Pernah KET ingin coba bayi tabung – Susan

Hai, aku mau ikutan sharing ya…
Namaku susan, umur menjelang 30 dan usia pernikahan hampir 3 th. 8 bulan pernikahan aku mengalami flek2, tapi ga sebanyak haid, akhirnya aku cek ke dr. Dr bilang hormonku ga stabil, jadi dikasih obat terapi hormon. Sebulan makan obat penghenti haid, malah ada kista di ovarium. Sesudah itu program hamil menggunakan profertil pada haid hari ke-3 selama 5 hari. Kira2 terapi 6 bulan dinyatakan gagal, harus ulang.

Aku berhenti karena lelah, 4 bulan kemudian aku sakit perut di kanan bawah. Opname di rs dan dinyatakan ada kista, dr menyarankan untuk operasi tapi saya ga mau.
Akhirnya terapi pakai obat supaya kistanya hilang. Bulan berikutnya aku hsg untuk mencek saluran tuba karena kista sudah mengecil, jadi boleh program hamil. 5 hari setelah hsg, saya muntah2 dan sakit perut, langsung masuk ugd dan dr menyatakan aku KET, saat itu juga operasi. Tuba kananku diangkat karena sudah pecah & pendarahan. Tapi ovarium kanan masih dipertahankan.

Selesai operasi, aku masih kontrol selama 3 bulan dan hsg juga, dr bilang aku masih bisa hamil alami.
Setelah 3 bulan itu aku berhenti ke dr, istirahat selama 6 bulan. Aku kembali lagi ke dr, kali ini ke dr spesialis fertilitas, dan dinyatakan aku ga mungkin hamil alami, persentasenya cuma 8%. Dr bilang tuba kiri yang tersisa pun kondisinya ga bagus, fimbrae-nya udah gundul malah. Saran dr, laparoskopi untuk melihat tuba secara pasti, kemudian ikut bayi tabung. Aku pindah ke dr lain yang masih mau coba tanpa bayi tabung. Aku ditiup alias dihydro, dr bilang hasilnya bagus karena obatnya masuk semua tanpa tersisa. 3 bulan aku program hamil masih belum berhasil sampai akhirnya ada kista udah 7 cm di ovarium kiri.

Setelah sebulan makan obat, aku coba cari alternatif lain ke dr di penang. Dr menyarankan aku untuk bayi tabung karena masalah tuba.
Yang saya bingungkan sekarang, kalau mau bayi tabung, lebih baik di mana? Pilihanku di penang dengan dr Ng, atau di surabay dengan dr Aucky? Aku tinggal di bandung, mengingat perjalanan bandung-penang atau bandung-surabaya sama aja.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (7 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...

24 thoughts on “Pernah KET ingin coba bayi tabung – Susan

  1. didien

    Salam kenal mb susan,,
    kondisi mb hampir mirip dg sy yakni adanya kiste kecil2 banyak di ovarium kanan n kiri sy.. kl dokter blg sy multipel endometrioma. kasusnya berat mb. alhamdulilah sy berhasil hamil skarang insya Allah dpt 12 mg mb, sy batab di graha amerta surabaya dg prof samsul. kl kasus spt sy n mb.. harus byk doa mb krn ovarium ad kiste jd perkembangan telur jg agak lambat n susah krn berburu tempat dg si kiste di ovarium, pdwkt opu sy jg susah tp sy bsersyukur alhamdulilah msh bs diambil telur sy mskpn dg cara opu biasa gagal jd sy harus laparoskopi wkt itu jg.. alhamdulilah sy di tempat yg tepat yakni graha amerta sby krn di sby ad beberapa klinik fertilitas tp hy graha yg memiliki fasilitas kegawat daruratan laparoskopi. sy n suami dl jg tinggal di jabar mb.. jd enak kl suami swaktu2 diperlukan ke graha tinggal naek kreta api az krn posisi graha jg sangat dkt dg stasiun gubeng baru. tinggal jln kaki kira2 300 meter.

    kl mb ada waktu luang silahkan mb baca pengalaman batab sy di kategori endometriosis dg judul pertolongan Allah bgtu dkt, dg multipel endometrioma pd ovarium kanan dan kiri – didin, kl mw shering lebih lanjut via email sja mb.. sy tunggu..

  2. wati

    Allo mbak susan ….salam kenal yach, kl mnrtku sih sebelum mbak ikut Progaram BT hrs beresin semua masalah yg berhubungan dg daerah rahim-Ovarium & sekitarnya. Kl masalah tmpt memang yg sy baca dari sharing di sini mereka pa ke BIC utk jkt & Siloam di SBY. Sebenernya kl Tuhan menginjikan di manapun mbak BT jg bs berhasil & meskipun kasusnya sama jg, di dokter yg sama, jg gak menjamin keberhasilan tersebut. 2 bl yg aku jg abis BT di BIC tp gagaltatal krn embrioku gak nempel sama sekali dan mau ET ulang utk sisa embrioku 3 bln lg, tp sblm ET kedua dokternya menyarakan utk laparoskopi dulu buat ealuasi knp sama sekali gak mau nempel pdhal dr OPU hingga ET gak ada masalah. Yach mungkin belum rejekiku kali yach…..tp aku tetap masih berusaha & berdoa utk melakukan ET lagi siapa tau ada keajaiban dari Tuhan dan bs berhasil meskipun biayanya tergolong mahal. O Iya kmrn aku biaya OPU+ET+booking fee saja =27jt belum termasuk obat & lab. Smoga ada manfaatnya,ku doakan mbak smoga progam mbak berhasillllllllllllllllllllllllll……………………………..

  3. Rina

    @wati: hai salam kenal, kejadianku sama spt kamu, gak terdeteksi masalahnya apa tapi embrio gak nempel.. jd sebelum frozen embryo di transfer saya disarankan laparoskopi juga.
    Sebenarnya ini sudah program bayi tabung ke-2, dan yg pertama juga gak berhasil & unexplained. Tp waktu itu saya gak ada sisa embryo. Setelah itu saya ganti dokter, dan di program ke-2 belum diminta laparoskopi tapi setelah ke-2 ini gagal, baru disarankan laparoskopi sebelum ET yang frozen. Untungnya kali ini ada sisa. Saya juga lagi nunggu 2-3 bln utk cek siklus balik normal/gak. Setelah gagal & mens, bln berikutnya mens sempat mundur jauh…sempat H2C kirain jadi scr alami, tp ternyata agak kacau aja siklusnya hehe.. Rencana Wati laparoskopi dimana? BIC juga? Kalau dokter saya mau lho referensiin ke rs lain yg biaya laparoskopi-nya bs lebih murah. Saya msh bingung mau laparoskopi dimana..

  4. special mom to be

    kl dr aucky presentasinya keberhasilannya cuma 10-20 persen aja. dari 20 orang yg barengan program yg berhasil cuma 2 orang aja, yg lainnya gagal dan pelayanannya nggak bagus yah. kl menurutku lebih baik ke malaysia kl di hitung dgn biaya akomodasi, makan sm transportasi lebih murah di malaysia.

  5. Harry

    San, salam kenal ya. Aku mau BT bulan Nov 2011 di Penang dengan dr Ng. Aku pertama juga bingung maunya di dr Aucky atau di Penang. Padahal aku tinggal di Surabaya. Tapi setelah aku rembuk, lebih baik ke Penang, karena :
    1. Proses perawatannya lebih canggih & teliti
    2. Biaya lebih murah Penang (Tapi kalau sama akomodasinya mungkin sama)
    3. Kalau terjadi sesuatu yang buruk (Penang lebih perhatian) coba baca artikel BT jadi warga negara Malaysia.
    4. Tingkat keberhasilannya lebih besar.
    Demikian share dari ku. GBU

  6. wati

    @ Rina salam kenal jg,……………….
    Seneng rasanya menemukan tetap seperjuangan. Boleh tau kamu BT di mn Rin? Dokterku tdk menyarankan tmpt lain krn dia sendiri yg mau laproskopi. Emang tergolang mahal kmrn ty biayanya 21jt+ One Day Care. Tp apa boleh buat aku tetap milih dokter yg sama dg pertimbangan drpd mulai dr nol lg mendingan dgn dokter ini aku jalanin ampe selesai dulu gt. Dulu wkt aku insem bukan Di BIC tp di siloam KB jeruk, HSG lab jg di situ. Pas mau ikut BT di dicek lg lab drhnya aja kl sperma suamiku gak di cek lg ktnya dr hsl yg lama masih tergolong baik. Rencan Laproskopiku tgl 19sept tapi gagal gara2 mensku maju and diundur tgl 3 okt. Smoga semuanya lancar dech. Kl di tmpt lain laparoskopi bayar berapa ya rin?Rencana mau laparoskopi dimn ri?

  7. didien

    DEAR WATI

    Aq jg mw kasih info. kl aq wkt ikut batab di graha amerta sby dg terpaksa harus jalani laparoskopi unt ambil telur setelah ambil telur lwt cara biasa bawah tdk bs, kmrn sy nambah uang unt laparoskopi 6jt.
    Sedangkan untuk pasien dg kasus spt miom, kista,n msalah2 lain harga paketan kena 15jt ini jg bs lgsg plg. tp kl untuk cek alat reproduksi dg laparoskopi sy pernah dengar tdk sebesar itu krg lbh 7-8jt. sy tau itu y dari penuturan pasien batab siloam yg dirujuk ke graha.
    Smoga infonya bermanfaat.

  8. susan

    @ Didien:
    salam kenal juga. boleh tau, di graha amerta total biayanya habis berapa ya?
    Saya sudah tanya via telp kalau di siloam kira2 habisnya 40-45 juta dan saya rencananya bulan depan mau coba cek dulu ke dr Aucky.

  9. susan

    @ harry & special mom to be:
    thx yah, buat sarannya. aku juga lebih berat ke penang sih, tapi masih bingung juga karena jarak. + sekarang kurs myr kabarnya naik banyak ya.
    harry, kamu mau bt nov ini di sana? ntar kabar2i ya gimana prosesnya. rencana aku maunya des ini soalnya dr Ng kasih aku waktu 6 bulan untuk hamil alami sampai des. kalau sampe des masih belum, katanya lebih baik balik lagi aja ke sana.

  10. Rina

    @wati: dokterku praktek di BIC dan Klinik Teratai, pertama konsul sih di BIC tp pas denger di Teratai waktu itu ada program diskon sy pindah ke Teratai. Setelah gagal, kembali konsultasi2 di BIC krn jaraknya lbh dekat. Tp krn frozen embryo ada Teratai yah musti balik kesana lagi nantinya. Pindah2 gitu tp yg penting dokternya sama lah ya..heheh..
    Nah utk laparoskopi krn aku terus terang soal biaya, jd ditawarin kalau mau boleh ke klinik raden saleh, dia referensikan hanya 1 dokter disana, dr wahyu hadisaputra. Nanti dia akan kasih surat pengantar utk laparoskopi…dan setelah itu hasilnya kubawa dan program bayi tabung akan tetap lanjut dgn dokterku. Setelah browsing2 tyt dr wahyu ini memang ahlinya laparoskopi, byk juga dokter2 yg referensiin pasiennya ke beliau. Dan dengar2 di klinik raden saleh ini bisa hampir setengah harga compare di BIC.
    Gitu ceritanya…tp bln ini aku mens telat lagi nih, atauran awal minggu ini tp blm datang2.. jd belum tau kpn bisa laparoskopinya 🙁
    Yah moga2 setelah ini kita berhasil yaa.. 🙂

  11. wati

    @ didien, salam kenal yach
    Thanks ya infonya. Iya di BIC emang mahal. Pas waktu ty harga awal dibilag 16-21jt trus pas ty lg tinggal 1 hr dia bilang 21jt, agak aneh sich……apalagi kl tmbh kmr nginep di di kmr vip hui tambah muhal gt. Tdnya suamiku jg nawari ke luar tp stlh ku kutimbang2 krn hrs stay lama akhirnya ku dijkt aja dgn pertimbangan lbh nyaman tinggal dirmh sendiri gt, sempet kepikir di SBY siloam tp gak ada saudara yg deket RSnya. And pas aku dah mulai BT baru tau kl ada graha amerta gt. BT di Graha abis brp mbak?Bt mbak di Graha berhasil ? Kl berhsl slamat yach……….pasti seneng buanget, smoga lancar2 aja smp lahiran…

  12. wati

    @ rina………..
    alo rina thanks infonya…………….BTw Klinik teratai itu dimn ya, kayaknya sering ndenger gt. Di BIC dng dr siapa Rin? kl aku dg dr Ivan. Wah kamu bolak balik gak pusing tuch di 2 tmpt….tp kl rmhnya deker mah gak papa yak. Yang penting usaha terus…pantang mundur…..Smoga progam kita berhasil. AMIN

  13. didien

    dear mb wati..
    oh gt memang orang jarang tahu graha tp sdh ada lama mb klinik ferilitas ini mb kl g slh perawat senior disana crita kl klinik fertilitas graha amerta sdh ad sejak krg lbh th. 1992 tp tempatnya tdk di graha tp di rs dr soetomo mb, lha br bbrp thn pindah ke graha amerta. jd org jarang tahu. dlpun dr auky sblm buka batab di siloam ktnya jg jd dr androlog di graha tp krn praktik batab beliau rame di siloam beliau konsen di siloam n di graha digantikan oleh dr hamdani. dr spog siloam jg kl g slh dr hendro pramono jg dinasnya di rs dr soetomo mb. gtu cerita dr perawat senior dsana. tp yg populer namanya dr andrologkan dr auky. mau dimanapun mb kl Allah da takdirkan berhasil y berhasil bgtu jg sebaliknya

    sebenarnya byk kok mb yg di graha tp berhasil tp jarang online, seingat sy ad beberapa yg jg shering di web ini, dl yg jd motivator sy wkt batab. wkt sy jg ada barengan 3 org yg batab syukur alhamdulilah smuanya positif.

    dl wkt sy batab di graha habis 50 jt mb, krn wkt sy opu diambil telur lwt cara yg buasanya dipakai tdk bs yg tersedot bkn telor melainkan endometrioma warnanya darah coklat kehitaman mb sy yg tersedot sekitar 20cc,jd sy lgsg diambil tindakan laparoskopi, jd sy di boyong dr kmr operasi satu ke satunya lg.. tp syukur alhamdulilah atas pertolongan Allah sy jg hamil skrg insya Allah usia kehamilan sy 14mg, minta doanya y biar diberi kesehatan n keselamatan baby n ibunya.. amin..

    Smoga mb jg diberi pertolongan oleh Allah dg diberi kemudahan, kelancaran n kesuksesan.. amin.

  14. wati

    @mbak didien,………………….
    o…begitu critanya. Mbak mo tl lg nich pengalaman abis ET bedrest total apa enggak ya, kl iya berapa lama mbak gt? Mbak aku ikut doain semoga tambah lancar & lahir sehat tnp kurang satupun. Amin

  15. didien

    Dear Wati
    Kl saran prof samsul sendiri orgnya memang sepuh/senor jd orange lebih hati2.. sy disarankan byk istirahat.. jd byk istirahat, kl jln pelan2,ke kamar mandi jd sendiri n hati2.. sy sampai tgl lab penentuan..stlh penentuan n di nyatakan berhasil sy harus tetap buk istirahat krn hormon progesteron sy agak turun, untuk lebih jelasnya mb baca saja pengalaman batab sy di kategori endometriosis dg judul pertolongan Allah SWT, dg multipel endometrium pd ovarium kiri dan kanan.

    Amin yarobalalamin.. semoga mb wati jg diberi pertolongan oleh Allah SWT, n senantiasa diberi, kemudahan, kelancaran n kesuksesan dlm setiap langkah ikhtiarnya, pasrahkan semuanya kepadaNya.

  16. eta

    mb didien, salam kenal ya.. ak juga lagi program batab di jkt nie dengan dr karel manary di BIC, mudah2an segera menyusul mba didien nie. Selamat ya mba, semoga diberi kelancaran dan dedeknya di dlm tumbuh dengan sehat dan baik. semoga ibu2 semua yang sedang mendamakan anugerah indah ini akan dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Memberi Kehidupan. Selamat berjuang buat calon mom semuanya…semangat !!!!

  17. didien

    Dear Susan..
    kl setau sy. wkt barengan dg sy 3 org dr wkt ET sampai OPU beragam biayanya. 1 org temanku yg berhasil kembar dg masalah myom n penyumbatan saluran tuba habis biaya kira2 41 jt, sdgkan 1 org lg dg masalah hydrosalping n suami azospermia berhasil hamil dg biaya 38jt, sdgkan sy sndri jg berhasil hamil dg masal multipel endometrioma/byk kiste tersebar di ovarium kanan n kiri habis biaya 50jt krn ditambah oprasi darurat laparoskopi krn telur berkembang disamping2 kiste jd yg tersedot darah coklat kehitaman dr kiste. sebenarnya hal ini susah dideteksi mskpn di usg berulang2 krn di usg tdk terlihat kl telur menempel pada kiste, tp syukur di graha sdh ad laparoskopi jd lgsg ditangani tanpa harus mengulang proses dr awal krn dlm bbrp 30menit-1jam tdk terambil akan rusak. dl sy diperkirakan 35-45jt. tp syukur smua yg barengan sm sy berhasil smua ikhtiarnya.
    Kl saran sy krn kondisi mb hampir mirip spt sy ad kiste di ovarium takutnya tjd kegawat daruratan spt sy krn smua hal tdk bs diperediksi mending mb ke graha amerta sja, krn di sby hy graha amerta yg memiliki fasilitas laparoskopi di klinik fertilitas di sby. Ini tlp graha amerta 031-5501355 atau 031-70906307

    Dear mb eta
    amin yarobalalamin y..terimakasih unt doanya.. semoga Allah SWT jg memberi pertolongan unt stiap ikhtiar mb, dg diberi kemudahan, kelancaran n kesuksesan unt mb n keluarga.. amin. Pasrahkan semuanya kepadaNya.

  18. lia

    mba susan,
    bagaimana? sudah memutuskan untuk melakukan BT dimana? kalau menurut saya, dimana pun sebenarnya tidak masalah. kalau hati sudah mantap, berdoa dan mudah-mudahan berhasil. cari informasi selengkap-lengkapnya dulu mba, biar punya gambaran.
    kalau menurut saya, pertimbangannya dokter dan biaya itu penting. saya sendiri tidak tahu berapa pengeluaran harian di surabaya karena saya melakukan BT di penang. saya habis kurang dari 40 jt untuk biaya rumah sakit dan biaya hidup dan transport medan-penang berkali-kali. *bisa lihat detailnya di artikel Bayi Tabung Pertama-Lia*

    kelebihan di surabaya (karena mba tinggal di bandung) bisa naik kereta api dan biaya transportasinya pun terbilang lebih murah.coba baca beberapa artikel yang berhasil BT di suraaya, ada juga yang sempat menjelaskan biaya kos disana dan lainnya.

    selamat berjuang ya mba…

  19. susan

    @ Lia:
    sementara aku bingung mau di penang atau di surabaya, akhirnya kami mutusin mau coba cek dulu ke surabaya, rencana berangkat kemarin minggu (16 okt). Tapi jumatnya, aku disms temen dr jakarta, ada program ivm di rsia family dengan biaya yg lebih murah, proses lebih mudah, dan jarak yg dekat dr bandung. Akhirnya kami ga jadi pergi ke surabaya, dengan sebelumnya udah telp dl ke rsia family ttg program ivm itu. Tapi cs rsia family bilang, tidak bisa semua yg mau bt bisa memutuskan sendiri mau ivm atau ivf. Tapi kami pikir ya cobalah…
    Akhirnya kemarin aku & suami berangkat ke jakarta. Aku konsultasi dengan dr muchsin, ketua tim ivf. Kami bilang bahwa kami ada rencana mau bt karena sudah bbrp dr menyarankan begitu. Setelah dr melihat riwayatku, ternyata ditemukan satu masalah lagi, yaitu aku mengidap pcos atau polycistic ovarium syndrom, dengan kata lain telurku kecil2 & banyak, tapi ga ada yg matang, makanya bbrp kali program hamil selalu berujung pada kista. Dan dr menyarankan kami untuk ikut ivm, bukan ivf, karena kondisiku yg pco.
    Skrg tinggal tunggu kesiapan kami untuk ikut ivm ini & menunggu siklus haidku berikutnya. Cek pertama dilakukan saat mens hari ke-2 atau 3, ada 3 macam cek awal yg harus dilakukan yaitu cek hormon, lab lengkap, & usg baf. Sedangkan suami cek sperma dengan sebelumnya puasa hubungan selama 3-5 hari. Sedangkan biayanya sendiri, dr bilang paket ivm 40 juta dengan 1 kali suntikan. Ivm yang lalu yang pernah tim dr rsia family dengan 4 kali suntik biayanya 43 juta. Kalau kami ikut ivm, dr sendiri inginnya yang 1 kali suntik aja, mengingat kondisiku yg pco lumayan karena sempat juga menghasilkan kista akibat obat penyubur. Ivf sendiri biayanya 53 juta. Jadi biaya ivm terbilang lebih murah. Plus jarak jkt-bdg yg lebih dekat, kami lagi berpikir kapan kami akan ikut.
    Kamu sendiri bgmn? Bukannya tgl 12 kemarin bagi raport? Semoga hasilnya positif ya…
    Nanti aku update lg kalau aku sdh menjalani program ivm.

  20. lia

    susaN,
    saya juga pco. lihat positifnya saja, telur kita kan banyak, umumnya mudah dipancing untuk membesar.masalahnya pandai-pandai dokter saja memmainkan peran obat untuk membuat telur cukup besar dengan jumlah yang cukup banyak pula. tidak boleh terlalu banyak!

    saya positif!Puji Tuhan. Rencana mau periksa lagi ke penang sabtu ini, 22 Oktober.

    Good luck buat susan, ya.. jangan lupa up date terus:D

  21. susan

    Lia, congratz ya… semoga lancar sampai lahiran.
    Aku & suami rencana jadi mau ikut ivm siklus mens berikutnya kira2 awal bulan depan, kami balik lg ke jakarta. Rasanya deg2an juga karena ini kali pertama mau ikut bt. Semoga ga ada halangan sampai program selesai & hasilnya bisa kayak kamu =)

  22. Angie

    Hai Susan..gmn program IVM Nya? Aku juga baru mau mulai program IVM di rs family..update dong Kabarnya terbarunya? Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*