Bayi tabung 15jt berhasil hamil kembar – sharing Ros

Hi ! salam kenal semuanya, saya mo sharing mengenai bayi tabung.

Saya sdh menikah 5th, ikut program bt di rs abdi waluyo dgn dr. karel sekitar bul nop’08. Pengambilan sel telur tgl 05 jan’09, transfer embrio di tgl 8, selama proses dr nop hanya diksh obat minum dan hanya suntik sekali yaitu 2hr sebelum transf embrio. Tdnya sel telur ada 8, tp yg berhasil diambil hanya 2, dan skrg ini saya sdh hamil 3 bln (kembar).

Sebagai info total biaya dr nop s/d transfer embrio hanya 15jt, tp mgkn biaya tsb berbeda ms2 org tergantung masalahnya, masalah kami hanya krn sperma suami agak kurang, semoga info ini bs membantu teman2.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (42 votes, average: 3.21 out of 5)
Loading...

259 thoughts on “Bayi tabung 15jt berhasil hamil kembar – sharing Ros

  1. NovNov

    Hi,mo sharing pengalaman BT jg,aku pasien dr karel dr Agustus 2008 – Maret 2009,insem 2x gagal,BT 1x gagal,Aku BT ICSI,proses stimulasi ovum sama dr karel dikasih obat2an,stlh telur matang,opu & ET dilakukan di RS Gading Pluit dg dr Irsal.Wkt itu telur aku ada 4, tapi ketika OPU yg bs diambil hanya 2, krn yg 2 sdh pecah duluan.Dari 2 telur yg berhasil dibuahi hanya 1,jd yg di ET hanya 1 embrio. Biaya program BT ICSI dgn natural cyle (konsultasi Dr. Karel+obat2an,Paket ICSI di Gading Pluit,biaya cek lab,dll) habis 31,7 jt.Kalo biaya ICSI-nya aja di RS Gading Pluit 26jt (termasuk OPU,ET,lab untuk cek beta HCG),biaya itu belum termasuk obat2an,check lab untuk screening,dll.BT di Abdi Waluyo murah (sekitar 15-17 jt-an) krn stimulasi ovumnya secara natural cycle (hanya diberi obat2n minum – progynova,oradexon,lynoral,provera,glucopache), disuntik pregnil 10,000 UI 2 hr seblm ET).Yg bikin mahal kan disuntik pregnil tiap hr selama -/+ 10-12 hari,itu yg dilakukan di RS Gading Pluit (mungkin jg di RS2 yg lain).Makanya biayanya bisa mencapai -/+ 55 jt-an. Beda di suntik & natural cycle adalah sel telur yg dihasilkan dgn suntikan pregnil tipa hari lbh byk daripada yg natural cyle.Kalo natural cyle sel telur yg dihasilkan sktar 4 bh, kalo dengan pregnil bisa lebih dari 10.

  2. listi

    Dear Ros,

    Thanks atas jawabannya. Btw krn td terburu2 jam istirahat sy jd lupa ucapin Selamat ya atas kehamilannya. Semoga ibu dan bayinya baik2 aja sampai melahirkan nanti.

    Kalau suami spermanya bagus apa hrs makan obat juga ya ? Suami agak2 susah makan obat gitu.

    Hasil Hsg aku dinyatakan ke 2 tuba non patent. Aku disuruh laparaskopi oleh dr pugu, tp aku tdk mau. Teman mengenalkan sy dgn dr karel. Oleh dr karel sy tdk banyak dikomentari. Beliau menyarankan saya untuk insem.
    Akhirnya sy insem dgn dr karel th 2005 dan gagal. Sebelum diinsem di hidro dulu 2x di bunda. Hidro pertama nolak. Hidro kedua bagus.
    Setelah itu sy ditawarkan bt, karena sy blm siap segalanya jd sy vacum smp sekarang.

    Begitu sy buka situs ini dan sy melihat keberhasilan Ros sy jd terharu.

    Oh ya untuk akupunturnya sebaiknya kapan dilakukan ? Dan sampai berapa lama ya ?

    Thx atas sharingnya.

  3. listi

    dear nov nov,

    salam kenal ya,
    saya boleh tanya apa bt |ICSI itu ?
    Kenapa OPU dan ET nya tdk di rs abdi waluyo ?

  4. listi

    dear ros,

    Saya mau tanya lagi, waktu ros nov 08 sampai opu berapa lama ?
    Dari OPU sampai ET brp lama ?
    Perlu persiapan apa ya spy ET berhasil ?
    Perlu bedres ngga ya sblm ET ?

    Trims

  5. ros

    to nov2
    berarti harga icsi di gading pluit sdh naik ya, dulu waktu nop’08 hrg msh 23jt, kalau biaya obat & konsul di karel msh sama ya, sekitar 5 jtan.
    jangan patah semangat ya nov, semoga bt berikutnya berhasil.

  6. ros

    dear listy, tx buat doanya.
    kalau sperma suami listy bagus, ngk perlu minum obat, paling akupuntur saja berdua dgn listy.
    lebih baik 2 bln sebelumnya sdh akupuntur, seminggu sekali.
    dulu suami saya di akupunturnya agak telat, 3 mg sebelum
    ovum pick up, awalnya saya tdk terpikir.
    dr pertama konsul s/d ovum pick up krg lbh 1 bln 3mg , pertama konsul ke karel tgl 11 nop’08 (mens hr ke 2), ovum pick up tgl 05 jan’09, ET tgl 08 jan’09 .
    persiapannya u/saya hanya refleksi mul bul des’08 (krn sy krg suka jarum jd tdk akupuntur), minum tim ayam obat seminggu sekali (total 3x minum), u/suami krn sperma agak krg & gerak cepat hy 6%, maka 3 mg sebelum ovum pick up minum obat sinshe & akupuntur badan & telinga.
    saya mulai kurangi aktifitas seminggu sebelum ET, setelah ET br benar2 bed rest total.
    listi, yg penting saat ET dibawa relax, jgn tegang, byk berdoa, setelah ET jgn stres, biarpun saat2 menunggu hasil bs bikin bt tapi coba dibawa santai saja, jg jgn ngeden krn setelah ET, bab bisa krg lancar (bantu dgn buah2an ), kalau bisa jgn naik trn tangga, jgn jongkok.

  7. Leah

    Hallo mba Ros..
    gimana kabarnya dan si kembar..
    si kembar udah keliatan blum mba jenis kelaminnya apa?
    aku kemaren cek lagi di Dr. Karel mba..
    nanti pas haid hari ke 2 atau ke 3 disuruh dateng lagi..
    nanti setelah haid diliat telur ku banyak atau tidak…
    klo banyak pilihannya bisa BT
    tapi klo sedikit Dr. saranin untuk insem
    tapi aku blum dikasih obat hormonya tuh mba
    malah cuma dikasih provera 10mg untuk merangsang haid aku
    karena setelah hydro biasanya haidnya suka ngaco
    padahal siklus aku selalu 28 hari
    jadi dikasih provera biar pas tgl 17mei nanti aku haid mungkin yah

    kalau dengan Dr.Karel boleh pilih jenis kelamin ga yah mba pas waktu mau insem nanti?

    sehat2 selalu yah mba ros and the twins πŸ™‚

  8. Sani

    Dear Ros,
    Aku Sani, ingin tanya soal resep tim ayam obat yg kamu minum. Tante aku udah sering bgt saranin aku ke sinshe untuk minta ramuan obat utk aku minum, tp aku ogah bgt. Ga tahan sama baunya. Kalo boleh tau, Ros bikin tim ayam sendiri atau beli? Kalo masak sendiri, campuran obatnya apa aja? kalo beli, bisa beli dimana ya? kalo ga salah di toko obat Mutiara, Gloria aku pernah dengar ada jual tim obat kaya gitu, tp ga pernah nanya fungsinya untuk apa. Aku sendiri baru 3x suntik endrolin utk ngobatin endometriosis aku. Rencananya bulan ini tunggu haid ku normal dulu, terus mau insem di harkit. Thx untuk infonya ya. Salam buat si kembar, udah nendang2 belum?

  9. SHANTI

    Hai, hai mbak ross.. apakbr nya si kembar?? apa sudah kelihatan jenis kelaminnya?… oya mbak, wktu antrian parah 11 april, aku jg ngantri loh.. dpt nomor 12, dtg jam 6 sore, tp br dipanggil jam 11 malam.. mbak, kemarin dicek lg ternyata sperma suami dr 4ml, hny 2,85jt saja.. tp kata Dr. karel morfologi & bagus smpai 54%.. wlw bgtu, saya tetap di rujuk ke gading pluit.. Oya mbak, di gading pluit makanya mahal, krn prosesnya BT nya ICSI ya mbak? krn dlu saya pnh konsul di Dr. budi di klinik Yasmin jg dianjurkan BT ICSI, thn 2006 kurang lebih biayanya 40jt-an (mgkin skrg lbh mahal lg ya).. kmrin saya telat mens, makanya prosesnya molor lg, waktu di cek, sakiiit sekali, saya jd ngebayangin pasti lbh sakit saat proses tansfer embrio ya?,, Oya mbak, kalau di rujuk ke gading pluit, kan tidak di tangani Dr. karel ya, saya jd kurang yakin, apakah akan dilayani dgn baik, krn saya hny pasien pindahan sementara saja. mgkin mbak ada info?.. Trims banyak sekali ya mbak..

  10. ros

    hallo lea, tx , si kembar sehat2 aja, sdh mulai ada gerakan tp blm di ksh tendangan, he3
    u/jenis kelamin, kamis mg kmrn kesana blm bs tahu, dokter tunggu 7 bln biar pasti, saya sempat ke rs family (selanjutnya mgkn disana mengingat lbh dkt dr rmh)& kata dokter, si kembar sdh kelihatan , sepasang.
    moga2 dokter tdk salah ya, rencana mg dpn mo cek 4d .
    mgkn krn lea di hdyro jd blm di ksh obat hormon, mens bln ini mgkn sdh dpt.
    u/insem, pastinya sy krg tahu apa bs plh jenis kelamin, dulu pernah dengar dr teman, yg teman2nya berhasil insem bs plh jenis kelamin cowok dgn dokter karel.

  11. ros

    dear sani,
    u/tim ayam obat bs dibeli di pancoran kota, di tk obat mutiara lt 2, hrgnya sekitar Rp. 20-25rb, isinya 1 pot paha/dada + bbrp obat, di mknnya gampang, pas anget2, tdk pahit, seperti mkn sop ayam.
    saya beli, tdk bkn sendiri, sebenarnya gampang bknnya, kalau rmh jauh dr pancoran, ckp beli sekali saja, selebihnya msk saja sdri, nanti wkt sani beli tim ayam obat, blg saja mo beli obat yg ada didlm tim ayam , u/2-3x masak saja sesuai kebutuhan, jgn byk2 (sekalian saja ditanyakan cara buat ).
    fungsi tim ayam obat, buat melancarkan peredaran darah, khususnya habis mens, jg untuk menghangatkan rahim.
    si kembar sdh mulai ada gerakan, tp blm ksh tendangan.

  12. ros

    hai shanti, si kembar sehat, jenis kelaminnya katanya sih sepasang ( sempat konsul ke dokter di rs family, berikutnya mgkn disana krn lbh dkt dr rumah ).
    berarti kita sebenarnya ketemu ya wkt 11 aprl, saya dtg jam 17.45, di panggil jam 23.15 (kebetulan wkt itu dokter tulis di buku didahulukan , tp nomornya lupa di tulis) makanya wkt msk lsg ngeluh ke dokter, berikut2nya di tulis didahulukan no.1, mgkn biar tdk pusing krn pasien yg ini agak bawel, he3.
    sayang ya, shanti terpaksa dirujuk ke gdg pluit, pastinya lbh mahal ( abdi waluyo Rp. 9,4 jt, gdg pluit dulu 23 jt) . di gdg pluit prosesnya memang dgn icsi, saya tahu dr teman yg berhasil sebelum saya, jg dgn dokter karel tp di rujuk ke gdg pluit krn sperma suaminya tdk ada (mampet).
    jgn khawatir, menurut cerita teman, pelayanan di gdg pluit bagus, alat2nya lbh lengkap, wkt itu oleh dr karel, dia referensikan ditangani oleh dr ikhsan, kt teman dokternya baik & teliti.
    s/d bbrp hr sebelum ovum pick up, tetap ditangani oleh dr karel, biasanya 2-3 hr sebelum ovum pick up br dirujuk oleh beliau ke gdg pluit (menurut cerita teman, sebaiknya sehari sblm tgl disuruh ke gdg pluit, kita dtg lbh awal sehari ke gdg pluit, biar lbh tenang & sel telur tdk terlalu matang.
    tenang saja, saat transfer embrio, tdk sakit kok, hanya sedikit krg nyaman krn selang yg dimasukkan (bedanya kalau tdk salah hbs transf embrio, di gdg pluit kita disuruh jgn gerak 1 jam, di abdi waluyo 3 jam ).
    setelah 2 mg, akan dihub oleh suster gdg pluit u/test darah (biaya sdh termasuk dlm paket), tp tetap konsul ke dokter karel, jg seterusnya.

  13. ros

    hai shanti, si kembar sehat, jenis kelaminnya katanya sih sepasang ( sempat konsul ke dokter di rs family, berikutnya mgkn disana krn lbh dkt dr rumah ).
    berarti kita sebenarnya ketemu ya wkt 11 aprl, saya dtg jam 17.45, di panggil jam 23.15 (kebetulan wkt itu dokter tulis di buku didahulukan , tp nomornya lupa di tulis) makanya wkt msk lsg ngeluh ke dokter, berikut2nya di tulis didahulukan no.1, mgkn biar tdk pusing krn pasien yg ini agak bawel, he3.
    sayang ya, shanti terpaksa dirujuk ke gdg pluit, pastinya lbh mahal ( abdi waluyo Rp. 9,4 jt, gdg pluit dulu 23 jt) . di gdg pluit prosesnya memang dgn icsi, saya tahu dr teman yg berhasil sebelum saya, jg dgn dokter karel tp di rujuk ke gdg pluit krn sperma suaminya tdk ada (mampet).
    jgn khawatir, menurut cerita teman, pelayanan di gdg pluit bagus, alat2nya lbh lengkap, wkt itu oleh dr karel, dia referensikan ditangani oleh dr ikhsan, kt teman dokternya baik & teliti.
    s/d bbrp hr sebelum ovum pick up, tetap ditangani oleh dr karel, biasanya 2-3 hr sebelum ovum pick up br diksh srt pengantar oleh beliau ke gdg pluit (menurut cerita teman, sebaiknya sehari sblm tgl disuruh ke gdg pluit, kita dtg lbh awal sehari ke gdg pluit, biar lbh tenang & antisipasi sel telur tdk terlalu matang.
    tenang saja, saat transfer embrio, tdk sakit kok, hanya sedikit krg nyaman krn selang yg dimasukkan (bedanya kalau tdk salah hbs transf embrio, di gdg pluit kita disuruh jgn gerak 1 jam, di abdi waluyo 3 jam ).
    setelah 2 mg, akan dihub oleh suster gdg pluit u/test darah (biaya sdh termasuk dlm paket), tp tetap konsul ke dokter karel, jg seterusnya.

  14. dea

    hi ros…selamat ya dah berhasil hamil, semoga sehat selalu.salam kenal perkenalkan nama saya dea, udah nikah hampir 3 taon, insem 2 kali gagal.mo tanya ros sebelum bt dg dr karel, berobat ke sinshe hendra dulu gak? kita boleh gak ya beli obat tim ayam tanpa konsul ke sinshe hendra? klo untuk suami ros minum apa dr toko mutiara? Aku pengen coba deh minum tim atam obat..tx b4

  15. ros

    hi lea, tx ya buat ucapannya.
    sebelum bt, saya sdri tdk pernah berobat ke sinshe hendra krn memang di saya tdk ada masalah.
    3 mg sebelum bt, saya hanya refleksi (krg krg suka jarum jd tdk pilih akupuntur padahal lbh bgs ), minum tim ayam obat tiap mg selama 3x.
    hanya selama 1 thn sebelum bt, saya minum pai fung yen tiap hbs mens, itupun kdg kelupaan bisa kelewat 1 bln.
    ngk perlu konsul kok kalau mo beli tim ayam, saya sdri srh kurir yg beli.
    suami sy jg tdk pernah konsul or minum obat dr sinshe hendra, tp konsul, minum obat & akupuntur di klinik beijing tong ren tang dgn dr tang di menteng, kira2 hmpr 3 mg sebelum saya transfer embrio.
    lea jgn lupa, kalau minum tim ayam obat, dibantu jg dgn mkn buah pisang, pepaya biar bab lbh lancar, jg usahakan akupuntur berdua dgn suami plg tdk 1-2 bln sebelum proses bt.

  16. Devi Dju

    Hi,Ros.lam kenal ya.langsung nanya boleh ya Ros.pai fung ye dgn tim obat ayam itu sama ama engga ya Ros.Aku udah 7 thn married,pernah hamil 2003,tp bertahan 11 bulan.permasalahan aku terakhir penolakan terhadap sperma/anti body tinggi,sperma suami terakhir cukup,cuma aku lupa jumlahnya,recordnya aku lupa simpannya neh.Btw.usiaku ngga jauh dengan kamu,harus berpacu dalam waktu neh.Aku udah lama lose konsul dengan dokter,terakhir aku alternatif aja di daerah mekar sari,itupun dr temen yg udah 7 thn berobat kesana hamil akhirnya,tapi aku itu kebiasaan buruknya suka bosenan Ros,jadi pengen cepet ada progressnya kalo berubat itu,so menclok-menclok deh,kalo kata orang awak “ginyang”,he.he.Eh.hampir lupa,selamat ya Ros,udah dpt kepercayaan dr yang di Atas,dijaga ya kesehatannya.Ros tanya lagi nih,kalo aku ikut program bayi tabung kan harus istirahat total,aku kerja tiap hari en sering turun naik tangga,gimana ya Ros.Abis kondisi kantor aku begitu mengharuskan aku turun naik tangga,jadi kawaatir neh.thanks ya ditunggu say hello nya lho.

  17. Kiky

    Hi Ros, mau tanya dong… kita sudah memutuskan untuk ikut BT dengan dr. Karel, setelah konsul langsung dikasi obat2an untuk berdua. Kamu bilang 3 minggu sblm pengambilan, suami minum obat lagi dari Tong Ren Tang dan akupuntur. Kebetulan suami juga lagi terapi dengan Dr. Tang walaupun baru stop 1 minggu. Apakah obat2an dari dr Karel dan dr Tang boleh diminum bersamaan (termasuk tanduk rusa dan obat godok)? Makasih ya atas tanggapannya.

  18. ros

    hi devi, tx buat ucapannya.
    bagi org chinese, pai fung yen mulai diminum saat pertama kali dpt mens (masa puber), kalau diminum rutin fungsinya menjaga kondisi rahim tetap hangat, mengatasi keputihan, mens lbh lancar/cepat bersih, jadwal mens tiap bln jd lbh teratur. tapi saya sendiri terus terang, br setahun sebelum bt agak rutin minum padahal sdh dr dulu dianjurkan. (nb : selama minum pai fung yen, jgn minum air dingin or es krim, krn fungsi obat ini buat menghangatkan rahim )
    tim ayam obat, secara fungsi agak mirip, biasanya u/kesehatan, dimakan saat kondisi fisik lg krg bgs, capek, juga u/menghangatkan rahim (selama ini sy jrg sekali makan, terakhir waktu mau proses bt saja), krn sifatnya panas, jd hrs byk mengkonsumsi buah.
    soal naik turun tangga setelah ET, memang kalau bisa dikurangi. kamar tdr saya jg di lt 2, kebetulan di lt bwh memang tdk ada kamar, tetap saja hrs turun ke bwh krn dapur di bwh, tp pelan2 saja, saya batasin sehari cukup 2x naik trn.
    setelah ET, kalau bisa istirahat total min 2 mg, kalau memang di ktr hrs naik trn tangga, pelan2 saja, usahakan frekwensinya dikurangi, mulai skrg byk senyum ya sama teman ktr, jd nanti gampang diminta tlg buat mengurangi naik trn tg di ktr, he3.
    semoga berhasil ya program bt dimanapun juga.

