Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Vie

Hai salam kenal semuanya,
aku salah satu penderita endometriosis n aku udah 2 kali menjalalani operasi laparaskopi. Pada L/O pertama kali ditemukan ada 3 endo sebesar -/+ 6 cm n dinyatakan stadium 2, pada saat itu aku disuntik obat zoladex untuk 3bln yang fungsinya sama dgn tapros.Tetapi aku baru mendapatkan mens setelah 6 bln.

Aku termasuk orang yang rajin kontrol ke dr, hampir 2bln sekali aku pasti cek untuk kontrol, tetapi setelah 1thn dari aku L/O pertama kali, aku didiagnosa kalo endoku muncul lagi n aku harus di L/O lagi. Pada saat itu aku kesal sekali dengan dr-ku, karna dia pelit sekali untuk memberi informasi ttg keadaanku n selalu mngatakan untuk cepat hamil tapi dia sendiri tidak pernah memberi solusi untuk obat atau cara apa supaya saya cepat hamil, malah dia blg, kamu harus cepat hamil, walopun penderita endo sulit hamil. Jelas aja aku kesal bgt ama dia n akhirnya aku memutuskan untuk ganti dr.

Akhirnya kami memutuskan untuk ke dr. Andriono di Bunda n dia mengatakan endoku tidak perlu di operasi dulu karna masih 3cman n dia memberikan vit.e, agar saya bisa hamil. Tapi berhubung aku blm hamil juga n endoku bertambah besar, beliau menyarankan agar aku inseminasi dgn dr.Ivan di BIC.

Setelah ke dr.Ivan, beliau mengatakan kalo aku harus L/O dulu supaya bersih n diliat keadaan dalamnya. akhirnya Juni 2008, aku melakukan L/O n didapat 2 endo n stadium 4 dgn kondisi endo sudah berat, jenisnya aktif sekali. Beliau juga bilang kalo aku inseminasi dgn keadaan spt ini, kemungkinannya kecil sekali n menyarankan untuk program BT.

Setelah L/O, aku disuntik tapros selama 3bln n mulai semprot synarel tgl 6 okt, dilanjutkan dengan suntik gonal 300iu selama 9 hari, tapi karna endoku parah bgt, telur yang aku dapat hanya 6 krn mnrt dr ukuran telur sudah cukup, maka dijadwalkan tgl 27 okt dilakukan OPU.

Pada saat OPU, saya tidak merasakan sakit apapun, karna dibius..hehe malahan sangking keenakan ama obat bius, aku gak sadar2 ampe 2jam, hampir aja aku disuntik supaya bgn ama suster, tapi karna suamiku gak mau aku kebanyakan disuntik, suamiku bisikin aku supaya cepat bgn kalo gak bakalan disuntik. Ternyata bisikan suamiku manjur juga, aku lgs sadar, alhasil obat yg sudah diambil dari apotek dibalikikn lagi dech..hehe. Oya pada saat OPU telur yang diambil hanya 4, karna yang 2 posisinya sulit untuk diambil.

Tgl. 30 Okt, aku Et, telur yang berhasil menjadi embrio hanya 3 n semuanya dimasukkan, sempat sedih juga gak punya cadangan embrio tapi aku berusaha cuek aja, sampe2 sblm et, suster2 n org lab bilang kalo kemungkinan besar aku bisa berhasil karna mereka liat aku bener2 santai n becanda mulu ma suamiku. Krn menurut mereka, hampir semua org yang berhasil adalah org2 yang santai. Pas ET suamiku ikut menyaksikan semua prosesnya, dia sampe terharu ngeliat embrio melalui usg yg sudah dimasukkan ke dlm rahimku.
Setelah ET aku bnr2 sante2 di kamar, semua serba dilayanin, asyik de, bagaikan ratu…hehe
aku keluar kamar hanya saat mo BAK or BAB. n aku juga selalu minum susu anmum n jus buah.

Akhirnya tgl 12 nov, waktu yang menegangkan….
hari ini aku test urin n tes hcg…pada saat aku menunggu hasil urin, saya n suami bener2 tegang n tiba2 dr Augustine sms suamiku, bilang kalo hasil urinku positif, tanpa sadar suamiku teriak2 di bunda “vie kamu positif, kamu positif” aku langsung merinding satu badan n kami berdua sama2 mo nangis… mungkin org2 yang ngeliat kami b2 pada bingung, karna suamiku teriaknya kenceng bgt… haha n pada mlmnya dr Augustine mengabarkan kalo hasil hcgku 678,1 n dia mengatakan kemungkinan kembar, kami bener2 seneng bgt…n 2 minggu lagi saya baru disuruh usg… mohon doanya ya teman2 supaya semuanya berjln lancar.

oya tips buat temen2 yang lagi or akan menjalankan BT, jangan stress, santai aja, biarkan semua berjalan apa adanya… karna kalo qta stress itu berpengaruh bgt lo… pedomannya adalah…enjoy aja… kaya diiklan gt de.. hehe

Semoga ceritaku ini bisa menambah semangat buat temen2 yang lagi or akan ngejalanin BT.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (18 votes, average: 3.22 out of 5)
Loading...

126 thoughts on “Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Vie

  1. mery

    Dear Vie, aku terharu banget baca sharing kamu, selamat ya Vie, mudah2an semuanya berjalan lancar sampai melahirkan nanti. Sebagai sesama penderita endo parah sharing Vie menambah semangat aku.. GBU

  2. ati

    Hi, vie salam kenal
    Selamat yach atas kehamilannya semoga selalu sehat sampai melahirkan,senang baca pengalamanmu semoga suatu hari saya hamil juga.

  3. vie

    Hi Yenny,
    sebelumnya aku mo ucapin terima kasih bgt ama kamu yg udah buat web ini, bener2 berguna bgt buat qta2 yang ngejalanin BT. salut de….
    terima kasih ya buat doanya…

  4. vie

    Hi Merry…
    terima kasih ya…buat support n saran2 yg kamu kasih selama ini…
    Merry kapan mulai program BTnya? kabar2i ya…
    aku yakin pasti kamu bisa berhasil juga…amiin
    mohon doanya ya Mer, supaya kehamilanku berjalan lancar…deg2an juga karna aku blm jadwal usg…

  5. vie

    Hai Ati, salam kenal juga ya,
    terima kasih ya buat doanya…
    pasti Tuhan akan mengabulkannya kok ‘Ti, yang penting tetap SEMANGAAATT n tetap positive thinking,ok…

  6. mefda

    hi mba vie…salam kenal

    congrats yach buat kehamilannya :-)…smg aku cepet nyusul 😀
    aku belum pernah BT…br merit setaun n br memutuskan untuk periksa2 ke dokter, agak takut jg (tkt kl ada masalah or apa, tp skrng sich lg mencoba buat ngga stress)…

  7. zahra

    Hi vie..salam kenal
    saya ucapin selamat ya atas kehamilannya. semoga kehamilannya lancar-lancar ya vie. saya kemaren jg dgn dr ivan. tapi belum berhasil.. mgkn jg saya krg santai ya vie. gimana sih tips nya supaya saya juga bisa santai dan positive thingking ? sbenarnya saya ngerasa saya sudah santai, tapi ternyata menurut keluarga saya, saya keliatan sangat tegang selama menunggu waktu tes kehamilan.
    mungkin juga saya gak enjoy karena selama program, saya gak tinggal dirumah sendiri. soalnya saya dari luar kota dan selama program saya tidak didampingi suami.
    Ada rencana, saat program thaw nanti, setelah ET saya mau pulang aja. mgkn dirumah saya lebih tenang. Temen-temen ada yang tau gak, kalo abis ET boleh gak langsung naik pesawat? terima kasih sebelumnya…
    Maks

  8. klara

    selamat ya vie, boleh tahu bedrest stlh et berapa lama? Dan teman2, spt zahra, sy jg perlu info apa stlh et boleh naik pswt gak? Makasih

  9. Uly

    hai vie, salam kenal …

    selamat yah, mdh2an semua nya aman2 sj .. :)) gimana tuh sepaya bisa santai .. aku termasuk org yg kl ada sesuatu hal, pasti aku pikirin melulu .. hehehehe ..

    kl soal bt, sampe skrg sih aku masih santai aja … aku mulai periksa2 akhir bulan ini, usg dan check darah .. mdh2an bisa santai terus smp dng waktu nya BT.

    cm aku punya sesuatu hal yg selalu mengganggu pikiran ku .. keluarga dari suami ku kerjanya ngerecokin hidup ku melulu .. dari awal aku merit smp dng saat ini, mrk tdk pernah membiarkan kehidupan rumahtangga ku aman dan damai ..

    ada sj tragedi yg mereka ciptakan dari waktu ke waktu .. suami ku sampe kasian bgt sm aku .. beberapa waktu belakangan ini, suami ku bolak/i ngasi tau, jgn dipikirin lg soal mereka .. tp ga mungkin, krn sikap keluarga inti suami itu sgt mengganggu ..

    aku bingung banget, mau mulai BT tp tar ada gangguan2 lg, kepikiran deh aku nya ..

    apalagi rumah ku, jarak nya cm 2menit dari rumah mertua ku .. (sebenernya ga mau punya rumah deketan, cm ibu mertua ku nangis2, jd akhir nya suami ku memutuskan beli rumah yg deket, ternyata keputusan itu disesali setengah mati oleh suami ku .. 🙁

    aduh, teman2 .. apa yg harus aku lakukan yah .. aku bingung, mau lanjut BT ato di tunda dulu .. tp aku bingung nya lg .. di tunda bakal berapa lama .. mau menunggu situasi kondusif dulu tp kok yah ga mungkin krn sikap keluarga suami ku ternyata bukan cm ke aku sj tp juga ke mantu perempuan nya yg 1 lg .. jd aku pikir, itu sudah sifat mereka, yg tidak bisa menerima anggota lain dlm keluarga inti mereka ..

    inti nya sikap ibu mertua dan ipar perempuan, “PARAH” .. kl aku cerita disini, pst teman2 ga akan percaya .. hehehehe.

    mohon saran dong teman2 ku .. aku lg menghitung hari nih menuju program BT.

  10. vie

    Hai Uly,
    aku turut prihatin ama sikap keluarga mertua kamu…tapi menurutku, sebaiknya kamu biarin aja (emang si aku gak tau sikap seperti apa yg mereka lakuin ma kamu n terdengar gampang sekali kalo aku ngomong, tapi mang itu yang harus kamu lakukan, apalg kamu lg mo BT), toh mereka ngelakuin sikapnya yang kurang menyenangkan itu, gak cuma ke kamu aja kan? jadi gak usa dianggap mereka mo blg apa or kalo kamu berani, kamu?suami kamu ajak ngom bae2 ke kel suami kamu n tanya kenapa sikap mereka selama ini “kurang welcome” n menurutku, disaat kamu ngejalanin program BT, sebaiknya keluarga besar suami kamu gak perlu tau, karna percuma kan, kalo mereka tau tapi pada akhirnya hanya buat kamu jadi stress aja, mendingan kamu diem2 n gak usa ketemu dulu selama kamu prog BT, buat de diri kamu senyaman mungkin n aku yakin pasti suami kamu bisa ngerti, kalo kamu mau “menghindar” tuk sementara waktu dulu ma kel.suami.
    jujur aja, selama aku jalanin prog BT ini, yang tau cuma suami n ke2 ortu aja n aku gak terima telp, dari org2 yg menurutku gak penting alias yang cuma bisa buat aku sakit hati or stress sendiri, semua itu aku lakuin supaya aku bisa buat diriku nyaman n enjoy selama ngejalanin BT, tanpa ada org yang mengganggu kenyamanan hatiku. karna selama aku BT, aku uda blg ke suami n ortuku untuk ngerahasiain BT ini, aku gak malu ngejalanin BT cuma, aku males ngedenger kalo ada org yang komentar yg gak enakin…karna org2 hanya bisa berkomentar/gosip tanpa mikirin perasaan org yg mjd objek penderitanya. jadi selama BT temenku curhat cuma suami, ortu n web ini. hehe
    semoga saranku bisa bermanfaat ya…good luck ya Uly…wish u all the best…
    btw terima kasih ya buat doanya…

  11. Ratna

    Hai vie,

    Selamat atas kehamilannya, semoga semua lancar yah…

    Bener banget Vie, kita emang harus jalani program ini dengan enjoy kok. Masalah hasil itu urusan yang di Atas

    Alhamdullilah tgl 7 kemaren hasil BT aku juga positif. Aku nunggu USG tgl 21, tapi aku kok masih suka flek coklat gitu. Dikit sih & sudah dikasih obat ama dokter. Mohon doa semoga semua ok …
    Ada yang punya pengalaman yang sama gak ya ?

  12. vie

    Hai Mefda..salam kenal juga…
    terima kasih ya…aku yakin pasti kamu cepet nyusul aku…amiin
    kamu dah periksa ke dr? kalo belom sebaiknya periksa ke dr, biar jelas, walopun kamu baru kawin setaun tapi gak ada salahnya kok kalo cek dulu, justru lebih cepat lebih baik kan…jadi kalo (amit2) ada “sesuatu” lebih cepet ditangani.

  13. vie

    dear Zahra n Klara,
    amiin, terima kasih ya…
    mungkin juga tuch karna kamu gak dirumah sendiri jadinya kurang nyaman, aku juga gak tau c setelah et boleh lgs naek pesawat g? tanya aja ke dr.nya dl, bole or gak, or naek pesawatnya stlh suntik pregnil dulu biar agak safety.
    kalo aku sich sehabis et bedrest total sampe test urin n hcg n sampe skrg juga msh bedrest…hehe tapi kalo BAB or BAK tetep di wc.
    aku gak terlalu mikirin jadi or gak BTnya, pas ada gejala sesuatu di perutku, aku jg gak mikir macem2 malahan kl lg nyeri aku suka ajak ngomong perutku…hehe , sepanjang hari aku cuma baca buku yg ringan2 aja,nonton tv, n maen game, oya selama et suamiku suka bgt ngelucu jdnya aku selalu ketawa gara2 liat tingkah dia,pdhl suamiku orgnya pendiem bgt loh.
    semoga infoku bisa membantu kalian ya…n semoga berhasil BT nya…amiiin

  14. vie

    Hai Ratna…
    SELAMAT juga ya…semoga kehamilan qta lancar2 aja ya…amiiin
    oya Rat, test hcg kamu kmrn brp? kamu bedrest gak? cerita2 donk…
    kalo aku usgnya masih tgl 26 nech…gak sabar bgt sekaligus deg2an…hehe

  15. titi

    hi uly, teman seperjuangan… aq punya pengalaman yg sama,mungkin lebih seru….he…he.., aq udah menikah 9 tahun, 2kali gagal BT, smp namboru bilang gue lulus test dengan inang. aq berusaha budi alias budeg dikit dengan hal2…yang tidak welcome, aq setuju dengan vie… anggap aja itu tanda cinta dari inang n edamu. kadang perlu juga bilang dunia dua milik berdua yang lain kost… yang penting si ito sayang plus kompak dalam hal mengambil keputusan… n happpy. jangan berkecil hati tetap semangat.

    @ buat vie… selamat… ya sehat2 sampai melahirkan.

  16. Lia

    Hai ci vie, slamat ya, seneng banget deh denger berita kehamilannya, semoga lancar2 aja sampai melahirkan nanti ya,hehe….Aku juga setuju dengan pendapat n saran yang dikasih buat kak uly, menurut ku juga lebih baik kayak gitu, nggak usah mikirin orang lain yang nggak mikirin kita n slalu positif thinking,hehe….Salut juga ya sama suami yang ngasih support banget, sampe suka ngelucu supaya ci vie nggak stress,hehe…Semoga temen2 yang lain juga tetep nyusul ya…Buat kak Ratna, selamat juga ya….semoga semuanya berjalan dengan lancar, amin…

  17. Veronica

    Hii..Vie & Ratna,

    Selamat ya kalian dah bhasil BTnya…smoga lancar sampe melahirkan nanti….biar makin banyak yang lulus 🙂

    Doain kita2 ya yang masih berusaha…GBU

  18. Uly

    thanks yah vie dan lia .. semua cara sdh kita lakukan, smp ngomong baik2 jg dah kita bikin tp dng geram nya ibu mertua ku ngomong ke aku “sy cm mau ngomong sm anak sy sj” eh buset, lah gw tuh sapa dunk?temen bobo anak nya doang?hihihihihihi .. ampuuun deh ..

    kita saling bantu dalam doa yah .. smg pertolongan TUHAN senantiasa ada dlm hidup kita semua.

    vie, kbr2i yah .. mdh2an kembar ..

    btw, apa yah yg bisa membantu meningkatkan hormon Hcg itu?pengen juga bisa dpt kembar ..

  19. Hermalia

    Hai Vie……
    Selamet ya,kamu kembar berapa ?, aku juga sama Dr. Ivan dan transfer embrio 3 dan hasilnya kembar 3 juga. Selamet Ya

  20. vie

    Hai Lia,
    tq ya.. wah kayanya kamu makin rajin nech di BT.com ini, sekalian belajar ya buat bahan skripsi nanti…hihihi

  21. vie

    *Veronica*
    tq ya…saya yakin kalo qta usaha keras n tidak pernah putus asa, pasti Tuhan akan mengabulkannya..amiiin

    *Uly*
    waah mertua kamu nyeremin juga ya…yang sabar ya ‘Ly.
    ato gak kamu ngontrak rmh dulu aja/apt yang bisa cuma nyewa blnan, jadi selama kamu BT, gak ada yg ganggu kamu dulu…yang pntg kamu usahain dl yg terbaik buat diri kamu dulu selama jalanin BT.
    kalo hormon hcg, aku juga gak tau d, apa yang bisa ningkatin…

  22. vie

    Hai Hermalia…
    aku blm tau kembar brp, karna aku blm usg, nanti tgl 26 baru usg..mohon doanya ya…
    oya dulu kamu hcg nya brp ya bisa kembar 3 gitu? aku jg transfer embrio 3…
    waah aku kudu bnyk belajar ne dari kamu, gmn bisa menjaga kehamilan supaya sehat sampe ngelahirin…ada tipsnya g? hehe tq ya…

  23. Hermalia

    To Vie

    Aku lupa HCG nya berapa, dan mulai hamil 3 bulan aku udah cuti kerja diem dirumah engga kemana – mana ( tapi ke mall sebentar sih oke aja) karena semua atas perintah Dr. Ivan, apalagi waktu udah hamil 6 bulan ke atas, udah engga sanggup deh jalan – jalan karena sakit, mungkin saking besar perutnya, dan lagi aku hamilnya engga gemuk ke badan aku tapi keperut semua, oh iya kalau kamu kembar 3 berarti pasien Dr. Ivan yang kembar 3 baru kita berdua loh, nanti kalau ketemu Dr. Ivan tanya deh sama dia berapa besarnya perut saya. Kamu harus jaga yah karena kalau kembar 3 itu amat sangat riskan. Thanks ya

  24. irin

    Hai… met kenal mba Vie, selamat yach untuk kehamilannya semoga lancar ampe melahirkan yach . Amin…
    Buat mba Ully yg lg Kesel ama mertua, coba dibikin sabar setiap org hidup pasti py masalah yg hrs dilewatin bertubi2 dan bertubi2, bagaimana kita bisa berush untuk enjoy n lebih berpikiran terbuka menghadapi mslh, ya mnrt pengalamanku sich, kita redam’in hati dgn sesuatu yg bikin diri kita senang/Happy tpi jgn membuat org lain terganggu. Misal curhat ama psikolog/temen yg bs dipercaya utk cri solusi,jalan2 muterin kota, nongkrong dipantai ato baca majalah2 yg bs ‘Buka Pikiran’ kita spy kita selalu bs BERUSAHA berpikiran positif walo hati kesel bukan main.
    Coba deh baca majalah COSMOPOLITAN Indonesia/CHICK . Dgn baca2 kita jd byk belajar lho n lebih bs santai menghadapi berbagai masalah n ternyata bukan kita seorg loh yg py mslh hampir sama.
    Semoga saranku bs bantu mba Ully yg lg resaha y…

  25. olip

    to Vie: selamet atas kehamilannya moga menular ke yg lain termasuk aq, org bilang minta di injak kakinya biar ketularan hamil hihi, jadi saudara seperguruan (endometriosis club) ada yg uda lolos eliminasi, dijaga ya kandungannya vie

    to all: telah lahir kembar 4 dr proses bayi tabung dr RS Hasan Sadikin (klinik aster) kalo ga salah yg ngelahirin jg seorang dokter lho…

  26. mefda

    mba vie,

    feb kmrn dah periksa ke dokter, trus ternyata aku ada rubella n CMV…Igg sich, cuman tinggi, trus dah minum obat dokter…tp turunnya dikit banget…skrng lagi minum aquatreat-nya prof juanda…belum cek lagi mba…bulan depan br mo cek lab ama ke dokter kandungan jg…katanya sich Igg gpp, tp aku mo aman aja dech…

    aku mo ke dokter tz jacoeb, mba vie udah pernah kesana?or mba-mba yg laen ada yg udah pernah kesana?

  27. Ira Marlina

    Hallo Vie,salam kenal, Selamat ya atas kehamilan nya semoga lancar and sehat sampai lahiran, wah baca cerita kamu diatas membuat ku terharu dan tambah semangat. Ternyata dgn kondisi seperti apa pun chance kita untuk berhasil hamil memang rezeki dan campur tangan yg diatas juga ya. Walau pun para Dokter bilang penderita endos sulit hamil ternyata kamu berhasil hamil, plus positif thingking and sikap santai kamu itu pasti nya sangat berperan juga dlm keberhasilan. Semoga bisa nular nich sama aku. Pengen juga nich bisa bersikap santai spt dikau. Aku juga baru mulai program BT di BIC dgn Dr. Ivan, saat ini baru akan mulai minum pil tgl 20 oct nanti. So perjalanan ku masih sangat panjang bu:).

    To Ratna,

    Hi ratna, congratulation juga buat kamu ya hasil test urine nya positif juga, semoga semua nya lancar.

  28. vie

    Hai Olip…
    aku juga pernah denger tuh yang soal ijek-menginjak kaki atau gak perutnya saling diadu, hehe tar kalo qta ketemu kamu boleh dech injek kakiku, tapi jangan kenceng2 ya… hihi

  29. vie

    Hai Mefda…
    sblm BT, aku juga disuruh cek tokso n rubela, toksonya negatif, kalo rubela, dibadan ku udah ngebentuk anti bodi sendiri untuk virus rubela, jadi kata dr,nya gak ada masalah.
    aku blm pernah ke dr tz jacoeb…mungkin teman2 disini ada yang bisa bantu Mefda?

  30. vie

    Hai Ira Marlina….salam kenal juga ya…
    terima kasih ya…iya betul bgt, yang penting qta jangan pernah patah semangat walopun dr bilang kesempatan kita kecil, malahan aku pernah denger dari salah satu suster di BIC juga, ada salah satu pasien dr Ivan yang hanya punya 1 telur, n dr Ivan menganjurkan untuk tidak perlu dilanjutkan ke tahap OPU, tapi pasiennya ngotot n bilang, untuk dilanjutkan saja walopunn dia sendiri gak tau kondisi telurnya kosong or gak pd saat itu. untungnya telurnya bisa diambil walopun gradenya dibawah good. setelah et, dia dtg ke BIC untuk suntik pregnil dengan menggunakan sepatu hak tinggi n terlihat santai bgt n sekarang dia berhasil hamil…hebat ga? jadi menurutku, selama qta masih diberi kesempatan, pergunakan semax mungkin…jangan setengah2 n setelah itu biarkan yang diatas yang menentukan…
    tetap semaaangaaat ya bu…

  31. therez

    VIEEEE…. SELAMAT!!!!!! AAAAAAAAAA!!!!!! HOREEEEEEE!!!!!!!Dah lama gak buka web gara2 flu berat, eeehh,.. kaget banget pas buka web ketemu postingan kamu di depan! duh, sampe nangis segala lho bacanya… soalnya kita kan emang dari awal berasa sodara seperguruan endo ya..(hehe, endometriosis club kata si olip..). Vie ini emang hebat, dari awal selalu positif thinking n gak pduli seberapa berat endo-nya, tetep keep fighting.. Vie, bikin gue makin semanget deh. tau sendiri kan gimana ragunya gue dulu mo ikut bayi tabung gara2 endo jelek ini.. Vie juga yang nyemangetin untuk terus ikutan.. skarang endo gue mule mengecil, mudahan bl dep bisa mulai program.
    vie.. bagi jempolnya juga dooong.. biar gue injek juga… gak kenceng kok, paling2 gepeng..hehehehe…. wah.. skali lagi slamat ya Vie..

  32. jenny

    hi, Vie,
    selamat ya atas kehamilannya semoga lancar2 sampai kelahirannya nanti.
    Vie, sesudah ET kamu byk bedrest ya? yg dimaksud bedrest itu gimana sih, tiduran melulu ya di ranjang? jadi kalo makan gimana, apa jg makan di dalam kamar?
    utk makanan sehatnya, utk kita yg ikut B T ,mesti byk makan apa, sayur ato daging2 ya? Juicenya juice buah apa aja tiap2 hari biar ga bosen? sharing ya buat info buat kita2 nih.

  33. vie

    Hahaha…Therez..Therez.. setiap kali baca comment dari kamu, pasti aku suka ngakak sendiri…abis kamu ada2 aja c…masa jempol gue yang udah gepeng ini mo ditambah gepeng lagi…hihi
    wah jaga kesehatannya ya, jangan cape2, apalagi bln depan mo mulai prog.nya kan….
    tetap SEMANGAAAT ya….tar kalo ada perkembangan terbaru….jangan lupa dikabar2i ya…

  34. vie

    Hai Jenny…salam kenal ya… sebelumnya terima kasih ya buat doanya…
    kalo aku setelah et, turun dari ranjang hanya kalo mo ke kmr mandi (BAK,BAB,mandi) oya kalo mandi, aku juga duduk, jadi gak berdiri…
    kalo makan tetap di tempat tidur, pake meja kecil yang biasa buat anak2 ngelukis (di gramedia jual kok).
    untuk makanan, hampir semua makanan aku lahap dari sayuran(buncis,kangkung,caysim…dll) ampe daging2an (sapi, ayam, salmon),maklum rakus setelah et..hehe. aku cuma hindari makanan beli, karna takut msgnya kebanyakan, selain itu aku juga gak menyentuh makanan/minuman yang berpengawet.
    setelah et, aku juga minum susu org hamil(anmum) walopun pd saat itu aku blm tau berhasil/tidak…
    untuk jus, aku biasa minum straw n sunkist dicampur jadi 1, sebenernya boleh jus apa aja, tapi berhub. suamiku cuma jago ngejus straw campur sunkist, alhasil tiap hari aku minum jusnya gak pernah ganti. n aku juga bnyk makan buah…asalkan jangan buah yang bergetah ya…(nangka, durian, cempedak,…)
    semoga info dari aku bisa membantu kamu ya…kalo ada yang mo ditanyain lagi, jgn sungkan2 ya…semoga berhasil ya BTnya…amiin

  35. Uly

    hai teman2 ..

    > vie, hehehehe .. emang nyeremin buuuu … mdh2an aku ketularan dirimu yah .. ketularan santai nya dan tentu saja ketularan hamil nya … hehehehhehe 🙂

    > Irin, ma’acih yah .. mdh2an resah nya segera berakhir .. amiiiiin …

    > Therez, hiiiiiiii … teriakan nya kenceng bangeeeet … huakakakakak .. tp memang jadi ikutan seneng yah .. rasa nya gimana gitu .. 🙂

  36. jenny

    hai, vie
    thanks ya infonya… berarti byk makan bergizi aja ya… ngomong2 ttg pantangan buah bergetah, apa papaya termasuk buah yg bergetah ya? menurutmu gimana, Vie?

  37. therez

    Vie.. Haaa.. Nasibmu punya jempol gepeng, siap2 tambah gepeng deh.. pokoke kudu dateng ya klo ada acara ketemuan anggota web ini.. n siap2 ambil kuda2 bgitu liat gue mengendap2 yah.. kikikik…
    Uly.. iya ni, jadi histeris gitu pas baca ceritanya si vie.. Uly gimana kabarnya.. tgl 27 gw kontrol ke BIC nih.. mo nunjukin hasil ACA yg udah negatif (hmmm.. critanya mo pamer ke dokter) ama pnasaran lihat herder piaraan di perut..hehe.. Mudahan klo mens bs langsung mulai BTnya.. Uly kapan mulai BT?

