Sedang bayi tabung ke 5 – sharing Winda

Saya mencoba bayi tabung yg pertama thn 2003. Usia saya skrg 38 thn, akan berjalan 39 thn bln September.

Saya juga mengalami masalah dgn falupa tubes, sesudah dicheck melalu laparotomi thn 2003 dokter menyatakan tak ada jalan lain utk memiliki anak hrs dgn BT.

Program BT 1,2,3,4 semua saya jalanin dgn baik walau semua berakhir dgn negative result.
BT yg ke 4 thn 2006, cuma menghasilkan 2 embrio yg bagus lalu dimasukkin semua (tak ada sisa buat disimpan). Saya menunggu dgn sabar walau tetap deg2an, ternyata alhamdulilah akhirnya hasil dr tes darah saya dinyatakan positive..

Saya bener2 bahagia dan mengucapkan puji syukur kpd Tuhan tanpa henti, namun tanpa disangka 6 hr kemudian saya pendarahan lalu saya tes darah sekali lg dan hasilnya back to negative, betapa hancur hati saya.Tuhan msh menguji kesabaran saya. Tp mengingat ini adalah proses bt yg ke 4, dan saya sdh byk sekali mengalami kegagalan sehingga saya mulai terbiasa walau rasa pedih dihati tetap tinggi.

Saat ini adalah BT yg ke5, dgn hasil embrio yg terbaik cuma 2 jadi tdk ada sisa buat disimpan, dan sudah ditransfer kerahim 14 hr yg lalu tp saya akan tes darah pada hr ke17, jadi 3 hr lg. Td pagi ada flek darah coklat tp sedikit sekali, saya menangis dan stress krn ketakutan akan gagal lg..

Saya berdo’a tiada henti, semoga ini bukan pertanda menstruasi. Hr senin dpn tgl 20/4 saya akan tes darah, tp mgkn bsk saya akan coba dgn test urine lbh dulu biar lbh tenang. Saya akan kabari hasil tes darah kalau sudah keluar.

Do’akan saja saya bs hamil kali ni, mengingat perjuangan panjang dlm menjalani BT.
Kepada teman2 yg lain yg blm berhasil, jgn patah semangat, teruslah mencoba Insya allah ada jalan, amin…

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 3.50 out of 5)
Loading...

67 thoughts on “Sedang bayi tabung ke 5 – sharing Winda

  1. Yati

    Winda,
    Salam kenal ,
    Winda ,dengan test darah lebih akurat.
    Semoga tgl 20 ini Winda dapat kabar gembira ….. positif

  2. Imel

    Salam kenal mbak winda..
    Saya terharu baca sharingnya mbak, yang sabar ya mbak, tetep positive thinking aja. Semoga hasilnya positif..amiiin

  3. shanty.A

    hello mbak winda,,,
    salam kenal. Moga2 kali ini berhasil ya…kalo memang embrionya susah bertahan lama setelah ditransfer , coba dibaca buku The infertility cure by dr. Randine lewis,,,disitu dia komplit menjelaskan kegagalan kehamilan yg berulang dan efek samping makanan terhadap rahim, bayi tabung, sel telur,dll..komplit. Dan penanggulangannya secara alami,,mulai dr pijatan daerah rahim yg bs memperlancar aliran darah,dan diet makanan khusus yg berpengaruh berbeda pada tiap org dengan masalah fertilitas yg berbeda. Klinik dr. randine ini pasiennya jika telah terapi sama dia tingkat keberhasilannya 75%. Bukunya bisa dibeli di amazon.com

  4. Yati

    Hi Winda,
    Sy pernah disaat menunggu (2 hr seblm test bhcg) juga flex2
    choco lumayan banyak, lalu sy banyak tiduran, ada rasa was2.
    tapi ternyata sesdh test hasilnya positif hamil, jd rilex aja banyak istirahat.

  5. retno

    Hai Winda..salam kenal,
    ternyata ini program BT kamu yg ke5 yah..aku aja baru mau akan prog BT ke2..semoga kali ini perjuangan kita berhasil ya. Oh ya..winda program BTnya dimana..kabar2i hasil testnya ya..see u..!!

  6. kiky

    Hi Winda…aku terharu deh baca sharing kamu, tabah ya, terus coba lagi,n belajar dr kegagalan, sudah coba akupuntur? menurut research akupuntur bs meningkatkan keberhasilan BT sampai 65%….semoga BT kali ini Winda berhasil ya,qt saling doain krn aku jg lg proses skr….n Always remember that God will give it to us in his right time n His right way….

  7. ati

    Hi,Winda salam kenal

    Winda semoga hamil yach,
    Saya merasa senasib kebetulan aq setahun lebih tua dan udah 5 kali BT sekarang lagi siap siap buat yg ke 6,tempo hari aq dapat masukan dari mery,jangan cuma mikirin yg kita tidak punya tapi nikmati yg kita udah punya,simple tapi bikin aq semangat coba BT ke 6.

  8. vivi

    salam kenal,winda
    hallo winda,semoga tgl 20 ini,ada kabar baik ya…aku doain semoga positif….

  9. winda

    Hallo semua salam kenal juga..Senang sekali ya bs curhat diwebsite ini, terimakasih banyak atas do’a dan dukungan dari teman2 semua.

    Utk Retno : saya menjalankan program bt ini diFinlandia.
    Dgn 3 kali pindah dokter, tp semuanya menyimpan data2 kesehatan saya.

    Memang saya punya masalah dgn kesulitan mentransfer embryo, semua dokter mengatakan hal yg sama.
    Sehingga pada bt yg ke4, saya dikasih suntikkan penahan sakit, biar kalau kateter dimasukkan bs agak lebih leluasa dan saya tdk merasakan sakit.

    Waktu saya pulang kejakarta thn lalu, sempat berobat kealternative, dan mereka liat ada kelainan diletak rahim, lalu saya diurut sampai 3 kali( seminggu 1 x) utk membetulkan letak rahim yg katanya terbalik. Saya dari dulu tdk percaya dgn pengbatan alternative, saya lbh memilih pengobatan modern medis tp krn semua pengobatan medis sudah saya jalani, saya mulai berpaling kealternative.
    Mengapa tdk dicoba?
    lalu akhirnya posisi rahim saya dibetulkan dan kata mereka skrg sudah bagus.

    Makanya dgn keyakinan after berobat dr alternative itulah saya memulai lg bt yg ke5 ini.
    Here i’m…musti menunggu hasil tes darah besok.
    Hr jumat ada flek2 coklat, lalu kemaren(sabtu) mulai ada blood spotting dan hr ini juga msh, cuma yg membuat saya agak tenang, kali ini darahnya cuma sedikit dibanding dgn menstruasi. Dan saya juga rajin mencari informasi ttg pendarahan pada kehamilan muda.
    Apakah ada teman2 lain yg mengalami hal yg sama? Mohon sharing ya..Terima kasih banyak sebelumnya.

  10. lala

    Salam kenal winda, aduh aku terharus juga nih dengar begitu semangatnya kamu untuk mendapatkan buah hati,
    tapi perjuangan mu kali ini mudahan2an yang terakhir. karena dengan bt yang ke 5 ini dapat berhasil dan sehat.
    maju terus pantang mundur, dan jangan lupa selalu berdoa pada Tuhan, karena hanya lewat tangan Tuhan lah semua dapt berjalan dan berhasil dengan baik. Aku doakan semoga Winda berhasil.dan jangan lupa selalu berdoa ya…moga berhasil amin….,aku juga baru rencana untuk BT nih, sekarang lg persiapan, doain juga ya kita saling mendoakan.

  11. olip

    mbak Winda aq salut dg perjuangan mbak…smoga kali langsung berhasil…amiiiinnnnnnn ya robbal ‘alaamiiin

    btw rahimku jg retrofleksi jadi emang aga sulit posisinya tuk transf…tp moga kita sama2 bhasil amiiiiin ya jeng…

    tetep optimis ya jeng…Alloh akan memberikan yg terbaik buat hamba Nya……

    pendarahan sedikit setelah ET berdasar pengalaman temen2 di web ini mrpkn salah satu tanda penempelan embrio di rahim..moga embrionya nempel & berkembang dg baik…amiin 3x

  12. winda

    Ya saya sudah terima hasil tes darah, ternyata negative.
    Capek sekali rasanya, menangis pun sudah tak mampu, krn udah terlalu banyak menangis kemaren2, pas pendarahan.
    Utk Atik : kamu sdh bt 5 dan mau ke6? dimana program BT nya? Boleh sharing cerita kamu dlm menjalankan program BT? Atau adakah teman2 yg lain yg mengalami program BT berkali kali tapi masih gagal?

    Kepada teman2 yg telah memberikan dukungan, saya mengucapkan banyak terima kasih. Dgn adanya sharing pengalaman dilm menjalankan BT saya menjadi tetap optimis utk mencoba BT sekali lagi, BT yg ke6.

  13. retno

    Hai Winda..sabar ya Win..kalau ini emang sudah kehendak Tuhan terimalah dengan ikhlas, mungkin belum rejekinya.Tetep optimis yah maybe next BT pasti berhasil..Aku aja thn ini masuk 40 thn..tp msh tetep pengen nyoba lagi (BT yg ke2) yah kali aja Tuhan kasih rejeki aku utk bisa hamil sampe melahirkan kelak..amiinn.
    Ok deh Winda..skali lagi tetep semangattttt…GBU!!

  14. Kiira

    Hi mbak winda…. tabah ya…. saya sendiri juga sudah BT 2 kali (pertama di SG, kedua di Jakarta)… bulan lagi program lagi, tapi di tengah proses dibatalin krn kondisi telur tidak bagus, …. ya sedih, nangis pula…

    Kalo yang tdk pernah gagal pasti nga tau pahitnya gimana dalam hati kalo gagal…. :(((( tabah ya mbakkkk

  15. Hana

    Hi mbak Winda, salam kenal .. wah aku terharu sekali mendengar ceritamu. Yang sabar ya mbak, Tuhan pasti memberikan yang terbaik buat kita. Amin

  16. lala

    Mbak Winda, yang sabar aja ya…. mungkin Allah punya rencana lain, atau mungkin menunggu saat yang tepat untuk bisa mempunyai anak, sekarang coba aja terus berdoa dan berdoa lagi dan terus juga berusaha, semoga pada saatnya tiba akan datang juga amin..

  17. vivi

    mbak winda,jangan putus asa ya..tetap semangat utk bisa py anak,oh iya mbak ikut program BT dimana?saran aja kalau mau ikut lagi,coba diakupuntur selama 2 bln sebelum masuk program,kayaknya akupuntur bisa meningkatkan angka keberhasilan,aku jg mau ikut BT,kalau tdk ada halangan mulai bln juli,ini sekarang lagi habis selasai laparaktomi kista endometriosis,

    hai temen2
    ada yang pernah laparaktomi gak?brp lama setelah laparaktomi baru bisa ikut BT,krn operasinya lumayan besar seperti caesar.

  18. winda

    Dear all,
    Terimakasih atas segala dukungan dan memberi saya semangat utk mencoba BT lg.
    Utk Vivi, aku BT diFinlandia.
    saya menjalankan laparotomi thn 2003, utk melihat lbh jelas penyebab kenapa saya blm hamil2 juga. Operasinya seperti caesar.Tadinya cuma laparoskopi tp hasilnya kurang jelas.
    Saya BT setelah beberapa bln habis laparotomi. Kedua tubes saya telah diangkat, sehingga tak ada jalan lain utk mempunyai anak harus dgn cara BT.

    Memang sangat berat program BT ini. kita diuji mental dan psikis. Harus benar2 kuat, kalau tidak kita bs mengalami frustasi dan depresi.
    Saya serahkan segalanya kpd Tuhan..

  19. mery

    Hai Mbak Winda,
    salut banget utk semangat dan perjuangannya dan tetap mau usaha utk BT ke 6, saya sendiri yg uda 3 kali gagal belum tentu bisa setabah itu..Seperti mbak winda kedua tuba saya juga uda diangkat, jadi cuma BT lah satu2nya jalan spy bs hamil.
    Semoga next BT berhasil ya mbak…kita sama2 berdoa.GBU

  20. kiky

    To Shanty salam kenal ya, aku tertarik tuh dgn bukunya, kira2 bss didpt dimana selain amazon.com? di Gramedia ada nga ya? solanya amazon.com kan online jd mesti tunggu pengirimannya dl kali ya, aku lg proses Bt skr jd butuh info2 byk. thx ya shanty

  21. vivi

    hai,mbak winda
    thanks atas infonya,iya memang mbak kalau ikut program bawaannya tegang,sehari rasanya lama…bgt,aku juga dulu pernah ikut BT taon 2001,tapi gagal,rasanya sedih bgt yang mana waktu itu aku gak ada simpanan embrio,dan mikir kalau mau mulai lagi harus dari awal yang biayanya mahal sekali…karna suamiku azoosperma jd hrs dioperasi utk ambil sperma jd costnya lbh dr normal ,aku waktu itu hanya bisa pasrah dan berdoa mungkin belum waktunya Tuhan,yang sabar ya mbak byk berdoa dan positif thinking aja,yakin kita bisa jadi mommy…he..he

  22. winda

    Ralat ada kesalahan tulis : bukan falupa tp fallopi

    Hai Kiky, saya akan mulai mencari informasi akupuntur dihelsinki, selama ini saya memang blm pernah mencoba.
    Anjuran ini sangat baik, terima kasih byk ya…

    Utk Shanty, saya juga sgt tertarik dgn buku the infertility cure, apalagi byk informasi yg bermanfaat yg bs kita dapatkan dr buku itu, cuma dimana saya bs mendapatkannya?
    Terima kasih atas semua dukungan moril dari teman2 semua, saya sangat menghargainya…
    Dan saya merasa tidak sendiri didalam menjalankan program BT ini..
    Semoga Tuhan mengabulkan do’a kita, amin….

  23. ati

    Hi, Winda

    Jangan di bawa sedih yach,kalau mau curhat sama temen seperjuangan email me wwati@ymail.com .
    BT 1 and 2 di Indo ,BT 3,4 and 5 di Los Angeles tempat suami kerja.
    Sekarang lagi mikir kali mau coba di tempat mery tunggu suami ok.
    Kemarin sesudah tau gagal BT 5 gagal aq sedih banget Dr juga bingung soalnya Dr tranfer semua embrio lima limanya ( ET 5 embrio )soalnya BT 3 and 4 ditranfer masing masing 3 embrio belum hamil juga .Anyway God know the best for each person.
    minggu pertama dari test negatif aq jalan jalan ke tempat yg nggak ada anak kecil biar nggak ngilu,ketemu temen and ngobrol sama temen yg belum punya anak.
    BT pertama kali suami benar sedih banget waktu tau nggak hamil setelah itu kayaknya ikhlas aja .Aq BT 1,2,3,4 nggak sedih banget yg terakhir ini kayaknya nggak percaya kok bisa negatif .
    Aq udah jalanin akupuntur sebelumnya diet only makanan sehat and organic ,hormon levelku range normal,uterus lining normal ,Dr alredy clean uterus,Grade embrio is good ,suntik penguat after ET,Bed rest after ET aq malah nggak mandi minggu pertama suamiku only wash lap.
    Aq udah jalanin sesempurna mungkin dibanding BT 1,2,3,4.
    But We still blessing maybe God have another plan for us.
    Aq ngerti deh kesedihan Winda ,tapi kita coba lagi ok selama masih diberi kesempatan .

  24. winda

    Hi Ati,

    Pengalaman kamu hampir sama dengan aku. Kegagalan demi kegagalan BT berturut2…
    Semua telah saya jalani, kecuali akupuntur, mungkin perlu dicoba..
    Memang sangat membingungkan, mengapa gagal terus menerus? mengapa tidak ada sedikitpun keberuntungan..
    Kdg2 saya menyalahkan dokter2 disini yg beginilah yg begitulah…Suami juga sangat2 kecewa dgn kegagalan BT ke5 ini.
    Tgl 11 mei nanti kami ada appoinment dgn kepala dokter dr klinik BT, kami akan membicarakan secara detail mengenai kegagalan ini, mungkin mereka ada solusinya.
    Waktu BT 5, dokter menyarankan blastocyst embryo transfer ( yg ditransfer hr ke5 ), tp ternyata tidak bisa krn embrio sgt sedikit dan dikhawatirkan tidak bs menunggu hr ke5 makanya dilakukan cara yg normal kembali yaitu ET hr ke2.
    Tp saya rasa blastocyst transfer perlu dicoba,siapa tau berhasil krn dgn cara normal semua gagal.
    Ati pernah mencoba blastocyst transfer?
    Boleh saya tau berapa harga BT ditempat kamu?

    Kami akan mecoba lg BT 6, the next cycles…
    Dgn penuh harapan kami akan berhasil,tetap berpikir positive..

  25. shanty.A

    Dear Kiky (dan untk mbak winda,,please don’t be sad…semangat ya…moga moga nanti yg berikutnya berhasil. Amin)
    Buat kiky,,,buku the infertility cure itu nda ada di jual di indonesia,,,pesannya mesti diluar sana (amrik )..Bukunya itu sangat komplit penjelasannya mulai dari kenapa beberapa org bisa bayi tabung berkali kali dan gagal (seperti mbak winda,, )dan banyak study kasus yg ditangani dokter randine ini dan tingkat keberhasilan kliniknya 75%. Juga dijelaskan cara cara mempersiapkan diri utk proses bayi tabung juga makanan apa yg mesti dimakan tergantung dr kasus tiap orang, trus diajarin femoral massage (yg letaknya ternyata ada 2 nadi kita yg aliran darahnya langsung ke rahim dan bisa menambah kelancaran darah dibagian tsb,,), ovarian massage, uterine massage dll….dan banyak lagi kasus lainnya. Penulisnya dr. randine lewis ini juga dulunya susah banget punya anak…makanya dia mendedikasikan buku ini dengan meriset habis ilmu kedokteran barat dan digabungan dgn ilmu alternatif dari china seperti akupuntur, diet yg benar,(akupuntur terbukti meningkatkan keberhasilan BT).Intinya dia selalu mengatakan,,hampir semua org yg susah punya keturunan (selama alat reproduksi mash lengkap)hampir pasti mempunyai sistem yg tidak harmonis/seimbang dlm tubuhnya. Dengan ilmu kedokteran barat dan alternatif dia menjelaskan byk hal dibuku tsb (kliniknya di houston sgt laris…coba buka http://www.thefertilesoul.com utk lihat lebih banyak ….)

  26. ros

    to winda, tetap sabar & semangat ya, semoga bt selanjutnya bisa berhasil, GBU
    seperti saran teman2 yg lain, ada baiknya winda coba bantu dgn akupuntur seminggu 1 or 2x.
    jika mengalami flek setelah tranfer embrio, jgn stres dulu, krn bkn berarti gagal, bisa jg krn penempelan embrio, waktu itu sehabis transfer embrio, besoknya selama 4 hr saya jg mengalami flek tp memang tdk terlalu byk, dan ternyata berhasil hamil, juga setelah transfer embrio, usahakan jgn ngeden, jgn byk naik turun tangga, jgn jongkok,jgn angkat berat2, berusaha relax, dan yg terpenting byk berdoa.

  27. shanty.A

    mbak winda,,,
    buku the infertility cure (termasuk didalamnya tahap tahap akupuntur utk yg mau ikut bayi tabung atau hamil alami) bisa dibeli lewat http://www.amazon.com...
    boleh juga dibeli sekalian buku yg judulnya: Taking Charge of Your Fertility, 10th Anniversary Edition: The Definitive Guide to Natural Birth Control, Pregnancy Achievement, and Reproductive Health (Paperback)
    by Toni Weschler (Author)
    Semoga bermanfaat dan berhasil!!! amin..

  28. lala

    Halo…. Ati dan Winda, aku salut sama perjuangan kamu yang begitu kuat untuk mendapatkan anak, semoga usaha kalian cepat terkabul.
    dan sekali lagi jangan lupa sama Allah / Tuhan, karena hanya Allah lah diatas segalanya. kita hanya bisa berusaha lewat perantara dokter dan obat2an, tapi yang lebih berkehendak hanya Tuhan.
    disamping kita usaha jangan pernah lupa selalu berdoa dan memohon atas kehendakNya.
    Sekali lagi semoga buat Ati, Winda dan ibu-ibu semua yang selalu berbagi cerita didengar Allah, untuk dapat segera mempunyai anak2 yang sehat amin…

  29. ati

    Thanks Lala ,
    That realy nice ngingetin aq tuk lebih berdoa,always but sometime kekecewaan bikin aq bete.
    Doain yach BT ke 6 aq bisa punya anak yg sehat.

  30. ati

    Hi Winda

    Terakhir Dr review selalu bilang bagus bagus ada peningkatan dari segi telur sampe embrio,kadang kadang aq berpikir apa semua Dr selalu bilang begitu.
    BT ke 5 aq ada 9 egg jadi embrio 5 Dr nggak nyaranin blastocyst tuh soalnya takut nggak make it.
    BT 1 ada 2 egg,BT 2 ada 5 egg,BT 3 ada 6 egg,BT4 ada 7 egg,mungkin obat yg disuntik diperut itu bikin produk egg ningkat.
    Mengenai biaya aq nggak beli insurance fertility jadi bayar mahal untuk BT 3,4,5 biaya Dr lebih dari $25,000 Obat lebih dari $10,000 belum termasuk Akupuntur .
    Kalau BT 1,2 aq di Indo pertama 35 juta kedua 50 juta
    Kemungkinan aq akan coba dipenang katanya biayanya 10,000 ringgit(lebih murah dibanding Indo) sekalian liburan or Honey Moon again.
    How about you?Berapa biaya BTmu ?

  31. veronica

    hai winda..saluut buat ketabahan kamu sampai BT yang ke 5…
    aku juga lon bhasil BT yang ptama…sama kasusnya dokter bilang posisi rahim sulit dijangkau jadi kesulitan saat akan transfer embrio..posisi rahim yang retrofleksi sudah dari sananya jadi ga bisa dirubah2..smoga Tuhan kasih kemudahan buat dokter yang akan mentransfer embrio kita ya…dan smoga bhasil utk next BT..GBU

  32. lisa

    hai winda dan yg lain yg sedang berusaha BT. aku udah pernah ngalami BT 1 gagal hbs gt jd pasrah dah gak mau coba lagi soalnya aku udah ada 1 anak sih normal tanpa ke dokter jd alami pemberian Tuhan mesti aku ada endometriosis 6 cm. dgn kehamilan itu endo jd mengecil dan lama2 hilang.Lalu aku bt 1 tu buat dpt in anak kedua jd krn gagal ya udah deh nyerah akhirnya. cuma dr pengalaman Bt itu aku baru sadar 1 hal deh
    wkt bt coba kalian relaks banget yg terutama jgn takut gagal dan jgn panik.terlebih buang jauh2 rasa kuatir. byk2 minum air hangat.
    salam buat semua dan ada satu kabar bahagia si herny tuh BT1 lg positif 3 anak cowok dan bsk udah dioperasi. so kita sama2 berusaha yah teman2

  33. Yati

    Hi Herny,
    Salam kenal,
    Herny senangnya pertama kali program bisa lsg berhasil & dapat tripel lagi, selamat ya semoga Herny dan baby2nya sehat selalu.

  34. winda

    dear all,

    Saya sangat berterima kasih sekali atas segala dukungan teman2 semua..Saya banyak mendapatkan ilham dan semangat untuk menjalankan BT lagi..
    Bagi yang sudah berhasil hamil dan melahirkan, saya ucapkan selamat ya..Dan yg blm berhasil, tetap tabah, sabar dan tetap semangat utk berusaha, Ingat Allah maha pengasih..Berusaha dan berdo’a.
    Saya juga telah bertahun2 mengalami kegagalan BT, tp alhamdulilah Allah masih memberi kekuatan krn saya percaya semua terjadi atas kehendakNYA, Walau tak bs dipungkiri juga, rasa kecewa, bete juga sempet saya alami, sempat pula saya marah kepada Tuhan tp akhirnya saya menyesal, dan berusaha mengerti akan apa yg telah terjadi..Terima kasih Allah kau beri saya kekuatan dalam menjalani hidup ini, semua adalah cobaan dariMU…

    Terima kasih Kiky dan teman2 yg lain yg telah menganjurkan saya utk melakukan akupuntur, saya akan mulai konsultasi minggu depan.

    Ati, BT 1( 2003) : saya mendapatkan 8 embryo yg bagus, dan ditransfer fresh cycles 2 embryo, disimpan 6 embryo. Setiap kali ET,cuma 2 embryo yg ditransfer krn sesuai dgn hukum diEropa, yg hanya boleh memasukkan embryo 2 atau 3 saja.Tp IVF cycles 1 gagal semua..
    Biaya BT 1 sekitar 5000€

    Bt 2 ( 2004): menghasilkan 2 embryo, ditransfer semua, gagal juga.
    Biaya 3500€
    BT 3 (2005): ada cuma 1, ditransfer dan gagal.
    Biaya 3000€
    BT 4 (2006): menghasilkan 4 embryo, fresh cycle ET 2 embryo (gagal, walau sempat positive 7 hari)dan disimpan 2 embryo, tp pas ET ke2 ternyata kualitas embryo tidak bagus lalu gagal thaw cycle.
    Biaya sekitar 3500€

    Harga2 Biaya BT 1,2,3,4 kami mendapatkan bantuan dari pemerintah Finland dan mendapatkan potongan 40% utk rumah sakit dan obat2an. Harga diatas yg saya sebut hanyalah garis besarnya saja, tidak ingat persis krn sudah lama, dan harga itu sudah termasuk harga bersih setelah dipotong, kalau bukan penduduk finland pasien wajib membayar penuh.

    Untuk BT ke5,6,7 dst..Kami harus membayar penuh, pemerintah tidak membantu potongan harga lagi.

    BT 5 (2009) : Juga cuma 2 embryo yg bagus dan akhirnya fresh cyles dilakukan, ternyata gagal lagi..
    Biaya hampir 5500€
    Mahal sekali, dan tidak ada garansi keberhasilan…
    Tp saya tidak bisa hamil normal kembali, BT tetaplah satu2nya jalan utk kami mempunyai seorang anak.

    Saya juga telah melakukan apapun utk keberhasilan BT tp entahlah, selalu gagal..
    Dgn penuh harap, kami akan menjalankan lg BT ke6 dalam waktu dekat ini mgkn 2 bln lg, mengingat umur juga semakin bertambah jd harus mengejar target.
    Kali ini saya akan coba akupuntur..
    Adakah yang tau tentang manfaat ati ayam, katanya ada yg berbentuk pil?

    Ok kita sama2 berjuang ya, semoga kita semua berhasil hamil dan melahirkan..

  35. ari

    Mb Winda…..wahhh….salut banget sama perjuangannya…

    Jujur saya jadi malu, saya baru mau BT untuk pertama kali (insyaallah Juni)udah tegang begini..

    Saya ada masalah dengan penyumbatan saluran telur, waktu tau pertama kali rasanya kaya dunia mau runtuh, mau punya anak ko gak dimudahkan seperti yang lain2 yah 🙁
    Setelah 5 thn merit, baru deh saya laparoskopi, dan ternyata tetep buntu karena ada endometriosis yang udah parah kata dokter, jadi mungkin perlengketannya udah kuat bgt..jadi ya ditawarin sih, mau BT atau terapi suntik tapros buat mencegah endometriosisnya tumbuh subur lagi, dengan harapan bisa terbuka saluran telurnya dan hamil alami…Tapi karena suntiknya minimal 6 bulan dan belum tentu bisa hamil, seandainya hamilpun ada resiko hamil diluar kandungan, akhirnya saya dan suami sepakat untuk BT saja. Kata dokter hamil itu juga obat alami untuk menyembuhkan endometriosis. Siapa tahu dengan hamil lewat BT ini endometriosis bisa sembuh dan saluran telur terbuka sehingga bisa hamil secara alami…Yah wallahua’lam, namanya juga usaha…
    Rencana saya BT di Permata Hati, RS Sardjito Yogya..

    Mba Winda, ada kontaknya gak, email atau ID YM barangkali? kalo boleh sih pingin konsultasi, kalo mb Winda gak keberatan. Sepertinya saya harus banyak2 menenangkan diri ni…
    Makasih buat mba2 semua sharingnya di bayi-tabung.com ini…:)

  36. Henny

    to,ari
    salam kenal ya, klu menurut aku klu mo BT itu yg paling penting iklas & pasrah, kita usahakan yg sebaik2nya, tetapi hasilnya kita pasrahkan aja sama Tuhan, jangan terlalu memaksakan kehendak, itu yg ak alami puji Tuhan skrang ak dah hamil 3 bulan dgn modal embrio yg pas2 an, semoga membantu ya

  37. ari

    iya mba henny makasih yaa….

    sebenernya perasaan fluktuatif yg kdg2 muncul….adakalanya saya tenang, ikhlas, percaya bisa ngelewatin semua..tapi kadang2 muncul lagi tegangnya..hehehhe…wajar gak ya? maklum, baru mau menjalani sesuatu yang baru 😀
    biasanya kl lagi tegang gitu memang saya cari temen buat ngluarin uneg2 hihihihi…

    selamat ya mb henny buat kehamilannya..semoga lancar sampai lahiran nanti 🙂

  38. Henny

    to ari
    sekedar sahring aja nih, 4 malam setelah ET ,ak gak bisa tidur,krn mikirin, trus ak bilang aja ama diri sendiri, dipikirin atau gak dipikirin toh hasilnya sama aja, malah klu dipikirin malah strss rugi diri sendiri, setelah itu jadi tidur nyenyak lagi deh

  39. winda

    Hi Ari,
    Boleh tau umur kamu berapa sekarang? Kalau masih muda jangan terlalu khawatir karena peluang sukses lebih besar, umur juga berpengaruh.

    Kalau kita merasa tenang,cemas dan tegang selama menjalani BT, apalagi pas 2ww saya rasa itu normal2 saja ya karena kita berharap akan berhasil. Dan juga pengaruh dari obat hormon2 yg kita makan juga efek ke mood yg up and down, cuma kita harus tetap berpikir positive, niscaya akan mudah bagi kita dan hati yg tenang, tidak stress juga membawa pengaruh utk keberhasilan BT. Saya juga berusaha utk tenang sewaktu 2ww, tp terkadang perasaan tegang dan cemas kadang menghantui, maklum trauma dgn kegagalan2 sebelumnya.
    Byk yg ada dlm pikiran saya dalam masa 2ww, kalau ingat umur dan biaya2 yg telah keluar membuat saya merasa cemas, bagaimana kalau kali ini gagal lagi??
    Tp disamping itu ada pikiran2 bahagia, mengingat ada embryo dirahim saya skrg dan embryo ini harus berkembang.
    benar kata Henny, serahkan saja kpd Tuhan apapun hasilnya, kita harus rela dan iklas..

    Utk henny, selamat sudah berhasil hamil semoga sukses sampai melahirkan ya…Boleh sharing cerita keberhasilan BT kamu? Terima kasih lho sebelumnya dan take care!

  40. Henny

    to Winda
    Hello Winda, ak turut prihatin ya, tapi dibalik semua ini pasti ada hikmatnya, sabar ya, bersyukur Winda msh punya banyak kesempatan untuk mencoba BT , diluar sana bnyak yang ingin coba, tapi karena faktor biaya jadi gak bisa, mudah2an BT yg ke 6 berhasil ya, klu aku masalah ak spt nya lebih kompleks, ak endometriosis parah, suami azoosperma, umur ak jg udah 35 komplitkan masalah aku? dr 12 telur yd diambil hanya 6 yg bagus, yg lainnya kosong dan dari enam telur yd dibuahi hanya 2 yg merespon membelah itupun kualitasnya hanya good & moderat, tadinya aku udah hopeles, tapi suami ak bilang mungkin Tuhan maunya kita cuma 2 aj, kita harus percaya itu kt suami aku, puji Tuhan dua2nya berhasil nempel, sehabis ET, ak sdh mengandaikan kalu ak hamil, emang sebenarnya kan udah ada kehidupan di dalam rahim aku, ak gak pake bedtres, cuma rileks aj, tapi dalam doa ku Aku selalu bilang samaTuhan, Ya Tuhan mungkin klu ini gagal ak mungkin tidak akan bisa ngulang lagi, jadi tolonglah saya Tuhan berikanlah anak ini untuk kami, kami sudah sangat menginginkan & menyayanginya, itu terus yg ak doakan, jadi yg terpenting penyerahan diri pada Tuhan, disaat kita pasrah & tidak berdaya, kadang saat itulah muzizat datang

  41. ari

    Hmm…mb winda makasi ya sharingnya…
    umur saya 28, tapi untuk ukuran pernikahan saya yang sudah menjelang 6 tahun ini , rasanya bukan waktu yang singkat lagi, ya…memang jalan saya begini ya mba:)

    oya mba, mau tanya, sebelum BT dilakukan , mba pernah menjalani tes antibodi sperma gak, maksudnya tes itu untuk mengetahui apakah tubuh kita kekebalan tubuhnya terlalu tinggi sehingga menolak sperma yang masuk kedalam tubuh kita (wanita) alias sperma dianggap benda asing/musuh sehingga terjadi penolakan dari tubuh kita.

    Atau mba2 yang lain ada pengalaman tentang tes ini? pengaruhnya ke bayi tabung gimana yah? makasih banyaakk sebelumnya 🙂

  42. winda

    To henny,
    Kata2 kamu sangat menyentuh, terima kasih atas dukungannya..I ya kalau dilihat masalah kamu lebih sulit dari masalah saya dalam BT ya.Tp dokter disini cuma mengatakan saya bermasalah dlm mentransfer embryo kerahim saja, saya tidak ada endometriosis dan sperma suami juga bagus..Saya jd bingung, sebelum BT 5 ini saya ada polip, tp sudah dibuang sehingga tdk ada masalah lagi. Malah saya yakin sekali kalau BT5 ini akan berhasil, krn saya sudah melakukan semua yg terbaik.. Apa mungkin ada masalah dgn rahim saya ya?
    katanya temperatur rahim yg tidak sama dgn temperatur pembuahan diluar juga berpengaruh. Teman saya menganjurkan utk minum arak ayam, katanya akan membuat rahim hangat..Pernahkah kamu mendengar manfaat arak ayam dlm BT? Atau adakah teman2 lain yang mengetahuinya?

    Ari, saya tidak menjalani tes antibody sperma, saya juga kurang yakin perlukah saya melakukannya krn dokter disini tidak menganjurkan tes itu.
    Tapi kalau menurut saya, krn pembuahan terjadi luar( pertemuan antara sperma dan sel telur) dari situ mungkin akan terlihat apakah tubuh kita memilikki kekebalan tubuh terlalu tinggi thd sperma atau tidak.
    Ini bs juga disebut alergi sperma ya?
    Tp saya juga kurang yakin, mungkin ada teman2 lain yg mempunyai pengalaman seperti ini, mohon bantuan jawabannya ya..terima kasih byk sebelumnya.

  43. Velia

    Dear Winda,
    Boleh tau bagaimana kualitas telur dan embrio yang dihasilkan? Sebab keberhasilan juga ditentukan oleh kualitas embrio. Kualitas embrio dibagi jadi 5, excellent, good, fair, bad, poor.
    Trus mengenai ayam arak, orang chinese biasanya makan ayam arak setelah melahirkan untuk memulihkan kondisi badan yang lemah. Tetapi ayam arak ga boleh dimakan pas hamil apalagi setelah embrio transfer karena bisa mengakibatkan keguguran atau cacat janin.

  44. cici

    to ari
    setahuku sich, tinggi gak nya kadar ASA (Antibody antisperma) gak pengaruh untuk bt, soalnya kalo bt spermanya bisa langsung di suntikkan ke oosit (telur), jd gak akan terjadi penolakan.
    sy jg di anjurkan dokter sy disini untuk tes ASA dulu, tp krn sy mau langsung bt ya jd gak perlu tes ASA

  45. diajeng

    wah perjuangan ibu2 sungguh membuat aku tambah semangat. Aku bln depan akan ikut BT pertama. Semua tes sdh aku jalani tinggal menunggu mens bln depan&mulai suntik. Tetap berjuang ya semua….

  46. Lia

    Hai semuanya..Perjuangan kalian sungguh luar bisa n salut untuk kalian..Aku Lia, kalo di kalangan ibu2 bayi tabung aku biasanya jadi koordinir untuk pertemuan,hehe… Info lebih lanjut bisa di lihat di pertemuan ibu2 atau dukungan psikologis dari Lia di Web ini. For your information, sekarang udah ada support group bagi temen2 yang mau ketemu langsung n saling berbagi dan mendukung. Mudah2an informasi ini bisa membantu. Sampe sekarang ini kita udah 5 kali melakukan gathering n udah ada sekitar 20 orang anggota tetapnya. Mungkin ada teman2 yang tertarik untuk bergabung di gathering selanjutnya?hehe…
    Btw, sory ya nyelip informasi sedikit di bagian ini..hehe…See u guys…

  47. tini

    winda, aq jg belum dikasih anak oleh Allah, aq jg belum punya cukup uang untuk bt. aq pernah laparotomi angkat kista endometriosis, tp udah setaun setelahnya tetep belum hamil. aq akhirnya ke klinik yasmin RSCM dan disuruh untuk laparoskopi utk pembetulan letak rahim yg retrofleksi. karena katanya untuk bayi tabung pun bila kondisi rahimku retro akan susah utk berhasil. aq melongo aja, boro2 utk bayi tabung, utk biaya laparoskopi aja aq belum punya. tapi siapa tau cerita ini berguna buat winda, krn winda lebih punya kesempatan untuk BT daripada aq.

  48. alfy

    sorry buat smuanya ini just informasi terutama buat ati y berada di LA. sepengetahuan saya di US ada refund program 100% baby take home. kl IVFnya nggak berhasil atau keguguran di balikan uang full. IVF ini 6 kali fresh cycle unlimited frozen embryo. syaratnya 39 tahun kebawah. bayarnya $20.000 US kl di atas 39 hrs donor egg bayarnya 25 ribu US. ini smua belum termasuk obat. jdnya dokter jg bekerja keras untuk keberhasilan kita.

  49. junita

    Hai semua yang lagi berjuang.. Saya senang sekali bs bergabung di sini..ternyata punya banyak teman seperjuangan .. Infonya jg banyak membantu.. Saya ET 2 hari yl, ada 2 embryo yg ditransfer..walau kadang2 tegang saya berusaha pcya aja bahw kekauatan saya tdk bisa menjaga embryo yg skrg ada dlm rahim saya..sy cm melakukan yg terbaik (ya ga loncat2 juga), selebihnya Tuhan yg bekerja.. Tp kadang2 sy bingung jg krn saya ga dikasih apa2 setelah ET..tp saya teneng2kan aja.. Trus stlh ET apakah kita kalo tdr hrs terlentang atau apakah boleh tidur miring? Mohon doanya ya teman2 agar kali ini saya berhasil..

  50. Mommy 2B

    Winda …

    Apa kabar? Kenalkan saya Mommy 2B, Tuba Fallopy saya bermasalah, yang kanan plus janin berusia 2 bulan “diangkat” 23 Mei 2009 kemarin. Terus, baru abis lebaran ini aku bisa meneruskan program kehamilanku dengan mengusahakan Tuba kiriku agar bagus, atau ikutan BT. (minggu kemarin aku bertemu Dr. Ivan Sini di Morula Menteng, konsultasi mengenai BT, dokternya professional, dia menerangkan proses BT memakai presentasi 3d di komputernya). Aku tertarik sih, tapi harus “mulai ngitung budgetingnya” 🙂 …

    Kamu pernah melakukan hypnotheraphy atau meditasi selama program BT? Mungkin bisa membantu untuk mengendurkan urat2 syaraf dan membantu relaksasi. Kebetulan aku pernah belajar hyonotis dan meditasi. Jadi sangat membantu kalau lagi stress dan tegang 🙂 … menjadi slow dan adem .. 🙂 … karena sepertinya faktor ketenangan sangat penting ya dalam kesuksesan program apapun, apalagi BT yang sangat delicate.

    Dalam mempersiapkan diri untuk ikut program ini aku, bermediatasi tiap hari, minimal 30 menit. Dan aku merasa lebih nyaman dan tenang. Oya usiaku 37 th.

    Salam,

    Mommy2B

  51. keke

    Hi Mommy 2B salam kenal, aku jg pasien Dr.Ivan baru aja ikutan program sm beliau tp belum berhasil, semula aku pikir gampang n mmg sih kalo prosesnya gampang cm itu tuh yg susah memanage stress, kekuatiran, panik cemas semua bercampur jd satu jdnya terasa susaah bgt, krn byk hal2 yg kadang nga kita pikirkan tiba2 terjadi n bikin kita jd sedih,kuatir dll, spt contohnya mslh telur, kurang banyaklah,atau kebanyakan, kurang besarlah,atau besar tapi kosong, masalah lain spt ketebalan endometrium yg terlalu tebal atau terlalu tipis wah pokonya harus siap2 aja terima hal2 spt itu, tp ini masalah aku lho, tapi nga sedikit jg yg perjalanannya mulus2 aja sampai berhasil hamil, aku rasa mmg bener2 tegantung individu masing2 n nasib tentunya, krn kalo aku gampang stres n jd sensi bgt pd saat BT nga tahu knp tuh. makanya aku mau bgt gimana sih caranya hilangin stress itu? mmgnya ada ya kelas hypnoterapi?

  52. rin

    Hi all,

    Salam kenal. Saya juga dalam proses persiapan bayi tabung di dr Ivan. Tapi ada problem, pas trial ET, kateter sulit masuk karena jalan ke rahim kaku. 2 mgg lagi mau histeroscopy, mudah2an masalahnya bisa diatasi. Sempat down juga, gimana mau ngejalani process, kalo masuk aja susah 🙁 Mudah2an ada hikmah di balik ini. Kadang aku berpikir “apa benar aku termasuk kuat sehingga Tuhan memberikan ujian spt ini padaku?” Hanya Allah yang tahu rahasianya. Be strong yah Moms.

  53. wina

    Halo, salam kenal….saya sdh ikut program by tb 2 kali, hasilnya negatif, sekarang mau ikut ke 3. boleh kah bagi pengalaman pada saat embrio transfer apakah dipandu dengan usg?…setahu sy di srby dengan usg, ttp di ygy tdk dengan usg….

  54. Mommy 2B

    Hei Keke,

    Sowwy baru balas. Sibuk mulai cek ini itu, dan suntik Gonal F (sekarang sudah memasuki hari ke 8). So far (ada 6 telur :D)aku hanya mengandalkan ovarium kanan (kiriku lengket) dan tidak terlihat sel telurnya.

    Bisa belajar … meditasi aja. Caranya: Berdoa dulu (menurut keyakinan masing2), terus tarik nafas pelaaaaan … keluarin perlahan … rilexkan pikiran (aku dibantu music2 meditasi dari CD Kata Hati Institute). Please Check ke http://www.digitalprayers.com

    Kalau ada fikiran masuk, pelan-pelan usir … dan kosongkan fikiran lagi. Pada saat kamu merasa nyaman, (e.g. rasa nyaman: rasanya sama seperti waktu kita dipijat di spa mewah :P), atau dalam pelukan suami :p …

    nah setelah mencapai rasa nyaman (gelombang otak kita Alpha sekitar 10 Hz), mulailah melakukan affirmasi, bayangkan kita memomong 3 orang bayi sekaligis = kembar 😀 … menyuapi mereka, sibuk dan bahagia … anything … picturize … 🙂 … sampai kamu merasa terharu dan bahagia seolah2 di tangan kita memang ada bayi … 😀 …

    Cobain deh …

    Semoga Allah Mengaruniai anak-anak yang sehat dan lucu buat kita semua … amiiiin … pada saat yang sempurna …

    Salam persaudaraan …

    Mommy2b

  55. Dianee

    Salam kenal! Saya ingin bertanya untuk teman-teman yang telah berkali2 melakukan IVF. Ada efek samping terhadap kesehatan gak? Kekhawatiran saya adalah stimulus suntikan hormon yang berulang, apa tidak menimbulkan efek di jangka panjang? mohon masukan ya…

  56. seba

    Hai Dianee, setauku, efek samping IVF thdp kesehatan itu waktu suntikan n minum obat2 hormon bs nyebabin berat badan naik ya. aku gak tau efek samping lain, krn untuk program IVF satu dan berikutnya biasanya dikasih tenggang waktu sekitar 3 bulan, jadi tidak berulang terus menerus. Lalu menurut buku yg aku baca n bbrp artikel di internet, orang biasa coba IVF sampai 6-7 kali sebelum decided to quit. di web ini juga pernah ada yg share, kalo gak salah, IVF sampe 5-6 kali an gitu. tetap semangat ya Dianee.

  57. Dianee

    Terimakasih masukannya seba… saya pernah baca penyebab kanker serviks, a.l: keturunan, lifestyle n suntikan hormon. Tp di rubrik tsb gk ada penjelasan hormon apa. Makanya setelah BT kedua ini, aku pengen rajin papsmear. Smoga kita sehat selalu ya…

  58. sari

    Dear Moms,
    Nama saya sari.Mohon info utk tempat klinik yg pernah menangani bayi tabung
    utk kondisi seperti saya. Kedua tuba fallopi (saluran telur) saya sudah diangkat.
    Dan hanya punya indung telur sebelah kiri. Saya operasi 2x utk pengangkatan kista
    coklat. Jadi saya tidak punya kesempatan hamil alami,harus bayu tabung.

    Saya sekarang masih terapi hormon utk mencegah kista coklatnya tumbuh kebali.
    Dalam 3-6 bln ke depan bersiap2 utk bayi tabung, karena usia saya sudah
    32 tahun.

    Mohon bantuan, klinik mana dan dokter siapa yg mungkin bisa menangani bayi tabung
    dg kondisi spt saya. Saya mempertimbangkan di siloam surabaya, atau di
    Graha amerta, meski saya tinggal di purwokerto jawa tengah. Tapi kalo ada
    pengalaman teman2 yg sudah BT dg kasus yg mirip, mohon sarannya utk BT dimana.

    Semoga kita diberi kemudahan menjalani, dan keinginan memiliki anak bisa terkabul. Amin

  59. cen cen

    @sari, kalo bole aku sarankan kamu program di RS Mahkota Medical Center aja di melaka, malaysia, Dr. Selva namanya, setau aku dr nya pintar, aku jg sedang program bayi tabung dgn beliau.tx

  60. Dian Lestari

    Dengan bt 5 x, saya sudah dikarunia 2 anak, setelah melihat kebelakang 7 tahun lalu saat saya berjuang untuk mempunyai anak, saya percaya semua itu berkat doa dan dukungan suami, keluarga dan kesungguhan serta ketulusan kami berdua dalam menjalani hubungan pernikahan. Semua itu punya peranan yang penting. Masing2 saling menjaga kesehatan, saling fokus dengan pasangan masing2, juga kunci keberhasilan karena walaupun proses lewat bayi tabung tetapi anak itu adalah hasil buah hati cinta dari suami istri. Tanpa cinta, semua suntik dan konsultasi dokter percuma. Saya sendiri sudah bahkan mengamati banyak pasangan yang mengikuti bayi tabung tapi suami istri hubungannya tidak baik jadi keharmonisan juga penting dalam mengikuti proses IVF. Salam – dian (tim jakartaivf.blogspot)

  61. lisna

    wah ini buat saya sudah gak bisa jawab kapan berhasil nya ini yang ke 3 kali nya kemaren dpat tlp dari doktor tes cdarah nya gak jelas tapi saya tes pake tes pack +1,2 gakj tau tuh apa artinya belum lama doktor tlp ada flek darah di CD aku sampai sekarang aku gak ada harapan positif walau hari rabu tgl 11 harus ke rumah sakit
    udah gitu pas doktor tlp ehhh ada darah udah berapa biji tes pack saya beli bermacam macam merek
    kadang cape bayi tabung emosional metery pengobatan nya hasil nya sangat sulit untuk di terima kalau gak sukses tapi harus terima juga udah di atur sama yang di atas
    lisna peter

  62. Lisna

    Hei salam kenal semua nya buat non Winda kisah nya sama dengan aku
    Ini aku yang ke 4 ivf yang empat yang tiga gagal semua bagi aku
    Air mata ini udah kering jadi jalani aja mungkin alloh lebih kuasa
    Dan lebih bijaksana klu di percaya sama yang di atas
    Ya alhamdullilah klu tidak mungkin udah takdir nya
    Tapi kita kan telah berusaha itu aja aku nunggu
    Tgl 6-05-2014 harus cek darah untuk mengetahui positif hamil gak nya
    Salam buat semua nya
    Lisna en Peter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*