Pengalaman keberhasilan IVF – Keluarga Ike

Salam kenal Sister semua… Saya Ike (31) & suami(30). kami telah menikah sejak 30 Agustus 2006 (3 thn ++) dan sekarang lagi hamil 10 minggu. Dahulu sebelum hamil, saya adalah pembaca setia website ini. Website ini memberikan info LUAR BIASA dan meng-inspirasi saya u/ ikut IVF; dan saya punya nadzar akan berbagi pengalaman pd tmn2 seperjuangan jika program IVF sy berhasil.

Singkat cerita, Kami akhir memutuskan ikut IVF di RS Bunda bulan Desember 2009 metode long protokol. Hal ini merupakan “rejeki” saya krn pas browesing saat pikiran kalut tiba2 nyasar ke website RS Bunda dan kebetulan ada Promo memperingati hari Ibu. I”ll take it that promo only 39 jt;

Masalah kami sebenarnya lebih pada faktor suami; suami sy OligoTeratoSpermae (Jumlah <20 jt/ejakulasi; sperma a=0; bentuk normal hanya 6% ), Awalnya saya mencoba alami namun setelah 1 thn pernikahan baru sy putuskan ke Obgyn dan hasil nya sperma suami OT; sy mentreatment suami dengan berbagai cara2 spt di website ini dan website tetangga namun hasilnya kurang memuaskan perbaikan bentuk sperma hanya 1% per bln dan cenderung fluktuatif tergantung kondisi fisik dan pikirannya.

Pertama kali ke Obgyn di RS Gading Pluit dengan dr irsal yan dan insem 2x gagal; tahapan seperti biasa H+2-3 dateng; H+3-11/12 stimulasi ovum dengan clomid (profertil, provula; serophene dll); H12/13: Suntik Pregnil dan suami ambil sperma dan langsung inject sperma ke rahim. Sebenarnya dr irsal menawarkan IVF, karena u/ kasus ini solusi paling tepat dan cepat adalah IVF; namun karena saat itu financial belum ready ya.. terpaksa pending dulu.. soalnya berbarengan renov rumah KPR hehehehe;

Dr Obgyn ke-2 Karel; karena posting dari temen2 murahnya bayi tabung di RS Abdi Waluyo hanya 14 jt kami pun mencoba kesana; dan kita tahu sendiri antrian di dr karel itu….. ampunn.. sampe malem2 hehe; dr karel putuskan normal dulu sambil check kondisi rahim; hormon; sperma; dan bulan berikutnya dijadwalkan untuk Insem/IVF; prosesnya s.b : dinormalkan hormon2 tubuh (progynova) setelah itu proses = stimulasi saat insem pake oral stimulus =clomid; namun setelah H14 di check kondisi telur; ternyata telur sudah pecah dan dr karel baru sadar ttg hal itu dan menyarankan u/ insem …. waduh kacau… abis itu kami sdh kapok dan putuskan u/ berhenti ke beliau;

Dr Obgyn ke -3 dr indra-RS Bunda; orangnya komunikatif dan pasiennya tidak padat dan kami coba nyari yang cepat saja karena dokter lain lagi padat2nya; tp pengalaman kami dari konsul pertama; beliau pernah mengatakan kegagalan adalah faktor biasa, minimal kita sudah berusaha. Berawal dari kalimat tsb kami putuskan “hengkang” ke dokter lain di RS yg sama.

Dr Obgyn ke -4 dr ivan rizal sini-RS Bunda; Beliau anaknya yang punya RS Bunda (Rizal Sini-Orang awak). Lulusan FKUI dan RANZCOG (Royal Australian and New Zealand College of OB/GYN) tapi pasiennya kebanyakkan ekspatriat/Bule/India dll; Dari sini lah cerita berawal; Beliau mengatakan : “Pasangan seperti Anda ini sangat tepat ikut IVF dgn tingkat keberhasilan lebih dr 60%”. Awal screening darah; PAPSMEAR; hormone;

Terus proses Down regulation sebagai berikut;

  • 23 Des 2009 : USG
  • 24 Des –7 Jan 2010 : Synarel Nasal Spray.
  • 5 Jan : Haid dan check E2 dan P4; Hasil : Prog: 1,05 Estradiol(E2) <10
  • 7 Jan : USG menentukan Dosis suntikan Gonal F; saat itu dr Ivan tentukan 150 dulu kebetulan kami ikut program IVF terendah :1800iu ; Synarel Nasal Spray terus dipakai guna mengendalikan hormone;
  • 8-12 Jan : Synarel Nasal Spray dan Gonal-F 150 x 5 hari;
  • 12 Jan : USG dan Check Hormon E2; Hasil : E2:1119; tinggi sekali artinya sy merupakan good reponsder( Stimulasi dosis rendah saja E2 sdh tinggi); disini dr ivan hati2 dalam menentukan dosis gonal F dan beliau putuskan turunkan dosis ke 75iux3hr;
  • 15 Jan : USG dan Check Hormon E2; Hasil : E2:3348; terlalu mengkhawatirkan terjadi OHSS maka dosis diturunkan lagi menjadi 37,5 iu x 2hr;
  • 16 Jan : Suntik Ovidrel 250cc jam 20:30bekerja selama 36 jam guna persiapan OPU; synarel stop; OPU dilakukan pada 18 Jan pagi 8:30; Persiapan puasa 6 jam sebelumnya, tidak minum juga; Pagi dating tanpa make –up;cat kuku dan wagi2an
  • 17 Jan : Off semua kegiatan IVF dan bed rest’
  • 18 Jan : OPU dapat 10 telur : 1 abnormal; jadi tinggal 9 telor; suami ambil sperma;
  • 19 Jan : 9 telor di icsi dan 7 yang terbuahi; 7 terbuahi : 2 cell;
  • 20 Jan : Saat Fase pembelahan 4 cell; dari 7 embrio : 2 embrio masih 2 cell (poor embryo); 5 embrio 4 cell
  • 21 Jan : 5 embrio : 2 embrio 4 cell; 2 embrio 4 cell semicompated; 1 embrio 5 cell semicompated. Kami putuskan untuk ditrasfer 3 embrio: 1 embrio 5 cell semicompated dan 2 embrio 4 cell semicompated; sisnya di freeze; dan kemudian diberikan Crinone; duphaston dan folic acid; dan dijadwalkan 4 Februari Tes kehamilan Beta HCG;
  • 2 Feb : Sehabis OPU sy mengalami sesak/sakit perut, lingkar perut terus bertambah karena sudah tidak kuat nahan sy ke dr ivan dan ternyata sy mengalami OHSS. Dr ivan memutuskan untuk tes kehamilan dimajukan hari itu juga dan akhirnya ambil urine dan darah untuk tes kehamilan; sore hari hasil tes kehamilan sdh ada dan sy diterima sms dari dr Augustine (Patient coordinator prog IVF) : “Selamat ! bhCG = 103,50, bagus (positif hamil) dr ivan minta datang RS untuk dirawat mala mini krn darahnya cenderung pekat dan perlu infuse
  • 3 -7 Feb : dirawat di RS BUnda karena OHSS; dan albumin rendah < 3;  Setelah itu peak dari OHSS reda dan albumin normal; disarankan minum 2 L /Hr dapat obat Ascardia (pengencer darah);
  • 10 Feb : D-Dimmer masih tinggi artinya darah terlalu pekat sampe 2400; ditreatment lovenox 0,4; oleh dr ivan dioper dr hematologi dr djumhana RS Mitra Internasional jatinegara; karena di Mitra Jatinegara penuh pasien akhirnya sy nyari jadwal praktek beliau di RS PELNI dan disurh chek darah lagi; alangkah terkejutnya level D-Dimmer mencapai 3442; lgs dr djumhana menaikkan dosis lovenox 0,6; medixon dan antasida;
  • 18 Feb : kehamilan 6 minggu dr ivan menjelaskan mau melihat janin, kadang terlihat kadang tidak; namun setelah di USG terlihat kantong kehamilan tapi janin belum terlihat; seiiring dengan itu saya masih berjuang dgn dr djumhana menurunkan D-Dimmer takutnya karena darah terlalu pekat malah darah tidak bs mengangkut makanan ke janin sehingga janin tidak berkembang; namun hasilnya D-Dimmer menunjukkan level : 1200; (alhamdulliah masa –masa Puncak dari problem kekentalan darah sudah mulai kecenderungan jenuh turun) walaupun masih diatas batas normal 500;
  • 05 Mar; USG ke dr ivan u/ melihat seorang janin; alhamdullilah janin terlihat secara jelas dan terdengar detak jantungnya….air mata bahagia berlinang di pipiku; kami merasa perjuangan kami selama ini pay off dan kami bersyukur berapapun yg dikasih Allah; dan keluar dari ruangan dokter ivan, sambil duduk di kursi antrian melihat temen2 seperjuangan yang masih tahap stimulasi dengan menenteng Gonal-f dalam Es, kami teringat waktu dulu saat kami Bawa Gonal F dalam Es tersebut dengan menggunakan motor vario suami dan di parkir di RS Bunda; Dalam hati kami mendoakan agar temen2 sukses program IVF….
  • 18 Mar: Check D-Dimer di RSCM; hsl: 590; alhamdullillah kurang dikit lagi ke normal 500;

Alhamdullillah nadzar sy sdh sy lakkukan dengan menulis cerita ini, semoga cerita ini menginspirasikan temen2 senasib menambah keyakinan sehingga Program IVF nya berhasil Aminnnnnn………….

FacebookTwitterGoogle+Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (17 votes, average: 3.35 out of 5)
Loading...Loading...

146 thoughts on “Pengalaman keberhasilan IVF – Keluarga Ike

  1. Anna

    hai dea..kita sama2 pasien dr Ivan BIC ya? *toss* :)
    kabar hamilmu gmn? tunggal? kembar atau triplet De? oya bgitu dinyatakan positif dr dokter berdasarkan hsl tes Bhcg artinya kita dah hamil brp minggu ya itungannya? *aku bingung*

    btw setelah ET aku dikasi Folic Acid 5mg (diminum 1x/hari), Ascardia (1x/hari), Duphaston 10mg (2x/hari) sama Crinone 8% (dimasukkan ke dlm vagina di malam sblm tidur). Aku gak dikasih trombhoaspilet De..

    Anna
    yg lagi deg2an mau trima raport besok :)

  2. ayoe

    Hi Anna & Dea..

    Hasil tes BHCG aku baru keluar pagi ini hasilnya 113,5, menurut susternya sih positif.Alhamdulillah, aku seneng banget.
    Sebelum ambil darah, kemarin pagi aku test pack aku tunggu hasilnya 1 garis. Aku dah hopeless bgt deh. trus di perjalanan k RS, aku iseng ngliat lagi test packnya, tiba2 ada garis samar. Kmudian dilihat suster, menurut dia positif. Sorenya aku k dkter karel, baru kelihatan dinding rahim menebal and ada penyangga kehamilannya. Aku diminta k dokter karel lg 2 minggu lagi. Oya obat2nya obimin, folic acid, progynova, provera, oradexon, ascardia.

    Dea, sudah diusg lg belum? Hamilnya tunggal or kembar?
    Anna, smoga rapot kamu besok positif yaa.. Sukses :)

    Cheers,

    Ayoe

  3. Anna

    hi Ayoe..woaaa selamaaat ya akhirnya positif hamil juga..duh aku bacanya ikut deg2an…

    FYI sbnrnya di hari ke 11 setelah ET aku sempet iseng testpack jam 3 pagi (pas mau solat tahajud) hasilnya 1 garis jelaaas banget..duh lgs drop tp sempet inget crita dea kl blm tentu lho hamil itu 2 garis hihi semangat lagi..akhirnya kelar solat abis bdoa minta yg terbaik aku iseng liat lg testpacknya eeeh Subhanallah ada 1 garis lagi tp tippiiisss (kata dea kudu pk mata batin yak liatnya hihi) Jujur aku sangat lega dan terhibur..tp aku smp skrg ga brani bilang ke suami abis takutnya hasil akhirnya ga spt yg diharapkan..makanya aku ga brani testpack2 lagi..nunggu besok pagi aja deh..kl tes darah kan lebih valid ya dibanding testpack..semoga hasilnya positif.amin amin amiiiin….
    Ayoe..mudah2an hamilnya kuat ya..dan terus sehat sampai melahirkan nanti.pokoknya kita update2an yak hihihi..

  4. dea

    Hi ayoe n anna ..
    Ayoe selamat ya,Alhamdulillah positif hamilll yaa. Aku seneng bgt, moga2 kuat ya n lancar sampai melahirkan. Amin.Tetep terus berdoa. Kmu dikasih resep sm dr Karel utk berapa lama ayoe? Kmaren usg bawah atau perut?

    hI ANNA.. Wah selamat jg ya sptnya hamil. Kok kasusnya pd sama ya sama aku, ngeliat pake mata bathin, hehehe. Aku doakan hasilnya positif ya.

    Klo aku kehamilan tunggal. anna kita sama2 pasien dr Ivan ya, Berhubung dr Ivan cuti ke eropa n baru balik tgl 5 juli, kemarin aku cek kehamilan ke dr di RS Hermina bekasi dekat rmh. Subhanallah, sudah ada kantong kehamilannya, aku sampai terharu ngeliatnya. Tp yg bikin aku bingung, spog di hermina tdk menganjurkan aku minum thrombo aspilet 80mg alias pengencer darah ktnya msh kontroversial krn bs menyebabkan kelainan katup jantung,lebih aman jika dipakai krn indikasi n hamil lebih dari 12 mg, padahal itu resep dikasih sama dr augustine. Aku jd bingung.
    oya anna,Setauku ascardia jg pengencer darah ya, sm kandungannya yi asam asetil salisilat. Anna, kmu ada kekentalan darah atau ada riwayat Hamil tp keguguran atau BO? Klo aku sama sekali gak ada. Moga2 semua dede kita pd sehat n kuat ya. amin

  5. dea

    Oya aku sekarang 6 mg, ukuran kantong 1,1 cm.
    Kt SPOG di hermina diitung dari hari pertama haid terakhir. Aku haidnya tgl 15 mei.

  6. Lyant

    @Ayoe dan teman2 lain yg udah positif hamil… SELAMAT yaa…. semoga lancar sampai lahiran nanti…. 😀

  7. Anna

    temans..
    tgl 30 kmrn aku udah tes urine dan tes Bhcg jam 7 pagi..sama petugas lab prodia dikasih tau kl emg pgn tau hasil tes urine-nya bs telpon setengah jam lagi krn hasil sdh ada tp utk Bhcg mgk baru siang ketauan hasilnya. Aku sampai rmh jam 8 pagi lgs tlp ke Prodia Bunda saking penasarannya dan hasilnya…NEGATIF..Duuh lemesss banget…tp aku masi disuruh nunggu kabar ttg Bhcg. Jujur..dah gak keruan rasanya..aku ga lgs bilang ke suami kl hasil tes urine udah keluar (krn masi berharap Bhcg bagus)..Jam 12 siang dpt sms dr Augustine..ngasi tau kl hasil Bhcg-ku 26.76. Duuuh tambah lemess lagi..Honestly aku dah hopeless bgt, aku smpt BBM-an sm Ferro yg sukses IVF sm dr Budi Wiweko..dia kasi semangat lagi..Jadi aku lega dan bangkit lagi..(masi ada kesempatan..caiyo!). Sama dr Augustine aku disuruh ktm Dr Taufik jam 2 siang utk konsul ttg hasil Bhcg ini (krn dr Ivan sdg cuti jd aku dirujuk ke dr Taufik). Jam 2 dah smp BIC, gak lama suami dtg ikut nemenin…tdnya aku mikir bgitu liat suami bakal mewek eh ntah knp kmrn aku sama skali gak nangis..malah akhirnya bdua becandaan smbil nunggu dokter Taufik..Menjelang jam 3 sore Dr Taufik dtg dan aku dikasi penjelasan, kl ada bbrp kasus ttg penempelan embrio. Ada yg menempel kuat dan menyebabkan Bhcg tinggi atau belum terlalu menempel dan ini yg bikin Bhcg rendah. Tp karena Bhcg aku diatas 20, Dr Taufik ttp pengen melihat perkembangan 3 hari lagi. Diharapkan Bhcg bisa naik..Jadi aku dikasi Duphaston 2x/hari, Folic Acid dan Ascardia. Hari sabtu pagi aku disuruh testpack di rumah, dan kalo masih belum mens juga nanti tgl 7 Juli aku dijadwalkan kontrol lg dengan Dr Ivan. Fiiuhh legaaaa rasanya…padahal tadinya pas di taxi otw BIC dah bolak balik nangis dan berasa gak ada harapan, tp bgitu liat suami yg ngedukung aku, plus saran dokter yang ngasi penjelasan masih ada harapan..aku jadi semangat lagi. Gas Poll deh :)..yg jelas aku dah jauh lebih pasrah dan gak ngoyo kayak sebelumnya..aku serahin saja sama Allah SWT..karna Dia Sang Maha Penentu..aku yakin GAK ADA YANG GAK MUNGKIN BUAT-NYA..aku masih berharap keajaiban..
    So..tinggal tunggu tgl 3 Juli utk testpack, ttp jaga makan, istirahat dan positif thinking…itu yang aku lakukan sekarang. Kalopun ternyata hasilnya masih negatif aku dah ikhlas..mgk belum rejekiku..satu saat pasti ada waktu yang lebih tepat…
    waduh panjang yak curhatnya hihihi..btw buat tmn2 yg akhirnya hamil, Aku doain semoga dikasi sehat dan lancar hamilnya yaaa…perjuangan kita masih panjang..dan kita PASTI akan bertemu dengan banyak KEAJAIBAN..So enjoy your pregnant :)

    cheers..never ending fighting :)
    Anna

  8. dea

    HI ANNA…
    selamat ya dah positif walaupun dgn bhcg rendah, sekarang pasti embrio kmu lg berjuang sekuat tenaga buat nempel,bwt nyenengin ibu bpknya, tp tetep keputusan ditangan ALLAH SWT. Jd kta sebagai manusia cuma bisa berdoa dan berusaha. Kita memang hrs pasrah, jd apapun hasilnya baik atau tdk, tdk membuat kta jatuh berlarut2. Hidup ini semua udah ada yg mengatur, kta cuman menjalanin aja.. Dgn berpikiran spt itu hati kta akan terasa lebih tenang.
    Smoga bhcg kmu makin hari makin nambah jumlahnya yaa.. AMIN
    Smoga kmu diberi kepercayaan sama Allah bWt merawat anak kandung. Banyak zikir ya sambil dielus2 perutnya..
    Semangat ANNA!!!

  9. Anna

    dear Dea…thanks banget buat supportnya ya..makin semangat nih akunya punya tmn yg ngedukung…aku tinggal nunggu sehari lagi nih De..tgl 3 besok aku tes urine sendiri di rumah, mudah2an Bhcg-aku dah tinggi ya jd bisa terdeteksi oleh testpack ..Amien :)
    Dea kapan jadwal ktm Dr Ivan? Aku di jadwalin tgl 7 De..kali aja bisa ktm di BIC heheh..aku dpt jam 10.30..oke deh..kabar2 lagi ya…oya Dea ada BB gak? add PIN aku ya 214465A1

  10. ayoe

    Hi anna..

    Jangan menyerah ya..tetap berdoa and positive thinking..Insyaallah, mudah2an doa dan harapan kita terkabul. Aku doakan semoga besok hasilnya positif :) Semangat yaa..

    Dea,
    Wah selamat sudah kelihatan kantungnya..klo dihitung dari ET, berapa lama ya sampai kelihatan kantungnya? Aku periksa lagi minggu depan.

    Lyant,
    Makasih yaa..sukses jg buat kamu..

    Salam

    Ayoe

  11. laily

    assalamualaikum
    salam kenal semuanya. Aku laily,udah jadi pembaca setia forum ini sebelum program Mei lalu. curcol dikit nih, tanggal 30 juni kemarin aku baru terima hasil bHCG aku. Kalo Anna insya Allah masih bisa diupayakan embrionya nempel, kalo aku belum rizki kali ini. bHCG-nya kecil bangets!Udah nangis beberapa episod tiap kali ditanyain, tapi skrg Alhamdulillah udah bisa ketawa2 lagi meskipun getir lah. Tapi apa boleh buat,rupanya belum jatah kami punya anak dngan BT pertama ini. semoga nantinya Allah memudhkan kami di BT berikutnya.
    Buat Anna, yang masih nunggu hasil hingga besok, semoga diberikan hasil terbaik. Mohon doa juga ya temen2 semoga aku slalu semangat berikhtiar, meluruskan niat kembali, dan coba BT lagi insya Allah. Aku ambil jdwal ketemu dr Ivan lagi masih tgl 13 Juli, saking penuhnya jadwal beliau stlh cuti.
    Kalo temen2 punya saran2 apa yang harus dilakukan agar mendapat hasil terbaik di BT kedua nanti, share ya temans. Aku sendiri sih mau diet dulu ah, udah kegendutan deh kayaknya. Oke deh, sukses dan barokalloh buat temans yang udah hamil semoga lancar semuanya hingga lahiran nanti. Doakan aku ya……
    Salam,
    laily

  12. dea

    Hi Anna, gmn testpacknya pagi ini? smoga hasilnya jelas 2 garis ya. Amin
    Sorry bgt ya Anna, aku gak pake BB, masih gaptek n blum di acc suami, hihiks.. Ntar klo dah pake BB, Aku add Anna ya.
    Emailku adalah
    k e n s a v i t r i @ y a h o
    o . com, digabung ya tulisannya. (biar lebih save)
    Aku jadwal ke dr ivan tgl 8 jm 8 mlm, tp kata suamiku ntar aja kontrolnya akhir juni sekalian denger detak jantung baby, coz aku dah kontrol 1 di hermina.

    Hi ayoe, aku ET tgl 4 juni, kontrol di hermina eksekutip tgl 28 juni sdh terlihat kantongnya. Disana usg lebih jelas sekali dibanding di bic, hanya spognya agak kurang ramah, jd males balik lagi.. Dijaga kehamilannya ya Ayoe..

  13. Anna

    selamat hari sabtu semuaa :)
    hmm cuma mau update aja nih..td pagi aku dah testpack sendiri di rumah sesuai saran Dr. Taufik, ternyata hasilnya masih sama 1 garis terang dan 1 lagi kabur..gatau deh itu ada garis samarnya atau nggak. *gak mau GR* aku pake testpack HCG yg tetes utk hasil +/-.

    thanks banget buat semua yang support dan doain aku..Jujur aku bener2 gak drop ngeliat hasil 1 garis td pagi. Aku mikir positifnya mgk Bhcg-ku masih rendah jd belum ke-detect testpack (semoga bener ya feelingku..hihi ngarep dot com gapapa dooong). Aku sekarang tinggal nunggu tgl 7 aja utk ketemu dg Dr Ivan..mudah2an dah ada progress yg lebih jelas. Amien…

    oya aku mau nanya dong sama temen2 di sini.. Kalo ikut IVF gini hitungan mens kita apakah tetep teratur atau cenderung mundur ya? Soalnya kalo itung2an biasa, harusnya tgl 1 Juli kmrn aku udah mens..tp Alhamdulillah sampe skrg belum mens. Cuma aku jg mikir jangan2 karena faktor obat2 yg kita minum mgk berpengaruh jg dg mundurnya siklus menstruasi. lagian yg aku heran, hampir setaun ini aku kl mens selalu maju bisa 5-7 hari, nah sekarang kok mundur… kalo ada yg punya pengalaman sama kyk aku boleh disharing yaa..

    “Laily”
    ayoo jangan patah semangat! kita gak sendirian lho ngalamin ini..byk jg tmn2 yg gagal di BT1 dan sukses di BT2. Emg kalo awal2 kita suka cengeng ya kl ada yg nanyain “gimana hasilnya?” waaah jd ngingetin ttg kegagalan, tp yakin deh Tuhan ngga tidur..Dia Maha Tau gimana kerasnya usaha kita, perjuangan kita…dan cuma Dia yang berhak nentuin kapan wkt yang TEPAT itu akan datang utk kita. Aku sama suamiku dibilangin “kita ngga boleh ndresulo sm Allah!” maksutnya “kita ngga boleh menggerutu sm Allah” . Mgk skrg kita ngalamin hal-hal yang susah tp kl kita bisa nglewatin ini dg iklas dan tetep berdoa dan usaha, Tuhan pasti akan kasih kado yang LEBIH dari yang kita minta. Amien.. btw kita sama2 pasien dr Ivan yak..*toss* emang bener banget dr Ivan udah full dibooking pasien yang pd kangen karena dia cutinya lama hehehe…

    “Dea”
    gapapa De ga ada BB..toh kita masih bisa imel2an yak :) Eh pasti kamu lagi ngarep2 periksa lagi ya biar bs dgr detak jantung si baby..aw aw..senangnyaa….ntar crita2 lagi di sini yaaa

    “Ike”
    ngmg2 udah berapa minggu nih hamilnya? mudah2an sehat dan lancar terus ya smp lahiran nanti…

    “Ayoe”
    hai bumil..gimana kabarnya? udah mulai mual-mual belum nih?

    oke deh buat semuanya pokoknya terus semangat..jangan nyerah dan jangan lupa utk terus bersyukur dg apa yang kita punya… apapun itu .. :) :)

    salam
    Anna

  14. dea

    hi laily..smoga kmu tabah ya n berhasil hamil di BT ke 2 nanti.Jgn berkecil hati ya, masih ada kesempatan di lain wkt. Byk jg yg berhasil di BT 2, mgkn krn kta lebih rileks dan pasrah.Smoga Allah mengabulkan doa2 kta smua.
    Klo aku menjelang BT, aku ikut refleksi n totok aliran darah (mungkin fungsinya hampir sama ya dg akupuntur), berhub aku takut ditusuk2 jarum, hehe.. Setelah terapi totok terus terang aku merasakan badan yg lebih fresh. Mungkin ini jg yg nyebabkan aliran darahku jd lancar n jgn lupa banyak bersedekah.
    Oya aku dinasehati sm seseorang, Klo setiap hr setiap wkt kta berdoa minta anak, pasti INSYA ALLAH akan dikabulkan sama Allah. Krn maaf ya temans klo boleh sy ambil contoh, seperti seorang anak yg merengek terus sama ortunya minta sesuatu spt mainan misalnya pasti lama2 ortunya akan membelikan apa yg anak itu minta kan, apalagi klo itu sesuatu yg bermanfaat. jd kta hrs yakin sama Allah krn Allah akan selalu bersama kita.
    SEMANGAT LAILY!! Sy doakan kmu berhasil di BT ke 2. AMIN

    Hi anna… wah lg deg2an ya, smoga embrio kmu bs nempel dengan kuat ya. Emang sih klo bhcg rendah hasil testpacknya 2 garis samar. Aku jg wkt itu gitu. Jd hari ke 9 ET samar2 bgt, ke 9 masih samar, terus makin hari makin jelas, apalg menjelang duedate. Mudah2an ya Anna, sy doakan makin hari bhcg makin naik n di testpack makin jelas. AMIN

  15. muly

    @Anna
    selama ini setiap habis ET ( 4 X ET) mensku tetap kok ga berubah, jadi pas tanggalnya mensku selalu datang… sepertinya hasilnya ntar posirif dech smoga ya…

  16. ayoe

    Hi laily..
    Ttp smangat yaa..klo aku waktu sblm BT aku olah raga teratur min sminggu 2 kali.kadang fitnes,kadang bersepeda,or jogging.sebisanya sj.
    smoga BT km yg slanjutnya bhasil ya.ttp ikhtiar n bdoa.slanjutnya cm bs kita pasrahkan pada Allah.

    @Anna
    Mudah2an bsk tgl 7 positif ya hasilnya.kt temenku waktu dia tes pack jg yg 1 agak samar n dia memang hamil.
    Jd ttp bdoa n jgn tlalu capek ya.semangat.oya aku blm mual2,msh doyan makan.malah nambah ni kayaknya porsi mknku :)

    @Dea
    Dea..apa yg dirasain skrg?suka agak tegang ga perutnya?aku agak tegang klo kcapean,jd dikit2 duduk :)

    Cheers.

  17. dea

    hi ayoe, emang kadang agak tegang ya, klo aku lebih sering nyut..nyut..kt spog itu krn ada peningkatan aliran darah. Ayoe bs ga kmu ceritakan, stimulasi dg dr karel. dimulai dari hari ke brp mens n OPU pd hari ke berapa mens? Dulu aku sebenernya ada renc BT dg dr karel jg udah sampe thp minum obat2an virus, dll.

    hi anna..hari ini adwal ke dr Ivan ya. Smoga ada berita baik ya..

  18. Anna

    hai semua..maaf ya baru update.
    setelah deg2an sempet telat mens 7 hari dan nunggu keajaiban plus berharap bhcg yg 26.76 bisa elesat, ternyata hari ini aku mens :(
    *sigh*
    sedih, kecewa, hancur semua jadi satu..tp mau gmn lagi, mau gak mau aku harus kuat dan hrs siap utk ngelanjutin perjuangan lagi..toh di sini aku py byk tmn yg sll dukung dan saling support…(sumpah seneng bgt bisa kenal sm tmn2 yg sharing ttg IVF di sini *hugs*)

    okey aku crita aja ya..
    kmrn tgl 7 aku jd ktm dr Ivan,bliau bilang “sbnrnya kl dikatakan hamil, ibu sdh hamil,rahim Ibu mampu menangkap janin hanya saja bhcg ibu rendah skali dan seleksi alamlah yg akan menjawab apakah bs bertahan atau tidak” …jujur sebenernya kmrn aku dah gak ngarep banyak krn dr slasa mlm aku dah mulai ngeflek..Lalu dr Ivan menyarankan utk Laparaskopi. Karena dr Ivan menduga ada endometriosis. Setelah Laparaskopi biasanya slm 6 bulan pasien ngga akan “diutak atik” krn diharapkan akan ada kehamilan alami. Tp kl tnyta dlm 6 bln blom hamil ya silahkan dtg utk IVF lagi.

    so..skrg aku lg mau puas2in mewek dulu..td pas nelpn nyokap udah sok kuat ngasi taunya tp ditengah2 cerita eh jebol jg seseunggukan. Aku tau nyokap tuh dah pgn bgt dpt cucu lg dari aku secara di keluarga aku, tinggal aku aja yg blm py anak..tp bliau nasehatin spy ttp sabar dan YAKIN kl ALLAH pasti punya rencana lain..dan apa yg aku alami skrg ini adalah YANG TERBAIK yg dikasih ALLAH sm aku…

    well..minggu depan aku mau cb atur jdwl ktm dr Ivan lg utk bahas ttg Laparaskopi ini. Hmm buat temen2 di sini ada yg udah pernah Laparaskopi blm? Prosesnya brp lama ya? Bius total kan ya? Trus kl boleh tau biayanya brp ya utk Laparaskopi di BIC?

    makasih banget lho buat semua yang udah dukung aku, doain aku, support aku..semuanya SANGAT BERARTI..yg jelas buat yang udah sukses IVF-nya aku ikut seneeeeeng..dijaga yaaa…buat yang masih gagal kyk aku , yuuk ttp semangat dan ttp positif thinking supaya kita ngga drop kelamaan…

    salam
    Anna

  19. Henny

    Hallo Anna, salam kenal ya, aku dulu sebelum BT laparoscopy dulu di RS Bunda dengan Dr.Ivan, prosesnya bius total , setelah operasi tidak sakit samasekali, nginap sehari bisa langsung pulang, klu ak sih biayanya kemarin sekitar 18 jutaan kelas 3,sebenarnya sih sekitar 20 jutaan , tapi dikurangin ama Dr.Ivan, kayakynya, BTW anak aku sekarang udah umur 8,5 bulan kembar 2 cowok, tetap semangat ya, smoga BT berikutnya sukses, biasanya sih klu udah laparoscopy kans u.berhasilnya lebih tinggi, krn kata Dr.Ivan dengan laparocopy beliau udah tahu persis bentuk dan isi rahim kita, jadi kemungkinan berhasilnya lebih tinggi, tapi syukur2 sih mbak bisa hamil alami, good luck ya mbak, jangan lupa untuk berdoa.

  20. ayoe

    Hi anna..
    aku ikut sedih dengernya.Tapi aku seneng lihat km ttp semangat n positif thinking. Jgn prnah menyerah.ttp ihtiar n berdoa.Insyaallah akan dikabulkan harapannya d saat yg tbaik.
    Smoga program km nti diberi kelancaran n berhasil ya.Amin

    Hi dea..
    Aku mulai minum obat d hari k 5 haid.kira2 tgl 24 may.
    Trus skitar 2 minggu kmudian swktu dicek telurku dah cukup ukurannya jd lsg dirujuk k rs gading pluit.
    Tgl 12 juni aku opu.n tgl 15 aku et.biaya stimulasi obat skitar 2 jutaan.
    Utk bt 26 jt,dtambah periksa lab dll sktr 4 jtan.
    Dea udah mual2 blm?

  21. Anna

    henny
    makasi byk ya sharingnya..hmm sbnrnya aku sempet bertanya2 jg siy,knp aku gak disuruh laparaskopi dl ya kmrn sblm dilakukan IVF..kan ini akan memudahkan dokter jg bukan? :) tp yasudahlah.. udah terlanjur..skrg tinggal gmn nyiapin mental utk langkah berikutnya..oiya Hen kl boleh tau stlh operasi bekas lukanya gede gak sih? trus butuh pemulihan brp lama? harus bebaring terus atau bs beraktivitas spt biasa (kecuali kerja berat pastinya ya)..oya soal biaya kmrn aku dah cb ty ke BIC skrg utk kelas 3 hrgnya 24jutaan,kl kelas 1 bisa 35jutaan..oya henny pas abis laparaskopi menuju IVF butuh wkt berapa bulan?..seneng deh dgrnya pas km akhirnya berhasil dapet kembar cowok semua lagi… :) :) aku jg pengen py anak kembar cowok hihihi…amin

    ayoe
    makasih supportnya ya…jujur Yoe berat banget ngadepin ini..udah 2 hari ini mewek mulu apalagi pas ngasih kabar ke ortu dan mertua kl IVF-nya gagal wah gegerungan hihihi..tapi Insya Allah aku bisa nglewatin ini semua..apalagi semua ngedukung kok ya gak?…kandunganmu dah brp bulan Yoe?..semoga terus sehat ya…Amien….

  22. ayoe

    Hi Anna..
    Iya sama-sama..Aku jg pernah kok mengalami pasang surut di perjuangan mendapatkan keturunan ini. Waktu denger kabar bahwa pengobatan kita belum memberikan kemajuan yg positif, insem pertamaku yang gagal, n insem keduaku yang batal di 2 hari menjelang hari H karena suami tiba2 harus dioperasi. Tapi memang benar spt yg anna lakukan, semangat n positif thinking yg meringankan beban aku. Anna ttp bjuang yaa.. Aku slalu support km, smoga dberi kelancaran dan berhasil sesuai harapan..
    Oya kandunganku mnurut dokter sudah 5 minggu. Sudah kelihatan 1 kantung. Doakan ya smg bs berkembang dgn baik.

    Cheers,
    Ayu

  23. dea

    hi anna.. maaf ya aku baru buka blog ini lg. Aku turut sedih ya anna,aku bs merasakan kesedihan anna, aku bs merasakan pada saat mens pertama dtg, pasti hati rasanya hancur..tp ini semua udah kehendak yg MAHA KUASA. Smua udah diaturNYA..Kita cuma bs pasrah, pasti semua ada hikmahnya.Smoga kmu tabah n kuat ya menghadapi cobaan ini.Klo emang pengen nangis, nangislah sepuasnya, tp setelah itu kmu hrs bangkit n tersenyum lagi. Yg sudah berlalu, biarlah berlalu. Hari esok n masa depan masih menanti. Kmu msh punya suami yg ngertiin kmu, kmu msh punya ortu n mertua yg support kmu. Tapi terus terang aku salut sama kamu, krn kmu tetep positif thinking. Smoga ALLAH mengabulkan permintaan Anna utk punya anak. Amin
    Klo aku berjuang mendapatkan anak jg penuh perjuangan n pasang surut seperti ayoe. Nangis n sedih udah makananku tiap hari, tp suami selalu kasih support. Semua pasti akan indah pada waktunya anna, tinggal ditunggu waktunya. Moga2 kedepannya kmu sukses ya BT nya, mendapatkan kembar sekaligus 2. Amin Tp smoga kmu bs hamil alami, oya tetanggaku ada yg gagal BT, tp setelah pindah tugas bbrp bln bareng suaminya ke luar, eh dia malah hamil alami, sekarang anaknya cewek dah lahir.
    Oya embrio yg gagal ini moga2 bs jd tabungan Anna n suami di akhirat nanti. Tetep SEMANGAT YAAA Anna

  24. dea

    Hi AYOE…
    Trims ya info program BT ya.. Klo aku kadang mual pagi, siang, kadang sore. Gak tentu n gak mesti. Aku blum kontrol lg.. Smoga kmu sehat2 aja ya alias gak pake mual. Btw gmn perut masih suka kram atau tegang? Sekarang obat apa yg masih diminum?

  25. dea

    Oya Ayoe ada yg kelupaan.. Utk menahan supaya kmu gak ovulasi duluan pake apa? Kan klo aku pake synarel.. Nah di dr Karel kontrolnya pake apa ya? Krn aku pernah denger ada yg udah terlanjur ovulasi duluan, shg BT diundur.Maaf ya byk tanya, krn ada temenku di Palembang yg mau BT sama dr Karel.

  26. ayoe

    Hi Dea,

    Aku ga ngerti sih obat untuk penahan ovulasinya apa? Klo cek pertama aku proginva n oradexon, cek kedua ada 6 macam obat proginova, oradexon, provera, 3 lagi aku lupa, trus pas dilihat telurku cek ke 3 pas dilihat telurku cukup besar aku langsung dirujuk k gading pluit, n dikasih obat2an jg ada kurang lebih 4 macam termasuk proginova, oradexon, provera. Oya aku dirujuk ke gading pluit karena sperma suamiku di bawah 3 juta dan morfologi di bawah 5%. Kalo sperma bagus bisa dilakukan di abdi waluyo. Biaya totalnya mungkin sekitar 15 jutaan.
    Aku malah kadang mualnya siang, klo pagi or sore ga. Malah makan teruss.. :)Makanya perutku buncit kata orang udah kayak kayak hamil 3 bulan :):)
    Berarti hitungannya sudah berapa minggu dea?

  27. dea

    hi Ayoe..tx infonya ya.. Menurut perkiraan kehamilanku jalan ke 8 minggu. Tp aku blum cek detak jantung baby, jd masih agak was2. Saling mendoakan ya Ayoe semoga smuanya sehat walafiat.amin
    Ayoe kpn jadwal kontrol lg?

  28. Anna

    hei semua..kangen deh lama gak ngobrol :)
    cuma mau update..semalem abis ktm sm dr Ivan dan ngobrol ttg Laparaskopi..well Insya Allah tgl 20 Juli nanti aku operasi Laparaskopi..doakan sukses dan bisa ketemu yak apa sih “penyebab” yg selama ini masih “tidak diketahui”..Amien…smangat buat semuaaaa…*senyum ah*

    Anna-

  29. ayoe

    Hi Dea & Anna..

    Apakabar??

    Dea aku baru kontrol kemarin, sudah kelihatan janin dan detak jantungnya. Mnurut dokter sudah 7 minggu. kmrn disuntik penguat kandungan. Dea gmn sudah dicek detak jantungnya?

    Anna..seneng deh denger kabarnya lagi. Mudah2an laparoskopinya bjalan lancar n sukses yaa..caiyo Anna, tetep semangat.. :):)

    Ayoe

  30. dea

    hi ayoe.. aku jg tgl 15 kontrol, alhamdulillah sudah ada detak jantungnya mnrt dokter usia kehamilanku 8 minggu, cuman aku ada kistanya niy, gak tau knapa tiba2 bisa nongol begitu aja, padahal sebelumnya gak pernah ada kista. Moga2 nanti bs mengecil..
    Oya Ayoe kmaren pas kontrol usg lwt bawah atau perut?

    hi anna, pa kabar.. wah bentar lg kmu laparoskopi ya, smoga operasinya berjalan dg lancar ya n kmu bs hamil. Amin

  31. Anna

    hi dea…wah udah 8 minggu ya? duuh senengnya :)
    semoga kistanya ngga ganggu janinmu ya ..amien

    btw aku Laparaskopinya gak jadi tgl 20..mundur jd tgl 27 soalnya pas tgl 20 suami harus dinas keluar negri.daku gak mau kl gak ditungguin suami hihihi…dr bbrp artikel yg aku baca, memang stlh LO ini byk yg berhasil hamil alami…mudah2an aku juga gitu..Amien…
    yang penting ikhtiar jalan, doa juga dan pasrah

    well have a great weekend semuaaaa

    anna-

  32. Andreuw

    Selamat ya kepada keluar ike yg berhasil ya
    Hari ini adalah hari yang bahagia bagi saya, istri cek darah sesudah 14 hari ET dan hasilnya istri saya hamil…kemungkinan hamil kembar kata dokternya karena hasil dari hcg 1537
    yang saya mau tanya apakah dengan hasil hcg 1537 100% sudah kuat kehamilannya?

  33. Michelle

    Andreuw, pertama-tama congrats ya, atas kehamilan istrinya. Semoga tetap sehat dan selamat hingga lahir.

    Berdasarkan pengalaman saya, nilai Hcg diatas 100 itu artinya hamil, diatas 300 itu bagus dan diatas 1000 memang artinya kehamilan ganda (bisa kembar 2 atau 3, lho). Tapi apakah kehamilan tsb bisa bertahan tetap 2 atau 3 janin masih belum bisa dipastikan sebelum USG pertama kali waktu usia kehamilan 6 minggu (melihat kantung janin nya ada berapa dan apakah ada denyutnya.

    Sementara menunggu USG, ada baiknya istri mulai konsumsi protein lebih banyak (lewat susu ibu hamil, putih telur, susu kedelai, tahu dan tempe) supaya kehamilannya bisa lebih kuat. Protein penting buat membangun jaringan si janin, apalagi kalau kehamilan kembar.

    Sekali lagi, selamat yaa!!!

  34. Andreuw

    trims ya Michelle sarannya…istri di kasih beberapa jenis obat penguat ada yg di makan dan ditaruh di V dan juga di beri contoh beberapa susu buat ibu hamil…kata dokter 14 hari lagi uda bisa melihat detak jantung…doain ya berjalan lancar…semoga temen temen yang lain juga berhasil

  35. linda

    hi, mau tanya donk bt yang telah pengalaman berhasil BT, saya baru 2 hari lalu embrio transfer dan setelahnya suka keluar kaya keputihan(lendir) di daerah V, mau tanya ada yg case nya sama kaya saya? thank you LINDA

  36. pita

    selamat y mb ayu,aku mo nanya ttg bt,renc aku prog bt di rs siloam sby dng dr aucky,tgl 24des mulai suntik suprefact,butuh wkt brp lama sih mb tuk proses bt sampe selesai? trus sakit gk pd saat pengambilan sel telur sampe penanaman embrio,itu dlu deh mb ayu ,thx

  37. yuni

    Hai Ike salam kenal….gimana baby-nya, mudah2an sehat yah

    Saya tertarik baca artikelnya karena kami sudah 10 th belum juga dapt keturunan. Kemarin siang baru pertamakalinya ak ke Morula Bunda dan konsultasi dengan dr. Indra Anwar dan kami disarankan ikut program BT mengingat usia saya sudah menjelang 38 th dan overweight.
    Tapi setelah membaca beberapa sharing Ike dan keberhasilan temen2 lainnya, sy ingin pindah ke dr. Ivan.
    Sarannya dong, apakh saya langsung konsultasi saja dengan dr. Ivan atau melalui dr Agustin lagi.
    Oh ya, apakah selama program BT kamu juga melakukan aktivitas bekerja ke kantor? Tks

  38. rima

    Hai,ak baru aja selesai ET di BIC dgn dr. Ivan hari selasa kmrn 2 embrio excellent 12, dan 13 cell…. Sekarang lg H2C sampe tgl 24, masalahnya waktu abis. Embrio transfer ak di cek d-simer n tinggi sampe 3000an, yg mau ak tanyain ike suntik lovenox sampe normal aja atau harus sampe melahirkan say? Thank u…

  39. naila

    hallo mbak ike gimana dah lahiran kan?babynya sehat?mbak boleh minta ID YM dan e mail?aku punya masalah yg sama dah sukses hamil program IVF cuman lg berobat di dr djumhana juga…tks ya mbak

  40. liya

    hallo mba ike…salam kenal selamat yaaa…pasti skrg lagi sibuk dgn si kecilnya yaaa…tulisannya mba ike, bikin semangat liya muncul lg stlh kmrn BT pertama gagal di dr yg sama dr ivan…doian yaa mdh2n BT kedua berhasil…amieennnn…

  41. Santi

    Mbak Ike, salam kenal & selamat yaa… semoga aku jg cpt ketularan punya momongan…aminnn…

    Mbak, aku jg rencana ikut program BT dg dr. indra di rs bunda…kita ke dr. indra atas rujukan dr dr. wachyu (yg sblmnya mengoperasi aku / laparatomi).
    Kemaren kita udh konsul perdana dg dr. indra plus screening / tes darah, dari hasil konsulnya, aku koq jg kurang sreg sm dr. indra ya…terutama wkt kita tanya apakah dg BT bisa dilakukan pemilihan jenis kelamin bayi or dibuat kembar laki-laki & perempuan (mengingat umurku udh hampir 35th)?
    Dr. Indra blg ngga bisa, krn itu ngga etis & bisa dikomersilkan…plus sama spt pengalaman mbak Ike, beliau jg byk menjelaskan ttg kemgknan kegagalan program BT…terus terang, denger itu bikin kita jd agak pesimis…
    Mbak Ike, obgyn lain yg recommended di BIC morulla siapa ya?

    Teman2 yg lain,
    ada yg punya pengalaman BT dg dr. indra anwar or dr. lain di BIC morulla? Pls share yaa…

    thanx in advance,
    Santi

  42. Michelle

    @ Santi

    Dulu aku juga pertama ke dr. Indra dpt responsenya juga begitu. Kyknya dia tipe dokter yg ngomong pahit dulu di depan dech. Jadi akhirnya aku pindah ke dr. Taufik. Beliau oke banget, cuma aku gak sukanya krn beliau bukan dokter ObGyn yg sayang bayi, jd pas aku lahiran dgn caesar, aku gak bisa IMD. Kyknya bukan sekedar dokternya ttp juga RS nya gak sayang bayi dech, krn aku susah banget minta rooming in. Anuyhow, coba dech ketemu dr. Taufik atau ircham atau Ivan di Bunda. Siapa tau ada yg srge. Nanti pas lahiran bisa pindah ke RS yg sayang bayi spt YPK atau Kemang Medical Center.

    Michelle

  43. isti

    hai ike,dea salam kenal ak isti.
    bln juni 2010 lalu ak jg ke dr ivan,klo gak salah 2 kali konsul.yg pertama usg ada kista lg dan di kash resep obat dan di suruh hsg,setlh hasil hsg keluar ternyata ada hidrosalping dan kedua tuba non patent.dr ivan menyarankan untuk laparskpi lengkp dg perkiraan biaya yg bg sy cukup besar.maka kami berhenti untuk ngumpilin biaya sambil cari2 alternatif tp smp skrg jg blm ada hsl skrg jd bingung sendri mau ngapain lg.yg punya pengalaman lo dg dr ivan tlg shering skrg biayanya brp?

  44. Santi

    @ Michelle : iya, aku rencana mau ke dr.ivan jg, secara jam prakteknya lbh fleksibel buat kita. thx ya infonya 😀

    @ Isti : Oktober 2010 kemarin aku jg operasi di RS Bunda (dg dr. wachyu), awalnya direncanakan laparoskopi, tapi krn ada miom yg ukurannya 4 cm, operasinya jd laparotomi dey…
    Biaya laparoskopi di RS Bunda tergantung kelas kamarnya, utk kls.1 utama sekitar 33jt (perkiraan dg obat2an standar & rawat inap 2-3 hari).
    Waktu aku laparotomi dari perkiraan biaya 26jt, ternyata total jd 35jt (kamar kls.1 utama & rawat inap 5 hari)

  45. sely

    hai ike, salam kenal aku sely
    mau menanyakan selama IVF di suruh suntik sendiri di rumah ya oleh dokternya?
    karna aku juga lg program BT di penang dgn Dr. NG, setelah plg ke indonesia,tiap mlm suntik suprefact injection tp terasa gatal di perut n mual?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*