Program bayi tabung perlu surat nikah? – sharing Estrella

Mbak Retno dan Mbak Upi Thank’s ya atas sharenya (taken from this post) and salam kenal juga sebelum ella cerita kenapa ella mau ikut program bayi tabung mohon ma’af jika kurang berkenan dan nantinya malah tidak suka dengan ella.

Sekarang usia ella 28 Th,ella juga belum menikah dan karena pekerjaan ella tinggal di luar negeri dan sekarang ini ella telah menjalin hubungan dengan seorang pria beristri.

Kekasih ella ini menikah +/- 15 tahun tapi belum dikarunai anak dan akhirnya istrinya sudah tidak ada keinginan untuk hamil juga tidak ada usaha untuk kearah sana (mempunyai keturunan), sedang kekasih ella sangat mendambakan keturunan yang bisa lahir dari orang yang dicintainya.. saya tahu saya salah dengan sikap saya ini akan tetapi keadaan juga yang harus membuat saya berbuat seperti ini.

Kekasih saya tidak mungkin menikahi saya karena peraturan dinegara ini tidak memperbolehkan warganya untuk menikah ke-2 kalinya tanpa bercerai terlebih dahulu.. sedangkan untuk kemungkinan menikah di Indonesia juga sangat kecil.

Sebulan yang lalu saya hamil dan mengalami keguguran dg usia kehamilan 3 minggu, lalu saya konsultasikan sama dokter boleh tidak saya hamil lagi secepatnya dan dokter bilang boleh.. masalahnya sebentar lagi masa kontrak kerja saya akan berakhir dan sayapun ingin secepatnya hamil kembali syukur-2 next month saya bisa kembali hamil dan saya bawa pulang ke Indonesia kehamilan saya ini. Kalaupun saya belum bisa hamil kembali saya sudah katakan sama kekasih saya untuk ikut program BT di Indonesia dan diapun menyetujuinya.. mengapa saya harus ikut BT karena usia kekasih saya sekarang ini sudah 42 Tahun, dan yang menjadi pertanyaan saya :
Surat Perjanjian tsb (seperti mbak retno bilang) garis besarnya aja isinya tentang apa?? Perlukah saya ceritakan keadaan saya ini kepada pihak RS?? yang pasti setelah mereka mengetahui maka mereka tidak akan mengijinkan saya untuk mengikuti program BT karena yang saya tau peserta BT harus PASUTRI sah.. jika saya tidak mengatakan keadaan yang sebenarnya apakah konsekwensinya buat saya dikemudian hari???
Kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kekasih saya stay di Indonesia selama program BT tersebut karena mungkin dia hanya punya waktu 1 minggu saja.

Ibu-ibu juga temen-2 semua yang share di BT saya mohon ma’af sebesar-2nya jika ada yang tidak berkenan dengan posisi saya.
And buat Ibu-2 semua yang lagi berusaha dan berjuang untuk mendapatkan keturunan melalui BT ella do’akan semoga berhasil..
GBU

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

17 thoughts on “Program bayi tabung perlu surat nikah? – sharing Estrella

  1. tini

    kasian amat istri pertamanya, bayangkan aja kalo posisi ella dan istrinya tukeran….. mungkin baru merasa sakitnya…

  2. olina

    hi ella…
    apa kabar? kalo masih perlu sharing silakan kirim email ke aku aja yah, mungkin aku bisa bantu kasih sedikit saran berkaitan dengan masalahmu.salam.

  3. Estrella

    To : Li Eng

    Ma kasih atas saran2nya tapi ella masih minat untuk mencoba di Indonesia saja tapi untuk sekarang belum memungkinkan karena ella belum kembali ke tanah air..

    _______ Thank’s atas advice nya ___________

  4. li eng

    Sorry aku kesannya menghakimi EllaM aku juga tau ga ada manusia yang sempurna. Di luar segala masalah pribadi Ella. Aku cuma nyaranin, setauku di sgp ga masalah kalu bikin BT bukan suami istri. Apalagi di singapore malah melegalkan donor telur maupun sperma.

  5. li eng

    Dear ella. Menikah aja dulu la, baru BT. Soalnya kalu kayak di siloam sby, ada minta no ktp suami dan istri sebelum OPU dan ET. Jadi kayaknya ga memungkinkan BT kalu bukan pasutri sah. Ada juga penandatangan suami dan istri sebelum melakukan BT. Bahwa pasutri tau resiko yang mungkin terjadi selama proses BT. Bukannya mau ikut campur ya tapi kalu belum suami istri haram hukumnya. Thanx

  6. Estrella

    Ella ucapin ma semuanya yang dah ksh advice..and skali lagi ella ga mau ber argumen masalah nikah…yang jelas ella akan slalu cari info bagaimana caranya bisa BT tanpa surat KET NIKAH itu aja

    ……..and olip thank’s ya infonya

    salam ella toek semuanya
    GBU

  7. olip

    ela ikutan nimbrung…
    saya perna program di melati(harkit) & saya ga perna diminta surat nikah, mungkin administrasinya lagi ga beres gt jd aga2 aneh…

  8. yati

    Hi Ella,
    Jika itu pilihan Ella jalani aja,CUMA SAYANG SEKALI,krn Ella masih punya jalan lain yg lebih baik.

    Biasanya lelaki walopun sdh punya anak2 biologi lengkap cowok cewek kalo mau punya istri lain ada saja alasannya, jd bukan menjadi alasan bila seorg lelaki mau beristri lagi krn si istrinya tdk bisa memberinya momongan.
    Tiap wnt ingin hml,rasanya ngak sempurna bila belum merasakan
    gimana rasanya hamil & melahirkan gitu.

    Coba Ella konsultasi dgn dokter di Ind, mudah2an dokter mau membantu.

  9. Estrella

    Hai mba Yati… and mba Upi..

    mba Yati thank’s atas saran gapa2 koq ella senang karena masih byk orang yang perhatian ma ella..walau gimana juga ella dah siap apapun resiko termasuk hamil tanpa seorang suami dan ella yakin bisa..mungkin nanti bisa ada cara yang meringankan bagaimana agar ella bisa ikut BT tekad ella udah bulat and siap lahir bathin…

    Mba Upi..Sekarang ella dah kerja lagi jadi mungkin bisa chatnya hari minggu aja tapi klo ada waktu nti ella kirim email ma mba Upi..ma kasih buat semuanya yang udah support..GBU

  10. upi di ( Brest-fr)

    Estrella hallo dear. kabarku baik baik saja disini.Progam Ivf yg ke-4 blom dimulai ,gw masih asik mo nyari masa masa subur (ovulasi)klo ketemu tgl-nya wadow deh !! hajar GT lho hehehe…Gw prihatin ma kamu kalau bersedia dan ringan hati bisa ADD UPI by messanger

    upi_aje@yahoo.fr
    GBU

  11. yati

    hi Ella,
    seblmnya sy juga minta maaf dulu,
    menurut sy sih Ella masih muda, perbedaan usia anda dgn kekasih juga terlampau banyak, apalagi si dia ngak mungkin
    menikahi anda,mungkin juga dia ngak mungkin mau menceraikan istrinya, maka saran saya,
    lebih baik Ella mencari penggantinya (sy minta maaf ya ,walaupun sulit ella lakukan), lupakan dia juga lupakan
    dahulu untuk memiliki anak darinya ya lupakan program dulu.

    Semoga Ella kelak diberikanNya seorang kekasih yang kelak akan menjadi suami ella yg seutuhnya.

  12. Estrella

    Hai..Mba Upi…Khabar baik sekarang ella masih ada kerja di Taiwan kemungkinan ga lama lagi ella sudah pulang indonesia karena finish job..mba Upi gimana pula khabarnya?? apa sekarang lagi program BT juga??

    To: M.Retno and M.Uly ma kasih ya atas sarannya tapi kayaknya untuk menikah jauh dari harapan ella pa lagi harus bilang istri pertama…:(

    Tapi nti klo ella dah di Indo coba konsultasi dengan dokter gimana baiknya..sekali lagi Thank’s a lot

  13. upi di ( Brest-fr)

    Estreela .. hallo apa kabarmu disana? kapan kamu datang ke indonesia ? trus klo boleh tanya estrella dimana sekarang?

  14. retno

    Hi ella..waduh masalah kamu berat jg yah..
    Bener kata uly, mending kamu nikah resmi aja di indonesia(tentunya seijin istri 1) spy saat jalanin program bt bs tenang krn itu berpengaruh buat proses btnya nanti.

  15. upi di ( Brest-fr)

    Hallo Estrella ..Hmmm gw penasaran kamu siap gga sih ?!?! .sekedar impo ya mengikuti progam VIF/ivf/BT ke dua belah pihak harus present(hadir).peluang hamil kamu bukan yang rumit, itu terbukti karena kamu dah hamil walaupun nantinya echek(hilang). gw suporte Estrella dan tak lupa UPI ucapakan SELAMAT TAHUN BARU 2009 . jumpa kembali tepat pada tgl 1 jan 2009 .. See Next Estrella

  16. Uly

    hay ela, salam kenal ..

    kl setahu aku sih, di indonesia, klinik utk program BT salah satu persyaratan nya adalah melampirkan surat atau akte nikah sebelum melakukan program BT. di indonesia program BT masih agak ketat peraturan nya, sm dengan penggunaan donor sperma ato sel telur .. masih tidak bisa dilakukan.

    knp kamu ga menikah di indonesia saja dengan minta surat persetujuan dari istri pertama .. pencatatan pernikahan dilakukan di indonesia .. toh sah juga menurut hukum indonesia ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*