Sel telur kecil dan oligoasthenoteratosoospermia – Arie

Assalamu’alaikum Ibu2 dan Bapak2 di Bayi Tabung salam kenal senang sekali bisa bergabung disini.

Saya berusia 28 tahun dan suami 49 tahun kami baru menikah 1,5 tahun berjalan ini sampai sekarang belum ada buah hati yang mengisi dalam rumah tangga kami. Mungkin bisa di bilang baru menikah tapi kami sudah sangat merindukannya mengingat usia suami yang tak lagi muda. saya menikah usia 27 tahun.

Saya mendapatkan haid pertama kali di usia 13 tahun dengan menstruasi yang normal (setiap bulan rutin walau kadang maju dan mundur) namun pada saat usia saya 20 tahun (pada saat itu saya sudah bekerja di luar kota yg jauh dari orang tua) menstruasi saya sedikit terganggu. Awalnya sebulan saya tidak haid, bulan berikutnya haid setelah itu 3 bulan tidak haid saya coba periksakan dan hanya di beri obat beberapa butir (saya lupa obatnya) namun itu semua tidak dapat merubah siklus menstruasi saya bahkan semakin parah sdh sampai 10 bulan saya tidak haid juga.

Saya periksa ke dr. Obgin di luar kota tempat saya bekerja (maklum tempat saya bekerja masih minim dokter2 ahli), saat itu hasil dari diagnosa dokter adalah hormon yang tidak seimbang atau fungsi dari sistem hormon tsb tidak bekerja atau meserpon, yah itu sedikit kutipan dokter yang saya ingat. Hampir 4 tahun berjalan saya terus berobat dengan terapi2 obat bisa 3-4 obat yang berbeda salah satunya cycloproginova untuk memancing agar saya bisa haid. Satu siklus obat habis haid tp kadang2 jg 2 siklus obat baru bisa haid.

Setiap kali haid rasanya seperti mendapatkan undian berhadiah saja karena jika sebulan tidak haid badan saya seperti digebukin org sekampung hehe.. namun dengan panjangnya saya berobat saya capek karena harus setiap hari minum obat berhenti minum obat menstruasi saya terhenti kembali.

Singkat cerita semua pengobatan saya hentikan sampai saya menikah pun juga masih seperti itu (tidak haid dan juga tidak hamil), 6 bulan sdh sy tidak haid. Sebulan yang lalu saya berobat ke Surabaya dan berencana untuk program bayi tabung, sudah USG Vagina terlihat bahwa sel2 telur saya sangat kecil dan suami oligoasthenoteratosoospermia lengkap sudah kami berdua bermasalah.

Untuk sementara saya diberikan obat endometril dan suami obat oligocare (untuk diketahui pemberian obat ini msh pertemuan pertama dengan dr. dan dr belum melihat hasil lab suami kami hanya melihat dari hasil kesimulan lab, pertemuan kedua setelah saya mendapatkan haid nant, semoga saja).

Jika teman2, ibu2, bpk2 bisa membantu tolong share ya :

  • Mengapa sel telur kecil?
  • Apa yang menyebabkan terhentinya menstruasi padahal sebelumnya siklus haid normal?
  • Bagaimana pengobatan yang sebaiknya untuk perbaikan sprema seperti yang di alami oleh suami?
  • Ada saran untuk kami kemana kami berobat?
  • Apakah ada yang mengalami hal yang sama seperti saya?

Kami percaya bahwa segala sesuatu adalah kehendak Yang Maha Kuasa namun tiada sesuatu yang mustahil bagiNya jika kita mau berusaha.
Saran dan masukan teman2 semua sangat kami perlukan, mohon maaf kepanjangan cerita 🙂 dan terima kasih atas jawabanya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

21 thoughts on “Sel telur kecil dan oligoasthenoteratosoospermia – Arie

  1. nelwati

    Mb Arie, kt semua lg usaha dg masalah yang mungkin tidak sama persis. Kesabaran dan ketabahan sangat penting hrs kt miliki. Saran saya, sebaiknya mb Arie ke dokter Obgyn yang sudah berpengalaman menangani mslh infertil. Ada byk klinik bayi tabung di Indonesia. Baiknya buat janji untuk ketemu dokternya, mengingat kt dari daerah, waktu kt terbatas. Biasanya ada serangkaian pemeriksaan untuk penegakan diagnosa, shg diketahui masalahnya di mana, dan therapi yang diberikan tidak selalu langsung bayi tabung,lho, malah byk yg berhasil hamil alamiah dg support obat2an or hamil dg inseminasi. Usia 28 th msh cukup muda,kok. Klu kesuburan laki2,sih, gak terlalu mslh dg usia, klu laki2nya sehat, mlh ada kakek2 yg 70 th lebih msh bs punya bayi. Oligoastenotherato nya juga ada prosentasenya,mb Arie. Baiknya suami skalian di konsultasikan jg dg androlog. Smg berhasil, ya…..

  2. arie

    @mba Nelwati, tks mba atas saranya 🙂
    ya memang saat ini saya harus mondar mandir tiap kali bertemu dokter karena di luar daerah. sekarang masih menunggu menstruasi untuk therapi selanjutnya. semoga kami selalu di beri keikhlasan dan kesabaran. maaf mba kalau boleh tau mba nelwati sudah punya momongan?

  3. nelwati

    Blum, mb Arie. Aq tinggal di Jambi (pulau Sumatera), bolak balik ke Jkt utk program IVF. Skrg jg lg nunggu mens berikutnya. Aq sdh coba 3 x IVF di Rumah Sakit yang berbeda, namun blum jg berhasil sampai skrg. Awalnya aq jg coba sm dr Obgyn biasa, maklum, di sini jg gak ada klinik BT, namun waktu berjalan terus, gak terasa umurku bertambah byk, hasilnya tetap nihil. Ketika aq ke Jkt, dokter menyarankan km lgs BT, krn umurku sdh kepala 4 n ditemukan bbrp problem kesuburan lainnya. Dokter menyesalkan knp sy gak dtg dari dulu, gt,lho,mb Arie. Jd, buat yg blum keburu tua, aq sarankan segera ke Klinik Infertilitas. Smg sukses,ya….

  4. arie

    @Mba Nelwati,,,
    ya mba jgn patah semangat semoga mba nelwati juga berhasil.. amiin. kalau saya di Balikpapan mba, saya berobat di Surabaya karena di Kota saya jg belum ada Klinik BT. Oleh sebab itu mba karena masih muda takut kelamaan, ya semoga jg di beri kemudahan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala Ikthiar kita. Semangat dan sukses,, 🙂

  5. tuti iskandar

    @mb arie : halo slam knal, sy domisili jg d bpp, boleh tau kpn rencana mb arie mau program bt di sby? barangkali kita bs barengan

  6. Nita

    Dear mbak arie,
    Perkenalkan nama saya nita usia 28thn, 3thn yg lalu masalah kita sama, saya didiagnosa dr. PCO dan suami OAT selama 1thn saya berobat di dr. dan alternatif tp tdk ada yg berhasil malah obat2an dr dr. membuat saya semakin gemuk. akhirnya saya putuskan untuk inseminasi tp sebelum saya proses inseminasi saya dan suami merubah pola hidup lbh sehat rajin olah raga, makan buah dan sayur dll, saya jg sering mengkonsumsi putih telur ayam kampung yang direbus (search di google) katanya bisa memperbaiki kualitas sel telur, 1hr saya bisa habis 15 butir telur (tak ada salahnya saya memcoba meskipun sedikit eneg).
    akhirnya pertengahan nop. 2010 tanpa saya sadari ternyata saya positif hamil waktu periksa u/ proses inseminasi,sekarang sikecil sdh berusia 15bln.
    ini sedikit sharing saya, semoga bisa membantu…

  7. arie

    Dear Mba Nita
    Senangnya mba tanpa proses yg sudah di rencanakan justru sdh ada buah hati yg di nanti,, selamat ya mba nita. Saya jg gt mba, udh konsumsi obt dr dr. Begitu jg alternatif tapi ga ada hasil. Kalau begitu saya coba deh tipsnya, terima kasih mba nita. Semoga saya jg berhasil seperti mba nita

  8. wati

    Salam kenal buat mbak arie:
    M’ari kl pengalamanku saat ikut BT sel telurku jg besarnya agak lama aku makan telur kepiting tp ku makan ama kepiting2nya heeee. Pernah baca ini sini harus sup telur kepiting tp udah kebayang dech nyarinya susah n baunya pasti amis bunget makanya aku bli aja kepiting telur gt. Aku jg minum bai fung wan obat cina buat kesuburan,kl yg ini cocok-cocokan ya mbak soalnya aku jg cuma ngikut temenku eh ternyata Bt yg keduaku berhasil gt. Kl suamiku dulu pernah didiagnosa kayak gt jg, sempet berobat walapun hslnya blom maksimal. Trus pas mau Bt jg krn pengalaman dr temenku jg yg berhsl istrinya hamil aku bliin dia pucuk kurma di tanah abang buat perbaiki kwalitas sperma gt,sama OR n makan-makanan yg warna merah (spt semangka ,juice tomat), tauge,kiwi, madu.Smogat bisa bermanfaat,kl berminat boleh di coba lo.

  9. arie

    salam kenal juga mba wati..

    Mba Wati di Jakarta yaa..? kalo kepiting mah makanan kesukaan saya mba hehe kalo di Balikpapan itu ada Restoran yg terkenal Kepiting Kenari (pernah dengar ga mba) saya coba deh saranya masih seputar telur hehe, saat ini jg udah nyoba ini itu smua yg di anjurkan. Kalo obat cina gt apa ga malah bt tambah kering ya mba? Maaf mba OR itu apa ya? Oh ya selamat ya mba atas keberhasilan BT nya, semoga saya juga berhasil, amin.

  10. fins

    Dear mbak Arie:
    Saya juga dulu mengalami hal yang sama dengan mbak ari,sel telur kecil2 dan suami juga oligo…sdh ke androlog malah hasilnya sperma tdk pernah bagus ( smp 5-6 x analisa sperma )dan kita 2x insem dan tdk berhasil ( nikah nov 2006 ). Terakhir saya baca dari web BT ini jg minum jus wortel dicampur air jeruk peras + olahraga/joging setiap hari 1/2 jam…dan singkat cerita Puji Tuhan akhirnya saya bisa hamil alami + kembar dan sekarang anak saya sdh umur 18 bln,soo intinya kita harus hidup sehat dan jgn lupa berDOA.Selamat berjuang buat teman2 semua,jgn patah semangat terus berusaha..GBU

  11. arie

    Dear mba Fins,,
    Selamat ya mba atas kehadiran yg di nanti dtg si kembar 🙂 lg senangnya.. Ya mba sy jg berusaha merubah pola hidup sehat,, terimakasih mba sarannya dan semoga sy jg bisa menyusul mba fins. Semangat!!

  12. wati

    @ M’bak Arie:
    OR itu olah raga mbak. Aku tinggal di tangerang mbak. kl ttg obat cina itu tergantung orgnya mbak. Obatnya bersifat penyubur tp kl ada kista gak boleh gt. Aku cuma ngikutin temenku pas mau BT yg kedua eh ternyata embrionya nempel n hamil gt. Thank u ucapannya, smoga mbak cepet nyusul yach.amin

  13. arie

    Dear Mba Wati
    Oh olahraga hehee ga mudeng,, sy punya kel di Tangerang mba tp ga tau alamatnya.. Obat cina namanya apa ya mba? Itu bisa bt suami istri gt ya?

  14. miss gagan

    mba suamiku jg oligo dan pd saat prog bayi tabung kemudian cek kembali menjadi normal coba mba baca pengalaman kami yg berjudul the road to motherhood d situ saya konsumsi vit dan juice mudah”an bermanfaat

  15. khairul amri

    ass,,, wwb? salam kenal semua,kami berdomisial di sumut,saya berumur 33 th dan istri 28 th,kami udah 7 th menikah dan blm mendapatkan momongan,apa solusi yg baik untuk sperma oligospermatozoa dan obat apa yg baik untuk menyembuhkan nya karna sekarang saya dan istry mengkonsumsi obat oligocare dan ovumcare karna bidan yg kasih saran di tambah dg prertil terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*