Program Bayi Tabung Untuk Perbedaan Usia Pasangan – Vivi

Salam teman2, saya ingin berbagi pengalaman bayi tabung di BIC. Usia saya saat ini 32th dan suami lebih older 15thn, setelah menanti 3 thn akhirnya kami memutuskan untuk program bayi tabung. Dari hasil test suami ada Asthenozoospermia, sedangkan saya PCO (sel telur kecil) dan kondisi rahim bagus. Dr. Indra Anwar yang membantu kami. Berikut proses yang saya lalui :

  • 7 Nov Hari haid ke-2 screening test dan malamnya suntik pergoveris dosis 150 selama 4 hari.
  • 11 Nov Kontrol dokter, sudah ada 17 sel telur dengan ukuran kecil dan masih harus dilanjutkan dengan pergoveris 4 hari ke depan. Pada hari ke-5 mulai ditambah suntikan centrotide.
  • 15 Nov Kontrol dokter, ada 21 sel telur ukuran cukup besar dan siap panen. Malam hari di suntik pemecah telur superfact 0,3ml
  • 16 Nov Bebas suntikan….bisa jalan2 dan makan enak
  • 17 Nov Proses OPU, 1 jam sebelumnya disuntik dan perut langsung bereaksi seperti mules. 19 sel telur berhasil dipetik. Malam hari setelah OPU mulai pakai Crinone dan seterusnya.
  • 18 Nov Embriologist mengabarkan ada 10 sel telur yang dibuahi dan 7 embrio yang berkembang. Kami pun senang dan berharap semuanya baik.
  • 19 Nov Sesak nafas, pusing dan muntah2, perkiraan saya karena ini dikasih obat Zaldiar yang tidak cocok. Jadi kami memutuskan untuk ke RSIA Bunda dan dirawat untuk di infus + oksigen.
  • 20 Nov Pagi hari keadaan sudah lebih membaik dan info embriologist ada 2 embrio good dan 3 embrio lainnya moderate. Dokter sudah menjadwalkan kami pada hari ini untuk ET. Saran dari embriologist kalau kondisi saya memungkinkan sebaiknya transfer embrio dilakukan hari ini. Kalau menunggu hari minggu untuk blatosis belum tentu kondisi embrio bisa berubah2 bahkan menjadi poor. Tindakan ET dilakukan selama 15menit. Saya bisa melihat titik putih tersebut dilayar USG dan meneteskan air mata karena terharu. 2 embrio dimasukkan ke dalam rahimku. Setelah ET istirahat 1 jam di tempat tidur dan tidak boleh pipis.

2 weeks wait terasa lamaaaa dan setiap hari nya memakan putih telur 2-3 butir, juice alpukat, buah2an dan makan teratur kemudian minum obat. Saya diberi duphaston 2×1, salep oestrogel 2×1, asam folat 2×1. Pada hari ke-5 setelah ET mulai dirasakan nafsu makan bertambah, ingin makan daging sapi, minum susu, pokoknya bentar2 berasa laper dan lelah. Kadang juga sesak nafas, jantung berdetak keras. Perut terasa seperti mau haid dan pinggang pegal. Kalau tidur malam hari rasanya posisi balik kanan/kiri sangat tidak nyaman. Saya sangat senang karena baca pengalaman yang berhasil bayi tabung mengalami kondisi demikian.
Saya juga sempat makan mangga harum manis, pakai beberapa lotion kaki karena kulit kaki bersisik, coklat sesekali. Dan apakah itu tidak dibolehkan?

  • 2 Dec Selama penantian, saya tidak ada flek dan kalau malam tidak pipis. Berhub besok pembagian rapot, jadi saya test dipagi hari. Hasilnya negatif dengan garis yang sangat jelas, saya begitu kecewa dan menangis terus. Suami pun memandangi saya dengan mata berkaca tetapi berusaha menenangkan saya bahwa besok dipastikan dengan periksa darah. Saya pun browsing bahwa ada teman2 pengalaman beda sehari langsung bisa berubah positif. Saya berharap dan tetap berpasrah pada Tuhan.
  • 3 Dec Test darah bHCG & urine, setelah 5 jam dapat kabar bahwa hasil bHCG <1 dan rujukan kalau positif 5. Saya kembali menangis tiada henti sambil bertanya dalam diri. Apa yang salah dengan program bayi tabung? Apakah masalah sperma? Mengapa embrio yang ditanam tidak menempel salah satunya? Boleh dibilang problem kami tidak begitu sebesar teman2 lain yang ada masalah besar dengan reproduksi. Begitu banyaknya pertanyaan dan kami akan menemui dokter untuk mendapatkan penjelasan.

Dukungan suami begitu besar bahkan memanjakan saya selama embrio sudah ditransfer dan kami sudah berdoa setiap malamnya, membisikkan/mengobrol dengan embrio kami supaya sama2 kuat. Saya yang sudah membayangkan menggendong bayi, mencium wangi bayi dan akan berjuang selama kehamilan akan saya lakukan tanpa mengeluh. Namun keberuntungan belum berpihak pada kami.

Kami akan terus berusaha dan 3 bulan ini istirahat dulu untuk memulai program bayi tabung, mempersiapkan fisik, mental, dll.

Pengalaman di BIC dari dokter dan susternya semua baik dan berpengalaman, kami dapat berinteraksi dan menanyakan ke suster koordinator selama proses ini. Teman-teman boleh ada yang share pengalaman dgn Dr. Ivan Sini di BIC? Ketenaran Dr. Ivan meskipun usianya terbilang muda tidak diragukan dan banyak yang berhasil meskipun biaya konsultasi dgn Dr.Ivan terbilang mahal dari dokter lainnya yang ada di BIC. Apakah setiap kontrol dan pada saat ET dilakukan oleh Dr. Ivan? Saya dengar kadang karena begitu padatnya jadwal beliau suka dialihkan dengan asisten Dr. Agustin? Mohon infonya teman2.
Terima kasih.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...

9 thoughts on “Program Bayi Tabung Untuk Perbedaan Usia Pasangan – Vivi

  1. anda

    Sabar ya mba Vivi. Ttp smangat. Sudah ada rncana mau cb lg? Sy akhir 2012 lalu jg sudah pernah cb. Dan hasilnya blm berhasil jg. Rncananya thn ini mau cb lg. Yuuk kita cb lg 😉

    Mba Lulu : hai mba. Wah..sama ya dg suamiku, azoo jg. Bole minta contactnya mba lulu ga?

  2. Laisya

    Haiii Vivi..

    Salam kenal ya,saya laisya kbtln punya pengalaman ikut Batab di BIC 3X (fresh 2x FET 1x ) dgn dokter Ivan Sini..pengalaman sy 3x itu semua tahapan program mulai dr konsultasi,USG,OPU sd ET yg menangani semua Dr Ivan,tdk pernah ada dokrer pengganti..walaupun pengalaman 3X di BIC tdk mendapatkan hasil seperti yg diharapkan alias gagall check bhcg selalu 0..hiks hiks..

    Tapi semua itu adalah ujian yg membuat aq dan suami hrs lbh kuat dan semangad lg u ikut batab kembali..mengingat usia sdh menjelang 40 thn dan duami 46 thn maka kami putuskan u ikut program batab lg di penang pd bln september lalu..dan alhamdulillah kali ini Allah mengabulkan doa2 kami u mendapatkan keturunan..saat ini sy sedang hamil 4 bln dan saya periksa kandungan di BIC dgn Dr Ivan Sini lg,mengingat beliau sdh tau luar dalem riwayatku duluu..jd lbh nyaman sj..hehehehe

    Soo buat mommy2 seperjuangan,jangan patah semangad terus positif thingking dan berusaha lbh maksimal lg..gaa ada yg gaa mungkin klu Allah sdh berkehendak bukan? Keep faith..

  3. LuLu

    Mba ima n mba tyas : hehhehehe,,,maap mba2ku,,,sy lupa tulis klo sy BaTabx itu 3thn lalu. Skrg anak sy dah 3thn2bln. Itu adl batab sy ke2 di siloam dg tim dr. Aucky n alhamdlh berhasil. Sblmx s4 batab di malaka-KL tp gagal. Mngkn krn suami azoos mkx ssh hamil.
    Btw,,,slmt buat kehamilan mba ima n mba tyas y. Smg sehat selamat ibu n janin smpe lahiran nnt,,,amin.

  4. Theresia tyas

    Hai Lulu. Tetap semangat. Saya 2 kali batab. Yang pertama sempat positif tapi ditunggu 8 minggu tidak berkembang. Yang kedua di dr Aucky Surabaya, berhasil dapat kembar laki perempuan. OPU dapat 10 telur, dibuahi 9, yang bertahan sampak blastosis ada 4, dimasukkan semua. Puji Tuhan berhasil.
    Kalau untuk sperma, suami saya kebetulan juga kurang. Usia terpaut 9 th dan pas batab kedua kami sudah tidak muda lagi. Saya 38 th. Untuk masalah sperma, dr Aucky cukup ok.

  5. Ima

    Hai lulu. Keep fighting. Semoga semangatmu yang luar biasa akan Indah pada waktunya Degan kehadiran buah hati.

    Saya pasien Dr.Ivan di BIC. Dan melakukan program bayi tabung dengan beliau. Harga Konsul Dr Ivan sendiri memang terbilang mahal Dari Dr yang lain. Saya dpt embryo blastocyst 3 good Dan 1 moderate. ET pertama masuk 2 embryo Dan gagal pdhl bhcg sempat 28 (dokkter mengatakan anggap Saja kelainan kromoson sehingga baby tidak brrkembang). 3 Bln kemudian ET lg dengan frozen embryo. Dan Sekarang saya hamil 32 minggu.

    Ketika OPU Dan ET dlakukan oleh Dr Ivan sendiri. Tapi memang dokter sang at sibuk sekali. Dan lucky pada Saat tindakan Dr.Ivan Sedang tidak cuti. Untuk konsul kedepannya saya Kebykan saja Dr. Tim Karena Dr. Ivan sering cuti

    Semangat terus ya lulu.

  6. fitria

    halo mba vivi, nama panggilan kita sama ya mba..
    mba vivi yg sabar ya, tetap semangat. sya jga senasib dengan mba vivi #bighug, suami sya 20th di atas sya. kmrn nov sya ikut BT di BIC juga sya jga PCO, tpi memang blm rezeki sya. tgl 23 nov test sya msh negative, 3 hari sya nangis terus mba sedihh..
    tpi skrg sya semangat nyiapin jasmani rohani lagi insyaallah januari ET lg dgn sisa 5 blastocyst.

    mba vivi tetep semangat, sabar dan terus doa ya mba. insyaallah kita akan di percaya menjadi org tua secepatnya oleh allah.. amin

  7. LuLu

    Yg sbr mba vivi. Insya Allah pasti ada hikmah dibalik smua itu. Jd ingat wktu sy BaTab. Sblm trm raport sy test n hslx negatif. Smpe2 sy buang di tong sampah. Tp Alhamdulillah BHCG bgs yg dikira twins tp ternyta 1 ajha.

    Btw,,,mengenai Dr.Ivan. Sy srg mendengar. U/ di jkt mmg Dr.Ivan yg bgs di RS.Bunda khan? Byk yg berhasil. Tp ya itu,,,smua Tuhan yg tentukan. Kita manusia pasrah ajha.

    Keep strong mba. Sy doakan mdh2an mba next batab bs berhasil,,klo perlu dpt twins y mba,,,amiiinnn ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*