  38. vie

    *Dear Uly*
    pasti dooong,kamu bakalan ketularan….tapi jangan ketularan jempolnya ikutan gepeng ya…hihi

    *Dear Jenny*
    kalo soal pepaya, aku juga kurang tau si..krn di web ini ada yg bilang boleh ada juga yang bilang gak boleh…sebenernya kalo dari dr aku, dia cuma suru pantang cafein doang, gak boleh pake balsem atopun penghangat buat di perut n gak boleh berhub. ama yang namanya cat rambut,kriting pokoknya yg kimia2 gt de..kalo boleh tau Jenny ikut BT dimana? good luck ya Jen..

  39. vie

    Therez….pasti aku pasrahkan jempolku yang keren ini buat kamu n Olip de…haha
    waah emang kapan ada ketemuan lagi ama anggota web ini…pengen bgt c kalo ada lagi…tapi sekarang aja, aku blm boleh ke tempat rame alias ke mall ma dr.nya,,hik2 sedihnya…
    tgl 27 kamu ke BIC ya?? kalo aku tgl 26..yaa gak bisa ketemu de ma kamu…semoga herder kamu, makin menciut ya bahkan menghilang…biar bisa lgs mulai BT…jangan lupa kbr2i aku ya..

  40. Ira Marlina

    Hi Therez salam kenal ya, aku mau tanya nich, memang nya pernah ada pertemuan dgn para anggota web ini yach? wah seru juga tuh klu ada acara spt itu selain sharing di web bisa ketemuan langsung and who knows bisa berlanjut terus. Terutama untuk temen temen yang berdomisili di jakarta rasa nya suatu hari ini kita perlu kopi darat ya:).

    Vie,
    memang bener ya dari dokter ivan and agustine memang tdk banyak pantangan or larangan selama program atau setelah ET. Selain istirahat cukup, kafein & teh dan yg hangat2. Selebih nya kita sendiri aja yg ngembangin he..he.. spt minum juice banyak makan sayur dan serat, banyak minum air putih dan susu? ngomong2 enak juga yach suami km jago buat berbagai macam juice berasa spt princess dong di layanin suami:). ok d keep us update yach

  41. Uly

    > Vie, gapa2 jempol ku gepeng, yg penting hamil … huheheheheheheh

    > Therez, aku lg nunggu2 haid niy, jd lgsg periksa ke dr. indra anwar ..
    cm skrg aku aga2 heran aja, udah 3hr nge-flek coklat mulu .. biasa nya kl mau haid pst flek duluan tp cm sehari doang .. lagian, jadwal haid ku masih lama .. last month aja tgl 29, biasa nya maju tp plg lama maju nya 5hr,sekitar tgl 24 .. masa’ iya siy maju nya ke tgl 18 ..

    aku tlp ke bunda, kt suster nya nunggu haid yg “merah” hari ke 2 br periksa, tp kl flek nya smp seminggu ga brenti disuru kontrol deh ..

    bingung euy .. knapa yah ..

  42. therez

    Ira.. tgl 15 kmrn br ada ‘kop-dar’ aggt web ini di MTA, tp gw jg pas gak bs ikutan.. Si Lia yang ngomporin.. tanya aja di ‘dukungan psikol lia’

  43. therez

    Uly, yang bener kita yang nginjek jempol si Vie dong, bukan kita yng minta diinjek ah.. mangkanya gw blg, si Vie siap2 diserbu aja.. huahahaha…
    Eh Uly, ngeflek brkepanjangan gitu bs krn stres lho.. coba jgn ditunggu2, siapa tahu hr ini or bsk dateng mens merah-nya..

  44. Uly

    therez, mari kita serbu jempol vie .. aku jempol yg kanan yah .. hihihih.

    flek ku dah hilang bu .. iiiiihhhh, aneh .. kl mau di bilang cape’, aku ga cape’ kok, org di rumah mulu .. 🙂 kl stress … Hhhhhmmm, tau yah, iya kali’ .. hehehehehe.

    bu, itha BT ke-2 nya gagal yah?hiks .. hiks .. jd ikutan sedih … 🙁

  45. vie

    Ira…suamiku cuma jago ngejus straw campur sunkist doang yang laennya gak bisa, hihi, makanya tiap hari aku cuma dikasih jus itu n gak pernah berubah…sampe bosen rasanya…haha. sukses ya ‘Ra programnya…jangan lupa kbr2i qta2 ttg perkembangan kamu…

  46. vie

    *Uly n therez*
    kayanya tar pas ada pertemuan lagi, aku kudu pasrahin jempolku ne ama kalian…apa c yang gak buat kalian…walopun agak menyeramkan….haha :p

  47. itha

    Hi Uly sayang…
    kamu jgn sedih gitu dong…disini dilarang ngomong sedih ah..( menghibur diri gt)..aku dah semangat lagi kok aplg baca postingan disini..hihihi..kita nanti bareng2 injek jempol vie yach..remuk2 dech vie jahe kamu ,,eh jari kamu,,,,

  48. Lia

    Duh…pada sibuk mau nginjekin jempol ya kalo ketemu…kesian ntar yang diinjekin…Gini aja, kmrn yang uda berhasil hamil n dateng ke TA itu ada 2 orang, dua2nya namanya herny lagi…Nah kalian boleh tuh minta ijin buat nginjekin jempolnyanya…Kemaren sih yang laen nggak se-ekstrim itu, kmrn hanya ngelus2in perutnya aja,hehe…Btw, ada yang punya rencana ganti nama ato nambah nama “herny” juga? Karna mereka berdua namanya sama n sama2 berhasil…Yang herny satu lagi kembar 3 lho…Makanya, untuk ketemuan berikutnya pada dateng, biar gak rebutan jempol,hehe….

  49. fenny

    Dear vie, congratulation ya… :))
    saya kemaren bulan september jg BT dgn dr ivan, tp belum berhasil… 🙁 dan nga ada embrio cadangan juga. Rencananya januari or februari 2009 mau coba lagi. Emang benar, saat tunggu hari test, itu paling menegangkan, dan trauma kalo nga positif.

  50. Uly

    hola temen2 .. seru bgt yah .. hihihiihihihi … vie, aku janji nginjek nya ga kenceng2 .. pelan2 aja ..

    kmrn aku ktm temen ku yg lg hamil, kita toss nya pake perut .. hihihihi .. tapi pelan2 .. aneh2 aja yg aku bikin … 🙂

    lia, arrange lg tp hari sabtu n di tengah yah .. such as PS ato senci ..

    btw, temen2 ada yg tau ga, memang nya ada cara utk meningkatkan hormon hcg ga yah ..

  51. Uly

    Dear Therez,

    aku baru dpt kbr dr ipar ku, kakak nya ada myom cukup gede .. dokter suru operasi tp dia nya ga mau .. trus dia konsumsi supplement Chlorophyl dari K-Link terbuat dari daun alfalfa, terakhir ke dokter malah myom nya dah hilang ..

    aku juga minum Chlorophyl .. udah kira2 5blnan .. 2minggu lalu aku beli tabloid griya sehat .. ada mengenai daun alfalfa .. ternyata kandungan vitamin nya plg lgkp ..

    menurut tabloid sehat, kandungan gizi yg ada dalam 100 gram alfalfa adalah; energi 23kal; karbohidrat total 2,1 g; serat pangan 1,9 g; lemak total 0,9 g; protein 4,0 g; vit A 155 IU; vit C 8,2 mg; vit K 30,5 mg; asam folat 36 mkg.

    tar deh, aku jiplak isi tabloid nya .. bisa ga yah masukin ke web ini … krn menurut aku, sgt bermanfaat bgt ..

    menurut kamu dimana bu dokter kandungan gizi diatas?emang bgs?aku kan ga ngerti .. 🙂

  52. Uly

    > therez, hihihihihihi .. coba ada di alfamart yah .. sapa tau harga nya murah ..
    rasa2nya semua supplement dah imun di lidah ku deh .. apa aja di minum .. 🙂

    > itha, kalo mau coba sih bisa aja .. ga ada salahnya kok. aku combined sm sari teripang (iiiih, aga amis, tp telan ajah ) .. manfaat yg aku rasa adlh badan ku lebih fit, ga pernah keputihan lagi (padahal dulu bolak/i ke dokter ngurus tuh keputihan) bete nya utk dpt produk mst jadi anggota, jd aku cari teman ku yg udah anggota, jadi tiap aku beli pake no ID temen ku, bs dpt hrg lebih murah .. huakakakakaka ..

    suami ku juga aku ks minum clorophyl, kolesterol dan asam urat nya kembali ke batas normal ..

    poko’e, dalam sehari aku minum byk supplement .. malem sblm tidur, ditutup dng vit E .. biar skalian awet muda … hihihihihihihihihi ..

    mudah2an apapun usaha kita semua ada manfaat nya yah ..

  53. Ira Marlina

    Hallo temen temen apa kabar? ngomong ngomong tentang suplement, vitamin dan obat obatan aku bener bener awam nich coz jarang bener minum suplement, cuma Multivitamin Theragran-M aja 1x sehari dan redoxon klu perlu.

    Dear Vie,
    Vie mau tanya dong waktu km dulu mulai minum pil microgynon dan folavit ada reaksi and pengaruh nya tdk ke fisik kita? aku di suruh minum selama 27 hari nich lebih lama 6 h dari jadwal normal krn waktu bt ku bertepatan bener sama natal and new year:). Dr. Ivan and Dr. Agustine tdk kasih aku resep apa apa lagi loh vie memang bgt atau kita yg mesti minta? aku baca temen temen yg bt di bic pd minum vitamin Elevit ya?

    Hi Uly,
    dimana lagi kita bisa beli supplement Chlorophyl selain di K-Link? aku tertarik juga tuh denger kakak ipar kamu minum supplement itu bisa hilang myom nya? setelah berapa lama konsumsi br terlihat khasiat nya? maklum myom dan kista kan penyakit yg paling sering di temui di kaum hawa:).

  54. moena

    Hallo all ikutan nimbrung ya,
    Sd lama saya ikutan buka blog bayi tabung ini dan membaca komentar2 dr kalian adalah support buat saya menjalani BT.
    Saya mona 3 tahun menikah Tuhan belum kasih berkat anak, mungkin krn kondisi suami yg obesitas ( suami beratnya 150kg & sprema dirinya tdk cukup banyak dan cukup kuat u/ berenang ketujuan) dan jg lingkungan yg tdk mendukung tinggal satu rumah dg mertua dan juga adik ipar yg sd berkeluarga( see… Mba Ully anda masih beruntung sd py rumah sndiri ^-^).
    2 thn saya program normal dg Dr.Indra namun belum berhasil, kemudian dg tekad bulat saya dan suami ikut program BT dg Dr.Ivan walaupun mertua agak2 tdk setuju, sejauh ini program berjalan lancar resep yg rutin diberikan hanya Folavit yg wajib diminum awal des saya sd mulai OPU, thanks for mba Vie buat tips untuk RELAX dan SANTAI..
    Btw suamiku sd rutin minum Cholophyl sejak 6 bulan lalu tiap pagi dan malam ada efeknya lo check sperma terakhir jauh lebih bagus dari yg sebelumnya.
    Wish u all the best u/ program BTnya ya..

  55. laisya

    Hi Vie,

    Lam Kenal ya..,sedikit sharing buat teman teman semua,tgl 19 nov lalu aq ikut thawing,n obat yang dikasih Dr Aucky sama kaya yang Yenni pake (progynova & Cyclogest) kalau kamu dikasih obat after ET apa aja?
    Doain aq juga ya temen2 supaya bisa nyusul temen2 yg lain yg sudah berhasil..seperti kamu Vie…coz aq yg Fresh Cycle 3 bln lalu gagal,hick..hick..

  56. vie

    Hai Ully, aku mo nanya kamu kasih obat ke suami kamu apa y, yang bisa nurunin kolesterol n asam urat? karna suamiku kolesterol n asam uratnya tinggiii beneeer….n belinya dimana?

  57. vie

    Hi Fenny, tq ya…kalo boleh tau dr Ivan blg belum berhasilnya karna apa? n tar pas fresh cycle lagi kamu di dr. Ivan lagi or ganti dr? tetep semangat ya…

  58. vie

    Ira, pil mygrogynon itu yang sejenis pil kb ya? waktu aku program BT, aku gak konsumsi obat itu karna waktu itu aku habis laparaskopi endometriosis jadinya aku disuntiknya tapros selama 3 bln n langsung lanjut ke program BT. kalo obat folavit, aku mang disuruh minum tapi mang aku ganti sendiri ama ELEVIT, kata dr Ivan sama aja kok cuma waktu mulai suntik gonal, elevitnya aku stop n baru minum folavit karna dr.Augustine takut asam lambungku meningkat kalo tetep konsumsi elevit.

  59. vie

    Hai Moena,
    Des ini mo OPU ya…sukses ya…semoga semuanya berjalan lancar ya…tetap semaangaat…wish u all the best.

  60. vie

    Hai Laisya,
    after ET saya dikasih vaginal gel(crinone), duphaston n folavit. 5 hari setelah ET saya disuntik pregnil. Good luck ya Laisya.

  61. therez

    Hi Ira.. aku di BIC juga, n bener, aku jg dptnya elevit. Tp rasanya gak pa pa kok minum vitamin apapun, namanya jg suplemen, fungsinya cm sbg tambahan aja.. ya, klo mo coba chlorofil jg boleh.. Klo mnrtku, yg namanya herbal or alternatif itu sifatnya boleh dicoba tapi tidak memastikan. jd bisa aja yg satu “ngefek”, yg lain nggak.. tp skl lg, mo coba sih bole2 aja..

  62. novita

    dear VIE..memangnya elevit bisa merangsang asam lambung keluar yha..3 hari ini aku gak konsumsi suplemen apapun,maghku kambuh sakit banget,jd kalau minum folavit lebih aman buat lambung dibanding elevit yha?? btw selama suntik2 gonal suplemen apa aja yg boleh dikonsumsi vie??oh yha kata dokter internisku suplemen chlorella minumnya gak boleh dicampur suplemen lain katanya bisa meluruhkan semua kandungan vitamin yg lain karena bersifat diuretik alias membersihkan usus

  63. Uly

    > Dear Ira ..
    chlorophyll otu bisa beli di stockist yg penting punya nmr anggota, kl aku pake nmr anggota temen ku … hihihihi .. males lg kl mst ikutan MLM gitu .. 🙂 kl brapa lama khasiat nya baru terlihat, benar kata therez, tiap2 org akan berbeda .. sama dng mona, suami ku juga sdh mengkonsumsi chlorophyl sdh sejak 5 – 6bln lalu .. hasil nya di sperma belum ketahuan krn baru akhir bulan ini diperiksa, tp efek nya dah keliatan ke kolesterol dan asam urat nya.

    > Dear Mona ..
    sabar yah, pasti suatu saat kamu akan punya rumah sendiri kok .. 🙂
    suami mu di-diet’in aja mon .. kasian juga loh kl BB segitu .. suami ku BB 98kg, aku atus porsi makan nya .. aku biasa’in makan ga terlalu byk, yg penting bergizi .. suami ku masih minum susu tp 3 kali seminggu aja .. selang/seling sm mix juice (campuran orange,tomat&apple) olah raga juga semampu nya aja .. yg penting smpt berkeringat, makan daging nya paling sebulan sekali, sisa nya paling byk ikan .. yg paling ampuh utk suami ku adalah krn makan terakhir jam6sore .. :)diatas jam 6sore kl lapar aku cekokin buah2an .. kdg2 suami ku ga dirumah, tp suami ku dah mulai biasa makan dng porsi kecil .. walaupun kl ga dirumah tidak bisa makan sperti yg biasa dilakukan.

    skali2 aku kasi bonus, makan coklat or lain nya .. 🙂

    btw, mon .. mdh2an OPU berjalan lancar yaaaahhh ..

    > Dear vie ..
    suami ku tiap 6bln harus medical check, tuntutan dari pekerjaannya .. paling sering naik turun tuh kolesterol dan asam urat .. jd selain chlorophyll aku juga kasi squamega (squalan dan omega), sehari 1 aja .. hasil nya menggembirakan kok .. 🙂 dibatas normal .. klpun lebih, ga jauh2 dari batas normal .. naik nya msh 1 digit .. 🙂

  64. therez

    Hi Novita.. wah, pasti gak enak banget yah klo maag lg kambuh gitu.. eh, aku ikutan nimbrung nih.. elevit itu emang bs merangsang lambung krn kand vit C-nya lumayan tgg. Klo folavit isinya murni asam folat, gak mrangsang lambung, jd blh terus diminum..
    Chlorofil emang sifatnya diuretik, artinya bisa bikin pipis tambah banyak. Sdgkan vit2 kbanyakan larut dalam air. Jd klo pipisnya banyak, alhasil vit lain yg larut di air ikut kebuang deh..

  65. ari

    hai vie salam kenal ya…saya mo tanya apakah setelah proses et kamu ada melakukan kegiatan yang lain …berapa lama kamu di kamar hanya setelah proses et…mohon dijawab ya vie karena rencananya kami juga mau bt dibulan maret…puji Tuhan ada vie yang kasih obat relaks jadi mungkin nanti kita ngak kesulitan…
    oya vie sebelum mengikuti bt apakah kamu kerja?dan sekarang apakah masih kerja juga vie…

  66. Ellin

    alo vie….salam kenal yah.. aku ikutin cerita kamu nih..
    gimana kabar kamu? sudah usg? semoga sehat yah janinnya….

  67. vie

    Hai Ari…
    setelah proses ET, saya tidak melakukan aktifitas apa2, selalu di tempat tidur saja, kecuali ketika mau ke kamar mandi…ketika mandi juga saya duduk tidak berdiri. saya bedrestnya dari proses et sampai pas test kehamilan.
    Pas saya memutuskan untuk program BT, saya sudah tidak bekerja lagi, biar bisa lebih santai n fokus pas jalanin BT…
    semoga berhasil ya BTnya, yang penting santai aja n pasrah ama yang diatas…GBU

  68. vie

    Hai Laisya…
    biaya di bunda sekitar 60jt, tapi itu juga tergantung ama dosis gonal yang kita pakai, kalo dosisnya semakin kecil ya semakin murah biaya BTnya…tapi karna waktu itu dosis gonal ku lumayan tinggi, jadi budget yang diperkirakan 52jt, jadi bengkak de…hehe

  69. vie

    Hai Ellin,
    Terima kasih ya doanya, aku sekarang sudah 9 minggu n aku hamil kembar 2, Puji Tuhan ketika di usg detak jantung n ukurannya normal…setiap kali mo ke dr rasanya deg2an bgt…hehe…mohon doanya ya Lin, supaya berjalan lancar ampe nanti ngelahirin…
    kalo kamu gimana Lin, dah pernah BT or blm?

  70. ninie

    hai vie… salam kenal
    Selamat yach atas kehamilannya, semoga semuanya lancar sampai melahirkan dengan selamat. Saya udah married hampir 7 tahun. sekarang umur saya 36 th. tahun pertama saya keguguran +/- sudah 2 bulan dan belum dapat lagi. karena mens tidak teratur dan kegemukan badan dari kecil sampai sekarang.

    saya mau tanya endo yang dialami sama vie itu apaan?
    saya belum begitu ngerti. apa itu sama dengan endometrium?
    saya sudah setahun berobat di RS Hermina supaya bisa hamil. sekarang ini saya mengalami penebalan endometrium yang kedua kalinya dan juga harus dikuret kembali, yang pertama bln Feb 2008. tapi saya minta dengan obat saja dulu.

    saat ini saya bingung, mesti berobat kemana lagi? dokter mana yang dapat menyembuhkan gangguan hormon. setelah itu saya juga mau ikut program supaya bisa hamil. saya minta tolong pendapat teman teman semua untuk masalah saya. dan juga dapat kirim ke email saya dedeninie@yahoo.com

    dan kalau mau cari klorofil dari K-link, biasanya saya beli di toko obat dekat gloria pancoran kota, disana dijual bebas loch. thanks sebelumnya

  71. vie

    Hi Ninie,
    sebelumnya terima kasih ya atas doanya…
    waktu itu yang saya alami kista endometriosis, jadi terdapatnya kelainan seperti kantong yang berisi cairan darah mens yang seharusnya keluar semua pada saat menstruasi tapi karna terdapatnya kelainan, sebagian darah mensnya malah tertampung di dalam kantong tersebut. kalo gak salah endometrium itu dinding rahim. jadi beda dengan endometriosis. (kalo penjelasanku ada yang salah, tolong diralat ya teman2).

    kalo saya berobat dengan dr. Ivan R. Sini, beliau praktek di Morula BIC(Bunda International Center). menurutku beliau cukup komunikatif n amat mendetail dalam menjelaskan sesuatu. beliau tiap hari praktek kok, oya no tlp BIC 31922005.
    karena dengan bantuan beliau, aku bisa berhasil hamil. menurutku gak ada salahnya kalo kamu coba second opinion dari dr lain.

    oya kalo emailku, vinesha_chan@yahoo.com

  72. Ninie

    hi.. vie
    thanks yach atas informasinya. rencananya besok saya mau ke rs bunda tapi sama dr taufik yang kata orang spesialis hormonal. saya sama taufik udah dokter yang ke empat.
    yang tiga dokter itu juga bilang harus dikuret.
    cuma kayanya saya yang males dikuret. nanti hasilnya saya ceritain yach… tapi jangan bosen… yach.

    salam Ninie buat si bayi… biar sehat-sehat aja mesti dengerin kata mama vie yach… rasnya kok ikut senang yach bisa hamil.

  73. vie

    Hi Ninie,
    kemaren habis dari dr ya? apa katanya?
    gak mungkin bosen dong, malahan seneng namabah temen curhat lagi..hehe

  74. Ninie

    hai vie..
    begini nich ceritanya
    kata dokter taufik gw sudah jelas ada gangguan hormonal waktu di usg endometrium punya nie udah mulai mengecil, tgl 18 dec kemaren dulu ukurannya 225mm x 387mm dan sekarang 214mm x 234mm, sedangkan ukuran 160 mm aja udah tidak normal gitu, jadi mau coba obat dulu aja. ada perasaan lega sedikit sich karena mulai mengecil. tapi masih was was juga nich takut pendarahan yang berlebihan seperti seminggu yang lalu. selain obat-obatan gw juga harus diet plus exercise karena kegemukan he.. he…

    kuret itu sebenarnya juga diperlukan untuk mengetahui adanya sel kanker atau tidak. tapi waktu awal Feb 2008 tidak diketemukan sel tersebut [aman-aman saja…] jadinya boleh coba dengan obat. begitu dech ceritanya.

    vie chan yang ada di facebook itu vie apa bukan?
    ninie diajak sama mulia untuk buka facebook disana.

  75. vie

    Hai Ninie,
    yup, yang di FB itu aku…
    kalo boleh tau penyebabnya karna apa ya? tapi syukur de kalo udah mulai mengecil, berarti obatnya terus dilanjutin dong.. btw kalo untuk diet, banyak2 aja olah raga n kalo diatas jam 7 jangan makan lagi, kalo laper makan buah aja…

    oya kalo kamu mo nambah temen curhat lagi, masuk aja ke “salam dari Therez”, kebetulan dia dr anak, siapa tau dia juga ngerti ttg masalah hormonal, orangnya asiiik kok n pasti kalo dia ngejelasin jelaaas bgt…(iya gak bu dokter..hehe).

  76. Ninie

    Hai vie…
    Met tahun baru yach… gimana kabarnya liburan…
    kemaren nie udah mau di suruh opname di Bunda, tapi karena Hb masih baik jadi boleh pulang dech…

    waktu hari sabtu obat yang nie minum sudah habis terus katanya kontrol tgl 2 Jan 2009, tapi hari senin sampe kemaren pendarahan terus, akhirnya kemaren dirawat di KB sampe sore baru boleh pulang. sekarang sich udah mendingan pendarahannya.

    agak stress juga karena pendarahan terus… jadi sekarang banyak minum vitamin… sama obat-obatan dech…

  77. therez

    Hi Ninie.. kenalin gw therez, ikutan nimbrung krn ikut prihatin baca cerita Ninie. Pasti gak enak yah prdarahan berulang gitu. Moga2 skrg udah baikan. Spt kt Vie, gw cm dokter anak, bkn SpOG, jd gak bs jelasin detil banget. Perdarahan Nie itu kemungkinan yg namanya Dysfunctional Uterine Bleeding, jd perdarahan krn kurang balance-nya hormon.
    Selama bs pake obat mmg sebaiknya obat aja, tp klo endometriumnya udah cukup tebel ya mmg hrs dikuret. Pokoke ikutin aja anjuran dr taufik, Nie, dia emang bagus kok..
    Smg semua cpt mbaik ya Nie.. Tenang aja, DUB bs dikontrol kok, jd kemungkinan hamil jg masih trbuka lebar.. tetap optimis yaaaa…

  78. dee

    hi all, kenalin namaku dee. seneng rasanya baca pengalaman vie yang bisa hamil. saya sendiri sudah 2x inseminasi tapi gagal. yang pertama di brawijaya hospital, kedua di rs bunda.
    saya mau tanya juga sama teman2, dokter bilang telur saya cuma 1, kemarin waktu di insem sempat ada 2 tp yg 1 tidak tumbuh. dokter bilang itu krn efek dari laparoskopi yang saya lakukan (saya sudah 2x laparoskopi karena endometriosis).
    rencana bayi tabung juga terpaksa tidak dapat dilakukan karena kemarin waktu di usg ternyata tidak ada telur yg kelihatan. saya jadi patah semangat, apalagi setelah dokter bilang kalau mau bayi tabung tiap bulan saya harus dipantau, bila sudah ada minimal 3 telur baru dilakukan bayi tabung.
    apa ada teman teman yang punya masalah seperti saya dan berkenan sharing pengalamannya?
    thx all.

  79. vie

    Hai dee,
    kalau boleh tau kamu waktu itu coba BT di rs mana? n dikasih gonal berapa iu? kebetulan aku juga udah 2x laparaskopi n efek samping dari L/O itu memang mengakibatkan produksi telur kita berkurang karna pada saat L/O ada sebagian besar telur kita juga ikut terbuang, karna itu biasanya bagi “penganut endometriosis” diberikan gonal (obat suntik untuk merangsang produksi telur) lebih besar dosisnya.
    waktu itu aku dikasih gonal degan dosis 275iu/300iu (aku lupa dosis pastinya) n telur yang aku dapet 6 tapi yang bisa diambil hanya 4 n yang jadi embrio cuma 3.
    semoga info dari aku bisa membantu kamu ya dee…

  80. herni

    tuk vie lam kenal and selamat yach atas kehamilannya,smoga anak2nya bertumbuh,berkembang dgn baik dan sempurna sampai pada kelahirannya.aku herni akupun bt dan saat ini aku sedang hamil anak kembar 3,2 cowok dan 1 cewek,saat ini usia kehamilanku menginjak jln 4,5 bln.

  81. dee

    hi vie,
    duhh aku kok bego ya, aku lupa disuntik gonal atau bukan ya? pokoknya waktu itu aku minum obat hari ketiga mens selama 5 hari lalu dikasih suntikan 3hr berturut2, disuntiknya di perut. pas di cek ternyata telur yang tumbuh cuma 1, yg 1 lg ga tumbuh. hari ke-4 disuntik pemecah telur dah gt besoknya selama 2 hari di insem. aku jg dikaish obat penguat janin ultrogestan dan progynova tapi ga berhasil juga 🙁 pas gagal insem aku jd sedih bgt, kynya kok langsung ga semangat ngapa2in.

    aku sempet tanya sama dokternya, apa ada cara untuk memperbanyak telur/meningktkan kualitasnya dengan minum vitamin atau makan apa gitu, katanya ga ada. aku jd tambah stres deh. kt dokternya hormonku (aku lupa hormon apa) terlalu tinggi, makanya produksi telurnya sedikit. mau bayi tabung juga ga bisa karena pas di usg telurnya engga ada 🙁 padahal kemarin setelah gagal insem, rencananya aku mau lanjut bayi tabung, ternyata ga bisa juga.
    apa telurnya bisa muncul kalo kita ga dalam keadaan stres? jujur aku kayanya lagi stres tingkat tinggi nih, semuanya dipikirin, apa2 buat stres, kantor lg sibuk jg. apa itu berpengaruh ya vie?
    thx for sharing ya vie, really really appreciate it.

  82. dee

    eh sori lupa kasih tau, aku insem di rs bunda dengan dokter indra. sebelumnya di brawijaya hospital, tp banyak banget informasi yang aku baru taunya pas insem di bunda. di brawijaya dulu aku ga ngerti soal telur dan lain2, br ngeh sekarang ini hehe

  83. Tety

    Hallo semua, mau ikutan gabung nich aku sekarang ini lagi ikut program di Klinik Yasmin rencananya bulan ini aku mau coba insem. setelah melewati hasil pemeriksaan aku ternyata aku positif antibodi anti sperma kalau hasil pemeriksaan suami menurut Dr. untuk sperma suami tidak terlalu mengkhawatirkan hanya kurang gesit sedikit. aku mau sharing dong ada yang punya pengalaman dengan Insem tingkat keberhasilannya berapa persen yach?

  84. vie

    Hai Herni, salam kenal juga ya…
    selamat juga ya Her, kembar 3 lagi pasti seru banget tuch…
    Her, usia kandungan berapa si bisa ketauan jenis kelaminnya? wah kamu enak ya, jadi udah pas deh ada ce n ada co…kmrn aku usg 4d tapi blm ketauan jenis kelaminnya apa, mungkin karna baru 3bln kali ya….hehe
    sekali lagi selamat ya bu, semoga ibu n anak2nya sehat2 semua sampai ngelahirin…amiiin

  85. vie

    Hai dee…
    iya kayanya kalo stress juga bisa memicu deh, karna kalo yang aku denger2, disaat kita mulai suntik2, kita juga udah dianjurkan untuk santai n gak stress.
    oya kamu endometriosisnya stadium berapa? karna setau aku kalo endo-nya udah stadium lanjut alias terjadi banyak perlengketan, mendingan kita langsung ke program BT, karna kalo inseminasi dianggap tingkat keberhasilannya jauh lebih rendah…
    jangan patah semangat gitu dong bu, harus tetep semangat…kan kita harus usaha semax mungkin untuk dapetin yang kita mau…
    trus sekarang kamu konsultasi ke dr siapa?

  86. dee

    hi vie, endo ku pas terakhir di operasi udah lumayan parah, pelengketan dimana2, operasinya jg sampe hampir 7 jam.
    aku sebenernya kemarin udah siap mau BT, tapi karena tidak ada telurnya akhirnya di pending sama dr indra. masalah telur itulah yang buat aku pusing, lah kalo telurnya cuma 1-2 berarti BT nya ga akan dimulai2 dong ya 🙁
    aku pingin coba dr ivan sih, sama2 di rs bunda juga, pingin tau secnd opinionnya aja. apa sebaiknya aku sama dr indra dulu ya vie?
    thx ya vie buat nyemangatin. kalo baca pengalaman kamu dan temen2 lain sih aku jd semangat lg, tapi masih antara semangat dan ga semangat hehe
    makasih yaa

  87. Ira Marlina

    Hi vie, apa kabar? sdh masuk usia kehamilan 3 bulan masih suka pusing dan mual nggak? mudah2 an sdh lewat ya morning sicness nya. Hari ini aku bari suntik pregnil tapi hanya 1/2 ampul aja krn hasil E2 stelah ET+3 stabil dan tinggi. mau tanya dong vie dari H ke 5 sampai 14 hari setelah ET kamu pernah ngerasa mules mules gitu nggak sih vie?

    Oh ya waktu suntik pregnil kamu datang ke BIC atau suster nya yg dtg ke rumah krn kamu lagi bed rest? wah ini kedua kali ada suster di BIC yang nawarin service khusus dateng kerumah untuk suntik plus nawarin royal jelly ha..ha.. lucu banget ya.

  88. vie

    Hai Dee,
    kebetulan aku juga dgn dr Ivan yg di bunda…tapi menurutku dr Indra juga bagus kok, cuma kalo kamu mo cari second opinion si gak masalah juga c…
    oya aku punya crita neh, waktu aku et, salah satu suster di bunda cerita kalo ada pasien dr Ivan yang hanya punya 1 telur, tadinya dr Ivan memutuskan untuk program BT tidak dilanjutkan krn telur yang dihasilkan hanya 1, tapi si pasien ngotot untuk tetap diteruskan BTnya dgn resiko apapun, akhirnya dr Ivan untuk memutuskan opu n syukur2 telurnya bisa diambil n bisa menjadi embrio n sekarang si pasien berhasil hamil, walopun dgn 1 telur saja…mnrt keterangan suster, si pasien ini, terkesan santai bgt walopun dia tau kesempatan dia pada saat itu, kecil sekali, tapi mungkin dengan keyakinan dia yang begitu besar, program Btnya berhasil dengan lancar..
    so dee, saranku, disaat kamu memutuskan untuk ikut program BT, kamu harus bener2 yakin n pasrah, jangan selalu berfikir ttg hal yang negatif tapi mulailah berfikir ttg yang indah2 yang bisa buat hati kamu tenang…
    semoga ceritaku bisa membantu kamu ya dee…

  89. vie

    Hai Ira,
    waaah bagus dong kalo E2 kamu dinyatakan stabil n tinggi.
    waktu itu aku suntik pregnil hari ke 5 stlh et n aku suntiknya di rs deket rumahku. wah si suster bisa aja ya sekalian jualan..hehe
    setelah et yang aku rasain, terkadang perut bagian bawah terasa panas n mules2 seperti mau mens gitu.
    semoga programnya berhasil ya bu….amieeen
    santai aja ya…

  90. Ira Marlina

    hi vie, thanks ya. aku baru tahu loh kalau ternyata kita bisa suntik pregnil di RS mana aja ya? pakai surat pengantar tdk? apa langsung aja ke dokter kandungan waktu itu? kadang kadang para suster ada juga yg coba coba cari side income, mungkin krn gaji mereka rendah kali ya. Wah masih harus nunggu lama banget nich vie sdh bosen juga walau pun cuma melakukan yg enak enak aja and santai terus he..he.. biasa aktif. tapi demi impian menimang buah hati..moga moga berhasil.

  91. mery

    Hi Ira…semoga program kamu kali ini langsung berhasil ya…
    Pokoknya tetap positive thinking, yakin aja pasti BERHASIL!!
    Btw, kapan test bhcgnya?
    Good Luck, Ira..GBU

  92. dee

    hi vie,
    thx buat masukannya ya, aku kynya emang harus belajar santai nih kalo pingin cepet punya momongan hehe
    dan kalo dalam beberapa bulan ini telurku emang cuma 1, kayanya aku pgn coba aja deh. siapa tau ya udah waktunya dikasih momongan n jadi.
    smg kita semua yang belum waktunya mendapat momongan bisa segera diberi allah swt ya. amin.
    thx ya vie buat sharingnya.

  93. novita

    hie vie mau nanya nih, waktu dulu proses suntik2 hormon hari ke 2 mens dst rasanya badan gimana? kl aku kok lemes,kliyengan and malas ngapa2in yha gak aktif kayak biasanya,temen2 yang lain ada nggak yang seperti aku…

  94. novita

    for dee don’t ever give up…beberapa bl lalu aku malah gak ada telur sama sekali…so nangis bombay deh..tapi aku gak putus asa..aku minum suplemen2 yang disarankan, makan lima putih telur sehari,akupuntur and positive thinking of course eh telurku melonjak jadi lima so dr Indra mutusin untuk bt, coba terus and pray yha dee

  95. dee

    hi novita,
    wah hebat bener nov, tnyata dari supplemen dan makanan telur2 itu bisa berkembang ya?
    boleh tau ga tips2nya, such as suplemen apa aja? putih telur harus digodok/digoreng? akupunktur dimana?
    soalnya aku tanya dr indra, katanya tidak ada supplemen/makanan yg bisa bantu, makanya aku jd down bgt. tapi baca cerita novita jd semangat lg nih mau nyoba.
    thx a lot sebelumnya ya nov

  96. vie

    Hai Ira,
    qta memang bisa suntik di rs mana aja tapi sebelumnya kamu musti bilang dulu ke dr Ivan atau dr Augustine untuk konfirmasi kalo kamu mo suntik di rs lain untuk diberikan surat pengantarnya.
    anggep aja sedang menikmati hidup ‘ra…hehe
    selamat bersantai2 ria ya ‘ra n semoga berhasil…ditunggu hasil testnya ya…

  97. vie

    Hai Novita,
    waktu itu aku juga ngerasa lemes bdnnya n cepet cape, jadi aku bawaannya pengen tidur mulu…hehe
    kamu udah mulai suntik2 ya?
    kapan rencana opunya?
    semoga berhasil ya….

  98. novita

    Dee..produksi telur kita dikit karena hormon fsh kita tinggi via blog ini juga ada yg ksh info buka w ww. highfsh.com..disitu juga bnyak jg contoh yang berhasil hamil usahanya salah satunya akupuntur,kalau suplemen 2 bl menjelang penentuan aku genjot deh dengan vit e 200iu,chlorella CNI 5 butir, asam folat 400mcg, zinc 15mg, royal jelly terakhir putih telur ayam kampung 4 buah,and bnyk makan sayur buah jauhi junk food btw direbus aja dee putih telurnya biar gampang misahinnya…so thx God kmrn hasilnya lumayan banyak aku bertelur ada 5 buah pdhl sblmya dr Indra mesti hopeless bgt liat my empty egg,dee aku domisili sby meski aku bt di bunda jadi akupunturnya di surabaya juga,good luck yha dee…

  99. novita

    vie..aku emang lemesss bgt and agak pusing2 kata suster ata emg gitu reaksinya, katanya banyakin minum air putih…aku minum deh berliter2 he2 agak ilang jg efek sampingnya, aku mulai suntik gonal 150 iu dr kemarin, krn sblmnya minum obat hormon, hari ini smp tgl 18 suntik cetrotide jg, tgl 19 usg, kl bgs hasilnya tgl 21 opu,deg2an nieh…

  100. novita

    dee..kalau telur qta dikit berarti hormon fsh kita terlalu tinggi, via blog ini juga aku disaranin buka web http://www.highfsh.com disini banyak contoh yang berhasil hamil meski produksi telurnya dikit namanya diminishing ovarian reserve,akupuntur ama suplemen salah satu cara memperbaiki kondisi tadi. Dua bl sblm check ke dokter aku genjot dengan akupuntur 2 kali smgg,minum chlorella CNI 5 butir, asam folat 400mcg, vit e 200iu, zinc 15mg,royal jelly,susu anmum plus 4 putih telur ayam kampung direbus spy gampang misahinnya jgn lupa jauhi junk food juga, hslnya ckp bagus meski gak banyak2 amat seperti temen2 di web ini tapi 5 telur buatku anugerah banget stlh sblmnya dr Indra stress liat my empty egg terus he2,dee aku domisili sby meski bt di bunda jd akupunturnya di sby, ok good luck yha dee….

  101. dee

    duh nov, thx bgt buat infonya ya.
    dr indra sih emang bilang, kalo mau bt minimal harus punya 3 telur, lah aku 1 aja ga ada. jd kalo kamu dapet 5 telur, buat aku udah alhamdulilah bgt nov. semoga bt kamu berhasil ya nov.
    btw akupunkturnya bisa dimana aja ya nov? bilangnya akupunktur buat apa ya? buat kesuburan gitu? hehe maaf ya banyak nanya nih
    makasih ya nov for the info.

  102. dee

    nov, sori nih nanya lagi, aku buka website itu tp yang keluar ‘related searches’, apa websitenya udah pindah ya nov? thx again

  103. therez

    Hi Novita.. slamet yah udah mule suntik2.. smg brtelor yg buanyuak n buagus2.. Nanya dong. Cetrotide-nya disuntikin brp kali? selang seling ama gonal atou gmn? Gw jg kmungkinan tgl 20-an mulai stl mens hr2, n pakek cetrotide jg.. sukses n tq ya..

  104. novita

    dee..sori kurang lengkap nih…www.highfshinfo.com…disitu juga lengkap memuat suplemen2 supaya cepet bertelor he2

  105. novita

    therez…iyha aku dah mule suntik karena telurku dikit jd kombinasi sama obat oral but jatuh biayanya lebih murah krg lbh total 37 jutaan btw cetrotide aku suntik pas hari ke 8 smp 9 mens jd pagi suntik cetrotide malamnya gonal,stlh itu tgl 19 diliat dah bgs belum kl udah tgl 21 opu, kl belom lanjut suntik lagi…hari ke 7 telurku ukurannya msh 12mm,kecil yha?? semoga sukses programnya yhaaaaa…rezzz

  106. dee

    thx ya nov, aku udah liat websitenya, udh aku catet, ntar mulai dicoba coba deh minum/makan yang dianjurkan di website situ. smg kamu jg lancar ya nov btnya dan bisa hamil segera seperti vie ya. aminnn.

  107. ira marlina

    Hi merry thanks ya support nya aku test bhcg nya tgl 22, wah rasa nya masih lama banget deh. Berbeda dgn vie aku nggak pakai aca bed rest spt biasa aja. Hanya tdk melakukan aktivitas spt yg bilang dokter.

    To novita
    Semoga bertelur banyak ya sampai waktu nya opu tgl 21 nanti, waktu aku mulai suntik2 gonal terasa perubahan pd bagian perut agak kembung dan sdkt keras, tapi tdk pakai lemes dan pusing mungkin tergantung kondisi tubuh dan hormon juga ya.

    Dee
    Selamat memupuk dgn minuman supplement dan vitamin ya semoga bisa meningkat kan jumlah dan kualitas telur nya.

    Vie,
    Waktu kamu stelah ET kamu masih merasa perut kembung spt banyak angin gt nggak sih? Sampai sekarang perut ku msh sedikit besar loh. Oh iya waktu itu km test bhcg nya di BIC atau di bunda vie?

  108. dee

    hi nov,
    nanya dikit dong, kamu minum supplemen2 dan putih telur + akupunktur selama berapa lama ya nov sampai dapat 5 telur?
    aku dah mulai minum supplemen2 yg ada di website itu, cuma putih telurnya belum nih, kelupaan terus hehe

  109. novita

    hai dee..aku dua bulan sblm check ke dokter dan kelihatan 5 telur akupuntur 2 kali seminggu plus minum suplemen, btw kl boring ama rebusan putih telur bisa dibuat scramble,omelet ato puyung hai terserah aja yang penting putihnya aja biar gak kolesterol…oia jgn lupa banyak minum air putih yha say,its good for your kidney..

    ira marlina…aku suntik gonal malah perut gak keras sih tapi lbh sering buang angin he2, oia aku opunya kemungkinan sabtu soale e2ku msh rendah and telurku bnyk yg msh kecil biar bisa diambil banyak ktnya, eh ira udah opu kan? dulu e2nya berapa wkt opu?

  110. dee

    nov, kelupaan lg nih, kalo kamu akupunktur bilangnya akupunktur apa ya nov? aku cuma tau akupunktur yang dipake temen2 kantorku tp itu jg buat ngurusin badan hehe
    thx ya nov

  111. vie

    Hi Erlyna…
    salam kenal juga ya…
    waktu dulu, setiap kali aku mens, perutku sakit sekali bahkan sampai acara pingsan segala karna gak tahan sakitnya, terus pas aku periksa ternyata ada endo.
    kalo untuk periksa endo bisa kapan aja kok, tapi mungkin lebih nyaman disaat kita sedang tidak mens.

  112. echie

    hello semuanya, salam kenal ya …
    em, senang bgt bisa ikut gabung dgn kalian.
    aku dah 2 tahun married tapi belom juga hamil. udah pingin buanget seh, lagian suamiku anak tunggal, dan mertua laki2 juga anak tunggal.
    usia setahun pernikahn kami sempat periksa2 ke dr, selama 6 bln. tp ya bosen juga ..
    kami rencananya kalau emang tahun ini blom dikasih ama yang diatas, tahun depan kami akan aktif lagi ke dr. doakan ya 2009, jadi tahun anugerah buat kami. amin !!

    @buat Vie, selamat ya …

  113. jenny

    hi Vie
    mau nanya nih.. kamu BT dg dr Ivan , apa jg ada proses pre-ET , spt Therez dg dr Taufik? Apa biaya BT 50-60 jt di BIC sdh termasuk obat2 suntik, tes2 hormon, biya konsul dokter, dll?

  114. jenny

    vie, kelupaan… apa jg sdh termsk biaya ICSI ya?
    prakteknya dr Ivan hari apa aja ya n jam berapa? thx ya

  115. vie

    Hai Jenny,
    iya aku program dengan dr Ivan.. waktu itu sih aku gak ada proses pre-ET, kalo untuk biaya itu sudah termasuk dengan ICSI, biaya 50-60 sudah termasuk obat2 suntik, OPU, ET. tapi saya lupa itu sudah termasuk test lab n biaya konsul dr atau blm…tapi kayanya sudah termasuk.
    kalo untuk praktek, beliau praktek setiap hari dari pagi sampai siang trus sore dia ada praktek juga, kecuali hari rabu n jumat (kalo gak salah) kalo kamu mo daftar mendingan 3hari sebelumnya karna biasanya dia suka full.

  116. mozza

    hai vie salam kenal
    saya mau nanya operasi laparascopy itu sakit gak? soalnya saya akan operasi juga tanggal 19 march. untuk info nya thanks

  117. jessica

    hi..salam kenal semuanya…terutama vie, n therez, n hermalia yang BT di BIC dan berhasil hamil semuanya!! Saya sdh nikah 7 taon, blm dpt momongan dan stelah cek ke dokter2 kandungan, didiagnosa endometriosis. Saya baca2 pengalaman kalian yang penganut endo jg dan berhsl hamil, saya jadi tertarik utk BT di BIC.
    Mo nanya2 dulu nich…. biasanya awal prog, kita tapros,semprot synarel, baru lanjut dg suntik Gonal F sbg inti dari prog BTnya kan?… tapi saya denger2 dari teman saya yg pernah prog BT,katanya,utk suntikan2 tsb sebaiknya dilakukan di pagi hari jam2 yang sama tiap2 harinya, Apa benar begitu? krn saya hampir tiap hari mesti pergi kerja di pagi harijam 7 dan baru nyampe rmh jam 19.30.bs lbh malem lagi kalo ada meeting. Kalo pengen suntik di BIC, berarti mesti malem kan (pas jam praktek)?? (hihihi krn takut suntik sendiri).kalo pengalaman Vie n Therez bgm? Terima kasih ya sebelumnya.

Comments are closed.