Persiapan mental dibutuhkan selama mengikuti program bayi tabung – Isl

Salam kenal buat semua…ini kali pertama aku tulis di bayi-tabung.com ini. Meskipun baru pertama kali tapi jauh sblmnya saya selalu ikuti perkembangan yang ada di web ini. Sebelumnya aku ucapkan selamat buat teman2 smua yang sudah berhasil dalam program bayi tabung atau inseminasi dan buat yang belum berhasil meski sudah matian2 berusaha aku pesan tetap semangat, jangan patah arang, jangan pernah menyesal dengan apa yang telah terjadi dan tetap bangun semangat buat masa depan.

Oya..kebetulan aku juga ikut bayi tabung di PH RSUP Dr Sardjito…ini kali pertama aku ikut bayi tabung ini. Aku bersyukur sekali karena awalnya aku berhasil hamil.. bahkan aku sempat mendengar degup jantung calon baby-ku…bahagiaaaa skali rasanya… tu adalah kali pertama aku hamil setelah 8 tahun menikah. Alhamdulillah…Allah SWT ternyata mengabulkan doa2 ku selama ini…..

Tapi….tepat tanggal 6 Agustus 2012 kmarin.. setelah ku merasakan bagaimana bahagianya hamil selama 11 minggu 5 hari.. dokter bilang ternyata janinku tidak berkembang…Ya Allah ujian apalagi ini. Baru saja ku merasakan bahagianya bisa hamil..tapi ternyata Allah telah mengambilnya kembali. Betapa sedih & pedihnya hatiku menerima kenyataan ini….
Hanya doa, doa, doa dan istighfar yang terus selalu ku ucapkan pada-Nya. Aku masih yakin Dia pasti akan menolongku, aku yakin Dia Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Penolong hamba-Nya.

So buat temen2, aku cuma ingin berpesan disini bahwa mental yang benar2 siap yang dibutuhkan selama mengikuti program bayi tabung; jangan pernah terus merasa bahagia dan berharap skali terhadap program yang kita ikuti, karena kita manusia hanya bisa berusaha tapi Tuhan lah yang menentukan, smua adalah kuasanya. Jangan sombong dan merasa “kita sudah berhasil” ketika kita sudah dinyatakan positif hamil..karena di depan jalan masih sangat pajang dan berliku. Sudah hamil sekian minggu belum pasti bahwa kita “berhasil” dan kelak akan bisa melahirkan anak2 kita, karena aku mengalaminya sendiri ternyata pada usia kandunganku 3 bulan kurang 2 hari.. Tuhan telah mengambilnya kembali.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

11 thoughts on “Persiapan mental dibutuhkan selama mengikuti program bayi tabung – Isl

  1. lita

    Dear Isl,
    Sedih bgt baca ceritamu. Aku jd ikut ngrasain apa yg kamu rasakan. Tetep tbah n semangat ya..mungk ada rahasia indah dibalik semua cobaan ini.
    Memang benar klo kita ikut prog BT mental memang hrs bener2 siap. Dokter dan team BT bukan Tuhan. Mereka hanya perantara saja. Jgn lupa faktor X mungk saja bs terjadi meskipun semua prosedur BT sudah dijalani.
    Aku dulu waktu berhasil hamil lwt BT jg gak brani terlalu happy. !iasa aja. Begitu udah lahiran bru deh nangis sejadi2nya diruuang operasi karena terlalu bahgia.hehhe jadi malu klo inget…
    Gimanapun tetep sabar dan tabah ya…juga tetep semangat..

    Big hugs…

  2. Lisa

    Dear mba Isl,

    Sedih banget mba baca pengalaman nya.

    Yang sabar yach mba, dan jangan patah semangat. Semoga ini adalah sukses yang tertunda, dan Tuhan kasih kita semua momongan secepatnya 🙂

    Saya juga mau rencana program IVF bulan September di Siloam Surabaya, sekarang lagi minum pil kb untuk ngatur siklus haid.

    Jujur ada kekwatiran & ketakutan akan hasil nya nanti. Apalagi proses nya yang cukup panjang bikin dag-dig-dug sampai melahirkan baru plong. Mohon di doa kan yach, biar saya secara mental & dana siap untuk program ini.

    Sukses selalu buat kita yang berjuang, dan jangan patah semangat.

  3. mg

    Hallo mba Isi,
    Kemaren BT nya sm dokter siapa yah? Jangan2 kita pernah ketemu disana,,hehee.. Saya juga BT di PH sardjito, dgn dr.amino,, alhamdulillah setelah 4 tahun menunggu dan progam disana selama 1 tahun, ini saya hamil 17 minggu. Alhamdulillah pas di usg baby nya udah gerak2 jumpalitan.. Saya ikut prihatin mbak atas kejadian yg mbak alami. Semua kejadian pasti ada hikmah nya, sabar dan terus berdoa dan berusaha ya mbak!! Semangat!! Banyak lho mba pasien2 disana yg gagal BT berkali2, brrti mbak termasuk beruntung BT langsung hamil walaupun harus ada kejadian ini. Semoga ET berikutnya berhasil sampai lahir. Kemaren pas hamil masih kontrol di PH kan mba? Soalnya aku juga gitu, sama dokter suruh tetap kontrol disana sampai melahirkan nanti. Biar bisa dipantau terus perkembangannya, obat yg diberikan banyak bgt dan besar2,hehe..
    Semangat ya mbak!!!

  4. lia

    hi mba Isl,
    ikut prihatin dengan pengalaman mba. saya sendiri mengalami hal yang sama februari lalu. kembar ku lahir terlalu dini, 22 minggu 5 hari. dokter bilang tidak bisa diselamatkan karena perkembangan organ dalam dan otaknya belum sempurna.aku malah melahirkan normal, mba.

    sedih, kecewa, nangis itu pasti ada tapi jangan dibawa berlarut-larut, mba. optimis buat program berikutnya ya. saya ada rencana mau program lagi, tapi sekarang lagi nguatin mental 😉

    hayo, mba Isl… jangan menyerah ya!

  5. Nia

    Hi salam kenal,

    Saya baru abis laparcopy di PH Dr. Sardjito….rencana mo BT sekitar November atau Desember…thanks buat mba yang sharing infonya…

    salam, Nia

  6. Isl

    @ mbk Lita: Hai mbk lita…terimakasih ya…smoga kedepan ku bisa kyk mbk..berhasil ampe melahirkan
    @ Mbk Lisa: Gmn mbk program IVF nya..udh jalan ya?udh smpi mana programnya? smoga semua lancar2 dan sesuai harapan ya….doaku selalu buat teman2 yg lg sama2 berjuang tuk mendapatkan keturunan
    @ Mbk Mg: hei mbk..mbk juga di PH jg ya..?selamat ya udh berhasil hamil ampe sekian minggu. Ikut seneng mbk buat kehamilannya mbk Mg. Aku disana ma dr W. Dari pertama periksa & konsultasi dulu hingga terakhir kemarin ikt program IVF ampe kuret…aku gak pernah absen mbk kontrol di PH ma dr yg sama juga. Yach pokoknya semua saran dan resep dr dokter udh kulakukan semua. Aku udh melakukan semuanya dgn hati2..tp mmg Allah SWT belum meridloi ya jdnya ceritnya kyk kmarin..blm sukses meski udh hamil ampe 3 bulan.
    @ Mbk Lia: mbk Lia aku turut prihatin…tp gak papa mungkin itu yg terbaik buat kita..makanya Allah mengambilnya lagi dan besok insya Allah akan mengantinya dgn ganti yag lebih baik…

  7. HANUM

    halo mbak isl, saya senang sekali bisa berjumpa disini semua…
    Sebelumnya perkenankan saya, saya juga ikut progr IVF (BT) ini dgn dr Sofwal Widad.
    Tgl 14 OPU, 17 des kemarin ET, dan saya mestruasi di tanggal 25 de, cepet sekali hanya 8 hari ga nyampek..s. Rasanyaa sediiihh bangettt… Dr bilang embrio tidak menempel. Artinya saya tidak hamil. Saya tanya mengapa, dan jawabnya banyak hal, meski demikian semua ditangan Yang Dia Atas..

    Mbak isl harus tegar dan yakin, masalah mba bukan masalah susah hamil. tapi pernah hamil lalu keguguran. Jadi, insyaAllah its a matter of time, God will grant you His trust. Doakan saya juga, alhamdulilahnya saya memiliki 5 back up embrio. Saya gap akan menunggu lagi, setelah selesai cycle mens berikutnya, mungkin saya akan mulai lagi, karen a memang saya tidak dikuret karna bukan hamil lalu miscarriage. Tp mens.

    Sekali lagi, mari kita saling mendoakan satu sama lain. Tetep khusnudhon sama Allah. Karena Allah melakukan hal sesuai dgn dzon’ hambaNya. Itu yang dibilang ayah saya kesaya ketika saya seperti putus asa dan desperate mengingat baru 7 hari menikmati ‘kehamilan’ itu hehe..
    Banyak dzikir, sholat malam, sedekah, dhuha, dan sebelum transfer embrio, puasa. Demikian juga suami agar ikhtiar, karena anak bukanlah anaknya istri sendiri, tapi suami jugalah punya kontribusi doa dan perjuangan yang sama kadarnya…

    Saya banyak belajar dari ibu dan bapak saya. 11 tahun tanpa anak pada waktu itu tahun 1969 hingga 1979. Belum ada apa itu inseminasi apalagi BT. Yang mereka lakukan cuma minta minta dan minta sama Tuhan. Hingga akhirnya haji dan berdoa didepan pintu multazam, dan sebulan setelah itu hamil. Luarr biasa kann? eh, lha koq semenjak itu anaknya mbrudul’ 5 biji sejak tahun 1979 tiap 2 tahun sekali, termasuk saya ini. Hingga teman temannya bergurau, ”Mas AMin, kalau mau istrimu berhenti hamil, harus haji lagi dan berdoa di depan pintu multazam lalu bilang stop, cukup, ya Ya Allah”

    hehehehe… bener bener kekuatan doa yah…

    Soo sekarang saya enjoy life… buat para suami2, inget kata mutiara ini, istri mu yang tengah hamil adalah bagaikan berlian dan intan bagimu, maka jangan engkau tinggalkan mereka…

    sekali lagi enjoy enjoy enjoy life yaaah, and have faith that Allah is the one and only that has the final word, sooo keep asking and praying:)

  8. Isl

    Salam kenal mbk Hanum, iya benar apa cerita mbk dan orangtua mbk Hanum…kekuatan Doa memang dahsyat jika kita memang meyakininya. Kalo boleh tahu kata dokter (kira2) kenapa kok embrio gak bisa nempel? apa rahim mbk Hanum tertalu tebal atau bahkan terlalu tipis? soalnya dulu sblm aku ET ada kira2 2 bulan kondisi tebal rahimku disesuaikan dulu. Maklumlah mbk soalnya kata dokter dinding rahimku terlalu tebal, sehingga memungkinkan embrio sulit menempel. Begitu juga sebaliknya kalo rahim tipis. So memang untuk bisa nempel kata dokter tebal rahim harus ideal.

  9. alin

    Hi Teman dan Mbak Isl, maafkan kelau komentar ini kurang berkenan. DAri banyak kasus dimana embrio tidak menempel, kemungkinannya bisa banyak hal, mungkin karena kwalitas embrio yang kurang bagus jadi secara alami akan gugur dengan sendirinya atau ada masalah pada pembekuan darah atau terdapat endometriosis dalam rahim . Ada pengalaman kawan saya, embrionya dinyatakan high grade namun tidak menempel, hasil diagnosa dokter adalah ada masalah pada pembekuan darah. Beberapa bulan setelah keguguran, dia diobati oleh salah satu dokter di Jakarta untuk masalah pembekuan darahnya, kemudian lanjut lagi untuk program berikut. Secara manusiawi mungkin perlu dibenahi soal pembekuan darah, atau perlu perbaikan terhadap endrometriosis dalam rahim, atau hal lainnya. BTW, ada salah satu dokter andrologi yang sempat saya tanyakan untuk mempertebal dinding rahim yaitu dengan mengkonsumsi semangka sesering mungkin sebelum conceive. Dari pengalaman temans yang berhasil ataupun yang tidak, dapat dipetik hikhmahnya bahwa keputusan Tuhanlah yang terbaik. Oleh karena itu kembalikan semuanya kepada SAng Pemilik Hidup.

  10. sande

    Sista2 smua tetap semangat ya, sy jg BT1 blm berhasil, baru mau coba lg, smbil nabung dulu. Ow ya sis Alin, klo boleh tau ada pemeriksaannya ga utk tau kekentalan darah? sis Isi, supaya ketebalan ideal rahim harus konsumsi apa ya? #colek sis Isi dam sis Alin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*