bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

10th May 2009

Suami Azoospermia, cari dokter urolog dan bt yg bagus – Sharing May

Dear all, salam kenal.. Saat ini usia sy 34 Th n suami 38 th, usia pernikahan km udah 11 th namun km belum d karuniahi keturunan.

Sy n suami udah berobat kemana-mana baik itu medis maupun alternatif, pusing banget namun kami ga putus harapan n berusaha untuk mendapatkan buah hati. Melalui berobat medis saya sampai saat ini menurut analisa dr dalam kondisi normal n ga ada masalah, u/ kondisi suami sy azoospermia, setelah berobat n cek lab segala macam hasilny tetap sama.

Kebetulan waktu itu sy berobat/konsul ke dr. Indra Anwar di BIC Morula Jakarta, km dianjurkan untuk program BT, dengan kondisi suami yg Azo sy di rujuk u/ konsul k Prof DR. dr Akmal Taher saran Prof agar di ambil Tindakan u/TESA ( Pengambilan sperma langsung ke pabriknya), saat itu km msh berfikir dulu u/ mlkkn TESA n km sempat off berobat sampai km berobat ke alternatif namun belum ada hasil n dianjurkan balik berobat ke medis.

Akhirnya km putuskan berobat ke medis lagi n melanjutkan pengobatan kami yang sempat off, km ke BIC menemui Dr Indra Anwar, km utarakan maksud km u/ prog BT n kebetulan suami sy siap mlkkn TESA, tepatnya bulan Maret 2008 TESA itu dilakukan, sy berharap cemas n berdoa moga semua lancar n mendapat hasil yg bagus, ternyata sy msh hrs bersabar hasil dr TESA krg memuaskan ditemukan sperma namun menurt Prof n petugas lab ga bs difrezing u/ BT, rasanya mau pingsan n seakan dunia mau runtuh tp sy hrs kuat n sabar Tuhan belum meridloi.

Sy balik k dr Indra akhirnya km di rujuk k dr Androlog namun belum ada hasil. Dalam kesedihan sy beberapa bulan kmdn sy datang ke RS Harkit u/ konsul ketemu dg dr Agus sy konsultasikan mslh kami, km di rujuk ke RS ASRI Jkt u/ konsul k dr Urolog km d ksh resep u/ 3 bln.

Namun entah mengapa km krg yakin, lantas sy cr2 info akhirnya sy konsul ke RS Gading Pluit tepatnya d Klinik Teratai n sy ktemu dg dr. Irsal Yan sy knsltskn mslah km n beliau menyarankan u/ mengikuti prog BT, cek hormon suami n konsul k dr Urolog.

Sy ingin menanyakan n mhn dibantu informasiny kpd rekan2 yg sdg prog d Klinik Teratai ataupun yg lain, sebaiknya sy ke dr Urolog siapa ya yg senior n bagus?, trus u/ prog BT d klinik Teratai dg dr Irsal Yan apakah bagus dlm artian tingkat keberhasilannya? demikian salam kenal n selamat berjuang. trims.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (18 votes, average: 2.94 out of 5)
Loading ... Loading ...

This entry was posted on Sunday, May 10th, 2009 at 3:38 pm and is filed under Jakarta, Penyebab, Sperma bermasalah, Tempat program bayi tabung. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

There are currently 100 responses to “Suami Azoospermia, cari dokter urolog dan bt yg bagus – Sharing May”

  1. 1 On May 10th, 2009, Helen Kaslim said:

    Halo May, kebetulan sy telah mengikuti program di klinik Teratai dengan dr. Irsal Yan, dan hasilnya sekarang saya sedang hamil 3 bulan, kembar lagi. Menurut saya dr. Irsal Yan sangat bagus dan bertangan dingin dengan pengalaman menangani bayi tabung puluhan tahun. Dan setahu saya % keberhasilan BT di klinik ini sangat tinggi, di atas 40% lho. Sayang sy tidak tahu info mengenai Urolog yg bagus, saran sy coba ditanyain saja ke dr. Irsal sebaiknya direferensiin ke Urolog yg mana. Sy dan suami sebelumnya jg telah mencoba berbagai pengobatan medis maupun alternatif sebelum memutuskan utk ikut program BT (Thanks banget buat semua temen2 yg telah nulis di web ini yg telah menjadi inspirasi sy utk berani ikutan BT, especially Yenni yg telah membuat website ini). Oke May, semoga berhasil ya, kalo ada pertanyaan apa2 mengenai proses BT di Teratai saya pasti akan bantu.

  2. 2 On May 11th, 2009, Henny said:

    To May
    Hallo May salam kenal, ak bs merasakan apa yg kamu rasakan, soalnya nasib kita sama, suamiku jg azoosperma, tp puji Tuhan skrang ak dah hamil 14 minggu lewat bayi tabung di BIC dgn Dr.Ivan, awalnya jg ak spt kamu berobat kesana kemari, malah suami sempat terapi hormon selama 8 bulan habisin puluhan juta, tapi spermanya tetap nol, makanya u.memperkuat diagnosa kami ke Androlog Dr.Nukman Muluk yd Di Malabar, dr situ kami punya kesimpulan hanya dengan bayi tabung lah kami bisa punya anak, oh ya ak pas 5 tahun nikah baru ikut BT, soalnya umur juga udah tua he he, klu May mau tanya2 gak apa2 ak siap bantu

  3. 3 On May 11th, 2009, Anastasia said:

    Henny, lam kenal, selamat ya buat kehamilannya, didoain lancar mpe melahirkan ya. Sori mau tanya kl azoosperma tuh artinya ga ada sperma sama sekali? Jd kl mau BT gmn cara ambil spermanya?
    O ya boleh ga minta jadwal praktek dr.Ivan di BIC? sy tinggal di Bdg, jd kl sy mau cek kesana sy tau jadwal prakteknya. Sy juga rencana pengen BT di dr.Ivan atau di dr. Aucky, masih bingung juga nih.
    Thanks ya, Hen..

  4. 4 On May 11th, 2009, Henny said:

    Hallo Anastasia, lam kenal jg, thanks ya u.doanya, klu azoosperma itu emang kalau analisa sperma hasilnya nol, tapi sebenarnnya masih ada sperma kok, bisa jadi tersumbat atau apa, nanti klu mo BT di operasi pesa atau tesa, kalau pesa berarti sumbatan ada disalurannya, tp klu tesa spermanya diambil langsung dari pabriknya, klu suami aku kmrin pesa aja, spermanya banyak tapi gak tau sumbatannya ada dimana, klu dr ivan spt nya tiap hari prakter di BIC kecuali hari rabu , telp aja ke 021-31922005, nanti minta ke operatornya klinik morula, klu boleh tau anastasia umur berapa? n masalahnya apa sampe BT? smoga sukses ya

  5. 5 On May 11th, 2009, May said:

    Dear Helen K,Selamat ya atas kehamilanny..,sy do’akan mdh2an lancar n selamat sampai proses kelahiran, mksh banyak atas saran n informsny,klo blh th usia helen n suami brp? tinggal dmana?n kasusny helen knapa sampai memutuskan ikut prog BT, apakah sama dq kasus km?km tggl d Clg lmyn jauh dr k teratai,o y selama proses BT apakah memang hrs benar2 bedrest mengingat saat ini sy kerja?ok mksh y Helen sy tggu informasinya..

  6. 6 On May 11th, 2009, May said:

    hallo Henny Lam kenal jg, selamat ya atas kehamilannya sy do’akan md2an lancar n selamat sampai proses kelahiran,bahagia sekali ya skrg helen, o y waktu suami henny PESA dg dr siapa trus apakah dilakukan di BIC/RS bnda juga? senang sekali ya bs sampai ikut k prog BT n hamil…,ok selamat yaa n mksh..

  7. 7 On May 11th, 2009, Helen said:

    May, thanks utk doanya ya. Sy usia 36 thn dan suami 38, kami sudah merit selama 7 thn, tapi kasus sy beda sama May. 2 thn yg lalu sy sdh pernah dilaparoskopi (di Bandung) krn ada penyumbatan saluran telur, dan hasilnya dinyatakan sdh oke. Tapi krn ga kunjung hamil juga sementara usia kan trs bertambah, saudara sy nyaranin kami utk coba berobat ke klinik khusus infertilitas, yaitu Teratai yg dekat dgn tempat tinggalnya di Kelapa Gading, maka jadilah kami konsul ke sana. Kami sendiri tinggalnya di Karawang lho, lebih jauh lg dr tempat May. Awalnya kami bukan dgn dr. Irsal, tapi dr. Elba, setelah dilakukan berbagai pemeriksaan sama sekali tidak ditemukan adanya masalah infertilitas, baik sy maupun suami oke2 saja. Kami lega sekaligus bingung, lha kalo ga ada mslh apa2 terus apa donk sebabnya? Jadi kami disaranin utk coba inseminasi dulu, kami coba sampai 3x tapi ga berhasil juga. Dokter akhrnya menyatakan kalo kasus kami ini termasuk case unknown infertility, yg tdk diketahui penyebabnya. Jadi mengingat faktor usia yg sdh tdk bisa menunggu lg mk kami disarankan untuk mencoba program BT. Nah dari situ kami baru dialihkan ke dr. Irsal yg khusus menangani BT. Selama proses BT ini sy tdk bedrest kok, kecuali setelah ET sy bedrest 3 hari (itupun karena sy pas lg sakit, sampe muntah2 segala). Tadinya kami sdh tdk berani berharap krn pas di momen yg terpenting dlm proses BT itu saya malahan jth sakit. Bisa dibayangkan bagaimana bersyukurnya kami begitu mengetahui hsl testnya positif, sampai skrg setiap hari sy selalu berterima kasih pada Tuhan atas anugerahNya ini. So menurut sy ga pa pa kalo May ga usah bedrest, yg penting May jgn kerja yg berat2 sampai kecapean, paling2 agak repotnya kl May msh kerja ya waktu konsul ke klinik jadi hrs ijin atau cuti. Tapi yah demi calon baby pengorbanan apapun pasti akan kita lakukan bukan? Oke, selamat berjuang May, terus kabari kita2 ya.

  8. 8 On May 11th, 2009, Sisil said:

    Hallo mba may n mba henny lam kenal aqu sisil,to mba henny slmat ya atas kehamilan nya smga berjln lancar,n mba may jg putus asa n ttp smangat,mba mslah qta sm hubby qu jg azo aq dh mrd 3 th,rcn nya aq jg mo ikut BT baru rabu bsk mo ke morula rcn nya jg sm dr. Ivan,mba henny pertama kali dtg apa qta lsg blang mo BT or gmn?kira2 brp lama ya mba proses nya mulai dr awal kedtangan smp ke ET

  9. 9 On May 12th, 2009, retno said:

    Halo Sisil dan juga yg lainnya salam kenal..
    Buat Heny selamat yaa dah hamil moga lancar ampe lahiran..aminn.
    Aku jg rencana BT di BIC tp ama dr Taufik. Nanti mens hari ke3 periksa darah, analisa sperma dll.Siklus berikutnya baru deh mulai proses BT, dr Taufik sarankan pake short protokol. Mohon doanya ya temans smoga program BT ke2 ku ini berhasil ..amiin!!

  10. 10 On May 12th, 2009, May said:

    Mb. Helen mksh ya atas support n shar nya, o y mb kr2 aq hrs siapin by brapa y?trus brapa lama mb wkt itu dr awal konsul sampai ET? kalo berkenan tlg dong di ksh cerita proses mb Helen BT d k teratai?ok mksh banyak ya mb…

  11. 11 On May 12th, 2009, May said:

    halo Sisil,lam knl jg.tq atas supportnya,o y sisil rabu besok mo k BIC y, aq do’akan moga2 keinginan sisil terwujud n moga qta cpt d ksh baby.ok jangan lupa ya cerita k qta2..,d tggu

  12. 12 On May 12th, 2009, Helen said:

    Dear May, sy pertama x konsul dgn dr. Irsal tgl. 26 Des ’08 sampai dgn ET tgl. 14 Feb ’09, jadi kira2 sebln setengah waktunya. Kalo proses BTnya sendiri sy rasa sih ga jauh beda dgn teman2 lain yg sdh posting di web ini. Diawali dgn screening darah pd hari ke-3 haid, pd hari ke-20 haid dilakukan sounding (pengukuran letak rahim untuk memudahkan ET), besoknya dimulai proses penyuntikan buserelin 0.5 selama 2 minggu, dilanjutkan dgn suntik Puregon 200 + buserelin slm 4 hr, kemudian dosis Puregon dinaikkan menjadi 250 + buserelin slm 7 hr. Oya setiap kali konsul slm proses penyuntikan dilakukan tes hormon. Tgl. 11 Feb ’09 dilakukan OPU, sel telur yg berhsl diambil ada 11, yg berhsl difertilisasi ada 7. ET pd tgl. 14 Feb embrio yg dimasukkan 3, sisanya 4 yg difreezing. Yg sepertinya agak beda dgn teman2 lain adalah sebelum proses ET sy tdk hrs minum air banyk2 dan menahan pipis sampai selesai ET. Malahan sama dr. Irsal disarankan utk pipis dulu supaya bisa relax saja waktu proses ETnya. Dan benar saja, proses ET berjalan dgn lancar dan cepat, sy bahkan tdk merasakan apa2. Sayangnya krn sy pas sakit (demam dan flu), bgt selesai ET sy lsg muntah2 (sdh down banget deh) n hari itu juga sy lsg pulang ke Karawang, istirahat, pasrah dan byk berdoa, hampir tdk berani berharap bisa berhasil.
    Mengenai biayanya sy rasa berbeda2 utk tiap case, tergantung dosis obat2an yg dipake. Paket BTnya sendiri di Teratai Rp. 23 jt diluar biaya2 konsul dan obat. Utk kasus sy sendiri total dana yg sdh dikeluarkan kira2 Rp. 60 jt lebih. Tapi ada juga pasien dr. Irsal yg lain yg cuma habis ga sampai Rp. 40 jt krn dosis obat2an yg rendah, dan dia juga berhasil hamil kembar 2 lho. Pokoknya setahu sy pasien2 yg ditangani dr. Irsal banyak yg berhasil program BTnya, slogan di Teratai “Bring hope into reality” telah benar2 menghidupkan harapan kami menjadi kenyataan. Sekali lagi kami sangat berterima kasih pada semua tim dokter dan suster di Teratai tentu saja especially dr. Irsal Yan, semua teman2 yg telah posting di website ini dan juga Yenni, karena jujur saja sy baru terinspirasi dan berani ikutan BT setelah banyak membaca sharing dan pengalaman semua teman2 di sini. Oke May, semoga sedikit info ini bisa membantu ya. Dan buat semua teman2 seperjuangan yg telah berhsl sy ucapkan selamat, bagi yg belum jgn down, keep fighting terus, pasti pada waktunya nanti kita akan brhasil! Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

  13. 13 On May 13th, 2009, Sisil said:

    Hi..m’ may aq blm jd nh ke BIC nya,soal nya hubby qu msh ada krjaan,pd hal aq udh daftar trpaksa di cancel dlu,mba retno kira2 tgl brp ke BIC smga bhasil ya.., bgs nya emg haid ke 3 ya mba ktm Dr nya.

  14. 14 On May 13th, 2009, Henny said:

    to May, thanks ya u.doanya, suami aku dulu yg operasi Dr.Akmal Taher , operasinya di RS Bunda lt.4, kyknya tergantung kasusnya deh, soalnya ada jg yg pesa ma Dr.Ivan, mungkin suamiku dah parah , makanya di rujuk ke Dr Akmal Taher,ak doain deh smoga programnya berhasil ya

  15. 15 On May 13th, 2009, Henny said:

    to Sisil salam kenal jg ya, biasanya sil klu kita bawa hasil lab azoosperma pasti dr nya lansung nawarin bayi tabung , krn gak ada jalan lain, selain bayi tabung, biasanya klu BT pake Long protokol makan waktu 2,5 bulan dari konsul pertama s/d et, tapi klu short protokol 2 minggu aj, tp biasanya sih langsung ditawarin long protokol, klu ak dulu dari Nov 2008 dan dinyatakan hami tgl 5 maret’09 , lama krn ak kepotong laparoscopy dulu n suntik tapros selama 2 bulan , sisil ma Dr Ivan ya? Dr Ivan asik kok and baik banget lagi,dia itu ngertiin banget sama pasiennya, smoga sukses ya

  16. 16 On May 13th, 2009, Henny said:

    To Retno, lam kenal ya, thanks ya u.doanya, ini Retno yg pernah BT di Harkit Ya, semoga program kali ini berhasil ya

  17. 17 On May 13th, 2009, Kiky said:

    Hi henny salam kenal, selamat ya atas kehamilannya,BT dgn Dr.Ivan jg ya? Aku jg dgn beliau,tp dipending dl krn 2hari sblm OPU pemeriksaan E2 hasilnya drop bgt jd dipending n terapi dl,2siklus lg br mulai short protokol.krn aku PCO, kl km hsl E2 brp hen menjelang opu? Thx sblmnya ya hen n take care

  18. 18 On May 13th, 2009, Sisil said:

    Hi..m’henny thanks ya sharing nya,iya mba rcn nya aq sm dr. Ivan hrs nya hari ini tp pending dlu soal nya hubby qu msh ada krjaan,kmrn sm dr. Ivan mba hbs biaya brp?semua sdh termsuk u/ operasi pesa or tesa jg,kbtlan aqu tggal luar kota nh mba apa ntr aq ikut yg long protokal jg ya,mba hubby qu azo nya krn hidrocel tp udh di operasi dg prof. Akmal di corolus,klo blh tau mba knp?

  19. 19 On May 14th, 2009, Henny said:

    Hi Ky lam kenal juga,emang dari awal Dr nya gak tau ya kalau kamu PCO? sayang bngt ya, klu ak E2 nya sebelum OPU 1415, tp ak jg gak tau kenapa ya ky dari 12 telur yg besar yg enamnya kosong, Dr nya jg gak tau kenapa, nnt kamu BT berikutnya ma Dr Ivan jg ya? ak doain semoga berhasil ya

  20. 20 On May 14th, 2009, Henny said:

    Hallo jg, ini sisil ya? ak rinciin aja ya : 1.opoerasi laparoscopy : 18 juta, 2.operasi pesa/mesa 8,7 juta 3.Bayi tabung sampai dinyatakan hamil 65 jutaan, u.BT nya agak mahal krn usia aku udah 35 dan endometriosis parah jadi gonalnya langsung yg 300 iu , klu sisil msh muda mungkin lebih murah, klu sisil dah operasi ma Dr.Akmal , apa spermanya gak disimpan langsung U.BT? klu suami aku azo, krn ada sumbatan aja disalurannya, tapi sumbatannya gak tahu dimana , soalnya hormonnya semua normal, klu sisil pas tes hormon normal gak?hidrocel itu apa ya sil, baru dengar, sekedar info aja 3 bulan sebelum BT aku lari pagi seminggu 3 kali , pijat refleksi 2 minggu sekali ,gak tahu deh pengaruhnya apa, smoga sukses ya sil programmya yg paling penting pasrah & iklas aja, itu yg terutama.

  21. 21 On May 14th, 2009, Kiky said:

    Henny thx doanya ya? Wah km bgs e2nya tinggi sekali,kl aku cm 157 saat itu,artinya kualitasnya ga bgs.dosis gonal aku cm 75 hen.ak jg bingung koq rendah bgt.tp knp ya hen km e2nya tinggi kan artinya kualitas egg bgs tp knp msh ada ygkosong ya.bnr2 aneh,tp syukurlah km udh lewati itu semua dan berhasil hamil.aku msh sm dr.ivan…

  22. 22 On May 14th, 2009, Anastasia said:

    Hallo, Henny. Sbnrnya stlh sy diperiksa di byk dok di Bdg sy sih ga ada masalah apa2, tapi suami emang sperm nya kurang bgs di bentuk & pergerakannya. Udah sempet op. varikokel juga. Kalo suami Henny kualitas sperm nya bgs ga? Banyak yg bilang, kalo sperm nya yang jelek, ngobatinnnya lama & susah, sempet down juga denger begitu.
    O ya usia sy 32 th.
    Sy juga sempet 1x insem di Gading Pluit, tp blm berhsl. Sblm insem sempet dicek juga ga ada masalah apa2 ktnya. Dulu Henny pernah coba insem?
    Skrg sih sy mau coba cek semuanya di Jkt, diulang semua, biar lebih akurat. Kalo emang msh bisa insem, mau coba 1x lagi. Tapi kalo ga, mo coba BT di dr. Ivan atau di dr. Aucky. Skrg lagi siapin mental dan dananya nih, sambil cari2 info.

  23. 23 On May 14th, 2009, Sisil said:

    Mba henny, sisil nh thank’s ya info ny berguna bgt, tp mahal bgt ya mba apa krn operasi laparascopy jg, ptama diagnosa dr nya varikokel tp stlah usg testis trnyata hidrocel, kt dr hidrocel itu isi dlm testis itu air kira2 gt mba, mkn itu pyb azo nya tp stlh di operasi hsl nya ttp azo jd wkt itu operasi nya bkn u/ pengambilan sperma, wkt cek hormon hsl ny normal

  24. 24 On May 14th, 2009, Sisil said:

    Mba henny, sisil nh thank’s ya info ny berguna bgt, tp mahal bgt ya mba apa krn operasi laparascopy jg, ptama diagnosa dr nya varikokel tp stlah usg testis trnyata hidrocel, kt dr hidrocel itu isi dlm testis itu air kira2 gt mba, mkn itu pyb azo nya tp stlh di operasi hsl nya ttp azo jd wkt itu operasi nya bkn u/ pengambilan sperma, wkt cek hormon hsl ny normal, aq br mo coba akupuntur nh mba

  25. 25 On May 15th, 2009, Henny said:

    to Anastasia, klu suami ak, azosperma jadi spermanya nol, tapi pas dioperasi pesa hasilanya bagus kata dr nya, dan banyak yg bergerak2 , tapi kt dr Ivan tetap aj tdk memungkinkan untuk insem, klu menurut Dr sih n menurut ak masuk akal juga klu emang spermanya yg jelek mending langsung bayi tabung aj, krn klu BT kan pake ICSI jadi spermanya disuntik langsung ke sel telur jadi kemungkinan berhasilnya sangat tinggi, klu insem kan tetap aja spermanya suruh nyari dan nembus sendiri ke sel telurnya, jadi agak berat jg, jg menurut yg ak baca2 nih insem itu tingkat keberhasilannya 10 % sementara bayi tabung 35 %, smoga infonya gak salah ya

  26. 26 On May 15th, 2009, Henny said:

    to Sisil,emang mahal Sil, tapi itukan krn ak laparoscopy, klu sisil tdk ada endometriosis kan gak perlu laparoscopy, yg ak agak bingung ya operasi suami ak itu, di CS ak lihat biaya operasi pesa 5, 2 juta, tp membengkak jadi 8,7 juta , pas ak tanya kt nya sih karena ngambilnya di saluran bagian tengah, klu BT nya mahal krn umur dah 35 dan endometriosisku udah stage 3 , jadi dosisnya tinggi, klu sisil msh muda pastinya gak semahal itu, td nya ak juga sempat bingung sil, mahal banget dapat darimana uangnya, tapi pas dijalanin , Tuhan pasti nolong kok, ada aja jalannya, oh ya pas suami sisil operasi ma DR Akmal Taher , dilihat ada sperma ato gak? tp biasanya sih klu hormonnya normal semua, spermanya pasti ada, pas suamiku operasi pesa, ak deg2an n jantung rasanya mau copot, benar2 saat yg menegangkan, tapi syukurlah semua dah terlewati, lagian Dr.Akmal Taher agak saklek ya, bikin kita jadi takut

  27. 27 On May 19th, 2009, lanny said:

    tlg infonya utk prog. bt di teratai klp gading dgn dr irsal,wkt ambil telur dan wkt tanam di bius total atau tdk ? jam praktek dr.irsal? ada no.tlp.yg bisa di hub. utk janjian dgn dr. irsal.?tq

  28. 28 On May 22nd, 2009, Kiki said:

    Hallo Mbak Henny

    salam kenal, bulan April 2009 kemarin suamiku baru saja operasi varikokel dengan dr Akmal Taher. Stelah sebelumnya aku konsultasi dgn dr Taufik Jamaan di Bunda, beliau rujuk suamiku ke dr Akmal.
    Pada saat operasi varikokel, suamiku jg biopsi testis. Menurut dokter, ada sperm pada suamiku, hanya dalam kondisi mati. Ini dia yang kita belum tau, mati karena hawa panas pengaruh varikokel atau apa… sekarang aku masih tunggu waktu pembentukan sperm setelah operasi… nanti Juli 2009 kami akan periksa sperm lagi.
    Mbak Hen, pertanyaanku, setelah suami mbak Henny operasi varikokel terus perjalananan mbak Henny sampai akhirnya memutuskan BT apa mbak? apa setlah operasi hasil tes sperm suami mbak mbak azoo atau bagaimana? thanks ya mbak

  29. 29 On May 23rd, 2009, tini said:

    dear all….
    kenalin nih namaku tini,aku ikut program bayi tabung pertama akhir des 08/jan 09 tapi masih belum berhasil,aku masuk program ke dua jan 09 dan alhamdulillah berhasil sekarang aku hamil 13 minggu kembar lagi doain ya semoga aku dan babyku sehat dan selamat. masalahku karena suami azoosperma dan menurut prof doddy dr rumah sakit darmo yg menangani suamiku last solutionnya bt. buat teman2 yg masih berjuang s’mat berjuang dan jangan perna putus asa…..

  30. 30 On May 24th, 2009, Ling said:

    halo May,….
    Salam kenal yaa….saya cuma mau ksh sedikit informasi aja…

    Teman2 saya dari Jakarta ikut program BT di dr. Auky Hinting Surabaya dan saat ini sudah hamil, mungkin kamu tertarik?karena tingkat keberhasilan nya lebih tinggi dari jakarta.

    Oya,4th yg lalu saya pertama kali ikut program BT di dr. Auky Hinting dan berhasil mendapat 3 anak perempuan…
    waktu itu ada pasien juga dari Jakarta dan berhasil mendapat 3 anak laki2…

    saran saya apapun masalahnya, bila kamu ingin ikut program BT harus dalam kondisi fit (tidak sakit walaupun yg ringan seperti flu dan batuk)..dan pola makan sehat…dan banyak doa…

    ini aja informasinya…GBU…

  31. 31 On May 24th, 2009, Henny said:

    To Kiki
    Salam kenal juga, dari awal emang kami gak pernah operasi varikokel, krn menurut dr andrologi emang gak ada varikokel, mungkin ada sumbatan tapi gak tau dimana,karena hormon suami ak semua normal, jadi menurut androlog2 yg kami kunjungi lebih baik bayi tabung aja, jadi memang operasi yg kami lakukan adalah operasi pengambilan sperma, bersyukur spermanya memang ada disaluran dan banyak yg bergerak, jadi operasi tidak sampe ke testes, hanya saluran aja, klu suami kiki operasi dapat sperma yg mati berarti sampai ke testes dong ya, biasanya kalau kasus seperti kiki bukannya dirujuk ke androloi lagi, biat dikasih vitamin dan nutrisi ya?

  32. 32 On May 25th, 2009, tini said:

    Halo mbak may salam kenal…aku jg punya masalah seperti mbak,cuma bedanya klo suamiku azoosperma karena perna vacektoni dan usia aku dan suamiku lebih tua dari mbak.satu tahun setelah menikah kami berusaha untuk punya anak dgn cara operasi untuk membuka ikatan yg ada da saluran spermanya setelah 2 tahun menunggu tanpa hasil akirnya kami kembali ke dokter dan dokter mrnyarankan untuk tes darah untuk ngeliat kadar hormonnya,ternyata suamiku masih subur,dokter menyarankan kami untuk bayi tabung.kami ikut bayi tabung pertama kali akir des 08/jan 09 di RS siloam sby dgn dokter aucky dari 6 sel telur yg di ambil dari rahimku sperma suamiku berhasil membuahi 5 jadilah kami dpt 5 embrio tapi kelimanya gagal karena aku yg kecapekan dan streess berat,sehingga hormonku turun darstis. akirnya kami cb lagi maret 09 alhamdulillah dari 7 sel telur kami dpt 3 embrio dgn kwalitas bagus lalu dokter mentranfer 3 embrio itu ke rahimku,alhamddulillah dari 3 embrio itu 2 berhasil nempel di rahimku skr aku hamil bayi kembar. mbak may jgn putus asa azoosperma dgn kecanggihan ilmu pengetahuan dan ijin dari allah tentunya msh ada harapan untuk memiliki keturunan jgn putus asa.

  33. 33 On May 25th, 2009, melly said:

    Hii m’Henny..,Congrats ya bwt kehamilannya, moga dilancarin semuanya sampai lahiran amiiin..N diberi kesehatan untuk keduanya.Saya lagi ngumpulin info mengenai bayi tabung yang berkaitan dg case suami Azo. Saat ini suami belum siap untuk BT dengan alasan ngeri dengan operasi Pesa/Tesa.Yang ingin saya tanyakan bagaimana dengan proses Pesa itu sendiri ya mbak??
    1. Berapa lama operasi Pesa/Tesa suami?
    2. Setelah operasi tsb dilakukan, berapa lama lagi ke proses ET?
    3. Operasi tsb dilakukan bius lokal ato total?
    4. apakah laparoskopi tsb wajib diikuti sebelum melakukan BT?
    thanks b4 untuk jawabannya..

  34. 34 On May 25th, 2009, melly said:

    Hiii.., mbak Tini salam kenal..,
    Congrats untuk kehamilannya ya. saya dengar banyak yang sukses dengan Dr. Aucky.
    Klu boleh tau berapa total biaya yang dihabiskan berapa? ( termasuk biaya pesa/tesa-nya)
    Thanks b4 utk jawabannya..

  35. 35 On May 27th, 2009, May said:

    To Ling, salam kenal..,thx atas informasnya,klo blh th Ling tggl d mana? sblm BT apakah sm dg kasusnya dg km?sebenarnya sy tertarik k dr Aucky yg d RS Siloam, nmn km msh mikir2 berkenaan dg kasus kami n domisili kami, ok.km tgg kbr2ny.

  36. 36 On May 27th, 2009, May said:

    hallo mbak Tini salam kenal juga, mbak selamat ya atas kehamilan,moga sehat2 aja n lancar sampai proses kelahiran,mksh atas support n sharny.klo blh th mb tggal d Sby y?enak ya mb klo dkt.mb AZo krn Vacektoni mksdny apa y?,mb Tini BT dg dr. Aucky d RS Siloam dr awal sampai berhasil hamil kira2 hbs by brp? hasil cek hormon (FSH) suami mb Tini wakt itu normal y, FSH suami aq tinggi mb,mhn sharny.okey thx

  37. 37 On May 27th, 2009, Henny said:

    to Melly
    salam kenal ya, thanks u.doanya, gak usah khawatir & takut, operasi pesa/tesa itu prosesnya gak rumit kok, awalnya sih dr pasti pesa dulu, jadi dilihat dulu disalurannya ada sperma ato gak, tapi klu di salurannya tidak ditemukan, lanjut ke Tese u.ambil sperma di pabriknya langsung ini sedikit lebih rumit dari pesa, klu operasinya pesa aj, paling cuma 20 menit dan pastinya tidak sakit, suami ak kemrin operasi cuma 20 menit, masuk jam 8 pagi , jam 1 siang udah boleh pulang, tapi kalau operasi tese klu gak bisa pulang, mungkin nginap 1 hari aja, operasinya bius total, klu dlm operasi sperma di temukan trus dibekukan, setelah itu tinggal bagian cewek, nanti kita distimulus u.menghasilkan telur yg bagus, ya waktunya kira2 1,5 bulan , nanti klu telur kita sudah matang ,baru opu, nah pas opu, sperma yg udah dibekuin itu dicairkan u.dipertemukan dengan sel telur kita, klu soal laparoscopy, tergantung kondisi masing2 orang, klu melly gak ada endometriosis, ya gak usah laparocopy, emang melly rencana mo BT dimana? sukses ya

  38. 38 On May 27th, 2009, tini said:

    Hallo mbak melly,mbak may terima kasih atas doanya…perkiraan biaya yg aku kluarkan sekitar 35jtan,itu biaya sdh termasuk obat2an,opu,pengambilan sperma dan jg et. hasil tes hormon suamiku bagus,jd dia tidak menjalani perawatan apapun, pengambilan spermanya jg mudah cm perlu bius lokal dan pengambilan lsg dari testikelnya,hampir seperti pengambilan darah kira2 30 menit dah boleh pulang,berbarengan dgn saat kita d opu. vacektoni itu sebenarnya KB buat laki2,jd saluran spermanya diikat spy sel sperma tidak kluar pd saat berhubungan badan,jd pasangannya tidak bisa hamil. aku tidak tinggal d sby,aku tinggal d trenggalek kira2 5jam perjalanan ke sby,aku tinggal d rmh kos selama d sby. di sekitar RS siloam byk rmh kos yg nyaman dgn hrg terjangkau. o iya apa yg di maksud pesa/tesa?

  39. 39 On May 27th, 2009, Helen said:

    To Lanny,
    Proses BT dg dr. Irsal kita dibius total waktu OPU (pengambilan sel telur) tapi waktu ET (penanaman) tidak dibius dan rasanya juga sama sekali tidak sakit kok. Praktek dr. Irsal setiap hari Senin, Rabu dan Kamis mulai pkl. 1 siang. Telpnya klinik Teratai : 45866063
    To May,
    Gimana May, jadi ikutan BT ga? Di mana? Sdh ketemu Urolog yg bagus?

  40. 40 On May 27th, 2009, retno said:

    Halo Tini..salam kenal,
    Congrats ya udah hamil mana kembar lg, buat share-nya dong di web ini biar bisa nambah motivasi kita2 yg blm/mau/sedang program bt(tmsk aku nih).
    Ok deh Tini..gutlak ya moga lancar ampe lahiran..amiiin!

  41. 41 On May 27th, 2009, ndocondo@yahoo.co.id said:

    Hallo mba tini slmat ya atas kehamilan nya lam kenal aq sisil,mba aqu mo ty nh brp lama mba di srby mulai dari awal smp ET soal nya aq jg dr luar kota,mba 35 jt udh smua nya ya apa termsuk oprsi pesa/tese jg u/ pgambilan sperma dg kasus azoo soal nya kasus qta sm suami qu jg azoo,senin tgl 25 mei kmrn aq ke BIC dg dr. Ivan kt nya BT hbs sktr 60 jt di luar pesa/tese,utk tese nya -/+ 15jt,klo di srby 35 jt lumayan jg ya mba slsih nya.

  42. 42 On May 27th, 2009, ndocondo@yahoo.co.id said:

    To mba henny
    Hi mba pa kbr kmrn2 aq reply ko ga msuk ya,mba aq dh ke dr. Ivan senin,selasa kmrn org nya emg enak ya puas bgt jd nya,bnar ya mba klo hasil azoo nya di bawa dr nya lsg nyaranin BT aq jg ditawarin long protokol tp mahal jg ya mba 60 jt diluar pesa/tese,kmrn br suami qu cek hormon n hasil nya bagus,skrg tggl tunggu operasi tese nya berhubung kami jauh n kerja jd msti pulang dlu ga bs libur lama,o iya mba klo di srby kasus azoo mba tini smua nya hbs 35 jt jauh jg ya mba beda nya.

  43. 43 On May 28th, 2009, Henny said:

    to sisil,
    iya kok bisa gak masuk ya replynya? klu hasil hormon suami sisil bagus semua, kemungkinan besar operasinya gak sampai tesa, paling pesa aja sudah ketemu spermanya , dan biayanya lebih murah, tapi biasanya klu u.budget emang dikasih yg termahal dulu, klu sisil gak kerja mungkin bisa dipertimbangkan juga tuh disurabaya, soalnya selisihnya lumayan banget, ak juga tadinya pengen jg sih di surabaya, tapi aku kerja jadi, agak repot , klu ke Bunda ak cuma 5 menit aja, soalnya kantor ak di daerah Menteng jg, btw sisil tinggal dimana?

  44. 44 On May 28th, 2009, melly said:

    Hii mba Tini.., thanks ya untuk balasannya. Wah sangat jauh berbeda sekali dengan program bt diRs2 Jakarta. Apakah angka 35jt itu sudah termasuk semuanya?? dan klu ga salah pesa/tesa itu operasi pengambilan sperma dari suami. Apakah mba juga sempat ngeKost jg selama di Surabaya? Klu boleh tau berapa lama? karena saya tinggal di Jakarta..

  45. 45 On May 28th, 2009, tini said:

    Buat retno,mbak sisil makasih atas doanya… mbak retno insyaallah nt aku akan buat,skr msh malas duduk lama2 d dpn komputer nich. mbak sisil itu biaya sdh semua,dr saya konsul pertama haid h3+obat2an,usg ampe siap opu,pengambilan sperma jg et. biaya unt opu,pengambilan sperma dan et 19jt,sisanya biaya konsul,obat dan usg. aku menjalani program short protokol jd biayanya relatif tdk terlalu mahal. yg tidak termasuk tes darah suamiku krn sudah ada thn lalu,laeving cost,biaya transit sesudah et. biasanya sesudah liat hasil tes kita DR sdh bs meberitahu kita brp perkiraan biaya yg d perlukan,jd mo ljt ato tdk sih terserah d kita. sebelum aku ikut program BT d siloam aku sudah cek biaya di rumah sakit yg ln dan siloam termasuk paling murah bahkan klo di RS pemerintah sekalipun. aku tinggal di sby sekitar 7 mggu,krn aku memang nunggu DR bilang bahwa aku dah aman untuk perjalanan pulang tp ada bberapa tmn dr jkt yg langsung pulang begitu suntikan penguat rahimnya selesai kira2 10 hr ssudah et. dan mrk tes untuk hasilnya d jkt,tp mrk tetap berhasil.smua kembali k kita gmn nyamannya aja.

  46. 46 On May 28th, 2009, tini said:

    iya mbak melly itu dah smua kecuali tes darah awal,laeving cost,transit sesudah et,dan tes darah ssudah et klo hasilnya positif. DR yg d sby jarang pakai bhs medis makanya aku ga tau artinya,krn ga perna dgr DR nyebut itu. aku tinggal d sby kr2 7 miggu krn bgt dah tau hasilnya positif masih ada satu tes darah lg yg hrs d jalani dan usg untuk masti’in babynya baik2 aja,baru aman untuk pulang. di sekitar RS banyak tempat kos tenang dan nyaman dgn hrga yg terjangkau,klo perlu no tlpnya aku ada bbrapa. saran aku klo mo ngekos dan suami tidak bs mendampingi baiknya bw teman ato kel ato pembantu yg mudah d suruh krn ssudah et gerak kita akan terbatas skl bedress lebih bagus.

  47. 47 On May 28th, 2009, melly said:

    Okh gitu yah mba. Thanks banget untuk infonya. Saat ini saya masih bekerja dan rencana kami sebenarnya masih beberapa bulan ke depan, antara akhir taon ini ke awal taon depan (sambil mengumpulkan recehan jg). Jika memang keputusan kami bt di Sby, mungkin info dr mba tini akan sangat berharga bwt kami..

  48. 48 On May 28th, 2009, May said:

    To mb Helen, senin kemarn aq dh ktemu dr. Irsal n bw hsl hormon, km d sarankan ke dr urolg krn FSH suami aq agak tinggi,mhn do’anya y mb..,o iya mb Helen kontrl kehmiln d krwg aja y mb trus renc mlhrkan d mana? mdh2an sehat n lancar2 aja y mb..

  49. 49 On May 29th, 2009, ndocondo@yahoo.co.id said:

    To mba henny
    Aq tinggal di sumatra bag selatan mba lmyan jauh dr jkt, stlah di pikir2 pgn coba ke srby jg nh mba, jauh bgt sh tp siapa tau ntar cocok dsn. Mba henny enak ya di jkt dkt ke bunda lg.
    To mba tini
    Mba lama jg ya di srby 7 mgg ky nya aqu ga bs slma itu mba dsn pst krjaan qu numpuk bgt, mba beda long protokol dg short protokl selain wkt nya jg harga nya lebih murah ya, klo blh tau kost2san dsn brp ya mba, aq jauh bgt nh mba ga ada klga dsn lg, to mhemat wkt bgs nya qta ksn haid ke 3 ya biar lsg priksa

  50. 50 On May 30th, 2009, tini said:

    To Sisil… klo short protokol dr H3 sampai selesai program kira2 4 mggu dan biayanya lebih murah. ada bbrapa tmn yg bgt selesai program lsg pulang dan untuk tes hasilnya mrk lakukan d daerah asalnya klo emang sudah rejeki ttp aja berhasil.klo aku kamarin bgt dinyatakan positif hamil dan babyku kembar suamiku ga ijinin aku plg krn takut ada apa2 di jalan,jg masih ada pemeriksaan darah dan usg yg hrs di jalanin jd kami cari amannya saja dan ttp d sby ampe smua selesai.tempat kos yg aku tinggalin kemarin hrgnya dr 2-3,5jtan dgn fasilitas tv,kulkas,dispenser pns/dgn kmr mandi di dlm air pns/dgn jg. bs ambil harian,mgguan ato bulanan. klo emang sudah siap sebaiknya datang pd H3 jd bs langsung msk program.

  51. 51 On May 31st, 2009, Helen said:

    Dear May,
    Saya ikut mendoakan keberhasilan buat May dan juga semua teman2 yang sedang berjuang untuk bisa memperoleh keturunan, kita semua pantas mendapatkannya dan pasti akan berhasil selama kita tidak berhenti berjuang dan tidak putus asa dan tentunya banyak2 berdoa memohon pada Yang Kuasa.
    Sampai sekarang saya tetap control ke dr. Irsal (cuma sebulan sekali kok) dan saya juga merencanakan untuk nantinya melahirkan di sana karena saya dan jg suami sudah terlanjur sangat percaya pada beliau, jadi tdk ada rencana untuk ganti dokter.
    Ok May, selamat berusaha dan semoga berhasil ya!

  52. 52 On June 1st, 2009, nana said:

    Salam kenal, sebelumnya selamat yah atas kehamilannya. semoga Tuhan menyertai….
    saya mau tanya dong, suami saya juga dinyatakan azoo, kalo operasi pesa/ tesa itu di apain yah… apakah di operasi seperti operasi yang umum kita tau, kok sepertinya agak ngeri yah…. atau bagaimana? trus kalo mau ikut BT langkah pertama yg harus kita lakukan apa yah, dengan kondisi suami yg azoo. terima kasih banyak untuk jawabannya…

  53. 53 On June 1st, 2009, ndocondo@yahoo.co.id said:

    Hallo mba tini thanks info nya mudah2han aq bs scpat nya ksn doa’in ya moga2 aq berhasil jg.

  54. 54 On June 2nd, 2009, tini said:

    hai nana salam kenal…suamiku jg azoo,pengalaman aku ikut BT Dokter cm suruh suamiku untuk tes darah,untuk liat hormonnya dia masih bagus pa ga,setelah liat hasil tesnya bagus bs langsung lanjut k BT. menurut suamiku pengambilan spermanya relatif mudah,cm perlu bius lokal,langsung dr testikelnya sperti menggunakan jarum suntik,spermanya di sedot langsung dr situ di ambil seperlunya sj.untuk ikut BT suami istri harus sehat lahir batin,krn program BT tdk bs selesai dlm waktu 1 atau 2 mggu,minimal perlu waktu 1 bln yg tentunya akan sangat menguras waktu,tenaga dan jg biaya. krn walaupun suami yg azoo,persiapan BT,pengobatan dan pemeriksaan banyak di lakukan di istri,jd kita tidak boleh capek dan sreess. aku dan suami br sj menjalani program BT akir feb sampai maret kmrin di RS Siloam sby,dan alhamdulillah km berhasil skr aku hamil dah jalan 4 bulan babyku kembar. mbak nana,semoga pengalaman kami bs jd bhn masukan buat mbak nana dan suami untuk selanjutnya.

  55. 55 On June 2nd, 2009, tini said:

    hai mbak sisil…
    aminn… aku doain bs scepatnya masuk program,dan berhasil….

  56. 56 On June 5th, 2009, lanny said:

    iya mbak diajeng,sepertinya dr.Irsal Yan yg sama,gimana ada ikut program BT sama beliau ?soalnya kami berencana mau konsul dan ikut program BT di klinik teratai klp gading

  57. 57 On June 9th, 2009, Wulan said:

    Saya senang sekali bertemu dengan rekan-rekan yang sangat menguatkan saya.

  58. 58 On June 10th, 2009, ida said:

    Hello mbak Tini slm kenal…snang rsnya ada tmn curhat nich.. aku kira cuma diriku py mslh Azoospermia,pengalamanku ikut BT feb 2008 blm berhsl waktu itu suami diMESE/TESE dan ditemukan lbh dr100 rb sel sperma bergerk tdnya aku snang bgt gak sia2nich usaha n biaya yg hampir 60jtan tp Tuhan blm memberi kami berusaha u/ iklas,dlm proses BT didpt 14 sel tlr dr avariku trs (diICSI) 5 embrio dan ET 3embrio pas hrke-14 aku test urine tp kok rs2nya mules kyk mau mens wah..rsnya udh pasrah dech yg akhirnya blooding,sblm hrke-14 km melakukan senggama karna dokter ga melarng tuch(orgasme)mungkinkah faktor ini hingga km blm berutung ya th 2009 ini km pengen BT lg karna sperma suami ada(difrizzing)km ikut program BT diklinik melati kl baca ceritanya mbak Tini diRS Siloam SBY kepengen jg ktnya agak miringlah biayanya. thanks ya mbak.

  59. 59 On June 25th, 2009, ina said:

    salam kenal juga semuanya aku ina … suamiku juga dinyatakan azoo sudah 10 thn merit,udah ke medis di saranin untuk operasi,aku udah putus asa tapi ternyata setelah baca pengalaman semuanya aku jadi semangat untuk berjuang lagi … mau coba BT sama dokter Aucky di sby doain berhasil ya…kira2 biayanya berapa ya?.. dan apa setelah BT harus istirahat total?.. thanks buat masukannya ya…

  60. 60 On June 26th, 2009, mita said:

    Hai.. semua, lam kenal saya mita, 30 th, suamiku azoo juga. Sejak tahu kalo suami azoo (3thn lalu) qta sepakat mau BT, tapi belum2 brani juga. Waktu itu sempet ke klinik Yasmin RSCM. Apa ada yang pernah sukses di yasmin ya.. Thx b4.

  61. 61 On June 29th, 2009, tini said:

    Halo mbak Ida salam kenal jg…kayaknya faktor keberuntungan aja yg blm berpihak ke dirimu,wktu BT yg pertama aku dan suami tidak melakukan hub badan tp toh kami msh jg blm berhasil,tp klo menurut dr Aucky emang ga boleh ML,bahkan aku (program k2)yg sdh di nyatakan positifpun hrs nunggu lwt 3bln br blh ML. coba aja dl yg sdh di frizzing,byk kok yg berhasil. Tetap semangat ya….and goodluck….

    to mbak ina salam kenal…mbak pengalaman aku ikut BT di RS Siloam feb-mar 2009 kemarin dgn kasus yg hpr sama ama mbak,biayanya kira2 35-40jt (obat2an,opu,pgambilan sperma,et)yg tdk termasuk tes darah awal suami/istri dan perawatan ssudah ET. klo bs bgt masuk program hrs istirahat terutama sesudah et minimal 2 mggu tergantung kondisi kt.semoga masukan saya bermanfaat and goodluck….

    9

  62. 62 On July 13th, 2009, ina said:

    btw 35 s.d 40jt udah berhasil mba…? thanks banget informnya…

  63. 63 On July 26th, 2009, ida said:

    Thanks atas sarannya mbak Tini, salm kenal to tmn2 semua,Aq tanya lg ya mbak waktu mbak BT yg k2 pake bantuan akupuntur ga ya yg ktnya bdn fit n bs nguatkan otot rahim waktu Bt1 2 minggu menjelang ET aq kena flu brt yg katnya g blh ya mbak, Rencana sih aq pengen BT yg k2 tp lg bingung nich dijkt aja dg sperma(difrizzing)atau di Surbya dg dr.Aucky ya, duh..ditptku BT1 ktanya kan naik lg ya 70jtanlah waktu itu suami hanya disuntik kcl ditestis(pesa/Tesa)n syukurlah ditemukan byk sel sperma. oya umurku 32th n suami 42th do’ain kami ya rencana mau BT lg nich.Thx

  64. 64 On July 27th, 2009, tini said:

    Hai Mbak Ida…..aku ga pake akupuntur,emang aku pernah bc di majalah klo akupuntur dpt meningkatkan presentase keberhasilan bayi tabung tp bgt aku tanya ke dr Aucky dia bilang ga perlu dan di indonesia itu belum dpt di buktikan krn blm ada penelitian yg resmi. Dia cm suruh aku focus dgn program yg ke 2,tdk streess,kecapekan apalagi sampe sakit.
    Klo saran aku sih baiknya pake embrio yg di frizzing aja dl,selain biayanya murah prosesnya jg tdk terlalu rumit dan sakit,beda bgt ama fresh cycle,dan tingkat keberhasilannya jg sm.Klo aku dl embrioku yg di frizing sdh rusak sebelum 1thn makanya aku cb fresh lg yg ke dua. Umur Mbak Ida dan suami msh muda kesempatan berhasil msh besar,klopun nt tawingnya ga berhasil msh waktu bt nyoba yg fresh lg.Tetap semangat ya Mbak jgn pts asa apalagi streess.. Allah maha tau kpn waktu yg tepat memberi kita momongan,asal kita tdk lupa berdoa dan meminta dan yakin bahwa Allah akan mengabulkan apa yg kt minta……”keep positf thinking”

  65. 65 On July 28th, 2009, Evi said:

    Hi Mba May,
    Alternatif urolog selain Prof. Akmal Taher:
    1) dr. Umbas di MMC hari Rabu dan Sabtu 8-9 pagi telp 021-5203435
    2) Atau dr. Agus Mulyono, di Sam Marie/Darma Nugraha, HP 0811105214
    Good luck ya.

  66. 66 On July 29th, 2009, ida said:

    Thaks atas advisenaya mbak,
    mbak Tini yg baek hati kl aq ga ada embrio difrizzing yg ada sperma suami dr pesa/tesa, mbak kl blh tau waktu stimulasi BT1didpt sel tlr brp ya? kok sampe ada embrio frozzen kl aq dr hsl stimulasi(gonal-f + buserlin)didpt 14 sel tlr trs yg layak terbuahi 8 sel tlr yg menuju ke(blactosist)/membelah jd 8sel 5 embrio n akhirnya diET 3 embrio yg jd ganjalan dihati kok ga ada embrio yg difrozzen ya mbak? emang sich waktu itu aq ga sempat tanya ke drnya abis stlah H ke-14 embrioku blooding kami berusaha utk iklas n pasrah mybe ini blm rezeki kami. last question mbak, utk kasus Azoo sperti aq setaunya mbak persentase hamil brpa ya kl kasus mbak khan suami Azoo karna vasectomi jd scra Qualitas n quantitas sperma bgs bgt dong.Thanks mbak

  67. 67 On July 29th, 2009, ida said:

    Thaks atas advisenya mbak,
    mbak Tini yg baek hati kl aq ga ada embrio difrizzing yg ada sperma suami dr pesa/tesa, mbak kl blh tau waktu stimulasi BT1didpt sel tlr brp ya? kok sampe ada embrio frozzen kl aq dr hsl stimulasi(gonal-f + buserlin)didpt 14 sel tlr trs yg layak terbuahi 8 sel tlr yg menuju ke(blactosist)/membelah jd 8sel 5 embrio n akhirnya diET 3 embrio yg jd ganjalan dihati kok ga ada embrio yg difrozzen ya mbak? emang sich waktu itu aq ga sempat tanya ke drnya abis stlah H ke-14 embrioku blooding kami berusaha utk iklas n pasrah mybe ini blm rezeki kami. last question mbak, utk kasus Azoo sperti aq setaunya mbak persentase hamil brpa ya kl kasus mbak khan suami Azoo karna vasectomi jd scra Qualitas n quantitas sperma bgs bgt dong.Thanks mbak

  68. 68 On July 30th, 2009, tini said:

    To Mbak Ida….
    waktu itu dpt telornya 8 dan yg bgs 6 bgt di buahin jd 5 embrio,di transver 3 embrio 2 embrio di frizzing. klo emang ada embrio yg layak buat di frizzing Dokter pst akan memberitahukan krn untuk frezzing itu ada biayanya sendiri.dan biasanya Dokter memberitahukannya pagi hari sebelum ET,jd klo tidak pemberitahuan kemungkinan memang tdk ada yg di frizzing.klo menurutku untuk keberhasilan bayi tabung tidak hanya di tentukan oleh sperma,kondisi si istri yg utama,contohnya aku sendiri,kwalitas sperma suamiku bagus kondisiku jg bagus menurut Dokter krn tdk di temukan adanya kelainan apapun di rahimku,tp nyatanya BTku yg pertama jg gagal.

  69. 69 On July 30th, 2009, ida said:

    Makasih bgt mbak Tini, utk kasus seperti kita satu2nya jln Bt ya mbak. oya, mbak udh msk minggu kebrpa kemailannya? Insaallah Thn ini jg kami mau nyoba BT2 tapi pengennya ke dr.Aucky aja,do’ain ya mbak semoga kami bs seberuntung keluarga mbak, Amin..3x.
    Kl mau keSurbya dg dr.Aucky baiknya kpn ya mbak? katanya pas mens H ke-3 betl ga mbak (my phone 021 46276660). thanks

  70. 70 On July 31st, 2009, tini said:

    To..Mbak Ida….
    Empat tahun yg lalu suamiku pernah menjalani operasi recanal/untuk membuka penyumbatan di saluran spermanya Dokter memberi kami waktu 2 thn klo setelah 2 thn msh blm ada kehamilan secara alami last solutionnya ya BT,setelah kami tggu lebih dari 2 thn msh tdk hamil jg akhirnya kami ikut BT. Alhamdulillah kehamilanku dah msk mggu ke 23,semoga aku dan si kembar tetep sehat dan selamat ampe kelahiran Amiinn….3x.. Insyaallah…semua kt pasti mendapat rejeki dr Allah,tp ALLah pasti akan menguji kesabaran dan keyakinan kita kepada-NYA.Semoga mbak Ida sekeluarga cpt mendapatkan momongan …Aminn..3x..
    Klo mau ke dr Aucky sebaiknya 1 mggu sebelum haid tlp aja dl untuk minta info,tp biasanya emang di suruh dtg H3,dan sebaiknya emang pd saat kita bener2 siap untuk masuk program spy nt tdk bolak-balik lg. O iya mbak domisili di mn ? Insyaallah awal oktober aku jg dah stanbay di sby buat persiapan melahirkan.
    terimakasih no tlpnya mdh2an kt bs berbincang lsg secepatnya.(my phone 0355-551998/081335737651)

  71. 71 On July 31st, 2009, ida said:

    wah.. Alhamdulillah, Semoga lahirnya nanti sehat n lancar2 aja ya mbak,kl kasus suamiku(Azoo) mungkin pernah ada benturan hingga kondisi buah Zakar kiri n kanan tdk sm bsrnya kl diraba sepertinya cuma satu jd produksi spermanya sedkit n mungkin akibat benturan itu pula saluran spermanya tersumbat utunglah drPesa/tesa kmrn ada spermanya(100 rb sel) utk BT itu lbh dr cukup khan mbak? untk kondisi keshtan yg lain smua baik2 aja rahimkupun semuanya sehat, aq siap bgt mbak mau BT lg keinginan py anak melebihi keinginan hidup.O,iya aq tinggal diDepok(jawa-brat)sampe positif hamil kira2 hbs brpa mbak? semoga kita bs bertemu nanti disurbya, thanks

  72. 72 On August 1st, 2009, tini said:

    Mbak Ida…..
    aku kmrin ampe selesai program sekitar 40jtan,blm termasuk kmr transit,suntikan dan penguat rahim.klo dah positif hamil akan ada periksaan darah,urin dan usg kira2 2jtan.tp sdh tdk ada pemeriksaan darah untuk suamiku krn msh ada dr BTyg pertama. periksaan darah awal untuk suami mkn skr sekitar 1,5jtan.berarti nanti ngekos dong si sby ?

  73. 73 On August 24th, 2009, Gopal said:

    Hi, saya ingin berbagi sedikit pengalaman mengenai Azoospermia, saya pernah melalui beberapa tes analisa sperma di beberapa laboratorium klinik di Indonesia, yah,,,dan hasil yg saya dapatkan > Azoospermia alias 0 = nihil. Lalu kemudian saya memutuskan untk mencoba menikuti analisa sperma di salah satu Rumah Sakit di Negara Tetangga, dan Alhamdulillah dengan Ridho ALLAH SWT, setelah menjalani test ternyata ada secuil, yah… secuil harapan bagi saya untuk mendapatkan keturunan.. Ternyata hasil tes berbeda dengan hasil tes yg selama hampir 2 tahun belakangan ini sy dapatkan….

  74. 74 On August 26th, 2009, ida said:

    Hello, pak Gopal
    lam knl,kok bisa beda ya pak hsl lab analisa sperma di Indonesia sm di negara tetangga,aq blm ngerti dech maksudnya, mau jg dong infonya klo gak sampe ikut BT, thanks

  75. 75 On August 31st, 2009, nana ami said:

    hai mba tini sy nana dr mtrm NTB, sy jg ingin ikut BT coz suami Azoospermia tp
    kami pnya kendala dgn wkt coz suami krja di Bank yg gak bs tllu lm ijin, rncax
    kami mau BT di Siloam dgn dr.Aucky, mo tnya nih mba kira2 brpa lama proses
    pengambilan sperma ampe dgn freezing? tks ya mba tas infox.

  76. 76 On September 1st, 2009, tini said:

    Hai Mbak Nana…salam kenal jg….
    Sebenarnya kita hanya memerlukan suami pd saat tes darah pertama dan pengambilan sperma aja,setelah itu dia bs pulang dan istri yg stanbay di sby untuk nerusin programnya…. aku sendiri ga pernah di tunggui suamiku pd saat program krn dia kerja di kalimantan…dan dia hanya dtg 1 hari sebelum pengambilan sperma ampe penanaman kira2 3hari ampe 1mggu (tergantung perkembangan embrionya). Nanti klo dah mulai pgogram tanyakan aja sm Dokter kpn waktunya pengambilan sperma,dan jujur aja bahwa suami ga ada banyak waktu buat stanbay di sby krn pekerjaannya…. karena walaupaun suami yg azoo tp perawatannya sendiri banyak di lakukan di istri jd istri yg hrs standbay….
    O iya kpn mo mulai program…..semoga berhasil ya….

  77. 77 On September 7th, 2009, Dewi Alvin said:

    Dear all,
    Salam kenal semuanya. Saya Dewi dari Medan. Suami saya azoospermia dan saya PCO. Tapi dengan kuasa-Nya, saya berhasil hamil hanya dengan satu kali ikut BT saja. Ayo, teman-teman, tetap semangat. Azoospermia bukan kartu mati…lebih baik mencoba, kuatkan iman dan serahkan hasilnya kepada Yang Maha Kuasa. Doa saya untuk kalian semua…..keep your positive thinking!!!!

  78. 78 On September 10th, 2009, ferrina said:

    sblmnya sya sangat bertrima kasih atas bnyaknya saran dari tmn2….saya mau tanya brp biaya proses BT..?

  79. 79 On September 14th, 2009, Dianee said:

    Salam kenal untuk semua…ikutan curhat dong! Perlu advice niy…
    Usia saya 35, suami 37. Kasus azoosperm juga. Sudah 2x BT dengan 3x penanaman tetapi belum berhasil hamil. Penanaman terakhir bulan juni yll, juli positif hamil & kantung kehamilan sdh tbtk pd minggu ke6, tetapi Tuhan berkehendak lain. Keguguran pada minggu ke10 karena janin gak tumbuh. Dunia serasa runtuh… Menurut dokter kemungkinan karena sel sperma yang krg matang (tp kok berhasil membuahi ya?).

    Kami berdua sedang berusaha untuk mengikhlaskannya. Suami ingin BT lagi, tapi rasanya kok saya gk sanggup lg ya… Stimulus hormon sangat melelahkan. Ada pengalaman teman2 yang lebih dari 2x BT dan kemudian berhasil? bagi dong pengalamannya…juga efek samping apa aja yang akan dialami apbl kita mlkn BT berulangkali?

  80. 80 On September 14th, 2009, Yenyen said:

    mbak dianee sy sih blm pernah ikut BT ya tapi sy rasa semua obat2an termasuk obat n suntikan hormon mestinya tetap ada efek sampingnya kalo digunakan dalam jangka panjang. tapi untuk lebih jelasnya coba mbak tanya sama dokter :) smoga mbak diberi ketabahan n kekuatan. smoga Tuhan memberi jalan keluar yg terbaik buat mbak.

  81. 81 On September 17th, 2009, Dianee said:

    Terimakasih yenyen… Banyak sekali masukan yg bermanfaat dr site ini, saya jg lg mnanyakan hal yg sama kpd temen2 yg BT mpe 5-6 kali. Saya pernah nanya dokter di Surabaya (Glen eagles), Jakarta (Harapan Kita) n Yogya (Permata Hati), jawabannya sama: aman! tapi saya gk yakin. Sama spt yenyen, saya pikir kl distimulan hormon terus-menerus pasti ada efeknyalah… Saya jg pernah baca mengenai kanker serviks, penyebabnya a.l. faktor keturunan, pola makan/lifestyle & stimulasi hormon. Hanya tidak dijelaskan stimulasi hormon apa yang mengakibatkan. Ok deh…thanks bgt utk masukannya…

  82. 82 On December 6th, 2009, Denyta said:

    Dear All, Salam Kenal
    @May : apa kbr? bgmn BTnya atau dg Dr.Urologi ? saran sy coba konsultasi dg beberapa Dr.Urologi jgn hanya satu dokter.
    Ternyata byk jg kasus Azoospermia… saya 11 th menikah, sdh coba BT th 2000 gagal, saya tdk istirahat total & mungkin jg krn beberapa hr setlh ET sy ML dg suami ( maklum saat itu br 2 th married kali he he..dan betul dokter tdk kasih tahu kl tdk blh ML)
    Suami sy operasi dg Dr.Urologi th 2002 gagal jg dimn dokter jg tdk dpt menjelaskan penyebabnya, kita saat itu sangat kecewa dg dokternya…sebenarnya dokter BT aku sdh ksh saran bhw kecil kemungkinan berhasil tapi dg pertimbangan bisa ada kesempatan bs hamil scr normal tanpa BT kita coba saja..
    Berbagai macam pengobatan alternative yg di rekomendasikan juga sudah kita coba tetapi belum ada yg berhasil…..Akhirnya kita berhenti berusaha…dan selama ini saya sangat bahagia hidup dg suami malah semakin mesra krn setiap hr berdua spt org pacaran terus prinsip kami bersyukur, ikhlas dan positif thinking , serta berdoa…Semua pasti ada hikmahnya.
    Januari th 2010 aku di jadwalkan untuk suntik BT ke-2, saya tidak boleh menyerah, mungkin sy coba sekali lg…dg melihat semangat teman2…mudah2an berhasil…AMIN

  83. 83 On December 7th, 2009, anti said:

    Hallo mba2 semua…aq mau curhat ya…
    aq udah 7th merrit,umur aq 32th n suami aq 37th…tapi blom juga punya baby…selama ini aq n suami periksa di fokuskan ke aq aja…
    bulan juni kemaren akhirnya suami aq mau periksa lab…hasilnya aspermia…suami aq akhir 2008 pernah operasi Hernia.
    dokter urologi bilang kalo pabrik sperma suami aq aga bermasalah
    udah 2 dokter (dokter kandungan n dokter orulogi di solo bilang…aga berat…)trus aq dirujuk ke ahli urologi di surabaya yaitu Prof.Dr.dr.Doddy yang praktek di RS Dharmo…
    ada kemungkinan n besar kemungkinan kalo kami bakal susah punya baby….selain lewat BT…
    mba2 tersayang..aq bingung banget, takut…n aga2 putus asa juga….
    Buat mba2 yang sudah berhasil BT…aq mau tanya donk….proses BT itu berapa lama…mulai dari awal sampai ketauan hasil akhirnya..?trus tahapan2 apa aja yang bakal kami jalanin…?
    Selamat buat mba2 yang udah sukses hamil…semoga aq juga bisa merasakan hamil….
    Terimakasih banyak ya…

  84. 84 On April 14th, 2010, maya nst said:

    Hai..salam knal smuanya.
    Pndatang baru niy muu ikutan nimbrung.
    Aku maya di medan,
    udh nikah setaon,tp blm dikaruniain momongan,smntra mertua ent ortu dh pngen pnya cucu,
    Suamiku di vonis azo,jadi ada rncana pngen BT,
    Ow ya,mbak dewi alvin dmna BT nya di medan mpe akhirnya brhsl??
    Mohon infonya ya,thanks!
    Tuk mba tini,bner ya cuma 40an biayanya?krn setau sya BT tu mahal,
    Sya ada rncana mu ke Sby juga BTnya mba,
    mhon info dan bantuannya mbak,tenkyu.

  85. 85 On May 24th, 2010, Raymond said:

    Dear All,
    saya juga mengalami kasus azoospermia. sudah ke beberapa dokter, termasuk ke luar negeri, dan di biopsi, hasilnya adalah kondisi sperma dan pabriknya baik hanya ada penyumbatan di salurannya sehingga sperma tidak bisa keluar. dan semua dokter mengatakan jalan terakhir adalah bayi tabung.
    Minggu yang lalu (mens hari ke 3) kami sudah berkonsultasi dengan Dr Irsal di klinik teratai. dinyatakan kondisi istri baik, dan sebelum distimulasi dia mau pastikan sperma suami ada dan dalam keadaan baik.
    untuk itu hari rabu besok, saya akan menjalani operasi MESA/TESA dengan Dr. Taufan, dan adalah rujukan dari Dr. Irsal sendiri. seperti biasa setiap pasien azoospermia, klinik teratai akan merujuk ke Dr. Taufan untuk operasi MESA/TESA nya.
    Menurut Dr. Taufan penyempitan pada salurannya bisa saja diperbaiki namun biaya nya sangat mahal, dokternya harus ahli dan tidak menjamin akan terjadi kehamilan.
    jadi MESA/TESA adalah yang terbaik.
    mohon dukungan doa dari teman-teman supaya operasinya berjalan lancar dan didapatkan sperma yang baik dan banyak. Terima kasih

  86. 86 On May 24th, 2010, hecktor said:

    Hai Raymond,

    saya juga mengalami azoospermia,dan kasus saya sama dengan Raymond kalo di lihat dari FSH/LH (hormon)bisa di bilang normal (Pabriknya tidak ada masalah)dan saya sudah cek ke singapore di gleanegles dan di sarankan untuk operasi microbypass.

    saya ada rencana untuk Mesa/Tesa untuk lihat sperma nya tapi belum konsultasi dengan dokter bayi tabung.

    saya mau bertanya FSH dan LH Pak Raymond berapa ? Biopsi nya di mana ? dan Dokter Taufan ini praktek di mana ?

    bolehkan saya dapat email Pak Raymond untuk tanya tanya lebih lanjut.

    Terima kasih
    Hecktor

  87. 87 On May 25th, 2010, Raymond said:

    Hi Hecktor,
    sepertinya kasus kamu sama persis seperti saya.
    better kita calling-an aja yah. kamu email saja ke raymondtanujaya@yahoo.com

  88. 88 On July 20th, 2010, ancah said:

    hai semua..
    tlg aku ya..seberapa biaya untuk BT sih?mudahan ada yang bisa bantu.makasih

  89. 89 On February 10th, 2011, yat said:

    @ all…
    baca dari awal sampai selesai, tertarik menjalani BT di siloam..
    mohon bantuannya untuk tinggal/kost di daerah sekitar siloam sby yg recommended di mana ya, sukur2 klo ada no telp yg bs dihubungi…
    trims all…

  90. 90 On April 7th, 2011, Budoyo Prihanto said:

    Hallo salam kenal, saya tertarik untuk mengikuti progran BT karena pernikahan kami sudah 10 tahun dan belum punya anak, apakah bisa di informasikan untuk progran BT butuh biaya berapa? terima kasih

  91. 91 On May 25th, 2011, anggun said:

    hai semua…. sy sudah 4thn menikah tetapi blm juga dikaruniai momongan dan bulan ini rencana mau BT di dokter indra anwar BIC.. apa teman2 ada yg pernah ditangani oleh beliau…please saran ya ya teman2…oya usia sy jg msh 25th,tp suami sudah sangat mendambakan momongan jd kami harus bt krn jumlah sperma suami hanya 4jt sedangkan normalnya minimal 20jt…. please sarannya ya teman2.terima kasih

  92. 92 On June 2nd, 2011, Nova said:

    Hallo salam kenal. saya juga mau ikut BT mulai mggu depan dgn dr Irsal yan di klinik teratai gd pluit. saya udah menikah 6 thn tp belum juga hamil. doain ya moga di program BT ini berhasil.

  93. 93 On July 20th, 2011, Brenda luo said:

    Hai,,, semua slm kenal. Aq sdh nikah 7thn 6bln…msh bloom dikarunia-I baby. kasus aq sm dgn May. Suamiqu azoospermia. Bbrp bln yg lalu aq sempat ke JWCC. Tp dokter Androlognya blng, percuma melakukan biopsy cos kemungkinan sangat kecil berhasil. Rasanya sprt jatuh dr langit,,tdk terbayangkan kesedihan kami. tp dokter itu blng jgn patah semangat coz Ada iman yg bs membuat muzijat. Tp hancur rasanya hati kami. Skrg ini kami sdng pengobatan alternatif, smoga kami Dan tmn2 lain yg lama mendambakan keturunan bisa punya baby secepatnya. Thx untuk curhatnya.

  94. 94 On July 20th, 2011, Brenda luo said:

    Buat nova, slm kenal, semoga berhasil bt-Nya nanti kabar2in lg yah,,, oh ya umur aq 30 suami 36, klo boleh tau umur nova n suami brp? Thxx

  95. 95 On October 10th, 2011, ella said:

    lam kenal
    sy dr plg umur saya 31th suamiku 34th suamiku, sorg sopir kami sdh 7thn nikah tp blm punya keturunan, suamiku azo kt dr.urologi adanya penyumbatan d saluran sperma sdh menjalani operasi 1thn tp blum jg dpt keturunan. kami ingin ikut BT kira2 total kesluruhan biayanya berapo mbx, pilih dokter & rumah sakit yang mana

  96. 96 On December 3rd, 2011, Rafail said:

    Hello temen2x,

    Saat ini sy melakukan konsultasi dengan Dr. Ponco Birowo (@BIC alias Morula). Beliau adl seorang spesialis urology. Sblmnya saya pernah periksa sperma dan tes darah. Hasilnya dinyatakan azoospermia, FSH tinggi, hormon testosteron rendah, dan volume testis kecil. Beliau menyarankan USG testis dan hasilnya tidak ada varicocele ataupun hidrocele. Smtr ini beliau menyimpulkan pabriknya rusak. Hati kami sungguh pedih dan hancur. Sdh 7 thn kami menanti sang bayi ttp beginilah hasilnya. Beliau menyarankan dilakukan operasi biopsi testis, seandainya ada sperma, langsung dilakukan penyimpanan. Yang menjadi pertanyaan saya yg sy harapkan temen2x yg mgk memiliki case yg sama dengan saya ataupun mgk tidak ttp pernah tahu akan case spt ini mohon dishare:
    1. Apa ada gunanya operasi biopsi dengan kondisi FSH tinggi, hormon testosteron rendah, dan volume testis kecil? Bukankah dengan kondisi tsb dan dinyatakan pabrik rusak, jadi apa gunanya lagi operasi tsb?
    2. Apa berisiko tinggi dilakukan operasi biopsi testis?
    3. Mgk ada temen2x yang menempuh jalur alternatif pengobatan, apa bisa dishare ke siapa? Sy pernah denger nama dokter Lala di Tajur, Bogor tetapi sy tidak tahu komplit informasi tsb. Mgk ada yg tahu?
    4. Apa sebaiknya tunggu istri sy diterapi hormon jg (krn istri jg ada mslh dikit, sy lupa istilahnya apa), baru sy melakukan operasi biopsi testis?

    Bagi temen2x yang mau share, bisa kontak sy lewat blackberry. Biar lebih lancar. PIN: 223C2002. Terima kasih.

  97. 97 On January 24th, 2012, Nonik said:

    Dear all,

    Salamm kenal dari saya.
    Kami sudah menikah 8 thn, dan belum di karunia keturunan. Sudah sempat inseminasi 4 kali dan gagal.
    Terakhir di beri informasi untuk test alergi / tidak terhadap sperma suami, puji Tuhan tidak ada masalah, dan baru ketahuan kalo ada varises di suami saya dan itu yg mengakibatkan kualitasnya kurang bagus dari morfology, kecepatan, chance hidup sperma.

    Saat ini kami dirujuk ke dr Aucky Hinting, berhubung kami stay @ Jkt rada sulit kalo musti bolak balik Sby Jkt.

    Mohon referensi dari rekan-rekan yang pernah BT di Jkt, di klinik mana & Dokter siapa ?

    thx banyak ya

  98. 98 On April 28th, 2012, muti said:

    hai,salam kenal smua nya…..
    minta info nya dong untuk BT yang bagus dmn ya,suami ku jg azoospermia kami menikah udah 3 thn.

  99. 99 On April 16th, 2013, khairul amri said:

    assalamualaikum,,,wwb pa kabar semuanya?saya baru masuk ke post ini,dan saya dah baca semua masalah yg anda paparkan,,,dan saya juga ada masalah ni,kebetulan sya dah 2,5 th menikah dan belum punya momongan,saya dah analisa dan hasilnya normozoospermi setrusnya istri juga dah periksa juga dg hasil yg ngak ada masalah,alias ada sel telur yg matang pas masa suburnya yaituhari ke 12,,,kalau saya sih periksa sperma di labor prodia medan yaitu jl,gatot subroto medan kota,,,,,,,samapi sekarang belum juga ada tanda2,kalau ada teman yg bisa menolong saya diman tempat yg bagus analisa sperma di wilayah medan yg bagus dan bis adipercaya 100%,,,,terima kasih ya?

  100. 100 On April 16th, 2013, Ricky Adriansjah dr, SpU said:

    Dear all ,
    Urolog adalah tempat yang tepat kalau harus dilakukan bayi tabung dan suami anda mengalami azoospermia.
    Semua urolog sebenarnya kompeten untuk melakukan pengambilan sperma di testis atau dikenal dengan istilah TESE ataupun TESA.
    Tetapi ada ahli urologi yang memang khusus menangani hal ini yakni cabang ilmu UROLOGI INFERTILITY (dahulu dikenal dengan AndroUrology)
    Semoga hal ini dpt membantu.

Leave a Reply

*
Related posts: