Perjuangan keberhasilan bayi tabung saya – Lisa

Pertama-tama saya mau mengucapkan banyak terima kasih buat semua anggota milis bayi-tabung.com, terutama yang sudah membagi pengalaman nya, sehingga kita disini yang akan mengikuti program bayi tabung punya informasi and tips-tips mengenai bayi tabung. Saya sudah ikut milis ini sekitar 3 tahunan, sebagai pembaca setia.

Saat ini, saya mau membagi keberhasilan pengalaman bayi tabung saya, semoga dapat memberi informasi buat teman2 senasib dan menambah semangat untuk tetap berjuang dan selalu memiliki harapan J

Saya menikah umur 28 tahun 3 bulan, dan suami ku 10 tahun lebih tua dari saya. Jadi, ketika sudah menikah, kita sudah sangat pengen sekali punya baby. Setelah 6 bulan pernikahan, kita muali mengunjungi dokter kandungan biar cepat hamil.

Saya, ketika masih belum married, haid emang tidak teratur. Bisa haid sekali dalam 3 bulan atau sekali enam bulan, dan saya tidak terlalu peduli ya ketika belum married, malah senang-senang saja karena jarang ngerasa sakit buat haid paling-paling 2 atau 4 kali setahun, agak2 bodoh ya hehehe……….

Tapi setelah married, and check ke dokter, barulah saya tahu bahwa masalah tidak teratur haid disebut PCO, dan mengganggu proses kehamilan. Baru deh mulai pusing.

Kita mulai intense ktemu dokter kandungan. Hampir semua dokter yang dibilang orang bagus kita kunjungin, coba sengat lebah juga beberapa kali, tapi tetap kehamilan normal tidak terjadi. Sampai setelah 3 tahun berobat kesana-sini, salah satu dokter bilang ke kita, bahwa jalan kita satu-satunya adalah bayi tabung. Kayak disambar petir dengar nya, sampe dirumah baru deh nangis bombai.

Masalah saya memang cukup kompleks: PCO (haid tidak teratur), tuba kiri tersumbat total, tuba kanan tersumbat parsial, dan sperma suami geraknya lambat/malas sehingga tidak bisa melalui tuba yang masih tersumbat partial.

Sekitar bulan Maret 2012, kita mulai akupuntur dengan Dr. Loona di cikarang, karena kita mau coba program bayi tabung. Menurut pengalaman teman2 dimilis ini akupuntur bisa membantu keberhasilan program bayi tabung. Pertama-tama kita cukup intense bisa 2 kali seminggu, tapi setelah beberapa bulan hanya sekali seminggu, karena kecapean and agak sakit juga ya ditusuk jarum. Setelah 3 bulan akupuntur telur-terlur saya sama saja tidak ada perubahan yaitu banyak yang kecil-kecil dan susah untuk di stimulasi jadi besar, padahal udah minum obat herbal dari Dr. Loona.

Saya juga mulai hidup sehat. Olah raga (treadmill di rumah ketika ada waktu luang), dan makan JUS ALPUKAT tiap hari, karena saya baca di Kompas, alpukat sangat bagus buat program bayi tabung, yaitu dapat meningkatkan keberhasilan bayi tabung sampai 4 kali lebih besar. So, buat teman-teman yang mau ikut program bayi tabung, ngak ada salahnya untuk coba makan Jus alpukat pakai madu untuk meningkatkan keberhasilan program. Saya juga rajin makan ikan salmon rebus.

Sekitar bulan Juni 2012, kita dapat informasi dari Dr. Loona bahwa RS. Loh Guan Lye di Penang ada program discount untuk bayi tabung, yaitu totalnya sekitar RM 14,000 -16,000. Sebelumnya kita rencananya mau program bayi tabung di Jakarta atau Siloam Surabaya.

Tgl. 27 July 2012, kita ke Penang ke RS. Loh Guan Lye. Customer service nya cukup bagus ya, kita langsung disambut dengan ramah dan sudah didaftarkan. Tapi kebetulan dokternya ada operasi dan kita baru bisa ktemu sore hari. Akhirnya sekitar jam 12 siang kita ke apartment dulu, dan balik ke rumah sakit lagi sore nya sekitar jam 4 sore.

Kita ktemu dengan Dr. Devindran (India), tapi bisa bahasa melayu juga. Setelah di check, dokternya bilang saya harus laparoskopi untuk bisa memperbesar telornya. Karena saya sudah banyak membaca website ini, maka saya banyak pertanyaan ke dokternya. Dan saya bilang bahwa kalau laparoskopi itu banyak efek sampingnya. Ada pernah say abaca di web ini akibat laparoskopi malah telornya jadi habis dan rusak. Dokternya agak emosional dikit sehh pas saya banyak tanya mungkin dikirain sok pintar gitu ya, padahal kan kita takut terjadi apa-apa sama kita.

Besoknya kita disuruh lagi datang untuk mikir-mikir dulu malamnya. Akhirnya setelah diskusi dengan suami, kita tidak mau laparoskopi, dan dokternya bilang kalau tidak laparoskopi kemungkinan keberhasilan bayi tabung kecil. Bisa hiperstimulus kalau langsung program atau telurnya tidak berkembang. Akhirnya kita bilang, kita mau pikir2 dulu di Jakarta. Dokternya kasih obat pengatur haid buat 1 bulan dan juga zinc untuk suamiku. Dan kita disuruh balik lagi ketika haid pertama atau haid hari kedua.

Setelah di Jakarta, kita mikir2 dan sambil berdoa. Akhirnya kita putuskan mau cari second opinion. Saya telp RS. Siloam Surabaya untuk membuat janji, dan ketika haid, saya dan suami terbang ke Surabaya sekitar bulan Agustus 2012. Rencananya mau langsung program ketika lebaraan biar tidak terlalu banyak cuti. Tapi setelah ketemu Dr. Aucky, ternyata hasil tes darah saya setelah haid belum bagus. Jadi harus ada 1 cycle lagi untuk bisa program. Jadi saya dikasih obat pengatur haid lagi.

Bulan September 2012, saya haid lagi dan saya langsung terbang ke Surabaya hari kedua tidak ditemanin suami lagi. Pagi-paginya check darah, dan sorenya ktemu Dr. Aucky. Setelah dilihat hasilnya, ternyata saya sudah bisa ikut program di September 2012. Saya dikasih obat oleh Dr. Aucky sekitar 4 hari buat dibawa ke Jakarta, karena saya masih belum urus cuti dikantor.

Oh ya siangnya setelah check darah, saya cari kost-kost an sekitar rumah sakit. Dan saya memutuskan di Jalan Sumbawa No. 1 karena ada si mba nya yang bisa buat masak dan beres2. Harganya sehh agak mahal sekitar 200,000/hari, tapi cukup nyaman menurut saya.

Setelah di Jakarta, saya suntik sendiri obatnya (FUREGON), karena suami tidak berani. Setelah obat FUREGON nya habis, saya dan suami berangkat ke Surabaya. Ketika kita tanya dokternya apakah suami ku juga harus tetap tinggal di Surabaya selama proses, dokternya bilang tidak perlu. Suami dibutuhkan nanti pas pengambilan sel telur (OPU), dan butuh sperma suami untuk pembuahan. Jadi hari minggu nya suami ku pulang ke Jakarta.

Setelah 7 kali suntik (kita 2 kali ke rumah sakit setiap hari, yaitu pagi hari untuk check darah dan USG, dan sorenya suntik sama suster dan konsultasi ke dokter setiap tiga hari), ternyata sel telurku masih bandel tidak mau besar. Akhirnya dokter menambah dosis obatnya dari 1 ampul/ perhari menjadi 1,5 ampul/hari selama 4 hari. Ternyata sama saja telor ku masih kecil-kecil tapi banyak. Kayaknya dokter Hendro yang USG nya udah bingung kok bisa kecil2 ya telor saya, dan ngak mau gede-gede.

Sampai di kost an nangis-nangis deh pas nelp suami, karena kemungkinan ngak bisa program bayi tabung berhubung sel telornya ngak mau besar padahal udah di suntik FUREGON. Akhirnya Dr. Aucky menurunkan kembali dosis obat nya menjadi 1 ampul /hari selama 3 hari. Thanks to Dr. Aucky yang selalu kasih semangat and optimis ketika kita merasa galau.

Setelah suntik sekitar 14 hari, thanks God, ternyata telor saya akhirnya bisa besar-besar dan bisa di OPU. Setelah suntik pecah telor, hari selasa, 11 September 2012 saya OPU dan dapat telor 15 biji. Dokter Hendro nya bilang sambil bercanda telor saya banyak nya 1 kg hahahaha………….. akhirnya setelah dag-dig-dug………. Saya tidak akan punya sel telor yang ukuran nya mencukupi untuk program bayi tabung, ternyata Tuhan begitu baik memberi banyak sel telor kepada saya. Padahal hampir semua dokter bilang bahwa sel telor saya itu susah banget di stimulus.

Tgl. 15 September saya dapat kabar bahwa dari 15 sel telor ku, 6 dibuahi dengan grade Excellent. Oh ya suami ku jadinya ICSI karena spermanya kurang bagus.

Tgl. 16 September 2012, saya ET dan tidak ditemanin suami karena saya pikir Cuma tanam doang. Ternyata lebih bagus kalau ada suami pas OPU dan ET untuk kasih semangat. Pas ET, susahnya itu nahan pipis nya. Saya akhirnya turun dari tempat tidur untuk pipis setelah 4 jam karena ngak bisa pipis di pampers. Tapi saya jalannya pelan-pelan ke toilet sambil berdoa dalam hati, semoga tidak terjadi apa-apa.

Selama menunggu raport hasil bayi tabung, saya sudah dag-dig-dug di kost an akan hasilnya, dan bolak-balik telp suami. Dan syukur di kost an ada teman2 yang bisa diajak sharing dan ngobrol2 untuk menghilangkan kejenuhan.

Perubahan yang saya alami setelah ET yaitu payudara agak kencang dan sakit (kayak mau haid), tidur ngak nyenyak, sering pipis. Oh ya setelah ET pernah suntik penguat sekali.

Akhirnya tgl. 28 September hari yang dinantikan dan menegangkan. Suami, aku suruh datang ke Surabaya, karena ngak kuat nanti klo hasilnya negative. Malamnya karena ngak sabar saya suruh suami beli test pack, dan saya test, ternyata ada 2 garis. Antara percaya dan tidak percaya. Suamiku bilang, mungkin tespack nya salah, karena hasilnya kan baru besok. Pagi-paginya saya ngak sabar juga nunggu ke rumah sakit, akhirnya saya test pack, dan hasilnya tetap 2 garis. Sekitar jam 8 kita ke rumah sakit untuk check darah, dan sorenya baru dapat hasilnya. Karena suami ku sibuk telp ke kantornya, akhirnya saya telp sendiri ke rumah sakit, dan susternya bilang positif…….. oh my GOD………….. antara percaya dan tidak percaya…………. Saya nangis bahagia and infoin ke suami.

Sorenya kita ktemu Dr. Aucky dan hasil test darahku 476. Kata dokternya kemungkinan kehamilan ganda. Oh ya saya tanam 3 telor. Sorenya kita pulang ke Jakarta naik pesawat, dan saya dikasih dokternya obat penguat CRINONE selama 1 bulan, dimasukkan dari vagina bentuknya kayak pensil warna putih.

Setelah 1 bulan kita check ke Rumah Sakit HGW. Ternyata ada 3 detak jantung. 1 kantong ada 2 detak jantung, dan 1 kantong lagi ada 1 detak jantung. Pulang dari rumah sakit, saya dan suami dag-dig-dug lagi takutnya yang 1 kantong 2 detak jantungnya nantinya kembar siam, dll. Biasalah kadang ada pikiran negative muncul ya. Saya dikasih dokternya dufaston (penguat kandungan) dan vitamin.

Kehamilan minggu ke-7 saya pendarahan, karena kaget sama petir dan habis beres-beres rumah. Sialnya hari minggu pula. Saya telp ke RS. HGW, dimana saya USG untuk pertama kalinya, dan rencananya mau lahiran disana karena dekat dari rumah.

Sampai disana jam 15.30 sore, dan Dr. AMD yang menangani saya katanya sudah pulang 10 menit yang lalu. Saya tanya apakah ada dokter yang available? Susternya telp ke Dr. AMD, dan disuruh untuk cari dokter lain siapa tahu ada yang available. Ternyata semua dokter tidak ada yang available. Jadi susternya telp dokter Dr. AMD lagi, dan Dr. AMD bilang akan datang setelah magrib sekitar jam 6 sore karena bapaknya lagi operasi.

Selama menunggu saya terus keluar darah banyak, dan tidak ada tindakan apapun dari rumah sakitnya. Saya sudah mulai lemas, bingung gimana kondisi saya apakah saya akan meninggal, dan gimana kondisi bayi saya. This was the hopeless time in my life. Saya hanya bisa nangis dan telp mama saya minta di didoain.

Suami ku sudah bolak-balik nanyain susternya untuk pastiin apakah dokternya akan datang? Dan susternya bilang pasti akan datang. Ditunggu sampai jam 6 sore ternyata dokternya belum datang juga, dan kita berusaha berpikiran positif. Setelah jam 7 malam, susternya datang ke kamar saya (saya hanya tidur saja di tempat tidur rumah sakit tanpa ada tindakan dari rumah sakit), kata susternya: MOHON MAAF BU, Dr. AMD TIDAK BISA DATANG, KARENA ADA PASIEN NYA YANG HARUS OPERASI. JADI TERSERAH IBU, MAU PULANG KERUMAH ATAU DIRUMAH SAKIT, NANTI SEKITAR JAM 9 MALAM KEMUNGKINAN ADA DOKTER PENGGANTI. Bak disambar petir, saya dan suami mendengarnya. Saya langsung naik pitam dengar kabar dari susternya. Gila ya saya disuruh nunggu 5 jam tanpa tindakan apa-apa dengan harapan dokternya akan muncul batang hidungnya, tapi dengan enteng bilang ngak bisa datang. Mau pulang atau tetap di rumah sakit. Emang ini ngak nyawa apa ???????????? Saya keluar darah terus sampai lemas, dan tindakan rumah sakit besar seperti ini ????????? Akhirnya kita kalang kabut nyari dokter kandungan yang available. Setelah telp beberapa rumah sakit di Bekasi, thanks God, RS. Bella ada dokter yang dalam perjalanan ke rumah sakit. Mungkin sekitar jam 8 malam nyampe RS. Bella.

Saya sms Dr. AMD dengan marah, agar lebih berdedikasi sama pasien nya, karena ini menyangkut nyawa, dan jangan berjanji kalau tidak bisa datang, sehingga pasien bisa cari rumah sakit lain. Dan besoknya sms saya dijawab Dr. AMD, katanya karena bapaknya sakitlah dan saya sudah disuruh tunggu sampai jam 9 malam untuk dokter pengganti. Coba, apa kita percaya lagi????????????? Kita disuruh nunggu sampai mati kali ya tuh sama Dokter ????????

Jadi saya TIDAK REKOMEN deh UNTUK RS. HGW, apalagi Dr. AMD.

Sepanjang perjalanan dari Hermina ke RS. Bella, saya dan suami sudah nangis Bombai. Berbagai macam pikiran negative muncul dikepala. Sampai-sampai kita salah keluar tol saking panik nya.

Setelah sampai di RS. Bella, turun dari mobil saya seperti tidak menginjakkan kaki ke lantai. Untung dokternya sudah sampai. Kita langsung masuk ke ruangan dokternya, dan di check tekanan darah, ternyata tekanan darah saya 76/80, kata dokternya, tekanan darah saya ini rendah makanya saya seperti tidak menginjak lantai dan lemas.

Dokter suruh saya USG, dan saya dan suami sudah hopeless aja. Yang penting saya selamat, itulah yang ada dipikiran saya dan suami. Suami juga tidak berani lihat ke layar USG, padahal biasanya suamiku yang paling bersemangat.

Sampai dokternya bilang, masih ada 2 detak jantung pak. Deg……………….. suami ku langsung lari ke tempat USG untuk melihat, dan saya juga ngerasa nyawaku balik lagi ke tubuh. 2 detak jantung calon bayiku berdetak sangat kencang. Kata dokternya karena bayinya kaget. Jadi yang pendarahan itu ternyata yang 1 kantung isi 2 janin, dan 1 calon bayi ku berkorban untuk 2 saudaranya lagi. Saya percaya calon bayiku sudah kembali ke sisi Tuhan, dan sekarang bahagia disana.

Akhirnya saya di opname di rumah sakit Bella 3 hari, dan dipasang infus. Setelah 1 jam infusnya masuk, saya mulai bertenaga kembali. Thanks to God for giving us the way out.

Setelah sehat , kita memutuskan control ke rumah sakit yang memang menangani bayi tabung. Kita takut kejadian yang sama terulang. Apalagi untuk hamil saja harus butuh perjuangan berat selama 4 tahun.

Akhirnya kita memilih BIC (Bunda International Clinic) di Menteng, dengan Dr. Ivan untuk kontrol kehamilan.

Sekarang puji Tuhan, saya sudah masuk kehamilan 5 bulan, dan akhir bulan January ini mau USG 4 dimensi untuk mengetahui ada atau tidak kelainan bayi nya, dan juga untuk mengetahui jenis kelamin bayiku. Mohon doa nya ya teman2 supaya bayi kembarku sehat dan berkembang sempurna sampai melahirkan.

Oh ya selama program bayi tabung,saya tetap rajin minum jus alpukat sampai kehamilan 1 bulan. Akhir2 ini agak eneg makan ikan salmon dan jus alpukat, mungkin krn udah keseringan makan jus alpukat ya. Jadi saya ganti ke buah lain. Tapi Jus Alpukat mengandung banyak asam folat loh teman-teman, dan ngak bikin gemuk kok seperti streotip selama ini.

Biaya program bayi Tabung saya di Surabaya dari awal sampai akhir sekitar Rp. 38 juta rupiah.

Demikianlah pengalaman keberhasilan bayi tabung saya yang panjang ini. Semoga teman2 yang berjuang, cepat terkabul ya doa dan harapan nya………. GBU all……..

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 3.67 out of 5)
Loading...

85 thoughts on “Perjuangan keberhasilan bayi tabung saya – Lisa

  1. Ningrum

    Congratulation lisa, semoga lancar ampe nanti lairan 9 bulan…….oh yah sy mo nanya, stlh ET lisa ada bedrest ga? Trus ada maknan yg dihindari?

  2. Febe

    Selamat Lisa b??† keberhasilan bayi tabungnya & salam kenal juga 🙂 aku jg rencana mo bayi tabung ?i Aucky, dgr cerita kamu jd tmbh semangat bgt hehehe….dulu waktu mulai minum jus alpukat,mkn ikan salmon and treatmil itu bbrp lama seblm kamu mulai program bayi tabung? Trs abis bayi tabung bedrest?

  3. dewii

    hai lisa..lam knal ya,makasih y buat milis ya dan slamat ya buat kberhasilan BT…mslh kita hmpir mirip aq jg nikah umur 28 thn 4 bln,skrg dah 4 thn lbh nikah…aq baru tau klo pco 1 bln yll sejak check up d siloam sby,dulu klo berobat k obgyn yg brmasalah cm suami teratozoosperma,mgkn krn tdk pnh USG via vaginal dan haid sy lancar dan teratur…akhirnya dr aucky ngasih methformin 1 bln…ini tunggl nunggu haid klo sdh haid sy lsng prog BT bln ini jg…sy mau nanya persiapan apa yg mesti sy lakukan selain materi dan mental…sy berharap bs sukses prog spt lisa.thx..& GBU.

  4. arie

    Dear mba lisa
    Selamat ya mba atas keberhasilanya semoga lancar sampai persalinan,, sy juga PCO dan d sarankan untuk laparoscopy tp smp skrg ga berani, haid jg sama kasusnya seperti mba lisa kalo ga d pancing obat jg ga bs haid, dan skrg nunggu haid br balik ke dr Aucky, moga sy jg bisa menyusul mba lisa amin

  5. ms.tan

    Hi, selamat ya yang sudah hamil kembar, sayaa juga pcos , sudah 8 tahun menunggu, akhirnya kita putuskan untuk bayi tabung, neh saya bayi tabung di singapore, hari neh sudah d 12, setiap hari saya membaca perkembangannya di website ??? , cuma saya sama sekali tidak ??? tanda2 , bingung dan takut saja yang saya rasakan,

  6. mimi

    dear lisa…
    wah congratz ya finally perjuanganmu membuahkan hasil, saya sampe terharu dengar kisahmu…mudah2an sehat ya ampe 9bulan

  7. tuti iskandar

    Dear all,
    Saat ini sy lg persiapan unt bt ke 2, rencana akan cb akupuntur d siloam, o ya bagi yg lg nunggu raport baiknya buang jauh2 pikiran “menunggu” krn hanya akan menambah stres, santai saja….. krn sy waktu bt 1 bner2 stres berat saat mnunggu pengumuman, tpi alhamd sy tdk berlarut2 dlm kesedihan, hrs semangat lg… perjuangan msh panjg, good luck all

  8. Lisa2

    @ Mba Tuti,

    Iya benar banget mba, tapi kadang susah ya ngak mikirin gmn hasilnya. sering2 aja ngobrol ama teman2. Then jangan lupa makan alpukat, ikan biar sehat and hormonnya bagus. Good luck ya…..

  9. Lisa2

    @ Ms. Tan,
    Coba berfikiran positif aja, kadang orang beda-beda sehh tanda2 nya. Jangan lupa makan yang bergizi and minum jus alpukat untuk memperbesar tingkat keberhasilan. Semoga berhasil ya 🙂

  10. Lisa2

    @ Mba Arie,
    PCO kata dokter Aucky tingkat keberhasilan nya lbh tinggi. Coba makan alpukat and perbanyak makan ikan ya biar lbh sehat. Semoga berhasil ya mba 🙂

  11. arie

    Mba Lisa

    Ga salah kah mba PCO tingkat keberhasilanya tinggi?? Kok wkt sy d sampaikan rendah ya 🙁 tp baca post mba Lisa jd semangat lg 🙂 semangat semangat ? ??è ?è ??
    Jus alpukat ga bikin tambah endut ya mba btw udh naik 6 kg krn obt hormon

  12. Lisa2

    @ Dewi,

    Kalau saya selalu minum jus alpukat tiap hari setelah baca kompas tentang mamfaat alpukat buat program BT, makan kacang ijo, makan ikan salmon, and olahraga sebelum program. MUngkin bisa dicoba ya. Semoga berhasil ya 🙂

  13. Lisa2

    @ Febe,
    Mungkin ada sekitar 5 bulan ya sebelum program. Tapi kata dokter Hendro, 3 bulan itu sudah bisa memperbaiki sistem hormonal kita. Dicoba ya, it’s better late than nothing. Good luck…….

  14. Lisa2

    @ mba Ningrum,
    iya bedrest say setelah ET. Tapi tetap kadang ngobrol2 ama teman kost. kalau agak capek baru masuk kamar lagi buat tidur2 an. Saya banyak juga dengar lagu2 biar lbh rileks and baca buku kesukaan untuk killin time. Good luck ya……

  15. Lisa2

    @ mba Arie,
    Benaran, PCO lbh tinggi tingkat keberhasilan nya. ada tuh di meja susternya untuk survery nya, kalau ngak salah sekitar 70%. Alpukat mah ngak bikin gemuk seperti info selama ini. alpukat emang mengandung lemak yang tinggi, tapi lemak nya itu lemak baik buat tubuh.

    Jakarta (Detik health), Makanan tertentu diketahui bisa membantu meningkatkan kesuburan. Peneliti mengungkapkan diet mediterania dengan konsumsi alpukat dan minyak zaitun bisa meningkatkan keberhasilan IVF (in vitro fertilisation) atau bayi tabung.

    Peneliti mengklaim diet mediterania bisa meningkatkan 3 kali lebih besar peluang keberhasilan bagi perempuan yang tengah menjalani perawatan kesuburan. Dalam hal ini termasuk mengonsumsi alpukat dan juga menambahkan minyak zaitun pada salad.

    Sebuah studi menemukan lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam minyak zaitun, minyak bunga matahari, kacang-kacangan dan biji-bijian lebih baik daripada jenis lemak lain untuk calon ibu.

    Ditemukan konsumsi tinggi dari makanan ini membuat perempuan 3,4 kali lebih mungkin punya anak setelah IVF dibanding orang yang sedikit mengonsumsinya. Sebaliknya lemak jenuh dalam mentega dan daging merah sebaiknya dikurangi.

    Para ahli yang melakukan studi percaya lemak tak jenuh tunggal sudah diketahui bisa melindungi jantung dan dapat meningkatkan kesuburan dengan menurunkan peradangan dalam tubuh.

    “Jenis makanan terbaik yang dikonsumsi adalah alpukat yang memiliki banyak lemak tak jenuh tunggal dan juga minyak zaitun,” ujar pemimpin studi Professor Jorge Chavarro, seperti dikutip dari Dailymail, Minggu (8/7/2012).

    Prof Chavaro menuturkan sementara hasil yang menarik adalah pertama kalinya diketahui bahwa lemak makanan dikaitkan dengan hasil yang lebih baik pada proses bayi tabung. Studi ini dilakukan pada 147 perempuan yang tengah mengikuti program IVF di Massachusetts General Hospital Fertility Center.

    “Berbagai jenis lemak yang dikonsumsi diketahui memiliki efek yang berbeda pada proses biologi yang bisa mempengaruhi hasil dari reproduksi yang dibantu,” ujar Prof Chavarro.

    Selain mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, calon ibu juga tetap disarankan mengonsumsi ikan sebagai sumber asal lemak omega 3 yang baik.

  16. Lisa2

    Alpukat Bikin Perempuan Subur

    Jangan lupa konsumsi minyak sehat seperti minyak zaitun, atau makanan yang kaya akan minyak alami seperti alpukat.
    KOMPAS.com — Bila Anda pasangan muda yang sedang berupaya mendapatkan kehamilan, disarankan untuk lebih memperhatikan asupan gizi dan makanan. Dengan asupan nutrisi dan gizi yang baik, kesuburan pun akan meningkat. Peluang untuk memperoleh kehamilan pun semakin besar.

    Salah satu rekomendasi yang patut dipertimbangkan dalam meningkatkan kesuburan, khususnya pada kaum wanita, adalah mengonsumsi buah alpukat. Penelitian menunjukkan, konsumsi alpukat dan salad dengan campuran minyak zaitun dapat membantu wanita mendapatkan keturunan. Hal ini berlaku khususnya bagi mereka yang tengah menjalani program bayi tabung atau in-vitro fertilization (IVF).

    Peneliti berpendapat, lemak tak jenuh tunggal yang banyak ditemukan dalam minyak zaitun, minyak bunga matahari, kacang-kacangan, dan biji lebih baik ketimbang jenis lemak lain untuk calon ibu. Mereka yang mendapatkan asupan lemak tak jenuh paling tinggi memiliki peluang kehamilan 3,4 kali lebih besar setelah IVF ketimbang yang mengonsumsi dalam jumlah terendah.

    Sebaliknya, pada wanita yang mengonsumsi lemak jenuh terlalu banyak—umumnya ditemukan dalam mentega dan daging merah, produksi sel telur mereka cenderung lebih sedikit sehingga memengaruhi keberhasilan program IVF.

    Para ilmuwan percaya bahwa lemak tak jenuh tunggal—yang sudah dikenal baik untuk jantung—dapat meningkatkan kesuburan dengan menurunkan peradangan dalam tubuh. Hasil riset ini akan dipresentasikan dalam European Society of Human Reproduction and Embryology di Istanbul.

    “Jenis makanan yang paling baik untuk dimakan adalah alpukat, yang tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal dan minyak zaitun,” kata Profesor Jorge Chavarro, pemimpin riset ini.

    “Ini adalah pertama kalinya untuk pengetahuan kita bahwa lemak makanan berkaitan dengan hasil pengobatan pada bayi tabung,” katanya.

    Prof Chavarro meneliti 147 wanita yang menjalani program bayi tabung di Massachusetts General Hospital Fertility Center.Dalam kajiannya, ia menemukan hubungan antara tingginya kandungan lemak tak jenuh tunggal dan angka kelahiran hidup. Asupan tinggi lemak tak jenuh tunggal terkait dengan peluang kehamilan yang lebih tinggi 3,4 kali lipat dibandingkan mereka yang hanya mendapat sedikit asupan lemak tak jenuh tunggal.

    “Berbagai jenis lemak diketahui memiliki efek yang berbeda pada proses biologi yang dapat memengaruhi hasil reproduksi, seperti tingkat peradangan atau sensitivitas insulin,” kata Chavarro, yang menambahkan bahwa ikan tetap merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3, meskipun dalam penelitian ini tidak dijabarkan kontribusinya.

    Sumber : Health Kompas.com

  17. arie

    Mba Lisa

    Wah lengkap nih infonya,, thanks alot mba,,
    Jd pengen cepet2 jg nih BT,,
    Btw wkt ke Siloam mba Lisa ga jd laparoscopy kan ya??

  18. Lisa2

    @ mba Arie,
    Ngak laparoskopi mba. Langsung BT, krn takut laparoskopi.

    Oh ya, saya juga rajin makan putih telur ayam kampung rebus 2 butir/hari. Proteinnya bagus.

  19. vero

    thank’s banget infox,bs bt kt makin tegar,klo dgn usaha n kesabaran pasti buahx manis,selamat bt program bayi tabungx yg berhasil semoga saat persalinan semuax berjalan lancar

  20. Indah

    @Lisa : makasih banyak sharing nya..sangat membantu… 🙂 Mau nanya nih, untuk biaya Rp 38 juta itu berupa paket atau bagaimana ya? dan apakah sudah tidak ada biaya2 lainnya? karena saya dapat info untuk program di beberapa RS di Jakarta, biayanya sekitar 65-85 juta. Thanks ya..

  21. adri

    mba Lisa,

    Selamat ya atas kehamilannya. Posting mba Lisa bikin sy semakin semangat u/ ikut BT. Tindakan mba Lisa & suami u/ segera ikut BT sangat tepat… sy & suami menghabiskan waktu, dgn terapi segala…sy sampai hydro 11x & 4x insem…Boleh share pin atau no hp….

    Makasih ya…GBU

  22. meily

    hi salam kenal mbak lisa , selamat yah atas kehamilannya . boleh minta pin bb nya ngak ? kalo bolehh tolong kirim ke email aku yah .. thankss sebelumnya

  23. wati

    wah,selamat ya atas keberhasilan BTnya. Btw boleh ty gak mbak almt akupuntur dr loona itu alamatnya di mn yach. thanks

  24. Yuni

    Wahhh selamat ya Lisa, semoga keberhasilannya nular ke aku 🙂 aq lg masa penantian nih, tgl 15/3/13 pak dokter ngasih pengumumanya …. Deg”an bgt….tp berusaha tenang supaya bisa siap terima apapun hasilnya….bunda” semuanya, kita saling mendoakan aja yah supaya bisa kyk Lisa….Aamiin

  25. adri

    @yuni

    Salam kenal ya Yun….sy doakan semoga berhasil menyusul mbak Lisa. Yun, BT dimana…ikut yg PCO ya….biayanya brp…Thanks ya Yun….

  26. yuni

    @adri
    Salam kenal 🙂
    Makasih y doanya … Aamiin
    Sy BT di Tmc johor malaysia, biaya 18ribu ringgit, krng lbh 60juta-an

  27. eva

    hai
    saya juga permasalahan dgn fertility,kl boleh bantu saya ingin menanyakan
    alamat rumah sakit disurabaya
    terimakasih
    eva

  28. putri

    Selamat ya mba lisa, atas kehamilannya.
    Saya jd bersemangat nih, info2nya jg banyak sekali
    Kayaknya aku ga sempat ikur akupuntur nih mba, bln dpn udh disarankan ikut program BT nya.
    Btw kl icsi itu biayanya brp mba? Suami saya spermanya jg krg bagus.
    Thanks

  29. Erika

    hai… Aq sebelum program BT udah lama pantau forum ini, emang berguna banget untuk persiapan kita untuk program, aq ikutin saran saran yang share disini, alhamdulillah…tgl 22 april yang lalu aq dinyatakan positif dgn BHCG 375, dan masih ada cadangan embrio 3 lagi… Yang di ET 3 embrio…mudah mudahan kehamilan ku lancar… Dan mungkin buat yg lagi mau program BT, emang bener lho, jus alpukat itu bagus banget utk meningkatkan keberhasilan BT, trus jus wortel, tomat, aq minum tiap hari….suami istri….plus sering makan brokoli kukus dicampur dengan minyak zaitun. Oya…aq juga nambahin ma suplemen vitamin E, C, dan minyak ikan salmon yg kapsul …pokoknya makanan sehat deh…dan aq juga konsumsi suplemen Transfer Factor…
    Oya …. Aq programnya di Alpha Fertility Centre, ama dr.colin lee di kota Damansara Kuala Lumpur…

  30. yuni

    Hai erika salam kenal ya
    Selamat ya atas kehamilannya, saya doa-in supaya lancar sehat sampai lahiran..amiin.
    Erika, mau nanya dong, itu jus alpokadnya di konsumsi sampai brp lama? Apa sampai dinyatakan hamil? Trus brp kali sehari? 😀 Maaf ya ngerepotin nanya2.
    Yg saya tau, alpukad di malay itu mahaaaal bgt ya…hihii.
    Eh iya sy jg Bt di malaysia tp di johor. Bt yg pertama gagal hiks 🙁
    Insya Allah bln depan mau nyoba lagi menggunakan embryo beku. Bantu doa-in ya supaya bisa berhasil kayak kamu ..Aamiin

  31. Erika

    @yuni…..thanks yuni atas doa nya… Aminnnnnn… Oya aq minum alpokatnya setiap hari pas udah mulai suntik suntik itu superfact dan gonal, pas masih di indonesia, trus pas balik lg untuk scan pertma , aq stay sampe test darah… Krn di KL jadinya gak tiap hari… Cuma lumayan sering, seminggu ada 4 kali minum nya, diselang seling ama jus wortel dan tomat juga…. Kayaknya pas masih di indo… Kamu kan bisa tuh minumjus alpukat tiap hari, ntar pas stay lama di johor nya, beli aja yang kiloan… Gak usah di jus, di kocok aja pake sendok tambah gula dikit…. Aq siy gitu biar agak hemat dikit…hehhee cuma emang siy apa apa mahal makanan di malaysia, cuma krn gak mau kekurangan gizi… Aq beli aja deh makanan dan buah buahan sehat… Pokoknya kamu jgn tahan tahan makan deh, krn masa kita mau OPU atau setelah ET, asupan gizi penting banget… Jgn makan yang minyak minyak en pedes…

  32. Erika

    @ yuni…. Oya lupa… Minumjus alpukat nya cukup 1 gelas per hari kok… Trus jus wortel campur tomatnya juga 1 gelas sehari…. Yahhh mudah mudahan BT ke 2 nya lancar ya yuni…. Dan kamu bisa positif hasilnya…aminnnn ….Tapi krn kamu ntar langsung ET kayaknya harus banyak makan sayuran hijau dan ikan deh… Or sup sup gitu deh… Jgn makan yang gak manfaat buat rahim dan janin, kayak pedes ama yang berminyak dan lemak

  33. yuni

    @erika
    Ooh begitu ya, makasih masukannya ciin hehe.
    Alpukat di malay itu susah bgt nyarinya, jarang yg jual, sekalipun ada ya di super market, gak di jual kiloan pula, jualnya per buah, mahaaal bgt / 1biji aja rm4. Sy kaget bener liat harganya, kalo di indo gak semahal itu kan

  34. Yolanda

    @Erika: hii,salam kenal Erica. Erica mau nanya, mulai kapan konsumsi suplemen Transfer Factor nya, trus stlh ET msh boleh konsumsi suplemen juga? Lalu vit C, E , salmon itu merk apa? Terus makan alpukatnya mulai dr suntik suntik aja? Terima kasih.

  35. Erika

    @yolanda : kebetulan baru tau TF nya pas lg mulai mau suntik suntik superfact awal program, jadi aq minumnya saat itu, tapi bagusnya siy persiapan minimal 2 bulan sebelumnya…dosisnya awal awal krn telat mulainya sempat 2 kali sehari 3 kapsul… Trus aq turunin dosisnya jadi 2 kali sehari 1 kapsul… Trus abis ET aq ttetap minum 1 kali sehari 1 kapsul, setelah hamil 2 kali sehari 1 kapsul… Kalo vitamin boleh merk apa aja, kalo aq vit C nya merk ester C, vit E nya natur E, minyak ikan salmon nya merk Kellin, awalnya nyari merk Amway tapi gak dapet… alpukat juga gitu, aq mulainya pas suntik suntik… Karena baru tau juga… Hehhehe… Bagusnya siy sebelumnya ya…minimaal persiapannya 1 bulan sebelum suntik… Biar lebih bagus lagi kualitas sel telur nya…

  36. Erika

    @ yuni : mudah2an yuni berhasil ya…. Pokoknya positive thinking aja dan banyak berdoa.. Kalo aq emang pas program betul betul fokus… Malah gak banyak yang tau, biar gak banyak yang bbm kecuali temen temen dekat aja dan temen temen yang sama sama lagi program BT juga, krn kan senasib…..soalnya kadang stress juga banyak yang nanya nanya sementara kita butuh istirahat dan habiskan waktu untuk berdoa biar khusu’… Pokoknya banyakin doa deh biar tenang kalo Tuhan akan bantu kita…. Oya ntar pas program jgn baca lg kisah yg gak berhasil di forum ya…. Soalnya bisa tambah stress…..Goodluck ya yun…. kamu pasti bisa positif…. Semangat…..

  37. yuni

    @erika
    Amiin…terimakasih nasehat dan semangatnya…jadi seperti ada tambahan semangat ni.
    Sama sih, sy juga tdk bnyk org yg tau, cuma ortu ama kakak sulung aja yg sy beritau, maksudnya supaya mereka ikut mendoakan gitu, itupun sy cuma ngasih tau kalo sy mau program BT, tp sy gk ngasih tau kapan waktu programnya. Waktu kegagalan yg pertama itu jg tdk ada yg tau, hanya ibu2 di forum ini yg tau dan suami tentunya 😀
    Dgn begitu tdk terlalu stress jika ketemu org2. Kalo bnyk yg tau, pasti org2 bakalan byk tanya, eh kenapa gagal, eh sayang ya biayanya jadi sia2, eh kasian ya kamu, dan pasti byk komen2 lain yg bikin kita makin dan makin stress lagi. Cuma ibu2 yg senasib aja yg mengerti…salam SEMANGAT

  38. Yolanda

    @ erika: terima kasih infonya. Oh yah itu suplement TF nya, konsumsi yg apa? Lalu diminum sampe stlh ET?

  39. Erika

    @arie… Dia cara jualnya kayak amway… MLM gitu… kalo kamu susah nyarinya di kota kamu, boleh kok beli via aq, ntar aq kasih no pin agennya mba rina namanya…… Kamu punya bb gak? Ntar aq kasih pin nya… Kalo gak punya… boleh via telpon… Email aja ke aq … nitaerika_ariani@yahoo.com. Kalo boleh tau arie rencana program dimana ?

  40. Erika

    @yolanda…. Kalo aq sampe sekarang masih konsumsi , krn pada dasarnya TF untuk meningkatkan imun tubuh, jadi bagus diminum kapan aja, dan boleh dicampur pemakaian nya dengan obat obat lain… sekarang setelah positif hamil, aq dosis nya 2 kali 1 kapsul, selain minum asam folat yang dikasih dokter. coba deh yolanda browsing aja dulu tentang Transfer Factor, aq siy minum nya krn pas baca di forum, ada temen yang juga di dokter yang sama kayak aq, dokter colin , kebetulan dia cerita kalo sel telur nya kata dokter kurang bagus, jadi dia ditunda OPU nya beberapa hari untuk tambahan disuntik gonal F lg, trus dokter nyaranin dia coba minum suplemen Tranfer Factor…. Makanya yang saat itu baca, pada nyari transfer factor hehehhee termasuk aq yang saat itu baru mulai suntik…

  41. yuni

    @erika
    Pas kamu setelah ET, dokter nyuruh baring brp lama?
    Trus selama menunggu cek darah, kamu istirahat total gak, atau aktifitas biasa aja?

  42. Erika

    @ yuni…abis ET aq disuruh baring 4 jam… Trus balik ke hotel…selama 2 minggu bed rest cuma makan- tidur- kamar mandi doang sampe test darah, gak keluar- keluar atau jalan jalan. Dibolehin siy ngerjain pekerjaan rumah ringan kalo emang di apartemen atau rumah… Tapi aq siy bed rest total gak ngapa ngapain… Soalnya kita kan gak tau kondisi fisik kita kuat or gak…. Jd aq gak mau spekulasi… Lagian aq kan jauh di kuala lumpur program BTnya … Jadi cuti kerja…krn emang ngehindari stress kerjaan dan mau fokus ibadah dan berdoa selama nunggu hasil… Pokoknya buat serileks mungkin gak mau mikirin yang ngeganggu….kalo dokter ku emang gak kasih balik dulu ke indonesia setelAh ET nunggu sampe hasil… Karna selama 2 minggu itu bisa jadi kita ada masalah kayak OHSS…. Jadi bisa cepet ditangani…

  43. Yolanda

    @ erika: jadi selama di KL, Erika makannya beli diluar ato dimasakin? Lalu kalau program di Alpha, tinggal dimana? Oh yah, jd dokter Collin jg anjurin kita konsumsi TF? TF yg tutupnya biru uda kan?

  44. Erika

    @yolanda… kebetulan aq tinggal di hotel yang lokasi nya pas diseberang alpha…. makanan beli… Kebetulan dekat hotel, ada rumah makan sari ratu…masakan padang dan indonesia gitu… Jadi ada makanan sehatnya siy, kayak sayuran rebus bayaam, ikan, sup, macem macem… Agak mahal siy daripada beli di rumah makan melayu… Cuma aq cocoknya itu… Yang penting jgn beli fastfood dan makanan pedas dan berminyak. tapi banyak juga yang tinggal di apartemen dekat alpha… Tapi kudu naek taxi siy ke alpha…mengenai anjuran minum TF, krn pengalaman temen yg pernah curhat juga di forum ini dan aq kenal juga pas di alpha… Dia disaranin minum TF supaya sel telurnya bagus… pas aq konsul… Aq gak bermasalah ama seltelur lagi krn udah prefentif sebelumnya makan sehat dan minum multivitamin plus TF… Jadi pas scan 1 sesuai dgn harapan… Sehingga skedul OPU gak dipending, sel telurnya udah cukup jumlahnya… Sekitar 15 sel telur yang di OPU… Jd gak kebanyakkan dan gak terlalu sedikit… Pokoknya sebelum OPU… Apapun aq cobain deh… Biar sel telur aq banyak dan matang.. Makanya browsing browsing itu penting banget untuk persiapan BT… Biar kita tau pengalaman2 yang berhasil… Gak ada salahnya kan kita cobain sepanjang kita yakin dan percaya… Namanya juga usaha,,, dan tentu dibarengi doa…

  45. Yolanda

    @ erika: thks u erika, lengkap bgt infonya , membantu bgt itu. Pas OPu byk jg yah telurnya, lalu msh simpan brp embrio? Terus BT di Dr Collin abis brp kira kira nya.oh ya, erika msh di KL ? Stay disana ampe cek detak jantung kah.

  46. yuni

    Oh iya saya mau mengoreksi kata2 sy di post no 29. Sy bilang biaya 60jt-an, itu salah.
    Sebenarnya dr awal suntik2 sampai ET sampai tes darah, biaya yg sy keluarin -/+ 40jt-an.
    Yg 60jt.an itu cuma perkiraan dokter pas sy tnya dia diawal konsultasi.
    Nah ternyata kasus sy tdk smpai 60jt, karena tiap org beda2 penanganannya, jd beda jg biayanya.

  47. Erika

    @yolanda : oya dari 15 yang di OPU, 10 yang matang, dan 6 embrio yang bagus, 3 embrio di ET, 3 embrio lagi di frozen. Biaya di alpha dari RM 18.000-RM 22.000, tergantung obat suntiknya, aq habis nya sekitar 22.000 lebih gitu…. Krn ICSI kan di itung per telur, makin banyak telur yang di ICSI, yahh makin banyak biayanya, trus dosis obat juga mempengaruhi biaya, belum lagi karna aq ada biaya frozen dan biaya simpan…nambah lagi…diluar biaya 22.000 itu… Yahh… Makanya bagusnya telur itu juga jgan terlalu banyak, soalnya kualitasnya juga belum tentu bagus, aq aja di OPU 15 bener bener jadi embrio 6, tapi menurut ku lebih dari cukup deh 6… Minimal ada cadangan telur… Oya aq long protocol makanya rada mahal… Aq stay sampe test darah, sekarang udah di indonesia… Jadi dokter bilang 2 minggu dari test darah baru usg lagi, dan boleh di indonesia… Lagi deg deg an juga siy, aq blm usg..ntar jadwalnya senin ini… Doain ya… Mudah mudah an lancar dan janinku sehat…aminnnn

  48. Yolanda

    @ erika: aku doakan semoga lancar terus sampai lahiran yah….sehat baik ibu dan bayi nya.Saya jadi tertarik minum TF. Itu dosis normalnya brp ya?

  49. Erika

    @yolanda… Aminnnnnnn thanks ya doanya….mengenai TF kalo dosis normalnya utk mempertahankan imun tubuh….2 kali sehari 1 kapsul.

  50. Yolanda

    Tapi dokter Collin ijinkan suplement TF itu kan erika? Oh ya, pas ET nya siapa yg transfer embryo nya, dok collin ato leung?

  51. Erika

    @yolanda: dokter colin cuma bilang ke aq, boleh minum vitamin asal bukan yg herbal atau jamu, aq gak nanyain lg masalah TF..krn saat itu dokter bilang pas scan pertama seltelur aq bagus hasil scannya….jadi gak banyak nanya nanya lg… Udah percaya aja deh apa kata dokter… Jadi sugesti saat itu lumayan bagus…Jadi aq asumsinya krn salah satunya aq udah minum TF… Jadi semuanya sesuai yang diharapin sampe proses ET… Setelah ET, aq minum juga… Krn aq nanyain, boleh minum vitamin katanya..oya kenapa aq minum TF kemaren itu di awal ada pengalaman temen yg sel telurnya gak berkembang jadi dia saranin minum TF… Oya aq di ET ama dokter colin, kecuali kalo mau ama dr leong bisa juga… emang
    Lebih murah sama dr.leong……Aq mintanya ama dokter colin. Yolanda rencana BT dimana?

  52. Erika

    @ yolanda @ yuni…….Kalo mau nanya detil ke email aq aja ya…. Gak enak juga niy…mungkin temen temen jadi terganggu ama komen kita hheheheheh mana penjelasan aq panjang panjang banget….

  53. Erika

    @yolanda… Aq email tapi gak masuk masuk niy, padahal udah panjang panjang jawabnya… Hhehehehe… Kamu pake bb gak?

  54. Julie

    Salam kenal buat semuanya, yg sudah berhasil selamat ya…
    Saya juga proses BT april lalu di Bali Royal Hospital, Bali dan berhasil dengan twin.
    Sekarang ini uda minggu ke 6, selama ini sih ng ada keluhan. pingin tau boleh g travel pada semester pertama ini. Saya tinggalnya di Usa. Kira kira setelah proses bayi tabung di luar negri itu ada masalah ng dalam perjalan balik ke indonesia.Karna saya beencana balik ke USA 7 June ini.
    Mohon infonya ya..

  55. ena

    salam kenal semua calon ibu, selamat bagi yg sudah hamilll … pengen nyusul segera…
    @Julie, Selamat ya dpt twin lg…. kena brp y BT di Bali Royal Hospital, nama dokter sapa , krn saya juga tgl di bali ,dan sudah menikah 2th.
    apakah pelayanan BT disana memuaskan ?

    thanks,

  56. silvie

    Ada sis dyna sy punya pin Bbnya Dia member tf namanya sierly pin 277e5b58 sy kmrn beli 4 botol seharga 1.700.000 berarti @425/btl yg advance formula tutup baru muda isi 60

  57. wenny

    erika..salam kenal ya…saya sekarang dlm periode 2 ww….wah kamu concern sekali yabsm proses bayi tabungbkamu. saya juga seperi kamu karena aq berprinsip begini: manusia berusaha makaimal, Tuhan yang tentukkan hasilnya. jadi 1 bulan sebelum suntik2 aku uda rutin minum blenderan 3 diva ( bukan di jus ya supaya seratnya lbh banyak), putih telur 6-10 butir/ hari, ikan salmon menu makan siang dan malam, royal jelly yg asli, madu 2 x / hari, alpukat 1-2 gelas/ hari, kacang ijo/ hari dan susu L men 1 kotak kecil/ hari. pola makan ini aku pertahankan sampai aku ET. hasilnya memang oke. suntikan yg aku erlu gabanyak, dosis kecil2 aja karena respon sel telur bagus. aku dapat 5 frozen embrio kalitas excellent, 2 yg ditanam kualitas excellent juga.

    sudah usaha begini, aku sekarang pasrah aja menunggu hasil bagi rapot. karna prinsipku…i do my best and let’ s God do the last…..doakkan saya yaaaaa

  58. agustin

    mbk lisa..selama disurabaya masih ikut akupuntur pa tdk?kl masih smpai kpn?trs pkai catering tdk?

  59. Lisa

    Halo teman-teman seperjuangan.

    Mohon maaf baru online lagi setelah lama menghilang. Maklum sibuk dengan baby twins, dan saking happy nya lupa online hehehe……..

    saya sudah melahirkan April 2013 twin babies (cowok & cewek) lengkap sudah heehe…..

    Mereka lahir prematur dengan berat badan 2,3 kg per orang. Untuk berat badan, kata dokter OK, tapi karena lahir umur 34 minggu, jadi paru2 belum matang. Kata dokter harusnya 37 minggu baru ngak masalah lagi.

    seminggu sebelum lahiran, saya flek, dan bedrest di rumah sakit. pas mau pulang senin nya ke rumah, eh… malah flek lagi. akhirnya malamnya di cesar sama dr. Ivan sekitar jam 10.30 malam.

    anak saya, di Niccu selama 10 hari, dan biayanya cukup mahal sekali hampir 100 juta. Tapi puji Tuhan karena saya dan suami kerja, bisa di cover kantor 90% nya.

    saat ini anak saya sudah umur 2,5 tahun, dan mereka sangat sehat dan pintar karena saya jejalin makan sayur dan ikan, daging, telur hehehehe…. Puji Tuhan banget setelah semua perjuangan yang dilalui, my twins growth healthy hehehe….. sama sekali tidak kelihatan bahwa mereka lahir prematur dan cuma 2,3 kg. Malah mereka lebih tinggi dan aktif dibandingin teman seumuran mereka yang lahir normal. Mungkin karena faktor makanan juga kale ya (ngak tau juga pastinya) heehhee…..

    Bagi teman2 semuanya, jangan pernah patah semangat ya. Berjuang terus dan bersyukur hehehe…… good luck for all of you.

  60. reni

    Hallo mbak lisa… aku boleh minta no WA nya ga.. aku mau program bulan depan… tapi sedikit deg degan… re cana nya sama dr aucky juga… terima kasih sebelum nya mbak

  61. Natalie

    @Mbak Reni: salam kenal mbak reni.. Saya rencana program sept/ okt mbak tapi program thawing. Sblmnya sy program di dr aucky jg tapi janin ga berkembang. Kalo bole tau mbak reni brapa lama nikahnya? Masalahnya apa mbak program bt? Tks

  62. reni

    Halo mbak nataliee..salam kenal juga…aku dah nikah hampir 8 tahun.. tapi sudah punya putra 1 umur 7 tahun tanpa program. Kali ini rencana nya anak kedua melalui batab.. kata dokter infertile sekunder.. rencana nya sepetember mau mulai program tunggu haid nya nongol dulu..yukss mbak barengan program nya berarti kemaren mbak natalie.. punya sisa embrio ya… btw kemaren pas OPU.. bius lokal atw bius total mbak.. aki deg deg an.. masih takut hehee..

  63. Natalie

    Sisa 4 frozen embrio mbak reni.. Pas opu cuma dikasi obat pereda nyeri aja mbak. Semangat mbak ren. Moga lancar persiapan bt nya. Nyeri abis opu nya cuma 1 hari kog mbak. Rilex dan tenang aja mbak pasti bisa ngejalanin’y. Sy jg awal2 deg2an bgt mbak

  64. reni

    Terima kasih mbak nataliee…. jadi semangat deh mau batab bulan depan… kalau mbak natalie jadi thaw cycle nya kabari aku ya.. biar kita bisa barengan… nanti rencana nya aku mau kost di sapudi… biar dekat sama rumah sakit… mbak natalie.. kemaren habis berapa mbak dana batab nya heheh.. biar bisa aku siapin dari sekarang… maaf ya mbak aku jadi banyak tanya.. hehehe

  65. Natalie

    Sama2 mbak reni.. Pengeluaran untuk program bt kmrn dari mulai screening, suntik2, usg, cek darah sampai positif hamil kira-kira 45jutaan mbak belum trmasuk kos, akomodasi, dll. Semangat mbak… Ntar aku kabarin kalo mau thawing.

  66. reni

    Terima kasih ya mbak nataliee .. info info nya… sampai ketemu bulan depan kalau mbak natalie jadi thaw nya ya…

  67. Irena

    Halo mba mba semua salam kenal….saya lagi dag dig dug besok saya ET dgn Dr.Ivan dimorula BIC, terakhir diinfo 5 sel telur yg berkembang dr 8 yg diambil pd saat OPU,yang 1 abnormal,1 lagi masih muda,dan 1 tdk berhasil berkembang

    Dioakan ya supaya embrionya banyak yg bagus dan dilancarkan semua dan diberi kesempatan hamil pertama saya selama 6 thn menikah,sy umur 29 thn skrg

Comments are closed.