bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

23rd June 2007

Proses bayi tabung

posted in Pengetahuan, Persiapan, Proses |

Setelah menanti selama bertahun-tahun & menjalani berbagai macam pengobatan baik medis maupun alternatif akhirnya kami mengambil keputusan untuk proses bayi tabung, hal ini juga atas anjuran dokter.

Untuk memulai proses bayi tabung dibutuhkan tekad yang kuat mengingat prosesnya yang tidak mudah. Berikut ini adalah tahap-tahap proses bayi tabung di salah satu rumah sakit di Singapore yang telah saya jalani.

  1. Persiapan mental diwajibkan bagi pasangan lewat konseling yang diberikan oleh pekerja sosial yang disediakan oleh rumah sakit. Intinya kita disuruh bersiap untuk menghadapi keadaan kalau proses bayi tabung berhasil maupun tidak berhasil.
  2. Perkembangan hormon yang terkontrol dimulai sesaat setelah mendapatkan mens, tepatnya pada hari ke dua lewat suntikan yang diberikan setiap hari selama kurang lebih tiga minggu… ya betul 3 minggu! sampai mencapai ukuran telur yang diharapkan.
  3. Tahap pematangan telur melalui injeksi obat hormon satu hari sebelum sel telur yang matang dikeluarkan.
  4. Pengeluaran telur melalui proses operasi kecil, telur diambil sebanyak-banyaknya.
  5. Tahapan proses pembuahan sel telur dengan sperma menjadi embrio, dilakukan oleh embriologist di rumah sakit.
  6. Setelah dua hari pembuahan, embrio yang terbaik dipilih dan dimasukkan kedalam rahim. Kali ini prosesnya mudah, hanya memerlukan wantu sekitar 10 menit.
  7. Agar emrio dalam rahim dapat bertahan & berkembang dengan baik maka saya harus mengalami suntikan hormon setiap hari selama 17 hari. Setelah itu barulah didapatkan kepastian hamil atau tidak.
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (44 votes, average: 3.45 out of 5)
Loading ... Loading ...

This entry was posted on Saturday, June 23rd, 2007 at 7:04 pm and is filed under Pengetahuan, Persiapan, Proses. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

There are currently 116 responses to “Proses bayi tabung”

  1. 1 On December 21st, 2007, asri said:

    Hi Yenni,

    Aku dan suami akhirnya memutuskan untuk ikut bayi tabung di Yogya karena pertimbangan dekat dg tempat tinggal dan suamiku yang sering tugas diluar kota.

    Tadi pagi kami konsultasi kembali ke dokter yang sama, dan hari ini jg sample sperma suami diambil. Dan aku disuruh inap 2 malam utk pemeriksaan terhadap diriku secara keseluruhan lewat operasi(ktnya aku dibius total dan disobek dikit untuk memasukan spt slang kerahim utk cek dlm rahim) jg utk laboratorium. Biaya untuk permeriksaan ini 10jt-13jt dan suster disana bilang ini biaya diluar program bayi tabung. Tapi kami ga bisa melakukan hari ini karena suamiku harus pergi besok, dokter maunya suami ikut menyaksikan lewat monitor TV.

    Aku mau tanya ama Yenni, apa proses yang Yenni alami sama seperti aku??
    Apakah Yenni total biaya bayi tabung yang Yenni keluarkan sudah termasuk pemeriksaan2 tsb??
    Makasih yaaa…

  2. 2 On December 22nd, 2007, Yenni said:

    Hi Asri, saya tidak melakukan proses itu. Sebelum program bayi tabung hanya melakukan tes darah & sperma. Kasus ketidak suburan Asri mungkin berbeda, dan juga saya sudah melakukan berbagai macam tes dan treatment sebelumnya sehingga mungkin dokter bisa langsung mengetahui kondisinya.
    Saya penasaran juga ingin mengetahui apa yang dokter ingin ketahui dari operasi ini, biaya lumayan mahal dan kenapa harus lewat operasi. Thanks kalau Asri mau sharing ke kita2.

  3. 3 On December 24th, 2007, asri said:

    Hi Yenni,

    Justru aku heran ko dokter mau melakukan pemeriksaan dengan operasi tersebut, padahal pemeriksaan darahpun belum dilakukan dan belum ada pemeriksaan apapun ko (disentuh alat apapun jg belum), jadi belum tau sama sekali tentang kesuburan yang ada pada diriku . Masa aku datang Jum’at pagi lalu eh dia suruh malamnya (dokter bilang malam ok!)inap hospital katanya untuk mengecek kesuburanku dipagi harinya. Aku kira inap hanya untuk pemeriksaan biasa tapi saat aku bicara dg perawat, si perawat ini complaint jgn malam tp max jam 12siang hari itu. Aku makin stress, ternyata dari perawat aku dpt info kalo besok aku menjalankan pemeriksaan kesuburan dg operasi(bius total)dan suami hrs menyaksikan jalannya operasi yang biayanya wow!!!..
    Eh ternyata suamiku ga bisa karena harus keluar kota hari sabtunya. Jadi batal operasi itu… Tapi suamiku punya janji dg dokter bag labotarium hari Jum’at,Sabtu untuk pengecekan sperma lagi.
    Aku dan suami sekarang jadi bingung mau terus atau tdk..

    Oya teman2 yang pernah punya cerita sama seperti aku saat ini tolong dong aku dibagi pengalamannya jadi aku ga terkaget-kaget nich…

    Trims yaa..

  4. 4 On December 24th, 2007, bing said:

    Hai Asri…salam kenal…
    kayaknya kalau kamu uda pasti bikin bayi tabung, ngapain muusti laparaskopi segala? sebenernya apa dokternya yang nganjurin unt bayi tabung? kalo iya, mustinya prosedur itu nggak perlu deh…kamu mending tanyain aja ke dokternya…bilangin aja..apa nggak ada alternatif lain? kenapa kok laparaskopi..kan mahal dll….jangan sungkan tanyak…kadang2 kita emang suka sungkan..nggak boleh donk..kan kita bayar..so udah jadi hak kita untuk tanya2..bener nggak? hehehhe…
    kalo boleh tau..kenapa kalian memutuskan unt bayi tabung? uda berapa taon menikah? uda pernah nyoba inseminasi nggak? uda pernah test HSG nggak? hihi..jadi kayak dokter…kamu buka webnya Dr. Charles di Mount Elizabeth..itu kuomplit prosedurnya..hehehe…cu!

  5. 5 On December 24th, 2007, Komang said:

    Hi Asri, lam kenal :)
    Mungkin dokter kamu merencanakan Laparoskopi bukan?
    Dulu sebelum saya mendaftar diri di klinik infertilitas disini, sempat juga terlontar oleh dokter kandunganku (bukan dokter di klinik tpt therapiku) utk melakukan laparoskopi, tapi stl iseng intip di google prosedurnya, aku mundur lagipula memang kami berniat lewat program icsi langsung karena udh tua dan pengen langsung jadi–tapi belum kesampaian– disamping itu kualitas sperma suamiku tidak sukup utk inseminasi biasa. (ini tahunya juga stl di klinik infertilitas… untung blm laparoskopi)
    Jadi menurutku dalam kasusku tidak diperlukan lagi (CMIIW)

    karena menurut dokterku yg dulu dari hasil laparoskopi juga bisa ditentukan langkah berikutnya therapie/methode mana yang akan diambil.Mau dibantu dgn pil, ato suntik hormon.
    Ato inseminasi ato ivf ato icsi dengan mengirim aku ke klinik infertilitas ini bila ketahuan saluran telurku tersumbat dsb.

    kembali ke kasus kamu,bukannya dokter menerangkan seblumnya bagaimana nantinya prosedur penanganan beliau?

    Hanya sedikit ide, kenapa gak ke sby? kamu bisa ikuti jejak keluarga dicky yg berhasil melakukan proses bayi tabungnya di sby.

    semoga program yg kamu ikutin berhasil ya! jangan lupa nanti critanya dibagi disini.

    salam hangat!
    komang

  6. 6 On December 24th, 2007, Komang said:

    Bing, perkiraan kita kok mirip ya?
    karena sering ke dokter jadi kita udh “begaya” kayak dokter saja nih hehehe..

  7. 7 On December 25th, 2007, asri said:

    Hi all,

    Kita nikah sudah 3th. Dan emang kami ga bakal bisa punya anak tanpa ikut campur medis..
    Problem kami karena suami saya seorang duda dan sudah vasectomy 13th yg lalu saat anak terakhir dr pernikahan yg dulu. Dokter bilang kwalitas sperma sudah tidak bagus krn sdh terlalu lama divasectomy jd sperma mengandung terlalu byk antibiotik.

    Kata dokter, jalan satu2nya untuk dapat bayi yaa program bayi tabung, karena nanti sperma di cuci (kt dokter lagi) jd antibiotiknya hilang.

    Umurku sekarang 30th, dan aku ga pernah punya masalah mens selalu tepat tiap bulannya siklus 28hari.

    Yaa begitu, kalo aku sendiri seumur2
    belum pernah menjalani pemeriksaan kesuburan ini itu, cuma papsmear 6 bln lalu aja dan hasilnya normal.

    Sebenarnya Yogya sangat cocok untuk kami, karena hanya 1 jam dr rumah kami Magelang dan karena suami saya sering sekali pergi, ga bisa ambil cuti lama jd kami memutuskan ambil di Yogya.. Tapi ko malahan dokternya seperti itu..
    Kita sangat bersemangat untuk program ini, tp suami saya kecewa dg cara dokternya memutuskan ini itu tanpa penjelasan yg detail dan terkesan buru-buru, sedang kita orang awam yg ga tau arti bahasa dokter…Dan seolah-olah uang itu daun yg jatuh dari langit…
    Besok suamiku harus tes darah, apakah data hasil tes tersebut dapat berlaku lama??? trims yaa.

  8. 8 On December 25th, 2007, Yenni said:

    Hi Asri, kalo boleh tau… apa kamu pernah ke dokter lain? Menurut saya sih sebaiknya kamu cari second opinion ke dokter lain (dokter kandungan biasa juga ok). Apalagi umur kamu tergolong masih muda. Masalah utama di sini sdh jelas ada pada suami kamu.

    Saya sudah berobat dan ganti2 dokter sekitar 7 dokter, dan semuanya tidak ada yg nganjurin laparaskopi. Tes kesuburan tes yg pernah saya jalani: tes darah untuk mengetahui perbandingan hormon, lalu USG vaginaly untuk melihat keadaan organ reproduksi, gak ketinggalan juga HSG untuk melihat apakah salurannya lancar atau tersumbat. Kalau melihat siklus haid kamu yg lancar n teratur (kamu jg tdk mengalami sakit selama haid kan?) seharusnya kamu tidak ada masalah dgn endometriosis. Setelah itu tes2 virus seperti tokso, rubella, hepatitis, dll….

    Menurut dokter saya hasil tes darah bisa dipakai/berlaku sampai 6 bln.
    Setelah itu baru diputuskan langkah selanjutnya mau inseminasi atau langsung bayi tabung kalau udah kebelet… :) Secara garis besarnya begitu. Sama seperti Komang dan Bing… kok kedengarannya saya udah kaya dokter aja ya… semoga kamu bisa ada gambaran sedikit.

    Suami saya juga pernah kecewa dengan penanganan beberapa dokter, ada yang karena dokternya terkesan komersil banget, ada yang karena tidak cocok dengan cara penanganannya (kurang ramah, tidak informatif, tindakan pengobatan tidak dikonsultasikan ke pasien dulu… apalagi yg berbiaya mahal, kurang sreg… gitu). Ya akhirnya kami ganti dokter… bayangkan kalau dalam hati kita aja sudah tidak ada kecocokan atau keyakinan… bagaimana kita bisa tenang & percaya dokter ini yang akan berhasil memberikan kita momongan. Dokter memang lebih pintar, tapi kita kan customernya… yg bayar.

  9. 9 On December 26th, 2007, bing said:

    Hai, Asri…kayaknya mendingan kamu ke Surabaya deh…Dr. Aucky lumayan kok…nggak mahal juga…bagusnya juga karena dia itu Androlog ..jadi paham bener ttg sistem reproduksi pria… so soal cuci2 sperma kayaknya dia jago…hehehhe..
    Lagian kost di Surabaya nggak mahal kok…di daerah Univ Widya Mandala kan banyak kost2an…jadi kalo ke Siloam Hospital nggak jauh…daerah Ngagel juga banyak…ntar tak bantuin cari info ke temen…
    Kalo buat check up aja..di Surabaya banyak hotel yg gak mahal.. cari yg 200 an juga ada..itu Hotel Simpang deket ama Siloam…
    Kalo di rumah kan boring…ntar kepikiran yg nggak2 malahan… tapi..ini cuman sekedar opini aja…doa aja..ntar kan Tuhan buka jalan..ok..cu!

  10. 10 On December 26th, 2007, bing said:

    oya…btw sebenernya laparaskopi itu juga berguna unt ngeliat apakah ada perlekatan di indung telur kita…kadang2 kita kena endometreosis tapi kita nggak nyadar…lah kalo pake laparaskopi bisa langsung keliatan..
    tapi kalo kasusmu yg mens nya teratur and umur 30..kayaknya sich gak perlu..mending cari alternatif dokter lain dulu..
    aku sich dulu pernah laparaskopi…karena dokterku ngeliat ada chocolate cyst di indung telurku…jadi ya musti diambil..cu!

  11. 11 On December 28th, 2007, asri said:

    Hi Bing,
    Thanks very much lho buat sarannya, aku sich pengin jg coba yang di Surabaya tp suamiku yang ga mau karena waktu… Ya aku juga maklum suamiku kerjaannya lagi ga bisa ditinggal dan kita ngejar waktu sebelum April aku kalo bisa sdh hamil karena suami ada tugas ke Afrika untuk waktu 2 bln..
    btw, besok operasi MESA/TESA untuk suamiku pengambilan sperma yg nantinya dicuci dan disimpan..
    Besok jg aku mau konsulatasi lg ama dokternya dan menolak utk laparaskopi.. setelah kami dapat info dari teman2 di website ini, kami sepakat utk menolak operasi tsb..
    Karena saya ga pernah punya masalah dgn siklus mens dan ga pernah sakit saat mens (wajar2 aja) dan usia jg msh 30th..
    Oya aku dengar ada yg terapi dg obat dan ada yg terapi dg suntikan??? itu piye maksudnya????

    Trims,

  12. 12 On December 28th, 2007, bing said:

    hei, asri…
    its ok..bikin IVF dimana aja…kan tergantung yg di atas..hhehehe..bilang aja ama doktermu…gimana kalo nggak laparaskopi..apa seperlu itu…ada alternatif lain nggak? Toh kita mau coba bayi tabung…apa ya ada gunanya laparaskopi?? jangan sungkan nanyak…ingat..kita bayar loh ya…hehhehehe….

    btw, aku nggak terlalu jelas dgn pertanyaanmu ttg terapi suntikan ama obat? kamu uda buka web nya Dr. Charles Mount Elizabeth nggak? ntar kamu bisa ngerti kurang lebih proses bayi tabung seperti apa….dun worried 2 much..ok? musti yakin kalo Tuhan pasti kasik yang terbaik..kita cuman perlu usaha yang terbaik juga…good luck ya, GBU!

  13. 13 On December 29th, 2007, asri said:

    Hi all,

    Hari ini, operasi suamiku untuk pengambilan sperma telah berjalan jg utk penyimpanan sperma…

    Btw, aku td dah konsultasi lg ke dokterku untuk mslh laparoscopy dan jawabnya terserah aku, apa mau melalui tahapan tsb atau langsung ICSI.. Dan aku dikasih waktu utk memikirkan jd dtg lagi bulan depan seblm 1mgg menstruasi..

    Oya, apa ada diantara teman2 yang suksek hamil dlm program ICSI tanpa laparoscopy????

    Trims lho, aku tunggu kabarnya.

  14. 14 On December 31st, 2007, Yenni said:

    Hi Asri, proses bayi tabung saya dengan ICSI… tanpa laparoskopi dan berhasil hamil. ICSInya juga ditentukan di lab pada saat sperma mau ditemukan dgn telur yg ternyata agak susah menyatu.

    Boleh saja langsung lakukan bayi tabung kalau Asri yakin tidak ada masalah dengan kesuburan pada tubuh Asri.

    Niwe, proses bayi tabung kan panjang dan berbiaya tinggi jadi menurut saya pihak suami dan istri kedua2nya harus siap sebelumnya, dan dokter harus mengetahui keadaan kita sehingga yakin tidak ada kendalanya. Dalam kasus saya, dokter melakukan berbagai macam tes kesuburan terhadap diri saya tanpa laparaskopi.

    Semoga Asri di tahun baru ini berhasil ya… all the best for you.

  15. 15 On January 3rd, 2008, tia said:

    Maaf kalau pertanyaan saya sudah pernah dijawab sebelumnya.

    Hi Lam kenal Mbak Yenni.
    mau tanya kemaren berhasil bayi tabung dng Dr karel ? dan sudah berapa kali mencoba Bayi tabung.
    dan selama kurun 10 tahun apakah pernah keguguran.

    Terima kasih

  16. 16 On January 4th, 2008, Yenni said:

    Lam kenal juga Tia, saya sudah 3 kali coba bayi tabung. Yg pertama gagal di tengah jalan… pas diambil telurnya kosong dgn dr Karel. Yg kedua fresh cycle di KK hospital Singapore… gagal, yg ketiga thaw cycle di KK hospital juga dan berhasil.
    Kehamilan saya ini benar-benar yg pertama kali jadi belum pernah keguguran sebelumnya.
    Bagaimana dengan Tia sendiri? sudah pernah ikut bayi tabung?

  17. 17 On January 5th, 2008, Mulia said:

    Hi All… salam kenal yach…
    @Yenni, congrats yach buat kehamilannya dan semoga Yenni & baby sehat selalu. Saya mo tanya donk wkt Yenni mau thaw cycle, hari ke berapa mens konsul ke dktr buat USG? Trus wkt udah ET dari thaw cycle, dikasih obat apa aja ama dktr nya? Soalnya saya rencana bulan ini juga mo tham cycle krn msh ada 11embrio. Just info, fresh cycle ivf saya Jun’07 di Penang, trus pas udah + hamil 5minggu saya nekad plg Jkt, padahal dktr blm ksh ijin plg. Udah gitu wkt usia hml 10minggu ama dktr Jkt dibilang twin pregnancy result BO, jadi mesti kuret dulu. Rasanya sedih banget krn selama proses udah ampe kena OHSS jg lg. Makanya skrg sblm jalanin thaw cycle bln ini, lg rajin cari2 info & ketemu web ini, bagus bgt buat bantuan support…. Btw, dulu wkt udah ketauan + dari fresh cycle saya diksh folic acid 5mg (2×1) & cyclogest 400mg (2×1).

    Buat teman2 yang lain, kita tetap semangat yuk…. supaya program kita berhasil juga seperti yg udah pada sukses hamil sampe melahirkan baby yg sehat.

    Peace :-)

  18. 18 On January 5th, 2008, Yenni said:

    Thanks Mulia atas doanya.
    Waduh hari ke berapa ya? aku lupa2 inget nih… kalau tidak salah USG pertama hari ke 5-7 haid. Trus abis ET saya diberi obat cyclogest. Folic acid & progynova yg telah diberikan sebelumnya tetap dilanjutkan.
    Benar sekali Mulia… tetap semangat ya… be positive semuanya indah pada waktunya. Semoga berhasil ya thaw cyclenya…

  19. 19 On January 6th, 2008, komang said:

    Hi Mulia lam kenal!

    walaupun kabar sedih, setidaknya kamu sudah merasakan keberhasilan dr bayi tabung kamu.
    berikutnya pastilah bisa!
    aku sendiri blm seberuntung kamu, belum pernah berhasil positif.

    iya tetep semangat yah!

  20. 20 On March 11th, 2008, tirza said:

    HI All, ada yg tahu dokter Surabaya yg jago laparaskopi ngga yach. Aku kepingin nyoba bayi tabung, tapi kalau denger crita 2x dari org kl emang ada yg ngga bener dari rahim kita mesti di bersihin dulu. aku mens kacau banget bisa 2 bulan sekali . Udah usaha di obatin tapi sampe skrg masih aja siklus nya ngga keruan.
    Tolong info nya kl ada yg pengalaman laparaskopi di Surabaya..

  21. 21 On March 12th, 2008, Tika said:

    Hai Tirza salam kenal ya
    3 tahun yg lalu aku pernah mau di laparoskopi rumah sakit Dr sutomo ,kalau nggak salah klinik infertilitas namanya …dokternya namanya Hari Paraton , dia prakteknya dulu di apotik kimia farma Darmo itu lo…sebelahnya Pandegiling.Cuma aku nggak jadi aja ..karena waktu itu aku masih agak kuper dgn masalah infertilitas .
    Terus klu bayi tabung di rumah sakit budi mulya itu juga bagus, nama dokternya Hendro Pramono…prakteknya di jln kemiri. dia pasti juga bisa laparoskopi.
    orangnya enak kok.Tanya tanya aja dulu ke dia,kalau kamu feel good lakukan.
    masalah bayi tabung kalau kamu nggak ada keluhan yg biasanya bisa di lihat dgn USG contohnya endometri atau sakit yg berlebihan waktu mens…laparoskopi itu nggak terlalu perlu, kan bayi tabung itu memotong jalan.
    itu pendapatku si…ingat aku bukan dokter , jadi enaknya kamu tanya tanya aja ke dokter.

    semoga ini membantu kamu

  22. 22 On March 12th, 2008, bing-bing said:

    salam kenal ya.aku marriage november 2006 kemarin,sori sebelumnya aku ceritain dulu.bulan desember aku terakhir mens dan tanpa aku sadari ternyata aku sudah hamil.taunya kok january aku gak mens sama sekali.trus aku periksakan dan ternyata bener positif.mungkin karena terlalu seneng tiap hari aku diajak suami makan2&jalan2.eh… tau2 kira2 usia kandunganku 2 bulan aku mengalami flek.lalu langsung aku konsultasikan ke dokter prayit dan disuruh usg.waktu diusg dari perut dokter usg agus namanya mengatakan kalo gak keliatan dan harus di liat lewat bawah.yah karena aku panik ya aku iyakan saja.setelah itu aku disarankan bedrest ama dokter dan dikasih obat dupastol kalo gak salah.tapi setelah dirumah darah yang keluar tiap hari makin banyak.akhirnya segala upaya dah ditempuh akhirnya harus dikuret.setelah 3 bulan kata dokter baru boleh menjadikan lagi,karena dianggap kandungan dah kuat.tapi nyatanya sampe sekarang maret 2008 aku belum juga isi.dari jamu cina,jawa&jalan medis dah aku jalanin,karena berhubung usia suamiku yang sudah tidak muda lagi,so jadi skrg aku jadi bingung mau gmn.setiap kali kedokter disuruh usg,tes darah macam2 udah aku lakuin dan hasilnya semuanya prima.pengen rasanya ikut program2 tabung.waktu aku minta ke dokter,beliau mengatakan juga gak perlu karena aku dah pernah isi dan kondisiku bagus.gimana dong?????tolong sarannya ya.thanks sebelummnya

  23. 23 On March 14th, 2008, Yenni said:

    Hi Bing-Bing salam kenal juga. Kamu dah coba insem belum, kalau kondisi kamu prima coba aja insem dulu yg prosesnya lebih mudah dan murah dari bayi tabung, kalau dah beberapa kali ga berhasil trus baru ke bayi tabung. Tergantung umurmu juga, kalau dah 35th ke atas memang boleh dipertimbangkan langsung ikut bayi tabung karena semakin tua kita semakin kecil chance hamilnya dan komplikasinya bisa makin besar loh.

  24. 24 On April 17th, 2008, Lila said:

    Salam kenal Asri,
    saya juga melakukan proses bayi tabung di Yogyakarta, tapi saya tidak menjalani proses yang Asri jalani, setau saya laparoskopi itu bukannya sejenis operasi kecil pada rahim, karena adanya kelainan bukan untuk mengecek kesuburan. Sebelum menjalani proses bayi tabung, saya juga menjalani laparoskopi, tapi itupun dilakukan karena di rahim saya ada mioma dan polip. Setelah operasi laparoskopi dan luka jahitan dinyatakan sembuh (kurang lebih 1 bulan), barulah diadakan pemeriksaan kesuburan melalui test darah (tentunya diperiksa tingkat hormonnya), sehingga sampai saat ini.
    Coba Asri lebih komunikatif dengan dokternya, bukankah sebelum dilakukan laparoskopi, pasti dilakukan USG? Dari hasil USG barulah dilakukan laparoskopi jika memang perlu. Bagaimana dengan Asri? Dari hasil USG apa yang dikatakan dokter? lagipula laparoskopi memang bukan bagian dari proses bayi tabung, hanya faktor pendukung kalau memang diperlukan. Pada proses bayi tabung, proses yang harus dilakukan pembiusan adalah saat pengambilan sel telur, itupun bukan total, saya tertidur tapi masih bisa mendengar suara-suara tim medis disekeliling saya. Waktu laparoskopi memang bius total, kalo enggak ya pasti sakit banget, karena ada pembedahan kecil di perut.

  25. 25 On April 24th, 2008, Arno said:

    Salam kenal smuanya…
    Saat ini saya ngikuti BT di Permata hati, sbelumnya istri dilakukan Laparaskopi + Hiteroskopi ternyata ditemukan pholip akhirnya diputuskan ikut BT.
    Setelah mens dilakukan suntik Hormon selama 20 hari trus pengambilan telur 2 hari berikutnya penanaman embrio, habis itu tunggu aja hasilnya stlah 2 minggu… Okee

  26. 26 On May 1st, 2008, Dian said:

    salam kenal…..
    saya baru aja selesai ikut program BT di Klinik PERMATA HATI RS.SARDJITO dgn dr. Amino Rahardjo,
    sebelumnya saya laparoskopi&hiteroskopi jg di sana dan didapatkan bahwa ke-2 saluran tuba saya buntu dan ada polip walaupun cuma sedikit. akhirnya saya dan suami memutuskan utk ikut program BT karena suami jg azoosperm dan pengambilan sperma hrs di biopsi dulu,
    setelah tes darah dll akhirnya tgl 2 April 08 (haid hr ke-21)saya ikut super ovulasi yg long protokol dan di suntik superfact 0,5 selama 10 hari, trus cek hormon dan USG,hari ke-11 s/d hari ke-15 suntik superfact 0,2 dan puregon 100,trus cek hormon dan USG lagi, hari ke-16 suntik superfact 0,2 dan puregon 150, hari ke-17 suntik superfact 0,2 dan puregon 200, hari ke-18 s/d hari ke-20 suntik superfact 0,2 dan puregon 250, mulai hari ke-16 s/d hari ke-20 saya di USG tiap hari,hingga akhirnya dokter bilang bahwa ada +/- 20 telur yg siap panen,tgl 24 April 08 dilakukan pengambilan telur malam sebelumnya saya di suntik ovidrel 250, dr OVU di dpt 20 telur tp yg jadi embrio cm 8, dan tgl 28 kmrn sdh di mskkan 4 embrio,nanti tgl 13 mei baru tes kehamilan, saya juga di bawain obat crinon yang di mskkan ke vagina tiap mlm.
    semoga aja proses panjang ini dpt berhasil, buat tmn-tmn yg pernah BT di permata hati bs cerita2 jg di sini…atau ke dian354@yahoo.co.id
    Saya mohon do’anya temen-temen smoga Allah mengabulkan usaha ini… Amin

  27. 27 On May 5th, 2008, tia said:

    Mbak Dian, Saya doakan semoga sukses. Salam

  28. 28 On May 5th, 2008, tia said:

    Just Share …,,
    Aku kemaren mau langsung Bayi tabung Dokter bilang tdk bisa lansung harus insem (dilihat) 3 siklus. seperti mbak Yenni bilang usia dibawah 35 dan sperma tidak kosong sama sekali folikelnya juga memenuhi syarat. Dr tidak recomended u/ Bayi Tabung. karena aku gagal insem 1 kali menurut statistik (info Dokter) jika insem gagal 3 kali baru boleh bayi tabung dan sperma setelah di cuci jumlahnya satu juta-an.

  29. 29 On May 5th, 2008, tia said:

    Bisa minta info perbedaan ICSI dan IVF , juga bagus mana ?

  30. 30 On May 5th, 2008, Dian said:

    salam kenal mbak tia,
    setau saya kalo IVF itu dilakukan dengan cara sel telur dan sperma di satukan dalam tabung dan diharapkan sperma tersebut dapat menembus sendiri ke dalam sel telur, tapi kalo dalam kondisi sperma yang terlalu sedikit dan kualitasnya juga mungkin tidak terlalu bagus (seperti kasus saya di mana suami azoospermia jadi untuk mendapatkan sperma pun susah hrs dengan di biopsi dan kulitas sperma juga tidak terlalu bagus krn yg di dapatkan juga sperma yg msh muda) maka harus di lakukan ICSI, di mana sperma di suntikkan secara paksa ke dalam sel telur, mungkin karena alasan itu juga makanya saya kmrn lgsng di sarankan utk BT.
    mbak tia udah pernah coba ke dokter mana?

  31. 31 On May 9th, 2008, lili said:

    hai lam kenal!
    Ada yg mau aku share n tanyain ni …
    Aku da ikut bayi tabung dan 3 minggu lalu dr hasil cek darah aku dinyatain positif hamil, da seneng banget rasanya.
    5 hari lalu saya cek lg untuk usg kantong hamil dan hormon hcg lewat darah. Hasil dr hcg darah cm nambah sedikit padahal seharusnya menurut dokter da berkali kali lipat dan pas di usg ga ada kantong hamil. Padahal sampai hari ini saya masih ngalamin morning sickness dan ga ada flek sama sekali. Obat hormon jg udah berhenti. Dokter suruh balik minggu dpn kalo emang masih ga mens dan cek darah untuk priksa hcg lg.
    Yg ingin saya tanyain:
    - kalo kantong hamil ga ada apa berarti gagal?
    - apa penyebabnya ya?
    Ok segitu aja … Thanxs atas jawabannya, ngebantu aku bgt soalnya skg lg sedih n bingung krn dktr bilang kalo janin ga berkembang bakal gugur.

  32. 32 On May 10th, 2008, tina said:

    hai lam kenal….
    Mo bagi2 pengalaman ttg laparoskopi,
    thn 2006 sy melakukan prog insem di Rs. Bunda, karna selama married 4thn sy gak perna hamil. itu prog insem pertama sy dan sambil menunggu hasil,selama kurang lbh 1 bln perut sy sering sakit perut(pikiran sy gagal prog isem).setelah melakukan test kehamilan ternyata hasilnya positive. masa kehamilan 6 minggu sakit perutnya makin hebat, ternyata dicek janin ada didalam saluran sel telur. Jd dokter menyarankan laparoskopi u mengambil janinnya. hasil laparoskopi ternyata banyak pelengketan di dalam saluran sel telur,karna itu janinnya tidak bisa terdorong ke rahim . Jd saran sy yg ingin L/o ada baiknya jg, apa lagi yg py riwayat datang messnya tidak teratur spt sy.

  33. 33 On May 11th, 2008, mery said:

    Hi Tina, mungkin kamu kena endometriosis seperti sy. Gejala2 endo termasuk mens tdk teratur dan sakit yg luar biasa waktu mens. Perlengketan di tuba falopii biasanya sampai menyebabkan tuba tersumbat/blocked. Sebaiknya emang laparoskopi kalo uda endo utk membersihkan perlengketan.

  34. 34 On May 11th, 2008, mery said:

    Hai Lili yang tabah ya, jangan sedih lagi. Apapun hasilnya nanti yang penting kamu harus tegar dan tetap semangat, ok. Sy juga sempat hamil lewat BT tp di minggu ke6 sy tiba2 keguguran. Dokter jg ga tau penyebabnya. Mungkin faktor psikis juga ya. Yg penting Lili harus tetap positive thinking dulu skrg ok.

  35. 35 On May 11th, 2008, Lili said:

    hai merry …
    thanxs ya replynya … ternyata emang janinku ga berkembang n ngeflek trus akhirnya beneran keguguran.
    Jadi dokter jadwalin mungkin 2 bulan lagi untuk bayi tabung thaw cyrcle, smoga yg berikutnya sukses ampe lhir deh …
    ada yang pernah thaw cyrcle ga? chance berhasilnya mang lbh rendah dari fresh cyrcle ya?

    thanks lot for the reply guys!!!

  36. 36 On May 12th, 2008, mery said:

    Hi Lili, sy ikut sedih ya..Tp jangan putus asa tetap semangat ya utk thaw cycle. Byk temen2 disini yg berhasil thaw cycle, Lili bisa baca sharing mereka, ada mulia, yenny dan lainnya. Btw, chance keberhsilan thaw lebih tinggi dari fresh cycle. Good Luck ya.

  37. 37 On May 12th, 2008, Mulia said:

    Lili, saat ini jgn sedih & terlalu bnyk pikiran mengenai hsl fresh cycle yg skrg yach krn kamu msh ada kesempatan khan utk thaw cycle. Saya skrg lg hamil 5 bln jg melalui proses thaw cycle, jd sbnrnya thaw cycle tetap ada chance koq, mgkn yg diblg chance berhsl lbh rendah dari yg fresh cycle krn kualitas msg2 embrio yg bisa menurun selama di frozen. Semoga proses thaw cycle kamu nanti berhasil hamil yach. Good luck…

  38. 38 On May 12th, 2008, feni said:

    salam kenal semua..bagi yg takut jarum suntik , bisa pake “emla” dulu aja, pake sejam sebelum suntik diperut atau pantat, efek bener lo, jd ga terasa waktu disuntik, coba belinya di rumah sakit pasti ada, sebariin berita ini yah, kan kasihan bagi yg takut, semoga membantu, thx all..

  39. 39 On May 14th, 2008, Dian said:

    mau ikutan share nih….
    Ternyata hasil test pack ku kmrn NEGATIF, kiamat sudah rasanya dunia!!! nangis bombay deh (hik..hik..) tapi hrs tetap kuat!!
    dan akhirnya bulan juli nanti di jadwalkan utk thaw cycle,krn msh punya tabungan 4 embrio!! semoga yang ke-2 bisa berhasil sp lahir..
    yang punya pengalaman thaw cycle di sardjito,tolong info nya dong, prosesnya gmn???

  40. 40 On May 14th, 2008, retno said:

    Halo feni salam kenal ya..
    Mau tanya nih “emla” itu bentuknya kayak apa trus merknya apa soalnya aku mo suntik nih.Trims.

  41. 41 On May 14th, 2008, feni said:

    Hai Retno, Emla itu obat utk ‘baal’ sementara, modelnya kayak salep, dioles satu jam sebelum suntik. Efek kok, jadi pas ‘nusuk’ jarumnya gak berasa. Lumayan utk mengurangi rasa sakit.

  42. 42 On May 15th, 2008, Veronica said:

    Hii..Dian, ngga usa sedih ya…banyak kok yang senasib termasuk aku kemarin yang fresh cycle juga lon berhasil dan mau thaw cycle bulan Juni nanti..tetep semangat dan pantang menyerah..GBU

  43. 43 On May 15th, 2008, feni said:

    hii, dian, nasib saya jg sama lo, malahan saya ga ada thaw cycle, mau tanya desi uda pernah laparaskopi belum? mendingan dicoba dulu, saya jg ada rencana mau laparaskopi tp belum tau dimana. Saya jg M nya teratur, tp kalo sampe BT gagal, berarti ada yg salah, apalagi waktu masuknya dokter nya bilang ga ada masalah. semoga berhasil yah..

  44. 44 On May 15th, 2008, menik said:

    hi dian..
    yang sabar yaa..
    aku doakan semoga thaw cycle nanti berhasil..
    Kalo boleh tau, di Sardjito biaya BT berapa Di..? trus kalo thaw cycle berapa..?
    Aku domisili di Semarang, berencana mo ikutan BT, tp masih bingung di Yogya ati di Surabaya.. Sardjito bagus ga pelayanannya..?

  45. 45 On May 15th, 2008, Veronica said:

    Hii Menik..lam kenal juga..klo menurut aku si lebih saranin yang dr.aucky hinting di siloam surabaya lho..sayang aku kejauhan n kerja jadinya ikut di Jakarta dan masih lon berhasil..

  46. 46 On May 15th, 2008, Dian said:

    hai semua…..
    thank’s atas dukungannya, ternyata banyak juga teman2 yang senasib dan seperjuangan he..he..
    buat mbak menik, untuk BT kmrn aku hbs +/-36 jt, tapi kyknya biaya yang di keluarkan tergantung sama umur dan permasalahannya, kalo thaw cycle nya blm tau brp..
    kalo pelayanan nya menurutku sih bagus,tapi tiap org kan penilaiannya beda2 mbak,aku malah domisili di kalimantan mbak (jauh kan??) tapi demi sang buah hati semua di jalani,utk yang baru mau rencana BT,kayaknya mending laparoskopi dulu,krn aku kmrn juga awalnya gak ada keluhan (siklus M normal,dan tdk ada nyeri saat M)saat di USG juga tdk ada kista dll,tapi akhirnya saat di lap baru ketahuan kalo ke-2 tuba non paten

  47. 47 On May 15th, 2008, RG said:

    Hi All…

    Mau tanya, ada ngak yang tahu mengenai “surrogacy” di Indonesia? Apakah ada “Law” di Indonesia specific untuk “surrogacy”.

    Many thanks,, RG

  48. 48 On May 15th, 2008, feni said:

    hi. dian, biaya laparaskopi berapa yah di RS sarjito? suami saya teratozoospermia ,
    knapa cuma terato kok insem ga jadi yah malahan uda bayi tabung lagi, ada yg punya pengalaman teratozoospermia ga? kalo ga salah yg normal cuma 16 persen.. dan gerak cepat jg ga begitu bagus
    thx..

  49. 49 On May 16th, 2008, Dian said:

    hai mbak feni…
    kalo saya kmrn laparoskopi dan hiteroskopi hbsnya +/-13 jt itu sdh termasuk biaya mondok dll, kalo saya suami malah azoospermia mbak, pengambilan sperma nya hrs di biopsi dulu (pokoknya masalah nya kompleks deh)

  50. 50 On May 19th, 2008, menik said:

    Hi Vero..
    Aku juga kerja koq, makanya masih mikir2 mo program di mana.. Rencana sich aku mo ambil cuti di luar tanggungan perusahaan, biar sama2 enak gitu.. :-) Gimana rencana thawingnya..? Jadinya tetep mo Juni ya..? Semoga kali ini berhasil ya Ver, tetep semangat dan yakin bahwa segala sesuatu kan dijadikan indah pada waktuNYA..
    “salam”

  51. 51 On May 19th, 2008, menik said:

    Hi Dian..
    Thanks reply-nya yaa..
    Btw aku juga saluran tuba non paten, taunya bukan dr laparaskopi, tp dr HSG aja.. Eh biaya 36jt itu udah dr mulai suntik2 obat sampai ETnya yaa..? koq murah ya Di..? aku pernah baca (kalo ga salah di forum ini juga), ada yg di Sarjito abisnya sampai 90jt.. Tp mungkin emang sangat tergantung kasusnya yaa.. OK d, semoga thawingnya sukses yaa (kapan rencananya..?).. Yg penting tetep semangat .. tetep berdoa..!
    “salam”

  52. 52 On May 19th, 2008, Veronica said:

    Hii juga Menik..iya aku rencana thaw siklus Juni ini, emang sebaiknya cuti besar dulu deh selama ikut BT biar konsent ke programnya..klo mau cuti lebih dekat ke Surabaya, aucky udah terkenal dengan program bayi tabungnya.
    Emang masalahnya apa Menik ampe harus bayi tabung ?
    Thanks ya doanya..smoga thaw cycle nanti lancar proses transfer embrionya..soalnya embrioku cuma tinggal 2 doank :)

  53. 53 On October 21st, 2008, sevia said:

    Halo .. alam kenal semuanya.. Aka dah Nikah kurang lebih 6 tahunan.. sampai sekarang belum punya anak. 1 tahun belakangan ini mens sering telat, ga teratur banget kadang telat 2 bulan pernah juga 3 blun, di tespack positif tapi kalo di USG selalu negatif alias ga hamil kata dokter. saya disarankan coba tes HSG atao peniupan kata dokter untuk mengetahui apa ada penyumbatan atau tidak pada saluran reproduksi kata dokter. tapi menurut semua informasi yg saya dapat katanya tes HSG or Peniuoan itu katanya sangat-sangat sakit sekali rasanya.,.. ????? apa kira2 kita bisa dibius saat proses peniupan itu? ato ada cara lain.. Dan Misalkan saluran reproduksi kita ada penyumbatan apa kita tetap bisa mengikuti program Bayi Tabung ?? terima kasih ya teman2. saya sangat butuj masukan . thanks

  54. 54 On November 6th, 2008, Mang Tri said:

    Maaf, mo gabung nanya2 nich………..saya ud nikah 7 tahun n ud sempat ganti dr ampe 5 kali n yang terakhir disaranin dg lapdx aja ( saya 31 th n suami 38 th ). jadi saya jalanin lapdx tgl 17 kemaren n hasilnya baru ketahuan kalo kedua saluran telur saya buntu. Dunia terasa hancur tapi syukur saya punya suami the best, atas dukungannya kami putusun bt. Sirkulasi haid saya teratur 29 hari tanpa pernah rasa sakit , jadi mulai tanggal 1 Nov saya mulai konsumsi obat ( sampe sirkulasi mens akan datang ) …..saya gak bawa kotaknya. Pokoknya 2 jenis , yang satu putih kecil n ada tanda panah u urutan minum n satu lagi kecil juga warna agak cream. Tapi yang mau saya tanyain, kok temen2 pada suntik hormon ??? kalo saya, kata dr doster ( ow ya saya bt di klinik bt sanglah-bali ) ntar nunggu mens bulan ini baru suntik hormon selama 7 hari sambil trus evaluasi sth itu baru pemetikan. Kata dr juga obat yg saya minum sekarang ini juga u hormon, jadi baru 6 hari ini saya minum badan terasa di pompa, kepenuhan n terasa gemuk,,,,, Saya pernah baca di situs ini juga kalo temen2 ada yang disaranin maem putih telur, apakah karena ngerasain hal seperti saya ??? Tolong info n doanya gih,,,,,

  55. 55 On December 24th, 2008, Fanny said:

    Dear All,

    Ada yg tahu gak cara proses BT di Rs.Siloam Surabaya dengan Dr.Aucky Hinting?
    Aku rencananya akan ikut program BT pada bulan January 2009, aku udah tanya degan Susternya by telephon tp masih kurang jelas tahap2 apa aja yang musti di lakukan dan selama berapa hari aku harus tinggal di Surabaya? berhubung aku tinggal di jakarta agar aku bisa waktu dan tempat tinggalnya mau di Hotel or Kost2an.
    Tolong infonya donk….!!!!!

  56. 56 On December 30th, 2008, menik said:

    hi Fanny..
    Aku jg mo py rencana BT di Siloam Srby akhir januati (krn nyesuaiin datangnya bulan alias miss mensi)..
    Rencananya aku jg mo nge-kos aja utk 1-2 bulan..
    Saling kabar2i yaa kalo ada info kos yg bagus & murah (maunya.. hahaha)
    Siapa tau malah tempat kos kita bisa sama, biar ada temen buat cerita & berbagi krn aku di Srby ga ada sodara..
    Fanny mo brkt Srby kapan..?

  57. 57 On January 3rd, 2009, fanny said:

    Hi…juga menik….
    Salam kenal yah, btw aku jg kayaknya hitungan mens nya sekitar tengahan bulan.
    Insyaallah klo gak ada halangan & di rumah udah ada pembantu aku berangkat january.
    Aku jg lg binun nih mau di kost2an or hotel, tp klo terlalu lama ninggalin rumah aku khawatir bgt coz aku ada piara anjing kasihan klo ditinggal palingan aku bolak-balik itu juga klo boleh sm dokternya hehehee……
    Nanti klo aku udah mau berangkat aku khabarin lagi deh & klo km ada info tentang proses BT di Sby khabarin jg yah Menik.

  58. 58 On January 3rd, 2009, fanny said:

    Oh…ya tuk semua “Happy New Year’s 2009″ semoga ditahun ini apa yg kita impi & dambakan semua terwujud. AAmmmmmiiinn……..

  59. 59 On January 4th, 2009, tisa said:

    Hai…fani & menik,gmn jd rencana BT di dr auky srb?kalo gak salah aq dgr dari teman2 yg pernah ikut BT disiloam,dr auky punya kontrakan dkt RS siloam.qta bs cb hubungi lwt/cb tanya ke susterx/ke bagian pendaftaran di ruangan dr auky.emang rata2 yg pd ngontrak di st yg pd program BT.menurut informasi t4x lumayan bgs dan gak terlalu mahal.nyewax kl gak salah perbulan.coba dech tanyain….mghan semua berjalan dgn lancar…Amiiin….

  60. 60 On January 5th, 2009, menik said:

    Tisa,
    Tks buat atensi & infonya yg sangat berguna..
    Besok aku coba nanya ke susternya deech,
    kalo emang bener ada kontrakan/kost py dr Aucky khan asyik tuch..
    Mahalan dikit gapapa, sapa tau ada visit & konsultasi dokter gratis di luar jam praktek.. hehehe, ngarep..!!

    Fanny,
    Anjingnya sementara dititipin dulu aja, biar ga ganggu konsentrasi..
    Kalo jadi, mungkin aku ke srby tgl 26..
    Selanjutnya nanti aku kabar2i yaa..

    Sukses buat semuanya..
    taun 2009 pasti kan lebih baik & lebih indah di dalam berkat Tuhan..

  61. 61 On January 5th, 2009, Fanny said:

    Hi…Tisa…
    Thanks yeah tuk infonya, berguna banget tuh dari pada kita cari2 tempat yg gak jelas mendingkan pake kostan nya Dr.Aucky sapa tau aja fasilitasnya seperti hotel heheheee….
    Aku jg nanti coba tanya Dr.Aucky nya deh, sapa tau aja masih ada yg kosong.

    Menik,
    Oce…deh Menik nanti aku khabarin jg klo memang ada kost nya Dr.Aucky.
    Tetap semangat yah.

  62. 62 On January 24th, 2009, Erlyna said:

    Halo Teman-teman
    Perasaan lama sekali. Boleh tau tidak hormonnya itu namanya apa . Nunggu telur matang kok 17 harian ya ? Bisa-bisa 3 minggu itu cuma waktu yang diperlukan untuk embrio sampai ditanam.

    Saya 37 tahun, makin tua kok haidnya lebih cepat datang kayaknya 25 hari. Dulu 28 hari waktu SMA & kuliah.
    Bukannya makin tua makin mundur. Tolong share ya

  63. 63 On January 24th, 2009, tisa said:

    Haiii…all,gimana kbrx?
    menik & fanny gmn mengenai info rmh kontrakan dr auky?benar ada gak ya?!rencana kl emang ada aq jg b’minat.InsayAllah bulan maret/april aq udah pingin program BT.

    Haiii..therez,gmn dgn perjuanganx?aq harap tetap semangat ya.tetap lanjutkan perjuangan,qta2 semua berdoa ut.keberhasilan therez….

  64. 64 On January 29th, 2009, Zizi said:

    Saya Zizi umur 30 th. Saya juga mau sharing sedikit (tp secara singkat). Saya menikah th 2002. Setengah tahun kmdn saya cek kesuburan. Saya OK, tp suami Azoosperma. Pertama saya pergi ke dr. Aucky Hinting dan dia menyarankan BT tanpa memberi alasan jelas. Dia hanya bilang BT pasti berhasil. Tp ortu menyarankan untuk yg alami. Jadi yang kedua saya pergi ke dr. Arif untuk mencari alternatif lain. Di sana saya dan suami disarankan untuk mencoba inseminasi, dimana proses tsb melalui 3 tahap. Tiap tahap 3 minggu. Pd wkt itu, dr. Arif bilang “Saya akan melakukan tahap yang pertama dulu, kmd akan dites lab (untuk sperma). Apabila terjadi perubahan pd hasil lab (sperma), maka proses inseminasi bisa berjalan. Tp kalo tdk ada perubahan, maka hrs BT”. Ternyata hasilnya ada perubahan dan setelah 3 tahap itu selesai, saya dan suami menjalankan inseminasi 2x. Ternyata berhasil dan sekarang saya sudah mempunyai 1 putra yang umurnya 4 th. Sekarang saya pingin punya anak yang kedua. Saya pinginnya lewat BT. Tp masih “maju-mundur”. Kali ini saya mau melalui BT bukan Inseminasi, krn ada dokter andrologi yang melihat hasil Lab suami saya (yang dulu), mengatakan bahwa kemungkinan suami saya ada saluran yang buntu. Jadi tdk mungkin melalui inseminasi bisa berhasil. Wah …. Saya memutuskan untuk tdk terlalu memikirkan yang dulu. Saya hanya percaya, bahwa Tuhan baik pada saya. Anakku adalah pemberian dari Tuhan bukan dari dokter. Thanks.

  65. 65 On February 2nd, 2009, Pratiwi said:

    Hi …
    Mohon info biaya bayi tabung di dr aucky rs. siloam surabaya
    Thanks

  66. 66 On February 12th, 2009, Leoni ( Mama Aya & Chaty) said:

    Membaca tulisan diatas yang berlarut-larut, & sedih… saya pengen ikut Nimbrung, dengan tujuan Memberi Semangat, & Menguatkan kita para wanita yang pengen banget jadi Ibu.

    Saat ini, aku udah punya 2 bidadari kembar yang … continued in post pengalaman keberhasilan bayi tabung keluarga Leoni

  67. 67 On February 24th, 2009, monik said:

    hi lam kenal zizi..
    sy pngen tau almt dr arif,sblm sy jg dah ke dr aucky & dsranin tuk BT.Sy ada mslh endo dan lsg dianjurin BT ato laparoskopi operatif.semuanya menakutkan buat sy.Btw laparoskopi itu pulihnya brp lm ya?

  68. 68 On March 13th, 2009, nelly said:

    hai zizi, salam kenal..
    kasusku juga sama seperti kamu, suamiku azoospermia… aku udah pergi ke dr. aucky juga disuruh bayi tabung.
    emang azoospermia bisa ya berubah hasilnya…???
    alamat dr arif dimana ya?? please replly ya.. thx.

  69. 69 On March 19th, 2009, Robby said:

    Mba-Mba, Ibu-Ibu, Maap.. saya ikutan nich sambil tanya tanya…bolehkan..? Saya sangat tertarik dgn percakapan ini. Karena saya juga punya masalah yg mirip…Saran dokter..saya mesti ikutan biopsi sperma…Namun kami nda tau mesti ke dokter mana yg tepat. Nah…dari percakapan diatas, saya denger ada yg bicarain Dr. Aucky terus Dr. Arif….OK. Dr. Aucky parktek di RS. Siloam Surabaya…terus Dr. Arief dimana…? Kalo saya ikutan Biopsi Sperma…. butuh berapa lama saya jalanin itu dari konsultasinya…sampai selesai…(tahap biopsi aja) karena saya skrg berada di Kalimantan dan mesti rencanain jadwal libur khan….
    Sebelumnya, saya berterima kasih banget atas sharenya….

  70. 70 On March 27th, 2009, Juliana said:

    Salam kenal buat semua, Saya sudah menikah 3 tahun dan umur udah 38 tahun, suami 43 tahun. selama ini saya sudah cek ke dokter kandungan, hanya diberi obat hormon.Suami lum pernah cek sperma selama 2 tahun perkawinan kami. Baru 2 bulan lalu dia mau di cek. Hasilnya ICSI…sperma dikit dan pergerakan lambat. Dokter nganjurin BT,Kami bingung harus ikut BT dimana karna di kota kami lum ada rumkit yang punya fasilitas tsb. Tanggal 13 Maret yang lalu Kami berangkat ke Jakarta, atas saran temen, kami coba ke Rumah sakit Family di Pluit Mas, oleh suster di anjurin HSG dulu karna pas masih hari ke 13 mens, msh memungkinkan HSG. Hasilnya Bagus, gak ada Penyumbatan, gak ada kista. Setelah konsultasi dgn dokter Hardi, dia cuma beri obat Folavit, dan saya disuruh cek lagi pas nanti hari ke 3 mens. Menstruasi saya memang gak teratur , siklus bisa sampai 45 hari. Suami juga di cek ulang sperma, hasilnya sama ICSI. Saat ini saya dah pulang ke kota Saya, menunggu hari ke 3 mens baru ke Jakarta lagi. Minta nasehatnya dong Teman2, apakah kondisi seperti Saya bisa berhasil dalam program BT. trus teman2 yg punya pengalaman di Rumkit Family…sharing dong. Thanks sebelumnya ya………..

  71. 71 On April 1st, 2009, Arief said:

    Zizi, salam kenal ya..

    Boleh tau dong alamat dr.Arif? Nama dokternya kok mirip sama namaku yah? Hehehe… :-)
    Kebetulan saya pernah azoo & stlh diterapi skrg msh OAT. Siapa tau bs membuahkan kehamilan tanpa hrs BT. Amin..
    Btw, saya jg ada verikokel di testis kiri & blm dioperasi.
    Tks for ur info..

  72. 72 On April 25th, 2009, Richie said:

    Alo p.arief,kbtln suami sy azoo krn ada pnymbtn ditestisnya n disrh BT,nah p.arief terapi dimana?apa itu OAT?thx

  73. 73 On May 20th, 2009, Sunnysulthonudin said:

    nimbrung dong…aku lagi was2 nih. soalnya dah 5 tahun belum juga dikasih moomongan. haid juga g lancar kadang telat 2 atau bahkan 3 bln. hasil USG gada papa. tapi aku bingung dari suamiku riwayat nya baik dan banyak anak, dari keluargaku juga. kira2 kalau bayi tabung berapa biayanya? ahk….ya tuhan percayakan tangan ini untuk memeluk pemberianmu yang terindah

  74. 74 On May 30th, 2009, syarifah said:

    assalamualaikum dokter
    saya mau tanya apa beda azoospermia dengan azoospermatozoa?
    jika suami saya dinyatakan azoospermatozoa tapi LH dan FSH nya dinyatakan normal bagaimana dok ?
    pengobatan apa yang harus kami lakukan krn saya sangat ingin punya keturunan dok? mohon dijawab

  75. 75 On July 17th, 2009, yun said:

    Temen2 senasib dan seperjuangan…
    mo nanya dong bagi yang sudah berhasil hamil dan … continued in post 2 minggu setelah hamil keguguran.

  76. 76 On December 31st, 2009, Diah said:

    @ Diah
    Hai all, salam kenal
    Saat ini aku sdg ikut BT di BIC dgn dr. Ivan Sini & skrg aku lg nunggu ET di hari sabtu besok tgl, 2-1-2010, kebetulan aku ikut yg promo & kena yg paket 4 harga yg paling mahal 50 jt dgn dosis gonal F max 3600 iu, dosisku memang terbilang tinggi krn indung telur ku yg sebelah kiri krg bagus jadi hanya mengandalkan indung telur yg kanan saja. Selama menjalani proses synarel & suntik gonal aku ga boleh mengkonsumsi kacang2an, kopi, teh, soda & daging. aku hanya di perbolehkan makan-makanan yg mengandung protein tinggi seperti ikan laut ( salmon, tua, gindara ), sayur2an, putih telur ayam kampung & buah yg mengandung vit C tinggi. sekarang setelah OPU aku sdh boleh mengkonsumsi kacang hijau & susu kedelai. Gonal F yg kupakai untuk 1x inj 300 iu sebanyak 10x = 3000 iu setelah itu di + 1x inj 150 iu lagi jadi total gonal F yg kugunakan hanya 3150 iu saja krn menurut dr. Ivan telur ku sudah siap untuk di ambil. Dengan kondisi ini berarti aku masih punya sisa gonal F sebanyak 450 iu lagi. Di kesempatan ini aku bermaksud untuk menjualnya kepada teman2 dengan harga miring tentunya, ya setidaknya sama2 untunglah. Kalau menurut suster di BIC harga gonal F per 75 iu nya 625 rb jadi kalau 450:75 = 6 x 625 rb = 3.750.000 , tapi aku ga jual dengan harga segitu ya pastinya lebih murah. Terus terang aku masih butuh dana tambahan untuk membeli obat & tes darah, kemarin saja waktu aku OPU msh hrs mengeluarkan dana u/ beli obat sebesar 893 lagi, karena untuk obat2an & tes darah tidak termasuk dalam paket tersebut. Kalau dihitung dana yg sdh ku keluarkan sebesar 60 jt an. belum lagi biaya u/ pembekuan embrio nantinya. Untuk teman2 yg minat boleh hubungi aku lewat email diah_kk96@yahoo.co.id jgn lupa mencantumkan no tlp biar kita bisa komunikasi secara langsung,atau hari sabtu besok 2-1-2010 kita bisa ketemu langsung di Rs. Bunda karena aku akan ET. Semoga allah memberikan kemudahan & keberhasilan kepada kita semua dalam menjalani proses BT ini. Amin…

  77. 77 On January 5th, 2010, iwul said:

    mo nanya ada ga yg tau dokter kandungan yg baik dan bagus di klinik permata hati Dr. Sarjito Yogyakarta? Makasih atas informasinya…semoga Tuhan yang membalasnya…

  78. 78 On January 8th, 2010, indah said:

    Hi iwul,

    Saya pernah dengan Prof anwar, orgnya kebapakan dan baik sekali. kalo yg androlognya dgn Dr. Dicky..orgnya pada inti masalah. kedua org itu bener2 membuat saya senang menjadi pasien permata hati, tp masalahnya BT di permata hati lumayan mahal untuk ukuran kantong saya. Jd skrg sy mau proses di Dr. Auky di surabaya. insyaallah pertengahan januari ini mulai proses. Teman2 tolong doa yah..semoga Allah mengabulkan keinginan kami untuk punya anak. amien

  79. 79 On May 4th, 2010, Ekha said:

    Hallo teman2 semua….
    Ikutan nimbrung ya. Perkenalkan nama saya Ekha di Denpasar. Kami sudah menikah 6 th & belum dikaruniai momongan. Masalahnya suami saya dinyatakan Varicoccele yg menyebabkan jumlah & kualitas sperma kurang bagus (hasil lab terakhir cuma 1,9jt). Satu tahun yang lalu suami sudah operasi tapi hasilnya kurang signifikan. Saya jg udh ke Obgyn, diberi Clomiphen Citrate utk melihat perkembangan indung telur hasilnya bagus 22 mm. Diperiksa dg USG intravaginal utk melihat kondisi rahim jg bagus, tapi dari hasil HSG saya dinyatakan penyumbatan tuba fallopi. Dokter menyarankan utk Laparoskopi. Yang mau saya tanyakan, mungkin teman2 bisa share, kalo kami rencananya mau Bayi Tabung bisa nggak tanpa harus Laparoskopi. Soalnya dokter bilang, bisa tapi tingkat keberhasilannya lebih kecil. Terus….sebenarnya di RS Sanglah sudah ada Departemen Bayi tabung, tapi saya rncnya mau BT ke RS Siloam Surabaya dg pertimbangan pengalamannya sdh lebih banyak. Mohon juga pendapat teman2.

    Utk Mang Tri di denpasar : Konsul sama dokter siapa? udh sampe mana perkembangannya. bagi2 pengalamannya ya. Makasih ya…ditunggu masukan dr teman2 :-)

  80. 80 On May 5th, 2010, Evy said:

    @Ekha, salam kenal…
    Kami ikut program BT di MMC Melaka dengan menggunakan metode ICSI (kalo ga’ salah singkatannya Intro cytoplasma sperma Injection. Metode ini salah satunya untuk suami yang kurang jumlah spermanya.
    Setahu saya kalo ikut program bayi tabung, tdk perlu lagi laparoscopy (berdasarkan cerita teman yang juga ikut BT) dan kebetulan saya sendiri sebelumnya sktr th 2007 sblm agustus salah satu tuba-nya non paten/buntu, terus bulan agustus 2007 pernah di biopsi ternyata ada endometriosis, jadi oleh dokter di Palembang dilakukan operasi kecil/kuretase.
    Setelah itu aq ga’ pernah lagi ngecek, sampe akhirnya ikut prog. BT. Kata Dokter di MMC Melaka kemungkinan tubaku sudah pulih kembali karena bisa jadi kuret endometriosis kmrn yg menutupi. Yang pasti dokter ga’ ada melakukan pengecekan utk tahu saluran tubanya paten atau ga’. Kesimpulanku utk program BT faktor tsb diabaikan jadi ga’ perlu laparoscopy, karena pengambilan telur kan dilakukan dengan penyedotan…

    Alhamdulillah aq sendiri sudah hari ke-22 dari ET ( Embrio Transfer) dan sudah positif hamil, tinggal menjaga mudah2an ke depannya berhasil hingga melahirkan nanti, amin…

    OK, Ekha semoga kamu juga berhasil ya…

  81. 81 On May 8th, 2010, Ekha said:

    @ Mba Evy, salam kenal ya.
    Makasih masukannya. Selamat ya atas keberhasilannya, mudah2an cepet nular ke aku ^_^
    Kalo boleh tau Mba Evy udh berapa taun nikah ni? Dan masalahnya apa? Aku boleh minta emailnya ga?
    Thx…

  82. 82 On May 8th, 2010, sisca said:

    @ekha:
    lam kenal ekha….
    dari yg kubaca di web ini,ikut BT perlu tdknya Laparoskopi tergntng dr problemnya apa dulu….
    krn ada yg smp 3x BT gagal terus kmd ke australia dg Dookter London,kmd disana wajib Laparoskopi,akhrnya stlh LO jstru bs hamil lwt iseminasi ga jd BT…
    coba ekha baca2 semua kategori di web ini,agar paham fungsi LO/laparoskopi tsb…..
    mgkn utk kasus Evy ga mslh spth utk kasus ekha ada kelainan lain yg hny bs terlihat lwt LO….
    wlpun LO mm mahaaaaal sih….sktr 15-20juta….mknya dipastikan dulu kira2 ada problem ndak di rahim/tuba/cangkang ovarium tmpt telur masak/dll…
    krn ada testimoni yg ga mau LO akhrnya gagal BT,kmd terapi LO ternya rahimnya retro dan ada kista yg tumbuh ktk menjelang Ovulasi….
    jadi ttg organ reproduksi….benar2 kompleks dan rumit deh……
    stlh test medis lengkap barulah ekha bs mantap melakukan BT….syng kan dah keluar dana 30-50juta kmd gara2 ga LO jd ga tahu ada kelainan yg mengganggu tumbuhnya embrio,akhrnya BTnya gagal…..
    coba konsultasi dg dokter Aucky deh….apa yg beliau bilang ekha ikutin aja…..
    jangan menyerah…..tetap semangaaaaaaaaaaaaat

  83. 83 On May 8th, 2010, Evy said:

    @ekha, juni ini 6th usia pernikahanku. Emailku evy_75@yahoo.com. Btw dlm proses by tab.ku pertama dicek dulu sperma suami, kesehatan suami istri, terus usg, ultrasound vaginal (utk melihat ada ato ga kista/myoma, di situ jg keliatan ada ato ga telur dll). Jd klo ada da myoma/kista dioperasi dulu, dst sampe rahim kita siap. oke gitu dulu pengalamanku, mg membantu ya. Yg penting tetap optimis berusaha. Mg berhasil

  84. 84 On May 11th, 2010, Ekha said:

    @ Sisca :
    Makasih masukannya mbak….memang kata dokter buat nentuin masalahnya harus laparoskopi. Untuk Laparoskopi Diagnostik (melihat masalahnya apa) biayanya sekitar 8 jt. Untuk Laparoskopi Operatif (mengatasi masalahnya) biayanya 17 jt. Nanti setelah Laparoskopi Diagnostik baru ditentukan perlu Operatif atau tidak. Oya, mbak….ditangani Dr. Aucky ya? Di Surabaya Dr. Aucky praktek dimana? Makasih ya..

  85. 85 On May 12th, 2010, yanti said:

    Hai para seniorku,
    w pingin sharing apakah kalo mens kita gak teratur, program bt jg cenderung gagal lbh besar?
    Thanks yah…. saya tunggu infonya.

  86. 86 On May 13th, 2010, sisca said:

    @yanti:
    lam kenal ya….
    dari yg kubaca di web ini….kemngknan yanti ada kelainan namanya PCO….coba yanti baca di web ini kategori PCO…
    tanda2 yg mudah buat wanita yg kena PCO adl siklus mensnya ga teratur 1 siklus(25-35hari)….kdng smp 2bln bhkan ada yg 6bln br mens….intinya PCO adl telurnya ga matang2 dlm 1 siklus….jk matang kmd keluar ga dibuahi mndj mens….
    kalo yanti gmn????
    sharingku,yanti sgr test medis lengkap ke dokter Obgyn yg khusus Infertilitas…jgn Obgyn biasa yg ada di RS umum daerah gitu….krn jk test di Klinik Infertilitas sgt penglman dlm hal organ reproduksi manusia…
    jangan menyerah….tetap semangaaaaaaaaaaaat!

  87. 87 On May 17th, 2010, There said:

    Dear all,
    salam kenal semuanya ya, saya cuma mau tanya saja, apakah untuk proses bayi tabung ada standard jumlah telur yang harus dihasilkan?
    apakah telur yang akan diambil untuk di buahi harus di atas 5?
    kalau hanya 3 telur saja bisa tidak dilakukan BT?

    TQ

  88. 88 On May 18th, 2010, aimee said:

    there, waktu saya program di dr aucky, beliau cerita kalo inul itu hanya menghasilkan 3 telur, 2 yg jadi embrio dimasukkan semuanya, nyatanya tetap berhasil :) tetap semangat yaaa

  89. 89 On May 18th, 2010, There said:

    Dear Aimee,
    terima kasih atas infonya ya…
    Sorry mau tanya lagi nih kamu program dengan dr aucky apakah berhasil?
    waktu itu saya mau program BT ama beliau tidak jadi karena saya pikir tempatnya jauh juga.

  90. 90 On May 18th, 2010, aimee said:

    saya belum rejeki berhasil, tapi barengan saya banyak juga yg berhasil koq… yg penting tetap semangat :)

  91. 91 On May 19th, 2010, Erlyna said:

    @There…
    Semakin banyak telur yang kamu punya makin baik. Jangan stress, hindari makan kedelai, banyak makan protein setidaknya 6 bulan sebelum IVF. Karena kita menggunakan telur yang kita punya , dan mereka muncul bukan saat ivf tapi kita sudah punya mereka sekitar 6 bulan sebelum ivf. Saat ivf kan cuma dibesarin saja, kalo membesarkan telur yang buruk kan buat apa. Saya juga percaya stress mengurangi jumlah telur, teringat ayam dipeternakanku stress tidak bertelur. Ingat juga telur ada juga juga yang tidak ada isinya, ibaratnya telur yang tidak punya kuning telur .

  92. 92 On May 20th, 2010, There said:

    @ Aimee dan Erlyna :
    terima kasih atas infonya, sebenarnya saya tanya soal Bayi Tabung ini untuk teman saya yang sekarang lagi rencana BT, cuma ternyata telur yang dihasilkan sedikit, lalu kalau mau insem sperma suaminya juga tidak memenuhi syarat.
    Tapi saya juga memang berencana BT juga mengingat usia saya yang sudah 36 tahun dan belum juga dikaruniai anak (menikah 7 tahun), dan sudah insem 2 kali.
    Sekarang saya lagi konsultasi dengan dr Enud.
    Mari kita tetap bersemangat….

  93. 93 On June 6th, 2010, henny said:

    terima kasih utk sharenya.saya br bergabng..senang rasanya punya rekan2 seperjuangan… continued in post Saya putuskan jual mobil utk program bayi tabung.

  94. 94 On June 15th, 2010, Inda said:

    Hi, salam kenal semua..
    Nama saya Inda, umur saya 28 dan sudah menikah 4 tahun.
    Sampai saat ini saya dan suami belum dikaruniai anak.
    Saya juga sudah berobat medis maupun alternatif kemana2 tapi belum mendapatkan hasil. Saya didiagnosa menderita PCO dengan kondisi sel telur yang banyak tapi tidak bisa matang.
    Padahal siklus mens saya teratur (selalu setiap bulan dan maju), tidak menderita nyeri hebat.
    Alhamdulillahh kedua saluran tuba fallopi saya juga paten alias tidak buntu.
    Saya juga sudah 2x mencoba inseminasi namun gagal. Sekarang saya sedang mengikuti program bayi tabung (IVF) short protokol dengan dr. Andon Hestiantoro di klinik Yasmin RSCM Kencana. Mudah2an berhasil… Doakan ya teman-teman. Semoga usaha dan doa kita semua didengar yang Kuasa dan dikabulkan. Amiiiin…

  95. 95 On August 3rd, 2010, hayu arfiani said:

    halo teman teman
    salam kenal. saya hayu. hanya ingin ikut berbagi. kalo boleh ikut menaggapi beberapa problem yang di alami teman teman. karna kebetulan saya mempunyai usaha di bidang kesehatan.spa tau bisa membantu teman teman

  96. 96 On August 15th, 2010, nur rachma said:

    hallo semua aku mo gabung nih aq dah 15 th menikah rencana hbs lebaran mo ikutan bayi tabung klu di graha amerta yg bagus dokter siapa ya? Siapa yg punya info ato pengalaman? Mksh sebelomya ya…

  97. 97 On August 26th, 2010, tesha said:

    hi…lam kenal all..mo share neh…saya tesha usia 25th suami 33th,,,saya pernah mengalami kehamilan diluar kandungan dan terjdi pendarahan hebat hingga mesti di lakukan laparatomy,,,,ciri” kehamilannya saya mengalami mual di malam hari, perut terasa nyeri, dan terjdi flek”….saat periksa kedokter n USG ternyata tidak terlihat janinnya…tp dokter tersebut tdk mengambil tindakan yg extra,,,kmudian saya di beri obat penguat,,,2 mnggu kmudian saya periksa lagi karena terjadi flek” yg terus menerus,,,stlah itu masih diberikan penguat,,,n ke’esokan harinya saya mengalami keguguran ,,,hingga mengeluarkan gumpalan sekepalan tangan,,,saya pikir itu bnr” keguguran…kemudian saya ingin melakukan curet agar bersih ternyata stlah di USG n di check lwt vagina hasilnya memang rahim sudah bersih tdk perlu melakukan curet…dan 2hari kmudian saya mengalami sakit perut yg luar biasa…seperti tidak bs nafas,,,,lgs dibwa ke rmh skt,,,dan tnyata saya harus di operasi krn ada pendarahan hebat didlm perut saya….jdi saat ini saya hanya memiliki 1 indung telur saja,,,,dan usia pernikahan saya sudah 3th…operasi tersebut terjadi 1 1/2 thn yg lalu…..sampai saat ini saya blm memiliki momongan…perlu ga saya melakukan checkup keseluruhan…???kira” kisaran biayanya brp,,,dan ada yg tau ga,,,siapa dokter OBGYN terbaik di denpasar….mohon info dr tmn”,,klo bisa dikirm ke email saya tesha_lie@yahoo.com,,,thx all

  98. 98 On October 7th, 2010, anggrek1812 said:

    Hi all…
    Salam kenal buat temen2 yang berjuang untuk mendapatkan buah hati.
    Saya sudah menikah 4 th dan sampai sekarang belum mendapat momongan.
    Dan untuk masalah cek dan ricek semua udah dijalani, insem dgn dr. Aucky juga udah 2x, tapi gagal,sempet putus asa sih…tapi baca semangat temen2 jadi pengen banget ikutan BT. Dan aq ditawari program BT, cuman biayanya gede banget ya?
    Kalo seusia aq yang hampir 34th, kira2 ada temen nggak yg bisa kasih input perkiraan biayanya?

    Thanks

  99. 99 On January 10th, 2011, susan said:

    hiii…
    salam kenal buat semuanya…
    sy sdh menikah 3thn, usia 30 thn,suami 41.awalnya saya tidak ada mslh apapun, tapi 2thn blkgn ini sy diblg menderita PCO, sdh 3dokter yg myatakan dmikian. skg sy pengen bt di doktr aucky, yg mau sy nanya ada yg tau biaya bt di dr aucky ga? terus harus tinggal brp lama di sby, berhubng sy dr manado.
    tolong disahare ya kalo ada yg tau.

    thanks.

  100. 100 On January 11th, 2011, Tina said:

    Ikut nimbrung, mau nanya kalau umur 44 (masih haid) bisa ga yach untuk ikut BT, ada yang punya pengalaman hamil di umur segitu, mohon informasinya dari trman2 semua, semoga bisa menolong saya.

  101. 101 On January 14th, 2011, nuning said:

    ikutan share..sy di jkt, udh nikah 8thn,pernah hamil alami thn 2003 (tp keguguran&hrs dikuret) nah setelah insem 2x gagal (di klinik aster &di androlog Noeman Moeloek) sy pgn BT, nah masalahnya sy bingung RS mana yg paling tepat. plis ya..sy butuh bgt referensi sbg bahan pertimbangan..hrs buru2 nih, usia dah 37 ajahh.. :(

    oiya, sy disarankannya ke rs.family-pluit (jauh bgt sihh..krn rmh sy di jaksel) ada yg punya saran???

  102. 102 On March 8th, 2011, amy said:

    Hi all friends,
    Please help me to pray ya, aku jg lg ngejalani cek up nih mo punya momongan, duh rasanya gelisah sekli nih kolegas, tolon gya bantu doa biar ni berhasil.GBU all of friends

  103. 103 On March 10th, 2011, amy said:

    tolong donk temen2 seperjuangan kalo dapt emailnya mbak inul..mohon dikasih ke aku ya karna aku pengen brty ttg keberhasilan mbk Inul, sdh 1 thn yg llu aku mencari tp g dpt2.dan lwat dokter siapakh dimankah? mbk Imul bs berhasil..tolong lewat email aku ya.
    rukmini.araujo@yahoo.co.id

  104. 104 On March 10th, 2011, anggun said:

    Hallo mbak amy,,kl gak salah Inul di Siloam, sby ama dr. Aucky.Tks.

  105. 105 On August 14th, 2011, Jia said:

    salam kenal bt smua yg telah berbagi pengalaman ttg BT,LO,Inseminasi… teman2 sy jia 35thn suami 37thn,usia pernikahan sejak 2006,mslh kami blm py anak,saya tdk pernah hamil smpi saat ini. saya bingung apa yg terbaik hrs ku lakukan. pemeriksaan scr USG kata dokter sich rahim qu baik2 aja. mslh qu haid tak teratur,dan kadang dtg kdg tak dtg, kadang volume sedikit kdg byk jadi nggak menentu kali bgt. suami sdh periksa sperma thn 2010 hsl nya volume nya banyak tapi pergerakannya yg lambat dari wkt sehrs nya…bgt hsl dari laboratorium utk analisa sperma suamiku. kepada teman2 dan dokter yg memahami problem ku ini mohon bantuan penjelasan apa yg hrs aq lakukan tuk selanjutnya coz aq serius mau punya anak dan ingin hamil yg sehat .atas perhatian smua teman dan dokter yg akan memberi solusi saya ucapkan trimakasih…Salam.

  106. 106 On August 16th, 2011, Yenni said:

    Hi Jia, kasusku sama dgn kamu… haid tdk teratur. Aku sarankan tuk inseminasi dulu, trus kalau tdk berhasil bisa coba bayi tabung. Coba konsultasikan dengan dokter, jangan ditunda soalnya semangkin berumur semangkin kecil kemungkinan berhasilnya.
    Aku inseminasi beberapa kali tapi gagal, trus bayi tabung… usaha bayi tabung yg ke 3 baru berhasil… pada saat umurku 35thn.

  107. 107 On August 22nd, 2011, lisna said:

    saya lagi ngikuti bayi tabung juga kenapa saya operasi laparoscopy karna satu tuba saya gak berpungsi jadi harus di buang
    sekarang saya udah menjalani pengobatan bayi tabung saya sudah hampir dua minggu suntik pake puregeon pen di bawah puser juga surefact semprot hidung tia dua hari sekli kontrol darah dan cegrafie besok mungkin membicarakan pengangkatan eicel karna udah berbentuk besar dan bagus
    operasi laparoscopy tidak begitu rumit tapi itu buat kesehatan kandung kalau saya gak di buang percuma tuba saya sakit gak berpungsi jadi saya punya satu tuba sebelah kananyang kiri di buang
    salam lisna

  108. 108 On September 23rd, 2011, Inta said:

    Hai semuanya, sy inta umur sy 24 thn dan suami 31 thn. Tgl 15 september kemarin sy ke siloam surabaya utk bt dgn dr. Aucky hinting. Setelah usg dan cek darah sm suamu, trus dia jg di cek sperma, malemnya aku&suami disuruh balik lg ke dktrnya utk liat hasil.. Dan alhmdulillah hasilnya baik2 aja, cmn hormon aku + sperma suami ada kekurangan sedikit. Dokter kasih aku obat kb yg diminum selama 21 hari dan vitamin, suami jg dikasih obat. Trus dokter suruh aku&suami utk balik lg skitar tgl 12 okt dan dikasih tau stimulasi (bener ngga yah) program bayi tabungnya. Prediksi dokter sih insyaAllah kalo semuanya sesuai tgl 8 nov aku udh dapet hasil negatif atau positif.. Oia biaya yg diperkirakan sih 35 jtan klo ngga salah. Nah aku jg mau tanya sm yg berhasil bayi tabung, setelah ET kita apa hrus bedrest smpe berminggu2, hrus pake pampers dan ngga boleh keluar2 smpe sebulanan ? Soalnya suami aku ngikutin pengalamam temennya yg udh berhasil, tp aku takut ngga mampu.. Hiikkss.. Mohon ya mba2 dan ibu2 utk dikasih tips2 ke aku spy ngga sia2. Mohon doanya jg ya spy bt aku bs berhasil.. Amiiinnnn

  109. 109 On January 12th, 2012, Julie said:

    Hi all!
    Untung BT, perlukah mendapat semua suntikan selama 17 hari!
    thanks

  110. 110 On May 15th, 2012, amin said:

    saudari inta saya juga ingin kesiloam untuk BT tapi belum tau info sepenuhnya bila saudari inta udah tau tlg sy bikasih nomer HP saudari nanti sy tanya saudari

  111. 111 On June 2nd, 2012, tuti said:

    halo semuax salam kenal sy tuti sudah 4 tahun menikah tp sampai skrg blm pny anak.sy dah jalani semua tes dr USG smp HSG dan hasilx bagus ga ada penyumbatan telurx bagus dan haid sy teratur tiap bulanx.masalahx di suami sy bermasalah gn spermax dr hasil ters lab suami sy oligoasthenoteratozoospermia.sudah d kasih obat utk sebulan setelah itu tes lg jumlahx bertambah ato ga krn hasil tesx spermax cm 2,2jt dan banyak yg ga bagus.sy d saranin buat BT di RS BROS denpasar bali.oya mengenai prosedur BT yg sy dpt dr dokter,sy harus ikut konseling dulu setelah itu untuk ngambil sel telur ktx harus dgn tindakan operatif laparoskopis di situ di butuhkan tanda tangan suami sebagai persetujuan utk tindakan operatif.kemudian sperma suami d ambil di ketemukan dgn sell telur trus d tanam d rahim sy pd saat masa subur di situ jg ktx akan ada tindakan operatif lg lwt vagina utk proses tanamx.dan harus istirahat kurang lebih 3 bln ga boleh kerja sedangkan sy PNS.oya suami sy dinas di luar kota.itu garis besar yg sy tau.mohon info dan saranx donk dr teman2yg dah pernah ikut BT.tks b4

  112. 112 On July 30th, 2012, Ermy said:

    salam kenal buat semua…aku sangat senang membaca pengalaman teman2 mengenai bayi tabung. sya jg sdg ikut program bayi tabung di RS Harapan Kita Jakarta dan sdh direncanakan bulan september nanti tahapannya dimulai. sya & suami sdh menjalani semua pemeriksaan mulai dari pemeriksaan sperma, USG transvaginal, HCG, dll, dan alhamdulillah hasilnya bagus akhirnya dokter menyarankan untuk inseminasi. Namun sya & suami sepakat untuk lgsg bayi tabung. Dokter sdh menjelaskan semua proses yg hrs dijalani nantinya. Pada saat mens hr ke-2 sya lgsg berangkat ke Jakarta (krn sya tinggal di Palembang) dan diperiksa kembali terutama pemeriksaan darah untuk mengetahui ada tdknya virus TORCH, Rubella & Hepatitis dan kemudian pemeriksaan lainnya.sya msh bingung kira2 butuh waktu brp lama untuk menjalani proses ini sampai ada hasilnya. dan kalaupun nantinya berhasil kira2 brp lama waktu agar bs kembali ke Palembang. krn sya jg PNS sma seperti yg mbak tuti bilang, kemungkinan hanya bs ambil cuti 1,5 bulan. Tlg kepada teman2 sya dikasih masukan ataupun saran yg terbaik. Thanks ya!!!

  113. 113 On August 29th, 2012, Rossa said:

    Dear Tuti,

    Bagi yg sperma dikit dan istri tdk masalah langsung Bayi tabung aja di dokter karel RS.Abdi Waluyo jakarta telp 021 3144989 Rp 20 – 25 jt tanpa suntikan hanya makan obat2an, jangan insem krn percuma sperma dikit tdk akan berhasil, masalah saya hanya krn sperma suami dikit dan BT di dokter karel uda berhasil hamil(murah meriah), sperma dikit susah hamil alami mau tunggu keajaiban sampe kapan?

    Bagi yg haid tdk teratur harap segera BT jangan tunda2 lagi krn berarti sel telur tdk bisa matang ( tdk haid/gagal ovulasi )makin tua makin susah, makin besar peluang gagal..segera BT di dokter karel ato dokter Irsal RS Gading Pluit Kelapa Gading jakarta ( pake suntikan gonal lebih mahal 50 – 60 jt tp org yg haid nya tdk teratur agak susah kendalikan hormonnya . Aku sarankan 2 dokter ini krn tdk komersil dan tdk suka suruh ini itu yg tdk perlu ( mis. laparaskopi 10 – 30 jt ato operasi lainnya ).

    2 dokter ini orgnya to the point ( terus terang dengan kondisi kita ) dan saran yg diberikan tdk macam2..saya pernah di vonis miom dan harus operasi dulu baru bisa jalani program BT oleh dokter di Family dan harkit..tp ternyata sama dokter Karel dan Irsal tdk perlu operasi dan mereka benar BT saya 2x berhasil, saat melahirkan saya minta dokter lain caesar dan ambil miom dan ternyata miom saat mau diambil aja tdk keliatan sama sekali sampe sekarang dan sekarang hamil BT yg ke 2..

    Semoga bermamfaat info saya..jangan percaya 1 dokter, check 3 – 4 dokter..

    Tp kalo sperma dikit dibawah 20 juta,haid tdk teratur dan umur uda 30 tahun keatas mending langsung BT jgn buang waktu, percuma aja..berobat mkn vitamin hanya akan menaikkan sedikit jumlah sperma tdk akan menjadi standar dan tdk berpengaruh besar..
    daripada habis duit berobat yg tdk pasti lebih baik langsung BT lebih pasti krn uda terjadi pembuahan dan ditanam ke rahim..

    Kadang2 dokter hanya mau jadikan kita kelinci percobaaan suruh operasi dan laparaskopi padahal tdk perlu, bagi yg ada kista, endometriosis, hidrosalping mungkin perlu..kalo hanya sekedar tuba tersumbat, sperma dikit, haid tdk teratur dan hasil HSG baik tdk perlu operasi dan laparaskopi..

  114. 114 On September 8th, 2012, Evi said:

    Hi temans,
    Aku rencana mau bikin bayi tabung, tapi usiaku sudah 37 tahun, gimana ya ??? takut kalau ngak berhasil :(
    kata temen-temen di Surabaya bagus rumah sakitnya ada referensi ngak di rumah sakit yang mana ya ?
    Soalnya dari awal aku sudah sering general check up di Mahkota Hospital di Malaka jadi otomatis mereka punya semua record aku kalau di Surabaya berarti aku harus mulai dari awal lagi kan dan takutnya di ping pong sana sini.
    Kendala kalau bikin di Malaka perjalanan dari Batam ke sana cukup melelahkan karena harus naik ferry trus nyambung bus hadeeehhhhh

    Tolong ya teman kalau ada info tentang rumah sakitnya di surabaya dan berapa biayanya serta dr yang bagusnya disana dengan siapa jadi aku bisa berkomunikasi dengan dia ya paling ngak melalui email dulu untuk buat janji dengan mereka.

    Terima Kasih sebelumnya

    Evi
    Batam

  115. 115 On September 9th, 2012, linda said:

    hi,,,salam kenal smuanya
    perkenalkan nama saya linda,dari medan udah menikah sekitar 6thn, pernah hamil pd thn 2007,tp keguguran n kuret,usia kehamilan 2 bulan,kami udah berusaha medis dan alternatif tp sampai sekarang belum juga hamil,tempo hari dokter menganjurkan kami ikut BT,di SBY tepatnya rumah sakit siloam ,krn hasil pemeriksaan suami saya produk spermany kurang n pergerakanya lamban,btw umur saya 30 thn dan suami 34 thn… mohon saran dari tmen tmen smua,,,tks

  116. 116 On October 18th, 2012, ranma said:

    bnyk infoyg kudapat di sini…mohon solusi dr mslhku ya tmn2s,mgkn agak melenceng dr temanya..bgni,ak sdh menikah 1,5 tahunan,tp sampai skg mr.p suamiku blm bs menembus v ku..ak jg tdk tau knp,tp mr.p suamiku menegang dg baik.unt v ku,kulihat lubangnya msh tertutup rapat,krn ak msh virgin,apa mmg bgtu???atokah kurang besar lbg v ku?klo unt operasi unt sdkt melebarkan lubang v ku apakh bs??nb:ketiak ml ak sdh terlumasi dg baik..mohon infonya tmn2s.trimakasih..ak sngt ingin segera pny anak

Leave a Reply

*