So sad and hopeless right now – Fafa

Saya sudah menikah tiga tahun sekarang tinggal di Belanda. Bulan Februari kemaren menjalani operasi kista dan baru ketahuan kalo menderita endomitriosis juga.

Kemudian setelah operasi, dokter menganjurkan untuk mengikuti program Bayi Tabung karena kemungkinan untuk hamil secara normal sangat kecil. 2 minggu yang lalu diambil telurnya dan setelah 3 hari, dari 8 telur yang diambil hanya 1 embrio yang kwalitasnya bagus.

Baru pregnancy test tadi pagi dan hasilnya negatif. Padahal sudah 1 bulan lebih sibuk dengan program Bayi tabung dengan segala suntikan hormonnya. So sad and hopeless right now…
Gagal pada Bayi tabung pertama.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (9 votes, average: 1.89 out of 5)
Loading...

21 thoughts on “So sad and hopeless right now – Fafa

  1. Yenni

    Hi Fafa, don’t be so sad and hopeless… sy juga gagal di bayi tabung yg pertama, bt yg ke 3 baru berhasil.
    Menurut statistik yg gagal memang lebih banyak dari yg berhasil… jadi jangan patah semangat, tetap berusaha dan semoga berhasil ya.

  2. imelda

    hai Fa kita juga yang disini pernah merasakan yang Fafa rasakan,seiring berjalannya waktu Fa akan kuat ko.kamu ngak sendirian kok,jangan patah semagat ya,karana hanya semangat dan doa yang kita punya saat ini untuk mencapai tujuan

  3. diajeng

    salam kenal Fafa…
    Aku jg py endometriosis, udah LO 3x, bln kemaren coba bayi tabung dpt 2 embrio tp gagal. Bln depan pgn coba lg. Ayo Fafa tetap semangat yah..qta sama2 msh berusaha.

  4. Cynthia

    Hai Fafa…
    Salam kenal…aku juga BT ke-1 belum berhasil, udah positif tapi misscarriage. Sekarang aku lagi BT ke-2 baru ET, sedang menunggu hasil. It’s OK kok…kamu gak sendirian. Keep positif thinking aja. Aku percaya pasti next BT kamu lebih easy going karena udah tahu prosesnya. Fighting!!!

  5. tini

    Hai Fafa….
    Salam kenal….kamu bukan satu2nya orang yg gagal pd BT pertama…aku sendiri jg mengalami bahkan dr 5 embrio yg aku punya tidak satupun yg berhasil,akhirnya aku cb lg BT ke 2 dan Alhamulillah perjuangan dan doa kami di kabulkan oleh Allah SWT aku berhasil dan skr aku hamil 23miggu babyku kembar.
    Jangan putus asa ya….dan tetep semangat,berusaha dan berdoa dan yakinlan bahwa doa kita akan di kabulkan Allah…..

  6. nina

    Hi Fafa.. please do not give up!
    BT saya juga gagal tahun lalu dan saya mencoba lagi sebulan sesudahnya dan sekarang saya mempunya seorang anak laki2 yang sehat…
    Keep praying and trying! You are not alone…

  7. dee

    hai fafa, salam kenal ya. jangan putus asa ya fa, aku jg mengalami hal yang sama. baru aja kemarin aku OPU, dapat 4 telur dan pagi ini udah dikabari ternyata telurnya tidak ada yang bisa dibuahi 🙁
    sama seperti fafa, aku jg down banget, td di telpon dokter dan saking shocknya aku ga bisa comment apa2. apa teman2 lain ada yang pernah mengalami hal yang sama? kata dokterku kualitas telurku kurang jernih dan tidak bisa dibuahi. apa itu dari makanan atau apa ya? karena selama ini aku tidak berhenti minum susu, vitamin, putih telur dan akupunktur juga. oh ya, aku juga pernah operasi endometriosis 2x, dan karena itulah quantity telurnya hanya sedikit. ditunggu sharingnya ya teman2.. terima kasih. buat fafa, keep trying ya fa..

  8. widy

    Hai fafa…
    Salam kenal…aq insya allah 15 Ags ntar mulai cek darah dll, ini renc BT pertamaku…khawatir sih, tp coba menenangkan diri, rezeki ga akan kemana-mana…klo blh tahu, kira2x habis berapa biayanya sampai dinyatakan ‘ga jadi’ itu?? jarak waktu bila gagal yg pertama brp lm dt renc BT ke 2?? apa benar sampai 70jt??
    Terima kasih…ditunggu sharringnya…

  9. ari

    Hai Fafa…
    Jangan sedih… bukan hanya kamu yang mengalami kegagalan… tapi yakin Allah Maha Baik… DIA lebih tahu yang terbaik untuk hamba-Nya… Semangat Fafa…

    @ Widi…
    Untuk biaya prog BT, besarnya tergantung pada usia, dan juga t4 BT. Semakin bertambahnya usia, maka akan mempengaruhi jumlah hormon yang disulihkan… ini mempengaruhi biaya, juga kualitas sperma… kemaren aq di Siloam Sby, kisaran nya 30 – 40 jt…. usiaq 36th…

    Sukses n good luck…. jangan patah semangat… sabar, pasrah dan ikhlas…. apapun yang akan terjadi….

  10. ari

    Halo Fafa…

    kamu gak sendiri …aku baru bulan Juni kemarin gagal juga bayi tabungku yang pertama…dan gak ada embrio yang bisa disimpen, jadi kalo mau ngulang lagi ya hrus dari awal. sekarang sih lagi disuruh nunggu siklus mens normal lagi, karena pasca bayi tabung kmrn, mens nya masih kacau, ya waktunya ya flek2nya..Jadi yaahhh gitu lah..

    Kalo menurutku, ini salah satu misteri hidup yang “kebetulan” kita-kita ini diberi peran sama Allah seperti ini.Jadi ya..kalo menurut saya jalan satu2nya ya terus berjuang. Kita semua adalah pejuang tangguh. Sedih itu wajar, tapi semoga kita semua diberi kekuatan yang lebih juga, insyaAllah semua akan ada hikmahnya, bagi orang2 yang selalu berpikiran positif. Kita tidak pernah tau mau dibawa kemana hidup kita ini sama Allah.

    Tapi kalo saya Fafa, kalo lagi sedih dan pengin nangis ya saya nangis aja sepuasnya, sayangi diri sendiri, karena kalo bukan kita yg sayang ama diri kita sendiri, lalu siapa ? Tapi yang saya alami juga, sedih lama2 itu juga lelah, jadi pasti nanti ada waktu untuk bangkit, dan siap untuk berjuang kembali. Percaya aja Fafa…you’re not alone….Sama2 yah…semangatttt !!! 🙂

  11. yunie

    dear,fafa
    tidak apa2 gagal,,kegagalan suatu keberhasilan yang tertunda,aku juga uda mengikuti program 3x yg pertama thn kemarin gagal,dicoba lagi yg thaw cycle positif tapi diminggu ke-6 pendarahan mungkin dikarenakan aku kecapean krn banyak traveling and ngerjaian sesustuya sendiri,dicoba lagi yg fresh bln lalu hasilnya positif juga tapi diminggu ke-5 pendarahan juga,akhirnya aku konsultasi lagi kedokter yg paling baik disyedney hasilnya katanay aku yg program bln lalu hormon aku ketinggian,memang aku merasakan tidak nyaman diprogram yg terakhir terasa smua badan sakit,disaat aku positif sempat aku kena morning sickness,badan panas dingin diwaktu siang,,,so jadi gpp fafa,,ini suat cobaan dari yang diatas,lebih baik gagl sekarang dari pada gagal setelah hamil besar atas sudah lahir,,tetep semangat fafa…makanya ada blog ini,,curhat saja yg banyak pasti masih ada masalah yang lebih besar dari masalah kamu,
    saya sudah menikah 7 thn,umur saya 31
    rencananya saya mau thaw cycle lagi awal bulan dpn tunggu mens bln ini datang dulu
    tetep semnagat fafa and jangan lupa berdoa

  12. lily

    To fafa,
    Aku sangat ngerti yg kamu rasakan. Aku jg brsan gagal BT pertama bulan ini di siloam hospital sby. Sediihhh banget.. Rasanya gak mau nerima kenyataan dan aku jd pesimis banget apakah nantinya bs punya anak hiks…
    Tp aku gak mau berlarut2. Aku udah baca banyak pengalaman teman2 disini yg menguatkan aku. Rencananya aku mau thaw cycle bln 11 dg sisa 3 embrio. Sekarang lg nyiapin mental. Wkt itu aku memang krg fit dan agak tegang selama proses. Apalagi aku orgnya gampang stress dan setelah ET agak sulit tidur. Mgkn krn byk istirahat shg gak capek, imbasnya mlm gak bs tidur. Gak tau ada pengaruhnya gak ya?
    Teman2, minta sarannya apa yg hrs dilakukan setelah ET spy bs relaks dan mlm bs tidur nyenyak?
    Utk fafa, maju terus pantang mundur. Selama msh diberi ksmptan, kita hrs berusaha. Aku percaya, semua pasti indah pada waktunya.

  13. yunie

    to lily,
    lily dithaw cycle dulu saya pernah merasakan seperti itu,,,mungkin itu efek tapi tidak apa2,tapi yg fresh saya slalu bisa tidur,mungkin karena disiang harinya saya masih banyak mengerjakan sesuatu jadi malamnya saya sudah cape,,,dulu sewaktu saya thaw malah saya tidak banyak kegiatan jadinya keseringan dirumah jadi malamnya saya tidak bisa tidur,tapi bisanaya utk mengatasi saya stress biasanay saya minum camomile tea habis dinner itu buat kita rilex sedikt,,mudah2an saran saya berguna buat kamu,,,semangat!!!

  14. thin

    To semua …yang belum berhasill
    Tetap semangat and positive thinking Tuhan pasti memb eri hikmah di balik ini semua

    To Lily :kmrn brp hbs BT di siloam sampe selesai sy rencana pengen jg tp lg siapin biaya dl.usia sy 28 dan suami 34.suami normal sy endometriosis tp kecil.udah 5 thn.
    Smoga sukses BT yg ke-2.yach..!!!don’t be stress

    Ada yang pny pengalaman ga dgn endometriosis??krn sy ada endo +/- 1.4cm dktr di malaysia blg laparoskopi dl tp dktr lain blg tdk perlu krn dibwh 5cm.Bingung deh ada yang pny saran ga biar ga salah nih,..takut jg dengar kt operasi

  15. dina

    hai Fafa & semua….
    sedih itu manusiawi..sampai detik inipun saya masih suka nangis sendiri…baru hari sabtu tgl 29 Agustus kemarin, setelah 2 mg bedrest after ET, sy dinyatakan “belum berhasil”. Sy lsg istighfar..semua itu Allah yang menentukan..qta cuma bisa berusaha & berikhtiar.Kl ga berusaha, malah dosa..dari 4 embrio yg ditransfer, ga ada satupun yg berkembang..Qta harus pasrah & ikhlas…Sy ga maau melihat kebelakang, bgm pengorbanan yg menguras waktu, tenaga & biaya. Itu ga ada apa2nya dibanding upaya utk ikhtiar kembali, salah satunya dg ikut kembali BT ke-2. Skrg sy dah ngantor lg..ga baik jg berlama2 sedih sendirian.hehehe… Skrg ayo mulai kuatkan hati…nabung lagi..perbanyak ibadah..selalu semangat & optimis. Sedih 1-2 hr aja, selebihnya….berjuang kembali..S.E.M.A.N.G.A.T.

  16. rinta

    Saya juga sekarang lagi proses menunggu hasil program BT 1 dengan Dr. Karel di RS. Abdi Waluyo. Yang ditransfer cuma 1 embrio (kualitas good 8 sel) Doain saya ya moms, semoga BT ini berhasil +, Amiin…

  17. marsha

    Hi dear, aku juga dulu punya kista, 2 lg, dikanan dan dikiri, satu kista biasa satu lg dermoid cyst, org2 blg aku pasti susah hamil setelah operasi kista itu, and dr pengalaman pribadi aku, memang it will take sometime setelah operasi sampai bs mengandung normal, buktinya a few years later i’m pregnant with my second child, jarak anak pertama sm kedua cuman kurang dari 6 bulan, pdhal kita gak merencanakan dan berusaha juga gak bisa maksimal berhubung suami saya sering keluar kota, believe me dear, if u surrender ur life to God, He will give u the best, and things happen when u least expect it, jd dibawa santai aja, and gak ush ditunggu2in… let it flow and make sure ur having fun when ur in the process of making the baby!!! wish u all the luck dear.. we’ll be praying for u…

  18. dhieta

    salam kenal fafa….aku baca tulisan kamu jadi nangis deh…karena kamu punya pengalaman yang sama seperti aku….program BT ku yang pertama gagal…beta HCG ku dibawah 2….sedih,kecewa,capek semua jadi satu…sakarang aku disarananin dokter untuk ikut lagi BT kedua….lebih cepat lebih baik kata dokterku…tapi aku juga udah diliputi perasaan kecewa sedih…dan putus asa juga….

  19. rees

    Salam ! Bunda, dlm thread ini sy ingin bertanya adakah sesiapa yg berniat untuk adopsi anak perempuan ? sy seorang ibu yg tdk bernasib baik dan tengah dihadapi dgn masalah yg amat sulit. anak sy berusia 8bln, dia cantik, sehat, berkulit putih. jika ada bunda yg ingin mengadopsi dan dpt memberikan ksh syg kpd nya layaknya orangtua kandung, sudikah kiranya utk datang ke rumah saya. jika serius please email ke : rees_1160@yahoo.com sy akan sgra menghubungi bunda.

Comments are closed.