Mitos seputar kesuburan pria – dr. Dicky

Mitos adalah pendapat yang diyakini tapi sebenarnya tidak mengandung kebenaran sama sekali atau mungkin belum terbukti kebenarannya secara ilmiah. Mitos ada dimana-mana atau di semua sisi kehidupan kita. Nah, di seputar kesuburan priapun beberapa mitospun ada dan ternyata tidak terbukti kebenarannya. Yuk, kita ketahui mitos apa saja yang ada.

1. PRIA TIDAK PERNAH MENJADI SEBAB DARI KETIDAKMAMPUAN PUNYA ANAK.
Mitos yang satu ini merupakan mitos yang cukup kuat beberapa dekade yang lalu, sebelum pemeriksaan sperma menjadi petunjuk umum bagi penilaian kesuburan pria. Wanita selalu disalahkan jika belum punya keturunan. Suami dengan enak saja menceraikan istri jika tidak punya anak.Tetapi sebenarnya apa yang terjadi..? Survei internasional menunjukkan bahwa faktor suami dan faktor istri sekarang seimbang. Artinya pria dan wanita punya kans yang sama untuk menyebabkan tidak punya anak.

2. PRIA MASKULIN PETANDA SUBUR
Mitos ini bermuara dari tampilan fisik semata. Bukankah untuk menilai kesuburan pria haruslah dengan menjalani pemeriksaan sperma dilaboratorium terlebih dahulu..? Bisa jadi seorang pria punya tampilan macho, gagah dan dengan aktifitas seksual yang memuaskan, tetapi semua itu bukan menjadi bukti kesuburan lho.

3. CAIRAN SPERMA YANG BANYAK PETANDA SUBUR
Sebenarnya cairan sperma yang dikeluarkan seorang pria saat ejakulasi terdiri dari 90-98% air yang berasal dari kelenjar prostat dan vesikula seminalis. Nah, spermatozoa atau sel benih pria hanya sedikit kan.. Sehingga bisa terjadi sperma yang volumenya banyak tapi sel spermanya sangat sedikit lho, misalnya kasus azoospermia atau tak ada sel sperma di dalam cairan sperma.

4. SPERMA KENTAL PETANDA SUBUR
Ini merupakan keyakinan yang menyesatkan. Kekentalan sperma harusnya ditentukan saat pemeriksaan di laboratorium dengan menggunakan metode tertentu. Tidak bisa seorang pria terus mengklaim sperma saya kental atau encer. Sperma yang super kental justru dicurigai hasil dari proses infeksi di seputar organ reproduksi

Tentunya masih banyak mitos diseputar kesuburan pria. Semoga hal ini menjadikan kita sadar bahwa pemeriksaan sperma sangat penting untuk mengetahui tingkat kesuburan pria, apalagi jika pernikahan sudah cukup lama dan buah hati belum muncul juga diantara pasangan suami istri.

dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (12 votes, average: 2.83 out of 5)
Loading...

887 thoughts on “Mitos seputar kesuburan pria – dr. Dicky

  1. Dillah

    dr.Dicky sy mohon penjelasan..
    Skrg sy sdg program BT menggunakan obat oral, tp stlh dicek hy ada 1 telor yg besar. dokter menyarankn insem tp kondisi suami sy oligoasthenoteratozoospermia (5.5 jt/ml, gerak maju 28%) apakah dgn jumlah sperma segitu mmg bs insem dok?? karna sy jg baru gagal insem lalu istht 1 siklus dan lgsg BT, apa jaraknya terlalu dekat shg kondisi telor sy kurg bagus? berapa baiknya jarak jika ingin mulai progam lg?
    trimakasih atas bantuannya dok..

  2. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Dillah,
    Spermaq dengan astheno (motilitas kurang baik) memang agak kurang menguntungkan kalo pake insem. Karena insem kan sebenarnya natural, alias sperma tetap berjuang sendiri. Apalagi jumlahnya kurang dari normal. Telur yang kurang bagus berasal dari beberapa sebab, antara lain stimulasi yang kurang baik atau kondisi awal hormon memang gak bagus, faktor usia juga lho. Gak ada patokan kapan mulai kok, asal semua disiapkan dengan baik. Semoga sukses ya…

  3. Yaya

    assallamualaikum dr. dicky,

    Sejak th 2009, suami sdh 4x tes sperma, 1x sperst dan terakhir AS kmrn tgl 20 Mei 2011. Hasil yg sll sama adalah aglutinasi positif (mnrt androlog tmpt kami periksa ini disebabkan virus, tp virus apa dan drmana tidak dijelaskan). Stlh terapi obat 3bln sy berhasil hamil di th 2010, tp krn janin tdk berkembang dng terpaksa digugurkan dan sampai saat ini sy blm hamil lg dok. Saat ini suami terapi siclidon, adona forte, isoprinosin dan vit k. 2mggu lg kontrol, jk kondisi lever-nya baik akan diberikan terapi kontrasepsi wanita (pil KB)tp tdk dijelaskan utk apa. Semua serba membingungkan dok, apakah aglutinasi positif sll disebabkan oleh virus? Kmd terapi kontrasepsi itu utk apa y dok? Sy baca di internet aglutinasi bs jg disebabkan imunologi, apa benar bgtu dok? di semarang blm ada pelayanan MAR tes. Apa yg hrs kami lakukan dokter? Mnrt dokter apa kami perlu MAr tes? Dmn kami bs mendpt pelayanan itu dan brp biayanya dok? Maaf kalo pertanyaan kami trllu pjg y dok. Terima kasih dokter..
    Wassalam..

  4. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Waalaikumsalam Yaya,

    Kalo curiga ke arah imunologi ya periksa MAR tes. Di Permata Hati RS Sardjito Yogya ada kok…biayanya 300rb. Kembali ke riwayat pengobatan suami ya bu… kalo gak mantep dan bingung terus ya berhenti saja. Saya kurang paham dasar pemberian terapinya, tetapi ada beberapa seperti isoprenosin memang utk meningkatkan imunitas thd virus. Lalu adona dan vit k biasanya utk mengatasi perdarahan. Pil KB..? mungkin ada riwayat adanya eritrosit di cairan prostat yang mungkin asalnya dari pecahnya pembuluh darah kapiler di sekitar prostat.Janin gak berkembang kan banyak sebabnya, kalo stop sebelum usia 2 bulan maka faktor sperma masih mungkin sebagai penyebab. Gitu ya …

  5. yaya

    Assalamualaikum dokter,

    Terima kasih sekali atas penjelasannya. Sy sdh catat informasi jadwal praktek dokter (semoga blm berubah y dok..). Jika memang hasil kontrol suami berikutnya msh belum bs menjelaskan apa2, kami akan lakukan MAR tes dan konsultasikan hasilnya kpd dokter.
    Sekali lagi terima kasih dokter..

  6. isti

    salam kenal dok.
    saya isti usia 30 th.suami 31.sdh nikah 4th.dari hsl hsg ada kista dan hidrosalping,kedua tuba non paten.saya jg pernah operasi kista th 2008,dan krn ada hidrosalping.dr menyarankan untk laparoskopi tp blm terlaksana krn dahlu pernah op kista takut ada pengaruh.dari analisa sperma suami teratozoospermia,gerak lambat.skrg sy ada rencana laparoskopi.
    -adakah resikonya krn sy sdh pernah op kista
    -apa ada kemungkinan hamil alami setelah laparoskopi?
    -klo tdk bs hamil alami,apa bs dg inseminasi dg sperma suami
    spt di atas.
    terima ksh.

  7. ika

    dokter saya mau tanya kalo asthenoteratozoospermia itu, dikarenakan apa ya? trs ad g makanan atau obat yang bisa memperbaiki kualitas sperma, saat ini suami sy mengkonsumsi X-gra (resep dr Spog)

    terimakasih…

  8. astuti

    Dok, usia saya 35, suami 52, saya sudah 8 tahun menikah tapi belum dikarunia anak. saya sudah periksa ke dokter tdk ada masalah. suami tdk mau periksa ke dokter karena katanya dia sudah memiliki anak dari pernikahan dulu (istrinya meninggal)yg membuktikan bahwa dia subur. tapi, kadang2 bila kita berhubungan dia tdk sekali berhubungan langsung keluar, ditengah2 “senjata”dia loyo, maka kita harus pemanasan lagi baru bisa. Spermanya pun agak encer. dok apakah suami saya bermasalah dgn spermanya? dan apakah diusianya sekarang kami masih bisa memiliki anak? lebih baik saya mengikuti program bayi tabung atau inseminasi? Boleh saya tahu dokter praktik dimana dan waktunya kapan? terima kasih dok.

  9. Feri

    Hasil Analisa Sperma yang saya lakukan awal tahun ini memberikan kesimpulan bahwa saya menderita OAT (oligoasthenoteratoozoospermia) dengan 4.8 jt/ml, gerak maju 15% (naik turun). Saya menjalani Terapi Hormon bersama dr. Dicky M Rizal, rutin olahraga ringan, makan dan minum buah buahan merah (bergantian antara semangka 1/4 buah, jus tomat, dan jus stroberi), minum air bubur kacang ijo, sesekali ngejus apel+wortel+tomat, minum Madu dan konsumsi Surbek Z. Alhamdulillah berkat doa dan usaha bersama, sekarang istri tengah hamil secara alami dengan usia kandungan hampir 3 bulan. Intinya, teruslah memelihara semangat dalam berdoa dan berusaha. Mohon doanya juga untuk kelancaran kehamilan istri saya.

  10. Priya

    Dear dr. Dicky,

    Saya seorang wanita, 25 tahun dan seorang lesbian yang memiliki pasangan, 21 tahun. Saya berencana ingin memiliki anak kandung dengan pasangan saya. yang ingin saya tanyakan apakah ada kriteria dan cara pemilihan sperma dari laki-laki untuk digunkana sebgai sperma pembuahan pasangan saya dengan menggunakan ovum kami berdua. kami ingin penggunaan sperma tersebut tidak secara hubungan intim dg kami / pembuahan diluar yang akan ditanam ke rahim pasangan saya. mohon bantuannya dan kekurangan kelebihan dari proses tersebut. terima kasih.

  11. andriyani

    Dok, usia saya 33 thn, suami 35 thn.Mnikah tahun 2007.Suami mengalmi oligoasthenoteratozoospermia pernah sampai hanya 1,92 jt,lalu diterapi thn 2009,naik sampai 11 jt.Skrg blm pernah periksa lg. Sy sdh pernah 2x hamil.Thn 2008 dan 2010.Kedua bayi mengalami kelainan ddg perut ygI omphalocele mayor+skoliosis berat,diterminasi umur 5 bln. yg II gastroshizis ,dilahirkan umr 8 bln dan keduanya tdk dpt bertahan hidup.Apakah sperma yg kualitasnya tdk baik msh dapat membuahi? apakah ada kemungkinan kedua bayi sy adalah hasil dr pembuahan olh sperma yg tdk baik itu? Dan apakah program Bayi Tabung dpt membantu agar tdk berulang lg kejadian sebelumnya?Terimakasih sebelumnya dok..

  12. Dillah

    dear dok

    Saya telah melaksanakan OPU dgn hasil 2 telor yg bagus, tp stlh di ICSI telor tdk terjadi pembuahan bahkan salahsatunya terjadi degenerasi. Sperma suami OAT. sy bingung, bukankah sperma selemah apapun hrsnya bs lbh berhasil ketika di ICSI? apakah mgkn ada imunitas telur thd sperma, apa yg hrs sy cek?

    Mohon bantuannya dok..

    Makasih..

  13. Rahma

    Assalamualaikum dok……
    Dok, sy mau tanya, sy sudah menikah hampir 5thn (skr saya 27 thn dan suami 30thn) dan blum dikasih momongan.saya dl punya kista coklat dan sdh dioperasi dn wkt oprasi kata dokternya sel telur baik. trus sudah pernah HSG dan hasil Ok. suami pernah cek sperma dan hasilnya oligozoospermia.
    jumlah sperma: 11.20 jt/ml
    34,72 juta/ejakulasi
    sperma motil: 71%
    sperma normo 16%
    asperma abnormal: 38%

    saya sendiri sdh pernah program ke dokter dan dikasih vit dan profertil tp blum jg berhasil. oiya dok, sy jg mengalami keputihan. sbnernya bulan depan sy berencana mampir Sarjito bt priksa skalian.kira2 penyebab sy blum positif apa ya dok? klo insem di permata hati biaya total brapa ya? .oiya di permata hati dokter praktek hr apa? sblmnya trimakasih bnyk dok.

  14. rini

    Assalamualaikum dok,
    saya sudah menikah 6 tahun dan blm dikaruniai keturunan sampai saat ini.saya sudah terapi dr superovulasi,2kali IUI,dan 2x IVF.tp pda IVF itu semua prosesnya dihentikan ditengah2 proses sebab sel telor saya tidak berkembang walaupun sudah di injeksi gonal F (poor response) saya IVF dengan long protocol dengan injeksi gonadopeptyl.akhirnya obgyn saya memutuskan untuk melakukan AHM tes.yang saya tanyakan apakah AHM tes itu?mohon dijelaskan dengan nilanya(kalau rendah berapa,tinggi berapa dsb).terima kasih

  15. sofie

    @rini: seingat sy, anti-Mullerian Hormone (AMH)adalah suatu uji darah yang dapat memprediksi jumlah telur yang ada di dalam ovarium dan berapa lama usia subur seorang wanita sebelum memasuki masa menopause.. cmiiw ya..

  16. Nana

    Salam kenal donk..

    saya sdh menikah 1.5 thn & blm dikaruniai anak. saat ini saya & suami tinggal terpisah krn saya krj di jkt, smntr suami krj di bandung namun kami rutin bertemu 1 minggu sekali di weekend. krn ga hamil2 jg, kmr sya & suami periksa ke dokter, & stlh di USG hasilnya OK, tdk ada kista di rahim saya. sy ty dokternya apa perlu dilakukan pemeriksaan yg lain utk saya & pemeriksaan kualitas sperma utk suami, tp dokternya bilang blm perlu hanya diminta spy melakukan hub suami istri waktu masa subur. tp terus terang dok, sy tdk puas krn takutnya setelah nunggu lama tetap tdk hamil krn mmg ada yg kurang Ok diantara sy & suami, kl ketahuan skg kan lebih baik. kalau mnrt dokter baiknya bgm?

    terima kasih

  17. isti

    dear rini
    nasib kt sama rin.sy jg dah 4 th.sy baca shering temen2 yg punya masalh sel telor yg tdk berkembang,tp BT bnyk berhasil setelh akupuntur.mgkin rini bs coba akupuntur.

  18. Elizabeth

    Salam kenal dok,
    Saya telah menikah hampir 8 tahun, saya 35 tahun dan suami 37 tahun, tahun 2005 yang lalu saya pernah di HSG karena dokter waktu itu mengatakan takut ada perlengketan tapi setelah itu tetap belum hamil juga, kemudian tahun 2008 yang lalu saya kembali mencoba ke dokter kandungan dan diminta untuk di USG, hasilnya dokter mengatakan bahwa rahim saya bentuknya nekuk sehingga susah untuk punya anak. Yang ingin saya tanyakan apakah ada kemungkinan saya bisa hamil bila saya mencoba untuk inseminasi?.
    Terima kasih.

  19. dr. Dicky Moch Rizal

    Dear Isti

    Sy kira dengan kondisi operasi kista sebleumnya memang bs saja terjadi perlengketan. Nah saya terus terang sarankan bayi tabung saja langsung, utk insem berat ya bu…bukan karena sperma bapak tp krn kondisi tuba yang non paten itu lho. Oke ..? Tetap semangat!!

