umur 43thn ternyata bisa berhasil jg lho… anaknya udah lahir bln lalu kembar dua cowo. Buat info apartemen udah di email jg yach.

    Sorry yach koq jd saya yg curhat nich…

    Btw, imel udah pernah ikut program bayi tabung blm sich?
    Atau baru program2 hamil alami / inseminasi aja?

    Moga2 berhasil yach programnya, kapanpun & dimanapun ikut prgmnya.

  9. imel

    Mulia, info apartmentnya komplit bgt ya, tks loh.. Aku ngerasa kebantu bgt neh. Ntar klo aku jd ke Penang aku kabari lg biar dpt diskon yg lbh bnyk hehe..

    Aku dah pernah ikut BT di BIC (RS Bunda) dgn dr.Indra tp blm berhsl. Mulai program Nov’07 selesai akhir Des’07. Aku lgs disuruh BT sm dokter stlh melihat hsl tes sperma suami, krn kalo dgn insem hrs diterapi dulu hormon suami slm 3 bln, baru setelah itu bisa insem. Itupun blm tentu kualitasnya akan berubah baik, jd kyk sistem coba2 gt deh. Makanya kita memutuskan utk lgs BT aja, eh tnyt blm berhsl hml. Ketika aku tanya kira2 faktor apa yang menyebabkan gagal, dokter cuma menjawab kalo telurku gak bs merespon sperma yg di-ICSI. Trs aku tanya lg kenapa bisa bgt, jwb dokter telurnya mgk blm matang. Nah lo aku jd bingung deh, penjelasannya gak transparan n berbelit2. Pokoknya aku gak puas deh dgn jwban yg diberikan. Stlh istirahat 3 bln kyknya skrg aku dah siap tuk nyoba lg, tp gak ditempat yg sama. Tks ya Mul, atas doanya, mudah2an aku bisa hml kyk kamu jg.

    Mulia, aku senang bgt loh kamu mo crita2 pengalaman kamu, krn itu sgt berguna buat aku. O ya Mul, apa di apartemen itu jg nyediain pembantu(buat nyuci n strika) ato org yg bisa aku suruh2 buat beli makanan dll gak sih? Krn kalo jd ke Penang kyknya aku bakal sendirian deh, gak ada yg bisa temenin, paling suami cuma dtg 2x aja.Tks bgt2 ya..

  10. Mulia

    Imel, yg saya sich khan sblm ovum pick-up biasanya disuntik obat untuk mematangkan sel telur (dulu saya sich disuntik yg merk Ovidrel). Emang kamu udah ngak ada sisa frozen embrio?

    Trus wkt Jan’08 saya mulai thaw cycle sich di apartemen lagi ada pekerja nya (kebetulan dia ditempatin di lantai yg sama dgn tempat saya tinggal), jadi stlh papa saya pulang Jkt duluan, yach udah dech minta tolong ama dia buat cuci baju (tersedia mesin cuci sich), beliin makanan/camilan, bersihin kamar & kmr mandi. Jadi intinya saya merasa terbantu aja dgn adanya pekerja ini (namanya Kak Yatim/tki dari jawa timur).

    Saran saya kalo bisa sblm mulai prgm ivf, mending kamu akupuntur dulu dech. Krn itu bagus manfaatnya untuk membantu melancarkan aliran darah (metabolisme tubuh) & bisa bantu supaya rahim juga subur kondisinya, badan juga rasanya jadi lbh enteng & fresh. Saya wkt itu 2x seminggu akupuntur pdhl sinshe nya bilang 1x seminggu jg udah cukup, tp maklum krn saya pengen cepat2 ada hasil jd tambahin frekuensi tusuk jarum. Harganya jg cukup reasonable Rp30.000/kunjungan (1/2jam), jgn cari tempat akupuntur yg komersil.

    Bye, 🙂

  11. imel

    Mulia, aku dikasih dokter Puregon 200IU selama 11 hari, setelah ukurannya 18mm, baru dikasih Ovidrel. Kata dokter secara fisik telurnya udah matang tp didalamnya matang ato enggak ya gak bisa diketahui. Itu jg asumsi dokter aja mgk telurnya belum matang, jd gak merespon ketika dipertemukan dgn sperma, pdhl dah pake ICSI loh..

    Ketika OPU aku dpt 12 telor, trs yg lgs jd embrio cm 3, sisanya norespon. Trs atas pertimbangan apa gt aku lupa, telor yg norespon itu dire-ICSI sm org lab. Sempat jd embrio sih tp gak bs bertahan lama akhirnya gak berkembang lg. 3 embrio yg jd di ET semua, abis deh gak ada yg dibekuin.

    Aku kecewa bgt loh pas sehari sblm jadwal bloodtes mensku dtg, sampe nangis2 bombai seharian. Pdhl dari proses yg aku jalani semuanya bagus, telur2nya jg merespon dgn baik ketika disuntik Puregon. Aku jg gak ngerasain sakit2 bgt wkt OPU n ET. Semuanya lancar2 aja. Makanya aku kaget bgt ketika dokter blg penyebabnya mgk telurnya blm matang. Aku skrg positive thinking aja, mgk kmrn belum saatnya krn aku percaya bgt semua indah pd wktnya. Tuhan pasti melihat semua perjuangan yg kami lakukan dan akhirnya memberikan keajaiban itu, amien.. Doain aku jg yaa..

    Mul, akupuntur sakit gak sih? Alamatnya boleh dong die-mail. Aku tinggal di Tebet, jauh gak siy? Tks

  12. imel

    O iya Mul, akupunturnya brp lama? Krn klo Tuhan mengijinkan aku rencana mo mulai program bln Mei di Penang. Tks

  13. syamila

    Halo imel, aku baru buka website ini. dulu kamu di pekanbaru? aku sekarang di pekanbaru loh..mau dong sharing ivf nya. aku boleh email ke kamu? tks

  14. Mulia

    Imel kalo dulu saya akupuntur selama sebulan aja sich seminggu 2x di Yayasan Akupuntur Umum, Jl.Ketapang Utara (dekat Gajah Mada Plaza) dgn sinshe Tjhan Heng Lan (sinshe perempuan), kayaknya kalo ama tebet sich jauh banget dech… sebenarnya itu cuma option aja koq buat lancarin aliran darah, ngak harus2 banget dan kalo rencana bln mei mo prgm lg kayaknya udah mepet tuh waktunya, mending mulai healthy life aja lha… Btw, no contact saya jg udah di email, please feel free to contact me…. Good luck yach buat rencana program ivf semoga dapat sesuai jadwal & langsung berhasil hamil. GBU

  15. syamila

    halo mulia, selamat ya atas kehamilannya. mudah-mudahan dilancarkan sampai melahirkan nanti.amin.
    aku mau tanya, waktu di penang itu, kamu kan dikasi obat suprefact yang dimulai pada hari ke-22. obat tersebut untuk apa ya? Terus, kamu bilang, dokter di Penang akan periksa kadar hormon kita (pastinya dengan pemeriksaan lab) dan periksa rahim kita apakah bagus atau tidak. Nah, periksa rahim nya diapain tuh. Kalo hanya dari USG (even yang trans vaginal) apakah sudah cukup untuk melihat kondisi rahim kita, atau ada pemeriksaan tambahan lainnya? thanks banget atas info nya.

