Pengalaman bayi tabung keluarga Mery

Berikut ini adalah pengalaman Mery dalam menjalani program bayi tabung. Terima kasih Mery atas sharingnya…

Hi salam kenal!! Selamat buat Yenni dan temen lainnya yang uda berhasil hamil. Saya juga sedang menjalani program bayi tabung ke 2 kalinya setelah yang pertama gagal karena miscarriage. Saya tidak thaw cycle karena pada fresh cycle embrio cuma 4 dan semua uda embrio transfer (ET).

Sekarang saya masih harus suntik tapros selama 3 bln sebelum program bayi tabung. Kata dokter dari hasil USG saya masih ada endo jadi harus suntik tapros dulu supaya jaringan endo tidak mempengaruhi perkembangan sel telur kelak. Teman2 ada yang seperti saya harus suntik tapros dulu? Biaya yang harus saya keluarkan semakin banyak karena sekali suntik tapros 1,3 jt. Belum lagi efek samping yang harus saya alami. Sebelumnya saya memang sudah pernah suntik tapros selama 6 bln terkait penyembuhan after operation endometriosis 2 tahun lalu.

Saya penderita endo stage IV dgn kista ovarium kiri & kanan dgn diameter 6 dan 8 cm. Sesudah operasi dan penyembuhan dgn suntik tapros selama 6 bln saya masih harus menerima kenyataan kedua tube saya blocked dan hydrosalphinx (bengkak berisi cairan yang dapat mengakibatkan keguguran jika hamil). Akhirnya saya operasi lagi kedua kali utk pengangkatan kedua tuba.

Karena tidak ada cara lain lagi untuk bisa hamil maka saya ikut program bayi tabung di Penang, Malaysia dgn Dr. Ng PW di RS. Lam Wah. Di kota tempat saya tinggal, Medan banyak yang mengalami infertilitas memilih ke Dr. Ng di Penang, mungkin selain dekat, biaya dan akomodasi juga tidak terlalu mahal.

Feb 2007 saya proram bayi tabung pertama kalinya. Sebelumnya operasi pengangkatan tuba saya juga dilakukan oleh Dr. Ng. Prosedur bayi tabung hampir sama dengan temen2 yang share disini. Test darah dan hormon, suami cek sperma. Suntik suprefact 0,10 selama 3 minggu dilanjutkan suntik gonal F 450 + suprefact 0,10 selama 14 hr.

Oh ya perkembangan sel telur saya termasuk lambat dan sedikit. Saya sempat stress karenanya. Kata dokter ovarium kanan saya tidak begitu maksimal lagi akibat endometriosis. Penyuntikan saya lakukan sendiri tiap hari 2 inchi dari pusar.
Sesudah 14 hari gonal F saya diberi ovidrel 250 mg utk pematangan telur. 2 hari kemudian OPU, saya dibius setengah sadar jadi tidak merasa sakit.

Sel telur yang dapat 9, yang jadi embrio hanya 4. 3 hari kemudian saya ET, prosesnya cuma 15 menit tapi cukup menderita karena harus menahan pipis selama proses ET.
Sesudah istirahat 30 menit saya baru diperbolehkan pulang, tapi sebelumnya saya diberi suntik penguat rahim pada hari itu dan 4 hari kemudian. Saya juga diberi obat progesteron namanya cyclogest yang dmasukkan ke vagina 2 kali sehari.

Sesudah ET saya lebih banyak beristirahat, tidak melalukan banyak aktivitas yang berat. Seperti Yenni bilang tidak harus bedrest total juga. Soalnya banyak temen2 saya yang bilang sesudah ET harus stay di bed termasuk makan dan buang air. Setelah saya mengalami keguguran banyak yang mengatakan karena saya tidak mematuhi aturan tersebut adalah penyebabnya. Padahal setelah bertanya pada dokter dan membaca sharing disini saya yakin bukan itu penyebabnya.

14 hari sesudah ET saya test darah dan dinyatakan hamil. Bahagia sekali rasanya mendengar kabar tsb setelah married 7 thn. Tapi sayang 2 minggu kemudian saya keguguran. Rasanya spt kiamat deh. Awalnya ada flek sedikit, karena saya panik flek semakin banyak dan perut semakin nyeri. Meskipun disuntik penguat rahim janin saya tidak dapat dipertahankan.

Saya lebih yakin faktor psikis yang menyebabkan keguguran saya. Selama di Penang saya tinggal seorang diri di kamar apartemen yang saya sewa. So bayangkan sendiri deh gimana boring dan stressnya ditambah lagi kekuatiran, negative thinking, takut tidak berhasil. Hal2 seperti itu amat berpengaruh pada kondisi janin. Pokoknya kalo mau bayi tabung ga boleh stress, always positive thinking deh.

Tgl 16 feb kemarin saya uda suntik tapros yang pertama. Saya masih harus suntik 2 kali lagi. Saya masih bingung dengan prosedur yang harus saya jalani nanti. Oh ya program ivf kali ini saya tidak di Penang lagi tp di Medan.

Ok deh buat temen2 yang belum berhasil, kita sama2 berjuang ya.. tetap semangat ya.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

414 thoughts on “Pengalaman bayi tabung keluarga Mery

  1. Yenni

    Hi Mery, salam kenal ya… thanks atas sharingnya. Saya jadi ikut sedih nih abis baca pengalaman kamu. Saya juga setuju banget endonya dibersihin dulu baru ikut bayi tabung lagi supaya peluang keberhasilannya lebih besar. Saya salut deh dengan semangat dan perjuangan kamu, don’t worry banyak yang gagal berkali2 tapi akhirnya berhasil… semuanya ada jalannya kok. Betul katamu tetap semangat… dan jangan stress. Semoga berhasil ya…

  2. Mulia

    Hi Mery, apa kabarnya? Saya udah pulang Jkt kmrn malam, aduh flight yg dari PEN-KUL bikin pusing & memicu mual jd muntah2, abis pilotnya nabrak2 awan terus sampe pesawat goncang2 kencang. Ntar malam saya mau ke dr.Tjien, periksa kondisi kandungan aja krn kmrn sampe jkt rasanya cape banget, walaupun dr.Ng suruh minggu dpn baru cek ama dktr Jkt. Trus Mery juga jangan putus asa, jadi tetap harus semangat dech jalanin programnya. Krn ada satu aci dari medan (tamu acen jg) dia udah umur 45thn, tapi tetap program walaupun udah pernah gagal 3x program bayi tabung di Medan. Saya kenal ama aci itu karena dia cari saya buat sharing pengalaman, kali ini dia ET 3embrio yg terakhir (thaw cycle). Waktu fresh cycle ivf dgn dr.Ng, dia udah berhasil hamil kembar tapi kejadian kegugurannya agak mirip dgn kisah Mery waktu yg fresh cycle dan dia hrs opname 6hr krn pendarahan banyak & kondisi badan lemah.

    Oiya Mer, waktu 3minggu lalu saya jg ada keluar flek, jadinya bsk nya ke dr.Ng trus langsung diksh suntikan Hormofort (progesteron 2x250mg). Nanti kalo saya udah periksa ke dr.Tjien, nti saya info2 lagi kbrnya dech…..

    Okay Mery, tetap semangat, optimis & banyak2 doa yach….. πŸ™‚

    Bye, Mulia

  3. mery

    Hi Yenny, thanks banget atas saran dan supportnya. Semoga Yenny sehat selalu dan sukses sampe melahirkan.

    Hi Mulia, selamat ya uda sampe jakarta dan program thaw kali ini berhasil. Iya nih sy juga uda semangat lagi setelah baca byk sharing temen2 disini. Mulia uda pernah ke dr.Tjien sebelumnya? Btw, thanks ya mulia atas supportnya.

  4. Mulia

    Mery gimana udah suntik tapros yg terakhir? Kapan dpt jadwal mulai suntik2 utk prgm ivf? Kabar2in yach soalnya udah lama ngak ada kabar dari Mery.

  5. dicky

    Salam kenal buat mbak Merry,
    Sy turut sedih membaca pengalamannya tapi satu hal yaitu jangan pernah putus asa mbak dan pasti ada hikmah yang bisa diambil dari peristiwa ini…
    Kebetulan kami juga ikut program bayi tabung dan sudah berhasil..tapi sejarahnya panjang, istri saya juga kena endometriosis dan diberi suntikan tapros hingga sembuh..cuman kami lupa endometriosisnya sdh stage berapa..
    Jadi menurut saya selama segalanya masih mendukung jangan pernah lelah untuk berusaha…
    Tetap semangat!!!…

    Salam buat keluarga..
    Dicky E

  6. Hanoum

    dear Mbak Merry,
    mudah-mudahan merasa sangat beruntung. karena termasuk keluarga yang mampu mengikuti program bayi tabung. di indonesia lebih banyak yang tidak mampu. usaha terus Mbak, jangan putus asa. Mbak kalo boleh tau, bagaimana pendapat Mbak tentang pelayanan di Penang? bedanya dengan di Medan? saya dengar di Indonesia sudah banyak juga program bayi tabung.
    Semoga sukses

  7. Angel

    Hi, Mery klo gak salah kamu jg di RS. Lam Wah ya di Penang, trus dokternya jg Dr. Ng Peng Wah ya. boleh tahu gak biaya operasi utk pengangkatan hidrosalping berap? dan berapa hari hrs di rawat di rumah sakit?oh ya operasinya itu apakah pake laparaskop
    Mery, klo biaya ivfnya sendiri brapa? dan apakah sdh termasuk Gonal F?
    disana Gonal Fnya brapa harganya?. thanka sebelumnya

  8. mandy

    Hai Mery, salam kenal.. Saya ikut sedih membaca pengalamannya. Tetap semangat yah.. Moga2 kali ini semua berjalan dengan lancar.
    Kalau boleh tau di medan ivf dengan dokter yang mana ? Trus perkiraan biayanya brp ? Saya juga tinggal di medan, dan berencana untuk ivf juga.

  9. mery

    Hai mulia, sori yah agak sibuk belakangan ini. Tgl 14 kemaren saya udah suntik tapros yang ketiga kalinya. Trus tanggal 28 ini saya ke dokter lagi dan baru bisa tahu kapan jadwal ivf nya. Doain ya mulia… Mulia sehat aja kan…udah tau babynya co or ce belum?

  10. mery

    Salam buat Dicky dan keluarga. Terima kasih sekali atas support dan doanya. Sekarang saya juga uda mau mulai program lagi. Tgl 28 ini saya ke dokter lagi. Doain ya…Selamat atas kelahiran putranya.. saya terharu sekali , mudah2an saya juga bisa berhasil seperti Dicky.
    Salam buat istri dan babynya…

  11. mery

    Dear Hanoum, salam kenal ya.. thanks banget atas sarannya. Btw, Hanoum juga ikut program IVF, bukan tinggal di indonesia ya? Di penang pelayanannya cukup oke, dan biayanya juga jauh lebih murah. Selain itu saya pilih di Penang juga atas rekomendasi bbrp teman saya yg uda berhasil program ivf di Penang. Sekrang saya program di Medan, krn disini juga keberhasilannya cukup tinggi. Sukses juga buat Hanoum.

  12. mery

    Hai Angel salam kenal, iya saya dioperasi di RS.Lam Wah dengan Dr. Ng Peng Wah. Waktu laparoskopi biayanya sih sekitar RM 4500. Saya dioperasinya hari Selasa, keluar RS hari Kamis. Klo biaya IVF yang saya keluarkan kira2 RM 13.000 uda termask gonal F, OPU dan ET. Biaya sih tergantung ama pemakaian gonal F, kalo sperti saya termasuk banyak krn sel telur saya cuma sedikit dan lambat kembangnya. Gonal F lebih murah di Penang daripda disini. Bedanya cukup jauh. Hrgnya yg 1050 IU sekitar RM 1150. Oh ya, apakah Angel juga berencana program IVF?

  13. mery

    Hai Mandy salam kenal ya.. Saya sekrg program dengan Dr. Binarwan Halim. Saya rasa di medan masih cuma dr. Binarwan ya yng bisa handle IVF.Saya dengar tingkat keberhslannya juga tinggi makanya saya coba di Medan. Sebelumnya saya memang mau kembali ke Penang dengan dr. Ng, tp pertimbangannya di Penang saya cuma sendiri, tidak ada anggota kelurga saya yg bisa menemani. Saya juga agak trauma dengan kegagalan kemaren apalagi saya jg cpt stress tinggal sendiri di apartemen jdnya sy memilih program disini. Kalau utk saya perkiraan biayanya sekitar 55 juta.Itu juga dengan perkiraan pemakaian gonal F sama seperti di Penang. Oh ya Mandy apakah pernah IVF sebelumnya? Rencananya mau ikutan dimana?

  14. DYNA

    waduh bersyukur, kalau memang biaya yang dkeluarkan setimpal dengan hasil yang didapat, maxudnya, apakah dokter sdh cukup memberikan penjelasan yg baik? sdh melihat latar belakang pasien shg obat yang diberikan tepat dosisnya? mungkin kasus saya sgt jarang terjadi, proses bt yg saya jalani adalah proses khamilan ke 6, yang I,II miscariage tanpa diketahui sebabnya,hamil spontan loh, yang ke III lahir selamat, hamil spontan, melahirkan normal, sekarang 5th,hamil ke IV & IV, KET (diluar kandungan) sehingga sy menjalani operasi pengangkatan saluran tuba, yang akhirnya menyebabkan saya tidak bisa hamil spontan.
    proses bayi tabung saya jalani sangat lancar sampai pada proses fertilisasi, embryo yg dihasilkan ada 7, 3 excellent, 4 good. 2 ET lancar, tp negatif/saya tidak hamil. Biaya yg dkeluarkan 80 jt, TP dokter tidak bisa menjelaskan kenapa gagal? secara klinis byk hal katanya, so apa yg hrs kita lakukan selanjutnya?? tidak ada diskusi?
    Hiperstimulasi saya yakin bisa dihindarkan, dengan pemantauan intensif, apakah medis tidak berpikir bhw hiperstimulasi, adalah keadaan dimana rahim/keadaan tubuh kita tidak siap menerima apapun/ET?? boro2 ET, lah nafas aja susah?? ga heran kl gagal..nah yg begini lebih baik pasien tau secara gamblang, mudah2an pd proses thaw dapat dihindari keadaan ini..
    btw buat temen2 yang males di penang ato singapore sendiri, knp kita ga barengan aja sewa apartmen, jd ga boring disananya?? trs terang tdnya saya pengen program ini dilakukan di KKH atau Penang, tp ya itu, takut strees tinggal di apartmen sendirian, so gmn kalo kita bergabung aja dsananya….

  15. Angel

    Mery, aku kayaknya mau ivf di Penang aja deh. selain harganya bagus hasilnya jg bagus kan. cuma aku bingung kok dokter di sini gak ngomong hrs operasi hidrosalping dulu ya. apa ada yg hrs ada yg gak perlu. Mer, kamu hbis operasi hidrosalping , berapa lama baru bisa ikutan program ivf? trus habis pengangkatan hidrosalping hrs stay di Penang berapa lama?

  16. mery

    Oh ya Angel, waktu operasi lapaorskopi sy opname di rs 2 malam, sesudah keluar rs sy istirahat di apartemen 2 hari, udah itu balik ke dokter lagi utk cek kondisi dan sekalian sy juga tanya2 ttg IVF. Besoknya sy baru plg ke medan. Oh ya Angel, hrg gonal yg per vial 500 rb itu isinya berapa IU? Soalnya yg sy pake yg isinya 1050 IU. Itu cukup utk 2 hari suntik. Sekali suntik sy pakai 450 IU. Btw, skrg sih uda ga pake gonal lagi ya. Disini saya pakai puregon nantinya. Mulia di Penang juga pakai puregon. Tp waktu saya di penang masih pakai gonal. Ok deh good luck ya angel.

