Proses bayi tabung – by Icha

Berikut ini adalah pengalaman dan penjelasan proses bayi tabung oleh Icha. Terima kasih Icha atas sharingnya.

Buat aku ngejalanin proses bayi tabung untuk pertama kalinya ngerasa banyak gak taunya, penasaran dan was-was juga. Maklumlah selain tingkat kegagalan yg cukup tinggi juga biaya yg lumayan mahal. Di klinik tempat aku bt para dokternya bukannya gk mau ngejelasin, cuman untuk dapat gambaran keseluruhan emang butuh waktu, belum lagi kalo tiba2 lupa semua apa aja yg mo ditanyain. Eh baru keinget pas sampe rumah, ato pas baca2 pengalaman dari temen2 di blog ini… So, aku kemaren berinisiatif nanya ke seorang dokter spesialis obsgyn, kebetulan beliau sedang mengambil sub spesialis tentang bayi tabung dan aku cukup puas dengan jawaban beliau. Mudah2an temen2 yg ngalamin kayak aku sedikit terbantu dengan jawaban ini.

Oh iya aku ikutnya di harkit, gk tau kalo di tempat lain mungkin obat2 yg diberikan sedikit beda.. Setelah melalui cek up darah, hsg dll. Akhirnya tim dokter memutuskan kalo kita sebaiknya ikut bt.

Awalnya dilakukan simulasi untuk embrio transfer, diukur rahimnya supaya pada saat dilakukan ET beneran posisinya udah pas, kalaupun ada kesulitan bisa dideteksi dari awal. Syukurlah waktu itu dokternya bilang gak ada masalah. Mulailah penyuntikan suprefact 0,5 cc di bawah pusar selama 14 hari, fungsinya ternyata untuk menekan kerja hipotalamus ( ini suatu bagian di otak yg fungsinya mengatur reproduksi normal kita) sehingga sistem reproduksi kita selanjutnya dapat diatur melalui obat yg disuntikkan berikutnya. Efek sampingnya? kurang lebih seperti orang menopouse seperti sering berkeringat, mudah lelah, sensitif tapi itu bervariasi koq, ada juga yg gak ngerasain apa2 termasuk aku rasanya biasa2 aja.

Kemudian mulailah di suntikkan gonal F selama 14 hari dan selama itu biasanya dipantau terus setiap hari melalui usg dan cek kadar hormon di darah sampai telurnya matang. Setelah dinyatakan matang mulailah pengambilan telur (ovum pick up). Biasanya pasiennya di’tidurkan’. Setelah itu biasanya ditunggu 30 menit sampai sadar dan diperbolehkan pulang dan langsung dilakukan ICSI atau penyuntikan sel sperma ke dalam ovum. Kata beliau gak usah kuatir kalo suami memiliki bentuk sperma yg ‘aneh’ misalnya gak punya ekor karena dengan adanya metode ICSI ini bukan lagi bentuknya yang penting melainkan materi genetik yg ada dalam sperma tersebut, yg dipilih oleh embriologisnya adalah yg paling bagus materi genetiknya. Caranya? yaa..serahin aja pada ahlinya :D

Setelah itu ditunggu selama 72 jam untuk dilihat apakah terjadi pembelahan sel. Yang terbagus adalah yg membelah 8 sel, biasanya yg dimasukkan ke rahim ( embrio transfer ) yg seperti itu. Tapi tergantung juga hasilnya nanti, setelah itu dilakukan embrio transfer. Jika ada beberapa embrio yg jadi hanya 2-3 aja yg dimasukkan, selebihnya dibekukan untuk kemudian dimasukkan kembali jika yg pertama gagal ato suatu saat pengen nambah momongan lagi :) Kata dokternya gak diberi bius, rasanya agak mules, aku sendiri belum sampai tahap itu jadi belon bisa cerita.

Setelah itu kita tunggu sampai 14 hari untuk tahu apakah terjadi kehamilan ato gak, dengan di cek darahnya dan di usg. Selama itu juga diberikan obat2an penunjang agar rahim kita siap menerima embrionya.. Naah aku kelupaan nanya obat apa aja, disuntikkan berapa kali, dimana, dan efeknya apa.. Ada temen2 yg bisa bantu? ntar aku update lagi deh.. setelah embrio transfer sebaiknya istirahat, gak sampe bedrest gk pa-pa tapi sebaiknya ambil cuti, mudah2an sih berhasil ya, smangat!! jangan pernah putus asa!! itu dulu sih infonya, moga2 membantu ya!

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (16 votes, average: 3.06 out of 5)
Loading...

125 thoughts on “Proses bayi tabung – by Icha

  1. emma

    salam kenal semuanya…
    aku berobat saat ini di klinik melati harkit.
    aku udh operasi laparotomi dan laparoskopy. dan berencana mengikuti bayi tabung. menurut teman2,tingkat keberhasilan ku gmn ya?….aku bicara dgn dr ada yg pesismis dan ada yg optimis. bingung jadinya. ada nggak kasus temen 2 yang mirip seperti aku dan berhasil? thank ya…

  2. Nana

    Salam kenal buat semuaya……..
    aku baru selese baca semua comment di sini,asli nangis terharu gitu baca perjuangan temen2 ternyata perjuangan aku selama ini belum seberapa dibanding temen2 semua….semoga semuanya masih tetap bersemangat…..

    aku dah 8tahun lebih menunggu,rencana tahun depan pengen program BT,lagi cari2 rumkit, kira2 dimana ya yg nyaman bt kitanya,trus masalah biaya kira2 mahalan dimana sih antara indo ato penang/malaka?

  3. Ira Marlina

    Hi Vero,

    Terima kasih ya atas info nya, Iya aku pikir juga begitu kasihan bener suami kita kalau mesti menjalankan PESA 2x. BTW vero setelah suami kamu di PESA berapa lama dia mesti bed rest? dan pulih kembali/bisa melakukan aktivitas normal? coz menurut dokter cuma 3 Hari aja, apa bener? coz suami ku banyak jadwal travel nya jadi mesti di planning banget nich kapan dia mau melakukan PESA.

  4. Veronica

    Hii Ira..
    Suamiku di PESA cuma 1 X sebelum aku tes2 lab…setelah sperma bhasil didapat baru lanjut ke tahap program ivfnya..sperma tsb dibekukan jadi pas OPU sperma yang beku dicairkan…memang lebih baik lagi klo sperma fresh yang dipake tapi masa si PESA 2X kasian banget suami kita…waktu itu si pertimbangan knapa PESA sebelum program karena harus dicek dulu spermanya ada ato ga..klo ada baru lanjut ke ivfnya

  5. Ira Marlina

    Hallo Veronica,

    Aku mau tanya dong mengenai PESA, Suami ku kan harus melakukan PESA untuk program BT yang akan kita ambil nanti cuma pertanyaan nya apa bener waktu itu suami kamu melakukan PESA 2x. yang pertama untuk mengetahui kwalitas dan kuantitas sperma kemudian mereka bekukan dan proses PESA ke 2 apabila akan di lakukan pada saat OPU (seandainya kita menginginkan fresh). aku kan baru mau dateng lg ke bunda tgl 24 Oct (H ke 2 haid), tapi Dr. Agustine bilang seharusnya suami ku di PESA dulu baru aku melanjutkan ke stage berikutnya. Kasih tahu dong waktu itu kamu gimana? ku tunggu penjelasan mu ya.

    Thanks,

  6. retno

    Hai wien..salam kenal.Kamu nggak sendirian msh banyak temen2 yg senasib termasuk aku.Udah usaha kemana2 dr pijet,akupuntur sampe akhirnya ikut bt bisa hamil cuma 7 mg doang trus keguguran..hiks.Mungkin blm rejekinya ya..tp aku tetep optimis rencana mo ikut lg sampe dapet(kalo Alloh SWT mengijinkan..amin).
    Jadi jangan ragu2 ya wien ikut program bt ada di rs harkit, rs bunda, rs family, rscm.Emang sih peluangnya cuma 25-30% jadi harus siap2 mental kalo seandainya gagal.Ok deh semoga sukses yah…

  7. wien

    saya baru nemu website ini kemarin
    ternyata saya tidak sendiri..
    saya sudah 8,5 th menikah n belum diberi momongan
    dokter anjurkan spy ikut bt tapi sampe skrg belum terlaksana jadi lagi coba alternatif dulu
    saya sampe nangis baca pengalaman temen2
    terima kasih karna stlh baca saya jadi punya semangat dan kesiapan mental untuk berpikir serius tentang bt
    cuma agak bingung juga, ke mana saya sebaiknya ikut program ini…

  8. Veronica

    Ati…tetep semangat ya…aku juga belum bhasil thaw cycle kemarin..dan masih harus berusaha 🙂
    kita sama2 berdoa ya biar Tuhan buka jalan buat kita smua…

  9. Lily

    Ati kmu yg sabar ya, banyak doa dan jangan putus asa, pokokx terus berusaha dan jangan pernah nyerah ya anggap aja bt ke2 ini belum rejeki kmu, semoga kita semua bisa diberi kesempatan hamil dan jadi ibu yg terbaik, Amin.

  10. ati

    Veronica..ivfku yang ke2 ini belum berhasil hamil nich gagal copot lagi kata dokternya.rencanaku masih mau nyoba ke penang ditempatnya mery,cuma belum dapat informasi gimana gimananya,kamu gimana dengan naturak cyclenya?

  11. jenny

    hi Ayu,
    aku tertarik baca ceritamu, krn cuma kamu yang ada pengalaman kekentalan darah saat BT. Jadi pengen nanya2 nih ke kamu…
    Jadi kamu sempat ET ya? kok bisa tau ada kekentalan darah waktu itu, bgm taunya, tes darah atau USG?
    Apa ada hubungan kekentalan darah dengan obat2an yg dipake saat program BT?
    Setelah pengalamanmu yg ini, apa ada solusi yang lebih baik dari dokter kalo misalnya kejadian ini terulang lagi di BT yg berikutnya?
    Thanks ya. sorry.. byk pertanyaannya.:)

  12. ati

    Hi Temen temen
    Hi , Nona.
    iya itu buahnya kakakku buat juice 2 buah aja langsung diminum sambil tutup hidung kalau nggak bisa mual.

    Hi ,Lily
    Thanks atas doanya nanti kukirimin hasilnya mungkin tgl 17 ini ,setelah kegagalan BT pertama sy tidak terlalu tegang dan beraktifitas seperti biasanya malahan suami sy sudah siap siap ke penang kalau tidak hamil because suami saya tidak mau sy kecewa lagi kayak BT pertama,jadi sekarang dia bantuin planning buat next step,suami sy pesimis sebab embriologisnya bilang telur sy kurang bagus dari 7 telur hanya 6 yang terbuahi dan 2 yang jadi embrio bercel 2 dan bercel 5 dan baru 2 hari udah ET,tapi mungkin keajaiban terjadi buat sy juga buat lily.
    Hi Iva,
    lam kenal juga iya kayaknya beda 3 hari kita due datenya
    ntar kasih tau hasilnya semoga Tuhan mengabulkan apa yang kita impikan.
    Hi Veronica,
    salam kenal thanks buat doanya sy udah bayar 40 juta tapi belum tau suruh bayar berapa lagi .
    Hi retno ,
    lam kenal juga

  13. retno

    Hi Iva..iya waktu itu aku ngrasa kenceng aja perutnya kalo nyeri sih nggak..tapi emang blm rejeki kali ya btw simpenan embrio kamu kan banyak kalo aku malah gak ada..hiks.

    Sekarang aku istirahat dulu Va kt dokter tunggu 2-3 siklus lg..jd skrg lg ikutan akupuntur dulu.Ok deh Va..semoga sukses yah…gutlak!

  14. Iva

    Hi Retno,salam kenal juga ya..
    Thx ya masukannya.. Aku skg ngerasain dibawah perut kadang2 nyeri kadang rasanya kayak pengen dapet(mens), emang gt or gmn sih?waktu kamu kemaren gmn rasanya Ret?

    Iya skg kayaknya tinggal banyakin doa aja,semuanya udh kita lakuin yg terbaik semampu kita, biar hasilnya kita serahkan ke Allah SWT..

    Rencananya kamu mau BT lagi or istirahat dulu Ret? yg penting tetep semangat ya..dan mudah2an berhasil nanti..amin

  15. retno

    Buat ati, iva, lily, achi, nona, nunung..pokoke semuanya salam kenal.

    @Lily..maju terus pantang mundur ya li smoga program bt berikutnya sukses.

    @Iva..krn ini program bt pertama jangan capek2 n jng stress ya krn bisa mendropkan hormon utk penempelan embrio.Kalo kerja mending cuti aja n jng lupa banyak doa..

    Trus buat yang lain2 yang blm berhasil jng putus asa(termasuk aku jg)..percaya deh Allah SWT pasti mengabulkan doa kita, tinggal tunggu wkt yg tepat aja..amin!

  16. Iva

    Lily… BT di Bunda itu dokternya bukan team,disana kan ada 3 dokter jadi tinggal pilih sregnya ma siapa..ok,lily sukses ya..

    Vero.. iya alhamd emang lumayan yg terbuahi,tp kalo mao di freeze kan mesti dipilihin yg exelent&good,jadi aku cuma punya 5 simpanan embrio..( ya alhamd bgt lah..)
    Thx ya ver doanya..

  17. lily

    hi nung,,,
    salam kenal jg. Kalo nanya alasan knp gagal mulu ga bs jwb coz dr. Aucky sndiri ga bs ksh penjelasan malah terkesan amaze (dlm tanda kutip) ama case aku yg unsolved, mgkin blm dipercaya ma Tuhan aja.

    Iva… Salam kenal jg.
    Aku blm tau jdnya bikin BT dimana, antara bunda ato mahkota hosptl malaka, msh lama sih kira2 thn dpn.
    Mau tanya, BT di bunda ditangani tim dokter ato ama dr. Indra sdiri?

  18. Nunung

    Dear Lily , salam kenal ya ! dr semua sharing temen2 sptnya anda top rank ya sampai BT 5x . Sy jg BT di dr Aucky tapi BT ke-1 di cancel diminta istirahat sampai 2x siklus mens baru balik lg untuk diprogram ulang . Boleh tahu kok sampai gagal berkali2 dr kasih alasan apa ?

  19. Veronica

    ati…smoga bhasil ya..oh ya..gimana dengan klinik aster…berapa habis biaya disana?

    Iva..banyak juga ya dari 12 telur 11 yang jadi..ada tabungan embrio donk 🙂
    Smoga bhasil ya…

  20. Iva

    Hi Ati salam kenal ya..
    Wah, waktu ET kita deketan ya? aku ET tgl.1 sept,ada 3 embrio yg ditransfer (waktu OPU dapet 13 telur,tp ada 1 yg blm matang jadi 12 yg di ICSI dan yg terbuahi ada 11 )
    Oya kemaren kamu ETnya gmn? lancar kan, jadinya ada berapa embrio yg ditransfer? Trus kamu due datenya kapan? aku tgl 14sept nih..skg lagi H2C tp berusaha santai aza dan bykin doa aja..duh,mudah2an kita berhasil ya? amin..
    Ati BT di klinik Ester ya? dibandung ya.. aku di BIC/Morulla dan ini BT ku yg pertama,jd serba deg2an rasanya..hehe..

    Lili..salam kenal ya..
    Wah salut deh ma kamu udh ikut BT 5x ya? sabar aja ya jeng,aku doain BT mu yg berikutnya berhasil ya,tetep semangat yaa.. Jd rencananya kamu mau ikut dimana? aku kmrn di morulla jg sama dr.Indra Anwar

  21. lily

    Dear mery,
    Salam kenal jg ya Mer, bt1 aku kena OHSS perut aku kembung dan keras banget spt hamil 7 bln pokokx waktu itu aku spt mau mati sj soalx sakit banget, klo tidur nggak bs bolak-balik spt patung , oleh dok aku diinfus albumim selama 3 hari, terpaksa dok Aucky freezing embrio dulu, stelah 3 bulan baru ET hasilx gagal, trus ikut bt2,3,4,5,fresh cycle, bt berikutx aku udah terbebas dari OHSS krn dok sdh antisipasi dgn memberi obat glucophage xr diminum selama 3 bln sebelum ikut bt dan berhasil. Dok selva jg ksi aku obat yg sm klo mau ikut bt minum glucophage 3 bulan u/ menekan telur yg berlebihan. Ok mer slamat berjuang ya, dan jgn lupa doa terus dan tetap semangat. Kmu cari di google ada doa u/ mendapatkan keturunan. Bye…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*