  16. imel

    Hi Syamila.. Iya neh aku dulu tinggal di Pekanbaru, skrg dah pindah ke Jakarta krn ikut suami. Kamu emang org Pekanbaru or ikut suami juga? Boleh dong, kirim aja email ke jil_oney@ yahoo.com, senang banget aku bisa berbagi cerita ttg ivf krn tiap org pasti pengalamannya beda2, jd bisa buat referensi jg. Btw, kamu dah pernah ivf or baru mo mulai? Mo nyoba di Penang gak? Lbh dekat loh dari Pekanbaru.. Kalo mau, kita bareng yuk? Pasti asyik deh kalo ada teman bareng2 ivf. Aku rencana mo mulai program lg bln mei, aku tunggu britanya yaa..

    Hi Mulia..aku dah simpan no kontak kamu tks yaa.. tks jg atas doanya, GBU too

  17. imel

    Hi Syamila.. pa kabar? Gmn rencana ivfnya? Minat gak bareng2 ke Penang? Kita emailan yuk? Aku tunggu balesannya yaa..
    Tks

  18. syamila

    Hai imel
    Aku tinggal di pkbru krn ikut suami. Tapi nya sekarnag aku juga jadi kerja disini. Nanti aku langsung email ke kamu aja ya biar lebih enak. AKu belum pernah IVF, cuman udah 2 kali Inseminasi (di jakarta dan Malaka). Ok deh Imel, aku hub by email aja ya…

  19. syamila

    Mel, aku email ke kamu besok pagi ya…tunggu email dari aku. Sekalian tar aku add di YM deh ya, jadi bisa chatingan…bye.

  20. anna

    Hi mbak mulia salam kenal..kalau akupunturnya setalah ET bahaya ngga?Aku kemarin setalah ET Tiga hari kemudian aku akupuntur.

  21. Mulia

    Hai syahmila, thanks yach atas doanya…..

    Sorry baru reply sekarang karena saya baru balik dari penang, setau saya suprefact itu utk persiapan ivf mungkin untuk stabilkan hormon kali yach…. abis dokter juga ngak jelasin banget2 sich lagian waktu fresh cycle saya juga ngak terlalu ngerti2 banget mengenai proses ivf maklum program ivf pertama, jadinya rada2 bingung….

    Soal USG sesuai pengalaman saya emang cuma trans vaginal aja koq, nanti kalo ada sekali pemeriksaan ukur panjang rahim, nah itu rasanya sakit dech.

    Trus kalo emang ada waktu bisa barengan ivf ama imel, bagus jg tuh idenya karena selama proses ivf khan kagak ada kegiatan apa2 selain suntik2 hormon & cek kondisi ovum, jdnya bisa ada teman barengan untuk mengurangkan rasa boring & saling kasih support dech selama menjalankan proses ivf.

  22. Mulia

    Hi anna, saya ngak tau kalo abis ET trus akupuntur ada efek apa karena kalo saya akupuntur dulu sblm ET dan setelah ET saya ngak pergi kemana2 lagi sampe waktu tes darah Bhcg itu juga cuma pergi ke lab trus ke praktek dokter. Emang anna kapan ET nya?

  23. anna

    Hi mulia aku ke akupunturnya tiga hari setelah ET..dan besuk pagi ada janji ke akupuntur lg,tp ada perasaan was-was kalau ada efeknya..

  24. ade

    Hi Mulia, akupuntur yg kamu lakuin itu untuk ngurusin badan atau untuk apa, terus detox kamu bikin dimana? Aku sdh 2 kali ikut BT, fresh cycle and thaw cycle dan keduanya gagal. Skrg aku lg akupuntur 2 minggu sekali, aku sih mintanya buat bisa hamil, kurus sekalian detox, bisa ga sih sekalian gitu? Aku juga minum folic acid 5 mg sehari satu. Dokterku bilang sih istirahat dulu 2 bulan baru mulai proses lagi, aku juga pengen cepat2 maklum umur dah 35.

  25. Mulia

    Ade, kalo saya akupuntur seminggu dua kali supaya lancarin peredaran darah & menyuburkan kandungan. Trus kalo detox saya sich pake cara yg biasa aja cuma makan buah2an, minum air putih / juice buah selama 3 hari berturut2, udah gitu dilanjutin dgn diet selama satu bulan, tujuannya utk kurusin badan karena udah overweight banget krn suntikan hormon yg fresh cycle yg dilanjutkan dgn kehamilan. Kalo kamu suka bisa jg coba makan ayam arak krn gunanya utk menguatkan stamina sblm mulai program BT lg. Nanti rencananya mo BT dimana lg?

  26. ade

    Hi Mulia, aku sdh 2 minggu akupuntur 2x seminggu, sekarang mo coba cara kamu detox makan buah2an dan juice, mudah2an kuat ya. Pengen juga coba ayam arak, segala cara biar hamil aku coba deh. Rencana sih mo BT tetap di Bangkok. Besok aku mau hysteroscopy dulu, terus usaha dan tetap semangat. Doain aja ya….

  27. Mulia

    Tia, saya akupuntur di Yayasan Akupuntur Umum, Jl.Ketapang Utara – Jakarta (dekat Gajah Mada Plaza) dgn sinshe Tjhan Heng Lan (sinshe perempuan), biayanya Rp.30.000/kunjungan utk 1/2 jam terapi akupuntur. Disana ada banyak sinshe nya jadi tergantung mau dgn sinshe yg mana, jam buka mulai 08.00-12.00 trus sore 16.00-18.00. Emang tia tinggal di jkt ato di kota apa?

  28. Angel

    Hi, salam kenal ya semuanya. aku jg berencana utk ikutan IVF. jadi ya lagi nyari2 info yg biaya nya lebih murah dan kemungkinan berhasilnya tinggi gtu klo bisa.senang membaca pengalaman Mulia yg akhirnya berhasil hamil. aku jd semangat lagi berusaha utk ngasih suami aku baby. kayaknya aku mau ke Penang deh ikut jejak Mulia. Oh ya Mulia aku boleh minta alamat apartemennya gak? emailku Fank882000@yahoo.com. thanks ya sebelumnya. Imel dan Syamila kapan mau ke penang? . barengan yuk. aku jg mungkin hrs paergi sendiri deh

  29. Angel

    Hi, Mulia, selamat ya sebentar lagi kamu akan jadi mama. aku bisa ngerasain deh betapa bahagianya kamu dan suami. oh ya aku mau nanya. harga ivf di penang yg 9000 ringgit itu apakah dah termasuk Gonal F, tes darah yg hiv,rubella dan segla macam itu. waktu itu Mulia di kasih brapa IU gonal f nya?.boleh tahu gak alamat dr.Tjien gak Say

  30. Mulia

    Hi juga Angel, harga 9000 ringgit itu udah termasuk semua prosedur program ivf mulai dari tes darah, obat suntik suprefact & puregon (skrg ivf udah ngak pake gonal f lagi), kunjungan2 ke dktr utk pantau sel telur, ovum pick-up, embrio transfer & frozen embrio. Emang angel rencana ivf ini utk pertama kali ato sblmnya udah pernah? Oiya kalo mo ke penang, barengan ama imel aja, nanti saya ksh tau dia dech krn kalo nanti mo prgm katanya dia kemungkinan juga sendiri. Trus dr.Tjien Ronny praktek di RSIA Family – Pluit dan RS.Pantai Indah Kapuk, saya sich skrg ini konsul yg di Family krn harganya lbh murah jg. Maklum nich khan ivf udah pake biaya banyak jd mesti hemat2 utk next nya….. HeHeHe 🙂

