Apa perlu membatasi kegiatan setelah insem – Tisa

Hai semua…. siang tadi (jam 11) saya di-insem di klinik permata hati rs sardjito – jogja. saya ditangani oleh dr amino. oh ya, ini insem pertama saya… karena masih pengalaman pertama… saya pengin tahu nih..kalo habis di-insem perutnya terasa gimana ya? perut bagian bawah saya terasa agak nyeri..seperti orang yg nahan kebelet pipis… apakah seperti itu rasanya ya..?

Trus..tadi saya juga nanya ke dokter..apakah saya harus membatasi kegiatan mengingat saya termasuk perempuan yang banyak beraktivitas di luar ruang. …tapi dr amino bilang.. ”aktifitas seperti biasa.. yg penting jangan sampe stress… karena stress akan memperburuk kondisi pembuahan..”.

Mohon masukan dan sarannya dong… soalnya saya sendiri juga punya rencana long-weekend ke malaysia minggu ini (tiket udah dibeli sejak beberapa bulan lalu)… bingung nih, apakah saya harus membatalkan tiket airasia yang sudah terbayar.. ataukah tetep jalan…

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (11 votes, average: 2.82 out of 5)
Loading...

166 thoughts on “Apa perlu membatasi kegiatan setelah insem – Tisa

  1. Radiah

    Hai Tisa, Salam kenal saya Radiah. saya juga dulu pernah ikut program insem dg Dr Amino RS Dr Sarjito. beberapa hari setelah Insem saya kemudian kembali ke Kaltim. Ternyata saya gagal saran saya sebaiknya jangan bepergian jauh apalagi bila dibarengi banyak aktifitas. Tapi dengar2 tergantung kondisi fisik masing2 ibu juga

  2. Ima

    Hallo Tisa, salam kenal. Sy Ima, pd bulan jan 2009 sy jg ikut program insem di Permata Hati Sarjito dgn Dr. Hasto Wardoyo. Wkt itu habis insem mmg agak terasa sakit, Tp cm sebentar aja. Wkt itu Dokter menyarankan sy hrs byk istirahat, Kalo perlu bedrest. Jg gak boleh stress. Maka sy ambil cuti 1 minggu. Tp Insem wkt itu gagal.Sedih bgt deh rasanya. Mmg blm rejeki saya. Selang 3 bln kemudian, sy dpt kejutan, Dokter menyatakan sy hamil, malah wkt itu tanpa obat dan lewat pembuahan normal, Tp lagi2 sy hrs diuji, Karena kecapekan di kantor,Kehamilan sy hanya berlangsung 8 minggu.Sedih bgt rasanya…!Dunia terasa runtuh. Dan dokter menyarankan sy boleh merencanakan hamil lg setelah 3 bulan. Menunggu lagi,sambil berdo’a smg Allah memberi yang terbaik. Jadi saran sy utk Tisa, sebaiknya jgn bepergian jauh dulu. Apalagi naik pesawat, sebaiknya jangan dulu deh!

  3. Farida O. Brava

    @hai Tisa

    apa yg di bilang sm mb radiah bener, kayanya di kurangin kegiatannya kl dah niat mau insem.. temen aku jg ada yg insem 2x ggl, krn hbs insem dia balik lg ke balikpapan.. duh nyesel nya ga ketulungan kalo gagal, krn dia nikah sdh 8 thn…

  4. tisa

    dear radiah & farida….

    makasih masukannya yaaa…beberapa temen juga menyarankan untuk nggak pergi-pergi…
    dan kalo bisa malah bedrest…masalahnya, sehabis di-insem pun saya cuma berbaring 15 menit dan setelah itu balik ke kantor lagi. sorenya malah nganterin bapak berobat/kontrol ke rumah sakit pasca operasi…

    akhirnya, sekarang saya cuma bisa berserah diri dan percaya pada yang berkuasa atas kehidupan…sambil menjaga kondisi badan supaya tetap fit..dan menjaga pikiran supaya tetap relaks…

  5. Anastasia

    Halo, tisa. Sy tasya, lam kenal ya..
    Tisa, sy juga baru diinsem di jkt minggu lalu. Sy juga sempat tanya dokter, apa hrs bedrest. Dokternya jwb gini, ga perlu, cuma jgn terlalu aktif aja seperti OR yang berat2, dll. Malah doknya bilang gini, insem tuh ga beda jauh dgn kita ML, coba pikir apa setelah ML kita perlu bedrest? Gitu katanya. Trus sy bilang kalo yg bedrest meningkatkan persentase kehamilan ga? Dok jwb, ga ada hubnya bedrest ma persentase kehamilan. Kl yang meningkatkan persentase kehamilan itu tergantung kondisi kita masing2.
    Saran saya, Tisa nyantai aja, kalo gara2 kepikiran harus bedrest tapi Tisa ga bedrest nti Tisa jadi stres sendiri. Nah kalo stres sih pengaruh banget buat pembuahan, katanya. Sy juga ga bedrest cuma istirahat 3 jam, udahnya langsung pulang ke Bdg. Percaya aja, kalo Tuhan udah ijinin kita hamil, pasti jadi deh.
    Kapan hasilnya keluar? Kita sama2 saling doain ya. Goodluck.

  6. tisa

    dear anastasia…

    salam kenal ya..wah senengnya, dapat dukungan… iya, aku juga pengin berpikir yang logis. dari beberapa tulisan hasil browsing…sebenarnya bedrest habis insem tuh cukup 10 menit aja (aku baring 15 menit)..karena proses pertemuan sperma dan sel telur akan terjadi dalam waktu 5 menit setelah di-insem… artinya, menit2 berikutnya…Tuhan-lah yang mengatur…

    ngomong2 ini adalah hari ke-3 setelah aku insem. tadi pagi, waktu mandi..kok di clana dalamku ada flek yg agak gede ya… sialnya, aku pake clana dalam warna coklat tua..jadi gak bisa tahu persis flek-nya warna apa…

    ada yg ngalamanin flek setelah insem nggak? bagi-bagi pengalaman dan infonya dong…

  7. regina

    dear all

    aku lg rencana mau insem periode ini ama Dr Wachyu (RS Bunda Menteng). sebelumnya aku udah LO ama beliau, saluran telur kananku diangkat karena udah infeksi. yang kiri berhasil diselamatkan..

    sebenernya proses untuk insem itu gimana yah? obat apa aja yang diberikan? kemungkinan berhasil berapa persen sih?

  8. loe-she

    @regina
    mungkin disemua dokter itu semua insem sama lah kurang lebihnya… cuman permasalahan yg paling besar itu biayanya. klo di abdi waluyo dr karel biaya insemnya ga gitu mahal dan dia ga pake suntik2an biasanya dikasih minum obat2 utk besarin telurnya. kemarin itu aku 2xinsem+1kali suntik pemecah telur 3.2jt udah sama biaya konsul dan cuci sperma.

  9. Wahyuni

    iya orang bilang kalo habis insem gak boleh capek2……dulu aku insem juga di Sg…..berhubung pingin jalan2, habis dech lgsg jalan2 sampe malam & gagal.
    Tapi memang ada 1 hal yg diluar kuasa dkter / manusia….Rahmat dari Tuhan, jika memang sudah waktunya Dia menitipkan ke kita, pasti di kasih…….tapi sebagai manusia gak salah jika kita berusaha….keep spirit…:)

  10. Anastasia

    @ Tisa, gmn kbrnya? Udah ga ngeflek lagi? Sy sih stlh insem ga keluar flek, cuma keluar sedikit lendir ky keputihan gitu. Sy juga ga sempet tanya dokter krn sy udah keburu plg Bdg. Mudah2an aja flek km bkn masalah berat ya.

    @ Loe-she, ketemu lagi ya, he he.. Mo tny dulu stlh Loe She insem ada keluar spt keputihan gitu ga? Tp ga setiap hr, cuma 1 hari aja setelah krg lbh 1 minggu insem. Thx infonya ya..

  11. loe-she

    @anastasia
    klo g dulu enggak tp setelah 3 hari emang ada keluar spt keputihan… kayanya itu sperma yg mati kali… kan udah lama di dalem… kan sperma hidupnya 3 hari…

  12. tisa

    dear anastasia & loe-she

    hhmm..bisa jadi flek yg kualami itu merupakan sisa sperma yang mati…sayangnya aku pake celana dalam warna gelap (coklat tua) jadi nggak bisa mengenali warna flek-nya…setelah itu nggak keluar lagi kok…

    sekarang aku udah masuk hari ke-7 setelah insem..
    bagi-bagi cerita dong…seminggu setelah insem itu kondisi badan terasa gimana sih? biasa2 aja seperti keadaan sebelum insem..ataukah ada perubahan hormonal (walopun blum ketahuan pembuahannya sukses atau gagal)..dan perut terasa seperti apa?

    hayo..anastasia..bagi pengalaman hari2mu paska insem ya…? kamu kan seminggu lebih duluan insemnya? eh..berarti ini dah minggu ke dua ya? semoga berhasil ya…

  13. tisa

    @ ima

    maaf..kelewatan membalas komen-nya…sebelumnya turut berduka ya, ima..Tuhan pasti punya maksud tersendiri dengan ujian yang diberikan…percaya deh..akan terjadi kehamilan berikutnya…

    ima..ceritamu membuat saya semakin yakin bahwa kehamilan dan kelahiran adalah kuasa Tuhan…

    jadi..ayo ibu-ibu calon ibu…jangan tegang dan stress…yg tenang dan berserah…karena ternyata Tuhan justru memberi di saat kita tidak gelisah..di saat jiwa kita tenang..

    semoga kita semua berhasil ya…

  14. loe-she

    @tisa
    tisa kayanya kamu insemnya jadi deh soalnya denger dari orang2 bilang klo keluar flek dan cuma sekali itu pertanda ada embrio yg nempel di rahim. waktu g insem dulu enggak flek tuh trus gagal. mudah2an bener deh ya… hehe

  15. tisa

    @loe-she

    tentang flek itu sebagai pertanda embrio nempel di dinding rahim, menurut yg pernah kubaca, biasanya terjadi pada hari ke 7 – 10 setelah pembuahan…temenku ada yg mengalami flek pada hari ke-5 setelah di-insem..tapi ternyata hasilnya tetep negatif…
    jadi..lagi2 kuncinya hanya bisa berserah…

  16. jeni

    hello Lus..pa kabar ?

    Gak ketemu lagi di Karel, bagaimana perkembangannya ?

    Gue baru insem ke 2 di Karel, aneh deh biasanya karel selalu kasih obat, kok kali ini gak dikasih obat sama sekali seh ?
    Ada senengnya dan sedikit aneh..senengnya ya gak usah makan oradexon ( yg bikin gemuk ).
    Dan insem kali ini gak kerasa apa2, jadi deg2an ..jadi apa engganya…
    Insem yang pertama, ada flek dan kayak mau mens gitu.

  17. tisa

    @loe-she…

    menurut yg pernah aku baca…flek tanda kehamilan itu biasanya keluar pada hari ke 7-10 setelah terjadi pembuahan…

  18. loe-she

    @tisa
    masa sih… bukannya klo hari ke7 itu udah ketauan klo testpack?? nempelnya itu disebelumnya… ya sudah deh berserah aja… nanti 2 minggu lagi sabar aja…

  19. ika

    Hi..salam knal.aq Alahamdulillah hbs insem pertama kali tgl 15 agst’09 di banjarmsn..alhamdulillah lancar.emang agak perih wkt masukin alat+nglepas alat insemnya.hbs itu agak nyeri2 dikit..tp kt dokternya gpp,itu krn obat sperma wkt d washing kan sperma perlu makanan supaya bertahan d luar mr.P hehehe..mlm stlh insem aq d suruh pakai obat cygest yg cara pakainya di masukin lwt pantat jd bkn obat mnm cuma sehr 1x tiap mlm
    Mslh bedrest,aq d suruh bnr2 bedrest 3 hr(segala aktifitas d lakukan d t4 tdr kecuali buang air) dan ga boleh jln2,ga boleh jongkok,untung closetku duduk hehehe..dokter nyarankan selama 1 minggu ndak boleh aktifitas berat2&ga boleh angkat2..selang 21 hr stlh insem br cek darah itu lihat berhasil/tdk insemnya..mdh2an berhasil tisa &aq berhasil yaa..amin

  20. Ima

    Hai Tisa, gmn kbrnya pasca insem? semoga berhasil ya? Pokoknya banyak berserah diri aja deh! Memang smua tak lepas dari kuasa Allah, kita hanya wajib berusaha dan tawakkal. Oh ya, boleh gak minta alamat email Tisa? ato bisa ngobrol via YM.

  21. tisa

    @loe-she
    mungkin biar lebih jelas…bisa klik link berikut..
    http://www.surebaby.com/pregnancy_due_date_calculator.php
    di situ ada skema penghitungan kalender..masukin aja tanggal berapa waktu kita dapet mens terakhir (hari pertama mens…) dan pilih periode siklus bulananmu…setelah itu ntar ada informasi kita sedang berada di minggu ke berapa.

    dari perhitungan itu aku berada di minggu ke-4 (atau kalau hamil beneran usia kandungannya berarti 3 minggu)…aku mens tgl 28 juli 2009…dan di-insem tgl 11 agustus 2009..(14 hari setelah mens pertama)

    pada minggu ke-4 ini, sebenarnya kita udah boleh testpack…cuman aku masih takut niy..ntar aja deh..minggu depan…aku juga udah mulai ngerasa males dan mual kalo pagi,,malah sempet vertigo hebat dan langsung muntah-muntah…tapi kalo siang (setelah jam 12) rasanya sehat wal-afiat..malah fit kayak paginya nggak berasa apa-apa…

    cuman..aku juga takut..jangan-jangan itu cuma sugesti orang yg udah pengin hamil..hehehe

    @ima : emailku di surebaby2010@yahoo.com ..sengaja bikin email itu..yakin dan optimis bakal nglahirin baby tahun depan dan hamil tahun ini…i hope…

  22. tisa

    @wahyuni…
    aku di-insem di jogja..tapi 4 hari setelah insem jalan-jalan ke KL – Johor – Singapore..tur 3 kota selama 3 hari..hehehe…pada saat itu dan sampe hari ini aku berusaha meyakini bahwa Tuhan lah yang berkuasa atas kehidupan…jika sperma suamiku diijinkan hidup di rahimku..pasti ia akan menjadi anak jagoan karena habis insem udah diajak jalan2 sama emaknya..hehehe…

    selama backpacking itu, aku nginep di hostel yang sempit dan berada di lantai 2..dan kalo sarapan harus naik lagi ke lantai 4..aku juga sempet vertigo dan muntah-muntah di kamar hostel (untung ada kantong plastik)…

    jika ternyata nanti insem pertamaku gagal..aku nggak ingin menyalahkan traveling/backpacking-ku ke KL-Johor-Spore..orang bijak berkata: jangan mencari kambing hitam atas kegagalan…

    tapi jika berhasil…tentu semua memang sudah diatur sama yang di Atas..

  23. loe-she

    @tisa
    wah enak donk jalan2nya… emang lo abis insem langsung jalan atau besoknya???? ya g doain jadi deh… trus testnya jgn testpack mending yg lasng ke lab test beta namanya. jadi lebih akurat lagi meski hcgnya masih sedikit udah bisa ketahuan..

  24. tisa

    @ika
    berarti hari insem kita berdekatan ya…selisih 4 hari..aku tgl 11 agustus dan kamu tgl 15 agustus..sejauh ini gimana yang kamu rasakan?

    duh, dokter kita beda saran ya? dokterku (dr amino – klinik permata hati rs sardjito jogja) nggak nyaranin apa2 selain nggak boleh stress. katanya, aktivitas seperti biasa yang penting jangan sampe setress. habis di-insem cuma disuruh baring 15 menit dengan posisi bagian pantat diganjal. setelah itu aku nanya, “habis ini harus ngapain, dok? saya nggak boleh apa aja?” dan dr amino bilang, “beraktivitas seperti biasa, jangan sampe stress”. malah, waktu itu pulang dari klinik aku dibonceng suami pake motor..dan sorenya nganterin ayahku periksa ke dokter…

    moga-moga usaha kita dan juga temen2 lain berhasil ya…mari sama2 menyemangati dan menyebarkan aura optimis..semoga Tuhan mendengar…

  25. tisa

    @loe-she…
    aku ke KL 4 hari setelah insem…kebetulan semua tiket udah dibeli beberapa bulan sebelumnya. kalo kami batalin tiket dan ternyata nanti insem-nya nggak berhasil…berarti kami jadi 2 kali stress. udah duitnya ilang, gak jadi hamil pula. makanya kami mutusin tetep jalan, biar tiketnya nggak hangus sekaligus refreshing. jadi kalo nanti aku mens..nggak akan terlalu down. bukankah dokter bilang…keberhasilan insem ini hanya sekitar 10-20%..? selebihnya, yang 80% adalah kuasa Tuhan…

    semoga perjuangan kita akan mebuahkan hasil ya lus…

  26. Citra

    Hai tisa! Salam kenal yaa…
    Klo blh tau, alasan medis kmu ikt insem ini apa???
    Rncna ak jg mw knsltsi ma dr.amino, tp takut kl dSuruh BT b’hubung tuba kiriku t’sumbat
    Makacih..

  27. loe-she

    @tisa
    tisa aku mau tanya donk… waktu kamu insem kondisinya pantat sudah terganjal atau setelah insem selesai baru diganjal.. soalnya waktu g insem kemarin cuma tiduran doang ga pake ganjel2an segala.. nanti klo g insem lagi g bawa bantal sendiri aja kali trus ganjel sendiri hehehe bantuin si sperm supaya cepet sampe ke telurnya hehehe
    trus tis kamu insemnya di jogja ya??? tinggal di jogja tis???

  28. tisa

    @loe-she
    sebenarnya bukan diganjel tp bed-nya yg dinaikin..sehingga posisi pantat jd lebih terangkat..kayaknya bed-nya emang ada setelan buat naik-turun di bag tengah..proses ini dilakukan stl di-insem..dgn posisi kaki boleh lurus ato dilipat..

    iyah..aku emang tinggalnya di jogja kok..

  29. Fina

    Hallo loe she and teman2 yang lain…wah…semua pada baru selesai insem yach…..semoga pada berhasilyach..
    Aku sendiri kemarin insem tgl 23 Juli 09 dan tgl 6 Aug 09 aku M….hhhuuuuuhhhh…sedih deh..:-((
    Belum dikasih kercayaan u/ jadi ortu nich sama Yang Di Atas…so sekarang aku pasrah aja deh klowaktunya tiba pasti dikasih dan harus tetap berusaha apakah itu alami or insem lagi. Skrg aku sich tetap kontrol ke DSOG karena aku ada PCO dan Puji Tuhan sdh 3 bln ini aku tdk minum penyubur dan telur gede alami,sukses yach buat yang lg H2C…

  30. tisa

    @fina
    salam kenal ya..jangan patah smangat ya..gagal insem kali ini pasti dilanjut keberhasilan..

    ngomong2 boleh nanya ya..selama two weeks waiting dan akhirnya M itu..ada gejala2 apa aja yg terasa..ato malah sama skali gak berasa apa-apa..pls share ya..

  31. Rara

    Hi all..
    Slm kenal..aku jg br insem tgl 29-30 juli kemaren. Sampai hari ini belum M jg, tapi minggu lalu sempet test pack negatif.
    Tisa gmn?sdh ada check blm?

    @loe she : gmn programnya?Telurnya sdh ok semua blum?
    Btw loe she,kamu pake program BT yang di dr Karel apa yg ICSI di Gading Pluit?
    Btw klo boleh tau,sampai saat ini total biayanya sdh berapa?
    Smoga diberi kelancaran ya& sukses..

    Buat semua..never give up..terus berusaha & berdoa..Good luck

  32. loe-she

    @rara
    ra aku belum rencana BT masih pikir mau insem lagi.telur ku belum oke soalnya masih belum cukup besar utk di buahi tp dokter cm bilang bagus2 telurnya ada banyak sabar aja tunggu besar sedikit lagi. gitu doang kata dokter:(. kan kamu di karel jg kan. trus kamu udah pernah insem berarti kamu bisa BT sama dr karel ga perlu ke gading pluit, klo aku BT jg ga perlu ke gading pluit soalnya sperm suami udah cukup buat insem berarti buat BT di karel jg ud bisa kecuali di bawah 3 jt baru mesti ke gading.

  33. loe-she

    @tisa
    wah rumah sakitnya enak jg ya.. klo di abdi waluyo cuma tiduran doang ga pake diangkat2 nanti ah g mau usulin biar spermanya ga usah cape2 jalan g anterin sampe ketelurnya heheheee. skrng kamu tanda2nya apa nih???

  34. loe-she

    @fina
    wah fin sama donk kita kemari ini waktu aku insem pertama tuh setelah sekian lama ga ke dokter pas kedokter ada telur yg gede lsng deh disuruh insem sam dokter tp sayang ga jadi. makannya skrng lg minum penyubur biar telurnya lebih dari satu. skeng pas di usg udah ada sekitar 6-an deh yg ukurannya 10mm mudah2an semuanya gede biar peluang insem semakin besar hehehe kemarinkan 1:sperma skrng mudah2an bisa bertambah 6: sperma hehehe

  35. thin

    Salam kenal semua,
    klo aku rencana dah mau ke2 insem,dulu yg pertama ga2l di batam,skrg aku ikut suami krj di malays so mo coba insem insyaallah bln 10 minta doanya ya..semua.dgn dr,tan di klinik england,tp dr.jg saranin laparoscopy krn ada endometriosis 1,4cm.tp insem boleh jg,nah bingung dah.
    Mnrt pengalaman ke dr2 di mlg,btm mrk blg tdk perlu laparoscpy klo tdk lbh d 5cm,tkt jg seh.ada saran ga mesti apa dl?LO apa insem?trs klo di Srby mana yg bgs?dr soetomo apa graha amertha?
    Tisa,Rara?gmn?mg2 berhasil ya semua….

  36. rara

    @loe she
    Sabar aja..mudah2an telurnya cpt besar. Yg penting jgn stress & bedoa terus ya. Kapan rencana insemnya jadi loeshe?Kira2 minggu depan donk ya?
    Klo aku kayaknya disaranin ICSI deh ama dr karel, coz sperma suamiku kadang di atas 3 juta kadang di bawah. Skrg sih masih nunggu aja ni, haid apa ga?

    @Thin
    Aku masih nunggu aja ni. Sampai hari ini belum haid, pdhl harusnya tanggal 9. Masih berharap & berdoa saja. Tin smg lancar & berhasil jg ya..

    Buat semua..
    Never give up..selamat bejuang

  37. Fina

    @ Tisa
    ….salam kenal jg,aku kmrn stlh insem rasanya perut bawah cenut2 gt tp gak sering,terus perut rada kembung gt,setelah itu paa\yu d terasa kencang and sakit,terus pegel2 di paha,aku dah berharap bgt jadi..eh hari ke 11 aku test pack hasilnya msh – :-((…wah pas h ke 15 aku M deh…sedddiiihhhh bggggtttt…..tp aku tetap berusaha dan mencoba..mungkin rejekinya belum sampai…

    @ loe she…
    Semoga telur mu pada gede2 yach…and bisa langsung insem..aku doain biar jadi deh hamilnya… Ngomong2 kamu insem dimana and mah dokrter siapa.
    Good luck for you and us…

  38. effi

    salam kenal tisa, kemarin aku udah insem di rs bunda menteng dengan dr indra anwar pas tgl 20 agustus 2009, perut kemarin pas disuntik sperma untuk kedua kali nya rada sakit, kayak orang mau mens, tapi dokter bilang gpp itu tandanya telornya mau pecah atau udah pecah…. nak aku kan sekrang masih baru aja insem dan ini untuk yang pertama kali nya….. yang aku ingin sharing kemarin tisa jadi pergi ke malaysia ga? karena rencana aku mau ke singapore tgl 26 ini… kalo liat dari saran dokter aktifitas seperti biasa aja sih.. cuman kemarin baca katanya mau pergi malay.. jadi ga ambil risk itu thx…

  39. ika

    @tisa
    Aq kmrn udh hr ke-9 stlh insem..aq iseng testpack,krn tergiur iklan bhw ‘stlh 1mgg hub langsng bs ketahuan’gitu tulisannya d testpack.tak coba awalnya 1 garis jelas 🙁 tp lama2 tambah ada garis tipis banget.saking berharapnya setipis apapun garisnya bs terlihat hehehe (mdh2an dng bertambahnya mgg jd terlihat garis tipisnya amin)
    Tiap selang 3hr stlh insem perut pernah kram hebat,aq takut bngt.tp kt suami gpp itu kan proses,klo serangan itu dtng bnr2 bedrest deh(pikiran&bdn di buat tenang)hbs itu ilang kramnya brarti bnr kt doktr ga boleh stress+kecapekan
    Semlm bdnku demam+kepala pusing ndak bs tdr,perut jg kram..selama dlm penantian sampai hr H ini,aq tetep jalankan puasa.apa mgkn krn obat progeteronnya ya?kmu tisa gmn?apa yg kmu rasakan skg?semlm aq coba mnm susu anmum,kt dokter kan ga boleh mnm obat lainnya..alhamdulillah bs tdr.tp td pg sahur msh tetep agak limbung&mual bngt.yah mdh2an itu tanda orang hamil..amiinnn

  40. ika

    @fina
    Aq hbs insem biasa aja,cuma hr ke-3 aq agak kram+kembung,aq hanya aktifitas d dpn komputer.apa krn itu ya?trus tak pakai bedrest ilang kramnya.
    Hbs itu tiap selang 3 hour selalu gitu,krn hafal dibuat bedrest+kasih minyak kayu putih.br Semlm,aq kram hebat d daerah perut,ekor,paha ditambah demam+pusing,ga bs tdr..aq buat bedrest+mnm susu anmum.alhamdulillah bs istirahat.
    Kmu koq hr ke-15 udh mens?kecapekan ya?biasanya klo mnm obat hormon progesteron sering telat mensnya.yah..namanya jg ikhtiar,tp tetep Tuhan yg menentukan segalanya..mdh2an tahap program selanjutnya berhasil.amin

  41. tisa

    @ effi
    salam kenal kembali….iyah, kemarin 4 hari stl insem aku jadi jalan ke malay & spore (3 hari)…saat itu kondisi-ku fit2 aja sih..cuman sempet vertigo dan muntah2. aku nggak tahu apakah ini ada kaitannya sama insem..atau karena emang lagi drop…

    menurutku sih..yang penting keyakinanmu aja fi..kalo kamu merasa jalan ke spore akan membuatmu fun…ya jalani aja. tapi kalo jadi kepikiran..ya mending ditunda dulu.

    soal jadi apa enggak…duh, itu kuasa yang di atas…kita hanya bisa berusaha…

  42. tisa

    @ ika
    wah…yang kita alami mirip ya…aku sempet kram hebat pada hari ke-10 setelah insem. sampe2 malam itu aku udah berencana besok pagi ke dokter karena belum pernah ngalamin sakit yang seperti ini. untungnya cuma sekitar 3 jam tersiksa…sekitar jam 22.00 udah reda dan gak berasa apapun. juga besok-besoknya, sampe hari ini malah nggak ada rasa apa-apa lagi.heran jadinya…

    hari ini sudah persis 2 minggu aku insem. mustinya juga hari ini jadwalku mens. tapi kok belum keluar ya…? sementara perutku juga nggak berasa apa-apa, dada juga biasa-biasa aja. nggak ada tanda-tanda mau mens seperti yang biasanya kualami (beberapa hari sebelum mens dadaku biasanya dah muali sakit2)..oh ya, cuma jerawat aja nih yang gila-gilaan tumbuhnya sejak seminggu lalu. mana jerawat gede-gede pula…

    kemarin aku udah nyoba test pack…hasilnya NEGATIVE…

    sekarang aku berserah pada yang di atas dan menanti keajaiban yang akan datang di bulan ini…semoga…

  43. Anastasia

    @ Tisa, apa kabar? Insem sy gagal nih, sehari sebelum testpack udah datang haidnya. Yaaa… sedih & kecewa sih, sempet putus asa juga. Tapi ya semuanya udah terjadi. Sy sih nti pengen coba BT aja, mungkin di Siloam Sby, tapi belum sekarang2, mungkin nti 3-4 bln ke depan. Tisa gmn? Mau coba insem lagi?

    @ Effi, sy juga thn lalu pernah insem dgn dr. Indra Anwar tapi sy di Gading Pluit. Effi abis biaya berapa dgn dr. Indra? Sy sih insem ke 2 dgn dr. Ivan di BIC, abis sekitar 7 jutaan.
    Mudah2an Effi sukses ya… Kapan pengumumannya nih? Kabar2in ya.

    @ Rara & Ika, gmn hasilnya? Mudah2an positif ya..

  44. sakura

    hi all,
    saya ada rencana mau insem, bosan nunggu hamil lage, saya tinggal di bekasi, disini ada rs.mitra, rs hermina bekasi timur, rs siloam karawaci. jadi pusing mau ke rs mana.

    temen2,kalo bole tlg jelasin tahap2 insem? biaya total insem? kalo suami cek sperma trus apa lage?
    kalo temen2 tau, tlg kasi infonya ya
    thx

  45. tisa

    dear all…

    after waiting for two week..after two days delay my period…after got the brownnie cm…finally i got the really really AF..menstruation..!! (i wish it was implantation bleeding).

    so..let’s prepare for the next insemination. failed in the first will be success for the second.

    don’t give up for you all and baby dust..!!!

  46. ika

    @tisa & tasy
    Gpp.. Blm wktnya aja..jk semua siap,dimulai programnya yah&lbh hati2 bnr2 di ikutin sarannya dokter kalau bs..yg penting tetap berusaha.
    Aq lg h2c nih..msh nunggu 1w lg utk test darah.

  47. erna

    hallo semua..salam kenal..

    aku jg baru insem 10hari lalu sm dr yuslam, tp nyampe skrg aku gak pernah pusing2, 2hr ini perut bawah sedikit gak enak kyk mau mens tp gak sampe kram, aku jg gak pusing2 ato mual, padahal itu yg diharapkan he3..miss v jg kering gak ada flek, cm kdg2 pd ku puntingny nyeri tp cm bentar, hik3..apa insemku gagal ya..

    @ika : kalo aku baca tanda2 yg km alami kayakny km hamil d..coba tunggu bbrp hari lg n testpack lg, smoga berhasil ya..

    salam,
    erna

  48. Ima

    Gpp Tisa, gak usah sedih. Krn mmg semua udah ada yg atur. adalah yg di atas sana. Sy pernah ngalami jg apa yg di alami Tisa. Jan sy insem, dan gagal.Waktu itu sy berpikir, oh mgkn mmg blm wktnya. Akhirnya sy hanya pasrah. Sy tdk memikirkan untuk hamil lg. Sy jalani hidup bagai air mengalir. Allah maha adil. akhirnya selang 3 bln kemudian sy dinyatakan hamil oleh dokter. Kehamilan itu scr alami, krn sy berhenti konsult ke dokter. Tp Allah berkehendak lain, di usia kandungan 8 mg, Allah mengambilnya kembali. Jd pada dasarnya smua yg kita miliki akan kembali kepadanya. Percayalah bahwa Allah pasti akan memberikan yg terbaik untuk kita. Amien..

  49. tisa

    @ ima & ika:

    makasih support-nya ya… iya, aku nggak down kok…dan nyiapin buat insem ke-2 bulan depan…

    @ika:kalo jadi, bagi-bagi di sini ceritanya yaa..biar kita semua makin bersemangat..:D

    @ erna: hhmmm…tadinya kupikir sih kejang2, nyeri, mual, vertigo..itu tanda2 positif. ternyata berakhir dengan negatif. dan yang jelas..pregnancy symptoms itu beda-beda pada tiap orang. yang paling penting..berserah pada yg di atas…

    buat semuamua..never give up ya…

  50. thin

    Pa kbar semua…
    @all jgn pernah menyerah smg kita diberi kekuatan dan jln selalu…tdk ada usaha yg sia2
    @ika kyknya kamu hamil deh sebab grs tipis dah keliatan tunggu aja 1 minggu lg apa cb alat testpack lain goodluck,jaga aktifitas aja jgn kecapaian.and don’t be stress..

    @anastasi:ksh infonya klo dah coba BT di siloam aku rencana klo ga2l jg mo coba sana,tp mg2 ga perlu deh..smg sukses insemku
    @sakura;biaya insem tdk sama tp mkn di JKT lbh mahal,aku aja di mlysia cman sktr 700RM or 2jtan tp sperma my hubby emang ga ada mslh..
    klo proses normal kt cman diksh pemicu sel telur dimnm hr ke-2 -ke 10 pas haid hbs tu hari ke 12-14 kt ukur sel tlr.klo ada yg bsr 22-24mm br dah suami tes sperma,dipilih yg ok2 trs 4jam kt dtng dimulai deh proses..rileks ada br ga skt sebab ada bbrp kasus sdkt pendarahan krn tegang tp tdk membahayakan,trs kt tdr dgn posisi kaki lbh tinggi 1jam-an br plg,smg bermanfaat

  51. fina

    Hi…all…pah kbr
    Wah….semangat bgt yach teman2 semua,problem kita hampir sama semua yach…gagal di awal insem….( sama dunk sam aku )walaupun gagal jgn menyerah yach..msh banyak kesempatan u/ mencoba lg,kita harus yakin waktunya Tuhan tidak akan terlambat dan jg tidak akan kecepatan u/ ngasih kita hamil.

    @ Tisa…
    Sabar yach say…masih banyak waktu dan kesempatan u/ mencoba lg,memang sedih seh waktu lihat si M yang keluar…:-((
    Kita harus terus maju pantang mundur tetap berusaha dan berdoa….D

    Good luck yach buat teman2 semua……

  52. Ririn

    wuih baca pengalaman teman2 semua aq jd deg-degan nih…eh ia lam kenal smuax,aq jg rencana mo insem nih, Insya4jj jika ALLAH SWT mengijinkan di akhir thn ini (nunggu suami ga sibuk dulu).Domisiliku di Kaltim,rencana mo insem di Jakarta (msh bingung mo di RS mana).Kebetulan di Jkt ada kakak yg tinggal di Depok.Di Depok dekat RS mana ya bagusnya…?udah gitu aq peg negri,so kayakx hrus ambil cuti panjang ya.yah gpp deh namax jg ikhtiar.Meskipun kberhasilan insem cm 20% ya gpp deh aq tetap mau coba,siapa tau dgn jalan ini ALLAH SWT meridhoi aq pny momongan,amiin.klo ga jd jg mgkin aq mo ngadopsi baby aja.Please sharenya yach..thx b4

  53. effi

    @ anastasia : hi salam kenal. kemarin ditotal biaya abis sekitar 7 jutaan… untuk obat, sperma, suntikan puregon ama ustregeston. aku masih nunggu hasilnya nih katanya dokter sih disuruh test tgl 5 sept ini, tapi kemarin tgl 31 aku test negatif lho.. padahal kan test pack itu bilangnya 7-10 setelah berhubungan aku udah itung2 mestinya dah pas ama jadwal pas aku insem. mungkin bln saatnya aja, tinggal pasrah aja deh ama yang diatas.ohya tasia, jgn menyerah berusaha yah… sebenernya dalam hatiku, aku udah kecewa banget nih liat hasilnya negatif, tapi respon dari temen2 semua bilang jangan pernah menyerah. semua indah pada waktunya.

    @tisa: beusaha lagi ya… aku juga sekarang pasrah aja deh ama Tuhan karena dia yang punya rencananya. good luck.

  54. Farida O. Brava

    Halo semuanya,

    info yg saya dapat, sehari setelah inseminasi
    – perut jangan di kasih minyak kayu putih dulu.
    – kl masak di dapur perut jangan terlalu dekat dengan penggorengan/ kompor.
    – jangan mandi air hangat sementara,
    – jangan jakuzi.
    – dan perut jangan di urut..
    karna semua akan memicu rusak nya masa inseminasi tersebut (Ovulasi).
    tunggu setelah save smua (positif hamil) baru bisa lakukan lg.

    ya mudah2an bisa berhasil dengan semua ini.
    amin..

  55. ika

    Hai semuanya..
    Hr ini aq br telat 2 hr dr jadwal sehrsnya mens.tp mulai kmrn sore kadang kluar flek coklat dikit banget,kadang bersih jg.keluar flek tanpa d sertai mules/kram yg biasanya aq rasakan d awal mens.
    Sempet test pack hslnya negatif.sedih&sayang jk insem pertama ini gagal 🙁 tp suamiq yg menguatkan bhw mdh2an msh ada harapan.pokoknya hrs pasrah&terus berdoa.
    Semlm sdh ke dokter,beliau tdk mengambil tindakan apa2 hanya menambah dosis obat cygest jd 2xsehr dan menyuruh kta lihat 1wk lg,apakah flek/tdk/malah jebol?dokter tdk brani utk usgv krn aq msh flek.
    Dan tdk mau mempengaruhi psikologiku apabila blm terlihat tanda kehamilan.Apabila 1wk lg bersih,br d cek lwt usgv..yg bikin aq agak optimis bahwa test pack itu ternyata andilnya kecil dlm melihat kehamilan.
    Yg paling akurat d cek lwt usgv/tes darah..tp sayang d kotaku tdk bs cepat utk tes darah bhcg krn sample hrs d kirim ke jkt.
    Yah msh h2c lagi nih :)..yg kurasakan saat ini adalah ga bs tdr dng pulas,payudara(nipplenya)krasa kyk d tarik2..alhamdulillah perut sekitar rahim&punggung biasa aja.
    Apa ada tmn2 yg merasakan hal yg sama?

  56. tisa

    @ ika…

    semoga H2C-nya berbuah positif ya…berserah pad yg kuasa ya…

    menurut yang pernah kubaca…kalo udah H+14 alias 14 setelah insem dan hasil testpack-nya negatif…lebih baik tidak melanjutkan penggunaan cygest atau progesteron jenis lain…karena progesteron akan membuat siklus bulanan kita jadi delay. nah, kalo kita udah menghentikan saat hari ke-14 negatif, segera kita akan mendapatkan siklus haid normal..dan bisa memulai rencana utk siklus berikutnya dgn realistis..

    Aku nggak tahu mana yang bener ya…yg jelas aku juga sempat telat 2 hari, testpack negatif..dan setelah cygest kuhentikan..besoknya udah langsung flek coklat dan akhirnya mens.

    setelah gagal insem pertama dan konsultasi ke dokter lagi..termasuk menanyakan gejala2 aneh dan menyakitkan yg kualami selama two week waiting…dokter bilang rupanya pemberian progesteron memungkinkan timbulnya gejala2 tersebut. jadi gejala2 tersebut nggak berarti gejala kehamilan, tapi bentuk ‘protes’ tubuh karena penambahan hormon progesteron…

    so..forget the symptoms…pokoknya jalani aja dan percaya pada yang kuasa. tetap semangat buat semua ya…

  57. ika

    @tisa
    Finnaly..I got my period this morning..ehm..sedih sih..tp tetep hrs berusaha lagi&lagi.
    Soal obat hormon itu,ngeri juga yaa efeknya.tp koq hampir semua ngalami yaa??wkt aq konsul kmrn
    Obat cygest tuh ga pengaruh klo memang sehrsnya kta hrs haid..ok deh,next time doa&harapan kita pasti di jawab yg Kuasa
    Aq mgkn nunggu 1/2 bln lg br program,biar siklus normal dulu&kebetulan jg ini pas lebaran.
    Tisa,share lg yaa utk next programnya.biar kita semua nambah ilmunya hehehe 🙂

  58. luv

    hi all,

    aku juga baru pertma insem nich, baru 9 hari, kata dokternya 2 minggu setelah insem baru cek darah bera hcg.
    Perut aku juga gak enak gitu kayak orang mau mens. apa temen-2 yang pernah insem juga mengalamani hal yang sama? thanks

  59. vivin

    hai alll,
    salam kenal semua ya…
    mungkin ada teman2 yang tau, apakah program insem bisa diminta/program anak laki2 ato perempuan?

  60. thin

    Hi semua gimana masih tetap semangat kan usahanya….harus dong!!
    @effi & Luv:gimana dah berhasil belum?ksh kbr dong..aku mau insem lg nih nunggu hari ke 10-12 buat ukur sel telur,
    @vivi:setahuku sih kyknya bisa cos jenis klmn yg nentuin kan sperma,jd pas proses insem sperma suami kita dipilih dl sblm ditransfer.so coba aja..

    Keep smile and smangat semua!!

  61. ferdin

    Hai semua, lam kenal ya!Kami juga ada rencana mo insem. Sdh 6 thn merit tp blum pnya anak. Hasil analisa sperma menunjukkan spermaku kurang bagus. Kami tinggal di Batam. Ada yg dah berhasil insem gak? Bagi infonya donk! Tks

  62. thin

    @ferdin:slm knl yah??batam dimana tgl?aku jg dl insem di awalbross sktr thn 2007 tp sayang ga2l,skrg aku di mlys (suami krj sini)lg coba insem ke2 disini dgn dr.Tan jui seng,hari minggu bsk insemnya doa’in ya..aku dah 5 thn jg nikah.
    Prosesnya hmpr sama cman yg di awal bross ga ada suntik pemecah telurnya,kt dkr Tan sih peluang ckp bsr krn kami ga ada mslh…mg2 berhasil.km mo insem dimana??klo biaya sbnrnya disini murah kok.aku cman kena RM860,klo diawalbross dulu 1,5jt skrg plg sama.Moga2 berhasil juga yach….tip’snya kata yg udah sukses lho..bedrest ajadeh istrinya hbs diinsem..(kan ga ada slhnya kt coba)brpun dktr blg aktifitas spt biasa,trs bt sperma bgs byk2 mkn semangka,mnm madu,ktnya bisa memperbgs sperma,lgan sblm insem kan sperma yg dipilih yg bgs2 aja..istilahnya direparasi dl itu sperma.

  63. peni

    Dear all,

    Salam kenal… Saya baru melakukan inseminasi buatan 4 hari yg lalu di Melinda Hospital Bandung. Seneng banget rasanya bisa sharring setelah baca pengalaman2 teman2 semua. Saya juga ada flek waktu hari ke 1 setelah insem, lalu dokter menyarankan minum obat penguat rahim (duphaston dydrogesterone). Hari ini juga ngerasa agak kram gitu di perut dari pagi tadi sampai sore ini. Tapi alhamdulillah dokternya cooperative banget, jadi kita bisa konsul kalau ada apa2 yg dirasakan. Doakan juga ya teman2….Kita harus pasrahkan semua kepada Sang Maha Pencipta, karena manusia hanya bisa mencoba menyempurnakan ikhtiar. Good luck for all…..

  64. Widi

    Dear all,

    Salam kenal buat semua. Saya Widi (30 years old) udah married hampir 5 tahun dan sedang program biar cepet punya momongan. Terus terang, setelah browsing…Saya merasa engga sendiri lagi, ternyata ada juga ya komunitas yang memiliki masalah seperti saya….Lega deh ada teman buat sharing.

    Saya & hubby (31 years old) sepakat untuk coba Inseminasi setelah beberapa kali ikut terapi alternatif (pijat & shin-she) tapi engga berhasil. Sebenernya kita sudah pernah konsultasi ke dr. kandungan (dr. willy & dr. Razak, RS Thamrin) untuk check fisik : USG, tes darah plus masuk lab : check sperma (hubby).

    Tapi jujur, kami engga fokus menjalaninya, akibatnya tahapan demi tahapan proses kehamilan yang seharusnya di jalanin jadi tertunda lama.

    Hari ini after office saya mau coba konsultasi pertama di klinik Morulla (RS Bunda) sama dr. Ivan….
    Guys, boleh minta informasi sebanyak-banyaknya apa yang harus kami persiapkan (menthaly-especcially)supaya usaha ini lancar.

    Thank you very much for all.

  65. Naura

    Haloo.. salam kenal buat semuanya..

    Saya juga baru insem kemaren.. Sepulang dari Klinik, langsung ada flek di pantyliner. Awalnya cuman sedikit, tapi lama2 kok jadi agak banyak gitu ya 🙁 Kayak flek kalo mens hari pertama.. Tapi setelah telp ke dokternya, katanya itu normal.. Bahkan ada yang keluar flek sampe 3 hari.. Mudah2an aja gak kenapa2 nih..

  66. ferdin

    Hai Thin, pa kbr? Makasih ya atas infonya. Aq di Batam Centre depan Kampus univ. Batam. Giman hari Minggu lalu, jadi insemnya? Mudah-mudahan berhasil ya!! Thin knp gak coba bayi tabung aja? Kan tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Tapi emang biayanya juga lebih tinggi.

    @ Peni gimana insemnya, berhasilkah??

  67. thin

    @ferdin:udah kmrn minggu jam 6 sore (dktrnya ngerjain cepet nunggunya yg lama)prosesnya agak lbh meyakinkan yg di mlysia,klo di mlys sewaktu memasukkan sperma ke vagina dilihat pake USG (di btm nggak)jd keliatan tuh keteternya di monitor,trs kantong kencing ga boleh kosong jd kita dibuat 1/2 mo kencing tp ga boleh dikencingkan..(nahan dkt gt)sebab ktnya di monitor biar bisa bedain kandung kemih dgn sel telor.Agak grogi juga seh hbs yg liatin 4 org (he.he demi anak cuek ajalah)aku berusaha rileks aja.dan berdo’a.stlh itu baring 1/2jam kaki tdk posisi terangkat (spt di awl bross)
    baring biasa aja suami nunggu diluar.trs plg nunggu hasil klo haid hari ke-2 kembali(evaluasi) trs klo ga tunggu sampe 3 minggu.Makanya skrg lg nunggu hasilnya..
    Ada sih rencana Bayi Tabung(IVF) biaya juga hmpr sama kok dgn di indonesia,mlh disini tp proses dikerjakan ahlinya.biaya sektr 15000-18000RM klo ICSI lbh mahal lg.klo mau jelasnya lt aja di victoryivf.com itu lab. krjsama dktr Tan,mana tau tertarik.Jangan stress terutama.Jadi ferdin ama istri dah mau insem dimana nih??
    @Peni:Pasti lg H2C ya?sama donk kita..Moga2 berhasil ya usaha kita…amin…

  68. naura

    @ luv,
    Iyaa.. sama, aku juga berasa begitu. Di hari ke-5 setelah insem, perut bawah rasanya pegel2..persis gejala mo mens gitu deh.

  69. peni

    Ass.Dear all,

    Hari ini aq seperti kembali ke titik nadir, sediiiihhh banget (emosional), walaupun dari setelah insem belum mens, tapi sepertinya tanda2 untuk ke arah itu udah di depan mata. Tadi pagi setelah hari ke 12 setelah insem, aq coba test pack (-), mungkin belum waktunya…padahal aq bener2 dari setelah insem gak keluar rumah. Aktifitas juga di dalam rumah terus. Ada gak temen2 yg udah pernah berhasil insem. Sharring dong…

    Wass.

  70. Whatever2B (Ex. Mommy2B)

    Dear Peni,

    Miscarriage (aku pernah 2 x, Mei 09 dan Oktober 09 ektopik dan BT), memang bukan “salah” kita. Gak usah lama-lama sedihnya ya (bukan gak boleh sedih, tapi jangan lama2 :)) …

    Diikhlasin aja … yang penting kitanya masih sehat, dan tetap berusaha …

    Sekedar menghibur:

    Keuntungan belum punya anak:

    Kan bisa lebih mencurahkan perhatian sama suami, dan hal lain dulu 🙂 … mungkin Allah Menginginkan kita masih “berdua” dulu dengan suami.

    Anak bukan “prestasi” anak “dikasih/Hak Prerogatif” Tuhan …

    Salam,

    Whatever I am Happy 🙂

  71. thin

    @peni :aku br hari ke-8 mang ga ngrasain apa2 jg,pasrah ajalah berpkr positf dulu,kan tespack blm sepenuhnya benar,lgan ada kasus2 tertentu stlh 1 bln br bisa diliat hasilnya,emang ga enak menunggu…(klo nasehatin pinter pdhal aku sdri ga sabar…)tp aku blom pgn tespack biarin aja soalnya dah pernah telat 2 minggu ga (+) jg.klo memang rejeki kita ga kemana..tetap berusaha happy aja…hbs keberhasilan jg cman 20%.moga2 kita msk didlmnya aminn…

    Semua jangan patah semangat ya???

  72. hadijah

    Assalamu’alaiukum, Lam kenal smua….sy rncn insem bln ini tnggl mnunggu haid sj,tadinya smpt agak ragu/takut, tp stlah baca sharing2 dr temen2 jadi smangat deh…
    ada ga makanan/ suplemen yg bisa menambah jmlh ‘telur’? bantuin doa jga ya…bwt temen yg msh gagal sabar ya pasti ada hikmah dibalik itu…

  73. peni

    Dear friends..

    Makasih ya nasehat dan supprotnya, aku hari ini udah agak baekan dan belum juga keluar mens.. mudah2an aja Allah berkenan mengabulkan doa kita semua ya…amien.

    @Hadijah: biasanya nanti dokter ngasih obat yg diminum kok, dan juga disuntik beberapa kali di perut untuk menstimulus perkembangan sel telur (folikel), mudah2an berhasil ya..

  74. ferdin

    Hai Thin, pa kbr? moga baik2 aja ya. Eh, gmn insemnya dah ada hasil blm? smoga berhasil ya!

    @ Peni, gmn kbr? Udah ada kepastian hasil insemnya blm? apapun yg terjadi Peni yang sabar ya! Srahkan smua kepada Tuhan. Tuhan pasti punya rencana baik untuk Peni dan keluarga. Yang pnting Peni dah berusaha.

    @ Naura, gmn kbrnya? Kita berharap smoga smua baik2 aja.

    Tks all

  75. Anastasia

    @ Peni..kalo belom haid sabar dulu..siapa tau emang belom keliatan.. Btw di Melinda insem ma dr. Tono? Sy juga dari bdg, pernah ada rencana insem dgn beliau, tapi waktu itu disuruh siapin budget 15 juta, muahaal..bo! Peni abis berapa insem disana? Goodluck ya..!

    @ Naura, insem dimana? Gimana hasilnya?

    @ Ferdin, kalo boleh tau, ada masalah dimana sampe harus insem? Kalo hubby ku jelek bentuk spermnya, kata dokter itu paling susah diobatin :'( Tapi saya percaya, ga ada yg mustahil buat Tuhan. Ferdin, pernah sampe operasi varikokel?

  76. Naura

    @ Ferdin : so far so good.. masih h2c siy *eh, tapi kan gak boleh cemas yak? biar gak mempengaruhi proses pembuahan..hehehe!* Mudah2an minggu depan udah ada hasilnya *semoga yang terbaik* 😉

    @ Anastasia : aku insemnya di Eropa, berhubung suami lagi kerja disini.. Ternyata berasanya ke masing2 orang beda2 yak? Ada yang ngerasa sakit pas disuntik pemecah telur, tapi aku gak berasa sakit.. Trus ada yang gak ngerasa apa2 pas kateter dimasukin, tapi aku malah ngerasa linuuu bangeedd 🙁
    Hasilnya belum kliatan niy.. baru minggu depan.. mudah2an yaaa…

  77. ferdin

    @ Naura betul. Qt hrs tetap semangat dan pasrah pada Yang Kuasa. mudah2an berhasil!!!

    @Anastasia : Aq kena varicocele. Dah operasi Feb 2008. Spermaku jelek bangat. Stlh operasi ada sedikit perbaikan. Tapi tidak signifikan. Mei 2008 istriku hamil. Tapi usia kandungan 6,5 bln janinnya meninggal. Sampe sekarang blm hamil lg. Mungkin spermaku msh blm smpurna tuk membuahi sel telur. Brenangnya gak pintar kali. Maknya kami rencana mau bantu dengan inseminasi.

  78. Naura

    @ Ferdin : sori sebelumnya, kalo boleh tau janin usia 6,5 bulan yang meninggal tahun lalu itu memang udah pasti suspectnya sperma yang belum sempurna? aku dulu juga pernah hamil sebelumnya, tapi cuman sampe 3 bulan aja karena janinnya gak berkembang, jadi mesti langsung dikuret.

  79. peni

    Dear all,

    Makasih atas support dan doanya..

    Aku baru ngasih tau hasil insemku, ternyata mungkin Allah belum memberikan kepercayaan kepada kami. Akhirnya aku keluar flek waktu tgl 3 nov kemaren, dan sekarang sedang menstruasi banyak2nya,aku udah konsul sama dokter, sejauh ini perasaaan yg dilakukan udah sesuai prosedur semua, tapi mungkin Allah berkehendak lain. Mudah2an aq doain temen2 yg lain berhasil ya…

    @ Anastasia: untuk insem paket di Melinda 12.5 jt, tapi bisa juga dikombinasikan, jadi tidak mengikuti paket. Jadi kemaren abis sekitar 6 jt an.

    Salam

  80. Anastasia

    @ Peni, sabar ya Pen.. Pasti ada rencana-Nya yg terbaik buat kita semua.. Tetap berjuang & jangan putus asa ya.. Waktu itu insemnya ma dr.Tono? Rencana selanjutnya gimana, Pen?

    @ Naura, memang sih reaksi tiap org beda2, waktu sy insem dikateter malah ga sakit, tapi setelahnya malah kerasa linu, kayak ada yg ganjel & perut serasa penuh, ha ha..aneh sendiri nih. Naura, semoga hasilnya positif ya. Amin..! 🙂

    @ Ferdin, berarti kasusnya mirip ma sperm hubby sy. Kalo boleh tau, sperm Ferdin jeleknya dimana? Bentuk/pergerakan/jumlah/apanya? Kalo istri pernah sampe hamil, berarti spermnya udah memenuhi syarat ya seharusnya. Sekarang rencana insem dimana?

  81. Naura

    @ Peni : sabar yaa.. semoga akumulasi dari kesabaranmu menghasilkan buah yang sangat manis 😉

    @ Tasya : aamiin.. thanks alot 🙂 jadwal ketemu dokter selanjutnya hari Rabu besok.. mo beli testpack kayaknya males banget *takut kuciwa, hehehe!* mending langsung periksa darah aja deh pas kontrol..

  82. ferdin

    Sori baru nongol lg.
    @ Peni : Yang sabar ya Bu! Jangan patah semangat apalagi sampe putus asa. Tetap berharap dan berusaha. Tuhan pasti berikan yang terbaik. Bulan ini kami mo inseminasi di RS Awal Bross Batam. Doain ya Peni!

    @ Naura : Penyebab meninggalnya janin, sampai saat ini kami gak tau pasti. Plasenta kami priksa ke lab, kata dokter plasentanya lepas. Knp lepas? Itu yg gak tau. Dokter lain bilang, mungkin kena virus Toxoplasma. Padahal waktu itu, sejak istri saya hamil kami selalu ke dokter. Pada umumnya org priksa kandungan sebulan sekali. Klo kami sebulan 2 kali. Tapi mungkin belum rejeki. Bulan ini kami mo inseminasi di RS Awal Bross Batam. Doain ya Naura!

    Anastasia : Sperma saya jumlahnya sedikit dan geraknya lambat. Gak pintar berenang. Dengan kondisi seperti itu bukannya tidak bisa membuahi. Bisa, tapi persentasinya kecil. makanya 3-4 tahun dulu baru bisa menghamili. Padahal setiap bulan kita udah mencari masa subur dengan harapan saat kita melakukannya telurnya pas matang dan dibuahi. Tapi mungkin spermanya gak bisa nyampe ke sel telur krn gerakannya yang lemah tadi. Makanya bulan ini kami mo inseminasi di RS Awal Bros Batam. Biar spermanya gak usah berenang, tapi diantar langsung. Mudah2an berhasil. Doain ya!!!

  83. ferdin

    Hai semua!!! Sekitar tanggal 20-an bulan ini kami mau inseminasi di RS Awal Bross Batam. Tuk pembaca semua, MOHON DOANYA YA!!! Makasih.

  84. thin

    @ferdin :iya semoga berhasil…!!!

    @peni & Ferdin:Ternyata mungkin blom saatnya dia datang utk kami..msh hrs trs berusaha dan bersabar.insemku gagal….hik’s,trs km balik ke dktr di haid hari ke-2 (emang pas sih tglnya ga ada maju or mundur..pas siklus 28)
    trs kata dokter..mkn sperma krg aktif krn dikeluarin terakhir 3 hr sblm insem,hrsnya 5 hari.(smoga berguna bt ferdin)tp emang beda sih,dl waktu di btm disuruh 3 hr minimal.trs utk endometriosis ga perlu jg di LO krn kecil.jd pilihan jatuh utk insem lg bln jan 2010,utk BT di malysia sekitar 13000RM,
    Semoga..usaha kita membuahkan hasil….amin

  85. peni

    @ ferdin: mudah2an insem nya berhasil ya, setahuku kalo spermanya kurang aktif berenang bisa dengan cara ICSI (semacam IVF/bayi tabung juga) cuman sperma langsung disuntikan ke sel telur. Tapi coba aja dulu insem, mudah2an berhasil ya…Amien.

    @thin: sabar ya, jangan sedih.. mungkin Tuhan berencana yang lebih indah buat kita… ^_^

    Aku juga rencananya mau istirahat dulu, biar gak stress. Mudaha2an ntar kalo udah siap kita mau nyoba insem lagi.

  86. peni

    Dear temen2,

    Maaf tadi lupa… makasih ya support dan sharring nya, aku ngerasa jadi ada temen, gak sendirian lagi..

  87. ferdin

    @ Thin : Sabar ya Thin. Mungkin lain waktu baru berhasil. Tetap berharap dan jangan putus asa! Banyak pergumulan dalam hidup ini. Tapi masih lebih banyak yang bisa kita syukuri. Misalnya, kita masih diberi kesehatan, dll.

    @ Peni : Klo gak salah IVF (In Vitro Fertilization)dan ICSI (Intra Cytoplasmic Sperm Injection) adalah teknik bayi tabung. Bayi tabung biayanya relatif mahal. Kita belum ada anggaran tuk itu. Jadi kami mau coba inseminasi aja dulu. Biayanya relatif murah. Doain ya Pen!!

  88. Naura

    @ Peni, Thin : kita senasib niy.. insemku juga gagal 🙁 ihiks.. rencananya mo dicoba lagi setelah tamu bulanan slesai.. ada yang tau gak, kira2 apa ada efek samping kalo kita nyoba insem berturut-turut, misalnya ke hormon dalam tubuh gitu?

    @ ferdin : mudah2an sukses yaa.. semangat! 😉

  89. Anastasia

    @ Naura, sabar ya…Jangan menyerah, tetep berdoa..
    Naura, emangnya tamu bulanan udah dateng atau cuma flek2 doang?
    Sy pernah dikasi tau, kalo udah insem sebaiknya diistirahatkan 1-2 bulanan, soalnya efek obatnya masih belum ilang katanya. Takutnya malah jadi efek samping. Tapi ada juga dokter yg bilang ga masalah mau langsung insem lagi pun. Tapi sebaiknya sih gimana kesiapin Naura aja, terutama mental & kondisinya harus bener2 fit. Didoain supaya insem berikutnya sukses ya.. Goodluck!

    @ Ferdin, udah pernah denger kalo buah semangka merah bagus buat meningkatkan jumlah sperma? Sebelum insem, ga ada salahnya dicoba 🙂 Goodluck

  90. thin

    @semua :
    Thanks alot for support and sharringnya…he..smoga tahun ini (br krng 1 bln) or thn depan Yang Kuasa mempunyai sesuatu yg indah bt kita…
    @Naura & Peni:aku rencana insem lg bln january 2010 ,mkn bener jg kt naura tergantung dktr masing2,dktrku mlh nawarin bln des tp kami berpikir ntar akhir taon byk acara takut capek drpd Gatot mending diundur….

  91. peni

    @Ferdin, memang IVF dan ICSI sama2 teknik bayi tabung sekarang sekitar 60-70 jt an. Kemaren aku ikut insem sekitar 6 jt an, kalo ikutnya paket 12.5 jt. Mudah2an berhasil insemnya ya….

    @Naura & Thin: sabar ya sist, mudah2an kita semua diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk memiliki keturunan yang sehat dan terbaik dari-Nya. Aku juga mungkin rencana insem lagi Januari 2010 dengan pertimbangan yang sama dengan Thin..

    @Anastasia: Makasih sharringnya ya….

  92. thin

    @Peni:mahal juga brarti insem ama BT di JKT ya?aku aja di mlysia insem sekitar 860RM(sktr 2,5jt)udah msk papsmear itu lho,skrg suami cman diksh vit utk 2 bln biar spermanya OK.aku ga diksh apa2.trs klo ICSI di sini sekitar 12000RM-15000RM tergantung suntikan.sktr 33-45jt kurs rp3000,
    yah apapun itu semoga usaha kita membuahkan hasil..
    @ferdin:jgn lupa critain yah..buat tmbhan info kita tahun dpn..he…goodluck!!

  93. ferdin

    @ Peni : Biaya insemnya kok bisa mahal gitu? Mungkin banyak suntikan sebelum proses insem ya? Kami sih belum tau brp biayanya. Cuman kata dokter, biaya insemnya +/- Rp 1 jt plus obat. Kata dokter paling banyak Rp 2,5 jt. Sama seperti yang dibilang Thin. Tapi mungkin beda masalah beda jumlah biayanya kali. Kalo masalah di istri mngkin biayanya lebih besar. krn harus menyiapkan telur biar siap dibuahi. Kalo kami, istri gak ada masalah. Justru spermanya yang kurang pintar berenangnya.

    @ Tasya : Ia aku dah tau. Kadang 1/4 bagian buah semangka uk.
    sedang aku abisin. Mengenai kondisi sperma suami Tasya, sblm insem kan sperma dicuci dulu dan dipilih yang bagus2, pernah gak dokter komentar? Mungkin kasus kita sama nih. Suami Tasya umurnya brp dan dah brp tahun mnikah?

    @ Thin : Oke Thin nanti kita ceritain. Doanin ya, mudah2an berhasil!!!

    @ Naura : Tks tuk dukungan/doanya!!

    @ Semua : Doain kami ya teman2, mudah2an berhasil! Tks All

  94. peni

    @Ferdin : memang yang membuat mahal adalah suntik untuk memacu perkembangan folikel/sel telur. Sekali suntik 700 rb. Itu dilakukan beberapa kali, mengingat umurku yg udah 36 th. Kalo insemnya aja sih 1.5 jt. Makanya aku abis sekitar 6 jt an termasuk obat2an. Suami juga diberi obat supaya spermanya berkualitas dan meningkat jumlahnya.
    Mudah2an insemnya berhasil ya… wiss u all the best.

  95. Anastasia

    @ Ferdin,
    Hi ferdin, gimana nih setelah insem? Kapan hasilnya keluar? Jangan stres & banyak doa aja ya.
    Ferdin, suami sy 37 tahun. Ferdin berapa taun? Suami sy spermanya jelek2 bentuknya (sy lupa apa istilahnya ya?). Bentuk yg normal cuma 1-2% doang. Kalo Ferdin sih masalahnya di jumlah sperma yg kurang kan? Maksudnya kurang dimana nih, Fer? Kalo jumlahnya yg kurang, banyak suplemen2/makanan2 yg bisa bantu memperbanyak jumlahnya (salah satunya semangka merah). Tapi menurut dokter, kalo kasusnya seperti suami sy (bentuknya yg ga bagus) susah obatinnya karena itu faktor genetik katanya. Dan kalopun sy harus ikut BT, harus pake metode ICSI. Menurut dokter, bentuk sperma yg berantakan itu yg bikin insem sy gagal. Begitu kata dokter, tapi sy percaya ga ada yg mustahil buat Tuhan, apapun yg dikatakan dokter, tapi tetap yg di Atas yg menentukan. Tetap semangat ya Fer.. & kabar2in terus gimana perkembangannya, ok.. Goodluck for all.

  96. vinie

    ada yg bisa share ga, yg pernah insem di Rs.Abdi Waluyo (Dr.Karel),persiapannya apa aja , n hrs ke dokter kapan? (hr ke 2 haid or setelah itu?)tengkyu ya yg mau sharing

Comments are closed.