  20. dr. Dicky Moch Rizal

    Dear Ika..

    kalo astheno bs karena isnfeksi organ reproduksi, gangguan hormon, varikokel, abnormal genetik. Utk mengatasinya ya priksa dulu scr fisik atao lab hormon misalnya. Oya obat2an seperti penurun lemak anti depresi jg bisa jd faktor. X-gra…? kayaknya kurang kuat utk pengobatan kecuali astheno ringan lho…

  21. dr. Dicky Moch Rizal

    Dear Astuti..

    usia suami 52 th sebenarnya masih bs kok menghamili tapi harus terbukti subur lewat pemeriksaan laboratorium analisa sperma. Punya anak sebelumnya sama sekali tdk menjamin sekarang tetap mampu menghamili. Kalo tebukti sperma masih cukup baik, inseminasi bs dicoba kan…kalo terganggu banget ya mending bayi tabung. Praktek saya di Klinik Andrologi dan seksologi, gedung timur RS Happyland, Timoho yogyakarta. Senin sp jumat sore pk 16.00-18.00

  22. dr. Dicky Moch Rizal

    # halo pak Fery, semoga kehamilan bu fery sehat dan selamat

    @ Dear priya…kayaknya cara yang tepat ya dengan inseminasi, tapi di Indonesia gak ada bank sperma. Singapura dan Malaysia ada. Nah keberhasilan hamil ya tetap tergantung pada kesuburan calon ibunya lho…

    $ Dear Andriyani..saya ikut prihatin dengan kondisi anda. Yang saya sarankan priksa kromosom dari pada mengira-ngira dari sperma. Sangat sulit utk menemukan kelainan genetik dari sperma, meskipun demikian sperma yang super buruk dapat cadi faktor kelainan DNA juga dan mengakibatkan embrio jelek, tapi biasanya akan berakhir dengan keguguran dibawah 2 bulan. Bayi tabung tidak untuk mengatasi kelainan bayi, tentu harus dipastikan adanya kemungkinan enfeksi atau kelainan genetik kromosom sebagai penyebabnya.

  23. dr. Dicky Moch Rizal

    # Dear Andriyani…

    Sy lebih sarankan utk priksa kemungkinan infeksi virus dan parasit serta kromosom dulu sebelum hamil lagi. Kayaknya sperma kecil kemungkinan terkait dengan kecacatan janinnya. Bayi tabung tdk menghilangkan kemungkinan bayi cacat lho, tapi angkanya tidak lebih besar dari kehamilan biasa

    ## Dear Dillah
    Saya sarankan utk perbaiki sperma dulu dah…kayaknya PRnya disitu. Kan banyak macam pengobatan sperma sebelum siap bayi tabung. Pengalaman saya kalo sperma sebagus apapun tp hormon gak bagus tetep butuh terapi juga kok sebelum bayi tabung biar gak nyesel pada akhirnya. Gitu…

  24. dr. Dicky Moch Rizal

    Dear nana..

    Sperma segitu memang cukup utk insem, tapi ada baiknya di persiapkan lagi lho..begini critanya : motilitas 71% belum tentu semua kualitas yang yahud (baca motil grade A). Nah semakin sedikit grade A makin susah pembuahan terutama utk alami atau insem. So…berobat dulu utk meningkatkan kualitas. Oya sy cuma senin daan kamis jam 9-11 di permata hati

  25. dr. Dicky Moch Rizal

    Mohon maaf yang ini untuk Rahma ya bukan utk Nana…

    Sperma segitu memang cukup utk insem, tapi ada baiknya di persiapkan lagi lho..begini critanya : motilitas 71% belum tentu semua kualitas yang yahud (baca motil grade A). Nah semakin sedikit grade A makin susah pembuahan terutama utk alami atau insem. So…berobat dulu utk meningkatkan kualitas. Oya sy cuma senin daan kamis jam 9-11 di permata hati

    ## Dear Nana,

    Yang dinamakan hamil tentu dari sperma dan sel telur bukan..? So..priksa sperma hukumnya wajib. Silakan datang ke lab dan priksa sperma atas inisiatif sendiri. Pemeriksaan ibu masih ada pemeriksaan HSG yg berguna buat mengetahui saluran telur bagus apa nggak.

  26. dr. Dicky Moch Rizal

    Dear Elizabeth…

    Kalo liat pemeruksaannya sdh cukup utk tahu secara sepintas, yaitu HSG dan USG. Nah secara detail lebih baik konsul ke dokter SpOG tapi konsultan ingin anak. Sering di tuli SpOG KFer. Oya bagaimana dengan kualitas sperma suami..? apa bener gak ada gangguan..? Rahim menekuk sebenarnya bukan sebab mutlak sulit punya anak. Dengan inseminasi sebenarnya dapat membantu lho.

  27. isti

    dear dr dicky
    terima kasih jawabannya.minggu kmrin sy sdh hidrotubasi untk membuka sumbtn di tuba kiri dan dari usg kata dokter sy cairan sdh bs masuk lewt tuba.dg keadaan spt ini apa bs inseminasi dg sperma teratozoospermia.mohon di tunggu dok.trmakasih.

  28. dr. Dicky Moch Rizal

    Dear Isti,

    semoga lancar usahanya yah…klo memang gak terlalu berat teratonya ya tetap bisa untuk inseminasi kok asal jumlah sperma mash banyak dan yang motil bagus banyak juga…

  29. isti

    dear dr dicky
    trima ksh bnyk dok sdh menyempatkn waktunya utk menjwb tulsan sy.mudah2an dr sekeluarga selalu sehat.amin.

  30. Elizabeth

    Dear dr. Dicky,
    Saya sangat senang membaca email balasan dari dokter, tadinya saya sudah frustasi dengan keadaan saya, tapi setelah membaca email balasan dokter semangat saya bangkit lagi, saya akan kembali mencoba untuk konsultasi dengan dokter spOG yang dekat dengan tempat tinggal saya. Terima kasih ya dok, doakan semoga saya selalu optimis dan tetap semangat.

  31. Jeni

    dear dr.Dicky,
    2 bln yll sy sdh hydrotubasi lalu dilanjutkan dgn inseminasi tp gagal dan selanjutnya misal kalo sy mau ikut insem lg apakah perlu mengulang utk hydrotubasi lg? mohon jawabannya dok, trimakasih

  32. dr. Dicky Moch Rizal

    Dear Jeni..

    sebab di hidrotubasi apa ya…? Apa pernah HSG dulu sebelumnya? Kalo memang HSG menunjukkan tuba buntu, kanan kiri maka sebaiknya laparoskopi. Mencoba dengan hidrotubasi biasanya dilakukan sekali atau 2x dan kemungkinan hamil juga masih ada kok. Sy pernah mendapatkan pasien pasca hidrotubasi dan diinseminasi kemudian hamil. Begitu pengalaman saya. Oya kualitas sperma suami bgmn? Terimkasih..

  33. Rahma

    terimakasih banyak dok atas penjelasannya. sungguhs angat membantu. rencana minggu ini suami mau cek sperma lagi karena bulan ini sy mash mens. sbnrnya dl suami sudah pernah dikasih tribestan tapi minumny cuma slama seminggu itupun sehari cm 2x trus stlh itu ga dicek lagi krn suami susah bgt diajak periksa.klo insem prosentasi keberhasilannya berapa ya dok?hehe skg lagi nabung dok buat jaga-jaga klo memang harus insem.klo harus menunggu lbh lama lagi kykya udah stengah ga sabar.
    sblumnya terimaksh bnyk dok…

  34. isti

    dear dr dicky
    maaf dok.sy mau tanya lagi boleh ya?klo kmrin sy ada hidrosalping kiri.sekrg sdh di hidrotubasi,apa berarti hidrosalpingnya udah gak ada ato msh ada dok.matursuwun dok.

  35. ika

    Selamat siang dr.dicky,
    Bulan oktober tahun lalu suami saya periksa sperma dengan hasil : teratozoospermia.
    sejak itu diberi Aprovit 1 bulan, tapi saya belum hamil juga.

    2 minggu lalu suami minum Provigor 1x1tab, tapi ternyata saya belum hamil juga.
    saya sudah di USG, dan ternyata ada endometriosis. Sudah diterapi juga. Kemudian saya di Hidrotubasi dan hasilnya tuba saya normal.

    Yang ingin saya tanyakan dok, apakah teratozoospermia itu keadaan yg permanen? atau adakah obat/terapi yang bisa membuat sperma menjadi bagus?

    kami sudah menikah 1 tahun 3 bulan. kalo memang teratozoospermia ini permanen dan tidak ada jalan lain selain ICSI/ IVF, kami bisa mulai persiapan biaya dan waktunya.

    terimakasih sebelumnya ya dok.

  36. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    # Dear Rahma…yah begitulah bapak-bapak…susah kadang diajak kerjasama, giliran problem sperma bingung. Tribestan memang tidak membantu klo jangka pendek. Nah sebaiknya lebih serius utk priksa suami, barangkali ada gangguan hormon atau varikokel

    ## Dear Isti

    Kalo sudah dinyatakan hidrosalfing biasanya epitel atau lapisan dalam dari saluran sudah rusak apalagi kalo dulu gak ada pengobatan faktor penyebabnya. Hidrosalfing artinya di saluran ada cairan yang mungkin dari peradangan atau proses inflamasi.. so..kita berharap dari tuba yang masih sehat saja

  37. ika

    Dear dr. dicky

    terima kasih atas jawabannya dok…. jadi baiknya suami konsul dl ke androlog, membawa hasil lab itu atau mesti bawa yang terbaru…?
    saya kurang tau jg astenonya msh rendah atau tinggi….

    ini hasil lengkapnya dok (pertanggal 08 April 2011):

    MAKROSKOPIS
    volume:2,2 ml
    pH:7,0
    warna:putih abu2
    Bau:khas
    Koagulum:ada
    Likuefaksi:sempurna dalam 15 menit
    viskositas:3 detik

    MIKROSKOPIS
    viabilitas:63
    aglutinasi:-
    lekosit:< 10 pangkat 4
    Jumlah: spermatozoa 26.6/ml (58,5/ejakulat)
    motilitas:baik 2, cukup 22, kurang 38, tidak bergerak 38
    indeks motilitas;129
    morfologi;normal 27 abnormal 73

    KESAN: ASTENOTERATOZOOSPERMIA

    panjang jg ya dok, he he, kemaren ya cuma itu dksh X-Gra untuk 3 bln, spog blg, kalo blm berhasil, setelah 3 bulan SA lg… kalo X-Gra kurang kuat, kira2 ap ya yg kuat? ^_^

    saat ini saya sdg disarankan untuk diet krn over weight TB:155 BB:73kg (3bln ini baru turun 5kg) apa ya dok yg bs bkn cepet turun BB?

    makasi

  38. Iin

    Dear dr. dicky

    Saya mau tanya, apa sih bedanya Azoospermia dengan Mandul?
    Karna suamiku Azoospermia, sudah 2 kali periksa Sperma tapi hasilnya tetap aja Azoospermia. Hasil test Hormon (FSH) 4,6. Dan akhirnya kita punya rencana mau Bayi Tabung aja.
    Yang aku takutkan, nanti bila ternyata suamiku mandul.

    Tolong pencerahannya dok……

  39. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear ika..

    kayaknya memang sperma perlu diperbaiki terutama motil baik yang cuma 2% padahal harusnya 25%. saran saya priksa hormon FSH dan testosteron pagi jam 7-8. Trus, ganti x-gra dengan vitamin c 1000-1500mg, vit E jenis alpha tocopheryl, zinc dan co enzim q-10.

  40. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear IIn

    Azoospermia bisa disebabkan krn pabrik sperma rusak, saluran sperma buntu atau saluran sperma tdk terbentuk Semoga dengan FSH 4,6 pabrik masih produksi tp hanya problem saluran. nah..bayi tabung semoga membantu

  41. sun

    Selamat sore dok…
    Saya wanita berusia 33 thn suami 38 thn , kami menikah 1 tahun 8 bulan dan belum memiliki
    anak. Suami udah cek sperma hasilnya Oligoteratozoospermia dan saya sendiri setelah di USG Trans Vaginal ada kista sebesar 2 cm di sebelah kanan , dokter bilang kista tsb tidak masalah , dan suami di sarankan konsumsi profertil selama 3 bulan tp blum dilakukan , saat ini suami hanya konsumsi zink dan vit E 400 UI sdh hampir 3 bln dan minum jus wortel..tp sampai sekarang saya blum hamil juga dok…dan suami juga blum cek sperma lagi..

    Pertanyaan saya : apakah dengan konsumsi profertil dapat membantu kwalitas sperma suami saya
    soalnya setau saya itu untuk penyubur wanita, mohon saran dan masukannya dari dokter secara umur saya sudah 33 thn.. trima kasih dokter

  42. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Sun…

    Oke..profertil sampai sekarang masih dipake utk meningkatkan parameter sperma terutama jumlah spermatozoa. WHOpun juga merekomendasikan asal hormon normal atau gak ada masalah lain. Tapi suami kan belum pernah cek hormon..? Yuk analisa sperma ulang sekali lagi, kalo msh kurang baru cek hormon.

  43. novi

    pagi dok dicky saya berusia 27 dan suami 34th, kami menikah sdh 2th berjalan tp blm juga dikaruniai momongan. dari hasil USG dan HSG saya normal dok meski tuba kanan saya kecil dan utk hasil pemeriksaan sperma suami (pertanggal 16 juni 2011):
    MAKROSKOPIS
    – volume : 3.8 >=2ml
    – bau : khas
    – warna : putih jernih putih keabu-abuan
    – ph : 8.5 7.2-7.8
    – Liquefaksi : 30 <=60menit
    – viskositas : <1 =20 10^6/ml
    – jumlah : – >=40 10^6/ejakulat
    MOTILITAS
    1. bergerak cepat&maju lurus(a) – >=25%
    2. bergerak lambat atau sulit maju lurus (b) –
    3. a+b – >=50%
    4. bergerak ditempat (c) –
    5. tidak bergerak (d) –
    – aglutinitas – negatif
    – leukosit – =75%

    MORFOLOGI
    – normal – >=30%
    – abnormal –
    KESIMPULAN
    oligozoospermia pemeriksaan motilitas, morfologi dan konsentrasi tdk dikerjakan karena jumlah sperma sangat sedikit(<5/LPB)

    KULTUR
    – bahan sperma
    – hasil pembiakan staphylococcus epidermidis

    saya mohon penjelasanny ke dokter dicky karena pas saya ke dokter kandungan suami saya disuruh minum ciprofloxacin 2×1 selama 7hari dan blesifen 1×1 selama 20hari

    dok apakah saya&suami masih bisa punya momongankan? terima kasih

  44. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear novi,
    Kayaknya serius ya kondisi sperma suami…sayang sekali sudah di beri blesifen sehingga saya gak bisa melacak kelainan kadar hormon FSH, testosteron atau prolaktinnya sebagai data awal. Tp kalo belum diminum saran saya priksa dulu saja. Oya…kalo minum cipro memang betul krn adanay kemungkinan infeksi. trus…sebenarnya harus ada pemeriksaan fisik juga utk menilai kesehatan testis misalnya.

  45. zahra

    pagi dokter, kami mau tanya : kami sudah sepuluh tahun lebih menikah dan sekarang belum dikaruniai keturunan. saya 36 tahun dan suami 39 tahun. hasil hsg, rahim dan tuba paten, usg transvaginal tidak ada maslah. bisakah dengan kondisi suami yang oligho asthenoterato soospermia berat mempunyai keturunan (pandangan medis)?. kami baru saja program insem , tapi gagal. sudah pengobatan herbal dengan dr sidi di happy land 2 tahun, tapi tidak ada perubahan. waktu insem kemarin disarankan ke androlog untuk memeperbaiki kualitas sperma oleh susternya. dokter obgyn tidak menyarankan ke androlog. katanya untuk masalah sperma lebih mudah pengobatannya. tapi ternyata setelah di kasih obat selama seminggu waktu di butuhkan untuk insem kondisi sperma tidak membaik. kami pernah terapi jus tomat apel, terapi jus tomat,apel,wortel,dan bengkuang. tapi jg gak berubah banyak. apa yg mesti kami lakukan ya dok. oh ya dok kalau yg di cipto jadwal prakteknya kapan dan jam berapa? rencana dalam waktu dekat mau konsul ke dokter.

  46. novi

    malam dokter dicky
    yach…sayang sekali dok suami saya sudah minum blesifennya tapi dok apa masih bisa tes kadar hormon FSH, testosteron atau prolaktin meski sudah diminum blesifennya? klo utk pemeriksaan kadar hormon FSH dan fisik utk menilai kesehatan testis dimana y dok?

  47. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear zahra…

    Komen saya sebenarnya cuman satu…dokter kandungannya tidak profesional menangani pasien ingin anak. Lha ya jelas utk kasus ibu ke dokter kandungan, utk kasus sperma ke androlog hehehe..Oya..untuk kasus oligoasthenoterato berat memang agak susah keberhasilannya utk insem. Bagaimana klo dievaluasi dari awal dulu..? Barangkali kita masih punya celah dan harapan memperbaiki sperma, insyaalloh. Terapi 10 hari tdk cukup utk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma krn 1 siklus sperma 64-75 hari lho. Oya praktek saya di Happyland juga tp di Klinik Andrologi saya sendiri senin sp jumat 16-17.00.Sampai ketemu..

  48. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear novi…

    Minum blesifen akan menyebabkan naiknya kada fsh, testosteron kadang prolaktin. Jadi…ini menyebabkan bias darai kondisi sebenarnya. Jangan2 hormon normal krn habis minum blesifen. Minimal baru cek hormon lagi setelah 3 bulan dari stop minum blesifen. Di lab yang besar pasti bisa, kayak lab. cito, pramita atau prodia misalnya. Tapi saya minta priksanya pagi <jam 11 lho

  49. Heru

    Siang Dokter..
    Saya Heru pasien dokter, maaf kl selama ini istri saya yang selalu berkonsultasi sama dokter ini karena saya saya di Kerja di Jakarta. Hasil Uji SA dan Fungsi saya yang ke dua menujukan penurunan. Jujur ini membuat saya agak sedih mengingat kami berencana melakukan Insem di Klinik Semar bersama dr Widad pertengahan bulan ini… Kebetulan sebelum uji fungsi yang ke 2 saya kena gejala tifus…. Apakah dengan kondisi sekarang ini layak untuk lanjut ke tahap inseminasi? Bagaimana pendapat dokter tentang varikokel saya yang stadium 3? apakah dengan operasi bisa memperbaiki sperma saya? Kira2 biayanya berapa apa bisa di klinik dokter juga? terimakasih…

  50. sun

    sore dokter saya berusia 33 dan suami 38th, kami menikah sdh hampir 2th n tp blm juga dikaruniai momongan. utk hasil pemeriksaan sperma suami sbb :
    MAKROSKOPIS
    – volume : 1.8 >=2 ml
    – bau : khas
    – warna : putih keabu-abuan
    – ph : 8.3 7.2-7.8
    – Liquefaksi : >60 <=60 menit
    – viskositas : 1,5 =20 20^6/mL
    – jumlah : 28,8 >= 40 10^6/ejakulat
    MOTILITAS
    1. bergerak cepat&maju lurus(a) 53 >=25 %
    2. bergerak lambat atau sulit maju lurus (b) 12 %
    3. a+b 65 >=50 %
    4. bergerak ditempat (c) 14 %
    5. tidak bergerak (d) 21 %
    – aglutinitas – negatif
    – leukosit 0,16 =30 %
    – abnormal 94 %
    KESIMPULAN
    oligoteratozoospermia pemeriksaan dilakukan pada sampel yg belum liquefaksi sempurna

    saya mohon penjelasanny ke dokter dicky , apakah dengan hasil seperti itu bisa
    mempunyai keturunan , dan obat apa yg bagus utk sperma spt itu ??
    sebelumnya terima kasih banyak dok..

  51. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Halo pak heru…
    Inseminasi dapat dilakukan jk batas-batasnya terlampaui, misalnya jumlah >10juta, motilitas A >5%.
    Kayaknya sudah periksa hormon ya..? Kalo belum monggo periksa hormon dulu, barangkali bukan operasi varikokel jawabannya.

  52. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear sun..
    ada yang gak jelas dari hasil pemeriksaan ASnya. Jumlah 28 juta kok dikatakan oligo ya..? mestinya >20juta kan normal. Coba di baca sekali lagi hasil labnya.
    Memang ada yang memprihatinkan dari hasil tsb yaitu jumlah spermatozoa dengan bentuk normal kurang sekali. Barangkali ada sesuatu, coba periksa sperma ulang dulu ya…

  53. sun

    sore dokter…
    aku akan ulang hasil Analisa Sperma suami saya yg dilakukan di lab. Prodia

    volume 1,8
    bau khas
    warna putih keabu abuan
    ph 8,3
    liquefaksi > 60
    viskositas 1,5
    konsentrasi 16
    jumlah 28,8 ( udh aku crosscheck lagi )

    bergerak cepat dan mau lurus 53
    bergerak lambat / sulit maju lurus 12
    bergerak ditempat 14
    tidak bergerak 21

    aglunitas negatif
    leukosit 0,16
    normal 6
    abnormal 94

    KESIMPULAN
    oligoteratozoospermia pemeriksaan dilakukan pada sampel yg belum liquefaksi sempurna

    apakah dengan hasil sperma yg hanya normal 6 % bisa membuahi dan vitamin atau obat apa
    saja yg bisa membuat bentuk sperma menjadi normal , dan terapi apa utk kondisi sperma spt itu ? maaf dok ..pertanyaannya banyak , sebelumnya terima kasih banyak dok…

  54. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear sun..
    Sebenarnya ini sperma yg bagus, kecuali morfo;ogi atau bentuknya yang memang di bawah standar WHO. Klo pingin “cara cepat” ya coba inseminasi buatan. Sedangkan kalo masih pingin alami ya harus di cari penyebab bentuk yg gak bagus ini dari mana bisa dari faktor hormonal atau varikokel, infeksi dll. Antioksidan masih membantu kok : vit C 500-1500mg, vit E natural/ tocoferil 400iu, zinc, ataupun vitamin B, asam folat juga penting selama 3-6 bulan. Tp kayaknya priksa FSH dan testosteron dulu saja ya pagi hari…supaya mantappp..

  55. sun

    Terima kasih banyak dok atas saran dan penjelasannya , trus saya mau tanya juga untuk biaya inseminasi buatan kisarannya berapa ya dok ( dan rs mana yg murah biayanya )? dan tingkat keberhasilannya berapa % untuk sperma dengan kondisi seperti ini , dan apakah untuk proses inseminasi buatan , istri juga harus di cek semua keadaan rahimnya ? sepertinya cukup pertanyaan saya , maaf terlalu banyak dan detail pertanyaan saya , sebelumnya saya sangat berterima kasih atas saran dan penjelasan dokter yg cukup detail ini dan membuat saya menjadi semangat lagi… terima kasih dok

  56. jeje kuningan

    siang dok.
    istri 39th, sy 37, baru saja program BT di bandung, : tdk berhasil, embrio tdk nempel, data FSH 10 HCG 4,29.Pengin ikut program lagi, apa yang harus dilakukan sebagai awal persiapan agar FSH dan HCG tidak seperti diatas. terkait dengan akativitas, makanan, dan obat.
    terima kasih

  57. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear sun,…
    Insem adalah bagian dr upaya, jadi gak mungkin 100% berhasil yah sekitar 5-15%. Kecil..? Ya mungkin tapi dibandingkan senggama biasa tetap lebih baik. Apalagi klo semua faktor sperma diatasi dulu. Bukankah sebenarnya insem adalah pembuahan normal yang sangat bergantung pada kemampuan sperma..? Biaya sangat tergantung pada lokasi mengerjakan diluar jogja sy tdk tahu. Juga tergantung stimulasi ovulasi ibu, berapa dan jenis obat yang dipakai. Di jogja insem dengan stimulasi memakai clomifen sitrat kisarannya 1,5-2 juta.
    Istri memang diusahakan normal atau kelainan ringan yang segera bs diatasi.

  58. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Halo pak jeje..

    wah kalo bicara faktor kegagalan bayi tabung ternyata gak bisa kita kupas satu-persatu di forum ini. Intinya klo sudah menghasilkan embrio, mk coba utk nanya ke dokternya embrio grade berapa dok..? Kalo embrio jelas bagus atau grade 1, maka kita bs fokus ke faktor proses implantasi yang menjadi kemunkinan. Tapi klo embrio jelek, maka kembali lagi ke faktor sperma dan sel telur yang gak oke..Nah kebetulan sy dokter yang ikut tim bayi tabung jadi bisa cerita hehehe…

  59. sun

    Terima kasih banyak dok.. atas penjelasannya yang detail ini , saya akan ikuti saran dokter
    untuk mengkonsumsi Antioksidan dulu yaitu : vit C 500-1500mg, vit E natural/ tocoferil 400iu, zinc, ataupun vitamin B, asam folat selama 3-6 bulan. dan priksa FSH dan testosteron pada pagi hari… info yang sangat membantu , semoga saja dengan cara yg alami itu…dapat memberikan kehamilan buat saya….amin…amin…amin … wasallam

  60. zahra

    terimakasih dok atas jawabannya. Akhirnya 9 juli kemarin suami test hormon, yg ingin saya tanyakan hasil test tersebut bias gak ya dok karena tgl 5-11 juli kemarin minum Q-10,

  61. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Zahra..

    Kecil kok kemungkinan co enz Q10 memepengaruhi level hormon. Oke sy tunggu hasilnya.

  62. Rere

    Dear dr. Aucky…

    Dokter, suami saya azoosperma… sudah tes hormon dengan hasil fsh 35 lh 21,sangat tinggi sekali.. Apa yang harus kami lakukan dokter? Kami sgt menginginkan momongan.,. Trus trg saya sangat takut ..
    Terapi apa yang harus suami lakukan?? Mohon jawaban dokter.. Terima kasih sebelumnya..

  63. sandra

    Dear dr. Dicky,

    Saya dan suami berencana bayi tabung. Umur saya 28 thn, suami 30thn. Riwayat saya : fsh sudah agak tinggi (9-an), yg lainnya normal. Suami Azoospermia+varikokel grade 3(kiri)+varikokel grade 2(kanan)+hidrokel (kiri). Suami sudah minum obat utk varikokel selama 1 bln, hasilnya masih Azoo. Saran dokter berikutnya apakah operasi varikokel dl, lalu cb secara alami, atau lgsg bayi tabung saja? Oiya, hormon2 suami saya seluruhnya normal dok.

    Thanks.

  64. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Rere..

    Mhn maaf saya bukan dr. Aucky tp dr. Dicky tp sama-ama androlog, beliau senior saya. Klo melihat hasil hormon yg segitu FSH tinggi sekali, mohon maaf…ini yang di namakan testicular failure artinya testis besar kemungkinan tdk memproduksi sperma dengan berbagai macam sebab

  65. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear sandra…
    Klo liat hormon normal itu seberapa normalnya..? Boleh di sampaikan ke saya yah lain kali…Pilihan bayi tabung sangat baik, krn operasi varikokel dgn kodisi awal azoospermia umumnya kurang menggembirakan hasilnya apalagi harapan sampai jadi normal ..wah agak susah ya. Yang penting meskipun nanti sperma hasil biopsi kualitasnya hrs bagus biar dapat embrio yang baik pula.

  66. Rere

    Dear dr. Dicky ..
    Mohon maaf dokter, saya sangat bingung sekali… Sebelumnya suami sempat konsumsi andriol slama 20 hari dan tribestan 1bln sebelum melakukan tes.. Apakah obt2 tsb dpt mempengaruhi hormon sehingga menjadi tinggi?

  67. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear rere..

    Minum andriol dan tribestan dalam waktu sebulan akan meningkatkan testosteron, bukan FSH dan LH. Tapi pada kasus pemakaian testosteron dosis tinggi dapat juga berakibat peningkatan FSH dan LH. Sebenarnya bila pemeriksaan fisik/testis tak ada kelainan volume atau besarnya testis, cara yg paling mungkin ya biopsi : ambil jaringan testis langsung lewat operasi kecil. Nah jaringan ini yg akan di bawa kelab patologi anatomi utk di liat apakah ada spermatozoa atau tidak.

  68. zahra

    terimakasih dokter atas jawabannya. berati hasilnya tidak bias. Sekarang suami sedang terapi hormmon.tidak ada reaksi penolakan tubuh terhadap hormon tersebut, tapi belum tahu alergi apa tidak karena baru satu kali di suntik. oh ya dok sekalian tanya ya dok, kalau dipermata hati kalau mau bayi tabung dengan dokter dicky, spog-nya dokter siapa dok? apakah milih sendiri atau gimana?

  69. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Zahra..

    Untuk bayi tabung di permata hati bebas memilih dokter obsginnya kok. Yang penting muantapp…bismillah

  70. fai

    Selamat siang dr.dicky,
    Bulan oktober tahun lalu suami saya periksa sperma dengan hasil : teratozoospermia.
    sejak itu diberi Aprovit 1 bulan, tapi saya belum hamil juga.

    sejak 1 bulan lalu suami minum Provigor 2x1tab, tapi ternyata saya belum hamil juga.
    saya sudah di USG, dan ternyata ada kista endometriosis. Sudah diterapi juga. Kemudian saya di Hidrotubasi dan hasilnya tuba saya normal.

    Yang ingin saya tanyakan dok, apakah teratozoospermia itu keadaan yg permanen? atau adakah obat/terapi yang bisa membuat sperma menjadi bagus?

    kami sudah menikah 1 tahun 6 bulan. kalo memang teratozoospermia ini permanen dan tidak ada jalan lain selain ICSI/ IVF, kami bisa mulai persiapan biaya dan waktunya.

    terimakasih sebelumnya ya dok.

  71. cici

    SLAMAT SIANG DOK, umur sy 31 tahun suami 30 th, sy sdh married 5 thn tp blm dikaruniai baby, permasalahannya suami sy ngak mau diajak berobat ke dokter, pernah 1x cek sperma tp hasilnya utk suami tdk memuaskan pd tahun 2007. sy ingin konsultasi dan berobat ke praktek bpk disana, mohon diberikan alamat prakteknya dok, trimksh byk…

  72. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Fai…

    Boleh saya tahu suami priksa di mana ya..? Klo bisa di tulis aja hasil labnya disini. Apa yang di minum suami gak spesifik utk mengatasi problem teratonya, krn gak jelas kenapa kok terato, ada faktornya gak, misal varikokel, infeksi atau yang lainnya. Sy tunggu ya..

  73. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear cici…

    Sangat baik kalo suami mau priksa sperma ulang krn datanya sudah th 2007, terlalu lama utk sebuah analisa sperma. Klo tdk keberatan silakan datang ke Klinik Permata Hati RS Sardjito,Yogya telp 0274-518684 senin dan kamis jam 9-11.
    Atau praktek pribadi Klinik andrologi dan seksologi, gedung timur lt2 RS Happyland, Timoho, telp.0274-8370834 senin sp jumat sore jam 4-5. Ato di RSIA Sadewa, Babarsari hari senin dan selasa jam 19.00-20.00

  74. Reni

    Yth. Dr Dicky
    Saya Reni 36 tahun, suami 41 tahun, hasil analisa sperma suami saya oligoasthenoteratozoospermia, kami pernah menjalani program Bayi Tabung metode ICSI di Siloam Hospital Surabaya Jan – Feb 2010 lalu, tapi belum berhasil. Pada waktu OPU , hari Rabu 27 Januari 2010, dokter mengatakan ada 6 sel telur yang bagus, dan kami diminta menghubungi kembali Susternya untuk menanyakan kapan waktu yang tepat untuk ET. Dan ternyata ET nya dilakukan pada hari Senin 1 Februari 2010. Waktu itu embrio yang bagus sisa 3, jadi yang dimasukkan ke rahim yaitu 3 embrio tsb. Yang mau saya tanyakan
    1. Menurut Dokter, mengapa jangka waktu antara OPU dan ET yang saya jalani adalah 5 hari? Sedangkan pasien yang lain hanya 2 hari saja? Apakah persentase keberhasilan lebih tinggi jika seandainya pada waktu itu ET dilakukan 2 hari setelah OPU ?
    2. Apakah ada klinik fertilitas yang memberi layanan GIFT (Gamete Intra-Fallopian Transfer) di Indonesia?
    Sebelumnya saya ucapkan limpah terima kasih.

  75. novi

    terima kasih dok utk sarannya, klo utk tes FSH perlukah surat pengantar dari dokter atw langsung aja datang ke lab? mohon sarannya utk dokter androlog di sby siapa y

  76. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Reni…

    Keberhasilan bayi tabung memang merupakan misteri. tapi dengan kualitas embrio yang baik dan wadah/endometrium/tempat implantasi yang sehat insyaalloh proses kehamilan bisa berlangsung. ET dapat dilakukan dengan menggunakan embrio dengan status pembelahan 4 sel sampai tahap blastokis. Nah bila kita membicarakan yang mana lebih baik hasilnya…? tampaknya memang penelitian yang satu dan yang lain berbeda. Yang milih transfer blastokis (sekitar 5 hari setelah OPU) bilang bahwa embrio tahap ini sudah sangat siap implantasi sehingga harapannya kans hamil besar.
    Yang milih 4 sel( 2-3 hari post OPU) bilang kalo cara yang ini memungkinkan kehidupan adaptasi di rahim lebih baik dsb.
    Sekarang metode GIFT sdh ditinggal krn keberhasilannya kecil, tapi ongkos yang dikeluarkan besar. demikian Reni..

  77. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Novi..

    Pemeriksaan lab sebenarnya lebih baik dengan pengantar dokter. Kalopun terpaksa pengantar dari dokter umumpun juga boleh. Untuk androlog di surabaya kan banyak sekali karena sekolah spsialis andrologi itu di surabaya. Tepatnya di FK Unair atau RSUP DR Sutomo

  78. Novita

    Assalamualaikum,
    Dokter saya pernah 2 kali inseminasi di salah satu RS di Jogja, tetapi semua gagal.Kira-kira minggu ke 5 setelah telat haid bulan berikutnya, saya kembali mengalami pendarahan. Menurut dokter yang menangani saya sebenernya sudah terjadi pembuahan tetapi implannya blm sukses…yang ingin saya tanyakan apakah penyebab kegagalan tersebut, dan masih mungkinkan jika saya menginginkan kehamilan yang alami? apakah perlu perbaikan sperma mengingat ada varises (varikokel) pada suami saya?.Berikut saya sertakan hasil AS sebelum Insem yang ke 2.
    AS: 43,4 jt/uL
    Vol: 1,6 cc
    A/B/C/D:12/57/9/22
    SB:0,9
    Leko: 1,5
    IB dengan gerak lancar
    Pra IB saya di beri obat Provula dan Inject Pregnil.Pasca IB saya di ksh obat Alinol dan Folacom. Hanya saja pada saat pendarahan di beri cygest

  79. dr. Dicky Moch Rizal, Mkes, SpAnd

    Dear novita
    klo gugur sblm 2 bulan ya tetap ada faktor sperma atau telur disitu. Meskipun begitu, tindakan dokter menduga proses implantasinya ya tetap boleh. Nah, boleh jadi kita evaluasi ulang spermanya ya..

  80. Elizabeth

    Dear dr. Dicky,
    Dok saya sudah melakukan analisa sperma suami dan kesimpulannya adalah oligoAsthenozoospermia.Apa yang harus saya lakukan dengan hasil tersebut dok? selama ini suami sudah minum asthin force 4 mg (astaReal 200 mg) dan myoviton setiap hari 1×1 (+/- 2 bulan). Apakah obat2an tsb bisa membantu meningkatkan jumlah sperma suami yang kurang dok?. Saya sendiri minum asamfolat 400mg per hari dan profertil 50 mg perhari (dihari ke 2 haid s/d hr ke 5), dari seorang teman di sarankan minum susu NACO, apakah benar dok susu tsb bisa meningkatkan jumlah sperma?. Sebelumnya ucapkan terima kasih atas nasihat dokter.

  81. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Elizabeth,

    Klo hasil tes speperti itu tentu ada problem di sistem repproduksi suami. Asthin dan myoviton sejauh yang saya tahu memang di mungkinkan utk perbaikan sperma tapi penelitiannya masih sangat sedikit dan juga biasanya jangka panjang sampai 3-6 bulan. Saran saya… periksa hormon ajalah terutama FSH dan testosteron atau kadang ditambah prolaktin, semua di pagi hari. Soal susu NACO sy gak berani komen, gak tau sama sekali sih…

  82. wanda

    Hi..Dr Dicky smoga sehat slalu,hasil sperma suamiku tgl 27 juli’11 adlh :
    makroskopis: volume 4.00 >=2.0 ml
    bau khas, warna putih keabuabuan
    pH 8.1* 7.2- 7.8
    Liquekfaksi 44 <=60 mnt
    Viskositas 1.5 =20 10^6/ml
    motilitas: bergerak cepat&maju 10* >=25%, gerak lambat 53%,A+B 63 >= 50%, gerak ditempat 8%,tidak gerak 29 %.
    Aglutinasi negatif, leukosit 0,75 =75%.
    morfologi :
    normal 12* >= 30%
    abnormal 88 %
    Kesimpulan = Teratozoospermia
    itulah hsl sperma suami ak dan ak jg sdh periksa torch dan USG hasilnya baik atau normal.Yang aku mau tanyakan apakah teratozoospermia bisa disembuhkan dok?obat-obatan ap saja yg bisa dikonsumsi utk penyembuhan suamiku (kami berencana lusa ke bag.andrologi dan smoga obat yg dokter sarankan dpt ak rekomen ke dokter tsb) dan kami berencana menambah anak lagi (anak I umur 7th),suami 36th,saya 34th dgn tinggi&BB ak 170cm/75kg (gemuk yaa dok??)
    trus…kenapa suamiku terkena hal itu yaa padahal anak I tdk masalah,apa penyebabnya dok??? trims byk atas saranya Dok.

  83. fai

    Dok, suami saya didiagnosa varicocele grade 1. Tahun lalu hasil spermanya teratozoospermia. setelah mengkonsumsi provigor 2×1 tab dan becom z 1×1 tab selama 1 bulan, 2 hari lalu hasil spermanya normal. (motilitas : bergerak cepat 50%, bergerak lambat 40%, jumlah : 27juta/ml, morfologi : normal 57%)

    Apakah grade 1 varicocele perlu dioperasi dok, mengingat hasil sperma suami sudah membaik?

    terimakasih ya dok.

  84. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear wanda..

    Kalo akhirnya ketemu hasil AS kayak gitu artinya masih kategori ringan (motilitas) sampai sedang (morfologi) kelainannya. so…coba antioksidan aja misal vit c, vit e, co enzyme q 10 , vit B, asaam folat. Barangkali klo sudah di coba 3 bulan belym hamil mungkin perlu evaluasi hormon juga yah..Oya ,utk cewek memang agak gemuk yah..tapi yang penting mens teratur dan bukan poli kistik.

  85. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Fai..
    Varikokel memang gak semua berakhir dengan masalah di sperma. Dan gak semua harus di operasi lho. Nah lebih bijak untuk nunggu “hasil” dari terapi yang sdh dijalanin ya…semoga Tuhan mengabulkan amiin..jangan lupa doanya lho, kan usaha sudah dilalui..

  86. wati

    Dok sy ingin bertanya apakar disfungsi ereksi itu ada hubungannya dgn kualitas sperma yg kurang bagus? Dan apakah bisa diperbaiki?nkl bs dgn cara bagaimana ya dok ? TKS

  87. hardianti

    dok, usia saya 24 tahun…saya sudah menikah selama 2 tahun..setelah menikah saya berhenti menstruasi (menopause dini), saya sudah uji kromosom dan hasilnya tidak ada kelainan kromosom, tapi dari uji hormon lh,fsh, menunjukan kalo saya menopause. apakah sperma suami bisa menjadi pnyebab saya menopause? atau mungkin saya mengidap autoimun, sehingga tubuh saya menolak sperma suami saya? trims.

  88. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear wati..

    Disfungsi ereksi bisa saja berhubungan dengan kualitas sperma bila disebabkan oleh gangguan hormonal. Kenapa..? Karena gangguan hormonal juga menyebabkan abnormalitas pada sperma. Nah..kalo memang sama penyebabnya ya sambil menyelam minum air. Memperbaiki hormon akan diharapkan perbaikan sperma plus membaiknya keluhan disfungsi ereksinya.

  89. elizabeth

    Dok, saya sudah melakukan tes hormon dgn hasil sbb :
    LH = 9.3 mIU/ml
    FSH = 29.5 mIU/ml
    Testosteron = 333 ng/dl
    dan rutin 1 :
    Hemoglobin = 14.2 g/dl
    Jumlah Leukosit = 8.5 ribu/ul
    Jumlah Eritrosit = 4.44 juta/dl
    Jumlah Hematokrit = 42.7 %
    Jumlah Trombosit 289 ribu/ul
    Artinya apa ya dok, karena sy baru ada janji ketemu dr andrologi dlm minggu ini, oh mengenai susu NACO itu adalah susu kolostrum dok, dari malaysia. Apakah ada makanan atau minuman yg bisa membantu menambah jumlah sperma suami dok, terima kasih sebelumnya.

  90. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear elizabeth..

    Wah..kalo ini FSHnya terlalu tinggi..biasanya cukup 7-11, tapi nilai normalnya berapa menurut labnya ya..? Apa suami minum profertil juga..? Sedangkan testosteronnya terlalu rendah. Kalo saya ingin dapat gambaran ada atau enggak varikokelnya..kenapa..? karena kadar hormon yang begitu cocok dengan hormon penderita varikokel.
    Soal Naco saya masih tetap puasa gak komen. soal suplemen sy kira belum perlu ya..selesaikan problem hormonnya kenapa/faktornya apa dulu. Gitu …

  91. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear wati..

    Betul obesitas berhubungan dengan disfungsi ereksi, tapi harus di lihat kadar kolesterol atau hormon testosteron…gak semua orang obes mengalami disfungsi ereksi lho..

  92. elizabeth

    Kalau nilai normal labnya sy lupa, tapi masih normal dok dari yang saya baca di hasilnya ( maksudnya masih dalam batas normal nilai lab). dia tidak minum profertil, wk kunjungan ke dr. androlodi di kasih cefadroxyl sama meta apa gitu dok, katanya takut ada jamur atau apa gitu. waktu itu diperiksa juga saluran dan testisnya, kata dokternya tidak ada masalah, makanya diminta tes hormon dok. Kalau FSH tinggi biasanya karena apa ya dok? gimana cara menurunkannya, karena suami sy tidak merokok, dan juga tidak pernah minum minuman yg ber-alkohol, oh iya tentang hormon progesteron itu gimana cara meningkatkanya dok? dengan keadaan seperti itu suami saya ada kecenderungan masalah varikokel ya dok? Terima kasih sebelumnya.

  93. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear elizabeth..

    FSH yang tinggi bisa berasal dari pengobatan sepertil profertil dan sejenisnya atau kalo memang ada kerusakan di testis. Nah..ini yang problem, jika memang ada kerusakan testis. Menurunkan FSH yang disebabkan adanya kerusakan sulit, kecuali mungkin disebabkan oelh varikokel. Setelah operasi diharapkan testis lebih sehat sehingga FSH turn. Kalo soal testosteron yang rendah…dikaitkan dengan LH yang tinggi kemungkinan besar juga terkait dengan FSH yang tinggi juga.

  94. Novita

    Ass. Dr. Dicky
    Dokter saya mau nanya alamat lengkap praktik dr.dicky yang katanya di Jakal. Kemaren sudah saya cari tp blm ktemu juga?. Trimakasih

  95. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Novita..

    Praktek saya sekarang di Klinik Andrologi dan seksologi, gedung timur RS Happyland, Timoho. Telp pendaftaran di 0274-8370834, senin sp jumat jam 16.30-18.00 atau di RSKIA Sadewa, Babar sari, senin dan selasa jam 19.00-20.00

  96. elizabeth

    Dear dr. Dicky,

    Termia kasih atas jawaban dokter yang lalu. Dok, suami saya divonis rusak testisnya karena inveksi virus sewaktu terkena penyakit gondongan ( waktu kecil dulu, mungkin pengobatannya tidak tuntas ),dokter andrologi yang saya kunjungi bilang sudah tidak dapat diperbaiki lagi, apa benar demikian hebatnya akibat dari virus gondongan tersebut dok? saya masih penasaran dengan hasil hal tersebut, bolehkah saya minta rekomendasi dokter andrologi lain yang menurut dokter memiliki pengalaman cukup dalam kasus suami saya ini? saya tinggal di provinsi Banten dan berdekatan dengan provinsi Jakarta. Terima kasih sebelumnya dok.

  97. vivi

    dear,dr dicky,

    dokter saya mau tanya, suami khan azoospermia…kita udah coba bt 2x tapi blom berhasil bt yang ke2 sempet positif cuma bhcgnya rendah cuma 34.7 jadi cuma bertahan 3 minggu trus flek2 sampe mens…nah ini kita rencana mau coba bt lg, tapi saya binggung dr,apakah suami masih boleh operasi tese lagi setelah 2x dioperasi…apakah ada pengaruh ke kerusakan testis…maksimal brp kali testis boleh di operasi dok? terima kasih dokter

  98. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear elizabeth..

    Saya bener2 ikut prihatin dengan kondisi suami. Sebenarnay sy sdh sampaikan juga bahwa FSH setinggi punya suami memang dikategorikan cerminan dari kerusakan testis. Nah…kita tidak mungkin mencari spermatozoa di semua jaringan testis, gantinya adalah di lihat melalui proses biopsi. Apabila sdh dilakukan dan hasilnya sama ya..mohon maaf berarti memang tidakk ada spermatozoanya. Saya kira semua androlog akan memberi komen yang tidak jauh beda. Sekali lagi saya ikut prihatin. TK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *