Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Yuika

Berikut ini adalah pengalaman keberhasilan bayi tabung Yuika, terima kasih Yuika atas sharingnya.

Hello semua…
Mau sedikit sharing nih. Sy proses bayi tabung kira2 2-3 tahun yg lalu di RS Bunda (dg dr Taufik). Waktu proses Fresh cycle, didapat 16 sel telur, yang jadi ada 9 embrio, dimasukkan 3, sisanya 5 (ada 1 yang tidak berkembang). Fresh cycle berkembang tapi salah letak (kehamilan ektopik).. Wah.. sedih sedikit sih pas taunya saat usia 6 minggu dan atas saran dr Bambang Karsono baiknya langsung LO aja, takut malah tubanya pecah (ektopiknya di tuba kiri). Kenapa bisa ektopik ini mungkin berkaitan dengan sedikit perlekatan dan PID berulang yang ada pada diri saya.

Sebenarnya sy mmg masih belum terlalu disarankan bayi tabung, waktu itu. Saya ada PID berulang dg gangguan pada tuba (masih paten tapi dengan penekanan) dan suami sy oligoastenoteratospermia. Umur waktu BT baru 29 th (usia perkawinan 5 tahun), sudah 2 kali inseminasi, gagal. Dokter Bowo yang menyarankan BT dengan dasar melihat kualitas sperma yang mungkin untuk insem juga sulit (dan justru mumpung masih muda). Untung saya ada penyandang dana sehingga bisa mencoba proses yang cukup mahal ini.

Selang 3 bulan kemudian (dari fresh cycle), proses FET (kembali dimasukkan 3), tapi gagal. Setelah itu… sy tidak langsung proses tapi mutung dulu sampe 2 tahun… Lama ya… saya cuek aja tuh. Sedikit ada takut dengan penurunan kualitas embrio (yang tinggal 2). Tapi sy penasaran dan menunggu kesiapan mental saya.

Selama 2 tahun, saya berkali2 terkena infeksi (keputihan, anyang2 an, dll) jadi penasaran sy konsultasi dengan urologi. Ternyata tdk ada apa2 di sana (di bagian sal kemih). Jangan2 ini karena sewaktu kuliah dulu sy sering menahan kencing… Ya, sudahlah ternyata tidak ketauan juga, tapi saya puas karena sudah tau penyebabnya tidak diketahui. Selain mencari tau, saya juga usahakan terus senam (supaya peredaran darah lancar). Baru deh sy ke Bunda lagi minta FET.

Kedua embrio sy bukan kualitas yang terbaik… dan pada proses thawing hanya 1 yang berkembang. Satu hal yang selalu saya ingat dari kata2 dr Agustin, konsultan/pendamping selama proses bayi tabung di Bunda. Walaupun hanya ada kans 1%, masih lebih baik daripada 0%. Saat penyuntikan Pregnil, perawat yang menyuntik juga memberi motivasi (proses FET 2 tahun yang lalu ada yang berhasil, katanya). Entah itu motivasi atau menambah ketar-ketir… aduh kok kemungkinan berhasilnya kecil sekali… Tapi dalam pikiran sy jadikan itu motivasi.

Dan… prosesnya tidak terlalu sy pikirkan. Disuruh USG, minum pil ini, itu… disuruh suntik (yg saya heran Pregnil kok siang, biasanya kan jam 8 malam), saya tdk ambil pusing. Bahkan saat proses FET, tadinya saya mau jalan sendiri (tdk ada yang mengantar termasuk suami), sy tdk sedih (akhirnya diantar oleh mertua sy sih…). Tapi hal2 yang terdengar stresful di saat2 lain waktu itu sama sekali sy tidak ambil pusing.

Saat pemeriksaan HCG datang, biasanya saya penasaran dengan hasil tes urin yang seharusnya bisa langsung tau, sy tidak terlalu menanyakannya. Setelah ambil darah dan urin, langsung aja pulang dan hasilnya baru sy tanya keesokan harinya. Ternyata positif… Wah, kaget juga… tapi belum senang, masih biasa saja. Ternyata yang dijalankan demikian itu, sekarang saya sudah hamil 32 minggu (tidak bed rest selama proses aktivitas jalan terus).. Akhirnya sy berkesimpulan, tidak stres itu sangat mendukung.

Saat ini mulai agak deg2 an juga dengan bagaimana nanti apakah lahir hidup, tanpa penyulit, tanpa kelainan ini itu… Pikiran itu ada sih, tapi sy pasrahkan dan selalu minta doa dengan setiap orang yang mengometari kehamilan sy… Dan dalam kesempatan ini, saya juga mohon doanya supaya kelahiran nanti berjalan lancar. Amin

Jadi… teman2…jangan patah semangat ya… dan jangan stres (atau terlalu dipikirkan). Prosesnya memang harus dijalanin saja dan hasilnya lebih baik kita serahkan pada Yang Di Atas. Semoga yang terbaik untuk kita…

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (11 votes, average: 3.09 out of 5)
Loading...

28 thoughts on “Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Yuika

  1. therez

    hai Yuika.. congratulation.. seneng deh denger ceritanya.. aku doain semuanya lancar sampai lahiran nanti.. aku juga di Bunda dgn dr Taufik, baru mau fresh cycle pertama. mo tanya dong. Yuika waktu thaw yang berhasil ini masih sama dr taufik juga atau ganti dokter? thanks and sekali lagi congrats ya..

  2. tina

    HI Yuika salam kenal, congratulation….dah berhasil BT, memang kalau kita cuek dan gak stress malah bisa berhasil yach. Cerita kamu bisa jadi bahan pemikiran buat kita2 yg mo BT, yg penting jangan stress ini juga salah satu kunci keberhasilan ditambah serahkan sama yg diatas. S’lamat jd calon mama 🙂

  3. itha

    Hi Yuika..
    salam kenal.. selamat ya u/ keberhasilan kamu semoga lancar sampai melahirkan. trims a/ masukannya soale aku termasuk tipe yg stresfull n panikan jadi semua2 dipikirin, mgkn itu jg yg buat aku pas BT -1 gagal ya.Sekarag mau coba lagi mgkn mmg harus dirubah diri kita spy tdk stress n selalu berpikir positif.
    keep in touch ya.

  4. vie

    Hi Yuika, salam kenal ya..
    selamat ya atas kehamilan kau, seneng banget dengernya…
    semoga bisa nular ke aku n teman2 yang lain yang sedang/akan menjalani prog. BT, amiiin
    saat ini aku lagi blajar nech supaya bisa lebih santai dlm menjalani prog BT. karna aku hampir sama typenya dgn Itha yang suka stress,hehe karna dlm waktu dkt ini aku mo mulai BT..doakan aku y semoga bisa nular kaya kamu.

  5. mery

    Hai Yuika, selamat ya bentar lagi uda jadi mama. Semoga lancar waktu proses lahiran nanti. Salut deh buat yuika yg bisa bersikap nothing to lose, hal yg benar2 sulit dilakukan bagi yg menjalani program BT ini. Aku sebentar lagi menjalani proses BT ketiga, semoga nular ke aku kebrhasilannya Yu…GBU

  6. vie

    H Merry, kamu kapan mulai BTnya? tar kbr2i aku ya,,,wish u all the best ya… semoga keberhasilan Yuika bisa menular ke kita n teman2 yang lain y Mer…hehe GBU

  7. itha

    hi VIE…salam kenal..
    kalo ngak salah km dah mulai program n suntik2 tgl 6 okt ya, kalo boleh tanya ini bt km yang pertama ya? aku juga baru mulai suntik2 tgl 3 okt ini berarti kita hampir barengan ya… semoga sama2 sukses ya…

  8. vie

    Hi Itha, salam kenal juga ya…
    iya neh aku baru mulai synarel blm yang suntik2, Itha udah mulai suntik2 y? sakit g? aku paling takut sama jarum soalnya..hehe aku baru BT yang pertama, mudah2an kita semua berhasil ya bisa punya baby secepatnya, amiieen
    Itha BT dimana?

  9. itha

    hai vie…, aku 33 menikah 6 thn, BT di RS family Pluit, aku suntik buserelin sampe tgl 17, tgl 18 balik u/ usg n tes darah dan mulai suntik gonal.awalnya aku juga takut kok mau suntik sendiri, tapi krn lebh efesien tdk bolak balik rs jadi terbiasa juga kok walau kadang2 gagal nusuknya..hehe..kalo aku BT yang ke-2 Vie, semoga kamu bt pertama tp langng berhasil ya.

  10. vie

    Hi Itha…
    aku 26th n menikah 1th, tapi aku udah 2x laparasopi(sblm n setelah married) karna endo parah, makanya dr menyarankan untuk segera BT.
    kalo di Rs Family, pakai yang semprot2 synarel g? kalo aku di BIC pertama kali kudu synarel dulu (mulai tgl 6 okt) setelah itu tgl 16 balik ke dr lagi untuk cek darah kalo sudah sesuai prosedur mulai suntik gonal(kalo g salah) karna aku masih agak2 bingung.. kalo kamu prosedurnya gmn y? semoga qta n teman2 bisa berhasil ya biar bisa secepatnya punya baby,oya rencananya kamu kpn OPUnya? good luck ya ‘tha,,wish u all the best…

  11. Lia

    Hai semuanya, salam kenal. Namaku lia, masih 21 tahun n belum nikah. Aku suka baca sharing kalian yang ikut program BT. Kebetulan aku adl mhsiswa Fak. Psikologi, jadi aku suka ngikutin curhat2 kalian. Ci2 ku juga pernah ikut program BT, cuma gak slsai. Mungkin nanti mau ikut lagi. Jadi, aku juga pengen ikutan ya untuk infonya n semoga aku bisa tanya2 juga sm kalian semua.Hehe….Buat keluarga Yuika, slamet ya uda berhasil hamil. Semoga sehat selalu….

  12. itha

    hi Vie…
    kamu sangat muda sekali ya…dan baru menikah 1 tahun lagi..wah masih manis2 nya dong ya..hehehe :-). kalo menurt ku km knap langsng BT ngak coba IUI dulu atau cara alternatif lain? soalnya kalo masalh km cm krn endo sebenernya masih bisa hamil alami loh…
    Tapi kamu sdh mulai BT ya tgl 6 kemarin, smoga langsng berhasil ya. kalo aku di family 14 hari suntik suprefact,trus tes darah n cek telur dan 14 hari suntik gonal, tes darah lagi n cek telur kalo ukuran sdh memadahi diteruskan OPU n ET, waktunya -/+ cm 1 bulan setelah itu tunggu hasil.
    Kita berdoa yah semoga diberikan yg terbaik…

  13. vie

    iya nech, masih “brondong” haha
    aku ikutan BT karna waktu sblm married, aku ketauan kalo aku ada endo udah lumayan gede n ada 3 (2 dikanan, 1 dikiri), trus aku muter2 coba dari dr sampai alternatif sampai 1 th berlalu karna gak percaya n takut ama yang namanya operasi, akhirnya karna smua dr bilang harus operasi n alternatif gak ada hasilnya n endonya makin gd, akhirnya aku mutusin buat laparaskopi. 1th dari laparaskopi aku married, trus 6bln kmdian bukannya hamil malahan udah ada endo 2(dikanan n kiri), padahal aku rajin bgt usg ke dr, tapi entah gmn kok baru ketauan pas udah ada 2, jadinya aku pindah ke dr lain n disuruh inseminasi tapi berhub dr yg aku datengin gak bisa inseminasi jadinya aku direkomendasikan ke dr lain n kata dr-nya kalo kasus kaya aku, inseminasi kemungkinannya kecil bgt jadi mendingan aku lgs BT, jadi…ya coba BT de, daripada ditunda nanti2, takut buang waktu,hehe
    smoga qta bisa berhasil ya…sekarang kamu uda sampe tahap mana? kalo aku tgl 17 okt nanti, aku mulai suntik2 neh. hiiii serem de..sakit ga y?

  14. yuika

    Dear all,
    Trima kasih doa dari semua…
    Buat Vie, Mery, Itha.. semoga segala kemudahan dan kelancaran untuk program BTnya…
    Buat Therez: thaw yg berhasil ini dg dr Taufik… Wkt thaw yg gagal itu sempat dr Taufik digantikan (mdh2an bukan krn itu gagalnya). Faktor kegagalan BT paling tergantung dg kualitas kromosom embrio, yg di Indonesia tdk dilakukan penilaian utk itu (mahal prosesnya…). Udah mulai belum sekarang prosesnya? Smg sukses ya…
    Di emailku ada comment dari Naely, tapi ada di mana ya? Utk pekerjaan, cuti aja bisa sekitar 2 mgg. Mending setelah ovum pick up ke depan. Kalo proses sblmnya bisa diatur dg pekerjaan asalkan partner kerja mendukung. Sukses ya… Berhenti kerja, cuti, ataupun tetap bersibuk2 so’ atuh… yang penting mindset di kepala harus tetap enjoy dan relax…

  15. therez

    Hi Yuika.. akhirnya nulis lagi.. pasti lagi sibuk ya dgn khamilan yg tambah gede. kapan nih due datenya?
    Aku baru mo mulai stl terapi endrolin unt endometriosisku selesai. Blm tahu kapan, tgt responnya, kmungkinan jan/feb.
    Aku ulang2 baca share-nya Yuika. Amazing banget. Dgn kans 1% dari 1 telur yg udah disimpan 2 th bs bhasil. Yuika bisa blg gak ambil pusing, tdk dipikirkan n dijalankan aja. Kurasa aku musti bisa bprinsip kayak Yuika yah..
    Skl lg congrats ya, n thanks dah info ttg kberhasilan dr taufik ya.. jadi lebih optimis nih..

  16. vie

    Hi Yuika,
    aku lg coba ngejalanin BT “ala” kamu nech, gak pake mikir knapa bgini-knp bgt…semoga bisa berhasil kaya kamu dech, amien
    Yuika gmn kehamilannya? udah ketauan blm ce or co?

  17. yuika

    Iya, nih baru nulis lagi, sedang 36 minggu. Aku masih wara wiri ke kantor justru “sibuk” di akhir2 mau due date (awal Nov 2008). Bayi direncanakan “lewat jendela” soalnya pintunya tertutup dengan ari-ari (plasenta), mungkin pernah dengar plasenta previa, tapi alhamd termasuk yang aman (tanpa perdarahan)… Buat Vie and Therez, ada sedikit tambahan nih. Supaya tidak terlalu berpikir hasil, gantinya di kepala ini berdoa terus. Soalnya saking banyaknya faktor yang sulit kita kendalikan, akhirnya benar2 yang menentukan adalah yang Kuasa di Atas sana… Kita sudah sangat beruntung bisa mencoba dan menikmati proses BT ini, apapun hasilnya. Good luck ya…

  18. therez

    Hi yuika.. bener banget.. aku pingin tuh bisa punya kepala yang full doa, bebas kekuatiran n seneng terus..hihi..
    wah, bentar lagi bakal gendong bayi dong.. senangnya.. jgn lupa minta inisiasi dini ya, biar ASInya lancar terus..

  19. vie

    Hi yuika, kamu dah ngelahirin ya? selamat ya…babynya co or ce?
    aduhhh pasti seneng bgt ya, dah jadi mama…
    semoga aku bisa nyusul kamu ya,,,mohon doanya ya…
    sekali lagi selamat ya…

  20. pipit

    kalau blh aku tau brp biaya totalnya bayi tabung di bunda?
    aku skrg lg cari2 jg krn kmrn di diagnosa 2 tubaku non pantent cm jln satu2nya dng bay tabung to.gmn tingkat keberhasilan dibunda ama klinik infertilitas teratai pluit?
    keadaanku skrg diluar kota bingung jg.tolong ya tmn2…

  21. therez

    Pipit, biaya bayi tabung di Bunda total sktr 50 jt. Tp gak sekaligus bayarnya. Awal 22,5 jt, itu tmask unt OPU + ET (OPU itu Ovum Pick Up alias pengambilan telur, klo ET itu Embrio Transfer alias proses pmasukkan kembali telur yg sdh dibuahi). Trus sktr 1,8 jt unt obat Synarel. Nah, yg gedenya gak bs ditentuin itu adl biaya buat obat Gonal, soale obat ini tiap org perlunya beda2 dosis. standarnya sih 25 jt unt 10 x suntik. Jd ringkasnya kira2 gini, klo mo mulai BT bl dep, siaplah 25 jt bl ini n 25 jt++ lg di bulan brkt untuk obat Gonalnya.
    Buat para ‘senior’ mantan ps bunda, tlg dikoreksi ya klo salah, soale aku jg blm mulai, baru tahu ancer2nya gitu aja.., mulainya kira2 br bl jan 09.
    Klo tingkat kberhasilan di Bunda 40%, di teratai aku gak tahu..
    Pipit emang di luar kotanya dimana?

  22. vie

    Hai Pipit,
    aku mo nambahin Therez ne…kebetulan aku juga program di Bunda…
    untuk OPU+ET Rp.22,5jt, obat synarel Rp.1,8 jt, Gonal 300iu (krn aku pakenya 300iu) sekitar 8,6jt untuk 4 hari, untuk gonal harganya bervariasi tergantung dosis n biasanya pemakaian gonal berkisar antara 8-14 hari(ini buat kira2 Pipit aja), terus selama pemakaian obat, biasanya kita disuruh cek darah, kayanya 3x de, periksa estradiol n…saya lupa..itu sekitar 200rb-400rb. kayanya total biaya di Bunda sekitar 50-60an juta, n bayarnya gak sekaligus…
    setauku di teratai pluit itu belum lama buka de..tapi salah satu dr di Bunda, ada juga yang bergabung di Teratai…untuk tingkat keberhasilannya aku juga gak tau c mana yg lebih tinggi…

  23. yayang

    Hai Mulia n teman-teman seperjuangan ….

    Sorry baru hari ini kasih kabar, sore ini aku berangkat ke Penang (ini juga di bandara kebetulan pesawatnya ditunda jadi jam7 malam) mumpung gratis aku buka web he he he, aku mau LO hari Jum’at, doain yah moga-moga sukses,….LO-nya n secepatnya BT.

  24. Mulia

    @Yayang, semoga LO nya berjalan dgn baik dan kamu segera bisa mulai prgm ivf nya. Good luck & take care.

  25. Kiky

    Hi Vie, salam kenal…bgmn programnya di BIC, sudah smp tahap mana? share ya, semoga berhasil ya,mengingat umur km msh 26 chance nya pasti lbh besar, aku 27 n mau mulai bln Feb 09 sm Dr.Taufik. krn hrs LO dl skr. ditunggu sharenya. GBU

  26. May

    Hi, semua salam kenal..
    Gw May, 26thn menikah 1thn 4bln..3bln menikah gw dinyatakan positif hamil tapi cuman 8minggu doang usianya, ga berkembang kata dokter. n sampe sekarang aku ga hamil2 lagi. Kata dokter suamiku yang bermasalah karna ada Varicocele n harus operasi, mendengar kata2 operasi membuat gw bulan kemarin ke Sin buat periksa, hasilnya gw ga pa2,tapi suami yg bermasalah kurang hormon n memang ada Varicocele tapi kata dr ga perlu operasi,katanya ga menjamin bisa hamil. Kita disaranin buat BT, tapi di sana muahal banget. Nah sekarang aku mau coba BT di Jkt aja, ada rekomendasi ga dr apa yg jago di BT? prosesnya sakit gak? soalnya aku paling takut sakit.. n biayanya mahal gak? thx buat infonya…

  27. jvy

    Dear yuika,
    Selamat ya dah berhasil bayi tabungnya, wah babynya dah umur brp nih? Seneng bgt bs baca sharing nya, krn suami ak jg OAT, n kami sdh BT september 2010 di rs.family tp gagal.oya boleh tau ga yu, treatment/supplement/vitamin/obat apa aja yg hubby konsumsi sblm n selama proses BT. Karena dr cerita kamu ak punya kesimpulan pd saat proses BT hubby kamu msh OAT, dan embrio bs bertahan 2thn walopun cm 1 emby n kans hanya 1% tp berhasil satu hal yg miracle, n berarti tdk menutup kmungkinan dlm keadaan msh OAT msh bs membuahi sel telur n mjd emby yang excellent n hebat. Betul2 ak mrasa sgt termotivasi dr sharing kamu. Terima kasih ya yuika, kalo ga keberatan bs ym ak di hyeviani@yahoo.com

  28. ayoe

    Hi jvi
    Suami saya jg oat.waktu mnjelang bt.suami sy minum zurbex aja.slain itu jaga makanan n olah raga.
    Oya dia jg minum madu 3 in 1. Waktu bt msh oat. Embrio kami ada 3 1 excellent, 1 moderate, 1 poor.
    Alhamdulillah bt sy berhasil n skrg hamil 6 bulan dgn 1 janin.
    Tetep smangat ya

Comments are closed.