Pengaruh Torch – Sharing Astri

Salam kenal ya nama ku Astri, aq mau sharing nih.. aq dah hampir 6 tahun nikah belum punya anak, aq juga ada rencana bayi tabung, tapi waktu aq d test TORCH aq positif yang IgG nya saja. Tapi pengalaman teman q, Desy membuat aq berpikir lg untuk mengobati TORCH nya dulu sebelum Bayi Tabung..

Dia punya TORCH juga, hanya IgG nya saja, waktu dia hamil, dia konsul ke 3 dokter dan semua menyatakan AMAN untuk hamil, tidak pengaruh pada kehamilan, teruskan saja katanya.. Tapi waktu bulan ke 7, bayi nya prematur dan setelah bberapa jam meninggal karena virus TORCH!!

Setelah kejadian itu dia konsul lagi ke 3 dokter itu tadi dan mereka bilang “Oh ya, memang ada pengaruhnya!!!” Heran ya, setelah ada kejadian, baru mereka bilang ada pengaruh! Nyata nya TIDAK AMAN untuk hamil!

Setelah hasil tes TORCH aq konsul kan dengan dokter, dokter pun berkata tidak pengarug IgG mah, yang harus diobati klo IgM begitu… Semua dokter pasti akan bilang seperti itu kata teman q.. Padahal kan banyak yang terjadi di luar sana keguguran katanya karena kandungan lemah, padahal besar kemungkinan karena ada TORCH!

Ternyata TORCH itu bisa menyebabkan keguguran berkali2, sulit hamil,janin di dalam rahim tidak berkembang, hamil anggur, atau bayinya meninggal pada usia kandungan 7-8 bulan. Bahkan yang seringkali terjadi adlah keguguran.

Pada kasus Rubella, ibu hamil tidak mengalami keguguran atau bayinya meninggal saat lahir, tetapi yang sering terjadi adalah bayi yang dilahirkan mengalami glukoma, atau kebutaan, kerusakan pada otak atau pengapuran pada otak, bibir sumbing, tuna rungu dan sulit bicara. Aduh amit2 ya jangan sampai terjadi..

Nah biar lebih lengkap, coba buka website nya Ir. H.Juanda http://www .spesialis-torch.com disana qm bisa baca info lebih jelas tentang TORCH.
Saya juga skr sedang berobat k Prof. Juanda baru 2 bulan ini sih, cuma saya pengen sharing apa yang saya tau. Mudah2an berguna buat semua, dan mudah2an kita semua cepat di beri karunia keturunan yang soleh dan solehah, amiiin..

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 4.30 out of 5)
Loading...

27 thoughts on “Pengaruh Torch – Sharing Astri

  1. Lia

    Dear mbak yani dan semuanya,
    Saya punya anak usia 4th dengan kondisi cacat mata dan pendengaran akibat torch dg igg positif pada anak saya.
    Saya pernah berobat ke dokter mengenai torch tersebut apakah berpengaruh atau tidak kalau mau hamil lagi, dan kata dokter tidak apa² karna yg positif igg saja.
    Kemudian saya berencana untuk hamil lagi, tapi saya konsultasi kembali ke dokter dengan dokter yang berbeda, alhasil dokter menyarankan untuk pengobatan torch dulu. Tetapi saat ini saya sedang hamil usia 4mgg. Keluarga khawatir dan menyarankan kiret. Tapi dari pihak suami dan keluarga suami tidak setuju. Minta tetap optimis sambil pengobatan.
    Saya bingung harus gimana. Tolong dong bagi infonya…

  2. yani

    aku 2x kguguran…hamil 1 bayi dlm kndungan usia 5bln meninggal dlm kndungan ,hmil k 2 kndungan 2 bln flek2 trs dan akhirnya keguguran lagi..sampai suatu ketika ortu ku dpt info ttng juanda,dan aku cb untk ikut seminar nya,aku beli obat nya untk d konsumsi dgn suami,1thn mnum obat Alhamdullilah aku hamil,dan skrg ank ku sdh umr 4thn.bravo tuk bpk juanda..

  3. Wira

    Dear mbak Astri & semuanya,
    Saat menulis ini saya sedang menunggu istri saya yg terbaring lemah stlh cesar. Bayi kami lahir prematur & hnya brthn 3 jam. Usia bayi adalah 31 mnggu atau 7 bln. Saat lhr brt bayi hnya 1kg, dan ada kelainan pd lengan kiri bagian bwh.
    Ini adalah kasus kedua kami dmn pd kasus prtama istri saya kguguran pd usia khamilan 8 mnggu, tp ktika itu ksimpulan kami krn istri klelahan sbb bru pindahan k rmh bru. Dengan adanya kasus kedua ini akhrnya mmbuka pikiran saya ttg TORCH.
    Smlmn saya mmbc artikel online ttg TORCH ini trmasuk pngobatannya.
    Dari smua artikel yg saya bc bnyk mnyebut nm bpk Ir. H. Juanda dan ibu Valentina Daradjati, dmn keduanya adalah Herbalis yg praktek d Bogor dan fokus pd pnymbuhan TORCH.
    Kpd mbak Astri & tmn2 yg prnh berobat TORCH kpd kedua Herbalis ini, saya mhn utuk mmberikan informasi ttg kberhasilan tmn2 stlh mlakukan pngobatan.
    Bs mngirimkn k email saya d darmiza.wira@gmail.com
    Trma ksh saya ucapkan.

  4. Lady

    Dear All,
    Skedar share pngalaman pribadi neh. Akhir taon kmaren sblom merit aq tes Torch, coz pengennya segera punya baby stelah merit. Tpi trnyata hsilnya Rubella Igm positif.
    Trus aq ke dkter kndungan n dikasi resep Isoprinosin, Valtrex n Lycoxy, tpi ga aq belikan, coz setauqu itu obat antibiotik utk bunuh bakteri bkan virus. Pdhal Rubella tu kan disebabkan virus. Setauqu juga yg namanya pnyakit yg disebabkan virus bisa smbuh dgn sndirinya, misal flu, trgantung daya tahan tubuh qta.
    Awal taon ni aq tes Rubella lagi, Igm msih positif n Igg juga positif. Aq konsul ke 2 dkter yg kasi 2 pndapat berbeda. Dkter prtama blg virus Rubella hanya bertahan skitar 2 bln di tubuh qta, stelah itu sdah ga bahaya, krna akan turun dgn sndirinya, apalagi kalo dah ada Igg yg mrupakan antibodi dri tubuh qta. Tpi dkter yg kedua blg lbih baek diturunkan dulu Igmnya smpe negatif, dgn pola hidup sehat, mnum vit n olahraga. Akhirnya aq putuskan ikutin saran dkter yg kedua.
    Lima bulan stelah itu aq tes lab lagi, hsilnya Igg n Igm tetap positif. Trus aq knsultasi ke dkter spesialis pnyakit dlam yg khusus nangani virus2 tropika, salah satunya Rubella itu. Dkter tsb malah blg shrusnya sdah tdk perlu khawatir lagi dgn hsil lab, coz smpe kapanpun tetap akan positif. Virus yg nyerang tubuh qta akan dilawan oleh tubuh shingga muncul yg namanya Igm n Igg (Antibodi). Asalkan Igmnya tdk naek angkanya ato cenderung turun, dah aman kalo mau hamil. Sdangkan Igg mau brapapun bsarnya ga ada pngaruhnya, coz itu antibodi. Jdi yg pnting qta hrus jaga jngan smpe Igmnya naek angkanya, coz itu artinya virus reaktif lgi.
    Gitu deh pngalamanqu All. Smoga bermanfaat ^^

  5. Agustina

    haiiii all…. pengalaman keguguran emang hal yang paling menyedihkan bagi kaum ibu,terlebih jika keguguran itu adalah kehamilan pertama.begitu juga dengan pengalamanku dibulan april lalu,dokter menyuruhku test lab n hasilnya rubella n cmv lgg positif,hanya saja saat ini aku bingung mau berobat ke medis atau ke alternatif saja.menurut teman2 bagusnya kemana ya?
    thanx buat masukannya…

  6. nda hasna

    Hai..aku bunda hasna, saat ini lg hml 6mgg hsl Ig g toxo, rubella ama cmvku positif smua..skrg lg pengobatan dg acyclovir,provamed dan isoprenosin..aku yakini aja bahwa smg janinku baik-baik aja dan lahir dg normal..mhn doanya juga ya…(Meski kdg2 sedih jg…) Tp tetep smangatt ya…Allah pasti akan memberikan yg terbaik buat kita…

  7. ratna yuliasari

    saya pernah keguguran sekali,trus dikuret,tp blm sampai 3bln dah hamil lg,kt dkter kandungan sy lemah,ada kemungkinan kena torch,sy dkasih obat penguat,skrg usia kandungan dah 2bln,n terjadi flek 2hari ini. Kira2 ada cara lain g’ ya buat tau kena torch or g’ selain test darah?cz agak parno nich…

  8. arina

    dear all,
    jadi bingung nie mba, baca comment2nya.. Saya sudah nikah selama delapan bulan sie, tapi keluarga dah pada nuntut saya dan suami bt lekas punya baby, nah sekitar bulan Februari kemaren saya melakukan test TORCH, dan ternyata rubella dan CMV IGgnya positif. Karena khawatir saya konsultasi ke dua orang dokter, keduanya bilang ga apa2 klo IGgnya yg positif, tapi mereka kasi saya obat. Tp setelah saya baca2 info di internet kok bs beda ya? malah untuk yg kena rubella, 25% kemungkinan anak bisa lahir cacat klo ibunya kena rubella. duh mba2 ku.. ada info bt ngejelasin ini ga? jd takut aq. Dan buat mba wink pengobatan di Ir Djuanda tu alamatnya dimana ya? bisa kasi info ga mba? Soalnya saya tinggalnya di medan nie. makasie ya…

  9. pelangi

    hai vitri,
    duuh aku jadi binguuung..aku hamil 9 minggu sekarang,aku IgG positif untuk rubella, CMV sama Herpes 1, aku dikasih obat isoprinosine itu sama acyclovir itu, dan satu lagi ascardia karena ACA ku tinggi dikit..mm..tapi pas konsul ke dokter lain bilangnya aku gak boleh minum obat apapun karena bisa pengaruh ke janinnya…aduuuh aku harus ngikut yang mana ya..karena kehamilan ini juga sudah kami tunggu lama hampir 2 thn setelah aku keguguran dari hamil yang pertama..huhuhu..tolong advisenya dunk bingung banget.. 🙁

  10. wink

    Dear All .. just info saja setelah 3bln saya ikut pengobatan di Ir Djuanda, alhamdulillah hasil tes darah saya untuk yg Rubella IGg menurun drastis bahkan dibawah nilai rujukan, dan CMV IGg juga sdh negatif. Terima kasih Ir Djuanda, sekarang saya sedang program untuk hamil lagi. Mohon do’anya yah supaya saya bisa mendapatkan anak yg sehat, amin .. Untuk semuanya selamat berjuang juga ya, jangan patah semangat insyaallah segala sesuatunya juga akan diberikan yg terbaik .. 🙂

  11. gerald

    mang mbak astri yang positif torch nya apa? trus mau nanya gimana hasil terapi dengan Ir.Juanda? IgG jadi turun ga? kalo turun ampe jadi negatif atau cuma berkurang namun masih di atas nilai normal? trima kasih mbak.

  12. Erlyna

    Dear all ….

    Orang yang belum pernah kena toxo sebelum hamil , kemudian hamil. Ini yang harus diwaspadain jangan sampai kena Toxo pertama kali di masa hamil , itu yang berbahaya …

  13. wink

    Hai semuanya .. aq cuma mau sharing aja, aq dah 2x keguguran. keguguran yg pertama usia kandungan 12mg, setelah dicek darah ternyata Rubella Igg positif, Igm negatif, tapi ada ACA yg borderline. keguguran yg kedua usia kandungan 8mg, setelah dicek darah lagi ternyata Rubella Igg masih juga positif, Igm negatif. dari 2x keguguran tsb aq ke 2 dokter, dokter yg pertama lebih konsen ke ACA nya, sedangkan dokter yg kedua konsen ke Rubella Igg aq yg positif. Tapi waktu keguguran yg pertama kata dokterku yg pertama Rubella Igg aq yg positif itu gpp malah jadi imun tubuh kita, tapi ko di dokter yg kedua bilang kalo itu mesti diobatin dulu. Nah loh jadi sebenernya yg bener yg mana yah? jadi bingung aq ..

  14. Lima

    hai all…
    sekedar sharing aja, aku dulu pas sma pernah kena rubella, tapi saat itu ngga tes darah sih, cuma berdasarkan diagnosis dokter. Nah karena skrg lagi rencanain kehamilan aku tes rubella nya.. Hasilnya IGG dan IGM negatif, malah bingung sekarang katanya rubella cuma menyerang 1 kali aja, kalo udah pernah kena pasti ada antibodinya, kok aku ngga punya? apa karena dah kelamaan yah 12 tahun lalu kenanya

  15. Ira Marlina

    hallo astri,

    Aku tertarik nich baca sharing kamu tentang pengobatan TORCH di Ir Juanda, akubaca web site dan nonton acara nya di TV, jadi penasaran apa memang pengobatan tsb benar2 efektif, gimana hasil test nya sekarang astri? apakah angka igg nya untuk virus tocrh tsb benar2 turun setelah 3 bulan pengobatan di Ir juanda?

    Hallo ineke,
    Semoga pengobatan dgn clorofil membantu mentidak aktifkan virus2 toxo km ya. Aku juga sedang minum clorofil untuk menjaga kesehatan aja belum tahu khasiat nya krn baru 1 mgg semoga memang bermanfaat ya.

  16. ineke

    pas usia kehamilan 5mg aku juga mengalami keguguran,setelah di test ternyata IGM Toxo positif…sudah melakukan pengobatan dokter kurang lebih 6bln..tapi belum hilang juga…kadang naik kadang turun,jadi bingung dibuatnya…dan kata dokter belum boleh hamil lagi sampe IGM nya negatif..masalahnya kapan negatifnya???sudah 5bln ini aku berhenti kedokter,udah capek minum obat,dan tiap test masih positif aja. sekarang aku obati sendiri dengan minum clorofil,aku udah abis satu botol,katanya sih clorofil bisa membunuh virus virus jahat dalam darah, tapi aku lum test lagi sieh..rencananya minggu depan, semoga kali ini bisa negatif, udah pingin banget punya baby…sering sedih kalo ngeliat hubby gendong gendong keponakan .selain itu aku juga udah gak makan sate lagi,daging daging yang masak setengah matang..terus nyuci bersih buah atao sayur yang mau kita makan,karena TORCH bisa ditularin lewat hal hal tersebut,satu lagi kalo pipis jangan cebok dengan air sembarangan ya(apalg di wc wc umum kita kn gak tau airnya bersih gak) mending kita lap miss v pake tissue basah aja selesai pipis di tempat umum..ok segt sharingku semoga bermanfaat.

  17. sri ananda

    Anakku meninggal usia 50 hari. Hasil pemeriksaan diketahui terkena rubella igg & CMV igg. Otomatis itu bawaan dari aku & suami. Kami konsultasi ke dokter & diperbolehkan hamil dg catatan minum obat rutin, harga obat lumayan mahal untuk ukuran kantong kami. Ada info juga bila melahirkan cesar n tidak memberi ASI dapat mengurangi resiko penularan dari ibu yg terkena virus ke bayi, apakah benar demikian? Ada info lagi bahwa igg & igm harus negatif dulu sebelum hamil? So, bagi temen – temen yg punya banyak info tentang virus TORCH harap dibagi ke kita2, thank’s.

  18. Vitri

    Iya, intinya meningkatkan daya tahan tubuh. Aku dulu pernah hamil (usia kehamilan 5 minggu, dan janin pada minggu sebelumnya sudah sempat berdenyut jantungnya) tapi janin tak berkembang (riwayat TORCH IgG positif, IgM negatif), ternyata hasil lab menunjukkan molar pregnancy…Hcg ga turun2 walopun sudah dikuret. Gara-garanya gak mau minum obat anti virus n daya tahan tubuh (isoprenosine). Pas hamil lagi, parno berat…minum obat Isoprenosine, Acyclovyr, dan ada lagi *lupa. Alhamdulillah anakku sehat walafiat , pinter, n kuat banget. Sekarang umurnya dah 3 taun.

    Oya, IgG bisa turun dengan minum obat, tapi gak bisa jadi 0 kayaknya… Intinya ya kembali lagi memperkuat daya tahan tubuh.

    Kesimpulannya, lebih baik minum obat daripada tidak. Ini menurut pengalaman Saya lho.. : )

  19. sintal

    aku jg keguguran 2 kali. wkt hamil 4mg aq kna thypus & dhajar obat thypus,trus umur 2 bulan kandungan kguguran; slanjutnya umur 5,5bln bayi mninggal di dalam krn tali pusat mlintir kaya kue untir2. stelah itu aq bru tes torch hasilnya toxo & rubella hanya igg yg positif. smua kegugur an kebetulan ada alasan lain, jd aq bingung jg,apakah itu krn virus torch ato ga. sempat nyoba salah satu alternatif yg sempat disebut di atas tp sama aja,hasilnya nol! igg tetap ada & sama skali ga ada pnurunan.
    setelah aku cari tau & bandingkan dg tu obat alternatif rahasianya adalah “MADU”. Madu bguna utk daya tahan tubuh. intinya, pengidap torch ini t’utama yg igg plu jaga daya tahan tubuh, biar tu virus ga reaktif lagi. klo igm stauku harus therapy, tapi tetap fungsinya sama hanya untuk mcegah virus supaya tidak reaktif & dikalahkan oleh daya tahan tubuh.
    Aku ndiri masih mencari bukti, ada ga diantara teman2 yg bisa mnurun kadar iggnya? Krn mnurut informasi yg kudapat itu ga bisa hilang, ky virus thypus,hepatitis,malaria. Virus itu hny bisa dibuat diam,& penderitanya harus menjaga supaya ga reaktif lagi.
    Smoga qta bisa sharing lebih banyak, karena skarang aku juga lg program lg, & mnerapkan mjaga daya tahan tubuh.
    tetap smangat & terus b’usaha!

  20. therez

    yang namanya astri ini bikin orang bingung abis itu menghilang.. udah deh temen2, gak usah pada bingung.. semua infeksi TORCH cuma bahaya klo masih positif IgMnya. klo mo nunggu IgG negatif mah bisa 10 tahun lagi baru ilang.. Bener tuh kata eliza, banyak bayi lahir dari ibu IgG positif, tetep normal n sehat2 aja..
    Silakan aja sih klo mo ngobatin IgG ke dokter anu-itu, tapi harap diingat dokter juga punya berbagai aliran. dokter yg jahat jg ada, meniup2kan teori baru yg belum terbukti, demi meningkatkan jumlah pasien n pendapatannya sendiri.
    penyebab kelainan bawaan pada bayi itu kan kompleks. gak bisa cuma disalahin TORCH. polusi, radiasi, mutasi kromosom antara lain jg bisa jadi penyebabnya. krn sulit terdeteksi, disalahkan-lah TORCH, yg paling gampang dijadiin kambing item..
    yah, yang penting berjuang aja terus dah… makin banyak makan teori makin pusyinggg….

  21. Uly

    > mba retno, minta nya yg komplit yah, bener2 TORCH. Tokso IgG & IgM, Rubella IgG & IgM, CMV IgG & IgM, HSV I IgG & IgM, HSV II IgG & IgM .. kdg2 kita ga disuru periksa HSV I & II .. kmrn aku periksa di pramita utama yg di mampang deket toko buah total bayarnya 1.4jt.

    > Emmy, kita ga disuru puasa kok, ambail darah nya kapan aja dan jam brapa aja ..

  22. emmy

    hai allz,

    ada yang bisa kasih tahu kalau tes food di Prodia, berapa biayanya yah, trus ada persayaratan satu hari sebelumnya nggak apa harus puasa sehari sebelum atau apa saja yang menjadi persyaratan pemeriksaan tersebut …tengkiu allz

  23. klara

    hi retno, saya jg inisiatif periksa sendiri ke prodia tanpa surat pengantar. Jadi boleh kok, biayanya rp 1.2 jt an

  24. retno

    Hai astri..lam kenal juga.
    Waktu keguguran dulu after bt yg gagal, dokter gak nyuruh test Torch.Kalo kita test sendiri ke prodia bisa gak ya tanpa pengantar trus brp biayanya yah?

  25. Uly

    hai astri, salam kenal ..

    aku juga test TORCH, tokso IgG & IgM, negatif. rubella IgG positif 316, IgM negatif. anti CMV IgG positif 31, IgM negatif. Anti HSV I IgG & IgM, negatif. Anti HSV II IgG positig 5.1, IgM negatif.
    tapi aku ga dikasi obat apa2, kata dokternya IgG itu adalah antibody yang terbentuk dng sendiri nya .. mungkin dulu aku pernah kena. yg penting bukan IgM yg positif ..

    jadi bingung yah .. 🙂

  26. vitri

    hi astri
    aku rubella IgG POSITIF 221, n sama spog ku dikasih obat isoprinosine n acyclovir. Aku jg bingung kenapa dikasih ya, padalah kan IgG. Tp ada yg bilang klo kadarnya tinggi banget perlu diobati/ dipantau terus kedepannya apakah makin meningkat atau makin menurun. Klo makin menurun gak perlu diobati.

  27. elizabeth erfina

    Hi…Astri salam kenal yach saya Fina
    Kemarin aku jg test TORCH,aku IGg Rubella positif dan CMV IGg positif,aku dah konsul ke DSOG ku itu gak apa2 katanya,itu berarti aku pernah terinfeksi tapi badan aku udah ngebentuk anti bodynya berarti gak apa2,klo IGM tuch gak boleh positif harus negatif. Temen ku kemaren juga ada yang IGg positif tapi gak apa2,sekarang anaknya dah lahir dah stahun lebih umurnya skrg. Meninggalnya baby temen kamu itu udh pasti terinfeksi virus TORCH? Aku juga sering cari di internet mengenai IGg positif,ada beberapa dr bilang klo IGg Positif mau nilainya berapa gak masalah…
    Bingung yach…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*