Seumur hidup saya baru sekali mens – sharing Ara

Saya sudah menikah 1.5 th, belum memiliki anak padahal saya kepingin banget… tapi sebelum nikah saya sudah tau kalo meskipun sudah nikah saya ga mungkin hamil hanya bisa berharap mukjizat dari Allah saja harapan saya.

Seumur hidup saya baru sekali mens sewaktu sma dan itupun cuma flek sedikit rasanya senang banget tapi selanjutnya tidak pernah mens lagi, orang tua saya sudah bawa saya ke beberapa dokter katanya rahimnya kecil, ada yg tersumbat lah saya tidak paham…

Tapi terakhir saya operasi untuk melihat ada tidaknya rahim karena terakhir di USG susah sekali melihat rahim saya…hasil operasi saya tidak memiliki rahim dan saluran hubungan saya buntu karena tidak adanya rahim. Tapi ada sedikit harapan karena saya masih memiliki telur yang lengkap dan sehat.

Alhamdulillah saya mendapat suami yang begitu baik dan mencintai saya apapun keadaan saya. Sejauh ini saya dan suami belum ada usaha tapi rencana sudah ada… mohon sharing informasinya jika ada pengalaman or pengetahuan tentang apa yang saya hadapi ini, terimakasih sebelumnya.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 3.50 out of 5)
Loading...

37 thoughts on “Seumur hidup saya baru sekali mens – sharing Ara

  1. Velia

    Hi Ara salam kenal. Setauku untuk kasus dimana rahim tidak memungkinkan untuk hamil sedangkan kualitas telur dan sperma bagus, jalan keluarnya adalah dengan mencari “surrogate mother”. Jadi telur dan sperma dibuahi di luar dengan cara bayi tabung, kemudian embryo ditransfer ke rahim orang lain. Jadi ara harus mencari orang yang mau rahimnya “dipinjamkan” untuk mengandung janin ara & suami.

  2. ati

    Hi , Ara salam kenal,
    Yach saya lihat di majalah People edisi nov lalu ada pasangan orang bule pake surrogate mother bukan bule ,anak nya lahir persis muka ibunya mata bapaknya dan tetep bule.
    Saya udah BT 4 kali belum hamil juga tapi namanya ihktiar terus aja di jalani selama ada jalan baru nyerah kalau semua jalan udah buntu.
    Saya juga tetap bersyukur dengan apa yg saya punya,ya suami,ya sehat,ya rezeki ect.

  3. henny

    hai Ara lam kenal,

    Ara jangan menyerah ya, semua itu ada jalannya.
    Allah maha segalanya, apapun bisa terjadi dengan kuasanya.
    saya punya teman yg menurut dokter enggak akan bisa hamil, tapi dengan kuasa Allah taun lalu dia hamil, setelah 9 taun menanti dan pasrah.
    Teruslah berusaha dan berdoa, mudah2an Allah mengabulkan doa Ara ya.

  4. Windy

    Hello Ara
    Lam Kenal.Ara permasalahan yang kita hadapi sm beratnya.Hanya saja saya memiliki rahim yang sempurna tp tidak memiliki Ovum.kalau saya pikir dengan cara pandang manusia untuk mempunyai anak sangat sulit tapi kita punya iman jadi tetap berharap & Berusaha.
    Kita Sama-sama mencari jalan keluar & saling menguatkan krn ara tidak sendiri.
    Tetap Bersemangat Yach?

  5. nizil

    “Hai Kak Ara,,
    Salam kenal ya.. saya Nizila usia saya 20 tahun saya belum menikah tapi saya juga mengalami hal yang sama dengan kak Ara, Saya sama sekali belum pernah menstruasi,, saya sudah ke dokter tapi kata dokter rahim saya sangat kecil. maka itu sampai saat ini saya takut dan minder kalau ada cowok yang suka sama saya. “

  6. mimi

    semuanya salam kenal..
    kalo masalah kehamilan itu Sensi bgt yaa..
    aq juga udah 4 taon tapi belom juga hamil..
    mau gimana lagi?
    gak mungkin kan berantem sama ALLAH..?
    Semuanya SABAARRRRRRR aja yaa…

  7. andis

    pake jasa surrogate mother aja say, aku juga dulu memakai jasa surrogate mother dan sekarang anak saya sudah 3 tahun

  8. afi

    saya jg blm pernah hamil,padahal umurku 31th.dokter bilang ak amenore primer,dah minum cyclo proginova 4 bln,tp smp skg blm ada tanda,tmn2 bs share,thanks

  9. Anita

    Alhamdulillah menemukan website ini, akhirnya saya bisa berbagi dengan orang yang sama2 mengalaminya dan saling menguatkan.

    @ Ara, nizil dan afi :
    coba deh ke dokter lain, coba dengarkan pendapat dari dokter lain. Mungkin saja rahimnya tidak kelihatan, bukannya tidak ada. Coba 2 sampai 3 dokter.
    Saya juga tidak bisa haid, kecuali dengan obat hormon.
    Dulu juga rahim saya kecil, usg biasa susah ke detect, terus dikirim ke yang usg 4D (di RSCM, lupa nama unitnya apa, fetomaternal kalau ga salah), disitu bisa keliatan kalau rahimnya kecil. Waktu itu ukuran 3cm. Dua tahun aku dikasih obat2 hormon, skrg ukuran rahimnya 5,2 cm. Kata dokter saya, ukuran itu sudah lumayan. Soal bisa punya anak atau tidak, bisa dicoba pakai inseminasi atau bayi tabung. Tapi karena saya masih single, belum nikah, jadi saya belum mencobanya. Dokternya bilang, kelainan saya disebut sindrom Kallmann. Gejalanya yaitu tidak bisa haid (amenore primer) dan tidak bisa mencium bau, rahim kecil, payudara kecil. tapi utk memastikan pakai tes hormon di lab.

    @ Afi : jangan tidak pede, tapi carilah orang yang memang serius dan bisa menerima kamu apa adanya. Semangat ya… Saya juga lagi mencari kok orang seperti itu…

    Saya berobatnya ke RSCM kencana, klinik yasmin dengan dr. marly susanti.

    Buat semua, semangat ya.. Allah SWT pasti memberikan yang terbaik utk kita semua…

  10. afi

    thanks for all
    ahirnya setelah 6 bln mnm cyclo proginova,aku stop.karena ga ada perubahan (mens),takut ada efek samping.ak skg dah ga periksa k dokter lg,cuma doa dan makan minum yg full gizi,apakah ada yg sembuh dr amenore primer?resepnya apa?

  11. alisa

    hai all,,
    aku juga punya sahabat yang sampai sekarang ini belum pernah mengalami haid sama sekali umurnya 21th. dia sih minta temenin sama aku untuk dateng ke RSCM untuk cek tapi aku mau saranin dia untuk dateng ke RSIA sekalian aku juga mau cek rahin ku karena aku juga punya prolem, aku sudah menikah selama hampir 2,5th tapi sampai sekarang belum juga dikaruniai anak. bisa kasih referensi gak ya RS mana yang lebih bagus untuk masalah kami berdua ini.
    thanks..

  12. dyra

    Dear Anita,

    info nya bagus bgd, saya baru tau kalo yg saya alami Kallmann Sindrome. Awalnya saya ngerasa saya gak bisa mencium itu ada kelainan di indra penciuman.
    Saya 25 tahun. Sudah periksa ke dokter coz saya ga pernah mens dari umur 17 thn (ampe skrg, harus pake obat), dan bener juga payudara saya kecil. Rahim saya pas dicek dokter 4.7 cm setelah berobat bertahun2 pernah mencapai 5.1 cm sampe 6 cm (naik turun setiap 6 bln sekali periksa). Tp dokter SpOG saya ga pernah ngasih tau kalo saya itu Kallmann Sindrome, beliau nyuruh saya cepet menikah aja. hehehehe

    Saya udah 3 thn ga periksa ke dokter, soalnya saya pindah kota. Jadi udh 3x juga puasa saya full, ga dapet mens siiiy. hehehee..

    Makasi infonya buat yang lain.. karena saya jg single, smg kita2 yg single mendapatkan lelaki terbaik yg bisa menerima keadaan qt dan terus berusahaaaa.. Aamiin

    Semangat!! Allah bersama orang2 yang bersyukur dan bersabar 🙂

  13. lisa

    hmmm…teman2x..saya sedikit merasa ada teman berbagi…usia saya sudah 31 tahun dan masih single..saya menderita amenorea primer..ini saya ketahui dari iternet….tapi saya tidak punya dana untuk berobat ke dokter……semua sudah mendesak saya untuk menikah..tapi itu tidak mungkin….,pertanyaan saya…kira2x kalo mau berobat kedokter butuh biaya berapa ya???truz..ada yg sudah pernah sembuh gak…..? kalau pengobatan melalui pijat urut ada gak ya???mohon di share temen2x…thx tuk infonya….

  14. Tinik

    bersabar aja semua ada jalanNya Tuhan Maha Baik dan Maha segala galanya, aku aja yang belum hamil hampir 20 tahun lebih bisa hamil karena Kuasa Tuhan, semua ada waktunya dan rencana Tuhan pasti baik, harus iklas dan pasrah

  15. Tie

    akhirnyaa ketemu web inii, bisa berbagii sama temen2…akuu jugaa baru mens umur 22 tahun itu pun harus dipancing dengan obat…2 tahun konsumsii mens lancar..1 tahun aku berhenti..dan sekarang aku baru mulai rutin ke dokter lagii…akuu sudah mempunyai pasangan dan insya allah kami serius, dan diapun sudah mengerti dengan kondisi ku..hanya ketakutanku..kalo seandainyaa aku tidak bisa hamill dan tidak bisa memberikan cucu untuk orang tua kami…apa yang harus aku lakukan…

  16. rahma

    mau sharing yaa..
    ak umur 16 tahun lebih 9 bulan.. payudara ak kecil dan ak gemuk…ak belum pernah haid sama kali terus ak periksa ke dokter kandung dan di usg.. kata dokter rahim ak kecil dan tidak bisa punya anak.. ak di kasih obat regumen.. kata dokter mancing biar aku bisa haid…

  17. nay

    Ass,,,ternyata byk jg yg senasib dg sy,sy dl.mens pertama usia 17th,setahun kmudian sy tdk.mens,payudara tdk tumbuh,bulu di kemaluan dan ketiak jg sdikit,sy kedokter kandungan sblm menikah,dksh obat spy mens kayanya esterogen,efek ke badan jd gemuk,tp klo ga mnm obat,ya ga bs mens,sy nikah udh 8th blm jg hamil 🙁

  18. rie

    Q jg amenore primer ..udah bnyk dr periksa q ..kt dr rahim kecil..kemungkinan gk bs hamil..sy sedih bgt ..gmn rmh tangga sy..tanpa khadiran seorang ànak

  19. iras

    ya Allah, ternyata banyak yg senasib sama aku. umurku hampi 18 dan aku juga belum pernah mens sama sekali. aku udah punya rencana periksa ke dokter dari dulu tapi masih ada perasaan takut. sekarang sedang mengumpulkan keberanian, insyaallah secepatnya mau periksa.

  20. ayu

    Slm kenal ya all@ saya juga penderita kelainan sindrom kallmann ,,,, apakah ada yg bisa sembuh dan bisa hamil dngn kelainan ini yaa…mohon saran nya ????

  21. iras

    hai saya mau berbagi cerita, sekitar 2 minggu yang lalu aku pergi ke dokter, diUSG katanya rahimku normal dan kata dokter kemungkinan ketidakseimbangan hormon atau apalah itu. aku di kasih obat primolut N 5mg. aku dikasih 10 biji untuk 5 hari. kata dokter nanti mensnya sekitar 4 hari setelah berhenti mengkonsumsi obat tersebut. dan ternyata benar setelah saya minum obat itu mulai hari rabu dan habis hari minggu kemudian kamis saya mens. dokter juga menyarankan saya untuk diet dan mulai menerapkan pola hidup sehat. semoga cerita saya dapat bermanfaat. tetap semangat yaa. salam…

  22. puristwt

    Kakak kakal semua. disini aku merasa punya temen. umur aku 19 thun dan pernah mens cuma satu kali sampe saat ini. aku ga ngalamin yg namanya tumbuh payudara dan perkembangan normal lainnya. aku blm pernah periksa ke dokter kak. cuman aku sering browsing aja di sini. mau periksa tp takut mahal hehehhe… Aku jg jd minder kalo ad yg suka sm ak kak. Gimana solusinya ya kak :'(

  23. zia

    Ass semua nya ada yg tau gak kalau rahim kecil . kemungkinan bayi tabung tingkat keberhasilanya berpa persen ya? Sya juga mengalami rahim kecil . Dan rasa nya terpukul sekali ?

  24. Jingga

    Saya seorang amenorhea primer jg. Pertama kali haid usia 16 tahun krn obat2 hormonal. Kalau tdk minum saya tdk haid.. begitu senang nya. Krn saya tdk paham kondisi saya,saya hanya tau saya bisa haid itu saja saya sdh senang sekali. Payudara jg mulai tumbuh walau tdk besar. Ciri seks wanita lain jg menyertai. Itu semua murni krn saya diberi obat2 hormon pemicu mens tersebut.

  25. Jingga

    Part 1..
    Melanjutkan postingan saya diatas … maaf ini panjang lebar.
    Saya ingin sharing pengalaman panjang saya. Semoga menjadi motivasi untuk yg mengalami hal yg sama dengan saya 🙂

    Saya bahas krn saya org awam. Jadi dari kacamata awam saya. Dan saya terus berusaha memahami penjelasan medis dari dokter.

    Jadi kasus yg kita semua alami ini namanya amenorhea. Yaitu tidak mens nya seorang wanita..

    Ada 2. Primer dan sekunder.
    Kalau sekunder itu PERNAH mens.. kemudian tdk dtg2 lagi atau sangat lama baru dtg lagi.
    Na yg kita alami tdk pernah mens ini disebut amenorhea primer.

    Penyebabnya banyak..
    Bisa hormonal,bisa tidak ada rahim,bisa tdk lubangnya hymen(selaput dara), prolaktin berlebih,dll (bisa digugling di banyak artikel)

    Jadi saat kita tdk mengalami mens. Teman2ku tersayang. Ada baiknya periksakan ke dokter kandungan. Plisss ini jangan dijadikan hal tabu.. (mungkin dipikiran kita malu masih gadis remaja kok ke dokter kandungan) its okai darling.. demi masa depan kita…. 🙂 bisa diantar mama,kakak,tante. Saran saya dtg dengan org tua. Krn dibawah 21 thn semua keputusan medis belum bisa oleh kita sendiri. Jadi dokter akan minta persetujuan org tua.

    Baik. Jadi krn penyebabnya banyak. Dokter akan lakukan pemeriksaan secara teliti. Waktu itu saya dtg dipriksa di meja priksa. Tenang.. kita kan masih perawan. Jadi alat priksa tdk akan menyentuh organ selaput dara kita. Kita jg akan diperiksa apakah kita ada payudara atau tdk.

    Usg dilakukan. Beberapa khasus dipastikan dengan usg 4 dimensi.. kemudian saya jg usg lewat dubur (seharusnya kan lewat kemaluan tapi krn masih perawan jadi lewat dubur) tdk menyakitkan tpi ini semua untuk tau kondisi dlm nya kita… memastikan kita punya semua organ yg berkaitan dengan reproduksi wanita atau tdk.. saluran vagina,rahim,indung telur.. spertinya itu .. Krn darah mens berasal dari dinding rahim. Jadi untuk bisa mens dipastikan memiliki rahim dulu.

    Hasil pemeriksaan saya. Sama dengan teman2. Rahim saya kecil… kemudian dokter memeriksakaan hormonal saya. Waktu itu memang hormon saya rendah

    Jadi teman2, rahim kecil itu krn tidak tumbuh maksimal krn kurang hormon kita. Yg bisa menyebabkan tumbuh ya rangsangan hormon terhadap rahim.. jadi rahim kecil itu otomatis terjadi krn kondisi kurangnya hormon ditubuh kita… (jangan berkecil hati)

    Ini penjelasan singkat yg saya cerna dari penjelasan dokter waktu itu

    Begini. Otak (bagian hipofisis) kita menghasilkan hormon namanya FSH,itu yg merangsang indung telur kita untuk membentuk sel telur/tumbuhnya sel telur) selama dia tumbuh dia akan menghasilkan hormon namanya estrogen ,,na estrogen ini yg akan membentuk dinding rahim .->-dinding ini yg nantinya luruh jadi mens(estrogen jg berfungsi untuk membentuk ciri seks kewanitaan lain seperti rambut kemaluan,payudara,dll)

    Masalah saya adalah pada produksi di otaknya..(FSH rendah atau kecil skali) jadi bisa dirunut kebawah semua akan ikut rendah kan. Jadi untuk mens pun tdk bisa.. ya krn rangsangan hormonal nya kecilll atau sendikit sekali. Akhirnya rahim jd minim aktivitas. Jadi kecil ukurannya

    Problem saya hormon dari otak sehingga saya dianjurkan ct scan untuk tau apakah ada tumor atau sesuatu di otak saya sehingga menghambat produksi.
    ( temen2 jangan kecil hati masalah biaya sehingga kita malas kedokter)
    Dokter akan sangat bijak memberikan prioritas pemeriksaan yg dibutuhkan saja. Believe your doctor.
    Hasil ct scan saya bagus. Tdk ada tumor. Dokter mengatakan kemungkinan besar kekurangan hormonal krn mungkin ada ketidaknormalan mikro di bagian otak penghasil.
    Umm.. tapi prioritasnya kalau mampu mengejar itu. Dokter akan bantu. Waktu itu 2006. Pemeriksaan mikro dan treatment tersedia di luar negeri. Kalau saya tdk ingin mengejar itu ya TIDAK papa. . Suatu saat apabila saya akan reproduksi,,Bisa dipicu hormon yg kurang tersebut.
    Saya bersyukur masih ada alternatif lain dan harapan. Dan seee. Dokter sangat solutif kan teman2..

    Sebetulnya yg utama dari terapi hormonal itu adalah bukan membuat kita puas kita BISA mens semata. Tapi adalah merangsang pertumbuhan rahim kita.. sehingga suatu saat kita akan program reproduksi rahim kita juga support. Tdk kecil.. estrogen jg berfungsi untuk mencegah osteoporosis.. jadi teman2. Ini supaya kita tdk osteoporosis dini ! Cirinya mudah lemas. Kurang energi.. na kalau osteoporosis kan ya serem teman2. Bisa2 pas jatuh aja bisa patah tulang. Naudzubillah. Makannya hayuk jangan tunda2 priksanya ya.
    Selama kita belum ingin reproduksi terapi hormonal itu lebih bnyk untuk mempertahankan kondisi se-fisiologis mungkin atau mendekati kondisi yg seharusnya 🙂 mens yg kita alami ini sebetulnya bukan mens yg menghasilkan sel telur.

    Penjelasan sedikit :
    Jadi tadi ya estrogen secara alami mayoritas terbentuk krn tumbuhannya sel telur.
    Saya belum butuh sel telur tumbuh. Jadi langsung jalur di cut.. langsung saya diberi estrogen dari luar saja

    Na saya diberi 2 macam hormonal. Yaitu estrogen dan progesteron

    Artinya estrogen saya diberikan di fase 14 hari awal itu untuk membentuk dinding rahim.. dan gabungan estrogen dan progesteron untuk mempertahankan lapisan dinding. Setelah itu lepas minum obat..
    Seminggu kemudian saya mens ( ini efek withdrawal namanya) krn 2 obat hormon ini dilepas tdk ada yg mempertahankan dinding akhirnya luruh dan mens.

    Diperhatikan dulu.. ini mens yg di cut off ke bawah aja.

    Tdk ada yg saya dptkan obat untuk merangsang sel telur..(tdi uraian diatas yg merangsang telur adalah FSH dari otak)
    Ya krn alasannya saya BELUM membutuhkan sel telur untuk dibentuk.waktu itu saya belum membutuhkan reproduksi. Yg saya masih butuhkan adalah menyeimbangkan kondisi sperti wanita umumnya.. supaya rahim saya terus terangsang hormon teratur supaya dia tdk mengecil (atropi kata dokter).

    Yg saya rasakan. Bulu kemaluan saya dan ketiak bisa tumbuh. Payudara jg lebih tumbuh..

    Dokter pun akan melakukan evaluasi rutin teman2. Namanya jg kita diberi obat hormon. Beliaunya akan memeriksakan usg kita berkala. Untuk follow up:) so dont worry ya.
    Menurut saya ini buka ketergantungan obat tapi KEBUTUHAN…:)

    Obat sebulanan ini saya habis tdk sampai 300rb

    Kita suatu saat ingin reproduksi ,,jadi plis demi masa depan kita jg mengupayakan semuanya sedari sekarang:)

    Saat ini saya berusia 29 thn dan sudah menikah. Saya akan lanjutkan crita saya di part2.
    Krn part1 ini untuk menyemangati adek2 yg kecil hati krn belum dpt mens.
    Artinya. First tetep bersyukur pada Allah..semua kondisi ada hikmahnya..
    Mungkin kalau dikarunai yg sempurna yg bohai yg seksi,. Ada yg malah ke hal negatif dipakainya.. MungkinAllah ingin menjaga kita dengan cara ini.
    Selalu ambil positifnya…

    Satu lagi. Jangan minder untuk dicintai laki2… saya mengalami hal yg sama..

    Masih bersyukur kita punya anggota badan lengkap. Bisa bicara.melihat bekerja sendiri. Jadi jangan menganggap dengan tdk samanya kita denga wanita lain kemudian kita menganggap kita tdk sempurna dan tidak pantas mendapat pendamping hidup.
    Salah besar. Jangan menghakimi diri terlalu cepat..
    Sibukan memperbaiki diri sisi lain. Optimalkan kemampuan kkta disisi lain. InsyaAllah kita akan menjadi pribadi yg punya nilai Plus..

    Saya pribadi tdk menutup diri terhadap jodoh. Untuk lelako yg saya anggap serius dengan saya. Saya akan crita jujur kondisi saya. Dan alhamdulillah Allah mengirim suami saya saat ini yg insyaAllah menerima semua kondisi saya apa adanya.. tujuan menikah salahsatunya reproduksi pasti. Kita akan berusaha. Tapi tak lupa tujuan hidup bersama tak hanya reproduksi
    Mencapai jannah nya dan mencapai mimpi2 sukses bisa kita sama2 raihkan….

    Jadi pliss tolong open your mind temen2… kita berhak bahagia.. 😉

    Untuk part2 saya akan bercerita proses yg saya lalui untuk berusaha mendapatkan keturunan..

    InsyaAllah secepatnya saya share

  26. Dita

    Hallo Jingga! aku juga ngalamin hal yg sama persis kaya kamu. Bedanya aku blm menikah hehe. Cerita kamu menginspirasi bgt, ditunggu ya kelanjutannya:)

  27. niar

    buat teman2 semua tetap semangat berusaha bersabar dan berdoa. buat yang msh single semoga mendptkan pasangan yang iklas menerima semua. Allah pasti memberikan yang terbaik bagi kita semua. aamiiin

  28. Tina

    Halo Jingga,

    Salam kenal.. saya sudah menikah 10 bulan dan mengalami gangguan haid, sekitar 1 tahun saya tidak haid. sebelumnya haid tapi tidak setiap bulan. Saya ingin berobat tapi suami mau saya ditangani oleh dokter perempuan. Saya tinggal Jakarta. Boleh tau mba Jingga berobat dimana dan dengan doktor siapa? kalau berkenan saya ingin sharing dengan mba Jingga. Bisa minta emailnya mba? Terimakasih sebelumnya.
    Buat teman-teman lain yang sudah berobat boleh sharing dokter perempuan di jakarta yang berpengalaman menangani amenorhe ini?

    Saya senang bertemu teman-teman semua. Semoga Allah memberikan jalan yang terbaik untuk kita semua Aamiin..

  29. Pupucha

    Beruntung sekali ketemu dengan blog ini, saya merasa mempunyai teman sepenanggungan. Saya jg mengalami hal – hal tersebut ( tidak mengalami menstruasi) pernah sekali tapi sedikit sekali, sudah ke beberapa dokter, sudah usg 4D jg dan hasil sama = rahim kecil. Dan pada dokter saya saat ini saya disuruh cek hormon & kromosom lewat cek darah yang biayanya g murah :’).. Hasilnya sekitar satu Bulan lagi. Kondisi saat ini sudah menikah ( usia 26thn) alhamdulillah suami bisa menerima, padahal dia anak tunggal ( makin sedih, makin minder, makin tertekan) bersyukur mertua mau mensupport saya agar berani kedokter ( saya trauma dengan vonis dokter sebelum-sebelumnya)
    Mbak jingga, saya tunggu part 2 nya…
    Saudari saudari ku, jgn patah semangat, ini memang berat tapi kita harus berusaha, harus tetap kuat.

  30. Ani Julianti

    Halo semua, aku ani..
    Aku juga punya masalah sama haid yg tidak teratur..
    Kmrn 2 sempet minum obat Lady Fem,, efektif sih.. Cm memang tidak setiap bulan haid ya.
    Skrg sudah 6 bln belum haid lagi, dan aku baru kepikiran lagi karna mau menikah april ini.
    Jadi takut, khawatir dll.
    Ada yg bisa kasih saran supaya aku berobat kmn ga? Karna aku mau banget punya anak setelah nanti menikah..

  31. pupucha

    Hallo mbak ani. Saya sarankan untuk lngsung konsultasi ke dr. Spesialis kandungan mbak, nanti pasti diarahkan sama dokternya. Mbak masih mengalami mens kan, jadi masih ada harapan..

Comments are closed.