Penurunan kualitas dan kuantitas sperma, ingin bayi tabung – Hardy

Hi, salam kenal.

Saya hardy, tahun ini usiaku 43 tahun, istriku 41 tahun, kami sudah menikah sejak Des’99.

Dulu diawal pernikahan pernah ada kebahagiaan untuk punya keturunan, tapi baru 2 bulan keluar. kemudian kami istirahat sebentar, 1 tahun setelah itu kami berencana untuk punya keturunan dan kemi berobat ke salah satu dokter kandungan sekitar 3 tahun kami mengikuti program tersebut, tapi belum berhasil sehingga kami berhenti berobat.

Beberapa teman memberikan alternatif untuk mencoba inseminasi atau bayi tabung. Dalam proses pengumpulan informasi dan penyiapan biaya, pada September 2006 saya mengalami sakit (diabet) sehingga rencana tersebut tertunda.

Setelah saya “sembuh” ternyata terjadi masalah di saya, yaitu penurunan kualitas dan kuantitas sperma, begitu juga dengan ereksi. Beberapa teman dan keluarga menyarankan untuk melanjutkan rencana kami (inseminasi atau bayi tabung).

Bila ada informasi dan masukan dari teman2, saya sangat bersyukur dan berterima kasih.

Thanks a lot, Hardy & Keluarga.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 2.17 out of 5)
Loading...

34 thoughts on “Penurunan kualitas dan kuantitas sperma, ingin bayi tabung – Hardy

  1. dhieta

    pak hardy,saya tahun ini menginjak usia pernikahan ke 5,waktu usia 1,5 tahun pernikahan saya suami saya juga sakit parah (seperti artis gugun gondrong)kebetulan saya juga mengidap PCO(sel telur kecil2)pengobatan pada saya pun sudah berbagai cara(tapi saya tidak sampai di laparoscopy atau drilling)hanya mengkonsumsi obat2n..jadi lengkap sudah…masalah saya untuk memiliki anak..bahkan sejak sakit sampai hari ini suami saya tidak bisa ereksi dengan baik….tapi diperiksa semua baik dari segi kualitas n kuantitas sperma…karena itu saya segera mengambil keputusan BT…memang tidak mudah melakukan BT dari segi materi,proses BT itu sendiri atau sisi psikologisnya..butuh 1 tahun lebih mempertimbangkannya dan perlu mencari literatur2 tentang proses BT tersebut,menurut dokter cara BT itu 30-40% tingkat keberhasilannya sedangkan insem 20%….sekarang tinggal berpulang pada anda(maaf pak apalagi melihat usai bapak dan istri)…kalau anda merasa yakin BT ya lakukan..kalau insem ya lakukan,yang jelas segera mengambil keputusan sesegera mungkin.karena saya dan suami merasa sreg dengan BT(meski hasilnya pun kita juga belum tahu)tapi kita sekarang sedang melakukan program ini karena melihat usia saya dan suami juga…dan saya memilih dr Aucky di siloam hospital…biayanya dengan perincian yang ada kurang lebih 30 juta….semoga sama sama berhasil ya pak

  2. ROBERT

    Pak Hardy, Saya Robert, Saya dan istri saya baru saja melakukan BT dan berhasil di Rs Siloam – Surabaya dengan Dr Aucky Hinting dan melihat dari cerita yang bapak berikan saya lebih menganjurkan untuk melakukan BT karena menurut saya inseminasi hanya buang waktu dan uang saja. Tingkat keberhasilan BT di Surabaya cukup tinggi. Kalau Bapak mau lebih jelas mengenai apa saja persiapan yang perlu dilakukan mungkin akan lebi jelas kalau bapak mengcontact saya melalui facebook dan masuk ke group bayi tabung club kami siap membantu memberikan informasi yang bapak butuhkan thanks

  3. shanty.A

    Pak Hardy,,menurut buku yg sy baca ,,the fertility cure karya dr. randine lewis. Ada 1 kasus yg mirip dgn pak Hardy. Si dokter menyarankan utk meningkatkan stamina kesehatan secara keseluruhan yg diantaranya meminum anti oksidan formula seperti L-arginine (asam amino yg dibutuhkan dalam replikasi sel) dan L-carnitine (ditemukan di banyak konsentrasi pada sperma, asam amino ini menghubungkan asam lemak ke mitochondria/inti sel dan membantu gerakan sperma),,dan banyak beberapa vitamin lagi seperti zat besi (sgt penting utk produksi sperma + metabolisme testosterone), vitamin B12..Boleh juga makanan suplemen yg mengandung lebih banyak antioksidan sperti ekstrak anggur merah, billberry extrak. Selain itu ada titik titik akupuntur ditubuh juga yg dapat membantu menyeimbangkan sistem hormon pada pria sehingga produksi sperma bisa meningkat.Dibuku ini ada beberapa makanan yg khusus harus sering dimakan yg berpengaruh pada tingkat perbaikan produksi sperma dan sebaiknya tetap konsul ke dokter juga…Itu aja . Moga2 bermanfaat…

  4. kiky

    @ Dietha lam kenal ya,aku PCO jg shan, pernah BT tp blm smp opu krn telur sgy byk tp kualitasnya tdk baik, kl km skr br tahap apa? Dan bgmana dgn PCO nya sudah hilangV kl boleh tau km minum obt apa? Kl aku minum metformin n diane next cycle cb lg pk short protokol. Semoga km berhasil yaa BT nya.
    Hi shanty mau tanya nieh boleh nga, dibuku itu ada membahas ttg PCO nga Shan? Kl ada vit n makanan apa aja aja ya yg mesti dikonsumsi utk get rid the PCO itu? Thanks sebelumnya yaa

  5. kiky

    @ Dietha lam kenal ya, aku pnya Pco jg pernah BT sebulan yg lalu tp blm smp opu,suntik gonal hr ke 10 telur banyak sekali tp kualitas nya nga bgs krn E2 nya drop bgt skr aku lg minum obt metformin n diane next siklus cb lg pk short protokol, kl nga berhasil jg dgn obat dokter saranin di drill dl, duh jgn smp deh di laparoscopy lg, kl km skr udh tahap apa prosesnya? Apakah PCO nya msh ada n km minum obat apa? Apa kt dr skr hehe sorry ya Dhieta aku nanya nya borongan niehN semoga BT km berhasil ya skr, GBU
    @ Shanty, hi bu pa kbr? Shan di buku itu ada ttg PCO nga?kl nga keberatan n Kl blh lho share dong vit n makanan apa yg mesti dikonsumsi utk pengidap PCO n tips2 apa aja supaya sukses ivfnya menurut buku itu. thx sebelumnya ya Shan.

  6. dhieta

    @kiky…hai ky,salam kenal juga…aku sekarang baru tahap selse minum mycrocynon..lagi nunggu “bocor” trus mulai deh suntik dll ny itu..kalo aku ky sudah minum obat apa aja…macem2 deh sampe lupa tapi PCO tetep ada..gak ilang juga…pernah disaranin di drill…wah gua ogah ky.kalo di HSG sih saluran,kista,miom dll alhamdulillah gak ada dan gak maslah…tapi ya gitu deh ky PCO masih tetep ada…aku gak minum obat2an apa2…cuma glucopagh aja 500mg…tapi itu pun juga gak rutin(masa orang disuruh neguk obat setiap tahun)baru karena proses BT ini aku minum lagi glucopaghnya..dokternya sih gak ngomongin apa2 cuma dia emang udah bolak balik sejak aku merit..nyaranin BT…cuma aku masih belum kepikiran…aku sekarang cuma bisa pasrah deh ky…iya deh ky, sama2 semoga kamu juga berhasil deh ky…

  7. therez

    pak hardi,salam kenal.
    suami sy jg kualitas sperma kurang, kami sdh 5 th berkeluarga, insem 2x tidak berhasil. stl bayi tabung pertama kali bl feb kmrn akhirnya Puji Tuhan saat ini saya berhasil hamil dn menginjak 17 minggu.
    mnrt dokter sy, kedua insem kami yg tidak berhasil itu disebabkan kualitas sperma yg kurang. sdngkan pd bayi tabung, selain kualitas sperma ditingkatkan dlm proses penyaringan, jg sperma akan langsung disuntikkan ke sel telur shg memastikan pembuahan. stl ditanam ke rahim, barulah tergantung berbagai faktor lain.
    Mnrt sy, kalau ingin coba insem or alternatif dulu sih boleh2 sj. yang pasti, pertimbangkan faktor usia dan biaya. usia ibu jg menentukan jumlah dan kualitas telur. dari segi biaya, insem jg memakan biaya tidak sedikit. saya hitung2, 4 tahun berobat sana sini dan insem 2x memakan biaya lbh dari biaya BT yg berkisar 50jt itu.
    smg apapun keputusan bapak-ibu mendapat berkat dari yang diAtas..

  8. klara

    p hardy, saya setuju dgn usul shanty ttg vit2 yg diperlukan. Suami saya juga dianjurkan oleh dokter utk minum vit spt itu l-arginine, l-carnitine dan zinc. Kalau di america ada vit yg kandungannya sdh masuk itu semua, tp vit nya tdk masuk ke asia. Tp coba saja beli lepasan, skrg saya beli l-arg & l-cart di GNC, tapi agak mahal, apa ada teman2 yg punya ide beli 2 vit itu d mana yg agak murah?

  9. Anastasia

    Hi, klara, lam kenal. Skrg km msh berobat atau cm minum suplemen aja? O ya kl vit yg mngandung I-arg&I-cart yg di GNC itu merknya apa? Sy jg pgn suami sy coba. Thx infonya

  10. klara

    hi anastasia, salam kenal jg. Di GNC namanya L-arginine & L-carnitine, bentuknya kapsul. saya skrg berobat tp selain obat2 dr dokter, sy jg berikan suami vitamin2 tsd. vit2 itu br kita mulai 1 bln lalu kok

  11. Anastasia

    Klara, thanks infonya ya. Sy jg nti mau coba beli deh buat suami,mdh2an aja ada hasilnya. Klara emang rncana BT? Di dr siapa?

  12. klara

    anastasia, sy mau BT di abdi waluyo dgn dr karel, sdh mulai terapi dr feb lalu tp blm hasil. semoga kita ada hasil ya, sama2 mendoakan.

  13. Leah

    Halo Klara,
    Dengan Dr. Karel di Abdi Waluyo yah..
    Maksudnya Belum berhasil apa yah?
    apakah sudah menjalanin OPU dan ET ?

  14. klara

    hi leah, bulan kemarin saya ampir OPU tp krn ukuran telurnya sdh terlalu besar jd di cancel. Saya memang ada ‘bolong’ pas schedulenya kontrol krn kebetulan saya ada tugas luar kota. Leah treatment dimana?

  15. Ling

    halo Pak Hardy,
    sedikit informasi nih…menurut saya lebih baik ikut program BT saja dan tidak perlu buang2 waktu dan biaya untuk pengobatan lain…(saya juga sarankan teman saya Robert yg saat ini istri nya sudah berhasil hamil dgn bantuan dr. Auky Hinting).
    o ya, th 2005 saya jg pertama kali ikut program BT di dr. Auky Hinting dan puji Tuhan saya berhasil mempunyai 3 anak perempuan yg saat ini berumur 3th…saat yang sama ada juga pasien dari jakarta yg umurnya jauh diatas saya sekitar 40th berhasil mendapat 3 anak laki2.
    U biaya, di sby jauh lebih murah dibanding kota Jakarta dan Singapore…mungkin pak Hardy bs bertanya kpd Robert krn br saja ikut prog BT.
    Saran sy jika ingin prog BT, perbaiki pola makan dan badan jg sehat(tidak dlm kondisi sakit) dan serahkan semua kepada Tuhan…GBU…

  16. cici

    To Pa Robert
    sy jg skrg lg progrm d Siloam, udh ET 3 hr yg lalu, ada tips2 khusus gak yg di lakukan istri pa Robert stlh ET.

