Thaw cycle dengan kondisi aca buruk? – Cen Cen

Saya bulan okt 2010 kemarin baru saja mengikutin program icsi, saya berhasil hamil namun keguguran di usia 8 minggu, dan saya bersyukur karena masih mempunyai embryo sebanyak 3 buah lagi.

Sebelumnya pada tahun 2007 saya juga pernah mengikutin program inseminasi di rs mahkota medical centre dengan Dr Selva, dan rencana pertengahan november ini saya akan mengikuti program thaw cycle, tapi sebelum ikut thaw cycle ini, saya dianjurkan melakukan pemeriksaan aca dan lupus untuk mengurangi resiko keguguran berulang, dan ternyata hasil aca saya tidak baik, adakah diantara teman” yang mengalami hal yang sama dengan saya?

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 2.00 out of 5)
Loading...

9 thoughts on “Thaw cycle dengan kondisi aca buruk? – Cen Cen

  1. Rina

    hi Cen Cen,
    Saya juga pernah periksa ASA dan sampai ikut terapi untuk turunkan ASA dengan PLI. Tp setelah ASA normal, saya tidak hamil2. Saat itu saya blm coba insem or bayi tabung, msh ingin coba alami. Saat akhirnya coba inseminasi saya ganti dokter, dan ternyata gak semua dokter menganut mslh ASA. Tp setelah inseminasi 2 kali saya gagal. Jadi bingung juga sih soal ASA ini…
    Setelah itu saya dapat masukkan dari dok lain bahwa ASA tetap bisa berpengaruh kalau inseminasi krn ASA itu kan Anti Sperm antibody, dan inseminasi kan yg dimasukin masih sperma aja…jd disarankan bayi tabung. Untuk bayi tabung dimana yang ditransfer sudah menjadi embryo maka ASA gak pengaruh lagi…itu katanya..
    Setelah mikir2 akhirnya saya jalanin bayi tabung…eh gagal juga hehheh… jd bingung juga ini mslhnya krn ASA atau apa krn hal2 lain sudah diperiksa dan OK. Mungkin memang tinggal tunggu dikasih sama yang Diatas kali ya 🙂
    Saya juga masih punya 3 embryo beku, mungkin akhir tahun saya thaw cycle.

    Btw ada yang punya buku “Is your body baby-friendly” karangan Alan E. Beer gak? Pengen beli tp lwt online spt Amazon.com dll gitu saya agak2 males…kalau ada yg punya di Jkt dan udah gak dipake saya beli bekasnya dong..kalau ada nanti lanjut japri. Thanks ya…and Cen Cen moga sukses thaw cycle nya..

  2. Mulia

    ACA dgn ASA itu beda kasus khan? Kalo ACA biasanya dokter spesialis darah akan berikan resep obat dan dosis bila memang diperlukan kalo nilai rujukan ACA nya tinggi dan dianggap menganggu proses kehamilan. Untuk yg taraf ringan ACA nya mgkn dokter hanya memberikan resep ascardia 80mg saja, itupun tetap dalam pantauan dokter apabila dikonsumsi pada masa kehamilan.

  3. Rina

    weeeelaah..sorii baru perhatiin lagi Cen Cen tulisnya ACA ya..hehhe..di otak saya ASA jd mikirnya ke ASA aja..
    Thanks ya Mulia udah koreksi.. iya memang beda ACA dgn ASA 🙂
    Dibawah ini kutipan hasil dari googling:
    “Mengenai ACA dan ASA, memang hasil akhirnya membuat keguguran, tapi kerjanya berbeda… Kalau ACA karena gangguan pada darah dan menganggu aliran darah ke janin..sedangkan ASA akan menganggap bagian dari janin benda asing yang mungkin berbahaya bagi tubuh, jadi di lawan dan dilemahkan, sehingga mengalami keguguran..”

    Saya sendiri tidak ada masalah dgn ACA, tapi ASA..jadi beda dgn Cen Cen.. Yah apapun masalahnya, terus berdoa & berusaha..gak ada yg mustahil buat Tuhan..semoga berhasil 🙂

  4. Arini

    Share info saja….

    Ini pengalaman keluarga aku, karena ayahku kena stroke.
    Tahun 2010 kemarin ayahku kena stroke yang kedua. Kondisinya lumayan parah, bahkan kami sekeluarga sudah hopless. Semua jenis obat, sampai yang termahal kita gunakan (Syukur keluarga masih mampu membeli obat, walau cukup mahal). Akhirnya beliau keluar dari rs dan harus rawat jalan. Kondisi ketika keluar rs, beliau lumpuh total, sehingga semua urusan mulai makan sampai BAK harus dibantu.

    Setelah sekian bulan perawatan, beliau mulai ada perbaikan namun masih jauh dari harapan.
    Akhirnya kita ketemu sama seorang ahli alternatif, yang menyarankan beliau untuk mengkonsumsi tomat setiap harinya, dengan alasan bahwa tomat dapat membantu mengencerkan darah, dan mencegah stroke berulang. Beliau juga dipijat untuk memperlancar aliran darah di area yang lumpuh.

    Kurang paham apa karena sugesti atau karena manfaat tomat yang luar biasa, ayah saya sekarang sudah bisa jalan walau masih menggunakan tongkat, hanya dengan konsumsi tomat saja setiap hari, rutin dan nggak pake gula

    Kesimpulan yang dapat saya petik adalah : masalah kekentalan darah (ACA)kiranya bisa dibantu dengan konsumsi tomat rutin setiap hari. Siapa tahu dengan konsumsi tomat, soal ACA ini bisa dikurangi dan keberhasilan bayi tabung semakin besar.

    salam

  5. Marini

    Hi Cen,

    Saya punya teman yang thaw cycle dengan ACA diatas normal. Sebelum proses thaw dilakukan dia terapi dulu di dokter spesialis ACA (lupa namanya…). Alhamdulillah berhasil sampai melahirkan dengan bayi kembar. Sebelumnya dia gagal BT dengan fresh cycle, krn masalah ACA juga tuh…Memang selama proses BT berlangsung dia juga tetap diterapi (suntik dan obat) untuk mengurangi kekentalan darahnya, untuk mempertahankan kehamilannya (agak ekstra dana memang). Dia juga ikut akupuntur (di Cipto kalo gak salah) untuk mempersiapkan program BT juga. Semoga berhasil ya Cen…

    Saya juga pernah BT, sempat hamil tapi kemudian keguguran diusia 6 minggu. Tapi Alhamdulillah saya kmd hamil normal 2 bulan setelah keguguran itu, dan baby saya sekarang sudah 8 bulan. (pernah saya tulis pengalaman saya di page ini juga — 2 tulisan). Tetap semangat yaks…

    salam kenal,

    Marini

  6. retno

    Halo salam kenal..
    Saya jg penderita ACA dan Alhamdulillah sdh melahirkan(prematur). Waktu hamil memang ada suntik dan obat yg diberikan dokter hematolog(Prof Karmel).Saat msk trimester 3(29week) entah kenapa ddimer tinggi(2000) jd spog memutuskan baby hrs dilahirkan(saat ini msh di nicu).Jadi sy saat ini msh punya stok obat suntik lovenox ada 13 biji(kebetulan pake askes jd gak byr)..kalo ada yg minat lovenox bs hub sy(pin bb: 27B8A475).

    Untuk teman2 penderita ACA yg sedang hamil jng lupa priksa ddimer sesering mungkin spy babynya bs lahir cukup bulan..

    salam

  7. imelda

    Sebaiknya berobat dulu ke dokter hemtologi (Prof Karmel) di Cikini. Beliau adalah dokter hemtologi yang diakui Internasional dan Nasional. Berkaitan dengan ACA, itu berarti memang adanya penggumpalan darah dan akibatnya apabila hamil maka bayi tidak mendapatkan suplai makanannya. Keguguran berulang menandakan adanya tidak beres. Apabila sebelumnya telah melaksanakan test TORCH dan hasilnya semua keadaan baik maka kemungkinan lainnya adalah penggumpalan tersebut. Dicoba saja teman, karena dokter ini akan memberikan suatu analisa dari hasil test darah kita. Untuk menghubungi beliau di cikini kita harus mendaftar dulu bisa by phone. PAsien dokter ini lumayan banyak dan semoga anda mendapatkan kesempatan bertemu dengan beliau nantinya.Selamat mencoba.

  8. wati

    aloo…..salam kenal buat cen cen,.
    Mau ikutan nimbrug ya……….Aku Ikut BT tp kmrn gagal. stlh itu aku Laparoskopi hslnya baik, trus di cek ACA positif intermediate (IgM 18 & IgG 54). Akhirnya sblm thaw cycle aku diberikan ascardia 2×1, asm folat 1×1. Stlh Thaw cycle aku diberikan ascardia 1×1, asm folt 1×1, dupaston 2×1, prenatin df 1×1 & suntikan lovenox 0,4ml tiap hr smp skrg. Puji Tuhan hslnya positif hamil dg bhcg 752,6 tp masih agak takut krn aku ada ACA. Yg pengen aku ty am cen-cen kmn kadar ACAnya berapa ya? trus dpt treat apa aja gt? oiya aku jg sempet di srh ke RS cikini buat ketemu Prof Karmel tp smp saat ini blom kesampaian krn kebetulan aku dpt juadwal 3 hrs stlh ET jd aku batalin utk sementara, tp priksanya ACAnya aku di cikini atas sara DrSpOGnya gak tau alasan apa, yg jelas lbh murah( 500rb,kl di prodia 800) & hslnya lbh detail pembagiannya. Ku tunggu jawabannya ya cen, tks

  9. Dewi

    Hai cen2
    Sama ya Nama kt.slm knl ya Nama saya cen2 bs jg Dewi.tp mslh kt beda,sy smuny normal cm Suami saya sperm ny sedikit Dan Kena varicocele.dan itu yg bikin km smp skg msh blom dikaruniai anak.,tp Tuhan msh syg km Dgn memberikn petunjukny.akhirrny km Bln ini Akan BT disurabaya Tinggl Tunggu Hari mens saya aza.sm2 aza BT cen Disana.dan smg kt sm2 berhsl.dan secptny fibers momongan.or ud Hml Nih.tq atas sharing Nya.kl da kt2 yg slh hrp Maklumi ya.krn msh baru dlm blog ini.tq :)….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*