Punya satu tuba, insem atau IVF – Susi

Berikut ini adalah sharing pengalaman Susi, mohon saran dan dukungan pembaca… terima kasih Susi atas sharingnya.

Saya termasuk salah satu pembaca setia website bayi-tabung.com ini dan saya mengucapkan selamat kepada semua ibu-ibu yang telah berhasil termasuk yenni yang sudah membuat website ini yang sangat bermanfaat sekali terutama buat pasutri yang masih mendambakan keturunan termasuk saya ini.

Saya menikah sudah 4 tahun lebih dan sudah 2x laparoskopi, yang pertama di RS bunda dan yang kedua di salah satu RS disingapura. LO pertama karena adanya endometriosis dan adenomiosis, namun sayang, dokter yang melakukan LO pertama mengambil kista yang berada di ovarium kanan saya secara โ€œlebihโ€ sehingga ovarium kanan saya tidak sempurna. Ini terlihat ketika saya USG di sin dan makin jelas pas LO kedua lalu.

Setelah 1,5 thn lebih dari LO yang pertama saya blm hamil juga, saya penasaran, apalagi dokter saya sangat menyakinkan kalau saya bisa segera hamil, namun kemujuran blm memihak kepada saya, akhirnya saya memutuskan untuk periksa di RS di singapura. Sesungguhnya sejak perkawinan menginjak usia 2 thn saya blm hamil, saya ingin sekali memeriksakannya ke sin, tapi baru tahun ini terlaksana, itupun setelah saya konsultasi kebeberapa DSOG di jkt.

Saya melakukan serangkaian tes yang dilakukan dalam 1 hari dan hasilnya bisa keluar dihari yang sama, karna sblmnya saya e-mail ke nurse dan dokternya bahwa untuk konsultasi pertama ini saya hanya bisa stay 1 hari di sin. Begitu sampai di RS, saya langsung menjalani serangkaian tes termasuk suami, diantaranya HSG, dan blood test, sperma suami juga dicek. Alangkah kagetnya saya begitu dokter di sin bilang kalau hasil hsg saya menunjukan tuba kiri saya tersumbat dan hasil sperma suami asthenozoospermia.

Dokter memutuskan saya untuk laparoskopi (padahal dari awal saya sudah bilang kalao saya tidak ingin LO lagi, saya masih inget rasa sakitnya), dan dengan kondisi sperma suami dan telur saya yang sedikit (FSH saya sangat tinggi) maka saya harus IVF juga !! Bayangkan, dunia serasa runtuh, untungnya saya tidak pingsan mendengar apa yang dikatakan dokter di sin.

Akhirnya saya menjalani laparoskopi di sin dan hasilnya tuba kiri saya diangkat karena hydosalpinx dan ovarium kanan saya terlihat tidak sebesar yg sebelah kanan, endometriosis saya juga sudah dibersihkan. Namun dokter tetap menyarankan saya untuk segera IVF mengingat telur saya yang tinggal sedikit, lagi2 hormon fsh saya masih ketinggian.

Sepulang dari LO di sin, saya masih belum tahu mau IVF dimana, karna kalau di RS tempat saya LO di sin mahal sekali, saya masih kepikiran untuk insem dulu sblm IVF dan untuk IVF saya ingin dengan Dr Aucky.

Adakah teman teman yang punya pengalaman hydrosalpinx dan hanya punya satu tuba bisa hamil dengan insem, atau ivf satu2nya jalan, mohon sharingnya, terimakasih.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (14 votes, average: 3.93 out of 5)
Loading...

80 thoughts on “Punya satu tuba, insem atau IVF – Susi

  1. Idas

    Hai susi,saya hanya ingin berbagi,tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya,kalau menurut aku ikuti aja saran dokter sing,karena kalau insem tapi tingkat keberhasilanya rendah buang duit.umur juga jalan terus.FSH tinggi berarti telur sedikit.jangan lupa berdoa,biar tenang dan ditunjukan jalan keluar,GBU

  2. Kiky

    Salam kenal Susi,…
    Susi, kamu nga sendiri koq, aku lebih parah sus, kedua tuba harus diangkat karena hydrosalping,setelah diangkat baru mau mulai IVF, jangan menyerah yaa…
    Cb baca kisah keberhasilan BT nya Hermalia, semoga bisa membantu menguatkan.

  3. venty

    dear susi apa kabar ?melihat cerita kamu ikut sedih tapi kamu maseh untung cuma satu aku ke dua-duanya blocked really bad hinga docter menyarankan aku bt saja ..tapi kalau kamu mau saran lebih baik bt saja ,,tapi bukan berarti kamu punya tube satu tak bisa hamil alami itu mungkin saja terjadi ,,meskipun lama ..sekarang mulai menabung agar kita bisa punya buah hati …ok god.bless you

  4. therez

    susi, aku baru browsing,smg bs bantu anbil kputusan. Here’s the facts:
    – success rate IVF= 30%, sdgkan IUI(insem)= 10%.
    – pnelitian pd wanita yg ambil “fast tract” (langsung IVF tanpa coba IUI), tnyata mpercepat kehamilan
    – dgn ambil “jalur cepat” akan mengurangi stres kita.
    Kalau mau baca lengkapnya, keyword di google: “skipping baby steps,by sarah richards”.

  5. Susi

    Dear Idas/Kiky/Venty/Therez,

    Makasih juga untuk Yenni yang telah membuat postingan saya ini.

    Makasih atas atensi dan saran2nya, memang dari awal ketemu dengan saya, dsog yang dsin dah memprogram saya untuk operasi dulu lalu ivf!,dia menyarankan untuk secepatnya karna mengingat telur saya yang sedikit ini. Saya gak pernah nyangka kalo akhirnya saya ‘wajib’ ivf, padahl dulu saya super PD kalo kdua tuba saya patent!. Yah mungkin ikhtiar saya untuk punya momongan masih panjang. Tapi setidaknya saya puas karna saya sudah mengetahui permasalahannya.

    Teman2 saya mau tanya, adakah teman2 yang punya masalah dengan hormon fsh yang tinggi?, bagaimana tingkat ksuksesan ivf dengan fsh yang tinggi, dengan masalah saya yang segambreng ini, sebaiknya saya ivf di sini (surabaya) atau langsung disingapura saja. soalnya kalau disingapura tempat saya laparoskopi kemarin sangat mahal (SGD13,000) memang saya belum menawarnya sih (waktu laparoskopi lalu, harganya didiskon ama dokternya 10% mayan banget), duh alamat perlu waktu lama dulu buat saving lagi kalau ke rs ini, atau sebaiknya saya ke RS pemerintah seperti Yenni gitu. Masalahnya lagi, saya gak punya teman atau keluarga disana, pas operasi kemaren aja saya sempet stres sendirian tanpa teman karna suami pulang duluan, apalagi pas ivf dokter bilang min stay 18 hari dsana, wah kbayang saya takut stres lagi dah.

    Untuk teman2 adakah yang tahu berapa ivf di KKH?. berapa minimum stay disin?,
    saya pernah kirim e-mail ke KKH, tapi belum dibalas.

    Untuk yenni, dulu pernah e-mail2an gak ke KKH nya untuk tanya2 gitu, kalau saya sering e-mail2an ama dokter/nurse di rs saya LO ini.

    Terima kasih !!

  6. Idas

    Susi saya pernah tanya di kk diantara $9000 – $11000 tergantung respon tubuh itu dua bulan lalu saya tanya ngak beda jauhlah antar rumah sakit harga BT.kalau mau milih di rumah sakit mana?tergantung diri kita ,kita enjoi menjalaninya dimana,rasa percaya diri kita lebih yakin berhasil.

  7. titi

    hi, susi salam kenal aq punya pengalaman sama dengan kamu, fsh pernah tinggi banget (22), trus pola hidup sehat n jgn stress akhirnya jadi normal fshku jadi 8, aq juga tubaku nonpaten sebelah kiri udah dikoreksi pula gak bisa dgn laparoskopi, sperma pun stanby doang kami start dari 3,5 juta trus pola hidup sehat paling tinggi juml 14 juta udah pentok. Sebelum IVF di KKH aq dikuret dulu karena ada polip, mungkin belum rezeki 1 ivf gagal n 1 kali thawcycle juga tapi kami masih semangat coba lagi. menurutku kalau spermanya sedikit kemungkinan besar.. gagal cukup tinggi. Tetap semangat….ya

  8. Susi

    @idas, akhirnya e-mailku ke kkh dijawab juga, ratenya sekitar SGD7000 – SGD9000 subject to other bilamana diperlukan. Masalahnya estimate waktu treatmentnya 5-6 minggu, ampun dah lama banget, alamat aku gak betah, apalagi kalo sendirian, bosen juga.

    @titi, fsh aku terakhir dilevel 19, sekarang aku lagi jalanin hidup sehat juga, aku dapat informasi akupuntur ngebantu turunin fsh loh, coba kamu buka di http://www.highfshinfo.com deh, semoga membantu, dan untuk yang mau Ivf, akupuntur juga menambah tingkat kberhasilannya gitu loh. Pas LO kemarin, aku juga ada polip dah dikuret diambil, sperma suamiku dulu bulan Mei dicek cuma 1 juta, bayangin!, tapi aku gak gentar, pulang dari sin langsung suami ke androlog dijkt, dkasih vitamin2, olah raga, minum jus semangka tiap hari ampe 2 bulan, ditambah surbex z, susu, terus makan putih telur matang, eh terus cek sperma lagi bulan Sep naik jadi 35 juta !.

    Buat teman2 yang punya suaminya bmasalah dengan sperma, jangan takut, selama gak ada varikokel, gampang kok ngobatinnya, tapi kita2 kudu telaten, aku dah sering banget ngalamin masalh ini, sperma suami turun naik gini, gak ribet ngobatinnya, gak seribet ngobatin ‘perabotan’ perempuan kayak aku ini.

  9. tina

    salam kenal,
    Susi kamu gak sendirian kok, byk yg punya masalah sama bahkan lebih. Tetap yakin kita bisa, dan berserah sama diatas ๐Ÿ™‚ kamu tinggal di SBY kan, kenapa gak coba di Dr. aucky kan di Sby. dr pd jauh2 lumayan bisa hemat biaya hidup, byk juga yg berhasil sama dia. Ok tetap tegar dan trus berusaha ๐Ÿ™‚ GBU

  10. rima

    lam kenal semua..hanya sekedar beri info aza kalo yg mau laparoskopi/lo ke Klinik raden saleh aza klinik tsb subbag RSCM, harganya murah sih dibandingkan rs lainnya, aku baru selesai di lo…

  11. Uly

    hay teman, salam kenal, namaku uly, selamat yah buat teman2 yg sudah berhasil mendapat karunia keturunan ..

    aku lagi bingung, lg stuck ga tau mau ngapain lagi .. akhir tahun kmrn aku dinyatakan hamil setelah 3bln menikah .. karena terjadi kesalahan prosedur pemeriksaan oleh salah satu dokter di RS cinere, akhirnya tuba sebelah kanan ku harus diangkat krn ternyata aku hamil diluar kandungan. padahal sblm itu oleh dokter I aku sudah menjalani kuret karena katanya janin ku sudah hancur .. ๐Ÿ™

    aku kmdn coba sekedar nge-check ke dokter ke II, oleh beliau aku dinyatakan masih hamil .. waduh, stress bgt, kok bisa la wong aku sdh dikuret kok ..

    sedih nya lagi krn terlambat diketahui, kondisi tuba kananku sudah parah, tanpa aku sadari telah terjadi pendarahan dalam tuba tersebut, kata dokter ke II untung aku periksa krn jika dibiarkan bisa terjadi kematian.

    aku kemudian menjalani LO, 2 bln setelah itu dokter menyarankan aku untuk IUI tapi aku kemudian request ke dokter untuk menjalani hydrotubasi sblm IUI .. ternyata bener tuba kiri ku tersumbat oleh beliau aku disarankan untuk menjalani diathermi, stlh diatermi, aku kmbl mengecek kondisi tuba kiri, oleh dokter dinyatakan bahwa masih ada yang tersumbat tapi tinggal dikit, jd sudah tidak full tersumbat.

    skrg aku sdg mempertimbangkan untuk membuka sumbatan tersebut melalui proses SHSS, sdh berbulan2 lalu aku disarankan tapi hari ku masih belum mantap. oleh dokter yg LO aku, disarankan utk LO lg utk membuka sumbatan tai menurut dokter yg lain LO tersebut malah akan membuat kerusakan pada tuba ..

    pusing deh .. aku bingung mesti bagaimana lagi .. yg kmrn2 rasanya aku bersemangat utk melakukan segala proses, tapi skrg jadinya malah begini ..

    apalgi umurku skrg 35thn .. mau BT, duitnya belum ada .. kalo mau dikumpul2in dulu, kapan baru bisa BT .. tar dah ketua’an ..

  12. HERA

    Hai susi …salam kenal…kayaknya masalah km mirip sama aku deh…aku pernah dioperasi kista 2 X so..saluran kiri non paten dan saluran kanan jg dinyatakan tidak bagus …jadi aku putuskan utk Bt di thn 2005 dan ternyata belum berhasil dan kemarin aku putuskan utk BT di Penang sama Dr NPW , ternyata FSH aku sangat tinggi ( sekitar 16 ) dan dr NPW bilang itu tidak bagus , karena aku cuma punya 1 indang telor jadi disarankan untuk Short protokol….teman2 ada saran gak nih untuk aku, aku jadi binggung nih, menurut teman2 bgm keberhasilan Dr. Aucky? ada yang udah pernah ada dia? tolong share ke aku ya di sweetgirl8838@yahoo.com

  13. HERA

    oya susi , satu hal lagi , gimana caranya untuk menurunkan FSH? aku sih udah mulai akupuntur sekitar 2 bln , tapi buktinya begitu FSH di cek ternyata 16 , harus pantangan makanan ato ada saran mesti makan apa gak? thanks ya.

  14. titi

    @ hera, fshku pernah 22 n PCO, dari hasil usg ternyata ovariumku keduanya ukuran kecil ki 1.5cm ka 2,5cm, trus dokter kasih obat utk 3X siklus clomiphene untuk besarin telur,ang n suntik antibiotik selama seminggu + diatermi. stelah 1 tahun check lagi udah jadi 8, oh kalau mau ikutan IVF memang fshnya harus dibawah 9, aq trapi jus pepaya, tomat, wortel.

    @ully, aq pernah koreksi saluran tuba,justru yg ada dokter potong sambung saluran tuba, sebaiknya pikir 2x lah, karena effectnya tuba ki jadi nonpaten permanen. masalh umur gak usah kecil tetap semangat ya

  15. srie handayani

    hi, susi
    kamu ga sendiri koq aq juga pernah ngalamin hamil diluar kandungan yang akhirnya mengharuskan aq bwt oprasi pengangkatan tuba sebelah kanan. sempet putus asa juga sich,btw aq dah dua tahun nikah,setelah satu taun dari oprasi itu aq program lagi. aq jalanin hidrotubasi bwt mastiin ada penyumbatan ga di tuba satunya lagi. Alhamdulilah ga ada dan satu bulan kemudian dah positif hamil tapi lagi2 aq keguguran karna kecapean gtu. yach disini aq cuma pengen ngasih semangat klo punya satu tuba itu masih bisa hamil koq. mau usaha kaya gimana pun klo Tuhan belum menghendaki ya belum aja, jadi intinya ada di doa qta dan keyakinan kita akan kuasa Tuhan. so thing aja dan semangat terus.

  16. HERA

    thanks ya titi…salam kenal…aku gak dikasi obat apa2 ya…maksud terapi jus itu bgm ya? gak makan cuma minum jus atau bgm? km sendiri ikut bt dimana?

  17. novita

    hallo..semua salam kenal..maybe saya yg plg beda diantara kalian, umur sy 33 th,anak pertama 8th tp anak kedua sulitnya minta ampun,sdkt cerita aq infeksi wkt cesar anakku efeknya aku jd sulit hamil lg,btw fshku skrg tinggi bgt,folikel kecil2,mknya ama dr indra di bunda disaranin lsg bt,oia aq pernah ditolak dr aucky gara2 fsh tinggi ini, friend bener yha akupuntur bisa nurunin fsh, aq domisili sby,tempat akupunturnya dimana?ada yg tahu ga…

  18. Susi

    @novita,
    mang fsh level km brpa sampai ditolak dr aucky, duh saya jd takut jg kalo fsh nya tinggi ditolak juga. aku pernah baca2 di website mengenai pengobatan untuk fsh yang tinggi, salah satunya yah akupuntur, tp kudu telaten kali yah, betul kata titi, pola hidup sehat, ditambah madu yang herbal2 dari china gitu d, dan jgn stress, pi susah buat gak stres yah, dulu aku smpt akupuntur seminggu sekali, bis bulan ini mo lanjutin lagi. terapi akupuntur jg menungjang tingkat kberhasilan ivf, aku pernah baca artikelnya diinternet.

    teman2 pernah ivf ama dr aucky hayo di share disini juga yah..

  19. novita

    to susi,salam kenal fshku 22,7 mIU/ml,estradiol cuma 9, tinggi kan?peluang hamilku kecil bgt yha?? mknya aku skrg pindah ke bunda morula cz sepertinya lebih optimis dlm penanganannya jd gak down duluan,aq skrg lg cari dr akupuntur di sby,ktnya sih di siloam ada..
    to nadya.. lam kenal..kita sama banget hamil anak pertama gampang bgt cuma 1 bl kosong lsg hamil..eh yg kedua ini sulitttt bgttt,gmn dah sukses btnya nad…

  20. irene

    to susi & teman2 lain yang fsh nya tinggi
    hallo semua, saya anggota baru di forum ini. sepengetahuan saya, ivf yang terbaik bagi bagi yang memiliki FSH tinggi adalah dengan menggunakan NATURAL IVF/mini stimulasi, di mana tidak diperlukan suntik menyuntik obat penyubur, jadi hanya menggunakan clomid, dan diambil satu telur saja. biasanya wanita yang memiliki FSH tinggi, tidak dapat memproduksi jumlah telur yang banyak, jadi hanya dapat diambil 1 saja, percuma juga disuntik dengan obat dosis tinggi. Boleh tanya ke dokter masing2 mengenai ivf jenis ini, setau saya banyak dokter di singapore yang berpengalaman dalam kasus ini. atau research saja di internet, seperti kato ladies clinic di jepang, atau new hope fertility center di new york, atau website http://www.highfshinfo.com. natural ivf ini biaya nya lebih murah karena tidak ada obat2an, akan tetapi chance nya lebih kecil dan perlu diulang beberapa kali.

    Apabila FSH level teman2 masih bisa turun, mungkin dengan makan obat2an herbal/akupuntur/olahraga/pill DHEA dan sebagainya, maka lebih baik minta ivf dengan SHORT PROTOCOL, tanpa down regulation(tanpa synarel/injeksi suprefact awal sebulan). Protocol ini digunakan untuk pasien yang pernah memiliki FSH yang tinggi dan cadangan telur yang tinggal sedikit. Hampir semua dokter mengetahui hal ini, akan tetapi pada umumnya belum terlalu biasa. Bagi yang fsh nya masih agak tinggi, sebaiknya dosis Gonal-f/puregon nya harus tinggi (bisa sampai 600iu sekali suntik). semoga informasi ini bisa membantu, jangan putus asa, kita semua harus terus berusaha

  21. novita

    hai mb irene..salam kenal..apa iyha gak perlu suntik terlalu bnyk..tp gonalnya kok dosisnya tinggi bgt mb kl suntiknya cuma dikit?pantesan dr indra di bunda nyuruh saya short protocol,sy sempet heran apa gak memperbesar keberhasilan dengan long protocol tp ternyata itu pertimbangannya,yaitu fsh saya tinggi sempet 22,27mIU/ml,telur saya dikit banget jumlahnya,mens gak bisa keluar kl gak pake obt hormon,ini terjadi stlh sy cesar anak pertama..pdhl umur saya msh 33th and anak pertama cuma sebulan kosong lsg hamil,pernah tahu gak mbak yg casenya spt saya trus berhasil hamil???btw saya skrg di sby lg rutin akupuntur sblm bt next month,terbukti badan lebih bugar,migren berangsur hilang..dan semoga saja bisa berhasil di bt nanti krn peredaran darah di rahim jd lancar..

  22. irene

    hi novita, salam kenal juga. memang kalo FSH nya sangat tinggi, kebanyakan dokter tidak menyarankan ivf biasa, hanya ada 2 pilihan yang saya ceritakan di atas
    1.natural ivf
    2.short protocol dengan high dosage (rata-rata suntik gonal f 10 hari, 3-4 hari terakhir ditambah cetrotide)
    apa kamu tidak sebaiknya menunggu sampai FSH nya agak turun baru mulai program ? atau kalau tidak, dicoba mulai saja, akan tetapi nanti dilihat dulu ada berapa jumlah follicle yang berkembang, apabila kurang begitu meyakinkan yah dicancel saja ivf nya lalu diganti dengan inseminasi.

    Ini ada case dimana ada yang pernah berhasil dengan fsh tinggi sekali, bisa dilihat protocolnya
    http://www.highfshinfo.com/mystory.html
    http://www.highfshinfo.com/kiwichickstory.html
    yang satu berhasil dengan natural ivf, yang satu lagi dengan short protocol dengan low dosage

    Dengan kondisi seperti ini, memang perjuangan kita agak jauh lebih berat, mungkin ivf harus dilakukan berulang2, tapi bagi yang gigih ada juga yang berhasil kok. Apalagi mba Novita sudah pernah punya anak, harusnya chancenya lebih besar, dan rahimnya tidak pernah bermasalah.

    Saya sendiri juga pernah mengalami FSH yang tinggi 13, tapi kemudian drop ke 6, kadang2 harus dicoba test lagi, jangan kecil hati
    Saya pernah ivf dengan long protocol hasilnya gagal total dan parah, hanya 1 embryo
    saya pernah short protocol dengan low dosage, hasilnya juga parah
    saya ulang lagi short protocol dengan high dosage, hasilnya sangat memuaskan dan berhasil hamil

    saran saya adalah bagi yang memiliki kasus2 yang sulit seperti jumlah telur yang sedikit, harus mencari klinik yang lab nya bagus sekali, harus pro-aktif juga dengan dokternya, kalo merasa ada yang kurang beres yach jangan ragu2 untuk bertanya atau mengutarakan pendapat. Tetap semangat yach

  23. novita

    to mb irene..mksh banget infonya,perjuangannya panjang juga ya sampai akhirnya berhasil hamil,oia berhasil hamil kembar gak mbak?knapa gak dibuat posting berhasil hamil mb soalnya kasus kayak kita agak2 jarang selain endometriosis and kista yg sering dibahas btw saya udah pernah insem dan gagal..sekarang saya sedang akupuntur sesuai yang disarankan.
    pertanyaan saya,mbak bt dimana and dokternya siapa? trus fshnya bisa drop krn diberi obat ato faktor lain,thx yha

  24. novita

    mbak irene sori nambah lagi, pil DHEA yg pernah disebut apa pil DHA, ato beda ya mbak? kl herba..jamu apa yg mbak irene konsumsi?trims

  25. irene

    mba Novita
    yang saya lakukan sebelum program terakhir hanyalah akupuntur seminggu 2 kali, lalu makan multivitamin Mega Women dari GNC, Q-ten 50mg dari GNC, vit e 200 iu, folic acid, surbek-z dan chorella dari CNI.
    di internet banyak pasien di luar negeri yang mencoba pil DHEA (GNC juga jual) dan berhasil, akan tetapi saya tidak berani mencobanya karena itu mengandung hormon dan lebih baik konsultasi dulu dengan dokter.
    saya juga pernah mencoba dengan obat herbal dari sinshe yang cukup terkenal di jkt, memang banyak yang berhasil sih, walaupun dengan saya kebetulan tidak cocok

    Kalau sedang test FSH, sebaiknya ambil darah pagi hari yach, jangan sudah sore terus perlu diinapkan semalam. Dan kalau habis program insem/ivf, tunggu kurang lebih 3 bulan baru test FSH karena biasanya agak naik setelah makan obat penyubur.

    Mba, saran saya sebaiknya menunggu keadaan indung telur atau rahim membaik baru mulai program ivf, karena kalo terburu2 percuma hasilnya tidak maksimal. Sebenernya saya setuju dengan dr Aucky untuk tidak mengerjakan ivf kalau level FSH nya masih tinggi, dokter2 di Singapore juga biasanya menyarankan untuk menunggu atau natural ivf saja (1 telur)

    Sebenarnya, karena mba Novita tidak ada problem apa2 yang lain seperti kista/endo/atau pernah mengalami operasi pada tuba sebelumnya, jangan lupa terus mencoba secara natural yach.

  26. novita

    mb Irene..untuk natural kayaknya sudah usaha dan berobat 5th gak berhasil,oia saya lupa nggak cerita,wkt melahirkan anak pertama saya infeksi berat sampai dua kali operasi krn hematom dan perut kembung penuh cairan..nggak tahu infeksi itu salah satu faktor kondisi saya jadi seperti ini..ato memang bakat tubuh saya. Mb, itu vitamin diminum setiap harisblm program yha,gpp for ginjal?

  27. hope

    Aduh rasanya seneng akhirnya ada yang masalahnya sama dengan aku. Hasil FSHku terakhir 8,3 nggak terlalu jelek. Tapi badan aku tidak bereaksi terlalu bagus sama Puregon.
    Ivf pertama dengan long protocol follikel ada 8 tapi akhirnya di cancel karena sesudah suntik 10 hari ukuran follikel paling besar 12 mm. Dokterku curiga mungkin badanku terlalu di suppress sama si lucrin. Oh iya dosis puregon pertamaku langsung 450mg.
    IVF ke dua memakai short protocol jadi tanpa Lucrin. Dosis Puregon langsung 600 mg. Tetapi ternyata di Singapore sendirian membuat stress berkepanjangan yang berdampak pada follikelku. Kali ini follikelnya ada 4, 2 leading jadi cepat membesar duluan. Kalau suami sedang visit ke Sin si follikel langsung membesar dengan indahnya tapi kalau suami pulang ke jakarta walaupun dierami sepanjang hari follikelnya tetep aja ukurannya.Akhirnya aku bisa dapet dua follikel yang ideal untuk di pick up. Tapi ternyata rencana Tuhan lain. Pada waktu ovum pick up si sel telur sudah tidak ada alias kematangan.
    Tetapi saya tidak putus asa karena ada banyak orang yang akhirnya bisa hamil dengan diminished ovarian reserve walaupun dengan perjuangan yang luar biasa.
    Di rumah sakit tempatku IVF ada yang berhasil IVF setelah mencoba beberapa kali. Dia terkenal di RS tersebut karena respon terhadap hormon sangat buruk dan akhirnya dia berhasil hanya dengan one solo career alias hanya satu telur saja. Anyway, it takes one to make it happen.
    Jadi teman teman yang ada di forum ini pokoknya maju terus jangan menyerah. My close friend juga ada yang akhirnya berhasil setelah IVF ke 5.

  28. HERA

    Halo mbak Irene, novita dan hope…salam kenal…rasanya kita punya masalah yang sama soal FSH dech..terakhir dicek fsh ku 16.63(cukup tinggi ya..)makanya skrg lagi coba akupuntur dulu 2 bln , mudah2an bisa turun…yang aku mau tanyain ..sebenarnya perlu gak vitamin2 utk membantu menurunkannya.mudah2an aku dptsegera ikut bt..soalnya terakhir dr bilang gak bgs utk ikut bt dengan kondisi skrg.

  29. novita

    hallo..mb hera salam kenal,coba baca saran mbak irene diatas ada sekalian vitamin2 yg dia minum sblm program dan berhasil,oia mb baca juga situs yg dicatat mb irene diatas disitu ada case yg sama seperti kita dan berhasil hamil, semoga bisa membantu yha..

  30. irene

    dear teman2 semua
    sebenarnya vitamin2 tersebut bukan tujuannya untuk menurunkan FSH, akan tetapi untuk memperbaiki kualitas sel telur. karena sudah berulang2 kali gagal ivf dengan kualitas embryo yang kurang baik dan jumlah seh telur yang kurang, maka saya memutuskan untuk konsumsi vitamin2 tsb. biasanya fsh yang tinggi itu menunjukkan kualitas telur yang kurang baik dan jumlah telur yg sedikit.
    saya mulai vitamin2 tersebut 2 bulan sebulan program, saya bagi 3 kali makan dalam sehari, dan buat saya tidak ada pengaruh dengan ginjal karena banyak minum air putih. sesudah embryo transfer saya stop vitamin/akupuntur sama sekali, hanya folic acid.

    beberapa teman saya juga ada yang berjuang supaya mendapat sel telur yang banyak dan baik dengan makan telur sampai 10 butir sehari, belum lagi makan ikan dan daging2an, serta jus buah 3 kali sehari dan mereka ada yang berhasil. saya tidak sanggup makan sebanyak itu, makanya saya konsumsi vitamin saja. jelas yang natural lebih baik, jadi terserah option yang dipilih teman2, yang penting harus makan makanan yang berprotein tinggi dan mengandung antioksidan.

    banyak teman2 lain yang tanpa makan vitamin pun langsung bisa berhasil hamil, akan tetapi apabila sudah gagal berulang2 kali pasti ingin ada perbaikan. sulitnya untuk perempuan, kualitas telur sesungguhnya hanya bisa dilihat setelah proses pengambilan telur sesudah bayi tabung. nilai hormon fsh hanya memberikan kira2 keadaan indung telur kita, yg rendah pun kadang2 kualitas telur kurang baik, karena nilai FSH itu naik turun tiap bulan. akan tetapi fsh yang terus2an tinggi memang menunjukkan kualitas yang kurang baik

    seperti yang mba hope bilang, it only takes one. di antara telur2 yang kurang bagus itu, kemungkinan akan ada 1 yang bagus. saya makan vitamin dan akupuntur karena mau memaksimalkan kondisi sel telur saya. untuk mba hope, saya salut usahanya, coba konsultasi dengan dokter anda mengenai penambahan hormon Luveris dalam cycle berikutnya atau mencoba natural cycle. kadang2 perubahan protocol juga bisa mempengaruhi kualitas sel telur.

    untuk mba novita, jangan lupa untuk memperbaiki kondisi sebelum memulai ivf nya. mba sudah tahu, kenapa haidnya kurang lancar ? apa betul karena gangguan hormon atau sudah pernah periksa kondisi rahim ?

    maaf teman2 kalo saya berkesan menggurui, akan tetapi saya hanya bermaksud untuk share pengetahuan saya. semoga berhasil

  31. novita

    mb Irene thx infonya,maaf bgt lho yha kl aq bnr2 pgn tahunya smp mendetail,maklum tkt gagal..dua th lalu wkt program di dr aucky aq memang poor`response sama semua suntikan jd program tdk dilanjutkan,you know kan dr in indonesia rasa atensi ke pasiennya kurang and rasanya udah males aja nanganin pasien yg seperti aq beda ama dokter di sin seperti yg diceritain hope.Jadinya aq hopeless smp dua tahun akhirnya th ini stlh aq dgr tmn dktku stlh 7th nikah berhasil hamil di bunda aq lsg bergairah utk ikut bt,aq pernah hsg mb tuba ka-ki paten,kav ut mengecil,rahim normal tp endometrium tipis,antefleksi tp hormon less normal semua malah dr aucky bilang hampir spt menopause dini,duhhhh sedihh.Sekarang yg penting ikhtiar dulu buat ikt bt saran mb irene aq ikutin,kl bisa aq kirim via email ke dr indra case2 fsh tinggi yg berhasil hamil,he2 oia mb memang 2bl ini tiap hari aq mkn putih telur 5 biji,susu anmum,asam folat,zinc,vit e 200 I.U,sama rebusan kunyit putih ktnya bisa memperbaiki hormon,nti mau aq combine sama vit2 seperti punya mb irene,pokoknya semangat deh untuk memperbaiki kondisi he2 cz sabtu ini konsul ama dr indra utk liat kondisi semuanya siap ato tdk utk diterusin bt-nya doain yha mbakk…

  32. lena

    Hai, semua salam kenal, aku juga punya pengalaman yang sama, saat aku hamil anak ke-2, pada bl. januari 2008 aku positif hamil, setelah 2 minggu aku USG dokterku bilang janinnya belum kelihatan dan aku disuruh datang 1 minggu lagi, pas waktunya mau konsul, paginya ada plek, aku sudah sedih,aku pasti keguguran, perutku rasanya sakit sekali dan langsung di bawah ke rumah sakit, dokterku bilang janin nya sudah rusak dan harus dikuret,setelah dikuret bukanya hilang sakitnya, malahan semaking menjadi dan aku sulit bernafas, sampai pakai oksigen, dan aku di USG lagi sama dokterku ternyata ada kehamilan diluar kandungan, jadi pada waktu yang bersamaan aku hamil di dalam dan diluar kandungan, pada saat itu juga aku dioperasi dan saluran tube yang sebelah kanan harus diangkat karena telah terjadi pendarahan di rongga perut, aku begitu menyayangkan dokter yang memeriksahku, mengapa baru ketahuan ada hamil diluar kandungan setelah aku dikuret, mungkin yang didalam kandungan masih bisa diselamatkan, tapi sudahlah semua telah terjadi, sekarang aku berdoa dan berusaha semoga aku masih bisa hamil lagi meski hanya dengan satu indung telur yang sebelah kiri, dan aku masih bersyukur aku telah di karunia seorang anak laki-laki yang saat ini berusai 4 tahun dan sudah sekolah TK-A

  33. irene

    buat mba novita, kalo skg sdh makan vitamin yang GNC ultra women (1 tablet saja sehari), sdh tidak perlu makan elevit lagi, karena kandungannya kurang lebih sama, malah GNC sudah lebih komplit. mba pilih salah satu saja, jangan dua2nya dalam sehari. untuk antioksidan, paling tambahannya vit e, vit c dan zinc (karena di gnc kandungannya kurang, yang mengandung 3 sekaligus contohnya seloxy atau surbek z) folic acid juga boleh makan dari sekarang dan chorella (5 tablet saja sehari).

    dalam susu anmum juga sudah banyak vitamin mba, minumnya nanti saja kalau sudah mulai program, kalo dari sekarang kebanyakan tuh. kalo untuk makan putih telur nanti saja waktu mulai makan obat/suntik2, tidak perlu dari sekarang

    semoga sukses ya

  34. upi di ( Brest-fr)

    hallo semuanya . ikutan gabung ya
    gw dah ikutan proses juga tiga kali gagal , emang cape juga sih , masalahnya tuba aku cuma satu , sebelah kiri , itupun kwalitasnya jelek .. saya punya anak satu lahir pada taon 2001 . trus mengandung diluar kandungan 2003 , operasi karena tuba satunya pecah dan saya sempat down , makanya justru dari itu gw ikutan progam BT . buat semuanya salam kenal yah , dan tak lupa met tahun baru 2009 Buat mba susi .. GW mau hamil !!! progam BT buat tahun 2009 … gw maju buat bulan februari 2009 .. mohon suport nya .

    upi di france ( Brest ยฐ

  35. therez

    Upy.. welcome to the club.. sama dong, gw jg program buat 2009. n sama, GW JG MAU HAMIL! everyone in this web also.. so let’s fight together friends..!!!

  36. upi di ( Brest-fr)

    Salam kenal and selamat tahun baru 2009 . Kenalkan nama saya UPI .
    progam gue awal tahun januari-february
    udah mulai lagi chek chek kondisi badan , pokoknya gua ikut terus nie progam anak (*_*) . Yang punya jadwal pas keq gua nie , semangat semangat .
    ..!!!

  37. tisa

    Heiii…upi,slm knl jg dr aq ya! aq pingin tau/perkembangan teman2 yg saat ini pd ikut program bt.supaya bs nambah semangat buat aqx ut.ikut BT lg.Alllloooo…buat therez & uli,gmn kbrx?

  38. upi di ( Brest-fr)

    Tisa hallo .
    perkembangan gw nunggu cycle ( masa haid)bln jan 2009 dulu . biasanya pada hari ke-2 atau hari ke-3 gw langsung periksa darah. selanjutnya mengikuti petunjuk Dr . tinggal menunggu saja nih gw tisa . deg deg an juga menghitung hari nya .. sekarang gw mo berusaha yang natural dulu .kebetulan tgl 20 dec yg lalu gw haid trus mo nyari masa subur ( bulan madu deh )hahahah..walaupun kemungkinan hamil sangat kecil gw gga peduli !! pedomanku hanya satu GW MAU HAMIL !! dan tujuanku GW HAMIL !! Entah mengapa perasaanku tahun 2009 adalah tahun yang penuh keajaiban !! Hayo Tisa semangat,,semangat,, jangan menyerah ..bersama kita sambut tahun baru 2009 dengan GW MAU HAMIL!! HAMIL !! HAMIL !!

  39. retno

    Hai Upi..lam kenal.
    Sama dengan kamu..bersama kita bisa.. eh bersama kita sambut thn 2009 dengan HAMIL…HIDUP HAMIL..!!

  40. novita

    *hai upi salam kenal..qta sama dong pengen nambah anak lagi..kalau aku nggak ada kista,miom,saluran tuba nggak buntu tapi telurku imut alias dibawah umur terus jdnya susah juga dah lima tahun nunggu gak ada respon pdhl anakku dah hampir 9th,semoga sukses hamil spontannya seperti ulli yha pi..

    *Therez..duhh..kata-katamu itu lho filosofis banget sih…aku juga terharu banget liat semua temen pada hamil,semoga nggak cuma happynya aja yang nular tapi hamilnya juga yha..

  41. tisa

    *Heii..upi,thanks ya atas suportx.kayakx gak nyesal bs gabung disini semua jd semangat 45 hehehe….harus donk!!!*fani & memik,lam knl…aq bs pantau kalian b,2 selama proses bt nanti,blh doonk….

  42. upi di ( Brest-fr)

    Novita makasih doanya (spontan!!) gw suka banget nie tulisan “SPONTAN” klo novita telurnya imutยฒ , klo gw malah kebalikannya kali yak hehehe..gw termasuk yg gga banyak tanya ama Dr. manut aja ngikutin petunjuk ,jelasnya Dr gw orang perancis makanya gw manut ..tapi VIF yg ke-4 ini gw gga mau diam lagi deh .. biar jelas dan gga borosin progam BT ..yang pasti dan yang gw tahu pasti , andalanku sekarang hanya satu tuba. kapan progam BT nya novita di mulai ?

  43. tisa

    lohaaa…Upi,fani& memik?gimana dgn perjuangan kalian??semoga sukses ya…aq InsaAllah rencana program bln 3 or 4,09.qta sm2 berjuang yaa….

  44. drose

    boleh gabung dg masalah yang punya tuba 1??
    th kmrn bulan januari tahun 2008 saya mengalami oprasi yang mana tuba sebelah kanan saya sudah diangkat dikarenakan HIDROSALPING…setelah pasca oprasi ternyata tuba sebelah kanan saya terjadi penyumbatan…saya jadi pusing mengalami ini,sdgkan saya mau punya anak..

  45. nee

    hi salam kenal
    saya sudah lama mengikuti websit bayitabung.com, tpi kayaknya semua ini hanya diperuntukkan untuk orang yg banyak uanngya ya…
    usia saya sekarang 37th, saya punya masalah sama dg susi, pemeriksaan terakhir yg saya lakukan sekitar tahun 2005 di rs bunda dg dr indar dan disarankan untuk laparoscopi, tpi ya itu sampai saat ini saya tidak pernah melanjutkan pemeriksaan karena masalah biaya yang mahal. ada tidak info dr teman2 biaya yang murah untuk laparosopy. sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  46. rima

    Hai..nee..lam kenal,Aku juga pernah laparoskopy ama dr.wahyu tempatnya di Klinik Raden Saleh biaya +/- 10jtan.Emang kalo di RS.Bunda harganya bisa sampai 25Jt.

  47. nee

    Rima makasih banyak ya infonya, btw gimana sekarang hasil operasinya?
    Berapa lama proses dari pemeriksaan s/d operasi, apakah biaya sekitar 10jt tsb hanya biaya operasi saja atau biaya perawatan sebelum s/d selesai operasi. THX atas jwabanya

  48. rima

    hai nee..pa’kabar??hasil operasi aku ada endometriosis dan sudah dibakar semua dan ada miom kecil sekalian udah diangkat..Kalo prosesnya cuma seharian doank kok, pagi jam 9 dibius, trus operasinya siang (paling lama 2 jam),setelah jam 2 siang aku udah sadar, sore jam 6 kalo udah buang angin(kentut) kita bisa pulang dech..Jadi tidak ada perawatan untuk nginap.Istirahat dirumah aza..Kamu tinggal dimana nee??

  49. nee

    thx Rima jawabannya, saya tinggal di daerah cipinang. memang dulu waktu ke dokter indra saya juga di suruh laparoskopi di rs raden saleh tapi s/d sekarang belum dilaksanakan

  50. olip

    to Rima salam kenal ya…
    emang boleh ya laparoskopi di lain RS sementara kita berobat di RS tertentu??? trus harus pake rujukan dari dokter yg ngasi diagnosa bahwa kita hrs laparoskopi ???

  51. rima

    Hai..olip..salam kenal juga…,boleh kok LO di RS lain,yg penting ada rujukannya..ok..Kamu emang sekarang sedang berobat dimana??

  52. olip

    Rima…aq berobat di Harkit… dulu laparoskopi 2004 di Malang trus ikut BT 2008 di Harkit tanpa di laparoskopi lagi…jadi misal dirujuk laparoskopi ke RS x trus hasil analisanya di bawa lagi ke RS tempat kita berobat ya…btw kenapa kok dokternya merujuk ke RS x ya padahal ‘dia’ sebenarnya bisa melakukannya???

  53. rima

    Hai.. olip …Betul..bawa aza hasilnya.Kalo di Harkit Dr.Irsal sudah tdk mampu lagi katanya, jadi dia suruh ke Dr.Wahyu. Gimana BTnya di Harkit??aku setelah di LO disuruh insem 3x kalo belum berhasil juga di suruh BT.Aku sudah 3x insem belum hamil juga…sekarang aku pindah lagi ke dokter Karel di Abdi Waluyo…Insem lagi…sekarang tunggu hasilnya minggu ini…yaaa..aku sudah pasrah nih.Kamu BTnya gimana di harkit??udah success belum olip??sekarang biaya disana berapa??maaf banyak nanya ya??thx before..

  54. olip

    Jeng Rima aq ikut 2008 kemarin n masi belum berhasil biaya 52 jt belum termasuk pra program & pasca ET…. ya kalo ditotal 60-an apalagi aq dikuret dulu sebelum masuk program (karena ada penebalan endometrium) jd nambah lg …… trims ya jeng info laparoskopinya sangat berarti buatku

  55. rima

    Ya…sama2x.Mudah2xan tahun 2009 ini kita semua diberi anugerah ya jeng…punya momomgan dech semuanya…Amin..Oh iya jeng olip sekarang kamu masih berobat di Harkit donk??mau rencana LO kapan??

  56. olip

    sementara ini aq cooling down dulu, baru menginventarisir faktor2 penunjang keberhasilan BT & menambah pengetahuan ttg BT sebanyak2nya lewat sharing2 dg jeng2 di sini semua, tp moga aja bisa program thn ini amiiin, krn kita mikirin usia jg nambah terus, iya Rim moga tahun ini kita dpt anugerah-Nya…amiiiin, kabarin ya Rim hasil insemnya…

  57. kiky

    Hi Drose salam kenal, aku jg pnya masalah ky kamu, bahkan lebih parah, kedua tuba sudah diangkat krn hidrosalping, tp yah aku nga akan mundur demi dpt baby, aku ttp akan cb ivf bbrp bln stlh operasi dilakukan. Jangan menyerah yaa.. Good luck

  58. rima

    Ok olip…kita saling doa’in ya…kalo nanti mau rencana program lagi kasih tau yaa…God Bless U…Oh iya kamu punya YM tidak??

  59. Ellin

    aloo kiky… aku jg sama ke2 tuba udah diangkat karena hidrosalping dan mau ikut ivf. kamu baru dioperasi yah? rencana kpn mau ivf? kamu sama dokter mana?
    aku br bln nov operasi jg, dan mungkin ivf juli 09.

  60. kiky

    Hi Ellin, ternyata aku nga sendiri ya ,skr br di operasi msh recovery mana kdg2 batuk lg sakit bgt jdnya, lumayan gede ya dibeleknya,dikirain cm sedikit, aku planing BT Mei 09, mungkin di Yasmin krn wkt aku operasi kemarin dokter obgynnya didampingi sm Dr.Budi Wikeko dr Yasmin RSCM, tp aku msh pnya choice lain di BIC. Kl km Lin udh pernah program sebelumnya? n rencana dimana?

  61. diah

    hai, nama ku Diah,, I’m the new comer.. ๐Ÿ™‚ aku lg bingung aku mau IUI tapi kira2 biaya nya brp yah di RS Harapan kita dan apakah ada refrensi dokter yg bagus tuk Infertility? soalnya kalo di RS Bunda biaya tuk IUI 7 jtaan…

    terima kasih banyak

  62. Mela

    Mo nanya nih, kalo estradiol kita rendah, ada yg tahu g cara nambahnya gmana?
    konsumsi makanan yang gmana ya? krn dokter saya nyaranin suntik hormon pas mens ke-3.

    Thx ya.

  63. susi

    Dear ibu2 yg sudah hasil hamil& yg masih sedang “bjuang” !
    Da lama ga joint dforum ini, kuangen bgt dan kaget jg da byk yg pd bhasil hamil, selamat yah!
    Pasca LO kdua sept lalu aku blm lg ke dsog buat program, krn aku ga campur slama 6 bln dgn suami krn ada urusan kerjan,baru 1 bln ini kumpul lg dan saya tetap semangat untk bisa hamil, apalagi umur semakin btambah tua.
    Insya allah, rabu ini saya mao lanjutkan lg akupunturnya dgn rutin, dan saya mau ikut jg konsumsi vitamin.da males berobat2 lg kdokter, saya da pasrah, dan bharap smoga allah swt mengijinkan saya bisa hamil scara alamiah tanpa harus ivf,krn saya blm siap scara keuangan dan mental.
    Untuk therez, dll yang akhirnya hamil, saya turut senang dan mdoakan smga bayi dan ibunya sehat selamat sampai melahirkan nanti ya.
    Buat yg lain dtunggu updatenya.
    Buat mbak yenni, how is your litle angel?

  64. Yuli

    Halo rima, met kenal. Saya yuli sedang berobat ama dr ivan di rs bunda. Saya ada hydrosalping rencana mau LO. Tapi sy baca dari posting nya rima ternyata kalo di rs saden cuman 10 jt +- . Ternyata emang beda jauh ya.

    Mau tanya dokter Wachyu bagus ga buat LO? Atau dokter ivan? Mau tanya ya kalo misalnya sy LO ama dokter wachyu trus balik lagi ke dokter ivan, gimana ya? Enak ga ama dokter ivan??? saya kan mau bt ama dia, ntar dia bakal marah ga ya kalo saya ga lo ama dr ivan?

    Buat persiapan LO, sya harus ngpn aja? Sakit ga?

  65. rima

    Hai yuli..salam kenal..ke dr wahyu aza kalo mau LO, sayang loh kalo LO di bunda ama dr ivan pasti mahal, mending udangnya ditabung utuk program hamil.Setelah LO emang harus istirahat sih, sakitnya cuma sebentar paling 2-3 hari setelah LO.Sekarang aku lagi program pijat refleksi dulu dengan pak De di tangerang. Dari sana banyak loh yang berhasil hamil dan hampir semua yang kesana setelah bt atau insem berkali2x gagal, setelah dari pak de beberapa bulan proses refleksi bisa hamil. Semua jalan harus kita usaha khan, bukan begitu..Ok selamat mencoba..GBU..

  66. Yuli

    Halo rima, thx ya dah mau sharing. Rima pernah LO ya, ama sapa? Saya bulan depan mau LO, mau di potong tuba kiri sy karena ada hydrosalphing. Karena mau BT, jadi harus di potong dulu karena cairan dari hydrosalping bakal ga bikin BT berhasil.

  67. wiwi

    Hi… Rima

    Salam kenal dari dwi, saya tertarik dengan sharing kamu mengenai refleksi sama P’ De itu lhooo. Kalau boleh tahu dimana ya alamat P’De itu.. atau punya no telp nya gak..?? thanks yaa sebelumnya..

  68. rima

    Alamatnya di kota modern tangerang untuk alamat pastinya telp aza ke pak de langsung no.telp.081314640264..Aku sekarang lagi program utk cek ke dokter kata pak de, jadi mudah2xan bulan ini bisa insem…Ok semoga sukses yah…

  69. mea

    @yuli:

    aku juga pasien dr ivan. dulu pas dr ivan meminta tindakan LO, aku nawar: bisa gak klo LO-nya di raden saleh aja dgn dr wachyu? alasannya ya efisiensi biaya. soalnya dgn LO di raden saleh, biayanya cuma separo biaya di bunda. habis LO aku janji akan nerusin terapi ke beliau lagi.

    alhamdulillah, dr ivan ngertiin banget keinginanku. beliau bahkan bikin surat pengantar ke dr wachyu. jadi pas ketemu pertama sama dr wachyu di raden saleh, tanpa basa-basi langsung dijadwalkan LO.

    setelah selesai LO, aku dikembalikan lagi ke dr ivan. dan sekarang sedang proses induksi ovulasi dan sedang siap2 juga kalo memang harus bayi tabung.

    kita sama2 berdoa ya. moga2 yang pada susah hamil bisa hamil di akhir tahun 2009 ini. amiin. *ngarep*

  70. Yuli

    Halo mae, kita kasus nya sama, saya juga pengennya gitu, tp di pikir2 lg saya kan emang mau program ama dokter ivan, nanti malah jadi ga enak. Saya dah ke raden saleh untuk research. Serem juga tempatnya ya. Emang si si bunda mahal, saya juga pas2an. ๐Ÿ™ . Tapi semua dah telat, besok saya dah harus di LO jam 6 pagi. Kalo saya tau story dari me, saya mungkin juga LO di raden saleh aja, jauh lebih murah. Tapi skrg gimana, kamar operasi udah confirm dan dr ivan jg. Mae, mau tanya abis LO sakit ga, kamu berati setelah LO langsung pulang ya? Di rumah sakit ga? Soalnya rencana saya juga ga mau nginep. Mau langsung pulang aja, tapi takut ga kuwat. Kasus kamu apa? Saya ada hydrosalphing dan mungkin harus di potong tuba kirinya. Sedih ya. Kamu ada email?

  71. mea

    @yuli:
    gimana LO-nya kemaren? dah mule bisa beraktivitas normal kan? maaf banget baru mampir lagi kesini.

    dulu aku disuruh LO karena dari hasil USG gak diketahui ada masalah apapun. HSG pun 3x gagal masukkin kateter karena mulut rahim kecil (stenosis servix). jadi buat lihat ada masalah serius atau enggak, aku diminta LO. dari hasil LO itulah ketauan klo aku ada PCO, myom & endom ringan. kemaren sempet tes darah, malah ACA IgM dan B2 Glikoprotein-ku positif juga:(

    soal klinik raden saleh yg menyeramkan, itu cuma kesan di luar kok. di dalemnya bersih dan mayan nyaman ruangannya. asal jangan dibandingkan sama rs bunda ya:)

    klo dulu aku LO mule jam 11 siang. alhamdulillah jam setengah 1 siang aku dah siuman. jam 7 mlm aku dah bisa pulang (jalan sendiri lho, gak pake dituntun sama suami). besok paginya dah bisa nyapu2 teras. kata susternya aku gak boleh males2an klo pengen cepet pulih. makanya aku berani mengerjakan aktivitas yg ringan2.

    seminggu kemudian ganti perban. trus tunggu lagi sekitar 5 hari, baru boleh mandi. kebayang dong ada kali 10 hari aku gak mandi. cuma lap2 air anget aj. jadi gak berani maen kemana-mana. takut bau:D

    oiya, kalo ada kendala biaya, bisa kok dibicarakan ma dr ivan. beliau tuh baek banget… ngertiin pasiennya gitu. gak heran klo pasiennya makin banyak aja. kabar kebaikan kan akan cepet menyebar yah:)

    ini imel-ku: fraumea@yahoo.com. moga2 kapan2 kita bisa ketemuan di BIC. cepet sembuh ya, yuli:) amiin.

  72. rin

    @yuli dan mea, lam kenal..

    Emang benar, waktu ke dr Ivan aku jg pernah dikasih opsi LO. Tanpa kuminta, dia langsung menyarankan LO di raden Saleh dg dr Wachyu krn lebih murah (mgk diliat dari penampilanku yg nyante bgt dibandingkan pasien2nya yg lain yg lebih berkelas,hihihi..). Dokter satu ini emang sadar kalo di Bunda tuh mahal. Dia jg ngerti kok gak semua pasien dia punya uang banyak:D

  73. noura

    salam kenal
    hi saya dari malaysia
    saya akan FET(frozen embrio transfer)pada hujung bulan november
    masalahnya FSH saya masih tinggi..15..
    saya masih keliru adakah saya perlu menangguh dahulu FET dan tunggu sehingga FSH di level yg normal..
    please bantu saya..

  74. delta

    hi…salam kenal semuanya.Sy baru bergabung diforum ini.
    saya punya fsh 53 (luar biasa tgg) dan suami jg sperma cuma 9 ribu-an. adakah teman2 yg tau kasus sept saya tapi bs hamil. krn kata dokter saya sulit hamil sekalipun dgn program bt. o ya ivf itu apa ya. trims atas info nya.

  75. Ve

    Dear all,
    Ak Ve, bbrp hari ini kerjaan ku baca website ini terus, menggali banyak informasi. Dan ya, benar ak banyak dpt info dr Website ini. Terima kasih banyak teman2. Hasil HSG ku menyatakan 2 tuba ku kanan dan kiri tertutup. Ya Tuhan hampir ak ga bisa terima kenyataan ini, karena dokter menyatakan ak ga bisa hamil kecuali dengan cara bayi tabung. Tapi puji Tuhan ak menemukan masalah ini di usia 4 bulan pernikahanku dan ak punya suami yang sangat baik dan bisa menerima semuanya dengan tenang dan tetap bisa bersyukur. Singkat cerita salah satu dokter di Bali menganjurkan ku untuk LO, ak hampir saja berkata “ga mau” mau langsung BT saja karena ak pesimis dengan keberhasilan cara itu dan ga murah. Tapi setelah baca cerita teman2 semua LO banyak keuntungannya. Tapi ada yg ingin saya tanyakan sama teman2:
    a. Setelah LO, harus pemulihan berapa lama untuk bisa ikut BT? Karena sepertinya tidak bsa langsung.
    b. RS dan DR siapa ya yg bagus unt program BT di Surabaya?
    Senang bisa bergabung di sini. Many thanks for welcoming my self in this lovely group.
    Ve

  76. ima

    dear all … lam kenal semua buat pembaca n rekan2 semua…
    maaf ya sebelumnya saya curhat sedikit nich..
    saya mau ikut bt tp ama dokternya hrs dipapsmir dl karna dimulut rahim ada semacam “sariawan” n i hrs dikuret jg karna i punya problem penebalan endometrium semua hsl kuret n papsmir dibw ke pa skrg nungguin hasilnya …. apakah ada yg serupa kasusnya dgn i…
    apakah senior2ku sdh ada yg berhasil ya… dibagi jg dong tips n triknya… terimakasih semua… semoga berhasil…AMIN …

Comments are closed.