Telur pecah sebelum OPU – Dewi

Apa kabar semuanya….
Aku mau sharing tentang pengalaman dengan stimulasi telur dengan obat2 an bukan suntik. Ternyata sulit menahan telur tersebut pecah sesuai waktu yg ditentukan hanya dengan obat minum.

Dua hari sebelum jadwal OPU saya diminta suntik pregnil 500iu (suntikan sekali aja). Pagi yg telah dijadwalkan saya datang dg semangat 45. Pas mau OPU gak di USG dulu lgs di anestesi dan masuk kamar operasi. Sudah disiapkan peralatan. Kmd mungkin baru di usg dokter nya dan diketahui bahwa telurnya sudah pecah katanya.

Dengan kejadian tersebut, saya merasa ada mal praktek karena dibebani biaya OPU sebesar Rp 6,5 juta. pdhl OPU tidak jadi dilaksanakan/batal. seharusnya prosedur nya di usg dulu. jadi kita gak perlu di anestesi dan bayar biaya booking kamar operasi. Penjelasan dari rumah sakit tersebut untuk biaya Rp 6,5 juta tadi.

Untuk temen2 yang mau OPU akan lebih baik minta di cek dulu apakah telurnya memang ada atau udah pecah belum dengan USG karena kalo tidak kita dikenakan biaya yang sungguh tidak adil bagi kita, pasien, yg mendapatkan uang dg susah payah… Semoga bermanfaat. Salam buat teman semua.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

47 thoughts on “Telur pecah sebelum OPU – Dewi

  1. Nitaa

    Mbak Dewi,

    Sabar ya, semoga Tuhan memberi kemudahan, berkah dan kelancaran dalam setiap usaha kita. Semoga pada program berikutnya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Btw, proses tersebut dilakukan di rumah sakit mana?
    Thanks atas sharing nya

  2. Bunga

    Sorry…ya kejadian ama dirimu…bt dimana? Pas usg terakhir sebelum opu berapa ukuran diameter telor2nya? Kalo dokternya kerja beneran seharusnya bs memperkirakan kpn siap di opu…tdk tunggu gede2 sekali yg memungkinkan telor2 pecah sebelum opu. Idialnya…malahan team docter masa stimulasi nya..gratis… Tapi plg ga bisa di follow up itu uang opu nay plg ga yg balik….

  3. Michelle Anugrah

    Dewi,

    Dulu lagi aku BT di Bunda, 2 hari sebelum schedule OPU aku di USG, besoknya disuntik Pregnyl, terus besoknya di USG dulu baru di OPU. Setahu aku Pregnyl itu disuntikan tidak boleh lebih dari 48 jam sebelum OPU, untuk mencegah telur pecah sebelum waktunya. Itu dijelaskan sama dr. Taufik sama aku pas aku diberitahu utk suntik Pregnyl, karena aku nanya kenapa nggak bisa suntik Pregnyl habis USG aja (biar nggak usah bolak balik). Boleh dikasih tahu nama dokternya siapa dan di RS mana, supaya yang lain bisa hati-hati pas berobat sama dokter dan di RS tersebut. Soalnya sepertinya banyak ObGyn yang ngaku-ngakunya bisa terapi kesuburan, tetapi sebetulnya cuma coba-coba doang. Yang ada kita sudah korban jadi kelinci percobaan, disuntikin hormon, bayar mahal, eh tetap aja nggak jadi.

    Kalau kamu berani sich sebetulnya diperkarakan aja. Kan kamu nggak pakai anesthesi dan sebagainya, dan prosedurnya gagal bukan karena kesalahan kamu, tetapi karena dokternya nggak beres.

    Tetap semangat yaa!!

  4. dewi

    @ Nitaa:
    Terima kasih perhatiannya dan doanya. BT nya dengan dokter yg praktek di Bunda. Tapi OPU nya di BIC dg dr. Bunda tsb. Sbnrnya waktu itu di BIC ada diskon tp krn pake dokter bukan dari BIC utk proses opu sd ET selisih 4 juta. Udah dibela-belain dg dokter tsb pdhl lebih mahal… eh beginilah kejadiannya.

    @Bunga :
    Aku juga menyesalkan kenapa dokter nya kurang teliti. Aku dah bilang ke dokternya agar biaya nya dikurangi tapi katanya dari BIC nya tidak bisa.
    Jadi opu sd ET aku mesti bayar 27,1 jt kalo pake dokter BIC sendiri 23 juta. Karena OPU batal dikenakan biaya 6,5 juta. Sisanya dikembalikan.

  5. didien

    Sabar ya mb dewi..

    semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran untuk ikhtiar mb n suami. mb coba az konsul ke klinik graha amerta surabaya mb. bbrp bln yg lalu sy ikhtiar ivf disana dg prof samsul dg long protokol ivf plus oprasi laparoskopi habis biaya 5ojt. kl mb pengen tau tentang graha amerta, sy sdh byk tuliskn tntg klinik fertilitas graha amerta/griu surabaya, mb bs baca di kategori endometriosis –> didien

  6. Dewi

    @michele: Thx ya. Iya suntiknya di bilang harus wkt itu jam 00 sd 00.30 hari kamis pagi trus OPU nya hari jumat pagi jam 11. Aku sudah menurut sesuai petunjuk. Memang harusnya di USG dulu sebelum OPU, tapi itu tidak dilakukan. Mereka lgs melakukan persiapan OPU tanpa di USG lebih dulu. Katanya dah di suntik anestesi segala. trus masuk kamar tindakan. selang aku sadar dokternya blg bhw telur udah pecah gak jadi OPU. kesel bgt.. karena sudah hampir sebulan bolak- balik ke dokter, gak ada hasil krn dokter tdk mengantisipasi telur pecah..

  7. bunga

    oh…capek deh?! dokter2 emang pada komersil bgt..hari gini!! ga ada sense nya! duit nya nomer 1 service nya nomer sekian….

  8. bunga

    mba Dewi, aku BT di Surabaya dgn Dr Aucky. alhamdulilah berhasil sekarang hamil 8 bulan setalah beberapa kali gagal BT di LN
    kalo boleh tau mba Dewi punya masalah apa sehingga memutuskan utk ambil programe BT??

    ini post nya ta voted 5 stars biar yg lain jg baca dan bisa jd pembelajaran.. plg tdk sebelum upo HARUS minta usg dulu..biasa nya sebelum upo 17mm sampai max 20mm gede telornya itu sudah bgs… dokter ku maren takut kalo lebih gede dr itu karna takut pecah sebelum di upo.

  9. Michelle Anugrah

    Bukan menjelek-jelekan ya, tetapi kalau kita mau program BT, lebih baik pakai dokter yang memang praktek di RS itu, jangan yang numpang. Dulu ada yg pernah post ttg dr. K yang katanya bisa BT dengan biaya dibawah Rp. 20 juta dan berhasil. Ternyata selidik punya selidik sang dokter itu BT nya masih tahap coba-coba dan yang posting itu salah satu yang sangat beruntung yang berhasil. Kira-kira kayak 30 org coba, yg berhasil cuma satu. Dokter yg sama juga program BT numpang di BIC dan teman saya yang berobat dgn beliau (tadinya cuma mau konsul kesuburan, eh jadi dibujukin ikut BT) kena getahnya, krn dia jadinya nggak bisa pakai program diskon BT yang disediakan di BIC dan kemudian jadwalnya jadi nggak jelas. Waktu mau OPU, katanya dijadwal jam 10 pagi (menurut dokternya), ternyata setelah datang tertunda sampai jam 1 siang baru bisa di OPU. Pas ET juga sama, disuruh datang jam 8 pagi ternyata baru ET jam 2 siang. Alasannya tidak ada kamar yang tersedia. Selain itu bayarnya juga jadi lebih mahal karena nggak dapat yang diskon spesial. Sekali lagi hati-hati lho. Banyak dr ObGyn yang mengaku-aku bisa melakukan proses BT tetapi antara mereka baru coba-coba atau praktek ‘liar’ dengan menumpang fasilitas orang. Mbak Dewi kalau nggak keberatan bisa diberitahu nama dokternya supaya rekan-rekan yang lain bisa lebih hati-hati? Kalau nggak enak, pakai inisialnya aja dan prakteknya dimana, untung membantu rekan-rekan, terutama yang kurang berpengalaman agar lebih bisa memilih dokter yang bertanggung-jawab.

    Makasih dan selamat berjuang kembali!!!

  10. margee

    Dear mba dewi

    yang sabar yah,

    oh ya teman2, sy jg rencana mau BT di BIC menteng, konsultasi awal dg dr irham, apakah ada yg punya pengalaman BT dg beliau? sy sdg bingung menentukan dr yg mana…

  11. Dewi

    @All : Makasih perhatiannya.
    @ Mbak Michele : Saya udah 2 kali persiapan BT dg dokter tersebut, jadi kalo dihitung lumayan juga bisa buat beli gonal di BIC. Nyesel deh. Cerita temen mbak diatas mirip dengan kejadianku, mungkin dokternya juga sama…
    @Bunga: masalahku di kualitas sprm yg kurang bgs.

  12. Sandra

    Halo mba Dewi,

    Really sorry hearing that 🙁

    Saya baru mo mulai di BIC mba. Rencananya sm dr. Taufik. Klo bole, saya diksi tau mba nama dokternya? Serem jg klo nanti tnyata saya di dokter yg sama. Klo mba tdk keberatan, bole ksi tau saya ke nomer 0813.876.11011.

    Ttp semangat ya mba. Pasti Tuhan punya rencana yg lbh baik. Mgkn yg berikutnya mba bs berhasil dan lebih siap. Amiiin.

  13. Michelle Anugrah

    @ Sandra: saya kemarin program BT sama dr. Taufik. Beliau oke banget kok, sangat profesional dan sopan. Cuma sama beliau harus kita yang lebih bawel nanya-nanya, karena kalau kita nggak nanya beliau nggak kasih tau sampai hal yang kecil-kecil. Gapapa, orangnya sabar dan kalau meriksa nggak kayak seolah-olah antriannya sejuta. Pasti meriksanya telaten, mau menjawab pertanyaan sampai yang paling konyol sekalipun. Top dech pokoknya dr. Taufik. Saya mau BT lagi sama beliau nanti bulan Januari.

    @ Dewi: Dokternya inisialnya K bukan? Kalau iya, berarti sama.

  14. ira

    @dewi : dear mbak dewi.sabar ya.smoga tidak menjadikan patah smangat dan trus brusaha
    Sepertinya dokter yg menangani mbak sama dgn yg menangani sy wktu bt kmrn. Hanya wktu opu n et sy drujuk k rs GP krn beliau blm krj sm dgn rs bunda utk icsi. Pengalaman sy berhasil bt dgn beliau. Hmpir smua tmn sy jg berhasil dgn beliau. pengalaman sy.dgb beliau memang hrs kita yg banyak tanya dan divermati apa yg tertulis d buku.krn beliau tdk terlalu byk bicara. sy pd wktu opu jg tdk d usg lg.usg trakhir 2hr sblm opu.smoga berhasil ya mbak dimanapun nti akan brusaha lg
    @margee: sy blm pernah.bt dgn dr irham,tp sy melahirkan dgn beliau. Beliau sangat komunikatif dan mudah dihubungi kpn sj. sgt recommended klo utk melahirkan. Klo utk bt mungkin bisa dbrowsing pengalaman yg lain

  15. ika

    dear dewi: kasusnya sama persis dengan yg aku alamin. RS nya pun sama, jangan2 dokternya sama juga ya:)
    aku ngejalaninnya December 2010. karena aku kasusnya PCOS jadi telor yang besar cuma ada 2. Malem disuntik
    jam 08.00 pagi langsung masuk ruang operasi buat OPU tanpa USG terlebih dahulu. begitu sadar cuma dikasih tau telurnya sudah pecah mau diambil ga ada. siapa juga yang ga kesel, sedih trus kecewa ya wi? udah ngeluarin biaya puluhan juta dengna santainya dokter cuma bilang bisa ngulang 3 bulan lagi sambil nurunin berat badan:( kenapa juga sebelum proses ga dijelasin soal itu semua ya…. cuma bisa ambil hikmahnya aja deh, yakin aja Allah pasti berikan yang terbaik untuk umatnya, dibalik semua cobaan yang kita jalanin pasti ada saat yang indah & tepat untuk kita mendapatkan momongan Amin

  16. Dewi

    Dear Ika: Aku sedih juga ternyata banyak juga yg mendapat pengalaman yg mengecewakan spt aku. Aku tuh udh dari th 2007 ke dokter tsb. Krn kata beliau harus BT dg ICSI krn sprm kualitas tidak baik. Tp krn menurut agamaku tdk diperbolehkan, kita mundur. Suami yg tdk setuju, kl aku keinginan untuk punya anak lebih kuat.. jadi kupikir ga papa. Kami berhenti ke dokter krn suami gak mau ke dokter lg sth tau sprm yg bermasalah. Selama bbrp tahun wkt terbuang, aku bujuk dia ke dr Andrologi baru th 2010, kita mulai ke dokter Andro. Suami udh operasi varikokel segala, tp ternyata sth operasi malah azzosperma. Hancur hati kami kok bisa jadi malah tidak ada. Pdhl tadinya ada, meski kurang baik. Buat temen2 mungkin dipertimbangkan lagi jika disarankan operasi, krn blm tentu lebih baik. Pdhl kata dokternya operasi sukses, sembuhnya juga termasuk cepat katanya. Setelah kejadian tsb suami akhirnya setuju u mulai dg BT. Krn suami agak sulit cocok dg dokter, maka kita kembali ke dokter tsb. Sebenarnya aku pengin pindah dokter krn aku juga pernah baca curhat di forum ini mengenai beliau, trus beliau jg sering lupa, jd aku mengingatkan yg ditulis di buku. Trus kl aku tanya suka tidak mau menjawab (atau tdk mendengar..) kl suami tanya baru dia jawab. Oya, meski begitu, beliau berhasil mengembalikan sperma suami meski masih kurang baik (spt sebelum operasi,hanya 1 juta), tp yg penting bisa di freezing, dg suntik pregnil 5 kali. Sekarang aku lagi mulai mau BT di BIC, tapi betapa kaget, waktu diperlihatkan USG ternyata aku ada kista di rahim. Jadi program gak bisa segera berjalan krn kista mesti dibuang dulu… Aku kecewa kok selama 2 bulan ke dokter terdahulu tidak pernah diberitahu ada kista. Kita gak dikasih tau bahwa gambar hitam di usg tsb adalah kista. pdhl jarak aku ke dokter yg dulu dg yang skrg hanya terpaut 2 minggu. Dan aku ingat waktu diterangkan bahwa gambar hitam tsb telah ada, wkt aku periksa ke dokter yg dulu. Disamping materi, waktuku terbuang. Krn skrg harus urus tuh kista dulu sblm program.. pdhl umurku dah kepala 4… Oya aku mau ceritakan waktu th 2007 dokter tsb bilang bhw aku sgt subur. Trus waktu th ini dan mulai ikut BT, sepanjang pemeriksaan USG beliau selalu bilang bagus, sampai terakhir 2 hari sebelum OPU dia juga bilang “Bagus, mdh2 an bisa di OPU”. pas beliau blg begitu aku agak kaget kok mdh2 an ya. kan udh jelas bagus.. Pagi seblum OPU, aku nanya ke suster ” Sus, suami harus ngasih sprm?” jwb susternya”Jgn skrg bu, kan OPU nya blm, belum tentu dpt telurnya”. Saat itu aku agak curiga. Apa hal tsb sering terjadi? Maaf nih ceritanya jd panjang.. krn aku kecewa waktu itu. Skrg aku dah lega.. mudah2 an semua ada hikmahnya.. Yang semangat ya Ika.. Semoga kita semua diberikan anugerah dari Allah seperti yang kita dambakan…

  17. hanny

    Dear dewi, setelah membaca ceritamu, kok kyknya banyak kejanggalan ya. Banyak ketidak pastian gitu. Aku sendiri sudah 2x bayi tabung di yasmin. Walau gagal terus, tapi procedurnya kok berbeda ya. Kalau saran saya, mending pake dokter2 yang sudah competen aja kali ya, kyk dr aucky, ivan atau muharram (gak tau deh kalau ada lagi, soalnya yg aku tau bagus cm 3 ini).
    Mudah2an programmu kali ini berhasil… Amin

  18. Dewi

    @Hanny dan temen2 semua…

    Kabar bahagia aku sudah berhasil program BT nya di BIC dengan dr. Indra. saya dinyatakan positif dengan BHCG 978 pada Pebruari 2012 ini. Mohon doanya semoga saya dan baby(s) selalu sehat. Kudoakan semoga temen2 cepet menyusul… Terima kasih atas support dan doanya…

  19. Any

    Hi Dewi selamat yah atas kehamilannya, semoga lancar semuanya sampe nanti. Kalo aku blh tau umur kamu berapa ? Trus pernah test amh ga ? Soalnya aku juga mau ikut bt ma dokter Indra bln Mei nanti, tapi amh ku rendah bgt, jd bingung mau ikut bt ato ga. Makasih yah !

  20. Michelle Anugrah

    Selamat ya! Jangan lupa banyak2 konsumsi protein dan folic acid supaya baby nya sehat, berkembang baik dan tdk kena masalah kromosom. Akhirnya penantian panjangnya berhasil! Semoga berujung pada kelahiran yang sehat dan selamat!

  21. Dewi

    @Amy : umur ku 40 th. amh tuh apa ya ?
    @Hanny, Michele : Makasih doanya ya.. Michele makasih juga sarannya..

  22. Sisca

    @dewi…
    selamat deh….
    bisa,menjd semangat mom2 yg sdh berumur 40an th nih…
    mba dewi betaHCGnya nilainya brp?krn nilai bHCG bs untk melht hormonnya bgs ndak…jk bagus embrio nempel dg kuat….begitu sebaliknya.
    aq kmrn tes 14hari stlh ET nilai bHCGnya 1134….aq kira janinnya kembar krn bHCGnya diatas 1000 namun cm ada 1 janin…td pagi tes USG sdh ada detak jantungnya….aq per hari ini hamil 6minggu+4hari…
    mba dewi hamil brp minggu…dihitung dr mens pertama bln lalu brp hari, kmd dibg 7 hari deh….
    semoga sehat selamat smp kelahiran nanti ya mba….

  23. Dewi

    @Dewi” Betahcg 900 an. Belum bisa di usg kok, jadi blm ketahuan 1 atau 2 baby. Tp kata dr nya kemgkinan bisa kembar.

  24. Rika

    Hi semua,

    saya sedang ikut program BT di klinik Yasmin RSCM,mungkin teman2 punya info tempat kos di sekitar klinik yasmin. saya tinggal di serang-banten.Makasih

  25. Any

    Hallo Dewi, AMH itu Test untuk mengetahui persediaan telur kita. Sebelum program BT ada di kasih obat ga ma dokter Indra ?

  26. Grace

    Hi Rika, salam kenal.

    Saya juga ada rencana mau BT di Yasmin ama Dr Budi, boleh tau kamu BT ama dokter sapa? Kapan rencana mau BT?

  27. Grace

    Hi Any, salam kenal juga.

    Kebetulan minggu lalu saya test AMH, dan berhubung saya dari luar kota, hasil darah nya saya tinggal dan minta org labor tuk deliver langsung ke dokter Budi. Tadi pagi, saya baru bisa kontak dengan dokter Budi tuk mengetahaui hasil nya, dan kata dokter ” sel telur saya lumayan ” ( kata dokter sedikit lemah ) dan saya di sms in tuk beli dan minum obat DHEA 3X25 mg. Apakah Any juga punya pengalaman yang sama dengan saya?
    Thanks

  28. ika

    hai mb dewi: waa senangnya dapet kabar ini. selamat ya mb semoga kehamilannya sehat sampai melahirkan nanti. mb dewi boleh minta no hape nya? makasih

  29. Rika

    Hi,grace

    kita sama dong, sy jg dg dokter budi, sy udah masuk ke tahap 2 (short protocol) haid hari ke 2 bln ini sudah mulai suntik.makanya rencananya mau nyari kost biar tiap hari ga bolak-balik serang – jkt.kamu tinggal dimana?

  30. Grace

    Rika,

    Saya baru mau mulai bulan depan/ april rencana nya. soalnya maren baru keluar hasil test AMH dan kata dokter sel telur saya sedikit lemah. Pengen buat preparation yang matang dulu.. Saat ini saya udah balik ke Padang, kebetulan saya stay nya di Padang. Dokter Budi bilang nanti saya datang nya pas hari ke 2 haid aja buat mulai program nya. Btw kenapa harus tiap hari bolak balik rumkit, Rika? Smoga berhasil ya program nya, biar saya juga tambah semangat nanti nya… hehehehe

  31. Any

    Hallo Grace, kemaren bln Jan ikut inseminasi sm dok . Indra tp ggl. Aku mau BT bln Mei or Juni nanti, sm dok. Indra di ksh DHEA 25 mg 2 x sehari 1 tab. Sama Aspilets Thrombo tab 150 satu x sehari. Kmrn sblm insem test amh rendah bgt, trus fshnya tgg

  32. grace

    @sisca: thanks ya buat info nya.

    @Any: apakah kata dokter Indra. Chance buat keberhasilan IVF dengan masalah sel telur yang qta alami masih tinggi? Maaf sy jd nanya ke Any, karna kalo boleh jujur saya masih belum berdiskusi panjang lebar dengan dokter ku karna at this moment saya masih komunikasi via phone ma dokter Budi. Smoga program kita berhasil ya… Amien

  33. Sisca

    @grace:
    mnrtku sih telur diperbaiki dulu…
    sebnrnya scr alami jk hormon bagus telur bagus kok,kecuali ada PCO…..
    jd konsen dulu perbaikan telur mba….jgn smp udah program telurnya sedikit yg didpt kmd ktk dibuahi jg embrionya ggl membelah selnya….kan sayang dananya….
    coba baca kisah2nya di web ini ttg permasalahan telur mba…

  34. ghani

    slm kenal akhir maret ini rencana mau bt d klinik teratai ada yg tau ga dr irsal d rs gading pluit bagus ga yah aq tau klinik teratai dr temenku yg dah berhasil d sana trs ada yg tau ga kostan deket rs tersebut yg bisa d jangkau dgn jln kaki

  35. Nancy

    @mbak Dewi, salam kenal yah mbak, aku kebetulan mau program BT, tp msh ragu dgn dokternya, mbak no telp aku di 081311318888, boleh sharing mbak mengenai dokter yang dipakai ?. Makasih banyak yah mbak dewi.

  36. Dewi

    @Sisca: kayaknya betaHCG mu 1000 lebih tapi hanya satu janin, karena saya baca di sharingmu et senin, testnya senin jd 15 hari. kalo aku et selasa, testnya senin (14 hari) jadi meskipun 900 tapi janinnya kembar. karena beda hari perbedaannya sudah besar sekali. Karena waktu aku diminta test 7 hari kmd beta HCG ku sudah 17.000. Jadi 1 hari aja udh nambah banyak. begitu menurutku mbak.

  37. Syifa

    mba2, boleh tau ga, apa sih yg bs menunjukan kalo sel tlr kita udh pecah? jd khawatir juga nih, soalnya bsk pg OPU, smntara tgl 21 kmrn USG tlrnya udh 18mm ada sktr 14-15 tlr, aku PCO, dan kmrn udh disuntik ovidrel jg, dan udh disuntik penahan spy ga pecah, tp tetep khawatir, makanya aku nanya, ada tanda2 alami ga yg bisa bikin kita tau bhwa sel tlrnya udh pch? mksh infonya, salam knl smua..

  38. Sisca

    dear syifa….
    jgn terlalu cemas,jk tim dokternya bonfid pasti ga nyampe terjd pecah sebelum dipanen deh….
    tanda pecah scr fisik ga ada sih,yg jelas lwt USg trans bs kelihatan jk kantung telurnya kempis…
    jk pk alat FERTITEST jg hny berlku ktk hormon mencapai titik kulminasi shg hsl tes urine terlihat 2 garis tebal mk telur sdh pecah…baru 32-36jam berikutnya ovulasi/telur jalan ke tuba…
    itu gambarannya jeng….aq kmrn BT jg enjoy saja kok…
    kalau mau share lbh lengkap kirim email roby8889@gmail.com
    tetap semangat ya

  39. Syifa

    dear Sisca,

    thx yaa supportnya, alhamdulillah kmrn sdh OPU dan brjalan lancar, didapat 10 telur, smoga smuanya baik2 saja smpai proses slnjtnya, ET pd tgl 26 April nnti, aamiin.

    *keep spirit for the babies mom!* ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*