  19. ros

    hi kiki
    obat dokter & obat godok jgn diminum berbarengan, di ksh selang waktu 2-3 jam. selama konsumsi obat godok, suami sebaiknya mkn daging kambing, durian ( krn obat yg di ksh dokter tang agak panas, jd byk minum air putih )
    tapi kiki sendiri tdk minum obat godok kan ? sebaiknya jgn krn takut mempengaruhi obat hormon dr dokter.
    semoga berhasil program bt ya

  20. Leah

    Hallo mba ros..
    memangnya tidak boleh yah klo minum obat cina di campur dengan obat dr.Karel
    aku skrg lagi haid kebetulan aku setelah haid ini aku mau minum obat cina…dan blum tau dr.karel kasih obat apa..sepertinya sih profertil yah..

  21. Devi Dju

    Hallo……..kamu lucu juga ya ros,aku jadi senyum2 sendiri baca balasan kamyu.Ros,aku mau ikutin apa yg pernah kamu jalanin seblm bt,aku en suami mo akupuntur or refleksi en konsumsi pai fung yen dan tim ayam obat.Menurut kamu,ros aku mo konsumsi kedua-duanya boleh atau salah satu aja sebaiknya.Soalnya dulu aku pernah ada kista,trus dilaparascopy trus enam bulan kemudian aku hamil,tp cm bertahan ampe 11 bulan.Sekarang belakangan aku kalau haid hari pertama suka sakit,aku denger org yg mengkonsumsi pai fung yen ada yg hilang sakitnya waktu haid dan mulai teratur en hamil.Aku mo coba minum.Ros,tlg informasiin tempat belinya dimana,krn byk bgt ya modelnya.Cara minumnya gimana en berapa kali,trus boleh ngga aku konsumsi juga tim ayam obat.Salam sun ya buat si kembar dari tante devi,aku pingin sekali hamil anak kembar kayak kamu,tp kalo dikasih ama yg di atas apa aja deh yg penting bisa hamil,melahirkan,sehat bayi dan ibunya,aminnnnnnnn.

  22. ros

    hallo lea,
    kalau tdk salah, salah satunya yg diksh memang profertil, progynova, dll, saat msh diksh obst virus, parasit, dll tdk masalah ikut mengkomsumsi obat dr sinshe, tp wkt mulai diksh obat2 hormon saat mulai mens bul berikutnya, lbh baik jgn (kecuali suami, tdk masalah), khawatir obat sinshe mempengaruhi obat2 hormon dr dokter, sedangkan obat2 hormon tsb penting buat proses bt, salah satu fungsinya buat memperbanyak & membantu memperbesar telur.
    (tim ayam obat tdk masalah krn obat2 yg terkandung di dlmnya ringan atau tepatnya kdg jg dipakai sebagai tambahan dlm makanan buat kesehatan / vit).
    waktu menemani suami ke dokter tang, sy jg sempat diresepin obat minum (pil) , kt dokter tang buat bantu tahim,dll ,tapi tdk jd saya minum krn setelah dipikir2 takutnya mempengaruhi proses sel telur sedangkan transfer embrio sdh dekat.

  23. Leah

    Hallo mba ros..
    aku blum dikasih obat hormon baru progynova, lynoral, dan oradexon.. plus obat chinese untuk hormon yang aku beli sendiri bukan dari dokter..
    tgl 2 juni nanti aku dateng lagi ke dokter..klo udah dikasih obat hormon aku stop deh yang obat chinesenya yah..
    thanks yah mba ros info nya..

    semoga sehat ibu dan si kembar πŸ™‚

  24. ros

    hallo devi, salam sun sdh disampaikan ke si kembar kok
    pai fung yen & tim ayam obat jgn berbarengan biar tdk terlalu panas, pai fung yen kan diminum saat mens sdh selesai (hr ke 5 sdh blh diminum), biasanya dikomsumsi selama 3-6 hr tergantung jenisnya, jd kalau mo minum tim ayam obat seminggu setelahnya saja.
    pai fung yen kalau diminum jangka panjang biasanya br berasa khasiatnya.
    sebulan sebelum proses bt, saya tdk minum pai fung yen, menjelang proses ovum pick up (seminggu sebelumnya) saya jg tdk lg makan tim ayam obat.

    * kiki
    sorry sy ada krg ketik, maksudnya sebaiknya suami jgn makan daging kambing & durian selama minum obat sinshe.

    * lea
    sedikit tambahan, sebaiknya menjelang ovum pick up (seminggu sebelumnya), jgn lg makan tim ayam obat ataupun refleksi, krn proses sdh terlalu dekat jd lbh baik hindari.
    juga setelah ET, tdk blh refleksi, akupuntur, mengkonsumsi tim ayam obat.

  25. Leah

    mba ros..
    waduh..aku justru skrg lagi rajin refleksi nih seminggu 3x..
    kirain mau deket2 waktunya malah justru harus diperbanyak..
    malah ga boleh yah mba..
    salah donk πŸ™‚
    aku tgl 2 juni itu baru di cek lagi setelah 12 hari haid.
    oPU nya kapan yah mba kira2 aku nda tau tuh

    thanks mba ros

  26. ros

    hallo lea
    dr mens bln kedua, mulai wkt diksh obat2 hormon u/menambah & memperbesar jumlah sel telur, biasanya setelah hr ke 17-21 dr tgl mens (saat itu telur sdh banyak & besar), sdh ovum pick up (tp msg2 org beda), wkt dulu saya hr ke 23 dr mens br ovum pick up, ada teman yg hr ke 17 or 21 , jd bbrp hr sebelum itu saya sdh tdk berani refleksi or makan tim ayam obat, krn wkt itu saya berpikir terlalu riskan tkt sel telur terlalu matang dll sedang proses ovum pick up sdh mau mulai.

  27. Devi Dju

    Hai ibu Ross yg baik, kalo boleh bisa nggak kita komunikasi lewat Facebook, atau emailnya langsung? Nanti aku search FBnya, di add ya…

  28. Leah

    hallo mba ros..
    ooo ok klo gitu setelah aku dikasih obat hormon aku stop semuanya deh..
    nanti aku update lagi yah mba ross klo udah dikasih obat hormon…jangan bosen2 yah mba klo aku nanya πŸ™‚ heheh
    thanks yah mba ross sharingnya lengkap dan bermanfaat sekali …

    salam sayang buat si kembar yah…

  29. SHANTI

    @ dear mbak ross,,
    mbak, jadwal ku jg mirip2 leah nih kayaknya.. tgl 9jun, aku harus dtg lg ke Dr. karel setelah hari ke 10 mens, tp waktu aku tny Dr, apa aku uda deket lagi u OPU, katanya msh jauh (hiks..hiks.. jd sedih), dan ga merinci lg kapan wktunya.. tapi mbak,kog aku blum dkasih obat2 hormon ya? cm slma 10 hari setelah mens hari ke-3 ini, dikasih obat 3mcm aja yg harus diminum malam hari..

    @ leah..
    salam kenal.. mau tny ya,, leah uda proses mens di bul brp? trus knp ya, tiap di cek Dr. Karel, sakitnya minta ampun.. organ kita dijepit2 gtu, apa leah & mbak ross jg mengalami hal yang sama..?

    terimakasih byk!

  30. liana

    Hi santi dan lea,
    Salam kenal ya.. Jadwal sy sptnya sama juga dgn kalian.Pertama ke dr karel tgl 18 apr.terakhir tgl 20 mei dikasih obat hormon proginova dll 3 macam yg diminum malam. Tgl 27 mei kmrn sy di hidrotubasi. Sakit banget dan akhirnya hasilnya gagal krn sy ga tahan sakitnya. Apa kalian jg sdh pernah hidro? Sakit banget ga? Dr minta sy balik lagi harusnya rabu besok tapi berhub suami tugas luar kota minta mundur ke tgl 8 dan dokter ok aja. Cuma masalahnya tgl tsb sdh hari ke 24 mens.Ga tau juga rencana dr selanjutnya apa. Mohon inputnya kalo ada ya.. Ros thanks juga utk semua sharingnya yg sgt membantu. Gbu..

  31. Devi Dju

    hai santi lam kenal ya.saya devi seneng bgt ikut gabung neh.santi,aku mau tanya emang kamu berobat ke dr.karel sakit2 emang ada tindakan apa sampai sakit begitu,ditunggu ya jawabannya,thanks.

    hai liana lam kenal juga ya.aku devi,kamu di hidro keluhan apa sih,trus sakit bangetnya kayak gimana sih,aku jadi pada ngilu nih badan,jadi takut.ditunggu ya jawabannya,thanks.

  32. liana

    Hi devi, kayaknya kalo mau diinsem harus hidro dulu buat mastiin saluran tuba kita ga tersumbat. Hampir sama dgn hsg tapi ini lebih manual disemprot pake tabung seperti jarum suntik besar yg diisi cairan gitu dan tidak difoto. Dulu sy sdh pernah hsg dan hasil kedua tuba patent, tapi dokter minta tetap di hidro. Mgk utk mastiin lagi. Kalo diperiksa sih emang rada sakit karena dipasangin cocor bebek dan usg dalam. Tapi masih bisa ditahan. Mmg harus byk berkorban demi bisa punya anak nich πŸ™‚ ok deh gudluck ya.. Ga usah takut..Gbu..

  33. Leah

    Hallo Shanti..
    aku semalem udah balik lagi ke Dr.karel
    haid aku bulan mei kmrn tgl 23..dan suruh baik tgl 2 semalem..
    semalem baru dikasih lagi obat subur profertil, serpohene,
    dan katanya setelah 7 hari obat habis (selasa depan tgl 9 juni) aku disuruh balik lagi…
    setelah itu diliat dulu telurnya..
    kalau membesar dan bagus baru bisa di OPU
    kalau tidak bisa aku ga tau lagi tuh tindakannya seperti apa..

    Shanti coba rileks ajah deh klo pas diperiksa..
    karena memang klo kita ga rileks jadi nya lebih sakit.

    Hallo Liana
    kamu mau di insem atau BT..
    kalau di BT kayanya ga perlu di hydro deh..
    aku kmrn sempet di hydro dan jadi nyesel jg..
    karena memang sakit banget dan jadi buang biaya..
    kalau menurut mba ros disini
    mba ros ga di hyrdro..karena mba ros ikutan BT
    karena memang kan klo BT prosesnya beda dengan insem,.
    jadi sebelum kamu hydro yang kedua kali mending mikir2 dulu deh
    mau insem or BT..
    klo mau BT yah udah minta ajah ama dokter karel untuk tidak hydro lagi..
    sayang uangnya dan sakitnya itu lhooo..

    sebenarnya ada hydro yang ga terlalu sakit, tapi setelah kita di hydro apabila ada penyumbatan maka kita harus fisioterapi selama 10x selama 10 hari,
    proses ini memang awalnya ga sakit..tapi yah itu..harus bolak balik rumah sakit selama 10 hari ..

    semoga membantu yah..

  34. liana

    Hi leah, rencananya sih aku mau insem dulu krn kmrn pas suami cek sperma di abdi waluyo hasilnya cukup bagus. Jadi kata dr mau coba insem saja. Iya aku juga ga plan mau hidro lagi. Udah kapok πŸ™‚

  35. Leah

    Hallo Liana..
    kalau insem harus hydro sih kayanya tuh…
    biar diliat kita ada penyumbatan atau tidak liana..

  36. Leah

    Hallo mba ross..

    oh iya mba ross aku lupa sharing..
    kebetulan aku kan udah ada ponakan cw dua orang yang tingal sama aku skrg dan aku niatnya pengen punya anak cowo..
    aku baru tau klo ternyata di Dr.Karel ga bisa pilih jenis kelamin untuk BT or insem..
    jadi sedih banget deh mba ross..
    sebenernya sih cowo atau cw sama ajah yah..
    mungkin karena aku udah ngurus 2 ponakan cw jadi kepengennya cowo..

    sekarang kayanya hubby mau ganti dokter deh mba ros..

    jadi aku kayanya ga nerusin lagi di Dr.karel..
    tapi blum tau jg yah..nanti aku update lagi yah mba kabar terbaru..

    salam buat si kembar πŸ™‚

  37. Devi Dju

    *Hallo liana,oh gitu yah,kalo insem harus di hydro.Kalo di dokter karel bisa ngga di hydronya yg ngga manual alias sakit,mungkin di bius gitu kayak yg di informasiin ama leah,cuma harus di panasin ampe 10 kali,ngga papa deh,dr pada sakit.tolong tanyain ya liana kalo kamu berobat ke dr karel,ditunggu kabarnya yah.

    *Mba Ross,gimana kabarnya,kangen nih.lagi istirahat ya.

  38. liana

    Hi Leah,
    apa ga sayang kalau kamu ganti dokter lagi.. khan dah setengah jalan dan sudah keluar biaya banyak juga..

    Hi Devi,
    senin besok aku ke dokter.. nanti coba aku tanya ya.. tapi kemaren2 baca-baca di internet mengenai hidro memang sakit tapi masih bisa ditahan, karena udah dikasih obat anti sakit yang dimasukkan ke bgn pembuangan kita. Di dr karel juga sama dikasih obat di bagian sana juga. Kalau saya ingat2 lagi jangan2 obatnya kebuang ga sengaja karena malam itu saya perutnya lagi kembung & maaf buang2 angin terus. Jadi jangan2 obatnya keluar ya :))Makanya aku sampai kesakitan banget..
    Kamu coba aja.. mudah2an ga terlalu sakit..
    Setahuku di dr karel pasti sistem hidro nya sama, ga ada yang seperti diinfo leah. Regards..

  39. ratih

    hallo mba ross…,lam kenal ya..,
    aku mau langsung tanya nih..,aku sekarang lsg ikut program bayi tabung di dr.karel krn aku sdh pernah insem 2x di bunda gagal, bayi tabung di yasmin gagal (janin 2 bln bo),
    Di Dr.Karel proses pertamanya sama dgn mba ross dikasih obat suami istri dulu sampai tunggu haid berikutnya baru dikasih obat hormon..tapi masalahnya setelah aku minum obat valtrex haidku sampai sekarang ngak datang…kalu dihitung sih sekitar 3wk telat dan sampai sekarang aku blm haid , sdh test pack hsl neg, aku sdh periksa dan di usg ke dr. lain sekitar rmhku(cikarang) hasilnya dinding rahim msh tipis , ada ngak temen mba ross yg ngalamin spt aku…, aku tunggu khabarnya…thks

  40. ros

    to devi,
    sorry, sampai skrg blm buat facebook, e-mail jg blm diaktifkan lg krn yg lama jrg dipakai jd sdh tdk bs.
    u/info pai fung yen, coba devi lht di no. 73.

    buat teman2 yg lain, sorry skrg mgkn agak telat dibalas, tgn bengkak udh 2 bln dan sebulan ini mulai kesemutan jd krg nyaman, juga krn sekarang ini srg pergi, maklum memanfaatkan waktu yg ada disamping kaki blm terlalu bengkak, bln delapan sdh hrs istirahat total biar si kembar tdk lahir prematur.

  41. ros

    to lea & shanti
    sebenarnya yg diksh ke leah sdh obat hormon, wkt mens bln ke 2, saya diksh obat hormon progynova, lynoral, oradexon (u/suami diksh surbex, dll), mg berikutnya diksg sama plus tambahan serophene, profertil, parlodel (suami tdk diresepin lg).

    * shanti
    benar seperti yg di lbg lea, biasanya waktu dicek dokter, kalau tegang memang sedikit lbh sakit, sy jg suka krg nyaman kalau diperiksa organ, jd biasanya waktu dokter karel mau periksa, saya lsg blng minta pelan2 krn saya suka tegang, he3.

    * lea
    salam sayang sdh di trm si kembar, salam blk katanya buat tante lea, he3
    benar seperti yg liana blg, apa tdk sayang sdh setengah jln ? tp semuanya tergantung lea, semoga berhasil bt dimanapun ya.
    u/bt memang tdk bs plh jenis kelamin, tp sy krg tahu kalau di tempat lain.
    u/insem, setahu saya bs pilih jenis kelamin, dulu ada teman yg temannya berhasil program anak cowok / insem di dokter karel, saya sendiri krn tdk insem jd tdk pernah tanya ke dokter karel.

  42. ros

    to ratih, salam kenal jg.
    ikut prihatin ya, semoga bt kali ini berhasil.
    soal valtrex, saya juga krg ngerti kenapa di ratih bs begitu, ada bbrp teman yg jg ikut bt disana tp tdk ada keluhan setelah minum valtrex , yg ada setelah gagal bt ada teman yg sdh 2 bln blm dpt mens krn hormon blm stabil kembali.

  43. ratih

    mbak ross makasih ya di jwb cpt walaupun lagi kesemutan tgnnya, aku doain dede kembar dan bundanya sehat selalu dan ngak ada masalah apapun amien…,

    aku msh bingung nih mbak…,aug’08 aku kuret krn janin BO,aug-april haidku lancar sesuai siklus 28 hari, apa aku sekarang hamil atau krn hormon ya mbak..? 5wk yg lalu di usg dr.karel ada sel telor siap ovulasi….,hrsnya kalau anovulasi jdnya khan haid…, pernah ngak ada yang ngalami ada sel telor ,telad haid tapi tdk terjadi kehamilan krn pengaruh hormon yg ngak stabil,regard

  44. SHANTI

    @ Devi Dju,
    hai, salam kenal jg.. Iya, kebetulan, tiap kali saya di periksa dokter, organ dijepit2 dengan alt seperti tang & pinset besar.. wktu pertama kali, sakitnya lbh dasyat, mgkin seperti kata mbak Ross, kita harus rileks bgt ya.. Setelah kejadian pertama itu, tiap di periksa lagi, saya suka gigit baju aja (he3.. krn suka ngilu).

    @ Liana
    salam kenal.. Kebetulan, saya lgsung minta BT aja, sama seperti mbak Ross, jd ga ada hydro.. Saya jg lgsung di anjurkan BT krn sperma suami yang kurang.

    @ leah
    leah, makasih ya info nya,, kayaknya proses kita gak jauh2 ya.. Saya jg dikasih obat2 hormon di 10hr pertama setelah mens & nanti balik lg.. Leah apa tidak sayang ganti dokter? kan sudah setengah perjalanan ya.. Setau saya, wktu dulu konsul di klinik Yasmin, Dr. Budi wiweko blg, mmg bisa program BT smbil dibarengi pilih jenis kelamin, nanti sel2 sperma dipilih sesuai jenis nya,, tapi Dokter jg blg, hal itu tidak 100% sesuai.. ada malh seorang dokter ahli kandungan yang mencoba mendapatkan anak laki2 berkali2, tetap saja dapat anak perempuan, bahkan kelima anak2nya perempuan semua.

    @ Ratih
    salam kenal.. Saya jg pernah setelah minum Valtrex, sempat sebulan tidak mens2.. di cek pun ternyata negative. Kata Dr. karel, itu hny masalah Hormonal saja, & diberi obat selama 10hr,, 3hr berikutnya, saya lgsung mens.. Coba saja ratih cek ke Dokter.

    @ Mbak Ross..
    terima kasih byk ya, atas info2nya.. mbak Ross bnr2 mjd inspirasi & guidence buat shanti,, Semoga baby2 mungil mu sehat selalu ya!..

  45. ratih

    hallo shanti.. salam kenal juga ya..,oh gitu ya krn hormonal saja ya…, Insya Allah minggu depan deh konsul ke dr. karel…,makasih ya informasinya.., have a nice weekend

  46. vinie

    Dear mba Ros n temen2 yg udah berhasil Congraz ya, buat yg blm….berjuang terus…
    mau tanya donk dr karel muali prakteknya jam berapa

  47. vinie

    to Shanti,apakah setiap kali diperiksa dokter selalu cek organ n pakai alat?
    jadi serem juga,o y Btw dr krl tsb kira2 berumur brp y, soalnya suka isin kalo diperiksa organ ama dr cow…tq y

  48. vitri

    Hai Ross.. dan teman2 lain..salam kenal..duh seneng sekali saya dapat blok ini. sambil menangis saya membaca satu2 persatu imel yg ada disini. Mengharukan..semua orang berjuang dengan keras..semoga usahanya berhasil ya. Saya sudah menikah hampir 14thn..2 kali hamil gagal pada 2,5 bln. usia saya 40thn, suami 42thn. Tidak pernah terfikir untuk bayi tabung krn 50jt keatas. Tp setelah bc disini rasanya ada pengharapan untuk saya. Saat ini sy sedang menjalani akupuntur, menurut pemijatnya sy dan suami saat ini sudah siap untuk hamil krn antibody kami sdh mulai bgs..mungkin dgn bayi tabung dan byk info ttg bt disini merupakan jalan saya u mendapatkan buah hati kami..duh mudah2an bs menjadi kenyataan. Kita saling mendoakan ya teman2. untuk Ross..kami doakan dengan tulus semoga semuanya berjalan dengan baik selamat sampai melahirkan. amin

  49. Devi Dju

    hai fitri,lam kenal ya.
    Aku baca tulisan kamu yang menyinggung kalo kamu antibody tinggi,btw kamu akupuntur dimana sampe antibodynya turun,soalnya aku juga punya masalah diantibody.Please kasih tau tempat akupunturnya plus telponnya ya fitri aku sangat menunggu lo,thanks ya.

  50. Shanti

    @ vinnie..
    Salam kenal.. Iya nih, kebetulan tiap cek dokter, pasti slalu periksa organ & menggunakan alat.. biasanya Dr. ngecek apa ada masalah dgn rahim & pengecekkan telur2 kita.. setelah itu biasanya jg di USG transvaginal.. Rasanya lumayan lah, he3.. tapi nanti lama2 jg terbiasa. Oya, saya kurang tahu persis berapa umur Dr. Karel, tp kelihatannya sdh cukup berumur jg ya, mgkin 55-60than,, Saya jg suka isin dgn dokter pria, tp biasanya tiap dicek, Dr. karel suka manggil suami jg utk dekat2 dgn kita..

    @ Vitri
    Salam kenal.. Mau tanya ya, yg dimaksud antibodi tinggi or rendah itu apa? Apa berhubungan ya dgn “Alergi Sperma”..? Trims!

  51. Devi Dju

    hai shanti lam kenal yak.
    Kalo sepengetahuan aku tuh antibodi itu sama juga alergi sperma.jadi kita menolak segala benda asing termasuk sperma suami kita,betul ngga fitri.

    mba ross,
    gimana kabarnya nih udah lama ngga muncul kita kangen lo.

  52. eva

    hai mba ros…..hai smua…. lam kenal ya…
    moga lancar smua ya….
    mba ros kalo mo BT ma dokter karel kita yg minta pa dokter yg nyaranin???
    aku skarang pasien dr Kareel pengennya si BT aja langsung cos aku dulu dah nyoba Insem mpe 4x lum brasil jg ma dr lain…..
    gimana ya??? dah ada yg nyoba langsung BT ma dr karel tanpa insem dulu??? tks infonya

  53. Shanti

    @ mbak Ross..
    Kemana aja mbak, kangen niy kita2 ga pnh dnger lg kabarnya.. Oya mbak, aku mau tny, sebelumnya mbak blg kehamilan dibulan2 ke 4-5 (jika bayi kembar) sudah harus istirahat total ya spy bayi tidak lahir prematur? berarti agak sulit ya bagi ibu bekerja.. Oya, mgkin mbak ross ada info2 lebih u/ kami yang jg mengharapakan dapat bayi kembar & bgm penangannya.. Wah2 perjuangan mbak ross besar skali ya, dlm masa2 kehamilan jg hrs byk konsentrasi & istirahat.. Ditunggu kabarnya mbak.. Trims!

  54. Jeane

    hi mbak ros, aku kagum dgn semangat mb ros dan sabar utk ngebalas pertanyaan2 teman2 satu per satu… salam kenal mb, GBU and si kembar… sy Jeane dr sumatera udah merit 4 taon belom hamil2 juga, masalahnya kurang lebih sama dg mb ros, sperma suami yg kurang,rusak,tidak bergerak dan kalaupun bergerak cuman maybe 20% itu pun lemah. rencananya sih mau ke sby dgn Dr.Aucky tp setelah baca blog ini dan curhat2nya mb ros dr A-Z sy jd lebih tertarik ke Dr.Karel yah??? aduh jd bingung lg neh… Gimana yah? yg dikuatirkan sampe brp lama sy harus stay diJkt??? padahal harus minum obat2an dan rajin kontrol ampe 2bulan yah mb? sori yg sy kurang jelas, kontrolnya brp lama sekali yah? kalo memungkinkan kan sy bs bolak-balik Jkt??? tanpa harus stay disana? bete kali gak ada siapa2 dan gak ngapa2in?? soalnya sy dan suami sibuk gak bs ninggalin rumah dan kerjaan lama2. harus ada salah 1 yg tinggal (maklum buka toko)… thx atas info2nya mb ros

  55. liana

    Hi shanti sudah sampai mana program kamu dgn dr karel? Saya senin tgl 8 ke dokter cuma di cek seperti biasa dan disuruh berhub seperti biasa dan terusin obat hormonnya sp selesai 21 hari.Dokter cuma blg kalo aku dapat mens lagi datang hari ke 2/3 mens, kalo ga dapat, datang 4 mgg kemudian. Sampai skrg aku blm mens, dah telat 2 hari dari tgl mens bulan lalu dan juga ga ada tanda2 mau mens.Tapi tadi pagi pas coba testpack masih negatif. Apa pengaruh obat hormon yg buat ga dtg mens atau bgm ya? Ada yang punya pengalaman kyk saya juga. Ditunggu sharingnya ya. Txs..

  56. marry

    mohon info, adik saya sedang ikut bt dengan dr.iam di klinik yasmin.usia 38th udah 10thn blm dapat momongan. 2 thn yl sempat hamil tapi kehamilan usia 16mgg keguguran karena janin tidak berkembang. sekarang terapi suntikan gonal F kemarin pas di usg ternyata sel telur masih kecil2. dan disarankan untuk teruskan suntikan. kira2 apa yang mempengaruhi besar nya sel telur, apa ada makanan atau aktifitas tertentu yang disarankan.mungkin teman2 bisa share… (kl mnrt dr sih katanya suruh OR aja..) tks.

  57. Shanti

    @ Liana
    Salam kenal.. Kebetulan program saya baru sampai minum2 obat hormon aja tuh.. dan kontrol ke Dr. sminggu skali, Ga tau abis itu apa lg, krn tiap kita tny, Dr nya cm jawab “nanti-nanti” aja.. Kalo liana uda sampai tahap mana?

  58. ros

    dear teman2, sorry baru nongol lagi, maklum skrg ini lg manfaatin waktu buat pergi2, tgn 24 jam bengkak, sakit en kesemutan.belakangan ini srg ngantuk kdg lemes, ngk tiap hr sih, jd begitu lg ok lsg kabur, he3, bul depan sdh acara belanja perlengkapan si kembar, setelah itu hrs istirahat total biar tdk melahirkan prematur.

    * to vinnie, tx
    mengenai praktek dr karel, coba vinnie lht hal 11, u/pemeriksaan di dr karel, usahakan saja relax, maklum dokter tdk pelan2 masukkin alat, jd kalau kita tegang lbh berasa tdk nyaman. umur dokter karel mngkin diatas 60 thn.

    * to vitri, tx buat doanya
    kalau vitri pernah hamil normal, berarti insem or bt hrsnya punya
    peluang berhasil lbh bsr, paling setelah prosesnya, jalanin kehami-
    lan dgn hati2, bnr2 istirahat total, relax & jgn stres. terapi aku
    puntur jgn berhenti sampai dekat prosesnya
    semoga berhasil ya proses dimanapun juga.

    * to eva, tx
    sebenarnya terserah kita sih mau insem or bt, plg dokter lht dr masa
    lah kita, kalau menurut beliau msh ada peluang insem pasti dianjurin
    insem dulu krn jauh lbh murah.
    kalau eva sdh pernah insem 4x, baiknya sih lsg minta bt saja.

    * to shanti, pa kbr ? sdh sampai mana prosesnya ?
    kalau hamil kembar memang lbh capek, lbh byk keluhan, apalagi kalau
    kitanya sdh berumur, blm pernah hamil & lsg diksh kembar.
    saya pernah tanya teman yg ank 1 & 2 bkn kembar, dpt kembar di ank
    ke 3 &4, keluhannya tdk sebanyak saya, mgkn krn sebelumnya pernah
    hamil jd rahim lbh elastis& tdk terlalu menekan lambung.
    wkt awal kehamilan s/d msk bul ke 4, sy memang lbh byk istirahat, tp
    tetap bs jalan2. setelah 4 bln s/d skrg lbh srg keluar (tdk tiap hr)
    , malah bbrp kali jln2 ke bdg, he3. istirahat sih hrs.
    saya pernah tanya ke dokter bagaimana caranya biar tdk melahirkan
    prematur, dokter blg u/lhr normal 40 mg, caesar maju 2 mg, kembar ma
    ju seminggu lg ( 37 mg ).saya mau coba kalau bs sampai 38mg, tp
    menurut dokter agak sulit, krn bs 37 mg saja sdh bagus.
    dokter saranin nanti istirahat total & perbanyak minum air.

  59. ros

    tambahan buat shanti,
    sebenarnya dgn bt, peluang buat dpt bayi kembar besar, mgkn sebelum proses bt berjalan, kita hrs bnr2 kuatin rahim, jd sel telur jg kuat, kondisi sperma suami jg hrs kuat biarpun jumlah sperma tdk byk, jd setelah ET, embrio bs kuat menempel di dinding rahim .
    semoga shanti bs dpt kembar ya.

  60. ros

    to jeanne, tx buat doanya.
    bt dimana saja kdg memang tergantung jodoh kita dgn dokternya.
    kalau di dokter karel, byk jg yg dr luar kota, medan, jogya, dll, yg sy sempat kenal, orgnya dr jogja, wkt msh proses bt, dia memang bolak2 jkt-jogja & kebetulan ada adiknya yg stay di jkt, jd setelah ET dia stay selama sebulan di jkt, sayangnya dia gagal.
    dr awal konsul di dr karel, kt kesana 2mg sekali, kalau sdh dkt prosesnya bs seminggu sekali konsul, 2 mg setelah ET konsul lg, selanjutnya konsul 2 mg sekali.

  61. Sinta

    Hi,Ros , salam kenal , saya Sinta. Ros , saya mau tanya makan tim ayam obat ( ciak po ) itu , gimana cara membuatnya ? Apa pake obat khusus,ramuan shinse ? Kalau pake ramuan shinse , boleh tahu namanya apa , siapa tahu saya bisa beli di toko obat di kota saya.Trus pada saat mulai bt sampai pengumuman hasil , ada pantangan makanan apa,dan ada makanan yang harus sering di konsumsi? Bagaiamana cara menguatkan rahim ? ada kiat khusus ga yah untuk menghilangkan stres? Sorry yah Ros, bnyk tanya.

  62. Shanti

    @ mbak ross..
    Apakabar, saya kabar baik.. Mbak, kemarin aku cek dokter, tnyt dr 12 telur aku, baru 2 yang besar (katanya minimal harus ada 3-4 yg besar). Saya jg kurang tau apakah u bs OPU, kondisi telur harus besar2 dulu ya..? Kata Dr, kalo seminggu lagi telur ku ga ada yg tambah besarnya, harus di buat mens dulu & baru mulai lg pemberian2 obat hormon ulangan.. Hiks..hiks, aku jd sedih bgt deh.. Mungkin mbak ross pny info atau saran..? ditunggu ya mbak, Trims!

  63. Jeane

    dear mb ros,
    thx yah atas infonya, sy udah putuskan utk ke dr. aucky, krn dia pengalaman udah gak diragukan lg,,, emg pilihan yg sulit, pertimbangan sy, di Jkt keadaan kotanya lebih sibuk, ribut, padat, dan orang2nya pada cuek, maybe gak bagus bt aku istirahat dan stay disana apalagi aku gak ngerti Jkt sama skali, mgkn kesulitan kali… (maklum biasa dikota kecil) hehehehe…
    renc sy berangkat tgl 2 juli besok (aku haid) tp yg bikin aku bingung, itu hari kamis, jd aku min ke RS hari jumat, dan aku udah email dr.aucky dia blg dokter pada libur lg yg stay ditempat cuma dr hendro, yah mau gimana lagi, tiket udah kebeli,,,, mudah2an semua lancar2 yah??? minta doa nya dong temen2…
    oh iya, mb ros, aku jg sering konsumsi obat2 cina tp aku gak ngerti nama2nya, maklum yg ngasih mama mertua, jd aku gak terlalu tau, ciak po itu, nama obat cina nya apa yah? trus konsumsi harus selang-seling dgn obat2 yg dikasih dokter yah? bagusnya diminum pagi/siang/malam??? trus harus brp lama sekali, apa gak ada pengaruh dgn obat dokter??? setau sy sih seling 4jam udah bs yah? minta nama obat cinanya yah mb??? trus masak harus dgn ayam yah??? xie-xie… GBU and sikembar

  64. ratih

    dear shanti
    sdh tahap hormonal ya…, dulu aku bt pertama di yasmin juga begitu walaupun setiap hari sdh di suntik pregnil, dr. nyararin makan telor ayam rebus 5-8pc setiap hari tapi putihnya aja, kuningnya ngak blh dimakan krn nyebabpin kolesterol dan kista jd subur, hasilnya 8 telorku semuanya siap opu,tapi hanya 3 yang berhasil di ET

    untuk marry lam kenal ya…
    sorry baru buka email lagi, sama dr.iam…dulu aku sama dr.muharam bayi tabungnya…., gimana keadaan adeknya sekarang sdh tahap apa….., jgn lupa dibarengin akupuntur ya ( dulu aku sama dr.loona ak.nya..) ak. membantu sekali utk bayi tabung…

  65. Devi Dju

    hai ratih,
    aku boleh tau ngga kamu akupunturnya dimana? boleh dong diinformasikan ke aku.trus.pas diakupuntur kita langsung aja ya bilang brobat untuk bisa hamil gitu ya,suami juga bisa kan diakupuntur untuk kualitas sperma.satu lagi biayanya sekali akupuntur berapa?,aku tunggu ya kabar dari kamu en thanks berat ya.

  66. ratih

    hai juga devi dju,
    aku akupuntur di Yasmin dengan dr. loona..,bilang aja untuk bayi tabung(sdh ada akupuntur untuk kuat rahim, hilangan stress, sirkulasi darah lancar, dll ) untuk suami krn ngak ada masalah jd ngak akupuntur…,dl aku sekitar 150rb/ 1 x akuuntur jadwal 1wk 2x,mulai awal program sampai et, dan berhasil hamil ,janinku 10wk sdh ada denyut jantung, pas 12wk aku ada masalah besar yg nyebabpin stress tinggi, janin umur 12wk detak jantung sdh ngak berdenyut lagi, dr,ku aja heran krn hasil test darah hcgku awal hamil bagus (350)kemungkinan gagal itu tipis….dan aku ngak ada masalah(hasil test lab semuanya bagus),

    aku ini sekarang lagi program bayi tabung yg ke2 .., sma dr. karel…., aku baru tahab 1, obat jamur…,setelah minum obat jamur malah ngak men 2bln…., 2 wk lalu aku sdh kontrol ke dr.karel…, stlh di usg dr. karel jg masih blm bisa pastiin aku terlambat men krn apa…, ini baru dikasih obat untuk kalau hamil janin jadi kuat kalau krn hormonal jg biar cpt men…, tp sampai sekarang tanda2 men blm ad…, hamil jg ngak…bingung…., ada ngak teman yg spt aku sharing dong…..

  67. Devi Dju

    thanks ya ratih,atas informasinya.aku doain kamu begitu karena hamil ya,amin.sekarang gimana kabarnya kamu.kabari ya kalo udah ada hasil,insya Allah kamu hamil ya ratih.

  68. erna

    Salam kenal smua.saya sudah menikah 4 tahun, dan selama ini saya hanya berobat kedokter spesialisasi kandungan dan diberikan obatpenyubur aja.yah ini dikarenakan saya berdomisili di jambi dan tidak ada klinik fertilitas ditambah lagi saya berdinas di bank pemerintahan yang hak cutinya paling lama 2 mg..kl saya ingin coba k dr karel apakah saya hrs stay d jakarta.. please kasih saran dong..karena my husband ingin coba ke rs mahkota di malaka…yah kl bs di dlm negeri saya

  69. Shanti

    @ Ratih, salam kenal..
    mau tny dunk.. waktu ratih BT di yasmin sm Dr. siapa? trus maaf tp knp gagal ya..? karna setau aku, klo BT di yasmin yg memakai suntik2 hormon, biayanya jauh lbh besar dr BT di Dr. karel yang secara alami.. Aku kmarin uda OPU, kbtulan aku di rujuk ke Dr. Indra anwar di RS. gading pluit.. tp sayaaang bgt, dari 5 telur ku yang katanya besar2 & siap OPU, ga ada satu pun yang berisi, jd cm besar cangkangnya saja, padahal biaya OPU sudah menghabiskan 16 juta.. Kata Dr. Indra, mmg klo cm pakai obat2 saja tnp suntik2 hormon, kemungkinan telur kosong & pecah stiap saat sangat bs terjadi.. lain klo merangsang sel2 telur nya dgn cara disuntik, lbh terjamin. Sekarang saya lg mencoba lagi BT short protocol di Dr. indra..

  70. erna

    Saluut skali saya dng mbak ros…mbak slalu sharing dng kita smua ttng pegalaman mbak…saya doakan mbak dan calon baby slalu sehat..mbak, slama pengalaman mbak berobat ada nggak yang berobat nya berulang dari tempat yg jauh..karena saya ini dari jambi dan perusahaan tdk bisa kasih cuti yg lama..tlh masukannya mbak

  71. Devi Dju

    hai,mba ross.pa kabaar nih.udah lama ngga say hello-an.moga2 mba en si kembar en suami dalam keadaan sehat selalu.mba.aku lagi coba akupuntur nih ama suami juga,sesuai pengalaman mba ross kan sebelum bt akupuntur dulu.aku planningnya ampe 3 bulan aja mba,setelah itu mungkin langsung ke dokter karel,doain ya mba selalu lancar en ada hasilnya seperti mba ross,amin.salam buat si kembar ya.

    hai, ratih,gimana kabar kamu,bae2 aja kan.salam ama keluarga ya.bye.

  72. Liana

    Hi shanti aku ikut sedih baca cerita kamu. Semoga kamu bisa berhasil dgn dr indra ya.. Maksudnya short protocol itu apa ya? Btw dr indra juga praktek di bunda khan?
    Hari ini saya jadwal kembali ke dokter untuk cek ukuran sel telur. Kalau bagus hari kamis bisa OPU kata dokternya. Saya berharap bisa berhasil seperti Ros.. jadi deg-degan juga.. πŸ™‚
    saya doakan yang terbaik buat shanti ya.. GBU

  73. ratih

    Dear shanti…,
    aku di yasmin dgn dr.muharam…,hrsnya 90% itu dinyatakan berhasil krn test hcgku pertama kali itu lbh dari 300, kemungkinan utk janin tdk berkembang itu dr.ku bilang tdk mungkin,itu masalah dari akunya sendiri…, aku waktu itu ada masalah pribadi(keluarga) yg mbikin aku stress tinggi..,akupun ngak nyangka efek stress tinggi itu mbikin jantung janinku tiba2 berhenti padahal 1-3 bulan kehamilanku normal dan bagus,pas mau 4 bln sdh tdk ada, terpaksa
    deh aku dikuret utk keluarin janinku…,

    Untuk shanti…, aku doa’in semoga berhasil bayi tabungnya.., kalu sdh berhasil dijaga ya…sampai melahirkhan..,jgn kaya aku…, hrs dijaga hati jg..,

    eh..ngomong – ngomong sama dr.Indra Anwar ya….,
    aku pernah sama dr.indra anwar pas insem di bunda…,bagus juga kok dr.nya.., biasanya dia tindakanya bareng sama dr.taufik.Memang kalau pakai suntik itu lbh mahal.., 1x suntk biaya obat sekitar 1juta-1.5jt,1 hr 1xsuntik, itu tergantung kondisi telrnya,dl aku 15x suntik + suntikan superfuct utk ngecilin kista,
    kisaran dana yg hrs dikeluarkan msg2 org beda tergantung kondisi badanya, rata2 diyasmin maupun di bunda hampir sama sekitar 70jt-100jt krn stlh et jg wajib disuntik penguat sampai 2wk,

    khabarku sampai sekrang aku blm haid jg…, aku sdh periksa ke dr.ku yasmin sih…,kehamlan kemungkinan besar tdk ada.., itu hanya hormonal aja…,hari selasa kemarin sdh check lg ke dr. karel ,usg tdk ada kehamilan & ditambahin obat …doai ya mdh2an minggu ini cpt haid lagi…

  74. ratih

    Dear shanti…,
    aku mau nambahin ya…, waktu aku gagal…,janinku tiba2 tdk berdenyut…, aku ngak berani terus terang sam drku…,kalu aku ada masalah waktu itu…., makanya dr.ku sempet bingung (dr.Loona maupun dr.Muharam) …dia sempet ngomong kok bisa terjadi
    pertama bagus tiba2 jantung berhenti.., Intinya kondisi psikis ibu itu jg faktor terbesarnya …,ya ini uk pelajarankulah … aku hrs lbh hati2 ,sabar dan pasrah atas kehendak Nya….

  75. Shanti

    @ Liana
    Bagaimana kabar OPU nya..? saya doakan berhasil ya.. Terimakasih byk ya atas dukungannya.. Oya, kebetulan proses BT (yg memakai suntik2 hormon) ada 2 cara, Short protocol & long protocol. Kalau short hny memakan waktu 2-3 minggu saja & sedikit memakai suntikan. Nah klo yg long, bs memakan wktu 1 smpai 1,5bln.. tiap org beda2 juga, tergantung dr Dr nya.. Iya, Dr. indra jg praktek di BIC.. tp krn satu dan lain hal, saya ditngani Dr. Irsal Yan ( krn katanya suster2nya lbh berpengalaman, he3..) & memakai long protocol.

    @ Ratih
    Maaf ya baru bs balas..
    Bagaimana kbr ratih skrg, apa sudah mens..? sdh smpai tahap mn BT nya..? Terimakasih byk ya atas info2nya, sangat membantu sekali. Boleh tny? jd ratih sudah berapa kali ikut BT? insem jg sdh ya.. Wah, hebat bgt perjuangan nya, tnp kenal lelah ya? bersemangat terus. Aku bnr2 salut.. Aku, wktu kmrin gagal aja, rasanya ga percayaaa bgt, sedih & merasa tuhan tidak adil.. Oya, aku jg dulu setelah minum Valtrex ( resep Dr.Karel) gak mens2 sampai 1,5 bln. Dicek ke Dr. karel pun ga hamil, katanya sama cm hormonal aja.. byk jg loh kisah2 teman2 lain yang mens nya telat krn minum obat virus itu.. tp setelah di resepin lg obat sm Dr. Karel slm 2 minggu, besoknya aku lgsg mens.
    Untuk ratih… aku doakan juga ya yg terbaik, smoga ratih cpt,lancar & berhasil proses BT nya.. untuk kejadian yg dlu ( baby mu kehilangan denyut).. aku yakin, dia akan mnjd “wildan” ( anak2 surga ) diatas sana..
    Terima kasih jg ya atas saran2nya ( jd bikin aku tmbah semangat deh..) Trims bgt!

  76. Shanti

    @ Ratih
    tambahan pertanyaan boleh ya.. Dr. loona itu praktek dmn ya? karna wktu itu aku tlp RSCM bagian akupuntur, ga ada yg namanya Dr. Loona.. Apa di klinik Yasmin nya..? maaf tp mgkin ratih tau jadwalnya..? Trims.

  77. ratih

    Dear Shanti,
    Untuk Dr.Loona , prakeknya di Klinik Yasmin hari selasa dan kamis jam 9.00-15.00,telp. 3298567 ex5019,thanks

  78. Shanti

    @ Ratih
    boeh tyn lagi y.. Baiknya akupuntur itu berapa lama sblm proses BT y..? trus harus kpn jg stop nya..? Trims!

  79. Liana

    Hi Shanti,
    pada saat saya datang tanggal 7 July, dokter cek katanya telurku masih kecil-kecil, trus dikasih obat lagi dgn dosis didouble.. dan diminta balik hari sabtunya tanggal 11 Juli.
    Pas tgl 11 Juli diperiksa dokter bilang ini ga bisa harus dibuat mens dulu nanti ulang lagi 1 siklus.
    Saya tanya apa telur nya masih kecil2 dok? Dia diam saja..
    Ternyata besok paginya saya langsung mens dan sampai hari ini masih banyak banget.. Mungkin krn dirangsang obat hormon sehingga telurnya banyak shg mens pun byk banget..
    Saya sedih juga harus ulang lagi dari awal.., sepertinya dokter salah prediksi sehingga telur2 nya terlanjur pecah duluan..Pas diperiksa malam itu dia sdh tau kalau aku bakal mens, cuma dia ga mau ngomong terus terang.
    Tadinya saya pikir mau pindah dokter.. tapi sayang juga karena sudah setengah jalan dan sdh habis banyak juga. Mungkin saya akan coba 1 kali lagi..
    Btw kenapa kamu ambil yang long protocol? Apa peluang berhasilnya lebih besar ya? Jadi sekarang shanti berobatnya di bunda atau gading pluit? Goodluck ya..

  80. Shanti

    @ Dear Liana..
    Saya turut sedih dengar pengalaman liana, semoga liana di kuatkan ya.. Tp ttp jgn patah semangat (maju terus, he3).. Sebenarnya ga papa kog mengulang 1 siklus lg, waktunya jg ga lama ( paling 2 mingguan )& obat2an nya jg ga semahal mengulang dr awal ( ketika pemberian2 obat2 virus )..
    Sekedar info yang saya dapat dr Dr. Irsal & Indra, mmg program BT secara alami ( hny dgn menggunakan obat2 ) kemungkinan telur pecah & tidak brkembang dgn baik ( seperti telur2 saya )mmg lbh tinggi.. tp bukan berarti jg terjadi pd tiap orang, krn byk jg ya yg berhasil dgn metode Dr. Karel.. Cm kebetulan, saya ( maaf ) jd agak ragu untuk mengulang BT lg di Dr. Karel, mgkin krn beliau kurang komunikatif ya.. apalg mgkin krn umur saya baru 27th & suami 28th, jd kadang kami merasa segan. Apalagi kebanyakan, Dr. Karel agak kurang menjawab pertanyaan2 kami.. mengenai long or short, saya juga kurang tau psti, apakah yg long lbh cpt berhasil, tp menurut info RS. gading pluit, kalo Dr. Indra ( kebetulan lulusan amerika) lbh cenderung memakai metode short protocol ( kata beliau, amerika basis BT nya memakai yg short ).. Nah kalau Dr. Irsal, cenderung memakai metode long.. Td nya saya jg bingung memutuskan dg Dr siapa, tp stlh byk mndapat info ( terutama dr suster2 dsana ) saya jd ke Dr. Irsal saja..
    untuk liana, saya doakan berhasil ya, utk proses selanjutnya, kita saling mendoakan. pokoknya jgn pnh patah semangat ya… Trims!

  81. liana

    Hi shanti thanks ya buat encouragement nya.. Iya saya mau coba 1 siklus lagi. Rencana sabtu ini mau ke dokter lagi. Btw saya ada baca katanya selama proses BT sebaiknya konsumsi telur 10 butir perhari putihnya aja. Untuk membuat sel telurnya bagus. Boleh juga dicoba. Mgk sy mau coba akupuntur juga di klinik beijing tong ren yang diinfo ros. Ok kita saling doakan ya.. Semoga berhasil πŸ™‚

  82. Shanti

    @ Liana
    Gmn nih rencana mencoba 1 siklus nya lagi..? mudah2an lancar ya.. Btw, konsumsi 10 butir telur tiap hari, apakah harus slalau telur rebus..? Oya, mohon info nya ya, kalau liana sudah mencoba akupuntur di klinik beijing tong ren.. Trims byk!

  83. liana

    Hi shanti,
    Iya saya lanjut 1 siklus lagi. Sabtu ini suruh balik lagi.Mengenai telur rebus paling bagus krn udah matang. Kalau 1/2matang takut malah ada virusnya.Sy belum jadi ke klinik tong ren sabtu kemaren.Ga tau juga nih kapan mau ksana. Nanti kalo jadi sy bagi infonya.Shanti prosesnya udah sampai mana? Good luck..

  84. RenaTa

    untuk mba ros selamat yah atas kehamilannya…

    untuk mba Liana..
    dari gagal BT yang pertama ke siklus yang kedua jaraknya berapa bulan mba..?
    aku kebetulan baru insem dan gagal dengan Dr.Karel, dan dia saranin setelah 2x haid baru kembali lagi untuk BT…
    thanks mba

    Renata

  85. Liana

    Hi Renata,
    saya malah belum insem atau BT sama sekali..
    Justru saya berasa kelamaan juga karena saya sdh ke dr karel dari tanggal 18 Apr. Awal juli kemaren dokter rencana sdh mau proses BT nya tapi saya keburu mens tanggal 12 Juli dan sampai skrg masih mens. Saya agak khawatir juga kok bisa selama ini haidnya.. biasa 5-6 hari sdh bersih. Tapi sabtu kemaren (setelah mens 7 hari dan masih banyak banget) saya ty dokter dia hanya blg itu perubahan hormon. Kadang bingung juga dgn dr karel karena dia jarang ngomong dan kalau ditanya juga dijawab singkat2.
    Btw renata dari datang I kali sd insem berapa lama? Ketahuan gagal di minggu keberapa? Saya mungkin mau langsung BT saja.
    Sukses ya..

  86. RenaTa

    Hallo mba liana…

    aku pertama dateng ke dr.karel sekitar bulan april kalo ga salah…juni 10 aku proses insem dan baru ketauan gagal setelah 10juli aku haid..
    dokter jg bingung kenapa aku haid..kalo setelah insem dan minum obat bisanya ga haid,
    yang aku seselin dari awal dokter udah anjurin untuk BT tapi aku mau coba insem dulu..
    biaya untuk insem dan BT klo sama dr.karel jg tidak terlalu jauh..

    sekarang aku tidak diaksih obat apa2…
    disuruh balik lagi klo udah siap BT ajah kata dokter..
    karena klo insem takut gagal lagi..

    iya yah mba dr.karel ngirit klo ngomong jadi kadang suka kurang informasi jg kita

    mba kapan BT nya? nunggu haid selesai bulan ini yah?
    sukses yah mba

  87. lala

    to : liana, renata, salam kenal ya, aku juga pasien dokter karel dari bulan april tgl 24-25 inseminasi, tgl 14 Juli keluar mens tapi setelah mens aku nga balik lagi ke dokter karel.
    setelah baca pengalaman renata, liana, loe-she dan satu lagi dinda belum ada kbr jadi apa nganya, koq bisa ya selama abis insem dr tgl 10 juni ke 10 juli baru dpt mens lg. maka itu aku juga jd bingung nih, koq lama banget ya keluar mensnya kalau pengalamanku insem di bunda, setelah mens dua minggu suruh tespek kalau keluar darah berarti gagal. rencana renata dan liana mo bayi tabung ya abis insem ini, rencananya kapan nih renata mo bayi tabungnya di dokter karel juga or bukan.

  88. Liana

    @Renata,
    iya sepertinya begitu.. proses BT setelah selesai haid ini.. Saya masih disuruh minum obat hormon terus ( progynova dan oradexon) 2x sehari. Sabtu ini kontrol dokter lagi..
    Sebaiknya kamu sekarang cari-cari informasi saja untuk BT ataupun coba cara lain. Teman saya ada 2 orang berhasil hamil (setelah kosong 1.5 tahunan dan usia juga tidak muda lagi) setelah minum royal jelly yg dijual secara MLM. Dia juga sudah ikut program ke dokter tapi ga berhasil.. Selama ini saya ga terlalu percaya karena yang satu emang jualan produk tsb, tapi setelah teman yang satu lagi berhasil saya pikir ga ada salahnya juga dicoba. Emang harganya rada mahal 350rb per botol kecil.Atau ada juga yang ke sinshe berhasil hamil dll.

    @Lala
    iya saya mau coba BT dengan dr karel, karena saya sudah setengah jalan. Sudah habis 5jutaan selama berobat 3 bulanan ini. Mudah2an saja diberi kepercayaan dari Tuhan melalui tangan dr karel.. Kamu rencana selanjutnya bgm?

  89. Shanti

    @ Liana
    Saya kemarin hari k-3 mens cm di cek hormon aja.. apa ada tanda2 pco gtu.. setelah itu hari k-5 cek HSG & baru suntik2.

    @ Lala
    Salam kenal..
    Maaf tny, knp lala ga balik lg ke Dr. Karel setelah gagal insem..?

  90. lala

    shanti,
    waktu itu kenapa nga balik setelah gagal insem, krn aku mo istirahat dulu aja krn biaya dan juga ktnya kl minum obat hormon terus2san takutnya ada efek samping, jd aku pikir istirahat dulu aja sembari dengan akupuntur mungkin abis lebaran aja disambung lg, tp sih penginnya lg istirahat begini ada mujizat tiba2 hamil amin.. oh shanti da program apa aja dengan dokter karel.

    liana,
    selama program dengan dokter karel mensnya sering telat ya, makanya aku suka bingung koq mensnya jadi lama, terus rencananya kamu mo BT di dokter karel ya? udah sampai tahap apa aja.

  91. Liana

    @Shanti,
    lebih bagus ya.. shanti, ada pakai cek hormon dan kadar HSG segala.. jadi treatmentnya disesuaikan dengan kondisi kita juga.. Kalau pakai program sederhana spt dr karel ga dicek-cek dulu. Mudah2an hasilnya semua baik ya..

    @lala,
    2 bulan lalu mens saya telat 5 hari dari biasanya tanggal 16 jadi tanggal 21. Bulan ini malah maju jadi tanggal 12. total saya mens 11 hari sp kemaren. Hari ini sdh lumayan bersih.
    Iya nih saya juga sudah terlalu lama minum obat hormon. Efek sampingnya apa ya? Btw lala akupuntur dimana?

  92. Liana

    @lala sorry kelewat pertanyaan kamu,
    iya saya mau coba dulu BT dgn dokter karel..
    Sekarang lagi proses menunggu sel telurnya berkembang.
    Sabtu besok saya cek ke dokter lagi.

  93. RenaTa

    @ liana
    mba liana aku kayanya emang belum dikasih ajah sama Tuhan mba..belum rejeki dan belum ada waktunya…
    soalnya sperma suami waktu mau insem itu ada 95juta…setelah di pilih ada 45juta yang bagus, bergerak cepat, bentuk sempurna,
    dan telur aku ada 17 yang sudah membesar semua…
    sampai aku udah kaya hamil 5 bulan deh perutnya besar banget..karena telurnya di kasih obat penyubur sama dr.karel biar membesar..

    sebelum insem saya dan suami minum madu super yang dari pramuka cibubur,
    suami tiap hari makan udang, toge, kerang plus brokoli biar ga kolestrol
    pokoknya semua dari makan sampe akupuntur udah saya jalanin semua mba liana..

    tapi memang Tuhan berkehendak lain…
    temen saya hanya punya telur 1 dan suami spermanya cuma 17jt bisa berhasil hamil dengan insem di dr.karel.

    kalau saya memang belum waktunya…

    sekarang saya belum balik lagi ke dokter karena dokter tidak saranin balik lagi..
    dokter juga bingung kenapa saya ga bisa hamil..
    malah dokter pikir saya kembar 3 lho..
    di tulis di buku saya klo saya bakalan kembar…

    jadi dokter tidak saranin untuk insem lagi ataupun ke dokter lagi
    kata dokter klo saya mau bayi tabung baru saya balik lagi ajah..
    klo engga yah ga usah balik..

    saya dan suami udah ga dikasih obat lagi sama dokter..
    saya tanya kenapa ..dokter bilang karena kami berdua ga ada masalah…

    o iya sejak minum obat nya saya jadi ada miom lho
    mungkin itu yang mba liana maksud yah…

    terakhir pas di cek ga hamil dokter kan USG trans V nya lama tuh ..
    eh malah ketemu miom..kecilll sekali sih..
    saya ga pernah ada kasus kena miom jadi saya pikir klo ini karena obat hormon yang saya minum selama 4 bulan ini…

    saya rencana ga ganti dokter mba..
    abis saya jg udah kesana sini..
    yang paling enak justru menurut saya dokter karel..
    ga matre…

    saya pergi ke dokter yuslam di family pluit cuma periksa ajah tanpa obat…biayanya 600rb..
    USG nya bayar 350 plus sewa alat 75rb..blum lagi biaya dokternya ..

    dan saya udah sreg ama dokter karel..suami jg ga mau pindah dokter..
    sama ajalah..

    klo dokter yang Di Atas belum ksih yah belum rejeki kita deh…

    mba liana nanti aku boleh tau ga perinciannya berapa sampai BT nya..mau nabung dulu nih mba,..

    kalau mba ross kan udah 6 bulan yang lalu tuh..pasti harganya udah berubah kan skrg.

    kabarin yah mba nanti

    untuk lala…sabar yah …nanti ada waktunya πŸ™‚

    untuk shanti jadinya ke dokter mana shan?
    kita saling mendoakan yah supaya apapun yang kita jalanin berhasil..
    amien…

  94. Dinda

    aku juga semalem sudah ke dr. karel lagi, setelah insem tanggal 24-25 juni. kemaren dr. karel usg, beliau cuma bilang, kalo ga jadi mau langsung BT aja? ya aku jawab iya, karna emang seharusnya pengennya BT (siklus bulan lalu cuma ada 1 sel telur makanya cancel BT). dr. karel ga bilang gagal or berhasil kemaren, katanya dia ga liat kantung, tapi katanya juga tiap orang beda2, ada yang dah keliatan ada yang belum. tapi aku dah pasrah seandainya ini gak berhasil, aku ikhlasin hasil akhirnya ke Allah. kalo M disuruh datang hari ke 2-3, dan kalo ga M disuruh datang 2 minggu lagi. ada yang bisa sharing berhasil insem bisa tau positifnya kapan di dr. karel?

  95. keke

    hi mba rosss..
    salam kenal ya, dan selamat u/ baby kembarnya^_^..aq mo tanya nih, seandainya kita minta lgsng BT k dr. karel bs gak ya? masalhnya 10bln yg lalu aq pernah hamil tp diluar kandungan jdi sal tuba ku yg ki udah di potong,tinggal tuba yg kanan,hiks sad bgt deh..trs kl dr. karel bisa komunikasi by phone gak ya? thx u

  96. RenaTa

    @ dinda…
    biasanya hari ke 30 setelah insem udah ketauan kok hamil atau engganya…
    aku waktu itu pas hari ke 29 ada keluar coklat kaya flek..tapi itu karena aku mau haid..
    dokter langsung blg positif aku ga hamil..

  97. Liana

    Dear Shanti,Renata,Lala & teman2,
    saya ga jadi BT lagi bulan ini karena kata dokter sel telurnya cuma satu yang besar jadi kemungkinan berhasilnya kecil.. Sayang katanya nanti buang2 biaya kalau gagal. Jadi dokter bilang nanti coba siklus selanjutnya. Datang lagi pada mens berikutnya hari ke 2-3. Ya udah deh saya ikut kata dokter aja karena dia pasti tau yang terbaik.. dan kalau udah rejeki kita pasti dikasih Tuhan bahkan dgn cara normal sekalipun. Mari kita terus berdoa dan berjuang teman-teman πŸ™‚

  98. Lana

    Hai, Ros, salam kenal jg semuanya.
    Selamet ya, kamu nyoba 1x BT langsung sukses. Aku jg kmrn berobat ke dr. karel ‘n sdh coba insem 1x tp gagal. skrg aku rehat dulu, sambil ngumpulin dana lg ‘n cari2 alternatif. Kalo aku balik ke dr. karel pasti langsung disuruh BT or insem lg, aku ga dulu deh sbb obat2-an yg dikasih jd bikin aku tambah gemuk, pdhl yg masalah kan di suamiku. sperma suamiku jelek, dari 100%, yg normal hanya 2%, sisanya abnormal, makanya dr. karel nyaranin aku BT di daerah kelapa gading kalo ga salah, n dia bilang biayanya 25jt. Apa yg dia saranin itu sama dgn yg kamu tulis di gdg.pluit n biaya 23 jt? kenapa aku ga disaranin yg 15jt itu ya? pls. advice nya dong, thanks a lot!
    -LANA-

  99. ida

    Dear All,
    salm kenal buat semua,n slmet bagi yg udah sukses hml ya. Aq jg pernah ikutan Bt disalah satu RS swanta diJKT tp blm berhsl, kasusku suami Azoo sedangkan rahimku semuanya baik2 aja, kl aq baca masalahnya ada pd suami seperti mbak ros hanya 15jt kok bs ya? mnrut pengalamnku suami PESA/TESA(difizzing 100rb sel)biya paket BT 55jt diluar periksa hormon pasutri jd total 60jt tuw, ada berhasil hml seperti jumlah sperma seperti suamiku? sharring dong..thaks ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *