bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

16th March 2008

Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Tika

posted in Berhasil hamil, Proses |

Berikut ini adalah pengalaman Tika dalam menjalani program bayi tabung. Terima kasih Tika atas sharingnya…

Setelah 5 tahun menikah akhirnya aku hamil. Rasanya bahagia sekali setelah tes darahku di nyatakan positif meskipun perjalanan masih panjang.

Usaha kita untuk mendapatkan anak kita mulai 4 tahun yang lalu di sini di German, setelah setahun menikah belum ada tanda tanda kehamilan. Karena dari hasil pemeriksaan kita dinyatakan tidak ada masalah yang mendasar, santai aja aku menghadapi itu. Cuma dari sel telurku kanan-kiri perkembangannya agak lambat dan kecil ukurannya.

Dokter kandunganku di sini ngasih aku obat hormon untuk membesarkan ukuran telurku dari clomifen sampai Menegon Hp. Setelah besar aku disuntik subur ovitrell dalam waktu paling lambat 36 jam kita harus berhubungan, bayangin berhubungan dgn suami harus di jam… hmmmmmm paling parahnya kalau kita lagi sewotan. Itulah demi usaha untuk mendapatkan anak. Semua itu berlangsung selama dua tahun dan selama itu aku juga harus ngukur suhu badanku setiap pagi hari.

2 tahun nggak ada hasil dengan hormon terapi aku mulai bertanya-tanya dan sedih, kalau memang tidak ada masalah yang mendasar kenapa aku belum bisa hamil, pertanyaan itu selalu menghantui aku.

Aku dikirim sama dokterku ke klinik infertilitas. Di sana aku disaranin menjalankan insem dulu, kujalanin insem ini selama 3X… hasilnya nihil. Obatnya juga hampir sama waktu aku sama dokter kandungan, cuma dosisnya agak di tambah. Sejak itu aku sedih sekali, kadang aku bertanya apa aku nggak bisa punya anak pada akhirnya karena dari alasan kedokteran meskipun sudah terapi hormon nggak ada jawaban logikanya mengapa aku nggak bisa punya anak. Tapi di hati kecilku mengatakan jangan menyerah karena Allah itu ada di samping kita.

Juni 2007 kita mulai bayi tabung yang pertama. Sebelumnya aku dikasih kertas planning namanya stimulation plan short protokol. Di situ dicatat kapan dan obat apa yang dikasih ke aku. Hari ketiga mens Puregon 150 setiap hari selama 11 hari, besoknya disuntik ovitrell, 2 hari setelah itu OPU. Dari OPU itu didapatkan 15 telur, pertama-tama seneng karena pikiranku nanti bisa di bekukan dan tidak harus dikasih hormon dosis tinggi lagi. Besoknya kita harus telpon ke labornya, dari 15 telur cuma 2 yang bisa dibuai dengan cara IVF… hmmmm sedih rasanya. Tapi ku hibur diriku sendiri dengan berpikiran mending dari pada nggak ada sama sekali.

Setelah ET (embrio transfer) kedua embrio tadi aku dikasih hormon Progesteron yang berupa pil dimasukkan di vagina 3×2 sehari. Dan estradiol yang berupa gel ditaruh di lengan seperti hand body 1x sehari. 12 hari setelah ET aku mens, sedih dan hancur rasanya… pada waktu itu kita di Australia.

Kembali dari Australia aku nggak langsung melakukan bayi tabung yang ke dua. Aku ke dokter kandunganku minta dilaporoskopi karena aku pingin cari penyebab kenapa nggak ada hasil selama ini. Dokterku nggak terlalu setuju sebenarnya dengan semua itu, karena menurut dia bayi tabung itu memotong jalan dan dari hasil pemeriksaanku dari dia nggak ada masalah yang mendasar. Dasar keras kepala dan untuk kepuasanku ngotot sekali aku, akhirnya aku dikirim untuk Laporoskopi, hasilnya pun nggak ada masalah serius yang menghalangiku untuk hamil. Aku tambah sedih karena mencari alasan lewat ilmu kedokteran tidak menemukan, selain ukuran telurku yang kecil.

Tapi aku yakin dan optimis waktu itu dan aku kembalikan kepada Allah… bahwa dia bisa mengubah dan menjadikan yang tidak mungkin menjadi mungkin. Selama kita masih mau berusaha. Berdoa dan usaha kulakukan terus. Untungnya suamiku sangat sabar dan selalu di sisiku apapun yang terjadi… terima kasihku pada Allah.

Januari 2008 kita mulai bayi tabung kita yang ke dua kali di klinik yang sama, aku memilih klinik yang sama karena dia tahu track dan recordku. Kali ini aku dikasih stimulation plan long protokol namanya. Hari ke 21 mens dikasih synarel disemprotkan ke hidung pagi dan malam. Hari ke 5 mens berikutnya aku dikasih menegon Hp suntikan tiap hari, synarel juga berjalan terus.

Seminggu setelah itu dilihat perkembangan telurku masih lambat, dosisnya ditambahin. Seminggu setelah itu di USG lagi hasilnya agak bagus namun belum cukup besar untuk di OPU. Akhirnya OPUnya dilakukan 22 hari setelah mens, dan didapatkan 14 telur. Dari 14 telur itu 7 yang bagus, dan dari 7 itu 5 yang bisa dibuahi kali ini melalui ICSI. Dari lima itu yang di ET 2 dan dibekukan 3.

ET dilakukan pada tgl 28 feb 2008. Setelah ET obat dan dosisnya sama seperti bayi tabung pertama kali, progesteron 3×2 sehari, estradiol berupa gel yang ditaruh di lengan seperti hand body 1x sehari. Setelah ET aku nggak ada istirahat di rumah sakit jadi setelah dokter memasukkan embrionya, aku langsung turun dari kursi itu dan ke toilet karena sebelum ET aku nggak boleh ke toilet. Bayangin Februari cuaca di sini di bawah 0 derajat celcius hmmmmmmm dingin sekali dan perjalanan ke klinik itu membutuhkan waktu satu jam dari rumah kita… meskipun sebenarnya aku sangat menyesalkan apa ynag kulakukan itu, tapi apa boleh buat dari pada kencing di celana.

14 hari setelah ET tgl 13 Februari aku harus ke sana tes darah, kali ini aku berangkat sendiri tanpa suami. Pertama aku nggak mau kalau hasilnya negatif dia mengalami langsung, meskipun dia pingin sekali ikut… karena waktu itu aku pesimis sekali, nggak ada tanda tanda yang menyolok di badanku malahan 3 hari setelah ET badanku kembali berangsur normal dan 2 hari sblm tes darah aku sempat ngerasain mau mens gitu.

Jam 9 pagi aku sudah di klinik itu dan diambil darahku… ternyata hasilnya nggak bisa langsung, dan nunggu sampai jam 5 sore nanti di telpon ke rumah… hmmmmm lama sekali nunggu yang satu ini, selama waktu nunggu itu deg deg an dan gemetar sekali. Harapan untuk hamil di hati kecilku masih ada meskipun sempat pesimis.

Akhirnya waktu datang juga jam 5 sore suamiku uda di rumah (yang tadinya pingin aku hindarkan) dan dapet telpon dari rumah sakit… hasilnya tanpa disangka POSITIF !!

Aku nggak bisa berkata apa apa, suamiku di depanku… mengetahui hasilnya positif dia berkaca-kaca dan memeluk aku… nangis terharu dan bahagia kita. Aku bersujud dan berterima kasih kepada Allah akhirnya usaha dan doa kita selama ini dikabulkan olehNya.

Itulah cerita ku teman teman semoga ini untuk nambah semangat dan pengalaman teman-teman yang mau dan masih program bayi tabung. Kalau ada pertanyaan mengenai bayi tabung dengan senang hati akan ku jawab.

So untuk teman-teman yang masih berusaha… jangan sampai putus asa, optimis dan selalu usaha selagi kita masih bisa… supaya nanti tidak menyesal, percaya selalu bahwa pada akhirnya hari yang ditunggu itu akan datang! Karena Allah itu maha pengasih dan penyayang!!

Tidak lupa ku ucapkan terima kasih banyak ke mbak Yenni dan teman-teman di sini yang telah mendoakan dan mendukung aku !!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 2.00 out of 5)
Loading...Loading...

This entry was posted on Sunday, March 16th, 2008 at 6:43 pm and is filed under Berhasil hamil, Proses. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

There are currently 44 responses to “Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Tika”

  1. 1 On March 22nd, 2008, aziza said:

    Salam. Hi…gak sengaja nih aku lagi iseng-iseng browsing untuk cari tau fertility clinik di Jkt. 2 th yg lalu after kumpulun duit nih…akhirnya ke fertility dokter. Dari yg every 2 wks ke dr sampe untuk ultra sound, medicine and everything akhirnya aku punya telur itu gak responded sama medicine. Sama terus ukurannya. Terus juga emang mens gak pernah teratur. The cost is very expensive here. Jadi aku lagi cari-cari di Jkt, ternyata ada yah. Well….
    Anybody have a good dr di Jkt, let me know…please..
    It’s been 10 years now. Susahnya adopsi anak dari Indo. Banyak yg harus di jalanin….Anyway.Please let me know if anybody knows about the Dr..Thanks.

  2. 2 On March 22nd, 2008, Yenni said:

    Hi Aziza, coba deh baca pengalaman Felice dan Dian mungkin dapat membantu. Lalu lihat post ini

  3. 3 On March 25th, 2008, Ade said:

    Hai Tika , Selamat ya atas keberhasilannya, ampe terharu aku membaca pengalamannya…Aku juga selesai menjalankan proses BT di RS ” Siloam ” Surabaya yang di tangani oleh dr Aucky, hasilnya sudah di umumkan tgl 24 Maret 2008 hari senin kemarin, setelah menunggu dengan harap2 cemas ternyata hasilnya kurang bagus, setelah cek darah hormonku g ningkat, kata dr Aucky sich mungkin embrionya tdk berkembang/lambat perkembangannya, tp anehnya kalau tidak berkembang kok perutku besar ( seperti hamil 3 bulan ) dan terasa penuh, jadi kelihatan buncit sekali persis orang hamil, akhirnya dr Aucky menyarankan seminggu ke depan kalau g haid di suruh datang lagi guna pemeriksaan lebih lanjut. Dan sekarang ak haidnya sudah telat 4 hari ( haid terakhirku tgl 22 )tp pas sorenya timbul flek, ak cemas nich….. tika jangan2 mau haid nich…cuma tanda2 datangnya haid sich g ada,lemes dech…Tp paginya ak cek CD ku bersih, terus flek itu tanda apa ya…? Aku berdoa sich flek itu jangan keterusan keluar, bisa nangis bombay dech aku, ceritain dong tik, pengalaman kamu pas haid itu, flek dulu atau langsung keluar darah haid ( banyak )Trims ya atas shearingnya….

  4. 4 On March 27th, 2008, ade said:

    Hai tika….tgl 26 maret 2008 aku sedih sekali karena hal yang aku khawatirkan ternyata datang, yang tadinya hanya flek ternyata jadi haid, pupus sudah harapanku untuk memiliki buah hati melalui proses BT kali ini, dari pagi ampe malam nangis terus, akhirnya setelah kupikir2 buat apa aku bersedih terus, kalau memang ini sudah kehendak yang di Atas apa boleh buat ? Manusia boleh berencana tetapi Tuhanlah yang menenentukan. Sekarang sudah saya ikhlaskan semuannya, pasti tuhan mempunyai rencana yang lebih baik buatku. Ade….Tetap Semangat…

  5. 5 On March 27th, 2008, Tika said:

    Hai ade…sorry dengar kabarnya !!tapi Ade bener yg kamu bilang , Tuhan pasti punya niat lain yg lebih baik dgn kegagalan ini yg kamu nggak tahu.
    Tabah Ade…dan tetap tegar dan semangat , jangan putus asa,hari itu pasti datang.
    aku sudah ngalami kehancuran itu berkali kali , dr teraphy hormon selama hampir
    3 thn sampai insem 3 x dan bayi tabung pertama gagal , bayangin ade tiap bulan aku selalu takut ngelihat darah,dgn itu aku kebal dan tidak putus asa.aku pasrah dan berusaha , karena pada akhirnya Tuhan yg menentukan, tp klu kita sudah berusaha menyalahkan diri sendiri itu tidak ada.
    Maaf telat balesnya karena tadi aku ke rumah sakit untuk USG dan beberapa hari ini aku lemas juga,meskipun aku sudah di nyatakan positif dan janin yg bertahan kayaknya cuma satu, jalan masih panjang di depanku …jadi kecemasan masih ada.mudah2 an lancar.darah tadi di ambil lagi.
    ma kasih juga ade atas doanya.
    ku doakan kamu juga berhasil akhirnya…jangan putus asa, masih banyak kesempatan.

  6. 6 On March 28th, 2008, Mulia said:

    @Tika big congrats yach dgn kehamilannya…. Semoga kamu dapat melaluinya dengan baik2 sampe melahirkan. Udah dapet multivitamin untuk ibu hamil belom? Kalo saya ada dikasih multivitamin & calcium untuk ibu hamil + folic acid.

    @Ade ngak usah terlalu sedih dulu karena pasti kamu bisa berhasil jg koq programnya selanjutnya… Saya juga pernah merasakan kegagalan dan kesedihan yg mendalam waktu kegagalan bayi tabung yg fresh cycle, sampe saya ngak mau keluar rumah selama 2 bulan. Tapi akhirnya semua itu bisa saya atasi dengan dukungan dari suami saya. Pokoknya saya merasa itu udah hari2 terhancur dlm hidup saya dan menjadi pelajaran penting bagi saya utk lebih sabar dalam menjalani segala hal terutama hal2 yg memerlukan perjuangan. Hidup memang perlu perjuangan, apalagi untuk kita2 yg ingin mendapatkan anak dgn program bayi tabung harusnya lebih berjuang lagi…. Okay dech jgn patah semangat yach, semoga pada program selanjutnya Ade langsung berhasil hamil & punya anak yg sehat.

  7. 7 On March 28th, 2008, Tika said:

    Hai Mulia…ma kasih banyak.
    dan selamat untuk kamu juga,mudah 2an kehamilan kita sama2 lancar sampai melahirkan.
    kamu di kasih multivitamin apa mulia namanya? dan sejak kehamilan ke berapa.
    kehamilanku skrg menginjak ke 7 minggu,…dan belum dianjurkan vitamin lainnya kecuali folic acid, atau aku harus tanya ke dokternya ya?
    ma aksih mulia…kamu jaga juga kehamilanmu ya.

    Ade, keep trying and praying…..keberhasilan itu pasti ada .memang butuh perjuangan seperti Mulia bilang . so..jangan sedih,karena itu semua awal dr keberhasilan .

  8. 8 On March 28th, 2008, Mulia said:

    Tika, kalo saya krn pengalaman yg fresh cycle ama dktr penang ngak dpt vitamin apa2 kecuali cyclogest & folic acid, jadi yg thaw cycle kali ini sebelum berangkat ke penang, saya udah persiapan bawa vitamin2 dari dktr kandungan Jkt. Kalo saya mulai makan vitamin sejak minggu ke6 krn udah merasa badan lemas banget & dengkul jg rasa agak2 ngilu. Yg multivitamin untuk ibu hamil merknya Elevit makan 1 tablet sehari, trus yg calcium merknya Ossovit makan 1 tablet sehari, folic acid 5 mg tetap dimakan 2x sehari. Trus cyclogest saya udah turun dosis dari 2x sehari jadi 1x sehari selama seminggu, sekarang udah mulai 2 hari sekali sampe 2 minggu kedepan. Yg belum saya bisa atasi skrg ini sich masih suka eneg2 & muntah2, ngak cuma setiap abis makan aja, kadang2 minum susu/air putih aja bisa eneg & lgsg muntah. Padahal dktr ada bilang itu biasa sampe kehamilan 3 bulan aja…tapi ini koq intensitas nya belom berkurang yach? Tau ngak sich itu pengaruh hormon apa?

  9. 9 On March 28th, 2008, Tika said:

    Mulia …ma kasih infonya , aku nanti tak tanya di apotik.lemas si blm terlalu cuma males, mual aku juga nggak ada …cuma perut kadang agak kembung dan maunya kentut aja.kamu waktu di kurangi dosis cyclogest nya di periksa darah dulu nggak? ini aku bml di kurangi dosisnya 2×3 sehari masihan.kemarin di ambil darahku untuk ngelihat hormonalku nanti dr itu di kasih tahu harus turun berapa atau nggak? uda 3 x ni darah ku di ambil!! Mulia kamu waktu 2 minggu setelah di test poisitif kan di USG gimana hasil dr USG itu ? terlihat kecil seperti titik dan berdetak gitu ya.aku masih was was ni minggu depan di USG lagi .
    oh iya kamu jangan terlalu cemas klu mual atau muntah itu normal,itu pengaruh dr hormon estrogen dan progesteron yg waktu hamil meningkat, kalau muntah nya terlalu sampai mengganggu selera makan kamu, ke dokter aja ,nanti di kasih susu untuk menanggulangi mual…kayaknya ada info juga di teman2 disini mengenai susunya.
    ini aku kirim web mengenai keluhan,penyebab,dan cara menanggulangi keluhan itu di saat saat hamil, itu aku cari dr google ,ada semua di situ,klu nggak bisa di klik,kopi aja dan klik: http://www.mail-archive.com/milis-nakita@news.gramedia-majalah.com/msg06530.html

    semoga membantu ya

  10. 10 On March 28th, 2008, Mulia said:

    Tika thanks a lot buat web nya, jd tambah informasi mengenai keluhan2 selama kehamilan.

    Dosis cyclogest diturunin ngak pake tes2 darah lagi tuch. Malahan dokter yg buat ivf cuma kasih sampe minggu ke 10 aja dgn dosis 2xsehari. Trus ama dokter jkt yg lanjutin dulu dgn cygest (cyclogest dipacking udah jadi merknya beda kalo beli di indonesia) dgn dosis 1xsehari selama seminggu & 2 hari sekali sampe 2 minggu… katanya ngak boleh dihentikan mendadak gitu. Saya sich ngak terlalu ngerti, yach udah ikutin aja.

    Iya betul waktu dua minggu setelah tes darah Bhcg khan usg yg pertama, saya cuma liat titik kecil warna hitam trus kata dktr sich udah oke dan disuruh minggu depannya datang usg lagi liat perkembangan embrio & skln liat jantungnya. Nah waktu tunggu 1 minggu utk usg liat jantung itu yg buat saya agak2 stress sampe kdg2 jadi ngak bisa tidur, krn mikirin terus dgn pertanyaan2, calon bayi nya berkembang baik ngak yach? ada detak jantungnya ngak yach?

    Nanti kalo Tika udah usg lagi, kabar2in yach…..
    Don’t worry, be happy…..

  11. 11 On April 4th, 2008, Tika said:

    Hai mulia…gimana kabrnya? sudah nggak mabuk lagi.
    aku si sampai skrg biasa aja..nggak ada perubahan menyolok.
    ini aku kasih kabar dr USG ku seperti yg aku omong kapanane.
    perkembangan janinnya bagus, dan dua dua nya ternyata bertahan dan berkembang.
    detak jantungnya juga uda ada.hormon progesteronnya juga udah di kurangi dosisnya.
    jadi kembar nanti…nggak ku sangka, bahagia sekali si kita dengarnya.tp juga perubahan ya,harus siap2 segalanya melahirkan kembar.masih jauh si perjalanan.
    tiap seminggu paling lambat dua minggu sekali harus ke dokter skrg,di pantau perkembangannya, karena kembar si.
    mudah 2 an lancar dan sehat bayinya sampai melahirkan.

