Pertimbangan sebelum ikut program bayi tabung

Memang tidak mudah mengambil keputusan untuk ikut program bayi tabung. Kalau dokter sudah bertanya ‘ikut bayi tabung saja, mau?’  … ya apa boleh buat, kita harus memutuskan lanjut atau tidak. Kenapa dokternya nanya dulu? … karena ikut program bayi tabung perlu komitmen besar. Ada beberapa kendala yang membuat saya berpikir panjang sebelum memutuskan ikut program bayi tabung:

  1. Biayanya mahal! puluhan juta rupiah. Apakah kita mampu? apakah kita cukup dananya? syukur-syukur ada yang bantu. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.
  2. Tidak ada jaminan berhasil. Ini dia tidak enaknya, siapa sih yang tidak mau ikut bayi tabung kalau pasti berhasil 100%… semua mau kan? sayang tingkat keberhasilan bayi tabung hanya sekitar 30%.
  3. Proses lumayan lama. Bagi ibu rumah tangga biasa mungkin tidak masalah, tapi buat yang sedang bekerja… pikir-pikir dulu, harus siap-siap cuti.
  4. Bagi yang tinggal di daerah, perjalanan jauh harus bolak balik ke klinik bayi tabung di kota besar mungkin bisa jadi kendala. Memang klinik bayi tabung masih terbatas jumlahnya.

Saya memutuskan ikut program bayi tabung karena banyak hal:

  1. Sudah menikah lama, 9 tahun pada waktu itu. Sekarang sudah hampir 10 tahun menikah… sudah divonis lama sekaliiii belum punya anak.
  2. Inseminasi sudah 9 kali. Dokterku sampai sudah coba berbagai macam formulasi obat … gagal juga, padahal secara fisik ga masalah katanya.
  3. Umur semakin bertambah, tidak terasa waktu berjalan dengan cepat. Kalau tidak ambil tindakan sekarang kapan lagi. Semakin tua persentase keberhasilan bayi tabung semakin kecil.
  4. Dokter sudah menyarankan ikut bayi tabung. Pernah saya coba tanya tentang bayi tabung ke dokter pada saat insem ke 6, jawabnya ‘kita coba insem dulu aja ya… kita coba formula obat yang ini dulu. Anda tidak punya kendala fisik, secara teori seharusnya beberapa kali insem bisa berhasil’ ya saya ikuti sang pakar kesehatan.
  5. Yang satu ini nih yang tidak kalah pentingnya… ada dukungan dari pihak keluarga terutama suami. Seperti maju berperang, kalau tidak ada prajurit yang bantu siapa yang mau maju???
  6. Kebetulan bisa menyisihkan tabungan untuk ikut program bayi tabung. Kalau dana tidak ada atau pas-pasan saya tidak akan ikut bayi tabung. Bayangkan saja bagaimana kalau sudah kantong terkuras gagal pula bayi tabungnya… bangkrut deh. Betul saja kan… bayi tabung saya yang pertama gagal habis deh puluhan juta :-(, tapi untungnya secara financial sudah saya pertimbangkan matang-matang… jadi tidak sampai bangkrut.
  7. Terakhir yang sering dilupakan orang… persiapan mental, sudah siap belum? Apakah Anda yakin akan berhasil? yes 100% yakin… bagus sekali jawabannya sangat bersemangat, akan tetapi hati-hati keyakinan besar ini bisa buat Anda stress berat kalau gagal. 30% yakin merupakan jawaban pas sesuai dengan rata-rata tingkat keberhasilan bayi tabung yang berarti Anda siap untuk menerima semua kemungkinan… berhasil atau gagal.

Semoga sharing saya dapat membantu Anda untuk memutuskan ikut bayi tabung atau tidak… semoga berhasil.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (13 votes, average: 3.54 out of 5)
Loading...

43 thoughts on “Pertimbangan sebelum ikut program bayi tabung

  1. Marini

    Dear all:hai..ak marini mau tanya2 dong !!ak sdh menikah selama 5thun.tpi blm dikasih keturunan.ak dulu pernah dioperasi krna hamil di luar kandungan,setelah operasi 6bulan kemudian ak hamil lgi tpi masih blm Rizky ak keguguran lgi.kta dokter sih ak kegu2ran spontan mungkin kecapean.bulan deptan rencana nya ak mau program BT dibunda SMA Dr.indra..pertanyaan ku AD yg tau gk proses BT tuh brpa lama yah?????

  2. Rahmi nugraeni

    salam kenal…
    hai sy rahmi,juli nanti usiaku 42 th,sy sdh 13 th menikah,tp sampai sekarang blm pernah hamil,msh mungkinkah diusia spt sy mengikuti program bayi tabung?saya pingin mencoba bayi tabung,kira-2 tmn-2 ada yg tau informsi di rmh sakit mana yg paling murah utuk program bayi tabung,mengingat dana kami yg terbatas..mohon infonya. tks.

  3. susan

    Hi Heny and all salam kenal ya,

    Sy juga blm dikarunia baby sdh 5thn mnikah,suamiku azoospermia. Dokter jg sdh menyarankan BT, kami baru konsul aja dklinik yasmin.
    Share dung, yang suaminya Azoos n prnah mnjalani operasi, rasanya gimana skit banget gak? pemulihannya brp hari?

    And yang pernah ikut BT, rsany gimana waktu HSG, pengambilan embrio n tranfer embrio, skit bnget gak ya?. anyway ada gak yg pernah ikut BT tpi dengan dokter wanita?

    sy n suami bner2 belum siap mental dengan suntikan n operasi, bagi2 infony ya?

    Thanks n slm kenal buat semua ya,
    susan

  4. shinta

    Dear all….alhamdulilah sy sdh punya anak berusia 10 thn…tetapi sampai skrng blm dikatunai adiknya..pernah mengikuti inseminasi di klinik yasmin sampai dng 2 kali tp gagal sedang usia sy 36..rencana mau ikut BT..apa sy hrs cek ulang lagi ya..kalo kembali ke yasmin..krn sy uda nga ikut program 2 thn yg lalu..apa mungkin data sy msh disimpan?? dokter siapa ya..utk program BT di yasmin atau Bunda??

  5. widy

    @herris : Salam kenal, sepengetahuan sy klo wanita rahimnya sdh diangkat berarti tdk bisa hamil, sperma bila sdh membuahi sel telur dan jd embrio akan nempel di dinding rahim, bl ?ä ädä rahim gmn nempelnya kan….kalau anda mmg mencintai pasangan anda apa adanya, anak2 diluar sana yg ditinggal ortunya msh bnyk kok…buka hati anda dan ulurkan tangan anda. Smg info ini bermanfaat, TQ

  6. zahra

    dear all
    saya sudah hampir 3taon menikah, belum dkaruniai anak. usia saya 26 th n swami 27 th. saya udah usg, usg trans v n hsg hasilnya bagus n kedua tuba patent. sedang swami stelah analisa sperma hasilnya astenozoospermia. oleh dokter obgyn dminta konsul ke androlog. saat ini swami sedanng minum probina, tribestan n ubesco. selama masa pengobatan ini, perlu ga seh saya konsul ke dokter obgyn??klo mw langsung inseminasi aja bisa tanpa mllui prosedur yg seharusnya bisa ga??
    tolong di respon as soon as possible yakz…thankz before

  7. Heris

    Hi…semua…nama saya heris…saya mau bertanya..saya rencana mau menikah dengan kekasih saya, tetapi kekasih saya rahim nya telah di angkat…masih ada g kemungkinan untuk calon istri saya hamil..?saya masih awan, coba minta pandangan serta masukan..terimakasih sebelum nya…

  8. loly

    hai…….salam kenal semua
    aku tinggal didaerah kepulauan,ingin tahu lebih banyak tentang bayi tabung……….
    minta informasi dan pengalaman dong…….

  9. Mimi

    Hi Ary, Tina, dkk. Saya Mimi di Bali sdh pernah ikut BT sama dr Aucky th 05 lalu tapi gagal. Tina, di sekitar rs setau saya banyak kos2an yg kebanyakan penghuninya ibu2 yg ikut program bt so kamu gak perlu kuatir. Hotel juga ada yg dekat. Tapi sy dulu gak kos jadi gak tau detilnya. Buat Ary prosesnya kamu siapin aja waktu kira2 4 mingguan. Saya juga ingin ikut lagi, walaupun pernah gagal tapi gak perlu patah semangat kan. MUngkin kita bisa ikut bareng?

  10. Ary

    Hi saya ary di Bali sudah 7 thn menikah tp blm juga dapet momongan, saya sudah menjalani inseminasi 4 kali tp gagal, kata Dokter kandungan saya baik2 aja kalo suami yg katanya gerakan spermanya kurang lincah & kurang memenuhi standart rencananya kalo memang akhirnya disarankan oleh dokter untuk bayi tabung saya akan menjalaninya walaupun dgn biaya yg cukup mahal, saya agak takut juga kalo ternyata gagal bukan apa2 pasti masalah psikologis sy sedikit banyak akan berpengaruh, apalagi sy bekerja susah rasanya harus cuti lama dari kantor. Ada yg tau ga berapa lama proses bayi tabung tersebut dr awal sampai dinyatakan berhasil? agar sy bisa bersiap2 untuk ambil cuti, thx

  11. Tina

    Nama saya Tina,rencananya saya mau mngikuti program BT di Dr. Aucky Hinting di Jl Raya Gubeng 70 Surabaya, tetapi mengingat tempat tinggal saya berada jauh di Sumbawa mohon kepada teman – teman yang tahu daerah tersebut apa ada penginapan/hotel yang terdekat dari klinik ..? soalnya selama proses, mungkin saya akan lebih banyak tinggal di Surabaya dari pada pulang pergi ke Sumbawa yang akan memakan biaya lebih banyak lagi.

    Trimakasih dan salam kenal buat semuanya ..

    Tina,

  12. Henny

    Kiki, klu suami ak gak ada varikokel n klu test hormon semua normal,kyknya ada sumbatan tapi gak tau sumbatannya ada dimana, klu operasi juga blom tentu efektif, jadi pas ketemu dr Ivan emang langsung ditawarin BT, mengingat usia ak jg waktu program udh 35, soalnya suami jg dah pernah terapi hormon 6 bulanan gak efektif juga, jadi kita langsung bayi tabung aj

  13. Kiki

    Hello Henny..
    Suami kamu azoospermia ya? waktu itu dr Ivan langsung minta kamu BT atau gimana?
    Apa suami kamu ada verikokel? atau kalau bole tau, apa penyebab azoospermia suami kamu?
    Aku ke dr. Taufik jamaan – Bunda Menteng jg-. Diawal konsultasi, waktu aku bawa rekam medis suami aku, dia langsung nawarin BT, wah…no no…nanti dulu dokter..hehehe, nabung dulu, lagian selain pengen hamil, aku jg pengen suamiku sehat..
    Sekarang lagi break periksa2 dulu, karena habis ada berita duka dari keluarga suami.
    Rencan bulan depan baru mulai lagi..

  14. Henny

    hi valentine , salam kenal ya

    Ak punya masalah spt kamu suami azoosperma, puji Tuhan ak baru dinyatakan positif , lewat proses bayi tabung di BIC dengan Dr.Ivan, tapi masih suka deg-degan soalnya blom usg , semoga membantu ya

  15. sherly

    hai salam kenal? chloe , n teman2 yg lainnya, aku juga belum hml nkh 5 thn, mau coba bt, tp mslh biayanya itu mhl bgt hasilnya 30% kan jadi mikir.kdg2 kalo di pikirin jadi stress. katanya di sby lbh mrh ya 35 jt udah termasuk semua. mari kita berusaha n berdoa…

  16. way

    mohon informasi dan bagi pengalaman yg sudah pernah BT di sby.masalah saya ada pada sperma yg kurang dan tdk ada yg gerak lurus dan cepat,sudah 5 dokter dan 1 profesor yg sudah pernah sy konsul+teraphy nya,namun dokter ke 5 dan prof.diutuskan untk program BT namun sy blm siap dg finansial,mohon bantuan infonya untk berbagi,terimakasih

  17. Valentina

    Hi..Goesti, Anggi, Ayu, Veronica
    Salam kenal ya..
    Kasus saya sama dgn kalian, dan sama seperti anggi suami sy juga pernah operasi varikokel tapi ternyata tetap azoosperma. Tahun ini mo coba BT tapi lagi nyari2 info RS n Dr. yg pernah nangani kasus yg sama trus berhasil…

  18. ida

    Hallo temen2 semua sorry mau ikutan tanya2 nih….aku sudah menikah 9 tahun, Alhamdullilah sdh dikarunia seorang anak 8 thn. Sampai saat ini susah utk mendapat anak kedua, kemudian coba untuk konsul dokter di klinik morula RS Bunda. Waktu itu cari dokter yg antriannya gak panjang dan ketemulah dgn dr. Irham. Kalau ada teman2 yg punya info tentang dokter ini boleh donk sharingnya n rencananya saya mau coba BT. Oh iya, kalau utk kita2 yg juga kerja kantor apa harus cuti ya selama proses BT

    Regards
    Ida

  19. Tia

    Hi Tina n all Mommy in this site…
    lam kenal aku baru nemu website ini n tertarik kelanjutan cerita dari Tina.. gmn skr sdh proses jalani BT or masih cari2 info..krn aku pun tertarik program BT,aku mo tanya proses inseminasi itu apa ya?apa yg dokter ‘lakukan pd kita? terus apa maksud dr kata-2 Tina..

    “karna disaluran sel telur ku ada penglengketan mungkin karna endometriosis dan saluran sel telur sebelah kanan sudah tidak berfungsi karna L/o untuk ambil janin yg tersumbat disana..”

    apa betul yg dokter bilang itu jika terjadi perlengketan ada kemungkinan gagalnya(meskipun memang BT tdk ada yg menjamin 100% berhasil kecuali ada campur Tangan Yang Diatas kan)? kan msh ada yg sebelah kiri?apa pernah dilakukan operasi untuk memotong saluran sel telur yg terkena perlengketan krn setau aku itu bs dioperasi dgn ketentuan perlengketan itu hanya pd salurannya saja bukan tempat sel telurnya…
    Maaf ya kebanyakan tanya n comment setidaknya dengan adanya teman yg senasib dan saling mensupport dgn berbagi cerita akan menambah pengetahuan dan merasa tidak ‘sendiri…

    regards,
    setya

  20. ophie

    Untuk ayu…mau tanya donk.
    maap yah, waktu bt gagal knp? waktu suami harus dioperasi krn azoospermae, apakah benar ada spermanya? disaluran atau ditestis?
    maap yah bnyk nanya…
    trims

  21. Uly

    dear iva, salam kenal juga ..

    semua usaha juga tetep bergantung sm perncipta sih ya .. kita diberi kemampuan utk berusaha, jadi berusahalah kita ..

    aku sih baru 1,5thn menikah nya tapi selain bermasalah, umur juga sdh tidak memungkinkan utk mencari alternatif lain ..

    iva, selama ini kamu mengkonsumsi supplement ga?paling tidak utk membantu supaya kondisi fisik kita lebih baik .. aku aga deg2an juga niy, apa produksi telur ku masih bagus, apa rahim ku juga bagus .. macem2 deh ..

    kalo boleh tau, fresh cycle kmrn habisin berapa?aku di kasih tau dr. agustien sekitar 54jt, tp bisa bengkak kl ada penambahan gonal ..

    mdh2an thawing nya berhasil yah iva ..

  22. Iva

    Hi Uly,salam kenal ya..

    Aku juga sept kmrn baru BT sama dr.Indra tp sayangnya blm berhasil..skg lagi mau thaw cycle dec nanti..minta doanya ya? Umurku jg dah 35 kemaren dosis puregon/gonal ku jg 300IU tp aku selama 12 hr jadi biayanya emang membengkak bgt..hehe..mudah2an kamu nanti lancar ya prosesnya,dan berhasil BTnya amiin..
    Kalo aku selama ini(dari th 2004)merasa nyaman/sreg aja ma dr.indra,males lagi mau ke dr yg laen..hehe..

  23. Ayu

    Hai Vero, kamu apa kabar? ada rencana ikut BT lagi ver? kapan? dimana? aku masih bingung nih mau ikut dimana lagi, suami pengennya di bunda tapi aku sih udah sreg ama dokter di yasmin, dan aku males banget kalo mesti ceritain dari awal lagi kalo ganti dokter.

    Oiya ver, menurutku sih biaya PESA nya kalo masih dilakukan di RS yang sama (BUNDA) akan sama karena itu kan biaya tetap, gak tergantung ma dokternya, dr karel di bunda kan?

  24. Uly

    hai vero, salam kenal. aku ga jadi lanjut ke dokter karel, sbtl nya aku aga kurang yakin, apalagi waktu aku konsul, beliau sama sekali tidak mau melihat medical record yg aku bawa .. sama sekali tidak dilirik padahal sdh aku buka di hadapan beliau .. hehehehe, tengsin deh ..

    td siang aku akhirnya memutuskan untuk mencoba konsul ke Dr. Indra Anwar di bunda morula .. beliau org nya sgt komunikatif, menjelaskan secara panjang lebar .. bahkan beliau memberikan no hape agar supaya lebih gampang sy konsul kl ada pertanyaan lain.

    aku mulai dijadwalkan utk pemeriksaan darah pada saat haid berikut nya, sekitar akhir november, kemudian setelah itu baru deh masuk ke program BT menunggu haid bulan berikutnya lagi.

    suami ku masih belum masuk tahap permeriksaan sperma, baru memulai dng pemeriksaan darah utk hepatitis dan hiv.

    btw, teman2 ada yg tau ga keberhasilan bt di dr. indra anwar?

    GBU all my friend.

  25. Veronica

    Uly..kamu lagi coba BT di dr.Karel ya..klo untuk BT dengan pengambilan sperma suami via PESA berapa ya biayanya di dr.karel?

    Anggi & Goesti…utk BT dengan sperma suami yang harus diambil memakai operasi tentu lebih mahal dibanding BT biasa karena utk PESAnya saja biayanya sekitar 4-5 juta..klo sperma lon bisa didapat dengan PESA lanjut ke TESA biayanya sekitar 9-12 jutaan…utk biaya BT sendiri sekitar 50 jutaan

  26. Ayu

    Halo anggi dan goesti, salam kenal,…. saya juga punya masalah yang sama kok dengan kalian (suami azoospermia karena masalah sumbatan). saya juga udah ikut BT di klinik yasmin, tapi belum dikasih sama Allah. sekarang masih ngumpulin tabungan lagi buat ikut lagi. kemarin sih saya ikut di klinik yasmin habis kira-kira 60 juta (udah termasuk operasi pengambilan sperma suami dan freezing embrio), tapi kalo ditambah pas thaw cycle sih total jadi 75 jutaan.

    Kalo untuk pelayanannya sih cukup bagus kok, dokternya juga teliti, tapi, ada beberapa point malah menurutku di yasmin lebih mahal dibanding bunda, misal untuk freezing embrio biayanya 3,5juta/6 bulan, sedangkan di bunda kan cuma 2,4 juta/tahun? malah di harkit cuma 2 juta seumur hidup. trus biaya pas thaw cycle, di yasmin 10 juta, sedangkan di bunda 8 juta. tapi kalo ditotal sih rata-rata sama kok, yah beti lah (beda tipis).

  27. Uly

    ooow yah, aku skrg sdg menjalani pengobatan dasar dari dr. karel. aku dan suami ku di kasi resep vibramycin 100mg .. beliau menyarankan utk berhubungan 1 hari sebelum kembali kontrol ke beliau, mdh2an katanya bulan depan bisa hamil, kl pun tidak terjadi kehamilan, obat yg kami minum adalah pengobatan awal utk proses bayi tabung, it means bln depan aku memulai utk prose BT, suami ku juga mulai utk di cek sperma nya.

    selama ini aku sdh rutin mengkonsumsi susu anmum, royal jelly, gamat emulsion dan chlorophil. kira2 bisa membantu memperbaiki kondisi kesehatan ku ga yah?

    btw, teman2, apa benar di klinik yasmin biaya nya lebih murah dibanding kan bunda?dokter sapa yah kl di yasmin?

    need you response ASAP yah teman2 .. terima kasih byk ..

  28. Uly

    teman2, salam kenal, namaku uly, aku sdh pernah share pengalaman hamil di luar kandungan. skrg aku sdg berpikir keras, karena dktr sdh menyarankan utk BT, mengingat umur sdh 35thn, jd sayang waktu kl mst terbuang utk menjalani macam2 cara .. aku di bunda menteng dng Dr. Karel Maanary, ada yg tau ga ttg beliau. aku dngr dr suster2 bunda menteng bahwa beliau bagus, dan ada teman ku jg yg mengatakan hal yg sama ..

    beliau mengatakan bahwa BT ada 2 macam, utk yg biaya rendah sekitar 15-20jt, itu jika kondisi sperma suami oke. yg termahal pake suntik 40-50jt.

    teman2, ada yg tau ga maksudnya pake suntikan. dan ada yg tau ga ttg dr. karel. ada suggest dokter lain?

    thanks yah ..

    GBU all.

  29. goesti

    hi anggi, aku punya permasalahan kayaknya sama seperti kamu, sperma suamiku nggak bisa keluar, dari hasil pemeriksaan azzospermia, dan dokterpun menyarankan bayi tabung, tapi untuk BT aku harus peras keringat dulu. untuk teman- teman ada saran nggak buat aku atau mungkin ada yang pernah punya kasus seperti aku.

  30. anggi

    hi yuika, makasih yah masukannya.
    setahun yang lalu suami pernah oprasi veroekul kta dokter sih mungkin ada penyumbatan tapi ternyata sehabis oprasi tetep sama saja spermanya ga keluar, menurut dokter dari hasil lab hormon sih bagus jadi da kemungkinan ada sperma. dan akhirnya dokter menyarankan untuk BT. itu juga harus melalui oprasi pangambilan spermanya . tapi belum saya coba karna masih mikir biaya dan tingkat keberhasilannya yang masih rendah. sya sudah periksa 2 tahun lalu, dan hasilnya normal.
    jadi sekarang saya mau cari informasi aja dulu sambil ngumpulin uangnya nich!
    teman2 ada yang tau ga kira2 butuh persiapan dana berapa untuk kasus seperti saya?thx

  31. yuika

    Salam Yenny… maaf tulalit nih… Tq ya Merry…
    For Anggi: bagus dan murah relatif tergantung pada lokasi (baik dari rumah tinggal maupun tempat kerja) dan kenyamanan (ketenangan dan kepasrahan) dalam menjalankannya (dengan penuh kesadaran bahwa BT hanyalah upaya, yang menentukan tetap yang di Atas). Terutama yang penting komunikasi yang mudah dan terjaga baik dengan dokter (kalo bisa suatu tim yang saling menghargai dan tidak saling menjatuhkan). Sepertinya untuk soal biaya hampir sama aja karena untuk bahan2 dan obat2nya kurang lebih sama…

  32. anggi

    hi, sy sudah 3 th menikah tp belum dikaruniai nich. tolong dong kasih masukan dimana tempat BT yang bagus dan agak murah. thx???

  33. yuika

    Oya, maaf nih yang kasih sharing tentang pertimbangan ikut bayi tabung ini atas nama siapa ya… Soalnya saya jadi rada bingung ikutan nimbrung tapi ga tau tuan rumahnya… Trima kasih

  34. yuika

    Helo Chloe… Kalo dr Harkit dan Bunda udah bilang sebaiknya BT, mungkin justru BT “lebih murah” daripada program2 lain. Saya program BT di Bunda, tapi sebenarnya dokter2 di sana ga cepat2 menganjurkan BT kok, kecuali mungkin emang ada pertimbangan khusus… Juga “time is money”… makin cepat dimulai, makin tinggi kemungkinan berhasilnya. Sambil mengencangkan ikat pinggang dan nabung, yang diikuti program olahraga (BL/Yoga) aja dulu, termasuk pasangannya juga. Enjoy life… Siapa tau malah tanpa program apapun malah berhasil…

  35. luna

    Hi semua salam kenal.. kalo aku udah lebih lama lagi married dah 13 tahun, dulu pernah ikut bt di sby dg Dr. Aucky, tapi belum berhasil, skrg lagi coba bt lagi di klinik yasmin (RSCM) dg Dr.Budi, pertimbanganku ikut di Yasmin harganya lebih murah BT dg ICSI 25jtan tapi belum termasuk obat2an sebelum OPU dan sesudah ET, mungkin kira2 kalo semuanya dari awal sampai sesudah ET sekitar 40jt juga. Sekarang lagi nunggu datang bulan diperkirakan minggu depan, selasa minggu depan cek hormon, katanya sih untuk lihat kapan ovulasinya. Ada yang pernah ikut bt di Yasmin ga…

  36. Chloe

    Hi all..seru juga baca situs ini yaa…Saya udah menikah 4 th 11 bulan.Suami bermasalah ejakulasi retrograde jadi “terpaksa” harus BT. Sudah inseminasi 2x (tapi di RSIA yg umum,belum punya pengalaman untuk program inseminasi..padahal biayanya sama saja,hanya aja suami berpikir jarak klinik itu ke rumah kami lebih dekat). Dokter2 di Bunda dan Harapan Kita menganjurkan untuk BT,tapi kita msh banyak pertimbangan; terutama biaya. Bener banget kalo keberhasilannya 100% sih udah ngga mikir2 lagi…tapi ya itu..di jaman serba sulit kayak sekarang ini uang segitu sangat besar kan..
    Teman2..ada yg punya “nasib” sama dg saya? :p…
    Saya sudah ingin sekali punya keturunan, tapi takut ngga berhasil BT dan uang melayang…
    Takut ngga kuat menghadapi kenyataan pahit..kalo sampe terjadi…Mudah2an ngga…[-o<

  37. Iva

    Hi Tina,salam kenal yaa..

    Kamu sama nih ma aku,aku jg mau 6th nikah,tp aku blm pernah hamil..hiks! Ak udh pernah insem sama dr.Indra tp masih blm berhasil,dan rencananya insya allah bln ini aku mau BT sama dr.Indra,lg nunggu mens nih..
    Kamu kapan neh mau BTnya?? mudah2an kita semua berhasil yaa..amiin

  38. tina

    hai itha,
    sy belum BT di Dr indra, hanya prog insem sama dia. orgnya enak u di tanya2, cukup byk yg berhasil dg dia. dec’07 sy kesana sdh semakin ramai pasien. sekarang lagi mo cari-cari info ttg BT dr website ini, sy tertarik u/ ke sby karna di lihat dari segi biaya di sana plg murah (kebetulan kakak ada yg tinggal disana). rencana kapan itha mo BT u/ yg ke 2? kita sama2 berdoa semoga berjuangan kita nanti ada hasilnya, tetap berserah dgn yg diatas 😉

  39. Itha

    Hai Tina, lam kenal
    aku jg 5 thn blm ada baby, udah pernah ikt Bt di HarKIT thn 2005, tapi gagal krn stres kerja, wakt itu blm tau kalo bt harus bedrest total, pas bgt aku jg mau cr info mau bt lg di Bunda atau tempt lain nich. Aku sdh telp ke Rs.bunda kt sustr kira2 menghabskan 50jt an, tapi bertahap pembyaranya. Kamu mulai kapan Bt nya, o ya Dr indra gmana, enak ngk,

  40. tina

    hi nama saya tina, sudah 6 thn menikah, pernah berhasil hamil diluar rahim dibantu tindakan inseminasi yg pertama. en ikut inseminasi yg ke dua gagal, kata Dr. indra aku disuruh ikut bayi tabung takut hamilnya beresiko spt yg pertama karna disaluran sel telur ku ada penglengketan mungkin karna endometriosis dan saluran sel telur sebelah kanan sudah tidak berfungsi karna L/o untuk ambil janin yg tersumbat disana. Apa diantara teman-teman ada yg berhasil BT sama Dr indra di RS. Bunda,jkt ,berapa kira2 biayanya dan tingkat keberhasilannya?

  41. inge

    Aku Inge, udah 7 tahun menikah tapi belom juga punya anak. Aku pengen coba bayi tabung tapi selalu takut gagal dan biaya yang juga cukup besar jadi bahan pertimbangan. Kalau temen2 punya masukan kira2 bagaimana dan kemana aku harus berobat..tolong kasih tau aku. Aku udah coba juga ke Penang di RS. Lam Wah EE denga dr.NG.PW.Dan dianjurkan untuk bayi tabung aja.Kira2 temen-temen ada yang pernah berobat di RS dan dokter itu gak ya..? kalau ada coba sharing pengalamannya dengan aku..thanks..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*