Pengalaman program bayi tabung ku – Christina

Hai semuanya, namaku Christina. Aku mau share pengalaman bayi tabung yang baru aja aku jalanin. Aku nikah sudah 3,5 tahun, awal pernikahan sempat hamil tapi KET, gak dioperasi hanya suntik MTX. Karena KET itu tuba kananku tersumbat (sikatrik) jadi gak bisa diapa2in.

Aku baru mulai program untuk punya anak 2 tahun belakangan ini. Pertama terapi konservatif, tapi belon berhasil. Masalahnya saluran tuba kananku tersumbat, jadi cuma bisa ngandalin ovarium kiri aja. Sementara telor kiri ku kayaknya agak males berkembang. Jadi setiap dikasih profertil, yang bertelur rata2 yang kanan. Mau insem pun akhirnya gak bisa. Akhirnya dokterku yg dulu ngarahin untuk coba bayi tabung.

Setelah coba untuk ngumpulin uang dulu (secara biayanya puluhan juta..hiks ='( ) aku dan suami pergi ke dr Taufik Jamaan di BIC. Alesan ke dr Taufik, karena dari beberapa temen suamiku, berhasil bayi tabung dan insem sama beliau. Masalahku selain tuba kanan tersumbat, menku agak gak teratur. Waktu berobat ke BIC aku lagi telat mens 3 bulan.

Setelah diperiksa, aku dicurigai PCO. Di kasih metformin (utk sebulan) sama cycloproginova (untuk ngelancarin mensnya). Setelah mens mulai teratur barulah dr Taufik jadwalin untuk program bayi tabung. Dimulailah hari suntik menyuntik gonal 225iu. Karena telorku bayak bgt (3 hari post suntik ada 16 telor) dosis gonal diturunin 150, terus turun lagi 75. Turns out telorku terus nambah banyak. 2 hari sebelum OPU, Telor ku ada 25 ukuran 18-19mm, tp estradiol ku gak sesuai cuma 826 ( 1 telor diharapkan 100-200 kadar estradiolnya). OPU tetep dilakukan sesuai jadwal.

Sesudah OPU aku harus diinfus albumin karena takut hiperstimulasi. Beberapa jam sesudah OPU mulailah aku sesek napas, dan maag ku kambuh. Jadilah aku harus dirawat karena hampir pingsan gara2 maag ku itu dan dr Taufik minta observasi utk hiperstimulasi. Sampai jadwal ET aku dirawat di Bunda. Telor ku cuma dapet 8, dan yg bisa dibuahi 3. ET berjalan baik, tapi sesudah ET aku susah untuk buang air kecil. Kata perawat gak boleh ngeden, tp karena sakit bgt, aku ngeden akhirnya dipasang kateter. Sesudah ET pun aku dirawat 1 hari.

Menjelang pengumuman, aku istirahat di rumah. Gak bedrest total, tapi aku gak pergi kemana2, cuma di sekitar kamar dan kamar mandi aja. Makan juga biasa, cuma disuruh minum peptisol aja 2x sehari. Yang aku rasain perut begah dan kram seperti mau mens. Saat hari pengumuman aku udah pasrah, karena gak ngerasa apa2 jadi mikirnya udah gagal aja.

Puji Tuhan, tes Urine ku (+) dgn bHCG 516,60. Perjalanan masih panjang, masih banyak ketakutan2. Sampe sekarang aja masih gak percaya kalo (+). Tapi Tuhan itu memang luar biasa baik, Dia buat semuanya indah pada waktunya. Semoga temen2 yang lagi program juga jgn menyerah ya. Berserah penuh aja pada Tuhan.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 3.50 out of 5)
Loading...

29 thoughts on “Pengalaman program bayi tabung ku – Christina

  1. wati

    hai christin… salam kenal,
    slamat atas keberhasilan BTnya. Aku jg pernah ikut BT di BIC sekitar 3 bln yl tp hslnya gagal…sedih dech. kemarin saat abis OPU estradiolku jg rendah…dari 2000an jd cuma 179. Enggak tau krn apa, n itu yg buat aku jd was2 n ternyata hslnya negatig dg b hcg 0,1 mnrt dokternya berarti embrio tdk nempel sama sekali, pdhal sblm fine2 aja. Trus bln dpnnya aku di srh laparoskopi,n hslnya rahimku bersih tdk ada kelainan berarti yg berkaitan dg kesuburan, dan stlh itu dokter bilang kemgkn kualitas sel telurnya kurang bagus. Aku jg jd agak bingung dgn kesimpulan Dokter tsb(dr hsl lab hormonal, HSG, laporoskopi tdk ada kelainan yg berarti. skrg aku lg di observasi siklus haidku smp menunggu proses ET sisa embrioku. Bersyukur buanget yach bs berhasilllllll. Smoga lancar sampai lahiran yaaaaaa.Aku jg BT di BIC dg dr Ivan.

  2. special mom to be

    congratulation yah cristina, setiap klinik punya standart berbeda2, di kliniku min perfollikle 500-2000 estradiolnya baru telurnya mau di ambil, kl kurang dari itu di cancel. aku harap tuhan jg berkati aku.

  3. christina

    @ Wati : Amien untuk doanya, aku juga doain semoga proses thaw cyclenya nanti berhasil, dan dikasih (+) sama Tuhan ya =) Semangat ya !!!, Tuhan pasti kasih yang terbaik.
    @Special mom to be : Rencana bayi tabung dimana? Semoga semuanya lancar yaaa.

  4. Nitaa

    Dear christine,

    Selamat ya….semoga selalu sehat dan melahirkan dengan lancar. Aku dan suami juga merencanakan bayi tabung. Mau tanya, berapa total biaya atas program bayi tabung?
    Thanks ya

    Regards

  5. didien

    Dear mb Christina..
    Selamat y atas hasil BHCGnya positif.. pasyi H2C terus.. sama dl aq jg kyk gt mb.. tp dipasrahin aza Wallohualam.. apapun yg tjd itu sdh yg terbaik diberikan Allah SWT. g usah mikir macem n pasrah az.. jd tinggal nunggu USG az y unt 2 mg kedepan.. semoga hasilnya terbaik bwt km n keluarga. Amin.

    Dl wkt BHCG sy + 338, stlh di usg janinnya ada 1, tp temen barenganku BHCG + 383 STLH DI USG janinnya 2. mgkn az kembar. jd BHCG kt suster tinggi/sedangnya bs krn bayi kembar ato bayi tunggal tp pembentukan plasentanya yg kuat jd hcg yg dihasilkn tinggi. yap mw janin 1 ato kembar gpp sing penting sehat n selamat..

    Byk doa n berserah diri kuncinya.. Semangat y..

  6. christina

    @Nitaa : Hai NIt, Aku di BIC total semuanya abis 60 jutaan ,udah termasuk OPU, ET, biaya konsultasi dokter per kedatangan, obat2an, periksa darah sama waktu itu aku juga konsumsi royal jelly dan akupuntur). Rencana bayi tabung dimana Nit ?

    @Didien : Ya niy lagi H2C, banyak banget yang dipikirin, takut bayinya gak berkembang, takut keguguran,hehehe…. Aduh kalo dapet kembar seneng bagetttt, tapi dikasih satu juga udah Puji Tuhan bgt, secara udah ngarep dapet anak 3 tahun. Waktu itu USG usia 6 minggu udah keliatan apa aja Dien? Oh ya usia kandungan udah brapa bulan? Atau baby nya udah lahir?

  7. didien

    Dear christin..

    yupz.. wajar H2C tp jgn terlalu dipikir banget.. dbuat pasrah az.. soalnya pengalamanku dl wkt nunggu USG takut kepikiranan posisi kehamilannya dmna y? takut kl KET(kehamilan ektopik terganggu) n akhirnya ngefek sm si cabynya g mau nonggol jd wkt di USG wkt umur 6 mg cm kelihatan kantungnya az, tp posisinya bagus. alkhirnya sm prof samsul aq disuruh USG lg 2mg dg catatan lebih santai, g blh byk beban pikiran, konsumsi resep dr prof n byk doa. dah.. nunggu tepat usia 8mg syukur alhamdulilah si caby da keliatan plus detak jantungnya.

    Pokoknya byk doa az.. krn kehamilan sifatnya gaib, hy Allah yg tau.. qta jg g blh terlalu gembira jg, biasa n santai az.. Soalnya smua hal kl baby blm lahir itu msh gaib n blm bs dipastikn.. jd slowww az.. santai.. pasrah.. byk doa.. insya Allah skrg usia kehamilanku 17mg. da saling mendoakan semoga Si caby qta diberi sehat, normal, sempurna jasmani n rohaninya, djaukan dr kecacatan n kekurangan, selalu mendapat berkah, kesehatan n keselamatan dr Allah SWT amin2 yarobal alamin..

  8. Nitaa

    Saya dan suami sedang merencanakan bayi tabung dan sekarang sedang mengikuti 2 kali cycle lagi sebelum menjalankan program tersebut, berdasarkan anjuran Dr. Yuslam di RS Pondok Indah.
    Saaya pernah di laparascopy karena adanya endometriosis , kista dan perlengketan th. 2010 dan sebelumnya th 2006 menjalani operasi myom. Setelah itu saya menjalan program hamil saat usia pernikahan 2 tahun. Namun ternyata ada masalah dengan suami saya yaitu adanya varicocel, sehingga diputuskan untuk operasi bulan Mei 2011.
    Sekarang kondisi saluran telur saya baik- baik saja walaupun masih ada sisa perlengketan di rahim kiri. Namun menurut Dr. Yuslam hal tersebut tidak menjadi masalah. Kondisi sperma suami mengalami perkembangan baik walaupun masih oligosperm.
    Jika sudah memasuki cycle yang ke 3 saya belum hamil maka akan diputuskan mengikuti program bayi tabung. Doakan ya…. Semuanya berjalan baik qdan lancar.
    Oya, apakah teman-teman ada yang memiliki pengalaman program bayi tabung dengan Dr. Yuslam. Mohon sharingnya ya

    Thanks

  9. Nitaa

    Maaf ada yang terlupa,
    Christina, sudah berapa kali meenjalani program bayi tabung sampai berhasil?
    Apakah ini program yang pertama dan langsung berhasil?

    Thanks

    Rgds

  10. christina

    @Didien :Amiennn… Semoga kehamilan kita diberi kemudahan, kelancaran sampai nanti melahirkan bayi yg sehat =) Oh ya, Didien waktu itu dikasih obat crinone gak? Aku kok setiap malem abis dmasukin crinonenya perut mules-mules kayak mau mens, tapi sesuda BAB(maaf) dan buang angin mulesnya berkurang. Pernah ngalamin yg kayak gt gak?

    @Nitaa : Puji Tuhan, ini bayi tabung pertama dan berhasil Nit. Moga2 nanti program Nita berhasil juga ya. Nanti program bayi tabungnya di RSPI juga? Beliau praktek di RS Family juga bukan?

  11. didien

    Dear christin..
    aq dr mulai ET sampai sekarang tetep tiap malam pake cygest supp 400mg bs lwt vagina ato anus (dl sy pke lwt vaginas krn wktnya trlalu lama jd mgkn vagina iritasi jd kluar flek tp stlh lwt anus sdh tdk flek tp efeknya kembung babnya cair,punggung rasanya sakit smua tp kt prof gpp), kl cygest isinya progesteron. kykna crinone sm jg kandungannya ma cygest yakni progesteron itu hormon penunjang kehamilan, sm jg ma obt pnguat kehamilan.. prof samsul advis sy unt pke cygest 400mg smpai umur kehamilan 36mg, krn unt mnjaga khamilan krn bhan pertimbangan ikhtiar/program ini pnih prjuangan smua aspek trmasuk materi. jd mb bs beli di apotik bebas kok tanpa resep. tiap hr sy rasain efek pakai cygest spt pnjelasan sy td mb.. gpp dbwt sabar n dsukurin krn anugrah ini lbh besar drpd pngorbanan qta. semangat mb..

  12. lia

    hi christina.. selamat ya! kayanya kita terima raport diwaktu yang berdekatannya. bhcg kamu tinggi sekali ya! kemungkinan dapat double atau malah triple tuh heheh bhcg saya 452 saja sudah termasuk tinggi dan dicurigai lebih dari satu kata dokter.

    bagaimana perasaan sekarang? perutku terlihat semakin besar saja, habis hampir tidak ada kegiatan sama sekali heheh… hanya makan, teras, ruang tamu, nonton tv dan tiduran heheh

    kapan rencana periksa ke BIC lagi? tetap kabar kabar ya..

  13. christina

    @Didien : Tks infonya ya =)

    @Nita :Email ku christinaritonang@yahoo.com

    @Lia : LIa kemaren terima rapot tgl brapa? Di BIC sama dokter siapa? Selamat juga ya atas kehamilannya! Aku dikasih positif aja udah Puji Tuhan bgt, apalagi kalo dapet kembar! Yang penting babynya bisa tumbuh berkembang dan lahir sehat =) Yang aku rasain ytuh sering bgt buang angin, sama sering mules dan kram kalo malem. Mual belon ada, PD juga gak rasa apa2. Kalo perut gak tau apa ya tambah besar ato sugesti aja, hehehe… Nanti rencana kontrol hari kamis tgl 27. Deg2an bgt, semoga baby nya udah mau nongol, hehehe. Lia rencana kapan ke BIC?

  14. lia

    chirstina, lia bukan ivf di bic tapi di Lam Wah Ee Hospital penang. iya buangan angin terus, perut juga kayanya tambah besar. napsu makan sempat double heheh tapi hari ini udah mulai kurang selera makan. tadi malam sudah mulai eneg. aku positif 12 oktober lalu, harusnya periksa ke dokter 2 minggu kemudian tapi karena masalah waktu, di percepat jadi 22 nanti. mudah-mudahan semua baik-baik saja. soalnya kok perasaan biasa aja, jd bingung, hamil gak sih?! heheh..

  15. special mom to be

    hi lia n christina waktu nunggu hasil yg di rasakan selain mules cram, napsu makan tinggi, keluar cairan spt air dan tdk berbau sama skali jd spt air, kalian dapatin ini nggak yah slama nunggu hasil?

  16. destiny

    halo temen2 smua,salam kenal ya…
    Selamat utk yg sdh b’hasil dg program BTnya,smoga sehat trus sampe melahirkan dan d beri kelancaran,amin.
    Sy jg lg deg2an nih tunggu hasilnya nanti tgl 22 Okt,kmrn BT d abdi waluyo dg dr.Karel tgl 8 Okt ET dg 2 embrio,klo boleh sharing donk utk temen2 yg sdh (+) apa aja sih yg boleh dan dilarang sehabis ET?Soalnya sy d rmh jd byk pantangan ini itu sm suami (saking sayangnya kali ya)…jd mau ngapain aja agak susah nih.Tks sebelumnya…:)

  17. christina

    @Lia : Stay di penang ya?

    @Special mom to be : Aku juga ngerasain hal yg sama kok. Malah masih sampe sekarang. Jadi sering gonta2ganti CD abis lembab bgt. Kamu program d mana?

    @Destiny : Pantangan makanan yg pasti yg mengandung kafein (teh, kopi, coklat) sama perbanyak makan protein (kayak ikan salmon, tuna, daging), aku juga ngurangin makan kacang2an. Lebih dari itu siy semua makanan aku hajar, hehehe. Banyak minum air putih sama buah (kalo akua makna pepaya) supaya BAB gak terlalu susah. Kalo aktifitas, aku gak bedrest total tapi emang gak keluar rumah, sekitar rumah aja, Banyak berdoa dan berserah. =) Semoga hasilnya positif juga yaaaaa

    @Mary : Terima kasih, ikut program BT juga?

  18. ingrid

    Inaaaa sayang.. slamat ya darling.. lancar terusss ya sample lahiran.. n harus positif thinking yg paling penting 🙂 okeee GBU always ya

  19. didien

    Dear spesial mam to be..

    aq jg mw ikutan sharing y.. bener bgd mb.. mulai dr umur kehamilan 6mg sampai skarang memeng vagina terasa sangat basah jd kadang takut kl keputihan.. tp kt prof samsul itu hal wajar pd ibu hamil apalagi kl ibu hamil yg agak gemuk krn pengaruh hormon progesteron n estrogen meningkat.. jd ada peningkatan mukus endoservik.. yang penting tdk gatal tdk apa2.. jd sering ganti celana dlm, jgn pakai celana dlm kain nylon krn tdk mnyerap kringat, jgn pakai pentyliner, boleh pakai lactacyd bs dipakai kl mlm hr mw tidur, klpun ada keluhan sdkt gatal kt prof untuk usia kehamilan 1-6 bln diusahakan jgn konsumsi obat untuk keputihan ada bbrp obat yg tdk boleh dipakai pd wkt trim 1 n 2 krn py efek teratogenik py baby. teman2 bs liat di buku mims yg mempunyai efek teratogenik biasanya gol c,d dan x. jd kl terpaksa pakai obat ya gol a n b. tp prof sy jg mnyarankan unt cebok dg rebusan daun sirih hangat2 aman digunakan. maaf y teman2 kl infonya panjang bgd, semoga bermanfaat.

  20. ching

    Dear christina,

    Kemaren kamu akupuntur di maana ya? Trs proses bt dr awal konsul ampe et brp lama? Oya, kamu biaya 60 juta sdh ikut yg program diskon di morulla?

    Tq,
    Ching

  21. mary

    dear christina,
    iya, saya ada rencana bt but mungkin ditahun depan krn tabungannya belum cukup. doain yah moga sebelum itu bs hamil alami.

  22. wanty

    hai..salam kenal..Saya ikut senang sekali atas keberhasilan bayi tabungmu kristina,semoga sehat dan dilancarkan sampai melahirkan nanti dan semoga menular ke aku ya amien.rencana bulan depan sekitar tgl 6 november,aku akan mulai program bayi tabung ku yang pertama dengan dr.indra anwar di bic.rencana mau kost cuman belum dapat karena saya dari luar pulau..teman-teman di sini mungkin ada yang bisa membantu memberikan info tentang kost terdekat dengan BIC

  23. livia

    Mbak cristin, mau tanya stelah urin di kateter smpe habis trus mbak pipisnya msh susah nggak?
    Sy prnh di kateter tp msh sering kencing tp hanya keluar dikit2.. Mhn infonya ya mbak, trimss

  24. Christina

    @ching: aku akupuntur di primavIta Tebet. Program dari bulan juni, fokus untuk bayi tabung bulan September, langsung ET di bulan itu juga. 60 juta itu include akupuntur, konsul dan program ivf nya. Discountnya 10% untuk obatnya. Lumayanlah irit 5 jutaan..rencana ikut di morula juga? @Mary: amiennn semoga bisa hamil di tahun ini :). @wanty : semoga sukses ya programnya. @Livia : kebetulan aku gak susah pipisnya Abis itu. Kalo menurut dokterku aku susah pipis waktu itu karena faktor psikologis (takut Ngeden akhirnya gak bisa keluar pipisnya) Udah brapa lama sejak lepas kateter susah pipisnya Mba? Bisa juga infeksi karena kateter tapi biasanya ada demamnya. Bisa juga karena BPPN terbiasa. Kan waktu pake kateter pipis kita gak kita kontrol, jadi waktu lepas otot2 kandung kemihnya masih BLum terbiasa . Lebih baiknya sih coba tanya ke dokter mba.

  25. dessy

    hi christina,selamat yah atas keberhasilan Bayi tabung nya 🙂

    aku lagi menunggu hasil nih,tanggal 22 dec disuruh kembali ke Penang untuk check darah,mudah2an positive.
    aku ikut program bayi tabung di Penang,tepatnya Lohguanlye Hospital dengan dokter devindern.
    Agak takut juga nih menunggu hasilnya,soalnya waktu selesai ET,aku sempat kena infeksi gara2 keteter,jadi buang air kecil tiap 5menit (dikit-dikit) dan sakitnya luar biasa.
    langsung konsul ke dokter devindern,terus dikasih antibiotik dan malam itu juga rasa sakitnya berkurang dan tidak buang air kecil lagi.
    langsung disaranin makan putih telur 8 butir/hari dibantu dengan protein powder juga.

    saat ini hanya bisa berdoa dan berserah kepadaNya,mudah2an Tuhan mendengarkan doa kita semua,amien 🙂

  26. dessy

    hi mbak Nunik,
    iya..aku berhasil,anakku sekarang sudah 17bln.tahun ini bakal IVF lg dengan dokter Devindern.karena embryoku masih ada 7lg di bank kan 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*