Pengalaman keberhasilan bayi tabung keluarga Yan

Salam kenal semuanya. Saya dan istri ingin berbagi pengalaman bayi tabung kami. Usia kami skrg 33. Sy didiagnosa OAT spermia karena varicocele dan sedangkan istri baik2 saja. Untuk pengobatan secara medis kami ke alm prof dr noekman (1thn) tetapi tidak ada hasil. Untuk secara alternatif kami pernah ke sinshe mutiara sakti, dr sidi di cibitung, sinshe sindhu tomang, dll. Tetapi tetap belum ada hasil.

Maka tahun 2012, saya dan istri sepakat ingin mencoba proses bayi tabung. Kami memilih dr karel maanary di rs abdi waluyo. Stimulasi telur dilakukan dengan obat oral.

Saat OPU didapat 7 telur matang. Setelah ICSI di hari ke3 ada 6 good embryo. ET pertama 4 embryo, hasilnya failed. Sempat shock. Lalu kami beristirahat 3 bulan sambil istri akupuntur di dr melya di harapan kita. Kemudian kita melakukan FET 2 embryo hasilnya kembali failed. Kali ini kita shock berat. Tetapi kamipun berusaha menerima kenyataan. Total biaya di dr karel sekitar 50jt.

Setelah itu kami melakukan refleksi alternatif di daerah alam sutera. Dan kali ini di sperma sy mengalami peningkatan hasil. Tetapi tetap belum bisa hamil alami.

Kami juga sempat bertemu dr selva di rs mahkota di malacca, malaysia. Beliau mengatakan dengan hasil sperma skrg seharusnya sudah bs hamil alami. Tetapi setelah beberapa bulan mencoba, tetap belum berhasil.

Setelah beberapa lama, banyak teman yang menyarankan untuk ke dr colin lee di alpha KL malaysia. Kami sempat ragu karena kami dengar bahwa biaya IVF di dr colin lumayan tinggi. Tetapi setelah kami browsing dan tanya sana sini akhirnya kamipun sepakat untuk IVF di dr colin.

Saat pertama usg, dr colin menemukan polyp 7cm di rahim istri. (Padahal semua dokter di jakarta bilang rahim istri bersih dan baik2 saja). dr colin memutuskan untuk melanjutkan program IVF. Lalu embryo difreeze. Kemudian dilakukan hysteroscopy polypectomi untuk membuang polyp. Baru setelah itu dilakukan FET.

Bagi kami ini tidak biasa, karena biasanya kan polyp dibersihkan dulu baru dilakukan proses IVF. Tetapi kami memutuskan untuk menyerahkan sepenuhnya kepada ahlinya.

Setelah stimulasi short protocol gonal f 225 didapat 11 telur matang. Setelah ICSI di hari ke3 ada 10 embryo yang survive (1 excellent, 5 good, 2 so so good, 2 abnormal). Lalu di tahap blastocyst di hari ke5 ternyata ada 2 good (top grade) blastocyst yang bisa difreeze, yang lain tidak bisa difreeze karena kualitasnya kurang bagus.

Sambil menunggu waktu FET kamipun lebih banyak hidup sehat dan berolah raga. Selain itu kami lebih banyak berdoa, karena kita boleh berusaha tetapi Tuhan yang menentukan.

Pada tgl 6 maret 2016, kami berangkat ke Alpha untuk usg endometrium. Setelah usg, dr colin mengatakan polyp sudah bersih dan ketebalan endo 10mm (triple layer). Beliau mengatakan kami punya kesempatan 75-80% keberhasilan.

Tgl 16 maret dilakukan FET 2 blast. Dalam masa menunggu ternyata istri mengalami batuk lumayan berat. Sehingga istri harus mengkonsumsi obat batuk (dengan merek sesuai rekomendasi dokter colin).

Akhirnya tgl 28 maret tiba saatnya test Beta Hcg, setelah menunggu beberapa lama ternyata dokter langsung menyalami kami dan mengatakan hasil test beta adalah 2097 ! Lonceng di alpha pun langsung berbunyi.

Tgl 11 maret dilakukan usg detak jantung baby. Ternyata kami mendapat anugrah baby twins!

Total biaya untuk IVF+FET sekitar 125jt. Freezing di alpha cukup mahal dibanding jkt karena mereka menggunakan cryotech dimana embryo pasti 100% survive. Polypectomi sekitar 25jt. (Di luar akomodasi dan tiket).

Beberapa hal kami bisa pelajari adalah di FET persentase keberhasilan cukup besar karena rahim diberi waktu beristirahat. Dan batuk di saat 2WW tidak perlu dikhawatirkan akan membuat embryo lepas. Just relax.

Semoga pengalaman kami bisa membantu.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

77 thoughts on “Pengalaman keberhasilan bayi tabung keluarga Yan

  1. Ryda

    @clyn
    Hai clyn…kasus kita sama..
    Boleh lanjut minta info untuk program di tmc dan sharing pengalaman program di tmc ? Krn kemarin tgl 8 nov 2017 saya baru ketemu dengan perwakilan TMC…dan memang ada rencana saya untuk program di sana..
    Email saya : rydafr@gmail.com
    Mohon info nya yah.

    Thanks
    Ryda

  2. Sara

    Dear all
    Saya rencana start ivf di tmc awal desember sesuai yg dijadwalkan dr nurhazinat. Kunjungan sblmnya bln september.
    Apakah disini ada yg sedang program si tmc jg sktr bulan nov/des? Mohon sharingnya n info rekomendasi apartment/rmh disekitar tmc. Tks

  3. olipe

    halo pak yan…ini olive yg sering bgt ganggu Whatsapp tnya2 terus ke pak yan…?? puji Tuhan di hari ultah saya, tb2 dpt telp dr alpha ksh info kalo dr 5 embrio yg lolos pgs ada 4 (plus bonus diksh tau jenis kelaminnya semua juga) dan yg 1 ga lolos pgs ada kelainan di kromosom 18… jadwal nanti FET januari krn dr collin mau cuti lama bln desember…mohon doa teman2 smua semoga FET saya nanti berjalan lancar hingga hamil lancar selalu….???

    @karmilasari: iya kmrn saya ketemu siti nurhaliza di klinik alpha lg nggu mau usg…?

  4. Clyn

    Hi, saya mau sharing sedikit.
    Awal 2017 kami coba bayi tabung di TMC dr surrinder & gagal – embrio tidak berkembang. Vonis dokter harus pakai sel telur donor krn kualitas telur saya grade C&D. Suami saya juga ada varikokel, jadi memperparah kualitas embrio.
    Tapi dokter tidak bisa mengetahui penyebab sel telur saya jelek.
    Kami sekarang sedang berobat ke Prof Jacoeb di sam marie, ditemukan kalau ujung tuba falopi saya lengket & posisi keatas (ini mempersulit penangkapan telur saat ovulasi). Prolaktin tinggi menyebabkan sel telur tidak bagus. Dan ada virus tokso-rubella-hsv yg harus diobat jika akan hamil.
    Saya skrg juga rajin jogging, minum vitamin,& minum jamu. Sebelumnya saya gampang sakit, skrg kesehatan saya jauh lebih baik.
    Saran saya jangan hanya coba IVF, krn dokter IVF kelihatannya tidak mau menganalisa kesehatan lebih detail. hanya concern utk IVF saja (jalan pintas).
    Saya belum berhasil hamil, tapi saya cukup yakin dgn proses yg sedang kami jalani.
    Semoga bisa memberikan masukan utk pasangan yg lain 🙂

  5. Karmilasari

    Hai mas yan,,selamat atas kelahiran baby twins nya,,pengen cerita sedikit nih,,sy dlm 3 thn udah 4 kali program BT,, dan smuax di dr. Aucky surabaya,, dan smuax gagal? BT ke 1 hcg 25 gugur, BT ke 2 hcg 168 diluar kandungan, BT ke 3 negatif hcg 6, BT ke 4 hcg 12 gugur,, sy shock ,,smua embrio fresh, artinya setiap program selalu ngulang dari awal,, (kebayang kan beban mental dan biaya yg kami keluarkan dalam 4 kali program itu tapi kami selalu mencoba untuk ikhlas)

    sebenarnya rencananya tahun depan mau program di TMC sm dr.surender tapi baca pengalaman mas yan dan istri berhasil di alpha sm dr.colin jadi kepengen ke sana juga, apalagi dengar2 siti Nurhaliza berhasil hamil skrg dari program di alpha jg,hehe,,,kira2 ada yang tau ga mahalan mana TMC atau alpha,,,atau dari segi keberhasilan,,yang keberhasilanx tinggi yang mana?

    Trima ksh mas yan,,udah berbagi pengalaman kepada kami,,

  6. Jeng Rini

    Hi pak Yan. Selamat yah kelahiran twins nya…..
    Maaf nih baru nongol lagi….
    Twins sy uda hampir 1 thn….sbntr lg ultah….sdh belajar jalan….

    Waktu itu ET sy dpt 9 sel telur. Jadi 7 embrio. Yg di ET 3 embrio. Fresh cycle. 4 lagi disimpan dan setelah lahiran tidak disimpan lagi….

    Buat yg sedang berjuang ayo semangat…..kami berdoa ada keajaiban untuk para Moms and Dads semua……

    Yakin Gusti Allah SWT selalu ada dalam setiap doa2 kita

  7. Ruth Tobing

    Hallo semua…terutama mbak clyn. Kita sama” di dr surinder. Saya ET 11 februari kemarin tp gagal dan telur yg di masukkan 1. Pdhl saya ikut PGD. Tapi haid berikutnya saya ulang lagi dengan PGD juga. Tgl 1 kmrn saya ET. Dan masih menunggu hasillah 2 minggu lg

  8. Yan

    @kristina. Suntik lucrin di JWCC ya ? Sm dr AH ? Dulu sy jg suntik lucrin disana. Ongkos suntiknya mahal bener. Mau suntik doank, dipaksa harus konsul. Kalo ga dr AH ga mau suruh susternya suntikin. Kena 1jt dah buat ongkos suntik aj.

  9. Yan

    @devia. Wih dr colin kejar tayang ya. Langsung thaw cycle. Hehehe. Ya dia kan uda pengalaman jadi nurut aj. Hehehe

    @clyn. Dokter bilang alasannya kenapa egg nya dpt 4 ? Tetap semangat ya!

    @cindy. Wah email dan telp sy lupa. Coba deh dilihat di webnya ada kok. Untuk janji ga perlu datang. Bisa lewat email dan telp. Tp lebih jelas pake telp sih.

    Untuk pertama kali datang boleh kok konsul dulu. Nanti sebelum masuk ruangan dokter, kita diinterview sm susternya. Dia jelasin proses2 nya dan catat riwayat program kita sebelumnya ( kalo bs bawa data2 program kita sebelumnya selengkap2nya). Nah nanti susternya pasti tanya mau konsul or langsung program ivf. Kalo sy dulu jawab lsg program ivf, ga mau konsul. Hehehe

  10. Cindy

    Pak yan Bisa diinformasikan bagaimana cara daftar ke dokter collin ( minta alamat email dan no tlpnya ) apa janjiannya harus langsung datang atau bisa lewat email dan tlp ? dan waktu kesana langsung program atau konsul dulu ? Thanks

  11. Devia

    @kristina
    dateng pagi jam 8, tar registration kaya biasa..
    trs ktmu colin dulu kaya biasa.. uda dicek dan oke, baru deh mulai minum banyak.. dan naik ke lantai 3..
    nanti kalo kira2 uda kenceng kantong kemihnya buru2 lapor nurse biar mulai fet nya…
    Kalo fetnya sama dr colin, siap2 nunggu agak lama dgn posisi ga enak deh.. tmnku jg kena bgitu sama dia, krn dia sibuk bgt..

  12. Kristina

    @devia

    Iya ktmu druang tunggu ya.. tp mgkn aku langsung naik k atas.. gimana sih proses fet nya nanti?

  13. Kristina

    @christina

    Kamu uda suntik lucrin blm? Aku sih tgl 15 jam 10 pagi rencana suntik di JWCC.. save no wa aku ya spy kita bs ngobrol..

  14. Kristina

    Halo chritina.. sy ternyta dmajuin FET nya jdx tgl 13 april.. na ti rebcana stay dmn di selangor? Oiya no ylp sy 081934403902

  15. Christina

    Hi Tina
    Saya Christina, estimasi fet saya sama dr Colin dijadwalin tgl 12 April, beda 2 hari sama Tina.
    Untuk lucrin depot, suntiknya di pantat. Bole minta no contactnya?

  16. Devia

    Hi Tina,

    Aku ga pgs or pgd, dr colinnya ga mau, pdhal ak da tawarin krn alasannya masi muda.
    suntikan yg aku bawa plg selalu di perut sih. kalo di tempat lain kaya pantat slalu disuntikin..
    ak cm dapet gonal f, orgalutran sama pregnyl aja sih…
    1 minggu seblum ET aku dikasi cyclogest aja.. ga ada suntikan lain juga..

  17. Kristina

    Hi devia..
    Jadi kmrn embrio ga masuk PGS?

    Oiya kmrn sebelum ET dpt suntik Lucrin ga? Soalx saya dpt suntik Lucrin sekarang bingung mau suntik dimana

  18. Clyn

    Hi Pak Yan, saya yg kemarin feb rencana OPU & FET 🙂
    Iya saya fresh cycle,bukan di dr collin tapi di dr.surrinder TMC.
    Sudah proses OPU 25feb kemarin (4eggs) besoknya dapat kabar kalau embryo tidak berkembang semua krn telur grade 4 🙁 ..padahal menurut dokter injections saya sudah dosis yg paling tinggi ( menopur 450iu ).
    Sempat shock juga kita berdua, tapi ngga mau kelamaan sedih, kita putuskan lanjut stay di KL & refreshing jalan2 sambil diskusi next plan nya mau gimana..karena apartment juga sudah dibayar dimuka sampai FET selesai hehehe

  19. Devia

    Halo Tina…

    Kemarin kalo saya dibilang karena fresh transfer jadi gagal.
    Saya kemarin juga cm masuk 1 embrio saja, alesannya masih muda dan takut kembar..
    dokternya tidak pro kembar karna banyak problem..
    Tapi untuk thaw cycle katanya bisa berhasil sampai 92% sih…

  20. Kristina

    Halo mba devia
    Aku mau tanya nih klo boleh tau penyebab negative nya apa? Oia saya d jadwalkan dr collin untuk fet tgl 14 april.. nama sy tina salam kenal ya

  21. Devia

    pak Yan, saya baru selesai ivf ronde 1 l, fresh transfer dengan dr colin. Hasilnya negative, herannya saya untuk ronde 2, dr colin mau langsung stlh period saya datang..
    padahal protokol klinik itu 2x mens untuk transfer thaw cycle…
    mudah2an untuk ronde 2 ini bisa berhasil ya…

  22. Yan

    @tina. Uda bagus dunk ada yg lolos PGS. Sy aj takut mau ikut PGS. Hehehe. Mau tinggal di ashely ya ? Ya dimana aj sama asal kitanya nyaman. Ok. Good luck. Semoga nyusul. Skrg tinggal happy2 aj biar embrionya gampang nempel. 🙂 thank u.

  23. Kristina

    Trims infonya yan.. Aku br balik dr KL rencana FET tgl 14 april.. Akhirx hanya dpt 1 embrio yg lolos PGS tp itu uda bersyukur bgt.. mgkn nanti saya rencana tinggal d ashley aja krn ada catering dari klinik yg bs d antar ke hotel.. mdh2an sy jg bs menyusul?selamat ya atas kelahiran twins nya

  24. Yan

    Ya di empire banyak apartment yg disewakan, lumayan bagus dan modern cuma tdk ada kolam renang dan gym. Harganya juga lebih murah sedikit dr neo. Sy pernah coba nginap 1minggu disitu.

    Oh ini prosesnya fresh cycle ya ? Dipegang full dr collin ya ?

    Saya lahiran kemarin tgl 2 nov. Harusnya awal desember. Tp istri kena preeklampsia jadi harus disegera dioperasi. Tadinya istri n babies sempat ada masalah tp skrg istri n babies uda sehat2 skrg. Hehehe. Perjuangan deh kalo diingat2 proses ivf sampai melahirkan. 🙂

  25. clyn

    Thanks Pak Yan infonya, sangat membantu 🙂
    Saya besok 16feb check USG ke1 langsung balik jkt, next week baru ke KL lagi & stay sampai proses ET. Kalau case kita, suami saya ada varicocele, sedangkan saya hasil test Amh rendah jadi injeksi menopur dosisnya agak tinggi. Pernah coba ke Sinshe Mutiara Sakti & Duta Mas juga tapi belum berhasil he3

    Untuk Apartment akhirnya kita book di Neo Damansara, room nya cukup nyaman & bersih, hanya tidak ada kompor jadi tidak bisa masak, paling pakai microwave saja yg simple2 hehe
    Kemarin tidak sempat survey ke Empire Damansara, ternyata ada juga room disewakan disitu ya..mungkin lebih praktis tinggal turun apartment sudah banyak restoran dll.

    Oya baby twins nya seharusnya sdh lahir ya Pak januari kemarin, bagaimana kondisinya semoga sehat2 semuanya Mom & babies 🙂

  26. Yan

    @clyn.oh iya sy lupa kasi tau. Di empire damansara kan banyak cafe, tempat makan, toko roti, dll. Dr neo dekat,tinggal nyebrang aj. Makanannya lumayan enak2 kok.

  27. Yan

    @clyn. Halo clyn. Thanks. Waktu saya di AFC, jadwal minum progynova ada ketentuan jam minumnya. Harusnya efek samping tidak ada kalo tidak tepat waktu tp mungkin lebih ke efek penyerapan obatnya kurang efektif.

    Ya, betul memang jalan kaki lumayan juga ke food area kalau dr neo. Itu lebih ke selera sih. Sy uda coba nginap di ritze 1, 2, M studio apartment, neo damansara. Ritze 1 dekat ke area makanan tp tua banget apartmentnya.

    Kalo sy lebih utamakan ke kebersihan dan fasilitas apartment dan dr neo cukup dekat ke supermarket dan mall. Karena, sebelum et, sy dan istri jalan kaki kalo belanja or makan (sekalian olah raga). Setelah et ya kami lebih banyak masak di apartment karena menghindari makan di luar. Kalo ke mall ya naik grab. Murah kok, ke 1 utama aj cm 7RM. Di mallnya pinjam wheel chair.

    Sehabis et, anjuran alpha bedrest 48 jam. Setelah itu boleh jalan tp tdk boleh aktivitas berat. Kalo naik mobil, hindari jalan2 rusak n ke luar kota. Istri sy masih jalan kaki kalo ke kolam renang atau ke lobby naik grab ( to sy ke mall setelah ada hasil +).

    Skrg uda sampai tahap mana ? Good luck ya.

  28. Clyn

    Halo Pak Yan & wife congrats utk twins nya 🙂
    Saya & suami ikut ivf di TMC dgn dr.surrinder,kemarin konsul 1 diberi injection norditropin,menopur, progynova,vitamin2.
    Kalo info dr Pak Yan ada jadwal jam yg harus diikuti utk minum Progynova (pagi&malam) ?
    Karena saya hanya diinfo oleh suster pagi&malam tidak ada jam tertentu nya.
    Apakah ada efek lain yg Pak kalau tidak tepat waktu tiap hari jam minum obatnya?

    Boleh tanya Pak utk apartment, Kemarin saya baru survey Neo Damansara cukup bagus kamar&kebersihannya, cuma saya bingung utk food area jalan agak jauh 3gedung di seberang (dekat ritze). Waktu itu bagaimana Pak apa cukup nyaman/praktis, & istri sehabis ET apa boleh jalan kaki, info dr teman saya harus pakai kursi roda kemana2 tidak boleh jalan2.
    Jadi kalau di Neo Dmsr jalan jauh juga kalau mau makan,kecuali naik grab & makan di mall hehe

    Thank you infonya 🙂

  29. Yan

    @devia Memang menurut sy dr collin uda pilihan tepat deh. Diagnosa dan perhitungan dosis obatnya teliti sekali. Orangnya juga tegas. Kekurangan nya cuma 1 dibanding jkt n penang yaitu biayanya yg relatif lebih tinggi. Hehehe

    Tp drpd lebih murah tp harus ulang berkali2 kan sama aj toh. 🙂

  30. Devia

    thanks pak Yan, baru balik dari dr.colin nih.
    Akhirnya memilih ivf ke dia, dokternya ga sombong or arogan ternyata walaupun udah famous gitu. Gak kaya dokter2 famous lain, bahkan dr colin masi tanyain lagi mau coba normal dulu gak, kalo dokter kmrn yang saya datengin dtanya bisa normal dulu atau gak langsung sinis jawabnya.
    Dokter colin juga ga matre, walaupun dia ada pgs or pgd dan teknik2 lainnya kalau dirasa ga perlu, dia ga masukin juga. So far paling sreg sama dia sih, setelah keliling dokter di Jakarta dan Penang..

  31. Yan

    @Devia : thank u. Dari opu ke et (thaw cycle) selisih waktu sekitar 4bulan. Tp itu karena istri ada histeroscopy polypectomi setelah et. Kalo dibanding fresh cycle mungkin bedanya sekitar 15-20jt.

  32. Devia

    Hi pak Yan, congrats ya buat twinsnya..
    Saya mau tanya, dari opu ke ET ada selisih berapa lama ya pak? Soalnya tadi saya baca2, adanya keterangan waktu untuk ET aja…
    Jadi total IVF sekitar 100juta ya, dibanding fresh cycle harganya lumayan jauh kah pak?

  33. Yan

    @ anto. Sy tidak pakai proses PGD karena umur masih dibawah 35 (kec ada riwayat keguguran berulang) dan sy jg takut hasilnya tidak ada yg lolos seleksi, nanti malah sia2 programnya. Iya biaya PGD cukup mahal sekitar 40jt kalo ga salah.

    Info apartment bulanan sy dapat dr web airbnb. Cukup banyak kok pilihan disitu.

    Sukses ya.

  34. Anto

    Pak, td bpk cerita kan tdk ada proses PGD ya, tp proses PGSnya ada tdk pak? Kan cukup malah ya PGS. Kemudian info sewa apartment bulanan dpt dr mana pak ? Selamat ya pak. Saya dan istri baru mulai nih. Mudah2xan bisa mengikuti jejak pak yan.

  35. Yan

    Halo Tina. Sy sarankan sih stay di neo damansara apartment (dekat curve mall dan tesco). Fasilitasnya lengkap, ada kolam renang, gym. Cuma bangunannya agak lama. ke alpha naik grab or taksi ongkosnya sekitar 7-10rm. Sy ambil yg tipe studio. Sebulan kena 2800Rm termasuk wifi,dll. (Itu juga uda nawar nya pake otot). Hahaha. Sebetulnya ada juga yg nawarin harga 2200rm tapi unitnya kurang bersih dan bau rokok.

    Kalo mau bangunan baru, sy pernah coba di mstudio apartment (sebrang neo damansara). Di bawah apartment banyak cafe2. Bangunan baru tp tidak ada kolam renang dan gym.

    Sy udah pernah tinggal di ashley dan 9square. Tp sy ga betah kalau tinggal lama disana. Sempit dan agak berisik.

    Oh pakai long protocol ya ? Kayanya kalau pakai long protocol telurnya bisa lebih bagus. Semangat ya. 🙂

  36. Kristina

    Salam kenal ya Nama sy Tina.. Pak Yan saya boleh tanya untuk tempat tinggal dsana kalo mau stay lama dmn ya? Oya saya jg lg sementra proses suntik dari Dr Collin,tp sy pake long protocol..

  37. Yan

    @Dira : Nanti sy email ya alamat refleksinya.
    @silvy : Thank u. Di KL sy sewa di neo damansara apartment 1 bulan nya 2800 myr. Fasilitas nya lengkap. Dan tidak terlalu jauh dr AFC.

    @Afita : Hi Afita, lagi nunggu jadwal et ya. WA sy di 08158853600. Semoga sukses ya buat programnya. 🙂

  38. Afita

    Hai p yan, salam kenal y, sy juga dgn dr collin di alpha nunggu2 jdwl ET dgn dr collin, bisa minta wa nya nggak p yan, mau nanya2 buat periapan ET , thx p yan

  39. Yan

    @Jeng Rini : selamat ya buat kehamilannya. Thanks buat saran2 nya 🙂 Sekarang istri sudah jalan kehamilan mau 5 bulan jadi mualnya sudah banyak berkurang, tinggal heartburnnya aj.

    Oh iya kalau boleh tahu, di dr karel di et berapa embryo ya ? Fresh cycle ? Sy dulu juga pernah mencoba di beliau tp belum berhasil.

  40. Jeng Rini

    halo pak yan, selamat untuk kehamilan istrinya…
    saya juga saat ini sedang hamil kembar jal 7 bulan, hasilbayi tabung di dr karel abdi waluyo. sharring aja saya awal2 kehamilan kembar juga merasakan mual2 yang dirasa oleh istri Pak Yan. memang sangat parah. tapi harus dibuat santai. coba baca buku/nonton tv sambil nyemil buah2an apa saja. jika bisa minum susu lebih baik. setelah muntah minum Rantin, 15 menit kemudian lanjutkan makan sedikit. oiya saya selama hamil jadi nya anti makan nasi, setiap lihat nasi muntah, jadi sy siasati makan kentang rebus / jagung rebus. sayu sy suka brokoli. jd cb makanan apa yang istri suka itu yang dimakan.
    kasih semangat ke istri, support dai, krn hamil kembar mmg cenderung “lebay” /hebring bebannya.

    setelah lewat 4v bulan masa2 mual itu akan mulai berkurang. dan imbangi dengan Jus buah2an setiap hari.

    semoga lancar kehamilannya……..amin…….

  41. Jeng Rini

    halo pak yan, selamat untuk kehamilan istrinya…
    saya juga saat ini sedang hamil kembar jal 7 bulan, hasilbayi tabung di dr karel abdi waluyo. sharring aja saya awal2 kehamilan kembar juga merasakan mual2 yang dirasa oleh istri Pak Yan. memang sangat parah. tapi harus dibuat santai. coba baca buku/nonton tv sambil nyemil buah2an apa saja. jika bisa minum susu lebih baik. setelah muntah minum Rantin, 15 menit kemudian lanjutkan makan sedikit. oiya saya selama hamil jadi nya anti makan nasi, setiap lihat nasi muntah, jadi sy siasati makan kentang rebus / jagung rebus. sayu sy suka brokoli. jd cb makanan apa yang istri suka itu yang dimakan.
    kasih semangat ke istri, support dai, krn hamil kembar mmg cenderung “lebay” /hebring bebannya.

    setelah lewat 4v bulan masa2 mual itu akan mulai berkurang. dan imbangi dengan Jus buah2an setiap hari.

    semoga lancar kehamilannya……..amin

  42. Jeng Rini

    halo pak yan, selamat untuk kehamilan istrinya…
    saya juga saat ini sedang hamil kembar jal 7 bulan, hasilbayi tabung di dr karel abdi waluyo. sharring aja saya awal2 kehamilan kembar juga merasakan mual2 yang dirasa oleh istri Pak Yan. memang sangat parah. tapi harus dibuat santai. coba baca buku/nonton tv sambil nyemil buah2an apa saja. jika bisa minum susu lebih baik. setelah muntah minum Rantin, 15 menit kemudian lanjutkan makan sedikit. oiya saya selama hamil jadi nya anti makan nasi, setiap lihat nasi muntah, jadi sy siasati makan kentang rebus / jagung rebus. sayu sy suka brokoli. jd cb makanan apa yang istri suka itu yang dimakan.
    kasih semangat ke istri, support dai, krn hamil kembar mmg cenderung “lebay” /hebring bebannya.

    setelah lewat 4v bulan masa2 mual itu akan mulai berkurang. dan imbangi dengan Jus buah2an setiap hari.

    semoga lancar kehamilannya….

  43. Yan

    @josea. Oh gitu ya tidak boleh makan yg manis2. Kalau istri saya skrg dari positif sampai skrg hamil 14mg, sehari masih bisa muntah lebih dari 20x. Kadang ada bercak darahnya. Heartburn terus. Sampai skrg setiap hari masih minum obat maag rantin. Kalau tidak minum obat, tidak bs makan.

    Istri juga kalo banyak minum air putih langsung muntah. Saya sudah konsul ke dokter, level glukosa sudah ditest. Hasilnya 5 dari batas atas 6.

    Oh iya gestational diabetes itu apa ya ? Thank u.

  44. Josea

    @Yan sy jg mual2 dr sejak positif hamil sampai 14 mgg. Kl heartburn kadang2 saja kalau lg makan terlalu kenyang maklum bumil bawaannya lapar terus apalg hamilnya kembar. Makanya sy ikut anjuran dokter utk makan model ngemil jd ga boleh lgs kenyang seperti mkn normal tp hrs sedikit2 tp sering jd pencernaannya ok. Istri hrs byk minum air putih ya biar asi nya banyak nanti.
    Oya di indo mgkn blm byk diperhatikan oleh dokter mengenai glucose level atau kadar gula. Saran sy sih jgn terlalu byk mkn yg manis2 krn bs menyebabkan gestational diabetes dan itu bs pengaruh ke janin jg.

  45. Yan

    @josea. Congrats ya buat lahiran twin boys nya. Iya dalam program ivf, tenang dan banyak berdoa adalah kunci keberhasilan. Dalam program ivf akan ada banyak rintangan tp itu jangan dijadikan halangan. Sy dan istri juga mulai ivf dgn dr collin dr bulan juli 2015 tp baru bisa FET bulan maret 2016.

    Oh iya kalau boleh tau waktu kehamilan twins nya, merasakan mual dan heartburn ga ya ? Soalnya istri sy skrg mual dan heartburn agak parah, sampai susah makan. Apa karena hamil kembar ya ?

    Thank u.

  46. Josea

    Selamat ya Yan atas kehamilan istrinya. Saya setuju kunci keberhasilan batab adalah relax dan pasrah serahkan semuanya pd Tuhan. Saya sendiri sudah 12 thn menikah dah 3 kali ivf yg gagal baru berhasil yg ke4 pdhal yg terakhir ini sy tidak berharap byk. Saya baru saja melahirkan twin boys. Jd jgn patah semangat terus berusaha.

  47. Yan

    @helen. Oh sorry, itu dr jakarta yg suruh sy test ACA dll namanya dr AH bukan dr AD. Td sy lagi ling lung. Hehehe

  48. Yan

    @helen. Hello jg. Saya test ACA 3 minggu sebelum FET. Sebenarnya istri test ACA, trombosit agregasi, dll (12 macam) itu karena anjuran dokter di jakarta (dr AD). Hasil yg lain bagus kecuali ACA positif. Dr AD menyarankan FET untuk ditunda sampai ACA nya diobati. Tp dr collin bilang FET tidak perlu ditunda, karena itu tidak berpengaruh. Kami sih lebih percaya ke dr collin ya.

    Sebetulnya dokter collin tidak pernah suruh kita test ACA dll. Malah suster di alpha sempat kesal waktu kita tunjukin hasil test darah ke mereka. Dr collin tidak percaya adanya kekentalan darah berpengaruh terhadap proses ivf. Dr collin malah bilang “tipikal dokter indonesia percaya sm kekentalan darah, padahal dokter di negara2 lain di dunia tidak ada yang percaya karena belum terbukti secara ilmiah”. Tp dr collin bilang karena sudah terlanjur ditest dan hasilnya positif daripada istri saya khawatir dan tidak tenang makanya diberi injeksi heparin.

    Setelah hasil test bchg positif. Injeksi heparin langsung distop. Jadi dr collin cuma memberi injeksi heparin supaya kita tenang aj. (Rasa cemas katanya bisa mengganggu proses penempelan embryo).

    Yang dimaksud intermediate itu angkanya melebihi batas atas tp sedikit. Ddimer istri sy tdk cek. Itu biaya testnya lumayan mahal juga kalo lengkap. Saya sih sarankan kalo mau test langsung di rscm kencana aj karena sebagian besar lab di jakarta juga dilempar kesana jg. Jadi biayanya bs lebih murah.

    Good luck ya.

  49. helen

    Hello pak yan,
    Tes aca ny kapan ya pak? Sebelum et atau sesudah et ya??
    Terus yg d maksud intermediate gmn ya? Nominal ny brp pak??
    Ddimer ada cek jg?
    Soal ny sy mau cek ACA tp kt dr ny bgus ny setelah 2 mgu et. Klo dsana gmn ya pak?
    Makasih

  50. Yan

    @elin. Thank u ya. Sebelum FET dokter colin memberi obat microgynon , proluton depot (injeksi) , dan progynova (untuk mempertebal rahim). Untuk cara minum progynova juga ada jam2 nya. Beda dengan FET di jakarta. Oh iya istri juga diberikan injeksi heparin karena ACA igM positif intermediate. istri di usg kira2 10 hari sebelum FET tp sy lupa setelah hari haid keberapa.

    Semoga membantu ya. 🙂

  51. Elin

    O ya lupa… Slamat yaa buat pak yan dan istri!! Semoga diberi kelancaran sampe melahirkan dst nya.

  52. Elin

    Halo pak yan, mau tanya nih. Sblm balik melakukan FET apakah ada obat2 an yg diminum istri untuk persiapan rahimnya? Lalu hari ke berapa haid diminta dtg untuk usg dan FET? Trims buat infonya

  53. Yan

    @erni. Thank u ya. Kalo untuk konsul awal tidak perlu stay di KL. Bisa berangkat pagi pulang sore. Karena obat2nya dibawa pulang ke jakarta. Setelah ET saja yg perlu stay agak lama, mungkin sekitar 5 hari boleh pulang dan test Bhcg di jakarta (dengan catatan tidak ada flek). Tapi karena kami mau hasilnya maksimal, kami stay di KL sekitar 45 hari.

    Alpha bisa dihubungi via email atau telp saja langsung untuk atur janji bertemu dokter. Kalau dr collin, harus antri sebulan sebelumnya. Jangan langsung datang sebelum bikin janji. Suster2nya bisa bahasa indo dan ramah2 kok. Beda banget sm RS jakarta.

    1MYR kurang lebih sekitar 3300rupiah. Boleh, sy nanti add WA nya. Semoga sukses buat programnya.

  54. erni tio

    Sore pak yan…sya erni… Slmt atas kehamilan istrinya…dan sllu baik,aman sehat dlm lindungan Tuhan,amin.
    Sya trtarik dgn crta pengalaman pak yan dan istri,program ivf di alpha kl,
    Sya jg br sja program ivf di jkr dan hasilnya gagal.
    Ada bbrp hal yg ingin sya tnyakan kpd pak yan,diantaranya mngenai tmpt tinggal,brpa lama hrs stay dsna,bgmn komunikasi awal dgn pihak alpha,apa psg dtg,apa lwat email dll yg mnyangkut proses utk programnya.
    Ohya pak 1 MYR brp dlm RP?
    Dan klu bpk gak kberatan sya ingin tnya2 (komunikasi via WA,no 085695298909.
    Tks pak yan…

  55. Yan

    @vivi : thank u. Dokter collin sepertinya bisa bahasa melayu tp tdk fasih, sy berkomunikasi dalam bahasa inggris. Kalau susternya hampir semuanya bs bahasa melayu karena sebagian besar pasien alpha dari indonesia.

    Untuk biaya ivf di dr colin :
    1. Konsul 1 : 6292 (termasuk obat, test, planning fee 1000)
    2. Konsul 2 : 2350 (obat2 dan usg)
    3. Konsul 3 : 1322 (obat2 dan usg)
    4. IVF procedure : 9980 (OPU dan biaya lain2)
    5. ICSI , blastocyst culture, embryo freezing dan maintenance : 6900
    6. Hysteroscopy polypectomi dan dnc (pembersihan rahim) : 7800
    7. Konsul 4 : 519
    8. Konsul 5 : 879 (obat2 spt heparin, usg)
    9. Thawing frozen embryo : 3500
    10. ET dr colin : 3000 (kalau dr leong 2000)
    11. Obat2 support hormon : 857
    12. Test Bhcg dan obat2 support serta usg dr tan chong : 1593
    13. Usg detak jantung dr collin : 726

    Itu biayanya dalam MYR ya. Dan itu biaya dari awal sampai sy usg detak jantung termasuk obat2 support hormon dibawa pulang jakarta. Kalau mau detail perinciannya nanti bisa sy email foto kwitansinya. Kalau program ivfnya fresh cycle biayanya lebih murah. Kalau sy termasuk thaw cycle dan tanpa PGD. Kalau pakai PGD tambah lagi 15000MYR (saya menolak pakai PGD karena takut hasil testnya embryo tidak ada yg normal). Jadi biaya juga tergantung kasus masing2 pasien. Semoga info sy membantu ya.

    Good luck ya. 🙂

  56. Yan

    Thank u ina. Refleksinya semacam alternatif rumahan gt bukan di rumah sakit. Hanya diurut di kaki dan tangan. Nanti sy cari alamatnya dulu.

    Yang tabah ya ina. Tuhan pasti punya rencana yang lebih baik untuk kita. 🙂 Istri sy juga sempat flek agak banyak di hari ke 8 setelah pengumuman positif Bhcg. Begitu tau ada flek jam 2 pagi langsung sy bawa ke UGD di TMC. Dan disuntik penguat rahim. Dan besoknya fleknya sudah berhenti. Tapi kami menunda kembali ke jakarta karena dokter melarang kami untuk kembali ke jkt. Alhasil sy harus perpanjang visa tinggal, jd total stay terakhir di malay 45 hari.

    Tips dari saya kalau ternyata ada flek atau pendarahan sebaiknya secepatnya dicek ke dokter, jangan ditunda. Dan selama masa 2 minggu menunggu hasil sebaiknya jangan terlalu banyak browsing ttg bt. Karena itu bs menimbulkan rasa cemas dan khawatir sehingga tdk bagus untuk proses penempelan embryo.

    Istri sy di 2 et sebelumnya mengalami gejala hamil setelah et tp ternyata gagal. Di et yg terakhir, istri sama sekali tidak merasakan gejala penempelan embryo, ternyata 2 embryo semuanya menempel.

    Semoga tips sy membantu ya. Sukses ya buat programnya.

  57. Yan

    Hai lulin. Thank u. Iya asal kita banyak berusaha dan berdoa, Tuhan pasti kasih jalan. Kami juga sudah berjuang selama 7 tahun, sekarang baru berhasil. Refleksi nya ada di belakang mall alam sutera. Nanti saya cari alamat dan no telp nya ya. Kita dipijat di kaki dan tangan. Dulu 1x urut 100rb, hanya 10menit. Cuma sakitnya luarrrrrrr biasaaa. Saya aj hari pertama mau pingsan (pandangan uda gelap) nahan sakit. Karena gengsi,merasa laki2 ga mau teriak sakit. Hehehehe….

    Untuk akupuntur, istri saya waktu diakup katanya perutnya merasa hangat. Kalau efeknya seberapa jauh sy kurang tau ya. Karena buktinya sebelum FET 1 (thaw cycle) kan istri sy akup terus tp ternyata ketebalan endonya tidak terlalu tebal dan embryo juga gagal menempel. Padahal bedrest total, setelah et kami menginap 1 hari di rs.

    Waktu FET di malaysia. Istri malah tidak pernah akup tp embryonya malah menempel semua. Padahal tidak bedrest total. 2 jam habis ET langsung jalan. Di cycle yg ini kami coba hidup sehat dan positive thinking (ini penting kata dr colin).

    Good luck ya.

  58. Yan

    Thank u ya helen. Sebenarnya olah raga itu tidak diharuskan sebelum program bt. Cuma dokter saya bilang kalau istri sy peredaran darahnya kurang lancar karena jarang berolah raga. Kalau program ivf kan lewat obat suntik, jadi akan lebih baik kalo peredaran darahnya lancar.

    Sy dan istri tidak berolah raga setiap hari, cuma kalau sempat dan tidak bangun kesiangan aj. Hehehe. Semoga sukses dengan programnya ya.

  59. helen

    Selamat ya pak yan dan istri.
    Mau tya emang dharuskan olahraga ya klo persiapan batab? Olahraga ny setiap hari ya?
    Karna sy jrg olahraga ni.

  60. ina

    pak Yan, Selamat ya, semoga lancar sampai melahirkan nanti.

    suami saya jua OAT pak, refleksi seperti apa yang bapak jalani?
    di rumah sakitkah atau dmana ya?

    Saya juga sudah melakukan bayi tabung fres cycle dan gagal yang kedua thaw cycle dan gagal juga bulan maret lalu. yang kedua betahcg saya sempat 1.300 tapi setelah itu pendarahan terus dan akhirnya gugur. sedihnya masih berasa sampai sekarang nih…kalau ingat hari itu.

    saya masih punya 3 embrio beku dan saya akan mencoba lagi habis lebaran ini.
    mohon tipsnya. mungkin yang pernah mengalami seperti saya.

  61. Lulin

    Hai yan, congrats yah utk keberhasilannya… semoga cpt nular ke pejuang lainnya. Mau tny refleksi di daerah alam sutera lokasi tepatnya dmn ya? Trz akup kira2 ada ngaruhnya ga ya ke kondisi rahim? Thx u

  62. Yan

    Oh iya, saya ada daftar harga lengkap biaya bt di alpha fertility centre untuk yang membutuhkan. Sebetulnya banyak cerita yg tidak sy ceritakan seperti istri flek setelah dinyatakan positif sehingga subuh2 harus ke ugd di malaysia. kami juga pernah membuang 1 ampul gonal karena dokter di jakarta yang salah suntik, dll. Karena saya takut ceritanya jadi terlalu panjang. Hehehe.

  63. Yan

    Thank u ya setya. Jadi berasa tua nih dipanggil bapak. Hahaha… Iya babynya memang kembar tp tidak identik. Kalau makanan sy dan istri berusaha makan sehat saja. Hindari makan KFC, dan sejenisnya, indomie, usahakan banyak makan makanan berprotein tinggi seperti ikan, telur dan minum susu. Oh iya usahakan juga olah raga tp yg ringan2 saja spt lari pagi supaya peredaran darah lancar.

    Istri tidak mengkonsumsi vitamin apa2 di program bt yg ke2. Jarak dr hysteroscopy ke ET sekitar 3 bulan lebih. Karena rahim diberi waktu untuk istirahat dulu sebelum siap menerima embryo.

    Yang terpenting kata dr colin itu kita harus relax, jangan khawatir dan sebagainya. Itu sangat berpengaruh terhadap hasil.

    Skrg lagi program bt dimana ? Good luck ya buat programnya !

  64. setya

    Selamat bapak yan smoga baby n mami srhat2 selalu…
    Bhcg setinggi itu seprtinya kembar.. smoga ya amiinnnn..
    Pak saya tanya ya persiapannya apa aja dr segi makanan kira2 apa yg di konsumsi ?
    Apakah istri jg konsumsi vitamin2 lain sblm program ?
    Jarak brp lama setelah hysteroscopy ke ET pak ?
    Trimakasih sblmnya ya maaf pertanyaan di borong.. hihihiiiii…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*