Pengalaman bayi tabung pertama, setelah ET perut bawah terasa nyeri – Lita

Hallo semua teman2 seperjuangan…. saya baru pertama kali ikut bayi tabung dgn dr karel di abdi waluyo. Semua terapi untuk mematangkan telur menggunakan obat2an oral. Tapi untuk proses bayi tabungnya dirujuk ke RS gading pluit di klinik terata karena hrs ICSI n yg menengani dr irsal. Sementara di RS abdi waluyo blm meyediakan fasilitas ICSI.

Waktu USG telurku ada 4 tp saat OPU tgl 1 juni hanya bisa diambil 2 dan yg berhasil jd embryo 1 kualitas good dgn pembelahan 14 sel. Setelah ET tgl 4 juni baik dr pihak teratai maupun dr karel tidak menyarankan untuk bed rest, aktifitas spt biasa asal capek, rileks, happy n enjoy.

Tp pada hari ke 2 setelah ET perut bagian bawah terasa nyeri spt mau mens, sering kencing n buang angin. setelah aku tanyakan kpd suster di gading pluit katanya gpp sy hrs byk istirahat…. duuhhh deg2an jg rasanya…. trima raporku nanti tanggal 17 juni untuk memastikan kehamilan.. ada ngga teman2 yg jg mengalami nyeri setelah ET…sharingnya dong mengingat sy blm pengalaman ikut bayi tabung n mungkin bisa ngurangi kekhawatiranku…..

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 3.80 out of 5)
Loading...

235 thoughts on “Pengalaman bayi tabung pertama, setelah ET perut bawah terasa nyeri – Lita

  1. fenny

    Hai Lita, apa kabar ? Semoga baik saja ya sambil menunggu hasil BT nya
    Jadwal pembagian raportmu tglnya sama dgn tglku, hanya aku kemarin di bulan Mei. Hhahaaaaa
    Aku kmrn ET di tgl 1 Mei dan pembagian raport tgl 17 Mei.

    Setelah ET saya juga merasakan hal yg sama seperti dirimu. Ada kram kram di perut bagian bawah. Dan kadang terasa banget juga kramnya! Walaupun hanya sepintas lewat. Dan tgl 16 Mei saya iseng iseng, tes pack urine di rumah sendiri, dan hasilnya 2 garis. Padahal di hari ke 5,9,10,11, dan bahkan ke 12 setelah ET aku check pake test pack semua msh –
    Hebatnya di hari ke 13 setelah ET lgsg berubah jd +
    Dan sy jg mengalami mual mual 3 hari sebelum tgl pembagian raport
    Pada tgl 17 mei test darah, dan betahcg saya 748. Hasilnya skrg saya sudah hamil kembar 2 dengan umur kehamilan 8 minggu.

    Sering kencing , sepertinya iya juga. Soalnya aku banyak minum air putih.

    Lita santai saja, dan enjoy saja selama masa penantian ini. Semua akan terasa indah pada waktunya. Percayalah.
    Doakan yg terbaik buat mu ya.

  2. isti

    hai lita salam kenal.
    ak jg pasien dr karel.ada rencana bt jg.tp malah di suruh hidro dulu,smp skrg msg nunggu hidro tp udah lewat 2siklus mens blm kesampaian hidro jg krn selalu di cancel.lita smp tahap ET biaya habisnya brp?klo boleh tahu lita mslhnya apa?

  3. rara

    hi lita
    saya pasien BT dr karel juga. Setelah ET d gading pluit, rasanya memang sedikit nyeri di perut bagian bawah dan sering buang angin, seperti kembung.
    Istirahat saja n enjoy. Jangan makan makanan yg mentah dan kurang matang juga.
    Saya sekarang sudah melahirkan dengan 1 baby.
    Smoga berhasil ya

  4. loni

    Halo teman2 seperjuangan…. Menyenangkan skali ya bisa hamill…. Mo tanya nih biayanya kira2 brp ya?? Klo langsung minta BT gak usah proses lain2 apa bisa ya?? Mhn sharing nya sy dah 8 tahun infertil nihh , untuk wilayah surabaya (jatim) klo ada yg tau alamat praktek dokternya yg bagus dmn ya?

  5. lita

    salam kenal semuanya…makasih ya sharringnya

    @fenny, slamat ya udah berhasil hamil, seneng deh dengernya….semoga kehamilannnya berjalan lancar ya….hari ini rasa nyeri di perut bawah udah membaik, tp skrg mulai kelur cairan yg bkin vagina jd lembab, kamu gtu jg ngga…hihhihi sorry banyak nanya..
    sekarang ini aku udah bisa lebih rilaks n enjoy menanti pembagian raport, krn perut gak nyeri lagi…tq fenny buat doanya ya….

    @isti, hai isti…apapun yg terjadi tetep semangat ya…aku udah berjuang 10 th unt dpt momongan. untuk permasalahannya ada pada kami berdua….6th yll aku ada kista udah dibati n skrg udah aman. 2th yll aku terapi dgn dr muharram di yasmin RSCM aku ketahuan ada rubella n suamiku varicocle. dr muharram menyarankan unt bayi tabung tp kami mundur teratur dgn biaya yg fantastis kira2 65jt. Kami break dulu ke dokter n nyoba alternatif refleksi tp blum berhasil jg. Berkat web ini aku jd mengenal dr karel n kebetulan ada seorang dokter kandungan yg merekomen dr karel untuk BT dimana biaya gak terlalu mahal, hasil ok n yg terpenting gak pake suntikan. Secara aku kan takut jarum suntik….heheheh
    untuk biayanya mulai awal konsultasi, obat2an, 2x analisa sperma Rp 6.335.900. untuk proses BT dr karel merujuk ke RS gading pluit krn pake metde ICSI. Di abdi waluyo sistem ICSI blum ada. Untuk proses ICSI mulai dr OPU,ET,tes kehamilan sampai cek darah BHcg Rp 26jt ini dah satu paket. Biaya konsultasi dgn dr irsal, obat2an, screenning darah aku n suami Rp 3.491.000. Jdi total semuanya Rp 35.826.900…
    Lumayan hemat kan….ayo isti yg semangat ya…

    @rara, aaiiihhhh…uadah lahir ya babynya….selamat ya….aku ikut senang klo ada yg berhasil program BTnya. Thanks saran dan doanya…skrg aku bisa lebg berfikir positif….

  6. lita

    hai loni…apa kabar untuk daerah jatim yg bagus di siloam hospital surabaya dgn dr aucky hinting. Googling aja…disitu nanti ada alamat n no telpnya…untuk biaya temenku pernah ada yg kesitu katanya sekitas 70 jt sampai melahirkan…tp tergantung maslahnya sih…klo masalahnya byk tentu biayanya mahal. Untuk BT dr biasanya akan menyarankan serangkaian tes buat pasangan untuk tau masalahnya di mana n prog bs dilanjutin pa ngga….klo aku dulu udah bawa hasil sreenning dr dokter sebelumya jd prosesnya lbh cpt. Tp suami ttp hrs cek sperma ulang sesuai standar rs ybs…..ok loni slamat berjuang ya…..

  7. loni

    Mksh sarannya yaa, klo di dr sutomo bagus mana ya? Proses untuk bt itu sendiri bth waktu brp bulan ya?