  31. mery

    Hai Mulia, semoga kamu dan baby sehat ya.. Kemaren baru habis plg dari penang ya. Kata Dr. Ng gmn? Kamu rencananya melahirkan dimana? Sy tgl 28 ke dokter lagi utk mengetahui kondisi sy setelah suntik tapros. Mudan2an sih uda bisa mulai suntik suprefact. Trus mulia taunya darimana yg harus pake pampers selama after ET? Sy sih belum tanya dokter ttg hal itu tp waktu kemaren dijelasin gak ada bilang hrs pake pampers. Ntar deh sy tanya sejelasnya. Memang after ETnya agak beda yah dengan di Penang dulu. Disini ga pake cyclogest, tp suntik progesteron tiap hari. ntar ada suster yg kerumah yg suntikin, soalnya ga boleh suntik sendiri. Trus selama after ET sampai cek kehamilan ntar ada 3 kali jadwal periksa darah utk cek kadar progesteron. Nah itu juga kita telp labnya minta org lab kerumah utk suntik ambil darah. Agak ribet yah.. waktu di penang jauh lebih simple. Ok deh Mulia ntar tgl 28 sy kabarin ya gmn…

  32. mery

    Hai Angel salam kenal, kamu juga rencananya mau IVF di Penang ya, mudah2an sukses dan lancar ya. Sy juga pertama BT di Penang, ketemu Mulia juga di Penang. Selain biayanya termasuk murah utk akomodasinya juga terjangkau. Seneng ya kalo bisa barengan ama temen2 laennya. Biar bisa saling support. Kalo sendirian juga bete abis, boring en lonely banget deh. Ok deh smoga lancar ya

  33. Angel

    hi,Mulia thanks a lot ya informasinya. aq belum pernah insem ataupun ivf. tapi sdh mulai nanya2 ke dokter ttg ivf. kemari aku dah konsultasi ke JWCC DR.Andy Hudono, mereka bekerjasama dgn RS. National University Hospital di singapore, dr.PC Wong. jadi pemeriksaan lab dan penyuntikkan hormon segala macam dilakukan di indonesia di JWCC. trus pas embrio transfer dan ovum pick up dilakukan di singapore. nah total harganya ( ini sdh termasuk gonal F sebanyak 36 vial, yg mana per vialnya Rp.550.000,-)itu sekitar Rp. 93.600.000,-.rincian nya adalah: persiapan pengambilan sel telur di JWCC oleh dr. Andy Hudono Rp. 18.500.000,-, gonal F 36 Vial Rp.19.800.000,-,embryo transfer Di Singapore oleh Dr.PC Wong di National University Hospital Rp.S$ 6,900 dan biaya obat2an S$. 1.000. aku bingung banget dan agak putus asa jg mendengar biaya sebesar itu . makanya seneng banget ketika baca pengalaman nya Mulia. sekali lagi terimakasih banyak ya Mulia. begitu dpt informasi ttg tiket sgl macam aku lsg berangkat.Oh ya MUlia, dokternya pake bahasa apa?.

  34. Angel

    Mer, aku baru mau konsul ke Penang sih. mungkin dlm mgg ini. Doain yah semoga berhasil hamil. sejujurnya aku merasa agak gak enak jg sama suami aku, krn dpt istri yg punya problem di reproduksi, jd hrs merogoh kantong lebih dlm. makanya seneng bisa baca pengalaman Mery da Mulia ivf di Penang. apalagi harganya lebih terjangkau. Mer, aku mungkin harus di beresin dulu masalah hidrosalping. tapi aku bingung, kok dokter ku gak bilang ya masalah pengangkatan hidrosalping itu. klo gak di angkat gak bisa ya?.
    Oh ya Mer, lagi itu Mery pake laparaskopy kan?. berapa lama sesudah pengangkatsn hidrosalping baru bisa action utk ivf?. thanks a lot ya Mer

  35. imel

    Hai Angel, lam kenal..
    Kamu lg nyari2 teman mo ke Penang yaa? Aku jg neh rencana mo ke Penang mo ivf yg kedua krn yg pertama aku gagal di RS Bunda. Kpn rencananya mo kesitu? Barengan yuuk? Aku sih mens bln Mei tgl 9. Siapa tau mensnya dekat2an hehe. Kata Mulia sih biar lebih hemat kita dtg ke RS hari ketiga mens, biar bisa lgs diperiksa2, abis itu bs lgs bw plg obat. Kamu mo lgs program ato mo konsul aja dulu?
    Oh ya Ngel, hidrosalping itu apa ya?
    Aku tunggu kabarnya ya.. tks

  36. Angel

    Imel, aq seneng deh dapat temen seperjuangan he..he..he.. tadinya aq rencana mau konsul doang. tapi begitu baca pengalaman Mulia dan Mery, harganya menarik dan kemungkinan berhasilnya besar kayaknya aku mau langsung deh. Imel dah baca rincian harga ivf di jkt yg aku buat. harganya kan luar biasa. Mel hari ini aku mens ke 5. tapi kayaknya aku mau berangkat beberapa hari ini deh . aku kan belum pernah ke Penang Mel, jd hrs pengenalan lokasi dulu kali yeh. yuk barengan Mel. Mel, hidrosalping itu adalah, penebalan dinding tuba fallopi oleh air ( ingat hirdo, berarti ada hub nya dgn air),jd kayak bengkak air gitu say. sehingga mengakibatkan penyempitan atau mampet di tuba fallopi. Mel punya yahoo messenger gak? jadi bisa chating. aku fank882000@yahoo.com aku tunggu ya

  37. imel

    Angel, aku jg blm pernah ke Penang tau. Cuma aku dah dpt bnyk info dari Mulia, komplit bgt lg. Kalo aku sih pengennya kesitu mo lgs program, jd pas mens hr kedua brgkt dari jkt, pas hr ketiga lgs priksa2 gt. Eh bisa jg sih aku ikut bareng kamu buat liat2 gt. Ntar aku tanyain suamiku dulu yaa.. Email aku jil_oney@yahoo.com

  38. Mulia

    Angel, wah kamu nich niat banget lgsg mo brkt ke penang, salut juga dgn keberaniannya… semoga disana dpt hsl yg baiknya. Btw, kalo dktr disana sich mother language tuh pake bahasa Hokkian, tp dia bisa kalo mo ngomong pake bahasa inggris ato melayu koq. Kamu bisa bhs hokkian? Tp dktrnya agak jutek yach, kita ngak bisa tny2 detil kyk dktr di indonesia, tp yach udahlah kalo prinsip suami saya sich katanya ngak apa2 dktrnya sdkt ngomong tp ada hasilnya…Mgkn dia udah males kalo ama dktr indonesia khan lbh bnyk ngomongnya tp ngak ada hasilnya. Good luck yach…..

  39. mery

    Angel, sebelum kena hydrosalphing kan sy uda kena endometriosis. Jd kedua saluran tuba juga uda blocked walaupun endometriosis dan kista sy uda dioperasi. Kira2 8 bulan sesudah operasi endo sy baru tau kedua tuba kena hydrosalphing. Kata dokter sy di medan sih hydrosalping harus ditangani dulu sebelum mau hamil. Soalnya air nya bisa mengakibatkan keguguran.
    Waktu di Penang oleh Dr. Ng sy langsung laparoskopi dan kedua tuba diangkat krn emang uda parah dan ga berfungsi lagi. Kalo Angel kan gak pernah kena endo jadi mungkin masih bisa sembuh. Setau sy dengan obat antibiotik juga bisa sembuh. Coba deh Angel konsultasi dulu dengan Dr. Ng mudah2an sih ga usah sampai harus laparoskopi. Oh ya sy laparoskopinya november 2006. Kata dokter Ng 2-3 bulan sesudah laparoskopi udah bisa program IVF. Sy mulai prog Feb 2007.
    Jadi kamu kapan berangkatnya? Sy doain semoga sukses dan lancar2 aja. Jangan patah semangat ya. Awalnya sy jg down banget begitu tau permasalahan reproduksi parah yg saya alami. Tp suami juga amat pengertian dan ttp mensupport sy. Jd Angel juga hrs tetap semangat ya… Good Luck!

  40. mery

    Hi mulia, td uda ke dokter. Aduh nunggunya lama banget, hampir 3 jam. Padahal usg dan konsultasi juga ga sampai 10 menit. Kata dokternya saya mulai program tgl 12 mei. Doain ya mulia, semoga ketularan kamu ..

  41. Mulia

    Mer, good luck yach semoga lgsg berhasil program yang kali ini. Trus soal bedrest total gmn? udah tny blm ke dr.Bin…..

  42. mery

    Mulia, soal bedrest nya emang benar. Pake pampers 3 hari, tp katanya ga harus pipis di pampers. Kalo emang kamar mandinya dekat yah jalan aja pelan2. Kalo mau buang air besar harus di closet duduk dan ga boleh ngedan. Trus katanya jg ga boleh naik turun tangga. Dan ada pantangan makanannya lagi. Ntar kalo uda ET baru dikasi list makanan yg ga boleh dimakan. Sy jadi bingung n pusing nih peraturannya banyak banget.

  43. Mulia

    Mer, kalo boleh jalan pelan2 ke toilet, trus jd buat apa disrh pake pampers yach?? Btw, ngak usah bingung lha kalo emang Mery udah putusin utk ivf di dr.Bin berarti harus yakin & mantap donk… Mgkn tiap dktr pny cara & aturan2 masing2, makanya kita sebagai pasien cuma bisa ikutin aja dech instruksi dktr spy dapat hasil yg maksimal. Pokoknya jalanin aja dech dgn enjoy khan ivf di medan ngak sendirian lagi, ada keluarga yg temanin & mendukung…

  44. mery

    Thanks mulia sarannya membantu banget. Iya nih tdnya sy emang agak down nih krn belum apa2 mendengar aturannya uda ga nyaman banget. Tp skrg uda bisa berpkir positif. Dijalanin aja semuanya dengan ikhlas dan enjoy. Oh ya mulia biasanya chatting jam berapa aja? Emailnya mulia_halim@yahoo.com kan?

  45. Yanti

    Hai mery salam kenal, boleh tau nggak makanan apa yang dipantang setelah proses ET? karena dokter saya mengatakan tidak ada pantangan makanan, tapi saya pengen juga tau, dan mengenai penggunaan pampers itu maksudnya buat apa ya? saya hanya disarankan tidak boleh naik turun tangga, berendam, berenang.

  46. mery

    Hai Yanti salam kenal juga, saya belum tanya makanan apa yg ga boleh dimakan. Katanya sih listnya ntar diberikan setelah ET. Trus awalnya sy jg bertanya2 pampersnya buat apa, ternyata yah itu deh seperti bayi buang air kecil di pampers. Btw, setiap dokter peraturannya beda2. Waktu sy menjalani proses BT di Penang malah tidak ada aturan atau pantangan apapun. Trus Yanti IVF nya dimana dan sekrg sudah menjalani ET ya?

  47. Yanti

    Mer,saya kebetulan mengikuti BT di Spain dimana suami saya sedang bertugas, saya sudah menjalani ET dua kali, tapi masih belum berhasil, kayaknya masih ada sisa 2 embrio lagi tapi saya belum tau kapan mau ET lagi karena rencana bulan ini baru mau konsultasi lagi sama dokternya. Denger2 sehabis ET katanya harus nahan buang air kecil tapi dokter saya mengatakan tidak apa2 makanya sehabis ET setiba di rumah saya langsung ke toilet karena saya tidak bisa menahan buang air kecil, apa karena itu ya jadi gagal? Sebetulnya saya masih belum puas dengan dokter saya makanya saya ragu untuk mencoba ketiga kalinya.

    Buat Mulia selamat ya atas keberhasilannya, semoga lancar nantinya. Boleh tanya nggak nih? sewaktu habis ET fresh cycle katanya sakit banget ya..? emang rasanya kayak apa? kog saya nggak ngerasain apa2 ya sewaktu ET fresh cycle maupun thaw cycle, justru setelah selesai proses OPU saya merasakan perut saya sakit banget sampe beberapa hari. pada saat OPU saya hanya disuruh istirahat 30 menit di tempat setelah itu diperkenankan pulang.

  48. mery

    Hi Yanti, tetap semangat ya walaupun gagal 2 kali yg penting kamu masih ada 2 embrio lagi. Sy malah ga ada embrio sisa shg terpaksa harus mulai dari awal lagi. Btw, biaya IVF di Spain mahal ga ya? Oh ya sewaktu proses ET sy harus nahan buang air kecil, setelah selesai ET boleh langsung buang air kecil kok.Waktu proses ET sy juga ga merasa sakit, yg sakit sih after OPU, bagian bawah perut seharian terasa nyeri. Tp sy ada diberi obat pereda nyeri yg dimakan sehari 2 kali. Mudah2an proses yg ketiga ini kamu berhasil ya Yanti…

  49. Mulia

    Yanti, kalo saya sich sakit banget after ET yg fresh cycle itu krn kelanjutan dari sakit setelah OPU, jd rasanya perut kembung & nyeri banget dan kram, hal itu berlangsung sampe kira2 selama 10 minggu kehamilan. Semoga next thaw cycle Yanti langsung berhasil yach…

  50. imel

    Hai Mery, lam kenal… Aku doain smoga program kamu yg skrg berhasil yaa..
    Aku juga rencananya mo mulai program ivf fresh cycle yg kedua neh (yg pertama gagal di RS Bunda Jkt n gak bisa thaw cycle krn gak punya frozen embrio) tapi mo nyoba di Penang (kebalikan kamu ya..) Aku mo nanya kalo berangkat dari Medan ke Penang bebas fiskal gak sih? Soalnya pasporku keluaran Riau, sayang aja kalo via Jkt krn tetap kena fiskal hehe. Sedangkan kalo mo berangkat dari Riau gak ada yg rute langsung ke Penang. Thanks yaa…

  51. mery

    Hai Imel, salam kenal juga. Kalo berangkat dari Medan ke Penang sih bebas fiskal. Btw, Imel skrg tinggal di Jkt dan pegang paspor Riau ya? Kalo mau bebas fiskal ya via medan aja.Tapi berarti kan hrs beli tiket jkt-mdn dan mdn-pen lagi. Apa ga lebih murah Jkt-penang plus byr fiskal? Kalo dulu dari Jkt sih ga ada langsung yg ke Penang hrs transit Kuala Lumpur dulu, untung skrg uda langsung ya.. Imel itung dulu deh mana yg lebih murah hehe Eh ya Imel ga bareng Angel ke penang? Mudah2an Imel berhasil ya fresh cycle kedua ini. Info kita2 trus ya Imel…

  52. Imel

    Mery..
    Kalo aku bandingin naik AirAsia lebih murah sih via Medan, lumayan bisa menghemat sekitar 1,5jt (PP berdua) bisa buat makan2 enak di Penang:) lagian aku jg bisa jalan2 dulu di Medan hehe. Iya, mudah2an sih aku bisa ikut bareng ama Angel bln Juni ini n bisa langsung hamil (amien). Sekarang sih aku akupunktur dulu aja, biar rahimnya lebih subur (rekomendasi Mulia). Thanks doanya ya Mer.. Kita sama2 fresh cycle yang kedua neh.. Aku juga pasti doain kamu agar sukses pada program kali ini.
    O iya, program ivf kamu di Medan dah nyampe mana Mer? Di RS apa?

  53. mery

    Wah Imel… selisihnya banyak juga ya..ternyata tiket jkt-penang mahal juga nih.. Iya deh mending imel via medan aja. Ntar sy tgl 12 mei ke dokter, baru mau mulai suntik suprefact. Tp krn sebelumnya sy uda suntik tapros 3 kali jadi suntik suprefactnya ga terlalu lama. Sy programnya di Halim Fertility Centre/Dr.Binarwan Halim. Di Medan masih cuma dokter ini yg handle IVF. Mudah2an kita berdua bisa berhasil ya Imel…Amin..

  54. Mulia

    Mery, udah bisa telp aci itu blm? Dia lusa sich mo dtg ke Jkt, jadi nanti saya mo ketemuan ama dia juga sich. Btw, semoga ivf kali ini lgsg berhasil yach krn khan Mery prgm di medan, jd otomatis dekat dgn suami & keluarga sehingga pastinya lbh bnyk dpt support moril. Nanti kabar2in yach info selanjutnya. Oiya suprefact suntik sendiri ato dtg ke klinik dktr?

  55. mery

    Mulia, sy belum telp a ci itu, kemaren hpnya kagak aktif. A ci itu mau nyoba IVF di Jkt? Ntar besok sy coba lagi deh.Eh mulia sy bingung nih kok dokter ga minta sy test rubela ato ACA ya? apa harus inisiatif sendiri? Trus waktu seblm thaw mulia kan ada test rubela dan aca kan? Itu atas saran dokter yg di jkt kan? Mtar tgl 12 sy ke dokter baru mulai suntik superfact. Maunya sih suntik sendiri aja capek deh kalo harus tiap hari ke klinik dokter, cuma belum ketemu dokter jadi belum tau sini aturannya gimana.

  56. Imel

    Maksud aku lebih murah kalo Jkt-Mdn-Penang-Jkt (tanpa fiskal) daripada Jkt-Penang PP (pake fiskal). Kalo bisa bebas fiskal ngapain bayar hehe…
    Kalo aku sih yakin banget kamu bisa hamil lagi Mer, secara kamu dah pernah hamil sebelumnya, kayak Mulia gitu… Sedangkan aku belom pernah hamil, jadi rada2 stres juga mo mulai fresh cycle yg kedua neeh, agak2 trauma gitu.. Tapi mo gimana lagi, cuma inilah satu2nya cara yg bisa dilakukan selain banyak2 berdoa kepada Tuhan. Semoga Tuhan memberikan keajaiban (amien) Good luck Mer… God Bless Us

  57. feni

    hi…semuanya. sy jg ikut BT di spore. mau nanya dong bg yg pernah ikutan, abis dimasukin fresh cycle , 3 atau 4 hari pernah flek2 gitu ga? dan tadi pagi perutnya jg ga enak, apa ini tanda2 gagal? thx yah sharingnya..

  58. Yanti

    Mer, kalo biaya BT di spain menurut saya mahal, waktu itu pertama saya harus bayar 6000 euro belum termasuk obat-obatan. Biaya obatnya termasuk suntikan-suntikan kira-kira 3000 euro lebih, dan waktu proses ET kedua thaw cycle saya dikenakan biaya lagi sebesar 1000 euro dan berhubung embrio frozennya mau dilakukan haching kena biaya tambahan lagi 250 euro. Kalau dibandingin dengan di Denhag katanya lebih murah disana dan banyak juga orang indonesia yang berhasil disana. Oya Mer, merasakan perut jadi membesar nggak ya..?kog saya setelah melewati proses OPU perutku jadi gendut banget tapi nggak sesak napas seperti yang saya baca di “Efek samping” , apa itu salah satu efek proses BT yach..? saya sih pengennya istirahat dulu sampe nunggu waktu yg tepat untuk ET lagi.

  59. mery

    Hi Feni, sy sih ga ada flek cuma memang setelah ET perut sy terasa kembung, tegang, kaku dan kencang gitu…Terasa tidak nyaman aja. Setiap org sih beda2 ya, apalagi setelah membaca shareng temen2 disini, malah ada juga yg ga merasa apa2 dan ada juga yg flek dan katanya merupakan tanda kalo embrionya nempel ke rahim. So, pokoknya kamu jangan cemas dan negative thinking dulu. Tetap semangat dan enjoy aja ok. Sy doain semoga berhasil ya..

  60. mery

    Hi Imel, uda pasti mau ke Penang dong ya. Semoga sukses disana ya.tetap info ya kapan jadinya ke Penang. Sy juga yakin kok kamu bisa berhasil hamil juga, Kamu juga harus yakin, positive thinking kamu pasti bisa. Doa yg kencang dan tetap usaha jangan putus asa and let God do the rest ok. Good luck, too

  61. mery

    Hi Yanti, wah biayanya mahal ya, beda jauh ama di sini.Tp mungkin uda sesuai juga dengan standar masyarakat Europe sana ya. Oh ya Sehabis ET sih perut sy emang agak besar, kembung gitu. Ga nyaman banget krn rasanya tegang, kaku dan kenceng kayak ada yg ikat hehe. Kemaren sy istirahatnya juga setaon baru fresh cycle kedua lagi. Mungkin kelamaan juga kali ya, soalnya umur sy juga uda masuk kepala 3 apalagi dgn kondisi reproduksi yg tidak bagus. Btw, Yanti tetap info kita2 yah kapan mulai ET ketiga lagi.

  62. Imel

    Iya Mer.. Mudah2an aku ke jadi ke Penang tunggu mens bulan depan biar bisa barengan ama Angel. Lebih asyik kan kalo ada temen bareng, jadinya gak boring. Makasih ya Mer atas doanya.. sekarang aku semangat lagi berusaha dan berdoa (pastinya) demi hadirnya sibuah hati yg diharapkan. Amien…
    Mery waktu di Penang dulu ivfnya barengan ama Mulia yaa? Lebih enak mana ivf di Penang daripada di Medan skrg?

  63. desy

    Mulia, aku boleh tahu no telp yayasan akupuntur yang diketapang? sinshe mana yah yang pintar? Terima kasih atas infonya.

  64. mery

    Imel, sy dan Mulia sayangnya ga barengan. Maunya kalo barengan lebih asik ya. Wkt IVF di Penang sy bertemu Mulia yg sdg cari info ttg IVF. Jadinya kita sharing terus ampe skrg. Sebenarnya sih sama aja ya mau IVF dimanapun, cuma kalau di sini sy kan dekat ama husband, keluarga yg bisa support jadi setidaknya lebih kuat dan tegar deh. Kemaren wkt di Penang kan sendirian jd bener2 down banget ampe stress juga saking boringnya. Btw Imel, kamu kan ga ada masalah kan jadi sehrsnya chancenya berhasilnya lbh besar, jadi tetap optimis ya..

  65. Imel

    Mery…
    Emang lebih tenang kalo bisa ditemani ama suami n keluarga, mo apa aja tinggal bilang hehe.. tp aku harus kuat & semangat terus berusaha demi si baby (thanks ya Mer..)
    Kalo berdasarkan pemeriksaan di RS Bunda, aku sih gak ada masalah, semua bagus. Krn ivf pertama gagal aku coba konsul ke dr.Aucky Sby (bulan April yg lalu), ternyata dinding rahimku terlalu tipis (ukuran & bentuk rahim normal). Jd mungkin ini penyebab embrio gak bisa nempel. Kata dr.Aucky lagi, harusnya sebelum ET diberikan obat/suntikan untuk menebalkan dinding rahim supaya kemungkinan embrio nempel lebih besar. Gak tau deh mana yg bener.. Wah jangan2 diagnosa dari dokter Penang ntar beda lagi? Wah bingung deeh…

  66. Mulia

    Desy, alamat lengkapnya yaitu Yayasan Akupuntur Umum, Jl.Ketapang Utara I No.21 – Jakarta (dekat Gajah Mada Plaza) telp: 6342483, kalo saya waktu itu terapi dgn sinshe Tjhan Heng Lan (sinshe perempuan), update biaya akupuntur kata Imel udah jadi Rp.35.000/kunjungan (utk 1/2 jam terapi akupuntur dgn getaran listrik & perutnya dipanaskan dgn alat penghangat). Jam buka mulai 08.00-12.00 trus sore 16.00-18.00. Semoga informasi ini dapat membantu yach…

  67. eva

    Hai Mulia, salam kenal.
    Aku juga akupuntur dengan sinshe Tan di Ketapang, dia sempat bilang ada pasiennya yg berhasil BT di Penang n bawa temennya utk akupuntur sama dia. Aku rasa itu kamu. Saya tertarik membaca cerita kamu. Selamat ya, perjuanganmu berhasil.
    Aku sudah pernah BT th 2005 di RS Family dengan dr Muharam tapi tdk berhasil katanya sperma suami krg bagus (padahal sdh ICSI), dari 18 sel telur cuma jadi 3 embrio yg ditanam. setelah gagal itu aku sempat ke dr Ycoeb di Sam Marie n disuruh BT atau Laparoscopy tapi belum aku jalani sampai sekarang.
    kalau boleh aku minta info dr, RS , apartemen, biaya dll.
    Makasih berat sebelumnya.

  68. Mulia

    Hi Eva, kamu udah brp lama akupunturnya ama sinshe Tan? Kapan rencana mo BT lg & dimana? Nanti info yg kamu minta saya japri ke email kamu yach, semoga bisa membantu Eva. Good luck yach utk rencana BT selanjutnya.

  69. eka

    Hai Mulia, salam kenal. Selamat yaa atas kehamilan kamu, mudah-mudahan tetap lancar dan sehat sampe lahir dan baby jg mamanya sehat. Makasih banget ya buat sharingnya, smua temen2 jg. Membantu banget mompa semangat tuk nerusin program. Btw Mulia, kasus kamu sama aku tuh mirip banget. Kemarin2 aq jg dah ikut fesh cycle di siloam sby, hamil sekitar 2 bln tp kmd janin gak berkembang jd terpaksa hrs dikuret :(, pdhal klo gak bermasalah (?) pengennya biar deh di rahimku terus, hik… Aq tertarik sm cara kamu buat detoks etc bs cerita lbh detil? krn renc 2 atau 3 bln lg aq mau thaw cycle. Boleh aq hub japri ke e-mail kamu? Makasih ya! Jg buat semuanya seneng banget deh lihat eh baca yang pada semangat mau tetep usaha buat dpt momongan. Moga sukses tuk semua yah!!

  70. Eka

    Hi, Mulia. Salam kenal. Buat temen2 semua jg salam kenal. Mulia, aq mau tanya2 lbh detil ttg persiapan kamu sblm thaw cycle, boleh japri via e-mail? Krn cerita kamu tuh mirip banget dg aq, cm skrg lagi break krn abis dikuret. Buat temen2 semua, seneng banget pada semangat usaha buat dapetin momongan. Moga2 berhasil yah. Tetep semangat!

  71. eva

    Mulia, aku sudah 2 bulan akupuntur disana. Seminggu 2 kali. Aku sempat dikasih obat yg 1 butirnya banyak banget. Aku rasa itu vitamin ayam hitam kali ya. Aku belumtahu lagi kapan mau BT tapi sangat berminat, perlu ijin dari suami pastinya kan dia harus sumbang sperma, soalnya dia sibuk banget. Aku sampai hopeless deh, tapi aku rasa ini pelariannya krn blm punya anak. Eh malah curhat deh. He..He..

  72. Mulia

    Eka, thanks yach buat doanya. Kalo mo hub via japri jg boleh koq. Semoga thaw cycle Eka nanti langsung berhasil hamil sampe melahirkan yach. Just info, kalo waktu fresh cycle aja udah berhasil hamil, saya diblg ama dktr ivf yach berarti thaw cycle jg bisa hamil lagi, jd tetap semangat dan jgn putus asa. Anggap aja kehamilan pertama yg berakhir dgn kuretase sbg pengalaman utk lebih bersabar dalam mendapatkan anak. Yang Maha Kuasa pasti memberikan yang terbaik, just believe it & keep smile 🙂

  73. Mulia

    Eva, kayaknya obat yg 1 butirnya bnyk banget itu kalo ngak salah namanya Bai Feng Wan (untuk penyubur kandungan). Kalo saya ngak makan obat itu krn waktu itu obatnya pada lagi ngak ada di pasaran (semua toko obat China sdg ngak ada stock). Jadi kamu makan obat itu sampe brp lama? ato apa skrg msh makan obatnya?

  74. mery

    Imel, iya sih kadang2 diagnosa dokter beda2 ya. Tp ya ga ada salahnya cari dokter lain utk second eh third opinion hehe. Kemaren waktu sy pertama didiagnosa kena hidrosalping sy juga sempat sress, sampe periksa ke 4 dokter yg semuanya jawabannya beda2. Trus akhirnya ke Penang baru dapat jawaban yg sama dengan dokter Binarwan yg pertama blg sy hidrosalping. Yah kdg2 butuh kesana kemari jg utk dapatkan jawaban yg pasti. Btw Imel, Angel uda plg dari Penang dan tgl 21 balik ke Penang lagi.

  75. feni

    hi..eva, boleh tau ga masalah spermnya suami apa? teratozoospermia , asthenozoospermia atau apa? krn punya suami saya teratozzospermia artinya bentuk spermanya ga normal, suami saya cuma ada 20 persen yg normal, dokter sih ada yg menganjurkan langsung BT, dan gagal jg. sy pengen tau jg apa ada yg pernah alami kasus spt saya, thx yah sharingnya..

  76. Eka

    Mulia, makasih banget buat supportnya. Ntar sy hub via email ya u/ tanya detilnya. Ok, thanks a lot.

  77. Nia

    Hi Mulia. Salam kenal ya. Semoga kehamilanmu selalu lancar dan baik-baik saja sampai nanti waktunya melahirkan bayi yang sehat.
    Menarik sekali membaca pengalaman Mulia dan teman-teman lain. Usiaku sudah 39 tahun, punya endometriosis, dan berdasarkan hasil lab, sperma suami termasuk lemah. Membaca pengalaman Mulia, membuatku ingin mencoba IVF, karena pengen banget punya baby. Selama ini, aku belum berusaha maksimal, tapi rasanya sudah malas buat coba-coba yang lain. Pengetahuanku tentang bayi tabung, nol banget. Aku boleh japri ke kamu? Thanks alot!!!

  78. Mulia

    Hi juga Nia, thanks yach atas doanya. Boleh aja koq japri. Trus kalo emang blm bnyk tau mengenai bayi tabung, bisa baca lbh sering2 dech web ini spy lbh bnyk pengetahuan yg bisa didpt dari sharing teman2 disini. Just info, saya ngak ngerti soal endometriosis. Semoga ada teman2 lain di web ini yg bisa membantu Nia memberikan saran mengenai masalah endometriosis.

  79. NIA-Balikpapan

    Hai semua…Aku baru aja menyelesaikan program BT ku…Tapi mungkin Tuhan belum mengijinkan jadi programku gagal. Alasan dokter hormonku yg terlalu tinggi penyebabnya. Doktre menyarankan akau untuk diet & melakukan byk olahraga. Sebenarnya aku ga terlalu gemuk BB 60kg, TB 165cm tapi mungkin ada mknan2 yg hrs aku kurangi. Krn aku temasuk pemangsa segala hehehe….O ya, aku minta share nya klo ada yg pny pengalaman kyk akau. Kira2 Olahraga apa yg baik & diet apa aja ?? Selain itu jumlah hormon apa yg bisa membuat gagalnya BT ? Thanks to all

  80. Nia

    Iya Mulia sekarang aku mulai rajin-rajin baca situs tentang bayi tabung, dan pengalaman teman-teman yang berhasil (dan gagal). Aku juga semangat lagi mau consult ke dokter tentang endomku ini. Selama ini aku pakai Azol 200, tapi endom-ku masih belum hilang 100%.
    Mudah2an keinginanku punya anak lewat BT, dimudahkan jalannya oleh Tuhan. Ntar kalo ada yang masih belum jelas, aku japri aja ke kamu….
    Kalo baca ceritamu (dan teman2 lain), ternyata berat banget ya perjuangan melewati proses BT ini. Semoga kamu tetap kuat, kehamilannya sehat dan sempurna terus ya….Amin.

  81. Mulia

    Oiya Nia, setau saya waktu itu Mery ada cerita kalo utk masalah endometriosis, dia dpt suntikan tapros selama 3 bulan berturut2. Kalo Azol 200 itu suntikan ato obat makan? Btw, kamu emang ada rencana mo ikut program bayi tabung dimana? Trus mungkin yg terasa perjuangan jadi berat krn banyak prosedur yg harus dijalani sblm mulai program & terutama persiapan mental utk menerima apapun hasil dari prgm yg telah dijalani dgn segala kondisi.

  82. mery

    Hai NIA di Balikpapan tetap semangat ya, walaupun gagal masih bisa mencoba lagi. Sy jg sdg jalanin program kedua kalinya sekrg, masih tahap suntik suprefact (hari ke11).Sy jg ga gt ngerti soal kegagalan krn hormon, tp biasanya seblm ikut program kan ada pemeriksaan hormon LH, FSH, Estradiol dll. Td pagi sy br test estradiol. Hasilnya masih tinggi, jadi suntikan suprefactnya tetap diteruskan seminggu lagi dan estradiol jg ditest lagi. Oh ya wkt mulai program sy juga dianjurkan diet bbrp makanan, terutama kacang2an, tahu, tempe,tauco, susu, coklat, keju,kopi, daging bebek,buah yg bergetah spt nangka,cempedak, papaya dan nenas, makanan kaleng dan berpengawet dan penyedap rasa. Kata nursenya sih makanan itu bisa menghambat kerja hormon. Oh ya sy malah lebih gendut dari Nia. BB 62kg. Mungkin krn itu jg ya dianjurkan diet haha

  83. mery

    Hi Nia sy jg kena endo parah tp uda dilaparoskopi utk membebaskan perlengketan dan suntikan tapros 6 bulan dan yg kedua kali 3 bulan sebelm mau program BT. Oh ya Azol 200 itu obat makan ya? Tetap semangat ya semoga berhasil programnya.

  84. Nona

    Hi Mulia, Merry dan teman2 semua. Salam Kenal. Senang deh rasanya dengerin cerita keberhasilan bayi tabung dari Mulia. Make me more positif this time. Umur saya 29 tahun… continued in this post

    Yang mau saya tanyakan ama Mulia, Mery dan teman2 lain, “Apa itu Suprefact dan tapros dan fungsinya?”
    “Nyewa apartmen di Penang kena berapa ya kira2 per bulan?” dan “Rumah sakit mana?”
    Trus “ada yang tahu Akupuntur yg bagus di Penang ngak?” Memang saya mendengar dengan Akupuntur membantu keberhasilan hamil sangat tinggi.

    Mulia, harus berapa bulan penungguan untuk mencoba thaw cycle setelah fresh cycye gagal?

    Semoga Mulia dan si bayi sehat2 aja ya. Dan untuk teman2 lain, semoga proses BTnya di akhiri dengan hasil positif.

  85. Veronica

    Hii..Nia di Balikpapan, emang dibilangin dokternya hormon apa yang terlalu tinggi hingga gagal ? kamu program dimana ? waktu aku program fresh cycle lalu dibilangin dokternya 3 hari setelah ET justru hormon estradiolnya harus turun minimal setengah dari hasil tes sebelumnya klo ngga harus suntik penguat lagi..sharring donk pengalamanmu…tetep semangat ya..GBU

  86. NIA-Balikpapan

    Hai Veronica…Salam kenal. Aku program di Siloan Hospital Sby sm dokter Aucky. Aku juga ga tau hormon apa yg terlalu tinggi. Bisa jadi hormon estradiol nya. Karena wkt aku suntik gonal F setiap hr…hormonku memang tinggi.Malah ga sesuai sama perkembangan sel telurnya. Ntar aku coba tnykan langsung sama dokternya. Soalnya aku juga di suruh diet & olahraga. Tapi aku byk baca di inet biasanya sih penyebab susah hamil krn hormon esterogen terlalu tinggi. Bingung kan ….Ntar tny lsg aja deh, tapi kalo ada yg pny pengalaman kyk aku juga share juga yaa…BTW veronica gimana, lancar ajakan semuanya ?

  87. NIA-Balikpapan

    Hi Mery…Iya semua nya memang hrs kita pasrahkan. Krn dokter cuma perantara aja…semua Tuhan yg menentukan. Aku juga bingung nih hormon apa yg terlalu tinggi. Memang wkt program kemaren hormon estradiolku termasuk tinggi. Tapi apakah hormon tersebut yg menyebabkan gagal BT nya ?? Bisa jadi aku juga disuruh diet mkanan sama kyk mery. Cuma aku di suruh olahraga juga nih…aku jadi bingung mau olahraga apa yg baik buat program BT ini ? Tapi aku baca di inet yg menyebabkan susah hamil itu justru krn hormon estrogen yg terlalu tinggi. Ya udah ntar aku tny dokter ajalah, ntar kita share lagi ya…
    Thanks ya mer !! Good luck 4 2nd treatment.

  88. mery

    Hi Agustina, tapros tuh suntikan hormon utk membuat menopause sementara, jadi selama disuntik tdk mendapat haid. Fungsinya utk menghambat dan mematikan jaringan endometriosis. Biasanya disuntik sebulan sekali selama 3-6 bulan tergantung kondisi endonya.

  89. mery

    Hi Nona salam kenal ya, sy uda bc postingan kamu, sedih ya gagal krn unprofessionalism dokter.Tapi kamu harus tetap semangat dan optimis ya, byk temen2 seperjuangan disini. Sepertinya kita senasib punya endo yg parah, sy jg stage 4 dan perlengketan sampai ke usus juga.Oh ya suprefact itu sama dengan Lucrin (suntikan sebelum gonal f /utk merangsang folikel).
    Trus kalo Tapros itu sebenarnya merk dari obat suntikan hormon utk treatment endometriosis. Disini terkenalnya tapros. Kalau di LN ya lain lagi merk yg dipakai.
    Kalo nyewa apartment di Penang biasanya RM 30-45 per malam tergantung mau ambil kmr yg gmn (ada kamar mandi ato ga) Trus kalo nyewa perbulan langsung nego aja ama pemilik apartment biasanya lebih murah.
    Taon lalu sy dan Mulia programnya di RS.Lam Wah Ee dengan dr.Ng Peng Wah. Trus letak apartmennya di seberang RS jadi dekat dan jalan kaki jg bisa.
    Kalau akupuntur di Penang sy belum pernah dgr. Btw, Nona jg org Medan ya? Semoga sukses ya programnya ke Penang.

  90. Mulia

    Nona, thanks buat doanya. So far, saya & baby sich sehat2 aja. Waktu saya thaw cycle harus tunggu 3x siklus mens setelah pasca kuretase (saya jalanin Dilated & Curette pada usia kehamilan 10 minggu) krn Blighted Ovum untuk 2 embrio yg ada di dalam rahim. Tapi utk case yg fresh cycle kalo hasil tes darah Bhcg itu negatif hamil, jadi yg saya tau kalo dktr di penang cuma kasih waktu 1x siklus mens aja dan selanjutnya udah boleh langsung thaw cycle koq. Pada intinya, saya merasa kalo mo thaw cycle/fresh cycle yg penting kondisi fisik & mental udah harus mantap, terutama kalo yg jalanin thaw cycle krn ada traumatis secara psikologi yg disebabkan kegagalan di fresh cycle. Semoga Nona & teman2 lain yg rencana ato yg sdg menjalankan proses ivf mendapatkan hasil yg terbaik dgn positif hamil. Wish all of you the best…. 🙂

  91. Agustina

    Hi Mery

    Ternyata endometriosis kita hampir sama deh ya. Mery ada dapat treatment ngak? Seperti sehabis laparoscopy, apakah ada di anjurkan untuk pemotongan usus besarnya ngak? Trus ada makan obat ngak habis operasi untuk treatment endometriosis. Sekarang dengan Dr. Binarwan Halim ya di Medan. Soalnya saya dengar cuma dia yang bisa melakukan disana. Biayanya lebih murah dari Penang atau lebih mahal ya?

    Mulia, thanks ya buat infonya.

  92. Veronica

    Hii.Nia di Balikpapan, aku juga fresh cycle belum berhasil dan sedang menunggu utk thaw cycle.

    Mulia, iya nih karena yang fresh cycle gagal ditambah info dokter klo keberhasilan thaw lebih rendah makanya jadi ngga ngarep banyak nih..pasrah aja deh

  93. mery

    Hi Agustina..endo sy memang menyebar ke usus maka dokter yg saat itu sedang melakukan laparoskopi akhirnya melaparotomi sy (operasi spt caesar) utk membebaskan perlengketan di usus. Jadi ga sampai operasi pemotongan usus. Endo nya Agustina jg mirip Nona ya, coba baca di postingannya, Nona juga dianjurkan operasi pemotongan usus.
    Kalau treatment nya sy setiap bulan harus suntik hormon supaya ga dapat haid selama 6 bulan utk mematikan jaringan endo (kalau disini terkenalnya Tapros). Tapi yg namanya endo ya tetap bisa kumat lagi selama kita masih mendapat haid. Makanya org yg kena endo dianjurkan cepat2 hamil. Sy juga sebelum program BT kedua awal Feb ini kena endo lagi, dokternya menganjurkan agar endo dibersihkan dulu sebelum program, akhirnya sy disuntik Tapros selama 3 bulan sebelum program BT sekrg.

    Kalau biaya BT sih lebih murah di Penang, terutama obat suntik seperti Puregon

    Btw, Agustina skrg sdg treatment endo ya? Semoga cepat sembuh ya.. Apakah merencanakan BT juga? Dimana?

  94. eva

    Hai Feni,
    Suami saya waktu diperiksa spermanya kata dokter banyak yg tidak ada ekornya jadi tidak bergerak kalau jumlahnya kurang.
    jadi mungkin hanya 20% yg lumayan. kita 5 kali insem, kan spermanya dicuci dulu sblm insem, hasilnya stlh dicuci agak bagus tapi msh kurang. makanya waktu BT dokter menyarankan
    icsi.

  95. eva

    Hai Mulia,
    saya dikasih obat itu kurang lebih 10 hari. efeknya badan lebih berkeringat, tapi aku rasa obat itu bagus karena aku baca khasiatnya untuk kesuburan. kayaknya itu vitamin deh.

  96. feni

    hi eva, suami saya leukositnya jg tinggi, trus morfologi dan mobilitasnya jg kurang bagus, yg normal cuma 15 sd 25 persen. kalo yg gerak cepat dan gerak lambat (a+b) cuma 40 %. ada yg pernah punya pengalaman leukosit tinggi ga? saya abis BT mau coba alternatif dulu, apa ini krn sperma suami jd BT nya gagal jg ya padahal uda pake icsi.. sharing dong,, kok pada sepi yah BBm naik kali..

  97. Nona

    Hi Eva, salam kenal

    Boleh tau ngak nama obatnya? Apakah Wuji Bai Feng Wan yg seperti Mulia bilang? Bungkusannya gimana ya, apa kotak hijau ada gambar ayam putih? Saya juga sedang makan obat itu(tapi kok kagak ada merasa apa2 ya),bersamaan sama Primrose Oil, Elevit dan Omega 3 Fish Oil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *