Surrogate mother – Rina

Salam kenal nama saya Rina menikah 1th, saya pingin skali pny anak tp tdk mungkin terjadi krn sprt yg di alami ma ara yg seumur hidup sekali mens, malah saya blum prnh merasakan yg nama nya mens..

Maka dr itu saya ingin skali sharing, siapa tahu ada yg mengetahui mengenai “surrogate mother”, apa d indonesia bs d lakukan? hukum nya gmn? yg tertulis d akte kelahiran nama ibu nya siapa ?

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 4.50 out of 5)
Loading...

31 thoughts on “Surrogate mother – Rina

  1. Hana

    Hi mbak Rina,

    Yang sabar mbak, kita tidak pernah tahu rencana Tuhan apa untuk kita. Yang pasti hari ini pastilah anugrah karena kita masih diberi hidup untuk menikmati pemberian Tuhan. Musti ikhlas menjalani hidup dengan bersyukur. Masih banyak kenikmatan2 yang diberikan Tuhan untuk kita. Mbak kalau ibu pengganti bukannya anak tersebut bukan anak kita, apa bedanya dengan anak angkat? atau suami mbak masih menginginkan anak sendiri? Banyak perempuan yang mensnya teratur tiap bulan toh banyak yang belum diberi anak juga, atau mereka justru punya suami yang mandul. Di klinik bayi tabung saya banyak menemukan type2 manusia, ada yang sudah punya anak 4, tapi karena sudah steril harus ikut bayi tabung bahkan sampai lebih dari satu kali, ada yang sekedar mencari jenis kelamin laki2 atau perempuan, atau ada yang sekedar untuk memberikan adik kepada anak sulungnya. Sementara yang menginginkan sekedar satu anak saja tidak kalah banyak juga. Pointnya mbak Rina tidak sendiri, banyak teman2 senasib. Termasuk saya tentunya. So, mari kita sama2 berdoa mbak, tiada yang mustahil buat Tuhan, semua doa kita pasti dijawab. Satu lagi mbak disaat kita putus asa terkadang timbul pikiran2 gila yang kadang tidak masuk akal, yang mungkin menurut kita yang manusia biasa akan terasa halal untuk dilakukan. Akhir kata mbak, mbak berhak atas kebaikan mbak sendiri, baik dan buruk keputusan mbak, mbak sendirilah yang mempertanggung jawabkan kepada Tuhan. Kejarlah kebahagiaan musti jalannya terjal dan berliku. Good luck ya mbak. Disetiap langkah kita pasti ada jalan Tuhan bersama kita. God bless all moms and future moms.

  2. shanty.A

    Cb cek di google surrogate mother di India..byk org asing jg kesana sekalian bayi tabung + surrogate mother. Pernah muncul topiknya di Oprah winfrey show. Klo di indonesia kayaknya nda bisa…

  3. rina

    @mba hana,terimakasih atas dukungan nya, saya jadi tidak merasa sendiri ternyata banyak sekali yang senasib dengan saya, dulu sering skali saya mengutuk diri saya sendiri kenapa saya harus lahir klo hanya untuk menangung beban berat ini saya merasa hanya saya lah wanita yang paling cacat d dunia jangankan punya anak, mens aja tidak bisa, tp dukungan orang tua yang menguat kan saya, sekarang saya sangat bersyukur mendapatkan suami yang bisa menerima saya dengan apa adanya dan tidak menuntut saya punya anak tapi saya lah yang ingin suami punya keturunan tanpa harus poligami, saya ingin membahagiakan suami tanpa menyakiti hati saya (egois ya),maka nya saya berpikir knp gak pake surrogate mother aja.
    @mba shanty, trimakasih info nya…

  4. alfy

    mbak keluar negri aja ky di amerika canada bisa menjalani surrogate mother, yg penting cari perempuan yg mau hamilin anak mba trus bawa ke luar negri melalu program IVF. aku rasa aktenya pake nama mbak, krn smua melalui perjanjian tertulis dan hukum di canada atau amerika ambil lawyer yg tandatanganin surat perjanjian. dan waktu melahirkan udah langsung atas nama mbaknya.kl mbak ada kemauan smuanya di jalanin dan Tuhan tau kita udah berusaha sampe titik terakhir. mudah2an ini mjdkan mbak semangat mempunyai anak.

  5. rina

    hai mba alfy, trimakasih atas saran nya cuman klo hrs ke luar negeri sepertinya saya tidak mampu biaya nya apalagi harus ke amerika yang menurut orang biaya hidup di sana sangat lah mahal,kenapa yah di indonesia nda bisa? andaikata surrogate mother legal di indonesia mungkin sangat menolong bagi kita yang punya dana sedikit.

  6. seba

    Halo mba Rina,
    sy kyk bs ngrasain apa yg mb rasain.
    yg sabar ya mbak.
    kl bole tau, apa mbak sudah cek ke dokter?
    gmn kt dokter, apakah ovarium dan kandungan msh bagus?
    krn selama kandungan msh bagus, setau sy, gak perlu pake surrogate mother.
    krn sy prnh bc, orang yg menopause (berarti dia udah gak mens lagi),msh bs hamil tp dg egg donor, tp msh rahim sendiri n ga perlu pake surrogate mother.
    tetap semangat, berusaha n berdoa ya mbak.

  7. Re

    Mbak,
    Saya ikut prihatin ya dengan kondisi mbak… Punya anak bnr2 amazing rasanya. Saya sendiri merasakannya. Mbak periksa aja di surrogatefnder.com disana ada orang Indonesia yg bisa bantu mbak kok…. Masalah proses bayi tabungnya nanti bisa dilakukan di Indonesia juga, Inul Daratista saja berhasl kenapa mbak ga bisa? Ya tentu nanti ovarium mbak + sperma suami disatukan dulu, baru ‘diserahkan’ ke surrogate mothernya. Semuanya bisa di indonesia kok. Kalau mau detilnya silakan email saya di frau_rhe@yahoo.co.id

    Semangat dan Sukses ya!

  8. Bunga

    Hi Rina, Im sorry to hear about you prob. Sdh di periksa ga kenapa ga mens sama sekali? byk juga wanita yg ga means sama sekali biasa nya karna meraka mengalami kelainan hormon yg bearti meraka tdk menghasilkan telor sama sekali. ada beberapa yg masi bisa di obati melalui terapi hormon tapi ada juga yg engga bisa πŸ™
    tapi bukan bearti kamu ga bisa hamil masih bisa ambil donor telor kan pake sperma suami. jadi dlm case ini proses BT bisa dilalukan kenapa harus surrogate? Kecuali kalo kamu bermasalah dgn rahim (lemah,kelainan, gagal) ato ga means karna mmg ga ada harim sama sekali? then surrogate the only option.
    Temen saya br ngejalani surrogate di amrik habis 250ribu dolar. alasan si ibu gagal ginjal chance membawa kehamilan sgt membahayakan. 250ribu usd itu biaya BT nya sktr 75ribu 4 putaran, 75ribu bayar ibu hamil dan 100ribu bayar pengacara.

    Surrogate harus pake pangacara apalagi kalo dilakukan di luar negri biar belakangan hr tdk ada complik antra si ibu yg melahirkan dgn org tua nya.
    prosess nya lumayan juga repot nya..

    saya pernah liat liputan di india surrogate jauh lebih murah kira 35ribu dolar tapi tdk termasuk tapi tdk temasuk biaya lain2..plg2 jg ujung2 ga byk kurang kalo ga sukses di putaran pertama.

    Pi aku ikut ngedoa’in biar km di kasi kekuatan and jalan atas kondisi mu XXX

  9. Michelle

    Rina,

    Pernah coba approach saudara perempuan Rina atau suami? Kalau surrogate mothernya saudara sendiri, akan lebih enak dan mudah prosesnya, terutama pada waktu mengurus surat-suratnya. Kalau orang lain, harus pakai proses adopsi kalau mau main legal, atau pakai jalur belakang (surat kelahiran dari rumah sakit dipalsukan agar bisa dapat akte lahir atas nama orang tua). Kemarin aku sempat berpikir untuk meminta adik perempuan saya untuk jadi surrogate (telur+sperma dari kami, meminjam tempat saja), karena dokter yang dulu sempat memvonis bahwa rahim saya “tidak ramah” terhadap embrio, sehingga embrio tidak mau menempel (2x hamil blighted ovum soalnya). Kalau seandainya ternyata Rina juga harus menggunakan telur dari si ibu apalagi, saudara perempuan kan secara genetik sama dengan kita, jadi nggak jauh-jauh banget bedanya.

    Gimana kabar beritanya sekarang? Ada perkembangan bagus???

  10. Dede

    Mba Rina, saya punya teman sesama pasien BT dan dia juga tidak pernah mens dan pernah cerita dia mens selama ini dibantu dengan obat hormon tapi kemarin program bayi tabung malah dia yang hamil positip dan saya yang normal dan keadaan sehat alat reproduksinya malah belum sukses juga padahal sudah program BT ke 2. Jadi keep positip dan terus maju ya dan oh ya teman saya itu pasien dktr Budi Wiweko-Jasmin Kencana RSCM Jakarta, jadi bisa konsultasi ke sana… Semoga sukses ya πŸ˜€

  11. Nisa

    Mba rina,

    jangan berseih ya mba, berusahalah dengan cara yang dibenarkan oleh keyakinan mba, dan jangan pernah ngerasa kita cacat, karena kita itu diciptakan dengan bentuyk yang paling sempurnna

    saya juga seringkali ngerasa seperti itu, rasanya bukan perempuan sejati karena belum punya anak… tapi mbak kalo kita berpikir kita kurang, kita cacat, itu termasuk kita kurang bersyukur mbak, seringkali kita memikirkan yang tidak kita miliki, tapi coba kkita bayangkan mbak, apa yang telah mbak miliki, mbak masih punya orangtua yang mendukung, suami juga, dan juga kesehatan…

    jadi mari kita berusaha dan juga pasrah dan juga berusaha utk mensyukuri yang kita punya… maap ya mbak kalo saya kesannya menggurui begini…. sebenarnya pendapat ini juga ditujukan buat saya sendiri…. karena itu kita ‘belajar’ bareng yuk supaya hidup kita lebih baik…..

  12. erna

    @dede>>
    hi,salam kenal n izin share nech
    saya udah 2th nikah n blm prnh hamil,td saya baca dede pny temen yg haidnya ga teratur n dbantu obat hormon sama sprti yg saya alami, saat ini saya sedang tes masa subur dg cek suhu dg termometer oleh dok yg saat ini nangani saya.
    kalo boleh, saya pengen minta no hp or email temen dede yg d crtain n berapa total biaya BT di dok budi?
    tq ya…

  13. andis

    hai mbak, aku juga dulu punya masalah yang sama dengan mbak. untunglah sy mendapatkan seorang wanita yang sangat baik dan mau menjadi ibu pengganti untuk bayi saya dengan imbalan yang pantas. dan untungnya lagi wanita tersebut sangat kooperatif selama masa kehamilan sampai menyerahkan bayi kami kepada kami. sekarang anaksaya sudah berumur 3tahun. semua kesedihan jadi hilang berganti dengan kebahagiaan besar .

  14. ai

    hai all, saya adalah single parent umur 28thn bagi 2 anak balita. saya bersedia menjadi surrogate mother bagi pasangan suami istri yang mempunyai embrio sehat tp bermasalah dengan rahimnya. sedikit info klo saya dah 2 kali melahirkan dengan persalinan normal dengan berat masing2 3,5 kg dan 3,750 kg. kedua anak saya Alhamdulillah sehat dan montok. bagi yang berminat ( jika itu memungkinkan di Indonesia )bisa kirim email ke mychildren810@yahoo.com

  15. eva

    Salam Mbak Rina
    jangan bersedih Mbak.. mbak gak sendirian kok.. saya juga pernah merasakan hal yang sama dengan yang Mbak Rina rasakan. apalagi lingkungan saya begitu menuntut untuk saya mempunyai keturunan. Alhamdulillah saya mempunyai suami yang sangat mengerti dan tidak menuntut saya untuk mempunyai anak.
    sekarang usia pernikahan kami sudah hampir 8 tahun. Dan Alhamdulillah sejak 2 tahun yang lalu saya mengadopsi seorang anak.
    Anak itulah yang menjadi cahaya dalam keluarga kami mbak, sejak kehadirannya saya merasa sangat bahagia, suami dan keluarga sangat menyayanginya. Saya tidak begitu tertekan dan stress lagi, bahkan saya kadang lupa kalau anak itu bukan saya yang melahirkan karna kami semua sangat menyayanginya.

    Tapi saya dan suami tetap berusaha, siapa tahu nanti Allah membri kami rezeki untuk mempunyai anak dari rahim sendiri. tapi saya tak begitu ngoyo lagi mbak, kalau dikasih rezeki Alhamdulillah, kalau pun gak dikasih gak apa apa, kami sudah mempunyai anak yang sangat lucu.

    mbak, Allah mempunyai tujuan baik kepada kita semua. kalau semua perempuan mempunyai anak, lalu siapa yang akan memelihara anak anak yang ditelantarkan orang tuanya?
    Padahal merekA juga butuh kasih sayang dari orang tua πŸ™‚

  16. Danny

    Hi sist Rina anda mempunyai masalah hampir sama dgn istri saya, malah istri saya lebih dalam krn sudah histerectomy subtotal,yakinlah bahwa Tuhan memberi cobaan sesuai kemampuan umatnya,,so do what you wanna do..saat ini saya juga lagi mencari dimana yg bisa melakukan surrogacy dan sesuai dgn kantong saya +/- 150 jeti lah..smoga cepat mendapatkan atau malah sudah ya?.
    @ sist Andis,,bisa bagi cerita nya dunk sist please kirim ke danie_cs@yahoo.co.id ya saya tunggu..terima kasih smuanya…

  17. Lulu

    Hi salam kenal semuanya, saya masih baru di website ini dan saya juga senasib dengan mbak Rina. Saya tertarik dengan surrogacy dan sudah saya coba membuka website surrogatefinder.com seperti yang disarankan oleh mbak Juwita. Tapi setau saya di Indonesia kan surrogacy tidak diperbolehkan secara hukum dan biasanya tidak ada dokter atau rumah sakit yang bersedia melakukan. Apa ada yang bisa menjelaskan hal ini? terimakasih semuanya ya,saya tunggu informasinya … karena dana saya terbatas dan tidak mungkin bagi saya untuk ke India atau negara lainnya yang mengijinkan surrogacy.

  18. Gina

    Di China ada surrogacy, Bt di sana sekita 60-70 jutaan. Mereka juga menyediakan surrogacy see http://www.chinaivfctr.com . Surrogacy tidak dijinkan di Indonesia, Singapura, juga di Malaysia biarpun dr telur & sperma pasangan yang terikat perkawinan.

  19. Michelle Anugrah

    Gina,

    Sepertinya surrogate mothers boleh kok di Malaysia, tp tidak ada hukum pastinya. Biasanya di sana pakai sistem kekeluargaan. Donor telur dan sperma juga bisa kok. Kalau nggak salah ingat, klinik yg akan mengatur pemilihan surrogate mothers. Tapi mungkin sudah berubah ya, hukumnya sekarang.

  20. Allin

    Salam kenal semuanya,

    Sy baru mengenal website ini, senang rasanya bisa menemukan website ini. keadaan sy sama seperti mbak Rina, sy tdk pernah menstruasi dan menurut dokter sy tdk memiliki rahim tapi sy memiliki sel telur yg normal. Sy telah menikah selama hampir 7th dan ingin sekali memiliki anak dari benih sy sendiri. Maka sy dan suami sy berencana utk menempuh cara surrogacy, tapi amat sulit krn hukumnya di indonesia tdk mengijinkan.
    Tetapi ketika sy membaca comment dari mbak andis sy menjadi semangat kembali.

    @Rina:
    Jangan bersedih mbak Rina, kau harus tegar hadapi ini, kau tdk sendiri, akupun mengalami hal yg sama. Mari kita saling support dan berserah kepada Nya.

    @Andis:
    Waktu itu anda berhasil melakukan surrogacy di indonesia kan? Kalau boleh tau di klinik atau RS mana dan dgn Dokter siapa? lalu bagaimana dgn proses legalnya?

    @poppy dan Danny:
    Bagaimana dgn perkembangan kalian? apakah kalian telah berhasil dgn cara surrogacy? mohon infonya yah… thanks

  21. Nita

    Sis andis, saya mau tanya sis melakukan proses surrogate nya di Indonesia atau diluar negri? Saya sdh mempunyai org yg mau meminjamkan rahimnya buat saya, yaitu kakak saya sendiri. Tp sy bingung ke RS dan dokter mana yg mau membantu untuk proses dmn hal ini masih ilegal di Indonesia. Apakah semua dokter bisa dan mau melakukannya?

  22. nani

    saya cinta hamil, hamil membuat dunia saya indah. kaki ringan melangkah. merasa diri cantik, dan selalu penuh smangat. jadi SM kayanya asyik…. anak saya 2. i would be love to help you by being A Surrogate Mom… email me nani_firenzi@yahoo.com

  23. wiwi

    Saya bersedia menjadi SM πŸ™‚
    Saya perempuan berusia 24 tahun,puji syukur memiliki garis keturunan yg baik.
    Saat ini saya bekerja sebagai guru dan penerjemah bahasa asing. Saya tidak memiliki riwayat penyakit kronis, tidak pernah merokok, minuman keras, dan atau riwayat pemakaian narkotika.
    Meskipun info yg beredar mengatakan anak dan SM tidak berkaitan dan gen akan tetap mengikuti orangtuanya, tetapi ‘dimana’ tempat tinggal jabang bayi selama 9 bulan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangannya selama dalam kandungan πŸ™‚

    Jika berminat mengamanahkan janinnya kepada saya, silakan hubungi saya di nomor 081517572716 (wiwi). Hanya menerima sms, lalu baru atur janji komunikasi telepon, dan komunikasi langsung secara serius. Terima kasih. Wassalam πŸ™‚

  24. Bella

    Hi, Saya sudah 4x gagal ivf padahal embrio saya bagus semua, saya dan suami tertarik pakai surrogate mother.
    @Andis: bisa tolong infonya ga, please email saya belladonna098@gmail.com. saya tunggu ya.

    @ Ailin, Lulu, Danny, Rina, Poppy, Nita : Apakah kalian sudah berhasil dengan proses surrogacynya? Mohon infonya

  25. JS

    Alo

    Umur saya 38 thn dan karena kondisi medikal Dokter memvonis saya tidak bisa punya anak pada saat saya berumur 24 tahun. Saya dan suami sangat merindukan mempunyai momongan.

    Saya mencari wanita yg serius yg mau membantu saya dan suami utk mempunyai anak dan bisa melakukan process secepatnya.

    Lokasi saya diJakarta dan email saya jsylvanny@gmail.com

  26. juliana

    Halo mbak Rina,bagaimana perkembangan nya apakah sudah berhasil menjalani surrogacy?
    Ada yang bersedia berbagi info tentang surrogacy?
    @Andis,please info ke saya yah dimana bisa mengerjakan surrogacy tsb?
    Email saya di : chen_lie_cen@yahoo.com
    Saya di jakarta.
    Thanks

  27. Riri hiro

    Saya usia 31 thn 2 minggu lalu saya hbs mlakukan pengangkatan rahim krna ada sarcoma endometriosis drahim saya dan mengharuskan saya kluar dr program batab saya yg sdh 2 thn saya jlni,sdh 2 minggu saya tdk memiliki rahim dan ovarium(verry sad) tp inilah hdp hrs djlani wlau spahit ygtdk pernah saya bayangkan sblmnya, saya mohon minta info bagi yg mengetahui Rs atau klinik yg bs mnerima surrgarade mother d indonesia karena saya msh memiliki embrio sbyk 14 lg dan saya berharap bs mmuliki kturunan dr suami saya.saya mohon info bagi yg mengetahui klinik djkrta atau indonesia.hub saya di ( ri2.hirowatari@gmail.com) trmksh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*