Akhirnya saya hamil setelah 10 tahun menikah

Tidak sabar lagi saya ingin memberitahukan kabar gembira ini… saya hamiiiillll!!!!!

Beberapa hari terakhir ini saya tidak bisa tidur nyenyak, sehari rasanya lama sekali. Tegang banget tiap pagi saat bangun untuk pipis, yang pertama dilihat pasti celana dalamku… ada darah engga? Sempat shock 6 hari yang lalu ada flek seperti mau mens, ini berlanjut sampai tiga hari lamanya. Sedih rasanya, sudah terbayang kalau bayi tabung kali ini gagal lagi.

Tetapi ternyata flek itu semakin berkurang dan akhirnya tidak muncul lagi … bingung bercampur senang rasanya. Harapan saya mulai tumbuh lagi tapi tetap saja tiada hari tanpa was-was.

Pagi ini, seperti petunjuk dokter saya dijadwalkan untuk tes kehamilan. Sudah tidak sabar lagi menunggu hari ini, hari penentuan… hamil atau tidak. Bangun tidur langsung lihat celana dalam lagi, ternyata tidak ada tanda-tanda mens. Mau rasanya tes sendiri pakai test pack, tapi suamiku tidak mau beli test pack karena memang dokter sudah menjadwalkan tes darah di rumah sakit.

Jam 11 pagi saya sampai di rumah sakit, setelah menunggu beberapa saat akhirnya suster datang untuk ambil darah. Tapi hasilnya harus tunggu sampai jam 3, jadi ya saya pulang setelah ambil darah. Wah benar-benar kalau menunggu itu adalah pekerjaan yang paling tidak enak … apalagi menunggu kabar yang satu ini.

Tibalah saatnya jam tiga, saya telpon ke rumah sakit menanyakan hasilnya, jantung rasanya mau copot berdebar-debar, tangan gemetaran berkeringat dingin. Kabar buruk atau baik saya sudah siap menerima… akhirnya suster memberitahu kabar baik… ‘selamat hasil tes darah positif, Anda hamil’. Tidak percaya dengan perkataanya saya menyuruh suster mengulang lagi sampai tiga kali …’masa sih, apa benar?’tak terasa air mata saya mengalir. Kali ini bukan air mata sedih melainkan air mata bahagia.

Setelah lama berjuang untuk mengatasi infertil atau ketidaksuburan ini akhirnya saya berhasil juga. Bagi yang belum berhasil, tabah dan jangan cepat putus asa. Terima kasih atas doa dan dukungan para pembaca blog ini.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (34 votes, average: 3.38 out of 5)
Loading...

264 thoughts on “Akhirnya saya hamil setelah 10 tahun menikah

  1. Yenni

    Hi juga Lindi, thanks. Setelah embrio transfer di kasih progynova, folic acid & cyclogest. Sejak ketahuan hamil, progynova & folic acid tetap ditambah duphaston sampai sekarang.

  2. Yenni

    Kali ini setelah embrio transfer, ga ada suntikan sama sekali. Semuanya hanya berupa tablet. Tapi ada semacam tablet progesteron yang tidak ditelan tapi dimasukin ke rectum selama 17 hari setelah embrio transfer, namanya cyclogest.

  3. ninit

    mb yenni, dulu program by tabung pertama (yg di jakarta) dmana?

    trus minta telp kk hospital dong mb, dr kelly adanya kpn aja?

  4. Yenni

    Bayi tabung pertama saya dgn dr Karel yg praktek di Bunda dan Abdi Waluyo.
    No telp kkh bisa Ninit lihat di websitenya. Dia praktek tiap hari, seperti biasa kita harus buat appointment dulu sebelum berobat.

  5. Nadia

    Hi Yenni,

    Hebat sekali ya perjuangan kamu dan ikut senang banget kamu sekarang berhasil hamil, di doain lancar ya sampai 9 bulan. Jadi semangat nih menjalani program bayi tabung saya, besok saya baru masuk di tahap suntik2 Gonal-F, masih jauh banget prosesnya. Apakah Yenni bisa share sedikit tips do and don’t selama menjalani program bayi tabung terutama setelah tahapan embryo transfer?

    Thanks a lot!

  6. Yenni

    Thanks doanya. Sebenarnya sih ga ada special do & don’t, hanya extra hati2 saja terutama setelah embrio transfer jangan terlalu melaksanakan aktivitas yg berat, kalau bisa santai saja jangan banyak bergerak. Saya doain jg semoga Nadia berhasil.

  7. Mia

    Selamat ya Yenni..ikut terharu membaca berita ini. Mudah2an
    bisa lancar sampai melahirkan. Keberhasilan Yenni membuat
    saya lebih optimis memulai program fertilisasi lagi yang sempat saya hentikan karena ‘capek’. Berdasarkan pengalaman Yenni, apakah ada perbedaan signifikan antara cara kerja di KK dibandingkan rumah sakit lokal? Saya sedang mempertimbangkan apakah lebih baik menjalani program tsb di dlm negeri atau di Singapura. Mohon advisenya ya.

  8. Yenni

    Thanks Mia. Menurut pengalaman saya secara garis besar proses pengobatan sama aja, obat2annya pun sebagian besar sama. Hanya di kk, setiap bagian dilakukan oleh ahlinya misalnya yg menjelaskan proses detil bayi tabung, yg melakukan proses scan, ovum pickup, embrio transfer semua berbeda yg menangani, prosedurnya jelas dan tercatat dengan rapi… lebih professional gitu. Data statistik tingkat keberhasilannya saja dipublikasikan.
    Advice saya coba dulu di rs lokal, prosesnya sama kok apalagi kalau masih berumur kurang 30, tingkat keberhasilan tinggi untuk yg muda. Ke KK bukan berarti 100% berhasil loh.
    Kalau sudah coba sana-sini tdk berhasil dan umur sudah mulai 35 baru ke SG. Lain halnya kalau memang sudah tersedia dananya dan kamu ada waktu, boleh langsung saja… why not… time is money.
    Ok deh, good luck ya dgn program kamu, semoga berhasil.

  9. dicky

    Selamat buat Mbak Yenni, semoga lancar sampai kelahiran kelak..amiin..
    Kebetulan saat ini istri sy hamil jalan 5 bln melalui program bayi tabung di RS Siloam Sby..karena saat ini kami berdomisili di Pekanbaru sy bermaksud utk memindahkan istri sy ke Pknbaru pada usia kehamilan 7 bln nanti (saat ini istri sy msh tinggal di sby)..
    M Yenni berencana melahirkan dimana?..atau memang berdomisili di sing?apakah m Yenni punya informasi kira2 brp biaya utk melahirkan dg operasi caesar di sing?..dan pada usia berapa bulan bayi boleh dibawa naik pesawat?…
    Thanks in advance utk informasinya..

  10. ririn

    Selamat ya, mbak. Ikutan senang dan jadi tambah semangat. Semoga nular ke saya.
    Bulan September kemaren kebetulan gagal untuk bayi tabung yang pertama, bulan ini persiapan untuk thaw cycle. Doakan ya mbak, semoga bisa berhasil spt mbak…

  11. Yenni

    Thanks Dicky. Melahirkan caesar di SG rata2 $4242 (Rp 25jt) untuk kelas B1 di KKH. Saya lihat datanya di website menteri kesehatan SG MOH, pilih bagian Delivery (Caesarean section). Ada yg lebih murah $1000an, tapi untuk foreigner hanya boleh kelas B1 dan A karena kelas yg dibawahnya disubsidi pemerintah. Tergantung sikon, sy mungkin melahirkan di SG bisa juga di Indo.
    Sama-sama, semoga istri Dicky dapat melahirkan dengan selamat. Ini anak yang keberapa dan apakah ikut program bayi tabung pertama kali langsung berhasil, ditangani dokter siapa? bisa tolong share buat ibu2 yg ada di daerah Sby. Thanks.

    Untuk mbak Ririn, makasih ya. Saya doakan supaya keberhasilanku menular ke mbak. Saya ada share sedikit mengenai tips atau pengalaman saya yg saya rasakan ada efek positivenya, semoga dapat membantu Ririn. Good luck…

  12. mira

    hi mb yenni, sy mira. mau tny2 nih soal bayi tabung, karena sy ada rencana berobat ke singapore. sy dapet referensi ke mount e dg dr.charles liem. pernah denger ngga ya? thanks

  13. yenni

    Hi Dicky, tdk masalah ceritanya panjang… malah berguna buat teman2. Sy terharu membaca pengalaman Anda. Saya doakan semoga kehamilan istri Dicky lancar… selamat sampai melahirkan… amin.
    Saya buat post sendiri cerita Anda sehingga para pembaca mudah mencarinya. Terima kasih atas sharingnya…

    Hi Mira, saya pernah dengar nama dr Charles liem tapi tidak begitu tahu mengenai dia. Para pembaca ada yang punya pengalaman dengan dr Charles?

  14. lia

    Untuk Mira yang berminat terapi di SIN, mungkin bisa coba
    dr. PC Wong, National University Hospital telp. +65 677 222 77.

    selamat mencoba!

  15. Devy

    Hi Mira…salam kenal, mau nambahin info untuk dr charles mp lim, teman saya ada yang berhasil dengan ivf program, katanya sih orangnya ramah dan sangat komunikatif sekali, jika ingin lebih jelas lagi, bisa buka web nya w ww.ivf-treatment.com…semoga berhasil ya…

    Hi Lia…salam kenal juga…mau nanya dr PC Wong…apakah Lia punya pengalaman secara langsung? enak ga dokternya…

    Kami ada rencana untuk konsultasi program ivf, ada beberapa referensi dokter di Sing al: Sheng Shay Way, PC Wong, Charles MP Lim, Sheila Loh, Cheng Li Chang…kira-kira diantara dokter2x itu yang paling ok yang mana ya? Mohon masukan dan sarannya…

    Untuk Yenni dan Dicky, selamat ya atas keberhasilannya…semoga kami yang akan mengikuti program ivf bisa diberi kelancaran dan kemudahan juga seperti kalian…

  16. lia

    saya baru udah 2x konsultasi tapi memang BELUM ke tahap bayi tabung.
    tapi saya cukup banyak masukan baik dari kalangan dokter maupun pasien lainnya
    tentang profil & pengalaman Prof. PC Wong ini.
    dia bukan tipe yang ramah lembut tapi sangat to the point.
    kalo dokter lain di Singapore itu sepert Charles Lim, Sheila, dll. saya belum
    pernah dengar.

  17. emma

    saya sangat tertarik dgn cerita bpk dicky, yang menceritakan istrinya dulu menderita endometriosis yang akhirnya bisa di sembuhkan. saya memiliki penyakit yang sama, bahkan saya sudah di operasi juga. da berencana utk menjalani bayi tabung, tapi saya pesismis. karena dokter yang menangani saya mengatakan endometriosis saya tidak bisa disembuhkan. endometriosis itu pelengketan kan? jadi bagaimana menurut bapak dicky. apa yg harus saya lakukan? saya minta diceritakan secara rinci apa penyakit istri bp dulu, dan proses penyembhannya. tyerimakasih. salam

  18. dian

    Sktr awal Jan 2006 saya pernah ke dr.Charles Lim di mount e. Orangnya informatif,komunikatif & detail bgt neranginnya, sy jg dikasih informasi tertulis dlm bhs Indonesia tentang fertilitas dan bayi tabung berikut dng schedule2 nya yg gampang bgt dimengerti.
    Dari dia jg saya akhirnya dpt kepastian kalo saya hrs bayi tabung kalo mau hamil karena gak memenuhi syarat utk hamil normal ataupun inseminasi.

    Butuh waktu 1,5thn buat saya utk nerima kenyataan plus nyiapin mental utk proses bayi tabung ini.
    Tp saya gak nerusin program ke dr.Lim karena sy malas kalo hrs stay berminggu2 di Sin tanpa mengerjakan apa2 sementara saya mau tetap kerja spt biasa dan gak pakai cuti selama ikut program.
    Akhirnya sy pilih dr.Ivan Sini di rs.bunda yg juga sgt informatif,care & ramah. Saya benar2 santai dan pasrah waktu jalanin program ini dan skrg saya sdg hamil 4 bln.
    Tks.

  19. bing

    hai, lia and mira.. salam kenal…
    kebetulan bulan nov taon lalu…sy bikin bayi tabungnya dengan Prof PC Wong…orangnya emang nggak banyak basa basi…lagian kalo kita mau nanya2 di NUH ada klinik IVF tersendiri yg bisa bantu kita tanya apa aja….Thank God sekarang saya uda hamil 3 bulan..uda pulang ke surabaya.. mungkin kalian bisa baca pengalaman saya di web ini juga…si yenny berbaik hati bikin ‘post’sendiri buat pengalaman saya.
    Hope kalian tetep ‘CIAYO’ hehehe…semua indah pada waktuNya..cu then.

  20. Kelly

    Hai Dian,

    Salam kenal ya… Aku juga rencananya akan ikut program bayi tabung dengan Dr. Ivan. Dian waktu ikut program sama Dr. Ivan pengalamannya gimana? 1st cycle langsung berhasil ya?? Kalo ikut BT, biasanya ketemu Dr. Ivan nya setiap hari ya? Pengen tau aja lebih jelas, soalnya kemarin ketemu Dr. Agustine, tapi kita belum mendapat gambarannya yg cukup jelas. Aku tuh emang ada rencana resign dari kantor untuk program BT ini, tapi menurut Dr. Ivan ga perlu sampai resign.. Nah binun deh jadinya… hehehehe

    Sharing pengalamannya ya kalo boleh.Ma kasi ya sebelumnya….

    Selamat ya atas keberhasilannya. Mudah2an kita semua di sini cepet menyusul 🙂

  21. Devy

    Hi Dian…mau tanya nih…
    Klo dr. Ivan itu prakteknya dimana ya? Saya tertarik dengan penjelasan Dian, ada keinginan juga untuk konsultasi ke dr. Ivan, karena kemarin saya juga baru dari dr. Lim dan suggest nya saya harus di laparascopy dan hsteroscopy dulu karena ada endometriosis, perlengketan disaluran telur dan polip di dinding rahim.
    Thanks buat infonya…

  22. dian

    Devy, saya biasa ke tempat praktek dr.Ivan di Morula IVF Klinik, di Bunda International Clinic(kira2 3 gedung stlh RS.Bunda) no telp nya: 31922005 ext 800.
    Good luck ya…

  23. rulia

    Mb.Yeni selamat ya atas kehamilannya
    hari ini hari ke14 after ET saya. dari tes urin saya yg berkali-kali saya coba hasilnya ada 2 grs tp selalu yg satu nggak kelihatan jelas. Dokter pun gak yakin akan hsl test tsb. Akhirnya saya diksh duphapros ama folavit untuk lbh meyakinkan hasil test. Tenyata hari ini setelah saya minum, tadi siang saya menalami flek meski kt dokter msh ada kemungkinan embrio saya bisa bertahan. Saya jd stress bgt, rasanya. Mb.Yeni flek hari keberapa? Bedrestnya spt apa Mbak? Apa makan, minum n pipis ttep di tmpt tidur? Tolong di jwb ya Mbak. Thanks b4

  24. Yenni

    Hi Rulia, saya mengalami flek kira2 hari ke 11 setelah ET. Saya tidak bedrest total, hanya tidak melakukan banyak aktivitas, tinggal di rumah terus, makan minum pipis seperti biasa bukan di tempat tidur.
    Untuk meyakinkan sebaiknya Rulia tes darah aja, dokter saya justru ga mau pakai tes urin karena tidak 100% akurat. Rulia setelah ET ngga dikasih obat?
    Saya doakan semoga Rulia berhasil hamil ya…

  25. lea

    buat yang berhasil melalui bayi tabung aku ucapin selamat ya 🙂 sedikit sharing ya…desember lalu aku juga ikut bayi tabung di dr Aucky tapi gagal…dari semua proses yang aku jalani lancar n hasilnya juga baik menurut dr Aucky kami masih kurang beruntung hehehe kami yakin kami beruntung loh cuma Tuhan blom kasih aja….pengalaman itu tidak menjadikan kami putus asa, kami masih ingin mencoba lagi….doain ya teman2…thx GBU

  26. karina

    lea..
    tetap semangat ya..
    Aku juga ikut di dr. Aucky. Setelah 2 kali gagal, baru sekarang berhasil.
    Jadi jangan putus asa..

  27. anggun

    halo mb yenni, slamat ya. sy terharu baca perjuanganx sampe bs hamil, smg sehat sampe dg melairkn nti.
    sy n suami mutuskan ikut BT dr awal jan08. dr hsl cek up dketahui suami azoosperma (maturation arrest) n sy susah ovulasi krn FSH n LH yg tll tinggi. dr smua kisah yg sy baca, smua masalah ada di istri sdgk suami sehat2 sj. ada gak kisah yg spt kmi? mhn saran utk permslhan kmi ini. skrg suami dksh obat utk 3bln ini. oia sdh ktm dokter BT d RSCM n ada renc mau ke KKH krn kmi tinggal d btm. kl k KKH hrs appoitment jauh2 hr ato lgs dtg bs gak? trus dlm komunikasi dg dokter KKH pake bhs ind bs gak, ato kmi hrs bw penerjemah?

  28. Kelly

    Hai Anggun,

    Kebetulan suamiku juga azoospermia. Bagaimana sih tau kalo kasus hubby elo maturation arrest? Penasaran aja.. Kita kemarin sempat biopsi testis, tapi ga dikasi tau apa itu maturation atau hal lain. Walaupun hasilnya ga bagus, tapi kita ga putus asa koq. Anggun berobat sama Dokter siapa kalo boleh tau? Sempat biopsi ga??

  29. Yenni

    Hi Anggun, thanks ya atas doanya.
    Saran saya sih sebaiknya kamu ke KKH aja mengingat kamu tinggalnya di Batam daripada bolak-balik ke Jakarta kan? Kalau di KKH memang mesti appointment dulu sebelum ketemu dokter ga bisa langsung datang aja. Dokter IVF di sana semuanya Chinese (kalo ga salah) jadi mau ga mau mesti ngomong Inggris atau Mandarin, tapi susternya banyak yg bisa melayu.
    Semoga sukses ya dgn proses BTnya, tetap semangat….

  30. anggun

    hi kelly,
    suami awal jan di biopsi oleh dr nur rasyid (rscm), jaringan yg diambil diuji di lab patologi anatomi n kesimpulannya maturation arrest. jd produksi sperma terhenti di fase tertentu. dr spermatosit br jd spermatit, shrsnya sampe spermatozoa. mmg siy wkt tau lgs nangis bombay gt dh, tp bener kt kelly jgn putus asa, TETEP SEMANGAT. kl kelly dmn n ma dr sapa?

    hi yenni,
    thanks sarannya. td sdh appoitment k KKH, dpt dr Sahdana. bgs ga?

  31. Kelly

    Hi Anggun,

    Kalo kita sama Dr. Akmal (RS.Carolus), tapi waktu biopsi februari kemarin ga dijelasin sampai tahap mana perkembangan sperma nya. Emang sedih banget ya pas tau hasilnya seperti itu, tapi kita tetap harus dukung hubby kita ya… 🙂

    Rencana mo BT di Singapore ya sekarang?? Sukses ya 🙂

  32. farida

    aku pernah program bayi tabung, 3x, d sby, tp blm berhasil. apa punya info rs bayi tabung d jkt, d bunda internasional klinik atau d harapan kita yg baik ya? dokter siapa? kalo d jkt dr wahyu, d klinik raden saleh, apa baik?

  33. anggun

    hi kelly,
    ada tp gak tll mengganggu. iya niy, kami bsk pg ke sgp mau konsul dl. thx doanya ya. btw pengobatan lbh lanjut dr dokter apa?

  34. lea

    hi karina… sekarang lagi hamil ya, kembar ngga? aku ikut seneng, aku ndak patah semangat kok aku masih mau coba lagi cuman tunggu mood aja hehehe, bole dong nanya2 seputar pengalaman kamu?

  35. Kelly

    Hai Anggun,

    Kalo menurutku, untuk kasus hubby kita.. lebih baek ke urolog aja kali ya.

    Semoga berhasil yaaa 🙂

  36. Yenni

    Hi Anggun, setahu saya dr. Sadhana ok juga pengalamannya banyak… dia itu senior consultant. Semoga konsultasinya lancar dan berhasil hamil.

  37. Ayu

    Halo semua, mbak yenni,selamat ya atas kehamilannya, mba tabah bgt ya dan ga putus smangat sampe nyoba BT 3x… Buat anggun dan kelly, aku pnya mslh yg sama dgn kalian. Suamiku azospermia, rncananya mau di biopsi ma dr nurasyid d klinik yasmin, itu prosesnya gmana ya? Kalo suami kalian hasil tes hormonnya gmana? Normal ga? Kalo ada kelainan apanya yg tinggi/rendah? Pls reply yah,aku lg takut bgt ni,kasian jg sama suamiku

  38. Kelly

    Hai Anggun,

    Gimana hasil konsultasi kemarin sama Dr. Sadhana? Mudah2an bring good news ya… Cerita cerita ya pengalaman ke KKH gimana..

  39. Kelly

    Salam kenal Ayu,

    Untuk biopsi kemarin, hubby ku di PESA dulu, abis itu lanjut ke tahap TESE. Abis biopsi akan terasa nyeri sih selama seminggu… tapi setelah itu sudah bisa beraktivitas seperti biasa. Kemarin sih hasil hormon semuanya normal. Emang sih kasian ama hubby musti sakit2 begitu… ga tega rasanya. Makanya sekarang kita istirahat aja dulu sekarang.. pasrah.

    Semoga berhasil ya Yu…

  40. Ayu

    Thanx kelly, kalo kamu hasil biopsinya apa? Sama kyk anggun? Boleh tau email kamu ga? Ada yg mau kutanyain lbh bnyk. Thanx bgt ya. Kalo anggun,gmbaran hormon hubby mu gmana?

  41. Mia

    Untuk Farida..
    Mengenai dr.Wahyu, menurut saya secara personal orangnya baik dan cukup ramah, hanya mungkin karena pasiennya terlalu byk, beliau jadi cenderung buru2 setiap konsultasi. Untuk BT sendiri, sptnya bukan spesialisasinya. Kalo masih ada yg ingin ditanyakan, bisa japri ke mpsi74@gmail.com

  42. Veronica

    Hii, salam kenal buat semuanya…selamat utk yang sudah berhasil hamil ya n jangan menyerah utk yang lon bhasil.
    Saya juga sekarang lagi ikut program BT di Bunda dengan dokter ivan karena suami yang azoosperma.
    Tahap pertama dilakukan operasi PESA dulu oleh dokter Ivan utk mengambil sperma, jika belum didapat juga dilanjutkan dengan TESE tapi puji Tuhan kemarin suami cuma operasi PESA saja sperma sudah bisa diambil.
    Dikatakan dokter berarti ada sumbatan yang entah ada dimana yang mengakibatkan suami azoosperma.
    Karena ada beberapa teman juga yang kasusnya sama yaitu suami azoosperma mungkin hal ini bisa jadi info berguna.
    Sebelum memutuskan BT kita sudah berobat ke androlog dan urolog tapi tetap hasil pemeriksaan sperma setelah diberikan obat hormon & vitamin tidak berubah, akhirnya kami memutuskan utk cek ke dokter Ivan dan ikut program BT di Bunda.
    Sekarang baru tahap konsultasi dengan dokter dan minum pil KB selama 1 bulan…mohon doa ya utk tahap-tahap selanjutnya.

  43. Yenni

    Hi Veronica, salam kenal juga. Thanks atas sharingnya, saya doakan semoga proses bayi tabung Veronica sukses… begitu juga buat teman2 yg memberikan comment di post ini… tetap semangat dan jangan putus asa.

  44. Tika

    Hai mbak yenni ..selamat ya semoga sukses sampai melahirkan.
    salam kenal juga namaku tika, akhir 2 ini saya sering membaca web ini,karena senasib
    sama aku.aku sudah menikah 5 tahun tp belum di karuniai anak umurku 33 thn…sudah menjalani insem bahkan BT pertama kali di bln juni 2007 gagal.terus kita mencoba bulan ini, ET pada tgl 28 februari 2008 kemarin,sekarang masa menunggu ..sama sepeti yg lain masa ini lah yg sangat tidak enak…aku coba utk santai. waktu pertama itu sehari setelah ET aku sakit perut sekali, di ikuti kedua kalinya besoknya …dan itu saya kira tanda kegagalan.kali ini si blm ada tanda tanda , ya habis baru kemarin.
    mbak yeni bisa share nggak gimana waktu dua minggu sebelum Test kehamilan…ada tanda 2 khusus nggak ? mungkin jawabannya sangat mebantu saya yg lagi masa menunggu juga.terima ksih banyak.
    untuk yg lainnya salam kenal ya

  45. Yenni

    Hi Tika, salam kenal juga. Thanks ya doanya…..
    Kamu ET kali ini fresh atau thaw cycle? Soalnya kalau fresh cycle bisa jadi sakit perut itu karena bekas OPU 2 hr sebelumnya, sama kaya saya sewaktu habis OPU masih terasa ga enak di perut bawah, tapi kalau Thaw cycle saya ga rasain sakit perut.
    Apa kamu yakin sakit perutnya itu karena ET atau karena sebab lain…makanan misalnya?
    Selama 2 minggu nunggu hasil saya sempat flek, tapi jgn takut dulu ya kalau kamu sampai flek soalnya ini bisa pertanda bagus loh… jadi selama nunggu ini kamu santai aja… soalnya kalau sampai stres kan ga bagus juga buat perkembangan embrionya… Tetap cari kesibukan biar tidak terlalu stres menunggu.
    Semoga berhasil ya….good luck!

  46. lea

    karina, aku mau tanya program u yang pertama ama yang ke dua ampe kamu berhasil jaraknya brapa bulan ya ? menurut dr aucky aku udah bisa mengulang program bulan maret cuman temenku bilang jangan dulu, aku bingung , kasih saran dong. emang sih 2 bulan ini jadwal mensku kacau. thx ya

  47. Tika

    Hai mbak yenni ma kasih balesannya…membantu sekali :):)
    aku pertama dan kedua ET nya fresh cycle karena yg pertama telurku yg jadi cuma dua,jadi kedua kalinya harus mengulang dari awal, terus kali ini dari 14 telur yg jadi 5 , yg 2 di ET . iya yg pertama itu aku sakit perut sekali..seperti orang keguguran gitu.makanan si nggak mbak seingat aku, karena aku hati 2 sekali dgn makanan…emangnya ada aturan apa aja yg harus dan tdk di makan setelah ET mbak?
    (dokterku si bilang seperti normal aja dan minum yg banyak gitu,setelah ET).
    mbak yenni…dua minggu menunggu itu ada perubahan di badan nggak? contohna payudara membesar atau ada tekanan di bawah perut, bahkan mungkin ada gerakan di bawah perut??
    ada temanku di sini yg bilang sudah bisa ngerasakan gerakannya biarpun baru di ET?
    tapi aku sampai sekarang kok nggak ya? cuma payudara aja tapi nggak terllau gitu, kadang hilang juga rasa itu , mungkin karena hormon ya?…ya aku si usahain utk santai tapi kadang kecemasan juga muncul, tapi aku usahakan untuk tegar.
    dan semangat seperti mbak yenni,sampai berhasil :):)
    semoga mbak yenni selalu baik baik…dan untuk semuanya semoga berhasil juga usahanya.

  48. Yenni

    Hi Tika, kalau makanan memang ga ada larangan khusus ya, yg penting makanan sehat jangan yg mentah2… supaya kita tidak kena penyakit.
    Kalau saya sih selama menunggu 2 minggu itu ga ada perubahan yang mencolok, payudara memang sedikit rasa tidak enak seperti mau mens gitu dan nafsu makan berkurang.
    Kalau gerakan di bawah perut sih rasanya ga mungkin karena embrionya kan masih kecil sekali dan menurut dokter gerakan bayi mulai terasa paling cepat 3 bln ke atas. Saya pertama kali rasain gerakannya pada umur kandungan 4 bln. Malah ada juga kok yang ga rasain apa2 tapi hamil.
    So, tenang aja Tika waktu cepat berlalu kok, semoga happy ending ya… tapi apapun hasilnya tetap tegar dan yang penting tetap semangat ya….

  49. Tika

    Hai mbak yenni,terima kasih ya atas dukungan,saran dan jawabannya,
    sangat membantu ketegaranku :):): di waktu seperti ini memang butuh orang yg bisa di ajak ngomong dari hati ke hati ,iya aku usahain tegar,biarpun kadang kecemasan muncul. Tapi emang kita harus kembali kepada yg Kuasa yg penting kita berdoa dan berusaha ,juga tidak lupa tetap optimis.
    tak up to date nanti gimana gimana nya berita dari yaku ya….nunggu sampai tgl 13 rasanya lama sekali emang he he he.
    ok pai nanti

  50. felice

    Hi, salam kenal ya..membaca postingan diatas, membuat saya yang sedang menunggu hasil dari ET jadi lebih tenang…tinggal 2 hari lagi masa penantian untuk cek darah…rasanya hati ini makin ngak karu karuan karena takut gagal…saya mau tanya dong…kalo udah ET..terus payudara keras sekali dan di bawah perut sering nyeri dan pindah2 tempatnya..apakah itu petanda positif..soalnya s/d hari ini belum mens dan lusa baru periksa darah…

  51. Yenni

    Hi Felice, salam kenal juga… thanks udah ngeramein jadi banyak yg tunggu hasil nih. Kalau saya ngga rasain nyeri, tapi payudara memang agak keras jadi memang good sign nih. Felice ada flek2 ga? Saya doain supaya positif ya… tapi be prepare apapun hasilnya ya.

  52. anggun

    hai Kelly,
    sorry ya lm, br bs bls. pengalaman di KKH krg menyenangkan. stlh dr Sadhana baca hsl tes, hubby dirujuk k dr Tan (urolog). dsrh tes ulang (sperma, hormon n usg testis), stlh hsl ada dr Tan blg kl mau ikut BT nti dcari sperma sampe dpt kmd dbekukn, kl gak dpt cari sperma donor. yah……kecewa bgt. gw kan pengen py anak dr my hubby, lgpl dosa bo’ pake donor. kami jg sempet bingung knp musti tes ulang pake usg testis pl, kan kami sdh py hsl tes biopsi n tes2 yg lain yg jarakx 1-2bln yg lalu. krn gak puas bskx kami ke gleneagles ktm dg dr Lee. sama spt d KKH, hubby dirujuk k dr Tung (urolog). alhamd dokter itu pernah py pasien yg kasusx sama. tu pasien ksh obat (tribestan) slm 3bln, kmd dicek tyt msh azoospermia. diulang 3bln lg n hsl msh sama. stlh yg ke-3 (9bln minum obat), akhirx ditemukn sperma. jd skrg hubby dksh obat tuk 3bln, stlh itu ksna lg tuk cek. mdh2an 3bln kedepan kami mdptk hsl yg membahagiakan. amiiiin!

    hai Ayu, salam kenal.
    hormon hubby mmg tinggi di FSH n LH, tp kt dr androlog gak mslh. ibarat org yg normal, otak ksh 10 tuk beproduksi n mhslk 10 sdgk hubby musti lbh tinggi tuk dpt hsl 10. tuk pengalaman biopsi sama dg hubby Kelly. stlh biopsi n hsl patologi ada, dr Nurasyid merujuk k dr Indra (androlog). krn secara hormon gak bermslh, jd dokter ksh obat slm 3bln tuk merangsang produksi sperma. obat itu kykx vitamin deh n nonhormonal. btw hubby Ayu sdh jd dibiopsi? apa hslx?

  53. Kelly

    Hai Anggun…

    Senang banget denger kabar dari anggun. Thanks banget ya buat sharingnya. Paling engga, kita ada usaha lain ya seperti yang ditawarin Dr. Tung. Jadi sekarang hubby lagi minum Tribestan ya? Koq familiar banget ya nama obatnya? BTw, itu bukan obat hormon kan ya? Mudah2an ada hasilnya dalam 3 bulan pertama. Keterangan Dr. Tung dalam 9 bulan ditemukan sperma, maksudnya pas Sperma analysis ketemu atau pas biopsi ya?

    Kalo dari kita sama Dokter urolog disaranin untuk mencoba operasi varikokel. Siapa tau itu penyebab azoo nya.. tapi sampai saat ini kita belum mengambil keputusan apa pun. Kasian hubby soalnya kalo musti operasi lagi.

  54. felice

    Hi juga yenni, saya ngak ada flek nih…pagi ini udah periksa urin dan darah…hasil urin sih positif…tapi katanya belum pasti harus tunggu hasil tes darah dulu, mudah2an ajalah positif…soalnya udah panas dingin tunggin hasilnya…baru dapat hasil tes urin aja udah hampir mau nangis, udah 6 tahun berjuang untuk mendapatkan keturunan…bagi teman2 yg mau tanya2 soal proses bayi tabung…saya dengan senang hati mau berbagi pengalamannya..saya sih program bayi tabung di morula dengan dokter ivan..

  55. Veronica

    Hii Felice..salam kenal, smoga berhasil ya tes darahnya..aku juga BT dengan dokter Ivan di Morulla…ceritain dong proses kamu BT disana biar jadi gambaran utk kita-kita disini…thanks ya…

  56. Ayu

    Hai juga Anggun, iya lah ya kita kan pengen punya anak dari suami, mgkn disana udah biasa kali ya donor2 gitu…. Kalo suamiku kan hormonnya normal, trus tes fruktosanya negatif, jadinya dr nurrasyid optimis suamiku hanya ada masalah sumbatan aja, jadi aku disuruh langsung ikut BT aja, dirangsang2 telurnya, nah pas hari OPU, suamiku juga dilakukan operasi. Aku ragu banget sama keputusan itu karena takut kalo ada apa2, aku pasti sedih banget…. mana uang buat beli obat suntikannya itu kan ga sedikit…lagi bingung niy. dr nurrasyid kasih saran seperti itu karena sperma kalo dibekukan, mutunya suka udah gak bagus lagi, jadi bagusnya yang segar… enaknya gimana ya… any idea?

    Buat Kelly, hormon suami kamu normal juga lan? kamu disaranin yang seperti aku gak ama prof akmal?

  57. Veronica

    Felice…selamet ya..senengnya udah lulus he..he..mana kemungkinan kembar lagi..doain kita-kita yang masih lagi ujian ya biar lulus juga 🙂
    Felice, klo boleh tau yang ada masalah siapa ? trus dosis gonal F nya 225 UI ya..emang berapa usia Felice ? aku dikasih dosis 150 UI..shering donk biaya yang udah habis ampe berhasil ini berapa mungkin bisa jadi info yang berguna buat kita-kita.
    Utk yang suntik Gonal F emang asal suntik di bawah puser gitu aja ya ? jarumnya tiap suntik ganti ? terus sebelum suntik olesin alkohol gitu ngga ? suamiku juga ngga mau nyuntik takut katanya makanya dia suruh aku dateng ke Bidan deket rumah aja minta disuntikin sebelum berangkat kerja..kamu suntik gonal F jam berapa ? kata dokter Augustine asal dibawah jam 10 pagi ya ?aku baru mau mulai semprot synarel tgl 9 nanti.
    Kamu kerja ngga ? setelah ET bedrest gitu ? aku juga rada kuatir aku kerja di lantai II makanya setelah ET mau cuti seminggu bedrest di rumah aja…smoga nyusul kamu ya..GBU

  58. Tika

    Hai Felice, salam kenal..
    dan selamat atas keberhasilannya..semoga sukses dan lancar dgn anak kembar sampai melahirkan…waduh lucu nanti kalau kembar:):) semoga menular ke aku dgn cepat ya.
    ini aku juga lagi nunggu hasil…lagi deg deg an juga kadang pesimis..soalnya aku nbggak ngerasa apa apa…malak sempat down karena waktu habis ET itu pauydaraku sempat mebesar dan putingnya sempat menghitam …seakan akan kayak orang hamil gitu.3 hari yg lalu semua berubah…payudaraku kembali normal dan kadang aku ngerasa sakit pinggang yg kayak mau mens gitu…aku sudah panik.ku tlp dokterku..dia bilang suruh tenang aku dan nerusin obatnya seperti yg sudah di anjurkan karena pembesaran payudara itu nggak ada hubungannya dengan penempelan rahim di perut.agak enak an juga pikiran ku..tapi cemas juga masih ada mengingat waktu utk test masih lama tgl 13 minggu depan.
    untuk yg lainnya yg masih berjuang semoga berhasil ya…dan doain aku juga ya:):):)
    selalu optimis , dan berusaha sambil berdoa.
    pai nanti

  59. Tika

    ups sorry ralat utk komenku di atas …maksudnya penempelan embrio di rahim…lagi cepet 2 ni :):):)

  60. Yenni

    Hi Felice, wah akhirnya dapat juga kabar baiknya… big congratulation buat Felice dan keluarga. Saya doakan semoga kehamilannya lancar dan berhasil sampai melahirkan.
    Saya buatkan post tersendiri ya sharing kamu supaya pembaca bayi-tabung.com dapat dengan mudah menemukan pengalaman keberhasilan bayi tabung Felice.

  61. Ade

    Hi, salam kenal buat semuanya. Aku baru aja ikut bayi tabung di bangkok dan gagal. Tgl 1 aku test darah hasilnya negatif dan dokterku bilang langsung aja thaw cycle krn aku masih punya 3 embrio. Ternyata tgl 2 aku mens dan besoknya hari ke 2 aku ketemu dokter dan dikasih estrogen untuk 2 minggu dan tgl 14 aku disuruh ketemu dokter untuk usg dan test darah. karena ga ada yg perlu dikerjain lagi sorenya aku pulang ke jakarta. sekarang aku bingung mau istirahat dulu atau langsung thaw cycle krn dokterku kasih penjelasan ga memuaskan, dia bilang kegagalan kita krn kwalitas sperma kurang bagus, memang suamiku azoospermia dan kemaren PESA.Skrg aku consult ke klinik yasmin dgn Dr Muharam, dia mau test aku dan suamiku lagi, dia bilang ditunda dulu aja thaw cyclenya, kalau memang hasil test bagus baru lanjutin, mohon saran teman teman dong.

  62. felice

    Hi juga semuanya..senangnya banyak yang bantu mendoakan…semoga bagi yang lagi berusaha ..tetap semangat ya…dan moga2 cepat ketularan berhasilnya…
    buat veronica..kalo saya sih masalahnya telurnya susah membesarnya..terus kalo suami morfologi sperma juga ngak bagus..jadi susah nembus ke sel telurnya…umur saya sih 34 tahun…ya…suntik 2 jari dibawah puser..tapi ngak tepat dibawah puser..tapi disampingnya…nanti kalo kita mau suntik sendiri..diajarin kok sama susternya dan ngak susah kok…dari pada kita stress tiap hari harus ke rumah sakit , mending suntik sendiri aja..ngak sakit kok…dan saya suntiknya tiap pagi jam 7 sebelum ke kantor…biaya yang udah dikeluarkan sekitar Rp.53 juta…( udah termasuk pembekuan embryo Rp.1,5 juta)..saya kemarin itu cuti mulai pertama OPU s/d sehabis ET..jadi cuti 2 minggu aja..
    ‘tuk..Tika…kayaknya bisa positif dech..soalnya saya juga payudaranya keras dan sakit..terus kadang2 perut tuh nyeri kayak mau keluar mens..tapi mensnya ngak keluar2…mudah2an berhasil ya..yang penting harus tenang…dan banyak doa…terus pasrah apapun hasilnya..
    tuk yenni dan fanny…thanks ya….

  63. Veronica

    Hii..Tika smoga kamu juga nyusul Felice ya…tgl 13 tinggal 3 hari lagi nich..emang paling deg degan tu saat tunggu hasil habis Et ini ya…kayaknya lama banget trus btanya-tanya hamil ngga..Tika BT dimana ? trus harus BT masalahnya knapa ?

    Hii..Ade, knapa BT di Hongkong ? emang stay disana ?
    Suamiku juga azoosperma dan habis PESA juga, emang klo sperma yang dikeluarkan melalui PESA masih muda..ngga seperti yang dikeluarin fresh gitu..jarak dari PESA ke BT jauh ngga ? jadi kepikiran juga nich masalah sperma suami..smoga berhasil ya thaw cyclenya nanti..

    Felice, thanks ya infonya lengkap banget..smoga kehamilannya lancar-lancar saja ampe nti melahirkan..doakan kita yang masih berjuang berhasil juga ya…

  64. Tika

    Hai veronica, ma kasih doanya..iya nunggu kan masa yg menjenuhkan , kalau nunggu yg satu ini lebih parah.takut,cemas …pokoknya deg deg an sekali.tapi aku sekarang sudah siap untuk nerima apa pun hasilnya nanti.karena aku agak ragu kalau jadi soalnya akhir2 hari ini,tubuhku nggak ada perubahan sama sekali dan susuku seperti biasa gitu.tapi harapan si masih ada, kita tunggu hari kamis…kalau sampai dgn hari itu aku nggak mens.mudah mudah an Tuhan mendengar dan mangabulkan doa kita.
    Aku BT nya di German karena suamiku tugas di sini,Progam dan caranya si hampir sama dgn yg aku baca dr teman teman kita di sini ,sebelum mens di kasih synarel yg di semprotkan di hidung itu,terus stlh mens di kasih suntikan yg di sekitar pusar itu,nama obatnya di sini Menegon yg di campur sendiri itu pakai jarum,setelah ET di kasih hormon progeteron 3x sehari namanya utrogest ama untuk menebalkan selaput di rahim 1xsehari namanya Gynokadin bentuknya Gel dan di taruh di lengan kayak hand body gitu .cuma kalau di sini bedanya kan bahasa…jadi agak susah kalau mau komunikasi lebih mendalam,biarpun kita menguasai bahasa sini,kan lain kalau bukan mother lenguage.
    Dan waktu juga di batasi…nggak bisa lebih lama dari 15 menit.Cara kerjanya si profesional sekali…cuma kadang kan kita butuh ngomong.

    Masalah nya kita bayi tabung itu di aku veronica…telurku itu kecil jadi nggak bisa berkembang , jadi harus di kasih hormon untuk memperbesar ukuran telur…kalau mslh hormon dan lain lainnya di tubuhku itu sebenarnya normal semua…tapi nggak tahu kok susah.Suamiku juga normal ( bukan yg terbaik si kwalitas spermanya cuma nggak ada mslh kalau pingin punya anak gitu ).mungkin hanya timing aja yg blm …kita harus optimis saja,iya nggak.
    Kamu kapan ET nya…kamunya kan nggak ada masalah, jadi kemungkinan untuk berhasil besar.optimis dan selalu berdoa..seperti teman2 kita di sini :):):
    aku doakan juga semoga semua berjalan lancar dan berhasil !!

    ok pai nanti

    oh iya yg minum pil KB itu kamu ya? dan Pil KB apa veronica,kalau boleh tahu? karena aku pernah dengar teman yg program juga di singapore terus di kasih pil KB …eh ternyata programnya blm jauh dia uda hamil duluan.

    ok pai nanti ya

  65. Ade

    Hi veronica, aku BT di bangkok bukan di hongkong, krn memang kita ada kerjaan disana jadi bolak balik jakarta bangkok. PESA suamiku barengan waktunya sama OPU aku, jadi langsung hari itu juga. Sekarang aku bingung krn dokter bilang kwalitas sperma suamiku kurang bagus yg bikin BTnya gagal, jadi kalau aku thaw cycle skrg sama aja dong ya 3 frozen embrioku kurang bagus juga. Tapi aku pikir positif aja deh, tgl 14 aku mau ke bangkok lagi, doain aja ya teman teman.

  66. Tika

    Hi Ade…tapi kalau udah jadi embrio kan berarti nggak terlalu masalah sama sperma karena sudah bisa mebuai,memang si di embrio itu ada beberapa kwalitas…yg bagus itu setelah di buai itu menjadi 4 sel dlm semalam setlah itu 8 sel…coba kamu tanya aja kwalitas embrio kamu ? itu kalau nurut pengalamanku si.
    kalau eemang embrio kwaltisanya nggak bagus pikir 2 utk di tanem lagi,mending di obati dulu sampai kwalitas bagus…itu pendapatku aja lo.
    mungkin teman lainnya ada pendapat.
    coba si bagus juga Ade…berdoa sama berusaha ya…aku doakan juga.

  67. Yenni

    Hi Ade, aku setuju dgn Tika. Kalau dah jadi embrio ga ada kaitan lagi dgn kualita sperma, sekarang tinggal kwalitas embrionya… tanya aja ke dokter. Tanya sekalian chance berhasilnya lebih kecil ngga, kalau kecil mendingan ditunda aja dulu. Apalagi thaw cycle itu kan peluangnya lebih kecil dari fresh cycle.
    Saya waktu bt kan banyak tuh embrionya, yg ditanam ama dokter yg bagus2 supaya chance makin besar katanya.
    Sebaiknya abis gagal bt menurut saya istirahat aja dulu paling ngga satu cycle, apa lagi kalau kitanya ragu2. Ada beberapa alasannya menurut saya:
    1. Supaya tubuh kita kembali ke normal setelah dimasukin berbagai macam obat. Suamiku malah pernah bilang tubuh saya ini seperti apotik banyak obatnya.
    2. Keadaan psikologis kita belum tenang 100% setelah baru mengalami kegagalan. Saya merasakan kalau belum siap terus apalagi ada keterangan dokter tidak memuaskan seperti Ade, rasanya ga srek kalau maju terus dan ada perasaan gagal sebelum maju berperang…
    3. Selama saya berobat setelah proses insem atau bayi tabung yg gagal dokter selalu nganjurin istirahat dulu, ya cocok lah dgn keinginananku…
    Malah ada dokter yg bilang dia punya pasien yg sudah gagal berkali2 insem trus waktu istirahat atau liburan ehhh malah berhasil hamil.
    Tapi kalau memang waktunya yg tidak memungkinkan ya boleh di coba, nothing is impossible in this world anything can happen… miracle does happens.
    Good luck Ade, all the best for you… semoga berhasil ya.

    Buat Tika yg lagi harap2 cemas semoga berhasil ya soalnya masalah kita sama telurnya kecil2 malas berkembang… tapi tetap bisa hamil loh seperti saya ini… maju terus pantang mundur 🙂

  68. Veronica

    Tika, pil KB yang lagi kuminum Mycrogynon ED 21 tablet aktifnya aja, besok selesai minum pil KB.
    Klo aku kan masalahnya suami azoosperma jadi utk hamil normal ya kecil kemungkinan karena sperma ngga bisa keluar (salurannya ada yang kesumbat) jadi klo beneran aku hamil sebelum nyampe ke OPU n ET its miracle for me..but that is possible for GOD secara Dia yang bikin napas kehidupan ya..

    Ade, emang udah istirahat berapa lama dari fresh cycle ? klo kata dokter di Bunda utk thaw cycle jeda waktu dari fresh cycle itu minimal 3 bulan..tubuh kita diistirahatkan dulu…Smoga berhasil ya Thaw cyclenya..banyak berdoa biar Tuhan kasih embrio yang kualitasnya terbaik utk thaw cycle nanti..Klo kata dokter kualitas embrio kamu ngga bagus, minta Tuhan bagusin embrio kamu kan Tuhan yang bikin jadi Dia juga bisa bagusin kualitasnya :)Jangan menyerah ya..tetep semangat.

    Felice..gimana kabarnya ? lagi ngidam ya Bu ?

  69. renny

    hai semuanya..selamat ya buat yg berhasil BT. bln agustus’07 aku ikut BT di RS. Siloam tapi gagal (ihik..)dr.Aucky nganjurin 2 bln kmd bisa program lagi. Tapi aku msh blm bisa ngilangin kecewa, sedih, hancur akibat kegagalan ini, jd sampe sekarang aku blm punya keberanian buat ikut BT lagi. Aku udah punya anak 1, sekarang usianya 9 th( dr suami pertama, udah almarhum 7th yl), dulu normal kok, sebulan nikah langsung positif. 5 th yl aku menikah lagi, dan sangat-sangat bahagia dengan perkawinanku ini, tapi Tuhan belum (smg bentar lagi berkenan ya)ngasih keturunan..stlh 2th perkawinan belum ada tanda2 kehamilan aku periksa ke dokter,hasilnya:suamiku normal,tapi aku..salah satu saluran telurku nutup, harus ditiup, oke aku ikuti, setelah operasi kata dokter tinggal usaha dan nunggu hasil. sampai th ke 4 perkawinan ga ada tanda-tanda juga akhirnya kami ikut BT di Siloam. Tuhan pasti kasih yang terbaik buat kami. Kata suamiku saat melihat aku nangis setiap malam (setelah dinyatakan program gagal)”kan kita udah punya Hafidz (nama anakku dr suami I)”. Ya Allah…aku ingin mempersembahkan anak buat suamiku…berikanlah kemudahan, berilah mukzizatMu.
    Suamiku tetap menyayangiku seperti dulu dan semoga akan selalu begitu sepanjang hayat..
    Doain aku mendapat mukzizat dr Allah yaa..

  70. Ade

    Hi Yenni, thanks ya atas sarannya. Aku sebenarnya juga mo istirahat dulu secara badan dah melar gini, tapi dokterku bilang ga apa2 langsung aja untuk proses thaw cycle dan waktu aku tanya chancenya dia belum bisa lihat sampai embrionya dithaw, memangnya begitu ya? tapi memang aku juga harus travel bulan april, ya udah aku coba aja sekarang, keep trying and keep praying. Aku harap bisa ngikutin kamu langsung hamil di proses thaw cycle, kalaupun gagal aku mo coba BT di tempat kamu deh.
    Tika, semoga berhasil ya, 2 hari lagi, tetap semangat.

  71. Tika

    Hai ade…iya ma kasih, deg deg an ni , tinggal besok aja sampai skrg blm mens si,aku nya sih lebih cenderung pesimis hasilnya karena nggak ada perasaan apa apa, tapi siapa nyangka dgn keajaiban Tuhan semuanya bisa jadi mungkin,harapan harus selalu ada dan semangat.
    Ade kalau boleh tahu kamu naik berapa berat badan sejak terapi hormon? yg lainnya apa ada kenaikan menyolok juga?
    aku si nggak, biasa aja , naik waktu sebelum ET itu aja paling 2 kg, setelah itu kembali normal…padahal kalau ingat uda berapa tahun aku minum hormon ni.
    ada seneng nya juga nggak bisa naik…tp kadang2 aku bertanya-tanya juga apa karena ini blm mendapat hasil.

    iya Ade nanti kamu tanya setelah di thaw gimana kwalitasnya, terus klu emang dr sperma kurang memadai,nanti sblm progam biasanya di kasih obat dulu si suami utk meningkatkan kwalitas sperma..ini yg aku tahu di sini lo,makanya kan ada terapi hormon utk laki juga.Karena kalau hasilnya embrio yg kwalitas terendah kan sayang kalau nggak ada tindakan sblm nya. mendingan di terapi dulu sampai bisa mendapatkan kwalitas sperma yg bagus.
    Tapi Ade siapa tahu kamu menyoba yg thaw ini dan berhasil…berdoa aja ade.
    kalau memang sudah kehendak Tuhan pasti terjadi.
    aku doakan semoga berhasil yg berikut ini nanti .
    semangat dan optimis !!

  72. Yenni

    Hi Renny, memang ikut bayi tabung itu harus siap menerima apapun hasilnya… gagal atau berhasil karena tingkat keberhasilan program bayi tabung itu tidak 100% malah hanya sekitar 20an%. Mukzizat bisa terjadi tapi tetap usaha ya jgn patah semangat… saya bantu doain.

  73. Tika

    Hai veronica….iya masih nunggu ni , barusan dari dokter di ambil darahnya,hasilnya nanti di telpon kerumah jam 5 sore waktu german ( indonesia jam 11 malam ).besok pasti uda ada kabarnya …hasilnya.mudah2 an aja positif, pendarahan si blm ada,sejak dua hari ini di bawah perut ku ada yg aneh gitu, kadang kayak mau mens…badan capai sekali…dan selalu lapar. muda 2 an tanda yg bagus , klu bukan efek samping obat hormon nya.
    ma kasih doanya.
    kamu gimana sejauh mana sekarang , klu nanti uda nyampai ke ET kesempatan mu uda bagus, karena kamunya kan nggak ada masalah…tak doain juga semoga sukses.
    pai besok ya

  74. Tika

    Hai mbak yenni, veronica dan teman 2 lainnya ….barusan aku dapet tlp dari rumah sakitnya…hasilnya POSITIF!! still long way to go !aku masih belum bisa berkata kata banyak…lagi senang campur nggak karu2 an ni .
    terima kasih atas dukungan dan doa teman teman semua di sini .

    aku akan cerita perjalanan bayi tabung kita tapi nanti klu aku tenang dulu he he

  75. mery

    Hi Tika salam kenal ya, selamat ya atas keberhasilannya. Semoga sukses terus sampai melahirkan. Saya juga mulai proses BT kedua awal mei nanti. Waktu BT pertma saya uda positif hamil tp akhrnya keguguran. Sama dgn Tika telur sy juga kecil susah kembang dan sedikit. Sekrg sih sy sdg dalam pengobatan endometriosis. Mudah2an saya ketularan berhasilnya dari Tika. Good luck ya Tika.GBU

  76. Tika

    Hai mery,salam kenal juga dan terima kasih banyak.
    iya perjalan masih jauh ni,mudah mudah an sukses sampai melahirkan.
    kamu juga dan selalu optimis jangan pernah menyerah, semua itu pasti ada jalannya dan happy ending.Allah itu kan maha pengasih dan penyayang .
    iya endometisnya harus di hilangkan dulu say…at least nggak sampai mengganggu kehamilan nanti,karena endo itu bisa menyebabkan keguguran juga.
    ku doakan juga semoga sukses ya

  77. Veronica

    Tika..aduh senengnya..selamat ya kamu dah berhasil nyusul Felice…’met ngidam-ngidam nih 🙂
    Ditunggu nih cerita komplitnya dari Tika..biar jadi info buat kita0kita disini.
    Aku masih tahap semprot synarel, baru mulai suntik tgl 21 nanti..smoga aku juga bisa nyusul kamu..doain ya aku sukses juga…
    Merry..tetep semangat ya..denger yang berhasil biar jadi tambah semangat buat kita-kita yang masih berjuang..smoga kamu juga mei nanti berhasil nyusul Tika..GBU all

  78. Yenni

    Big congratulation Tika! aduh senangnya … ada yg berhasil lagi. Kemarin sempat deg2kan juga loh nungguin kabarmu. Selamat memasuki masa ngidam dan morning sickness, take care of your baby ya… semoga lancar sampe melahirkan.

  79. Tika

    Hai mbak yenny,veronica…terima kasih banyak .
    iya kemarin sempat deg deg an…apalagi nunggu dr jam 9 pagi sampai 5 sore bisa bayangain…aku sudah gemetaran selama itu. sempat ngumpat juga …kenapa lama waktunya.pesimis juga aku waktu itu…karena sampai sekarang nggak ada perubahan menyolok di badanku, payudaraku biasa2 aja, cuma di bawah perut itu kadang seperti mau mens tapi nggak terlalu kayak mau mens gitu,itupun nggak sering dan start dua hari sblm test…jadi aku sempat berpikiran…waduh mau mens ini.
    hi mbak yenny dan lainnya yg uda berhasil …apa normal atau ada yg seperti aku gini, jadi sampai sekarang payudara ku nggak terasa apa apa,biasa saja, nggak ada yg mencolok di badanku…cuma lapar agak sering.
    mabk yenny ngidam nya mulai di minggu ke berapa dulu?
    ok ma kasih ya …nanti cerita perjalan panjang lengkapnya menyusul.
    ma kasih atas dukungan teman semua disini…specialy utk mbak yenny yg punya idee cemerlang buat web ini…dgn ini kita bisa semangat lo, dan tukar pikiran dan pendapat.
    utk yg masih berjuang…optimis dan berusaha , pasti nanti berhasil.
    jangan lupa berdoa dan meminta kepada yg Kuasa

  80. dian

    Hi Tika, selamat ya..saya ikut seneng bgt bacanya. Gejala2 kamu persis saya waktu itu, bawah perut kyk berasa mau mens,payudara juga biasa aja dan yg pasti bawaannya lapar terus… malah karena sy sempet flek 3hr berturut2 sblm tes kehamilan sy kira itu mens, jd sy sempet pesimis kalo itu hamil. Tp stlh beberapa minggu kehamilan payudara keliatan membesar kok. O iya, yg mencolok waktu dr sebelum OPU perut sy agak membesar, kamu gitu juga gak? Ok, selamat sekali lagi ya, selamat ngidam juga…

  81. Tika

    hai Dian …ma kasih banyak ya.
    iya perutku emang terusa membesar waktu itu bahkan susuku juga, sejak sebelum OPU cuma 3 hari setelah ET itu semua kembali normal,susuku juga ke normal perut juga,sampai sekarang aku amsih ngerasa noraml,cuma di bawah perut itu kadang2 tertekan kayak mau mens gitu.makanya aku sempat pesimis.
    kandunganmu sudah besar donk skrg? kamu sudah melewati waktu2 yg menggelisahkan.
    aku masih pertama ni…mudah 2 an lancar.

  82. dian

    Tika, kandunganku 5 bln skrg, Alhamdulillah masa2 kritis 3 bln pertama udh lewat, ngidam dan sickness jg udh lewat,malah skrg lg rakus2nya makan. Emang 3 bln pertama kita hrs extra hati2 jgn terlalu aktif ato stress tp stlh itu kita tinggal menikmati kehamilan aja. Mdh2an kita bisa lancar sampe melahirkan ya…

  83. Yenni

    Hi Tika, saya 3 bulan pertama boro2 ngidam bawaannya mabok terus… ngga nafsu makan. Masuk bulan ke 4 baru bisa enakkan makannya. Jadi Tika siap2 aja bermabok2 🙂 tapi tiap orang bisa beda2 loh ada yg ga kerasa apa2, ada juga yg morning sickness ampe melahirkan. Betul kata Dian enjoy aja yah… tapi ngidamnya jangan makanan indo yg ga ada disana… kasian misua nyarinya susah.

  84. Tika

    Hai mbak yenny …iya maunya gitu, tapi mulai skrg aku uda nggak suka makan makanan sini , maunya nasi terus pagi jam 7 sudah sarapan nasi,agak siang nasi, malam nasi,sekarang lagi pingin sayur kunci ama tahu ama sambel jawa ni he he he,masakan ibu he he ….susah asia shop jauh lagi di sini.
    mudah 2 an nggak tambah parah nanti :):):)

  85. ade

    Hi Tika… selamat ya, seneng banget deh bacanya. Aku sekarang dah di Bangkok, mau ET nanti tanggal 18. Mohon doanya ya teman teman biar ketularan Tika. Btw, kalau seminggu setelah ET aku pulang ke jakarta aman ga sih? krn dokterku bilang ga apa2, jadi bingung lagi nih. Mohon saran dong….

  86. mery

    Hi Tika, thanks banget atas supportnya. Met ngidam ya… Tika juga hrs benar2 take care, byk istrihat.pokoknya 3 bulan pertma jgn kerja yg berat2 deh. O ya Tika ditunggu nih cerita lengkap keberhasilan BTnya biar jadi info buat yg belum berhasil ok..

    Hi Veronika, salam kenal, semoga kamu juga ketularan Tika sukses BTnya. Kamu masih proses awal ya, tetap semangat ya. Chance kamu besar soalnya kamunya ga ada masalah. Pokoknya banyak doa deh, good luck ok.

    Hi Ade, salam kenal ya. Mudah2an Ade juga nyusul Tika dan temen lainnya yg uda berhasil. Wkt BT pertma sy di Penang, after ET sy ga plg ke Mdn walopun dokternya blg gpp. Sy ga berani ambil resiko plg apalagi masa2 after ET masa yg sgt rawan sebaiknya byk istirahat, ga boleh krj berat, dan terutama ga boleh stress , hrs tetap semangat en positive thinking. Good luck ya ade…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *