Baring 5 jam ga boleh gerak setelah embrio transfer – sharing Li Eng

Alo semua salam kenal, aku sekarang lagi program bayi tabung di siloam hospital sby. Umurku 27 th udah merit 2 tahun tp blm hamil juga. Sekarang lagi nunggu hasil nich. Deg deg an juga. Doain ya supaya berhasil.

Aku mau tanya sich sama teman2, aku kan baru aja embrio transfer, perut rasanya kembung banget dan berangin. Kayak sakit maag dech. Ga ngerti karena sakit maag ato karena efek transfer embrionya. Bisa cerita dong, pengalaman yang udah pernah jalanin. Selain itu aku merasa ada yang mengganjal di hati.

Setelah embrio transfer kan aku disuruh baring 5 jam ga boleh gerak. Posisi kaki lebih tinggi dari kepala. Karena sebelumnya disuruh nahan pipis, suster suruh aku ngompol aja di pampers karena ga boleh turun dari ranjang. Sengsara banget karena kencingnya susah keluar. Sampe perut ga enak.

Akhirnya setelah ngeden baru pipisnya keluar dikit2. Sekarang aku lagi mikir, nyesel udah ngeden wkt pipis tapi gmn udah ga tahan lagi. Takut embrionya ga bisa nempel. Ada yang punya pengalaman ga ? Bagi2 ya. Thanx

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 2.38 out of 5)
Loading...

234 thoughts on “Baring 5 jam ga boleh gerak setelah embrio transfer – sharing Li Eng

  1. Yati

    Hi Li Eng,
    Sesdh embrio transfer mengapa berbaringnya sampai 5 jam ? lama sekali. biasanya paling lama cuma 1 jam ada yg cuma 30 menit.

  2. Yati

    Hi Li Eng,Sy sdh bbrp x embrio transfer (ET) pada dokter yang sama selalu enjoy & santai aja dan istirahatnya 30 menit saja, mungkin karena dokter dan staffnya bekerja sama dan baik, kita sptnya diperhatikan, mereka mau bertanya apakah masih bisa tahan pipisnya, jika tdk, mrk kan membantu kt mengeluarkannya dgn selang cuma hanya sedikit, namun walaupun sedikit sdh sgt membuat kita lega.
    Maka sy tdk merasa takut jika hrs menjalaninya lagi.
    Cuma yg sy takutkan yakni komsumsi obat2 hormon yg berulang kali dan dlm jmlh banyak takut efek samping obat saja.

  3. li eng

    Mbak yati saya disuruh baring sama susternya sich selama 5 jam. Kayaknya kalu di dr aucky prosedurnya emang gitu. Staf dan dokter semuanya baik cuma yang saya sayangkan harus pipis di pampers. Kan susah banget. Ya doain ya semoga bisa berhasil. Ini lagi nunggu hasil. O ya saya ga nginap di rs setelah penanaman, 5 jam baring terus saya langsung pulang rumah. Tambaj stress kalu rs mbak. Ha ha ha. Bagi yang ada pengalaman paska penanaman, bagi2 cerita ya. Thanx

  4. bintang

    li eng,aq blm prnh BT,cm insem aja d dr.Aucky…menurutku km ngeden tuk pipis g mslh tuk embrionya,toh g segampang itu tuk “lepas”..kl dah rejeki pasti jadi deh…km nya jangan kepikiran donk,nyantai aja,cari hal2 yg bkn seneng…semoga sukses BT nya…be happy ya

  5. bintang

    ohya li eng km hbs brp BT d siloam?aq terus trg blm kepikir tuk BT krn dah prnh 2x hamil alami,mungkin aq mau insem lg.tp kl mengingat umurku yg sdh 31 kdg kepikir tuk BT.rencananya bln dpn aq mau insem lg(yg ke 3 kali)tp bkn di dr.Aucky,tp di dr.Budi Santoso di graha amerta.teman2 ada yg prnh berhsl g program d graha amerta?share donk….

  6. li eng

    Dear bintang, aku di dr aucky sampe sekarang habis 29 jt an. Ya ampir 30 jt kurang lebih. Itu udah mulai dari biaya konsultasi pertama dan suntik suprefact sebelum BT. Aku pake long protokol krn aku pernah operasi miom tahun lalu. Miomnya dulu 3 cm. Cuma dokter di sgp bilang kudu operasi karena risiko keguguran kalu hamil. kayaknya dr aucky takut miom tumbuh lagi jadi diredam dulu pake suprefact sebelum suntik gonal f. Dosisnya 150 perhari. Selain miom aku ga ada keluhan apa2 lagi. Sperma suami juga bagus. Tapi mungkin belum rejekinya ya selama ini nyoba alami eh ga jadi2. Minta doanya. O ya kalu nurut aku insem agak susah jadinya. Jarang ada yang berhasil. Tapi gpp dicoba. Siapa tau udah rejekinya. Kalu BT sich selain biaya kita kudu persiapan mental :p

  7. li eng

    O ya bintang tadi yang dosisnya 150 itu gonal f . Kalu suprefact 40 perhari waktu persiapan dan diturunin jadi 20 setelah mulai suntik gonal f. O ya waktu OPU kan yang dikeluarin 12 telur yang matang. sampe hari ke 3 setelah OPU semua embrio masih hidup yaitu sebanyak 12 buah. Jadi dr aucky mengundurkan rencana ET pada hari ketiga memjadi hari ke 5. Sayang saat hari ke 5 hanya ada 3 embrio yang sampe pada tahap terakhir dan perkembangannya bagus. Aku minta ditransfer 2 aja, sisanya dibekukan. Teman2 biasanya ET hari keberapa ya setelah OPU ? Yang barengan aku semua ET duluan. Aku yang terakhir. Setelah 5 hari. Ada yang punya pengalaman yang sama ? Share dong

  8. bintang

    iya aq mau coba insem sekali lg,siapa tau rejeki kali ini berhasil..kl aq masalahku di PCO,sm dr.Aucky dl aq diksh glucophage,lumayan lama jg aq mnm nya,krn mensku selalu telat 10hr-2mgg bahkan prnh 3mgg.aq cr 2opinion k Dr lain ktny mending laparascopy.akhirnya aq ganti Dr yg d graha amerta&sekalian laparascopy disana.hslnya ada perlekatan antara indung telur&tuba,tp perlekatanny g bs dilepas 100%krn pendarahan.wkt itu aq jg di drilling di 5titik.Setelah laparascopy aq bantu dg minum habbatussauda,syukurlah walau blm berhsl hamil tp mensku sdh g semundur dl.aq lg berusaha diet spy PCO ku teratasi,selain OR juga.ntar kabar2i ya li eng…smoga berhasil..

  9. li eng

    Bintang, mau insem ini untuk anak keberapa ? Sebelumnya kan udah pernah hamil kan ? Udah berapa anaknya ?

  10. bintang

    ohya bc postingan teman2 yg bermasalah dg tuba yg tdk berfungsi aq agak takut jg nih,apa perlekatan spt aq(indung telur&tuba)berpotensi spt itu…aq sempat periksa d sgp,klinik dr.Kwee Lee menurut dia g terlalu mslh perlekatannya tp lbh baik lg kl ditindak ulang(laparascopy lg)aduh aq msh males kebayang mual2nya abiz laparascopy,jd blm ada tindakan lanjut deh

  11. bintang

    @li eng
    aq pertama hamil keguguran,hamil kedua anakku meninggal wkt umur 2hr,sdh berselang 10 th sejak anakku meninggal aq blm hamil lg smp skrg

  12. li eng

    Bintang kalu masalah perlengketan dll kan semua bisa diatasi pake BT kan ? Kalu bintang mau yang lebih pasti ya ikut BT aja. Lagian bintang usianya di awal 30an kan kemungkinan hamil lebih besar daripada yg umurnya di atas 35. O ya aku pernah dibilangi dr suresh nair di mount elizabeth sgp, katanya usia menentukan kesuburan. 17 – 24 th itu puncak kesuburannya wanita. 25 – 30 th udah mulai menurun grafik kesuburannya dan semakin menurun di usia atas 35 an. So, cepetan dech. Tapi doanya kudu kenceng juga. Kita berusaha tapi akhirnya Tuhan jualah yang menentukan.

  13. Yati

    Hi Li Eng,
    ya tiap tempat & setiap prosedur memang berbeda namun intinya semua sama yakni semua dokter pasti menginginkan keberhasilan tiap pasiennya.
    lupakan pahitnya embrio tranfer ,santai aja, semoga Li Eng berhasil positif hml, sehat sampe melahirkan.

  14. li eng

    Dear yati, thanx buat supportnya ya. O ya teman2 apakah kehamilan yang terjadi pada BT pasti ditandai dengan OHSS dulu ? Mengingat usia saya kurang dari 30 tahun. Thanx buat share nya

  15. Linda

    Hai Li Eng,
    Menurutku kalo sdh et,semua pasrah in aja ke Tuhan.karna menurut pengalamanku Bt pertama di spore,setelah et,tidur seharian,sore baru pulang ,hasilnya negativ.waktu bt ke 2 di malaka,cuma disuruh baringan 1 jam,malah berhasil,sekarang anakku sdh mau 5 tahun..jadi semua pasrahin aja ke Tuhan..cuma memang kalo ragu2, khawatir,dan bisa baringan lebih lama ya lebih baik,karna kita sdh habis banyak biaya,waktu,ya sekalian aja kita benar2 istirahat ..

  16. li eng

    Alo semua. Tinggal 4 hari lagi nich penantiannya. Moga hasilnya positif . Mohon doanya. Selama ini setelah ET biasa 2 aja rasanya cuma belakanga kembung bangetM hari ini malah peut agak kram dan kaki pegel banget. Moga ga mens dech. Teman2 ada yang punya pengalaman kayak saya ? Terus terang nich deg deg an banget. Tapi gw beusaha banget tetap nyantai :p

  17. li eng

    Dear all. Hari in perutku agak aneh kayake. Kram2 dikit terus kaki pegel banget. Masih 4 hari lagi nich penentuannya. Minta doanya ya. Semoga positif.

  18. bintang

    hi li eng…
    semoga km positif hamil ya…jangan kepikiran mau mens,ntar malah bkn stress,anggap aja km g prnh BT jd g senewen tgg hasilnya.sukses ya!

  19. Velia

    Dear Li Eng,

    Waktu itu aku juga kembung karena OHSS, tapi kalau aku PCO (resiko OHSS lebih tinggi). Telurku waktu itu ada 18. Biasanya yang kena OHSS yang telurnya banyak atau yang PCO.

  20. Velia

    Li Eng, waktu itu juga kakiku pegel2 tapi aku rasa itu karena kita kurang gerak. Kan selama 2 weeks waiting kita kebanyakan baringan di tempat tidur.

  21. li eng

    Dear velia… Velia udah berhasil hamil ya ? Di dokter aucky tiap kali aku dateng untuk suntik penguat, susternya pasti nanya gimana nafasnya sesak ga ? Syukur aku kayaknya ga kena OHSS sich karena nafasku ga sesak2 banget. Cuma emang kalu abis makan nafasnya jadi satu2 persis kayak orang yg habis lari.. Ha ha ha. Perutku juga udah gede banget. Kayak udah hamil 3 bulan. Jalan juga ga bisa cepat2. Aneh rasanya. Hari ini kramnya udah berkuranng. Dulu velia sempat kram perut ga ? Ya moga semua berjalan dengan lancar karena aku liat postingan teman2 yang lain, banyak juga yang nyeri peut bawah tapi ternyata positif. Moga nular ke aku dech.

  22. li eng

    Dear all… Mau nanya nich, aku setelah ET udah langsung dikasih obat crinone yg dimasukkan lewat vagina. Tapi aku liat ibu2 lain ga dikasih obat itu, padahal kita program barengan. Apa emang tiap orang mesti beda beda ya ? Mereka cuma disuntik penguat aja 2 x. Tapi ga pake obat crinone.

  23. Henny

    to, li eng
    salam kenal ya, klu dilihat dari ciri2 nya mudah2 an sih kamu hamil, soalnya aku jg dulu gejala2 nya spt kamu, perut kembung kayak sakit maag, trus sekali2 perut kram, tapi yg paling terasa itu setelah seminggu et perut terasa mual & eneg banget sampe2 folic acidnya distop diganti folavit, puji Tuhan skarang ak dah hamil 3 bulan

  24. li eng

    Salam kenal juga Henny. Puji Tuhan Henny udah berhasil ya. Kalu aku sich belum mual cuma 2 hari ini agak pusing. Tapi kadang2 sich. 2 hari ini malah suka makan , bawaannya lapar terus. Ha ha ha. Badanku agak panas nich. Moga ga sampe sakit dech aku. Henny doain ya spy aku hamil juga. Aku berharap banget embrionya mau nempel yg kuat, dan berkembang dgn sempurna di rahimku. Henny udah berapa tahun menikah ? Dulu BT di mana ?

  25. mimie

    Hai Li eng!

    Salam kenal ya…
    Aku juga BT di dr Aucky. sama loh kaya kamu, pas aku disuruh ngompol, aku stress banget karena gak biasa pipis di tempat tidur, jadi 4 jam kemudian baru bisa pipis.
    aduuh.. sengsara banget, tapi ternyata aku blm berhasil, mungkin aku terlalu stress mikirin hasilnya, yang penting jangan stress ya.. mudah2an kamu berhasil ya… mudah2an kram perutnya karena embrionya nempel, aku dulu gak ada rasa apa2 di perut,
    Mengenai Crinone ada yang bilang kalau dimasukkannya dikit aja, aku gak tahu yang benar bagaimana.

  26. Velia

    Dear Li Eng,

    Dulu abis OPU aku dikasi cyclogest 2x sehari (masukin lewat dubur). Fungsinya sama kok dengan crinone, yaitu hormon progesteron. Waktu insem di jakarta aku pake crinone juga, cuma kalo crinone cukup 1x sehari aja di malam hari. Suntikan beda lagi, namanya pregnyl, disuntik pas selesai ET, 3 hari dan 6 hari setelah ET. Pregnyl yaitu hormon hcg supaya tubuh kita ga nolak embryo yang ditransfer.
    Ada lagi suntikan hormon progesteron, biasanya disuntik kalo udah positif hamil. Waktu itu pas waktunya cek darah aku ada flek, begitu hasil lab positif hamil, dokter langsung suntik progesteron selama 3 hari berturut2

  27. li eng

    Velia, thanx buat infonya ya. Aku juga udah disuntik dua kali nich. Kayaknya pregnyl itu :p. Aku liat yang lain juga disuntik itu tapi crinone nya itu ga semua orang pake. Velia, kalu boleh tau waktu BT yang berhasil ini umurnya berapa ? O ya sekarang perutku udah berkurang kramnya. Sampe hari ini juga ga ada flek. Aku sich berpikir positif semua ini emang proses sampe hamil :p. Moga dua babyku mau nempel dan tumbuh sempurna.

  28. cici

    To li eng
    moga babynya nempel kuat ya.
    oh ya, sy jg bln depan mau bt di siloam sby, kmrn li eng pake short protokol at long protocol?

  29. li eng

    Salam kenal mimie… Emang wkt digantung itu sengsara banget ya. Ya moga program ini berhasil. Mimie gmn ga nyoba lagi ? Aku liat banyak teman2 yg tetap berjuang. Pantang nyerah dech pokoknya.. Moga mimie juga cepat hamil ya. Kita sama2 berdoa semoga berhasil. Mie, kalu boleh tau knp program yg dulu gagal ?

  30. Eli

    Hi Li Eng,

    salam kenal ya..aku juga lagi ikut program BT di Dr Aucky, dan lagi proses injeksi suprefect bulan depan datang lagi ke Sby untuk proses berikut nya..
    Li eng, untuk injeksi gonal F sampe berapa hari ya? terus setelah ET harus istirahat total kah ? kalau boleh tau Li eng tinggal di mana ? untuk yg tinggal nya di daerah resiko nya lebih besar kali ya…
    Mudah2an li eng berhasil ya…

  31. li eng

    Salam kenal ya Eli… Emangnya Eli dr mana ? Org luar daerah ya. Kalu aku emang org sby sich . Setauku di sekitar siloam banyak kos buat yg mau ikut BT. Jalan jawa, jalan sumatra, jalan sulawesi, jalan sumbawa. Kalu Eli mau ikut program, ya mending nge kost aja. Malah yg program di siloam 80 persen org luar sby. Suntikan gonal f itu tergantung dr kondisi tiap pasien. Selama suntikan gonal f, kalu bisa Eli udah harus stay di sby karena kudu ke rs tiap 3 harian untuk usg. Kapanan aku disuntik 8x. Tapi kalu misalnya telur Eli masih blm memadai, pasti bs disuntik sampe 10 ato 12 x. Suami cuma dibutuhkan wkt pengambilan sperma. Ya saat kita pengambilan telur. Proses penyatuan telur sperma bs makan 3 sampe 6 hari. Tergantung kasus. Embrio siap baru ET, abis ET harus istirahat. Ga mesti bedrest sich cuma mending banyak baring aja. Aku aja masih keluar ke supermarket ato keluar makan . Tp ada juga lo yg bedrest total. Abis ET harus ke RS lagi 2 kali untuk suntik penguat. Jaraknya 3 harian kalu ga salah. Hari ke 10 cek dara

  32. li eng

    Dear Eli, sambung di sini lg ya. Hari ke 10 cek darah untuk tau kadar beta HCG. Tau hamil ato gak. Kalu berhasil hamil kayaknya disuntik penguat lg sama dokter. Ya paling ga kalu mau kost sebulan lah udah kelar semua. Moga Eli juga sukses ya bulan depan.

  33. mimie

    Iya aku mau coba lagi, mau proses thaw cycle bulan depan. Kemaren embrio ada 8, masih sisa 5.
    Dokter bilang semua baik baik saja, tidak ada yang kurang dlm prosesku, jadi aku rasa aku terlalu stress mungkin, karena tiap hari mikirin hasilnya terus, namun diatas itu semua aku rasa semua pasti kehendak Allah SWT.

    Down banget sih saat ngerti gagal, aku baru bisa bangkit 2 bln kemudian. Sekarang aku sudah belajar rileks, karena stress itu sangat pengaruh bgt lho…

    BTW, aku pernah nanya yang udah berhasil hamil, dia cerita dr nya bilang crinone itu dimasukkannya ke Mrs. V seperempat aja, jangan sampai mentok nanti kena embrio-nya, nah.. aku dulu masukkannya sampai mentok, karena susternya dr Aucky bilang gak papa. apa itu juga penyebabnya aku gagal? aku juga gak tahu… ada yang bisa share?

    Selain itu bentuk rahimku juga retro, aku ingat pas ET agak lama dan susah, gak tahu susahnya itu karena aku tegang atau retro nya itu.

    Oh iya, pengumumannya Li Eng kapan nih? Kabari ya…

  34. li eng

    Dear mimie, kayaknya pemakaian crinone justru harus mentok nyampe kotak pencetannya. Tujuanne spy obat sampe ke rahim dgn baik, juga menghindarkan tumpah. Sia2 dong kalu tumpah. Lagian ukurannya crinone udah dipaskan dengan panjang liang miss v kita, jadi ga sampe ke rahim en nabrak embrio :p. Aku pernah nanya sama susternya , katanya crinone dimasukkin pol sampe tinggal pemencetnya doang. Jadi kayaknya bukan itu dech penyebabnya. Kalu mimie masih khawatir coba nanya aja sama dokter lagi. Ntar aku kabari ya kalu udah berhasil. Deg deg an banget nich. Doain ya

  35. li eng

    Dear cici.. Kalu masalah long atau short, kayaknya dr aucky yang nentuin diliat dari kasusnya kita masing..kalu aku pake long, jadi ada suntikan suprefact sebelum disuntik gonal f. Cici mau ikut BT yang pertama ya ? Udah konsul ga sama dr ? Doain ya semoga aku berhasil..

  36. cici

    dear li eng
    moga sukses ya, aku bantu doa dech
    2 minggu yg lalu aku ktm dr. Hendro tp pas hr ke7 haid, di siklus bln dpan hr pertama haid di suruh telp dr. hendro dulu, br di tentuin hr ke2 at hr ke3-nya ke sby lg ktm dr. Aucky.
    mudah2an bln depan aku langsung di suntik gonal f, soalnya udah gak sabar. he..he..
    ini bt pertama buatku, setelah insem 3x gagal.
    kt saling mendoakan ya.

  37. li eng

    Thanx ya cici.. Ya kita saling mendoakan supaya cepat sukses. Cepat hamil :p. Semoga tidak akan ada lagi kematin dan keguguran bayi. Semua pasti jadi. Takabari ya kalu udah ada hasilnya. Jiayou..

  38. Eli

    Buat Li Eng thanks banget info nya ya…
    buat cici udah tak sabar ya nunngu bulan depan…sama dong..he..he…
    dan mudah2an kita semua berhasil..aminn

  39. mimie

    Iya, aku do’ain ya semoga Li Eng berhasil.. Amin 1000x. Hari ini aku mau konsul ke dr Aucky, karena kemaren beliaunya gak praktek, sekalian aku mau tanya masalah Crinone.
    BTW, pas Li Eng habis ET ngambil kamar apa langsung pulang? aku dulu ngambil kamar sehari, tapi gak betah makanya stlah 5 jam aku pulang, gak tahu deh nantinya aku mau stay atau langsung cabut

  40. li eng

    Dear all, hasil udah keluar en aku HAMIL… Puji Tuhan.. Aku sampe menangis terharu ternyata Tuhan mengabulkan doaku yang kupanjatkan tiap saat. Puji Tuhan halleluya. Semoga selamat sampe melahirkan ya. Doain,, bagi teman2 tetap berjuang ya. Semoga semua berhasil. Ini ngetik sambil air mata terus mengalir ga berhenti :p. Thanx all buat dukungannya.

  41. li eng

    Dear mimie… Aku dulu abis ET langsung pulang abis baring 5 jam.. Ga tahan aku di rs. Tambah ga bs nyantai. Semua sich tergantung mimie aja, enaknya gmn . Yg mana lebih nyaman lah..jiayou. Moga cepet nyusul ya. Tuhan berkati

  42. mimie

    Hai Li Eng…

    SELAMAT YA….. Aduh.. sampai merinding aku, perjuangannya gak sia sia, mudah2an selamat sampai lahiran.. Amien 1000x.. Aku jadi tambah semangat nih 😀
    BTW, sharing dong, sebelum ET Li Eng ngapain aja? olah raga? atau minum apa gitu?
    Bener gak sih sebelum ET kita harus diet?
    Thanks ya before

  43. li eng

    Dear mimie, selama proses BT, mulai hari pertama suntik gonal f, aku biasain tiap pagi makan telur sebiji, minum segelas susu hamil, minum vit e dan asam folat. Jam 10an makan buah. Siang malam makan kayak biasa nasi lauk pauk tp dibanyakin dikit porsine.. Soale aku biasa makan dikit bgt. Jd skg disuruh mertua makan sing akeh :p. Sering makan ayam tim dan aku juga minum ENSURE. Spy lbh bergizi. Ha ha ha.tapi setelah ET aku stop ENSURE. Cuma minum susu hamil aja sama asam folat. Ga ada yg luar biasa mie, tp aku doa siang malam. Kalu lg gundah aku langsung doa, jd ga kepikiran. Ga stres. Ya semoga mimie cepet nyusul ya.

  44. mimie

    Thanks ya sharingnya, BTW untuk crinone Li Eng masukkannya mentok tinggal pencetannya aja yg nampak? sebaiknya setelah Crinone dikeluarkan di kulkas langsung dipakai atau nunggu beberapa jam? telurnya digoreng atau direbus aja? dimakan sama kuning telurnya juga? ayam tim nya itu cara masaknya gmn? ayam kampung/boiler?
    Sorry ya nanyanya borongan :D. Mudah2an Li Eng gak bosen jawabnya 😀

  45. li eng

    Dear mimie, crinone nya aku pake mentok sampe tinggal pencetannya aja. Kan itu hormon progesteron spy bayinya bs nempel dgn baik, jd harus masuk semua en ga boleh tumpah di luar. Kalu aku sich pake crinone kadang dari kulkas langsung dipake tapi kadang juga dibiarin dulu. Ya sasempatnya aja. Soale kan jam tidur malam ga sama. Tp usahain jam 10 udah langsung bobok dech. Telur ayam kampung direbus. Aku makan putih dan kuning sich. Cuma kayake lebih bagus kalu putihnya doang ya. Kalu putihnya aja, makan dua butir aja mieM aku juga pernah gituM cuma krn ga doyan putih aja, jd aku makan kuningnya. Uenak :p tp kalu udah makan kuningnya ya sebiji aja. Takut kakehanN malah jd penyakit. Ayam tim itu ayam kampung ditim biasa ditambah dgn angcou dan kichi. Kalu mau lebih sedap tambah ciu dikit. Gpp kok nanya2. Aku senang bs share sama mimie. Kalu boleh tau mimie umur berapa ?

  46. li eng

    Dear mimie aku lupa blg kalu rahimku retro juga sich. Tapi prosesnya ET cepet banget. Malah aku ga tau udah dimasukin sampe dokternya bilang , ayo bu diliat ke layar.. Gitu . Ternyata udah masuk semua. 10 menitan kayake beres. Mulai dari kita baring sampe ditransfer. Kayake mimie wkt ET hrs rileks jd rahimnya ga tegang spy masuknya embrio lancar. Ok ?

  47. mimie

    Makasih ya Li Eng, sudah mau berbagi cerita, umurku 31 th sudah 4th nikah. Iya, mungkin aku terlalu tegang & stressfull bgt, maklum biaya BT gak sedikit bagiku makanya aku mikirin hasil terus, padahal kan harus bener2 rileks.. Ngebaca ceritamu aku langsung semangat lagi nih, thanks ya..

    BTW angcou, kichi dan ciu itu beli dimana? aku baru denger

  48. li eng

    Alo mimie, emang kayake kudu relax ya. Aku aja selama BT ini banyak main game. Ha ha ha. Kan nganggur jd main aja spy ga boring. terus baca2 novel, aku suka banget novel. Terus liat dvd korea . He he he. Pokoke nyantai banget. Kadang malah rasanya enak krn bs istirahat terus. Kalu dulu kan kudu kerja ae terus, ga abis2. Angcao, kichi itu beli di toko obat china. untuk nambah daya tahan tubuh. Kalu ciu itu di supermarket aja. Tp ciu ga penting kok. Yg bagus itu angcou dan kichi. Kalu dimasak dgn tim ayam biasa yg dibilang orang chinese itu ciakpo. Makan sehat. Ha ha ha. O ya kayake angcou dan kichi juga ada kok di supermarket ato toko2 bahan makanan. Gampang kok nyarinya. Kalu di sby, ada di hokky, pabean juga ada :p

  49. mimie

    Wah… Thanks banget ya penjelasannya yang lengkap, aku mau siap2 ke dr Aucky nih, mudah2an aku ketularan Li Eng ya. Amien 1000x.

  50. cici

    dear li Eng
    selamat ya, moga selalu sehat sampe melahirkan, aku ikut senang dengernya, sampe mau netes jg airmata.
    oh ya li eng pake akupuntur gak setelah ET? Kalo di sby dmn ya klinik akupuntur?
    aku jg udah mulai minum susu anmum, biar babynya nanti sehat, tp kalo beli anmum kotaknya ku buang di tempat sampah di pinggir jln, jd nyampe rmh tinggal bungkus aluminium foil aja, soalnya malu, blm hamil kok udh minum susu hamil, ntar di kira udh hamil, he..hee takut di ledekin org rmh…

    buat mimie yg semangat banget nanya-nya, moga berhasil jg ya

    buat mbak ely yg sama gak sabarnya sm aku, CU di sby…

  51. li eng

    Dear yati dan cici, thanx ya buat supportnya selama ini. Aku juga bersyukur banget bs hamil..senengnya..moga yang mau program semuanya berhasil ya.. Tadoain dech. Dear cici aku ga akupuntur. Jadi ga tau kalu di sby ada ga klinik yg bs akupuntur buat dukung program BT. Setauku di klinik hwato jl gubeng itu akupuntur tp kayaknya lebih ke fisioterapi buat penyakit ato anak2 yg downsyndrom. Ya mungkin teman2 lain bs bantu, tolong di share di sini buat cici ya. Aku wkt minum susu hamil juga diketawain sama suami dan ipar. Ha ha ha. Mertua aja sampe bengong. Cuek aja. Buktinya kan juga bs dukung untuk hamil kan..+ ya cici aku juga lumayan rutin minum asam folat. Bahkan sebelum BT. Cici berjuang ya. Kuncine cuma satu doa dfan ga boleh stres. Dijalani aja dgn ikhlas dan pasrah. Jiayou

  52. bintang

    @li eng
    wah selamat ya bu!!!aq seneng bgt bc km positif hamil,jangan kecapean ya..sementara jangan keluar rmh dl walau dekat,km dah mati2an tuk bs hml so mesti jaga yg bener..jangan mkn pedes ya,jangan naik turun tangga..aduh aq jd kyk nenek2 ya..hehe abis aq ikutan seneng bc km hml.sekali lg selamat yah,moga2 lancar semuanya smp melahirkan,ibu&bayinya sehat.

    @cici
    aq prnh bc dimjlh kesehatan kl akupuntur baik dilakukan sebelum proses BT krn akupuntur memperlancar aliran darah ke rahim.kl aq akupuntur di indrapura krn dkt rumahku,di pusat pengembangan akupuntur,tau kan?kl temanku di adi husada,blg aja pengen hamil..kl aq pengen hamil sekalian langsing juga…p
    cici sby nya mana?

  53. Eli

    Hi Li Eng,

    Selamat ya…aduh jd terharu juga, begitu baca cerita Li Eng, aku bayangkan kalau aku yang dikasih hasil positiff nya..aduhh senang nya…Li Eng jaga kondisi ya supaya mommy ama baby sehat sampe melahirkan..
    buat cici, aku mau ikutan minum susu juga ah…

  54. cici

    Dear Bintang
    aku tinggal di kalimantan, makanya gak ngerti dmn tempat akup di sby. minta alamat lengkapnya dong…
    tq.

    To Ely
    pasti langsung ngacil beli susu anmum, he..he..
    apapun di lakukan demi…………………

  55. li eng

    Dear bintang.. Aku emang seneng bgt. Semoga lancar semuanya ya. Bintang pasti cepat hamil juga kok. Satu hal yg harus ditanamin dari awal BT adalah keyakinan berhasil. Ga boleh ada pikiran negatif. Enjoy aja gitu lo :p

  56. bintang

    hi cici…
    RS Adi Husada jl.Undaan wetan 40-44.kl yg satunya jl.indrapura tp aq lupa no nya,ntar keliatan kok bangunannya besar gt,Pusat pengembangan kesehatan.
    oooh jd km tgglnya d kalimantan?tp yg aq tau seh akup jauh2 sblm BT(coba masuk ke google search akupuntur&kehamilan),emang km mau brp lama d sby?
    smoga sukses ya…..

  57. cici

    Dear Bintang
    tq infonya, emang sich harusnya jauh2 hr sblm bt sebaiknya akup dulu, tp di kotaku gak ada klinik akup, rencana ya 1 bulanan aku di sby, ya lumayan kalo bs sambil akup drpd gak sm sekali

  58. Henny

    to Li eng

    Selamat ya, benar ya dugaan ku kamu bakalan hamil, soalnya tanda2nya mirip ma ak, btw nilai b-hcg nya berapa? dr bhcg nya biasanya ketahuan apa embrio menemple kuat, di jaga baik2 ya semoga lancar ampe lahiran, doain ak jg ya biar kita sama2 lancar ampe lahiran.

  59. li eng

    Dear Henny. B HCG ku 234.. Dulu punyanya Henny berapa ? Moga babyku bisa tumbuh kembanh sempurna ya. Aku blm usg sich. Beberapa minggu lagi baru usg. Kadang masih deg2an juga mikir babynya. Ya aku berusaha positif terus mikirnya. Bantu doa ya Henny. Semoga babyku sehat dan tumbuh dgn baik. Thanx
    A

  60. mimie

    Hai Li Eng,

    Apa kabar? sudah mual2 yah? wah.. senengnya…
    Anyway, Aku sudah ketemu dokternya, dia bilang gak harus digantung kok setelah ET, gimana kitanya aja yang penting rileks gitu katanya, pertanyaanku ada yg belum dijawab loh, sebelum ET Li Eng rutin olah raga gak? aku maleesss bgt kl disuruh yg satu ini 😀

  61. li eng

    Mimie, emang bukan digantung mie, tapi posisi bednya pas kita tiduran kaki lebih tinggi dari kepala. He he he. Tapi kayaknya semua ini ga pengaruh banyak kok. Yang BT kan banyak yang stay semalam di RS tp ada yg ga jadi juga. Aku begitu 5 jam langsung ke kamar mandi, bersih2 terus langsung pulang. Banyak juga yg jalannya pelan banget, tp aku biasa 2 aja. Ya mie semuanya tergantung rejeki kayaknya. Aku ga olahraga mie . Justru sejak setahun ini aku usaha hamil, aku brenti aerobik sama sekali. Udah setaun ini ga olahraga. He he he. Ya doain ya babyku sehat.

  62. Henny

    to Li Eng
    hello, klu b hcg kamu 234 , termasuk bagus , berarti embrio nya menempel kuat di rahim. ak jg dulu msh suka deg2an seblum usg, malah setelah usg pertama aj msh deg2an, tapi pasrah dan berdoa aj,mudah2an hasilnya baik, klu ak dulu b hcg nya 557,90, makanya kembar, biasanya klu diatas 500 kemungkinan kembar, btw ak mo tanya dong kamu setelah ketahuan hamil tetap di dr auckynya ato pindah dr?

  63. li eng

    Henny, jadi babynya kembar ya ? Kembar dua ato tiga ? Dulu henny, embrionya dimasukkin berapa ? Kalu aku minta dokternya masukin dua aja, ini ga tau kembar atau satu aja. Yang penting sehat dan sempurna sich ga masalah :p. Emangnya boleh pindah ya Hen ? Aku sich blm tau. Nanti liat gmn dech. Kalu Henny gimana ? Mau pindah dokter mana ? Henny tinggal sby kan ? Umur brp ?

  64. Mimi

    Dear Li Eng dkk ‘lam kenal. Aku mimi di bali. Selamat ya atas keberhasilannya, tulisanmu bener2 memompa semangatku tuk ikut bt lagi. Li Eng dulu aku gak dikasi obat yg disemprotkan ke vagina stlh et. Apa itu metode baru?

  65. li eng

    Salam kenal ya mimi di bali. Moga sukses ya. Aku juga dikasih obat crinone itu mi.. Tapi ga semua orang dikasih. Kayaknya tergantung kasus masing2. Ya apapun yg ditetapkan dokter adalah yang terbaik. Mimi ikuti aja sambil doa ya. Pasti sukses ya

  66. Henny

    to Li eng

    Klu ak kembar dua, dulu embrio yg dimasukin jg dua, krn dari enam telur yg terbuahi cuma dua, puji Tuhan dua-duanya jadi , skrang ak udah 13 minggu, nnt siang mau usg 4 dimensi, ak di Jakarta, bayi tabung di BIC dgn Dr.Ivan, btw Li eng kpn USG pertama? smoga baik2 ya, klu ak skrang msh ma Dr Ivan, gak tau deh nanti klu mau lahiran

  67. novy

    Hi Lieng…
    Salam kenal ya.
    Saya jg lagi ikut program BT di Klinik Permata Hati RS. Sardjito, Yogya. 2 hari lagi menunggu pemeriksaan urin, utk mengetahui hamil atau tidak. Sebelumnya selamat ya atas kehamilannya, puji Tuhan d..akhirnya berkat itu datang :). Setelah aku ET, ga bergerak kira2 2 jam-an, trus di pindah ke ruangan. Tiap institusi memang berbeda, tp prinsipnya sama aja. Saya juga di kasih crinone lwt vagina selama 2 mg. Dokter embriologistnya bilang pada prinsipnya setelah ET adalah istirahat dan rileks, seterusnya banyak berdoa.

  68. Radiah

    Hello Novy,
    Salam Kenal,
    Saya Doakan semoga proses BT novi berhasil. Saya juga minat Ikut BT di Klinik Permati Hati R.S Sardjito Yogya, 3 bulan lalu saya inseminasi disana tapi gagal. Saya mau nanya nich berapa lama proses BT mbak novi dan biaya BT semuanya berapa? Soalnya saya dari Kaltim jadi perlu siap-siap gitu. Aku dulu ditangani Dr. Amino saat insem

  69. li eng

    Dear novy… Sukses ya. Semoga hasilnya bagus. Jangan khawatir. Serahkan semua pada Tuhan. Can’t wait for good news :p

  70. novy

    To Li Eng,
    Makasih supportnya ya, sama2 saling mendoakan 🙂 That’s right, can’t wait for good news…..hehehe
    To Radiah, salam kenal juga….
    Pada setiap kasus dan biaya BT dan lamanya proses berbeda2, dokter akan melihat kasusx. Kl pengalaman saya di Sardjito, saya mulai dari tgl 4 April konsul dulu. Kemudian pada hari ke3 or 4 haid dtg kembali, dan mulailah program BT. Saya memakai cara ICSI, short protokol dg Prof. Anwar. Sampai sekarang kira2 1 bulan. Biaya sampai sekarang blm tau totalnya berapa, tp saya dah DP sekitar 22jt.Begitu pengalaman saya, kl Mba mau ty2 boleh kok 🙂

  71. novy

    Dear Li Eng…
    Hari ini saya tes urine, tp tnyt hasilnya masih negatif :(. Kita masih berpikir positif dan terus berdoa. Kt dokterx tunggu seminggu lagi, di cek kembali. Sampai sekarang sih belum mens, semoga jadi d :). Waktu dl, Li Eng tes kehamilanx lwt pemerksaan darah? di cekx pas berapa hari dari HPHT? Saya dl HPHT tgl 8 April.Thx ya…

  72. li eng

    Dear novy jangan sedih ya. Berpikir positif aja, kan blm haid juga kan ? Masih ada kemungkinan berhasil. Coba dech novy tes darah spy lebih jelas. Jadi bs tau brp kadar b hcg nya. kalu lebih dr 100 udah positif kok. Walupun mungkin kadang lewat urine blm kelihatan. Aku test darah emang dijadwalin dokternya 10 hari setelah ET. 28 hari setelah HPHT. Coba novy ke lab aja ya spy pasti. G’luck

  73. nov

    Dear Li Eng, salam kenal. Aku dari Jakarta.Selamat yah atas kehamilannya,moga2 nular ke aku :p kmrn ini aku konsultasi pertama di sby dgn dr aucky n pas hari itu aku liat 2 org yang hasil tes darahnya positif. Apa li eng pake sweater/bolero kuning yah?? Bln ini aku baru akan mulai long protokol ama dr aucky krn aku punya miom dan kista. Pertengahan bln ini baru suntik suprefact n bulan depan aku baru ke sby. Aku mau nanya soal kost atau apartemen yg tidak terlalu jauh dari rs siloam, yang tempatnya tenanglah,soalnya aku kan mesti tinggal sebulan disana. Apa li eng bisa membantu memberikan informasi kost atau apartemen yg bisa disewa bulanan?? thanks ya

  74. li eng

    Dear Nov, tenang aja pasti hasilnya positif ok ? O ya kapanan aku ke aucky, aku pake baju coklat tua model gombor soale perut lg gede2nya. He he he. Kalu ga salah , aku pernah denger dr aucky juga ada tempat yg bs dijadiin kost nov. Aku sich ga berapa ngerti juga soalnya aku punya rumah di sby jadi wkt program ga nge kost. Tolong teman2 yang ada info, beritahu Nov ya. Selamat berjuang ya

  75. cici

    to Nov
    di dkt siloam ada bbrp tempat kost, yg aku tau di jl. jawa no 22, disini nov bs ambil harian dulu, kalo udh cocok bs sekalian kost.
    kalo mau booking silahkan telp 031-5044570.
    ada jg di jl sumbawa, tp sy gak tau no telpnya. ntar klo sy udh dpt info ya..

  76. dhieta

    hai li eng…aku juga akan menjalani proses BT di siloam next week..aku udah 5 tahun menikah n belum pernah sama sekali hamil…so melakukan BT ini emang keputusan terberat,bukan hanya masalah materi/ biayanya tapi ada efek psikologisnya…kita sebagai manusia tetap berusaha…gagal ataupun berhasil semua pasrahkan sama yang Kuasa…buang deh rasa ganjalan dalam hatimu …karena itu akan empengaruhi efek psikologismu…smoga berhasil ya li eng….

  77. li eng

    Dear dhieta moga sukses ya. Memang benar, tak perlu kita terlalu terbeban. Mari berpikir positif aja. Aku yakin semua yang terjadi di dunia sudah digariskan sama yang di atas. Kita berusaha tapi Tuhan jualah yang menentukan. Pasrahkan segalanya dan tetap bersyukur dalam hal apapun. Sukses ya …

  78. dhieta

    eh li eng…apa emang ya kita habis ET harus mengkonsumsi susu hamil,seperti yang kamu bilang…trus makan telur sebiji pagi hari,minum vit e dan asam folat(jenis apa). Jam 10an makan buah..trus makan tim ayam pakai angcau dan kichi ya…jadwal itu semua kamu buat sendiri apa dari dokternya??aku malah belum tau tuh…eh selamat ya li eng…aku sampai terharu..semoga lancar sampai melahirkan

  79. li eng

    Dear Dhieta… Berdasarkan pengalaman dari teman2ku yang juga berhasil, semua ga ada yg sama. He he he. Yang bareng aku program, malah makan kayak biasa. Ga minum vitamin juga. Malah abis ET jalan2 terus. Cuma aku kan kurang fit badannya, makanya aku banyak minum vitamin sama minum susu spy ga batuk pilek atau sakit lain. Jadi semua tergantung kondisi masing2 sich. Temenku dulu ada yg makan gizi tinggi kaya salmon aja gagal. Jadi kita ga usah parno. Makan aja yg bergizi, yang dhieta suka. Kuncine santai dan ga boleh stres. Doa yg kenceng ya… Kabar2i lagi ya

  80. li eng

    O ya dhieta. Semua makan dan minum aku atur sendiri. Jadi bukan sarannya dokter. He he he. Asam folat kan banyak di apotek. Merk apa aja ada kok.

  81. dhieta

    aduh li eng………makasih banyak ya informasi juga doanya ….iya nih,aku lagi kethir2…tapi tetep semangat..lagi rajin browsing internet cari topik BT juga…oh ya kamu waktu ET di rumah sakit mana??siloam juga??trus yang melakukan tindakan dokternya sapa???apa dokter Aucky n tim??aku minggu2 ini suntik,karena dijadwalkan tanggal 22 mens..

  82. li eng

    Aku di siloan juga sam dr aucky. Cuma yg OPU sama ET itu dr hendro pramono. Ya dhieta tenang aja. Pasti positif kok sepanjang pikiran kita juga positif. Ok ?

  83. li eng

    Dear all… Beberapa hari lalu aku udah usg ke dokter. Puji Tuhan babyku sehat dan berkembang dengan baik. Udah ada denyut jantungnya yang kuat. So, teman2 semoga sharing pengalamanku ini bisa memompa semangat teman2 untuk terus berusaha. Aku doakan program teman2 juga sukses dan cpt dapat baby yg jadi dambaan kita semua. Tuhan berkati

  84. cici

    to Li Eng & yang lain..
    Aku kmrn ET,sebelumnya aku minum air byk banget,pas ET pas lg kebelet banget, sampe sakit wkt suster naruh alat usg di perutku, trus bgt masuk kmr aku ngompol di pampers tp keluar dikit2 gak bs tuntas gitu, setelah 5 jam aku bangun n pipis d kmr mandi pipisnya jg gak tuntas, sakit banget sampe menggerakkan kaki aja aku kesakitan, tiap 10 menit aku turun dr ranjang untuk pipis k toilet tp tetap gak bs tuntas n sakit banget, perutku sampe besar, jam 1 mlm akhirnya aku di kateter, & keluar urine 800cc, rasanya lega banget.
    Aku yg minta di kateter krn gak kuat nahan sakitnya tegang di perut, lebih baik sakit sebentar drpd sakit 16 jam.
    Yg bkin aku kepikiran aku sering banget turun dr tempat tdr ke toilet, mestinya khan gak boleh byk gerak.
    Ada yg punya pengalaman kayak aku gak ya?

  85. li eng

    Dear cici… Kok kamu ga mau ngompol sampe abis di pampers aja ? Emang sich agak susah tapi aku maksain dalam 30 menit jadi tuntas semua. Memang kalu kencingnya blm keluar semua perut pasti sakit. Udah dech gpp.. Cici doa aja ya. Pikiran yang positif. Dijalani rileks jadi bayinya tumbuh dan nempel dgn baik.. Don’t worry ok ?

  86. cici

    to Li Eng
    aku udh coba keluarin semua tp gak bisa, mungkin kantong kemihnya tegang banget mennampung urine sebanyak itu, jd gak elastis lg.
    iya, aku berpikir positif aja, doain aku ketularan kamu hamil jg ya..
    Li Eng hbs ET makan makanan apa aja? n ada masalah gak dgn BAB, sy sampe skrg blm BAB pdhal udh makan agar2 n buah.

  87. li eng

    Ci, tenang aja, kalu emang udah rejekinya pasti dapet dech.. Jadi kmu harus yakin ya. Ga usah khawatir dan takut berlebihan. Justru aku liat teman2 yg rileks yg pada berhasil semua. Tadoain dech. O iya ci aku malah selama program BT sampai skg ga pernah masalah sama BAB. Apa belakangan Cici makannya dikit ? Kalu bisa tetap makan nasi sayur jadi banyak serat. Dan jangan lupa pepaya sama pisang. Top banget itu. Lancar tiap hari . Percaya dech. Jangan pake pencahar ya. Takutnya kontraksi bikin babynya jatuh. Minum air yang banyak. Aku abis ET makan kayak biasa. Cuma ditambah susu hamil tiap hari. Moga sukses ya…

  88. Cynthia

    Haii…Li Eng.
    Nice to meet U…namaku Cynthia, 28 th. Aku juga 3 bln yg lalu baru menjalani BT (ICSI). Aku programnya di Siloam Hospital Kebon-Jeruk Jkt. Aku lebih lama lagi, harus tiduran selama 6 jam loh, dan aku bedrest selam 2 hari di RS juga. Aku sih sempat positif, tetapi … continued in post tes darah positif tapi 7 hari kemudian pendarahan hebat.
    Aku juga di suruh DR istirahat dari obat-obatan (hormon) untuk detoks, dan aku akan menjalani lagi Program BT yg ke-2 tahun ini juga hehehe…semangat!

  89. nov

    Dear cici, thanks ya atas info kostnya. Mudah2an cici hamil yah.

    Dear Li Eng, anaknya kembar nga li??oh berarti aku salah liat orang waktu itu.

  90. li eng

    Dear nov, babyku satu… Ga jadi kembar.. He he he.. Tapi justru team dokter mensyukuri karena dengan bhcg seperti itu menunjukkan bayi yang kuat dan sehat. Puji Tuhan atas berkatNya.. Baby juga berkembang dgn baik ditunjukkan detak jantungnya yang kuat.. Moga Nov juga menyusul ya.. Tenang aja pasti positif.

  91. tini

    Hai mbak cici lam kenal…mbak aku jg perna ngalami seperti itu habis et hampir 2jam aku ga bs kencing ampe aku nangis krn perut rasanya penuh dan sakit sekali,akirnya aku panggil suster dan tempat tidurku d turunkan (kepala ama kaki sejajar)aku d kasih wkt 30 menit,tp ampe waktunya habis msh jg ga bisa kencing,br 10 menit berikutnya aku bs kencing.bgt waktu berbaring 5jam habis aku lsg k kmr mandi untuk kencing tp perut ini rasanya msh sakit dan setiap 30 menit aku turun dr tmp tidur untuk kencing,alhamdulillah aku ttp berhasil dan sekarang aku hamil jalan 4 bulan babyku kembar, yg penting kita ttp positif thinking dan tdk putus berdoa . aku opu tgl 9maret dan et tgl 14 maret 2009 d RS siloam sby. buat li eng apa kita perna ktm ya selama d rs krn kita masuk program hampir berbarengan ?

  92. junita

    Hai semua,, senang banget bs join di sini.. Infonya membuat semangat. Terutama Li Eng.. Selamat ya.. Membaca kisahmu sangat memotivasi.. Saya jg ikut program BT di siloam sby.. Tgl 24may yl ET.. Doakan ya teman2 semoga sy mengikuti jejak teman2 yg berhasil.. Buat Li Eng.. Pd saat test HCG langsung cek lewat darah ya? Trus, sehabis ET payudara agak membengkak ga sih?badan agak meriang gitu?Thanks ya infonya.GBU

  93. li eng

    Buat Tini… Selamat ya babynya udah 4 bulan… Kembar lagi.. Moga lancar sampe lahiran ya. Kalu ketemu sich sama Tini kayaknya gak ya.. Soalnya saya mulai program di siloam 1 april :p sedangkan tini kan udah et 14 maret.. O ya mbak, pernah ada rasa kram2 gak di perut bawah ? Saya kadang terasa ada kram yang hilang timbul. Jadi ga menetap. saya tanya ke dokter katanya itu pembesaran rahim, jadi otot2nya berkontraksi. Mbak Tini bs cerita ga pengalamannya ? Thanx

  94. cici

    to Nov.
    makasi ya atas doanya, amien..

    To Tini..
    Wah selamat ya udh berhasil hamil, kembar pula. mudah2an sy jg ketularan ya walaupun sempat punya mslh dgn susah pipis.
    oh ya wkt tes darah bhcg nya tini brp? ktnya kalo kembar bhcg nya tinggi ya?

  95. li eng

    Dear junita… Aku waku cek bhcg memang langsung melalui darah. Biasanya untuk tau positif apa gak, dokter cek beta hcg dan progesteron dalam darah kita. Keduanya saling mendukung satu sama lain. Jadi harus sama2 tinggi atau bagus nilainya. Kalu aku mulai dari pematangan telur , beberapa hari sebelum OPU payudaraku sudah membengkak sampai dinyatakan hamil. Setelah hamilpun masih membengkak tetapi perlahan agak berkurang sakitnya. Tapi tetap lebih sensitif rasanya. Kalu junita meriang itu tanda hamil lo.. Bener. Aku beberapa hari setelah ET suhu badan meningkat sampe 37 derajat. Ga turun sampe skg. Padahal dulu kalu ga hamil, suhu badanku paling 35,5 sampe 36. Moga berhasil ya.

  96. Cynthia

    Dear li eng & Junita…
    Salam kenal semua. Wah itu sama bgt, aku juga waktu setelah ET, badan rasanya meriang, payudara membengkak, plus rasanya dari pinggang ke bawah itu pegal2, jadi kadang2 aku ga bisa tidur loh. Oia aku juga jadi mudah berkeringat. Nah kalau mudah kepanasan itu hal yg wajar ga ya?
    Dari baca cerita kalian, ternyata reaksi setelah ET itu rata2 sama yah. Dulu aku pikir itu terjadi padaku aja. Next time aku kan sudah tau bahwa reaksi itu hal yg wajar.
    Special u/ Li eng, semoga kamu sehat selalu sehat yah.

  97. li eng

    Thanx ya cyn… Moga kmu juga berhasil ya kelak. Jangan menyerah ya.. Keep fighting :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *