Pengapuran pada testis sebabkan azoospermia? – Elisa

Dear all,

Saya ingin bertanya apakah ada yang punya pengalaman pengapuran pada testis?
Suami saya pada tanggal 2 Januari 2015 melakukan SA (sperm analysis) dengan hasil azoospermia (sperma nol). Dokter segera menyarankan untuk tes hormon dan USG testis. Hasil tes hormon normal. Namun hasil USG menunjukkan adanya sedikit varises pada testis kiri dan pengapuran pada kedua testis.

Saya mencoba mencari info mengenai pengapuran testis di internet (sebelum saya konsultasi ke dokter) namun info yang saya dapat sangat minim.
Mohon bantuannya jika ada yang bisa sharing pengalaman serupa.

Terima kasih 🙂

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

4 thoughts on “Pengapuran pada testis sebabkan azoospermia? – Elisa

  1. sande

    Mba Elisa, coba konsul ke androlog terbaik (dr. Hamdani/ dr. Aukcy siloam sby) , operasi varikokel kadang jd solusi, tp bisa juga malah bikin memburuk , jalan satu2nya harus bayi tabung.

    Mb Eva selamat yah sudah hamil, lancar smpe lahiran ya mba, program nya mba dimana? Di BIC kah? Sy smpat ke situ tp gagal, sy mau mencoba lg di siloam mba,doa terbaik utk smua moms yang menghadapi ujian yg sama ya…smoga kelak kita mendapat momongan dr Tuhan YME. Amin

  2. eva

    Dear Elisa & Nuni,
    Suami saya dulu cryptozoospermia kondisi sperma yang hampir menuju azoospermia. Semua yg hidup/ bergerak kadang ada kadang tdk ada. Lalu kami memutuskan bayi tabung 2 th lalu di freeze beberapa kali sampai ketemu yg hidup. Sayang bayi tabung gagal krn keadaan sperma yg sehingga embryo jelek kualitas POOR. 1 th lalu suami memutuskan operasi varikokel memang 3 bln pasca operasi masih ga membaik bahkan menburuk tp setelah 6 bln sperma menjadi lbh baik menjadi oligozoospermia yaitu sperma yg sedikit atau lemah tapi masih ada yg hidup dan normal. Walau sperma ga balik 100% normal tp akhirnya kami memutuskan bayi tabung lagi. 3 bulan sebelum bayi tabung kami sempat akupuntur dan dari akupuntur sperma suami membaik lagi. ( kami tes sperma sblm akupuntur dan sesudah)
    finally bulan ini saya IVF ke 2 dengan kualitas embryo good 7 buah dan dinyatakan hamil 4 minggu.
    Jadi saya tdk bisa blg operasi varikokel jalan satu2nya utk memilik anak. Ada teman saya operasi berhasil udh punya 2 anak dari azoospermia. Saya sempat sedih krn belum kembali normal spermanya msh kategori lemah utk insem tapi trnyata berkat operasi jg embryo kami jadi bagus. Saya krg menyarankan bayi tabung dgn cara tesa /pesa krn sperma yg diambil dari testis blm matang dan harga tesa/ pesa lbh mahal (setau saya kalo di bunda) daripada operasi varikokel. Setelah operasi suami saya tdk ada kendala di testis sakit (sebelumnya kadang2 sakit dan grade 1 varikokelnya)

    Semoga pengalaman saya dapat membantu

  3. nuni

    Dear Elisa :

    Sepertinya nasib kita sama.. Suami saya jg azoospermia dan stl melakukan USG Doppler diketahui ada varises (varikokel) di testis sebelah kiri juga. Tapi kl pengapuran sy baru pernah denger nih..
    Oya kl boleh tau Elisa sdh menikah brp lama? Trus mau operasi varikokel ga? Soalnya sy masih bingung nih..dokter menyarankan utk operasi tp ko sy baca di forum ini banyak yg stl operasi varikokel justru semakin parah ya..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*