Suami Azoospermia, akhirnya berhasil hamil – Linda

Saya ingin membagikan pengalaman kami selama proses bayi tabung, sebagai sumbangan atas web site ini yang telah banyak memberikan pengetahuan dan inspirasi kepada kami.

Kami menikah tahun 2009, memang tergolong baru tapi kami sudah ingin memiliki momongan… akhirnya setelah 8 bulan menikah kami memutuskan untuk ke dokter spog buat program hamil…. di sana saya di kasi vitamin sampai obat hormon buat memperbesar telur dsb tetapi setelah 2 siklus mens tidak berhasil juga…akhirnya dokternya menyuruh suami untuk tes sperma dan dari sana di ketahui suami Azoospermia, pertama tau rasanya susah di percaya dan susah sekali untuk menerima…. suami tes sampai 2 kali buat pastinya ternyata dua-duanya hasilnya tetap Azoospermia.

Setelah itu saya mencoba nyari berbagai informasi melalui internet ttg Azoospermia dan ketemu website ini, dari sini saya banyak mendapat info ttg Azoospermia dan jalan keluarnya. dari website ini juga saya tau dr aucky hinting (RS Siloam Sby) kebetulan lokasi saya dekat akhirnya saya dan suami memutuskan buat periksa ke dr aucky…

Pertama konsultasi kami menunjukkan hasil lab suami ke dokter, setelah konsul dokternya langsung menyuruh untuk tes hormon dan setelah tes di ketahui ternyata hormon FSH suami tinggi …. disana dokternya sempet bilang kalo FSH tinggi berarti tidak ada penyumbatan dan kemungkinan di pabrik juga tidak ada sel spermanya … disana kami sempet down banget… sepertinya harapan buat ada momongan jadi pupus semua… tetapi dokternya bilang kalau suami coba di kasi obat hormon dan antioksidan selama sebulan dan di lihat hasilnya …

Setelah sebulan suami tes sperma lagi… malamnya kami konsul dan disana di kasih tau hasilnya kalau ternyata sudah tidak Azoospermia lagi… spermanya ada keluar tetapi sedikit dan sangat lemah…. jadi di sarankan untuk BT karna tidak mungkin untuk normal ataupun insem dan juga di sarankan untuk tidak di tunda … karena kami memang sudah ingin memiliki momongan kami pun langsung memutuskan ikut BT di dr aucky.

Pas tanggal 5 jan pas mens hari kedua, saya dan suami cek darah semua .. bersyukurnya saya semua normal jadi malam itu juga kami diberi penjelasan bahwa kami bisa langsung pakai metode short protocol, dengan biaya awal 36 juta, kelebihan dosis obat akan dikenakan tambahan biaya..

  • tgl 6 jan saya mulai di beri gonal f sebanyak 2 ampul selama 4 hari (sampai tanggal 9 jan)
  • tgl 10 jan pagi di usg untuk mengetahui jumlah telur,saya ada 10 telur di kanan dan 2 telur di kiri. waktu itu uk nya cuma 9 mm padahal yang dibutuhkan min 18 mm jadi dosis Gonal F ditambah menjadi 2.5 ampul
  • Tanggal 14 Jan kembali dilakukan USG, telur kanan cuma ada 5 dengan uk 11 mm dan kiri ada 3 dengan uk 12 mm dan dosis gonal F tetap 2.5 ampul di tambah cetritode untuk 3 hari (cetritode untuk menahan supaya telurnya ga pecah karena hormon saya sudah tinggi)
  • Tanggal 17 Jan kembali dilakukan USG. total telur sudah ada 14 uk antara 14 mm – 18 mm malamnya balik ke RS. siloam lagi, untuk suntik HCG 10.000IU.
  • Tanggal 18 libur tapi musti puasa untuk besoknya dilakukan OPU.
  • Tanggal 19 OPU… kita dateng sejak jam 6 pagi. Rasanya tegang banget jadi kami berdoa untuk yang terbaik…
    Sekitar jam 8 lebih selesai OPU, Lalu diketahui kalau total telur yang diambil ada 17 buah, di tanggal 19 ini juga suami ambil sperma, untuk disuntikkan ke telur yang sudah diambil (kami memakai metode icsi).. pas pertama ambil sempet spermanya Azoos lagi (sempat deg2an sekali kalo sampe Azoos lagi gimana) 2 jam kemudian sperma suami di ambil lagi dan sangat2 bersyukur akhirnya bisa juga ketemu 17 buat sel telurnya setelah itu saya diberi obat Crinone (mengandung progesteron yang penting untuk kehamilan) sebanyak 5 kali
  • Tanggal 24 adalah hari yang menegangkan, karena waktunya ET, kita nungguin dokter sambil deg2 an… setelah dokter dateng, kita dipanggil, dan di kasi tau kalau dr 17 telur. tinggal 6 yang jadi embrio yang bagus, jadi 3 embrio di masukkan dan 3 lagi di freezing.. setelah itu saya pun ET dan memang masuknya embriyo sangat mudah tidak seperti pas OPU…selesai ET saya di suruh baring sampai 5 jam setelah itu saya langsung balik ke Hotel.

Dan hari ke 4 setelah ET saya balik ke kota saya sempet khawatir dan was-was karena saya naik mobil jauh juga, tapi oleh susternya sudah diperbolehkan.

Selama menunggu 2 minggu saya isi dengan banyak istirahat, tdk kerja berat tapi masi ada keluar buat beli makan, nonton, belanja tapi ga lama2 dan saya juga tidak bedrest.

Tiba tanggal 04 februari untuk test darah. jam 7 pagi saya ke rs buat ambil darah untuk cek HCG setelah itu balik ke hotel. jam 12 siang saya telp ke rumah sakit dengan perasaan yang sangan tegang dan deg2an akhirnya saya di kasih tau kalo saya positif hamil dengan HCG 141.3….

Sungguh pengalaman yang luar biasa, karena benar-benar disinilah kita di uji.. Buat temen2 yang masih berjuang, Good Luck yah 🙂 terus berdoa dan berjuang ^^.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (7 votes, average: 3.29 out of 5)
Loading...

140 thoughts on “Suami Azoospermia, akhirnya berhasil hamil – Linda

  1. raditya

    selamat mbak Linda,
    pengalaman yang sama saya rasakan hampir 3 tahun yang lalu. sekarang anak-anak sudah 1,5 tahun. dengan kasus yang nampaknya mirip2.

    selamat ya mbak, selamat menikmati waktu2 yang fantastis ini.

  2. fransiska Lasma

    betapa bahagianya ya mba linda, moga 2x lancar n sehat ampe lahiran, kapan ya sy maerasakan seperti yg udah pd berhasil menjd seorang mom, pengen rasanya sy ikut program bt, tp dananya blm mencukupi, tp sy percaya kl Tuhan sdh berkehendak entah bgmn pun caranya akan di lancarkan, masalah dana, atau tindakan akan Tuhan atur, krn Tuhan yg tau yg terbaik buat anakNYa

  3. Yenni

    Selamat ya Linda atas keberhasilan bayi tabung nya, semoga kehamilannya lancar sampai melahirkan bayi yang cute dan sehat.

  4. Linda

    makasih ya teman2 doanya…semoga bisa lancar sampe lahir…tanggal 24 ini mau usg pertama (deg degan juga ni ^^)

  5. big.fat.posi(+)ive

    Congrats ya linda…have a smooth 9-months ahead :). Please share your baby dust to me…:)

    suami saya nggak azoospermia, tapi motility & morphology-nya rendah banget. jadinya kita disaranin IVF-ICSI sama dokter. saya sekarang lagi 2WW…tepatnya 5dp2dt. rasanya pengen buru-buru blood test, hihihihi.

  6. Yanti

    Selamet mba Linda, Moga kehamilannya lancar…
    Salam kenal mba, kebetulan kasus kita sama, suami juga di vonis azoospermia, dan dokter kandunganku dah memvonis kami akan sulit untuk memiliki keturunan bahkan lewat BT sekalipun,karena tidak ada sperma di suamiku.. tapi begitu baca pengalaman mba Linda n yang lainnya yang punya kasus yang sama, Alhamdulillah harapan dan semangat jadi tumbuh lagi..
    Mba, kalo boleh tanya, usia mba linda dan suami berapa yah?. Lalu saat pengambilan sperma suami, itu dilakukan secara ejakulasi seperti biasa ato dengan diambil dari pabriknya PESA / TESA)?..
    Thanks mba Linda

  7. vincy

    selamat y Linda.. gmn hasil usg hari ini?? moga2 lancar ampe lahiran y.. suami sy jg azoospermia.. qta d bandung berencana mo bayi tabung jg, qta masih survey n blon mutusin mo ambil dmn.. penasaran ama yg d surabaya.. kira2 berapa y abiz nya ama hotel n transport?? truz linda nginep nya d hotel mana?? ama rs siloam seberapa dekat?? nginepnya berapa lama?? thanx bgt y buat sharingnya..

  8. thasa

    sebelumnya selamat ya linda..semoga linda dan calon bayi selalu diberi kesehatan..aminn..
    salam kenal linda, lin aku mau tanya untuk 36 juta apa ada penambahan biaya lainnya..trima kasih

  9. Gusti

    @Linda : Congrats buat kehamilannnya ya mbk.., moga sehat n lancar sampai waktunya melahirkan nanti. Boleh tau alamat email mbak, saya mau tanya2. Tks b4

  10. rahmaputri

    sis linda

    congrats sis linda,..ak juga berobat ma dr Aucky, pengen ngrasain apa yg sis linda alami..aku uda merrid 3 th, di cek hasil USG, HSG bagus, sperma jg 36jt jd dr aucky nyaranin ak alami dulu atau kalo mau insem dulu,,masi dilema jdnya,..
    O iya sis biaya 36 jt itu include ma ICSI kah?
    makasi sis

  11. Linda

    @ sis Yanti :
    Makasih yah sis… usia saya 26 dan suami 27 …sperma suami ambilnya dengan ejakulasi sis karna emang ga ada tersumbat cuma karna FSHnya ga normal jadi kadang ada produksi kadang ga ada dan emang uda konsumsi obat hormon dan antioksidan selama 2 bulan..saran saya sih di priksa aja dl azoosnya karena apa…baru bisa mengambil keputusan buat pengobatannya..

    @ sis vincy :
    hasil usgnya sih bagus sis…keliatan 1 kantong janin berarti 1 baby :)makasih yah sis..kalo di surabaya dengan dr aucky perkiraan biaya awalnya 36 juta (dengan metode icsi) tapi kalo mis obat suntiknya nambah,biayanya bisa melebihi itu…. (kalo saya jadi sampe hamil itu sekitar 40 jt,itu blm hotel dan transport…saya nginapnya di surabaya town square lumayan jauh si dr rs, tapi karna tempat saya kan cuma 1 jam perjalanan dr sby dan nginep cuma beberapa hari jadi di hotel…kalo sis jauh,di deket rumah sakit ada kos2an koq sis khusus buat yang ikut BT (1 bln kurang lebi 2- 3jt)

    @ sis thasa :
    makasih yah sis :)salam kenal juga…biaya 36 itu perkiraan awal sis ,kalo misalnya ada tambahan dosis obat maka biayanya pasti nambah sis… dan juga kalo embrio kita banyak mau di bekukan itu belum termasuk di dalamnya

    @ sis rahmaputri :
    semoga bisa menyusul saya yah sis 🙂 kalo emang sis uda pengen punya momongan napa ga coba di insem aja sis…tapi kalo memang masi mau nunggu ya bole coba alami dl 🙂 iya sis…itu metode short protocol pake icsi kalo tanpa icsi di kurang 3 jt aja sis… (icsi itu biayanya 3 jt)

    semoga bisa jadi masukan teman2 semua yah^^

  12. rahmaputri

    sis linda

    waaa kebetulan umur kita n suami samaan sis, aku 26 n suami 27 th jg..semoga rizki dapet baby jg samaan ya 🙂 ku rencana memang selasa kmaren kontrol lagi, cuma karna ku sakit jd batal deh,,soalnya ku dari luar surabaya jg,,di magelang tepatnya,,cuma kita mutusin berobat ksana cause ortu dinas di sby..lmayan ada tempat tujuan..kabar-kabar ya sis kondisi babynya,,kayanya bln depan mau coba insem doain ya sis, semangat!!!

  13. Linda

    sis rahma,

    wahh koq bisa sama yah…ya saya doain ketularan dpt babynya ^^ iya, mumpung ada di sby…katanya sih dr aucky ini lumayan terkenal dan banyak yang berhasil di tempat dia 🙂 semangat yah sis

  14. Melly

    Congrats ya linda bwt kehamilannya, moga sehat dan lancar sampai melahirkan nanti..
    boleh tau alamat email kamu? tks.

  15. Febri

    Linda, selamat ya.. seneng banget baca kisahmu yg cukup dramatis itu hehe..
    Btw, aku jg lg jd pasiennya dr Aucky nih, disaranin ikut BT juga. Tp setelah dijelaskan prosesnya, jd takut juga. membayangkan proses OPU yg katanya ngga dibius itu..
    Kalo pengalaman Linda gmn, sakit banget ngga?

  16. evi tobing

    waoooooooo……aku ga bisa bilang apa2….kecuali amazingggg…soalnya ini pertama kali IVF dengan kondisi sperma bermasalah……
    Saya sudah mencoba 2 kali IVF dan 1 kali thaw cycle (memanfaatkan frozen embryo yg ada)..plus beberapa kali inseminasi…dan belum berhasil…

    Selamat ya….semoga banyak lagi di web site ini yang menceritakan kehamilan nya sehingga tetap meng-inspiring kita semua yg menantikan kehamila sehat sampai melahirkan….

  17. Yudi

    Selamat y Linda..Aku jg pasien dr Aucky,, tp IVF I blm bhsl. Obat hormon dan antioksidan yg dberikan namanya apa y? Suamiku oligo astheno..sdgkn aku produksi sel telurnya sgt sdkt karena umur udh 36. Sharing ya Linda. Tq

  18. fang

    Salam kenal….hallo teman teman semua,,,saya mau bebagi pengalaman aja..saya sudah menikah 7 tahun tapi sama sekali belum pernah hamil.terakhir saya cek tgl 28 feb 2011 hsg tuba kiri tersumbat dan tuba kanan bagus.trus suami cek sperma bagus ga ada masalah.ntr mens ke 2 di suruh cek hormon ,kata dokter kalo sperma ga masalah dan tuba kanan bagus mungkin masih bisa ikut program alami ato program inseminasi.saya bingung juga kalo bisa kenapa samapi 7 tahun ga hamil.kalo ikut program dokter saya pernah ikut 6 bulan ga ada hasil.saya bingung nihh bagusnya bagaimana ya,,,,kalo teman2 punya kasus yang sama bisa kasih mmasukan.tq ya

  19. Linda

    @ Febri
    makasih yah^^ ga usah takut sis, kan demi buah hati ^^ emang opu agak sakit (kalo saya yang kanan ga sakit, ga merasa apa2 malah, yang kiri ovum saya agak tinggi jadi pas ambil kayak senut2 gt dan pas uda selesai perut kayak agak sakit di bag kiri tapi cuma sehari koq sis

    @ evi
    iya sis, jangan menyerah yah…. tetep mencoba selagi masi ada kesempatan…pasti suatu saat akan di kasih 🙂

    @ Yudi
    makasih sis, kalo suami aku di kasi proviron ama antioksidannya lupa namanya (semacam vitamin E gt sama ada vit2 lainnya) sehari sekali minum 2 macam itu sampe 1 bulan spermanya keluar 0.2 % walau cuma dikit tapi mending banget drpd sebelumnya azoos sis

    @ Fang
    salam kenal sis. saran aja sih sis kalo emang uda pengen banget momongan dan uda ada persiapan materi kenapa ga coba IVF aja …semoga ada teman2 yang bs sharing ke sis yah

  20. anggun

    selamat ya mbak Linda,,Alhamdulillah dah berhasil..
    sy juga pasien dr. Aucky,disarankan BT jg tp msh awam dan ragu,,stlh bc pengalaman mbak,,jd semangat,,berguna banget buat kami,,tks ya..mhn doanya agar kami juga diberi kelancaran dan cepat punya anak..Amin

  21. Linda

    mba anggun,
    senang sekali kalau pengalaman saya bisa berguna buat teman2…. semangat ya…dan terus berdoa juga berusaha ….semoga lancar ya programnya dan bisa menyusul…. 🙂

  22. anggun

    mbak Linda,,jd awal januari 2011 kmrn ya bru hamilnya? itu prosesnya kayaknya mudah dan cepat ya mbak? dr awal tes darah ampe positip cm 1bulan ya? krn kmrn sy juga ketemu ama pasien lainnya,,dia dikasih obat penyubur dulu 1bulan,,blm disuntik gonal f. Kl diliat dr usia juga masih muda banget ya mbak 26thn,,sy takut krn dah 32thn,,kira2 bs lancar gak ya?heheh…hhmm..

  23. Linda

    Mba anggun,
    tanggal 4 januari itu mens terakhir…tau hamilnya tgl 4 feb (umur kandungan 1 bulan mba) emang cepat mba kalo short protocol ( 1 bulan uda tau hasilnya) kalo long protocol 2 bulan mba…1 bulan di kasi obat subur / obat hormon (itu kalo hormonnya kurang seimbang dsb) ya 26 termasuk masi muda kata dokternya tapi 32 juga ga termasuk susah koq mba…ada yang umur 43 juga yang ikut jadi jangan patah semangat mba 🙂

  24. Elis

    Hai,linda..selamat ya atas kehamilannya..
    Mau tanya dong,apa yg drasa setelah ET?ad bercak2/spotting gt ga?ak jg post ET hr ke-5.jd pengen tau kalo yg jd hamil sm yg ga rasanya gmn?pengen bgt hamil nh,udh 4th married soalnya..
    Ada yg pernh punya atau tau pengalaman dg mini stimulasi IVF dan berhasil ga?boleh dong share..
    Thanks..

  25. Linda

    Makasih yah 🙂 kalo aku setelah ET sih cuma merasa kembung aja…selain itu ga merasa apa2…. ga ada bercak koq sis (tapi beda2 orang ya, ada yang ada bercak katanya itu penempelan embrionya) kalo jadi ama ngga ga ada rasanya sama sekali sis…. jangan stress aja sis dan banyak istirahat 🙂 semoga berhasil yah

  26. Elis

    Oh gt yah..coba relax,tp tetep kepikiran.mudah2an berhasil ngikutin jejaknya sis linda..amin..smg sehat terus baby yg dkandung ya..

  27. ruth

    salam kenal mbak linda,
    saya ruth di surabaya, kalo ngedenger nama aucky hinting rasanya gimana gitu, kayak kuping panas he he he maklum udah 2 kali melakukan program bayi tabung di sana sampe menguras kantong dan menjual mobil tapi ngga berhasil juga. tapi sewaktu gagal dan kita ingin meminta pertanggung jawaban, eh dianya seperti lepas tangan. bukannya mau menjelek-jelekkan yah tapi kalo dokter tersebut mempermasalahkan hormon kami berdua harusnya dia bisa menghandlenya donk, kan dia dokter andrology, khusus untuk itu dan harus nya mati-matian memperjuangkan uang pasien. beliau tidak bisa merasakan sih bagaimana rasanya menjadi saya dan sudah mengorbankan segalanya. haduh mungkin uang segitu, kecil kali yah bagi dia tapi maaf nih kalo alasan dia adalah bahwa kegagalan setiap pasien yang melakukan bt itu karna belum jodohnya tapi menurut kasus saya, dia belum semaksimal mungkin berusaha melakukan yang terbaik.

  28. anggun

    salam kenal mbak ruth,,
    kl boleh tau,,boleh dong di share apa dan bgm ceritanya dulu BT di Siloam,,apa faktor kegagalannya?
    tks mbak..:-)

  29. ruth

    wah mbak anggun ceritanya panjang,mulai dari mana yah ^.^ tapi yang pasti kata beliau alasannya karena aku orangnya gemuk,yah gimana ngga gemuk yah,aku kan berobat kandungan ini bukannya setaon dua taon tapi hampir 10 taon jadi kebanyakan di suntik hormon dan nafsu makan jadi tinggi kalo udah gitu,susah deh ngurusinnya.nah karna obesitas tersebutlah jadinya sel telur susah keluar banyak dan kalopun ada yang keluar,susah besar ukurannya,terpaksa harus di suntik obat pembesar sel telur.kalo rahim sih kata dokter kandungannya bagus bentuknya tapi waktu aku tanya pas kegagalan pertama,kenapa tidak bisa menempel ke dinding rahim,dia ngga menjelaskan semengerti mungkin bahkan yang kedua kalinya sewaktu gagal bt nya lagi,eh dia nya malah ngga ada,di gantikan dengan dokter lain,yah sesibuk-sibuknya dia di luar sana,dia kan harus tetap bertanggung jawab atas kerjaannya,bukan menyalahi aku yang obesitas.

  30. anggun

    dear Linda,,,
    bgm kbr dedek bayinya? sehat??heheh…mau tanya neh,,
    1.ada masalah gak ya buat rahim retro jika pengen program BT?
    2.waktu tes darah pertama kali dah termasuk tes TORCH dll blm?
    3.bisa ketahuan kena PCO , OHSS, apa dr hasil tes darah pertama ya?
    tq ya mbak Linda for share nya..

  31. Linda

    dear anggun,
    halo…baik2 aja sis 🙂 uda kedengaran detak jantungnya 🙂
    1. kalo rahim retro sih sebaiknya kasih tau dokternya biar pas ET ga susah….
    2. tes darah uda termasuk Torch koq sis tapi nanti kalo positif hamil ya dtes lagi 🙂
    3. ketahuan PCO, kalo OHSS ngga bisa …pas tar di suntik obatnya sampe uda OPU biasanya baru ketauan OHSS apa ngga
    sama2 sis^^

  32. Linda

    dear anggun,

    ngga sis…kebetulan saya semuanya normal..cuma ovum sebelah kiri agak tinggi jadi pas ambil yang kiri agak sakit, kalo yang kanan ga terasa apa2 sis 🙂 kalo saya si ga ada flek atau apa2 abis OPU cuma perut agak snut2 ama kembung 🙂

  33. anggun

    dear Linda..
    1. sebelum dan selama program, ada yg dikonsumsi khusus gak sis,,spt putih telu 6btr/hr? bgm dgn aktifitas sblm OPU, masih aktif atau banyakin istirahat?
    2. 5hr setelah ET bener2 bedrest atau pernah turun dari kasur sis, maksudnya bgm dng (maaf) BAK dan BAB setelah ET?
    3. selama 2minggu setelah ET apa masih kontrol ke dokter ?
    tq ya sis..:-)

  34. Linda

    Dear anggun,
    1 dari mulai suntik aku sih makan telur rebus yang putih (telur ayam kampung) sebanyak
    3 btr aja…sebelum OPU si kegiatan aku spt biasa masih kerja 🙂
    2 setelah ET ak ga bedrest total koq, malah masi ada jalan ke mal buat makan….kan
    hotel tempat aku tinggal bawahnya mall….bak ama bab biasa aja, cuma closet duduk 🙂
    3 3 hari stlh ET suntik obat penguat…abis itu nunggu 2 minggu dr ET da tau hasilnya 🙂

  35. Elis

    Halo semua..

    Ternyata hasil nya ak dinyatakan negatif karena bhcg ku cuma <0,1,sedih bgt rasanya.pdhl slm dr et smp cek,ga ad flek atau perdarahan sm skali.hr ini ak br keluar mens,tp anehnya darah mensku kayak berupa jaringan daging yg hancur gt.apa mgkn sbtlnya embryonya sdh menempel ya?ad yg pernh mengalami ini ga?thanks..

  36. anggun

    dear linda…
    sis,,kmrn sempat akupuntur gak? dmana tempat akupuntur yg baik di sby? tq ya sis..:-)

  37. Linda

    Dear Elis,
    sis yang tabah ya…kemaren ada embrio freezingnya ga?

    Dear Anggun,
    kemaren ga akupuntur sis… jadi kurang tau kalo itu 🙂

  38. Elis

    Dear linda..
    Ga ad sis.kmrn embrioku cuma 1.makanya harapanku cuma satu2xnya it,tp gagal pula..bener2 bikin dunia rasanya hancur dh.nangis bombay sharian..mesti nabung lg dh kalo mau coba bt lg..plus siapin mental lg.soalnya ini udh bt ku yg ke-2.yg pertama smpt hamil,tp janin ga bkembg minggu ke-8.

  39. Linda

    Dear Elis,
    oh …yang sabar yah sis, jangan pernah putus asa dan tetep semangat…banyak berdoa sis…kita berusaha tapi tetep yang atas yang tentukan. kemaren sis nyobanya sama dokter sapa sis?

  40. rani

    Dear all,

    Saya sekedar nimbrung untuk mengkomentari komentar mbak Ruth,

    Saya juga berobat infertilitas lebih dari sepuluh tahun.. Batab 1 dan 2 gagal total.. Akhirnya pada batab ke-3 bulan desember 2010 di siloam berhasil.. Kalo dokternya mengatakan kita obesitas yah mungkin memang kita harus mawas diri bahwa kita memang obesitas dan itu mempengaruhi sel telur kita.. Toh itu untuk kebaikan kita sendiri…

    Saya rasa dokter Aucky sudah meperjuangkan semaksimal mungkin..Selama kegagalan yang pertama dan kedua saya rasanya sakit.. Saya tanya kenapa.. dokter juga tidak bisa menjelaskan.. akhirnya saya baca-baca sendiri dan memang banyak kasus batab di luar negeri juga tidak bisa dijelaskan…Pada waktu batab ke-3 akhirnya saya pasrah.. Akhirnya saya hamil juga.. Saya rasa semua itu terjadi menurut kehendakNya…Kalo mbak belum berhasil.. Mungkin mbak saja yang belum diberi kesempatan oleh Tuhan .. Gimana gimana dokter kan bukan Tuhan.. kita dan dokter sebagai manusia berusaha.. sisanya serahkan ke Tuhan..
    Dan waktu ET dan konsultasi terakhir pada batab ke-3, saya ditangani dokter lain di siloam.. saya juga hamil-hamil saja…

    Saya juga dari ekonomi yang pas-pasan.. dimana biaya batab menurut saya juga uang besar.. dan saya hanya mampu ikut di siloam karena di tempat lain sudah terlalu mahal.. Jadi kalo dibilang dokter aucky tidak bertanggung jawab dan tidak memperjuangkan uang pasien itu salah besar.. Apa mbak ruth pernah membandingkan harga obat di dokter aucky dengan klinik atau apotik lain.. Sebagai info, obat suntik paling murah di dokter aucky.. Kalau dokter aucky tidak memperjuangkan uang pasien apa jadinya nasib saya yang ekonomi pas-pasan.. mungkin batab dan punya anak hanya angan-angan saja..

    Jadi mbak Ruth… tidak perlu menyalahkan dokter aucky maupun dokter lainnya… yang penting pasrah pada Tuhan.. Mungkin mbak Ruth belum waktunya.. Mungkin Tuhan punya rencana lain untuk mbak.

  41. Elis

    Dear linda..
    Tq Sis..maaf br bls.kmrn2 msh berush bt ngilangin sedih.ak kmrn sm dr.ivan bunda.ad saran ga sis,apa mesti ganti dktr yg lain?atau tetep lanjt dg dktr yg sama?Ak prnh dgr ktnya ad paket ivf yg garansi smp hamil,tp ga tau dimana.ad yg tau ga?ktnya dhtgnya berdasarkn perkepala by yg lahir?ad yg tau?atau cm gosip aj ya?

  42. Linda

    Dear Rani,

    Selamat ya untuk kehamilannya…semoga kita bisa lancar sampe lahiran yah… bayinya kembar ga sis?

    Dear Elis,
    Gpp sis, kalo dari yang aku denger sih di surabaya siloam ni lebi banyak yang berhasil sis dan banyak juga yang kembar… kalo paket ivf garansi sampe hamil saya lum pernah denger sis…mungkin ada info dr yang lain 🙂

  43. Nia

    Dear Linda, salam kenal dan selamat yah atas kehamilannya….mudah2an lancar sampai persalinan nanti.
    Ngomong2 selama proses BT ini kamu tetap rutinitas bekerja yah?

    Elis, salam kenal juga….apakah sekarang masih berobat ke dr. Ivan….soalnya aku juga berencana mau program BT sama beliau.

    Yang sabar ya sista

  44. Linda

    Dear Nia, salam kenal …makasih yah^^ selama proses BT ak cuti 2 minggu sesudah ET…selain itu tetep kerja 🙂

  45. ruth

    buat mbak rani,

    saya bukannya mau menjelekkan dokter aucky tapi masalah nya beliau terlalu menggampangkan, itu yang saya katakan beliau tidak maksimal. dia sebenarnya sudah tau masalah saya di mana tapi dia tidak mau menjelaskan lebih detail rangkaian program batab. saya melakukan batab bukannya sekali loh mbak tapi dua kali dan yang kedua kali juga dia menambahkan ampul tetapi meskipun begitu saya masih belum merasa puas apalagi setelah yang kedua kalinya dia tidak hadir dalam test HCG saya, malah diwakilkan ke dokter lain, yah sesibuk-sibuknya dokter tapi seharusnya beliau bisa ada waktu itu dan harus bisa menjelaskan dimana kesalahannya. bahkan nih yah mbak, beliau pun tidak memberitahukan apa pantangan-pantangan dan apa yang harus dilakukan setelah ET. skrg saya banyak membaca, yah istilahnya belajar dari pengalaman teman-teman di sini, bagaimana seharusnya supaya bisa ada keturunan, kalo saya bisa hamil normal, ngapain saya harus ke dokter kandungan buat program. saya mengatakan ini karna saya juga melihat teman saya yang sudah berhasil batabnya tahun ini dan kalau di banding-bandingkan dengan program saya dulu rasanya dengan kasus saya yang dulu beda jauh penanganannya.

  46. dillah

    Salam kenal buat semua.. selamat buat mbak Linda dan Mbak Rani yg sdh hamil, Semoga sehat sampai persalinan nanti.. saya dan suami jg sedang berikhtiyar untuk mendapatkan buah hati. usia kami 30 th, menurut dokter dan hasil HSG keadaan sy baik2 saja tp memang kualitas sperma suami sy tdk bagus bahkan tdk ada yg bergerak. Sy telah mencoba insem satu kali dg dr.karel, menurut dia kl belum berhasil maka akan di hydroturbasi. Tolg buat temen2 yg mgkn tahu, apakah kl akan progrm BT jg diperlukan hydroturbasi? Buat yg pernah BT dg dr. karel tolong dong bagi2 infonya ttg tahapannya, obat suntik apa oral ya? karna kl kmrn insem dg dr. karel pake obat oral..

  47. Novi

    Dear mbak linda,

    congrats ya mbak untuk keberhasilannya,,,, membaca cerita mbak linda, saya jadi tertarik juga dengan proses BT. Suami saya juga mengalami azoospermia. Kami belum pernah mencoba bayi tabung dan berniat mencobanya, hanya masih bingung mencari dokter yang tepat, maklum mengingat biaya bayi tabung yang katanya tidak sedikit. Mungkin bisa di share mbak terkait dengan proses lengkapnya dan biaya yang harus dikeluarkan untuk proses cek samapi dengan proses bayi tabung. Jujur saja saya sedang bingung untuk memilih dokternya, karena saya dengar dokter Ng Peng Wah yang di Penang juga cukup bagus. Mohon sarannya ya Mbak. Tq.

  48. Linda

    Dear Dillah,
    makasih ya doanya 🙂

    Dear Novi,
    makasih 🙂 untuk prosesnya sis baca di postingan saya di atas da lengkap koq sis 🙂 untuk total biayanya 42 jtan sis…tergantung obat yang kita pake (tiap org beda) …bisa lebi banyak dr itu ato sedikit.kalo yang penang saya kurang tau sis (lum pernah coba) dr aucky surabaya ini lumayan sis banyak yg berhasil di dia dan biaya dia cukup murah dibanding2 yang lain

  49. Elis

    Dear linda..
    BT di siloam surabaya ya?duh,jauhnya it ga tahan.ak d jkt,kl mesti k sby kynya jauh bgt.tktnya malah depresi krn jauh dr suami.tp emg perlu dpikirkn lg krn dsana biayanya kynya lebih murah daripada yg lain.apalg kalo bt lg,ini yg !ke-3.mksh saran2 dn supportnya ya linda..btw,udh berapa bln skrg?kpn taksiran lahirnya?smg ibu dn bynya sehat ya..

    Dear nia..
    Hai nia,salam kenal jg.ak saat ini lg libur dl k dr.ivan.kalo mau bt lg pun mgkn nunggu 3 bln atau lbh dulu.plus ngumpulin duit dl.scr di bunda kn ga murah bt nya.kl dr.ivan sndr,sbnrnya beliau bgs.cm skrg udh byk pasiennya,jd kdg agak susah bt janjinya n jd cpt dlm pemberian penjelasan.kpn mau mulai program?ini progrm yg kbrapa?pake metode apa?sukses ya..

  50. Linda

    Dear Elis,
    ya kalo di hitung2 ke sby sama di jak sama aja habisnya sis…cuma sby habisnya ya di kos ama ongkos…dr pengalaman temen2 dr jakarta. 🙂 sama2 ^^ sekarang si 3 bln jalan 4.. makasih ya sis^^

  51. rahmaputri

    Hellu sis linda..ak n suami mutusin mau insem di dr aucky..buat temen” yg lain, ada yg tau ga brapa kira” biaya yg dibutuhin..makasi share nya

  52. jasmine

    Dear LINDA,

    Salam kenal ya & congrats utk kehamilan nya smoga lancar n sehat semua nya. waktu nunggu hasil ET slama 2minggu itu apa ada2 tanda khusus terjadi kehamilan ? mungkin mual, pusing ato gmn rasa nya ? tlg share ya…krn aq jg lg nunggu hasil nya. ET tgl 4 april…

  53. maria

    Dear Linda,
    selamat ya Mba Linda, suamiku juga fsh-nya tinggi banget dan azoos. udah di dr aucky 2bulan tapi belum ada perkembangan.boleh tau gak fsh tinggi suamimu dulu riwayatnya kenapa??jadi biar aq masih bisa untuk berharap mjd Mom dan menjadi kenyataan.tq

  54. Dillah

    dear mba Linda..
    aku lg istirht stlh kemaren gagal insem, aku mau ty persiapan mb linda sblm BT apa aja, ky makanan atau kegiatan apa aja yg dilakuin? ceritain dong mba, buat masukan kita2 yg mgkn akan menjalani BT..
    Semoga sehat selalu ya..
    Thx mba..

  55. Linda

    Dear Jasmine..
    Salam kenal 🙂 makasih ya….selama nunggu sehabis ET ga da tanda apa2 sis selain kembung karna obat suntik penguatnya ….ga ada mual pusing juga ^^ jangan kecapean dan stress aja sis … semoga berhasil ya…kabar2i yah sis 🙂

    Dear Dillah..

    kalo ak persiapan sih ga ada sis…cuma begitu mens hari ke 2 langsung mulai program aja….

  56. jasmine

    hai Linda,
    makasih reply nya ya. kl aq akhir2 ini ngrasa mual n bawaan nya laper terus, kl kembung udh dr awal dpt suntikan sampe hari ini heeheeee….

  57. anggun

    dear sis jasmine,,salam kenal ya..
    kmrn BT di Siloam juga? dr awal program sampe sekarang ada dikasih tau dokter atau mungkin ada pantangan makanan gak sis? semoga berhasil ya programnya 🙂

  58. jasmine

    dear anggun,

    salam kenal jg, Amiiin makasih doa nya…aq BT di BIC Menteng sm Dr Taufik. pantangan nya Durian, Nenas, Pempek, coklat, teh, kopi n No Sambel…yg enak2 jd pantangan heeeheee

  59. anggun

    itu aja ya pantangannya? sblm program gpp khan dah rutin minum susu kedelai ama susu anmum? minggu depan terima rapor ya?? brp kmrn yg ditanam sis?

  60. Dillah

    hello rahmaputri..
    awal maret kmrn sih aku insem sm dr. karel, aku total dr pemeriksaan awal mpe ketauan negatif :< itu sekitar 10 jt.. satu bulan pertama dikasih obat2 ky anti virus gt, baru bulan dpnnya masuk program dikasih obat untuk hormon2gt deh..

    mba linda..
    mksh reply nya.. wah jd mgkn yg penting jgn stres aja kali ya sis, pdahal kdg susah bgt biar ga stres aplg kl dah mo trima rapot bawaannya dag dig dug mulu hehe..

    buat jasmine/anggun/dan yg lain yg lg nunggu rapot smoga positif ya..
    ditunggu share nya ya..

  61. rahmaputri

    sis dillah..
    makasi ya infonya, tetep semangat sis, pastikan indah pada waktunya.. terus dlm wktu dekat ini sis mau program bt kah?
    kalo ak baca” di web ini di dr karel biaya lbh murah dibanding tempat lain ya?cause pake oral, mmm biaya insem sis dillah besar jg yaa,,duh kalo di siloam brapa ya??temen” yg lain ada yg tau ga brapa?kmrn ku sempet tanya susternya, cuma kurang bgtu jelas, aga” pelit informasi..

    sis linda..
    makasi sis supportnya..semoga rahma ngerasain jg tu mual” heheheee

  62. Linda

    Dear jasmine,
    bagus donk mana tau itu tanda2 awal sis 🙂 saya 2 hari sebelum hari tes sempet coba testpack tapi masi negatif sempet down hehe…bagusan jangan coba sdr dl de 🙂

    Dear Dillah,
    iya sis kunci utama jangan stress tapi itulah yang sangat susah…cari kegiatan buat lupain sis 🙂

    Dear Rahma,
    ya di doain aja 🙂

  63. Dillah

    dear rahmaputri
    skrg lg istirahat sebulan, syukur2 kl malah bs dikasih alami hehe… ngarep bgt.. kl blm jg sih rcna mau ikut BT, mgkn nerusin sm dr.Karel RS.Abdi Waluyo tp rcna pgn minta yg ICSI aja, kmrn dah ngobrol ktnya bs tp nanti tindakan di Bunda.. mmg kl dgn dr.K menggunakan obat oral jd lbh murah, ktnya kl IVF 20jt dan ICSI 27 jt. Kmrn waktu insem tindakannya sih cm 3jt an, tp kan sebulan seblmnya pake obat2terus, belum lg buat obat hormonku dan suami ku jg byk dikasih obat jg buat kualitas sperma jd abisnya jd 9jt lebih deh.. mgk akan beda perkasusnya..
    Semoga giliran kita ga lama lg.. 🙂

  64. jasmine

    Dear Linda N Friends,

    hari ini Senin tgl 18 April adlh hari yg sangat panjang bagiku menunggu ‘Hasil Raport’ stlh 2 minggu ET. Pagi jam 9.00 aq ke Bunda utk cek kehamilan n Darah. pertama cek urine, menunggu hasil sekitar 30mnt. stlh terima dr Lab. aq baca kl “Negatif”, a bit shock tp msh ada harapan dng menunggu hasil darah. info dr Lab. kl hasil darah sekitar jam 2-4. duuhhhh tegangnya hari ini sampe ngga bs konsen kerja tp aq terus berdoa & berserah diri sm Allah krn DIA yg tau apa yg terbaik utk ku. Tepat jam 16.01 ada SMS dng info Bhcg ibu 211.7 jadi Positif ! Subhanallah aq n suami lsg sujud syukur di kntr masing2 heeeheee haru, bahagia pokok nya campur aduk…perjlnan ini msh panjang 9 bln, biarkan Allah yg menjaga nya krn hanya DIA sebaik2 Penjaga & pelindung bagi keturunan kami. utk temen2 semua nya ug sedang berusaha, smoga Allah jg mengijabahi keinginan kalian utk punya momongan. CHEEERRRRSSSS

  65. anggun

    selamat ya bt jasmine,,Alhamdulillah,,semoga keberhasilan dan kebahagiaan menular buat kami,buat semua yg tengah berjuang demi buah hati.

  66. jasmine

    Dear Anngun,

    pasti Allah akan kasih kebahagian yg sama buat kamu & teman2 seperjuangan, yg penting kamu yakin bahwa Allah yg menjadikan sesuatu yg tdk mungkin menjd mungkin…dan menjadikannya indah pd waktu yg tlah DIA tentukan

  67. Linda

    Dear jasmine,
    wah selamat yah…semoga kita bisa lancar2 sampe lahiran ….sama2 jadi moms 🙂 di jaga baik2 yah sis^^

  68. anggun

    dear jasmine,,share dong dr awal kisahnya jika gak keberatan ya,, knp akhirnya ikut BT, selama proses sampai berhasil. Smg bermanfaat jd bekal buat kami2 juga. Amin

  69. franky

    dear mbak linda,

    selamat ya uda berhasil dengan kelahiran bayinya. Kalau dibaca kisah Mbak ini hampir sama dengan pengalaman saya, karena saya juga divonis oleh dokter Azoospermia. Sekarang saya sedang menjalani proses terapi obat selama 2 bulan, dan akan dites kembali untuk tindak lanjutnya. Saya dan istri sangat terpukul sekali dengan keadaan ini dan berusaha bangkit dan terus berdoa dan berusaha.

    Kalau boleh tau, berapa ya biaya total bayi tabung yang Mbak jalani? mulai dari pemeriksaan hingga berhasil?

    trima kasih dan salam

  70. Dillah

    salam kenal sis Jasmine..

    selamat ya atas kehamilannya semoga lancar sampe persalinan, tolg bantu doa untuk kami yg msh berjuang ini..
    sis total biaya dgn dr, taufik brp?
    skrg usia brp?
    maslh nya kl boleh tau apa?
    BT nya pake IVF apa ICSI?

    maap ya nanyanya rombongan, mksh infonya..

  71. Ahmad subandri

    slamat ya mb atas kehamilannya. You are our inspiration….hehehe.
    mb., apa punya info tentang BT di Klinik Teratai Gading Pluit?
    Kalo Azoo, apa proses pesa/tesa bersamaan dgn ET istri ya?

  72. jasmine

    @ Dillah : amiiin…semoga km & teman2 yg laen jg akan diberi kemudahan & kelancaran jk hrs melalui proses BT, InsyaAllah…usia memasuki 35thn, utk total biaya sekitar 66jt (ICSI)

  73. Linda

    Dear Franky,

    makasih, kalo saya total biaya dr awal sampe berhasil lebih kurang 45 jtan …tapi itu harga di surabaya kalo tempat lain mungkin lebi mahal

    Dear Ahmad,
    Makasih yah ^^ seneng bs jadi inspirasi… kalo jakarta saya kurang tau…(mungkin ada yang tau bisa kasi info)kalo azoo biasanya pesa/tesa barengan dengan OPU bukan Et

  74. fhea

    Mb Linda Selamat ya,

    Temans, FSH suami saya juga tinggi, 15, dan azoo juga, Testosteron 311. apakah ada kemungkinan ya ada sperma di pabriknya? karna udah 3 bulan dicek lagi masih azoos.. adakah teman yang azoos FSH nya 15 masih ada produksi spermanya ?

  75. Linda

    Dear Fhea,

    Kemaren FSH suami saya juga 14 koq sis… di kasi obat minum 1 hari 1 kali selama sebulan langsung ada keluar…walau dikit tapi bersyukur bngt bisa buat IVF ^^ jangan menyerah sis…ada yang sampe FSHnya 30 juga masi semangat koq…^^

  76. fhea

    Jeng Linda
    Suaminya ada varikokelnya ndak ? suamiku ada varikokel juga,, lengkap sudah. mudah2an masih bisa ya,, sekarang masih ngumpulin uang berhubung luar pulau musti ngatur waktu juga sebelum ke dr Aucky n masuk bt…
    Mudah2an Allah membukakan jalan dan memudahkan jalan untuk kita semua ya temans Amiiiin

  77. Linda

    Dear Fhea,
    suamiku ga ada varikokel sih sis… ya di konsul aja dl sis…jangan putus asa… tetep semangat ya^^

  78. eva

    to fhea…
    salam kenal, qta sama yaa.. azooz n varikokel juga , cuma sebelumnya suami aq pernah insem 4x dijakarta dg alm istrinya,, rencana saya juga mau kesana dengan suami,, tp, umur saya 31th dan suami 49th,, agak kuatir juga,, aq lum cek apapun planning cek smua aq dan suami langsung di dr. aucky siloam surabaya, coz, beberapa bulan lalu bos sy insem disana setelah 10th nikah dan berhasiL.
    mohon doanya smoga penantian panjang ini berakhir dengan indah.

  79. fhea

    Dear Eva,

    Kalu bole tau, suaminya azoos tapi pernah insem, bukannya kalau insem itu sudah ada spermanya (jadi bukan azoospermia) ya ? Atau dulunya ada spermanya sedikit lalu coba insem, lalu sekarang azoospermia (sperma 0) ?

  80. ariani

    Linda…seneng baca crta kamu…krn kasus yg kualami sama…suami juga azoospermia, bahkan dah operasi varikokel krn dikira ada penyumbatan tp ttp hasilnya oligospermia…sekarang kami lg siap2 tuk ikut BT di siloam..moga2 berhasil spt kamu….makasih infonya, membuat kami semangat

  81. Linda

    Dear Ariani,

    Seneng kalo sharing saya bisa jadi inspirasi dan nambah kekuatan buat temen2 🙂 semoga berhasil dan bisa nyusul saya yah sis…saya doakan de 🙂

  82. fhea

    Dear Ariani,
    Suamiku ada varikokel juga, kalo boleh tau, dulu suaminya grade brapa varikokelnya? ternyata varikokel bisa bikin azoo ya? selama ini dokter kami tidak menyarankan operasi varikokel karna tidak banyak berpengaruh, dan menyarankan langsung bayi tabung. Hormon FSH suamimu berapa ya ?

  83. merry

    Dear linda…
    Aku dari yogyakarta khusus ke surabaya utk konsultasi dengan dr aucky. Sebelumnya di yogya udah menjalani pemeriksaan macem2.dari dokter disana jg menyarankan saya dan suami utk ikut bt. Kasus saya dan suami adalah karena suami saya divonis oligosperma. Jadi kualitas spermanya kurang baik.dan saya juga ada terinfeksi toxo.kemaren tgl 9mei konsul ke dr aucky. Setelah ketemu dengan beliau dan konsultasi, akhirnya aku udah yakin utk menjalani bt dengan beliau,karena dr aucky bilang kasus seperti saya gampang dan mengingat usia saya masih muda (27thn) dr aukcy bilang tingkat kebehasilan 70%. Duh…dengernya aja seneng banget. Mudah2an aku segera menyusul kamu ya. Oh ya… Waktu ditanem embrionya 3 yg jadi satu ya?? Sekarang usia kandungan berapa bulann?? Linda ada pin bb?? Atau ym?? Jadi aku bisa nanya nanya langsung nih.rencana sih setelah lebaran aku ikut btnya. Terimakasih

  84. Linda

    Dear Merry

    halo… ya dr kasus sis kayaknya emang paling bagus kalo BT kalo uda mau cepet dpt momongan… semoga berhasil yah sis tar…. iya saya tanam 3 tapi jadinya 1… usia kandungan uda jalan 5 bln sis^^ pin bb ga ada sis kalo ym ada di vianty_lin@yahoo.com aja yah…

  85. eva

    to fhea..
    setelah cek (dulu).. azoo, lalu ditentukan harus varikokel setelah itu insem melalui operasi icsi (tesa/mesa),, tp, tdk ada harapan,, beliau menjalani insem dg alm. istri pertama sekitar tahun 92-2000.. tp, dengan saya beliau agak trauma dengan masa lalunya, mungkin untuk cek awal saya prefer ke pertamina dulu coz sy lum tahu kondisi tubuh saya sendiri dan untuk keseluruhan cek berdua rencana langsung ke surabaya…
    ada rekomen ga ya untuk cek kesuburan rahim di rs mana???

  86. ariani

    Linda…rencana bulan juni depan kami mau konsul ke siloam sby…saya mau tanya, wkt OPU…itu kita dioperasi ya?.. bius total apa gak?..makasih banyak linda…infonya…

  87. ariani

    To :fhea….
    suamiku varikokel grade 4..kta dr kiri ada 3, kanan besar sekali 1…aku lupa FSH suamiku brp….tp kata dr gak ada mslh sebenarnya dg itu… Dlu suamiku pernah mencapai 6 juta..tp skrg menurun …hbs operasi varikokel jg gak terlihat perubahan drastis…terakhir tes..malah cuma 6000…

  88. Linda

    Dear Ariani,

    waktu OPU ga operasi koq sis, itu kayak usg transv gt… ga di bius juga cuma kasi pengurang sakit aja…. semoga berjalan lancar dan berhasil yah sis….semangat..

  89. nurh gunawan

    selamat y,aq jga lgiprogram bt,tpi dah 2 siklus,telur ku keburu pecah,smntra dkter blang ditunda dlu smpe siklus selnjutnya,moga aq segera diberi kmudahan utk jdi mom,mhon doanya,tq all.

  90. emma

    Saya pingin tau ada ga yg suami azoospemia tp berhasil bt? Suami sy hormon bagus dan semua normal sampe dr memperkirakan tersumbat. Tp setelah di pesa/tesa th 2009ternyata tdk tersumbat. Selama 2010 suami dikasih suntikan, obat antioksidan tp masih azoos. Awal 2011 dia dipesa/tesa lagi tp hasil blm bagus cmn ada spermatid.2 embrio ditanam tp tdk berhasil. Sy pingin tau ada yg mengalami kasus seperti kami dan berhasil bt? Sy akan mengikuti program bt yg ke 2 bulan sep…semoga kali ini berhasil

  91. via

    Emma, kasus kamu mirip2 aku, suami saya juga azoospermia tapi semua hormon normal. Sudah lebih dari 6 bulan sich belom cek lagi apakah ada perubahan karena suami baru keluar rumah sakit abis typus, jadi stamina nya juga belom balik ^^. Saya sendiri ada kista endo 4 cm di kanan, yang sebelah kiri menurut Dr Ivan bagus. Besok mau ketemu Dr Ivan lagi untuk tau apakah ok untuk go ahead dengan bayi tabung melihat kondisi saya dan suami, karena melihat cerita kamu jadi serem juga sebenarnya suami ada spermanya atau tidak.

  92. fhea

    Dear Emma,Via

    Salam kenal Suami saya juga azoos. n Kalau boleh tau hormonnya suami berapa ya? suami saya FSH termasuk tinggi walaupun dihasil lab masih masuk dalam range normal,, dan dari yang saya baca,FSH yang tinggi ini mempengaruhi produksi/tidaknya sperma.

    Emma, ooh spermatid ternyata bisa ya jadi embrio,, kalau dari yang pernah saya baca, dokter biasanya ga berani kalau yang ditemukan spermatid, karna spermatid ini kan sperma yang muda, belum matang belum jadi spermatozoa, BT nya dimana ya emma?

  93. via

    Dear fhea,

    FSH suami 6, testosteron nya 3, androlog yg dulu bilang yang kurang bagus di testosteron nya…kira2 ada spermanya gak ya kalo gitu? Suami udah stop ke androlog karena kasian juga harus disuntik testosteron terus, jadi saya kasih minum suplemen madu yg high dessert dan kasih makanan sehat aja.

  94. fhea

    Dear Via
    Kalau range segitu saya kira aman, tidak tinggi, ada temen saya, dulunya azoos, fsh/LHnya rendah (sekitar 4),Testosteron normal, terapai hormon untuk Fsh/Lh, bisa hamil normal loh..4 bulan ktnya. Katanya sejak terapi hormon itu mulai ada produksi sperma,,..
    Tapi ga tau yah, kalo kasusnya via bisa jadi karna sumbatan atau karna belum produksi. Yang jelas kalo kasus FSH tinggi kemungkinan bukan karna sumbatan tp karna pabriknya bermasalah shg kadang produksi sperma kdg tidak, spt kt dokter aucky, Btw Suami saya testosteronnya 311, berati rendah ya.

  95. via

    Dear fhea

    Suami lagi dirujuk ke androlog di BIC, mnrt Dr ivan sich kondisi suami saya masih bagus chancenya untuk bayi tabung, sperma diambil langsung ke pabriknya. Kalo lewat ejakulasi kan sperma yang keluar kan bisa jutaan, tapi kalo lgsg di pabriknya hanya ratusan.Ya, hanya butuh 1 sperma aja untuk membuahi, jadi moga2 memang ada sperma di pabrik suami.Setau saya beda lab, beda rujukan level hormon, fhea liat aja di tabel rujukan nya. Testosteron suami saya masih dalam range rujukan lab tapi androlog yg dulu bilang terlalu rendah jadi disuntik hormon terus. Mnrt Dr Ivan gak perlu disuntik. Jadi beda dokter beda pandangan ya. BTw, fhea lagi konsul ke dokter mana skrg?

  96. emma

    Spermatid itu uda bisa membuahi cuman tingkat keberhasilannya kecillll sekali.
    @ via: jgn berpikir negative dulu dong…kalo hormon normal biasanya mostly gara2 tersumbat kok…suami aku emang agak spesial hehe….uda pergi banyak dokter dan semua tdk punya jawaban.

  97. via

    hi emma,

    masih berharap ada keajaiban untuk masalah sperma suami, karena di thread sebelah ada kasus yang suami azoo tapi setelah 6 bulan bisa normal lho spermanya meskipun istrinya belum hamil juga. Mungkin awal tahun depan baru akan fokus untuk bayi tabung karena skrg belum siap ninggalin karir ^^. Menurut saya, kalo hanya spermatid lebih baik tidak dipaksa untuk ngelanjutin bayi tabung nya karena teorinya seperti anak kecil dipaksa untuk membuahi ya ^^. anywei saya salut sama emma untuk tetep lanjut BT nya. Kalo saya masih dalam tahap mengumpulkan kekuatan untuk ngelewatin semua tahap BT. Semoga indah pada waktunya

  98. fhea

    Amien, semangat ya Via.. sama, aku juga baru taun depan mulai insy ninggalin karir demi program batab, masih ngumpulin duit plus mental plus nyali juga, mudah2an diberi jalan dan kemuduhan dari Allah untuk kita semua Menjalani ujian ini,, amien.

  99. rere

    Dear sist linda,

    Selamat yah sist dah berhasil hamil.. semoga kehamilannya lancar en sehat sampai melahirkan.. Amien..

    Sist.. klo boleh tau obat hormon apa yang diberikan dr. aucky sampai sperma bisa muncul kembali?

    Jawaban sist Linda sangat berarti buat saya, terima kasih sebelumnya..

  100. Linda

    Dear Rere,

    Halo…makasih ya…obat yang di kasi itu proviron dan vit.e 1 hari sekali…sampe 1 bulan… 🙂 semoga bs membantu yah ^^

  101. via

    Hi Linda,

    Mau tanya….saya ada rencana untuk suami TESA/PESA dulu sebelum lanjut ke saya nya karena takutnya kalo saya udah disuntik ini itu duluan dan ternyata begitu TESA tidak ada sperma nya kan sia-sia bayi tabungnya. Fyi, hormon suami saya normal semua tapi seperti cerita Emma di atas, hormon suaminya bagus tapi juga tidak ada spermatozoanya. Tapi sempet ragu dengan sperma yang udah dibekuin gimana kualitasnya ya, karena ada yang posting spermanya sudah rusak begitu mau dipakai. Apakah Linda sempat terpikir seperti saya sebelum mulai proses bayi tabungnya?

  102. Al-Khomi

    Dear Mbak Linda…
    Membaca cerita mbak Linda, timbul rasa syukur kepada Allah SWT yang memberi jalan dan petunjukNya.
    Oya Mbak Linda, mau tanya nich, waktu Dr. Aucky memberikan terapi, dikasih obat Proviron dan Lycoxy ya???
    Soalnya aku baca juga di website ini, dengan kasus sama seperti Mbak Linda, Dr. Aucky ngasih obat itu. Klu boleh tau, bagaimana dosis minum obatnya? Sehari berapa kali? Apakah kedua obat itu diminum dalam waktu yang sama? Waktu minumnya, pagi, siang, atau malam?
    Terima kasih Mbak Linda….

  103. Linda

    Hello Via,

    kalo dari kasus suami sih ga perlu tesa soalnya ga tersumbat tapi ya kadang keluar kadang ngga ,,, ak juga sempat nanya dokter apa perlu di ambil dl bekukan trus nanti pas opu ngambil lagi, buat jaga2 kalo pas opu ga keluar spermanya…tapi dokternya tidak mau dengan alasan sperma beku kualitasnya ga bagus dan di siloam sby emang ga pernah ada sperma beku…jadinya pas hari h opu baru diambil spermanya suami

  104. via

    Hi Linda

    Memang yang saya baca, di beberapa case ada yang sperma nya setelah dibekukan rusak, tapi ada juga yang tidak apa2. Dalam pikiran saya, mestinya mirip kayak thaw cycle aja ya, embrionya dibekukan juga kan tapi tidak apa2. Dokter di BIC sich bilangnya sperma dibekukan bisa tahan sampe 10 tahun. Saya bimbang karena once mutusin mulai BT, saya harus laparoskopi dulu untuk remove kista saya kata dokter Ivan sekalian dicek keadaan rahim dllnya gimana. Sedangkan kalo sudah sampai tahap suntik ini itu lalu pas suami TESA ternyata spermanya tidak ada repot juga ya, semua perjuangan saya sia-sia. Sepertinya kondisi azoo dengan hormon normal lebih membingungkan ya drpd yang azoo dgn hormon tidak seimbang. Meskipun menurut dokter Ivan, chance ada spermanya untuk kondisi suami saya besar, cuma tidak bisa membuahi secara alami saja.Mungkin Linda yang sudah sukses BT bisa bantu kebimbangan saya ^^?

  105. Linda

    Dear Via,

    Kalo dari Dr Ivannya gpp ya menurut saya ga ada salahnya di coba TESA dl soalnya saya kemaren juga merasakan ketakutan via 🙂 pas opu . pengambilan sperma suami yang pertama sempat kosong (rasanya syok banget) uda sejauh itu sampe OPU tapi 2 jam kemudian ambil lg syukur banget uda ada. emang ak pernah baca koq kalo pake sperma beku juga banyak yang bs…cuma karna ak sini dr nya yang ga mau..kalo hormon normal emang agak bingung ya… bole dicoba tesa dl mungkin sis….semoga berhasil yah ^^

  106. via

    Hi Linda

    Sptnya udah memantapkan hati dan percaya aja bahwa ada spermanya cuma kesumbat aja. Saya baca kalo TESA berkali2 bisa rusak jaringan testisnya, anywei kasian juga suami mesti ngalamin proses itu berkali2. Sekarang sich lagi mau akupresur dan detoks untuk mempersiapkan badan. Tx untuk web ini yang bisa kasih saya banyak masukan. Wish me luck, abis Lebaran mau laparoskopi baru mulai BT. Seperti kata Delon, semua indah pada waktunya ^^

  107. Al-Khomi

    Hi Linda

    Selamat ya atas kehamilannya, semoga ibu dan anaknya tetap sehat. Utk BT, ada pengaruhnya nggak klu suami ada verikokel?
    Terima kasih atas jawabannya.

  108. hery

    Kalo misalnya BT pertama gagal, kalo diulang lagi ditempat yg sama dapat discount biaya gak ya ?

    Mohon jawaban dari rekan rekan semua ya……….
    terimakasih…

  109. Linda

    Hi Al Khomi,

    maksudnya pengaruh gimana sis?

    Hi Heri,

    setau ak nggak…soalnya harga obatnya kan tetap sama..dan dr awal BT memang ga ada jaminan berhasil 100 %… setau ak si gt…mungkin ada yang bs kasi masukan ^^

  110. nana

    Hi mb linda, salam kenal buat smua…sy menikah sdh 6th dan skrg umur sy sdh 34th,saya ada niat utk ikut BT kira2 brp biaya keseluruhan sampai akhir ya mb? Trims infonya, ato bisa d email: nana.sulistyo@yahoo.com

  111. Al-Khomi

    Hi Linda…
    Suami aku juga azos, kata dokterku, penyebabnya adalah verikokel. Membaca kisahmu, aku menaruh harapan besar. Maksud aku, klu aku mau ikut program BT sama dr. Aucky, apakah beliau akan mengoperasi verikokelnya terlebih dahulu?
    Terima kasih

  112. Linda

    Hi Al-Khomi,

    ya kalo memang kasusnya verikokel. pasti dr aucky akan operasi…tapi kayaknya akan di cek ulang dl ama drnya kalo mba ama suami ke sana…ya jangan menyerah mba. di coba aja pasti masi ada kesempatan

  113. Al-Khomi

    Hi Mba` Linda

    Terima kasih atas jawabannya. Baru2 ini suami disarankan dr utk cer hormon ke lab, ternyata hasilnya LH dan FSH tinggi, sptnya kasus ini sama dg Mba` Linda. Kondisi saat ini kami belum memungkinkan utk datang ke Dr. Aucky, kira2 apa yang harus kami lakukan utk mengatasinya? Terima kasih Mba` sebelumnya.

  114. Linda

    Hi Mba Al-khomi,
    kalo hormon ga normal penyebabnya…biasanya di kasih obat hormon mba… tapi menurut konsultasi kami ke dr.aucky satu2nya cara ya bayi tabung…. soalnya kalo hormon susah… apa mba bole coba konsul ke dr androlog lain…mungkin ada solusi lain

  115. Marini

    Hi mau share sedikit ttg long protocol program bayi tabung dr aucky.
    Aku tinggal di jkt, tgl 14 nov aku ke surabaya.

    Mens hari ke 2 disuruh ke rs, aku + suami disuruh cek darah. Setelah itu aku di USG dalam oleh dr hendro spog. Kata dr aku ada kista 3cm, di layer monitor USG jg ada bulatan gitu.

    Hasil tes darah aku + suami normal, kecuali hormon prolaktin ku 50 an, normal 20 an.
    Jd aku disuruh ikut long protocol, dikasi obat parlodel (untuk menstabilkan hormon prolaktin), suami jg dikasi obat untuk sebulan.

    Jd aku mau balik dl dl ke jkt, bln dpn pas mens aku hrs balk lg ke Surabaya, lanjutin program bt nya. Mudah2an semua berjalan lancar sampe bln don ke Surabaya lg. Ntar aku share lg ya.. Skrg mau info over sewa kos di dekat rs Siloam neh

    Over sewa kos, lokasi 5 menit jalan kaki ke rs Siloam Surabaya + minimarket.

    Fasilitas :
    Double springbed + ac + kulkas + Kamar mandi dalam dengan air panas + free wifi + lift

    Masa sewa : 14 nov – 14 des 2011 ( jadi masi ada sisa sewa selama 2 minggu lebih, kl mau perpanjang lagi bisa)
    Tgl 23 aku kembali ke jkt. Kl Ada yg berminat hub aku di : 0855 100 9202

    Mudah2an banyak yg berhasil ya. Aku jg berharap banget neh sama programnya dr aucky, sama2 berjuang ya.. Kl dah berhasil aku sharing ya.. Thank u all ^^

  116. ika

    dear linda..

    saya mau nanya, setelah et apakah bedrest terus ditempat tidur. ini skrg saya lg program dan sedang fase injeksi gonal f. soalnya saya dikasih tahu oleh sesama pasien stelah et harus bedrest di tmpat tidur. makan di tnpat tidur. turun cmn kalo mau ke kamr mandi aja sampe 2mgg, atau sampe positif. trus stlh positif jg katanya ga boleh kemana2.ga boleh naik pesawat sampe detak jantuk bayi kelihatan. betul ga?

  117. Linda

    Dear Ika,
    sory telat bales.baru buka bayitabung.com lg. itu tergantung masing2 orang si menurut saya…kalo saya si enjoy aja ga bedrest cuma ya banyak istirahat emang…saya masi bs jj ke mal buat makan.jangan di bawa stress makin ga jadi….kayak temen saya yang sampe kayak gt bedrestnya malah ga jadi… jadi saran saya si enjoy,jangan stress ama serahkan semua pada Tuhan mba 🙂 kalo pesawat emang si katanya sampe kedengaran detak jantung baru bole…emang ampe kedengaran detak jantung juga baru di kasi ama dokter balik ke kota asal 🙂

  118. stephany

    Haiii mo minta tlg tanya donk,OPU itu apa yaa??hotel or apartemen or kost apa yah dekat siloam?soalx aku kan dr luar kota,n rencana mo bed rest 3-4minggu,jadi yah mo cr t4 tinggal yg cukup bgs,and hargax msh lumayan lah…tolong bantu yah thengkyu

  119. Jo

    Hi..

    Mau tanya,sy dan suami sudah pernah konsul di bic dg Dr.Ivan dan oleh Dr.Ivan disuruh ke Dr. Ponco karena suami azoospermia..Dr Ponco blg suami suruh Tese, apa ada yang pernah disuruh Tese?kemungkinan berhasilnya spt apa ya ?

    Sebenarnya kami ingin suami diobati dulu spt di Dr. Aucky..karena kl lgs Tese berarti suami dioperasi (Dr blg sperma belum tentu ada juga)

    Apa lebih baik ke Dr. Aucky saja ya supaya suami bisa diobati dulu dg diberi hormon?

  120. dwiastiti

    selamat ya mbk linda atas keberhasilannya, salam kenal sy dwiastiti, bisa minta alamat tmpt praktek dr,auky di rs siloam? kpn sebaiknya kami dtg untuk konsultasi ke dr,auky cz kami tinggal di lombok dan apa saja yg di bawa sat konsultasi, suami ada hasil usg testis, lab sperma dan hasil lab hormonnya, kami sudah menikah 4tahun 6bulan suami sejak 1thn menikah di diagnosa azzospermia hasil usg testis nya varikokel sinistra stadium dua hasil pemeriksaan sperma vikositas rendah/cair dng jmlh sperma kosong=azzospermia hasil pemeriksaan hormon LH 3.39 fsh 4.81 prolactin 8.04 testosteron 200 nilai normalnya 300-1060, sedangkan sy pernah hsg hasilnya tuba tersumbat dextra dan sinistra jkemudian di hidro hasilnya tuba sudah terbuka dua2nya, apakah bisa kami program bayi tabung dengan kondisi suami azzospermia dng testosteronnya rendah????

    teman teman yang ada saran atoinfo tentang bt bisa email ke alamt email sy megallomanols@gmail.com

  121. arsy

    akau seneng bgt bisa nemuin forum ini. apalagi pas baca cerita mba linda bikin semangat aku muncul kembali.. aku yakin bgt kalo allah gak akan ngebiarin hambanya berputus asa dan sia-sia..

    aku sedih bgt suami ku mengalami hal yg sama dengan yg di alami oleh suami mba linda dengan kondisi FSH yg tinggi. aku sekarang ini lagi berobat di DR nukman moeloek setiap bulan kami mengeluarkan uang yg cukup besar menurut kami berkisar 1 – 2jt Tapi sampai dengan hampir 1 tahun kami berobat belum ada hasil yang mengembirankan 🙁 kandang aku merasa sangat putus asa. tapi aku tau aku tetep harus berusaha dan berdoa..aku sudah mencoba beberapa obat dari minum propolis,Madu, minum jus femi(wortel,tomat, jambu), minum jamu brotowali dll tapi masih belum ada perkembangan. dan skrng ini pengganti dr dokter nukman yang telah meninggal menyuruh suami saya minum obat selama 3bln berturut dan tidak boleh putus obat tersebut.dia bilang kalo sampe tiga bulan ini my hubby spermanya tidak keluar juga maka harus biopsi. aku g mau itu terjadi sama suami karena kabar yg beredar kalo sudah biopsi akan mempengaruhi testis dan lainya. aku takut…..

    maka dari itu kayanya aku harus coba k dokter lain kalo disini tidak berhasil juga. dan sepertinya dokter mba linda perlu di coba. meskipun jauh akan aku samperin demi hadirnya si buah hati..

    kalo ada temen-temen lain yg berhasil mohon infonya siapa tau kita bisa berbagi di sini….

  122. vien

    Dear all
    Saya sdh hampir 5 thn menikah dan belum pernah hamil sama sekali..
    Suami bermasalah jg dgn spermanya dgn diaknosa OAT
    Pernah sekali insem tp gagal..sperma suami sangat sedikit hanya sekitar 200rb yg normalnya harusnya diatas 20jt..
    Belum pernah ke androlog.. saya ingin tanya kira2 dr androlog yg bagus di jakarta atw bekasi siapa y?
    Ada tidak pengalaman teman2 yg berhasil hamil tanpa BT dgn jml dpetma yg sedikit seperti suami saya..
    Kira2 sekali kontrol hrs menyiapkan uang berapa y? Kira2 lebih baik terapi untuk memperbaiki sperma atau langsung BT y.. mengingat biaya
    lebih efisien mana kira2..
    Terima kasih sebelumny..

  123. Beny

    Hi semua… salam kenal yah, saya beni dari papua, umur 29 tahun,saya menikah sdh 3 tahun 5 bulan tapi sampai saat ini belum dikarunia anak, pada tahun 2012 saya melakukan analisa sperma klinik prodia dan didapati hasil sperma saya nol (azzospermia)dengan LH, FSH Prolactin yang tinggi, sbb :

    LH : 13.50
    FSH : 14.2
    Prolactin : 7.3

    dengan keadaan seperti ini apakah saya masih mempunyai kesempatan untuk memperoleh anak dengan program bayi tabung? mohon masukan dari teman2 semuanya. thanks

  124. albert

    salam kenal mba,,
    waktu ikut batab fsh suami berapa mba?kemarin waktu test fsh saya juga tinggi dan divonis tak ada harapan oleh androlog. katanya dari hasil fsh itu kemungkinan pabrik sperma telah rusak.saya juga sudah sangat down mendengar penjelasan dari androlog,,,
    albert di papua

  125. AS

    Senang sekali bisa menemukan tulisan mbak Linda ini di saat hati saya sedang gundah ga karu2an karena menjadi inspirasi untuk bangkit dan semangat lagi. semenjak tau suami azoo dari hasil lab dan dikatakan dokter ga mungkin bisa punya anak. karena kadar FSH tinggi, rasanya mau nangis..kaget banget. antara percaya ga percaya. terus dirujuk ke dr bedah, setelah diperiksa katanya ga ada penyumbatan jadi murni karena pabrik nya. dan langsung divonis lagi kalo BT pun kemungkinan nya kecil karena dipabrik nya kemungkinan ga ada. Astagfirullah..rasanya dunia ini mau runtuh..saya nangis sejadi jadinya waktu itu. saya pun ga cerita ke ortu atau mertua..saya ga mau bikin mereka sedih dan kecewa meskipun mertua saya pernah menyuruh saya untuk pijat perut, mungkin dikira saya yg bermasalah. tapi saya diam saja.
    pernah terpikir mau BT tapi harus nabung dulu, maklum kami pengantin baru. dan saya waktu nikah langsung resign karena LDR dan saya memilih untuk tinggal bersama dan merelakan pekerjaan saya, karena waktu itu belum tau kalau suami azoo jadi ga mikir kalo saya resign berarti pemasukan berkurang..
    sembari menabung sekarang saya lagi usaha dengan berobat herbal di Jogja dengan dr Ari, saya baca di forum sebuah komunitas katanya di sana ada yang berhasil.
    untuk teman2 semua yang belum berhasil..semoga kita segera diberi rejeki anak olehNya. amin

  126. temicoshop

    Sy sangat senang bs membaca tulisan mbak linda.,sy tinggal di daerah sdh 7 tahun menikah usia suami 43 dan sy 40 tahun.,suami sdh analisa sperma hasilnya dikatakan suami sy azoo dan dokter merujuk kami ke dokter ponco di bunda jkrta stelah lebaran ini wkt yg tepat kata dokter kandungan sy.,krn jalan satu2nya kami hrs BT dan sblm berbicara bayi tabung sperma suami ibu dl yg diusahakan ada kata dokter.,hari ke dua haid kmaren sy di usg ada myom 2cm dmana posisi myom menutup tmpt indung telur sebelah kiri sy.,kata dokter seandainya nt mau opu diambil dr yg sebelah aja katanya.,smentara ini fokusnya ke suami bagaimana agar si sperma ini tdk azoo.,sy sdh membaca bnyk artikel dsini jd sy katakan sm dokter kandungan agar suami sy cek hormon dl dsini sblm ke jakarta ktemu dokter ponco,maksud beliau tdnya dilakukan cek hormon di jakarta saja sekalian kemungikinan manatau hrs tesa biar langsung dilakukan di bunda.,tp sy jg gak mau suami sy di tesa kl mmg dr hasil hormonya kelihatan nt bagaimana.,lbh bagus menurut sy diobatin dl sprt suaminya mbak linda.,skrg ini sy berharap agar apapun hasilnya nt sy akan berjuang,berusaha agar ada sperma dr suami sy.,habis lebaran nt akan ke lab cek hormon.,sebelumnya trimakasih ke teman2 semua

  127. ayu

    hello temicoshop

    mau nanya apakah kemarin jadi periksa ke dokter ponco?
    apakah harus dioperasi dan terapi hormon dengan obat yah?
    sepertinya saya punya masalah yang sama, dan mungkin bila di share hasilnya jadi temen temen yang laen bisa terbantu, terima kasih sebelumnya

  128. yumna

    Sdh smnggu sy br tw suami sy sperma ny nol. Dksh obt sm dktr kndla biaya… skrg gk tw hrs ap. Ap suami dg sperma nol giarh brhbgn jg hlg .. sdh bgt hncr rs ny hdp ini… hlg ksmptn mw pny baby… ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*