bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

14th March 2009

Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Zahra

Alhamdulillah, akhirnya doa panjang kami terjawab, saya bisa hamil…. Setelah menunggu selama 3 tahun 7 bulan.

Ceritanya, kami mulai program untuk frozen embrio bulan pebruari yang lalu. Setelah saya HSG dan bersihin polip cerviks bulan desember kemaren. Tanggal 9 pebruari sore, akhirnya saya menstruasi, saya sudah rencana dari bulan januari kemaren, tapi karena saya belum dateng bulan akhirnya hanya bisa menunggu.

Tanggal 11 pebruari berangkat ke jakarta. Dari bandara kami langsung ke bunda. Saat konsultasi sempat menyinggung masalah kegagalan bayi tabung pertama. Dari hasil test, saya ada sedikit gejala kekentalan darah. Jadi meskipun gejalanya hanya sedikit tetap dokter ivan kasih ascardia 80mg 1xperhari. Obat yang lain sama aja proginova secara bertahap, 1xperhari selama 3 hari, 2xperhari 3hari dan 3xperhari 3hari, dan folid acid 5 mg 1x perhari. 7 hari lagi kami diminta datang untuk memeriksa ketebalan dinding rahim. Mengingat banyaknya pekerjaan yang ditinggal, setelah konsul kami pulang lagi ke kota kami.

Hari jumat tanggal 20 pebruari, kami ke jakarta lagi. Saat perjalanan dari bandara ke rs bunda, ada telp yang mengabarin dr. ivan gak praktek hari tsb karena sakit. Sbenarnya agak kesal, kenapa baru dikabari. Tapi berhubung sudah dekat, akhirnya kami tetap ke bunda, konsul dengan dokter pengganti. Mungkin karena kami lagi program, sampai disana, kami tidak ditangani dokter pengganti, tapi saya dialihkan ke dokter indra.

Dengan dokter indra, dinyatakan bahwa ketebalan dinding rahim saya sudah cukup, jadi tanggal 24 direncanakan thawing embrio, dan tanggal 25 transfer, jika kondisi telur memungkinkan. Saya agak surprise, sebab proses program BT dengan frozen embrio ternyata sangat simple. Saya tidak diminta datang lagi. Hanya tinggal menunggu kondisi telurnya. Jika baik, saya akan dihubungi oleh pihak morulla kata dokternya. Dr indra kasih resep proginova 2x sehari, ascardia dan polid acidnya diterusin aja, Trus ditambah cygest 1 xperhari (vaginal support) mulai malam ini katanya.

Oya, pada saat menunggu, ada 1 lagi pasangan yang lagi nunggu. Gak lama susternya ngasih selamat, si mbak yang dikasih selamat nangis, ngeliat mereka nangis, saya jadi ikutan nangis juga, suami saya nenangin, sabar katanya, mungkin nanti giliran kita. Saat baca blog ini saya jadi mengira-ngira, apa yang saya liat ini mbak therez ya …?

Tanggal 24, saya gak sabaran nunggu berita, akhirnya saya sms dokter agustin nanya kondisi embrionya. Sorenya baru dibales, dari 3 embrio yang disimpan, semuanya di thawing (dicairkan) dan semuanya dalam keadaan baik. Besoknya (tgl 25) saya diminta datang ke RS Bunda Lt 4 jam 7.30 pagi.
Jam 7.30 hari rabu, kami sudah siap di bunda, diminta minum air putih secara bertahap sebanyak 500cc. ternyata, kami dapat jadwal ke-2. Ada pasangan yang OPU sebelum kami..

Oiya sebelum masuk ruangan kami ketemu sama embriologistnya. Diterangkan tentang kondisi telur kami. Suami saya gemes liat telurnya. Jadi minta kopi filenya. Tapi ternyata disana aturannya gak boleh dikopi. Jadi kami dikasih print outnya saja. Jam 8.15 kami masuk ruangan.

Setelah persiapan, proses ET dilakukan. Cuma sekitar 15 menit prosesnya. Dokter ivan sempet bilang bahwa rahim saya berbentuk hati. Jadi seperti ada 2 ruang dirahim. Tapi tidak ada pengaruh pada proses bayi tabung. Embrio saya diletakkan dokter ivan di rahim sebelah kanan. Setelah itu, saya disuruh istirahat dulu. Setelah ET saya langsung pipis. Soalnya gak tahan lagi. 2 kali malah..

Setelah proses ET, suami saya pesen kamar di bunda. Rencananya kami nginep satu malam aja buat istirahat. Berbeda dengan waktu fresh cycle saya stay di Jakarta sampai test kehamilan, sekarang saya langsung pulang. Sempet beberapa kali Tanya dokter dan search di internet tentang pengaruh buat embrio kalo kita naik pesawat. Dokter ngeyakinin gak ada masalah. Makanya 2 hari setelah ET kami pulang ke kota kami.

Sampai dirumah, besoknya saya langsung kekampus, sebab ada mahasiswa bimbingan saya yang akan seminar tugas akhir. Meskipun agak berat, saya paksain juga pergi, soalnya kasian dengan si mahasiswa. Setelah itu 3 hari saya istirahat dirumah. Tapi akhirnya saya bosen juga. Akhirnya selama menunggu test, saya tetap kekampus dan ngajar. tapi saya kurangi naik turun tangga dan lama-lama berdiri. Sempet juga beberapa kali jalan ke mall dan gramedia.

Oiya setelah ET saya selalu ngerasa sakit pinggang seperti mau datang bulan. Saya tanya ke dokter agustin. menurut dokter ivan, mungkin ada Kristal-kristal di ginjal saya, jadi saya diharuskan minum 750cc pagi saat bangun tidur. Alhamdulillah memang agak berkurang meskipun tidak hilang.

Hari test pun tiba, pagi-pagi saya test darah dan urin di prodia. Sayang hasilnya tidak bisa ditunggu. Mungkin karena prodia dikota kami masih kecil, jadi darahnya masih harus dikirim ke Jakarta. Hasil urin bisa diambil jam 12 hari itu juga. Tapi hasil darah baru bisa diambil besoknya jam 5 sore.

Jam 12 karena penasaran, saya telp prodia. Hasil test urinnya positip, saya senang banget dengernya, karena 2 hari sebelumnya saya sempet test sendiri pake test pack tapi hasilnya negative. Saya langsung hubungi dokter agustin, dokter bilang bahwa ini adalah awal yang baik, tinggal tunggu hasil test darahnya. Ternyata kata dokter agustin, hasil urin sudah positip jika HCG kita diatas 40. Tapi ukuran yang baik adalah > 100. Saya sempet shock sebentar. Tapi akhirnya saya pasrah aja.

Besoknya saya ada jadwal ngajar sore. Harusnya keluar jam 17.20. tapi karena jantung saya rasanya sudah mau copot akhirnya saya keluarin mahasiswa jam 17.05. habis itu saya minta suami saya telp ke prodia. Alhamdulillah ternyata hasil BHCG saya 214. Seneng sekali dengernya. Perjalanan masih panjang. Tapi sementara kami sudah sedikit bernafas lega dan tak hentinya ngucapin syukur. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada dr. Ivan, dr. Augustine dan seluruh staff Morulla..

Previous post: Pengalaman lengkap bayi tabung keluarga Zahra

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (17 votes, average: 3.12 out of 5)
Loading ... Loading ...

This entry was posted on Saturday, March 14th, 2009 at 7:34 am and is filed under Berhasil hamil, Obat, Pengalaman di klinik/rumah sakit, Proses, Thaw cycle. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

There are currently 14 responses to “Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Zahra”

  1. 1 On March 14th, 2009, Yake said:

    Dear zahra,

    Selamat ya atas kehamilannya..
    Walaupun gak pake bedrest segala, emang dah rejekinya tak kan kemana..

    Aq jg pernah ada polif cerviks tp program BT aq blom berhasil..

  2. 2 On March 15th, 2009, therez said:

    Zahra.. selamat yah.. kita saling mendoakan yah, semoga janin kita sama2 bertahan hingga 9 bulan ke dpn, sehat dan berkembang sempurna.. Km ke BIC wkt itu pas tgl 20 Feb pagi2 ya? Kayaknya memang aku deh si ‘mbak’ yg sibuk nangis2 sambil pelukan sama suster Atta…hehe.. Aku inget pas itu emang ada pasangan yg sama2 lg nunggu di R. tunggunya BIC, rupanya itu kamu yah. Sorry aku gak sempat negur2 krn lagi berlinangan air mata.. Jd malu deh sama bu dosen…keukeukeu…

  3. 3 On March 16th, 2009, thessa said:

    hi Zahra salam kenal dan selamat ya, semoga sehat dan lancar terus sampai duedate
    aku tertarik baca kamu bilang sebelum test ke lab Zahra coba tes urin sendiri pake test pack dan hasilnya negatif, ternyata positif ya, bisa begitu ya…
    saya juga sedang menunggu tes tgl 21, saya di bic juga, tapi agak khawatir karena kemarin et dilakukan hanya 2 hari setelah opu, jadi umur embryo hanya 2 hari sementara yang lain kayaknya 3 hari. Hari ini 10 hari pasca ET saya coba tes urin sendiri hasilnya negatif.

  4. 4 On March 16th, 2009, olip said:

    hi jeng Zahrah selamat ya …. semoga baby & bundanya sehat mpe melahirkan, amiiiin , & smoga aq ketularan jg berhasil jg…amiiiiin

  5. 5 On March 17th, 2009, ros said:

    * hallo tessa, kadang beda sehari aja hasilnya bisa beda, teman saya pernah test sdri hari ke 14, negatif, besok pg di test lg hasilnya positif. saya sdri pernah test hr ke 11 & 12, hasilnya negatif, tp wkt hr ke 15 jadwal ke dokter , paginya sy test pakai 2 test yg berbeda, ternyata hsl test dua2nya positif. semoga berhasil ya.

  6. 6 On March 17th, 2009, Ira Marlina said:

    Hallo Zahra,

    Selamat ya atas kehamilan nya…semoga lancar sampai dgn lahiran nanti, tdk sia sia terbang jauh jauh akhirnya thaw nya berhasil! oh iya BHCG nya bagus tuh seperti nya janin nya kuat menempel di uterus:).

  7. 7 On March 18th, 2009, lala said:

    Halo Zahra, selamat ya kehamilan yang sangat dinanti-nantikan, semoga bertambah panjang deretan nama-nama yang telah berhasil dengan program bayi tabung, semoga kita-kita yang akan dan coba bayi tabung bisa berhasil seperti Zahra dlll…..nya amin

  8. 8 On March 20th, 2009, lidya said:

    hallo Zahra,
    selamat ya…semoga lancar sampai lahiran nanti.
    Zahra, saya Lidya, saya juga sudah pernah mengikuti program bayi tabung di bandung, tapi hasilnya gagal, mungkin karena saya setelah embryo transfer terserang demam berdarah.
    Saya berniat untuk mengulang kembali, tapi embryo saya yang sebelumnya tidak difrozen, jadi kayaknya saya harus mulai lagi.
    Saya mo tanya, apa aja pemeriksaan yang mesti dilakukan kalo saya mo melaksanakan bayi tabung yang kedua ini di RS. Bunda?
    Saya juga tidak tinggal di Jakarta.

  9. 9 On March 23rd, 2009, zahra said:

    hai semua… makasih ya. iya semoga saya juga tetap berdoa semoga semakin banyak calon ibu yang bisa berhasil melalui program bayi tabung ini.

    mbak therez.. lam kenal ya.. kita saling mendoakan supaya semuanya lancar sampai kita melahirkan ya mbak..

    mbak yake.., kata dokter obsgin saya, mungkin salah satu penyebab kegagalan bayi tabung saya yang pertama karena ada polip itu, sehingga membuat embrionya manjadi tidak nyaman katanya.

    mbak lidya, coba liat lagi di posting teman-teman di milis bayi tabung ini. banyak yang sudah cerita tentang pemeriksaan yang dilakukan baik dengan dokter ivan, dokter indra maupun dokter taufik.. rata-rata sama aja periksa darah, minum pil KB, semprot synarel, suntik suntik gonal f, 2 hari sebelum OPU suntik ovidrel kemudian dilanjutkan dengan OPU dan dan ET. setelah itu tinggal tunggu hasil
    kalo minum pil KB dan semprot synarel bisa dilakukan di kota kia mbak, suntik ovidrell awal bisa dilakukan di juga di kota kita, tapi setelah hari ke 5 dokter harus memantau tiap hari perkembangan telur kita, jadi harus tinggal di jakarta. setelah ET, kalo fresh embrio, kita akan di cek darah 3 hari setelah ET, jika diperlukan akan diberi suntikan HCG. nah mungkin 1 atau 2 hari setelah cek darah boleh pulang. test kehamilan bisa dilakukan di prodia terdekat. tapi kalo mau nunggu di jakarta sampe test kehamilan juga gak papa.

  10. 10 On March 30th, 2009, cici said:

    halo Zahra.
    salam kenal n selamat ya atas kehamilannya, moga sehat sampe melahirkan nanti.
    klo boleh tau zahra tinggal dmn? sy jg dari luar kota, bingung kalo mo BT apa bisa bolak balik dr kota kita ke kota tempat kita progrm BT. kalo di kota asal siapa yg nyuntikin?

  11. 11 On June 14th, 2009, jessica said:

    zahra, selamat ya!pengalamanmu menyemangati aku utk tetap positif thinking. krn aku jg pas ET dari USG diduga ada polip dan tes Hcg negatif. waktu kamu neg dan disuruh cek2 antibodi dan kekentalan darah itu tes2 nya apa aja ya? aku jg pengen ngecek. thx ya

  12. 12 On July 25th, 2009, Dewi said:

    Mb Zahra, congratz yaa, mg2 lancar sampai melahirkan.. Amiiin..
    Mb, aku boleh tau alamat email mb?
    Temanku ada yg pny kasus spt mb, skrg dia br mulai program di bic dgn dr.ivan, dia pengen bgt nanya2 sm mb. Thx ya mb..

  13. 13 On August 2nd, 2010, Euis said:

    Mba,selamat ya..udh lahiran ya?
    Mba,mau tanya,setelah ET dirwt 1hr ga di rs?soalny ak Rncn ET tkt kalo lgsg plg.

  14. 14 On August 16th, 2011, wati said:

    hai, salam kenal buat bu zahra, slamat ya atas keberhasilan program BTnya, smoga lancar hingga melahirkan. Aku jg lg nunggu hsl stlh ET, lg harap-harap cemas smbl banyak doa smoga semua dipermudah & lancar prosesnya.Amin

Leave a Reply

*
Related posts: