Category Archives: Pengetahuan

Pengetahuan ilmiah tentang infertilitas, bayi tabung, inseminasi dll

Tertukar sperma waktu bayi tabung – Yenni

Bayi hasil program bayi tabung didapatkan dari pembuahan sperma suami dan telur istri, bagaimana rasanya kalau setelah bayi lahir diketahui sperma ternyata tertukar dengan sperma orang lain saat proses bayi tabung? Sudah susah-susah berusaha untuk punya anak yg membutuhkan banyak tenaga, waktu, biaya dan persiapan batin… ternyata hasilnya bukan anak kandung murni. Inilah yang terjadi di Thomson Fertility Centre Singapura minggu lalu.

Setelah bayinya lahir pasangan suami istri curiga karena golongan darah sang bayi B sedangkan mereka golongan darah O dan A. Secara teori hal ini tidak mungkin terjadi… setelah cek DNA ternyata benar DNA sang bayi tidak cocok dengan DNA si ayah. Ternyata sperma sang suami tertukar dengan sperma orang lain pada saat proses bayi tabung. Kok bisa ya tertukar, apalagi terjadi di negara maju?
Bagaimana kalau golongan darah sang suami ternyata sama dengan golongan darah yg punya sperma…. ga ketahuan deh tertukarnya… siap2 aja kalau sang bayi tampangnya beda dengan ayahnya.

Untung ke dua anak saya hasil dari bayi tabung cocok golongan darahnya dan mukanya mirip dengan orang tuanya, kalau tidak wah ga tau deh bagaimana rasanya. Informasi tentang golongan darah bisa dilihat di website redcross

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 3.33 out of 5)
Loading...

Usia kehamilan untuk naik pesawat – Haly

Temans sekalian, sharing donk, kira-kira usia kehamilan di minggu keberapa yang direkomendasikan naik pesawat?

Aku bt di siloam sby, Puji Tuhan, sudah positif hamil dan sekarang masuk minggu ke 8, kira2 kapan ya bagusnya untuk pulang ke Jakarta? Aku dengar katanya untuk trimester I lebih baik jangan naik pesawat. Apa teman2 ada yang punya pengalaman dan sharing ya. Tks

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 2.70 out of 5)
Loading...

Beda long protocol dan short protocol – Elka

Dear all…
Salam kenal..Aku udah 7 th rumah tangga & sampai skrg belum dikaruniai momongan. Pada th 2005 pernah hamil diluar kandungan dan menyebabkan saluran tuba falopi harus dipotong.

Pd th ini aku jg berencana ikut program BT di Siloam Hospital Sby. Tgl 1 Agustus konsultasi pertama, cek darah & USG. Dan hasilnya hormon prolaktinku tinggi (83) dan selama 25 hari aku dikasih obat parlodel utk diminum setiap malam utk menetralkan hormon prolaktinku.

Mgkn akhir bulan ini aku ke Siloam lagi utk konsultasi berikutnya… Aku pengen nanya temen2 apa sih beda long protocol dgn short protocol? Maklumlah aku masih awam ttg bayi tabung & baru pertama kali ikutan program.

Thanks utk infonya ya..

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 3.13 out of 5)
Loading...

Surrogate mother – Rina

Salam kenal nama saya Rina menikah 1th, saya pingin skali pny anak tp tdk mungkin terjadi krn sprt yg di alami ma ara yg seumur hidup sekali mens, malah saya blum prnh merasakan yg nama nya mens..

Maka dr itu saya ingin skali sharing, siapa tahu ada yg mengetahui mengenai “surrogate mother”, apa d indonesia bs d lakukan? hukum nya gmn? yg tertulis d akte kelahiran nama ibu nya siapa ?

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 4.50 out of 5)
Loading...

Pengaruh Torch – Sharing Astri

Salam kenal ya nama ku Astri, aq mau sharing nih.. aq dah hampir 6 tahun nikah belum punya anak, aq juga ada rencana bayi tabung, tapi waktu aq d test TORCH aq positif yang IgG nya saja. Tapi pengalaman teman q, Desy membuat aq berpikir lg untuk mengobati TORCH nya dulu sebelum Bayi Tabung..

Dia punya TORCH juga, hanya IgG nya saja, waktu dia hamil, dia konsul ke 3 dokter dan semua menyatakan AMAN untuk hamil, tidak pengaruh pada kehamilan, teruskan saja katanya.. Tapi waktu bulan ke 7, bayi nya prematur dan setelah bberapa jam meninggal karena virus TORCH!!

Setelah kejadian itu dia konsul lagi ke 3 dokter itu tadi dan mereka bilang “Oh ya, memang ada pengaruhnya!!!” Heran ya, setelah ada kejadian, baru mereka bilang ada pengaruh! Nyata nya TIDAK AMAN untuk hamil!

Setelah hasil tes TORCH aq konsul kan dengan dokter, dokter pun berkata tidak pengarug IgG mah, yang harus diobati klo IgM begitu… Semua dokter pasti akan bilang seperti itu kata teman q.. Padahal kan banyak yang terjadi di luar sana keguguran katanya karena kandungan lemah, padahal besar kemungkinan karena ada TORCH!

Ternyata TORCH itu bisa menyebabkan keguguran berkali2, sulit hamil,janin di dalam rahim tidak berkembang, hamil anggur, atau bayinya meninggal pada usia kandungan 7-8 bulan. Bahkan yang seringkali terjadi adlah keguguran.

Pada kasus Rubella, ibu hamil tidak mengalami keguguran atau bayinya meninggal saat lahir, tetapi yang sering terjadi adalah bayi yang dilahirkan mengalami glukoma, atau kebutaan, kerusakan pada otak atau pengapuran pada otak, bibir sumbing, tuna rungu dan sulit bicara. Aduh amit2 ya jangan sampai terjadi..

Nah biar lebih lengkap, coba buka website nya Ir. H.Juanda http://www .spesialis-torch.com disana qm bisa baca info lebih jelas tentang TORCH.
Saya juga skr sedang berobat k Prof. Juanda baru 2 bulan ini sih, cuma saya pengen sharing apa yang saya tau. Mudah2an berguna buat semua, dan mudah2an kita semua cepat di beri karunia keturunan yang soleh dan solehah, amiiin..

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 4.30 out of 5)
Loading...

Stress dan alergi sperma – Vitri

Berikut ini adalah pengalaman Vitri dalam berobat menangani ketidaksuburan. Terima kasih Vitri atas sharingnya.

Hi temen2 semuanya. salam kenal yah. Sebenarnya udah lama pengen nimbrung, baru sekarang deh keturutan.

Aku dah merit 2 tahun, pertama2 berobat ke rs hermina, disuruh cek hormon prolaktin, lh, fsh, cek sperma suami. Hasilnya aku dibilang stress, kebanyakan mikir, krn hormon prolaktinku 25. kata dokter klo pengen hamil hormon prolaktin harus dibwh 20. trus aku dikasih obat parlodel 2,5mg 2×1/2 n glucophage 500mg 2×1/2. tapi aku cuman turun sedikit 25.

Oya sebelumnya aku fisioterapi dulu 10 hari, dgn sebelumnya disuntik gentamerk, krn katanya aku ada infeksi.

Kembali ke prolaktin tadi, terus terang aku orgnya gampang banget stress, smua aku pikirin. Nah dari situ aku dinasehati sama dokterku spy gak gampang stress. N akhirnya aku coba nurutin nasehat dokter, setelah 1 bln aku disuruh cek hormon prolaktin lg, ternyata hormonku dah turun d 11. Alhamdulillah, aku seneng bgt, ternyata stres itu gak baik buat calon ibu hamil.

Trus selama 6 bln aku terus berobat, dikasih penyubur, dll, tp blum berhasil hamil. Akhirnya aku pengen ganti dokter. Aku sekarang lg berobat di klinik yasmin, RSCM dg dokter Muharam, SPOG (K). Disana aku disuruh cek TORCH-ACA,HSG,N SATU LAGI cek ASA (KIBRIK 1 – 4) sdg suami cek analisa sperma
lengkap.

Setelah menunggu 1 minggu semua hasilnya bagus, hanya aku ada IgG Rubella, yah gpp lah asal bukan IgM ya. Dan satu lagi ternyata aku alergi sperma, aku dibilang punya Antibody antisperma yg cukup tinggi. Semua sperma suamiku yg masuk ketubuhku dibasmi sama antibodiku sendiri, hiks sedih bgt..tp ternyata aku gak sendiri. Banyak kasus kyak aku, meskipun ilmu ini baru thn 2001 ditemukan di indonesia, tp aku bersyukur ditemukan penyebab knapa aku blum hamil.

Oya aku sekarang lg terapi PLI (paternal leukocyte immunization). Aku disuntik sel darah putih suami. Aku baru suntk 1 kali. Krn ASA ku tinggi diperkirakan aku suntik 7 kali. Tergantung apa aku nurutin semua pantangan makananan apa gak? Aku sekarang berharap ASA ku normal sehingga bs hamil.

Kata dokter andrologiku, tiap org ASA nya beda makin tinggi makin lama terapinya. Tp ada yg udah berhasil hamil setlah 3 kali terapi PLI, mgkn dia ASAnya gak tinggi kali ya…Oya indikasi PLI itu untuk keguguran berulang, janin tdk berkembang, atau penolakan janin yg berada ditubuh isteri sendiri. Sedih yaa..

Buat teman2 smua tetap semangat n smoga usaha kalian cpt membuahkan hasil.
Smoga informasi ini berguna yaa.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (23 votes, average: 3.48 out of 5)
Loading...