Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Rina

Kenalkan nama saya Rina, saya adalah pembaca setia web ini dan telah mendapatkan maanfaat dan info banyak dari web ini. Alhamdullilah program bayi tabung saya berhasil. Dan saat ini saya sedang hamil 8 minggu.

Kami telah menikah selama kurang lebih 6.5 tahun dan sejak tahun 2006 kami mulai berusaha mencari tahu kenapa saya belum hamil juga.

Dokter yang pertama kami temui adalah dr Yakub di sam Marie, dengan beliau saya disuruh check up lengkap mulai dari hormone, HSG, mikrokuret sampai hidrotubasi dan semua nya terlihat normal cuman ditemukan ternyata sperma suami morfologinya kurang bgs dan jumlahnya kurang karena adanya varicocel. Sambil tetap ke dr Yakub kami konsul juga ke androlog, dr indra. Akhirnya suami saya operasi varicocel. Setelah 6 bulan mulai ada peningkatan jumlah tp morfologi tetap jelek jadi suami terus di beri vitamin.
Dan saya juga ditemukan ASA nya tinggi sehingga beberapa kali suntik PLI.
Sekitar tahun 2007 Kita coba inseminasi tp akhirnya gagal. Dan di tahun 2008 kita coba lagi tp belum sampai proses inseminasi dilakukan, telur saya udah pecah duluan jadi batal inseminasinya.
Akhirnya kami mulai berpikir untuk mencari second opinion karena kami pikir pasien dr yakub terlalu banyak dan kami terlalu capek konsultasinya.

Kami kemudian mengunjungi dr Azen Salim di Pondok Indah, oleh beliau saya ditemukan ada polip dai rahim sempat kaget juga kenapa selama ini ga ketahuan ya… terus kami cek lagi di dr Julianto Wicaksono dan di dianogsisnya sama di rahim saya ditemukan polip.

Setelah bertanya ke teman2, akhirnya akhirnya di bulan nov 2009 kami menemui dr Ivan di BIC. Sebenarnya niat awal hanya untuk menyakinkan diagnosis dokter2 sebelumnya dan saya perlu operasi. Dan setelah ketemu beliau saya disarankan laparoscopy saja untuk mengetahui detail kenapa saya belum hamil. Di January 2010 , saya operasi dan ditemukan selain polip , terdapat endo stadium 2, miom dan tuba yang ga lancar. Setelah itu saya disuruh wait 3 -6 bulan untuk hamil normal. Tp di bulan April 2010 kami menemui dokter ivan untuk melakukan inseminasi tp gagal lagi.

Setelah itu kami memutuskan untuk bayi tabung saja, karena mengingat umur saya yang sudah lebih dari 30 tahun, kebetulan di bulan juni 2010 ada program discount 10% untuk bt di BIC. Tp pas di USG ditemukan adanya kista hormonal mungkin efek dari program inseminasi dahulu yang di suntik puregon,. Akhirnya kami afiksisai kista untuk menyedot cairan kista.
Di bulan july 2010 saya melakukan screening darah untuk bt tp hasilnya FSH tinggi sekali sampai mencapai 21.Kemudian saya disarankan untuk ikut hypnotherapy karena mungkin fakto psikis yang menyebabkan FSH saya tinggi karena menurut dr Ivan dari laparoscopy indung telurnya kondisinya baik.

Dibulan berikut FSH nya semakin tinggi, sampai mencapai38..wah tambah stress karena ga mungkiin saya bisa ikut bt secara konvensional. Akhirnya saya baca2 di web ini bahwa FSH tinggi bisa terapi akupuntur, karena bisa menurunkan FSH. Saya coba ikut akupuntiur di RS Haji, tp sepertinya dokternya kurang fokus dengan program bayi tabung akhirnya saya coba ke dr Loona atas rekomendasi web ini. Meskipun lumayan jauh juga dari PS Minggu ke Cikarang. Akhirnya FSH turun ke level 17. Sambil akupuntur dan hypnotherapy, saya juga olahraga dan makan makanan yang mengandung protein tinggi (putih telor ayam kampong, salmon dll).

Di Awal nov 2010, dr ivan bilang kita coba saja bayi tabung dengan FSH yang masih tinggi ( FSH : 16) kalau pun tidak bisa akan di cb next nya dengan mini IVF atau natural IVF.
Kemudian saya mulai suntik gonal untuk 3 hari dengan dosis 300IU, ternyata pas di USG di hari ke 4 telor saya ada 6. Dokter bilang untuk FSH yang tinggi seperti saya biasanya telor nya cuman 1-2 saja. Suntik gonal diteruskan untuk 4 hari ke depan ditambah cetrotide (oh ya saya ikut short protocol untuk bt ini) dan telor nya yang besar ada 15 dan yang kecil2 tidak dihitung. Amazing juga ternyata saya response terhadap suntikan dan telor saya banyak.

Tanggal 12 Nov 2010, saya opu dan telor yang terambil 12 dan kualitas bagus ada 10 telor. 3 hari kemudaian et dengan embrio : 2 pembelahan 8 dan 1 pembelahan 12. Sisa embrio tidak dibekukan karena kurang bagus.
Pas pengumuman tanggal 28 nov test urine positif jauh tp hasil darah bhcg saya 265. Saya dinyatakan positif hamil. Alhamdullilah………

Setelah beberapa hari dari test hamil, sy test darah dan d dimmer saya tinggi sekali mencapai 2300 dan sekarang masih treatment dengan dr jumhana. Mohon doanya ya supaya cepat turun d-dimernya dan bayi ini bisa selamat dan sehat sampai lahir.

Semoga pengalaman saya bisa berguna buat ibu2 yang sedang berjuang untuk mendapatkan momongan dan saya doakan pula mudah2an berhasil usahanya….aminnnnnn…..

Rina

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 2.75 out of 5)
Loading...

38 thoughts on “Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Rina

  1. widya

    Halo Rina, selamat ya atas kehamilannya.. saya salut banget dengan perjuangan kamu yang panjang 🙂 semoga d-dmer nya cepat turun dan semua berjalan lancar. Dibawa santai saja, kalau Allah sudah memberi InsyaAllah Dia juga yang akan menjaga. Banyak berdoa ya!

    Salam
    Widya

  2. sari

    Selamat ya Rina atas kehamilannya, salut banget perjuanganmu untuk mendapatkan buah hati, semoga ini jawaban atas kesabaran doa-doamu.Doakan juga saya dan suami yang terus berjuang untuk mendapatkan kebahagian yang sekarang kamu rasakan. Amien..

  3. susi

    Hai rina, selamat yah atas kehamilannya semoga sehat dan lancar terus sampai melahirkan.
    Aku jg psien dr ivan, aq lg mw prog tp ada kista hormonal dan dr ivan jg mnyarankan tuk sedot kista, kalau bleh sharing kamu sedot kista prosesnya gmana dan berapa biayanya dsana? Terimkash.

  4. Rina

    Thanks ya widya, Susi…

    Proses sedot kista hampir sama dengan Opu cuman setengah jam kemudian istirahat 2 jam dan boleh pulang. Biayanya sekitar 5 jutaan kalo ga salah…

  5. Erni Rizal

    Congrats ya mbak atas kehamilannya, tetap semangat dan banyak istirahat. Saya juga pasien dr Ivan di BIC, sekarang alhamdullah mau masuk week ke 9. Tetap fikir positif en pasrah, tapi ikuti terus petunjuk dokternya, semoga babynya selalu sehat, sempurna sampai lahiran. Amien

  6. Eta

    Selamat ya Rina, sudah berhasil BT nya, ak jg rencana th 2011 ini akan memulai dengan BT krena sudah hampir 3 th ak belum juga hamil, 2 th lalu ak ketahuan kalau tubaku non paten dua2nya, dan akhirnya ak LO di rs YPK, tapi setelah LO tubaku tetap masih tersumbat, rasanya hampir putus asa jg ak, akhirnya setelah baca web ini ak jd semangat lagi utk ikut BT, mudah2an ak bisa berhaisl seperti kmu ya Rina, sekali lagi selamat.
    Terus bagi2 infonya ya setiap ada perkembangan.

  7. Lisa

    Selamat yach mbak Rina atas kehamilannya. Semoga sehat – sehat sampai melahirkan.

    Btw, mau tanya dong mbak, berapa yach biaya Bayi Tabung di BIC setelah program discount 10% ?

    Kita sudah 2 tahun menikah, dan blom pernah hamil. Makanya lagi menyiapkan dana buat program BT. Capek konsultasi terus ke dokter ngak ada hasil. Tks

  8. chika

    Rina… selamat ya… senengnya klo denger kabar gni.. stelah perjuangan panjang..
    Smoga bulan2 berikut giliran saya ya… 🙂 soalnya sya jga pasien dr.ivan , n BT d sana juga waktu awal feb 2010, cuman gagal 🙁 tpi msh ada embrio yg di frezz.. slamet yaaa…

  9. Rina

    All : Amin..amin ….Makasih ya buat doanya ..semoga teman2 lainnya bisa berhasil juga dan ga menyerah….Yang Diatas akan memberikan jalan jika kita usaha sungguh2…

    Mba Lisa : Biaya aku abis sekitar 50 juta pas ikut program 10%.

  10. retno

    Halo Rina..salam kenal..
    Selamat ya atas kehamilannya..kalo aku hrs sabar dulu nih, soalnya fshnya 17 kata dokter harus dibawah 12, jd ya dipemding dulu. Oh ya Rina ikut hypnoterapy dimana (aku jg di BIC sm dr Taufik)..skali lg slamat yaa..

  11. olif

    hai mbak rinaaa, salam kenal ….
    keknya kita ketemu di BIC deh cuma blm kenal, aq tau mbak pas di tempat suster nanya2 didimmer

    mo nanya dong, emang setelah dinyatakan positip (tes urin & darah)tes darah lagi ya? didimmer itu apa mbak?

    trims btw selamat ya mbak moga sukses mpe lahiran

  12. itha

    salam kenal mbak eta,,kayaknya masalah kita sama nih,,malah setelah aku LO pertama aku sempat hamil tp KET,,sediih banget tuba kiri ku mesti dibuang,,kemaren aku cek lagi ternyata tuba kanan masih tersumbat,,aku rencana mau BT tp di rencana dimalaka,,mudahan aku jg bisa ngerasain yg namanya hamil dan melahirkan,,,amiiin

  13. Rina

    Aku disarankan hypnotherapy itu sama dr Taufik. JAdi pas saat screening darah mau BT, dr Ivan nya lagi dinas luar terus di oper ke dr Taufik. Dan dr Taufik sarankan aku ikut hypno itu karenma lihat FSH tinggi dan aku keliatan tegang banget. Jadi pending BT pada saat itu.
    Therapist nya itu dulu praktek di Bunda sekarang pindah ke YPK. Kalau aku lebih sering ke tempat dia yang di pondok aren (deket rumahnya).

  14. Rina

    Hi olif salam kenal juga, maaf ga perhatiin, wah lain kali kalo ketemu tegur saja…

    iya test darah lagi , waktu itu yang di cek d-dimer, darah lengkap, urine sama progestoron dan b-hcg lagi.

    D-dimer itu : kayak faktor kekentalan darah…seharusnya darahnya ga boleh kental karena bisa mengganggu supply nutrisi dan oksigen ke janin dan janin bisa tidak berkembang.

  15. Yen

    Hi Rina, Selamat yah, mudah2an babymu dan kandunganmu sehat selalu. Aminn..
    Aku mau tanya dng, aku FSHnya juga tinggi, sempet akupuntur dari yg FSH 15 turun ke 12, terus sempet berhenti 2 minggu ( tp kata DR. Akupunturnya si gpp jedahnya ga tll jauh), karna aku berlibur sm suami, buat ilangin stres skalian temenin ortu berobat ke luar negri, pulang2, FSHku tinggi drastis jadi 20. Aku juga rutin minum susu anmum sama putih telur, banyakin makan ikan juga, sama konsumsi vitamin omega 3.
    Hari ini aku sesenggukan, nangis, malu2in di depan Dokter Akupunturnya.
    Yg jadi pertanyaanku, kamu smpet bilang di hypnotherapy. Itu maksudnya diapain sih, bisa ceritain sedikit ga kamu diapain aja, terus di RS apa, bisa rekomen ke aku ga, mngkn ada yg deket2 kyk di JakBar gitu? Terus berapa lama prosesnya, yg dirasain selagi dan setelah itu apa?

    Karna stress levelku cukup tinggi, aku gampang runtuh kata suamiku hehe. Jd sensitif banget aku.

    Thanks banget yah, berharga banget jawabannya Rina.

    THanks

  16. Rina

    Sama seperti hypnobirthing caranya.. dimana pikiran kita dibuat fokus hanya ke satu tujuan ” saya bisa hamil dan bahagia”… kalau itu udah tertanam jadinya kita yakin bisa hamil. Udah gitu kita juga jadi rileks…karena adanya afirmasi yang kita ulang-ulang terus..

  17. fifit

    rina selamat ya…
    bolehkan aku minta no hp mu dan email…kirim dunk lewat e mailku adien_fit@yahoo.com
    ada banyak yg mo aku tanyakan ke dikau mengenai d dimer dan kehamilan..
    sangat ngin sekali share dgn dikau
    ditunggu balasan emailnya ya

  18. sarah sarofa

    Hi Rina, selamat atas keberhasilan programnya
    senang rasanya apalagi sekarang udah hampir lahiran ya
    Rina, kalau boleh tau gimana kondisi sperm suami pada saat program bt waktu itu, motilitas dan morfologinya ? saya berharap banget atas infonya.

    Terima kasih sebelumnya

  19. Rina

    suami ku spermanya agak kurang bagus…yang grade A kurang dari 50%, kalau jumlah sih OK. Tp untuk ikut bt as long as ada sperma walaupun jumlah sedikit dan kulaitas yang bagus sedikit ga masalah..karena menggunakan metode ICSI untuk perkawainan antara sperma dan sel telur.

    Sarah ada rencana ikut bt kah?

  20. sarah sarofa

    Hi Rin, makasih infonya….
    saya ada rencana coba program lagi setelah program bt dengan metode ICSI yg lalu gagal, yg dimaksud sperma grade A itu yang gimana ya Rin ? kalau dari hasil lab itu di antaranya ada volume, motilitas (bergerak cepat dan maju, bergerak lambat atau sulit maju lurus…) dan morfologi (normal dan abnormal).
    Yang ingin saya ketahui itu bagaimana morfologinya sperm suami Rina, berapa % yang normal ?
    karena saya beranggapan mungkin kondisi morfologi sperm suami saya yg prosentase abnormalnya tinggi yg menyebabkan kegagalan program btku sebelumnya.
    Ok, Rin saya tunggu infonya, kalau mau email ke ssarofa@gmail.com

    Terima kasih

  21. olif

    mb Rina….usia kandunganmu da brp bln??
    rencana lairan dimana? masi di bunda?? normal apa cesar?
    ikutan hypnobirhting?

  22. Rina

    sarah, seingat aku sperma suami ku yang normal sedikit sekali dan kebanyakan gerakannya lambat atau gerak tapi diam.
    kalau udah tretment jumalah nya cuman 900 rb.
    pernah dr ivan bilng untuk bt cuman dibutuhkan beberapa sperma doank..jadi aku tenang dan ga kepikiran macem2…
    selama program bt, aku selau positive thinking….

  23. Rina

    Olif, kandungan aku sekarang masuk 32W. Rencana lahir pengen di Bunda aja…malezz ganti-ganti dokter.
    Sampai sekarang kemungkinan c-section masih besar, karena aku plasenta previa…dan plasenta nya belum mau pindah2 juga ke ata:).
    Ga ikutan hypnobithing secara formal, tp aku masih kontak sama terapist nya sih sampai saat ini dan masih dikasih afirmasi2 dari dia….

    Olif,udah berapa usia kandungannnya ? ikutan hypno juga ?

  24. nitgul

    wah.. bener2 usaha yg maximal… salut bacanya.. mudah2an lancar2 semuanya ya mba..
    mba.. inseminasi itu prosesnya gmn ya mba? sakit ga? tx a lot…

  25. rina

    Thanks. Amin….
    Insem itu pertemuan sperma dan sel telur terjadi di dalam tubuh ga seperti bt itu beda dasarnya dengan proses bt.
    Di proses insem, sperma sbelum di injek ke kita, di treatment dulu sehingga hanya sperma yang berkualiatas yang masuk terus sel telur kita di pantau sampai besarnya cukup untuk dibuahi… dan pecahnya sel telur juga dikendalikan sehingga diharapkan pas injek sperma sel telur udh siap.

    proses nya ga sakit sama sekali…

  26. olif

    MBAK RINA….
    alhamdulillah aq baru 29mgg, mbak punya perkiraan biaya lahiran di bunda?
    tar kontak pribadi via gtalk or gmail yuk mbak, add aq di scolif@gmail.com
    matur nuwun

  27. uya

    Selamat semoga dapat melahirkan dengan lancar dan bayi yang sehat sempurna lahir dan batin. Anak saya baru program bayi tabung di dr Augi RS Siloam. Tolong doakan dapat berhasil.

  28. dea

    Selamat ya mba rina. Salut utk perjuangannya. Samapi aku baca terharu. Aku jg udh 2 thn nikah blm prnh isi. Hasil tes katanya sperma suami dikit bgt,trus jg FSH suami diatas normal. kira2 bisa ikut program BT ga ya mba?

    Terimakasih
    Dea

  29. Ami

    Dear Mba Rina,

    Aku boleh minta no hp or emailnya tidak ya. Insya Allah mo coba ikut bayi tabung, tapi aku ada history ACA tinggi juga. Boleh ga sharing pengalamannya, apakah ACA tinggi ini akan mempengaruhi proses bayi tabungnya nanti.

    Terima kasih ya Mba..

  30. Rina

    Hi ami, setahuku pas aku bayi tabung dengan dr Ivan ga dilihat lagi ASA nya. Setelah polip teratasi langsung bayi tabung. seingat saya kalo masalah ASA kalo kita ingin pembuahan di jalur normal, karena di situ sperma perlu berjuang masuk ke rahim kita. Tp kalo bayi tabung kan , pembuahan sudah diluar dan tinggal di masukkan kembali ke rahim kita. Email aku rinadewipujiastuti@gmail.com

  31. wardani

    dear mb rina,

    Boleh tau alamat atau no tlp hypmoterapinya.? Sy perlu bgt tih buat mengatasi stress ya. Mks ya

  32. CC

    Hi mbak rina, salam kenal, aq sdh 2 kali insem dan 1 kali BT di BIC dan gagal lagi minggu kemarin, tolong di info no telp dan alamat dr loona aqupuntur, aq sdh sms dia utk tanya jadwal tp tdk dibalas, dan mau tanya juga utk therapis hypnoterapi yg di YPK namanya siapa ya, spt nya aq gampang stress, mengingat usia sdh kepala 4, jd sangat bharap banget diberikan baby… Semoga langkah2 sukses mbak rina bisa aq ikuti, thanks a lot ya

  33. rina

    hai mba cc,jangan patah semangat ya.

    dr loona punya klinik pribadi dicikarang, namaya klinik rizki no telp buat janjian 02198277229

    untuk hypno, namanya mba reni no telp 081905522223

  34. tina

    hi rina’

    tku ya infonya sngt membantu,mau Tanya hypnonya smp brp sesi?apa bnr2 membantu …sy udh ktm mb Reny baru 1x ,namum ngk berasa apa2, ttp sy CB praktekan sih .,
    kemarin bt 2 sy jg ke Dr Loona- tp kog skrng ngk sanggup yah,jauuuh bgt Dan pasiennya byk skl.

    dear CC,

    jangan patah semangat ya, hayo usaha trs,CC ngk sendiri kog sy jg udh kepala 4,me pet malah tp msh may CB kl msh di ksh rejeki ..kit a usaha trs yah..btw kmrn BT sm dokter siapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*