  17. shanty.A

    Dear Kiki,,
    klo mau pesan aja bukunya di amazon.com atau titip sama teman yg tinggal di amerika… Iya ada kok mengenai PCO,,,mengenai pijatan acupressurenya juga ada utk PCO dan bisa kiki praktek sendiri karena ada contoh gambarnya. Atau klo mau and nda keberatan foto copy aja ini buku jadi cepat bisa dibaca…thanks..

  18. dhieta

    @ Kiky.. ki,gimana proses BT kamu…aku sekarang lagi tahap injeksi…kalau kamu gimana ki??apa masih mengkonsumsi obat metformin n diane cycle??aku besok pagi baru USG untuk mengetahui sel telurku…doain ya ki sel telurku bisa berkembang…aku takut banget…selama ini aku udah mengkonsumsi obat PCO banyak ki,tapi belum berhasil menurunkan kadar PCO ku…obatku al:yang pernah aku konsumsi naxogin sporacid claritin ataflam tranexid glucopagh flutamide serophene cycloprognofa..

  19. Kiky

    @ Dhieta, hi km skr udh masuk tahap suntik gonal ya? Yg brp IU? Aku msh mnm pil diane n metfrmin tsb, wah aku jd worry nih km aja yg minum segitu byk nga ngefek ya?? Mmg PCO jd bikin telur qt jd jelek kualitasnya akibatnya hasil E2 jd turun, aku nga smp OPU gr2 itu,dosis gonal aku H1 sd H7 150 IU, H8 112 IU n H 9 n 10 75IU, dosis kian turun krn sel telur over response cm gawatnya ada 30 lbh telur nah kl mrk gd semua apa jdnya, jd wlpun PCO telur msh bs response koq apalg kl dosisnya cukup tinggi,kl aku termasuk rendah, cm mengenai kualitas telornya tergantung masing2, byk jg koq yg berhasil BT dg kondisi spt qt, cm resiko terkena OHSS lbh besar, tp nga akan mengganggu janin, so jgn khawatir Dhieta ttp optimis yaa, aku doain semua lancar ya. Oh ya dit aku jwb pertanyaan km yg dl ya, aku pernah laparoscopy krn hidrosalping, kl th gini skalian aja di drill yaa.hehe
    @ Hi Shanty, thanks ya sebelumnya n thx jg udh menginformasikan buku penting tsb, awalnya aku cm tkt aja belanja online krn pernah pnya bad experience yg tjd sm suami aku krn ksh2 no credit card ke internet, tp aku kmrn dah cb order, krn aku percaya km jg bs dptkan, ktnya sih dtgnya antara 1-2mg mdh2an bs scptnya deh lg butuh byk info nih hehe.

  20. liana

    To: Ling
    Kenalkan saya liana.pasti happy banget py anak kembar 3 ya. Saya jg selalu berpikir bisa py anak kembar dg BT 🙂 Skrg lagi baru berobat ke dr karel di bunda. Sepertinya dokter mau insem dulu. Mslh di kualitas gerak cepat sperma suami yg rendah. Kalau di sby dg dr aucky habis biaya berapa ya ling? Kira2 kita harus tinggal/kost disana ya? Berapa lama? Soalnya saya kerja. Mohon informasinya ya. Thanks a lot.. GBU 🙂

  21. liana

    Pak Hardi untuk kualitas sperma bisa dibantu dgn konsumsi surbex zinc 1 tablet/hari, 2 putih telur dikukus, madu dan buah semangka. Juga banyak makan sayur2an hijau. Suami saya 2 bln terakhir konsumsi hal2 tsb secara teratur dan hasil test terakhir kualitas spermanya jauh lebih baik shg dokter yakin bisa insem saja. Gbu..

  22. ROBERT

    to liana
    koq saya rasa inseminasi itu nggak ada gunanya deh cuma buang waktu dan uang aja, kalau saya lebih suggest utk langsung BT karena memang biaya lebih besar tapi kemungkinan berhasil lebih banyak. Kalau BT di surabaya tergantung usia dan kondisi pasiennya rata rata 30 – 40jt dan harus kost di Surabaya sekitar 2,5 jt per bulan selama 1 bulan setelah berhasil sebaiknya sampai kehamilan 3 bulan tetap di surabaya

  23. liana

    Pak Robert thanks ya info nya.. kapan-kapan saya tanya2 lagi ya.. Mungkin nanti saya minta suami saya ngobrol ke Bapak. Nanti saya add di yahoo ya. Sementara suami masih mau coba insem dulu, tidak mau langsung BT. Thanks, GBU..

  24. ROBERT

    to liana nggak apa kalo mau coba insem dulu karena kalau belum coba biasanya penasaran karena aku sdh pernah jadi aku ndak menganjurkan kalau mau masuk aja ke facebook dan masuk member di bayi tabung club, aku sdh tulis yang musti dilakukan utk BT di discussion board

  25. Asih

    To: Leah n clara
    Kalian proses bt nya udah sampe tahap apa??kl boleh tau tingkat keberhasilan bt ama dr karel gimana ya??Aku jg lg program bayi tabung ama dr Karel, bulan lalu sudah insem tapi gagal, sekarang baru tahap awal progynova, valtrex,linoral,oradexon

  26. Reni

    Hi, slm knl smuanya. Kasus kami sama sprti pak Hardi. Dr rscm dg dr Budi Weweko ktnya bs BT dg IVM biaya bs dtekan jd sktr 35 jt. Aku butuh masukan dr tmn2, please..

  27. fadri

    salam kenal,saya jg mgalami spt pak hardi.stlh berobat dokter ksh sran inseminasi.tp saya bingung byk kawan2 di website ini ksh sran lsng BT.saya mau tny mslh apa yg pak hardi alami,spa tau spt sya.

  28. Janter A.M Siagian

    Hai salam kenal

    hasil tes lab menyatakan bahwa saya mengalami ologhoasthenozoospermae..buat yang ada info tlg share ke saya dong..apa untuk dpt keturunan saya harus ikut program bayi tabung?kisaran biayanya brp ya?oh yach saya dah menikah selama 4 tahun n usia pernikahan tahun kedua istri saya pernah hamil setelah menjalani terapi dgn dr.zulmeta di klinik andini pekanbaru dengan meminum obat2 untuk kesuburan tp saya berhubung janinnya letakknya disaluran atau diluar kandungan jd terpaksa diaborsi via obat.kl ada info tlg share ke saya ya, tq

  29. rika

    hai sista…
    lam kenal…w rika…usia 28 th, suami 31 th, kita dah merit 6 th. dari hasil pemeriksaan w sich kayaknya gak ada masalah…kedua tuba baik trus gak ada miom atau yang lainnya…cuman klo dari suami gak tau dech….slnya klo ngebahas masalah pemeriksaan sperma ujung2nya suka gak enak….,sebelumnya w pernah periksa HCG trus periksa lab jg….klo USG sama periksa dalem sich dah sering bgt…cm apa ada pemeriksaan yg lain lagi? trus klo misalkan saya mau ikut program bt apakah pemeriksaan itu harus diulang lagi? klo dokter kandungan yang bagus di rs harapan kita siapa ya? berapa ya kira2 program bt di sana? yg punya info tolong si share donk

  30. Erniwaty

    @ pak robert

    hallo pak, aku mau gabung dong alamat emailnya.. mau aq add FB nya.. susah euy cari group bayi tabungnya,,tq

  31. robert

    @Erniwaty
    kalau email saya robertus_ah2003@ yahoo.com
    Kalau mau menghubungi saya di 081410170818 / 021 70118228 kami siap membantu memberikan informasi sejauh yang kami tahu terima kasih

  32. vitis

    salam kenal,
    mohon maaf, saya tertarik dengan L arginine dari GnC. ada yang bisa memberi informasi dimana membelinya di Indonesia? saya memerlukan L-arginine untuk mengobati sakit ginjal bapak saya. saya sangat berharap bisa mendapatkan informasi tersebut. terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*