Pengalaman lengkap bayi tabung keluarga Zahra

Berikut ini adalah pengalaman Zahra dalam mengikuti proses bayi tabung. Terima kasih Zahra atas sharingnya…

Sebelumnya saya mau ngucapin makasih buat mbak Yenni yang sudah membuat situs ini…saya jadi punya banyak pengetahuan tentang bayi tabung. Oiya, kami menikah sudah 3 tahun. bulan juli kemaren kami ikut program bayi tabung. tapi sayang belum berhasil… belum saatnya mungkin ya ?

Saya belum pernah hamil dari awal menikah. memang saya punya riwayat menstruasi yang tidak teratur. Sejak 6 bulan pernikahan, kami sudah konsul ke dokter, saking pingin cepetnya punya anak. Alternatif lainnya juga sudah kami jalanin. Mulai dari urut perut, refleksi, minum pucuk kurma dan lainnya.

Di dokter, kami diberi obat-obatan penyubur. Setelah terapi obat penyubur gak berhasil, dokter melakukan tindakan tiup/hidrotubasi, dan tidak ditemukan masalah. Setelah itu melalui serangkaian tes darah, dokter menyatakan saya menderita Polikistik Sindrom Ovarium (PCO). Kata dokter, PCO membuat sel telur saya sulit berkembang. Banyak telur tetapi kecil-kecil. Makanya menstruasi jadi tidak teratur.

Saya diberi terapi pil metformin. Mulai bulan pertama 1 pil perhari, dilanjutkan bulan berikutnya 2 pil dan setelah 6 bulan saya harus makan 3 pil dalam sehari. Tapi sayang setiap makan, saya selalu merasa mual sehingga kadang-kadang minum pilnya ketinggalan. Nakalnya saya, saya pindah dokter karena bosen minum pil tanpa tindakan apa-apa. Tapi akhirnya setelah setahun saya kembali ke dokter saya. Sebab saya merasa dokter pengganti itu tidak punya visi yang jelas tentang infertil.

Kembali ke dokter lama, saya harus kembali menjalani serangkaian tes darah. Hasilnya menurut dokter, PCO saya mulai berkurang. Tapi tetap harus minum metformin. Tapi sekarang cukup 2 kali sehari. 

Saat kembali kedokter pertama, sebenarnya kami sudah mau memutuskan ikut bayi tabung. Dan saat konsultasi dengan dokter, dokter langsung menyetujui.Awalnya dokter mau merujuk ke dokter di san marine atau ke gading fluit, tapi kami memutuskan ke dokter ivan di morula rs bunda. Sebab ada temen yang merekomendasikan. Selain itu saya tertarik pada cerita mbak felice dan mbak dian.

Setelah berkonsultasi pada bulan april, akhirnya kami mulai proses bayi tabung pada bulan juli 2008. Saya minum mikroginon selama 21 hari mulai hari ke-5 menstruasi yaitu pada tanggal 4 juli. Pada hari ke 19 setelah minum mikroginon, mulai semprot synarel tanggal 22 juli. Setelah semprot pada hari ke-12, mulai suntik gonal f225 yaitu pada tangal 2 agustus. Pada suntik hari ke 5, saya di usg, ada 13 telur tapi semua ukurannya kecil. Baru 1 yang berukuran 10, kata dokter karena saya mengidap PCO. Makanya telurnya banyak dan kecil-kecil. Pada hari ke 8 baru ada 3 yang besar.

Akhirnya pada hari ke-12 suntikan, dokter memutuskan untuk dilakukan OPU pada hari jumat tanggal 15 Agustus. Semprot synarel dihentikan pada saat suntikan gonal F dihentikan dan malam tanggal 14, suntik ovidrell, besoknya disuruh istirahat saja di rumah.

6 jam sebelum OPU harus dilakukan puasa. Tanggal 15 agustus jam 9 pagi, dilakukan OPU. Saya gak ngerasa apa-apa waktu diambil telurnya, soalnya dibius sih.. :-). Setelah siuman, baru sadar ternyata saya di oksigen tapi beberapa saat kemudian oksigennya dilepas. Saya juga diberi infus albumin, infus obat dan infus cairan. Jam 3 sore baru pulang. Karena bius sudah mulai hilang, perut mulai terasa keras, kembung dan mual. Bergerak rasanya sakit sekali. Jalan sedikit sakit, lambat –lambat kayak siput aja..hehehe.

Hari Senin jadwal ET. Dari embriologist nya, diketahui bahwa telur yang diambil 13, yang matang ada 11 dan yang terbuahi hanya ada 9. semua telur di ICSI. Dari 9 telur, kualitas yang excelent cuma 2. yang good 3, sisanya well. yang akan ditransfer ada 2 yang kualitasnya excelent, dibekukan 3, sisanya tidak dibekukan.

Transfer embrionya tidak terlalu lama, lebih kurang 15 menit. Yang lama itu nunggu kandung kemih saya penuh. Jadi disuruh minum terus-terusan. Setelah ET selesai saya langsung pipis, karena kandung kemih penuh dan perut diteken-teken sama dokter. Setelah itu saya istirahat selama lebih kurang 10 menit, terus dipindahkan karena akan ada pasien lain. Diluar, saya tiduran selama lebih kurang 1 jam, setelah itu langsung pulang. Obat-obatannya sama aja. Duphaston, asam folat dan Crinone.

Oiya pada saat akan transfer embrio, diketahui ada polip kecil di luar saluran rahim. Kata dokter sebenarnya tidak mengganggu. Tapi nantinya tetap harus diambil.

Mulai dari setelah ET, saya terus-terusan merasa mual dan muntah. Akhirnya besok siangnya saya ke UGD rs bunda. Karena takut saya kekurangan cairan, dr. ivan mutusin saya dirawat. Tapi setelah cek lab, besoknya saya diperbolehkan pulang. 

Hari ke -5 setelah ET saya suntik HCG 500 karena hasil tes darah estradiol saya turun ke 1930. 2 hari sebelum cek urin, keluar flek tapi kata dokter agustin, obat tetap dipakai. Tanggal 31 agustus saya cek darah dan urin. Hasil urin menyatakan negarif. walaupun sedih, tapi saya sudah nyiapin mental untuk itu. Jadi nangisnya gak sampe bombay..:-)

Besoknya saya konsul lagi ke dokter ivan. Saya disuruh tes darah untuk melihat apakah ada kemungkinan adanya antibodi dari diri untuk menolak benda asing yang masuk ke rahim dan juga untuk menguji kekentalan darah. Semua hasil tes darah negatif. Jadi kesimpulan dokter, memang belum diizinkan dari Yang DiAtas.

Dokter ivan merencanakan untuk thaw cycle pada bulan desember. Tapi bulan november ini saya harus SHG dulu. Sekalian mau ambil polipnya. Sekarang kami sedang berdoa, semoga proses thaw cycle nanti diridhoi oleh Allah SWT, sehingga saya bisa menyusul menjadi ibu seperti mbak yeni, mbak mulia dan yang lainnya… Amiin

Newer post: Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Zahra

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 3.67 out of 5)
Loading...

36 thoughts on “Pengalaman lengkap bayi tabung keluarga Zahra

  1. Veronica

    Hii..Zahra..tetep semangat ya..smoga thaw cycle nanti bhasil.
    Aku juga pasiennya dr.ivan dan sama lon bhasil juga…

  2. Imel

    Hai Zahra.. Salam kenal ya..
    Aku dah 2x lho bayi tabung, tapi blom berhasil juga.
    Yang pertama di BIC dgn dr.Indra, yg kedua di Penang dgn dr.Ng Peng Wah.
    Tapi aku tetap semangat buat nyoba lagi.. Mudah2an next program kita sama2 berhasil ya.. Amiin.

  3. retno

    Hi Zahra…welcome to the club.Semoga usaha kita semua berhasil ya.Aku jg rencana mo ulang bt lagi, moga kali ini dikasih kepercayaan sama yg diAtas…amin.

  4. retno

    Hi ..Imel, salam kenal.Sebenarnya aku dah add YM kamu kapan2 OL ya.
    Rencana mo ulang bt dimana mel apa di penang lagi, bareng ama mery dong ya..
    Aku juga rencana mo nyoba lagi nih..semoga usaha kita semua berhasil yah..amiiin.

  5. zahra

    Hi semua…
    makasih atas semangatnya ya. oiya kata dokter, penyebab ketidak berhasilan itu karena kegagalan implantasi. tidak diketahui jelas penyebabnya. mungkin karena hormon saya yang gak stabil..

  6. Hermalia

    Hi…Zahra, yang sabar ya, aku juga pakai Dr. Ivan dan berhasil, kembar 3 lagi lahir 15 Juli 2008. Aku sedih banget denger cerita kamu yang banyak keluhanya selama ikut program BT, alhamdulilah aku engga ngerasaain seperti itu, semuanya oke aja dan enak banget, kamu harus pasrah ya, itu yang aku jalanin waktu ikut program BT.

  7. Imel

    Hii Retno.. Salam kenal juga!
    Aku sih rencana ngulang awal tahun depan tetep di Penang, males deh mesti pindah dokter lagi. Tapi ngak tau deh bareng Mery apa ngak yaa…
    Kalo kamu kapan rencana program lagi? Mudah2an semua usaha kita untuk mempunyai momongan diberkati Tuhan…Amiiin.
    O iya, kalo kebetulan kamu OL trs aku juga OL, kita bisa sharing langsung neeh..

  8. olip

    hai mbak Retno kayaknya kita pas Batab hampir barengan ya…(sekitar Juni’08 di Harkit ya), trus aq jg di kuret dl di cerviks katanya ada benjolan yg menghalangi simulasi ET, mbak kuret kena biaya brp? btw mbak kapan mo ngulang?

    to: zahrah salam kenal & sabar ya, moga di kesempatan berikutnya kita berhasil, amiiiiiiin

  9. retno

    Hai Olip..sama dong sebelum bt aku jg ada polip cerviks jd mesti dikuret dulu trus abis bt juga kuret lagi hehe..eh biaya kuret -/+ 3,5 jt.
    Rencana mo ulang lg kalo gak desember ya januari..moga kali ini berhasil kita semua sama2 berdoa yah..amin.

  10. Iva

    Hi Zahra,salam kenal ya..
    Yang sabar ya,aku juga belum berhasil kemaren..aku di BIC jg tp sama dr.indra,aku jg mau thawing dec nanti,skg lagi minum cyclo-progynova 21hari,abis itu synarel lagi..yah mudah2an rezeki kita ada di thaw nanti ya..amin

    Hi Imel salam kenal..
    Kamu dipenang kemaren blm berhasil ya,aku kira kamu berhasil di penang..awal th dpn kamu thawing or fresh cycle lagi?sukses ya..

    Retno,pa kbr? lagi siap2 mau ikut BT lagi ya? iya,mudah2an kita semua berhasil ya dan waktu kita untuk punya baby gak akan lama lagi..amin

    Hi Hermalia,pls posting dong foto bayi2mu di sini,pasti lucu2 bgt yah..dan mudah2an bisa nularin kita2 ini..

  11. therez

    Hi Zahra… Aku jg di BIC, tp dgn dr Taufik. Aku srg dnger pnyabab ktdk brhasiln BT krn kgagaln implantasi. Tapi kenapa kgagaln implant, yah..smp skrg blm diketahui pnyebabnya. Ada yg blg krn kekentalan darah itu, tp buktinya kan zahra udah cek jg neg.
    Aku baca skrg ada metode Laser Hatching, jd embrionya dilaser dikit bagian kulitnya spy bs lbh gampang nempel. Aku baca soal ini di webnya slh 1 klinik di Sing. Tp aku gak tahu di BIC bs atau gak.
    Ada yg tahu dmn ada laser hatching di Ind?

  12. olip

    to therez : keren juga tuh makin maju aja dunia kedokteran, moga ta lama lg teknologi itu bisa kita nikmati, secara memprbesar kans nempelnya embrio, asal tdk memperbesar budget program hehe

  13. retno

    Hai Iva..kabarku baik, semoga ntar thawingnya sukses ya..
    Seandainya aku punya embrio sisa mungkin bs thawing ya kayak kamu..tp sutralah ntar coba fresh lagi deh…cu!

  14. Ayu

    Dear dr. Therez, setauku, di klinik yasmin ada yang namanya assisted hatching (penetasan berbantu), itu kira-kira sama gak ya dengan laser hatching? soalnya temenku juga di klinik yasmin dan embrionya di hatching juga, dia sempet hamil 6-7 mingguan gitu, tapi kemudian keguguran (belum rejeki kali ya?. Kalo embrioku gak di hatching, karena katanya zona pelucidanya udah tipis, jadi gak perlu di hatching. Ada biaya tambahannya kalo mau di hatching, sekitar 3-5 jutaan gitu kayaknya.

  15. Imel

    Hai Iva…
    Aku yg di Penang emang sempet hamil sampai umur 7 minggu, trs keguguran deh karena ngeflek2 terus. Mungkin masih blom waktunya Tuhan kali yee..hiks.
    Aku sih mulai fresh cycle lagi Va, krn ada suatu masalah teknis embrioku ngak bisa difrozen deh.. sedih juga siih krn yg jadi cukup banyak. Semoga sukses ya Va untuk thawing kamu bulan des.. GBU

  16. yayang

    Dear All,

    Salam kenal, sy terharu membaca kisah-kisah perjuangan teman-teman untuk mendapatkan momongan, tadinya sy berfikir hanya sy saja,
    sy sudah menikah 10thn, dan usia udah mendekati 40, sy sudah sudah LO dan sekarang ada lagi endometriosisnya, udah beberapa kali insem, di bulan november’08, mau coba ke Penang, untuk Mulia and Imel boleh tahu ngak bagaimana presedurnya? apa harus apoitment dulu melalui tlp? trus klo nginap dimana? berapa no tlpnya?

  17. Imel

    Hai mbak Yayang…
    Kalo mo ke Penang sebaiknya telp klinik dokter dulu untuk memastikan apakah dokternya ada (tidak sedang cuti), sayang kan udah jauh2 datang ke penang ternyata dokternya ngak ada. Kalo buat tempat penginapan ada banyak apartmen kok disekitar rumah sakit, ntar aku email ke mbak Yayang aja ya..
    Semoga sukses ya mbak kapan dan dimanapun programnya..

  18. yayang

    Terima kasih mel.. informasinya, rencananya klo ngak ada halangan pertengahan bln krn aku mensnya biasa tgl 11-an, ingin mencoba di tempat mulia n imel, udah coba lihat2 penerbangan AirAsia, ternyata sore.. yah, sampe sana malam.., sy sangat menunggu informasi apartemennya ya mel… krn tibanya malam,
    NB: Jauh ngak mel dari bandara ke Apartmen-nya? suamiku sangat khawatir karena tibanya malam.

  19. Imel

    Mbak Yayang.. dari bandara ke apartment gak terlalu jauh kok, paling cuma 25 menit aja. O iya, aku minta email mbak dong biar aku bisa kirim no telp apartment. Aku tunggu yaa…

  20. zahra

    hi mbak iva, saya juga mau thawing bulan desember. tapi saya gak minum cyclo-progynova dan synarel lagi. kok beda mbak ya? cyclo-progynova dan synarel itu untuk apa ?

  21. Dyah

    Dear all,
    Salam kenal.
    Aku udah nikah hampir 3 tahun tapi sampe skarang belom dikasih momongan.
    Aku udah periksa ke beberapa dokter di Salatiga dan Semarang, tapi blom ada hasilnya juga. Terakhir periksa ke Dr. Lilin Eka Tjandra, didiagnosa ada PCO, trus dikasih obat efomet. Tapi udah 3bln aku gak periksa lagi. Yang mau aku tanyain, apakah wanita yang punya PCO masih bisa hamil??

  22. Fanny

    Dear All,
    Perkenalkan namaku Femin, udah nikah 4 tahun 3 bulan, aku hanya mau memberikan saran aja, kalau mau bayi tabung coba pertimbangkan Dr. Aucky Hinting di Siloam Hospital Surabaya, aku juga salah satu pasien dr. Aucky, cuman saat ini aku sedang istirahat treatment, dr. Aucky ini juga yang menangani proses bayi tabung Inul Daratista dan berhasil, untuk biaya jauh lebih murah dari pada di manapun, banyak pasien dari luar surabaya yang ikut bayi tabung disini, krn bagus dan murah, untuk biaya kisarannya rata-rata sekitar 25 – 35 jt aja, ada baiknya untuk di pertimbangkan, karena dokter aucky ini bener-bener baik dan enak banget orangnya.

  23. Yenni

    Hi Dyah, salam kenal juga. Jangan kwatir yang punya PCO bisa hamil kok… contohnya saya sendiri dah hamil dan melahirkan… tetap semangat ya…

  24. zahra

    mbak yenni..
    saya didiagnosa PCO juga. terapi yang diberikan pil metformin saja. trus waktu bayi tabung gak ada terapi yang dihubungkan dengan diagnosa PCO saya. kalo mbak yeni, waktu bayi tabung kmrn, ada gak terapi yang dihubungkan dengan PCO nya? apa menstruasi mbak juga gak teratur? makasih mbak sebelumnya..

    hi mbak dyah.. salam kenal..
    obat efomet itu golongan metformin juga ya? menurut milis sebelah, katanya PCO disebabkan kandungan hormon androgen yang terlalu tinggi (kalo gak salah.. hehehe). nah.. katanya untuk nurunin kadar hormonnya, bisa cdengan minum teh yang diberi daun mint 2 kali sehari..

  25. ayu

    Hi femin,

    Salam kenal, nama saya ayu. Thanks for the info. Aku kemarin baca tabloid Bintang tentang keberhasilan bayi tabung Inul Daratista. Disana juga lengkap dicritain prosesnya sama dokter Aucky. Wah aku tertarik juga tuh ama dokter aucky, kenapa ya biayanya bisa lebih murah? Klo aku tanya di Gading pluit khan klo natural cycle sekitar 23 juta, sedangkan masih ditambah screening darah, dan obat2 lainnya. Klo di dokter aucky perinciannya bagaimana ya? Apa 25-35 juta sudah cover semuanya?

    Terima kasih sebelumnya untuk infonya.

    Best regards,

  26. fina

    Hi…mbak Yenni

    Salam kenal sebelunya nama saya fina,aku juga didiagnosis PCO,sama spog ku aku minum diane trus fisioterasp yang dipanasin,terakhir aku minum cycloprgynova,pas msh minum bat tsbt mens aku lancar paling maju or mundur beberapa hari,eh sekarang kok ngaco lagi..mbak yenni dl berobatnya dimana and ama dr siapa,soale aku kayanya mau ganti spog ku,kemarin aku ke spog ku karena aku udh tlat HPHT 30 Sept and minggu kemarin aku flek2 stelah USG and testpact hslnya neg,tp amp skrg aku msh flek2 gt knp yach…oh yach klo aku jd mens hr ke 3 aku minum obat u/ pembesaran telur krn aku mau insem ( di Gading Pluit ) oh yach dsog ku di gdg pluit dia jg praktek di rmhnya klo sore hari. Adakah teman2 yg bs bantu aku…plz aku lg bingung nich…tks yachhhh………

  27. Yenni

    Hi Zahra, Fina, mens saya ga teratur pernah hampir setahun ga mens… coba kamu baca sharingku ini. Dulu waktu insem beberapa kali sy diberi metformin (merek Glucophage, obat diabets yg katanya bisa buat treatment pco), tapi insemnya gagal tuh. Trus waktu mau ikut bayi tabung diberi pil kb lupa namanya (seperti diane) supaya mensnya teratur, tapi tujuan sebenarnya spy jadwal bt bisa diatur. Nah pada saat mulai bt obat2 yg sy minum bisa dilihat di sharingku ini.
    Fina, tuk dokter dan tmpt sy bt bisa dilihat di sharingku ini.

  28. nielma

    haluu mba femin..

    Mba udah pernah di dokter Aucky jg yah? ptanyaan aku hampir sama.. apa 35jtan udah include smuanya ato gmn? praktek dokternya hari apa aja mba? trus baikny klo mau BT,pada saat mau mens atau setelah mens? prosesnya brp lama?he.. banyaaaak yaah.. thx b4 yaa..

  29. zahra

    hai mbak olip
    saya belum jadi thawing bulan desember. soalnya saya kemaren menstruasinya tanggal 26 desember. bertepatan dengan libur akhir tahun. waktu telp, dokternya lagi liburan ke luar negeri..

    Nah, sekarang, bulan januari ini lagi nunggu2 si bulan, belum dateng2 juga.. 🙂

  30. olip

    to jeng zahrah: oo gt ya… moga aja si bulan ga datang bertamu jadi hamil spontan ya jeng…amiiin

    to jeng fina: fisioterapi yg dipanasin itu apa = diatermi ya?? kalo bole tau biayanya berapa per diatermi??

  31. jessica

    zahra,
    mau nanya nih, abis ketauan negatif, utk cek anti bodi dan kekentalan darah itu tes apa aja ya?krn aku jg baru aja neg dan pas ET kmrn jg keliatan polip. thx

  32. ade

    Hi Zahra apa kabar?

    thawingnya gimana? share dong, saya juga baru ikut BT di RS Harapan Kita, setelah tes urine ktnya negatif…

  33. ficka

    Hallo ibu2 maaf sy ikut nimbrung, saya jg lg cari2 referensi utk bayi tabung, sy udah 2 tahun nikah blm jg dikaruniai baby 🙁 udah hydro tubasi, hsg, inseminasi tp blm berhasil jg. Aq sblm nya ada kista, tp setelah dioperasi 2009 lalu sudah hilang , skrg sy bingung hrs usaha apa lagi utk dapetin baby 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*