Bayi tabung 15jt berhasil hamil kembar – sharing Ros

Hi ! salam kenal semuanya, saya mo sharing mengenai bayi tabung.

Saya sdh menikah 5th, ikut program bt di rs abdi waluyo dgn dr. karel sekitar bul nopโ€™08. Pengambilan sel telur tgl 05 janโ€™09, transfer embrio di tgl 8, selama proses dr nop hanya diksh obat minum dan hanya suntik sekali yaitu 2hr sebelum transf embrio. Tdnya sel telur ada 8, tp yg berhasil diambil hanya 2, dan skrg ini saya sdh hamil 3 bln (kembar).

Sebagai info total biaya dr nop s/d transfer embrio hanya 15jt, tp mgkn biaya tsb berbeda ms2 org tergantung masalahnya, masalah kami hanya krn sperma suami agak kurang, semoga info ini bs membantu teman2.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (42 votes, average: 3.21 out of 5)
Loading...

259 thoughts on “Bayi tabung 15jt berhasil hamil kembar – sharing Ros

  1. Imel

    Hai Ros…salam kenal..
    Selamat yaa…dah berhasil hamil..kembar lagi…semoga lancar terus sampe melahirkan…amiin..
    Amazing banget deh aku denger biaya bayi tabungnya cuma 15 juta. Berarti semua prosesnya alami banget ya..Saya Imel, menikah hampir 5 tahun, udah 2x bayi tabung dan gagal…hikss. Masalah kita kayaknya sama deh..aku masalahnya kualitas sperma kurang bagus, kalo kamu kurang apanya.. jumlah ato kualitas?

  2. clara

    hi ros, selamat ya. Senang sekali dpt kembar. Saya jg pasien dok karel & sdg program jg. Boleh tahu, dr nop ke jan, apa itu 1 cycle? Krn pengalaman saya sm dok karel periode mensnya jd panjang. Bisa 1 bln lebih tp doktrnya selalu bilang gak papa. Program saya blm jalan krn selalu mens ontime biarpun sdh di kasi obat. Ada kiat2 khusus gak ros? Bagi2 ilmu ya secara “suhu” kita sama. Trims, sehat selalu utk kehamilannya.

  3. tiara

    hai ros, sukses ya. aduh kho bisa ya 15 jt . saya jd semangat 45 deh ikut program bt he…he… kalo dr karel antrinya parah atau tdk. dulu sy pasien dr enud tp engga kuat ama antri. datang pagi baru msk ruang periksa magrib. sy sdh 10 thn nikah. dulu ada kista sbh kiri tp sdh operasi. yg sy nyesal sampai saat ini ternyata kistanya kecil artinya bisa hilang dgn terapi obat.hasil lab ternyata ada aca dan perekatan disebelah kanan trus sdh ada tindakan istilah umumnya ditiup dan hasilnya bagus.sperma suami ada masalah sedikit tapi kt dr tdk terlalu parah. sy dan suami rencananya mau ke surabaya u/ ikut tb. sekarang kami sdg mempersiapkan anggaran. tolong doa-kan kami.

  4. kiky

    Ros salam kenal ya, wahh selamat ya atas kehamilannya mudah2an sampai melahirkan nt ya, wahh cuma 15jt lg,ini bakal menghebohkan dunia persilatan nieh hehehe koq bisa? Obat yg dr.Karel kasih dr bln nov itu obat apa ya dan fungsinya apa? O ya kl tidak keberatan brp usia Ros wkt program thanks utk infonya ya n sekali lg congrats bu

  5. Evimortlock

    Hi Ross…
    Salam kenal ya..
    Selamat ya Ross.. kamu berhasil hamil..kembar lagi..
    aduuh gak kebayang deh senengnya hatimu.. aku juga ngebayangin kalau terjadi sama aku pasti seneng banget..
    Tolong jaga kendungannya ya.. jangan terlalu cape..
    Aku doain ya,, kehamilannya lancar2 saja sampe melahirkan aman dan selamat. Amin.
    Boleh tanya ga?,.. waktu pengambilan sperma suami waktu itu dokter dg cara apa?
    Terimakasih ya…

  6. lala

    salan kenal, selamat ya… Ros, sebentar lg akan jadi calon ibu, moga bisa dijaga calon bayinya, aduh murah banget sih BTnya, kalau boleh tahu rs dr waluyo itu daerah mana? aku jd kepengin dah, coba juga disana,
    seperti pertanyaan kiky kalau boleh tahu emang km umurnya berapa? masalahnya aku kadang2 takut terbentur umur yg hampir kepala 4. sekali lagi selamat ya…..

  7. retno

    Hai Ros..lam kenal..
    Selamat yah atas kehamilanmu..mana kembar lagi.Oh ya ini BT dng metode apa, dulu aku pernah BT dng cara ICSI tp lom berhasil. Sebelum program apa disuruh periksa macem2 gak(kayak torch, rubella, papsmear dll).
    Once again, big congrats yah..

  8. ros

    hi semua! tx buat doanya, sorry br bales, soalnya lg morning sickness, buat tiara , antrian di dr karel kdg cepat tp kdg parah khususnya hr sabtu,kebanyakan krn saat sebelum praktek, dr karel kdg selalu ada tindakan insem or bayi tabung, jd praktek yg seharusnya mulai jam 16.30 bisa mulai jam 18.00 or 19.00 (tergantung jumlah tindakan insem or bt hr tsb), u/retno, dr awal konsultasi tdk disuruh test torch, dll, tp kita akan diksh obat virus, jamur, dll

  9. ros

    nyambung lg ya, u/imel, jumlah sperma suami tdk menentu, kdg bisa 12jt, 7jt, pernah jg 5jt, yg bergerak cepat hanya 6% (pernah 0%), u/lala en kiky, umur saya 37th, suami 41th, obat yg diksh oleh dr karel, waktu di nop mens hr ke 2-3 yaitu : progynova, flagyl, spranox,valtrex ( buat istri tp ada jg yg buat suami jg) obat2 tsb adalah obat jamur, virus, dll, wkt mens di des di ksh progynova, lynoral, oradexon, valtrex, (obat hormon en buat sel telur, dll) suami diksh valtrex, surbex, trental, 1 mcm lg sorry lupa .2 hr sebelum proses pengambilan sel telur, tengah malam kita akan di suntik ( tp lupa nama obatnya)

  10. ros

    telp rs.abdi waluyo 3144989, praktek hr sel,kam,sab jam 16.30, tp kt hrs daftar dulu paginya di reseption. oh ya, awal saya ke dokter karel krn wkt itu ada teman yg sdh berhasil hamil dgn bt di dr karel setelah hmpr 10th menikah, mg kmrn sdh melahirkan, tp krn masalahnya di sperma suami dia yg tersumbat, jd proses pengambilan sel telur en transfer embrio dilakukan di rs gading pluit krn peralatan di abdi w krg lengkap u/operasi pengambilan sel telur, tp proses yg lain tetap di abdi w, biaya di gading pluit u/proses tsb 23jt, konsultasi dan obat2 di dr karel kira2 5-6jt, jd total biaya buat bt hmpr 30jt,krn masalah suami saya hanya jumlah sperma jd semua proses bisa dilakukan di abdi waluyo, dan total biaya 15jt (tepatnya 14,8 jt)

  11. ros

    buat imel en clara, sebaiknya sebelum proses pengambilan sel telur atau 2-3 mg sebelumnya, coba akupuntur 2x seminggu ( tp krn saya krg suka jarum jd hanya refleksi aja 2x seminggu en minta dilamain di titik rahim), dan makan tim ayam obat buat angetin rahim ( org chinese blgnya ciak po), u/tim ayam obat cukup 1x seminggu aja, jgn lebih soalnya panas en bab jd susah, saya tidak tahu apakah itu membantu keberhasilan secara lsg atau tdk, hanya kebetulan teman yg sy ceritakan jg menjalanin refleksi en mkn tim ayam obat, biarpun rahim kita tdk bermasalah tp tdk ada salahnya kita kuatin lg, suami sy akupuntur 1x seminggu dan minum obat sinshe selama 2 mg lbh
    * clara, saya br sekali ini ikut program bt, insem jg blm pernah, tp sempat di tawarin oleh dr karel dicoba insem dulu, tp kita tetap mau lsg bt krn insem peluangnya blh kecil

  12. iin

    ros… berarti masalahnya cuma di suami ya ? klo ros sendiri ga ada masalah ? soalnya iin sih kt dokter ada penyumbatan sel telu yg kanan, jd ni lg pikir2 mo bayi tabung… thanx ya ros

  13. ros

    * iin, di saya memang tdk ada masalah, hanya di suami yg sperma krg byk, dan biasanya kalau masalah hanya di sperma yg krg itu lbh mudah, krn menurut dokter wkt proses bt jumlah sperma yg dibthkan tdk byk, tapi biarpun di saya tdk ada masalah tp mengingat umur jg udh ngk muda jd saya coba refleksi en mkn tim ayam obat biar rahim lbh kuat
    semoga berhasil ya iin kalau jd ikut bt, byk berdoa.

  14. Kiki

    Hallo mbak Ros..
    Aku Kiki..senang rasanya nemu blog ini, awalnya aku merasa kayak orang sendirian ngalamin ini.
    Suamiku didiagnosa azoospermia, dimana tidak ada sperma yang keluar ketika ejakulasi, setelah pemeriksaan lebih lanjut, ternyata ada vericocele, yaitu varises pada pembuluh vena di skrotum, sehingga skrotum tersebut selalu berhawa panas dan tidak ada sperma yang tahan.
    Dokter menyarankan untuk operasi bedah memotong varises, tapi suami saya tidak mau operasi.
    Kami terpikir untuk melakukan bayi tabung.
    Mbak Ros, suami Mbak Ros masalah sperma nya kenapa? hanya sedikit atau tidak ada sama sekali?
    Pernah dengar orang berhasil BT dengan suami azoorspermia?

    Terima kasih banyak ya mbak, GBU

  15. olip

    hi jeng Ros…salam kenal ya wah murah bgt biayanya…
    eh jeng … brati telornya matang sec alami ya?? padahal setauku tiap wanita menghasilkan telor matang 1/siklus…krn kl pake obat tuk mematangkan (gonal F) pasti mahal….

  16. ros

    buat kiki, suami saya ada sperma, hanya jumlahnya tdk stabil, kdg 5jt, 7jt, pernah jg 12jt lbh saat msh minum obat dokter dan sinshe.
    saya punya teman yg jg pasien dr karel,sdh melahirkan, suaminya spermanya mampet, jd saat pengambilan sel telur sekalian operasi pengambilan sperma di rs gdg pluit (ada kerjasama antara rs abdi w & gdg pluit krn di abdi w tdk lengkap/tdk ada u/operasi pengambilan sperma). paket di gdg pluit hanya u/pengambilan sel telur & transf embrio sebesar 23jt (u/biaya operasi sperma saya krg tahu), tetapi konsultasi dan dll tetap dgn dr karel, 2mg sebelum proses bt, suaminya makan udang rebus 2x seminggu (udang agak besar), katanya buat menambah jumlah sperma.
    saya tdk tahu apakah kasus suaminya mirip dgn suami kiki, semoga info ini bisa membantu.

  17. ros

    hallo olip, sebenarnya obat yg di ksh dr karel memang buat menambah sel telur, hanya bukan berupa suntikan , tapi obat yg dikomsumsi,dan biasanya obat yg diresepin tdk mahal.

  18. tiwi

    Selamat ya ros atas kehamilan bayi kembarnya …
    Pemeriksaan awal apa saja yang dilakukan oleh dr karel sblm memutuskan untuk inseminasi atau bt? Apabila seblmya sy pernah melakukan HSG, test hormon, analisa sperma, dll di dokter terdahulu, apakah hasil tsb bisa dijadikan referensi oleh dr karel?
    Thanks ya ros atas info dan sharingnya ….

  19. Ayu

    Hi ros
    Surprise bgt deh dengar beritanya. Waktu aku cek dimana2..BT itu butuh biaya paling tidak 50 jt. Kok kamu bisa 15 jt. Duh jadi semangat deh.
    Kamu pake longcycle or natural cycle ros? Obat2an yg dikasih disuntik or diminum? Trus sebelumnya adapemeriksaan hormon dll ga? 15 juta itu obat plus tindakan BTnya, apa dimulai dari pemeriksaan dllnya?
    Anyway..Selamat ya ros..Smoga bayinya tumbuh sehat nantinya..

    Cheers
    Ayu

  20. ros

    hi tiwi, tx buat doanya.
    awal konsul ke dr karel saat mens hr 2 nov, sy memang membawa hsl analisa sperma suami, hsl hsg (berlaku 6bln ), hsl analisa hormon berdua, krn blm sempat cek darah u/toxo dll jd ditanyin ke dokter, tp dijawab tdk perlu krn akan diksh obat virus, jamur, dll u/berdua. dr karel hy melakukan pemeriksaan biasa, krg lbh 3mg berturut2 blk kesana kdg diksh obat yg sama, kdg beda, wkt mens bul des, mulai diksh obat hormon/kb, dll, dr karel tdk byk bicara, jd terpaksa harus kita yg aktif bertanya.

  21. ros

    buat tiwi, tx doanya.
    sebenarnya wkt awal mar’08 saya hampir ikut program bt di rs family, tp tdk jd krn msh ragu, dan wkt bul okt kebetulan dpt info dr teman , yg sdh ikut program bt di abdi w dan alasan dia memilih disana krn tdk ada suntikan hormon setiap hr, pengambilan darah yg sering, dll, kebetulan kita berdua sama2 takut jarum suntikan jg takut efek samping suntikan hormon, jd saya lgs putusin mau coba di abdi waluyo. biaya pengambilan sel telur Rp. 6jt, transf embrio 3,4jt (hrg tsb wkt jan’09) u/obat2 selama konsul nov’08 s/d 8 jan’09 (transf embrio) sekitar 5-6 jt, hanya 1x suntikan yaitu 2hr sebelum pengambilan sel telur.
    sebelum pengambilan sel telur, ada pemeriksaan darah & ferti test (test kesuburan).

  22. Devina

    Hai Ros…
    Selamat ya…
    sory, i mau tanya nih..? RS Dr Waluyo ditu dimana? maksudnya di kota mana ya..?
    i ngak begitu baca tulisanya teman-2 sih…
    i sendiri di yogya, Rencana juga akan BT sih…
    tapi masih mau cari waktu yang tepat..anyway..selamat ya..n thanks..

  23. kiky

    Hi Ros, apa kabar? bgmnana kehamilannya sekarang Ros? mudah2an sehat2 aja yaa. Ros aku mau tanya kalo menurut kamu aku yg dgn segudang permasalahan begini, apa bisa BT dgn Dr.Karel dan hanya 15jt itu, suamiku spermanya sedikit n aku sendiri udh nga punya tuba hiks… apakah bt sm dokter karel utk kasus2 yg ringan aja shg nga diperlukan banyak suntikan2 n obat2 lain, gmn menurut Ros? thanks ya n sekali lg selamat yaa

  24. ros

    hi devina, tx u/doanya
    rs abdi waluyo ada di jkt, telp : 021-3144989, dekat dengan rs bunda menteng. Kalau nanti devina mau ke jkt, sebaiknya saat mens , good luck ya

  25. ros

    hallo, kiki, kbr saya biasa aja, msh bete krn sdh 13mg tp msh mual muntah.
    suami kiki jumlah sperma berapa ? wkt itu pernah dikasih tahu dokter karel kalo 3jt ke bwh biasanya pengambilan sel telur & transf embrio tdk bisa di abdi waluyo,akan direferensikan ke rs gading pluit, berarti biayanya pasti lbh mahal, mengenai ngk punya tuba, saya krg tahu, nanti kalau ke dokter lagi coba saya tanyain ya

  26. veronica

    Hii..Ros, waah senang sekali ya bisa berhasil dengan biaya yang begitu hematnya..mau nanya nih, kalau obat hormon hanya minum berarti hanya dapat telor sedikit ya saat OPU ?
    tapi lumayan juga ya tidak ada suntikan obat hormon….

  27. retno

    Halo Ros..
    Mau tanya nih, kamu tes bhcg-nya brp ya, soalnya aku lg banding2in tes bhcg temen2 yg dah hamil. Kira2 kalo`kembar brp yah..

  28. rara

    hi ros
    Selamat ya atas kehamilannya. Masalah saya sepertinya sama, sperma suami saya hanya 1,5 jt. Kira2 masih bisa ga ya BT di Abdi Waluyo. Disana pembuahannya dengan cara ICSI atau biasa ya?

    Makasih sebelumnya ya ros.

    Salam kenal
    rara

  29. uti

    Saat pematangan sel telur,ada berapa dik ros sel telur yg keluar??
    sptnya klu sel telur yg keluar cma 2 or 3 tak boleh BT ya?
    Kenapa abdi waluyo murah?apa tiap periksa mesti dipasang cocor bebek atau bsa dg kamera pake selang kecil masuk k vagina?
    Bleh tau apa kira2 ada data keberhasilan (presentase) dr dokter karel??spt dr.selva d malaka ada kira 60%-70% pasien nya berhasil…..sukses ya,semoga selamat sampai melahirkan,amien………..

  30. ros

    u/veronika
    saya krg tahu apakah dgn obat hormon dpt telur lbh sedikit dibanding dgn suntikan hormon, jumlah telur saya wkt pemeriksaan ada 8, dan menurut dokter karel jumlah 8 & 9 plg bagus, krn kalau diatas 10 biasanya krg bgs krn bentuk telur jd lbh kecil.
    waktu pengambilan sel telur, dr 8 telur yg berhasil diambil hanya 2 , sisanya ada yg pecah or kosong.

  31. ros

    hi retno.
    saya tidak cek bhcg / darah, 2 mg setelah transfer embrio, pagi sebelum ke dokter, saya test sendiri dgn 2 alat test yg berbeda, hasilnya positif, jd waktu sore ketemu dokter, ditest urine lg dan hasilnya positif, 2mg kemudian, balik ke dokter, dan dr pemeriksaan usg ada terlihat 2 detak jantung.

  32. cici

    Hai Ros…
    Selamat ya udah berhasil hamil, moga sukses sampe melahirkan.
    Saya cici, menikah 4 thn, umur 33, suami 40,tinggal di Kalimantan. udah 3x insem tp gagal,sekarang lagi istirahat progrm. Dokter menganjurkan setelah ini untuk test ASA (antibody anti sperma) saya dan suami. Ada yg bisa kasih info tentang test ASA? Kami mesti ke Jkt atau Sby untuk melakukannya, ada yang tau dmn dan brp biayanya gak? Tq

  33. vitri

    hi ros.. selamat ya kehamilannya.. wah menarik banget ya, bt nya murah. Jd pengen nyoba klo2 insem aku yg pertama ini gagal. Dulu aku sama skali gak kebayang deh BT sampe 50 jtan. Klo 15 jt mgkn gak terlalu berat. Trims ya infonya… dijaga ya kehamilannya =)

  34. vitri

    hi ros..
    selamat ya kehamilannya.. wah menarik banget ya, bt nya murah. Jd pengen nyoba klo2 insem aku yg pertama ini gagal. Dulu aku sama skali gak kebayang deh BT sampe 50 jtan. Klo 15 jt mgkn gak terlalu berat. Trims ya infonya… dijaga ya kehamilannya =)

  35. ros

    to : rara, tx buat doanya.
    sorry br dibales, maklum msh mual muntah jd ngk tiap hr buka internet, mengenai jumlah sperma suami rara yg 1,5jt, waktu awal program bt pernah di ksh tahu dokter karel kalau dibwh 3jt, proses pengambilan sel telur dan transf embrio tdk bisa dilakukan di abdi waluyo, tp akan direferensikan ke rs gading pluit, otomatis biaya bt bisa mencapai kira2 30jt.
    waktu saya program bt pakai cara biasa bukan icsi, mengenai apakah ada pembuahan cara icsi di abdi waluyo, saya kurang tahu, nanti kalau ketemu dokter coba saya tanyakan.

  36. ros

    to uti, tx buat doanya.
    waktu pematangan sel telur ada 8 telur, tapi waktu pengambilan yg berhasil hanya 2, sisanya ada yg pecah or kosong , tadinya sempat khawatir kalau dimasukin hanya 2 peluangnya lbh kecil, tapi ternyata berhasil dua2nya.
    pemeriksaan selama konsultasi seperti pemeriksaan umumnya, biaya jauh lbh murah krn hanya pakai obat minum ( suntikan hy sekali) & tdk cek darah, sedang di tempat lain memakai obat suntik hormon (mahal) & rutin cek darah, masing2 ada plus minusnya, di abdi waluyo , peralatan & prosedur lbh standart tp hrg murah, sedang tempat lain lbh mahal tp lbh lengkap dan lebih detail u/prosedur dan pemeriksaannya.
    untuk tingkat keberhasilan di dr karel, saya krg tahu, waktu memutuskan program bt disana, krn ada referensi teman yg sdh berhasil , dan terutama tdk ada suntik hormon.

  37. ros

    u/tiara
    waktu 2mg lalu saya ke dokter, sempat ngobrol dgn pasien yg saudaranya sdg menunggu hasil bt , biaya yg dikeluarkan saat pengambilan sel telur & transf embio sekitar 12jt (bt bul feb’09), sdgkan wkt saya di bul jan 9,4jt, berarti kemungkinan ada kenaikan harga

  38. ros

    u/ teman2, saya mau tambahkan info proses bt di abdi waluyo, saat pengambilan sel telur, kita akan dibius jd tdk berasa sakit, prosesnya sendiri tdk sampai 30 menit, setelah proses selesai, baru suami diminta keluarkan sperma.
    besoknya, kita akan dikabarin apakah terjadi pembuahan, jika tdk terjadi maka suami harus diambil ulang spermanya lg, hari ke 4 dr proses pengambilan sel telur akan dilakukan transfer embrio ( setelah terjadi pembelahan s/d 8 sel dan akan dipilih yg benar2 bagus ( waktu di saya, sempat deg2an juga menunggu hasil pembelahan, krn hy ada 2 telur jd berharap sekali dua2nya bagus pembelahannya).
    saat transfer embrio, kita tdk dibius lagi, hanya berasa agak krg nyaman krn ada semacam selang yg dimasukkin ke vagina , prosesnya sendiri tdk lama, kira2 20-30 mnt, usahakan rilex dan tdk tegang jadi proses transf embrio lbh gampang ( waktu itu saya berdoa terus biar tidak tegang dan ternyata kata dokter karel , proses saya gampang dan cepat).
    setelah selesai, kita tdk boleh bergerak selama 3jam ( waktu itu saya tdk berani bergerak padahal bokong pegal sekali). kadang ada pasien yg dianjurkan menginap di rs semalam, tapi kalau kita mau pulang boleh saja ( saya lsg pulang setelah 3jam tp di mbl usahakan posisi tidur dan mobil jalan pelan2 ).
    usahakan tdk lewat tangga, jgn jongkok, dan terutama jgn ngeden ( biasanya setelah bt , bab agak susah )
    setelah bt , tidur boleh posisi apa saja, tp krn saya agak khawatir jd waktu hbs bt, tidur telentang, benar2 tdk nyaman.
    moga2 info ini bisa membantu teman2

  39. ros

    to cici, tx ya buat doanya.
    saya krg tahu u/proses ASA ada dimana saja, tapi di semua rs yg ada program bt seharusnya ada.
    Moga2 teman2 yg punya info bisa membantu cici

  40. Saraswati

    salam kenal semua…bisa minta info dg dokter siapa saya harus konsultasi soal BT?saya tinggal di Malang.Pengennya sich g usah sampe ke surabaya(kalo bisa).No hp saya:081333676787,thx a lot kalo ada yang berkenan komunikasi dan share dengan saya langsung via no tsb.

  41. lala

    Halo… ros, gimana calon bayinya sehat2 aja kan? moga ibupun sehat yah?.
    ros,.. aku benar2 tertarik nih untuk BT di abdi waluyo, tapi ros aku pernah HSG katanya sih saluran tuba kiri ku tersumbat dan umurku sudah 38, apa bisa dengan masalah seperti itu biaya 15 juta, secara aku pernah inseminasi gagal.
    Aku benar2 pingin coba BT di abdi waluyo, mengingat biaya itu bikin aku pingin cepat2 kesana.

  42. dekcil

    Hai Ros,
    Salam kenal, selamat ya… aku jadi tertarik niy, aku dah 2x insem dah gagal. Pertama sama dr. Enud yang kedua sama Prof. Marsis. Kalo boleh tau sebelum2nya ditangani dokter siapa? apa baru dengan dr. Karel saja?
    Utk cici, test asa bisa ke RS Budhi Jaya di jl. dr. Saharjo dg dr. Indra, kebetulan ASA aku tinggi dan sudah terapi PLI 3x (satu kali suntuk PLI sekitar 850rb), dan suami dikasih obat untuk bagusin sperm.

  43. Cut Ria

    Selamat ya kepada ibu-ibu yang telah berhasil hamil. Aku turut seneng lho. Masalahnya, ada anggota keluarga saya yang masih belum hamil.

    Bagi yang sudah hamil, gimana nih cerita2 dengan anaknya? Bagi-bagi doonk..

  44. ros

    hi lala, tx, si kembar sehat, ibunya yg masih mabuk /mual en muntah.
    lala, saya sempat ngobrol dgn pasien lain, hsl hsg dia jg ada penyumbatan di salah satu tuba, dan dianjurkan dokter di rs family untuk dioperasi & ikut bt, dia sdh konsul ke dr karel & rencanakan akan disemprot dulu.
    saya sempat menanyakan ke dokter mengenai kalau kedua tuba tdk ada apa msh bisa bt ( pertanyaan dr kiki), dokter blg bisa saja krn memang kasus seperti itu pilihannya hanya bt.
    mengenai biaya apakah msh bs 15jt, saya krg tahu, saya sempat ngobrol dgn pasien yg jg pernah proses bt di jan (tp gagal)& skrg mau mencoba lg, biaya yg dia keluarkan waktu mirip dgn saya,dan ada teman yg ikut bt bul feb , tp biaya lbh mahal ( kira2 18jt).

  45. ros

    to dekcil, tx ya. moga2 kalau jd ikut bt berhasil.
    sebenarnya selama bbrp thn ini sejak tahu sperma suami agak kurang & yg bergerak cepat hampir tdk ada , kami memang fokus pengobatan di dokter androlog & sinshe, tapi tdk berhasil membuat jumlah sperma jd normal 20jt, hanya ada sedikit peningkatan di jumlah & pergerakan cepat ( dan biaya yg sdh dikeluarkan lbh dr 30jt).
    setelah hampir 2thn lbh, krn capek berobat terus , kami coba konsul ke rs family dgn membawa hasil test suami, waktu itu dgn dokter johnny herman), tadinya mau coba insem tp menurut dokter dgn hasil test sperma suami yg krg bgs, pilihannya hanya bt. kami sempat dirujuk ke team bt & sempat konsul 2x & test hormon, tp krn msh ragu2 untuk program bt, kami putuskan ditunda dulu.
    krn sdh ada teman yg berhasil di dr karel, makanya kami lgs konsultasi ke dr karel, dianjurkan u/insem tp kami memilih lgs bt.

  46. ros

    buat teman2 yg ada menanyakan tingkat keberhasilan insem & bt di dr karel, saya krg tahu, ada teman yg berhasil, tp beberapa teman dr teman saya tdk berhasil , saat menunggu dokter datang, saya sempat mengobrol dgn pasien lain, ada yg direferensikan dr saudara or teman yg sdh berhasil insem or bt, ada yg sdh coba insem, bt tp gagal & sedang mencoba lg (biasanya dokter karel menganjurkan insem dulu, kalau gagal br bt), ada jg yg dulu sdh berhasil walau dgn i embrio, & skrg mau mencoba lg untuk anak ke 2.

  47. ros

    to cici.
    saya krg tahu apa bisa milih tdk di bius, tapi rasanya di rs abdi waluyo itu keharusan, mungkin biar tdk sakit dan kita tdk banyak bergerak krn proses pengambilan sel telur prosesnya hati2 sekali biar telur tdk pecah waktu di ambil.

  48. cici

    to Ros.
    Syukurlah kalo emang di haruskan di bius d soalnya ngebayangin sakitnya, khan pas OPU ngambilnya jauh, gak seperti insem at ET.
    ros kemaren dapat telurnya berapa n ada yang di frozen gak? brp biaya frozennya?

  49. ros

    deasr cici,
    jgn khawatir ci, begitu kita bangun, tdk berasa sakit sama sekali, malah saya begitu bangun sempat ketiduran lagi krn efek obatnya.
    waktu kemarin , yg berhasil di ambil hanya 2 , yg 6 gagal mgkn krn pecah or kosong.
    di rs abdi waluyo tdk ada fasilitas frozen, fasilitas di abdi waluyo memang agak terbatas.

  50. ros

    to saraswati,
    sorry saya tdk punya info dokter yg kompeten bt di malang, moga2 teman2 yg lain bisa membantu ya.
    di luar kota yg saya tahu bagus hanya dr aucky di surabaya .
    banyak pasien dokter karel yg dr luar kota juga, ada yg dr jogja, medan, dll

  51. cici

    To Ros.
    kayaknya Ros emang beruntung banget ya, sekali coba BT langsung berhasil,murah pula.
    Oh ya btw umur Ros brp, ktny faktor umur jg yg bikin angka keberhasilan jd tinggi ya.

  52. ros

    to cici,
    rasanya kita berdua lg bareng buka internet ya.
    umur saya 37thn sdh tdk muda lg, memang benar semakin muda tingkat keberhasilan lbh tinggi, tapi teman saya yg umur 39 jg berhasil kok ikut bt, yg penting sewaktu ikut program percaya penuh sama dokternya, byk berdoa,relax, coba refleksi or akupuntur (berdua dgn suami) & setelah transfer embrio byk istirahat dan byk berdoa.
    sehabis transfer embrio, saya istirahat total di rumah, terutama 1 bln pertama sampai ketahuan ada detak jantung baby ( karena biarpun 2 mg pertama sdh positif hamil, tapi belum benar2 yakin sampai kita tahu apakah ada detak jantung ).
    sehari2 hanya baca buku, internet, nonton tv sampai benar2 bosan, tapi tetap berusaha tdk stres, berpikir positif, dan pasrah apapun hasilnya.
    sampai usia kandungan 2,5 bln baru saya berani keluar rumah, itupun krg enjoy krn mual muntah lg parah2nya.

  53. Asih

    To ros,
    Selamat ya, tadinya aku dah hopeless, aku udah laparaskopy 2x karena ada kista endometriosis dan adenomiosis, udah gitu setiap kali haid aku harus merasakan sakit yang tak tertahankan n muntah selama 2 hari walaupun sudah dilaparaskopi tp tidak ada perubahan sama sekali, suntik tapros 3x, suntik endometril 3x, hidrotubasi 2x, insem 2x tp belum berhasil jg, ihik2x……tp setelah denger cerita kamu aku jd semangat mo berobat lagi, cause cm 1 yg belom aku coba yaitu bayi tabung, tadinya mikir mahal banget, tp kamu aja bisa murah, aku jadi semangat mo coba, terakhir insem obginnya bilang kl aku ga hamil juga aku harus di histerektomy/rahim diangkat, makanya aju vacum ke dokter 2 th, wish me luck

  54. SHANTI

    hi mba ros, selamat ya atas kehadiran calon bayinya…
    saya shanti, umur saya 28 tahun dan sudah 3 tahun menikah dan suami dengan umur yang sama, 28 tahun. Dari 5 bln setelah menikah, saya sudah mengecek ke dr kandungan, dan dinyatakan tidak ada masalah yang berarti. Namun sama seperti pengalaman mba ros, suami saya memiliki sperma yang kurang, pernah 5 jt, dan juga 7 jt. Saya sudah pernah ikut pelatihan mengenai BT di klinik Yasmin RSCM dengan dr Budi Wiweko, tapi disitu penjelasan suami dengan sperma yang kurang harus dengan ICSI dan saya diharuskan suntik hormon dengan total biaya 30-35jt. Membaca kisah mba ros,saya tertarik sekali ingin menemui dan berkonsultasi dengan dr Karel, mudah mudahan bisa sesukses dan seberuntung mba ros dengan biaya yang juga fantastic murahnya,amin. Karena itu mohon info tentang suka dukanya berkonsultasi dengan dr Karel.
    terima kasih
    shanti

  55. ros

    to asih
    tx buat doanya, semoga asih nanti berhasil juga ya, kalau memang sdh pernah menjalani insem tdk berhasil, lbh baik lsg bt aja, tp biasanya dr karel pasti menyarankan insem dulu krn lbh murah.

    to shanti
    tx buat doanya, kasus kita memang mirip ya, ada baiknya nanti dibantu dgn terapi akupuntur u/berdua ) suami saya krg lbh 3 mg sebelum embrio transfer memang minum obat sinshe & akupuntur & diksh juga obat tanduk rusa (u/menambah jumlah sperma) , di klinik beijing tong ren tang dgn dr tang ) cuma terus terang biaya terapi disana selama 3 mg itu menghabiskan biaya 5jt .
    sedikit info, dulu setahun sebelum ikut bt, suami memang pernah berobat & minum tanduk rusa, hsl sperma bisa mencapai 33 jt , tp hasil tersebut tdk permanen, hy bertahan selama 1 bln lbh, dan harganya memang mahal , kalau tdk salah yg kualitas 1 sekitar 2,8 jt u/diminum kira2 3 mg),
    * mengenai dokter karel, beliau tdk matre, dan biasanya obat yg diksh tdk mahal, tapi beliau krg komunikatif, jd harus kita yg aktif bertanya, itupun kdg tdk semua dijawab. yg agak merepotkan memang kalau kita mau dapat no lbh awal, pagi2 sdh harus daftar dulu disana, sore wkt jam praktek daftar ulang di bag pendaftaran, krn dokter karel srg ada tindakan insem & bt , kdg2 jam praktek bisa telat 1-2 jam.
    biasanya kalau kita sdh konsul dan sdh dekat dgn tindakan insem or bt atau sdh berhasil hamil, beliau akan memulis di buku kita ” didahulukan no.1 ,2 atau 3, jd kita tdk perlu daftar pagi hari, tinggal sore daftar , dan buku diksh lht ke suster yg bertugas jd bs diatur lbh cepat masuk .
    oh ya, ada baiknya shanti baca kembali pertanyaan dr teman2 & jawabannya, mungkin ada info yg bisa membantu.
    semoga berhasil ya

  56. liana

    Ros selamat ya atas kehamilan kamu. Sangat semangat baca sharing kamu,jadi pengen nyoba. Kasusku sama dgn kamu sperma suami 8-10jt dan gerak cepat hampir tidak ada tapi gerak lambat masih ada.Apa bisa BT dg kondisi ini? Btw pada saat daftar pagi hari itu kita harus datang atau bisa via telp? Trus sore hrs daftar ulang lagi ya? Berapa biaya konsulnya? Thanks ya infonya.Semoga kamu dan bayimu sehat selalu ya.GBU..

  57. ijul

    selamat yach mbak ros uh yach sekarang uda berapa bulan nich mudah2an diberi kesehatan sampek melahirkan, kembar aduch pengen banget yach… aku udah 5 tahun nih menikah belum hamil juga. doakan aku segera hamil yach

  58. ros

    hi liana, tx ya buat doanya, semoga kamu juga cepat nyusul ya. GBU
    kondisi suami kamu sama ya dengan suami saya, memang dgn kondisi tsb pilihannya hanya bt, kalau normal bukannya tdk bisa, tp kita tdk tahu sampai kapan harus menunggu sedangkan umur jln terua.
    ada baiknya sebulan sebelumnya suami dibantu dgn terapi akupuntur, suami saya 3mg sebelum bt konsul ke sinshe & minum obat godok, diksh akupuntur + di telinga. akupuntur bs dimana saja, kalau suami saya terapinya di klinik beijing tong ren tang di jl hos cokroaminoto no.73-75 menteng (pertengahan antara rs bunda & rs abdi waluyo) telp : 021-3919088, dgn dokter tang bao ru, beliau ahli dlm masalah kesuburan, tp terus terang agak mahal ( mungkin liana bisa baca jawaban buat shanti u/lbh jelas).
    ada baiknya liana sendiri jg akupuntur or refleksi + minum tim ayam obat seminggu sekali, biarpun di kita tdk ada masalah tp lbh baik rahim jg dikuatin lg.
    mengenai daftar di rs abdi waluyo, pagi hrs datang daftar (bs srh siapa saja, tdk hrs kita yg dtg), sore wkt kita konsul confirm lg di reseption.

  59. ros

    hi ijul, tx buat doanya.
    mg ini usia kandungan saya sdh msk 4 bln, moga2 ijul cepat nyusul saya dan jg dikasih kembar ya.

  60. ariella

    selamt yah mba ros…. mbak aku boleh minta no telpon mba atau alamat email mba….. rasanya aku mo coba BT karna mgkn mslh saya sama dg mba ros

  61. liana

    Hi Ros thanks ya untuk penjelasannya yang lengkap ๐Ÿ™‚ Saat ini suami saya lagi berobat dgn dr nukman muluk di guntur.terakhir dr minta test hormon dan good news nya hormon suami ga ada masalah hanya dia ada verikole ringan. Kata dokternya masih bisa diobati.Aku belum mens lagi,biasa sktr tgl 20. Apa menurut kamu aku ke dokter karel nanti setelah mens (biasa hari ke 3 ya?) atau tunggu hasil berobat suami ya ros? Dokter nukman baru kasih obat buat 1 bulan lagi sebelum nanti test sperma lagi.Sebelumnya saya juga ada minum pay fung yen juga utk bantu krn byk teman yg berhasil krn minum obat itu. Tapi mgk suaminya ga masalah ya:)Btw kalau kamu ga keberatan tolong add aku di ym kamu ya..mariaerliana@yahoo.com. Thanks..Gbu..

  62. ros

    to liana,
    sorry br bs dibalas skrg, sdh 2mg tgn agak sakit dan agak bengkak di telapak tgn jd mgkn sementara tdk bs srg buka internet.
    oh ya, wkt itu liana ada tanya biaya konsul di abdi waluyo, sorry saya lupa sebutin, biaya konsul Rp. 150rb.
    suami saya dulu jg sempat berobat selama setahun di dr nukman moeluk ( biaya selama konsul+obat,cek lab krg lbh 15jt), memang ada sedikit perubahan di jumlah sperma,tp u/gerak cepatnya tdk ada perubahan.
    masalah sperma yg krg memang tdk akan bisa diobati sampai normal, jd altenatifnya tetap bt.
    menurut saya sih, lbh baik lsg konsul u/bt or insem saja, tp terserah liana, u/konsul ke dokter lbh baik mens hr ke 2 s/d 4 .
    saya jg sempat minum pai fung yen selama setahun.

    sorry juga blm bs e-mail ( u/ariella juga), e-mail sy sdh tdk aktif krn kelamaan tdk digunakan, nanti kalau sudah buka yg baru pasti saya e-mail

  63. Hana

    Pai Fung Yen tuh obat Cina, biasanya diminum setelah mens seminggu dan seminggu sebelum mens. Itu sih kata orang tua jaman dulu untuk bikin subur rahim katanya. Bentuknya di kaleng kecil warna hijau dan kuning, bentuk obatnya bulat direbus dengan air, setelah cair dan diminum hangat. Bisa juga dicampur sama soup. Belinya di toko obat (di pasar baru juga ada, dekat atom dekat yang jual alat2 salon) Aku pernah coba dan sekarang kelupaan mulu kalo mo minum.

  64. retno

    Hana…elo pernah beli pai fung yen di ps baru ya brp harganya bu..ntar gw mo nyobain ah..!

  65. ros

    info tambahan mengenai pai fung yen buat teman2
    sebenarnya pai fung yen sendiri byk macam, dulu saya minum 2 macam :
    – yg satu lbh murah (china), namanya wu chi pai feng
    wan, dusnya wrn hijau gambar ayam, isinya kalau tdk
    slh 10 dus kcl, minumnya gampang krn pilnya kecil2,
    sehari 2x @ 1 dus kcl, hrgnya sy lupa tp dibwh 50rb.
    diminum setelah selesai mens atau kira2 hr ke 5 or 6
    – yg satunya lg lbh mahal (hongkong), namanya lupa,
    hrgnya dulu kalau tdk salah 1 kaleng diatas 30rb
    bentuknya kaleng, isinya 1 pil tp besar jd hrs diren-
    dam dulu or dimasak dgn air panas, saya minum 1 klg/
    hari selama 3 hr setelah selesai mens.
    nb: biasanya saya ganti2an, misalnya bln ini minum yg
    china, bul dpn yg hongkong
    dijual di toko obat china dan yg pasti di pancoran byk.

  66. shanti

    hi mba rosss, shanti lg nih… mbak, aku 10hr yg lalu uda konsul ke Dr. Karel, ternyata mmg lama bgt ya antri nya (hi3..) Mba, aku & suami dikasih obat, sporanox,vibramicyn sm flagyl slma 10 hr, smua nya bikin mual & eneg.. tp yg paling parah waktu minum valtrex 500(fase ke-3),aku & suami ruam kulit, maag tinggi & pusing terus.. apa mbak & suami jg mrasakan efek samping begitu?. Oya mbak, Dr. Karel mmg agak pendiam ya.. kdg sy suka bingung sm maksudnya, apalg mgkin sy msh kcil & anak bawang (he3).. wktu sy & suami blg mau BT, dia jwb, smua pakai proses. Mba, sy mau tny apa beda insem dgn BT? peluangnya brp ya insem itu?.. tp sy mau kyk mbak ross, lgsg BT aja, soalnya takut gagal.. sy uda 2.5th ini nabung trs, krn wktu di RSCM diharuskan ICSI dgn biaya 35-40jt, dan si calon ibu hrs di suntik2 hormon trs (dgn biaya belasan juta), pdhl sy gak bermasalah.. mohon sarannya ya mbak, tirims byk.

  67. Lea

    Mba ros…
    hydrotubasi yang disemprot cairan trus diliat tuba kita mampet apa engga..
    mirip dengan HSG tapi tidak di foto..
    (kalau ga salah sih gini yah….heheh takut salah juga aku..)

    karena klo mau insem harus di hydro dulu mba..
    makanya aku tanya waktu mba ros mau BT apa di hydro jg?

  68. ros

    hallo lea,
    saya tidak pernah di hydro, hanya bawa data hsg waktu pertama kali konsul (kebetulan hsl hsg ket : kedua tuba patent), mungkin krn blm pernah insem jd tdk tahu apa itu hydro

  69. cen

    salam kenal cen dari pekanbaru mau ikutan jg di acara rumpian ini.cen sdh 6 th nikah sampe sekarang jg blm pny anak,rasa ny sedih banget.kepengen bt tp suami masih blm ada respon.padahal cen dan suami terpaut jauh sekali,umur cen 26 dan suami 54th.hiks sedih bgt deh pokokny

  70. ros

    hallo shanty,
    akhirnya ikut merasakan antrian parah di dr karel ya,he3 apalagi sabtu lbh parah, wkt tgl 11 apr/sabtu saya jg ngalamin antrian parah padahal sdh diprioritaskan, mgkn krn tgl 09-10 tgl merah, jd ngumpul semuanya di sabtu.
    mengenai obat virus yg diksh, sama kok dgn waktu saya, tp rasanya saya & suami tdk mengalami alergi, kecuali saya memang ada alergi u/obat hormon, jd satu kepala byk tumbuh jerawat yg gatal sekali.
    sudah ditanyakan ke dokter ?
    Dr karel memang agak pendiam, tdk byk bicara, jd terpaksa kita yg hrs aktif bertanya, itupun blm tentu dijawab semua, biasanya setelah proses insem or bt sdh selesai br lbh mau ditanya, tapi kelebihan dr karel, dia tdk matre, dan tdk mau memberatkan pasien dgn biaya, biasanya obat yg diberikan rata2 murah, usahakan tebus obat di apotik rs.
    awalnya dokter jg menyarankan saya & suami insem, tp wkt bul kedua setelah mens, kita blg ke dokter kalau kita mau bt saja, mengingat insem peluangnya lbh kcl dr bt, dan dgn jumlah sperma, kecepatan sperma suami yg hanya 5% rasanya kita krg yakin berhasil dgn insem
    bedanya insem dgn bt :
    * u/insem, kalau di dr karel, insem & bt proses awal sama, dikasih obat virus, hormon,dll, setelah sel telur matang, sperma suami di ambil, dibersihkan, dpilih, br dimasukan ke istri, selanjutnya tergantung sperma tsb apakah bisa mencapai tujuan, dgn kondisi sperma yg gerakan cepatnya (morfologi) hanya 5-6%, rasanya sulit sekali, makanya kita putuskan tdk mau insem, u/harga insem kalau tdk salah di abdi waluyo sekitar 4 jt, sorry kalau shanti krg jelas, krn saya tdk pernah menjalanin insem jd mgkn info krg jelas.
    * u/bt, setelah sel telur kita besar & matang, akan dilakukan pembiusan kira2 20 mnt u/mengeluarkan sel telur (ovum pickup )suami diambil spermanya, dipertemukan di lab, besoknya kita dikabarkan bila terjadi pembuahan, kalau ternyata tdk, maka suami hrs mengeluarkan sperma lg, kalau terjadi pembuahan, maka akan dipilih embrio yg pembelahan & bentuknya yg bagus & biasanya hr ke 4 dr ovum piok up (setelah embrio membelah menjadi 8 sel) akan dilakukan transfer embrio ke istri, melalui selang, tdk dibius, dan prosesnya krg lbh 20 mnt, setelah itu kita diharuskan berbaring dulu selama 3 jam tdk bergerak.
    jgn lupa skrg2 ini u/terapi akupuntur 1-2x seminggu & minum tim ayam obat seminggu 1x (bs dibeli di pancaran di tk chandra)
    semoga berhasil ya baik insem or bt

  71. anda

    Lam kenal mbak…
    Aku jg lagi keras2nya usaha mo jadi mammy.. Udah 5 th niee
    Aku tuh orgnya penakut pissan.. Kalo boleh tahu, pas proses pengambilan sel telur trus dimasukkan lagi sakitnya sakiiiit bangetttt ato sakiiiit aja…. Trimakasih banyak dan selamat atas kebahagiannya…

  72. Lea

    Mba ros..kalau misalnya aku mau langsung BT boleh ga ya sama Dr. Karel..
    kayanya sih dia maunya insem dulu.. ๐Ÿ™
    apa kita maksa ajah yah… ?

  73. ros

    hallo lea,
    sebenarnya terserah kitanya sih mau bt or insem, biasanya dokter memang menyarankan insem kalau pasien memang dianggap msh punya peluang berhasil walaupun lbh kcl dan hrg jauh lbh murah, di lea sendiri ada masalah tdk ? kalau disaya sendiri krn tdk ada masalah, jd dokter oke aja lsg bt, tp tetap saja hrs menjalanin minum obat dr mens bul nop, des ( krg lbh hmpr 2 bln dr konsul br ovum pickup),
    wkt pertama konsul memang dokter saranin saya & suami insem dulu, kita tdk komentar krn msh ragu2, jd wkt mens bul des, kita blg kalau mau bt saja, dan dokternya memang ada blg kenapa tdk insem dulu, tp kita blg mau lsg bt saja, krn ragu peluang insem dgn kondisi yg ada, dan dokter blg ok

  74. shanti

    mbak ross yang baik… trims byk bgt ya atas saran & info2 nya, bnr2 membantu sekali ditengah2 kebingungan saya.. krn pertama konsul kemarin jg byk hal yg blm terjawabkan. Mbak, bgm misalnya tiba2 sy menstruasi disaat obat Valtrex blm habis, apa boleh diteruskan saja mengkonsumsi obatnya smpai habis?.. Oya, pd saat transfer embrio, kira2 sakit ga ya mbak, kan tidak dibius ya,,? lalu sebaiknya saya akupuntur dmn ya, apa bs dmana saja, atau harus ke klinik beijing tong ren tang? mgkin mbak ross ada saran ditempat lain? dan satu lg mbak,Pancaran di tk chandra itu dmn ya, maaf krn domisili saya di daerah Bogor.. Sebelumnya & sesudahnya, trimakasih byk mbak…

  75. alice

    halo, Ros slm kenal, congrats dl yah buat kehamilannya. Sy mau tny, valtrex yang diberikan atas dasar apa? Apa harus ada test dulu, dan berapa dosisnya / brp hari? Kebetulan sy & suami ada herpes, jd kalau sedang kambuh br makan valtrex 500mg 1-2 tablet sehari, biasa selama 3-5hr sampai gejalanya menghilang (krn setau sy herpes tdk bs bnr2 sembuh total, bersifat kambuhan, bila sedang stres atau kecapean, virusnya akan datang lagi, jd bgtu ada sedikit gejala, hrs lgs makan obat sejenis asyclovir a/l valtrex itu). Setau sy seh dr semua dokter mengatakan, herpes tidak mengganggu kesuburan, tp mengganggu hub suami istri bila sdg kambuh. Thx ya.

  76. ros

    to shanti, sama2, senang kalau info yg ada bisa membantu.
    mengenai valtrex saya lupa apa tetap dikonsumsi kalau tiba2 mens, sayang ya padahal kemarin sy ada ke dokter, tp krn br skrg lht e-mailnya jd tdk bs membantu, shanti kpn ke dokter lg ? coba saja ditanyakan ke dokter.
    mengenai akupuntur, sebenarnya dimana saja bisa, tdk hrs dibeijing tong ren tang, blg saja ke terapisnya kalau mau hamil jd biar bisa ditusuk di titik2 yg berhubungan dgn kesuburan, bedanya kalau dgn dr thang, beliau memang ahli di penyakit dalam dan kesuburan, jd paham sekali tentang titik2 yg diperlukan u/kesuburan.
    pancoran ada di glodok, dkt beos/ kota, shanti mau beli tim ayam obat ? adanya di pancoran – gloria, tk mutiara lt 2, hrgnya kalau tdk salah Rp. 20rb or Rp.25rb, cukup 1 porsi / mg, jgn lbh krn sifatnya panas, jd takutnya bab jd susah ( jgn ngeden kalau bab susah, bantu saja dgn buah2 seperti pepaya, pisang )

  77. ros

    to cen, sorry tulisannya kelewat tdk terbaca,
    selama ini cen sdh konsul ke dokter blm ? mengingat umur suami beda byk sedang cen br 26, lbh baik buru2 periksa ke dokter, krn semakin berumur, kualitas sperma jg pasti ikut menurun.

  78. ros

    to alice, tx buat doanya.
    soal valtrex, wkt itu dokter blg buat anti virus, krn di dokter karel dr awal konsul tdk minta kt cek torch, tp lsg dikasih obat2, seperti valtrex, flagyl, progynova, dll ( obat virus, jamur, hormon, dll), mengenai dosisnya saya lupa, mungkin shanti bs membantu ?

  79. Lea

    Hallo Mba Ros..
    kalau aku baca dari postingnya mba ros mengenai biaya BT nya,
    berarti kurang dari 15jt yah mba klo ga pake obat2an…
    karena pengambilan sel telur = 6jt, transfer embrio 3.4jt total 9,4jt
    sisanya obat2an selama 2 bulan..

    waktu tanya sama Dr. karel di waktu awalnya apakah dia sudah bilang biayanya segitu mba ?
    kemaren aku coba tanya dia blg sih 15jt biaya untuk BT
    (kalau masalahnya hanya jumlah sperma),
    tapi aku tidak nanya lagi itu sudah termasuk obat atau belum,
    kira2 enak ga yah mba nanya lebih detail mengenai biaya sama Dr.Karel..
    aku kadang suka ga enak tanya2 banyak karena dia kan memang agak diam.

    makasih yah mba

  80. ros

    hallo lea, waktu awal konsul, memang kita sempat tanya b.bt, waktu itu dokter karel blg mgkn sekitar 20jt lbh (tp kalau jumlah sperma krg dr 3jt, maka biaya bs lbh tinggi, krn rs abdi w blm memiliki perlengkapan yg lengkap & akan direferensikan ke gading pluit u/ovum pick up & transfer embrio .
    tp krn jumlah sperma suami sy waktu cek terakhir di rs abdi ada 5jt lbh, jd proses bt bs dilakukan di abdi w,
    dan ternyata setelah ditotal, sy sendiri jg agak surprise ternyata biaya yg dikeluarkan dr awal konsul s/d transfer embrio Rp. 14,8 jt.
    oh ya, saya sendiri tdk menginap setelah transfer embrio, biasanya kalau menginap kalau tdk salah sekitar 1,2jt )
    kebetulan sy sempat ngobrol dgn pasien lain, ada yg gagal bt pertama di jan skrg lg mau coba lg, biaya jg sekitar 15jt, ada jg yg temannya dulu pernah bt disana dgn 1 embrio & berhasil, jg biaya krg lbh sama, skrg temannya jg sdg coba u/anak ke 2
    rasanya dokter karel sendiri jg tdk tahu persis biaya bt disana, hanya blg krg lbh 15jt, wkt dulu saya pernah telp ke rs tanya biayanya, mrk jg blg sekitar 15jt hanya u/ovum pick up & transfer embrio.

  81. ros

    to shanti
    sorry lupa jawab, saat transfer embrio, memang kita tdk dibius, sedikit sakit atau tepatnya krg nyaman , miss v kita dibersihkan dulu, trus di pasang selang br embrio dimasukkan, tp sy sendiri sempat sedikit berdarah setelah selang dicabut, mgkn krn gesekan selang (sy tanya ke teman2, mrk tdk berdarah). usahakan selama proses transfer tdk tegang, relax, berdoa, krn kalau kita relax maka prosesnya lbh cepat & mudah.
    yang plg tdk nyaman sebenarnya setelah transfer embrio, selama 3jam tdk boleh bergerak bnr2 pegal hbs, biarpun dokter blg blh bergerak sedikit2, tp sy tdk berani, selama 4hr sy keluar flek, agak ketakutan krn setelah sy tanya ke teman, dia sdri tdk keluar flek, maka hr ke 4 sy hub dokter, dokter blg tdk apa2 itu krn proses penempelan embrio.

  82. rara

    Hi ros,
    Gmn kandungannya? Mudah2an sehat ya calon bayi&ibunya..
    Boleh tanya sedikit Ros, Aku & hubby baru aja ke Abdi Waluyo. Awalnya, kita sih pengennya langsung BT karena kita sebelumnya sudah berobat d androlog taph i hasil sperma suami masih kurang dr 1jutaan. Tapi kok dokter kasih obat lagi ya buat kita berdua. Kalo pengalaman Ros dulu gimana ya? Apa sempat diobatin dulu baru direkomendasikan untuk BT apa langsung minta BT?

    Thanks sebelumnya ya Ros buat sharingnya.

    Cheers

    Rara

  83. Sani

    Dear Ros,
    Congrats atas kehamilan kembarnya. Saya jadi kepengen cepet ‘ketularan’ kamu. Saya sedang konsul di klinik melati RS Harkit. Kebetulan saya dulu pernah hamil ektopik jadi saluran telur kiri saya sudah diangkat. Saluran telur kanan kondisi baik (sudah dihydro bln jan 09, bareng dgn laparoskopi angkat miom). Dokter masih kasih kesempatan untuk inseminasi, tp dgn catatan indung telur kanan yg berkembang. Bila yg kiri yg berkembang, berarti kesempatan insem di bulan itu pass. Tapi masih bisa dipanen / OPU dan langsung dialihkan untuk BT. Setelah saya ngobrol dgn susternya, dia bilang ada resiko telurnya pecah waktu dipanen karena ga ada suntik hormon. Sempat bingung juga sih krn saya awam bgt dgn istilah2 di BT. Setelah saya baca sharing kamu, saya mulai ngerti yg dimaksud sama suster tadi (telur pecah waktu OPU). Pada saat kamu ikut program itu, dokternya ada bilang ttg resiko itu ga? Kadang suka bete kalo ketemu dokter yg kelewat pendiam. Kita kan bukan paranormal yg bisa tebak pikirannya he he he. thanks untuk sharingnya. God Bless your twins.

  84. deedee

    Dear Ros,

    Congrats for the pregnancy ya..wah, thread kamu ini informatif sekali..kebetulan aku juga lagi rencana utk BT dengan dokter Karel juga, yg sudah nanganin insemku 2 kali tapi masih belum berhasil. Iya, aku juga sempet ngobrol sama pasien BT lain yg bilang katanya biayanya 15 juta, kalau menurut kasir Abdi Waluyo, total semua 18 juta.

    Nah, pertanyaanku, dia juga ngasih resep suntik hormon setiap hari selama beberapa hari kedepan gitu gak sih? Kalo gak salah ada ya dokter yg begitu, dan lumayan mahal biaya suntiknya.

    Trus kamu saranin untuk akupuntur and makan tim ayam (???), kalau akupressure sama gak ya, secara fungsinya kan juga sama2 melancarkan aliran darah dan meningkatkan kinerja metabolisme..Soalnya aku sebulan belakangan ini lagi akupressure juga di Ibu Yuli. Kalau yg tim ayam itu maksudnya apa ya?

    Thanks ya in advance.

  85. ros

    to rara, kandungan sehat, tx
    sorry br balas, waktu awal kita ke dokter karel, memang membawa hasil lab suami selama setahun lbh sewaktu berobat ke androlog, & hasil lab setelah tdk berobat.
    dr awal memamg kita mau lsg bt, tdk insem (biarpun dr karel awalnya menganjurkan insem dulu) , krn 6 bln sebelumnya wkt konsul ke dokter johny herman di rs family u/coba insem, dokter sdh menjelaskan kalau dgn kondisi jumlah sperma suami yg agak kurang & gerak cepat yg hanya 5-6%, insem peluangnya kecil sekali. menurut dokter, dlm proses insem, sperma akan dilepas ditengah jalan & harus berjuang mencapai sel telur, dgn gerak cepat sperma yg hanya 5-6%, belum tentu sperma bisa mencapai sasaran. jd dokter merujuk konsul ke team bt di family. tp krn belum siap u/bt, sempat tertunda s/d nop’08 br konsul ke dokter karel.
    di dokter karel, baik insem maupun bt, obat awal sama, konsul pertama, kedua, kita akan diksh obat virus, parasit,dll, ada yg gabung suami ( u/suami ada tambahan obat surbex, dll ).
    dulu sy pernah tanya ke dokter karel, rs abdi waluyo tdk bisa menangani bila jumlah sperma dibwh 3 jt (alatnya blm lengkap), jd saat proses ovum pick up & transf embrio akan dirujuk ke rs gading pluit ( tetapi proses sebelum ovum pick & setelah transfer embrio tetap ditangani oleh dokter karel.
    otomatis biaya jd lbh besar, perkiraan kasar u/konsul+obat selama di dokter karel kira2 5,5 jt, biaya ovum pick up + transfer embrio di gading pluit 23jt, total hmpr 30jt.
    teman sy yg berhasil yg mengenalkan saya ke dokter karel ( sdh melahirkan blm mar’09 ), suami dia azoospermia, tdk ada sperma (mampet), dia konsul ke dokter karel dan 2-3 hr sebelum ovum pick up, dirujuk oleh dokter karel ke rs gading pluit, biaya yg dia keluarkan selama di dokter karel krg lbh 5,5jt, di gading pluit 23jt (setehu saya biaya 23jt blm termasuk operasi kecil u/mengeluarkan sperma ) dia msh ada sisa embrio yg di frozen di gading pluit, rencananya thn 2012 mau program anak kedua di dokter karel.
    semoga info ini bisa membantu rara, jgn lupa dibantu dgn akupuntur berdua dgn suami, byk berdoa, semoga berhasil ya

  86. listi

    Dear ros,

    Sebelumnya met kenal ya…
    Aku mau nanya :
    Apakah program dr Karel hrs minum obat selama 2 siklus baru bisa lanjut ke IVF ?
    Thx ya

  87. ros

    to sani, tx u/doanya, moga2 cepat ketularan ya punya kembar.
    menjelang proses ovum pick up, dokter memang bilang kalau resiko bt.
    yg pertama : saat ovum pick up, bisa saja terjadi , telur yg diambil pecah semua or tdk ada isi , makanya kita akan dibius biar kita tdk bergerak & proses ovum pick up lbh lancar.
    resiko kedu : apabila sukses ovum pick up, apakah sel telur & sperma bisa terjadi pembuahan tdk (kita akan dikabarin besok setelah ovum pick up, apabila tdk terjadi pembuahan, sperma akan diambil lg), kalau terjadi pembuahan & pembelahan, akan dipilih embrio yg pembelahannya yg bagus u/dimasukkan hr ke 4.
    resiko ketiga : saat transfer embrio, bisa saja terjadi kesulitan saat dimasukkan ke kita & bs berakibat gagal ( sebaiknya saat transfer embrio, kita jgn tegang, coba relax, berdoa terus ).
    dokter karel memang tdk byk bicara, untungnya saya byk dpt info dr teman yg sdh berhasil disana.

  88. ros

    to listy, salam kenal juga.
    setahu saya, di dokter karel memang mens 2 siklus br bt, jd siklus pertama kita akan di ksh obat2 virus, parasit, jamur, dll, di siklus kedua, kita akan diksh obat hormon ( progynova, dll), setelah telur kita sdh matang (kira2 hmpr 3 mg dr siklus kedua tergantung msg2 orang), br ovum pick up.
    teman saya yg jg berhasil disana, & bbrp orang yg br kenal saat konsul disana jg begitu.

  89. ros

    dear dee dee, salam kenal juga.
    dulu waktu saya br mau konsul ke dr karel, saya jg sempat telp ke kasirnya, jg diblg biayanya sekitar 15jt hanya u/ovum pick up & transfer embrio, blm termasuk obat + konsul. padahal setelah dijalanin u/ovum piok up biaya 6 jt, transfer embrio 3,4 jt (tdk menginap)
    u/suntik, hanya sekali yaitu 2 hr sebelum ovum pick up, tengah malam kita hrs ke rs u/disuntik (kalau tdk salah suntik u/pematangan sel telur). biayanya Rp. 1jt termasuk obat lain2.
    b.bt di abdi waluyo bs murah, krn tdk ada suntik hormon (hy sekali u/suntik pematangan telur)
    setelah kita positif hamil (sebulan setelah ovum pick up, sdh ada detak jantung janin), kita akan disuntik seminggu sekali selama 5x u/menguatkan & membantu pertumbuhan janin( krn sy hamil kembar, jd disuntik 6x )
    kalau accupresur, saya krg tahu, tapi coba saja jalanin dua2nya.
    u/tim ayam obat, itu obat chinese ditim dgn ayam, fungsinya u/menghangatkan rahim, tp agak panas, jd cukup dimakan seminggu sekali 1 porsi kecil saja.
    terus terang saya sendiri jarang sekali makan tim ayam obat sebelum2nya, tp krn tahu fungsinya buat hangatin rahim makanya saya buru2 coba makan 3 mg sebelum proses ovum pick up dgn harapan bs membantu menguatkan rahim.
    semoga infonya bisa membantu ya, good luck

  90. ros

    to anda, tx buat doanya, sorry banget pertanyaannya kelewat tdk terbaca.
    terus terang saya sendiri jg takut dgn jarum suntik & lihat darah, makanya saya pilih dokter karel krn info dr teman kalo di abdi waluyo tdk perlu suntik tiap hari.
    waktu ovum pick up, krn kita dibius jd tdk berasa sakit sama sekali, sedang waktu transfer embrio, saya berusaha tdk tegang, coba relax, memang agak krg nyaman krn ada selang.
    kalau anda takut, merem saja sembari doa , tahu2 udah kelar kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *