Suami Azoospermia, akhirnya berhasil hamil – Linda

Saya ingin membagikan pengalaman kami selama proses bayi tabung, sebagai sumbangan atas web site ini yang telah banyak memberikan pengetahuan dan inspirasi kepada kami.

Kami menikah tahun 2009, memang tergolong baru tapi kami sudah ingin memiliki momongan… akhirnya setelah 8 bulan menikah kami memutuskan untuk ke dokter spog buat program hamil…. di sana saya di kasi vitamin sampai obat hormon buat memperbesar telur dsb tetapi setelah 2 siklus mens tidak berhasil juga…akhirnya dokternya menyuruh suami untuk tes sperma dan dari sana di ketahui suami Azoospermia, pertama tau rasanya susah di percaya dan susah sekali untuk menerima…. suami tes sampai 2 kali buat pastinya ternyata dua-duanya hasilnya tetap Azoospermia.

Setelah itu saya mencoba nyari berbagai informasi melalui internet ttg Azoospermia dan ketemu website ini, dari sini saya banyak mendapat info ttg Azoospermia dan jalan keluarnya. dari website ini juga saya tau dr aucky hinting (RS Siloam Sby) kebetulan lokasi saya dekat akhirnya saya dan suami memutuskan buat periksa ke dr aucky…

Pertama konsultasi kami menunjukkan hasil lab suami ke dokter, setelah konsul dokternya langsung menyuruh untuk tes hormon dan setelah tes di ketahui ternyata hormon FSH suami tinggi …. disana dokternya sempet bilang kalo FSH tinggi berarti tidak ada penyumbatan dan kemungkinan di pabrik juga tidak ada sel spermanya … disana kami sempet down banget… sepertinya harapan buat ada momongan jadi pupus semua… tetapi dokternya bilang kalau suami coba di kasi obat hormon dan antioksidan selama sebulan dan di lihat hasilnya …

Setelah sebulan suami tes sperma lagi… malamnya kami konsul dan disana di kasih tau hasilnya kalau ternyata sudah tidak Azoospermia lagi… spermanya ada keluar tetapi sedikit dan sangat lemah…. jadi di sarankan untuk BT karna tidak mungkin untuk normal ataupun insem dan juga di sarankan untuk tidak di tunda … karena kami memang sudah ingin memiliki momongan kami pun langsung memutuskan ikut BT di dr aucky.

Pas tanggal 5 jan pas mens hari kedua, saya dan suami cek darah semua .. bersyukurnya saya semua normal jadi malam itu juga kami diberi penjelasan bahwa kami bisa langsung pakai metode short protocol, dengan biaya awal 36 juta, kelebihan dosis obat akan dikenakan tambahan biaya..

  • tgl 6 jan saya mulai di beri gonal f sebanyak 2 ampul selama 4 hari (sampai tanggal 9 jan)
  • tgl 10 jan pagi di usg untuk mengetahui jumlah telur,saya ada 10 telur di kanan dan 2 telur di kiri. waktu itu uk nya cuma 9 mm padahal yang dibutuhkan min 18 mm jadi dosis Gonal F ditambah menjadi 2.5 ampul
  • Tanggal 14 Jan kembali dilakukan USG, telur kanan cuma ada 5 dengan uk 11 mm dan kiri ada 3 dengan uk 12 mm dan dosis gonal F tetap 2.5 ampul di tambah cetritode untuk 3 hari (cetritode untuk menahan supaya telurnya ga pecah karena hormon saya sudah tinggi)
  • Tanggal 17 Jan kembali dilakukan USG. total telur sudah ada 14 uk antara 14 mm – 18 mm malamnya balik ke RS. siloam lagi, untuk suntik HCG 10.000IU.
  • Tanggal 18 libur tapi musti puasa untuk besoknya dilakukan OPU.
  • Tanggal 19 OPU… kita dateng sejak jam 6 pagi. Rasanya tegang banget jadi kami berdoa untuk yang terbaik…
    Sekitar jam 8 lebih selesai OPU, Lalu diketahui kalau total telur yang diambil ada 17 buah, di tanggal 19 ini juga suami ambil sperma, untuk disuntikkan ke telur yang sudah diambil (kami memakai metode icsi).. pas pertama ambil sempet spermanya Azoos lagi (sempat deg2an sekali kalo sampe Azoos lagi gimana) 2 jam kemudian sperma suami di ambil lagi dan sangat2 bersyukur akhirnya bisa juga ketemu 17 buat sel telurnya setelah itu saya diberi obat Crinone (mengandung progesteron yang penting untuk kehamilan) sebanyak 5 kali
  • Tanggal 24 adalah hari yang menegangkan, karena waktunya ET, kita nungguin dokter sambil deg2 an… setelah dokter dateng, kita dipanggil, dan di kasi tau kalau dr 17 telur. tinggal 6 yang jadi embrio yang bagus, jadi 3 embrio di masukkan dan 3 lagi di freezing.. setelah itu saya pun ET dan memang masuknya embriyo sangat mudah tidak seperti pas OPU…selesai ET saya di suruh baring sampai 5 jam setelah itu saya langsung balik ke Hotel.

Dan hari ke 4 setelah ET saya balik ke kota saya sempet khawatir dan was-was karena saya naik mobil jauh juga, tapi oleh susternya sudah diperbolehkan.

Selama menunggu 2 minggu saya isi dengan banyak istirahat, tdk kerja berat tapi masi ada keluar buat beli makan, nonton, belanja tapi ga lama2 dan saya juga tidak bedrest.

Tiba tanggal 04 februari untuk test darah. jam 7 pagi saya ke rs buat ambil darah untuk cek HCG setelah itu balik ke hotel. jam 12 siang saya telp ke rumah sakit dengan perasaan yang sangan tegang dan deg2an akhirnya saya di kasih tau kalo saya positif hamil dengan HCG 141.3….

Sungguh pengalaman yang luar biasa, karena benar-benar disinilah kita di uji.. Buat temen2 yang masih berjuang, Good Luck yah 🙂 terus berdoa dan berjuang ^^.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (7 votes, average: 3.29 out of 5)
Loading...

142 thoughts on “Suami Azoospermia, akhirnya berhasil hamil – Linda

  1. lusi

    Sama sist..suami saya jga kasus azosspermia..hormon FSH Serum tinggi..kalau bayi tabung sekitar berapa semua biayanya ya..soalnya kami dikalimantan timur..apakah itu dr.kandungan..kalau dari sini suami saya disarankan kedr.spesialis andrologi..

  2. aisya

    kalau suami azoos,tp hormon normal dan tdak ada sumbatan,kira2 dri apa ya mbk??rasanya sedih bget kami tau suami azoos

  3. yumna

    Sdh smnggu sy br tw suami sy sperma ny nol. Dksh obt sm dktr kndla biaya… skrg gk tw hrs ap. Ap suami dg sperma nol giarh brhbgn jg hlg .. sdh bgt hncr rs ny hdp ini… hlg ksmptn mw pny baby… ?

  4. ayu

    hello temicoshop

    mau nanya apakah kemarin jadi periksa ke dokter ponco?
    apakah harus dioperasi dan terapi hormon dengan obat yah?
    sepertinya saya punya masalah yang sama, dan mungkin bila di share hasilnya jadi temen temen yang laen bisa terbantu, terima kasih sebelumnya

  5. temicoshop

    Sy sangat senang bs membaca tulisan mbak linda.,sy tinggal di daerah sdh 7 tahun menikah usia suami 43 dan sy 40 tahun.,suami sdh analisa sperma hasilnya dikatakan suami sy azoo dan dokter merujuk kami ke dokter ponco di bunda jkrta stelah lebaran ini wkt yg tepat kata dokter kandungan sy.,krn jalan satu2nya kami hrs BT dan sblm berbicara bayi tabung sperma suami ibu dl yg diusahakan ada kata dokter.,hari ke dua haid kmaren sy di usg ada myom 2cm dmana posisi myom menutup tmpt indung telur sebelah kiri sy.,kata dokter seandainya nt mau opu diambil dr yg sebelah aja katanya.,smentara ini fokusnya ke suami bagaimana agar si sperma ini tdk azoo.,sy sdh membaca bnyk artikel dsini jd sy katakan sm dokter kandungan agar suami sy cek hormon dl dsini sblm ke jakarta ktemu dokter ponco,maksud beliau tdnya dilakukan cek hormon di jakarta saja sekalian kemungikinan manatau hrs tesa biar langsung dilakukan di bunda.,tp sy jg gak mau suami sy di tesa kl mmg dr hasil hormonya kelihatan nt bagaimana.,lbh bagus menurut sy diobatin dl sprt suaminya mbak linda.,skrg ini sy berharap agar apapun hasilnya nt sy akan berjuang,berusaha agar ada sperma dr suami sy.,habis lebaran nt akan ke lab cek hormon.,sebelumnya trimakasih ke teman2 semua

  6. AS

    Senang sekali bisa menemukan tulisan mbak Linda ini di saat hati saya sedang gundah ga karu2an karena menjadi inspirasi untuk bangkit dan semangat lagi. semenjak tau suami azoo dari hasil lab dan dikatakan dokter ga mungkin bisa punya anak. karena kadar FSH tinggi, rasanya mau nangis..kaget banget. antara percaya ga percaya. terus dirujuk ke dr bedah, setelah diperiksa katanya ga ada penyumbatan jadi murni karena pabrik nya. dan langsung divonis lagi kalo BT pun kemungkinan nya kecil karena dipabrik nya kemungkinan ga ada. Astagfirullah..rasanya dunia ini mau runtuh..saya nangis sejadi jadinya waktu itu. saya pun ga cerita ke ortu atau mertua..saya ga mau bikin mereka sedih dan kecewa meskipun mertua saya pernah menyuruh saya untuk pijat perut, mungkin dikira saya yg bermasalah. tapi saya diam saja.
    pernah terpikir mau BT tapi harus nabung dulu, maklum kami pengantin baru. dan saya waktu nikah langsung resign karena LDR dan saya memilih untuk tinggal bersama dan merelakan pekerjaan saya, karena waktu itu belum tau kalau suami azoo jadi ga mikir kalo saya resign berarti pemasukan berkurang..
    sembari menabung sekarang saya lagi usaha dengan berobat herbal di Jogja dengan dr Ari, saya baca di forum sebuah komunitas katanya di sana ada yang berhasil.
    untuk teman2 semua yang belum berhasil..semoga kita segera diberi rejeki anak olehNya. amin

  7. albert

    salam kenal mba,,
    waktu ikut batab fsh suami berapa mba?kemarin waktu test fsh saya juga tinggi dan divonis tak ada harapan oleh androlog. katanya dari hasil fsh itu kemungkinan pabrik sperma telah rusak.saya juga sudah sangat down mendengar penjelasan dari androlog,,,
    albert di papua

  8. Beny

    Hi semua… salam kenal yah, saya beni dari papua, umur 29 tahun,saya menikah sdh 3 tahun 5 bulan tapi sampai saat ini belum dikarunia anak, pada tahun 2012 saya melakukan analisa sperma klinik prodia dan didapati hasil sperma saya nol (azzospermia)dengan LH, FSH Prolactin yang tinggi, sbb :

    LH : 13.50
    FSH : 14.2
    Prolactin : 7.3

    dengan keadaan seperti ini apakah saya masih mempunyai kesempatan untuk memperoleh anak dengan program bayi tabung? mohon masukan dari teman2 semuanya. thanks

  9. vien

    Dear all
    Saya sdh hampir 5 thn menikah dan belum pernah hamil sama sekali..
    Suami bermasalah jg dgn spermanya dgn diaknosa OAT
    Pernah sekali insem tp gagal..sperma suami sangat sedikit hanya sekitar 200rb yg normalnya harusnya diatas 20jt..
    Belum pernah ke androlog.. saya ingin tanya kira2 dr androlog yg bagus di jakarta atw bekasi siapa y?
    Ada tidak pengalaman teman2 yg berhasil hamil tanpa BT dgn jml dpetma yg sedikit seperti suami saya..
    Kira2 sekali kontrol hrs menyiapkan uang berapa y? Kira2 lebih baik terapi untuk memperbaiki sperma atau langsung BT y.. mengingat biaya
    lebih efisien mana kira2..
    Terima kasih sebelumny..

  10. arsy

    akau seneng bgt bisa nemuin forum ini. apalagi pas baca cerita mba linda bikin semangat aku muncul kembali.. aku yakin bgt kalo allah gak akan ngebiarin hambanya berputus asa dan sia-sia..

    aku sedih bgt suami ku mengalami hal yg sama dengan yg di alami oleh suami mba linda dengan kondisi FSH yg tinggi. aku sekarang ini lagi berobat di DR nukman moeloek setiap bulan kami mengeluarkan uang yg cukup besar menurut kami berkisar 1 – 2jt Tapi sampai dengan hampir 1 tahun kami berobat belum ada hasil yang mengembirankan 🙁 kandang aku merasa sangat putus asa. tapi aku tau aku tetep harus berusaha dan berdoa..aku sudah mencoba beberapa obat dari minum propolis,Madu, minum jus femi(wortel,tomat, jambu), minum jamu brotowali dll tapi masih belum ada perkembangan. dan skrng ini pengganti dr dokter nukman yang telah meninggal menyuruh suami saya minum obat selama 3bln berturut dan tidak boleh putus obat tersebut.dia bilang kalo sampe tiga bulan ini my hubby spermanya tidak keluar juga maka harus biopsi. aku g mau itu terjadi sama suami karena kabar yg beredar kalo sudah biopsi akan mempengaruhi testis dan lainya. aku takut…..

    maka dari itu kayanya aku harus coba k dokter lain kalo disini tidak berhasil juga. dan sepertinya dokter mba linda perlu di coba. meskipun jauh akan aku samperin demi hadirnya si buah hati..

    kalo ada temen-temen lain yg berhasil mohon infonya siapa tau kita bisa berbagi di sini….

  11. dwiastiti

    selamat ya mbk linda atas keberhasilannya, salam kenal sy dwiastiti, bisa minta alamat tmpt praktek dr,auky di rs siloam? kpn sebaiknya kami dtg untuk konsultasi ke dr,auky cz kami tinggal di lombok dan apa saja yg di bawa sat konsultasi, suami ada hasil usg testis, lab sperma dan hasil lab hormonnya, kami sudah menikah 4tahun 6bulan suami sejak 1thn menikah di diagnosa azzospermia hasil usg testis nya varikokel sinistra stadium dua hasil pemeriksaan sperma vikositas rendah/cair dng jmlh sperma kosong=azzospermia hasil pemeriksaan hormon LH 3.39 fsh 4.81 prolactin 8.04 testosteron 200 nilai normalnya 300-1060, sedangkan sy pernah hsg hasilnya tuba tersumbat dextra dan sinistra jkemudian di hidro hasilnya tuba sudah terbuka dua2nya, apakah bisa kami program bayi tabung dengan kondisi suami azzospermia dng testosteronnya rendah????

    teman teman yang ada saran atoinfo tentang bt bisa email ke alamt email sy megallomanols@gmail.com

  12. Jo

    Hi..

    Mau tanya,sy dan suami sudah pernah konsul di bic dg Dr.Ivan dan oleh Dr.Ivan disuruh ke Dr. Ponco karena suami azoospermia..Dr Ponco blg suami suruh Tese, apa ada yang pernah disuruh Tese?kemungkinan berhasilnya spt apa ya ?

    Sebenarnya kami ingin suami diobati dulu spt di Dr. Aucky..karena kl lgs Tese berarti suami dioperasi (Dr blg sperma belum tentu ada juga)

    Apa lebih baik ke Dr. Aucky saja ya supaya suami bisa diobati dulu dg diberi hormon?

  13. stephany

    Haiii mo minta tlg tanya donk,OPU itu apa yaa??hotel or apartemen or kost apa yah dekat siloam?soalx aku kan dr luar kota,n rencana mo bed rest 3-4minggu,jadi yah mo cr t4 tinggal yg cukup bgs,and hargax msh lumayan lah…tolong bantu yah thengkyu

  14. Linda

    Dear Ika,
    sory telat bales.baru buka bayitabung.com lg. itu tergantung masing2 orang si menurut saya…kalo saya si enjoy aja ga bedrest cuma ya banyak istirahat emang…saya masi bs jj ke mal buat makan.jangan di bawa stress makin ga jadi….kayak temen saya yang sampe kayak gt bedrestnya malah ga jadi… jadi saran saya si enjoy,jangan stress ama serahkan semua pada Tuhan mba 🙂 kalo pesawat emang si katanya sampe kedengaran detak jantung baru bole…emang ampe kedengaran detak jantung juga baru di kasi ama dokter balik ke kota asal 🙂

  15. ika

    dear linda..

    saya mau nanya, setelah et apakah bedrest terus ditempat tidur. ini skrg saya lg program dan sedang fase injeksi gonal f. soalnya saya dikasih tahu oleh sesama pasien stelah et harus bedrest di tmpat tidur. makan di tnpat tidur. turun cmn kalo mau ke kamr mandi aja sampe 2mgg, atau sampe positif. trus stlh positif jg katanya ga boleh kemana2.ga boleh naik pesawat sampe detak jantuk bayi kelihatan. betul ga?

  16. Marini

    Hi mau share sedikit ttg long protocol program bayi tabung dr aucky.
    Aku tinggal di jkt, tgl 14 nov aku ke surabaya.

    Mens hari ke 2 disuruh ke rs, aku + suami disuruh cek darah. Setelah itu aku di USG dalam oleh dr hendro spog. Kata dr aku ada kista 3cm, di layer monitor USG jg ada bulatan gitu.

    Hasil tes darah aku + suami normal, kecuali hormon prolaktin ku 50 an, normal 20 an.
    Jd aku disuruh ikut long protocol, dikasi obat parlodel (untuk menstabilkan hormon prolaktin), suami jg dikasi obat untuk sebulan.

    Jd aku mau balik dl dl ke jkt, bln dpn pas mens aku hrs balk lg ke Surabaya, lanjutin program bt nya. Mudah2an semua berjalan lancar sampe bln don ke Surabaya lg. Ntar aku share lg ya.. Skrg mau info over sewa kos di dekat rs Siloam neh

    Over sewa kos, lokasi 5 menit jalan kaki ke rs Siloam Surabaya + minimarket.

    Fasilitas :
    Double springbed + ac + kulkas + Kamar mandi dalam dengan air panas + free wifi + lift

    Masa sewa : 14 nov – 14 des 2011 ( jadi masi ada sisa sewa selama 2 minggu lebih, kl mau perpanjang lagi bisa)
    Tgl 23 aku kembali ke jkt. Kl Ada yg berminat hub aku di : 0855 100 9202

    Mudah2an banyak yg berhasil ya. Aku jg berharap banget neh sama programnya dr aucky, sama2 berjuang ya.. Kl dah berhasil aku sharing ya.. Thank u all ^^

  17. Linda

    Hi Mba Al-khomi,
    kalo hormon ga normal penyebabnya…biasanya di kasih obat hormon mba… tapi menurut konsultasi kami ke dr.aucky satu2nya cara ya bayi tabung…. soalnya kalo hormon susah… apa mba bole coba konsul ke dr androlog lain…mungkin ada solusi lain

  18. Al-Khomi

    Hi Mba` Linda

    Terima kasih atas jawabannya. Baru2 ini suami disarankan dr utk cer hormon ke lab, ternyata hasilnya LH dan FSH tinggi, sptnya kasus ini sama dg Mba` Linda. Kondisi saat ini kami belum memungkinkan utk datang ke Dr. Aucky, kira2 apa yang harus kami lakukan utk mengatasinya? Terima kasih Mba` sebelumnya.

  19. Linda

    Hi Al-Khomi,

    ya kalo memang kasusnya verikokel. pasti dr aucky akan operasi…tapi kayaknya akan di cek ulang dl ama drnya kalo mba ama suami ke sana…ya jangan menyerah mba. di coba aja pasti masi ada kesempatan

  20. Al-Khomi

    Hi Linda…
    Suami aku juga azos, kata dokterku, penyebabnya adalah verikokel. Membaca kisahmu, aku menaruh harapan besar. Maksud aku, klu aku mau ikut program BT sama dr. Aucky, apakah beliau akan mengoperasi verikokelnya terlebih dahulu?
    Terima kasih

  21. nana

    Hi mb linda, salam kenal buat smua…sy menikah sdh 6th dan skrg umur sy sdh 34th,saya ada niat utk ikut BT kira2 brp biaya keseluruhan sampai akhir ya mb? Trims infonya, ato bisa d email: nana.sulistyo@yahoo.com

  22. Linda

    Hi Al Khomi,

    maksudnya pengaruh gimana sis?

    Hi Heri,

    setau ak nggak…soalnya harga obatnya kan tetap sama..dan dr awal BT memang ga ada jaminan berhasil 100 %… setau ak si gt…mungkin ada yang bs kasi masukan ^^

  23. hery

    Kalo misalnya BT pertama gagal, kalo diulang lagi ditempat yg sama dapat discount biaya gak ya ?

    Mohon jawaban dari rekan rekan semua ya……….
    terimakasih…

  24. Al-Khomi

    Hi Linda

    Selamat ya atas kehamilannya, semoga ibu dan anaknya tetap sehat. Utk BT, ada pengaruhnya nggak klu suami ada verikokel?
    Terima kasih atas jawabannya.

  25. via

    Hi Linda

    Sptnya udah memantapkan hati dan percaya aja bahwa ada spermanya cuma kesumbat aja. Saya baca kalo TESA berkali2 bisa rusak jaringan testisnya, anywei kasian juga suami mesti ngalamin proses itu berkali2. Sekarang sich lagi mau akupresur dan detoks untuk mempersiapkan badan. Tx untuk web ini yang bisa kasih saya banyak masukan. Wish me luck, abis Lebaran mau laparoskopi baru mulai BT. Seperti kata Delon, semua indah pada waktunya ^^

  26. Linda

    Dear Via,

    Kalo dari Dr Ivannya gpp ya menurut saya ga ada salahnya di coba TESA dl soalnya saya kemaren juga merasakan ketakutan via 🙂 pas opu . pengambilan sperma suami yang pertama sempat kosong (rasanya syok banget) uda sejauh itu sampe OPU tapi 2 jam kemudian ambil lg syukur banget uda ada. emang ak pernah baca koq kalo pake sperma beku juga banyak yang bs…cuma karna ak sini dr nya yang ga mau..kalo hormon normal emang agak bingung ya… bole dicoba tesa dl mungkin sis….semoga berhasil yah ^^

  27. via

    Hi Linda

    Memang yang saya baca, di beberapa case ada yang sperma nya setelah dibekukan rusak, tapi ada juga yang tidak apa2. Dalam pikiran saya, mestinya mirip kayak thaw cycle aja ya, embrionya dibekukan juga kan tapi tidak apa2. Dokter di BIC sich bilangnya sperma dibekukan bisa tahan sampe 10 tahun. Saya bimbang karena once mutusin mulai BT, saya harus laparoskopi dulu untuk remove kista saya kata dokter Ivan sekalian dicek keadaan rahim dllnya gimana. Sedangkan kalo sudah sampai tahap suntik ini itu lalu pas suami TESA ternyata spermanya tidak ada repot juga ya, semua perjuangan saya sia-sia. Sepertinya kondisi azoo dengan hormon normal lebih membingungkan ya drpd yang azoo dgn hormon tidak seimbang. Meskipun menurut dokter Ivan, chance ada spermanya untuk kondisi suami saya besar, cuma tidak bisa membuahi secara alami saja.Mungkin Linda yang sudah sukses BT bisa bantu kebimbangan saya ^^?

  28. Linda

    Hello Via,

    kalo dari kasus suami sih ga perlu tesa soalnya ga tersumbat tapi ya kadang keluar kadang ngga ,,, ak juga sempat nanya dokter apa perlu di ambil dl bekukan trus nanti pas opu ngambil lagi, buat jaga2 kalo pas opu ga keluar spermanya…tapi dokternya tidak mau dengan alasan sperma beku kualitasnya ga bagus dan di siloam sby emang ga pernah ada sperma beku…jadinya pas hari h opu baru diambil spermanya suami

  29. Al-Khomi

    Dear Mbak Linda…
    Membaca cerita mbak Linda, timbul rasa syukur kepada Allah SWT yang memberi jalan dan petunjukNya.
    Oya Mbak Linda, mau tanya nich, waktu Dr. Aucky memberikan terapi, dikasih obat Proviron dan Lycoxy ya???
    Soalnya aku baca juga di website ini, dengan kasus sama seperti Mbak Linda, Dr. Aucky ngasih obat itu. Klu boleh tau, bagaimana dosis minum obatnya? Sehari berapa kali? Apakah kedua obat itu diminum dalam waktu yang sama? Waktu minumnya, pagi, siang, atau malam?
    Terima kasih Mbak Linda….

  30. via

    Hi Linda,

    Mau tanya….saya ada rencana untuk suami TESA/PESA dulu sebelum lanjut ke saya nya karena takutnya kalo saya udah disuntik ini itu duluan dan ternyata begitu TESA tidak ada sperma nya kan sia-sia bayi tabungnya. Fyi, hormon suami saya normal semua tapi seperti cerita Emma di atas, hormon suaminya bagus tapi juga tidak ada spermatozoanya. Tapi sempet ragu dengan sperma yang udah dibekuin gimana kualitasnya ya, karena ada yang posting spermanya sudah rusak begitu mau dipakai. Apakah Linda sempat terpikir seperti saya sebelum mulai proses bayi tabungnya?

  31. Linda

    Dear Rere,

    Halo…makasih ya…obat yang di kasi itu proviron dan vit.e 1 hari sekali…sampe 1 bulan… 🙂 semoga bs membantu yah ^^

  32. rere

    Dear sist linda,

    Selamat yah sist dah berhasil hamil.. semoga kehamilannya lancar en sehat sampai melahirkan.. Amien..

    Sist.. klo boleh tau obat hormon apa yang diberikan dr. aucky sampai sperma bisa muncul kembali?

    Jawaban sist Linda sangat berarti buat saya, terima kasih sebelumnya..

  33. fhea

    Amien, semangat ya Via.. sama, aku juga baru taun depan mulai insy ninggalin karir demi program batab, masih ngumpulin duit plus mental plus nyali juga, mudah2an diberi jalan dan kemuduhan dari Allah untuk kita semua Menjalani ujian ini,, amien.

  34. via

    hi emma,

    masih berharap ada keajaiban untuk masalah sperma suami, karena di thread sebelah ada kasus yang suami azoo tapi setelah 6 bulan bisa normal lho spermanya meskipun istrinya belum hamil juga. Mungkin awal tahun depan baru akan fokus untuk bayi tabung karena skrg belum siap ninggalin karir ^^. Menurut saya, kalo hanya spermatid lebih baik tidak dipaksa untuk ngelanjutin bayi tabung nya karena teorinya seperti anak kecil dipaksa untuk membuahi ya ^^. anywei saya salut sama emma untuk tetep lanjut BT nya. Kalo saya masih dalam tahap mengumpulkan kekuatan untuk ngelewatin semua tahap BT. Semoga indah pada waktunya

  35. emma

    Spermatid itu uda bisa membuahi cuman tingkat keberhasilannya kecillll sekali.
    @ via: jgn berpikir negative dulu dong…kalo hormon normal biasanya mostly gara2 tersumbat kok…suami aku emang agak spesial hehe….uda pergi banyak dokter dan semua tdk punya jawaban.

  36. via

    Dear fhea

    Suami lagi dirujuk ke androlog di BIC, mnrt Dr ivan sich kondisi suami saya masih bagus chancenya untuk bayi tabung, sperma diambil langsung ke pabriknya. Kalo lewat ejakulasi kan sperma yang keluar kan bisa jutaan, tapi kalo lgsg di pabriknya hanya ratusan.Ya, hanya butuh 1 sperma aja untuk membuahi, jadi moga2 memang ada sperma di pabrik suami.Setau saya beda lab, beda rujukan level hormon, fhea liat aja di tabel rujukan nya. Testosteron suami saya masih dalam range rujukan lab tapi androlog yg dulu bilang terlalu rendah jadi disuntik hormon terus. Mnrt Dr Ivan gak perlu disuntik. Jadi beda dokter beda pandangan ya. BTw, fhea lagi konsul ke dokter mana skrg?

  37. fhea

    Dear Via
    Kalau range segitu saya kira aman, tidak tinggi, ada temen saya, dulunya azoos, fsh/LHnya rendah (sekitar 4),Testosteron normal, terapai hormon untuk Fsh/Lh, bisa hamil normal loh..4 bulan ktnya. Katanya sejak terapi hormon itu mulai ada produksi sperma,,..
    Tapi ga tau yah, kalo kasusnya via bisa jadi karna sumbatan atau karna belum produksi. Yang jelas kalo kasus FSH tinggi kemungkinan bukan karna sumbatan tp karna pabriknya bermasalah shg kadang produksi sperma kdg tidak, spt kt dokter aucky, Btw Suami saya testosteronnya 311, berati rendah ya.

  38. via

    Dear fhea,

    FSH suami 6, testosteron nya 3, androlog yg dulu bilang yang kurang bagus di testosteron nya…kira2 ada spermanya gak ya kalo gitu? Suami udah stop ke androlog karena kasian juga harus disuntik testosteron terus, jadi saya kasih minum suplemen madu yg high dessert dan kasih makanan sehat aja.

  39. fhea

    Dear Emma,Via

    Salam kenal Suami saya juga azoos. n Kalau boleh tau hormonnya suami berapa ya? suami saya FSH termasuk tinggi walaupun dihasil lab masih masuk dalam range normal,, dan dari yang saya baca,FSH yang tinggi ini mempengaruhi produksi/tidaknya sperma.

    Emma, ooh spermatid ternyata bisa ya jadi embrio,, kalau dari yang pernah saya baca, dokter biasanya ga berani kalau yang ditemukan spermatid, karna spermatid ini kan sperma yang muda, belum matang belum jadi spermatozoa, BT nya dimana ya emma?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*