Setelah 3 tahun penantian,akhirnya positif – Vifa

HPHT aku tgl 8 juni, haid ke tiga mulai program bayi tabung di dokter Ivan Sini klinik BIC Jakarta.
Dari pemeriksaan awal, aku alhamdulillah ga ada masalah apa2, cuma suami dinyatakan oligoteratozoospermia (gerak dan bentuk tidak normal).

Karena kami dari luar kota, sama2 kerja dengan waktu cuti yang dibatasi, aku dan suami memilih mengambil program short protocol, kebetulan di BIC bulan kemarin ada program ultah, jadi biayanya “agak” lebih murah dibandingin harga BT normal :).

Persiapan fisik aku lakukan 3 bulan sebelumnya. Makan makanan sehat, alpukat, minyak zaitun, royal jelly, susu pra hamil, madu dan telur ayam kampung. Pokonya diusahain semaksimal mungkin sehat, ga boleh sakit πŸ™‚

program ini dimulai dengan pemeriksaan hepatitis, tokso, hiv, rubella. Alhamdulillah aku dan suami dinyatakan negatif dr semua virus tersebut dan mulailah tahap selanjutnya. Yaitu suntik gonal F. Berhubung masih muda (29 thn), dan kondisi rahim alhamdulillah tidak bermasalah aku diberikan dosis kecil, hanya 150iu selama 3 hari.

Hari ke 4 di usg, dilihat respon sel telur terhadap gonal F. Dan alhamdulillah sudah ada bbrp sel telur yang ukurannya mulai membesar. Pemeriksaan estradiol E2 menunjukkan kadar 282, normal. Kemudian dokter kembali merespkan gonal f dengan dosis yang sama selama 4 hari yg diakhiri dengan suntik Cetrotide. Besoknya kembali USG dan pemeriksaan E2 (1369) dan P4 (0,68). Alhamdulillah nampak beberapa sel telur matang yang siap dipanen πŸ™‚

2 hari kemudian dimulai proses OPU, g sakit karena di bius, sadar2 udah di ruang pemulihan dengan angka 4 tercoret ditangan kanan. Alhamdulillah..

Btw, sebelum proses opu, dokter menyarankan tidak konsumsi protein nabati dulu seperti kacangan, kecambah, coklat, kedelai, kacang ijo, pokonya jgn yg nabati. Alasannya makanan2 tersebit bisa meningkatkan hormon (apaaa gtu, lupa) yg mengganggu proses bayi tabung. Semua makanan diatas itu hanya bs dikonsumsi post embrio transfer πŸ™‚

3 hari kemudian (22 juni), dimulai proses ET. Sebelum masuk ruang ET, kami di beritahukan oleh embriologis bahwa dari 4 sel telur yang diambil hanya 3 yang mengalami pembelahan. 1 telur membelah dengan kualitas good, 2 telur membelah dengan kualitas moderate. Setelah didiskusikan, kami memutuskan 2 emrbrio di transfer, 1 embrio yg moderate di simpan dengan harapan dapat meningkat kualitasnya.

Proses ET mengharuskan kandung kemih terisi penuh, so sebelum ET wajib menghabiskan beberapa botol aqua πŸ™‚ sebenarnya proses ini tidak sakit sama sekali. Hanya saja karena diwajibkan menahan air kecil, perut jadi keras dan sakit minta ampun, apalagi pd saat proses ET dokter harus menekan perut yg bs dibilang sedang full tank :).

setelah proses ET selesai, tidak diperbolehkan turun dari tempat tidur selama 2 jam.BAK di tempat tidur, make pispot, berhubung perutku udah keras bgt, g bisa pipis walopun pake pispot, akhirnya suster masangin kateter. Lega.. Tapi BAK selanjutnya mesti usaha sendiri, g bisa di kateterin lg karena takut kandung kemihnya rusak.

Beberapa menit kemudian, terasa lagi tuh keinginan BAK, berhubung hampir 2 jam berbaring aku minta izin suster buat jalan ke toilet krn benar2 g bisa pipis di pispot. Dengan berat hati suster akhirnya mengijinkan. Dan tharaaaaaa!! Keluar dari kamar mandi aku pingsan dengan seksinya πŸ™‚ kta dokter dokter hipoglikemi dan tensi drop.

Aku dirawat 3 hari di rs. Hari pertama di RS tiap menit pasti masuk kamar mandi buat BAK, keluar masuk, naik turun tempat tidur jadinya. Sebenarnya g diperbolehkan terlalu banyak gerak karena didalam rahim embrio2 sedang berjuang untuk menempel. Saat itu aku benar2 menyerahkan segalanya pada Allah SWT, karena kalau ku tahan diatas tempat tidur, perutku skitnya luar biasa. So.. Bismillah ajalah..

Post ET aku disarankan dokter makan makanan high protein. Susu elemen, telur ayam kampung, dan sari kacang hikau menjadi makanan wajibku tiap hari.

Keluar rumah sakit, aku bedrest, g kemana2 kecuali pas mau ngambil catering di lobby (naik lift) selebihnya nonton film, tidur dan makan πŸ™‚

Hari ke 12 setelah ET aku iseng testΒ pack (tepat ultah pernikahan yang ketiga) dan hasilnya ada 2 garis yang muncul, tp garis satunya samaaaaar bgt (mesti pake mata batin dulu baru kelihatan hehehe). Secara udah 3 tahun nikah selalu lihat test pack satu garis doank, so waktu ngeliat test pack samarpun udah happy minta ampun hehehe. Besok
paginya nyoba lagi make 3 testpack yang beda merk, Alhamdulillah udah jelas semua, udah ada 2 garis merahnya. Subhanallah..

Hari ini aku kembali ke BIC untuk cek kadar BtHCG sekalian konsul dengan dokter Caroline krn dokter ivan sedang keluar negeri. G nerveuos sama sekali, mungkin krn aku udah yakin Bgt kalo aku hamil hehe.Β Kadar BtHCG menunjukan nilai 342, dan kata dokter aku positif hamil. SubhanaAllah..
Yang aku rasain sekarang cuma malas makan, payudara nyeri, kliyengan dan sering buang air kecil.

Buat bunda2 yg lagi harap-harap cemas, semoga kita semua berhasil hamil bulan ini, diberi kesempatan menjadi ibu. Diberi kesehatan dan kekuatan buat dedek dan bundanya. Mohon doanya jg semoga aku dan calon anakku sehat2 dan lancar sampai persalinan.
Semangat terus yah bunda..

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (7 votes, average: 4.57 out of 5)
Loading...

55 thoughts on “Setelah 3 tahun penantian,akhirnya positif – Vifa

  1. Ellen

    Selamat yah mba vifa karunia luar biasa dari Allah buat mba dan suami,
    semoga babynya sehat2 aja didalam perut dan lancar sampai 9bulan nanti baru melahirkan heeee.

    mba habis dana berapa dari awal sampai terakhir program

  2. vifa

    @ Ellen
    Bulan lalu BIC sedang ada promo ultah, jadi total 45jt (belum termasuk konsul dokter dan pemeriksaan lab)
    Biaya bayi tabung tergantung dari kondisi fisik pasangan, semakin sehat pasangan, akan semakin ringan biayanya.

    Aku alhamdulillah g ada masalah, cuma suami dengan kualitas sperma yg “jelek’ harus melewati proses icsi (dr
    berjuta-juta sperma yang dihasilkan dipilh sperma terbaik oleh para embriologis)

    Btw, Aku dari 45jt itu masih diretur 5 juta krn dosis obat
    yang aku pakai kecil jd g kepake semua. Jadi total yang
    aku keluarin minus pemeriksaan lab dan konsul dokter
    40jt bun.
    Ada beberapa bulan tertentu dmna BIC bikin promo untuk program bayi tabung. Jadi bagi para bunda2 yang
    udah g sabaran pengen punya debay, bs nanya2 langsung ke BIC sebelum mulai program.

    @ wati & Rehta
    Thank you so much dear..

  3. Efi

    Vifa, mau tanya soal tempat tinggal selama program. Vifa memang tinggal di Jakarta ya? soalnya tadi baca soal nunggu catering di lobby. jadi pengen tahu apakah di apartemen selama program saja atau memang sebelumnya sudah tinggal disitu. makasih sebelumnya.

  4. Efi

    ups, akunya kurang teliti. ternyata di atas ada info kalo Vifa dari luar kota. selama program itu Vifa tinggal di apartemen mana? boleh tau biayanya berapa dan seberapa jauh dari bunda menteng? makasih banyak dan sehat selalu ya, Vifa.

  5. vifa

    @efi
    Awal program aku dan suami ngekos di gang tembok (menteng), berhubung jarak dr kos ke klinik BIC sangat dkt, naik taksi cm 5 menit n g sampai 10rb sekalian meminimalisir tenaga biar g capek dijalan krn tiap hari selama program aku mesti bolak-balik klinik. Tempatnya nyaman, fasilitasnya lengkap (wifi-nya sgt membantu para calon ibu yg cepet bosan) selain itu dekat dgn supermarket dan tempat mkn.

    Setelah proses ET, aku dan suami pindah ke apartemen sudirman park, alasannya krn di kosan sebelumnya hanya bs dihuni 2 org aja sedangkan keluargaku berniat dtg.

    So far.. Lbh nyaman dan enak tinggal di kosan gang tembok menteng. Di apartemen susah nyari makanan sehat dan jaraknya bs hampir sejam ke klinik (apalg klo macet). Untungnya setelah ET kami tidak harus setiap hari ke klinik.

    Biaya kost menteng perbulan 4jt. Apartemen sudirman park 7,5jt belum (termasuk air, listrik, tv kabel).

    Semoga infonya membantu πŸ™‚

  6. mawar

    Selamat ya bu, semoga semua lancar dan diberikan kesehatan.
    Minta info dokter tempat praktek dan kira” berapa biayanya, Mksh.

  7. vifa

    @ mawar
    Bulan lalu BIC sedang ada promo
    ultah, jadi total 45jt (belum
    termasuk konsul dokter dan
    pemeriksaan lab).

    Biaya bayi tabung tergantung dari
    kondisi fisik pasangan, semakin
    sehat pasangan, akan semakin
    ringan biayanya.
    Aku alhamdulillah g ada masalah,
    cuma suami dengan kualitas
    sperma yg β€œjelek’ harus melewati
    proses icsi (dr
    berjuta-juta sperma yang
    dihasilkan dipilh sperma terbaik
    oleh para embriologis)

    Btw, Aku dari 45jt itu masih
    diretur 5 juta krn dosis obat
    yang aku pakai kecil jd g kepake
    semua. Jadi total yang
    aku keluarin minus pemeriksaan
    lab dan konsul dokter
    40jtan.

    Dokter: dr. Ivan sini
    Informasi klinik bic bisa di buka di http://www.morulaivf.com

    Semoga membantu yah πŸ™‚

  8. nelwati

    @ Vifa : mohon alamat lengkap kost2-an di Gang Tembok (Menteng), dong… klu ada beserta nomor telp/HP yg bisa dihubungi, krn aq dari Jambi (Sumatera), jd perlu bgt kost2-annya.

  9. Ellen

    mba vifa trims yah infonya.

    kalo aku bermasalah dituba kanan non paten dan tuba kiri cuma suggest paten (spill kecil).
    nah tgl 20an aku mau diinsem nih di abdi waluyo. usia aku 29 suami 30thn nikah 5thn tinggal di Jkt.

    mudah2an berhasil insem pertama ini (mohon doa jg yah..)tp kalo ga berhasil step selanjutnya
    aku jg ikut bayi tabung makanya lg cari2 referensi tmpt dan biaya.

    mba vifa ada pengalaman insem gak?ada saran ga?
    ohyaa skrg gmn kehamilannya, mabuk atau gak?

    terimakasih yaa mba..

  10. vifa

    @ellen
    Pd saat konsul hasil lab dgn dr. Ivan, beliu tdk menyarankan insem krn melihat hasil test sperma suami dengan bentuk dan gerakannya yang tidak normal dikhawatirkan sperma tdk dapat menembus atau bahkan mencapai sel telur dalam rahim. Setelah didiskusikan bersama, kami pun mengikuti saran beliau.

    Btw, semoga insemnya langsung sukses yah ellen. Tetap berpositif thinking. Good luck dear.. πŸ™‚

  11. Wati

    Salam kenal buat vifa, slamat ya udah berhsl btnya smoga Alan tetep baek sampai lahiran ya. Rasanya ikut seneng kl Ada yg berhsl, aku jg susah py baby n BT jg dg dr Ivan, yg pertama gagal n yg kedua dg embrio beku baru berhsl n kembar satu cewek n satunya cowok, bener Gak nyangka bs py ank kembar pas sepasang lg, akhir bln ini sikembar pas 1 th.

  12. vifa

    Dear wati..
    Wah senangnya langsung kembar sepasang πŸ™‚ aku dr 2 embrio alhamdulillah jadinya 1. 1 itupun jg aku udah sangat bersyukur banget, apalagi kembar sepasang yah.

    Aku mau nanya, setelah berhasil positif apa wati periksa ACA/kekentalan darah? Gmna hasilnya?

    Thx alot for the reply πŸ™‚

  13. maia

    Aq mau berbagi pengalaman aja, akhir tahun lalu aq melakukan HSG dan divonis gak bisa hamil alami karena tuba kanan dan kiri non paten. Aq sudah berniat bayi tabung tahun depan,tapi alhamdulillah sekarang dinyatakan pregnan 2 bulan. Sungguh mukjizat luar biasa dr Tuhan.
    Intinya jangan pernah menyerah dan langsung menerima apa yg dokter katakan, dan aq pernah baca kalau HSG itu kurang akurat hasilnya. Mungkin bagi yang sama vonisnya kaya aq bisa minta dokter melakukan pemeriksaan lain selain HSG atau dengan cara pengobatan alternatif.
    Insya Allah setiap usaha dan doa kita akan didengar dan dikabulkan oleh Allah.
    Semoga untuk yang sedang berusaha mendapatkan baby segera terwujud dan diberi kelancaran, amiiiin amiiiiiiin…

  14. Wati

    To vifa: aku priksa ACA n laparoskopi (LO)pas abis gagal ET yg pertama. Hsl LO tdk Ada kelainan yg berarti. Hsl ACA Ig M 18& Ig G kl Gak salah 64/54 gt. so termsk yg intermediate gt, tp aku priksa ACA di RS pgi cikini krn lbh murah jauh dr prodia m hslnya Ada pembagian golongannya, kl diprodia Gak Ada. Di cikini aku priksa abis 500rb kurang dikit. Utk itu aku di ksh ascardia tablet 1x tiap hr & suntikan lovenox 0,4( disuntik kayak gonal di perut) slm 3bln tiap hari n rasanya sakit banget kayak org kena luka bakar. O iya kl Ada yg pake lovenox bli Ada di RSJ Harapan kita harga ya beda jauh AMA di bic. Kmrn pas aku pake di bic 184rb n di harkit 120-an RB.

  15. nerani

    selamat ya mba’ vifa, smoga lancar smua kehamilan nya, aku juga kmrn sempat ivf di rs. gading pluit dengan positif samar hcg 28,9,usg minggu ke 8 janin berdenyut, lalu minggu ke 10 dah ga berkembang lagi, ternyata di tes aca aku Ig g 12,5, Ig M 16,6 kategori intermediet, skrg lagi pengobatan aca dlu, mba vifa udah tes aca sama kekentalan darah? saya rasa perlu buat pantauan aja..

    @mba wati: selamat ya mba wati dah dapat sepasang… mba wati dlu pas aca + apa agregasi trombosit mba juga tinggi mba? aku lg konsumsi ascardia sama simarc sambil nunggu fet, ternyata aca + masih ads kemungkinan untuk kembar, mba wati selama hamil kerja ga?

    salam kenal yaaaa smuaaa… πŸ™‚

  16. Vifa

    @maia
    Congrats yah, semoga sehat n lancar sampai persalinan πŸ™‚

    @Wati
    Aku periksa di Prodia emang g ada pembagian golongan, cm kalo dilihat dari noilai rujukan bumil di trimester pertama rentangnya antara 100 s/d 600an, hasil lab aku nilainya udah 1088,15.

    Saat ini diresepkan ascardia 2×1, semoga pemeriksaan darah selanjutnya nilai D-Dimernya udah turun, g pake suntik2 segala (please yaa Allah), serem bgt ngebayangin mesti disuntik lagi..

    Mohon doanya yah bunda πŸ™‚

  17. Vifa

    @Nerani
    Setelah proses transfer embrio dokter langsung meresepkan ascardia dosis 1×1, awalnya sy sempat bertanya “kenapa” tapi kata dokter untuk antisipasi krn sebagian besar ibu hamil dengan proses normal, insem ataupun bayi tabung sangat beresiko terkena syndrom ACA.

    Pada saat pertama kali mau proses BT, setelah mendengar beberapa kisah para calon ibu yang positif ACA, sebenrnya sy langsung mau tes laboratorium, tapi saran dari dokter ACA sebelum hamil biasa normal dan terjadi peningkatan pada saat hamil.

    Hamil minggu ke 6, dokter menyarankan pemeriksaan lab. Awalnya hanya untuk “jaga2” saja, ternyata bener sy pun memiliki kekentalan darah tsb. Dokter-pun menaikkan dosis ascardia 2×1.

    Hari ini kontrol darah lagi sekalian pemeriksaan baby, InsyaAllah semua baik2 saja. Mohon doa πŸ™‚

  18. lena

    @Nerani, BT di gading pluit dengan dokter siapa sis? Aku juga sedang menjalani program IVF di gading pluit dengan dr. Andrie Ronggani. Saat ini sedang suntik suprefact.
    @vifa , congrats yaa…smoga program BT ku juga berhasil ^^. oh ya mau tanya, setelah ET vifa ambil cuti atau masih kerja seperti biasa?

  19. retha

    hai wifa,, chek kekentalan darahnya pke sampel darah sndri yg diambil dari tanganya,, aku hamil 2kali dr bayi tabung tp 2kali terus,belum cek soal da kekentalan darah pa gknya

  20. Fies

    Alo, cuma mau share dikit ttg suntik lovenox.
    Sebelum hamil aku dikasih arcadia, and semenjak program ivf, aku mesti suntik lovenox tiap hari. Sekarang aku udah 8 minggu hamil dan tiap hari tetap suntik lovenox. πŸ™‚ sekarang udah lumayan biasa suntik sendiri dan jarang ngerasa sakit.
    Tips yang hopefully bisa bantu kalo mau suntik lovenox:
    Biasanya aku suntik di perut, either bagian kiri atau kanan. Sekitar 7-9 cm dari pusar. soalnya kan banyak lemak di situ.
    Hehehe. Pertama2 olesin alcohol swipe di daerah kiri/kanan. Cubit love handle perut dan tahan kira 10 detik, biar rada2 baal.
    Trus jarum lovenoxnya aku kenain ke kulit pelan2. Kalo kerasa sakit, aku pindah sedikit dan cari daerah yang ga gitu peka. Begitu ketemu daerah yang ga peka, pelan2 banget aku masukin jarum suntiknya. Super pelan bgt deh. Selama ga kerasa sakit, pelan2 aja tekan. Dan jarumnya lama2 masuk ke perut tanpa rasa sakit. Udah gitu, baru tekan suntikannya pelan2 juga sampai cairannya abis. Ga kerasa sakit. Yg kerasa cuma cubitan di perut. Begitu cairan abis, tarik jarum suntik, dan lepas cubitannya. Udah. Selesai. Ga diapa2in lagi. Dan jarang berbekas…
    So far itu cara yg aku pakai tiap hari. Emang pelan dan lama bgt prosesnya, kira2 10 menitan. Tapi lumayan.. Krn ga sakit. Smoga bisa bantu kalo ada yg mesti duntik lovenox juga…

  21. Vifa

    Dear Retha
    iya, Cek aca seperti ngambil darah pd umumnya. pake sampel darah sendiri, di lengan. Jangan khawatir, gak sakit kok πŸ™‚
    cerita rehta kyanya terputus “aku hamil 2kali dr bayi tabung tp 2kali terus”, kurang jelas, maksudnya gimana yah…?

  22. retha

    sory tulisanku kmaren gk jelas,aku 2x ivf dr frozen embrio beku.berhasil hamil tp diminggu ke8 keguguran, tiba2 sakit perut lemudia segumpal darah besar seperti isi perut ikan keluar, aku tnya dokte tp dokte pun gk kasil alasan yg pasti, skrg lg pening mo buat ivf lg atau x. baby km dah keliatan detak jantungnya lum

  23. Rahma

    Dear Viva..congrat pregnant nya ya n succes hingga lahiran.
    Salut,gak harus excelent ya utk pregnant itu?sekarang msh ambil cuti or dah msk kerja?apa minum vitamin or supplemen dokter?

  24. vifa

    Dear retha
    Ikut sedih yah ret, jangan patah semangat tetep usaha, semoga usaha selanjutnya segera membuahkan hasil πŸ™‚

    Retha gak disaranin periksa ACA sm dokter? Biasanya klo udah keguguran berulang, dokter nyaranin tes ACA.

    Btw, Kemarin periksa pas minggu ke 8, alhamdulillah dedenya sehat, udah ada detak jantungnya kedap-kedip. Amazing reality show ever πŸ™‚ minta doanya yah Semoga sehat2 terus

  25. Lina

    Dear Vifa,

    Selamat ya..senang dengarnya. Saya juga akan ivf lagi (kali kedua) rasanya nervous juga.
    Btw katanya sebelum opu sebaiknya tdk mengkonsumsi protein nabati, itu kira2 berapa hari/minggu sebelum opu ya?
    Terima kasih ya infonya…

  26. vifa

    Dear lina
    Aku jg baru tau setelah daftar program, baca lembaran yg dikasih nurse .
    Dr suntik gonal itu aku stop konsumsi protein nabati.
    Ada temen seangkatan yg g kebagian lembaran dr nurse itu tiap hari mnm susu kedelai, setelah slese OPU n periksa hormon dokter menunda proses ET krn hasil hormonnya kurang bagus.
    Bunda BT di rs mana?
    Semangat terus yah bunda, semoga berhasil BT-nya.

  27. Lina

    Hi Vifa, thanks infonya.

    Aku dulu BT di BIC juga, dan baru dpt lembaran itu ketika OPU. Entah apa karena faktor itu atau krn embrio ku grade nya juga kurang bagus jadi ga ada yang nempel.

    Btw, setelah et minum susu elemen merk apa? dan apakah kmren stay di Jakarta sampe test kehamilan?

    Sekarang mau coba lagi di Penang karena kita skrg tinggal di Thailand.
    Kita lagi jalanin long protocol, inshaalah OPU 2-3 minggu lagi.
    Doain ya, semoga ketularan sukses sepeti kamu πŸ™‚

  28. Vifa

    Dear Lina

    Ini aku sampai sekarang masih stay di Jakarta, nunggu 3 bulan atau kata dokter sampai plasentanya cukup kuat untuk dibawa naik pesawat. Aku juga kemaren2 masih kontrol ACA, tapi alhamdulillah periksaan lab kemarin udah normal ACA-nya; IgM 2,7 dan nilai igG <2,0. Nilai rujukannya <12,0

    Aku lupa minum elemen yang mana, seingatku aku liat di informasi nilai gizi dan milih yang proteinnya paling tinggi.

    Aku doain berhasil yah lin, semoga dimudahkan dan dilancarkan segala ikhtiarnya.

  29. vifa

    @Lena
    Maaf komennya terlewati, g sengaja hehe. sampai sekarang masih izin ga ngantor dlu tapi selalu disertai surat keterangan dari dokter, Alhamdulillah pihak kantor bisa mengerti. Belom bisa terbang2 dulu len, nunggu plasentanya kuat. InsyaAllah klo udh 3 bln br balik. ini masih mabok bgt, dikit2 mual tp ttp di nikmati πŸ™‚

    @Fies
    Terima kasih banyak infonya, semoga g sampai mesti suntik lovenox yah fies, serem…

    @Rahma
    Amin ya Rabb, Makasih doanya. ini masih absen ngantor dlu, belom masuk. Suplemen dr dokter natavit, hemobion, asam folat. lagi promil jg yah? semoga berhasil…

  30. lena

    Vifa, iya gpp say.komenku jg munculnya belakangan krn my first comment jd nunggu moderator buat approve sptnya. Ohya vifa protein nabati itu mksdnya protein dr tumbuh2an kaya kacang2an gitu ya. Klo ?? justru disuru byk makan protein tp ga dibilangin protein nabati atau hewani. Disuru byk2 mkn ikan gabus, susu peptisol krn mencegah spy ohss. Kayanya ?? suspect ohss nih pdhl ?? bukan PCO.

  31. vifa

    Dear lena..
    iya len, protein dari tanaman (kacang2an, coklat, tempe, tahu dll) setelah embrio transfer baru deh boleh dikonsumsi.
    lena program BT jg? udah sampe mana?

  32. lena

    vifa, iya gw lagi BT sekarang di klinik teratai (RS gading pluit). Sudah tahap suntik gonal f. Rabu besok mau OPU nih. Doakan ya gw berhasil kaya kamu juga ^^
    Deg-deg an banget n ih mau OPU.

  33. Rahma

    @viva:masih ada g jenk,daftar makanan apa aja yang tidak n boleh d konsumsi selama program itu,di send ke emailku ya Viva di tinara878@gmail.com atau di sms aja di HP 081331752801.Iya Viva saya sedang menjalani promil,n kmr 12 agustus baru terima hasil hcg <2,sedih deh.
    @lina:tetap semangat.pantang menyerah.sepertinya kita sama,dengan hcg<2 itu artinya embrio tdk mau menempel sama sekali.dokterku bilang dinding rahim(endometrium) masih tipis,kalo program lagi perlu ditebalkan.Range ketebalan kan harus diatas 8 mm.
    @teman-teman lain yang lagi program tetap semangat..

  34. Rachma

    Hallo Rahma…nama kita sama cuma beda hurup sj. Kemarin BT dengan dokter siapa & di klinik mana?
    Buat teman-teman tolong infokan ya…klu ada promo program BT di BIC, lumayan bisa menghemat biaya. Insya Allah Januari 2014 aku mulai program dengan dr. Ivan Sini.

  35. Ruth

    Halo Vifa, selamat ya utk kehamilannya, sehat2 terus ibu & baby.. πŸ™‚
    Aku jg udah BT sama dr.Ivan, 1x fresh cycle, 1x FET tapi belum berhasil.

    Aku mau tanya sama Wati & Nerani soal ACA. ACA dengan kekentalan darah sama atau tidak ya? Kalau selama ini saya taunya sama. Mohon penjelasannya ya teman2..
    Wati setelah gagal BT yg pertama, disuruh cek ACA yah sm dr.Ivan?
    Aku kok ga disuruh cek ya waktu itu..cuma break bbrp bulan, trs langsung FET.
    Berarti perlu dicek ya kalau nanti mau program BT lagi?

    Kalo Nerani, di Gading Pluit BT dg dokter siapa?
    Lalu sekarang pengobatan ACA kira2 sampai berapa lama, apakah sudah ada rencana utk FET?

    Oya, kalau d-Dimer mengukur apa ya ibu2?

    Thank you sebelumnya, maaf saya banyak pertanyaan. Semoga tidak keberatan menjawab. Saya tunggu jawaban dari teman2 di sini..

  36. fitri

    Hy mbak viva congratz ya buat kehamilannya smoga lancaarr smpe lahiran AMIN,,
    Mbak viva suamiku juga spermanya jelek EXTREME OLIGOASTHENOTERATOZOOSPERMIA weisss panjang bgt yak soalnya mulai dri bentuk jumlah dan gerak smuanya dbwh batas normal,,,
    Rncanaku jga ingin BT di BIC,,
    Yg fitri mw tanyain pada saat mau BT buat jaga2 bisa ga klo d BIC misalnya sblm BT d ambil sperma suamiku lalu dbekukan,, nah pas proses OPU sperma suami d ambil lgi,, jdi biar spermanya bnyak soalnya aq takut sperma suamiku ga ada yg berkualitas,, *Parno*
    Prnh oprasi varikokel tpi hslnya ga ada prubahan yg signifikan,,
    Mbak yg 40jt itu klo dtambah biaya dr dan lab kira2 hbs brp ya?
    Bsa mnta email mbak? Thank u maaf kepanjangan ^o^

  37. Rachma

    Temans…yang pernah program IVF di BIC, punya info ga? usia paling tua yang berhasil hamil dan melahirkan melalui program IVF di BIC. Tolong di share ya…

  38. Indah

    Saya juga BT di Morula IVF/BIC. Untuk yg dari luar kota, di Morula IVF Jakarta ada informasi mengenai sarana penginapan, hotel/apartmnt ataupun kost2an. Bisa sekalian disiapin dr mereka. Dan juga ada teman yg dijemput dari bandara hingga diantar ke klinik dan ketempat kost

  39. vifa

    Dear lena
    gimana proses BTnya len? semoga dibales dgn kabar bahagia yah πŸ™‚ 6 hari sebelum pembagian raport ada flek dikit, sekitar 1 cm len. ada beberapa teman seperjuangan yg g ngeflek sama sekali tapi berhasil. tetap positif thinking terus yah.

    Dear Rahma
    maaf bgt baru bs bales skrg, udah aku kirim di imel semoga belum telat yah. Tetap semangat!! πŸ™‚

    Dear Rachma
    Akhir tahun biasa ada promo, coba aja langsung nelfon ke BIC biasanya diinfokan kapan promo diadakan. untuk persiapannya semoga dilancarkan yah πŸ™‚

    Dear Ruth
    Amin Thx alot dear doanya. Aca dan kekentalan darah sama. Aku disuruh cek setelah mengeluhkan sering pusing dan kliyengan pada minggu ke 6. mungkin dr ivan tidak melihat gejala kekentalan darah pada ruth jadi tidak disuruh tes laboratorium. Klo memang penasaran ruth cek aja sendiri tanpa menggunakan rujukan dokter (buat jaga2 biar g khawatir aja), ada 2 tesnya.. yang pertama untuk mengetahui kekentalan darah apakah sudah ada jauh sebelum hamil tesnya namanya tes ACA (IgG dan IgM) tes ini hanya dilakukan sekali saja. Yang kedua adalah tes D-Dimer untuk mengetahui kadar kekentalan darah. Jika tes D-Dimer positif makan Ruth wajib kontrol setiap bulan.

    Dear Fitri
    Amin, thx alot dear.
    Selama masih punya sperma, pasti masih ada jalan πŸ™‚
    Btw Aku g pernah dengar soal pembekuan sperma fit, tapi kalo kasus dengan jumlah sperma yang sedikit namun berhasil program bayi tabung aku sering dengar, toh jumlah yang dihasilkan sekali ejakulasi itu tetap jutaan sedangkan yang dibutuhkan untuk membuahi hanya sebanyak jumlah sel telur fitri pada saat proses BT atau setelah perangsangan dengan gonal F. untuk informasi, pada saat aku BT dapat 4 sel telur, jadi sebanyak itulah sperma yg aku butuhkan. Lagi pula ada proses ICSI, dari sperma yang dihasilkan masih dipilih yang berkualitas paling baik oleh para embriologis, so.. jangan terlalu khawatir.
    Btw, awalnya jumlah sprma suamiku juga dibawah standar tapi 2 bulan sebelum proses BT dimulai suami mengkonsumsi putih telur ayam kampung dan suplemen pria untuk memperbaiki kualitas sperma, alhamdulillah pada saat pengecekan sperma di BIC jumlahnya sudah membaik.
    Mohon maaf aku tidak terlalu merinci total biaya yg sudah aku keluarkan untuk lab dan konsul dokter, kalo dikira-kira mungkin sekitar 10 jutaan. Semoga membantu yah fitri, good luck programnya πŸ™‚

    Dear Rachma
    Kalo kata dokter, selama masih menghasilkan sel telur, masih haid, umur berapapun itu masih masih bisa diusahakan. Pada saat aku BT kemarin, ada teman seperjuanganku usia 40 tahunan yg ikut juga. Semoga membantu πŸ™‚

  40. Novi

    Salam kenal semua…., aq sedang prog IVF dgn dr Indra di BIC, ET tgl 5 sep lalu, 2 hr sblm OPU trlihat Ada 11 folikel, hasil OPU 10 oosyt, 9 di ICSI, 6 fertilized, pd hari ET embryo yg layak ET Ada 5 (4 good& 1 moderate) dgn pmbellahan 10, 9 & 8. Yg di ET 3 embryo, 2 di freeze. Saat ini masih tnggu pngumumn tgl 18 sep nanti, mohon doanya ya temen2…mhn info pengalaman temen2 yg dirasakan setelah ET?

  41. lena

    vifa, sayangnya program BT aku belum berhasil nih. sedihhhh ampe nangis berhari-hari πŸ™
    sekarang aku lagi cari info dokter akupunktur. Des nanti mau thaw cycle. ada info dokter akupunktur di daerah tangerang?

  42. vifa

    Dear Novi
    Respon sel telur dan pembelahan embrionya bagus bgt yah πŸ™‚ Sekarang tinggal kuatin doa aja, semoga sukses ikhtiarnya. Setelah ET yang aku rasain bgt adalah sring berkemih dan kliyengan. Secara spesifik ciri bumil belum aku rasain nov. Setelah positif minggu ke 6 barulah mual dan males bgt makan.
    Positif thinking dan banyak doa, InsyaAllah programnya berhasil. Ditunggu kabar baiknya

    Dear Lena
    aku ikut sedih dengernya, jangan patah semangat len, terus berusaha. teman seangkatan aku di BIC ada yg ngulang program kedua kalinya alhamdulillah sekarang hamil juga. Tetap semangat yah lena sayang, semoga ikhtiarnya berbuah manis pada akhirnya.

  43. merin

    salam kenal..senangnya sudah positif yah. Saya sendiri sudah 5 tahun masih menanti. Terakhir jumat lalu 6 September saya baru saja insem di BIC ditangani oleh dr. Taufik Jamaan. Sebenarnya tidak dalam rencana. Rencananya hari Rabu hanya mau konsultasi dan cek rahim krn 1 thn yg lalu ada kista 4×2 cm dan endo yg membuat dr. Taufik blm mau jalankan insem atau BT. Rencananya niat BT bulan Oktober. Ternyata setelah di cek, ketebalan rahim dan ukuran telur nya pas, dokter langsung blg, “insem langsung yah hari jumat”, wow ga sempet mikir langsung iyah. Sebelum ke dokter itu, selama 2 bln ikhtiar terapi pakai herbalife, ternyata membantu menyeimbangkan hormon, sehingga telur dan rahim bisa berkembang secara normal tanpa dibantu suntikan. Denger banyak testimoni dari temen soal herbalife, ada yang 7 tahun menanti ternyata program hamil dibantu dengan konsumsi herbalife bisa berhasil, yah namanya ikhtiar kan, lebih baik mencoba atau tidak sama sekali. Well, masih tunggu raport nya tgl 23 sept. Semoga ini jalan yang memang Tuhan rencanakan.^_^

  44. Itha

    @hi viva salam kenal congrats ya atas kesuksesan kamu.. Pas km bt usia brp ya dan apaakah ini bt pertama….semoga dd selalu sehat dan kuat nempel maminya….

    @ruth. Salam kenal ya….buat info saja kalo pemeriksaaan D Dimer itu biasany utk deteksi awal agregasi pembekuan darah kita apakah cepat membeku dr waktu normal dan biasany diikuti bbrp item pemeriksaan lainya sprt ptt, fibronogen dll dan kalo ACA disebut anticardiolipin disebabkan darah cepatmembeku shg kadang menggangu sirkulasi darah /asupan makanan ke janin sehingg akibatkan keguguran,
    Saya sekrg juga sdg terapi itu dgn prof karmel di cikini, walo bt saya ke 4 kemaren Juli di BIC berhasil + namun bhcg dibawah 100 dan juga sempet pake lovenok 6 minggu pasca et , tp janin blm bs bertahan , jd sekrg mesti usaha dan semangatt lagi

    @Rachma, saya juga blm pernah tahu apa ada yg berhasil ya di bic utk usia diatas 38an secara sekrg sdh 39 nihh dan pernikahan sdh 11 thn….kalo mau info2 bisa bb aku di 27b07350

  45. Dee

    Hai vifa selamat yah atas kehamilannya semoga lancar sampai lahiran nt.
    Waktu program di bic tinggal di kost jl tembok nyaman tdk yah, saat itu ambil kamar yg mana? Saya rencana buldep bt di bic dan dari luar kota, butuh sekali info ttg kostannya, atau bs email saya di dyna.selviana@gmail.com… Terima kasih yaaa

  46. wenny

    hai vica…kasus saya s, dengan kamu…sperma bermasalah. saya lg program dan sudah opu. tinggal nunggu ET. harap2 cwmas soalnya telur saya banyak sekali tp td nelp katanya embrio yg jadi hanya sedikit. hanya mwnunggu kebesaran Tuhan saja.ada yg lg program BT nih?

  47. line

    mba vifa

    mba…rumah sakit mana dan dokter apa yang bisa membantu memeriksa suami untuk mengetahui kelainan sperma. Karena saya periksa ke dokter dan ternyata kualitas sperma tidak baik dan disarankan ke spesialis urologi…apakah mba vifa punya rekomendasi rumah sakit apa dan dokter mana?

  48. Ary Setyowati

    Skr ini aq lg program BT n lg harap2 cemas menunggu hasilnya tp d tengah perjalanan aq sempat marah hebat sama saudaraku gmn ya…..doakan dong biar g terjadi apa2 sama embrio n kekentalan darahku soalnya kurang 4 hari lg aq d ambil darahku buat tes berhasil tdknya aq hamil…..

  49. dewi

    temen2 ada yg tau ngk makanan apa yg bagus ntuk dimakan setelah bhcg positif, tgl 14 kmrn di cek beta hcg aq 108.45 alhamdulillah positif, tgl 24 usg kantong janin, deg2 an klo kantong ngk sempurna, makanan apa yang bagus yah….kasih masukan yah. aq ET di prima medika denpasar, alhamdulillah BT pertama x n lgsng positif, mohon doanya yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*