  8. ferra

    hai semua…Puji Tuhan aku dinyatakan positif hamil melalui program IVF dgn dokter Ivan Sini di BIC Menteng.Aku dgn short protokol.Tgl 15 juni minggu depan ini dijadwalkan untuk USG,dokter ivan sempet bilang sama aku,untuk usg sekalian lihat apakah ada kehamilan diluar kandungan atau tidak soalnya aku tahun 2009 bulan 10 sempat hamil diluar kandungan.Aku jadi bingung yaa,kalau melalui program bayi tabung apakah masi ada kemungkinan hamil diluar kandungan?soalnya udah 2 hari ini perutku bawah kanan agak nyeri.Aku jd ingat dulu pas hamil diluar kandungan jg nyeri seperti ini.Tp kalau hamil diluar kandungan dulu aku selalu flek,tapi sekarang aku ga flek.Teman2 pliissss donk kasi pendapat,aku khawatir bgt klo hamil diluar kandungan lg.Apakah ada yg pengalaman program bayi tabung berhasil hamil tp diluar kandungan? tetep semangattt yaa…

  9. isti

    hai lita.
    thanks to infonya jd ak bs kira2 dah cukup blm tabungannya hehehhe ,maklum kt bukan org lebih.ohya pertama dtg langsung minta BT ato ada pemeriksaan lain?soalnya ak msh di suruh hidro.dah nunggu 2 bln blm kesampaian hidro.mudah2 an bulan ini bs hidro.

  10. irene

    dear ferra

    program bayi tabung juga ada yang bisa hamil di luar kandungan. program bayi tabung saya yang ke 3 berhasil..tapi ternyata implantasi nya di antara saluran dan rahim..jadi termasuk di luar kandungan, padahal saluran tuba saya yang satu itu sudah dipotong loh…jadi embryonya nempel di bekas potongannya itu, akhirnya harus dioperasi.
    awalnya sama sekali tidak ada gejalan apapun, sakit ataupun, flek, dan hasil darahnya bhcg nya juga tinggi dan bagus. jadi kaget sekali ketika di usg ternyata begitu.

    nah…untungnya, program bayi tabung saya yang ke 4, saya positif lagi tuh…. dan kali ini nempelnya di tempat yang tepat…:) anak saya sudah lahir skg 🙂
    malah yang ini ada gejala mules2 seperti mau mens ketika sudah positif, tapi tidak ada gejala sakit ataupun pendarahan juga. bhcg nya malah tidak setinggi yang ektopik/di luar kandungan. saya sudah stress banget waktu itu, karena takut terulang lagi, tapi ternyata lancar2 saja tuh….usg untuk melihat babynya memang dimajukan dari jadwalnya, kalo gak salah ketika telat 10 hari sudah keliatan kok letak kantongnya.

    jadi jangan terlalu panik ya, enjoy saja….good luck ….:))

  11. meily

    hai Lita < salam kenal .. semoga sukses yah baytabnya beberapa hari lagi yah rapornya keluar, aku udah merid 4 tahun lebih blum pernah hamil juga, segala upaya udah dicoba, alternatif dan dokter terakhir aku inseminasi pertama tanggal 15 mei 2011 kemarin dan gagal,
    aku berencana baytab, setelah baca forum ini aku termotivasi untuk ke dokter karel juga, boleh ngak kalo kami minta pin bb ato no hpnya, tq sebelumnya

  12. lia

    Hi Lita & teman2, salam kenal semuanya…
    Saya baru saja dapat raport hasil ET tgl 13 Juni 2011 dengan hasil positif, nilai bhcg 383. Saya pasien dr Ivan di BIC, dengan menggunakan cara mini stimulasi karena cadangan telur saya yg sangat sedikit. Pada waktu USG awal terlihat ada 2 telur, tp pd wkt OPU ternyata yg bisa diambil hanya 1 telur karena posisi telur yg satunya lagi tidak memungkinkan utk diambil. Setelah digunakan metode ICSI, pd saat ET hanya dimasukkan 1 embrio dengan kualitas excellent. Terus terang sempat hopeless jg waktu itu karena hanya mengandalkan 1 telur saja …Selama menunggu raport, saya tidak mengalami flex, hanya saja keluar cairan bening di miss v saya (sama seperti yang kamu alami ya Lita..), tdk ada kram perut sm skli. Tapi akhirnya Tuhan memberikan mukjizat pada saya, setelah usia pernikahan kami ini hampir memasuki tahun ke-9 melalui program bayi tabung yang pertama kali melalui tangan dingin dr Ivan. Untuk Lita, semoga raport kamu positif. Kabari ya kalau sdh ada hasilnya. Good luck ….

  13. lita

    @loni..
    klo RS dr Sutomo aku kurang paham…tp disitu ada jg kan prog BTnya. Untuk proses BTku kira2 butuh waktu 2bln dari awal konsultasi sampai ET. Tp tiap orang lain2 sih waktunya tergantung permasalahannya….biasanya lo permasalahannya hanya di sperma lebih cpt….

    @isti
    Klo dr karel pasti akan minta hasil screening kita…nanti dr karel akan kasih infonya apa aja tes yg hrs kita jalani…..

    @lia..
    hai lia salam kenal…slamat ya hasilny udah positif…..alhamdulillah aku ikut senang…terima raportku besuk nih…hmmm deg2an jg. Kasusmu hampir sama ya dgn aku, cuma ada satu embryo…eh iseng2 tadi pagi aku tes hasilnya positif…..hehehehe udah gak sabaran nunggu besuk….tp besuk aku tes lg n hasilnya di bawa ke Gading Pluit sekalian tes Bhsg….mudah2an besuk hasilnya bagus…amiinnn….

  14. isti

    hai lita pa kbre.
    hari ini terima raport ya…?mudah2an berhasil amin.ak kmrin udah hidro dg dr karel.teernyaataa waaa lumayan suuuaaakit buk.tp sy nikmati aj mudah2an ini jalan untuk hasil positif.amin.

  15. loni

    Hallo semua, jd gak sabar nih mo proses BT cepat2…. Bikin group bbm yukkk… Untung2 bsa kopi darat jga 🙂 add pin aku yaa 21F1E09A

  16. Ani

    Saya tgl 17 Juni 2011 baru ET, apakah teman-teman mempunyai pengalaman selama penantian kehamilan apakah tidak boleh melakukan kerja sehari yang ringan apakah harus di kasur terus, kalau sholat gimana?

  17. susi

    @lia, salam kenal ya,kalo boleh minta I’d ym nya donk, mw sharing2 soal ivf ma dr ivan,aq jg pasiennya,sempet program ivf natural tp dstop krn telur gada wlpun da dsuntik gonal 2x.sempet kecewa jg, tp bgtu baca postingan kamu,aq jd smangat lg buat mcoba lagi.
    Kutunggu ya balasannya. Tks lia

  18. lita

    hallo teman2 semua….tgl 17 juni kemarin aku udah terima raport alhamdulillah hasilnya positif dgn kadar BHcg 362,30….aku gak nyangka banget bs berhasil hamil mengingat aku pertama kali BT dan embryoku cuma satu pula…gak henti2nya aku mengucap syukur kpd Allah SWT mudah2an aku diberi kelancaran dalam menjalani kehamilan pertamaku ini amin…buat teman2 yg masih berjuang jangan menyerah n tetap semanhgat ya….

    @ani
    hai salam kenal….klo dokterku gak menyarankan bedrest setelah ET tp gak boleh capek, angkat2 yg berat, naik turun tangga n gak bleh jalan2 ke mall seharian. Aku sih tetap nglakuin kegiatan biasa kebetulan aku bukan pekerja maka aku tetep masak, blanja ke tukang sayur…cuma yg beres2 tetep pembantu. Justru klo bedrest takutnya nanti malah stres krn pastinya kita kan harap2 cemas. Untuk sholat ak tetep malakukan sptbiasa. Cuma pas berdiri n duduk aku pegangan pinggir kasur biar gak kontraksi…

  19. isti

    hai lita.
    SEELAAMAATTT….!seneng bgt dengernya.semoga sehat smp lahiran.do’ain ya semoga nular ke ak dan temen2 lain.amin.

  20. andreuw

    di ingat ingat waktu dulu penantian raport hasilnya…sangat2 gelisa sekali :D:D:D…selamat ya bu Lita :D:D:D

  21. Rina

    Hi Lita dan teman2 yg sudah ET,
    Mau tanya setelah embryo transfer (hari yg sama atau 1-2 hari setelah ET) ada yg keluar cairan dari vagina gak? Apa ini efek uterogestan yang dimasukkan lewat bawah ya? Cairannya bening dan tidak bau, saya takut mungkin gak sih itu embryo yg baru ditransfer luluh? Lg berusaha stay positive tp kadang kepikiran aja..

  22. galuh

    Hi Semua, salam kenal. Saya ET tgl 21 Juni yang lalu dgn dr Ivan Sini di BIC.

    Hari ke3 atau 4 ET saya jg mengalami hal yg sama. Menurut dr Agustin, counselor BIC, hal itu karena crinone (progresterone yg berbahan dasar air) yg dimasukan lewat vagina. Selama tidak gatal tidak perlu kuatir. Kalau mengganggu boleh dibasuh dengan air hangat dan sabun lactacyd. Tp kalau masih kuatir konsul aja ke dokter, siapa tau ada penjelasan dan solusi yang lebih melegakan hati. Semoga ada kabar baik coming soon buat kita semua ya.. 🙂

  23. nisa

    @loni
    bulan april kemarin aq baru BT di RSUD soetomo (graha amerta) dengan dr relly primariawan. alhamdulilah sekarang sudah masuk minggu ke 13 kehamilan kembar.
    dokternya sangat telaten bahkan sampe sekarang kalo saya sms langsung dibalas.lenih baik loni datang langsung kalo ada bawa hasil cek yg lama2 ntar dokter akan evaluasi sama kalkulasi perkiraan biayanya.
    teman barengan saya juga ditangani dr relly biaya lebih murah dari saya berhasil hamil kembar

  24. loni

    @nissa : say bsa minta nope mu say ? Aku dah 28 mau 30 nih kudu buru2 kyknya gak blh di tunda2 lg. … Atau klo keberatan ksh no hp ksh email aja yach

  25. lia

    @Lita
    Selamat yach hslnya ud positif, smoga kehamilan kamu lancar smpi lahiran nanti. Amin
    Btw…stlh terima raport kamu ud sempet kontrol lg ke dokter?

    @susi
    Sorry yach, sy baru buka komputer lg nich….
    Kl mau tanya2 ttg BT saya, kamu bisa lgsung hub. HP saya aja di no.082113612500

  26. lita

    @rina
    hai rina…aku jg keluar cairan bening setelah ET tp gak lama kok. Semiggu setelah ET keluar lg tp kata dokter gpp itu pengaruh ormo aja..biar lebih tenng konsultasi aja dgn dokter…

    @lia
    Tq ya lia….setelah trima raport besoknya aku lgs ke dokter…pas di USG belum keliatan sih…sabtu pas usia kehamilan 6 miggu nanti aku periksa lg mau dikasih suntikanan penguat. Pas 6minggu nanti bayi udah mulai ada detak jantungnya tp masih lemah dan hanya 1 bilik….hmmmm gak sabar nunggu hari sabtu….doain lancar ya….

  27. Rina

    @galuh & lita,
    Thanks buat penjelasannya ya..tyt memang normal efek uterogestan yg dimasukkan let vagina.

    @all yg sedang berusaha, semoga kita semua berhasil ya, kalau belum berhasil yah tetap bersyukur pasti akan diberikan yg terbaik dr Tuhan 🙂

  28. Novi

    Hallo semua, salam kenal yaa?

    Aku tertarik dan jadi semangat setelah menemukan artikel disini. Aku juga disarankan sama dokterku untuk BT ke dr Karel, cuma masih belum yakin aja sih keberhasilannya… Bagi teman-teman yang sudah berhasil ET dan sedang berjalan kehamilannya, selamat yaa semoga sehat selalu sampai nanti melahirkan 🙂 Senang rasanya banyak teman yang senasib… Alhamdulillah jadi merasa tidak sendiri 🙂

  29. Novri

    Senang rasanya membaca curhat kalian semua.. Selamat ya, kpd yg udh berhasil..
    Itulah enaknya tinggal di Jawa, fasilitas dan pilihan utk BT banyak. Kalau sy tinggal di sumatera (mdn.
    Kira2 tmn2 tau gak klinik/RS yg Qualified melayani BT di Mdn?
    Sharing ya.. TQ.

  30. isi

    Hai all,,,salam kenal yah.
    Aku baru ET tanggal 25 juni 2011 kemarin di RSCM dan jadwal bagi rapotnya tanggal 9 juli besok.Lagi H2C nih,,,,yang ditanam kemarin 3 embrio.
    Mau tanya dong,,,ada yg tau ga tanda2nya penempelan embrio gimana.Soalnya kl browsing tanda2 penempelan embrio itu pasti ada fleknya tp udah hari ke 10 blm liat adanya flek.Yang ada cma cairan bening gituh kadang bentuknya kaya yang keputihan tp tidak gatal.
    Thanks,,,

  31. fransiska Lasma

    selamat ya mba lita, moga2x sehat ampe lahiran, mba sy mau tanya, sy pasien dr K, and sy sdh di srh utk bt, tp agak terkandala krn adek suami lg msk RS jd agak repot krn hrs bolak-balik RS, yg mau sy tanya kemaren bt ke dr K kena biaya brp sm yg ke gading pluit, doain sy mau program bt soalnya sy sdh 10 thn menunggu punya momongan and umur sy udah 38, apa sy msh ada kemungkinan utk bisa hamil nggak ya

  32. isi

    @fransiska : mungkin bisa jadi bahan perbandingan,kl saya di rscm klinik yasmin dr mulai persiapan bayi tabung sampai transfer embrio biaya yg dikeluarkan sudah hampir 70 juta itupun dengan tidak menyimpan 3 embrio yg tidak ditanam.

  33. lita

    @fransiska laman
    hallo salam kenal….untuk biaya aku habis Rp35.826.900. Untuk rinciannya ada di komentarku diawal yg no 5. Biar usia udah 38 masih bisa selama kita bs menghasilkan ovum. Aku sendiri udah berumur 37 th dan masih bisa kok….semngat dan optimis ya fransiska…

  34. isi

    @Lita : jadi kamu program BT nya diabdi waluyo atau gading pluit?ternyata lebih murah yah,,,
    Dengan biaya 35 juta itu dari persiapan BT sampe ET udah cover semua?
    Tahun lalu sempet ke dr irsal utk insem tp aku gagal dan disarankan BT tp karna biayanya fantastis jd mesti nabung dulu.akhirnya baru tahun ini kesampean dan ikut di klinik yasmin karna aku pikir akan lebih murah dibanding gading pluit.Congrats yah mba Lita udah berhasil,aku baru sabtu besok nih bagi rapotnya.

  35. isti

    hai lita
    dah lama gk masuk.gmana si adik udah bikin mual blm?iiih….jd pengen rasain….boleh tahu gk ap sj yg lita lakukan dan persiapan sblm OPU.

  36. Rina

    @isi: hai..saya juga sama nih lagi tunggu rapor, dijadwal tespack & cek darah tgl 9 Juli juga, tapi iseng tadi pagi testpack, negatif euy…hiks..semoga kemungkinan berubah dlm 2 hari, tp kalau nggak yah sud…coba lagi, dan coba lagi 🙂 akan indah pada waktunya..hehe

    @fransiska: sy sudah 2 kali bayi tabung, pertama di dr K, dari proses awal s/d akhir di rs abdi waluyo (tidak dirujuk ke rs gading pluit spt Lita) dgn biaya sekitar 20-25juta. Di abdi waluyo blm pakai metode ICSI dan obat2 dari dr K hampir semua obat minum..kalau gak salah disebutnya metode konvensional makanya bisa lumayan murah dibanding tempat lain. Sayangnya sy gak berhasil disana..
    Yg ke 2 ini saya di rs gading pluit, kebetulan pas awal kesana lagi ada paket promo biaya 45 juta, tp ada bbrp obat & test lab yg juga gak termsk dlm paket jd total2 biaya dikeluarkan sekitar 50-55jtan. Ini msh lbh murah dibanding biaya normal (tanpa paket) minimal harus siap 60juta.
    Jangan lupa…ke rs/dok manapun kita pergi, tetap ada kuasa yg lebih tinggi yg menentukan, jadi tetap berusaha & berdoa 🙂 semoga berhasil…

  37. mona

    dear all..

    haii smua,,salam kenal ya dr aku…ikutan gabung y sist…btw aku jg lg program BT nih d rs.gading pluit sama dr.irsal,,skarang lg suntik suprefact,,udh hampir 2 minggu,,
    mau tanya dong klo lg program ini yg boleh dimakan n ga boleh apa aja sih??masih bisa jalan2 kan klo masih suntik2??hehe..
    @rina,,aku jg ambil yg paket ekonomis di rs.gading pluit,,lumayan bantu euy harganya..hehe..
    @all…smoga smua dikasih berkat yg luar biasa itu y dari Yang Diatas,,yg lg hamil smoga sehat n lancar sampe lahiran,,

    keep praying..GBU

  38. isi

    @Rina : haiii,,,salam kenal yah!wuaahh,,,sama dong sekarang lagi H2C.kabar2i yah kl udah dapet hasilnya (ko jd ikut deg degan yah).Tadi pagi coba test pack hasilnya 2 garis tapi garis yg bawah ngga terlalu nyata jd masih ragu itu positif atau negatif.

    @Mona : Dirimu suntik gonal untuk memperbanyak dan agar telur2nya berkembang bukan?Kmrn juga sbelum OPU,2 minggu full setiap hari aku suntik gonal tp g berani suntik sendiri karna obatnya itu terpisah sama jarum suntik dan kl sendiri takut salah dosis.hehehe,,,
    Kl baru suntik gonal sih ga apa2 kalo jalan2.kemarin ajah aku masih setir mobil sendiri kemana2.Tapi kalo suntiknya setelah ET nah itu yg harus istirahat banget.Kaya aku sekarang setiap hari sampe sabtu besok aku suntik sendiri dirumah.Semoga program kita lancar dan sukses yah,,,

  39. lita

    @isi
    hai isi…salam kenal ya….aku treatmentnya dgn dr karel di abdi waluyo, trus proses ICSInya di Gading pluit. Yah lumayan mondar mandir sih tp gak papa yg penting hasilnya OK…kabar kabari hasil raportnya ya….

    @isti
    hallo isti….iya nih aku udah mulai mual2 tp gak nyampe muntah…klo liat makanan byk bawaannya eneg…sabtu kemarin pas di USG udah keliatan kantongnya dan udah ada detak jantungnya….aduuhhh terharu deh liatnya..udah ada kehidupan di rahimku…mulai sabtu kemarin aku dikasih suntikan penguat untuk seminggu sekali…so setiap sabtu ini aku ke dr karel buat suntik nyampe 4x….huhuhuhu….aku takut banget disuntik…..
    Btw…nyampe mana nih isti programnya…..

  40. Rina

    @Isi: saya udah diconfirm hasil bhcg saya rendah, di bawah 0,1 jd dinyatakan blm berhasil..hiks..tetep sedih walau sdh sy prediksi. Soalnya dihari sy testpack dgn hsl negatif, sorenya keluar flek. Waktu itu msh sedikit berharap, tp pas tadi pagi seblm test bhcg saya pakai test pack lagi msh negatif juga jd tambah ngerasa mgkn blm saatnya buat saya.
    @all yg sedang berusaha, tetap semangat ya! 🙂 saya juga msh akan berusaha lagi dgn thaw cycle, tp blm tau kapan 🙂

  41. mona

    @rina..so sory 2 hear that sis..tp hebat loh mba,,smangatnya masih membara..:)yg pasti,,semua indah pada pd waktunya,,aminnn…
    @isi,,aq masih suntik suprefact mba,,ga tau jg buat apa,,hehe,,katanya 3 minggu suntik mnyuntiknya,,trus kalo lg program kan ga tentu nih hati kita heppy terus,,klo tiba2 kita lg melow gitu mba,,lsg ngaruh ga sih ke hormon kita??..
    @all,,,,,,keep praying n GBU

  42. Ery

    Assalamualaikum,
    Salam kenal buat semuanya.
    Senang sekali saya menemukan web ini,saya dan suami sdh 5 tahun menikah tp belum juga di karuniai keterunan,sejauh ini masalah br di ketahui pada suami,krn saya belum melakukan tes apapun,Kami tinggal di Amerika,dan sudah pernah berkonsultasi tentang BT,karena biayanya tidak terjangkau maka kami memutuskan untuk melakukanya di indonesia saja,sekalian mudik,Insya Allah bulan agustus saya pulang dan suami menyusul akhir sept,Tolong saya minta reference RS dan DR yg bagus dan murah,Btw Dr,Karel itu dinasnya di RS mana?,dan ada yg tahu no HP beliau?,tolong saya minta biar bisa langsung menghubungi,saya ingin kerja cepat mengingat waktu yg tidak bisa berlama2 di Indonesia.Bagi teman2 yang ingin membantu saya dg memberikan info bisa langsung ke email saya ery_ningtyas@yahoo.com.
    Terima kasih

  43. Alysta

    Haii all info donk ak baru et 13juli kemarin, ini hari ke 3 kok pagi2 setelah gosok gig mual, enek gak karuan… Trus bersin2 jd takut perut ny goyang terguncang… Info nya yah ditunggu trims

  44. didien

    assalamualaikum mb lita n teman2…
    Mb lita sy mw shering y.. Mb,stlh Et hr ke 4 sy kdang2 br mrasakan nyeri perut bagian bwh kyk mw mens smpai hr ini hr ke 8 stlh Et. slain itu dr stlah Et sy ngarasa sering buang angin,sering bak n payudara terasa penuh. Apakah mb lita ato teman2 ad yg py pngalaman spt sy?? Mhon jwbnnya y.. Matur suwon.

  45. ching

    Hai all, salam kenal

    @ lita : Jª?? kamu selama minum obat kontrol k dok karel dan ???ü saat opu & et ???ü k gading pluit? Suami jg ambil sperma nya di gading pluit? ???S O:)®®?™ ya kalau tanya ulang ?g????? , soalnya saya jg lagi mau coba BT tapi masih bingung mau dimana

    Thanks& semoga kt semua bisa Jª?? mom pada saat nya

  46. isi

    hai all,,,,alhamdulillah kemarin pas bagi rapor hasilnya aku positif hamil dan katanya sudah 4 minggu.sekarang masih tetep nyuntik lovenux selama 6 minggu.

    @Rina : so sorry yah,,,tapi tetep semangat dan semoga berhasil thaw cyclenya.

    @mona : suntiknya sebelum atau sesudah OPU nih?kl sebelum OPU itu untuk memperbanyak dan menguatkan telur2 kita tp kl setelah ET suntiknya itu untuk menguatkan embrio yg sudah ditanam.Tapi pasti kamu yg sebelum OPU yah,,biar telurnya yg berkembang banyak say.Kalau sebelum OPU jalan2 sih gpp,,,,kmrn ajah aku masih nyetir tuh ke karawaci tangerang dan rumahku didaerah pulomas.yg penting happy2 terus yah,,,

  47. mona

    hiii all…apa kbr nih buat calon2 mommy..??..aminn..

    @lita,,gmn kbar si baby mba..?sehat n lancar y mba sampe kelahirannya nanti,,aminnn…!!!

    @isi,,slmet y mba isi,,seneng bgt klo denger temen seperjuangan yg b’hasil..smoga nular ke aq dan temen2 yg lain…dan lancar smpe lahiran..aminn…
    oiya mba isi,,program BT nya di rs mana y?trus kmaren aq udh tambah suntikan gonal,,jdi perut kiri n kanan disuntik deh…:)n katanya jgn mkan tempe n tahu,,trus klo boleh tau apa aja sih yg ga boleh dimakan mba..sori y mba bnyak p’tanyaan..hehe..tx b4

    GBU n keep praying moms…

  48. lita

    @ching
    hai salam kenal….semua proses terapi pematangan sel telur ke dokter karel, trus proses BTnya ke Gading Pluit mulai OPU, ambil sperma, ET nyampe tes HCG. Setelah hamil balik lg ke dokter karel. Emang ribet sih tp gpp aku ngejalaninya dgn happy…n hasilnya trnyata gak mengecewakan….

    @isi
    waaahhhh….positif..selamat ya…mudah2n diberi kesehatan ibu n babynya…

    @mona
    hai mona….kabarku baik2 aja…mual2ku udah mulai parah n lebih sering…anehnya bukannya morningsick tp afternoonsick….klo udah mulai jam 4 sore mual2+muntah tp klo pagi mual2 aja…yah aku nikmati aja emang ini kan yg aku tunggu2…hehehe

  49. ching

    Hii all, selamat ya buat teman teman yg sdh dpt kbr gembira moga nular ke kita kita supaya bisa segera merasakan morning sickness`)
    @ mba lita, apakah selama proses pematangan telur kita jg harus sering k dok karel? Soal nya saya baca di web ini jg ktnya antrian beliau panjang dan suami ku jd rada malas k sana tapi kan cm dok karel yg pake obat. Saya takut banget kalau pake suntik, mikirin aja sdh stress hehehe…

  50. lita

    @ching
    antrian dokter karel emang panjang n lama kita emang musti sabar…tp jangan kuatir klo ching udah mulai masuk program BT nanti dokter karel akan kasih kita memo biar kita bisa diprioeitaskan untuk dpt no antrian awal. biasanya untuk yg prog BT dpt no 1-10. klo blum msuk prog BTnya masuk anrian no 11 dst….meskipun kita dpt memo tp dpt no antrian di atas no 11 kita tetep diprioritaskan buat masuk duluan. Untuk awal2nya sih aku ke dokter karel sebulan sekali tp begitu masuk terapi prog BT 2 minngu sekali, seminggu sekali bhkan pas mendekati mau OPU 3hr sekali aku datang. Ntar dr karel sendiri yg memutuskan kpan ita hrs datang lagi….ok ching..gutlak ya….
    o iya…klo mau datang telp dulu ke RS abdi waluyo jam 7 pagi ke 0213144989. dr karel praktek hari selasa, kamis, sabtu jam 5 sampai selesai….

  51. risa

    haiii smuaaa.. salam kenall.. aku baru saja proses ET di yasmin tgl 13 july kmaren.. nah aku mau nanya niy, kalo setelah ET , mengalami pengen pipis da buang angin kan ada.. tapi aku mulai hr ini agak merasakan mual sedikit.. ada yg penha ngalamin ga? ak udah tanya dokterku, katanya si ga papa dan antibiotikku ditambah aja.. help dong kl ada yg mengalami mual di hr ke 3 setelah ET, sharing yaaaa… tks..

  52. isi

    @mona : tengkiuu yah say,,,
    aku program BT di klinik yasmin RSCM.Udah gonal berapa skrg say?pertama kali aku gonal itu 225 selama 2 minggu trus terakhir pas mau OPU sekitar gonal F300+luverus dan cetrotide jd ada 3 kali suntikan.hehehe,,,dan suntik menyuntiknya berlangsung sampe skrg tp bukan gonal lagih tapi lovenux.waktu aku suntik gonal sih g ada pantangan apa2.makan dan minum kaya biasa.tp setelah ET baru ada pantangan,g boleh makanan yg mengandung gas kaya semangka,nanas,duren.kl tahu dan tempe sih malah setiap hari aku makan.
    @Lita : tengkiuuu yah mba,,,udah mulai mual2 yah mba?usia kandungannya udah berapa minggu sekarang?
    @Risa : hay mba risa,,,aku juga program BT nya di klinik yasmin dgn dokter budi wiweko.dirimu sama dokter siapa?iyah waktu setelah ET juga aku sempet buang angin terus dan kl pipis itu hampir sepanjang malam mba,,,jd cape bolak balik kamar mandi.hehehe
    dan aku juga sempet mual dan pusing.pusingnya itu kaya orang yg kurang darah gituh.Kapan terima rapornya?sekitar tanggal 25 atau 26 yah!karna biasanya dihitung 14 hari atau 16 hari setelah ET.

    All : ada pin bb ga?

  53. risa

    @ isi : haiiii aku sama dokter muharram.. aku baru tau ada pembagian raport pas baca disini hihihihi… aku ga tau tanggal brapanya.. yg pasti aku tgl 20 besok disuruh kontrol n ambil darah. tp kan itu baru 7 hr yaa stelah ET.. aku udah pasrah siy ini skrang.. abisan kan mau apa lgi yaa..?? hihihihihi.. usaha kan udah dan lagi dilakukan, berdoa kan pastiiii tiap saat yaa tinggal pasrah yaa hehehehe.. isi pas mual2nya kapan? pas baru2 ET juga? aku mualnya siy kadang ada kadang ga, trus brasa gatel gt ya perutnya beberapa kali.. hahahahaha jd bingung aku.. ya udahlah dinikmati sajaa smua prosesnyaaa.. insya Allah berhasill.. smangaatttt!!!!

  54. Ery

    Hallo Isa dan Risa,salam kenal,
    Boleh share dong sama aku,rencana habis lebaran nanti aku mau program BT juga seperti kalian,di RSCM kalian habis biaya berapa samapi dg ET?,please…let me know.tx

  55. isi

    @Risa : aku mualnya itu 2 hari setelah ET tp cuma sehari aja.malah sekarang2 aku g mual2 bawaannya lapeerrr terus.hehehe.semoga berhasil yah.kl abis ET jgn cape2 dulu,istirahat,santai dan banyak makan.
    @Ery : kl aku perbandingan sih dari sharing temen2 yg disini kayanya di RSCM lbh mahal say.aku ajah skrg udah sekitar 80 juta,karna sehabis ET dan sudah positif hamil masih dikasih obat sunti dan obat yg lain.Kayanya yg paling murah itu di abdi waluyo dgn Dr Karel dan katanya di gading pluit juga lagi ada paket hemat.

  56. risa

    @isi: hahahahah kalo masalah makan mahhh aku emang banyaaaak hihihihi… malahan yaa, kan aku banyak bedrest niy, pas d tempat tidur dr pagi aku suka udah mikirin maunya makan apa yaaa nanti hahahahaha… ma kasih yaa isi, smogaaa aku berhasil juga sperti kamuu, amin…

    @ery : iya, estimasi biayanya sekitar segituan yaaa.. aku gonal aja 10x dan obat2ana suntik lainnya abisnya sekitar 20an lebih, pas opu kan bayar lagi sekitar 32 juta.. trus abis ET bayar lagi, hmmm 2 jt untuk poles embrio (lupa namanya), trus buat freeze embrio 6 juta sama obat2- total 14 juta ya kl ga salah.. mungkin skrg aku udah sekitar 70 jt an yaa..

  57. isi

    @Risa : setelah ET kamu dikasih obat suntik lagi ga yg namanya lovenux dan obat crinone?karna aku sampe skrg msh dikasih dua obat itu.males bgt deh nyuntiknya soalnya perutnya udah keras jd kl suntik suka sakit dan memar2.btw,minta alamat emailnya dong,,,-??•-??•??•?Thank You•??•?-??•-?

  58. Ery

    @Isi dan @Risa ;Terima kasih infonya,mmmm harganya cukup fantastic juga ya padahal belum final,btw dari proses test ini dan itu sampai ET makan waktu berapa lama ya?

  59. Irawati

    hi salam kenal semua…..
    saya dan suami baru memutuskan untuk ikut BT, kebetulan saya pasien Dr.Ivan di BIC, setelah dapat konsultasi dr Assisten Dr Ivan, saya masih bingung sama prosesnya dan kelihatannya menyeramkan prosesnya 🙁 , mau dong sharingnya, saat ini saya baru di kasih pil kb Folid Acid, dan obat semprot hidung, dan jadwal serangkaian test yg harus saya jalani….dduuhh deg degan banget neh

  60. risa

    @isi: mau tanya dong, pas kmaren hr ke 7 abis ET disuruh ambil darah ga?? trus kontrol ke dokter gt? ambil darahnya buat apa ya.. bukannya br ketauan pas hr ke 14an yah?? cmiiw..

  61. lily

    teman2 salam kenal…
    buat mbak lita,mbak isi selamat ya udah positif hasilnya..
    btw mbak2 aku minta tolong di info ya,skrg ak lg program BT untuk pertama kalinya & tanggal 19 juli kemarin ET cuma 1 embrio…btw setelah ET pas malamnya ada gak yg flek2 getu..misal abis buang air kecil di tissue ada warna pink,dari kemarin malam trs tadi pagi berhenti & siang ini ada lagi…pls share y teman2
    thanks a lot

  62. Imma

    Haiii salam kenal semuanya,
    Senangnya ada website ini jadi kita bisa sharing soal BT. Aku juga pasien dr. Karel, biasanya kalo periksa di RS. Abdi Waluyo atau RS. Bunda. Aku di therapy hormonal dulu selama 2 bln sebelum masuk proses BT, selama perawatan sebelum BT habis biaya sekitar Rp. 4 juta untuk periksa, test sperma dan obat2an untuk suami istri. Senangnya sama dr. Karel dia kebanyakan kasih obat oral bukan suntikan soalnya aku juga takut jarum suntik. Berhubung sperma suami juga kurang bagus jadi akhirnya dr. Karel memutuskan harus BT dgn proses ICSI di RS Bunda dengan biaya paket Rp. 27 Juta utk OPU sampai ET ditambah Rp. 3 juta utk tes darah dan pembelian obat suntik sebelum UPU sekitar 1,6 Juta.
    OPU tgl 15 Juli kmrn, sebelum OPU ada 3 sel telur tetapi pas diambil cuma berhasil 1 sel telur dan saat OPU dr. Karel juga sekalian membuang cairan kista saya dengan metode penyedotan. ET tgl 18 Juli dengan 1 embryo excellent. Setelah ET bed rest selama 3 jam baru boleh pulang dan tetap melanjutkan minum obat
    Skrg sedang banyak berdoa aja neh semoga embryo bisa nempel dgn baik di rahimku, nanti hari ke 7 setelah ET kontrol lagi ke dr Karel utk lihat ketebalan rahim. Doakan ya semoga terjadi kehamilan…deg degan banget neh : )

  63. didien

    assalamualaikum wr wb..
    Salam kenal lily n temen2..
    Sepengetahuan sy dr pengalaman teman2 yg spt itu smoga aja itu tanda penempelan embrio dlm rahim.. Asalkan tdk keluar darah terus2.. Jd positif thinking az.. Tp manusiawi kl khawatir.. Spt pengalamnku br2 ini ikut ivf jg.. Entah kram di perut,kembung,sering bak dll byk.. Krn tiap orang beda2 yg dirasain stlh et..
    Yg penting pasrah az.. dan byk berdoa n ibadah nya dikencengin.. Insya Allah.. Allah SWT pasti kasih yg terbaik buat qt.. Pertolongan Allah itu bgtu dekat sm qta.. Gtu az doanya, diusahain tdk stress.. Itu pengalamanku dl..smoga berhasil.. Amin

  64. isi

    @erry : hay,,erry,,,ur welcome.Proses dari pertama suntik gonal sampai ET kira2 sekitar 1 bulan.
    @Ira : prosesnya kayanya tiap dokter beda2 deh.mungkin tergantung kasusnya apa.ada yg ga pake suntik menyuntik ada juga yg pake suntik2an dr pertama proses sampai positif hamil kaya aku.Jangan bayangin yg serem2,nikmatin ajah say,,,,apalagi kl udah berhasil,,,ga seberapa deh senengnya sama proses yg menyeramkan ituh.Tapi kalo aku sih ga serem,kl udah dicoba pasti udah biasa ko.hehehe
    @Lily : tengkiuuu lily,,,semoga kamu berhasil juga yah.aku pas hari ketiga ada flek pink di tissue.tp katanya sih itu proses penempelan embrio tp aku g sering cuma hari itu ajah say.

  65. Irawati

    @mba isi,,,,,,,hehehe iya mba, saya coba menikmati saja prosesnya, bismillah aja semoga lancar semuanya. Doain ya teman2 ^_^

  66. lily

    mbak didien&mbak isi thanks buat sharednya…tp flek ku itu pas hari H ET jd jam 13:30 ET, jam 18:00 mulai flek sampe 3 hari & yg hari ke 3 banyak trs hari ke-4nya baru stop jd mgkn bkn penempelan ya,dan kayaknya disini gak ad yg ngalamin 🙁 kt dokterku klo hari ke 4 msh keluar disuruh dtg tp kebetulan pas hari ke 4 lgsg stop…
    btw mbak imma cek dinding rahimnya sdh?hslnya gmn mbak?share y ^^
    thanks a lot tmn2

  67. Mila A

    Hello,
    Saya mau tanya kalau saat OPU dengan dokter Karel ada di bius ngak. (jadi kita benar2 ngak merasakan apa2)
    Kalau Opu dengan dokter Ivan ada dibius juga ngak.

    Tks ya

  68. Imma

    @lily : alhamdullilah pas cek dinding rahim 5 hari setelah ET terjadi penebalan, dr Karel bilang mudah2an embryo-nya menempel dengan baik. Masih tetep harap harap cemas neh nunggu pembagian raport tgl 2 Agustus nanti, tetep banyak berdoa aja.
    @Mila : pas OPU dgn dr Karel atau dr Ivan dibius total kok, jd kita gak ngerasain apa-apa, kalo gak salah prosesnya sekitar 30 – 45 menit deh, tau-tau pas sadar udah diruang pemulihan, trus disuruh istirahat sekitar 2 jam baru boleh pulang. Sebelum OPU kita harus puasa min 6 jam sebelumnya.

  69. Imma

    @lily : mudah2an raport kita bagus ya hasilnya khan di bulan suci Ramadhan : ). Aku cuma kadang2 perutnya suka kram kalo kecapekan tapi nggak pernah ada flek2 seh. dr Karel bilang boleh aktifitas seperti biasa jadi aku tetap ngantor cuma agak membatasi gerak/jalan2 pas di kantor. Soalnya kalo di rumah malah stress harap harap cemas mikirin berhasil apa nggak BT-nya.

  70. lily

    amin mbak imma… iy mmg lbh baik sibuk y, jd gak kepikiran trs.. klo ak seh yg pst payudara skt&badan lbh anget(mgkn pengaruh obatnya y)then kmrn kamis pg sempat flek sdkt sj, tp perut gak kram seh mbak cm dlm prt kdg2 rasanya bergejolak spt klo pas naik roller coaster.. tmn2 ad yg sama gak y? thanks (((o(*???*)o)))

  71. isi

    @Irawati : Gud Luck yah say,,,,
    @Lily & Imma : Semoga hasil rapornya bagus yaaa,,,biar kita bisa barengan hamilnya.Amiiinn,,,
    @Mila : Setau aku sih kl untuk OPU disemua dokter dan klinik pasti akan dibius total tp kl ET ngga pake bius total say,,,semoga lancar yaaa,,,

  72. mona

    dear all,,

    hi,,aku baru kmaren tgl 29 jul ET nih n ada 2 yg dimasukin,,aq baru tgl 11 agst k dokter utk terima rapot,,can’t wait…hehe
    oiya mba2 yg udh et,,klo obat masukin lwt miss v kita itu hrs sedalam apa sih?apa harus sampe telunjuk kita masuk smua k dlm y?need info,,plis..

    smoga aq bisa nular hamil ya mba2 smua yg lg hamil..smoga lancar smua sampe melahirkan y..

    GBU n keep praying all

  73. lita

    waaahhhh….udah lama gak buka internet nih habisnya mual2 terus tiap hari, jd males deh buka internet….buat temen2 yg lg nunggu pembagian raport semoga hasilnya bagus ya…n yg udah hamil selamat ya….yg lg proses sabar ja dlm mengikuti tiap tahapnya yg kadang bikin BT…hehehe…good luck deh buat semuanya….

  74. taty

    Salam kenal semua,
    Mba lita dan semua yang udah berhasil selamat yah
    Saya rencana habis lebaran mo program BT, kira2 ada g temen2 yang kasusnya sama kayak sy, hubby Azoospermia, tp klo sy semua normal ga da masalah, cuma umur dah 36,
    Mba Mona untuk paket hemat digading pluit total jd berapa ya, karna sy waktu konsul ma dr indra estimate 70jt itu dah termasuk TESE/PESA, kira2 mpe bulan apa yah paketnya,.. maaf ya banyak nanya,
    Semoga saya jg bisa langsung hamil y, yang dah hamil semoga sehat mom and baby nya ya, yg lagi program semangat ya,..

    GBU n keep praying all

  75. mona

    hai all..
    @lita,,mba lita,aq mo tanya dong…wktu kmaren nunggu rapot ,,nyeri perut bag bawahnya sering ga y?aq nyeri nya lumayan bikin deg degan nih trus suka keluar cairan bening itu mba,,hampir setiap hari..
    @isi,,mau pin dungg mba..rq
    @tati,,aq kmaren paket ekonomisnya 45jt,,tp diluar periksa2 darah n tambahan obat dr dosis yg udah ada..cuma kyanya paketnya b’akhir d bln juli kmren deh mba..

    @all…keep praying n GBU

  76. lita

    @mona
    Aku nyeri perutnya sakit bnget…deg2an jg sih…tp kata dokter gpp. Aku jg banyak keluar cairan bening itu akibat hormon progesteron. Nyampai skrg msh keluar cairan bening tp udah mulai berkurang. Klo nyeri perut setelah ET aku cuma 2 hr aja setelah itu gak brasa apa2….nyantai aja mona mudah2an gpp…klo kuatir tanya ke dktter aja biar tenang…..

  77. mona

    @lita,,smoga aq bisa lbih relax aja y mba…doain smoga nyusul mba lita ya….amin..

    @isi,,pin 26ec0967,,invite y mba..tq

    keep praying n GBU all

  78. risa

    haiii smuaaaa… aku udah lamaaa ga nulis….

    alhamdulillah skarang aku hamil udah 7 minggu.. kmaren br usg liat bayi dan denger detak jantungnya.. subhanallah…

    alhamdulillah sehat.. skarang masih suntik lovenux tiap hari sampai 20 minggu.. ada pregnyl juga tetap 4 hari skali suntiknya ada 10 botol hihihi.. masih pake crinone jugaa.

    waktu cek bHCG ku 423.. doakan kami sehat selalu yaaaa… smoga kita smua mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah.. amin.. dokternya berpesan supaya aku jangan sampai batuk dan pilek..

    ceumungudhhhhhhh…

  79. Rentara

    Hallo semua, salam kenal yaa?

    setelah membaca pengalaman kalian semua ,Senang rasanya banyak teman yang senasib… ternyata aku tidak sendiri , jadi tambah semangat 🙂 aku dag dig dug menunggu giliranku nich , ada saran dan masukan gak teman2…biasanya apa aja yang harus dipersiapkan sebelum hari H misalnya vitamin atau makananan apa yg hrs dikonsumsi. makasih infonya ya :).

  80. Icka

    Hai semuanya,
    Salam kenal ya.. Selamat idul fitri buat yang merayakan..
    Seneng banget nemuin Web kayak gini, jadi tau kalo aku ga berjuang sendirian..
    Saya peserta BT di RSCM dengan dr. Budi wiweko, sama dengan mba isi ya..
    Sekarang lagi proses bedrest setelah ET. Dengan baca sharing temen-temen, saya jadi lega pas tau gak cuma aku yang keluar cairan seperti keputihan itu, dan rasa sedikit keram, sering pipis dan buang gas.
    Rencananya nunggu raport tanggal 8 september.. Mohon doa temen-temen ya, semoga lancar seperti mba isi dan lainnya..
    Mari berjuang!! 😉

  81. risa

    @icka : haii icka….wahh senangnyaaa ada yg bt di yasmin jugaa.. aku sama dr muharram tapinyaa.. gudlak yaaaa.. smoga lancaaarr smuanyaaa.. trus ga usah dipikirin banget2 nanti malah kepikiran jd stress deh, yg penting happy.. waktu itu dr ku berpesan supaya aku ga marah2 hahahahha ga tau deh ada hubungan apa ga yaa.. yg penting skrg rileks, makan yg bener , jgn banyak gerak kalo ga perlu yaa.. kudoakan lancaaaaarrrrr smuanyaaa… amin….

    @rentara : haaiii.. kalo aku malah ga siap apa2 dr sisi makanan dan laimnya pas mo opu dan et. abisan br nemu website ini pas stelah et.. yg sempet kubaca siy, banyak y makan protein2 gt misalnya telor susu kedelai dll sblom opu ktnya biar telornya bagus.. aku siy ga kepikiran ya waktu itu krn kupikir yaa makan biasa aja toh disuntik2 juga hihihi.. rentara rncananya mo program sama dr siapa?

  82. Icka

    @risa: wah kamu sama dr. Muharam ya? Emang banyak pasien beliau ya.. Semoga aku juga bisa terwujud nih dengan dr. Budi.. Sekarang udah hari ke 7 setelah ET, perasaan masih sama aja sih, cuma jadi cengeng (nonton toy story bisa nangis tersedu-sedu), jadi banyak makan, n payudara keras.
    Share pengalaman kamu dong menjelang dapet raport apa aja yang dialami, trus setelah ketahuan hasil positif ada pantangan apa aja.. Supaya bisa planning aja.. 🙂
    Kira-kira masih boleh kerja ga ya? Nyetir?
    Kalau ada temen2 yang udah duluan berhasil, tolong share suka duka pas ngejalanin kehamilannya doong.. Apa lebih repot dibanding kehamilan orang normal..

  83. risa

    @icka : hehehehehhe pas mo dpt raport siy deg2an yaa.. aku malah pas sama dr muharram, hr ke 7 after et ke dia lho, ambil darah.. dilihat estradiol sama progesteron. waktu itu hsl estradiolku 250an kalo ga salah, dan dia bilang berarti embrionya nempel.. tp tiap dokter kan beda yaa caranya.. pas hr ke 14 br diperiksa bHcg nya..

    waktu abis et kan sbnrnya disuruh bener2 bedrest itu 3 hran. tapi aku sendiri hampir 2 mingguan kali yaa kecuali pas ke dokter itu.. kalo jalan juga pelaaaaaan bangett hihihihi.. ga boleh makan kol, pedes2.. aku mulai minum susu hamil hihhihi biar aja dibilang ke Pd an.. perasaan siy pas after et paling payudaraku sakitt n kdg2 begah perutnya, gatel2 kecil d perut.. iya nafsu makan jd rakusss yaa gpp tabungan buat pas hamil kan jd mual ga nafsu hiihihi.. aku siy sama skali nerhenti nyetir, tapi mbak isi tuh msh nytir.. jagoaan dia ahahahaha.. kalo kerja, pas abis et aku cuti 3 minggu.. tdnya disuruh 4 mg ma dokter tapiiii akhirnya kompromi 3 mg dengan banyaaak nasehat, mesti puls jam 5 sore, ga boleh cape2, kalo brasa cape harus istirahat..

    skrg siy aku paling mual2 pagi, siang, sore, malam.. alhadulillah ga muntah.. kt dokter jgn sampe muntAh.. skrg aku udah 9 minggu , kita sama2 berdoa yaaaa.. smoga lancaar yaaa icka.. kabar2in yaaa pas udah ambil raport.. gudlak yaaaa say..santai ajaa, inget ajaa kamu kan udah do ur best, keep praying dan akhirnya yaa pasrah yaaa.. berserah diri aja..

    ceumungudhhhhhh.. hihihi…

  84. Icka

    @risa: makasih ya say sharingnya, aku jadi ngerasa lebih optimis lagi deh nih sekarang.. Yang penting nikmatin aja deh, dan nurut sama nasehat dokter, tentu aja ga lupa berdoa dan pasrah..

    Ayo teman2 yang lain, jangan sampai putus asa dan kehilangan semangat! Banyak sesama pejuang kok!

  85. Icka

    Hari ini H-3 dari pembagian raportku.. Dan aku lagi kwtakutan, keluar flek dan gumpalan.. Pasti gagal ya nih artinya? Besok sih disuruh ketemu dokternya.. Doakan hasil yang baik yah guys…

  86. risa

    icka : haiii icka, kalo flex kn biasanya tanda penempelan embrio.. trus kalo gumpln gt biasanya siy efek dr obat crinone ituu yg dimasukin lwt vagina.. keik gumpalan tisue gt.. gimana kt dokternya kmaren?? insya allah baik2 aja yaaa…

  87. Icka

    @ Risa: program BT pertamaku gagal say.. *hiks…* waktu ke dokter, di-usg intra v, trus dokter bilang dinding rahimnya tipis dan ga ada penampakan apa-apa, dan pendarahan terlalu banyak.. Dokter bilang ini gagal.. Blom jodoh… Sedih n kecewa banget, aku ga seberuntung risa..
    Yah semoga berhasil di thaw cycle-nya, masih ada simpenan 5 embrio sih.. Balik lagi nanti di hari kedua mens berikutnya..
    Yang pasti aku bakal lebih hati-hati lagi… Doakan semoga berhasil yaa…

    Good luck yah buat yang masih nunggu raport.. Jangan mengecilkan masa penantian raport, santai tapi tetep sebisa mungkin gak banyak gerak2.. Minta support dari suami n keluarga.. Makan makanan bergizi.. Telur n susu jangan ketinggalan.. Karena rasa kecewa sesudahnya bener-bener gak terbayangkan sebelumnya.. Lebih baik mencegah kan? 🙂

  88. lisna

    HEI TEMAN TEMAN
    aku juga seperti kalian ikutan bayi tabung
    aku besok echo dan tes darah ini hari ke 12 setelah embryo transfer
    hei teman saya mu tanya dan saya sedikit bingung kalau gak ada flek darah is evrything ok !!!!
    dan juga saya selalu bangun pas buang air kecil susah untuk tidur lagi dan juga kaya mau muntah tapi gak muntah apa ini normal?
    sukses buat kalian goed luck
    lispet

  89. Icka

    @ Lisna: kita berharap dan berpasrah aja ya say sama Tuhan, yang penting tetep jaga kondisi.. Aku harap hasilnya baik.. 😉 Btw, BT dimana?

  90. lisna

    BT di uz leuven belgium
    tapi aku suka buka web ini sama sama indonesia
    hari ini baru tes darah bukan echo
    icka kamu tinggal di mana?
    ini no aku 0032 488 705 289
    lisna

  91. risa

    @icka : so sorry 2 hear that dear.. tapi alhamdulillah msh ada simpanan embrio yaa.. jdnya kan ga mesti ulang dr awal paling ga.. tetaap semangaat yaaa… iyaa, mendingankalo ga perlu2 amat tetep di temoat tidur deh selama 2 minggu gt.. at least kita kan berusahaaa menjaganya gt yaa.. insya Allah berhasil yaaaa.. amin.

    @lisna : smoga hasilnya + yaaa… amieennn..

  92. lisna

    ADUH KAYA MU RUNTUH NI BUMI
    barusan jam 16;30 bidan telpon saya kasih kabar bahwa saya negative
    aku nangis sedih banget udah cape lama nya pake puregon semprot hidung segala macam pitamin suntikan tiap ambil darah dua hari sekali aduh cape eh hasil nya nihil
    tapi kita jangan putus asa saya langsung ada janji tgl 27september kembali ke rumah sakit setiap hari berdoa mudah mudah kita di percaya sama alloh di kasih anak
    hari ini stop utrogestan biar mens keluar kata bidan nya
    im verry sad but we canot do nathing just wheting the goed thing four evrybody
    see you
    lisna

  93. Icka

    Lisna : i’m so sorry to hear that… 🙁 Tapi kamu yang kuat ya, jangan patah semangat.. Walaupun sedih banget rasanya karena udah capek banget dengan suntik2nya.. Lisna masih ada embrio cadangan? Ayo kita sama2 berjuang lagi ya.. 🙂

    Risa : thank you ya say supportnya.. Aku akan usaha lagi deh.. Ga boleh patah semangat dulu kan? Tetep jaga kesehatan ya.. Btw, ketahuan gak kembar/ga-nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *