Perjalanan panjang IUI dan IVF – Siti

Salam kenal, Saya tinggal di Belanda menikah 7 tahun. saat ini kami dalam proses percobaan bayi tabung yang ke tiga dan terakhir. Saya mulai suntik decapeptyl dari hari rabu kemarin. hari senin minggu depan USG pertama. Kalau hasil nya bagus saya bisa memulai suntik Puregon.

Kami memulai proses panjang untuk mendapatlan buah hati pada November 2007 dengan mengunjungi dokter keluarga kami. Beliau memberikan rujukan kepada dokter ahli kandungan di RS terdekat di mana kami tinggal.
Kami harus menunggu 4 minggu untuk bisa mendatangi ahli kandungan.

Proses pertama adalah pemeriksaan darah kami berdua dan sperma suami, alhamdulillah hasilnya baik. Dokter memberi kami kesempatan selama 6 bulan untuk mencoba hamil secara alami. Karena tidak berhasil dokter melakukan tes dimana diambil cairan untuk melihat apakah sperma bisa bekerja sama dengan baik dengan cairan di dalam uterus? hasil nya bagus.
Dokter memberikan kesempatan lagi selama 6 bulan untuk hamil secara alami. Belum berhasil juga dan proses selanjut nya adalah HSG, yaitu saluran indung telur di suntik kontras untuk mengetahui apakah saluran indung telur tersumbat atau ada masalah lain. Hasil bagus.
Dokter mengatakan bahwa kami tidak berhasil hamil secara alami dan penyebab nya tidak bisa di nyatakan.

Proses IUI di mulai, 4X semua gagal
Yang membuat saya kesal selama proses IUI ke 1 dan 2, saya di tangani 11 dokter ahli kandungan. Ini di karenakan departemen kandungan tidak mempunyai sub departemen yg secara khsus menangani proses IUI.

Dokter kandungan saya merujuk saya ke RS akademis tidak jauh dari rumah kami tinggal.
KIta tidak langsung ke departemen IVF melainkan harus ke departemen kandungan umum setelah mereka melakukan tes darah dan sperma dan wawancara, kami berhak mendapatkan pelayanan dan perawatan IVF atau bayi tabung, ini terkait dengan asuransi kesehatan yang akan membayar proses IVF.

Perlu di ketahui bayi tabung di Belanda di bayar sepenuh nya oleh pihak asuransi. Kita berhak mendapat pelayanan dan perawatan IVF sebanyak 3X. Biaya yang tercantum dlm brosur RS adalah Euro 2800-3300 sudah termasuk biaya obat, dokter dan laboratorium.

Proses bayi tabung pertama oktober 2010
Dimulai dengan meminum pil anti konsepsi selama 3 minggu. Disini di mulai proses secara buatan. Empat hari sebelum pil anti kosepsi berakhir saya mulai suntik hormon Decapeptyl sampai pada cyclus ke 16. Decapeptyl berfungsi untuk menahan pembuahan secara berlebihan. saya datang untuk USG pada waktu yg telah di tentukan. Hasil USG bagus saya memulai suntik Puregon setiap pagi sampai dengan cyclus ke 16. Seminggu kemudian saya datang untuk USG selanjutnya USG di lakukan seminggu 2X sampai follikels berdiameter 20mm. Pada cyclus ke 18 puctie yaitu pengambilan sel telur, saya mendapatkan bius lokal sejam sebelum proses di mulai.
Dua hari kemudian embryo di kembalikan ke dalam rahim. Nasib belum beruntung, 9 hari kemudian saya menstruasi.
Life goes on, next time better.

Proses ke dua pengembalian Frozen embryo mei 2011
pada bayi tabung pertama berhasil menyimpan 1 embryo. Proses yang tidak kalah melelahkan, harus banyak meminum obat dalam hal ini Progynova dan Progestan. Tidak berhasil.

Bayi tabung yang ke dua mei-juni 2011
Dengan semangat 45 kami memulai percobaan bayi tabung ke dua. Saya memulai langsung karena pada saat pertemuan terakhir dengan dokter menjelang menstruasi. Saya hadir untuk USG dan langsung memulai suntik Puregon sampai cyclus 13, pada cyclus ke 7 saya suntik Orgalutran.
Saya merasa lebih optimis di banding dengan percobaan bayi tabung pertama karena lebih sedikit obat dan saya lebih relax karena waktu punctie(pengambilan sel telur) jatuh pada hari jumat yang berarti ada waktu istirahat 2 hari di akhir pekan sebelum pengembalian sel telur hari senin. Selama proses percobaan bayi tabung kedua, di temukan kista, dan pada saat punctie kista di keluarkan juga. Dokter lupa memberikan instruksi kapan saya harus minum antibiotika. Malam setelah punctie badan saya demam. Hari sabtu saya telpon RS, tes darah dan pap smear. Hari senin pagi proses pengembalian embryo. Senin malam dokter menelpon saya bahwa saya harus datang ke RS dan ada kemungkinan opname. Laboratorium menemukan bakteri yang resistant dengan antibiotika yg saya minum. Saya harus di beri antibiotica melalui infus. Ternyata setelah sehari opname saya boleh pulang dengan obat jalan.
Hari sabtu dalam minggu yang sama saya ke RS karena demam.
Hari selasa minggu depannya saya ke RS untuk kontrol. hasil tes darah mengatakan kadar infeksi terlalu tinggi 260. Kadar infeksi orang sehat berkisar antara 0-10. Dokter memutuskan saya untuk opname lagi saat ini benar-benar 10 hari bahkan 3 minggu. Dua hari menjelang saya di perbolehkan pulang, saya demam lagi. Kali ini mencapai 40,3 derajat celcius.
Saya di bawa ke ruang scan dengan badan menggigil, hasil nya ada semacam bisul dan harus di matangkan, dokter bilang tidak bisa berbuat apa. Demam tidak turun akhirnya dokter menyarankan operasi. Dalam hati saya jangan-jangan terlambat dan saya harus kehilangan indung telur saya. Tapi alhamdulillah operasi selama 3 jam dan dokter berhasil menyelamatkan indung telur saya. setelah operasi deman saya berangsur turun.
Saya sampai trauma pergi ke RS.

Empat minggu setelah saya pulang dari rawat inap, suami saya kena serangan jantung. Badan saya yang belum sepenuh nya pulih, harus bolak balik ke RS mengunjungi suami yang rawat inap selama 2 minggu. Alhamdulillah selama saya sakit, atasan saya baik dan saya boleh libur selama mungkin demikian juga ketika suami saya jatuh sakit. Doa dan perhatian teman, teman kerja dan atasan sangat membantu. Terima kasih banyak.

Percobaan bayi tabung ke dua tidak berhasil. Saya mendapat menstruasi pada hari keenam setelah pengembalian embryo ke rahim.

Setiap individu unik. Percobaan bayi tabung sangat berlainan proses nya tergantung individu, RS, baik dalam teknis maupun dalam hal penggunaan obat.

Ibu mertua saya bilang dan pernyataan beliau benar adanya,
” kita manusia, dokter dan semua yang terlibat dalam proses bayi tabung pintar namun pada akhir nya Tuhan yang maha Pemurah yang memutuskan apakah kita berhak untuk di berikan kepercayaan”

Marilah berdoa dengan tidak putus nya.

Salam, Siti Landgraaf-Belanda

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

14 thoughts on “Perjalanan panjang IUI dan IVF – Siti

  1. ina

    Hi Siti, saya setuju banget dengan pernyataan Ibu mertua Siti. Kalau saya sudah 2 kali IUI dan 2 kali IVF belum berhasil, dengan kondisi unexplained fertility.
    Dokter terakhir saya juga menjelaskan dalam hal IVF, dunia medis membantu sampai pembentukan embryo..setelah embryo dimasukkan (embryo transfer) belum ditemukan metode/obat2an yg menjamin penempelan embryo ke dinding rahim. Bahkan 2 orang dgn kondisi yg sama dan diberi obat2 yg sama, blm tentu hasil akhirnya sama. Dan belum tentu secara medis akan dapat ditemukan suatu cara/obat agar embryo menempel dan berkembang. Bila ditemukan maka tingkat keberhasilan IVF akan dinyatakan 100%, artinya manusia sudah seperti Tuhan bisa menciptakan manusia. Makanya sejauh ini belum ada kan spesialis IVF yang tingkat keberhasilannya mendekati 100%…mendekati 80% dari total pasiennya juga blm ada kali ya. Anyway saya belum pernah menemukan statistik yg akurat utk keberhasilan seorg dokter 🙂
    Kurang lebih seperti itu, jd yang bisa kita lakukan adalah berusaha terus, kalau ada yang harus diobati ya diobati dulu..kemudian usaha..(entah alami, IUI, atau IVF berkali2 buat yg berkantong tebal heheh)…dan diatas semua usaha adalah berdoa.

  2. Tanti

    Hi Siti,

    Wah kamu di NL ya aku juga di NL, sekarang lagi usaha IVF juga IVF perta gagal hormone meroket telur nya juga kebanyakan…. Trus IVF kedua gagal juga no embryo… jadi skr mau coba ICSI langsung n pindah RS sama UMC. Tapi skr relaks doele capek disuntikin terus hahahahah mau liburan doele 😉

    Daku tinggal di Utrecht dikau dimana say… sabar ya say semua itu ada waktunya , daku sudah 7x IUI pas IUI ke 6 chemical preganancy ( embryo nya ga bagus) trus yg ke 7 ya no hasil…jammer..
    Sekarang kita mau lgs coba ICSI karena untuk hamil normal hanya Tuhan yg tau… secara service slijm ku ketebelan n sperma suami agak kurang… nuassseeeb…

    Oh ya kamu ada YM atau BB kah kita bisa share…;-)

    Semangat ya buat semua Tuhan berkati selalu…. X

  3. evelyne78

    hallo sity….

    well…aku baca tulisanmu…and i gree with yang di tulisan terakhir….manusia(kita)hanya bisa berusaha,dokter menjalankan profesinya dan selebihnya
    adalah pekerjaan dari Tuhan…karena Dia-lah yang mempunyai kehidupan.itu pun yang dulu saya katakan kepada pegawai maschapelijke zorg saat wawancara….

    alhasil sekarang kami masih menunggu proses tersebut…dengan sabar dan pada masa menunggu pun kami belajar untuk bisa menerima hal yang paling terpahit….kami pasrah tapi tetap semangat menjalani kehidupan.ada keturunan ya kami ucapkan terima kasih kalaupun tidak aku tetap ucapkan terima kasih 🙂

    seperti pepatah yang aku ambil dari mahatma gandhi:”
    Happiness is when what you think, what you say, and what you do are in harmony.”

    so tetap semangat semuanya…

  4. erna

    salam kenal semua…saya erna…sy menikah sdh 10 thn…masalah sy endometriosis dgn kedua tuba yg lengket juga kwalitas sperma suami tdk bagus….semua prosedur dr untuk hamil alami sdh sy jalani, terapi obat,hsg, hidrotubasi dll selama bertahun2 dgn 3 dr kandungan sy merasa sdh putus asa…sy ingin bayi tabung tapi kondisi telur dan sperma suami tdk memungkinkan….adakah dari teman2 senasib yg mempunyai sisa embrio…apakah bisa bayi tabung dgn embrio org lain dan berapa biayanya….please ya sharenya tk

  5. Tanti

    Hi Erna,

    dengan adanya endometriosis tuba yg lengket sebetulnya masih ada jalan lho, teman ku juga begitu sama tapi IVF pertama langsung BUM hamil, menurut ku coba dulu dengan cara IVF ICSI ( secara kwalitas sperma kurang bagus )dengan ICSI sangat membantu sekali karena sperma langsung di suntikan ke sel telur..

    Sekarang aku juga mau coba ICSI secara IVF pertama dan kedua ku belum berhasil yg pertama hormon dan sel telur meroket kedua tidak dapat embryo( kasus sama sperma suamiku kurang ) so sekarang mau coba ICSI… memang yg diperlukan untuk IVF ini adalah mental dan kesabaran yg kuat…

    Oh ya untuk memperbaiki sperma dan coba consumsi banyak vit c, makanan yg mengandung antioksidant juga maca ( maca beli suplement nya ajah)karena sekarang sumaiku juga sedang mengkonsumsi itu.. ( ya usaha heheheh )

    Untuk mendapatkan sel telur yg bagus aku skr sedang mengkonsumsi maca, spirulina, L-arginine ,pernatal vit, madu manuka and Q10 ( dapat advice dari google) tapi benar membantu banget… ;))

    mengenai embryo orang lain , di Belanda pun belum ada tapi untuk memakai sel telur dari orang lain ( donor sel telur dan sperma ) itu masih di perbolehkan.

    Semoga bermanfaat sedikit ya info ini.

    Semangat ya Erna… yakin dan percaya Tuhan akan mendengar doa kita… Amien

  6. erna

    hai…tanti !

    seneng baca penjelasanmu…aku jadi semangat pengen coba..sebenernya sich aku udah malezz banget,kayak putus asa gitu.. tp klo emang ada yg berhasil bt dgn kasus seperti aku… kenapa gak aku coba.. banyak banget obat2 yg tanti konsumsi.. aku tertarik tu ma spirulina… obat2 itu belinya dimana apa ada di apotek.. oya tanti dan sobat semua… akhir2 ini kondisi aku gak sehat… aku sering skt kepala,skt pinggang, tulang2ku skt semua..4 bln yg lalu aku baru aja suntik tapros, tanti bt dimana

  7. Tanti

    Hi Erna,

    Aku tinggal di Belanda waaah sama ya aku juga dah menikah 10 tahun tapi yg 7.5 tahun aku jada dgn pil kb heheheh maklum blum siap waktu itu ( tepok jidat), eh giliran dah siap malah harus IVF nuaseeeb…

    Jangan putus asa Erna.. aku malah sudah IUI 7 kali IVF 2x n yg sekarang mau ICSI… semangat terus Tuhan pasti liat dgn kita yg berusaha keras 😉

    Spirulina aku beli online disini say… spirulina, maca n bee propolis and Q10 bagus buat kesehatan telur kita . aku sehari bisa minum 6 capsul sehari hahahah ( vitamin ini namaya juga usaha ) ini aku kasih web nya ya kamu bisa liat : http://www.naturalfertilityshop.com/ banyak info di Web ini coba liat2 yg web nya EU karena EU lebih dekat dari indo heheheh semangaaaatt….

    Ok Tetap semangat ya say… GBU

  8. erna

    @ tanti nun jauh di negeri belanda

    Emang sich…kata orang klo kb dulu bakal susah…tp tetep semangat ya…aku do’ain berhasil…amin….

    Okey say tqu ya buat infonya aku bakal pesan obat2nya…ntar klo berhasil share ya….aku jg mulai planning ivf …moga2 tubuh aku kuat dgn obat2an yg akan diberikan dr ke aku….hiks hiks aku bosen banget dgn obat2an dan efek sampingnya….(Sabar)..

    Buat siti….sabar ya….semoga perjalanan panjangmu sampai pada tempat yg siti inginkan amin….

  9. wati

    salam kenal buat mbak siti,
    Wah, seteleh baca critanya kl di belanda ternyata bener ribet ya buat IVF. Ngak penegn coba di indonesi aja gt. Aku jg susah py baby, pdhal tubaku gak ketutup, hormon ok. Aku jg pernah insem 2x tp gagal, n sbg pilihan terakhir aku memutuskan utk ikut IVF mulai taon lalu sekitar bln juni2011 2x.IVF pertamaku gagal total krn embrio tdk nempel sama sekali, utk sebabnya gak jelas. Hsl setelah kegagalan yg pertama dokterku menyarankan utk Laparoskopi(LO) & cek ACA(kekentalan drh). Kl hsl LO gak ada yg berarti , kl hsl ACAku positif intermedate hslnya 18. Selanh 3 bln dr IVF pertama aku transfer embrio beku sisanya 2bh, n ternyata kedua embrio itu bs bertahan hingga cukup bulan n baru bulan lalu tgl 31 juli2012 akhirnya dia lahir dng selamat baby kembarku. Terkadang aku masih gak percaya bs hml n py baby kembar. Bener2 semua kuasa Tuhan, kita manusia emang cuma bs berusaha & berdoa. Smoga mbak siti tdk putus asa, tetap berjuang & berdoa sama tau Tuhan berikan apa yg mbak mau. amin.

  10. fenny

    hi siti

    dimana ada kemauan, disana akan ada jalan

    percayalah, semua akan indah pada waktunya

    wish u all the best

    fenny

  11. Siti

    Hello Ina, Tanti, Fenny, Erna dan Wati,

    Maaf lambat respon nya.
    Salam kenal semua dan terima kasih support nya.

    Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakan.
    Maaf lahir batin

    Alhamdulillah rabu minggu kemaren hasil USG bagus, mulai suntik Puregon. Rabu minggu depan USG ke dua. Kalau semua berjalan lancar seminggu lagi proses puctie dan ET bisa dilaksanakan.

    Untuk Tanti di Utrecht,
    aku tinggal di Landgraaf, sitiwijnhamer@yahoo.com

    Untuk Wati, selamat atas kelahiran putra putri kembar nya. Saya ikut senang.

    Untuk Erna tetap semangat!!!

    Untuk Evelyne dan Ina kita semua berusaha semaksimal mungkin agar di kemudian hari tidak ada penyesalan, hasil nya Tuhan yang menentukan.

    Terima kasih and Love you all..

  12. Ning

    Hallo semuaaa,
    Senangnya nemu forum ini. Ngga nyangka banyak orang indonesia di belanda yang lagi ivf juga.
    Salam kenal. Aku tinggal di Belanda dan dalam proses IVF-ICSI di VU amsterdam. Besok mulai echo pertama (long protocol). IVF ini yang pertama buat kami.
    Kalo ada yang mau share-an lewat email atau bb-an, let me know ya. Email kesini: transaction79@gmail.com ntar aku kasih bb id nya.
    baby dust buat kita semua….
    Ning

  13. Rachmi Saraswati

    mba Tanti, mohon sharingnya utk program IVF di Utrecht. Aq saat ini baru pindah ke Utrecht dan pengen banget coba IVF disini tp masih minim ilmu banget.. :D. Jadi bingung harus ngapain dulu dan kemana.. mihon arahannya ya mba.. tqqq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*