bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

13th August 2007

Wanita hamil dan melahirkan tertua di dunia

posted in Berita |

Senang rasanya mendengar berita ada wanita hamil dan melahirkan yang umurnya lebih tua dari saya. Hal ini membuktikan bahwa saya masih punya kesempatan untuk punya anak.

Berapa umur maksimal wanita hamil dan melahirkan anak yang pernah ada di dunia? Coba Anda tebak… Menurut berita-berita di Internet yang tertua adalah orang Spanyol berumur 67 tahun. Anaknya kembar lagi! aduh asiknya… Dia melahirkan di rumah sakit Sant Pau di Barcelona Desember tahun 2006.

Tidak begitu jelas bagaimana dia dapat embrio, secara tehnis telurnya kan sudah tidak bagus lagi. Tapi yang jelas dia ikut program bayi tabung di Amerika. Mungkin dia dapat embrionya dari orang lain.

Sebelum dia wanita tertua yang melahirkan bayi adalah orang Romania, Adriana Iliescu, saat berumur 66 tahun di tahun 2005. Anaknya seharusnya kembar juga tapi sayangnya salah satu bayinya meninggal saat masih dalam kandungan. Bayi yang selamat bernama Eliza Maria,  dilahirkan pada tanggal 17 Januari 2005 di rumah sakit Giulesti Maternity Hospital, Bucharest.

Sudah bisa ditebak, dia ikut program bayi tabung juga. Adriana adalah seorang profesor dan penulis yang belum menikah, nah lho! bagaimana dia bisa hamil. Ternyata dia menerima donor embrio dari orang lain. Bisa begitu ya di negara sana…

Ada yang menarik lagi mengenai darimana datangnya embrio. Wanita tertua yang melahirkan bayi sebelum Adriana adalah orang India bernama Satyabhama Mahapatra. Melahirkan seorang bayi di tahun 2003 saat dia berumur 65. Dia menerima donor telur dari keponakannya dan telur tersebut dibuahi dengan sperma suaminya…

Wanita tertua sebelum Satyabhama adalah … sudah ah, rasanya sudah cukup banyak contoh wanita berusia lanjut yang bisa hamil lagi pula saya tidak tahu siapa berikutnya. Bisa kita lihat semuanya ini adalah hasil dari proses bayi tabung, harapan akhir dari yang ingin punya anak. 

Memang berita-berita ini menyenangkan bagi yang sangat mendambakan si buah hati. Bayangkan sudah seumur nenek saja masih bisa melahirkan… hebat. Tapi saran saya kita jangan terlalu yakin & berharap dengan keberhasilan-keberhasilan ini karena perjalanan mereka semua tidaklah semulus yang kita bayangkan. Bertahun-tahun mereka mengikuti program fertilitas dan yang diberitakan biasanya yang berhasil saja… berapa banyak yang tidak berhasil?

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 3.38 out of 5)
Loading ... Loading ...

This entry was posted on Monday, August 13th, 2007 at 7:08 pm and is filed under Berita. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

There are currently 3 responses to “Wanita hamil dan melahirkan tertua di dunia”

  1. 1 On February 18th, 2008, anggun said:

    hai teman2, sy pengen ikut program BT. ada masalah dengan suami yg azoosperma. minta saran dong, harus brobat kmn?

  2. 2 On May 4th, 2008, Susy said:

    Bagaimana cara mendapatkan donor egg di Jakarta?

  3. 3 On July 13th, 2008, ati said:

    Hi Susy
    Apakah sudah final harus pake donor egg.
    Disini umumnya disarankan family ,ada agentnya segala kalau mau ketemu donornya.
    Kalau susy mau contac ini emailku wwati@ymail.com

Leave a Reply

*
  • Recent Comments

  • Caroline: Halo yan aku sdh add ya pin nya.. namanya di bb siapa? Aku...
  • lina: @ syen: sis 7 juta dah obat semua aja kah….. total habis...
  • Wennny: Silvie saya add yah,sy jg alami hal yg hmpir sama dgn silvie,tq
  • Wenny: Sy jg lg hamil kembar dgn usia kehamilani masuk 22 minggu. Ada yg...
  • lusia: wah menarik sekali.salam kenal semuanya.saya juga lagi menjalani...
  • yan: amin, amin. km blh add pin aq 7d342070.
  • Danil: @dear mba venny: Teman saya juga mempunyai masalah azoospermia....
  • Caroline: Aminn.. Trimakasih ya yan.. Ini aku lg mau suntik pregnyl lg...