  17. mandy

    Saya belum pernah ivf sebelumnya. Dulu saya pernah mengalami infeksi rahim makanya susah hamil. Tahun lalu saya juga ke Binarwan, tapi cuma untuk ikut program hamil aja dan gagal. Tadinya mau langsung ivf disana aja sih, tapi suami lebih prefer ivf di luar kota. Mungkin kita mau buat di Jakarta aja. Rencananya bulan depan ini kita mau coba konsultasi ke RS Family Jakarta.

  18. Angel

    Hi, Mer harga Rp. 550.000,- per vial itu untuk Gonal F yang 75 iu.klo Mery di Penang 1050 iu = RM 1150 ( kira2 Rp.3.450.000,-). 1050iu/75 iu = i4 (berarti 1050 itu = 14 bh yg 75 iu ), jadi harga 1050 di sini adalah, 14 X Rp.550.000,- = Rp. 7.700.000,-. kira2 2X lipat harga di Penang temen2.

  19. mery

    Hai angel, kapan jadi ke Penang. Kemaren saya ada posted buat angel di sharingnya mulia..
    wah ngeri juga ya selisih harganya.

  20. NIA

    Hai semua…saya baru aja mau ikut gabung nih.
    Saya baru aja ikut program IVF yg pertama kali. Kemaren baru aja ET nih… Sebenernya saya juga ada endo stage 2. Dokter memberikan saya Suprefact 0,4 trus dilanjutkan dgn 0,2 + Gonal F 225. Tanggal 4mei saya OPU telurnya dpt 13 dan yg jadi embrio ada 9. Wkt ET dokter cuma memasukkan 3 saja karena umur saya dianggap msh muda (28thn). Saya di tangani di SILOAM HOSPITAL Surabaya dgn Dr.Hendro & Dr.Aucky. Saya mau tanya2 aja klo ada yg udah pengalaman punya endo tapi IVF. Kira2 bisa tetep hamil ga ya ??? Soalnya klo hamil alami jelas sulit krn endo meyebabkan perlekatan. Pliss share nya ya….Skrg saya tiap hr di beri obat penguat melalui V 3×2. Saya ga berani berharap byk krn saya sadar ada endo di perut saya. Thx to all.

  21. mery

    Hai Nia, sy jg endo stage 4 dan kista ovarium kiri kanan. Kedua tuba sy jg blocked dan kena hidrosalping sampai kedua tuba hrs dibuang. Sy uda 2 kali laparoskopi dan laparotomy. Sy uda IVF dan berhasil hamil tp gugur di minggu ke6. Walaupun ada endo chance kamu hamil tetap ada kok. Yg penting kamu jangan stress, santai dan enjoy aja ok dan tetap optimis ya.
    Sy sekrg sdg IVF kedua. Tp sebelum mulai dokter blg endo sy muncul lagi jadi dokter anjurin sy utk suntik tapros dulu selama 3 bln utk mematikan jaringan endo,katanya biar kualitas dan kuantitas telur bisa lebih baik. Soalnya akibat endo yang lalu ovarium kiri sy tdk begitu produktif lagi.Proses ivf seblumnya sy cuma dapat 4 embrio yg semuanya uda dimasukkan.
    Btw, kamu langsung IVF tanpa mengobati endo ya? Trus kedua tuba kamu masih paten atau blocked?
    Mudah2an kamu berhasil hamil ya, good luck!

  22. Nunung

    Hai mbak Nia , saya juga ada renc BT di Siloam dgn dr. yg sama dgn mbak . Klu awal datang ke dr Hendro apa memang langsung cek hormon atau konsul dulu ya ? mslhnya sy tinggal di Mlg

  23. NIA

    Hai mer….Thanks responsnya ya. O ya aku lupa cerita nih, waktu sehari setelah ET aku kok ngerasa suhu badannku agak anget ya tapi aku ukur pake termometer biasa2 aja ya emang aga lebih dari biasanya. Trus tiap menjelang subuh kira2 jam 3-4pagi perutku seperti menegang & berkontraksi. Aku kdg2 sampe parno sendiri. Aku pikir tanda2 mau mens nih. Sapa tau aja ada yg pny pengalaman kyk aku pliss share nya ya….thanks before

  24. NIA

    Hai nunung…Aku support deh utk ikut program ini. Biasanya kita konsul dulu dengan dokter Aucky. Dia tanya maksud & tujuan kita. Kemudian dia yang menentukan tgl kedatangan kita berikutnya sesuai dengan perhitungan menstruasi kita. Nah..biasanya datang berikutnya itulah kita di cek hormon, USG & lain2. Sebaiknya kalo mau ikut program ini stay aja di sby…krn biasanya klo sudah mulai program bisa2 2-3hr sekali kamu hrs ke rs untuk USG & cek hormon. Cek hormon bukan cuma 1x tapi berkali2. Krn hars di pantau terus perkembangan sel telur & hormon kita.
    O ya…Nanti tgl kedatangan kita dokter yg menjadwalkan. Soalnya cuma dia yg tau rumusnya hehehe
    BTW, sudah merit berapa lama nih ?? sebelumnya sdh pernah melakukan pemeriksaan apa aja?

  25. Nunung

    Hai Mbak Nia , aku dah merit 12 thn ( lama ya … ) seingatku mulai cek ke dr kandungan di Malang sekitar 7-8 th yg lalu , dr bilang aku subur gak ada masalah so aku tenang2 aja tp tambah lama koq si baby gak nongol ya ? Karena curiga ganti suami yg aku dorong periksa ke androlog stlh cek sperma ternyata jumlah memenuhi cuman gerakan kurang aktif .

    Mulailah dia di treatment spy sperma bisa lincah he he he mulai akupuntur , sinshe , pijat refleksi dll . Setiap ngantar aku selalu iseng2 nanya ke dokter & tukang pijet-nya koq aku nggak dicek sekalian ? setelah 1x pemeriksanaan mereka semua bilang aku OK nggak ada masalah jadi ya wis akhirnya aku cuman jadi pengantar suami berobat .

    Thn 2005 aku coba cek lagi ke dr Sutyoso di Malang , mulai diberi pil penyubur sampai +/- 4 bln tp gak nampak hasil , di USG clean tdk ada kista dkk , di laparoskopi juga nggak ditemukan hal2 ganjil terakhir di HSG baru keluar vonis bahwa saluran telur yg kanan agak sempit dan yg kiri ujungnya agak menutup ( kuncup ) sehingga pertemuan sel telur & sel sperma secara normal susah terjadi . dr menyarankan BT dan aku dikasih srt pengantar plus rekap medik ke Siloam untuk ketemu dgn dr Hendro & dr Aucky .

  26. NIA

    Hai All…Minta share nya donk. Apa ada yg ikut program bayi tabung yang 1x ikut langsung berhasil.Soalnya selama aku ikut program & ngobrol2 dengan temen saat antri di dokter semuanya rata2 gagal. Kalopun ada yg berhasil, pasti sudah berkali2. Kalo emang ada yg pertama ikut BT lsg jadi tolong share nya ya….thx

  27. dicky

    Salam kenal buat mbak Nia,
    Kebetulan kami termasuk yg sekali langsung berhasil..banyak jg teman2 pasien kami dulu yg berhasil pada saat pertama kali menjalani program BT..
    Yang penting kita sdh berusaha mbak..hasilnya benar2 hrs kita pasrahkan ke Yang Diatas…

    Salam,
    Dicky

  28. Veronica

    Merry..klo di Medan utk sekali program biayanya berapa ?
    Nama rumah sakitnya apa ?
    Trus emang habis ET disuruh rawat inep 3 hari di RS-nya ? aku ikut di Bunda cuma istirahat 1/2 jam boleh pulang lho..padahal perjalanan 2 jam dari RS ke rumahku..pengaruh ngga ya teman-teman ?
    Aku soalnya mau thaw cycle nih siklus bulan depan..jadi mau cari-cari info yang banyak dulu biar lebih jelas apa yang boleh dan ngga setelah ET nanti.

  29. Angel

    hi, Mery,apakabar nya neh?. Mery ikut program ivf di Medan ya kali ini? . dah sampai tahap apa?. aku dah plg lagi ke jakarta. nanti tgl 21 ( pas mens )aku balik lagi ke penang. tapi dokternya gak bilang2 harus operasi hidrosalping gitu.

  30. feni

    hi.. mery, waktu laparaskopi baru ketahuan ada endo atau hsg uda ketahuan? setau saya kalo di penang dokternya rata2 suruh laparaskopi dulu kalo suda beberapa tahun ga hamil. ada saudara saya jg rata2 disuruh laparaskopi walaupun Mnya teratur,
    saya jg baru abis BT dan gagal , dan kayaknya mau laparaskopi, tp belum tau dimana? di penang berapa duit yah? thx , semoga sukses yah..

  31. mery

    Hai Veronica, sy program di Halim Fertility Centre/Dr. Binarwan Halim. Biaya standarnya sih sekitar 30 juta. Tp karena ovarium kiri sy sudah tidak produktif lagi maka obat gonal f atau puregon yg dibutuhkan lebih byk maka biayanya juga ikut bertambah. Perkiraan biaya saya sekitar 50 juta. Skrg sy masih tahap suntik suprefact. Bln depan baru OPU. Kalau disini after ET istirahat satu jam baru diperbolehkan plg. Semoga vero juga sukses thaw nya bulan depan ya. Good Luck..

  32. mery

    Hai Angel, lama ga kedengaran kabarnya ya. Sy uda mulai program 12 Mei lalu, sekrg masih suntik suprefact. Berarti Angel mulai programnya tgl 21 mei dong ya. Biasanya hari kedua atau ketiga mens disuruh suntik suprefact ama dokternya. Syukur deh ga usa operasi. Btw, dokter Ng blg apa soal hidrosalpingnya?

  33. mery

    Hai Feni…awalnya lwt usg sy diketahui kena kista ovarium kiri kanan yg diameternya uda besar dan hrs operasi. Awalnya sy dilaparoskopi tp diketahui ada endo yg menyebar sampe ke usus dan sy di laparotomi lagi. 8 bulan kemudian sy kena hidrosalping akhirnya sy di laparoskopi lagi utk buang kedua tuba yg uda rusak. Jd emang endonya ketauan pas laparoskopi tp emang sy hrs jalanin laparoskopi krn uda ada kista. Biaya laparoskopi di Penang tergantung RS nya yah kalo di Island Hospital tempat sy pertama kali laparoskopi sekitar RM 6000. Kalau di RS Lam Wah sekitar RM 4500.

  34. Mulia

    Mery, udah ET khan & berarti skrg lagi bedrest sesuai anjuran dktr yach… Semoga berhasil hamil lagi yach & yg kali ini dapat berjalan baik sampe melahirkan. Trus jgn buat bnyk aktifitas kyk dulu lagi, kalo mo aktifitas yg ringan2 aja dulu dech. Jangan pergi nonton bioskop dulu jg yach, sabar2in aja di rmh dulu. GBU Mer…

  35. Veronica

    Hii..Merry, goodluck ya..smoga bhasil hamil lagi..klo dah bisa posting jangan lupa share proses OPU n ET nya gimana.
    Pas ET mo nanya brapa ketebalan lapisan endometrium rahimnya ?

  36. Lenny

    > Tx ya Mer…atas infonya. Dengar2 di dr.Binarwan, ada brp % pasien yang
    > sudah berhasil…? Sy sebenarnya tinggal di Nias dan skrg masih bingung
    > mau ikut yang di Medan atau di Penang (spt Mulia), karena sy thn 2003
    > pernah insem 2 kali. Sekarang sdh merid selama 7 thn. Bgm pendapat Merry
    > yang baiknya…

  37. itha

    hiMery..
    Pa Kabar?…. Semoga tgl 4 Juli nanti sukses ya Mer…sekarang sedang apa, banyak membaca aja mer,,, atau nonton CD yang lucu2 seperti kunfu Panda….
    Sukses ya.. dan selalu berdoa.

  38. mery

    Hi Itha..iya nih di rumah aja sehabis ET. 5 hari pertama bedrest total…udah itu tetap bedrest juga tp uda bisa bangun jalan kesana kesini kalo ada perlu…iya nonton, baca juga, kungfu panda uda nonton di bioskop sebelum OPU, lucu banget………besok sih hari penentuan, deg2an nih, mudah2an mlm ini bisa tidur. Tp apapun hasilnya..itulah yg terbaik yg diberikan Tuhan ke aku…

  39. mery

    Hi Mulia, thanks ya atas supportnya selama ini, besok kukabarin ya hasilnya..

    Hi Vero, thanks ya…mudah2an vero juga berhasil…ketebalan dinding rahim ku terakhir usg 11,5…

  40. mery

    Hi Lenny, jauh juga ya di Nias..Kalo BT mau di Penang atau di Medan sama aja sih…Yang penting Lenny mantap program disana, siap fisik dan mental deh. Semua yang menentukan adalah Tuhan, kita hanya bisa berencana…mudah2an Lenny berhasil ya kapan dan dimanapun programnya. Good luck!!

  41. mery

    Hi Lenny, jauh juga ya di Nias..Kalo BT mau di Penang atau di Medan sama aja sih…Yang penting Lenny mantap program disana, siap fisik dan mental deh. Semua yang menentukan adalah Tuhan, kita hanya bisa berencana..

    Tingkat keberhasilan di Dr. Binarwan tahun lalu 42 persen, mudah2an Lenny berhasil ya programnya kapan dan dimanapun…Good luck

  42. Veronica

    hii..merry, gimana nih hasilnya? berakhir juga ya H2Cnya..hari ini tes HCGnya kan? smoga kabar baik ya…

  43. tia

    Vero susahnya kalo di BIC /Bunda aku juga di Teratai Gading Pluit rencana setelah ET request aja mau rawat inap karena ruangan rawat inap satu lantai dengan ruangan ETnya. kalo di Bunda kan gak ada ruangan rawat inapnya ya?.

  44. Veronica

    ada donk..kan di RS-nya klo OPU ato ET lantai IV..bukan di BIC-nya.
    Klo yang 1 orang 1 kamar itu 750ribu/harinya.
    Tia, klo di Gading Pluit brapa biayanya? paket kayak di Harkit ato kayak di Bunda obat bayar terpisah lagi?

  45. itha

    HELLO mERY,
    gmana hasilnya….trustrang, aku jg ikut deg–deg an loh… nunggu kabar dari kamu…semoga Tuhan memberikan yang terbaik ya untuk kamu dan keluarga.
    God Bless Us.

  46. mery

    Hi Vero…iya nih hari ini deg2an banget. Puji Tuhan hasilnya positif meskipun Bhcg nya masih rendah, 59….Mudah2an kehamilan ini bisa berjalan lancar…Thanks ya Vero atas doa dan supportnya….

    Hi Itha, thanks ya uda ikut support ama deg2an juga…hasilnya positif tp Bhcgnya masih rendah…mudah2an bisa bertahan ampe selanjutnya.

