Tips setelah embrio tranfer

Proses inti bayi tabung selesai setelah embrio berhasil dibentuk dan ditransfer ke rahim baik yang fresh cycle maupun yang dari embrio beku dalam thaw cycle. Selesailah tugas dokter atau para ahli bayi tabung nya, lalu apa yang harus kita lakukan selama menunggu hasil?

Berikut ini adalah hal-hal yang saya lakukan setelah embrio transfer, ya siapa tahu ada pengaruhnya terhadap keberhasilan hamil saya… silahkan di coba tips ini semoga berhasil!

  1. Tidak lupa minum obat yang diberikan dokter secara teratur dan tepat waktu. Pantang segala obat-obatan tradisional yang tidak jelas manfaatnya. 
  2. Istirahat, tidak boleh capek. Biasanya kalau weekend saya selalu keluar jalan seharian, tapi kali ini tinggal di rumah saja (awalnya sih berat juga jadi ‘tahanan rumah’). Jalan ke luar rumah sekali-kali tapi hanya sebentar. Terus terang setelah embrio transfer hampir semua pekerjaan rumah tangga dilakukan oleh suamiku, dia ingin saya enjoy saja… enak juga loh diperlakukan seperti ratu.
  3. Mengusahakan ada kegiatan seperti baca buku, browsing internet… supaya tidak stress dan terlalu memikirkan menunggu hasil. Memang agak susah untuk tidak memikirkan bayi tabung, tapi percayalah semakin dipikirkan semakin tegang jadinya.
  4. Tidak melakukan aktivitas yang berat-berat, seperti angkat kursi, push-up, gendong suami… hehehe siapa juga yang mau melakukan ini… intermezo sedikit… perluloh tertawa, coba deh suruh suami mencoba buat gembira istri selama menunggu hasil.
  5. Makan secukupnya, seimbang dan bergizi. Saya stop makan junk food, stop jajanan, stop fast food… setiap makan selalu seimbang antara sayur-sayuran dan daging. Saya sering makan ikan… ngga tahu ini ada pengaruhnya atau tidak, tapi saya suka makan ikan… jadi lapar nih. 
  6. Nah ini nih yang saya suka sekali, suami harus lebih memberikan perhatian ekstra kepada istri, lebih sayang-sayang istri gitu loh! maunya sih jangan hanya pada saat menunggu hasil hamil saja kan? 
  7. Tidak ‘berhubungan’, puasa dulu… tahan dulu. Prioritas buat keberhasilan bayi tabung bukan ‘membuat bayi’.
  8. Tidak lupa berdoa.

Kalau ada flek-flek pada saat menunggu hasil, jangan keburu panik dulu karena tidak selamanya flek itu pertanda buruk. Flek yang semakin berkurang dan akhirnya stop pertanda terjadi implantasi (penempelan) embrio pada dinding rahim. Tetapi kalau sebaliknya semakin banyak bisa berarti terjadi kehamilan di luar kandungan (ektopik) atau terjadinya menstruasi alias bayi tabungnya gagal. Saya mengalami flek-flek ini selama 4 hari. Awalnya sih memang panik, untungnya tidak bertambah banyak dan akhirnya stop sama sekali. Ternyata setelah konsultasi ke dokter, flek tersebut adalah hasil implantasi embrio saya. 

Oh ya, ada yang kelupaan… pada saat dokter melakukan proses embrio transfer suami menemani saya. Sebelumnya suamiku tidak pernah masuk ke dalam ruangan, dalam proses inseminasi maupun bayi tabung sebelumnya … dia selalu menunggu di ruang tunggu di luar. Saya merasakan ada suatu ketenangan saat dia menemani disampingku sepanjang proses embrio transfer kali ini. Mungkin ini secara tidak langsung ada efek positivenya… who knows… tidak ada salahnya dicoba. Semoga berhasil.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (14 votes, average: 2.57 out of 5)
Loading...

59 thoughts on “Tips setelah embrio tranfer

  1. Komang

    Hi Yenni!
    trima kasih udah bagi tips menunggu”masa deg²an” 🙂

    Dulu waktu fresh transfer disini suami diperbolehkan masuk, kali ini yg thaw cycle juga. Memang rasanya nyaman suami ada di sisi.

    Hanya saja DR disini sih stl transfer, kasi tips kita lakukan kegiatan spt biasa, yg rajin olah raga tetep ber olah raga, yg bekerja kembali kerja.
    Larangannya hanya jangan pergi ke sauna.

    Aku kini udah kembali harus bekerja ;(

    Dulu waktu fresh transfer, 3 hari sblm hari H, aku sudah mengeluarkan flek ;(, keesokannya juga sama, langsung aku bawa ke DR-nya dan langsung periksa darah-waktu itu 12 hari stl transfer.
    siangnya sambil nunggu hasil lab, yah..keluar deh “tamu” nya. sedih sekali!

    niwe trims sekali lagi tips nya Yenni! semoga kehamilan kamu sukses hingga due date.

    Omong² gimana Dokter menghitung usia kehamilan kamu? Dari mens trakhir ato dr transfer?

  2. Yenni

    Setelah embrio transfer di kasih progynova, folic acid & cyclogest (progesteron) tipe suppository (obat yang dimasukin ke rectum atau vagina,… kalau saya lewat rectum).

  3. titi

    hi yenni, denger critanya jadi tambah semangat untuk coba lagi ET btw brp tambah costnya??? apakah waktu ET merasakan sedikit kram???

  4. Yenni

    Maksud Titi mungkin thaw cycle ya, kira2 saya habis sekitar 8jt. Pas ET memang rasa tidak enak sedikit tapi ngga sampe kram. Semoga Titi tetap semangat dan ET berikutnya berhasil…

  5. titi

    hi yenni, aq plan mau thaw cycle di kkh tahun dpn, cuman masih bingung apakah harus stay sampai 2 bulan atau sampai 20 hari aja?? sharing dong… setelah gagal fresh ET masih takut gagal. menurut nursenya, hari ke 4th after menses start progynova baru hari 11/12 usg endometrium, tanpa lucrin btw apakah progynova ama lucrin bisa di beli apotik di indo?? mrk saran aq hrs ambil ke spore kl gak ada indo??

  6. Yenni

    Kalau Titi bisa stay 2 bulan bagus jadi bisa konsentrasi jalani program bayi tabung, tapi kalau tidak ada waktu ya 20 hari saya rasa juga cukup daripada tinggal lamaan tapi pikiran tidak tenang.
    Obat progynova ada di Indo, saya sering beli. Tapi kalau Lucrin saya kurang tahu, coba saja Titi telp ke apotik RS ibu dan anak yg anda tahu.
    Ibu2 ada yg pernah beli Lucrin di Indo?

  7. bing

    Hei, Yen..nice 2 meet u…seneng bnaget bisa gabung di sini…nggak kesepian…Sekarang aku lg IVF yg ke 2…yg pertama bikin di Surabaya, 6 tahun lalu en gagal…Sekarang ini aku lg di spore…btw… kamis kemaren aku ET..tapi kok dokternya nggak kasik obat apapun ya? just folic acid 1x per hari, ama crynone yg dimasukkin lewat vagina tiap hari..aneh gak ya? Mungkin aku musti nanya ke dokternya lg? my due date is 14 dec, kemaren sempet ada flek dikit..just few drops…bahaya gak ya? hope this time im pregnanat..amin.

  8. Yenni

    Hi Bing salam kenal, waktu abis ET saya juga diberi folic acid dan cyclogest yg bisa dimasukin lewat vagina atau dubur (kalau saya lewat dubur), saya rasa fungsinya sama dgn crinone kamu yaitu hormon progesteron dan ada satu lagi yaitu progynova. Mungkin kasus kamu tidak perlu tambahan obat lain lagi menurut dokter, tiap org kan kasusnya lain tapi ga ada salahnya nanya lagi. Btw hari ini due date, gimana hasilnya? Semoga positif ya…amin.

  9. bing

    Hei, yen..thank God…its positif…still long way 2 go…hope 3 embrio bertahan semua…hehehhe….so how r u? hope kita bisa bikin temen2 di sini nggak putus asa…semua pasti indah pada waktuNya…amin. besok bakal start suntik2 lagi…agak sakit ya? gpp deh..kan uda nungguin 11 tahun….talk 2 u later…cu!

  10. Komang

    Hallo Bing, selamat yah!
    kasus kamu mirip dgn aku,setelah fresh ET tidak diberi obat kec asam folie dan hormon yg dimasukkan ke vagian.
    ET ke 2 diberi obat tp gagal juga.

    smoga sukses hingga si bebi lahir, pasti lucu kalo kembar 3 yah!

  11. Yenni

    Big congratulation untuk Bing! senang rasanya dengar kabar ini. Boleh tidak sharing pengalaman Bing selama menjalani treatment infertility sampai berhasil untuk memberi semangat bagi yg belum berhasil.
    Kalau saya setelah ketahuan hamil diberi obat oral, bukan obat suntik.
    Semoga kehamilannya sehat dan lancar sampai si baby (atau babies) selamat dilahirkan.

  12. Yenni

    Saya buat post sendiri untuk pengalaman Bing supaya mudah dilihat oleh teman-teman. Thanks Bing atas sharingnya.
    Saya doain semoga papanya kuat menghadapi cobaan ini.

  13. bing

    hai, yen…setelah positif kamu berapa lama di Singapore? aku sich uda pengen pulang…so boring do nothing..hehehe…amannya berapa bulan baru pulang Singapore? Kehamilanmu kabar apa? udah morning sick? keputihan agak light yellow nggak? aku kok keputihan ya? nggak bau dan nggak gatel..kata dokter itu karena hormon aja…kamu ngalamin nggak? thx ya, yen…cu!

  14. Yenni

    Hi, kebetulan suami saya udah hampir 2 thn ini ditransfer ke Singapore, jadi pas memang udah netep di singapore baru ikutan IVF. Emangnya dokter kamu belum izinin pulang ya? Kalau saya juga pasti udah bosan, tapi bosan2 seneng kan? Kan ada hasilnya. Saya sekarang udah hampir 4 bln, morning sicknya malah udah lewat, sekali2 aja masih mual. Saya juga ngalamin keputihan kaya kamu tapi tenang aja selama gak gatel gak pa pa kok.
    Niwe, selamat menyambut datangnya morning sickness 🙂

  15. bing

    hei…keputihannya uda berkurang … emangnya kapan morning sickness nya? hhehehe …ini bing br 5 minggu…
    dokter sich bilangnya anytime boleh pulang…kalo nuruti hati..pengen banget pulang…banyak kerjaan..tapi kalo inget 11 tahun..kayake nunggu 2 minggu lagi gak papa..hehehe…sebenere aman gak ya?? kamu hamilnya gimana…bisa kerja atau masih bed rest terus?? hehe…jadi resek ya…tengkyu…

  16. Yenni

    Hai… kamu beruntung kalau belum morning sickness soalnya saya sejak +hamil langsung morning sickness.
    Hebat kamu Bing bisa tahan 2 minggu lagi, kalau dokter bilang dah boleh pulang saya mah langsung pulang.
    Dokter saya ga pernah nganjurin bed rest, boleh melakukan aktivitas secara normal hanya jangan terlalu capek.
    Benar sih kalau inget bertahunan kita sudah menunggu berkorban sedikit ga masalah… malah suamiku bilang ‘kamu hrs seperti ayam yg mengerami telurnya sampe netas’… maklum telurnya telur ‘emas’… susah buatnya.

  17. Fanny

    untuk mba titi,

    saya sempet cari2 lucrin di jakarta ternyata ga ada, jadi emang harus balik ke sing untuk beli…
    mungkin kita bisa janjian (n patungan) kalo mau beli lucrin, karena kalo (akhirnya) kami memutuskan untuk ikut thaw cycle yang kedua mesti beli lucrin lagi ke sing…

    seneng banget baca succes story diatas, mamotivasi gitu 😉

  18. bing

    hai, yen..
    kemaren tgl 2 aku usg…its only 1 baby…Praise d Lord…besok tgl 7 aku mau pulang sby…bantuin doa ya…
    akhirnya seminggu ini aku br ngerasain evening sick..hehehe..kalo pagi mah sehat2 aja..kalo malem…tiap 3 jam bangun…wuek2…5-10menit..terus br bisa tidur… hehe..jadi nyesel kalo inget kurang ajar ama mama… hahahaha…ternyata…soro juga ya…hehehe…
    btw, kamu kabar apa? gimana kehamilanmu? uda ketauan boy or girl gak? hehehe..anything ok lah…ya gak….ok talk 2 u then…take care ya..

  19. komang

    selamat yah bing! walau 1 baby, itupun sudah anugrah luar biasa!
    aku doain smoga selamat hingga due date nya yah!

  20. asri

    Hi Bing, Selamat yaa atas kehamilannya walau cuma 1 tapi yang penting bayi sehat…

    Aku mulai program akhir bulan ini, Insya Alloh ga ada halangan apapun..
    jadi taun ini jadi tahun penuh anugerah..

  21. Yenni

    Hi Bing … big congrats to you ya. Kita sama dong… dapat singleton. Saya sudah sekitar 4,5 bulan hamil, scan bulan kemarin belum ketahuan boy or girl. Mungkin usg berikutnya 2 minggu lagi baru tahu. Oya saya checkup ke dokter akhir bulan lalu dan pertama kali saya mendengar detak jantungnya dengan stetoskop, capat sekali detak jantungnya… kata dokter memang begitu yg normal… seneeeeng deh rasanya.
    Bing, take care yaa.. jangan kwatir evening sicknessnya ga lama kok, kaya saya sekarang dah tidak ada lagi… malah mulai ngidam ini itu 🙂

    Buat Asri, saya doakan semoga programmu berhasil … jgn terlalu stress ya.

  22. Mulia

    Hi bing, salam kenal & big congrats for your successful pregnancy on ivf cycle…..
    Semoga kamu & baby selalu sehat…. 🙂
    Btw, kamu jadi berapa lama stay di SIN sampe rencana nanti pulang indo? Selanjutnya USG jd ama dktr di sby ato di SIN?

    Oke dech, hope everything’s best for you, baby & ur whole family….

  23. Maria

    Hi Mulia, salam kenal yah…
    Btw kamu pernah IVF di Damansara juga? mungkin kita bisa sharing nih… aku juga pernah coba disana tapi gagal.
    Bisa minta email kamu?

    Regards,
    Maria

  24. Mulia

    Hi Maria salam kenal juga,

    Saya cuma pernah konsul ama dr.Collin Lee (Damansara), waktu itu dia lagi datang ke Jakarta, kayak acara road show gitu dech buat penjajakan liat situasi Jkt krn dia ada rencana buka fertility centre di Jkt.

    Jadi waktu konsul itu saya cuma bawa medical record saya dari dr.Cheng LC (Thomson Hospital – SIN). Dan saya jadi ambil program ivf di Penang (Malaysia) dgn dr.Ng PW karena mempertimbangkan biaya yg lebih murah dibandingkan program ivf kalo ambil di Jkt, SIN (Thomson dgn dr.Cheng) atau KL (Damansara dgn dr.Collin). Total biaya ivf saya di PEN sekitar RM9,000 (mulai dari awal sampe titip 11embrio untuk jangka waktu 2tahun). Btw, email saya: mulia_halim@yahoo.com, okay aja kalo mo sharing karena Maria jg punya pengalaman ivf di malaysia.

    Kalo Maria kapan buat ivf di Damansara? Masih ada stok embrio brp?
    Januari ini saya rencana mo thaw cycle ke Penang dgn stok embrio yang masih ada.

    Bye, Mulia

  25. Fanny

    selamat ya untuk bing & yenni untuk keberhasilannya… tetep posting ya karena saya tertarik banget untuk tahu perkembangannya..

    btw, pas berhasil hamil gimana rasa nya? in terms of perubahan2 fisiologis yang terjadi.. karena saya pribadi seriiing banget ngerasain false alarm, karena ke PD an juga kali hehehe…

  26. Rina

    Dear Yenni and friends, saya mau tanya nih, mungkin ada teman2 yang punya pengalaman serupa untuk bisa di share. Kemarin saya habis ET, setelah 2 jam diperkenankan untuk pulang. Sebelum proses ET saya disuntik Ovidrel, tapi saat pulang gak diresepkan apa2 tuh kecuali suntikan bHCG untuk 3 hari kemudian. Terus, kok setelah ET rasanya agak mules ya? Cuma setelah 24 jam sudah jauh berkurang sih..Apa ini masih kelanjutan nyeri OPU (ovum pic up) yang kmarin memang rasanya agak nyeri setelahnya? Mohon sharingnya ya 🙂

  27. titi

    Hi… yenni,aq mau ET di KKH awal bulan depan, menurutmu kalau aq stay untuk 2 minggu n test bhcg di jakarta menurutmu ok enggak sih, ada saran???

  28. Yenni

    Hi Titi, setahu saya ok aja ET di KKH lalu test bhcg nya di Jakarta. Secara teori proses bayi tabung selesai setelah ET… tinggal nunggu hasil bisa dimana aja yg penting obat2 pendukung perkembangan embrio diberikan… dan jaga kesehatan baik2. Semoga berhasil ya all the best…

  29. HERA

    Hai Yenni , salam kenal ya …bgm keadaan skrg? bayinya cewe ato cowo .rasanya seneng banget bisa mendengar pengalaman2 BT disini, jadi aku jadi tau ternyata byk yg punya masalah yg sama untuk punya anak , karena aku selalu merasa kenapa semua orang, kakak , ponakan bisa hamil dengan cara normal dan aku yang coba BT aza bisa gagal tapi skrg aku lagi mau coba BT lagi , doain ya aku segera menyusul kbr baiknya. oya mau tanya apakah ada pantangan makanan ato makanan yang dianjurkan? thanks ya…

  30. SallyP

    Hi Mbak Yenni, salam kenal…Saya Sally tinggal di Bali, thanks atas share tipnya. Saya melakukan program Bt di Thailand, tgl 25 juni embrionya di transfer dan tgl 6 juni nunggu test hcg nya, tetapi malamnya tgl 5 ada flek2 hitam, kental dgn sedikit darah kering. Apakah BT saya gagal?

  31. lala

    Dear M’Yenni ikut joint ya sy 29 thn permasalahan suami oligossperma..Prog BT pertamaku gagal,rencana sy mo Thawcycle.Bagi tipsnya donk mba u/thawcycle apa yg Do dan apa yg Don’t.saya jd semangan melihat keberhasilan thawcycle m’yenn..selamat ya mbak.makasih sebelumnya

  32. Yenni

    Hi Lala, kamu kan sudah punya pengalaman bayi tabung yg pertama… nah kalau thaw cycle prosesnya lebih mudah. Oleh karena itu ingat saja kemudahan ini, less stress. Jadi menurut saya persiapan salah satunya… usahakan jangan stress.
    Trus kamu harus percayakan keahlian para dokter dan ahli medis yg akan menangani thaw cycle… kalau kamu ngga percaya dgn mereka mendingan ganti dokter.
    Kalau pantangan saya ngga ada tuh, yg penting makan makanan bergizi… seperti yg diajarkan di sekolah2 gitu… 4 sehat 5 sempurna. Makan bervariasi dan cukup supaya semua zat2 yg dibutuhkan terpenuhi.
    Kegiatan saya lakukan seperti biasa tapi jangan terlalu capek, kecuali setelah ET aku kurangi.
    Dan yg paling penting… jangan lupa berdoa.
    Semoga sukses ya.

  33. Rina

    Hi all..
    Mau nanya ada yang pengalaman sama spt saya ngga ya seputar IVF? Saya tgl. 23 Juni OPU, kmd 26 Juni ET. 2 minggu setelah ET, 7 Aug saya diperiksa (usg) ternyata belum terlihat berhasil/ngga tapi kata dok masih ada kemungkinan 50:50 berhasil. Jadinya saya dilanjutkan obat2an progynova, provera, oradexon & folic acid untuk 2 minggu lagi…
    Yang saya baca2 biasanya 2 minggu setelah ET sudah bisa keliatan berhasil/tidak, tp saya diminta tunggu 2 mgg lagi, 21 Aug baru periksa lagi. Ada yang pengalamannya spt saya ngga..? Please share.. Thanks yaa…

  34. Rina

    @all..
    aduh saking nervousnya keterangan saya sebelumnya salah, maksud saya OPU tgl.22 July dan ET tgl.24 July.
    2 minggu setelah ET, 7 Aug saya diperiksa (usg)…dst keterangan sudah benar 🙂
    Thank u yaa..

  35. ayoe

    Hi rina,
    Sharing sdkt pengalaman sy.sy BT dgn dr karel n dirujuk k gading pluit utk OPU dan ET.ET tgl 15 juni.
    2 minggu stlhnya sy diminta testpack dan tes bhcg.pertama testpack hasilnya ada 2 strip,tp yg 1 stripnya samar skali.
    Kemudian wktu sy cek disorenya dr karel memang blum kelihatan,br ada penebalan rahim.trus sy dikasih obat2an yg sama degn km.
    Seminggu kmudian br klihatan kantungnya.btw rina BT dmn?
    Mungkin bs cb testpack,biasanya sdh kelihatan walopun mdh samar.
    Smoga berhasil ya rina.

  36. Rina

    hi ayoe..
    saya juga BT dengan dr karel tp di abdi waluyo. Dia gak minta sy testpack atau tes bhcg, lagian saya juga takut utk testpack… seblm BT saya inseminasi dg dr karel juga dan kejadian sama, setelah 2 mgg baru kelihatan adanya penebalan dinding rahim, setelah itu saya testpack eh negatif…lgs down, dan 2 mgg berikutnya pas cek dok (usg) dinyatakan belum berhasil..hiks..
    Krn itu habis BT ini agak trauma terulang lagi..hehe..tp pengalaman ayoe buat saya positif thinking lagi 🙂 mgkn akhir mgg ini saya test deh..
    Thank you banyak ya ayoe buat sharingnya..

  37. Rina

    @natasha,
    BT dgn dr Karel kalau di Abdi Waluyo masih sekitar 15juta untuk tindakan besarnya, yaitu ovum pick up & embryo transfer.

  38. lisna

    hei teman saya mu tanya saya juga baru selesai ngikut bayi tabung,
    sekarang saya nunggu hasih pada tgl 8 september
    dan udah saya coba pake tes pack pertama 1+2 itu berarti positip tapi hari itu pas dua hari setelah embryo transfer.
    nah setelah itu karna aku penasaran beli lagi tes pack sampai 3 kali eh akhirnya hasil nya negative 2 kali yah saya telpon sama doktor saya terangkan kejadian pertama tes
    eh doktor bilang terlalu cepat untuk ketauan positif tidak nya harus nuggu tgl 8 september
    eh teman saya mu tanya siapa tau ada yang mau jawab nih
    kapan ada tanda merah dan berapa hari sebelum nya apa harus selalu ada darah sebelum ketauan positif?
    saya ada rasa seperti mau datang bulan kadang sebel perut kembung
    tolong kasih tau tanda tanda positif hasil embryo transfer ok
    lisna

  39. Wati

    Mbak Lisna, gimana hasil bt nya?
    tolong share pengalaman donk
    BT nya dimana dan habis biaya berapa?

    usia sy sudah 41, apa masih mungkin ya? hasil pemeriksaan2 dokter sebelumnnya telur saya kecil2 dan meski dirangsang dgn obat tp tidak membesar juga.

    mungkin ada yang punya problem sama. please share ya.

  40. Elga

    Terimakasi karena sudah menulis post yg sangat berarti sekali buat saya. Saya baru di implant embryo seminggu lalu dan hari ini ada flek coklat sejak kemarin saya sangat ketakutan… Tapi tulisan ada menenangkan saya dan saya menangis karena saya merasa ada harapan…. Terimakasih…

  41. Vita

    Dear Mbak Yenni,
    Thanks udah share pengalamannya. It’s relieving karena saya kemarin Minggu sampai saat ini ada flek2 setelah 1 minggu ET (tanggal 23 Maret 2012). Saya mau tanya, flek2 yang menandakan embrio menempel di rahim itu seperti apa? apakah seperti mens, darah merah kental, atau darah segar? dan frekwensinya seberapa sering ya? Terimakasih.

  42. Yenni

    Hi Vita, flek2nya ga banyak dan bukan darah segar, kalau tidak salah aku waktu itu ngalaminnya selama 3 hari. Semoga sukses ya.

  43. pepy

    Hi semua,,hr ini hari ke 11 sejak sy ET,,,deg2 jg menanti hr Minggu tiba,, hari2 pertama stlh ET sy mengalami kram perut spt mau haid, puting payudara sensitif, tp menjelang pengumuman smuany dah jauh brkurang,,yg sy alami adany keputihan, sering bak, dan cepat lelah atau malas x ya tepatny hehehe,,, sedih jg hr ini,krn tmn sy yg pernah sama suntik d praktek dr pg ini tes bhcg n angkany rendah, cuma 35,, dy sudah sedih az pdhl harapan itu tetap ada krn angka segitu sudah positif hamil walau dianggap lemah,,
    Yah sy berharap kandunganny bs kuat n bertahan smpe dilahirkan nti,,mohon doanya ya tmn2 semua, agar hasil tes bhcg sy nti,berada di level aman,,, tq

  44. hermin

    hai pepy..gmn hasi ET nya?sukses ya?yg km rasakan jg aku rasakan..hari ini hari ke 6 sejak ET..perutku mules setiap hari,payudara besar.kami saing berdoa ya semoga BT sukses.amin

  45. pepy

    @hermin, puji Tuhan sy skrg uda hamil 6 minggu, kmrn usg pertama x uda keliatan janin n detak jantungny uda kedengaran 🙂
    Semoga pengumuman nanti menggembirakan yaaaa,,

  46. Angelina

    Hello semuanya thanks udah pada mo sharing tentang ET.salam kenal nama saya Ange saya baru aja ET udah 3 hari ini,emang agak dedegan harus menanti hasilnya,saya BT nya d Ausi dan keliatannya agak sedikit beda dari cerita dan pengalaman dari teman2.
    saya habis ET udah d suruh pulang dan mereka cuma bilang harus istrihat/take it easy,gak ada suruh tahan pipis juga.
    habis ET malah kita langsung makan siang d luar,karena kami sempat tinggal d hotel seminggu jadi ya gak bs masak.habis makan siang nyampek hotel langsung pipis trus tidur,
    besoknya kami driving pulang perjalananya sekitar 6 jam driving.selama driving perut terasa sakit juga tapi kl stop perut biasa,gak terasa kram.saya mo nanyak setelah 3 hari ET tadi pagi mo ke wc buang air besar.tapi rasanya bedegelan/susah buah air besarnya jd aku harus ngeden nih..lol.menurut temen2 kira2 aman gak ya kl kita ngeden,ato ada gak yang mengalami kasus yang serupa denganku? thanks infonya sebelumnya

  47. Mimi

    @ angelina : hai sis salam kenal….moga2 berhasil ya tetap semangat … 🙂 saranku jgn ngeden kalo emank susah buang air besar banyakin mkn sayur n buah2an ama air hangat .jgn dipaksakan nga bagus buat embrio… 🙂

  48. diana

    Hai semua
    Salam kenal….

    Tgl 3 juni aku abis et di dr aucky surabaya, tgl 5 & 9 juni 2013 abis suntik penguat.
    Nah, sekarang ini aku nge flek kadang warna merah (darah) kadang coklat, setiap nelpon ke rs cuman disuruh bedrest aja, tgu sampai tgl 13, biar langsung cek darah n usg sekalian..

    Deg2an nich, mudah2an ga terjadi apa2, mungkin klo ada temen yg pengalaman dg fle ini, bisa tolong share dong…

    Terim kasih

  49. gita

    Halo ibu2 semua salam kenal… congrats ya buat yang berhasil semoga sehat selalu mom n bebi nya sampe lahir…buat yg blm berhasil…sabar dan terep berusaha yaa…

    senang bisa ketemu sama tulisan ini, krn saya pun skrg sedang menunggu hasil stlh et 5 hari yang lalu..deg2an dan ga putus2 berdoa..berharap semua sesuai dengan harapn amiinn… makanya aku searching2 apa2 aja yg hrs dilakuin dan hrs dihindarin… aku kadang sampe takut pas bersin..pas mau batuk..deg2an knp2..

    setelah et sih aku dikasi ascardia minum sama crinone pervaginal setiap malem sampe result show dan 2 kali suntikan pregnyl.. ya mungkin setiap orang kan kasusnya beda2 yaa..kebetulan aku pernaherasi kista dan adenomiosis sblmnya…

    Kita saling mendoakan ya ibu2 cantik…

  50. Putri

    Gita : aku juga lagi h2c nunggu hasilnya. Pembagian rapot tgl 9 juli. Pas kan sama pemilu semoga yg menang yg 2 ya kaya kita strip 2 gitu. Haha, just kidding. Amin.

    Btw gita udah ngerasain apa nih after ET, aku sih sampe H+9 gak nerasain apa2 selain kembung tp sekarang aku udah agak2 ngerasain seperti haid gitu. Miss v basah n perut kadang2 kerang plus punggung pegal2. Mungkin karena kebanyakan tidur kali ya. Bunda Gita gimana?

  51. Tami

    Salam kenal semuanya,
    Aq jg lg menunggu hasil test tgl 29 juni nanti, ET 17 juni.Perasaan sangat enjoy dan tanpa beban, aq udah siap apapun hasilnya, andaikata berhasil itu adalah karunia, andai blm dpercaya Allah ya tetap berikhtiar semaksimal mungkin.

    Tetap semangat ya ibu2 dan calon ibu yg cantik2!!

  52. tira

    Hi mba2 yg cantik…
    Salam kenal..saya tira.
    Rencananya akan ET bbrp hari lagi.
    Msh belum kebayang aktifitas setelah ET nanti..
    Apakah msh bisa naik mobil lewat jalan yg penuh polisi tidur?
    Mesti bed rest brp lama setelah ET.
    Terimakasih

  53. yovita

    hi…smua sy yovi..
    salam kenal juga buat smua nya..
    saya mau tanya bbrp hal…saya baru et kmrn tgl 1 nov nanti kembalinya 14hr lagi utk cek. yg mau saya tanyakan apakah sehabis et gpp pipis berkali2 ke toilet? trs tdr di suruh posisi telentang apakah yg lain jg bgtu? sy krn tdk biasa tdr telentang jd agak ssh tdr nya jd bbrp kali bangun pas tdr. slain itu badan jg berasa panas pdhl ac uda pull. dan apakah di perut kanan itu terasa kaya ketarik2 smacam kram? makasi ya teman teman utk bisa sharing ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*