Proses bayi tabung

Setelah menanti selama bertahun-tahun & menjalani berbagai macam pengobatan baik medis maupun alternatif akhirnya kami mengambil keputusan untuk proses bayi tabung, hal ini juga atas anjuran dokter.

Untuk memulai proses bayi tabung dibutuhkan tekad yang kuat mengingat prosesnya yang tidak mudah. Berikut ini adalah tahap-tahap proses bayi tabung di salah satu rumah sakit di Singapore yang telah saya jalani.

  1. Persiapan mental diwajibkan bagi pasangan lewat konseling yang diberikan oleh pekerja sosial yang disediakan oleh rumah sakit. Intinya kita disuruh bersiap untuk menghadapi keadaan kalau proses bayi tabung berhasil maupun tidak berhasil.
  2. Perkembangan hormon yang terkontrol dimulai sesaat setelah mendapatkan mens, tepatnya pada hari ke dua lewat suntikan yang diberikan setiap hari selama kurang lebih tiga minggu… ya betul 3 minggu! sampai mencapai ukuran telur yang diharapkan.
  3. Tahap pematangan telur melalui injeksi obat hormon satu hari sebelum sel telur yang matang dikeluarkan.
  4. Pengeluaran telur melalui proses operasi kecil, telur diambil sebanyak-banyaknya.
  5. Tahapan proses pembuahan sel telur dengan sperma menjadi embrio, dilakukan oleh embriologist di rumah sakit.
  6. Setelah dua hari pembuahan, embrio yang terbaik dipilih dan dimasukkan kedalam rahim. Kali ini prosesnya mudah, hanya memerlukan wantu sekitar 10 menit.
  7. Agar emrio dalam rahim dapat bertahan & berkembang dengan baik maka saya harus mengalami suntikan hormon setiap hari selama 17 hari. Setelah itu barulah didapatkan kepastian hamil atau tidak.
FacebookTwitterGoogle+Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (44 votes, average: 3.45 out of 5)
Loading...Loading...

116 thoughts on “Proses bayi tabung

  1. nuning

    ikutan share..sy di jkt, udh nikah 8thn,pernah hamil alami thn 2003 (tp keguguran&hrs dikuret) nah setelah insem 2x gagal (di klinik aster &di androlog Noeman Moeloek) sy pgn BT, nah masalahnya sy bingung RS mana yg paling tepat. plis ya..sy butuh bgt referensi sbg bahan pertimbangan..hrs buru2 nih, usia dah 37 ajahh.. :(

    oiya, sy disarankannya ke rs.family-pluit (jauh bgt sihh..krn rmh sy di jaksel) ada yg punya saran???

  2. amy

    Hi all friends,
    Please help me to pray ya, aku jg lg ngejalani cek up nih mo punya momongan, duh rasanya gelisah sekli nih kolegas, tolon gya bantu doa biar ni berhasil.GBU all of friends

  3. amy

    tolong donk temen2 seperjuangan kalo dapt emailnya mbak inul..mohon dikasih ke aku ya karna aku pengen brty ttg keberhasilan mbk Inul, sdh 1 thn yg llu aku mencari tp g dpt2.dan lwat dokter siapakh dimankah? mbk Imul bs berhasil..tolong lewat email aku ya.
    rukmini.araujo@yahoo.co.id

  4. Jia

    salam kenal bt smua yg telah berbagi pengalaman ttg BT,LO,Inseminasi… teman2 sy jia 35thn suami 37thn,usia pernikahan sejak 2006,mslh kami blm py anak,saya tdk pernah hamil smpi saat ini. saya bingung apa yg terbaik hrs ku lakukan. pemeriksaan scr USG kata dokter sich rahim qu baik2 aja. mslh qu haid tak teratur,dan kadang dtg kdg tak dtg, kadang volume sedikit kdg byk jadi nggak menentu kali bgt. suami sdh periksa sperma thn 2010 hsl nya volume nya banyak tapi pergerakannya yg lambat dari wkt sehrs nya…bgt hsl dari laboratorium utk analisa sperma suamiku. kepada teman2 dan dokter yg memahami problem ku ini mohon bantuan penjelasan apa yg hrs aq lakukan tuk selanjutnya coz aq serius mau punya anak dan ingin hamil yg sehat .atas perhatian smua teman dan dokter yg akan memberi solusi saya ucapkan trimakasih…Salam.

  5. Yenni

    Hi Jia, kasusku sama dgn kamu… haid tdk teratur. Aku sarankan tuk inseminasi dulu, trus kalau tdk berhasil bisa coba bayi tabung. Coba konsultasikan dengan dokter, jangan ditunda soalnya semangkin berumur semangkin kecil kemungkinan berhasilnya.
    Aku inseminasi beberapa kali tapi gagal, trus bayi tabung… usaha bayi tabung yg ke 3 baru berhasil… pada saat umurku 35thn.

  6. lisna

    saya lagi ngikuti bayi tabung juga kenapa saya operasi laparoscopy karna satu tuba saya gak berpungsi jadi harus di buang
    sekarang saya udah menjalani pengobatan bayi tabung saya sudah hampir dua minggu suntik pake puregeon pen di bawah puser juga surefact semprot hidung tia dua hari sekli kontrol darah dan cegrafie besok mungkin membicarakan pengangkatan eicel karna udah berbentuk besar dan bagus
    operasi laparoscopy tidak begitu rumit tapi itu buat kesehatan kandung kalau saya gak di buang percuma tuba saya sakit gak berpungsi jadi saya punya satu tuba sebelah kananyang kiri di buang
    salam lisna

  7. Inta

    Hai semuanya, sy inta umur sy 24 thn dan suami 31 thn. Tgl 15 september kemarin sy ke siloam surabaya utk bt dgn dr. Aucky hinting. Setelah usg dan cek darah sm suamu, trus dia jg di cek sperma, malemnya aku&suami disuruh balik lg ke dktrnya utk liat hasil.. Dan alhmdulillah hasilnya baik2 aja, cmn hormon aku + sperma suami ada kekurangan sedikit. Dokter kasih aku obat kb yg diminum selama 21 hari dan vitamin, suami jg dikasih obat. Trus dokter suruh aku&suami utk balik lg skitar tgl 12 okt dan dikasih tau stimulasi (bener ngga yah) program bayi tabungnya. Prediksi dokter sih insyaAllah kalo semuanya sesuai tgl 8 nov aku udh dapet hasil negatif atau positif.. Oia biaya yg diperkirakan sih 35 jtan klo ngga salah. Nah aku jg mau tanya sm yg berhasil bayi tabung, setelah ET kita apa hrus bedrest smpe berminggu2, hrus pake pampers dan ngga boleh keluar2 smpe sebulanan ? Soalnya suami aku ngikutin pengalamam temennya yg udh berhasil, tp aku takut ngga mampu.. Hiikkss.. Mohon ya mba2 dan ibu2 utk dikasih tips2 ke aku spy ngga sia2. Mohon doanya jg ya spy bt aku bs berhasil.. Amiiinnnn

  8. amin

    saudari inta saya juga ingin kesiloam untuk BT tapi belum tau info sepenuhnya bila saudari inta udah tau tlg sy bikasih nomer HP saudari nanti sy tanya saudari

  9. tuti

    halo semuax salam kenal sy tuti sudah 4 tahun menikah tp sampai skrg blm pny anak.sy dah jalani semua tes dr USG smp HSG dan hasilx bagus ga ada penyumbatan telurx bagus dan haid sy teratur tiap bulanx.masalahx di suami sy bermasalah gn spermax dr hasil ters lab suami sy oligoasthenoteratozoospermia.sudah d kasih obat utk sebulan setelah itu tes lg jumlahx bertambah ato ga krn hasil tesx spermax cm 2,2jt dan banyak yg ga bagus.sy d saranin buat BT di RS BROS denpasar bali.oya mengenai prosedur BT yg sy dpt dr dokter,sy harus ikut konseling dulu setelah itu untuk ngambil sel telur ktx harus dgn tindakan operatif laparoskopis di situ di butuhkan tanda tangan suami sebagai persetujuan utk tindakan operatif.kemudian sperma suami d ambil di ketemukan dgn sell telur trus d tanam d rahim sy pd saat masa subur di situ jg ktx akan ada tindakan operatif lg lwt vagina utk proses tanamx.dan harus istirahat kurang lebih 3 bln ga boleh kerja sedangkan sy PNS.oya suami sy dinas di luar kota.itu garis besar yg sy tau.mohon info dan saranx donk dr teman2yg dah pernah ikut BT.tks b4

  10. Ermy

    salam kenal buat semua…aku sangat senang membaca pengalaman teman2 mengenai bayi tabung. sya jg sdg ikut program bayi tabung di RS Harapan Kita Jakarta dan sdh direncanakan bulan september nanti tahapannya dimulai. sya & suami sdh menjalani semua pemeriksaan mulai dari pemeriksaan sperma, USG transvaginal, HCG, dll, dan alhamdulillah hasilnya bagus akhirnya dokter menyarankan untuk inseminasi. Namun sya & suami sepakat untuk lgsg bayi tabung. Dokter sdh menjelaskan semua proses yg hrs dijalani nantinya. Pada saat mens hr ke-2 sya lgsg berangkat ke Jakarta (krn sya tinggal di Palembang) dan diperiksa kembali terutama pemeriksaan darah untuk mengetahui ada tdknya virus TORCH, Rubella & Hepatitis dan kemudian pemeriksaan lainnya.sya msh bingung kira2 butuh waktu brp lama untuk menjalani proses ini sampai ada hasilnya. dan kalaupun nantinya berhasil kira2 brp lama waktu agar bs kembali ke Palembang. krn sya jg PNS sma seperti yg mbak tuti bilang, kemungkinan hanya bs ambil cuti 1,5 bulan. Tlg kepada teman2 sya dikasih masukan ataupun saran yg terbaik. Thanks ya!!!

  11. Rossa

    Dear Tuti,

    Bagi yg sperma dikit dan istri tdk masalah langsung Bayi tabung aja di dokter karel RS.Abdi Waluyo jakarta telp 021 3144989 Rp 20 – 25 jt tanpa suntikan hanya makan obat2an, jangan insem krn percuma sperma dikit tdk akan berhasil, masalah saya hanya krn sperma suami dikit dan BT di dokter karel uda berhasil hamil(murah meriah), sperma dikit susah hamil alami mau tunggu keajaiban sampe kapan?

    Bagi yg haid tdk teratur harap segera BT jangan tunda2 lagi krn berarti sel telur tdk bisa matang ( tdk haid/gagal ovulasi )makin tua makin susah, makin besar peluang gagal..segera BT di dokter karel ato dokter Irsal RS Gading Pluit Kelapa Gading jakarta ( pake suntikan gonal lebih mahal 50 – 60 jt tp org yg haid nya tdk teratur agak susah kendalikan hormonnya . Aku sarankan 2 dokter ini krn tdk komersil dan tdk suka suruh ini itu yg tdk perlu ( mis. laparaskopi 10 – 30 jt ato operasi lainnya ).

    2 dokter ini orgnya to the point ( terus terang dengan kondisi kita ) dan saran yg diberikan tdk macam2..saya pernah di vonis miom dan harus operasi dulu baru bisa jalani program BT oleh dokter di Family dan harkit..tp ternyata sama dokter Karel dan Irsal tdk perlu operasi dan mereka benar BT saya 2x berhasil, saat melahirkan saya minta dokter lain caesar dan ambil miom dan ternyata miom saat mau diambil aja tdk keliatan sama sekali sampe sekarang dan sekarang hamil BT yg ke 2..

    Semoga bermamfaat info saya..jangan percaya 1 dokter, check 3 – 4 dokter..

    Tp kalo sperma dikit dibawah 20 juta,haid tdk teratur dan umur uda 30 tahun keatas mending langsung BT jgn buang waktu, percuma aja..berobat mkn vitamin hanya akan menaikkan sedikit jumlah sperma tdk akan menjadi standar dan tdk berpengaruh besar..
    daripada habis duit berobat yg tdk pasti lebih baik langsung BT lebih pasti krn uda terjadi pembuahan dan ditanam ke rahim..

    Kadang2 dokter hanya mau jadikan kita kelinci percobaaan suruh operasi dan laparaskopi padahal tdk perlu, bagi yg ada kista, endometriosis, hidrosalping mungkin perlu..kalo hanya sekedar tuba tersumbat, sperma dikit, haid tdk teratur dan hasil HSG baik tdk perlu operasi dan laparaskopi..

  12. Evi

    Hi temans,
    Aku rencana mau bikin bayi tabung, tapi usiaku sudah 37 tahun, gimana ya ??? takut kalau ngak berhasil :(
    kata temen-temen di Surabaya bagus rumah sakitnya ada referensi ngak di rumah sakit yang mana ya ?
    Soalnya dari awal aku sudah sering general check up di Mahkota Hospital di Malaka jadi otomatis mereka punya semua record aku kalau di Surabaya berarti aku harus mulai dari awal lagi kan dan takutnya di ping pong sana sini.
    Kendala kalau bikin di Malaka perjalanan dari Batam ke sana cukup melelahkan karena harus naik ferry trus nyambung bus hadeeehhhhh

    Tolong ya teman kalau ada info tentang rumah sakitnya di surabaya dan berapa biayanya serta dr yang bagusnya disana dengan siapa jadi aku bisa berkomunikasi dengan dia ya paling ngak melalui email dulu untuk buat janji dengan mereka.

    Terima Kasih sebelumnya

    Evi
    Batam

  13. linda

    hi,,,salam kenal smuanya
    perkenalkan nama saya linda,dari medan udah menikah sekitar 6thn, pernah hamil pd thn 2007,tp keguguran n kuret,usia kehamilan 2 bulan,kami udah berusaha medis dan alternatif tp sampai sekarang belum juga hamil,tempo hari dokter menganjurkan kami ikut BT,di SBY tepatnya rumah sakit siloam ,krn hasil pemeriksaan suami saya produk spermany kurang n pergerakanya lamban,btw umur saya 30 thn dan suami 34 thn… mohon saran dari tmen tmen smua,,,tks

  14. ranma

    bnyk infoyg kudapat di sini…mohon solusi dr mslhku ya tmn2s,mgkn agak melenceng dr temanya..bgni,ak sdh menikah 1,5 tahunan,tp sampai skg mr.p suamiku blm bs menembus v ku..ak jg tdk tau knp,tp mr.p suamiku menegang dg baik.unt v ku,kulihat lubangnya msh tertutup rapat,krn ak msh virgin,apa mmg bgtu???atokah kurang besar lbg v ku?klo unt operasi unt sdkt melebarkan lubang v ku apakh bs??nb:ketiak ml ak sdh terlumasi dg baik..mohon infonya tmn2s.trimakasih..ak sngt ingin segera pny anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*