    Utk Itha dan Vero semangat ya…mudah2an kalian juga sukses. GBU

  47. Itha

    Hai Mer, seneng bgt denger kabr baiknya, smga embrio bs nempel sd melahirkan, … Yaa. Dgn segala kesabaran dlm pengobatan slama ini Mery skrg diberikan Anugrah oleh Allah. Smga nular ke aku ya.
    Mer, brarti u Bt di penang dan di medan keberhasilanya tinggi ya mer. Skali lg sukses ya

  48. mery

    Hai Itha, thanks ya..iya BT di medan keberhasilannya uda lumayan tinggi. Dari grup aku ada 6 org, kita harinya hampir barengan semua, semuanya berhasil positif..Cuma bhcgnya beragam, ada yg tinggi banget ada juga yg termasuk rendah kayak aku. Yg paling tinggi bhcgnya 2014 (selamat utk Yulie…), uda pasti kembar..Moga2 semuanya lancar ampe melahirkan, aminnn
    Eh Itha rencananya kapan mulai BT? Semoga sukses yah..

  49. Itha

    Mer, Bersyukur ya kalo berhasil smua temen2 disana, tp kalo boleh tanya dimedan, rs u BT ada brp bnyak? aku rencna bt di Jakarta rs family br nunggu test darah dulu pas mens juli pertengahn.

  50. mery

    Itha..di medan yg bisa BT cuma di klinik Dr. Binarwan. Tempatnya bukan di RS, tp praktek dokter gitu…Temen aku yg 6 org itu, 3 org juga dari jakarta..mungkin krn pertimbangan biaya disini lebih murah juga kali ya…
    Berarti programnya bentar lagi dong, mudah2an Itha berhasil juga ya..good luck

  51. itha

    😐 hi Mery…
    Thanks ya supportnya, kapan usg lagi smga hasil nya baik ya, trus soal makanan ada pantangan ngak… eh lupa mau tanya kamu kerja ngak Mer…

    Sabtu kemarin aku baru konsul, untuk cek darah & USG pas mens hari ke-2 dan hari ke 8 aku hrs HSG lagi ( hsg terakhir BT pertama thn 2005), menrt mery gmana, knpa aku hrs HSG lagi ya, atau dia mau tau kondisi ovarium dan saluran falopi krn sdh lama tdk hsg. pdhl walau nanti ditemukan ada penyumbatan pun tdk mempengaruhi proses BT khan?

  52. Lenny

    Slamat y Mer,hslnya positif,Tuhan pasti kasi yg terbaik bagi kita. Aku nyesel deh kok br dengar ttg dr Binarwan ya, pdhl udh sering2 k Mdn dan udh bolakbalik ganti Dokter, eh nga nyangkut jg,hebat y semua teman Mery jg positif. Bersyukur deh ada blog ini..jd aku bs byk tau. Bhog itu apa Mer, dan mnentukan apa? Jd mery kpn k Dokter lg? Dan skrg minum obat apa aja? Mer, apakah teman2 Mery yg satu kelompok itu fresh cycle se
    mua?

  53. mery

    Hi Itha, usg aku 3 minggu lagi, aku berharap banget semoga ga ada masalah. Awal2 kehamilan seperti ini harus siap mental banget menhadapi kemungkinan terburuk..
    aku belum nanya dokter lagi soal makanan pantangan itu apakh tetap berlaku sesudah hamil. Aku sih tetap jalanin pantangan makannya.
    Kebetulan aku juga uda gak kerja lagi Itha, semenjak bermasalah banyak dengan reproduksi aku putuskan utk resign..

    Aku kurang tau juga ya Itha kenapa harus HSG lagi, soalnya dari program BT aku di 2 tempat berbeda gak ada HSG…Seharusnya sih ga masalah ya kalo emang tuba tersumbat dengan proses BT nanti, kecuali kalo ditemukan adanya hidrosalping yaitu tuba bengkak yg bisa membahayakan jika hamil nanti.
    Tp Itha tenang aja ya dijalani aja programnya dgn santai ok..
    Aku doain semoga Itha programnya lancar dan berhasil hamil…

  54. mery

    Hi Lenny, thanks ya….biasanya Lenny ke medan cari dokter mana? Puji Tuhan semua teman berhasil positif hanya aja perjalanan masih panjang,masih byk resiko yg harus dihadapi, semoga semua bisa lancar ampe lahir..
    Bhcg itu hormon kehamilan yg muncul dalam darah. Biasanya 2 minggu setelah ET kita disuru test darah utk melihat kadar Bhcg, kalau diatas 7 berarti positif hamil dan dibawah 7 berarti negatif…
    Usg aku 3 minggu lagi, moga2 lancar ya. Iya, 6 org teman aku semuanya fresh cycle.
    Btw, Lenny uda putuskan utk BT dimana?

  55. itha

    πŸ˜‰ Mery
    Trims ya Mer,aku makin semangat juga nih u/ BT kali ini, banyak2 teman2 yg berhasil smg aku juga tertular ya…
    aku doakan kamu n janin dlm keadaan sehatlancar sampe melahirkan ya.

  56. itha

    @ Mandy…
    Hi Salam kenal …aku denger/baca kamu mau konsul di RS Family jakarta ya.. apa sdh mulai program mbak MAndy? gimana tim dokter disana?

  57. Veronica

    Hii..merry, selamat ya dah lulus H2C n hasilnya menggembirakan lagi..mudah2an nular nih ke kita2 yang msh berusaha πŸ™‚

    Ceritain donk pengalaman program di dr.Bin kali ini ampe bhasil positif..kita tunggu ya..smoga merry lancar ampe melahirkan nanti

  58. Yulie

    Dear Mery..
    biarpun kita udah smsan tiap hari tp g pengen jg ksh semangat lwt blog ini..he..he..
    Jangan banyak pikiran mer dan banyak istiraht,msh ada yg bhcgnya lbh rendah dr kamu..optimis sj.. mudah-mudahan kita semua bs berhasil sampai melahirkan..Amin..

  59. mery

    Hi Yulie, uda lama ga muncul ya di blog ini…
    walaupun kita barengan BT nya dan sms an tiap hari aku juga mau blg selamat ya uda positif ( mudah2an kembar ya hehe).. Aku udah semangat kok, apapun yg terjadi dan hasilnya nanti tetap semangat…Kalaupun gagal ..masih bisa mengulang lagi..
    Btw, td kamu blg waktu kita usg tgl 25 ntar mau bikin janji ama dr lagi? biasanya yg BT kan uda dikumpulin ama dewi utk usg bareng, ntar confirm ke dewi aja ya? Ok deh, ntar kamu juga sharing pengalaman di blog juga dong…take care ya..

  60. mery

    Hi Vero.thanks ya…mudah2an kamu juga sukses dengan thaw cycle kali ini, tetap positive thinking ya..mudah2an berhasil. Ntra dikabarin ya ver, kalo uda terima kabar tes bhcgnya..Good luck ya…

  61. Veronica

    Mery..thanks ya supportnya..aku juga mau brusaha positif thinking aja deh apapun yang tjadi..smoga kamu lancar ya ampe mlahirkan nti..

    Yuli..selamat juga ya kamu dah bhasil lulus πŸ™‚
    iya donk share pengalaman kamu di website ini buat tambah semangat yang masih pada bjuang nih… kita tunggu ya

  62. niketut

    Halo Vero,
    Bagaimana kabarnya after FET kemarin?
    Aku yg kemarin bareng ET di Bunda itu. Boleh tahu emailmu? Mudah2an kita berhasil ya ….
    Buat yg lain, salam kenal. Senang sekali bisa membaca sharing teman2 semua di sini, semoga kita diberi kemudahan thd semua usaha yg kita lakukan, amiiinnn…

  63. HERA

    Halo Mery & Yuli , salam kenal…Selamat ya atas keberhasilannya , smoga semua lancar2 aza sampe melahirkan . moga2 kita jg ketularan nih…mau tanya dong ama berdua , apakah ada ajuran & Pantangan untuk makanan sebelum BT dan sesudah ET , jadi sesudah ET harus benar2 istirahat total nih….jadi rasanya ikut ngak sabar pingin tau hasil USG nya ? untuk Yuli..mudah2an kembar ya….untuk Merry tenang aza jangan stress ya…nanti hormonnya jg naik.

  64. Yulie

    Mery..
    iya nih..sejak ET aku nggak ikutan sharing di blog ini..
    nanti kita buat janji sendiri waktu usg..kemaren dewi blg begitu. dia nggak ngurusin kita usg lg (mungkin udah capek ngurusin kita yg bawel.he..he).Rencana jam berapa mer? kalo bisa barengan yuk..jd bisa gosip-gosip langsung :-). aku blm tahu kalo nggak sore mungkin malam..tp kyknya sore deh..mau lht jadwal suami dulu..nanti setelah lancar baru deh aku sharing di blog..
    Sukses untuk kita semua..

    Vero
    Thank’s.Positive thinking aja..mudah-mudahan berhasil ya..
    rencananya setelah usg aku br sharing di blog.. sabar ya..

    Hera
    Salam kenal juga. Thank’s atas supportnya..
    kita yg ikutan program Dr.Bin sejak mulai suntik suprefact, udah mulai pantangan makan ‘n pantangannya banyak sekali salah satunya cokelat & keju.Setelah OPU dan ET pantangan makannya udah berkurang.pantangannya : Durian,nenas,nangka,terasi, penyedap rasa(Vetsin),kambing. menurut hasil survey ternyata makanan di luar semuanya menggunakan Vetsin..jd kt mesti makan makanan rumahan, jd nggak bs makan di luar..Saya selama suntik suprefact dan setelah ET pernah jg makan makanan bervetsin, untunglah tdk mempengaruhi perkembangan sel telur dan perkembangan embrio..Thanks GOD..
    Kalo anjuran dari dokter sih setelah ET bed rest minimal 3 hari (benar2 bed rest lho,spt pake pampers).kalo aku & merry bed restnya sampai penentuan BHCG..trus ya tdk boleh angkat berat-berat.
    Ok..itu aja deh..
    BTW Hera udah pernah ikutan BT?

  65. mery

    Yulie…dewi ga urusin lagi? Aduh paling bete deh kalo bikin janji usg ke klinik, nunggunya lamaaaaa…mudah2an kita yg BT ini diutamakan dulu deh. Ok, ntar kita barengan aja ya, uda lama ga ketemu jg hehe..

  66. mery

    Hi Hera, thanks utk supportnya..
    Soal pantangan makan tergantung dokter juga sih ya..Aku uda ikut 2 kali BT, yg pertama di Penang ga ada pantangan makan apapun, kalo yg sekrg byk banget…sebelum ET pantangannya kacang2an, tahu, tempe,tauco, bebek, harus ayam kampung, susu, kopi, coklat, keju, vetsin, makanan berpengawet, suplement, obat2an dan jamu2an, buah yg bergetah termasuk pepaya, nangka. durian dan nanas juga ga boleh. Kalo sesudah ET uda dijelasin ama Yulie…
    Ok deh Hera, semoga programnya juga sukses ya..Good Luck!

  67. mery

    Hi Hera,aku mau nanya dikit dong…
    waktu Hera ikut BT yang lalu, 22 hari ssdh ET Hera datang haid? Trus test bhcgnya brp hari dari ET? Hasilnya? Kata hera yg hormon terus turun itu hormon apa?
    Btw, Hera uda mulai program lagi blum?

  68. Veronica

    Hii, Ni Ketut..kemarin nginep ya..aku ngga jadi nginep langsung pulang kemarin setelah baring 1 jam..gimana nih..klo kamu apa yang dirasain after ET kemarin..aku agak mules2 nih perut ngga tau deh gimana hasilnya..kamu punya YM..nti kita chatting lebih enak sharenya..

  69. Nunung

    Hi Mery , salam kenal saat ini aku dlm proses BT di Siloam dg dr. Aucky . Ini hari ke-4 suntik Gonal F , tgl. 12 cek darah + USG utk memantau perkembangan sel telur . Memang sebelum ET ada pantangan makanan spt yg dikau sebut ya ? wah .. banyak banget yg nggak boleh padahal selama suntik2 sejak tgl. 23 Juni kemarin sampai hr ini aku gak berpantang apa2 soalnya dokter nggak bilang sih …. memang ada efek-nya ? ksh saran ya , oh ya waktu suntik Gonal F sempat ada flek spt mens tapi dikit , td mlm aku ada flek dikit … pengaruh nggak ? agak was2 juga nih …

  70. icha

    alo merry..senangnya tau ada yg berhasil lagi di program BT, bikin makin tambah semangat kita2 yg lagi usaha nih πŸ™‚ mudah2an lancar semua prosesnya, amin..

  71. Lenny

    Hai Mer,biasanya aku k Dr Zaman Kaban dan Dr Budi, cuma dkasi suplemen dan hormon,lbh dr 1semester-1tahunan deh aku dan suami konsumsi. Teman2 aku 1-2bln k sana eh lansung hamil. Aku msh blm mutusin k mana u BT.Kalau d Medan ada mertua dan byk sodara2,cuma aku takut stress deh ntar pd byk yg nanyak2, pdhl aku pingin tenang dan pingin privacy banget…hehehe jd curhat deh,cuma lbh dekat sih dan hemat akomodasi.Kalo d penang sih lbh jauh, tp lbh tenang nga byk yg nanya,dan byk teman senasib hehe. Btw kalo pemeriksaan sperma hrs masturbasi y, hbs my hubby suka nga bisa, jdny dia jd suka down,apa nga ada cara lain. Jdny tiap acara ambil sperma jd deg2an dan senewen,makanya waktu d Adventist cuma 2x insmnasi, pdhl dokternya blg bs 3x. Jd curhat lg deh.. Teman2 ada yg bs bantu?

  72. Angel

    hi, Mery dan Yuli selamat ya, kalian dah berhasil hamil
    klo gak salah Yuli kembar ya?
    Saya ET tgl 1 juli 2008, dokter nya tidak pesan pantang apa2 sama Saya. juga kepada pasien lain nya, malah kata dokter nya hari ke 2 sudah boleh ke mall. sekarang Saya sudah terlanjur minum susu tiap hari, pepaya, kemarin nangka lagi, coklat juga kacang dll yg kata nya harus di pantang.
    jadi gimana dong Saya sekarang?, mohon advis nya teman2

  73. Dianty

    Hello Mery dan Yulie,sebelumnya congrats ya.Kenalin aku Dianty,aku juga tinggal diMedan.Aku married pertengahan desember 07,trus hamil awal febuary n keguguran di pertengahan april 08.Aku mau nanya nih,kalo mau ikut program ini paling gak mesti nikah berapa lama ya?Trus kalo haid nya gak teratur bisa gak ya?Waktu hamil aku cari Dr.Rimin.Aku keguguran karena janin gak berkembang.Aku denger dari sesama pasien Dr.Rimin,ada 2 pasien dokter ini yang keduanya udah berhasil melahirkan anak kembar dengan bantuan inseminasi Dr.Rimin.Tadinya aku pikir dengan ikut program ini kita gak bisa keguguran,ternyata aku baca2 diinternet,ada juga ya yang keguguran walau ikut program.

  74. mery

    Hi Nunung salam kenal juga, soal pantangan makanan sih relatif ya, tergantung ama dokter dimana kita proses BT aja. Pas aku BT nya ama dr.Binarwan dan aturannya seperti itu ya aku jalani aja.. BT aku yg lalu di Penang malah sama sekali ga ada pantangan makanan, tp hasilnya aku tetap positif hamil kok cuma keguguran pas minggu ke6. Jadi Nunung ga usah stress deh mikirin soal pantangan makan, kalo emang dokternya ga anjurin ya gpp, yg penting selama program makan makanan sehat dan bergizi aja, ok.
    Oh ya ada flek ya..tp masih suntik gonal kan? Biasanya kalo flek pas abis ET sih gpp katanya malah pertanda embrio nempel. Kalo sekrg lebih baik Nunung tanya ke dokter gmn baiknya.. Semoga sukses ya Nunung, mudah2an positif..Info kita kapan OPU, ET dan test bhcgnya ok…Good luck!!

  75. mery

    Hi Icha thanks banget atas supportnya, icha juga sedang program kan sekrg ini? Uda ampe tahap apa? Mudah2an sukses ya…Good luck !!

  76. mery

    Hi Lenny…
    Iya Lenny, BT butuh ketenangan, kalo Lenny takut privacy terganggu dan stress pula krnnya yah pilih BT ke Penang aja seperti yg Lenny bilang. Bbrp temen di blog ini juga uda kesana kok spt Angel, Imel..jadi bisa sharing dengan mereka juga kan…
    Periksa sperma, pengambilan sperma pas OPU ntar ya emang hrs dgn masturbasi. Biasanya di setiap RS dan klinik BT uda disediakan fasilitas utk memudahkan mengeluarkan sperma dgn masturbasi…Kalo emang msh risih jg coba tanya ke dokternya boleh ga keluarinnya di rumah/apartmen dan langsung dibawa ke RS/Klinik. Biasanya sih bisa asal jangan lewat dari 30 menit.. Hanya aja lebih bgs sih langsung dikeluarin di RS aj, lebih fresh gitu loh hehe
    Semoga Lenny mau dimanapun BT nya tetap sukses dan lancar ya..

  77. mery

    Hi Angel, semoga berhasil hamil ya…kapan test bhcgnya? Soal pantangan makan tergantung dokternya aja…ga usah terlalu dipikirin deh, yg penting konsumsi makanan sehat dan gizi aja, ok. Kemaren aku ama Dr. Ng juga berhasil hamil kok,aku jg ga berpantang makan waktu itu. Jd ga usa stres dan terlalu dipikirin.ok Good luck ya!

  78. itha

    hi Mery…
    pa kbar? smga semua baik2 aja khan keaadaanya?..
    aku mau tanya aja nich kemarin aku baru test darah n USG pas hari ke-2 Mens, keadaan rahim baik, ada beberap telur , tdk ada endo tp aku ditemukan dugaan sementara ada kista berisi cairan di ovarium kiri besarnya 19 mm, aku sempet kaget juga knpa kista2 itu muncul lagi ( thn 2005 pas BT 1 ) pernah ada dan sudah di pungsi/kuret pd saat itu.

    menurt dokter, dia harus tunggu hasl HSG dulu baru nanti diketahui apakah itu kista/bukan dan kalo mmg kista harus dikuret/pungsi.kalo menurt kamu gimana Mer, kamu jg pernah alami kista ini khan? apakah dgn dikuret aja bisa hilang dan langsung mulai BT, walau aku banyak tanya ke dokter, dia ttp bilang ngak masalah kok.mgkn kamu bisa kasih aku saran Mer? tks before

  79. Angel

    hi, Mer, thanks support nya ya.
    aku test BHCG nya tgl 14 juli. kemarin sempat deg-an juga seh, setelah baca pantangan makanan.
    tapi agak tenang setelah mendapat penjelasan dari Mery.
    klo boleh tahu, duluuu waktu di penang, waktu mau keguguran ada tada2 apa gak, Mer?
    thanks sebelum nya

  80. Lenny

    Hai.. Mery, berarti nga bs secara coitus langsung ya.. (hbgn suami istri langsung). Aku tanya k teman2, ada jg yg hubbynya nga bs masturbasi, tapi rata2 sih bisa. Aku jd bingung ntar gmana dong klo pas perlu sperma, suami nga bs masturbasi kecuali coitus lgsg. Emangnya ada pengaruh ama hasilnya ya? Sepertinya aneh ya..tp sbnrnya problem kami utk ikut program ya gara2 itu. Teman2 tlg tanya k dokternya dong..

  81. mery

    Hi Itha dan temen2 lainnya yang uda kasi support ke aku. Td pagi aku berinisiatif tes bhcg dan ternyata hasilnya 0,10= non pregnant, dari yg minggu lalu positif 59 drop jadi non pregnant. Tuhan berkehendak lain, aku belum diberi kesempatan ternyata..tp aku masih tetap semangat utk next fresh cycle..Selama ini aku gak ada flek …mgkn masih bertahan karena supply suntikan progesteron Proluton dan utrogeston yg dimasukkan ke vagina setiap hari.

    Itha, kista aku kemarin uda gede banget 6 dan 8 cm jd hrs operasi. Kalo itha kistanya masih 19 mm, mungkin termasuk kista folikular yg bisa hilang dalam 2-3 siklus haid. Tp kalo emang mau lgsg BT bisa langsung sedot kok..aku taunya krn pengalaman Yulie seblum mengikuti BT, dia menjalani sedot kista seblm mulai BT, coba tanya Yulie mungkin dia bs membantu..

  82. mery

    Hi Itha dan temen2 lainnya yang uda kasi support ke aku. Td pagi aku berinisiatif tes bhcg dan ternyata hasilnya 0,10= non pregnant, dari yg minggu lalu positif 59 drop jadi non pregnant. Tuhan berkehendak lain, aku belum diberi kesempatan ternyata..tp aku masih tetap semangat utk next fresh cycle..Selama ini aku gak ada flek dan belum mens juga…mgkn karena supply suntikan progesteron Proluton dan utrogeston yg dimasukkan ke vagina setiap hari.

    Itha, kista aku kemarin uda gede banget 6 dan 8 cm jd hrs operasi. Kalo itha kistanya masih 19 mm, mungkin termasuk kista folikular yg bisa hilang dalam 2-3 siklus haid. Tp kalo emang mau lgsg BT bisa langsung sedot kok..aku taunya krn pengalaman Yulie seblum mengikuti BT, dia menjalani sedot kista seblm mulai BT, coba tanya Yulie mungkin dia bs membantu..

  83. mery

    Hai Angel, semoga kamu berhasil hamil ya..kemaren wkt di penang aku gak ada tanda2 kok, tiba2 aja ada flek coklat sedikit.Tp krn aku panik langsung ke emergency rs, dr.Ng gak ada, uda plg rmh( pas kejadian sabtu sore).Oleh bgn emergency aku disuruh opname…lalu ada sedikit insiden di rs, aku tertahan di resepsionist, mrk minta deposit sebelum masuk kamar rs, padahl aku cuma bawa dikit uang, krn tertahan disana bleedingku tambah parah, waktu akhirnya masuk kmr rs dan disuntik penguat uda terlambat..bleedingnya uda banyak dan waktu pipis jatuh deh…

  84. mery

    Hai Lenny,
    aku gak tau juga ya bisa dengan coitus atau gak, tp kalo dipikir rasanya ribet banget kalo hrs coitus..setau aku sih rata2 masturbasi….

  85. mery

    Hai Dianty, biasanya pasangan yg bisa dikatakan infertil jika selama satu tahun telah berhubungan suami istri secara rutin 3 kali seminggu tp belum hamil juga…Kalo dianty emang ga ada masalah apapun dengan organ reproduksi dan suami juga sehat2 aja sebaiknya berusaha dan tetap sabar..Tp jika emang ada masalah sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan. Kalo dianty haidnya ga teratur mungkin kena PCO. Ikut program kehamilan spt BT dan insem emang ga ada garansi pasti hamil dan berhasil ampe melahirkan, semuanya bergantung pada Tuhan, kita manusia hanya bisa berencana..
    Ok deh Dianty mudah2an bisa membantu ya…

  86. Veronica

    Hii..Mery, aku kaget juga denger kabar kamu ini…karena kan hasil tes BHCG kamu dah dinyatakan positif hamil..kok bisa tiba2 drop ya?
    Salut buat Mery yang tetep semangat mau mencoba lagi sekalipun dah pnah gagal..smoga datang juga saatnya buat kita yang masih berusaha utk mendapatkan kabar yang membahagiakan seperti Mulia,Yeni,dll yang sudah bhasil…GBU

  87. retno

    Hi Mery..sy ikut sedih lo tp jangan putus asa ya coba lagi aja.
    Kalo aku gak ada simpenan embrio.Ceritanya kmrn opu dptnya 6 tp yg jd embrio cuma 3.Jd smuanya dah di et gak ada cadangan lg. Tapi alhamdulillah kmrn tes bhcg hasilnya positif, stiap sminggu skali suntik ovidrel( utk penguat kali ya).
    Dua mg lagi baru diliat deh yg jd brp, usianya dll.

    Pokoknya kuncinya stelah et kt hrs tenang gak boleh stres/tegang krn akan menaikkan hormon kortison/adrenalin yg menghambat penempelan embrio.
    Ok deh..buat yg blm berhasil jng putus asa n jng lelah berdoa..

    salam

  88. itha

    hai Mery yang tabah……
    senen ini aku baru baca…postinganmu, aku bener2 sedihhhhhh bgt loh… (kalo ngak percaya aku ikut nangis )………………….
    aku bener2 ngerasain Mery saat ini, begitu banyak pengorbanan materi dan mental Mery dalam menjalani semua ini, saya benar2 senang kenal dgn Mery walau hanya via blog tapi saya yakin Seorang Mery akan tetap kuat dan tabah ya.

    Walau kadang saya tdk habis pikir, knpa yang tadinya BHCG nya positif 10 hari kmdn bisa mjd negatif, knapa dokter langsung menyimpulkan positif ya, Mer waktu itu.
    Kemari mmg di RS aku sempet tanya dokter, apa ada cara agar embrio bisa menempel rahim? Tim dokter mmg blm bisa menemukan zat/hormon receiptornya , kalo hamil alami zat/hormon itu otomatis sdh ada shg embrio bisa menempel di rahim berbeda dgn IVF spt kita ini.

    Sekali lagi saya angkat topi untuk Mery, walau sudh 2x gagal BT tapi tetap bisa menyemangati kita semua, dgn perjalan/ usaha yg panjang berobat sana-sini…..smga saya bisa sekuat Mery ya….apapun yg terjadi.

    Tuhan selalu berserta kita……….

  89. HERA

    Hai Mery , Aku kaget pas baca tadi , tapi aku salut untuk ketabahan kamu , pokoknya kita sudah berusaha yang terbaik , sisanya terserah Yang Di Atas Aku doain yang terbaik untuk Mery , smoga itu cuma untuk sementara. Thanks ya uantuk pantangan makanannya .Tetap semangat ya!

    @Yuli , Thanks ya udah dijelasin soal pantangan makanannya soalnya ditempat dulu aku program katanya tak ada pantangan makanan kecuali RACUN…he..he…Oya Aku berencana mulai program Agustus Di RS Family , temen2 ada dengar gak keberhasilan di RS Family bagaimana ya? thanks again..

  90. itha

    Up. Lenny
    hai Lenny salam kenal…
    saya setuju yg diutarakan Mery sebelumnya, kalo sperma suami diperlukan bisa disiapkan bahan nya kok dari rumah/hotel/tempat terdekat dari RS, tapi sperma hrs siap ditempat maksimal 1 jam. ngak boleh terlalu lama.
    suami saya pernah bilang setiap rumahsakit punya fasilitas masing2 u/ membantu suami2 yg mau mengeluarkan sperma,misalnya film, majalah jadi jagan kuatir Len,
    Dan selama kita menjalani terapi/ test hormon untuk kehamilan, pastinya suami mmg harus siap/ latihan untuk martubasi, o yah kita bisa jg membantunya kok tanpa harus berhub.badan.
    Selamat mencoba yah.

  91. mery

    Hi Itha,Vero, Hera dan Retno,
    thanks banget for all ur support. Berharga banget buat aku sebagai penyemangat kembali buat aku yg agak down dari kemaren..Tp sekrg aku uda feel better, gagal 2 kali fresh cycle aku masih bisa mncoba ketiga kalinya, selagi masih muda dan diberi kesempatan jangan sia2kan , uang masih bisa dicari but kesempatan cuma sekali dalam hidup kita…
    Buat Itha…semangat utk program kamu ya wish u all the best…
    Buat Vero, jangan putus asa kita sama2 mencoba dan berjuang lagi ok..
    Buat Hera, semangat ya..kita mencoba dan berjuang lagi..
    Buat Retno, selamat ya uda positif hamil, ntar kabarin ya perkembangannya, semoga sukses terus ampe lahir..amin

  92. Angel

    Hi Mery, gw ikut prihatin atas dropnya BHCG lu. Tapi tetap semangat ya. Ingat pepatah China mengatakan kita blum kalah perang selama kita masih berjuang, kita baru dinyatakan kalah kalo sdh berhenti melawan. Gw yakin banget utk next fresh cycle lu PASTI berhasil hamil, klo perlu kembar ya.
    Utk temen2 lain yg blum berhasil, tetap semangat ya, jangan putus asa. Pokoknya selama kita masih trus berjuang, slalu masih ada peluang keberhasilan.

  93. jenni

    Hi Mer, jgn sedih ya, ingat semua teman2 n family yg support kamu.
    Saya doain BT yg ketiga sukses ya.
    Rencana BT dimana?
    Cia yiu yah

  94. tia

    vero sorry aku baru balas , kemaren sempet kesel minum pil KB rahim menolak jadi “Moon”nya 14 harian s/d sekarang masih ada flek. jadi bulan depan minum pil KB lagi dan juga prolaktin ku 43 tinggi. oh ya yang barengan aku 2 orang sukses loh BT dng Dr Yan Irsal (team di Harkit) dan dia selalu trial sounding dulu ya sblm BT. kalo di Gading Pluit bayar teknis BT 23 Jt, sisanya obat dan konsul terpisah dan kamarnya jg lumayan krn RSnya baru banget ya.

  95. itha

    hi Tia..salam kenal
    kamu BT di gading Pluit yah, disana dokter nya siapa lagi selain Dr Irsal? kalo aku boleh tahu RS nya dekat dgn RS family Pluit ya? soalnya aku mau rencana BT di Family.
    btw kok rahim bisa menolak ya tia, mmg kamu sdh mulai sejak kapan?

  96. Veronica

    Mery..beneran lho..lihat kamu yang semangat jadi membuat aku semangat utk mencoba lagi he..he..sekalipun ngga dalam waktu dekat ini..aku mau cari2 info dulu yang sebanyak2nya sebelum ikut dengan kasus aku yang bermasalah saat ET ini biar tidak terulang lagi utk program IVF ku kedua nanti..

    Tia, kok bisa minum pil KB jadi bikin kacau siklusnya ya..klo hormon prolaktin terlalu tinggi lebih baik memang dinormalkan dulu karena pengaruh nanti ke keberhasilan BT-nya.
    23 juta itu termasuk apa saja ? utk konsul + USG berapa sekali datang ? utk obat2an tergantung dosis yang kita pakai juga ya seperti di Bunda ?
    Oh ya..disitu sebelum Bt udah ukur jarak rahim dulu (trial sounding)..masalahku kan disitu kemarin penyebab kegagalannya makanya klo itu bisa diatasi baru aku mau coba lagi..dokter disana team juga ya?

  97. tia

    Itha di kelapa gading setelah LA Piazza Rs-nya Dr Yan Irsal, Indra Anwar, Taufik J (kayaknya gabungan Harkit dan Bunda) aku baru dikasih pil KB untuk menekan hormon katanya, tapi Moonnya jd 14 hr dan keluar flek terus. gak tau ya mungkin aku rahimnya kaget kali kalo gak salah obat KB diberikan agar hormon nya dimatikan spt manapouse kali ya… Itha pake long atau short protocol dikasih Dr?

  98. Veronica

    Hii..Retno,

    Selamat ya sudah berhasil hamil…Retno ikut BT dimana?
    Paling susah ya klo ngga stress apalagi pas nunggu hasil dan pernah gagal sebelumnya..bawaannya deg2an..smoga kita2 nyusul kamu ya bhasil hamil juga πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.