Suami Varicocele apakah lebih baik dioperasi atau mencoba BT? – Sandra

Saya dan suami telah menikah selama 2,5 thn dan belum dikarunia keturunan. Tahun kemarin kami mencoba konsultasi ke klinik sam marie dgn Dr. Jacoeb. Setelah pemeriksaan, diketahui suami saya menderita varicocel. 97% sperma tidak bergerak, pergerakan sperma tidak lurus & sperma hanya bertahan 1/2 hari ketika bertemu cairan rahim. Diketahui juga antibodi saya cukup tinggi sehingga membunuh setiap sperma yang ada.

Kami berkonsultasi dgn Urolog di Sam marie (saya lupa namanya) dan disarankan untuk operasi varicocele agar sperma suami dapat bergerak normal & sehat.
Selain di Sam marie, apakah ada saran urolog yg biasa menangani varicocel ? apakah lebih baik di operasi varicocele atau mencoba BT?
Mohon saran & masukannya.. terima kasih

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 2.20 out of 5)
Loading...

34 thoughts on “Suami Varicocele apakah lebih baik dioperasi atau mencoba BT? – Sandra

  1. mea

    @sandra:
    kalo masih mau bersabar, operasi varikokel bisa dicoba. kan nikahnya baru 2,5 tahun ya? biasanya setelah 3 s.d 6 bulan setelah operasi, akan ada analisa sperma lagi untuk mengetahui ada perubahan gak di kualitas sperma suami setelah operasi itu.

    jika umur sandra & suami masih dibawah 30 tahun, bisa tuh dicoba operasi varikokel. banyak kok yg berhasil hamil setelah varikokel dikoreksi. walopun memang tidak ada jaminan 100 persen akan berhasil hamil loh ya.. tapi kalo gak nyoba ya kita gak akan pernah tahu.

    tapi klo udah ngebet pengen hamil, bisa aja langsung IVF tanpa operasi varikokel dulu. salah satu yang pernah share pengalaman bayi tabungnya di web ini juga berhasil hamil walopun suaminya varikokel.

    btw, urolog-nya bilang gak kalo operasi varikokel tidak dilakukan, nantinya bisa mempengaruhi kondisi testis suami di masa mendatang atau tidak? soalnya kasus varikokel tuh ternyata banyak banget yah…:)

  2. Sandra

    @ Mba Mea: Terima kasih sarannya, kebetulan aku & suami udah diatas 30 tahun, jadi udah mulai sedikit khawatir 😀

    berkat website ini, sempet sharing juga tentang BT & varicocel dengan Mas tegus yang udah berhasil BT di Gading Pluit.

    Urolognya agak kurang menginformasikan apakah operasi itu akan mempengaruhi kondisi testis suami, sebenarnya itu juga yg jadi pertimbangan aku & suami selama ini untuk operasi. Niatnya tahun 2010 kita mulai program punya baby lagi, jadi sekarang aku banyak2 minta saran & masukkan, terutama dari teman2 yg mempunyai pengalaman yg sama.

  3. mea

    @sandra:

    afaik, untuk urolog yang bagus, silahkan konsul ke dr akmal taher (udah prof klo gak salah ya?). beliau sekarang menjabat kepala RSCM. tapi kalau nanti suami sandra akan operasi dengan dr akmal, sebaiknya konsul dan tindakannya di st carolus aja (seberangnya RSCM). ini juga saran dari salah satu dokter kenalan saya. mungkin kalo di RSCM dr akmal kan pejabat, jadi pasti sibuk banget. klo di st carolus belio kan terhitung praktek swasta. jadi tindakannya bisa lebih cepat dibanding jika konsul dengan belio di RSCM. biasalah…, masalah prosedural:)

  4. Sita

    kebetulan saya pernah mengalami pengalaman yang sama. setelah 2 tahun menikah dan disarankan untuk operasi varikokel karena sperma suami nol, maka suami melakukan operasi. tidak ada hasil setelah 3 tahun dari operasi tersebut, walaupun kami juga berobat ke dokter dan minum hormon agar sperma suami normal.

    akhirnya pada tahun ke 5, kami memutuskan untuk konsul ke lain dokter dan pindah klinik infertil. di klinik yang baru kami langsung disarankan untuk BT langsung. dengan sebelumnya melaksanakan operasi untuk mengambil sperma suami (saya lupa nama operasinya).

    kami sepertinya akan memutuskan untuk BT saja dan menutup mata untuk program” yang lain. doakan agar berhasil dan sekrang sedang ngumpulin recehan nih buat operasi suami dan BT.

    Jadi saran saya , karena usia juga relatif sama (tahun depan usia saya 30) dan usia suami 36 tahun maka langsung saja ambil program BT. sehingga tidak kehabisan waktu yang akan mempengaruhi produksi sel telur.

  5. Sandra

    @ Mba Mea : thanks infonya mba, nanti aku coba hubungi dulu

    @ sita : thanks buat sharingnya sita, aku kemarin sempet telepon ke klinik teratai di RS Gading Pluit, untuk ikutan seminar ttg BT. Mereka akan mengadakan seminar ini tgl 16 Januari, karena info yg aku miliki ttg BT sangat sedikit jadi aku akan datang dulu sekalian tanya2 biar lebih siap lahir bathin.

  6. redy

    mmm dr. tz.jacoeb ya? 4 tahun yang lalu saya dan suami juga pasien beliau, dan suami varicocel juga, meski spermanya ada tp kuantitasnya sedikit sekali dan kwalitasnya juga kurang bagus. agustus 2006 suami saya operasi varicocel dengan dr. agus mulyono di klinik sammarie tsb. perbandingan sperma sebelum dan sesudah operasi dari segi kuantitas naik drastis, hampir 4 kali lipat. kualitasnya juga lebih baik. setelah itu kita inseminasi tapi masih belum berhasil, menurut beliau karena hormon prolaktin saya tinggi, lalu saya sempat di infus 12 jam untuk menurunkan hormon prolaktin sebelum inseminasi yg kedua, tapi hasilnya masih negatif.

    Akhir 2009 kita ikut program BT di klinik morula. menurut dr. ivan tidak diperlukan banyak sperma untuk BT ICSI. Alhamdulillah BT saya hasilnya positif.

    jadi klo sandra pengen langsung BT mungkin tidak perlu operasi varicocel kali ya….
    semoga berhasil…

  7. Sandra

    @ redy : Waaah senangnya sudah positif, sekarang berapa bulan? Iya, aku waktu itu dengan dr tz jacoeb & urolognya juga dr. agus mulyono.. aku mau coba BT di Klinik Teratai – Gading Pluit karena lumayan deket rumah.

    Doain aku bisa berhasil juga ya & makasih udah sharing..

  8. melly

    @Sandra , salam kenal.., kmu rencana BT d gading pluit ya? Kpn rencananya? Klu boleh tau kmu tinggal dmn? Klu aku d Klpgdg..
    Boleh minta alamat email kmu?

  9. Sandra

    @ melly : hai salam kenal juga, iya nih aku mo nyoba di gading pluit karena menurut temen kantor aku yang udah berhasil BT di klinik teratai, layanan mereka bagus n informatif banget.. Aku sih tinggal di pondok kelapa, lumayan ga terlalu jauh lah dibandingkan musti ke bunda 🙂 email aku s_buanasari@yahoo.com silahkan kl mau email2an.

    Kalau tertarik mereka buka seminar ttg BT tgl 16 Januari Jam 8.00 lho.. tinggal daftar aja, free & bisa tanya sebanyak mungkin. Ini aku kasih tau sekalian nomornya kalau belum ada : +6221 45866063, 4521001, 452-0201 ext. 8433

  10. redy

    @sandra: makasih sandra, nanti kamu juga akan merasakan sendiri bahagianya mendengar kata positif, saya baru cek urin dan darah seminggu yang lalu, masih deg-degan nunggu usg minggu depan, do’ain semoga semuanya lancar ya…

    BT di mana aja sama, yang penting enjoy sama dokter dan pelayanannya.. saya ikut do’ain semoga segera berhasil 🙂

  11. nitya

    Halo Sandra,

    Suami ku juga sperm nggak bagus (7.5 million), dan ada sedikit varicocle. Kita udah konsul pindah-pindah ke beberapa dokter dan ada yang nyaranin mungkin harus operasi varicocle. Kita waktu itu masih ragu-ragu sampe akhirnya kita ketemu dokter yang bilang nggak usah operasi varicocle kalo nggak ada gangguan atau keluhan apa2 dari suami tentang keberadaan varicocle.

    Intinya sih operasi varicocle nggak menyelesaikan masalah untuk hamil. Punya sperm bagus is one thing, but getting pregnant is another thing. Jadi mendingan budget nya di tabung untuk bayi tabung ICSI saja. Untuk bayi tabung ICSI tidak diperlukan sperma sampai 20 million. Yang penting ada sedikit saja yang bagus juga sudah bisa, soalnya di proses ICSI satu sperma disuntikkan ke satu sel telur.

    Semoga membantu ya masukannya..

  12. rana

    @sandra : Aku dan suami sempat konsultasi dengan Dr. Indra Mansur di Sam Marie dan akhirnya memutuskan untuk operasi varikokel di RS Medistra dengan Dr Rainy Umbas (laki-laki). Dr nya baik dan pelayanan rumah sakit bagus. Tiga bulan kemudian di cek ternyata sperma suami ku banyak mengandung leukosit. Akhirnya oleh Dr. Indra kami dirujuk untuk kultur sperma di Lab Mikrobiologi UI di Cikini untuk tahu jenis infeksinya. Setelah setahun ga ada perkembangan yang signifikan akhirnya akhir 2009 kemarin kami memutuskan untuk BT di BIC dengan Dr Taufik, dan Alhamdulilah berhasil.

  13. Norma

    Hi rana lam kenal ya..crta dg gmana prosesnya di dok.taufik?? bnyk ngga yg berhasil sama dia??
    Aku udah pernat BT sekali tpi gagal mau thwing embrionya ngga survive..kemaren trkhir insem gagal jga…tx ya

  14. rana

    salam kenal norma. Terus terang aku dapat rekomendasi dr.Taufik dari om suami yang dokter dan kebetulan kenal dengan dr. Taufik. Dr. Taufik komunikatif dan teliti, jadi menyenangkan apabila kita mau konsultasi. Tapi aku pernah nanya ke dr. Agustine (dia konsultan BT di BIC) katanya tingkat kesuksesan dokter di BIC rata-rata sama kok.
    Aku mulai proses BT akhir September tahun lalu dengan long protocol. Jadi seminggu sebelum haid aku sudah disuntik Superfact 0,25. Baru setelah haid ditambah Gonal F. Karena slow respond dosis Gonal F ku terus ditambah sampai 300. Pertengahan oktober Ovum PIck Up dan dapet 6 telur. Tapi sayangnya cuma 3 yang berhasil berkembang (1 kualitas good, 1 kualitas moderate, 1 kualitas poor). Sedih juga sih berarti aku ga punya embrio untuk freezing. akhir oktober ET, tiga-tiganya dimasukin. sehabis ET selama dua hari aku bed rest di rumah sakit. Di rumah juga ga boleh naik turun tangga. dua minggu kemudian Alhamdulillah positif hamil. Awalnya diduga kembar karena BhcGnya 492. Tapi dua minggu kemudian ketika USG ternyata cuma jadi satu. oh ya karena sperma suami ku kurang sebelum proses bayi tabung suamiku freezing sperma dulu, takutnya saat OPU malah ga dapet sperma yang bagus.

    good luck ya….

  15. mona

    hi sandra..
    salam kenal y..
    aku juga udah 4 thn nikah dan blm dikasih keturunan juga,.masalah ku sama dengan mba sandra..udh 1x insem di prof jacoeb tp blm berhasil,..trus dianjurkan coba sekali lg baru terakhir BT,.aku masih bingung nih mba,..bagusnya gimana y teman-teman?

  16. dian

    @rana:aku mau tanya nich,yg dimaksud leokosit tinggi itu pada cairan spermanya atau dalam darah????coz suamiku setelah pemeriksaan lengkap darah dan sperma ternyta kualitas sperma yg rendah,setelah diteliti satu persatu oleh dokter,kemungkinan tingginya leokosit dalam darah mempengaruhi kualitas sperma???apakah permasalahannya sama?if sama mgkn so aq bs ikut referensi anda,thanks a lot…

  17. aries

    Salam,
    Mohon informasi, aku laki2 umur 27 tahun, belum married..selama ini mengalami varicocele hampir 7 tahun, keluhan sering nyeri pada testis sebelah kiri dan kadang2 disebelah kanan, ini sering terjadi ketika berdiri dalam keadaan tetap terlalu lama, berolahraga dan juga ketika setelah horny. Setelah konsul ke dokter, dokter menyarankan untuk opereasi, namun saya masih khawatir apakah operasi varicocele bisa mengatasi keluhan tersebut dan kondisi menjadi normal??? terimakasih atas perhatian teman2 sekalian

  18. Johan

    Salam kenal teman-teman, kami pasangan suami istri dah menikah selama 4 tahun pi belum juga dikaruniai momongan, keluhannya juga sama, setelah periksa ke dokter hasilnya posif Vericose, dua tahun yang lalu pernah operasi vericose hasilnya satu tahun kemudian istri positif hamil, pi kehamilam hanya berlangsung 6 minggu kemudian terjadi keguguran, mendengar info dari teman-teman qta berminat untuk mencoba BT, mhon info tentang dimana qta melakukan BT yang bagus dan Kira-kira berapa biayanya, thanks tas infoX…,

  19. risa

    slm kenal y tmn2,aq ma suami sebenernya baru sih berumahtangga.baru 10 bln,tp masalahnya aq udah kepengen bgt punya anak.dari pernikahan usia 3 bln aq udh konsul k dokter2 kandungan,akhirnya terakhir kemarin ketahuan kl suami yg ada varicocele shg spermanya g bgs dan jumlahnya sdkit.qt msh bingung soalnya katanya operasi varicocel jg g menjamin kehamilan,kl BT kira2 kena biaya berapa ya?mohon infonya

  20. azis

    hi sandra,mohon infonya ya,sy sdh menikah dan punya 3 org anak,saya barusan operasi varicocele sktr 3 minggg lalu,krn sblm nya saya measakan sakit yg luar biasa di testis sebelah kiri dan perut juga dan sakitnya itu mendadak sekali,dulu mmg sering nyeri tp gak kayak yg terakhir.stlh di usg dan di cek dokter urologi ternyata sy positif varicocele,dlm operasi itu yg di bedah bagian perut bawah kanan dan kiri,yg ingiin sy tanyakan,rata2 brp lama penyembuhan pasca operasi ini?trs waktu di operasi itu ada otot yg di potong atau bgm?nutrisy apa yg bagus untuk saya skrg teutama untuk menpercepat proses penyembuhan saya?olah raga apa yg aman buat saya?mohon di bantu …terimakasih banyak.

  21. Sandra

    Hi Semuanya,

    Maaf kalau baru balas, suami saya baru saja menjalani operasi varicocele & spermatocele. Suami akhirnya operasi di Sam Marrie – Wijaya karena suami cocok dengan Urolognya – dr. Agus, dan beliau sangat informatif mengenai operasinya.

    Biaya operasi total IDR 12jt lebih. Setelah operasi bisa langsung pulang (on day care) tetapi suami saya waktu itu menginap sehari di RS karena ga tahan sakitnya.

    Operasi yang dilakukan untuk varicocele adalah pembedahan dibawah perut sebelah kiri, dibedah kira2 5 centi dan memakai teknik seperti laparascopy (operasi kecil). Tidak ada otot yg dipotong, hanya pembuluh darah yang mengalir ke pusat sperma diikat agar tidak terjadi lagi pembesaran pembuluh darah.

    Masa penyembuhan sekitar seminggu, setelah seminggu, kontrol lagi ke dokter dan dr. Agus bilang, semua lancar dan kalau memang mau cek sperma lagi tunggu 3 minggu setelah operasi.

    Olahraga yg dianjurkan adalah berenang, hindari olahraga yg terlalu banyak loncat2 😀 (gitu kata dokternya).

    Setelah operasi ini, semoga kami dapat memiliki momongan. Biaya & perawatannya jauh lbh murah dibandingkan BT, jadi mungkin lebih baik dicoba dulu untuk operasi seperti kami.

    Thanks
    Sandra

  22. joko waskito

    Salam kenal dari F.Joko Waskito :
    saya mengalami varikokel bilateral (kanan dan kiri). selanjutnya oleh dr. Herman Wibisono (Bandung) dikirim ke dokter Timotius (RS Santosa Bandung) untuk dioperasi. setelah itu diminta melakukan kuras sperma 50 sampai 100 kali sambil terapi air panas-dingin tiap hari. Enam belas bulan kemudian istri saya hamil, dan anak saya lahir pada tahun pernikahan kami yang ke-7. Saat ini saya tulis, anak saya sudah berusia 18 bulan.
    Ternyata yang terpenting dari itu semua adalah doa, apapun kepercayaannya. Tuhan akan menunjukkan jalan bagi kita, jika mau percaya, pasrah dan berserah diri. Ternyata jalan yang mesti kami tempuh adalah operasi. Barangkali teman-teman akan ditunjukkan jalan yang berbeda dengan saya. Saran saya, dekatkan diri dengan Tuhan, tetap semangat dan berusaha…
    Tuhan Memberkati. Amin

  23. artha

    salam kenal bpk joko waskito,saya terkena varicocle bilateral seperti bpk.setelah mengetahui benar hasilnya varicocle bilateral sampai saat ini saya belum konsultasi lagi ke dokter herman,karena jarak dan waktu.berapa biaya untuk operasinya pak??pasca operasi membutuhkan waktu berapa hari untuk beraktifitas lagi..?tks pak

  24. arif

    salam kenal semuanya..saya nikah 2,5 tahun dan emngetahui tentang varicocle baru satu tahun ini setelah meemriksakan di dokter..saya jarang sakit di bagian varicoclenya dan juga saya sudah SA hasilnya NORMOZOSPERMIA (bagus atau tidak)trus kata dokternya yang paling penting kualitas spermanya dan saya ada juga aglutinasi positif…disarankan untuk operasi???sebaiknya bagaimana ya…trims

  25. Tania

    Hi all, saya mau sharing ttg suami saya yg juga mengalami varikokel.Sebelum menikah, saya sdh mengetahui suami mengalami varikokel, sehingga segera setelah menikah 6 thn lalu, (saat itu suami sdh 46 thn) lsg melakukan operasi varikokel di RS Graha Medika dgn urolog dr.Bebet setelah berkonsultasi dgn Dr.Anita Gunawan. Dokter saat itu mengatakan operasi varikokel perlu pemulihan at least 6 bulan, dan hasilnya pun sangat tergantung,ada yg lsg normal,ada yg tidak, tapi jika tidak dioperasi kondisi bisa tambah parah dan sy tdk mungkin bisa hamil scr normal. Puji syukur, setelah 6 bulan kondisi suami lsg normal (naek dari 1 jt/ml jd 30 jt/ml) dan 6 bulan kemudian sy hamil normal. Cuma setelah hampir 6 tahun, dan kami baru merencanakan menambah adik buat si kecil, baru ketahuan kondisi sperm suami jelek lagi, dan salah satu penyebabnya krn timbul lagi varikokelnya. Saat ini saya sedang mengikuti program BT di RS Bunda, dan besok rencana OPU, kami cuma bisa berharap segalanya berjalan lancar, pasrah, bilamana bisa mendapatkan adik buat si kecil. Yg penting kita pasrah dan selalu mengupayakan yg terbaik yang bisa kita lakukan, sehingga bilamana gagalpun, kita setidaknya percaya bahwa memang sudah itu yg terbaik buat kita.

  26. Tedi

    Dear All,

    Saya sedikit mau sharing tentang permasalahan ini

    Saya juga penderita varicocele, yg sudah dioperasi di Bandung berdasar pemeriksaaan dr. Herman Wibisono. Usia saya 34, istri 31. Kami menikah sudah 5 tahun. Penyebab varicocele yang saya curigai adalah disebabkan karena pada tahun 2004 saya pernah mengalami penyakit “gondong”. Saya merasakan perbedaan kualitas sperma sebelum kena penyakit gondong dan setelah kena(walaupun tidak diperiksakan). Dahulu, ketika terkena penyakit gondong, saya merasakan sakit di kedua testis. Setelah menikah tahun 2007, istri sempat mengalami keguguran 2 kali (walaupun usia kandungan dibawah 2 bulan). Kemudian saya beserta istri sama2 memeriksakan kesehetan sperma dan rahim. Diketahui dari hasil pemeriksaan, kualitas sperma saya kurang bagus (bentuk sperma tidak normal dan jumlah sprema yg sangat baik berkisar 5%). Setelah pemeriksaan lanjut, dokter menyarankan untuk dioperasi varikokel di RS. Santosa. Saya dioperasi tahun 2010 bulan Januari awal, dan mengikuti anjuran dokter untuk terapi seperti saudara F Joko Waskito. Namun sampai sekitar bulan Mei 2010, saya menghentikan konsumsi obat2an seperti vitamin sperma dll (saya lupa nama obatnya).

    Mungkin saya masih kurang berusaha. Sampai dengan saat ini, saya belum dikaruniai momongan. Terakhir periksa sperma (Feb 2012), kualitas tidak menunjukkan peningkatan. Oleh karena itu saya sangat tertarik untuk ikut program BT. Sekarang kami sudah mulai berkonsultasi lagi dengan dokter (setelah beberapa bulan kebelakang sempat terhenti). doa’kan mudah2an kami cepat dapat momongan 🙂

  27. Dewi

    @sandra:mbak Sandra mngkn saya sudah telat untuk berbagi pengalaman,krn saya termasuk org baru dlm blog ini.kenallkan Nama saya Dewi,baru Berumur 25thn,saya Akan berbagi pengalaman saya jg,smg xan smu berkenan tuk org baru sprt saya,saya berlokasi dikalimantan Barat,nm kotany adalah KetapangKalbar kota Kecil.
    Saya thn 2007 Bln juli merid Nya Dgn Suami saya yg bernama Johnny umr smg sudah 37thn,terhtg skg jg sudah menikah hampir 5thn Dan blom dikarunia anak.thn 2009 km kesemarang periksa Dan dinyatakan kl Suami saya jg varicocele Dan Jumlah spermany sgt sedikit pada wkt itu cm 1jtan dish normal pdhl normal ny 20jtan.dan pd saat itu dr menganjurkan Suami saya buat operasi,tp Suami saya tkt tuk oprs Disana.akhirny ditahun 2009 Suami saya Dan saya kekuching saja buat operasiny.singkt kata Suami saya slh dioprs Dan kt drny kl lwt 2thn Akan kmbl lg varicocele Nya.pdhl Sblm oprs dr di Kuching da blg kl oprs tdk menjamin istri anda Hml,dr itu ksh pilihan mau BT pa ttp oprs.cm menambah sperm anda plg 20% saja.maaf ya tmn2 smu kl sharing ny pjg amt.singkt Crt Suami sy mau mencb oprs.dan hslny 3bln kemudian sperm Suami sy naik 20% saja.msh dibwh normal,tp da penambahan sedikit.
    Akhirny Dgn berjalan ny wkt sy ikt insem diptk pd thn 2010 Dgn dr.saynular.lubis Dan hslny gagal.stlh itu km pasrah Dan tdk lg berobat.dan dithn 2011 Dibln April sy positif Hml Dan Hml natural.senang Dan Bahagia km stlh th sy Hml.tp Ternyata kebahagiaan km tdk berlangsung lm,stlh Bln juli kehmln sy dinyatakan dr dijkrt tdk bgs krn sy Hml Kosong alias blighted ovum istilah ny.seakan dunia runtuh Dan gelap stlh mendgr itu smu.dan dr blg musti dikuret,akhirny dikuret.dan dr ny jamin plg 3bln hbs Kuret bs lgsg Hml.tp itu smu isapan jempol.sdh berjalan krg lbh 7bln Dan sy tdk Merskn tnd2 kehmln pd sy.akhrny sy diksh info olh tmn yg berhsl BT sm dr.aucky disurabaya.dn ktny mending lgsg kesn aza bust BT ny.dan akhr Crt sy Dan Suami planing BT disurabaya.dan deg2an krn Tinggl menghtg Hari buat kesana.smg BT km yg Pertama disurabaya da hsl yg bgs Dan positif.jadi inti Crt buat mbak Sandra.jgn oprsi deh Suami ny,lgsg BT aza.palagi umr dua2 ny sdh Diatas 30thn.maaf.krn kt dr.aucky umr pengaruh jg buat BT .smg sharing saya bermanfaat buat tmn2 smu ya.tq bgt.:)……..

  28. itha

    @ mb Dewi, salam kenal ya, kalo boleh tahu di Dr Aucky SBY yg masih bisa ikut brp umurnya soalnya saya sdh 38, suami 52 moga2 saya masih diperbolehkan utk ikut ya disana…oya saya sdh pernah ikut BT 2x freshcycle dan 1 thaw di jakarta…
    trims ya mb

  29. kristian

    maaf mbak saya mau bertanya apakah spermatokel bisa di obati? klo spermatokel itu membesar apakah harus di operasi atau ada cara lain? apakah klo belum menikah di temukan ada spermatokel kita ada kemungkinan susah memiliki keturunan? mohon info mbak trims

  30. Wynda

    Dear all,
    Salam kenal :). Saya Wynda. Saya dan suami sudah menikah kurang lebih 6 tahun. Dari 6 bulan pertama kami sudah memeriksakan kesehatan kami lengkap. Karena ketika menikah, saya baru saja selesai haid. Setelah kami mendapatkan hasil pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter, diketahui bahwa jumlah sperma suami saya sedikit sekali (1 jt).
    Kami berkonsultasi dengan dokter Rohati di RS UIN. Selama kurang lebih 1 tahun lebih, saya hanya diberi obat penyubur yang saya lupa namanya. Tapi yang saya heran, kenapa tidak ada treatment setelah diberi obat. Karena lama kelamaan saya bosan dengan obat yang diberikan, akhirnya kami putuskan untuk tidak ke dokter Rohati lagi. Ada teman kantor yang menganjurkan ke dokter Wachyu di RS Bunda. Dokter Wachyu sangat komunikatif. Kami diminta untuk cek ulang dan lengkap. Dari hasil lab menyatakan hasil yang sama. Lalu dokter Wachyu menyarankan ke dokter Indra G Mansur yang ahli andrologi di RS YPK. Selama kurang lebih 1,5 tahun suami saya ditreat oleh dokter Indra. Dari mulai obat yang murah, pahit, sampai yang 1 butirnya Rp 600ribu sudah pernah kami beli. Masalah biaya, kami tutup mata saja karena kami ikhlas menjalankannya. Tapi harus ekstra ketat di beberapa pos pengeluaran kami. Dokter Indra curiga ada varikokel dan disarankan ke dokter urologi. Suami saya sempet down. Akhirnya kami putuskan untuk tidak ke dokter urologi dulu. Kami coba mencari alternatif dengan akupunktur. Kami sempet menjalankan 1 paket yang 10 kali terapi. Suami merasa ada perbedaan yaitu jumlah spermanya terasa lebih banyak dari biasanya. Tapi memang kami tidak mencek ke lab. Lalu baru tahun 2012, suami saya mau diajak ke dokter urologi. Kami berkonsultasi ke dokter Asrorudin di RS UIN.
    Awalnya kami ingin melakukan operasi varikokel dg dokter Asrorudin di RS UIN. Tapi ketika kami menanyakan biaya operasinya, kok mahal sekali sekitar Rp 8 juta untuk tindakan operasinya dan ternyata ini baru kali pertama dilakukan di RS UIN. Akhirnya kami putuskan untuk tidak melakukan operasi varikokel di RS UIN.
    Kemudian kami bertanya ke kakak sepupu yang kebetulan dokter di RSCM. Kakak sepupu bilang ada dokter Akmal Taher & dokter Rainy Umbas. Keduanya ada di RSCM. Tapi karena kalau di RSCM agak ribet proseduralnya, jadinya kami memutuskan ke RS Carolus dengan dokter Akmal Taher. Insya allah tanggal 23 Agustus 2012 ini kami akan berkonsultasi ke dokter Akmal Taher. Mohon doanya ya teman2 🙂

  31. Asep Hidayat

    Hallo …
    Sebulmnya Selamat tahun Baru 2013 ,..
    Minta Sharing nya Donk … Saya Mempunyai penyakit varicocele kedua testis ,.
    Kemarin sudah sekitar 3 mingguan saya menjalani operasi post opp varicocele sebelah kiri , setalah di operasi , saya Merasa Nyeri di bagian testis ,, nyeri itu sangat mengganggu saya .. saya baru berumur 18 thun ,, terkadang saya berfikir serius , bagaimana saya hidup dengan kondisi saya seperi ini …

    yang saya ingin tanyakan ,?? Mengapa testis sbelah kiri saya ini sakit ,. padahal sudah di operasi
    , namun yang sebalah kanan tidak merasakan apa” , padahal yang kanan juga trkena varicocele ??

    Kata dokter ,, sesudah di operasi , rasa sakir varicocele iru akan hilang ,.. tapi ,, saya masih merasakannya, Panas, nyeri ..

    Saya sangat membutuhkan jawabbnya ..
    Mohon jawabanya .. , Terima kasih ..

  32. Fulan

    Sekedar berbagi pengalaman. Ternyata operasi varikokel tidak sakit seperti yang saya bayangkan sebelumnya. 2 minggu lalu saya operasi di RS Asri oleh Prof Djoko. Bius yang digunakan bius setengah badan bawah melalui tulang belakang sehingga disuntik pada bagian punggung. Bius ini tidak sakit karena jarumnya sangat kecil. Setelah dibius, bagian tubuh bagian bawah akan terasa hangat dan kemudian mati rasa. Ada sekat antara bagian tubuh atas kita dan bagian bawah yang akan dioperasi sehingga tidak perlu khawatir, kita tidak akan mengetahui proses operasinya. Pasien juga dapat mendengarkan musik atau ngobrol dengan petugas medis. Namun saya meminta obat tidur supaya lebih rilex. Pembedahan dilakukan di perut bagian kiri bawah mirip operasi usus buntu. Operasi kira2 memakan waktu 1-2 jam saja. Setelah selesai dan bersamaan dengan hilangnya efek obat tidur, kita akan terbangun dan sadar. Sama sekali tidak ada rasa sakit akibat operasi. Namun kita tidak akan dapat menggerakkan bagian tubuh bawah kita hingga biusnya hilang dalam 6 jam. Setelah bius hilang memang sedikit nyeri tetapi Dokter memberikan obat untuk mengurangi rasa sakit. Rawat inap yang dibutuhkan adalah selama 2 malam. Kira2 dalam 4 hari sudah dapat berjalan kembali. Semoga bermanfaat dan tetap semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*