  12. 12 On April 4th, 2008, Mulia said:

    Tika senang dech dapat kabar dari kamu, apalagi good news banget ternyata bisa dapet bayi kembar :-). Berarti perjuangan selama ini ngak sia2 khan & betul perjalanan msh panjang, tp semoga semuanya berjalan baik. Padahal semalem saya baru mikir koq kamu ngak ada kbr2nya… apa mgkn udah morning sickness… Oiya jd skrg udah hamil berapa minggu itungannya?

    Btw, tau ngak dengar2 skrg udah ada teknologi baru buat ET kalo embrio ditempel kyk pake glue? Soalnya ada yg blg ke saya, tp saya kgk tau tuch… abis blm pernah dengar

  13. 13 On April 4th, 2008, Tika said:

    Hai Mulia…
    morning sickness aku blm ada..malahan semua biasa aja, payudara ku aja pai skrg blm ada perubahan, cuma malas aja pinginnya berbaringan aja..makan kuat sekali.
    kehamilanku skrg menginjak 8 minggu . kamu keberapa ? gimana mual muntah kamu uda mending nggak? kamu ada ngidam nggak ?

    waduh BT yg pakai glue itu aku blm dengar, tp bisa jadi juga ada .
    coba aja nanti tak cari info lewat baca atau tanya dokterku he he he.

    mudah2 an kita sama sama lancar pai melahirkan

  14. 14 On April 4th, 2008, Mulia said:

    Kalo saya kehamilan minggu ini menurut itungan dktr yg buat ivf udah 12minggu, menurut dktr jkt blg menurut ukuran janin yg di alat usg katanya 11minggu, tapi menurut dktr jkt yg satu lagi menurut haid terakhir udah 13minggu. Jadi membingungkan yach??? Mual muntah masih ada aja tuch, belom mendingan jg. Ini aja badan rasa lemas banget krn dari tadi muntah2, kdg2 minum air putih aja bisa muntah lho… Sebenarnya definisi ngidam itu apa sich?? apa seperti maunya makan yg rasanya asam2 ato yg kayak minta suami beliin berlian 3 karat…? :-) Oiya kamu YM nya apa? siapa tau kalo ketemu lg ol bisa skln chat. Tp selisih brp jam sich jam disana sama wib?

    Btw, besok saya mo check ke dktr lg krn folic acid udah abis, skln liat kondisi baby nya nich apa udah nambah gede. Biasa kadang2 masih ada rasa worry gitu…

  15. 15 On April 4th, 2008, Tika said:

    hai mulia..yuk kita online yuk,lebih enak :):)
    ini yahoo ID ku : tika_762000@yahoo.com.
    selisih jam nya skrg sini ama indo 5 jam,terus indo lebih dulu ya

    klu menurut dokterku si ngitungya itu pas OPU..sampai sekarang itu berapa minggu,terus di tambah 2 minggu sebelmunya.contohnya aku OPU nya kan tgl 25 februari, jadi dr itu di hitung berapa minggu pai skrg,kemarin sih jatuhnya 5 minggu 2 hari terus di tambah 2 minggu,jadi 7 minggu 2 hari . karena perhitungan hamil kan hari terkahir mens kita , tp di kasus kita kan nggak bisa karena kita kan nggak natur,jadi di kasih hormon terus pai telurnya matang,jadi kita nggak bisa berpatokan pada mens kita terkahir .terus normalnya kan klu masa subur itu kan kira2 dua minggu setelah mens,makanya di tambah 2 minggu tadi.itu dokterku yg bilang dan emang logika juga.
    rasa worry itu memang selalu ada…tp itu normal jadi jangan terlalu di ikutin.
    waduh nggak sabar ni kabar besok, seberapa besar ni janinnya…seneng sekali.

    ok mulia pai nanti di OL ya

  16. 16 On April 14th, 2008, Mulia said:

    Hai Tika, udah lama yach ngak pernah info2an lagi soale kalo saya OL siang ternyata tika ngak ol jd ngak pernah ketemu di YM. Emang bisanya jam brp sich kamu ol?

    Waktu itu saya udah periksa janin dan kata dktr sich janinnya ok2 aja dan lg sibuk bergerak2 gitu… Gmn perkembangan tika? udah usg lg?

  17. 17 On April 14th, 2008, Tika said:

    hai mulia aku atdi online ..eh kamunya barusan ofline :(:(
    iya akhir 2 ini aku jarang ol karena maunya tidur selalu eh eh.
    ok ebsok aku tak ol jam 7 pagi sini stlh suami berangkat kerja dan di indo jam 12 siang…kamu bisa nggak? atau sore waktu kamu ?

  18. 18 On May 22nd, 2008, Lusi said:

    Halo Tika,

    Selamat ya buat kehamilannya. Wah, aku jadi termotifasi untuk tetap semangat. Oh ya, sekarang aku tinggal di Berlin. Boleh tahu nama klinik yg kamu kunjungi and nama dokternya yaa. Oh ya, harga berapa ya di Jerman? Adakah yg ditanggung Insurance? (konsultasi dokter atau apalah).

    Thanks a lot yaa.

  19. 19 On May 22nd, 2008, Tika said:

    Hai Lusi ..terima kasih .
    klu mau hub aku langsung aja lewat emailku ini: tika_76200@yahoo.com
    ok pai nanti ya

  20. 20 On May 22nd, 2008, Tika said:

    ups lusi emailnya salah ,ini yg benar:
    tika_762000@yahoo.com

  21. 21 On August 7th, 2008, Lili said:

    tika pa kabar?
    aku mau nanya aja pas tes darah pertama hcgnya brp ya? aku tes dara kemaren (setelah ET 2 minggu) cm 32,9 tp happy krn menurut dktr positif n was2 juga krn termasuk low jg.

  22. 22 On August 8th, 2008, Tika said:

    Hai Lili aku baik kabarnya..ma kasih

    aku lupa waktu itu berapa…mungkin juga satuannya lain ama di indo ya.
    seingatku punyaku tinggi sekali karena tadinya mau kembar.
    seingatku dia bilang 400 an gitu klu wanita normal si 100 berapa gitu.
    aku nggak tanya 400 apa itu dan nggak minta kertasnya ,karena kesenangan waktu itu.
    tapi klu dokter uda bilang positif ya berarti positif lili…jgn takut,nanti nggak bagus utk kehamilanmu…kan masih di kasih obat penguat dan pendukung?
    selamat ya dan santai aja

  23. 23 On August 10th, 2008, mery said:

    Hai Lili, salam kenal, selamat yah atas kehamilannya, semoga lancar terus….
    Btw, bhcgnya dites brp hari dari ET?
    Kemaren aku 17 hari dari ET, bhcg low banget cuma 59, seminggu kemudian aku test lagi uda 0,10.
    Just info, level bhcg normalnya meningkat doubel setiap 2 hari…

  24. 24 On August 10th, 2008, Lili said:

    hai merry

    aku tes BHCG 14 hari setelah ET itu jg low bgt malah lbh low dr kamu cm 32.9 jadi ntar rabu ini tes lagi n USG … semoga semuanya fine2 aja de kali ini.
    kamu gimana? udah mau thaw ya?
    good luck ya biar keli ini berhasil ampe ntar ngelahirin.

  25. 25 On August 11th, 2008, mery said:

    Hi Lili, mudah2an bhcgnya meningkat ya…wish you all the best..
    Aku ga thaw, gak ada embrio frozen..uda 2 kali gagal BT, mau nyoba ketiga kalinya di penang oktober ini. Yah semoga yg ketiga kali ini bs berhasil..

  26. 26 On August 12th, 2008, retno said:

    Hi Mery..gmn kbrnya, aku salut deh sm kamu walau dah gagal 2 kali msh mo nyoba lagi.Kalo aku msh deg2an nih nunggu USG hr sabtu.Seandainya janin tdk ada perkembangan yah wassalam deh, mana gak ada embrio frozen lg.Sebaiknya kalo kt mau ngulang program BT lg hrs nunggu brp lama lg ya dr BT pertama..smoga usaha kt smua berhasil ya..!

  27. 27 On August 13th, 2008, mery said:

    Hai Retno. aku baik, thanks ya ret, yah gmn lagi hanya melalui BT aja satu2nya jalan aku bisa hamil, hrs tetap semangat utk mencoba lagi, mudah2an yg ke3 kali ini bisa berhasil..Aku harap semoga janinnya berkembang ya ret, tetap positive thinking aja dulu..Kalo mau ulang BT lagi sih ret biasanya 2-3 bulan dari BT sebelumnya..Tp mudah2an yg kali ini berhasil ok…

  28. 28 On August 13th, 2008, mery said:

    Hai Lili, gmn hasil test bhcg kamu? Mudah2an nak ya li…wish you all the best

  29. 29 On August 14th, 2008, Lili said:

    hai mery

    ga bagus bhcg ku ga meningkat malah stay disitu aja sama ma minggu lalu … jadi gagal kali ini n aku mgkn mau break dl ma mau nyari penyebab kegagalan baru dicoba lagi.
    btw kamu dl dibilang dktr kenapa sebabnya pas gagal?
    kita sama2 berjuang ya mer!!! semoga yang berikutnya kamu hamil n janinnya berkembang dgn baek ampe ngelahirin, amien!

  30. 30 On August 14th, 2008, niketut said:

    Buat mery and Lili, lam kenal lagi ya ….
    mudah2an Lili tetap sabar dan tetap semangat utk usaha lagi.
    Kasus kita sama ya …. sepertinya kalo bhcgnya low, kemungkinan utk berkembang kecil ya? Bukannya matahin semangat yg lain…. aku berharap ada diantara kita yg lagi berusaha disini, dengan bhcg yg kecil tapi bisa hamil dg janin berkembang dg baik. Artinya ada harapan suatu saat bila dapet bhcg kecil lagi, peluang utk hamilnya ada ….
    mudah2an kita punya kesempatan utk berhasil pada program berikutnya, amin …..

  31. 31 On August 14th, 2008, mery said:

    Hai Lili, jangan patah semangat ya…Aku ada googling cari info soal bhcg pas waktu aku tahu bhcgku cuma 59 (itu 17 hari dr ET loh), aku dpt info yg mengatakan kalo dalam IVF bhcg low itu belum dapat dikatakan hamil meskipun uda positif… Itu cuma biochemical pregnancy aja. Waktu aku ke Dr.Ng di penang , dia juga mengatakan hal yg sama kalo bhcg ku itu cuma biochemical pregnancy (early pegnancy loss) artinya embrio cuma nempel bentar tp lepas lagi, jadi itu gak dapat disebut hamil. Utk meyakinkan biasanya pasien disuruh test bhcg lagi 2 hari kemudian. Kalo meningkatnya double, biasanya disuruh test lagi 2 hari kemudian, kalo meningkatnya tetap double atau lebih kemungkinan besar embrionya tetap nempel dan survive. Tp itu sih jarang terjadi..biasanya yg terjadi sih bhcg malah turun,kalau uda gitu ya gagal…Makanya kecil kemungkinan yg bhcg rendah itu bisa berhasil. Kalau adapun itu benar2 kuasa Tuhan.
    Kata dokternya sih kegagalan BT ku kmrn krn pemakaian dosis tinggi puregon jadi berefek terhadap perkembangan janin…
    Ok deh lili, kita sama2 berjuang lagi, mudah2an next IVF kita berhasil ya.GBU

  32. 32 On August 14th, 2008, mery said:

    Hai Ni Ketut..
    Iya nih kasus kita sama, kamu juga endo parah dan ovarium ga responsif kan? Aku juga gitu.. Oh ya kamu mau ulang program lagi dimana? Aku kalau gak ada halangan mau program balik di penang oktober ini..Ni, aku uda tanya dr.Ng di penang katanya utk penderita endometriosis, mini stimulasi atau short term IVF ga cocok, tapi kalo kata dokterku di medan sih, kalau mau program lagi coba dengan mini stimulasi..Bingung yah…Btw, kamu kan uda pernah nyoba mini stimulasi dan long term IVF , yg lebih besar kemungkinan berhasilnya yg mana menurut kamu? GBU.

  33. 33 On August 14th, 2008, retno said:

    Hai Mery..
    Ternyata kehamilanku gak bisa dilanjutin jd hrs dikuret..hiks..Mungkin emang blm saatnya kali ya, Alloh hanya kasih aku hamil 2 bln.Dokter jg gak bisa jelasin penyebabnya.Di tempatku setelah ketauan positif gitu gak ada tes bhcg jd dipantau aja gitu lewat usg.

    Hai Lili..kali ini aku jg gagal.Mungkin Alloh blm berkehendak..duh bawaannya pengen nangis aja.Aku rencana pengen nyoba lagi Insya Alloh thn ini juga.Oh ya mungkin ada temen2 yg punya pengalaman dng akupuntur.Katanya akupuntur bs meningkatkan peluang kehamilan…bener gak sih?

    Semoga usaha kita semua berhasil yah..amin!

  34. 34 On August 14th, 2008, mery said:

    Hai Retno, aku ikut sedih, sabar ya ret, di kesempatan sekali lagi kita pasti berhasil. Tetap optimis dan semangat ya. Btw, kuretnya kapan? Brarti kamu Blighted Ovum ya?
    Oh ya, ditempat ku juga gitu setelah positif walaupun bhcg rendah tetap diberi obat progesteron tiap hari sampai waktu usg ntar. Kemaren itu aku gak sabar nunggu sampai usg, setelah cari info lewat internet aku langsung insiatif test ulang bhcg, waktu itu hasilnya uda 0,10.Emang bhcg kamu brp ret?
    Akupuntur emang membantu, uda byk juga temen2 di web yg akupuntur, salah satunya Mulia, sebelum thaw cycle dia akupuntur dulu, hasilnya dia hamil dan 2 bulan lagi uda mau melahirkan. Hanya aja aku gak akupuntur ret, di medan gak tau dimana cari tempat akupuntur yg bagus.
    Ok deh, jangan putus asa ya.

  35. 35 On August 14th, 2008, mery said:

    Oh ya Retno, kamu masih ada embrio freezing ya? Brarti ntar tinggal thaw aja kan? Kalo gak ada embrio freezing kira2 rencananya kamu mau ngulang fresh cycle dimana?

  36. 36 On August 15th, 2008, Veronica said:

    Hii..Lili & Retno…ikut sedih denger bad news dari kalian..tetep semangat ya..kita sama2 berusaha utk dapat yang terbaik dari Tuhan…smoga next program kita smua bisa berhasil..

  37. 37 On August 15th, 2008, niketut said:

    Hi Mery,
    aku rencana program lagi di bunda dg dokter yg sama. Kemarin kata dokternya bisa pake long protocol, tapi nanti suntiknya jadi nambah. Selain gonal-f(FSH?)ditambah suntikan LH dan satu lagi aku lupa. Jadi sehari suntiknya bisa 2-3 suntikan, hi …..
    tapi setelah aku usg (aku diusg krn ada keluhan nyeri diperut), katanya nyeri itu karena sel telur sedang pecah. Trus beliau kasih alternatif kalo program lagi coba mini stimulasi dulu (kira2 2 periode), kalo gak berhasil juga baru pake long protocol lagi.
    Waktu mini stimulasi dulu, walo telurnya cuma 1, kualitasnya lebih baik dari yg dapet 6 kemarin itu.
    rencananya mungkin oktober seperti mery, dan sebenarnya aku juga pengen ke penang, tapi karena satu dan lain hal, itu tdk bisa aku lakukan.
    Dimanapun programnya, mudah2an kita semua yg lagi berusaha disini diberi kemudahan dan kesempatan utk hamil dan melahirkan ya …. amin ….

  38. 38 On August 15th, 2008, itha said:

    Retno..aku ikut prihatin ya atas kegagalan kamu…., semoga kamu sabar mgkn ini yg terbaik untuk janin km juga…
    kamu sdh ngak ada embrio ya…? yang sabar ya retno, banyak kok teman senasib dgn kita jangan patah semangat, smga kita tetap bisa mendapatkan kesempatan u/ hamil ya.
    Soal akupuntur mmg bagus untuk persiapan fisik kita, terutama bisa memperlancar peredaran darah di bagian reproduksi kita.
    God Bless Us

  39. 39 On August 15th, 2008, retno said:

    Hai Mery..aku barusan dikuret hari ini, mungkin blight ovum kali ya abis cuma kantong aja yg keliatan kagak ada janinnya.Aku gak ada embrio frozen jd ngulang lagi dr awal.Mungkin coba lagi di tpt ya sama krn dokter dah tau track recordku.Kalo di tptku tes bhcg itu ya + or – jd gak ada pake angka, mungkin kalo perlu tes bhcg ditpt lain aja ya biar tau naik turunnya.

    Hai Itha n Vero..thanks aku jd gak sendirian nih masih ada temen2 yg senasib, eh dah sampe tahap apa nih kalian dah ET blum.Oh ya aku dah bikin YM(norak yah..).YMku: retnozr69@yahoo.co.id
    kita chating yuk abis bt nih!

  40. 40 On August 15th, 2008, Lili said:

    hai retno
    sabar ya n tetep semangat jangan putus asa … harus coba lagi kalo gagal ntar jg pasti berhasil krn kegagalan awal keberhasilan.

    tentang akupuntur kayaknya bener banget membantu karena ditempatku BT banyak yang berhasil dengan dibantu akupuntur jg mungkin kita boleh coba sapa tau membantu.

    buat temen2 yang lagi berusaha buat dapetin momongan, GOOD LUCK ya semoga doa kita di denger!

  41. 41 On August 15th, 2008, retno said:

    Hai Lili…iya neh kita jng patah semangat..masih ada yg lebih ahli dari dokter yaitu Alloh SWT kt percaya aja suatu saat pasti dikasih keturunan..kun fayakuun! So jng putus usaha dan doanya…cu!

  42. 42 On August 15th, 2008, mery said:

    Hai Retno, kita sama ya harus ulang dari awal lagi…semoga next program kita bisa berhasil…iya ret, kalo kantong janin aja yg ada kayaknya emang Blighted Ovum..
    Dan buat temen2 yang lain yg belum berhasil, kita sama2 berjuang..semoga behasil..GBU

  43. 43 On August 17th, 2008, icha said:

    hai retno& lili..aku baru buka net lagi nih,ikutan sedih denger kabar kamu, yang tabah ya..Allah pasti punya rencana lain yang lebih indah dari bayangan kita..coba terus jangan putus asa ya!kemarin waktu gagal aku dibilangin kalo bisa nyoba lagi setelah 3 X siklus mens…

  44. 44 On April 23rd, 2009, novita74 said:

    salam kenal bak.mau nanyak ni di jerman di mananya buat bt nya?maksih

Leave a Reply

*
  • Recent Comments

  • diza: yaa tuhan, jadi takut mo jalanin test BT ny :( kenapa yaa harus...
  • Esther: Hai semuanyaa.. salam kenal. Mau tanya doong buat yg lg di...
  • diana: Salam kenal buat semua nya.. Saya diana.. Utk pertama x nya mau...
  • Ika Candra: Mbak Vero….jauh2 amat tiket nya Pebruari. Emang ga...
  • Leesang: Salam dok, Saya dan suami saya baru 8 bulan menikah, kami...
  • lina: Hi mom semuanya… saya cuma mau share des 2013 saya operasi...
  • Reza: Dear dr. Dicky, Suami saya baru seminggu yang lalu melakukan...
  • yanti: @ mba lulu, sy di kabupaten parigi moutong mba. Cuma sering...
  • Search

  • Polls

    • Menurut Anda, keberhasilan bayi tabung terutama disebabkan oleh: (pilih max dua)

      View Results

      Loading ... Loading ...