Rencana Program Bayi Tabung di Graha Amerta – Rini

Hy aq udah nikah slma 3thn dr maret 2012 dan blm pernah hamil smpe sekarang. 3bln nikah aq udah check up ke dokter spog dg hasil aq dan suami normal..krn rutinitas aq yg srg keluar kota aq sllu gnti dokter spog di bbrpa kota besar di sulawesi..celakax tiap konsul beda dkter beda penanganan sehingga stiap aq konsul sllu dksh obat penyubur profertil/santa e/eturol..suamiku sllu tugas kluar kota dan krn q pikir biar subur jd aq sllu konsumsi penyubur mskipun suamiq g ada..stlh check up thn 2014 aq divonis kista endometriosis 2.4cm dg perlengketan tuba..dsaranin laparoskopy..stlh browsing di google aq milih laparoskopy dg dr.relly yg operasix tgl 23 feb 2015…

Now, aq dksh obat visanne 2mg utk dkonsumsi slma 3bln smbil nunggu jadwal bayi tabung bln agustus 2015 nnt..sambil nunggu jdwl bayi tabung aq rncna mw coba hamil alami dl..tlg share ya yg udah pnglman bt dgraha amerta lbh khususx dg dr.relly..utk program hamil alami stlh laparoskopy gmn ya persiapanx? ada yg tw pnginapan murah yg dekat graha amerta? maklum aq dr manado jd g pux keluarga di surabaya..
Maaf ya klo kata2x g teratur maklum bkn penulis hehehe ????

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 3.67 out of 5)
Loading...

93 thoughts on “Rencana Program Bayi Tabung di Graha Amerta – Rini

  1. Nania

    Slm kenal semua. Sy berencana utk batab jg tp msh bingung, baiknya di siloam atau graha amerta? Bisa minta info dr bunda2 yg sdh pny pengalaman batab disana? Proses nya spt apa? Sakitkah? Krn terus terang sy msh trauma dg rasa skt ketika hsg sblm nya. Disamping ada rasa takut jg utk gagal terkait biayanya yg bsr.. Mohon pencerahannya. Trmksh..

  2. Namirah

    Mb afriani = ini mb yuni kan ? Minta kontakx dong mb ? smga lancar mudah dan sehat semuax ya mb insya Allah

  3. afriani

    Hi bunda smua..bru gabung lg nih…alhamdulillah skrg sy hamil 37w. Tahun lalu sy program di ferina sm dr. Aucky. Kasus sy pco dan suami terato…mohon doanya yah bunda2 smg persalinan sy lancar, sehat, selamat baby dan ibunya. Smg yg msih brjuang segera brhasil. ????

  4. Sheren

    @dewi salam kenal jg mba.. semoga kita semua segera dimudahkan ya mba..

    @defriyanti sy jg berencana batab di dr.relly mba, sbnrnya br 2th menikah.. tp keadannya sy pcos berat (meskipun tuba normal 22nya) & suami teratozoospermia, haid hampir selalu ga teratur..kali ini aja 3 bulan ga haid, sm dr.relly dikasih regumen & haid hari ke-2 disuruh screening persiapan batab, tp regumen blm sy minum..msh memantabkan hati dulu, hehehe..smoga Allah mudahkan ikhtiar kita

  5. Anna

    Salam kenal semuanya, ada yg punya pengalaman program BT di morula ga ya? Bagusan di siloam, graha amerta atau morula ya?

  6. Richavila

    Salam kenal yah bunda2..
    Mau nanya dong, saya rencana awal mei mau BT ? Kira2 biaya BT di Rs. Siloam brp ? Soalnya bln kemarin saya Insiminasi gagal, di RS. Awal Bros Makassar.

  7. Dyah ayu mustikawati

    Mb yoan bs minta contact nya, saya dyah ayu, rencana mau program ivf di siloam atau graha amerta ya?

  8. Defriyanti

    Maaf mba..ada yg bs share pengalaman bayi tabung dg dokter relly d graha amerta surabaya.krn rencana bln april nnt..dan sdh pernah konsul sekali dg dokter relky dan d rekom kembali pd saat mens ke 21..

  9. Dewi

    @sheren ,wktu insem pertm kt e dokter relly kemungkinan diujung tuba tidak bs nangkap telurnya kemungkinan ada perlengketan…wkt itu dr relly blg laparoskopi tp aku msh blm mau,bs jg wkt itu aku blm semgg insem dah pp mlg juanda anter adek ,cm wkt itu aku ga blg dokternya yaa nebak sendiri aja…trus pas mau insem ke 2 ga jd dikarenakan sel telur aku cm 1 ,ga jd dech insemnya…kt dokter e nanggung klau insem pas telur cm 1 takut ga jd ,pdhl telur 1 ukr e jg bsr…yaa sdh akhirnya suamiku blg ntar nyoba insem utk ke 3x klinya n usaha yg menthok batab tp ini msh nabung dl….salam knal yaa non

  10. sheren

    Mbak dewi, kalo boleh tau.. kendalanya apa koq 2x blm sukses ya? karena saya jg lg program ke dr.relly krn suami teratozoospermia..sy berniat batab di beliau juga tp masih maju mundur juga

  11. Dewi

    Mbk nita …knalkan aku dewi ,aku mau nanya kmrin bt di dr relly hbs brp klau blh tau…dl aku sempat insem sm dia 2x tp blm sukses

  12. Yunita

    Halo Mbak Nita.. Perkenalkan saya Yunita.
    Boleh tahu masalah mbak nita apa sehingga memutuskan untuk bayi tabung? Dan berapa total biaya yg dikeluarkan? Karena saya juga berencana untuk bayi tabung tapi masih bingung mau di graha amerta atau klinik bayi tabung ferina dgn dr. Aucky.

  13. Nita

    Salam kenal juga mba uly,,
    Saya dg Nita,,
    Saya dulu pernah stay di Malang juga pernah laparoscopy diagnostic (bukan laparoscopy tindakan) di dr Sutiyoso yg prakteknya di Apotik Boldy,,
    Saya skrg tinggal Sby, coba laparoscopy di dr Relly di RS Darmo mba,,dr Relly sptnya mmg banyak pasien juga yg program hamil,,
    Saya baru saja bayi tabung dibdokter Relly, skrg sedang mengandung 6bln,,,setelah pernikahan 8 th,,,
    Semoga membantu mba uly,,

  14. uly

    Salam kenal semua…??
    Perkenalkan nama saya uly..saya stay di malang..rencana nya juga mau laparascopy di graha amerta. Ada sarah gak yah..ke dokter sapa..atau yg sudah pengalaman di laparascopy.. Share dong. Saya sudah merit 6 th..blom dikasi juga ?.

  15. Widhi

    Salam kenal smuaaa…
    @mb yunita..gmn hasil program BTnya? Jd ke graha amerta ama dokter siapa? Biaya berapa mbk? Share yaa..

  16. yunita

    Salam kenal semuanya.. Saya juga rencana mau batab di graha amerta sama Dr. Ashon Sa’adi bulan September atau Oktober nanti. Masalah saya tuba non-paten kiri kanan, suami normal. Saya dan suami usia 25 tahun, sudah menikah selama 3 tahun. Alasan saya memilih batab di graha amerta karena biayanya lebih terjangkau drpd di siloam. Hehehe. Rasanya udah gak mau nunda2 lagi buat dapet momongan. Jadi batabnya menyesuaikan budget. 😛 Sepertinya harga juga gak menentukan tingkat keberhasilan. Yang penting kita yakin dan cocok dengan dokter atau rumah sakit pilihan kita.

    Buat yg sudah berhasil, selamat yaa… Semoga dilancarkan sampai lahiran. Aamiin.. 🙂

    Buat yg belum berhasil, tetap semangat ya.. Karena program batab kan emang tingkat keberhasilannya gak 100%. Kita cuma bisa berusaha semaksimal mungkin, tapi selebihnya Allah yg menentukan.
    Jujur saya sendiri ada ketakutan gagal. Tapi kita gak bakal pernah tau kalo belum mencoba 🙂

  17. Nyta

    Salam kenal sy sdh mnikah 6 th jga divonis pco mau coba bt d graha amerta ktnya murah mohin info doktr yg bgus ya mksih

  18. Eva devianti

    Hallo semua salam kenal,
    Sy Eva dr Surabaya ceritanya sedih bgt brsan program BT gagal krn embrionya gak mau nempel ?. Barangkali ada temen2 yg bs sharing kira2 persiapan apa lg yg perlu diperhatikan soalnya kalo ada rejeki sy mau coba program lagi mengingat usia udh 36 th. Mbak Rini, Mb Aura mgkn boleh bagi tipsnya soalnya sya tertarik detokbuah dan sayur yg mb jelasin. Itu syrnya direbus dulu ya. Ini pin sy 57BF7941. Buat temen2 yg lain yg mau bagi tips sy tg juga ya… Brgkl tips menghilangkan kesedihan spy gak berlarut2 maklum sy udh harap2 bgt hehehe.

    Makasih. ?

  19. lely

    @ mba Afriani : salam kenal mba, rencana awal tahun mgkn sekitar feb thun depan. masih belum tahu di siloam atau graha amerta, cari-cari info dulu.
    @ mba Putri : Salam kenal jg mba, iya mba, tapi Insyaallah masih awal tahun krn masih kumpulin tabungan dulu dan menyesuaikan pekerjaan 🙂 mba Putri rencana kapan ?

  20. Putri O.Y

    @Mbk Lely : Salam kenal Mbk Lely. Mbk mau rencana bayi tabung juga di Surabaya. Saya juga Insya Allah ditahun ini juga mau program mbk. Rencana mau program dimana mbk ? Klu saya juga masih bingung mau program dimana. Tapi kata hati lebih mantep di Siloam. Siapa tahu mungkin kita bisa barengan ya mbk 🙂

  21. Putri O.Y

    @Mbk Afriani : Salam kenal Mbk Afriani. Mbk asal dari mana ? Tahun ini juga rencana mau bayi tabung juga ? Insya Allah saya juga mbk, tp blm tahu pastinya kapan. Siapa tahu kita bisa barengan mbk.

  22. Putri O.Y

    Salam kenal mbak – mbak semua, Saya Putri dari Tuban Jatim. Rencana saya juga mau program bayi tabung IVF di Surabaya. Tapi saya masih bingung antara mau program di Graha Amerta atau Siloam ? Lebih nyaman dimanakah dari ke dua RS itu ? Tolong info dan sarannya ya dari Mbak – Mbak semua yang sudah pernah program bayi tabung diantara 2 RS tersebut. Dan saya juga minta infonya untuk tempat menginap kostan/apartemen yang lingkunganya aman dan jaraknya dekat dengan 2 RS tersebut. Karena saya nantinya bakal sering sendiri dikostan karena suami saya Guru PNS jadi tidak bisa terlalu sering ijin. Mohon bantu informasinya ya Mbak – Mbak semua.

  23. Indah

    Salam kenal juga
    Saya juga lagi program bayi tabung di Graha amerta
    Mau sharing2 yg skrg jalanin bayi tabung juga,,

  24. Lely

    Hi semuanya, salam kenal, perkenalkan saya lely dr banjarmasin, rencana pengen bt di surabaya jg

    @mba yoan: mba bisa share bt dgn dr. Aucky ? saya pcos dan suami jg terato, pngen bt di siloam atau graha amerta masih bingung, bisa share di bb atau wa ya mba, thanx

    @mba aura: masih ditanjung mba?jadi bt dimana mba? Pin bb mba sama? Pngen share jg..mksih mba

  25. diah

    Hi semuanya salam kenal,
    saya diah dari jabar tapi sekarang tinggal di surabaya, saya sudah dua kali laparoskopi , dan saluran saya sudah dipotong dua duanya karna mampet dan membengkak dengan isinya darah ,
    Dan September kemarin baru aja proses baytab, tapi belum rejekinya jadi masih negatif
    kemaren saya proses di graha amerta sama DR Budi santoso, rencana 3 bulan lagi ngulang tapi masih bingung mau tetep di graha amerta dengan Dr Bus , atau pindah ke siloam ya?

  26. aura

    salam kenal mb meila..mdh2an lancar yaa BTnya nanti.skedar saran nii,mgkn ada baiknya mb checkup kondisi rahimny dl ke dr didi..jk emang udh sipp rahimnya..br deh tentuin BTnya dmn..hee..tmn2ku pd BT n rencana BT di graha amerta n siloam..

  27. Meila

    Hallo, perkenalkan nama saya meila asli surabaya, menikah 7 tahun, saya rencana mau bt juga.

    Selama ini konsultasi di dr. Didi rs Husada Utama dan pernah laparoskopi 1,5 thn yg lalu krn ada kista. Sdh hampir 6 bln ini sy absen, nggak kontrol ke HU krn suami DL.

    Nah sekarang saya lagi bingung pilih dokter mana? Antara dr. Didi atau dr. Aucky?

    Rencana stlh lebaran ini mau bt nya

    Terimakasih yg sudi mau berbagi pengalamannya ????????

  28. Fanny

    Hallo mba2 … apa kabar ???

    Mba Nita : mba BT di graha amerta sama Dr sapa mba … ada pin mba 🙂

    Mba Yoan : mba pin dong .. aq mau konsul hheheheee …

  29. Yoan

    Mba rini, hallo mba..msh baik2 aja, cm udah 4hr ini suka muntah2 🙁
    aku di surabaya mba..

    mba fanny, aku ga pernah laparascopy mba…jd pas ke auky, langsung batab aja..

    mba nita, gimana kabarnya nih? Sekoga kabar baik ya mba..di tgg postingannya 🙂

    Mba nurma, setauku kalo bt dari frozen embrio biayanya lbh murah, soalnya kan ga perlu suntik2 lg spt awal proses batab..

    Ayoooo mba2 yg mau batab, Semangaaat yaaa 😉

  30. Rini

    Mb nurma: sdh sy add ya pinx….

    mb nita: g lama lagi ya mb bagi raportx…smga mb berhasil hamil dan dilancarkn oleh Allah rezeki anakx ya aamiin..tlg dkbari hasilx ya mb…hehehee

    mb fanny: klo Allah udah berkehendak g ada yg g mungkin mb…sy pux teman yg bhasil hamil alami wlopun hanya dg 1 ovarium…dy jg sblmx laparoskopi dl…6thn nikah dg umurx yg 32thn br dapat rezeki anak…

    Mb yoan: gmn kbrx mb? Smga sehat ya cabyx..mb mmg tinggal dsurabaya atw dr luar kota mb?

  31. Fanny

    Hallo semua nyaa …

    Mba Rini : saya msh blom tau rencana BT kapan mba hehhee .. semoga seblom rencana BT saya sdh hamil dl amienn …

    Mba Radifa : sekarang saluran saya tinggal 1 mba .. wkt hamil di luar kandungan kemarin posisi janin di saluran sebelah kiri , jd hrs di angkat janin dan saluran nya krn sdh rusak .. jd skrng saya cm punyak 1 saluran aja sebelah kanan .. dan dokter menyarankan saya untuk BT …

    Mbak Yoan : sama aq jg kenak PCO mba … mba yoan sdh pernah Laporscopy ..

    NB : buat bunda2 yg cantik di sini share pin bb ya .. biar kita bs buat group untuk sharing2 ..

    Salam Sayang buat bunda semua …

  32. nita

    Aamiin.. Makasih mb rini…
    Mb nurma : Aq lg bt di graha amerta, sharing aja y mb.. Plyananna mnrtq bgz. Suster ma dr nya ramah2.. Bs bnyk nanya..
    Mdh2an mb nurma lncr y nanti bt nya.

  33. Nurma

    Mb. Rini: Mbak Pin BB nya itu o (o) atau o (nol), Pin BB saya 741D697A, bisa tlg di add supaya bisa saling sharing

  34. Nurma

    Mb Rini : Iya nih rasanya sy mau BT di graha amerta aja.

    klo seandainya BT pertama gagal dan masih ada frozen embrio dan klo mau et lg apakah biayanya sama dari awal ya? tlg ada punya info gak ya? Thanks

  35. Rini

    Mb aura : ini pin bb sy ya mb 7CE044A0

    Mb Yoan ; penantian yg menguras hati pikiran ya mb dgn happy ending…smga ibu dan bayi sehat smpe lahiran ya..
    Iya mb ini msh jd pertimbangan mw batab dmn..mw nunggu keputusan suami dl mb soalx skg dy msh dluar kota dan insya allah plg kermh nnt awal juni..smga qt2 smw bs nyusul mb berhasil hamil dan akhrx pux keturunan ????

    Mb Nita : smga embriox bhasil nempel drahim ya mb dan insya allah hasilx nnt menggembirakan hati..dtggu kabarx ya mb

  36. nita

    Iyah mb yoan makasih sarannya. Iya aq jg pake masker ma klo bersin tak pegang perut bawah biar gk trlalu gerak.
    Selamet jg y mb yoan sudah berhasil batabnya.. Mdh2an aq sgera mnyusul…aamiin????

  37. Yoan

    Hai mba nita,

    Kalo bs pake masker aja mba, biar aman..sapa tau alergi udara dingin/kotor.
    Kalo dl aku hbs et jg bersin, perut bwh ta pegangin biar ga terlalu gerak..ga tau ngaruh apa ngga hehehe..
    soale kalo bersin kan perut juga ikut gerak, takutnya pengaruh…
    tp tergantung embrio nya jg sih mba, kalo emang kuat dr sana nya..ga masalah, cm ya dijaga aja dr sekarang sgl kemungkinannya.

    ta doain sukses batab nya ya mba…
    ditunggu kabar gembira nya ^^

  38. nita

    Hai semua.. Aq jg lg ikt bt digraha amerta sm dr. Hendy. Tgl 22 kmren aq et dgn 2 embrio blastosit. 6 embrio disimpen. Skrg h3 stelah et. Skrg lg nunggu pmbagian raport tgl 1 juni. Mdh2an hsilna memuaskan. Tp aq rada parno soalna aq suka bersin bkn skt krn hidung emg sensitif. Mnrt mbk2 semua, bersin itu bs mempengaruhi proses pnempelan embrio gk y? Makasih.

  39. Yoan

    Mba aura, thx ya doa nya^^ semoga mba jg sukses programnya 🙂

    Mba rini, thx ya ^^
    Saya umur 34th, suami spermnya terato mba..saya sendiri pco.
    saya malah sdh hampir 8th married, akhirnya mutusin batab di dr.auky.
    mba rini knp ngga coba d dr.auky??

  40. Rini

    Mb nurma: knpa mb g coba di surabaya aja dl?aplg mb mmg domisili sbya kan bs lbh nyaman programx krn mb g jauh dr keluarga

    Mb yoan: slmt ya mb smga ibu dan bayi slmt smpe lahiran…maaf ya mb klo nlh tw umurx brp mb?suamix ada mslh g spermax?sy jg rncna mw ivf agustus ini mb..mhn infox ya mb

    Mb aura : insya allah akhr juli atw awal agustus mb mw nunggu jadwal haidx dl…utk smntra bharap bs hamil alami sblm agustus ini hehehe insya allah aamiin
    Semangatt ya mb smga allah melihat ikhtiar qt semua dan mnjawab doa2 qt agar dberikan keturunan ank2 sholeh sholehah aamiin

  41. Rini

    Angel : qt leh dr manado sayy…sy jg ada riwayat kista endo 2.4cm tp sdh di laparoskopi.. mar kmrn sy plh operasi di surabaya rs. Dr soetomo graha amerta dg dr.relly y.primariawan,s.pog,k.fer
    Slh satu alasan sy plh dr relly krn beliau merupakan slh satu dkter terbaik dlm laparoskopi dg rekor mengangkat kista uk.besar klo g salah uk.30 cm
    Hbs biaya brp laparoskopi dimanado? Kmrn sy hbs sktr 25jt utk biaya operasi dan tmasuk transport serta akomodasi slma dsurabaya

  42. aura

    halo mb yoan..iya sy dr banjarmasin mb.alhamdulillah ya t4 tinggalny mb ga jauh2 dr siloam..msh dj sby jg.

    selamat ya atas kehamilanny..mdh2n lancar n sehat sm baby nya smpai lahiran..aamiin ya rabb.

    sy blm program batab mb..msh kmi tunda dl smpai siap semuanya.sedih sih..tp hrs ttp smgt n mdh2n penundaan tsb berbuah indah spt yg kmi harapkan..aamiin ya rabb.

    @mb rini..programny kmi tunda dl nih..gmn mb jd programny kpn?

    @all..goodluck ya programnya..mdh2an ikhtiar qt bwt punya keturunan dimudahkan n dilancarkn Allah Swt shg Allah mberikan anugerah pd qt & suami berupa hamil dan memiliki keturunan spt yg qt2 semua harapkn..aamiin ya rabb

  43. Yoan

    Hai, salam kenal semuanya^^

    Mba aura dr Banjarmasin ya…sama ama saya, tp saya jg udah netap di Surabaya..sama kaya mba maryamah^^
    Mba aura sdh mulai program batab nya kah??
    Ku doain semoga sukses ya mba.. 🙂

    Mba angel, coba aja di siloam..puji Tuhan saya salah satu yg berhasil jg dibantu sama dr auky 🙂
    Sekarang saya hamil 9w, setelah penantian selama 7th 10bulan.
    Kasus saya Pco, kemaren total biaya kurang lebih 40jt an mba…biaya biasanya tergantung kasus nya sih, karna tiap pasien kan beda kasusnya.
    Semoga membantu ya info nya ^^

  44. aura

    @mb angel..sy dgr2 sih biaya bayi tbg di RSCM lebih mahal ketimbang di siloam..mgkn bs mencapai 2x lipatnya siloam..tp katanya sih biaya bayi tbg tsb tergantung pd kondisi qt msg2.kebetulan ya dokter kandungan langganan sy menyarankn sy program bayi tbg di siloam aj..ktnya ya dr aucky adalah salah satu dokter yg diakui dunia atas ilmu program bayi tbgnya.
    utk rmh sakit yg di jkt..kata dokter sy sih pelayanannya bagus n nyaman..tp entahlah..sy blm pengalaman sih..hehe..goodluck ya mb..mdh2an programny berhasil n mb bs hamil smpai lahiran dgn selamat..aamiin ya rabb

  45. Angel

    Hi, saya Angel dr Manado..
    Udah 1,5 thn menikah, umur 26thn..
    Bulan Dessember 2014 lalu saya divonis punya kista di sebelah kiri yg ukurannya 7cm..
    Tanggal 17 january 2015 saya di laparaskopi di Siloam Manado oleh dr. Maya, dan ternyata kista endometriosis..
    Setelah itu selama 3 bln saya di suntik endrolin. Bulan pertama di suntik saya masih keluar haid, dan jd lebih lama yg biasanya 4-5 hari jadi 7 hari, setelah itu sudah ga haid lg.. Setiap blnnya sy rutin cek up. Dan bulan april lalu saat di USG lg, ternyata kista sebelah kiri saya tumbuh lagi sekitar 2x3cm.. Kata dokter mmg bgtu klo kista endrometriosis penyakitnya tumbuh lagi klo kita haid. Padahal saya hanya haid 1x pada waktu suntikan endrolin pertama.. Jd kami juga heran knp bisa cepat sx bertumbuhnya. Stlh usg bln april, sy dikasih obat Visane. Bln mei ini sy cek up lg, stlh di USG ternyata kista sy mengecil jd 2×2.5cm.
    Jd dokter menyarankan untuk program bayi tabung saja sblm kistanya tambah besar.
    Sy dan suami juga sudah sepakat untuk bayi tabung secepatnya.
    Dokter memberi 2 pilihan untuk melakukan bayi tabung: Siloam Surabaya atau RSCM Yasmin Kencana Jakarta..
    Boleh tau mana tpt BT yg bagus diantara RS Siloam SBY atau RSCM Yasmin Kencana JKT??
    Klo ada jg yg tau biayanya brp?
    Makasih sebelumnya..

  46. Nurma

    ibu – ibu yang mau program bayi tabung di sby bisa menghubungin saya di WA no. 082335867015, kebetulan saya tinggal disby,sebenarnya kita bisa buat gruop supaya kita bisa saling sharing pengalaman…. sy sama suami mmg ada rencana bayi tabung tapi bingung mau di sby atau di penang

  47. hidayati

    Iya mb rini..rencana jg mau di gunawangsa, pertama konsul ke sby kami nginapnya disana jg,dekat banget ke rsbs, krn dr.relly ada jadwal praktek disana jg. Nanti mo survey lg pas di sby
    Ini email saya mb, koenha009@gmail.com

  48. Rini

    Mb aura : gmn programx? Jd bln april mulaix mb? Sharing ya mb hasilx…smga berhasil mb ivfx

    Mb fanny : jd mulai programx kpn mb?smga berhasil ya mb

    Mb radifa : semangat mb!!! Bxk kok yg bhasil mskipun ada mslh hidrosalping

    Mb hidayati : smga berhasil ya mb ikhtiarx!!! Sy dr manado mb dan rncna mw nyewa apartemen di gunawangsa mb klo pas mw program, deket dr graha amerta..ada yg 2.5jt – 5jt/bln mb lbh hemat dan lbh gede ruanganx drpd cm kmr kost mb jd g suntuk…minta alamat email, pin bb atw no whats app donk mb biar gmpg sharingx ya
    sy tggu mb

  49. hidayati

    duh maaf saya ralat, program BT di awal juni, hehe..kok malah ga konsen, jadwal nunggu haid hari ke 2 lalu mulai proses di graha, saya sempat ragu juga nanti jalani program bertepatan pas bulan puasa atau malah sampe lebaran di sby, tapi keep positif aja inshaAllah mungkin aja malah nanti bs khusyuk jalani progamnya hehe, nanti kita saling sharing ya mba..

    makasih..

  50. hidayati

    hai mb rini..inshaAllah saya dan suami awal bulan mei jg mau program BT di graha amerta dengan dr. Relly, saya juga lg nyari2 tempat tinggal mb di surabaya, karena saya dr kaltim, sama2 semangat berjuang ya mb 🙂

  51. Radifa

    Mba Fanny. Haii mba salam kenal…
    Kasus kita sama, sy juga pernah hamil tp diluar kandungan :'(
    Bgaimana dengan tuba mba yg satu lagi? Masih normal kah? Kalau sy mengalami hydrosalping dan harus pemotongan tuba agar BT hasilnya maksimal. Karena cairan tuba dapat jd racun bagi janin…
    Sy dr awal niat BT di siloam surabaya di dr aucky. Gak tau dalam hati yakin aja…
    Semoga bisa berhasil, amiin
    Ini mau atasi si salping dl, tp msh ngumpulin nyawa buat nerima kenyataan kalau sy gak bakal ada kesempatan untuk hamil normal lagi 🙁
    Semoga sy secepatnya bs laparaskopy dan menjalani BT
    Semoga yg lagi berjuang diberi kepercayaan dr Allah untuk memiliki baby. Amiin Allahumma Amiin

  52. Rini

    Mb fanny; semangat ya mb…bxk kok yg bt disiloam dan berhasil hamil…mb baca2 aja kisah2 diwebsite ini yaa biar ada inspirasi mb…sy jg rncna br mw program agustus ini insya allah…

  53. Fanny

    Haiii … salam kenal semuanya … saya fanny dari surabaya .. usia q 33th .. usia prnikahan q mau masuk ke taon yg ke 6 ..

    Aq mau share nech … aq prnh program hamil di Graha Amerta dengan dr.hendy 2 thn lalu tp gagal .. aq insem 2x gagal smua .. dan aq di anjurkan BT ,tp aq ma suami msh mikir2 .. pengen hamil normal aja .. krn aq 1,5 th lalu sempat hamil tp di luar kandungan (sedih banget rasanya) .. trus tmn q ada yg kasik saran agar aq BT di RS Siloam .. aq benernya pengen tp aq takut gagal .. teman2 ada kah yg BT berhasil di RS Siloam , info dong ke aq .. thx

  54. Rini

    Mb aura; iya ya mb trasa lama banget nunggux…sy operasi laparoskopi akhr feb lalu krn endometriosis dan tjadi perlengketan kedua ovarium jd kata dkter hrs nunggu 3bln stlh laparoskopi..smga bhasil ya mb programx

    Mb maryamah;mb wktu program ngambil catering khusus bayi tabung ya? Blh mnta no hpx mb? Mksh bxk ya mb slm bwt anakx mb..smga sy dan ibu2 lain jg bs bhasil spti mb ????

  55. wati

    Selamat buat semuanya yang sudah berhasil dengan program BT nya…

    Semoga Allah segera memberikan kepercayaan kepada saya seperti yang Allah berikan kepada saudaraku semuanya yang sudah berhasil hamil. Aminn.

  56. aura

    @mb nunik..skedar info..udh 2 bln an ini suami sy jg minum propolis tablet tsb ditambah dgn royal jelly nya.2 mgu yg lalu hasil sperma cek di rs siloam,alhamdulillah hasilnya makin membaik..morfologi spermanya suami sy udh naik lg menjadi 6% (tdnya hanya 2%).mb nunik bs pelajari dl di websitenya ttg khasiat propolis tablet dan royal jelly nya yaa..bwt nambah2 info..

    oya mb,suami sy jg hampir tiap hari mkn buah semangka sebanyak stgh kg smpai 1 kg.kdg2 mkn buah pepaya.mb bisa cari di google info ttg “buah dan sayuran apa aj yg bisa menambah kualitas sperma.”

    krn byk bgt terapi2 yg kmi buat dan jlni sndiri..kmi ga tau yg mana aj yg paling berkhasiat membantu peningkatan kualitas dan kuantitas sperma suami sy..namun yg pasti adalah pertolongan dan Kuasa dan kehendakNya Allah Swt..yg penting kmi berusaha dgn maximal semampu kmi.goodluck ya mb nunik.oya mb boleh minta pin bb nya?

  57. aura

    @mb nunik..skedar info..udh 2 bln an ini suami sy jg minum propolis tablet tsb ditambah dgn royal jelly nya.2 mgu yg lalu hasil sperma cek di rs siloam,alhamdulillah hasilnya makin membaik..morfologi spermanya suami sy udh naik lg menjadi 6% (tdnya hanya 2%).mb nunik bs pelajari dl di websitenya ttg khasiat propolis tablet dan royal jelly nya yaa..bwt nambah2 info..mkasiiih 😉

  58. Nunik

    mbak aura, terima kasih banyak mbak atas masukannya… sambil mempersiapkan mental dan terutama biaya untuk program bayi tabung lagi, mau praktekin sarannya mbak aura. semoga bisa berhasil hamil alami. Amin….

  59. aura

    @mb nunik..mdh2n pengalaman terapi yg akan sy ceritakan ini bs membantu suami mb nunik shg OATnya bs mengalami perbaikan/berangsur2 pulih.sembari nunggu jdwl BT kembali..mb nunik boleh coba terapi kmi jk memang mau.kmi pun hanya bs berusaha max dan hasilnya kmi serahkan pd Allah Swt sembari byk berdo’a dan istigfar.alhamdulillah Allah berikan perbaikan2 pd sperma suami sy

    kmi menikah thn 2008,7 thn yg lalu tepat 4 bln stelah pernikahan kmi konsul ke dokter spog..dan hasil sperma suami sy adalah OAT (80% jumlah spermanya mati/imotil).suami sy dikasi berbagai mcm obt penyubur (Q10) dan antioksidan dosis tinggi.smpai2 suami pun dirujuk ke dokter spesialis urologi,dikasi obt2an dan penyubur jg..namun tdk ada perbaikan.
    akhirnya kmi stop berobat ke dokter..berhubung dana nya jg kurang.

    sjk awal dokter sdh menyarankn kmi utk bayi tabung..tp kmi ga ada dana nya..hiks3.

    Dlm keadaan ga berobat ke dokter,kmi coba terapi sndiri,dia rutin olahraga jln kaki tiap pagi selama 10-15 mnt.kdg2 dia olahraga badminton.selain itu sy terapi dgn mknan sehat bwt suami,seperti tdk makan mie instan,semua masakan dimasak tanpa penyedap rasa.seingat sy sih seringnya membuatkn syr bening (sy kombinasikan wortel,bayam/sawi,brokoli,labu parang/kuning,labu siam,tauge,oyong,kcg pjg,buncis,dll).sempat jg sy kasi herbal produknya ahad net yaitu habbatussauda.alhamdulillah 1-2 thn kemudian OATnya berubah mjd AT.di thn 2011,kondisi spermanya msh AT.oya,hsl sperma suami sy tsb sllu sy amati satu per satu dr thn ke thn yaitu gmn morfologinya,kcepatannya,leukositnya,sperma motil dan imotil, dll.seingat sy yaa ada perubahan dr segi morfologi normal yg tdnya 0% mjd 1%.tp kcepatan sperma dan leukositnya msh naik turun angkanya.sdgkn utk jumlah sperma motil (hidup) mengalami peningkatan..dan jumlah sperma imotil (mati) mengalami penurunan.
    hasil sperma tsb tdk kmi konsultasikan ke dokter spog..krn kmi pikir akan sia2 aj dan pastinya akan dikasi resep obt yg itu2 aj yg sepengalaman kmi tdk terbukti membantu perbaikan spermanya.
    kmi trs berusaha mencari info terapi/herbal/obt lwt internet dan tmn2/sodara yg berhasil hamil.akhirnya di thn ke 4 pernikahan tsb ada sodara dan tmn yg menyarankan minum tribestan & propolis cair meilia.suami sy minum tribestan selama 2-3 bln sebyk 2-3 kali sehari 1 tablet dan minum propolis 1x sehari sebyk 10 tetes setiap mlm sbelum tidur.alhamdulillah hasil spermanya semakin membaik dr segi kcepatan dan jumlah sperma motil dan imotilnya..saat itu sperma motilnya sdh mencapai 30% dan imotilnya berkurang mjd 70%.

    di awal thn 2012 kmi coba terapi sendiri lg..suami sy olahraga jln kaki 30 mnt setiap hari nya setiap pagi..dan minum vegeblend 1×1 hr,jus sirsak dan sari buah nenas bikin sndiri tiap hari (kdg2 2 hr sekali..tergantung moodnya sy mls membuatkn ato lg rajin..hehehe).akhirnya bebrp bln kemudian suami sy cek sperma dan alhamdulillah hasil spermanya sdh tdk lg AT tp sdh mjd teratozoospermia..saking senangnya dgn peningkatan kualitas dan kuantitas spermanya..maka kmi putuskn utk kembali konsultasi ke dr spog langganan kmi..dgn niat pgn cb inseminasi.saat dokternya membaca hasil sperma tsb..dokternya pun menanggapinya dgn sangat hepi dan terkaget2 kok bisa yaa dr OAT mjd teratozoospermia.dokternya lgsg menyarankn utk inseminasi dan menyuruh kmi melanjutkan terapi yg kmi lakukan sndiri..bahkan beliau menyarankn jg agar suami menambah terapinya dgn meminum air rebusan daun sirsak dan sari kulit manggis..

    pulang dr dokter spog,kmi mulai persiapan utk inseminasi..sy diharuskan HSG dl..dan hasil HSG nya membuat kmi down lg..yaitu ada hidrosalping pd saluran tuba sbelah kanan sy dan diharuskan operasi oleh dokter.operasinya dilakukan di awal thn 2013 dan akhirnya saluran tuba sy tsb hrs dipotong.

    di bln juni/juli kmi coba lg utk inseminasi..alhamdulillah hasil sperma suami sy semakin membaik dgn jumlah morfologi naik mjd 2%,sperma motil/hidul naik mjd 60%,sperma imotil/mati turun mjd 40%,kcepatan rata2 nya sdh naik mjd 1,47 detik #nilai normal 1,2 detik#.kadar leukositnya pun udh makin turun yg berarti infeksinya udh makin berkurang #tingginya kdr leukosit tuw menandakan adanya infeksi,tp utk kasus suami sy ini dokternya msh blm menemukan infeksinya ada dmn#.

    Di bln sept nya sy udh mulai suntik gonal f selama 3 hr berturut2..alhamdulillah sel telur sy bagus dan besar2 shg memenuhi syarat utk inseminasi.tp Allah berkehendak lain atas rencana inseminasi kmi tsb..ternyata sel telur yg matang dan besar2 tsb ada di sbelah kanan..sdgkn kondisinya kan saluran tuba sbelah kanan sy sdh di non patenkan..hikz3.gagal deh rencana inseminasi yg susah payah uangnya kmi kumpulkan krn hbs2an utk biaya operasi sy kmrn itu.

    makanya baru di thn ini akhirnya kmi memutuskan utk ikut program bayi tabung..mumpung dananya sdh mulai terkumpul..alhamdulillah #wlpun msh getar getir mikirin kira2 dana persediaan kmi ini cukup ato ga ya..mdh2an cukup yaa..aamiin ya rabb#

    mdh2an Allah meridhoi program BT yg akan kmi jalani 1 bln ato bebrp bln ke dpn..shg Allah memberikan kmi kpercayaan serta karuniaNya berupa anak keturunan kmi hasil dr bayi tabung tsb..aamiin ya rabbal’aalamiin

    sekian yaa sharing n pengalaman kmi selama 7thn ini..inshaa Allah stelah slesai program BT akan sy ceritakan lg..mdh2an ceritanya adalah cerita indah berupa kehamilan sy dan kondisi sy dan baby nya sehat jg..aamiin ya rabba’aalamiin..

  60. aura

    heee..tnyata 1 daerah yaa.iyaa mkasih supportnya ya mb.skrg kmi udh ga tinggal di bjm lg..tp pindah ke tanjung.oya mb,gmn itungan usia kandungan yg hamil dgn program BT?Mb ikut program bln apa?

  61. Maryamah

    Mbk aura: wah sama, saya orang banjarmasin juga. Tapi sudah menetap di surabaya karena ikut orang tua dulu pindah kerja dan skrg dapet jodoh orang surabaya. Sebaiknya mbk harus yakin mbk kalo mau program. Karena nanti pengaruh juga ke kita nya. Bisa setres, apalagi kalo kepikiran sama suami yg disana. Kmrn temen temen yg ngekos juga gak ditemenin suami, tapi sesekali sabtu minggu suami nya datang. Jadi begitu dinyatakan positif mereka langsung kembali kekota masing masing, tentunya atas rekomendasi aucky juga apa sudah layak terbang atau belum. Karena ada yg gak boleh kembali dulu kekota asal sebelum usia kandungan 1 bulan. Intinya harus yakin mbk, sayang nanti uang nya terbuang kalo misal mbk mya setres disini. Kalo di kosan sapudi itu banyak mbk temennya. Satu kos semua pasien bayi tabung pasti gak sepi. Jalan sapudi kosan nya dibelakang siloam. Kalo mbk nya baik baik aja , bisa langsung kembali kebanjarmasin begitu di nyatakan positif, jadi kan gak lama pisah sama suami. Tapi ya saran saya mending tunggu sampai bener bener kuat baru balik.

  62. aura

    @mb maryamah..sy baru pertama kali program di siloam.sy dr banjarmasin,kalimantan selatan mb.mgu kmrn sy konsul ke dr aucky..dijadwalkan bln dpn program bayi tabungnya.awalnya sy semangat 45 mb,tp makin ksini makin menurun semangatnya krn sy ga pernah tinggal berjauhan berbulan2 sm suami.krn suami ga bs izin/ambil cuti.dia cutinya tiap 3 bulan sekali dpt 2 mgu.bln dpn jdwlnya dia dpt cuti..pastinya akan dihbskan bwt proses bayi tabung ya.naah trs dia baru bs ke sby lg 3 bln kemudian (akhir juli) otomatis kmi ga ktemu 3 bln plus ga bs lebaran bareng di thn ini krn libur lebaran dia cm dpt 2hr..hikz3.mknya nyari tmn niih yg barengan program bln dpn..setdknya sy ga merasa sendirian dsana..apalagi klo bs ngekos bareng.yaaa sbg bhn pertimbangan sy utk semangat ikut programnya bln dpn.suami sih udh ngedrop krn dgr rencana sy utk pending program tsb..#kedengarannya manja ya mb#

  63. Maryamah

    Mbk aura: Insyaallah saya sudah mau 4 bulan mbk nanti awal bulan april. Mbk dulu pernah program di siloam? Mbk asli mana?

  64. aura

    dear all,mhn info donk..ada yg rencana bayi tabung di siloam bln dpn ga?lg nyari tmn niih biar semangat tumbuh lg..hiks.jdnya bs ktemhan dsana n sapa tau bs ngekos bareng

  65. Ika C

    Ada jg kost dekat Siloam di Jl. Jawa No. 22 klo ga salah diatas 2jt per bulan. dulu harian 200rb skarang pasti dah naik.

  66. Maryamah

    Mbk aura: kalo saya tinggal di bratang. Dekat dengan siloam. Kalo naik mobil cuman 10 menitan. Kalo mbk mau ngekos yg gak butuh transport ada di belakang siloam. Jl sapudi. Sekitar 3-4 juta perbulan. Kmrn banyak temen temen yg kos disitu. Selain itu cuman ada guest house dan hotel kayaknya. Atau tanya saja dengan suster di klinik aucky. Mereka biasanya punya info. Kalo agak jauh banyak yg murah. Tapi nanti mbk butuh transport lagi.

  67. Nunik

    mbak putri gmn hasilnya…?? kita proses di dokter yang sama ya… oh iya, waktu OPU dapat berapa telur mbak? setelah OPU dikasi obat apa saja mbak, ada obat oralnya gak? kalau aku sampai pengumuman, selain suntik pregnyl, cuma dikasi cygest saja.

  68. Nunik

    makasih mbak rini… saya program bt di graha amerta dg dr. Hendy Hendarto. tgl 13 kmrn terima raportx dan bhcg 6. waktu dngr itu saya kayak mau pingsan mbak, kaki saya gemetar, pokoknya rasax gak karuan. saya ikut BT karna suami OAT mbak…

  69. Maryamah

    Kalo disurabaya ada siloam, husada utama, graha amerta, RSIA kendangsari dan rs mitra keluarga yang bisa melayani program bayi tabung . Tergantung mbk aja sreg sama dokter siapa. Saya waktu itu langsung program di siloam karena sudah sreg sama team dr nya.

  70. Rini

    Mb Nunik; Sabar dan ttap smngat ya mb..jgn putus asa mb, sy udah baca2 diweb ini bxk kok yg bhasil pux hamil stlh 2x – 5x bt dg usia yg g muda lagi..ttap tegar utk usaha berikutx mb jgn putus asa smbil bxk2 doa biar bs cpt hamil..pikiran yg sehat mdukung proses bt bs bhasil mb…
    Ow iya mb program bt dmn?mslhx apa?

  71. Rini

    Mb Nurma: klo di surabaya klinik fertilitas yg terkenal it siloam dan graha amerta mb..coba aja main ke 2 rmh skt it mb smbil lht mb rasa lbh nyaman utk bt drmh skt mana..sy dr manado mb rncna mw bt dg dgraha amerta hbs lebaran ini..kabar2i ya mb klo nntx mb bt dmn?hehehe sblmx udah pnh laparoskopi feb 2015 dg dr.relly..

  72. Nunik

    Salam Kenal semuanya… Semoga yg ikut BT semuanya sukses, tidak mengalami kegagalan seperti saya.

  73. Nurma

    saya bingung memulai dari mana…he..he, usia saya 36 dan suami 47, kita ingin program hamil, tapi tidak tau mau ke dokter mana? dan masalahnya suami krn pekerjaan sering keluar, jadi jarang ketemu…. apabila temen2 semua ada info mengenai dokter di sby, bisa tolong infonya emailkan ke nnanong@yahoo.com , oh ya saya tinggal di sby, thanks sebelumnya buat semuanya

  74. Rini

    Mb Maryamah; iyaaa ya mb.. cm kmrn sy LO di graha amerta dg dr.relly dan suami maux ttap dg dr.relly krna katax dr.relly udah tw pmslhn sy dr awal..selain biaya yg murah dgraha amerta sy jg bxk baca postingan dsni klo dg dr.aucky kesanx terburu2 mb..
    Mb kmrn bt krn apa?klo g salah bhsil kan mb?sy pnh baca postingan mb..hehehe…rncna mw kost dhomestay yg jln darmawangsa mb biayax 3.5jt-4.5jt/bln..klo jarak siloam sm graha amerta dekat ya mb?rncna mw kost dkt siloam aja tp ttap mw program di amerta mb

  75. Maryamah

    Mbk rini : kalo untuk daerah graha amerta emang susah mbk cari kos kos an yg memadai untuk program bayi tabung. Kebanyakan kos mahasiswa. Dan itupun perlu naik becak atau kendaraan lainnya. Gak ada yg bener bener deket. Kalo yg banyak itu deket dgn RS Siloam ???? kebetulan saya tinggal disurabaya dan kmrn program di rs siloam

  76. Rini

    @Putri; Sabarr ya mb ttap semangat dan jangan stress ya mb biar calon janinx jg ikut tenang..???? q doakn smga hasilx nnt mb bnr2 hamil aamiin..
    Urutan proses bayi tabung dgraha amerta gmn ya mb? Mb dsuntik gonal F smpe hr ke brp mb?
    Sy msh bingung mb mw bt dsiloam atw graha soalx dr.relly orgx agak pendiam jd sy kurang dapat info bxk dr dokter ttg bt..syukur dpt web bayi tabung yg bs ksh bxk info bdsrkn pnglman org2 di milis ini..

  77. putri

    @Rini: Kos yg ku maksud itu di gubeng kertajaya VII h (bukan 8) bisa buat suami istri, rumah model zaman dulu belanda halamanx luas, ac tv, km dalam, parkiran luas (masuk gang lalu belok kiri, ada warung makan sebelahnya)
    Biasanya hbs LO kan brsih&subur jd peluang hamil besar cuma kl suami oligospermia gmna kan gak hanya sbulan sj pngobatannya.
    Kurangi kegiatan keluar kota, atur jadwal krja disesuaikan dgn masa subur..

  78. putri

    Salam kenal non..sy 34 th 4bln beda tipis kita..sdh 5 thn 4 bln nikah, tgl 7 mrt stlh nunggu dlm ktidakpastian yg mndebarkan sampe badan meriang saking kpikirannya akhirnya ditelp dari Rs kl hasilnya kurang memuaskan (dgn hati2 skali susternya nyampein takut aku syok kali) dgn Bhcg 17, 42.(embrio sdh nempel tp prkembangnnya kurang) aku disuruh ke Rs tuk suntik Pregnyl &ditambahin cygest buat pnguat samp dgn sminggu lg tes bhcg kl bisa samp 34 brarti lnjut suntik pnguatnya kl dibawah itu&haid brarti berakhir sdh.skrg masih harap2 cemas tp sdh pasrah qta sdh lakukan yg terbaik kdaulatan Tuhan smuanya.
    Sy endometriosis berupa prlengketan dimana2, sdh LO, tapros, endrolin, pil kb tp tetap aja namanya endo gak bisa hilang sembuh total.dihidrotubasi tubaku paten smua, suami oligooteratozospermia stlh dites sblm BT.
    Ini BT yg prtama, awalnya mau di siloam sdh konsul, tes lab lngkap tinggal tggu haid brikutnya mulai proses tp sy nyari second opini di graha sm dr hendy trs rasa cocok, dpt pnjelasan rinci, aku jg byk nanya rugi kl gak byk omg sdh byr mahal..samp dgn skrg sdh hbs 41jt 850rb sdh trmasuk tes lab, konsul&obat2an.dari awal disuruh nyiapin 45jt.
    Kpn renc mau BT? Cepatlah umur gak mnunggu.
    Apa ada tman2 yg punya pngalamn bhcg “abu2” &brhasil? Share donk..

  79. Rini

    @Putri; hehehe iya bener mb soalx wktu it aq mw bangun pipis txta lupa klo ada psg kateter maklum mb it ptma kali aq operasi dan ptma kali dbius total hehehe…
    Gmn kbrx mb?udah bagi raport kan…aq doain ya smga hasilx positif hamil&bisa sukses trus smpe lahiran aamiin..
    Ow iya mb knp bs mutusin bt? Skg aq 26thn Suamiku 29thn ada oligospermia..dksh q10 plus utk konsumsi 2bln..mb mslhx apa kmrn bt?trus alasan milih dr hendy knpa mb?kmrn aq wktu LO nginap di hoki mb slma 10hr krn mikir dkt dr graha amerta, t4 kostx mb bs utk suami istri g?mhn pencerahanx ya mb

  80. namulotta

    Salam kenal mba putri…umurnya brp? ikut BT yg kberapa? Kasus nya apa mb? Aku blm prnh ikut BT, usia 35 dari kalbar. Suami OAT dan hsl pemeriksaan hsg tuba falopi kiri kanan non patent. Disaranin BT. Tp aq msh bingung mau dmn? Gmn pelayanan dsn? Share dong mba putri…kira2 hbs budget brp? Maaf nih byk nanya….turut deg2an…semoga berhasil ya mba….

  81. putri

    Hai rini..kl u di laparascopi tgl 23 feb 15 brarti qta sblhan t4 tidur krn aku jg di ET hari yg sama, hari itu ada 2 org yg di LO.waktu itu u blm sadar benar tp sdh mau bangun samp susterx kwalahan.
    Aku pasien dr.hendy , besok trima hasil..harap2 cemas terus.
    Ada kos di gubeng krtajaya VIII h, 1jt 900rb/bln dekat sih kl gak mau sdkt cape bisa becak, kl yg depan persis graha aku gak suka dempet2 rumahnya, ada jg pnginapan rmh makan hoki cuma harian (rugi mnding kos aja kan lama),banyakan daerahsitu kos mahasiswa gak bisa buat suami istri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*