Kebiasaan buruk dan kerusakan sperma – dr. Dicky

Berbagai masalah pada sistem reproduksi pria terutama produksi sperma yang berkualitas dan kuantitas yang cukup, ternyata dapat di timbulkan oleh beberapa kebiasaan buruk yang mungkin saja dilakukan oleh seorang pria. Kebiasaan buruk yang mengancam kesehatan sperma tersebut antara lain :

1. Berendam air hangat atau panas.

Testis sebagai pabrik sperma ternyata sangat peka akan terjadinya peningkatan suhu disana. Kebiasaan berendam air hangat/panas secara teratur dalam waktu yang cukup lama, dapat berakibat buruk pada produksi sperma.

2. Memangku laptop

Panas yang di pancarkan lewat laptop yang sedang dipangku juga mengancam kesehatan sperma. Biasanya kebiasaan ini tidak disadari berlangsung dalam waktu yang cukup lama karena saking asyiknya berselancar dengan laptop yang terpangku.

3. Kurang istirahat

Kurang istirahat juga dapat mengancam kesehatan tubuh secara keseluruhan, demikian juga dengan kesehatan sperma. Kelelahan kronis dan stres yang berkepanjangan dapat memacu kenaikan kadar hormon kortisol dan ini berdampak buruk pada produksi sperma.

4. Malas olah raga

Kebiasaan olah raga ternyata mampu meningkatkan kerja darai berbagai sistem di tubuh kita termasuk sistem hormon reproduksi. Sehingga diharapkan olahraga ringan seperti jalan kaki 30 menit selama 5 kali seminggu dapat memperbaiki hormon reproduksi yang kurang optimal

5. Minuman keras dan narkoba

Kalau yang ini jelas sekali dampak buruknya bagi tubuh, termasuk juga mengancam kesehatan reproduksi pria. Keseimbangan hormon akan terganggu. Bila sampai menyebabkan gangguan fungsi hati juga bisa berakibat ke fungsi reproduksi.

6. Merokok

Kebiasaan merokok dalam jumlah yang cukup besar dapat merusak kualitas sperma terutama gerakan lincah sperma akan terganggu.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (18 votes, average: 2.78 out of 5)
Loading...

273 thoughts on “Kebiasaan buruk dan kerusakan sperma – dr. Dicky

  1. destiny

    halo dokter,saya mau tny tp ngga nyambung sm tema gpp ya,klo kita mau tes bhcg minimal brp hari ya setelah ET?Klo kurang dr 2 minggu boleh ngga ya dok?Tks b4…:)

  2. wati

    alo….destiny….salam kenal….
    wah, abis ET dimana mbak desti? 3 bln yl aku jg ET tp hslnya negatif (b hcgku cuma 0,1) ksmpln dokter embrioku gak nempel sama sekali(hik2 sedih dech….). Wkt itu aku pernah ty ama dokter kl b hcg yg aman 100 gt, tp tdk menutup kemgkn bl di bw itu kehmln jg bs berlanjut kok. Soalnya pernah bc di web ini b hcgnya 17 & kemahilannya bs berlanjut gt. Yg pasti lg gak karuan yach perasaannya. Ku doain smoga hslnya positif ya…………

  3. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear destiny..

    hCG mulai muncul hari ke 6-8 setelah OPU, tetapi kadarnya amat rendah. Bisa saja periksa hCG sebelum jatuhnya hari 1 menstruasi, kurang lebih 2 hari sebelumnya. Kesimpulannya bisa hCG diperiksa kurang dari 2 minggu setelah ET.

  4. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear wati…

    Kalo penelitian memnag sekitar 30-45menit yang baik utk kenaikan hormon dan kesehatan pembuluh darah. Coba sy cari lagi yah..

  5. destiny

    Halo dr.Dicky…makasih atas jawabannya,sangat membantu sekali 🙂

    Halo jg mba Wati,salam kenal kembali…sy kmrn BT d abdi waluyo dg dr.Karel,skrg ini sy lg deg2an krn besok adalah pengumumannya,terimaksh atas doanya…mba Wati kmrn BT dmn?Sy doain jg smoga ke dpnnya sukses ya…

  6. wati

    Terimakasih jawabannya dokter. Dok, sy masih bingung dg Cek ASA itu. Yg ingin sy tanyakan kenapa Cek ASA itu tdk termasuk dlm skrining dlm program ivf ya? soalnya ada pendapat yg mengatakan bahwa kadar ASA yg tinggi bisa membuat embrio gak nempel krn dianggap sbg benda asing yg hrs dilawan begitu. Atau kan perntanya tsb masih kontroversi dok? Tks…

  7. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Wati..

    Saya juga bingung hehehe..begini wati…ASA bukan pemeriksaan rutin di penanganan ingin anak, meskipun di tempat saya rutin (Klinik Bayi Tabung RS Sardjito, Yogya). Tetapi bila di sperma dicurigai adanya kemungkinan faktor imunologi seperti riwayat infeksi, aglutinasi tinggi, varikokel atau pernah vasektomi, maka dianjurkan priksa ASA. Betul memang…ASA yang tinggi dapat merusak DNA sperma dan mengakibatkan embrio yang di hasilkan mungkin kurang baik. Begitu dari saya..yang saya tahu lho…

  8. aya

    Sebelumnya kami telah konsul dg dokter,malah telah biopsi atas saran dokter.pda saat kami konsul kami membawa hasil lab th 2008 dimana hasil lab suami lh,fsh,dan testosteron normal,sehingga indikasi sumbatan dan lgsg biopsi.tetapi hasilnya tidak di temukan sperma.dan yg membuat kami menyesal.pada saat akan dibiopsi jg tidak disarankan lab kembali,hanya berpatokan lab th 2008.hasil akhir biopsi hanya ada spermatid.sehingga selanjutnya kami ke dr aucky dan kami konsul ulang di suruh lab ulang lh,fsh,testosteron hasilnya buruk diatas standartnya.apa itu efek dari biopsi atau ada faktor lain.karena keg suami tiap hari tidak lepas dari menyupir mobil dlm jk wkt lma.dan bagaimana mengembalikan agar hormon tsb bisa normal kembali karena kami jg ingin mendapatkan keturunan meskipun hanya dengn BT.terima kasih

  9. destiny

    Dear dr.Dicky…apakbr?
    Sy mau tny lg nih dok,kmrn sy usg yg pertama setlh 2 mggu ET,sdh keliatan titik kecil d dlm rahim sy dok,yg ingin sy tanyakan knp sy testpack d hari ke 15 after ET tp msh (-)?
    Sy tggu jwbannya dan tks seblmnya dok…

  10. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Aya..

    Pada kondisi azoospermia dengan hormon FSH, LH dan testosteron yang normal, selalu yang terpikir pertama kali adalah proses produksi sperma normal tapi tidak bisa keluar alias ada sumbatan. Biopsi menjadi salah satu cara utk mengetahui secara lgs apa ada sperma atau tidak ditestis. Biopsi jg dipake utk pengambilan sperma jika akhirnya hrs mengambil dr testis sbg satu2nya jalan.
    Perubahan hormon apakah bs di sebabkan oleh biopsi…? Bila biopsi ternyata berdampak munculnya radang atau terjadi infeksi di testis, maka ada kemungkinan jaringan testis rusak. hal ini mengakibatkan hormon menjadi tinggi. Jadi msh ada kemungkinan hal itu dari biopsi jika memang karena ada infeksi setelah tindakan biopsi.
    Utk mengembalikan hormon menjadi normal sy rasa agak sulit jika memang disebabkan oleh tesisti yang rusak. Yang bisa dilakukan adalah “mencoba” memacu dari spermatid menjadi spermatozoa.Meskipun hal ini agak mustahil, tp secara teori mungkin dilakukan dengan bantuan hormon.

  11. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear destiny..

    Bila ingin pasti, cobalah utk priksa beta hCG yang bersifat kuantatif atau diambil dari darah. Berapa kadarnya, mungkin akan membantu memperjelas kondisi

  12. wati

    to destiny…………..
    wah, sepertinya ETnya sukses ya…..Slamet yach. Kadar beta hcgnya berapa kok pake test pack masih negatif mbak destiny? oiya kmrn aky BT di BIC, dg dr Ivan.

  13. wanty

    to wati :
    salam kenal..nama kita hampir-hampir mirip ya 🙂 klo boleh tahu gimana hasil BT dengan dr.ivan.aku baru mulai BT bulan depan dengan D.Indra Anwar.kemarin habis brp semuanya?oh ya..ada yang tahu informasi tempat kost terdekat dengan BIC ngk soalnya aku dri luar pulau..THXS

  14. wanty

    hai..salam kenal semua 🙂
    dear wati :
    nama kita hampir mirip ya..gimana hasil BT dengan dr.ivan sudah ada kabar baik?kmrin total habis brp?aku juga bulan depan mulai BT pertama dengan Dr.Indra Anwar.ada yg tahu kost terdekat dengan BIC ngk ya soalnya aku dari luar pulau..THXS

  15. onix

    dok kalau hasil bcg setelah ET 85 khan dikatakan positif hamil, betul? gejala mual dan sakit perut, payudara kencang itu pada minggu pertama, pada minggu kedua ternyata gejala itu berangsur angsur berkurang bahkan hilang sama sekali, itu tandanya apa ya dok?terima kasih sebelumnya

  16. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear onix..

    semoga saja bukan proses berhentinya kehamilan ya bu. Mhn di cek ulang hCGnya atau kalo perlu kembali ke dokter kandungannya biar usg transvagina utk memastikan.

  17. eva

    Dear Dokter..

    Dok, suami saya sudah menjalani operasi varikokel namun setelah operasi tersebut beliau dinyatakan azoospermia, apakah operasi itu menyebabkan hilangnya sperma?? karna sebelum operasi kokel sempat hamil 6 bl dan keguguran karna jatuh …
    mohon jawabannya Dok,, karna saya putus asa sekali

  18. wati

    dear wanty,…………
    Salam kenal jg ya……, aku kmrn BT di bualn agustus 2011 tp hslnya gagal total & beta hcgku cuma 0,1.So, stlh itu dr SpOG suruh buat laparoskopi pd bln berikutnya, tp baru bs terlaksana bln september 2011 krn jadwal dokternya penuh. Hslnya laparoskopi mntr dokternya gak kelainan berarti & di srh kembali lg pd saat haid H2 pd bln berikutnya. Pas aku balik ternyata dokternya lg pergi haji….so mau gak mau dialihan utk sementara & aku memilih dr taufik, stlh di priksa aku di srh dtg H14 stlh haid. Nah skrg lg nunggu buat itu. BT pertamaku gagal tp aku msh py sisa 2 embrio beku,rencananya mau di ET dlm wkt 3 bln stlh ET yg pertama, tp krn semua jadwal mundur so rencana ET jg mundur gt. Kmnr kl ETnya kl gak salah 24 jtan, blom ter msk biaya bekuin embrio, obat, Lab, konsultasi. o iya kl kost2nya coba bc di web ini dech, dl aku pernah bc ada yg sharing tp lupa yg mn gt. Btw gmn BT dg dr indra, dah mulai apa belum?

  19. ADAM

    Yth. Dokter.
    Salam Kenal… +/- 1 6 bulan yang lalu, melalui penanganan yang panjang akhirnya pembedahan jalan satu-satunya untuk mengetahui kondisi testis sy dan saya dioperasi bagian kantung Testis, ternyata sal vasdeferen saya tidak tumbuh (abnormal) jadi sperma ga mungkin akan bisa keluar. dan atas saran dokter saya harus ikut program Bayi Tabung. bagaimana kemungkinannya dok? Saya operasi ditangani oleh Prof Doddy di RS Darmo Surabaya. Saya disarankan BT di RS. Siloam Surabaya. Apa saran dokter buat kami, agar kami bisa siap menghadapi kemungkinan2 yang terjadi. Terimakasih atas sarannya.

  20. Andrea

    Dear dr.Dicky,

    Dok, mohon u penjelasannya mengenai Biopsi, Pesa dan ICSI, mengingat suami sy azoospermia dan kami akan menjalani program Bayi Tabung.
    Dari hasil test hormon semua baik, dan dokter menyarankan u frezzing sperm dg cara ICSI mksdnya apa ya dok? Dan stlh kami konsul ke dokter urolog disaranka u usg dlu krna ktnya blm tentu ªÐªª spermanya stlh dioprasi, yg sy takutkan stlh dilakukan tindakan oprasi hasilnya malah makin buruk, jd menurut dokter sarannya bagaimana ya dok? ~;)•°•T?????¥o?•°•;)~

  21. dr. dicky Moch Rizal

    Dear Adam..

    kasus anda Cingenital agensis vas deferens..jarang banget kasus ini. utk hasil bayi tabung sy kira gak masalah tetap oke insyaalloh bisa. Tapi kemungkinan punya anak dengan kondisi yang sama belum dapat disingkirkan lho..sy ikut prihatin dengan hal ini. Tapi cobalah bertanya ke Prof Doddy tentang kelainan menurun seperti ini.

  22. dr. dicky Moch Rizal

    Dear andrea..

    semua yang anda tanyakan emnyangkut cara mendapatkan sperma. Kalo biopsi berarti kantung testis dibuka dan jaringan testis diambil sedikit. Kalo pesa, dari kantung sperma atau epididimis dengan cara menyedotnya/aspirasi. USG adalah cara yang tidak bisa memberi gambaran nyata karena cuman bayangan/imaging. Cuman kita tahu apakah jaringan tidak ada pengapuran/kalsifikasi, jaringan parut/fibrosis dsb. Menurut saya ya sedia biopsi lalu jaringan testis di bekukan. Kalo gak ada spermatozoanya ya..ini bentuk resiko yang mungkin berat utk diterima juga.

  23. Andrea

    Dear dr.Dicky,

    Stlh kami menjalani pemeriksaan fisik dan USG, ternyata didapati verikokel grade 1 pd testis kiri dan kanan dan dokter menyarankan u operasi agar kwalitas sperma bisa baik. Saya ?ªu tanya dok, apkh verikokel grade 1 perlu dioperasi? Hasil test hormon smua baik dok. Apakah kemungkinan sperma suami ªÐªª dok? Thx

  24. via

    hi andrea,

    kondisi suami andrea sama dengan kondisi suami saya, malah suami saya varikokel grade 2. Kita berdua sudah tau kondisi ini dari tahun lalu dan sudah menjelajah ke beberapa urolog plus saya banyak google untuk cari info. Akhirnya kita putusin untuk tidak operasi varikokelnya karena varikokel bukan satu2nya penyebab azoospermia dan setelah operasi,masih ada kemungkinan varikokelnya akan balik lagi. Minggu kmrn suami sudah PESA, dan tx God ketemu sperma yang cukup untuk 1 siklus BT. Saya sudah diwanti-wanti dokter sebelum PESA bahwa PESA bukanlah operasi ambil sperma, meskipun hormon normal, tetap ada kemungkinan tidak ada spermanya. Saya pernah baca pengalaman di thread sebelah untuk kasus spt ini. Saya hanya share saja pengalaman saya, untuk kasus Azoospermia, lebih baik tidak buang-buang waktu dan langsung go ahead ke BT. Mohon maaf kalo ada salah-salah kata, tidak ada maksud menakuti ato apapun, hanya sekedar share.

  25. Andrea

    Hi Via,

    Thank You banget u semua informasinya, skrg sy sdh jelas dan optimis u segera lakukan BT tanpa melakukan oprasi verikokel. Yang membuat sy bingung terkadang dokter tidak memberikan solusi yg membuat pasien tenang dan terkesan menakut2i pasien dg uacapan “harus operasi” shg pasien tdk py keputusan laen selaen oprasi. ~;)•°•T?????¥o?•°•;)~

  26. via

    hi andrea

    sama-sama, kan kita seperjuangan dapet baby ^^. Memang jarang sekali dokter di Indo yang bisa mengerti perasaan pasien, padahal kita bayar lho, pengalaman buruk suami pas berobat ke salah satu urolog, dr H membuat saya banyak-banyak browsing cari dokter ke sana sini cari-cari pengetahuan. Tx God udah nemu dokter yang nyaman banget buat saya dan suami setelah berkelana sana sini plus bantuan dari cerita temen-temen di web ini juga. Selamat berjuang yach…Semua indah pada waktunya ^^

  27. ani

    dear dr.Dicky
    sy mau tanya, suami sy sdh mlkkn analisa sperma hasilnya asthenoteratozoospermia. utk terapinya gimana ya dok? selama ini sy hanya beri suplemen zinc aja dok. mohon utk info lbh lanjut
    trims dok.

  28. Nouval

    Dear Dicky

    Saya menderita azoospermia, dari hasil USG testis kondisi testis kiri & Kanan normal tetapi ada varikosel grade 1 di testis kiri. saya di rujuk ke specialist bedah urologi dan dokter tersebut menyarankan untuk di operasi untuk mengikat varikosel tersebut sekalian biopsi untuk cek ketersediaan sperma agar bisa melakukan proses bayi tabung. pertanyaaan saya apakah proses tersebut diatas aman untuk dilakukan dan apakah memang sudah benar arahan yang diberikan oleh spesialist urologi tersebut untuk pengidap azoospermia. thank you

  29. Hilda

    Dear dr.Dicky
    Suami sy menderita Teratozoospermia ( 39 th ) dan sy ( 32 th )sendiri pernah mengalami KET hingga 2x tetapi alhamdulillah kami sudah sempat memiliki putra (4th) setelah KET yg pertama dan sperma suami belum bermasalah. Saat ini kami siap ingin menambah anak dgn melakukan program BT. Yg ingin sy tanyakan apakah dgn kondisi suami apakah bisa memiliki sperma yg bagus dan banyak untuk program tersebut dan apa saja tahap yg harus suami sy lakukan untuk mendapatkan sperma yg berkualitas tsb. Terima kasih

  30. Atiek setyaningrum

    Assalamu’alaikum dr. Dicky…
    Suami saya oligoasthenoteratozoozpermia. ditemukan kista dengan ukuran 1,85 x 1,5 cm di rahim kiri saya. Kami sudah menikah seitar 7,5 th dan belum pernah memiliki anak. Usia kami berdua saat ini 33 th. Apakah dengan kondisi kami berdua tersebut kami dapat memiliki anak secara alami? Apakah kondisi suami bermasalah untuk proses kehamilan? karena dokter obgyn saya mengatakan bahwa dengan kondisi tersebut bisa terjadi pembuahan secara alami. Bulan Okt 2011 kami melakukan insem yang pertama dan gagal. Trims.

  31. doni

    Assalamualaikum wr wb dok, salam kenal dok, saya telah menikah selama 6 bulan dan hasiol tes sperma saya 2 bulan lalu saya kena Asthenozoospermia dengan motility 5% saya ingin berobat ke dokter Dicky, dokter praktik hari apa aja dan di RS mana ?? kalo boleh saya minta no hp dok, karena rumah saya jauh, di Ponorogo

  32. arif setiawan

    Assalamualaikum dokter Dicky,
    Saya divonis azoospermia, sudah cek hormon dan dinyatakan FSH saya tinggi 16. Dan buah pelir saya termasuk kecil. Apakah masih ada harapan buat saya untuk punya momongan.
    terimakasih,
    wassalam.

  33. yulia

    assalamualaikum dok…
    suami saya pernah oligospermia dan 3th ini divonis azoospermia,(suami umur 29 ,saya 23th)…kami pernah konsultasi dengan dr.Dicky si solo,dan dokter menyarankan untuk biopsi..tp langkah itu blm kami jalani krn dokter sudah tidak praktek lg di solo.kemudian kami konsultasi ke dokter andrologi lain dan urologi.dan mereka mendiagnosis ada varikokel tp setelah menjalni USG testis suami saya sehat2 saja tidak ditemukan sumbatan maupun varikokel(tp ukuran buah pelir tergolong agak kecil)..kami berpindah ke dokter lain dan menyarankan tes hormon dan hasilnya kurang..kemudian dokter tsb menyerah dan menyarankan untuk bayi tabung ke surabaya(dengan kemunkinan kecil)…tp kami berencana melakukan bayi tabun ke Rs.dr.Sardjito saja karena lebih dekat..yang kami ingin tanyakan langkah/tindakan apa yang harus suami saya jalani?(biopsi/yang lainnya)…dan kalaupun kami melakukan bayi tabung adakah kemungkinan berhasil dengan kondisi suami saya tsb? mohon bimbingannya…
    Trimakasi…
    wassalamualaikum…

  34. yulia

    maaf…yang saya maksud oligospermia bukan ologospermia…maklum terlalu semangat nulis jd td teliti…oya dok ini hasil terakhir cek hormon suami saya
    LH: 8,0
    FSH:16,3
    PROLAKTIN:6,7
    TESTOSTERON TOTAL:642
    mohon penjelasan dr hasil tes tsb….
    trimakasih…

  35. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Eva..

    Saya ikut prihatin dgn kondisi suami. Terus terang beberapa hal ingin sy ketahui, misalnya apakan AS sebelum operasi cukup baik hasilnya? Adakah efek samping operasi, misalnya testis bengkak dsb..? Semoga msh bisa pulih ya

  36. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Andrea..

    Menurut riset yg ada bila ada varikokel dengan kadar hormon yang masih cukup baik, peluang hasil operasi juga masih baik kok. Klo sy varikokel grade I masih bisa di cari jalan lainlah. Btw, hormonnya seberapa baik..? Jangan2 interpretasi anda baik itu gak sama dgn baiknya saya..

    #Dear Via..
    selamat berjuang semoga sukses…btw gak semua dokter di Indonesia bikin bete kan..?

  37. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Nouval..

    Hasil hormonnya bagaimanaya..? klo setahu sy azoospermia ya biopsi sj lalu di bekukan spermanya utk bayi tabung, gak perlu operasi varikokelnya. Tp klo penyebab pastinya azoospermia krn varikokelnya..ya bolehlah operasi

  38. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Hilda..

    Yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan suami. Bila msh ada kemungkinan diatasi ya coba utk diatasi. Tp bila cukup dengan sperma yang ada cobalah utk konsumsi antioksidan terutama Zinc, dan vit B serta asam folat selama 3 bulan

  39. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    waalaikumsalam Atik..

    Kondisi sperma suami klo masih bisa diperbaiki ya diperbaiki dulu utk meningkatkan kemungkinan hamilnya. Oya..kistanya apa ya bu..? Sedangkan inseminasi lebih baik dilakukan setelah suami dioptimalkan spermanya. Bukankah inseminasi itu niru alami, artinya masih mengandalkan sperma utk pembuahan..

  40. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Waalaikumsalam pak Arif..

    Utk lebih memastikan baiknya pak arif menjalani biopsi kalo memungkinkan. FSH yang segitu meskipun diatas normal tp tidak setinggi biasanya utk kasus yang sama, yaitu azoospermia dengan buah pelir yang kecil. Biasanya FSH sekitar 24-48.

  41. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear bu Yulia..

    Dengan data yang ada, sy tetap sarankan biopsi dulu sebelum bayi tabung. Ada kemungkinan masih ditemukaan sperma (meskipun mungkin sedikit kalo liat hormonnya) tetapi harus di lakukan secara teliti, kemudian di simpan beku. Baru kemudian direncanakan bayi tabung

  42. via

    Hi dr dicky

    Maaf baru muncul lagi, karena baru aja LO jumat kmrn, ada 4 lubang di perut saya karena kistanya udah nyaman banget di perut saya ^^ jadi susah dikeluarin. Skrg lagi masa pemulihan, udah balik beraktifitas, udah gerak sana sini spt nothing happens. Suami yang pusing liat saya gak bisa diem hehehe. Sptnya di Indonesia masih sedikit sekali dokter yang spesialisasinya andrologi ya, apa karena ego laki-laki ya malu kalo ada masalah sama onderdilnya hehehe

  43. wati

    pagi dokter………..,
    sy pengen ty lg ke dokter, dokter puji TUHAN hsl ET sy yg kedua positif dg beta hcg 752,6. kemarin sy ditransfer 2 embrio & ternyata hsl ACA sy positif intermediate(IgM 18 & IgM 54). sy pun dpt terapi tambahan loVenox 0,4ml stlh ET hingga skrg. Yg mau sy tanyakan apakah aman dg beta HCG segitu & biasanya smp kpn ya donk sy dpt suntikan lovenox mengingat sakitnta suntikan itu & apakah benar org dgn ACA positif hrs mengurangi konsumsi sayuran hijau, agar gak bertambah kental darahnya, dan sekarang bdn sy ko jd gatel2 ya dok tp hny di bagian punggung, lipatan payudara, lipatan paha apakah ini ada hubungannya dg beta hcg yg tinggi atau hormon yg lain yaa. Sekali lg thanks dokter, sy tunggu jawababn dokter.

  44. dr. Dicky Moch Rizal

    Dear wati..

    Maaf telat jawab…bagaimana kondisinya..? Kalo memang benar hasil hCG segitu kayaknya sih oke2 aja ya insyaalloh kehamilan ada. ACA positif dan sayuran hijau barang kali hubungannya sama zat besi yg dikandung biar gak tambah kental darahnya…tapi terus terang gak tau pasti lho

  45. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Pagi pak ilham..

    Langkah gampang ya berhenti merokok, atau mengurangi jumlah rokok seminim mungkin. Dalam 3 bulan sperma akan membaik. Tetapi indikator membaik mgk secara struktur internal sperma lho bukan hanya lewat analisa sperma.
    Langkah kedua, imbangi dengan antioksidan yang cukup kuat, isal vitamin E.C dan zinc. Ini penting, krn merokok merusak sperma. Gitu ya pak Ilham

  46. dr. Dicky Moch Rizal

    Pak ilham bisa secara alami dapatkan vit e dari kecambah tapi dosisnya terlalu kecil. Kemudian zinc dari sea food kayak kepiting, kerang dsb. Tapi hati2 kolesterolnya hehehe dan asam urat yah..

  47. Denok

    Pagi dok,

    Mau tanya, seberapa jauh sih efek buruk yang ditimbulkan proses HSG? saya disarankan untuk HSG oleh dokter, mengingat tuba saya tinggal 1 yang sebelah kiri saja. Tapi saya takut kalo terjadi infeksi di tuba saya yang tinggal 1 itu. Terima kasih sebelumnya ya dok…

    Salam

  48. Melia

    Dok, saya mau tanya..

    Saya tinggal di Batam, usia saya 24th, suami 35th, saya sudah 4th menikah, tp belum pernah sekalipun hamil. setelah periksa sperma dan ke dr. urologi, suami disuruh operasi varikokel. operasipun berjalan lancar. sudah setahun pasca operasi, saya ga hamil-hamil juga. akhirnya cek sperma lagi dan ke dokter urologi “lagi” (dokter urologi cuman ada satu2nya di Batam) Kata dokter tsb, suami saya, azoo. Trus dokter saranin buat endoskopi atau biopsi. katanya kalo endoskopi bisa di Batam, tp kalo biopsi disuruh ke jakarta.
    Yang saya mau tanyakan, perlukah suami saya tes hormon? sy uda sempet nanya ke dokter tsb, tp katanya ga perlu, buang2 duit aja katanya.
    Pertanyaan kedua, untuk kasus seperti suami saya, apakah ada jalan keluarnya?
    Bagaimaapun, saya tetep butuh second opinion dok, kalo harus ke jakarta/jogja/surabaya juga gapapa, asal ada jalan keluar yg melegakan buat kami.
    Jujur saya pesimis sama penanganan medis di kota kami, karna fasilitas dan SDM yg kurang mendukung. Kalo untuk berobat ke malaka/singapur jg agak takut, selain biaya, faktor komunikasi jg jadi pertimbangan saya.

    Terimakasih banyak dokter Dicky

  49. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Pagi Denok..

    Nah, memang benar yang di kuatirkan Denok…tapi dokter kan ngecek dulu sebelum HSG apa ada keputihan dsb. Jika HSG disaat keputihan ada bakteri, maka seolah mengantarkan bakteri ke tempat yang lebih jauh kan…nah ini yang ditakutkan

  50. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear melia..
    Saya ikut prihatin dengan kondisi suami…lha dulu ada sperma kok sekarang azoo..kok bisa ya..? Coba kirim saya data sperma sebelum operasi dan setelah operasi di dickymd@yahoo.com.
    Kalo soal periksa hormon menjadi sangat penting. Jangan keburu di endoskopi atau biopsi yah…Kalo ke jogja ketemu saya boleh juga tapi tunggu data suami termasuk hormon lengkap. Priksa FSH, LH dan testosteron pagi jam 7 di lab besar di Batam, kayak prodia adakah?

  51. Melia

    Iya dok, nanti saya akan ajak suami tes hormon lengkap, alhamdulillahnya suami saya orang yg gampang diajak periksa2 🙂
    Insya Allah kalo saya pulang ke Jawa, saya ke tempat praktek dokter ya di jogja..
    secepatnya akan saya email ke dokter.

    Terimakasih banyak dokter Dicky..

  52. ummu salman

    Assalamu’alaikum … dokter .
    saya berumur 23th dan suami 25 th . sudah menikah 3th .
    sebelumnya saya sudah menunggu lama ntuk hamil . pada tahun lalu saya hamil tapi di bulan juni saya harus di-kuret karena janinnya mati . tidak berkembang di usia 2bulan 1pekanan .
    pada bulan oktober saya kembali ke dokter kandungan lalu suami disarankan analisa sperma dan dianjurkan konsultasi ke dokter andrologi . dari analisa sperma hasilnya severe oligo-astheno-teratozoospermia sempat sebelumnya hamil di tahun 1 nikah hasilnya azoosperma .
    dari dokter sekarang suami minum seloxy dan vitan dan diminta analisa sperma kembali di pekan 2 februari .
    dokter menyarankan ntuk BT ,(tapi saya pernah mengalami kehamilan alami) .
    yang saya tanyakan benarkah ; sebab infertility dapat dari bawaan bayi ?
    dan dikatakan pula kemungkinan janin saya tidak berkembang optimal karena sel telur itu dari sperma yang kurang baik kualitasnya ?
    apa saran dokter ntuk kami berdua ?
    trimakasih bnyak … semoga dokter dan keluarga senantyasa dlm lindungan Alloh aamiin

  53. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Ummu salman…

    Keguguran sebelum 3 bulan masih memungkinkanfaktor sperma lho. Nah, dengan hasil analisa sperma severe OAT mungkin sbg salah satu faktor. Sarn saya klo masih ada kemungkinan diperbaiki spermanya ya diupayakan dulu

  54. viana

    Sore dokter..
    saya dan suami sudah menikah hampir 3 tahun tp sampai skrg blm dikaruniai momongan. 6 bulan yll suami saya sdh melakukan operasi d jkt krn dinyatakan varikokel dan minum obat untuk menurunkan hormon prolaktinnya. yg ingin saya tanyakan, yg pertama, pemeriksaan lanjutan apa yg hrs dijalani lg oleh suami saya dok? kedua, adakah referensi dokter SpAnd di medan? krn saat ini kami sdh tinggal di medan & tdk tau hrs berobat kmn. Terimakasih banyak atas bantuannya dok.

  55. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    sore viana…

    gak ada yang dilakukan kecuali nunggu 3 bulan post operasi lalu periksa sperma. Kalo mau sih. tambahkan co enzim q-10 dan vitamin c atau vit e. Dia medan ada dr. Kamajaya SpAnd, tp sy gak tau alamatnya lho…

  56. ummu salman

    siang dok . jum’at lalu suami analisa sperma lagi tapi kenapa bisa hilang ya spermanya … yang dulu OAT sekarang kesimpulannya azoosperm lagi . sekarang masih lanjutin seloxy nya , tapi jadi aneh soal hasil analisa itu .
    kok bisa terjadi demikian ya dok . mohon penjelasannya .

  57. Lutfiah

    Salam dr. Dicky

    Saya sudah menikah 5,6tahun yang lalu,dan belum pernah hamil,hasil analisa sperma suami saya adalah
    Oligoasthenoteratozoospermia
    ~motility progresif=0
    ~non rogresif motility=11%
    ~morfologi =3%
    ~jumlah sperma=19,38jt
    ~konsentrasi sperma=5jt

    Apa mash ada kemungkinan hamil alami dengan hasil SA diatas? Dan ada alternatif lain gak selain hsg,saya takut,karna saya juga ada keputihan,trimakasih dokter sebelumnya

  58. umi

    dokte, apakah sperma ya tdk begerak bs diobati spy bisa bergerak, atau hrs menunggu sperma yg baru agar tumbuh sehat. berapa lama wkt dbutuhkan, dr sperma baru jd sperma siap membuahi? terima kasih.

  59. Skolastika

    Halo Dokter Dicky,

    Mau ikutan konsultasi nih. Saya (35) dan Suami (39) sedang mengusahakan mendapatkan anak kedua. Anak pertama kami sudah berusia 6 tahun. Setelah dilakukan pengecekan USG, hormone dan HSG, hasil saya baik semua. Untuk sperma suami dinyatakan Asthenospermia. Hasil yg beda dari range normal sebagai berikut:
    PH = 8
    Likuefaksi >60
    Kecepatan rata-rata 1.6
    Motilitas = 40
    Progresif lurus cepat = 10
    Progresif lurus lambat = 30
    Gerak di tempat = 10
    Tidak bergerak = 50
    Aglutinasi = positif
    Autoaglutinasi = positif

    Mohon saran dari dokter. Apa yang harus dilakukan suami untuk memperbaiki gerakan spermanya, dan apakah maksud dari aglutinasi positif? Apakah dengan keadaan ini masih memungkinkan kami untuk mendapatkan anak secara normal, mengingat usia saya juga sudah tidak muda lagi. Sebelumnya terima kasih banyak ya Dok.

  60. atni

    Dok, sy sdh lbh 5 th menikah, suami saya OAT, varikokel sebelah kiri tapi sdh dioperasi, serta ada penyakit diabetes (usia 32 th). Menurut dokter (androlog), diabetes yg diderita suami sy yang membuat sperma tdk oke. Yang ingin saya tanyakan, apakah dengan kondisi OAT dan diabetes (sperma yg bagus hanya 1%) sperma suami sy memenuhi syarat utk dilakukan bayi tabung? Terima kasih Dokter.

  61. Sisca

    halo dokter dicky….
    wah dah bnyk yang coment tuh,dokter dicky makin terkenal deh…
    msh inget sy dok,sy bu tri kusuma yg kedua tuba sdh diangkat,kmd kmrn blm okt2011 ambil 6 ampul suntikan sperma utk suami sy,kmd ikut bayi tabung dg dokter hasto(pak Bupati KP)….
    namun fresh embrio gagal dok,kmd embrio frozen kami pindah ke dokter widad di klinik PH Sarjito…..
    rekomendasi dokter dicky mm hebat,dokter widad selain ramah,pinter dlm jelasin,jg huebat dlm ET dok…shg bisa tepat wkt ET frozen embrio kmrn
    sy skrg hamil 6minggu….trims ya dok
    buat teman2 di jogja pgn bprogram bayi tabung aq rekomendsikan dokter widad deh….hehehehe
    buat teman2 yg mau bayi tabung ke jogja sj,kami kmrn hbs 38jt sdh termsk frozen 2 embrio utk 2thn.
    ayo tetap semangat….sukses sll ya dok

  62. DWI

    Assalamualaikum dr. dicky..
    Pengen konsultasi dok…kami telah menikah 2 tahun lebih usia saya dan suami 31 tahun, hasil HSG saya tuba kanan non paten, tuba kiri resapan minim sekali dan hasil AS suami teratozoospermea…pertanyaan saya apakah tuba yang nonpaten dapat dikoreksi (dihilangkan ) sumbatanya dengan operasi lapaskopi atau laparatomi (saran dari dokter spog kami) ? apakah teratozoospermiae bisa diterapi ?mohon saranya dok ?

  63. Sisca

    @dwi:
    lam kenal ttg sumbatan di tuba,sm dgku dong….
    cm tubaku kena hydrosalpinx kronis shg hrs diangkat….menrtku dokter hasto jk sumbatan dah parah/hidrosalping kronis,slt disembuhkan lho…baca kisahku dibwh ini…
    http://bayi-tabung.com/sukses-hamil-thaw-cycle-di-klinik-permata-hati-rs-sarjito-jogja-sisca/
    semoga kisahku tsb menambahs semangat mba dwi….
    ttg teratosperma tny lsng ke dokter dicky deh….mba dwi tinggal di kota mana nih?
    aq di jogja pernah konsul lsng dg dokter dicky…wah beliau huebat deh mba
    tetap semangat ya

  64. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Ummu salman..

    kayaknya kecenderungan sperma suami naik turun memng ada, tapi untuk kasus anda memang agak mengkuatirkan karena bisa sampai azoospermia. Cobalah minta dokter periksa hormon di pagi hari. bayi tanbung menjadi pilihan yang tepat andai terapi hormon tdk memungkinkan

  65. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear lutfiah..

    tampaknya kelainan kualitas sperma suami cukup serius, karena sperma bergerak cepat gak ada dan bentuk abnormalnya banyak banget sp 97%. Nah, perlu diperiksa lagi ada varikokel gak? bagaimana hormonnya? ada infeksi gak?

  66. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear umi..

    Sperma yang tidak bergerak yang jelas kelainan gak bisa dibuat bergerak lagi. Nunggu sperma baru pasti, sekitar 64-75 hari. Pengobatan tetap diharapkan bisa memperbaiki

  67. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Halo bu skolastika..

    Kayaknya spermanya punya pH infeksi yah…bgmn lekositnya? Apa ada infeksi saluran kemih..? Kalo lihat hsl ASnya sih masih mungkin hamil alami lho insyaalloh..cobalah untuk minum anti oksidan co enzim q 10 atau vit E dan C. Klo ada varikokel dapat juga segera diatasi, tapi mengingat usia saya pilih usul inseminasi setelah minum antioksidan 1 bulan

  68. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear Atni…

    Saya setuju banget diabet bisa bikin sperma kurang sehat, tapi varikokel masih dominan sbg penyebab. Nah, varikokel di nyatakan seringkali 2 sisi, kanan dan kiri menurut hasil penelitian yang baru. Terus, saran saya juga periksa hormon dulu (dg pengantar dokter) di waktu pagi. Bayi tabung memungkinkan tapi kalo msh mgk di perbaiki ya lebih baik di perbaiki dulu

  69. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear bu sisca…

    gimana kondisi sekarang? semoga sehat ya bu,juga kehamilannya. Saya memang makin terkenal karena cuman satu2nya di jogja, coba banyak androlog di jogja..mungkin gak kayak begini ya bu..hehehe, dan yang penting kayaknya semua sudah kehendak Alloh swt. trimakasih atas sharingnya

  70. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear Dwi..

    Kalo benar2 non paten sangat sulit dikoreksi. Jika hanya spasme atau regangan bisa kembali normal. Jika pake di tiup keberhasilannya di bawah 3%. Kalo begitu pastikan saja dengan laparoskopi. Sperma mungkin belum perlu di soalkan. kalo tubanya diketahui ada yang bagus, maka sperma bisa di lanjutkan penanganannya

  71. himma

    assalamualaikum dr Dicky, suami sy azoospermia, saya HSG kata dr bagus,sudah 6 tahun kami menikah,kami sudah konsul ke SpOG di daerah Magelang, disarankan ke dr urologi, tapi kami bingung,suami saya baru tes sperma saja belum yang lain, hormon dll juga belum. apa yang harus kami lakukan untuk mengetahui akar masalahnya? ke androlog atao ke urolog? apakah kalu kami periksa ke dr Dicky harus sudah membawa data lengkap seperti hormon dll atau cukup hasil lab sperma? mohon infonya, semoga Allah membalas kebaikan dr. dengan sebaik2 balasan

  72. Achmad

    Selamat sore dr. Dicky, mohon maaf mau tanya dengan bahasa awam, apakah saluran sperma yang rusak karena kecelakaan atau ‘sengaja’ dirusak, benih spermanya masih bisa menghasilkan keturunan/ sehat? atau sama artinya kerusakan saluran sperma berarti mandul?
    Misalnya dengan cara diambil langsung dari kantung sperma untuk proses inseminasi, karena yang saya tahu sperma hanya dikeluarkan dengan masturbasi.
    Terima kasih sebelumnya, mohon informasinya.

    Wassalam

  73. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Bu himma,

    Memang benar, azoospermia kan ada 2, faktor saluran dan faktor testis. Untuk mencoba membedakannya, secara kasar bisa lewat pemeriksaan hormon terutama FSH. Nah, mungkin ini bisa membantu diagnosis suami. Silakan periksa dulu FSH di lab pagi, baru ketemu saya. Mtrnwn

  74. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    pak ahmad,
    Kalo produksi sperma tidak terganggu tapi salurannya saja yang rusak, insyaalloh sperma sehat tapi untuk punya anak lewat bayi tabung sperma di ambilkan via aspirasi/sedot dari saluran atau bisa lewat aspirasi darib testis. Untuk insem kurang mendukung, karena biasanya spermatozoa yg di dapatkan terlalu sedikit utk insem. TK

  75. akhmad

    yth dr. Dicky..
    Kami dr banjarmasin, Kami blm punya anak. Sdh konsul ke spesialis infertil. Dan terakhir sdh 2 kali dilakukan insem dan gagal. Pdhl kondisi kami berdua baik, tdk ada faktor penghambat. Kata dokter sy, sperma sy stlh dicuci guna proses insem terdapat 30 jutaan komandannya yg terbaik. Yg ingin sy tanyakan apakah itu blm cukup? Sy pernah bc, kondisi sperma yg bagus msh blm cukup, hrs ada semacam protein (ini yg sy ngga ngerti). Gimana dan dimana bisa ngeceknya? Dan apakh itu akibat penyakit tertentu, kelainan kalenjer tyroid/hyper tyroid/gondok? Penjelasan dokter sgt sy harapkan dan Terima ksih sebelumnya

  76. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Pak akhmad..

    Memang benar hsl cuci spermanya bagus. Dan benar juga kalo tidak cuma bagus, tapi kalo gak bisa nembus sel telur buat apa? Sayangnya gak ada cara yang rutin dilakukan utk memeriksa kemampuan sperma menembus sel telur. Pemeriksaan hormon tiroid sedikit sekali kaitannya dengan sperma, meskipun demikian dapat dilakukan kok tp biaya jg banyak

  77. Rama

    Dear Dr. Dicky,

    Selamat siang Dr. Dicky. Saya sudah menikah selama 5 thn dan usia saya 36 tahun. Kami telah cek ke dokter dan mengadakan tes. Istri saya hasilnya bagus dan saya mengalami kematian pada sperma. dokternya waktu itu bilang saya mengalami azoospermia. dibilangnya harus BT. tapi apakah bisa disembuhkan sperma saya yg mati dok? penyebabnya yaitu gondokan dan penyakit turunan. saya tidak pernah gondokan dan selauruh keluarga sya juga lancar2 saja. saya perokok. apakah dgn berhenti merokok, sperma saya bisa hidup lagi? apa maksudnya sperma mati itu dok? saya merasa resah sekali dlm menjalani hidup ini. mohon bantuannya. mohon dok. terima kasih.

  78. Andra

    Salam dr. dicky,

    Saya baru check dari prodia, dan dinyatakan astenoterato… saya konsul dengan dr andrologi disini, menurut dr nya jumlah sperma saya banyak, cuma kendala di bentuk yang normal cuma 5 %, dan yang bergerak A + B = 30, dan juga di usg kelihatan varikokel pada sebelah kiri 2,8mm. Saran dokter varikokel nya dibuang dengan operasi.

    Menurut dr. dicky apakah itu jalan yg terbaik? apa tidak ada obat2 khusus untuk memperbaiki bentuk sperma dan juga memperbaiki gerak nya?

    Sekian dulu dr, sebelum dan sesudahnya terima kasih…

  79. ratna

    Pagi dokter,
    Saya sedang mengikuti progmil ?? RS sardjito jogja dgn dr.Dwi Haryadi,dr hasil usgTv saya diketahui ????? kista 2cm disebelah kiri,dan ovarium sblh kanan mengalami perlengketan,sedangkan hasil SA suami asthenoteratospermia, ?ami baru diberikan obat2 seperti genoclom,progynova,vit.asam folat(istri),genoclom,lapibion(suami).
    Apakah dgn hasil pemeriksaan tsb kemungkinan sya bisa hamil scr alami msh ????? dok?langkah ??? saja ?ª?? musti sya ambil,untuk bisa segera diberi momongan,mohon bantuannya..??®??ä ?ª§??

  80. ummu salman

    sore dok. dicky , saya ingin bertanya apa hasil lab hormon kesuburan (pria); LH , FSH ,prolactin , testostero ada batasan waktu kadaluarsanya ?

    suami saya periksa pada januari 2010 dan sekarang kami belum hamil , haruskah suami periksa lagi ?

    dokter tempat kami konsultasi tidak memerintahkan , tp apa tidak dilakukan lagi saja ntuk kepastiannya ?

    terimakasih

  81. helda

    Siang,dokter,saya ingin tanya karena hasil sperma suami saya Azoosperma,dl suami saya pernah berobat ke dr Nukman Muluk tapi blm berhasil,kalau kasus suami spt ini,apakah hrs operasi atau bagaimana ya dan apakah harus langsung program bayi tabung,mohon saran nya ya,dok.
    Terimakasih.

  82. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    sore ummu..

    Kalo hormon sy kira tdk terlalu beda kecuali ada pegobatan dalam 1-3bulan ini dengan menggunakan hormon, seperti proviron, profertil dsb. ato ada kejadian luarbiasa spt testis bengkak dalam 2 th ini

  83. De Sinar

    malem dok,sy pria 35 th telah menikah 2x dan punya anak dari nikah yg pertama,dgn istri yg skrg(wanita karir dan usia sama) udah nikah 3 thn belom dianugrahi momongan,sejak akhir 2010 sy selalu test sperma tiap 6 bulan,hasil test I dan II tidak jauh beda,yg membuat sy kaget adlh hsl tes yg III (bln lalu),morfologinya anjlok dari 75 normal 25 abnormal menjadi 5% normal:95 abnormal,perlu Dok ketahui sy lakukan tes di lab yg beda2,dua bln yg lalu sy juga pernah lakukan fisioterapi(dipanasi & disetrum) utk punggung krn cedera olahraga,sy sudah berhenti merokok sejak nikah yg ke 2.yg mau sy tanyakn:1)apa penyebab anjloknya morfologi sperma sy?2)bagaimana cara memperbaikinya?3)apa mungkin hal itu krn efek samping fisioterapi?terimakasih dan mohon pencerahannya.

  84. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Pak de Sinar…

    Perubahan sperma dapat berlangsung dalam waktu yang panjang maupun singkat. Sehingga meskipun periksa di lab yang sama maka bisa saja terjadi hal ini. Sedangkan pemeriksan di lab yang beda memang mengandung resiko hasil yang beda.
    Jika mmg betul sperma anjlok, ini masih bisa terjadi misal pada kasus varikokel

  85. afika

    dok saya mau tanya…kondisi suami saya azoospermia dengan hormon FSH dan testosteron normal…kami sudah menikah 1 tahun…
    konsultasi ke dokter urologi tidak ada varikokel dan disarankan untuk operasi karena ada kemungkinana saluran tersumbat. Menurut dokter apa ada jalan lain untuk mengetahui adanya sumbatan di saluran selain operasi?. kemudian Apakah dengan operasi kondisi pabrik spermanya bisa terganggu? selanjutnya kalaupun ada sumbatan dan sumbatannya sudah dihilangkan berapa persen kah kondisi spermanya normal?

  86. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear afika..

    Memang benar apa yang suami anda alami..kemungkinan sumbatan cukup besar karena hasil tes hormon normal semua. Cara lain utk tau sumbatan ya lewat biopsi/operasi kecil pengambilan jaringan testis. Atau lihat fruktosa pada saat pemeriksaan sperma.
    Operasi utk membuang sumbatan bisa kalo sumbatan terjadi di bagian ekor kantung sperma/epididimis, tapi sulit dan di khawatirkan muncul sumbatan baru ditempat operasi penyambungannya. Selain itu mahal biayanya krn pake alat bedah canggih/mikroskop bedah. Tk

  87. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Salam dedek..

    Terus terang utk kadar bhCG di bawah 100 itu utk kehamilan di bwah 2 minggu. Jadi sya lebih cenderung menyarankan anda mengulang lagi tes kehamilan setelah telat mens 1 minggu biar lebih mantab

  88. maya

    Salam kenal dokter,
    Saya mau tanya dok, suami saya baru saja mendapatkan hasil AS dari Prodia dg kesimpulan Teratozoospermia
    pH: 8,5
    motilitas A (bergerak maju) : 0
    B (lambat): 52
    A+B: 52
    ditempat:38
    tdk bergerak:10
    viabilitas: –
    morfologi normal: 10
    abnormal: 90
    Apakah masih ada kemungkinan untuk memperbaiki kondisi diatas tersebut dokter?Mohon nasihatnya, terimakasih banyak sebelumnya.

  89. Ny. Ari

    Assalamu’alaikum dokter Dicky
    Mohon bantuan solusi utk hasil sperma analisis suami saya yg usianya genap 38th agustus nanti.
    MAKROSKOPIS:
    Warna: putih/abu2
    Likuifaksi,Konsistensi,Bau: Normal
    Volume: 2,0
    PH:7,7
    MIKROSKOPIS:
    Konsentrasi:44,25X10pangkat6
    Motilitas:
    Linear cepat: 2%
    Linear lambat: 23%
    Tdk progresif: 30%
    Tdk motil:45%
    Viabilitas(%hidup):56%
    Morfologi(%normal):4%
    Morfologi abnormal(K,L,E,Cyt):20, 14, 61, 1
    Sel bulat: 0,9 X 10pangkat6/ML
    Sel lekosit: 0,5 X 10pangkat6/ML
    Aglutinasi: tidak
    Fruktosa: Normal
    Kesempulan: Asthenozoospermia & Teratozoospermia.
    Demikian hasil sperma analisis suami saya 10 Mei 2012 lalu. Utk kondisi rahim saya dinyatakan oke,dr hasil USG TV dihari ke 12haid jg ada telur yg besar dan bagus.
    Merunut dr hasil sperma analisis tersebut, apa yg hrs dilakukan suami saya dok? Saya ingin sgera hamil mengingat usia suami yg tak lg muda,meskipun usia saya bau akan 27.
    Apakah msh ada kemungkinan utk hamil alami tanpa insem maupun BT? Pengobatan brp lama ya Dok?
    Oiya, dokter praktek di yogya dmna,kpn saja? Bisa minta CP utk appointment? Kebetulan saya dijogja. Mohon jawaban posting ini ya dok,saya tunggu. Terima kasih banyak.
    Wassalamu’alaikum….

  90. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    waalaikumsalam..

    Bu Ari…dari hasil analisa sperma sdh dapt dipastikan ada gangguan kualitas sperma. Pertanyaannya apa msh mgk hamil alami..? Jelas masih, karena masih ada sperma bergerak cepat, tetapi sangat menurun kemungkinan itu. Oleh sebab itu jika masih menjauhi teknik inseminasi, maka harus fokus ke sperma mengingat kondisi ibu baik. Saya praktek di gedung Tmur RS Happyland, Timoho. CP Ayuk : 0274-8370834

  91. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear Maya..

    sebenarnya problemnya ada 2 yaitu : gangguan motilitas atau gerak spermadan gangguan bentuk/ morfologi. Gangguan sperma dinyatakan dengan motilitas pserma A=0. Padahal untuk hamil hrs ada sperma dengan motilitas A.
    Sudah pasti utk memulai penanganan sperma harus di awali dengan pemeriksaan fisik, wawancara dan selanjutnya pemeriksaan penunjang mungkin USG atau uji fungsi sperma atau uji hormon

  92. adka

    salam sehat dokter Dicky..

    perkenalkan, saya adka..
    kmrn suami saya posting pertanyaan juga di forum sebelumnya tp sepertinya masih dlm moderasi
    begini dok, kami sdh menikah.. masih baru sih.. jalan 4 bulan
    selama kami berhubungan intim, mani suami saya blm pernah berhasil masuk dalam vagina saya..
    tp herannya, suami sy bs mimpi basah..
    dan bisa juga kalo dikeluarkan di luar vagina..
    kami berhubungan pernah sampai 1 jam
    tapi blm keluar juga.. apkh kurang lama dok?

    apakah ada masalah dok dgn suami saya?
    terimakasih dokter atas jawabannya..

  93. lisa anggraini

    salam dr dicky,

    perkenalkan saya lisa. anak ertama saya udah berusia 8 tahun dan untuk mendapatkan anak kedua ini kamu telah melakukan proses bayi tabung 2x di dr aucky dengan kondisi keduanya positif hamil namun tidak berkembang saat di usg. mgk juga dikarenakan hcg rendah hanya 78 dan 97,3. kondisi saya ada endometriosis sebesar 3-3,5 cm disebelah kanan dan kiri 2 cm. kondisi sperma suamiteratozoospermia hypervolemi. dengan motilitas:
    gerak cepat 0%
    grak lambat 54%
    gerak di tempat 0%
    tdk bergerak 46%
    sperma normal 4%
    kelainan kepala 96%
    kelainan leher 4%
    kelainan ekor 2%.
    pertanyaan saya apa yg sebenarnya menjadi kendala kami dan apa yang harus kami lakukan ya dok untuk memiliki momongan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *