Perjuangan terakhirku – Yenni

Sudah lama saya ngga nimbrung di website bayi tabung ini. Iya nih dah banyak kejadian yg saya alami dan ngga sempat saya share-kan ke teman2. Berikut ini adalah pengalaman ‘perjuangan akhir’ saya yg ngga akan terlupakan seumur hidup dan semoga dapat memberi semangat kepada Anda yg ingin punya momongan.

Ngga seperti biasanya pinggang saya pegal2 sebelum tidur, maklum perut besar hamil tua jadi beban bawaan tubuh lebih berat… saya pikir mungkin inilah penyebabnya. Saya paksa saja tidur, tapi baru mau tidur nyenyak eh keburu bangun lagi terasa ada yang aneh seperti ada yang pecah dalam perut,… saya langsung bangun untuk ke wc tapi ternyata setelah saya cek sudah ada cairan yg  keluar … menetes-netes agak kental bening makin lama makin banyak. Tidak salah lagi… pasti air ketuban!

Langsung saya bangunin suamiku, seperti orang kebingungan dia mondar-mandir menyiapkan segala-galanya…kaya gosokan 🙂 Untung sehari sebelumnya saya sudah beli pembalut  wanita paling tebal, saya sumpal deh dengan pembalut ini supaya ngga basahin celanaku. Setelah siap saya dan suami langsung berangkat ke rumah sakit (KKH).

Kami sampai di rumah sakit sekitar jam 2 pagi, setelah mengurus administrasi saya langsung disuruh masuk ke kamar bersalin, perasaan takut gugup was-was ga  sabar wah semuanya jadi satu. Baru tuh yg namanya kontraksi hamil saya alami mulai terasa waktu sampai di rumah sakit… ternyata ga enak seperti rasa mau mens tapi lebih sakit 🙁  dan repotnya datang setiap 5 menit sekali. Wah lemas deh waktu dokter jaga ngasih tau bahwa saya baru bukaan 2… masih jauh dari 10! Dan karena air ketuban saya udah pecah, saya disuruh baring aja di ranjang!

Tangan kiri diinfus, perut ditempeli alat pendeteksi kontraksi dan pendengar detak jantung bayi yg suaranya bisa terdengar di loudspeaker sebelah kanan saya. Satu kontraksi ke kontraksi lainnya saya jalani dengan sangat tidak enak. Awalnya perawat jaga nawarin saya obat penahan sakit… gas penenang, epidural …semua  saya tolak takut ada efek sampingnya dan lagipula rasa sakitnya masih bisa saya tahan.

Setelah dua jam berbaring rasa sakit kontraksinya semakin menjadi2… akhirnya luluh deh pertahananku langsung aku minta gas penenang. Setiap kontraksi mau  datang langsung saya pakai masker yg ada selang saluran gasnya. Memang rasa sakit berkurang tapi tidak hilang sama sekali, lumayan lah… kepala seperti melayang2, mabuk dan ngantuk setelah pakai gas itu. Yang namanya kontraksi hamil itu sangat-sangat tidak enak, makin lama makin sakit… setelah sekitar dua jam berikutnya kekuatanku jebol lagi akhirnya aku minta epidural.

Agak aneh cara dokter ngasih epidural. Saya harus berbaring menyamping di ranjang lalu membungkuk seperti udang, terus semacam selang kecil dimasukkan ke tulang belakang bagian bawah. Setelah selesai saya berbaring lagi, jadi epidural ini diberi semacam infus gitu… obat sedikit demi sedikit dimasukkan melalui selang  didorong oleh alat suntik yg diatur oleh alat otomatis. Wah memang ampuh epidural ini … rasa sakit hilang. Akhirnya saya bisa istirahat dan kontraksinya tetap jalan. Tapi jangan salah, banyak yang bilang ada efek sampingnya kalau dah  selesai katanya bisa sakit pinggang. Ya pokoknya aku yg penting ga sakit dulu… Setelah dikasih epidural saya bisa tidur, rasa kontraksi masih terasa tapi tidak sakit. Badan bagian pinggang kebawah kebal rasa… numb.

Waktu jam 8 pagi bukaan masih sekitar 6cm. Dokter Kelly yg nangani IVFku datang sekitar jam 10an, dia memang lagi praktek pagi itu. Lama sekali rasanya di  kamar bersalin, saya melihat suamiku masih menemaniku disamping dari awal matanya terlihat capai dan ngantuk ngga tidur dari awal. Ternyata sampai jam 10 bukaannya belum sampai 10 masih sekitar 8… iya lama sekali nih sampai obat epiduralnya ditambah.

Baru sekitar jam 12 siangnya saya mulai disuruh push… push… push… tahukan maksudnya? Saya bingung cari kata yg tepat … ayo… dorong… dorong…  lucu ya? Waktu itu ada bidan ngasih tahu bagaimana nge-push-nya, anggap aja seperti mau buang air besar tapi keras dan besar susah keluar. Push nya pada saat kontraksi yg kuat, obat epidural diturunkan sedikit speed injeksinya supaya saya bisa merasakan sakit kontraksinya. Push… push… push ga tahu udah berapa kali ngeden saya lakukan, terus si dokter Kelly datang ngecek segalanya, semuanya ok, jadi terus push… push …dan push lagi. Jangan dikira push ini enak ya… sakitnya minta ampun deh, saya sampai berkeringat2 padahal ruangan bersalinnya dingin sekali.

Sampai jam 14:00 si bayi ternyata ngga keluar2 juga, sudah dua jam lebih aku push… aduh habis tenagaku. Selama proses push ini, bidan dan suamiku yg menemani, dokter Kelly balik praktek lagi karena terlalu lama menemaniku dan dia banyak pasiennya, kalau bayi dah kelihatan mau keluar baru panggil dia. Push terus aku pantang mundur…  jam dua lebih si dokter nengok aku lagi melihat perkembangannya. Dia bilang sudah terasa kepala bayinya dan sudah bisa terlihat rambutnya… dia suruh saya push terus. Setelah coba beberapa kali push dokter memasukkan tangannya untuk merasakan posisi kepala bayi. Diputar sana putar sini… aduh ga enaknya. Trus dibilang… posisi bayi miring ke samping. Sama bidan dia coba pegang2 perutku… mungkin mencoba memutar bayi keposisi yg baik. Push… push… lagi, dari posisi tiduran, nyamping semua dah aku coba. Ga keluar2 juga tuh baby… betah benar dia diperutku.

Detak jantung baby masih bagus dan belum stress katanya, tapi kalau tidak ada perkembangan terpaksa harus di caesar (c-section) supaya bayi tidak terlalu lama di saluran. Sedih rasanya saya sudah capai sekali, menghadapi kontraksi dari jam 2 pagi sampe jam 3 sore dan tidak bisa makan lagi …masa harus caesar juga… saya tetap bertahan push… push… push lagi. Dokter akhirnya bilang kalau sampai jam 4 ga ada perkembangan harus di caesar, tanpa menyerah saya coba lagi push… push… push. Keringat bercucuran kemana-mana, suami yang tetap setia menemani dari awal memberi semangat.

Jam 4 dokter datang lagi, setelah melihat situasi dan mengecek dokumentasi akhirnya dia bilang saya harus di caesar. Sedih rasanya… tapi demi sang bayi ok lah aku jalani, apalagi rasa sakitnya makin menjadi-jadi karena efek epiduralnya makin berkurang. Setelah kami setuju langsung perawat siap2in semuanya dan dokter keluar lagi.

Sekitar jam setengah 5 saya dibawa ke ruang operasi. Suamiku tidak bisa masuk jadi saya sendirian…cemas dan tegang perasaanku. Di dalam ruang operasi ternyata dokter Kelly yang akan operasi caesar. Setelah dibius separuh badan ke bawah, saya pun dioperasi…Selama proses operasi ini, badan saya gemetar hebat… bukannya kedinginan tapi karena efek obat bius.

Jam 17:15 terdengar sayup-sayup suara tangisan bayi… apakah ini bayiku??? Saya masih setengah sadar… beberapa saat kemudian dokter memperlihatkan sesosok bayi yang masih berlepotan darah dengan berat 3,325kg panjang 47cm … langsung air mataku keluar terharu. ‘Selamat ya anda melahirkan bayi perempuan yg sehat…” kata dokter sambil menaruh baby disampingku… hilanglah semua sakit yang saya alami dari pengobatan infertilitas, program bayi tabung sampai proses melahirkan ini. Benarlah yg namanya ‘semua itu indah pada waktunya’ … saya akhirnya punya bayi!!! Dan kami menamakannya Cheryl lahir tgl 4 Juni.

Untung ada yang namanya program bayi tabung, cita-cita kami telah tercapai setelah 10 tahun berusaha … akhirnya saya bisa punya baby! Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan YME atas berkat dan jalan yg telah diberikan. Terima kasih kepada teman2 di website ini yang telah memberi dukungan dan bantuan doanya… don’t ever give up!!!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (22 votes, average: 3.55 out of 5)
Loading...

49 thoughts on “Perjuangan terakhirku – Yenni

  1. ade

    Hi Yenny… selamat ya. Sekarang dah 2 bulan dong cheryl. Sehat2 aja kan. Bener2 hebat ya perjuangan kamu melahirkan, jadi pelajaran buat aku. Aku skrg sdh positif hamil 6 minggu, hari selasa besok mau usg, deg2an juga nih. Setelah 3 kali ikut program BT baru sekarang positif hamil, tapi perjalanan masih panjang nih, doain aja ya.

  2. rinda

    mb yen, selamat ya… seneng banget denger critanya. udah lama bgt tulisannya nggak muncul2, lagi sibuk ya? eh, gmana cheryl dah bisa apa? saya kagum bgt ama mb yen, untuk semangatnya yg luar biasa & utk blog BT ini yg amat menarik. tulisan2 mb yen selalu enak dibaca. doakan saya cepet nyusul ya mbak…

  3. ventyshick

    hi yenni selamat deh saya baca kisah kamu jadi terharu dan tak sabar semoga suatu saat saya mengalami seperti impian kamu punya baby selamat yah buat kamu and family

  4. retno

    Hi Yenni..selamat yah atas kelahiran si kecil setelah nunggu 10 thn.Kalo aku masih blm apa2nya nih baru mau mulai lg program bt berikutnya abis yg kmrn gagal.Sekali lg selamat yah smoga bisa cepet nyusul yenni…amin!

  5. Mulia

    Yenni, very big congrats yach atas kelahiran Cheryl…. Akhirnya perjuangan utk mendapatkan momongan tercapai juga, skrg pasti lagi sibuk2nya dgn profesi baru jd new mommy donk. Semoga Yenni sekeluarga selalu berbahagia & sehat selalu setiap saat. 🙂

  6. wienda

    Mb Yenni,selamat ya atas kelahiran Cheryl…Duh kebayang senengnya & sekarang kesibukan bertambah karena ada new baby. Semoga semua sehat selalu, bayinya, ibunya juga, & semoga perjuangan, semangat dan keberhasilan mb yenni bisa menular ke kita semua di sini, amieen…

  7. Veronica

    Hii Yenni…selamat ya akhirnya perjuangan kamu selama 10 tahun utk dapetin baby tercapai juga 🙂
    doain kita2 yang di web nyusul kamu juga ya…GBU

  8. tina

    Akhirnya……setelah 10 thn menunggu terwujud semua mimpi punya baby. aduh sy sampe terharu baca cerita yenny. walau mo lahirin normal gak bisa yach gak apa2 yg penting mami dan baby-nya sehat 🙂 senang akhirnya bisa ngerasain menjadi seorg ibu yach yen. selamat atas kelahiran buah hatinya, selamat jadi mami dan thx mau berbagi semua pengalaman bayi tabung dan kelahiran ke kita2 semua. ini semua menambah motivasi kita2 untuk tetap berjuang. GBU

  9. itha

    #### SELAMAT BERBAHAGIA ATAS KELAHIRAN PUTRI MBAK YENNI YANG DIIDAM2KAN…
    ###### SELAMA 10 THN DALAM PERJUANGAN YANG PANJANG………
    ######### SEMOGA TUHAN SELALU MEMBERKATI MB YENNI SEKELUARGA….

  10. menik

    mb’Yen.. CONGRATULATION yaa.. semoga Cheryl menjadi anak yang penuh dengan berkat Tuhan dan membawa damai serta kebahagiaan bagi orang-orang di sekitarnya.. amien..

  11. icha

    duh sampe terharu mbacanya 🙂 selamat ya yenni, perjuangan kamu mendapatkan baby menginspirasi kita semua yang lagi pada usaha supaya tidak pernah menyerah..semoga kita ketularan juga nih..salam cubit buat cheryl,semoga menjadi anak yang berbakti pada orang tua dan selalu mengingat perjuangan orangtuanya 🙂

  12. fenny

    Hi mbak yenni, selamat ya 😉 memang penuh perjuangan ya. Saya juga lagi berjuang untuk dapat baby lewat ivf kedua kalinya setelah gagal dec lalu. Bantu doain ya mbak.

  13. HERA

    Hai..Selamat ya Yenni atas kelahiran Cheryl…rasanya jadi ikut merasakan waktu baca cerita melahirkan…ternyata emang mau jadi mama perlu banyak perjuangan ya…smoga kita2 jg segera nyusul ya….Selamat sekali lagi….

  14. mery

    Hi Yenny, senang dan terharu membaca perjuangan Yenny melahirkan Cheryl..Congrats ya..Semoga keberhasilannya menular ke kita2 yg belum diberikan keberhasilan program BT…GBU

  15. Iva

    Hi Yenny,selamat yah atas kelahiran bidadari kecil Cheryl..ngebayangin sakitnya waktu ngelahirin pasti terbayar ya sama rasa bahagianya..
    Mudah2an kita semua yg lagi berjuang pengen punya baby bisa terwujud spt kamu ya..amin..
    Aku skg lagi mau OPU tgl.29agust,doakan diriku yaa..

  16. Monica

    Dear Yenni, selamat ya! Aku bacanya sampai terharu, memang semua rencana Tuhan indah pada waktunya (apapun itu hasilnya ya)..
    God bless you and baby Cheryl…again, CONGRATULATION!

  17. niketut

    Hallo Mbak Yenni….
    Sekarang cheryl dah 3 bulan ya ?
    Walau telat, selamat ya ….
    Semoga kehadirannya dapat melengkapi kebahagian Mbak Yenni sekeluarga.
    Salut banget, usaha mbak Yenni sangat menginspirasi kami2 yg masih tetap berusaha sampai saat ini ….

  18. olip

    Selamat buat ibu baru….
    semoga sehat selalu ibu&babynya…
    aq jg sdg berusaha tp munk blm rezeki jd doain ketularan segera punya baby…

  19. ati

    hallo yenni,
    selamat ya ,
    cheryl benar benar anugrah dari Tuhan,thanks atas sharing pengalamannya.
    sekarang saya lagi ivf yg kedua ,mohon doanya ya
    saya juga ingin punya bayi .besok rencananya akan ET
    baru hari ini saya baca blog ini lagi terakhir saya
    gabung pertengahan juli lalu.sekali lagi selamat ya.

  20. yati

    Hi Yenny,
    Selamat atas kelahiran Cheryl, sharing pengalamannya sangat membantu juga dapat memberi Semangat bagi teman-teman yang akan maupun yang
    sedang menjalani program bayi tabung,” INDAH PADA WAKTUNYA”

  21. Uly

    yen, selamat yah … memang bagi DIA tidak ada yang mustahil di dunia … mdh2an kita yg lagi berusaha bisa mendapat berkat yang sama, yg mungkin waktu nya berbeda, bisa cepat bisa lama .. yg penting bersabar dan tdk putus utk memohon …

    GBU and family ..

  22. inot soesina

    Selamat ya Mba Yenny,aku Insya Allah taon depan mau nyoba lagi setelah gagal taon lalu di Malaka.Salam tuk mungil Cheryl.

  23. Ratna

    Hai Mba Yenny,

    Gmana kabar Cheryl ?

    Pasti lagi lucu2nya yah, aku ikut berbahagia atas kelahirannya. SElamat
    Semoga sehat selalu. amein

  24. olip

    mbak boleh nanya ga?? ada berapa macam tipe/kualitas embrio & kemungkinan ‘jadi’ nya bgmn??
    matur tengkyu

  25. Lia

    Selamat ya atas kelahiran bayinya. Semoga sehat selalu. Salam kenal juga ya buat semuanya. Namaku lia, 21 thn. Aku memang belum nikah, tapi aku suka baca cerita-cerita kalian 🙂

  26. cc

    Mba Yeni selamat ya… aku baca ceritanya aja terharu 😀 semoga babynya sehat dan lancar2 aja… aku udah 2 tahun married belum dikaruniai anak sedih sekali tapi pas baca website ini jadi semangat lagi… God Bless You abundantly ya

  27. eva

    Hi mbak Yenni, saya juga ingin mengucapkan selamat atas kelahiran si buah hati, Cheryl, semoga menjadi anak baik, taat pada orangtua, takut sama Tuhan. God bless yourfamily.

  28. rima

    Aku jadi terharu dan seneng buangets baca shrenya mba yenni…Congratulation mba yenni…mudah2xan aku bisa nyusul mba ya???udah 5th nih…God Bless u and your family…

  29. nunung

    selamat ya mba yenni…maaf telat soalnya barusan gabung nih..he hehe…semoga aku bisa segera menyusul..

  30. Fani. D

    Selamat tuk Yenni N salam jg tuk si cantik Cheryl namanya pun jg cantik.
    Aku rencana jg mau ikut program BT di surabaya dgn Dr.Aucky pada tgl.16 januari ini, semoga aja aku jg bisa cepet mendapat baby.
    Doa in yeah semoga nanti proses berjalan dgn lancar & cepat.
    Oh…ya yen, aku mau tanya donk klo pertama dateng pemeriksaannya seperti apa yah? coz aku tinggal di BSD.

  31. Yenni

    Wah ngefans banget Fani ama dr. Aucky, apakah dah coba bt di Jakarta? Kalau baru pertama kali ketemu dokternya biasanya dia mau tau dulu penyebab kamu ngga hamil2, periksa organ2 kandungan, hormon, test torch dst.
    Anyway semoga berhasil ya, dibawa santai aja ya jangan stress… supaya ga stress buat aktivitas lain sehingga pikiran ga semua terlalu fokus ke bt … trus persiapkan diri tuk segala macam hasil… dan sharing2 pengalaman ama kita2 di web ini jangan disimpan sendiri…
    All the best and good luck ya…

    Buat Rima dan Nunung dah nyusul blum? balapan deh ama Fani… semoga berhasil juga ya.

  32. Wienda

    Halo Fani, lam kenal..
    Gimana dah ktm dr.Aucky kemarin? Trus gimana hslnya. Krn rencana aku jg pengen program ke dr.Aucky mungkin udh dari setahun lalu, tp smpe skrg msh belum mulai-mulai. Tau deh rasanya masih takut & ragu & bingung, pokoknya msh blm ‘bulat hati’ gitu deh.. Makanya Fani nanti cerita-cerita yaa hasilnya biar aku tambah yakin dan semangat utk segera memulai. Good luck ya…

  33. Fani. D

    Hi….Wienda
    Salam Kenal jg, Aku udah ketemu Dr.Aucky tp dia bilang aku harus ikut program BT nya bulan depan coz indung telur aku kecil2 tp banyak & sperm suamiku jg kurang gesit.
    Jadi aku di kasih minum obat Glucophage & Pil KB dulu serta suami di kasih Vitamin something gitu deh.
    Jadi kemungkinan bulan Feb sekitar tgl 12 or 13 aku balik lg & langsung program, yah…mudah2an kondisi udah normal jd bisa langsung proses.
    Wien km jgn ragu2 nti malah hasilnya kurang bagus loh, yg penting pertama km punya tekad dulu trus kuat menghadapi segala sesuatunya nanti & dibawa enjoy aja serta berdoa.
    Ok…..semoga km jg cepet berhasil tanpa BT, berdoa aja yg banyak yeah.

  34. echie

    salam kenal semuanya …
    buat Yenny selamat ya, aku baru aja hari ini baca perjuanganmu untuk ngedapatin baby plus perjuangan terakhirmu melahirkannya.seru dan mengharukan.
    thanks bget, karna pengalamanmu menjadi inspirasi bagi saya untuk tetap berjuang.
    Harapan kami seh nggak sampe BT’lah … kami masih menunggu anugerah dari yang Di Atas. Keep on faith !!! and “segala sst indah pada waktuNya”.

  35. ISan

    Hi. . . . Smua lam kenal.u mb yenny selamat ya mb,isan thr bgt ype nangis baca shar mb yenny muda2han isan dibr rizky n kemudahan u sgr ikut IVF AMIN3X.@FANI lam kenal n gmn dah mlai ivf kah? G B U

  36. Fani. D

    Dear Isan & All
    Salam kenal jg, aku tgl.11 Feb mulai program cek darah & usg trus sm dokter di kasih suntikan Gonal F 2 ampul selama 3hr, tgl.14 aku dateng lagi usg lalu dikasih suntikan Gonal F 2 ampul lagi selama 3hr, tgl.17 aku dateng lagi di tambah suntikan Gonal F 2 ampul selama 2hr + suntikan penahan ovarium 1 ampul selama 2hr, tgl.19 aku cek darah & usg sama dikasih suntikan 1x sebelum pengambilan telur (OPU), tgl.21 aku mulai OPU pagi jam 6.30 telurnya ada 8 tp yg isi ada 5. tgl.24 mulai ET (Embrio Transfer) jam.7 pg kata dokter setelah di gabung sm sperma suami dari 5 telur hrs nya jadi semua krn yg 2 kemasukan 2 sperma jd yg ditanam cuma 3, tgl.26 suntik penguat ke-1, tgl.1 maret suntik penguat ke-2, tgl.4 suntik penguat ke-3, tgl.7 baru bisa di cek hamil, Mudah2an hasilnya positif.
    AAmmmiiinnn…………
    Aku sekarang masih di Surabaya nih nanti sore akan suntik penguat yg ke-2, setelah ET aku jg hrs jalan pelan2 gitu deh.

  37. Anastasia

    Halo semua, slm kenal. Sy tasya di bdg. Sy jg renc mau program BT di jkt,tp blm tau kpn. Skrg lg cari2 info dokter2 yg ok di jkt. Ada yg bs ksh info?
    Buat yenni, congratz ya. GBU all..
    Fani, gmn hsl BT nya? Semoga sukses ya.

  38. Anastasia

    Hai, cici. Sy blm pnh BT. Sy cm pnh 1x insem di jkt ma dr.Indra Anwar. Tp gagal. Skrg pgn BT di jkt aja, coz dok di bdg yg bs BT cm dikit.
    Cici dr bdg

  39. cici

    Halo Tasya…
    Sy di Palangkaraya, tp kemaren insem 3x di Banjarmasin (4 jam perjalanan dari palangkaraya) tp gagal.
    Mau coba BT jg tp di Sby, katanya murah dan lebih dekat dari sini, kebetulan mertua sy di Mlg jd bisa pp Mlg-Sby.
    Sempet terpikir jg mau BT di Bandung krn suami mau skul la di Bdg.

  40. cici

    to tasya
    iya, kalo sy ke Bdg ntar sy kbr2i ya..Tasya umurnya brp? udh brp thn nikah? Wkt insem dulu menurut dokter apa penyebab kegagalannya?

  41. Anastasia

    Halo, Ci…
    Sy dah umur 32, udah mrd 3.5 thn. Ci2 umur brp? Udh brp thn mrdnya?
    Sebenernya menurut dokter2 di Bdg sy ga ada masalah apa2, cuma lagi ga fit aja ktnya. Tapi aneh kok ga bisa hamil alami ya? Pdhal udah dikasih vitamin, suplemen, dll.
    Makanya sekarang sy pengen check up ulang secara keseluruhan di Jkt, kynya di Bdg belum keperiksa semuanya deh. Kalo emang masih bisa insem, ya dicoba insem 1x lagi. Waktu insem kemaren, sy ga check lagi di Jkt, cuma berdasarkan hasil pemeriksaan dari Bdg aja.
    Kalo kamu kenapa masalahnya?
    O ya, email kamu apa?

  42. cici

    To Tasya
    Sy umur 33 udah merit 4 thn. sama, kata dokter jg sy gak ada masalah apa2. tuba normal, ovulasi ada, sprma suami normal, ada kista kecil itu pun karena di ksh perangsang ovulasi wkt progrm, kt dr gpp.
    gak tau dech 3x insem gak jd2. kt dr sich krn telur keduluan pecah sebelum insem, memang sehari sebelumnya perut bwh terasa gak enak spt mau mens, itu salah satu tanda telur udah pecah, tp dokter tetap coba insem tanpa USG lg.
    Klo Tasya sblm Insem di Usg dulu gak?
    email saya chi_ntaq@yahoo.co.id.

  43. lina

    aduh…cantiknya cheryl..
    aku sampai pengen nangis liat anugerah Tuhan yg begitu luarbiasa ini Yen…
    Yen, KKH Singapore alamatnya dimana yah ? Semoga aku bisa nyusul kamu ya…

  44. lina

    makasih banget Yen.
    rencana Maret nanti aku mau program BT di KKH, apakah Yenni ada alamat email karena ada beberapa hal detail yang pengen aku tanyain terkait persiapan awalnya.thank you..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*